akurasi casting

Download Akurasi Casting

Post on 10-Feb-2018

220 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • 7/22/2019 Akurasi Casting

    1/14

    Akurasi Casting

    Akurasi casting seringkali menjadi persoalan serius, khususnya saat casting di

    sungai, muara dan danau . Sebab

    kesalahan sedikit saja bias berakibat

    umpan/lure tersangkut ke berbagaimacam penghalang yang banyak

    terdapat di hamper setiap sudut.

    Ragamnya bias macam2, baik batang

    pohon2 yang tumbang, akar2 yang

    menggantung, ranting yang hanyut,

    semak dan tumbuhan liar serta masih

    banyak lagi yang lainnya. Repotnya,

    akurasi casting berperan besar dalam

    menentukan apakah kita bakal

    mendapatkan strike atau tidak. Kita

    ketahui bahwa spesies sungai dan muara

    paling suka berlindung di tempat2 yang

    menurutnya aman, yang itu berarti

    tempat2 yang sulit untuk dijangkau.

    Satu2nya cara adalah meningkatkan

    akurasi casting dengan rajin berlatih.

    atihan paling baik dilakukan di depan

    rumah ketika tidak ada angin. !unakan

    joran anda lengkap dengan lure"nya dan

    taruh sebuah kaleng atau apapun sebagai

    titik sasaran sejauh #$ meter. atihanyang dimaksud meliputi ketiga teknik

    casting yg paling sering digunakan.

    2. %eknik"%eknik Casting

    Ada & teknik casting yang biasa dipakai

    oleh castinger, yaitu

    a' ()erhand

    *erguna untuk melempar ke suatu titik

    yg terhalang di kedua sisi. +ula2 tatap

    target lokasi dengan cermat . osisikan

    joran parallel dengan tanah dan sikut

    berada persis di samping rusuk. Angkat

    joran lalu ayunkan joran kea rah posisi

    jam #$, namun pastikan anda hanya

    menggunakan pergelangan tangan untuk

    menghentakkan joran ke depan.

    epaskan jari yang menjepit tali pada

    saat ujung joran berada di sekitar posisi

    jam ##. -langi berkali"kali hingga arah

    lemparan anda semakin tepat dan

    umpan bisa jatuh masuk ke dalam

    kaleng.b' Sidearm

    Setelah menguasai teknik o)erhand,

    saatnya sekarang belajar teknik sidearm.

    %eknik casting menyamping ini berguna

    untuk melontar umpan ke satu titik yang

    berada di bawah naungan. egang joran

    parallel dengan tanah dan sikut tetap di

    samping rusuk. ika anda tidak kidal,

    bawa dulou joran kea rah posisi jam ,

    kini gerakkan pergelangan tangan kedepan kuat2 dan persis pada posisi jam

  • 7/22/2019 Akurasi Casting

    2/14

    0 lepaskan jepitan jari ke tali. -langi lagi

    dan setelah semakin mahir gunakan

    ayunan joran untuk meningkatkan jarak

    lemparan dengan tetap menjaga

    akurasinya.

    c' -nderhand%eknik ini berguna untuk melontar

    umpan ke titik yang terhalang oleh

    naungan dan juga di kedua sisi.

    eganglah joran kira2 di sekitar pinggul.

    osisikan joran paralel dengan tanah dan

    gantung umpan sekitar #1"2$ cm dari

    ujung joran. +ulailah dengan

    menundukkan joran hingga mencapai

    sudut 1 derajat, lalu dengan gerakan

    yang berirama dan bertenaga, gunakan

    pergelangan tangan untuk menggambar

    sebuah setengah lingkaran imajiner

    dengan ujung joran. epaskan jepitan ke

    tali saat ujung joran mencapai hori3on.

    -langi berkali2. 4aikkan ujung joran saat

    umpan meluncur jika menginginkan

    jarak lemparan yang lebih jauh.

    4ah, serius bener kan55 6ehe.. ujur aja,

    latihan ini gak pernah saya terapin secara

    detail. Saya beranggapan gaya mancing

    orang akan 7bere)olusi8 dengansendirinya. Style setiap angler pasti

    berbeda2. %api gak salah toh kalo dasar

    dari casting kita kuasai dulu55 99

    +onggo dipraktekkin..hehe..

    (ke, setelah casting sudah mahir, trus

    apalagi ya55

    (h ya, habis ngelempar ,tuh lure pasti

    masuk air kan55

    4ah, berikutnya adalah teknik retrie)e

    lure itu sendiri. anjuuuuuuuuutttttt..::%eknik Retrie)e

    %eknik retrie)e ;menggulung reel' adalah

    teknik pamungkas kita untuk

    memperdaya ikan agar mau memakan

    lure kita. eran dari retrie)e sangatlah

    besar, karena minturut pengalaman

    pribadi serta pengalaman kawan2 lain

    yang saya baca di

  • 7/22/2019 Akurasi Casting

    3/14

    #. Slow Retrie)e

    -sahakan joran berada pada posisi 1

    derajat ;bawa busur tiap kali pergi

    casting.. /K', ujung joran bisa dibawah,

    bisa juga diatas. %ergantung kondisi dan

    selera. Kemudian setelah lure di"cast,retrie)e dengan santai, konstan.

  • 7/22/2019 Akurasi Casting

    4/14

    +ust ..::

    mang agak nyebelin sih, tp kalo dah

    bisa, saya jamin anda bakal ngoleksi lure

    jenis pencil sebanyak2nya dan dalam

    waktu yang sesingkat2nya. (ke,

    lanjuuuuutttttSeperti biasa, oran anda letakkan pada

    posisi 1 derajat. @alam teknik ?%@,

    joran wajib barada di bawah ; menyilang

    kaki anda '. !unakan teknik slow retrie)e

    yang sudah di jelaskan diatas. >ngat,

    putaran konstan. ika sudah merasa

    stabil dalam hal putaran, sekarang twitch

    ;kedut' secara halus tapi spontan. angan

    bertenaga tapi juga jangan terlalu lemas

    ; gunakan kekuatan pergelangan tangan '

    . So, intinya, teknik ini me"retrie)e lure

    secara konstan sembari men"twitch

    ujung joran beraturan dan bukan

    sporadis. C+>>?.

    4ah, lagi"lagi, kesimpulan dari ini semua

    adalah ketika praktek di lapangan bisa

    menjadi sangat berbeda. Bariasi retrie)e

    akan sangat dibutuhkan untuk

    memperdaya ikan, maka perbanyaklah

    teknik retrie)e. @an juga, siapa tahu anda

    akan menemukan teknik retrie)e terbarudan ampuh dalam memperdaya ikan.

    %ight ines..::

    Sekian dulu dari saya, tentu akan banyak

    koreksi ke depannya nanti. Saya harap

    senior bersedia membantu. Sehingga

    semua jadi jelas..hehe.. %hanks a lot..::

    4b. +asalah target ikan predator akan

    dibahas di pertemuan selanjutnya,

    karena terlalu banyak yang akan

    dijelaskan.

    Teknik Pancing Casting Menggunakan Umpan Minnow

    15 09 2009

    Pantai Marina merupakan lokasi wisata yang cukup terkenal di Kota Semarang. Sudah dapat

    dipastikan jika hari Minggu dan hari libur nasional objek wisata pantai ini ramai dikunjungi oleh

    para wisatawan lokal dan juga beberapa wisatawan mancanegara.

    Namun akhir-akhir ini objek wisata ini setiap hari mendapat serangan yang cukup seru dari

    beberapa mania yang gemar memancing dengan teknik casting dengan umpan minnow. Boleh

    diambil perumpamaan bahwa Pantai Marina sedang menjadi medan pertempuran bagi mania

    dengan tehnik casting yang mengambil waktu di saat fajar menyingsing. Awalnya tidak banyakmania yang mengenal teknik mancing dengan cara casting menggunakan umpan minnow dan

    biasanya hampir semua mania Semarang menggunakan umpan hidup udang atau lengki serta

    cumi! untuk memancing. Seperti yang dituturkan beberapa mania yang Mancing ManiaMM! temui

    mereka semua mengatakan belum mencoba bagaimana nikmatnya memakai umpan minnow dan

    apakah ikan mau makan umpan ini"

    Begitulah komentar para sejumlah mania. Namun setelah dijelaskan bahwa umpan minnow bisa untuk

    memancing dan mendapatkan ikan dengan memberikan bukti-bukti foto mania yang berhasil menggaet ikan

    dengan ukuran yang cukup besar, akhirnya ada juga mania yang mencoba teknik mancing dengan cara casting

    dengan menggunakan minnow dan lokasi yang dipilih pun adalah Pantai Marina.

    Seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu, layaknya serdadu yang akan menuju ke medan pertempuran,

    para mania sebelum matahari terbit sudah berkumpul di Pantai Marina lengkap dengan senjata joran! masing-

    masing. Satu persatu mereka terlihat sedang menset alat pancingannya dan menuju ke hotspotyang mereka

  • 7/22/2019 Akurasi Casting

    5/14

    inginkan, tak lupa pula "peluru, minnow! yang disiapkan telah terpasang dan menuju ke sasaran di dalam

    laut.

    Bagaikan ikan kecil yang ketakutan, minnow meliuk-liuk mengundang selera makan ikan-ikan predator. Sambil

    menahan dinginnya udara para mania terus melempar dan menggulung ril secara cepat begitu juga melempar

    joran dengan minnow berulang-ulang. Salah satu mania yang MM temui bernama #elmy, mengatakan

    $Mancing dengan teknik casting harus membutuhkan stamina yang fit dan banyak manfaat yang bisa diambil,

    selain memancing juga bisa olah raga% begitulah komentarnya.

    Beberapa penggemar mancing casting pun berpendapat yang sama dan satu lagi dengan teknik casting

    mengunakan minnow kita tidak perlu repot-repot lagi untuk membeli udang atau cumi, itulah pendapat Bayu

    salah satu penggemar casting yang tinggal di &ombel 'ama Semarang ini. Sebelum mengenal minnow Bayu

    jika ingin memancing harus repot membeli udang, beruntung jika udang yang diinginkan ada kalau habis tentu

    batal rencana mancingnya.

    Menjelang matahari menampakkan sinarnya, joran yang dipegang Bayu pun mengangguk-angguk pertanda

    minnownya telah mengenai sasaran. (engan sigap Bayu menghentakkan jorannya saat strike.)kan di ujung

    sana langsung berontak ingin melepaskan diri, namun Bayu lebih cepat menarik sehingga ikan itupun sudah tak

    berdaya lagi. Namun sayang ketika hampir mencapai pinggiran, ikan itu tersangkut oleh kenur pemancing

    lainnya yang putus dan setelah ditarik ternyata belum juga terangkat, sehingga dengan terpaksa Bayu

    menyebur ke laut yang dalamnya hampir sebatas pinggang orang dewasa untuk mengambil ikan.

    (an jadilah ia berbasah ria demi ikan kakap merah yang berukuran sekitar * kg. Memang praktis memancing

    dengan teknik casting menggunakan umpan minnow, namun tidak mudah juga mempopulerkan teknik ini di

    kalangan para mania yang terbiasa menggunakan umpan hidup. Pe