ad art kmk

Click here to load reader

Post on 10-Sep-2015

174 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

kmk

TRANSCRIPT

ANGGARAN DASAR KMK FK UNS

DAFTAR ISIMUKADIMAHBAB I : IDENTITAS ORGANISASIPasal 1 : Nama, Bentuk dan LambangPasal 2 : Tempat Kedudukan dan WaktuBAB II : AZAS DAN TUJUANPasal 3 : AzasPasal 4 : TujuanBAB III : USAHAPasal 5 : Usaha-Usaha untuk Mencapai TujuanBAB IV : KEDAULATANPasal 6 : Kedaulatan OrganisasiBAB V : KEANGGOTAANPasal 7 : Jenis KeanggotaanPasal 8 : Anggota .....Pasal 9 : Anggota .....BAB VI : HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTAPasal 10 : Hak dan Kewajiban Anggota .....Pasal 11 : Hak dan Kewajiban Anggota .....BAB VII : ORGANISASIPasal 12 : Susunan OrganisasiPasal 13 : Masa KerjaPasal 14 : Tugas dan Wewenang PengurusBAB VIII : RAPATPasal 15 : Jenis-Jenis RapatPasal 16 : Rapat ....Pasal 17 : Rapat .... Pasal 18 : Rapat ....BAB IX : PENGAMBILAN KEPUTUSANPasal 19 : Proses Pengambilan KeputusanBAB X : KEUANGANPasal 20 : Sumber Keuangan OrganisasiPasal 21 : Pertanggungjawaban Keuangan OrganisasiBAB XI : HUBUNGAN ORGANISASI DENGAN PIHAK LUARPasal 22 : Hubungan organisasi dengan ....BAB XII : ANGGARAN RUMAH TANGGAPasal 23 : BAB XIII : PERUBAHAN ANGGARAN DASARPasal 24 : Mekanisme Perubahan Anggaran DasarBAB XIV : PENUTUPPasal 25 : Penutup

MUKADIMAHKemajuan kehidupan masyrakat, bangsa, dan negara adalah suatu tujuan yang harus diwujudkan melalui perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya yang dilandaskan dengan kepribadian bangsa dan Pancasila serta dilaksanakan dengan secara cerdas, jujur, dan berkemanusiaan.Bahwa tujuan ini sejalan dengan tujuan Pembangunan Nasional, yakni membangun manusia Indonesia seutuhnya adalah suatu usaha pembaharuan yang berlanjut dan berkesinambungan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.Bahwa dunia pendidikan merupakan pondasi dan tiang dari pelopor kemajuan peradaban dunia, pembangunan nasional menuju kehidupan adil, makmur dan sejahtera.

BAB IIDENTITAS ORGANISASIPasal 1NAMA, BENTUK DAN LAMBANG1. Organisasi ini bernama KELUARGA MAHASISWA KATOLIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNS selanjutnya dapat disebut KMK FK UNS.2. KMK FK UNS berbentuk perhimpunan.3. Lambang KMK FK UNS adalah

Pasal 2TEMPAT KEDUDUKAN DAN WAKTU1. KMK FK UNS berkedudukan di Surakarta.2. KMK FK UNS mempunyai kesekretariatan di Fakultas Kedokteran UNS Surakarta.3. KMK FK UNS didirikan pada tahun 2005 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

BAB IIAZAS DAN TUJUANPasal 3AZASKMK FK UNS berazaskan Ketuhanan Yang Maha Esa, kekeluargaan dan cinta kasih.Pasal 4LANDASANKMK FK UNS berlandaskan :1. Landasan ideologi adalah Pancasila.2. Landasan konstitusional adalah AD/ART KMK FK UNS.Pasal 5TUJUANKMK FK UNS bertujuan :1. Untuk memperkuat iman dan kepercayaan mahasiswa Katolik FK UNS kepada Tuhan Yang Maha Esa.2. Untuk menjadi wadah pemersatu mahasiswa Katolik FK UNS.3. Untuk meningkatkan sumber daya mahasiswa Katolik FK UNS.

BAB IIIUSAHAPasal 6USAHA-USAHA UNTUK MENCAPAI TUJUANUntuk mewujudkan tujuan tersebut KMK FK UNS melakukan usaha-usaha sebagai berikut:1. Menyusun dan melaksanakan program kerja yang meliputi aspek religiusitas.2. Menyusun dan melaksanakan program kerja yang melibatkan seluruh mahasiswa Katolik FK UNS.3. Mengadakan pelatihan kepemimpinan dan kaderisasi bagi seluruh mahasiswa Katolik FK UNS.4. Memfasilitasi mahasiswa Katolik FK UNS dalam bidang akademis.

BAB IVKEDAULATANPasal 7KEDAULATAN KMK FK UNSKedaulatan KMK FK UNS berada di tangan Anggota dan dilaksanakan sepenuhnya oleh Anggota.

BAB VKEANGGOTAANPasal 8JENIS KEANGGOTAANAnggota KMK FK UNS terdiri dari:1. Anggota Aktif2. Anggota PasifPasal 9ANGGOTA AKTIFAnggota Aktif adalah seluruh mahasiswa Katolik FK UNS yang masih menempuh perkuliahan baik dalam jenjang pendidikan Sarjana maupun Diploma.Pasal 10ANGGOTA PASIFAnggota Pasif adalah seluruh alumni Katolik FK UNS.

BAB VIHAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTAPasal 10HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA AKTIF1. Hak Anggota Aktif adalah :a. Diperlakukan setara sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing tanpa memandang tahun angkatan dan program studi.b. Mengikuti segala jenis kegiatan yang diselenggarakan oleh KMK FK UNS sesuai dengan peraturan yang berlaku pada setiap kegiatan.c. Berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat dalam bentuk lisan dan tulisan dengan tujuan membangun kemajuan KMK FK UNS.d. Mendapatkan bimbingan dan atau pelatihan mengenai keorganisasian.e. Mewakili KMK FK UNS baik ke dalam maupun ke luar lingkungan FK UNS.f. Mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pemilihan dan pembentukan pengurus KMK FK UNS.

2. Kewajiban Anggota Aktif adalah :a. Menaati AD/ART KMK FK UNS yang telah dibuat dan disahkan.b. Menjaga nama baik KMK FK UNS dan institusi FK UNS.c. Melaksanakan fungsi dan tugas masing-masing sesuai dengan program kerja KMK FK UNS.d. Menjunjung tinggi profesionalitas kerja dalam melaksanakan program kerja KMK FK UNS.Pasal 11HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA PASIF1. Hak Anggota Pasif adalah :a. Mengikuti segala jenis kegiatan yang diselenggarakan oleh KMK FK UNS sesuai dengan peraturan yang berlaku pada setiap kegiatan.b. Mengeluarkan pendapat dalam bentuk lisan dan tulisan dengan tujuan membangun kemajuan KMK FK UNS.

2. Kewajiban Anggota Pasif adalah :a. Menaati AD/ART KMK FK UNS yang telah dibuat dan disahkan.b. Menjaga nama baik KMK FK UNS dan institusi FK UNS.

BAB VIIORGANISASIPasal 12SUSUNAN ORGANISASIBerjalannya seluruh kegiatan KMK FK UNS dikelola oleh Pengurus Pusat yang terdiri dari Pengurus Inti dan Kepala Divisi.Pasal 13MASA KERJAMasa kerja Pengurus Pusat KMK FK UNS selama 1 tahun dan ditetapkan dalam Rapat Regenerasi KMK FK UNS.Pasal 14 TUGAS DAN WEWENANG PENGURUS PUSAT1. Ketua Umum Terpilih menyusun Kepengurusan Pusat selambat-lambatnya 1 minggu setelah Rapat Regenerasi KMK FK UNS.2. Pengurus Pusat bertugas melaksanakan seluruh keputusan Rapat Regenerasi KMK FK UNS dan Musyawarah Tahunan KMK FK UNS, menyusun dan melaksanakan rencana kerja organisasi.3. Memberikan laporan kegiatan dan pertanggung-jawaban keuangan kepada Anggota dalam Musyawarah Anggota KMK FK UNS selama masa kepengurusannya.

BAB VIIIRAPATPasal 15JENIS-JENIS RAPATJenis-jenis Rapat terdiri dari :1. Rapat Tahunan yang selanjutnya disebut dengan Musyawarah Tahunan.2. Rapat Regenerasi KMK FK UNS.3. Rapat Pengurus Pusat KMK FK UNS.4. Rapat Divisi.Pasal 16MUSYAWARAH TAHUNANRapat ini dilaksanakan untuk membahas AD/ART KMK FK UNS, laporan pertanggungjawaban program kerja dan laporan keuangan oleh Pengurus Pusat kepada Anggota yang dilaksanakan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) periode kepengurusan.Pasal 17RAPAT REGENERASI Rapat ini dilaksanakan untuk pemilihan dan pembentukan kepengurusan KMK FK UNS dan penyusunan program kerja KMK FK UNS selama 1 (satu) periode kepengurusan.Pasal 18RAPAT PENGURUS PUSATRapat ini dilaksanakan secara rutin untuk koordinasi Pengurus Pusat dalam pelaksanaan program kerja KMK FK UNS.Pasal 19RAPAT DIVISIRapat ini diikuti oleh divisi yang bersangkutan untuk menjalankan program kerja divisi tersebut.

BAB IXPENGAMBILAN KEPUTUSANPasal 19PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN1. Setiap keputusan dalam rapat diambil secara musyawarah untuk mufakat dan apabila tidak tercapai mufakat maka dilakukan pengambilan suara dan keputusan adalah sah berdasarkan suara terbanyak.2. Mekanisme penentuan kuorum, musyawarah, dan pemungutan suara diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.BAB XKEUANGANPasal 20SUMBER KEUANGAN ORGANISASISumber keuangan organisasi diperoleh dari:1. Dana Fakultas2. Dana Usaha KMK FK UNSPasal 21PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN ORGANISASI1. Pertanggungjawaban keuangan organisasi dilakukan secara transparan dan akuntabel.2. Pertanggungjawaban keuangan selama periode kepengurusan dilaporkan dalam Musyawarah Tahunan KMK FK UNS.

BAB XIHUBUNGAN ORGANISASI DENGAN PIHAK LUARPasal 22HUBUNGAN KMK FK UNS DENGAN PIHAK LUARHubungan KMK FK UNS dengan pihak luar diselenggarakan berdasarkan asas kekeluargaan dan kemitraan yang membangun satu kesatuan yang utuh dan berbasis nilai-nilai cinta kasih.

BAB XIIANGGARAN RUMAHTANGGAPasal 231. Hal-hal yang tidak diatur didalam Anggaran Dasar akan diatur didalam Anggaran Rumah Tangga yang merupakan perincian pelaksanaan Anggaran Dasar.2. ART dan peraturan-peraturan pelaksanaan lainnya tidak boleh bertentangan dengan AD.

BAB XIIIPERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGAPasal 24MEKANISME PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dapat diubah berdasarkan usulan Anggota Aktif dan perubahannya diputuskan dalam Musyawarah Tahunan KMK FK UNS.2. Usulan perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini harus mendapat persetujuan dari 1/2 (satu perdua) ditambah satu dari seluruh anggota KMK FK UNS yang hadir dalam Musyawarah Tahunan KMK FK UNS.

BAB XIIIPENUTUPPasal 25PENUTUPHal-hal lain yang tidak diatur di dalam Anggaran Dasar akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga KMK. Anggaran Dasar ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di: Tanggal : Ketua Sidang : Sekretaris Sidang:

ANGGARAN RUMAH TANGGAKMK FK UNS

BAB I : UMUMPasal 1Anggaran Rumah Tangga KMK FK UNS merupakan pengaturan lebih lanjut dari Anggaran Dasar KMK FK UNS.

BAB II : VISI DAN MISI ORGANISASIPasal 2 VISI KMKMewujudkan KMK FK UNS sebagai organisasi yang berperan aktif dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan dan pengembangan sumber daya mahasiswa dalam aspek softskills dan hardskills.Pasal 3MISI KMK1. Menanamkan nilai-nilai pengembangan iman, diri dan jaringan dalam seluruh program kerja KMK FK UNS2. Memperkuat solidaritas dan persaudaraan antar anggota KMK FK UNS sebagai keluarga.

BAB III : ORGANISASI KMKPasal 4STRUKTUR KEPENGURUSAN KMK

Pasal 5TUGAS PENGURUS PUSAT KMK FK UNSA. TUGAS KETUA1. Memimpin, mengkoordinasi dan mengelola organisasi.2. Melakukan