ad-art fppt

Click here to load reader

Post on 29-Oct-2015

175 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

hhhu

TRANSCRIPT

SERVER

Salam FPPT ......Bahwa sesungguhnya kemerdekaan Indonesia yang berdasarkan Pancasila merupakan modal dasar bagi pembangunan bangsa Indonesia yang bertujuan untuk mencapai masyarakat madani yang diridhai Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan kemerdekaan Indonesia tersebut dilaksanakan pembangunan nasional dengan terencana, terarah dan berkesinambungan guna mewujudkan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung-jawab, cerdas, terampil dan berbudaya

Kita sebagai sumberdaya manusia yang terdidik dan berpikiran maju turut bertanggungjawab terhadap pelestarian sumber daya alam dan sumber daya manusia yang merupakan bagian integral dari pembangunan manusia Indonesia

Oleh karena itu dipandang perlu adanya suatu wahana pemersatu yang dapat dijadikan ajang pengabdian masyarakat untuk mewujudkan tanggungjawab tersebut

Dengan tetap berpijak pada azas kekeluargaan, kita secara bersama bertekad untuk mewujudkan tujuan tersebut melalui pengembangan diri dan profesionalisme, pengembangan informasi dan komunikasi, turut mendukung pembangunan dan peduli terhadap lingkungan, serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan sumberdaya manusia Indonesia.

Maka dengan Rahmat dan Ridha Allah SWT, dibentuklah suatu lembaga swadaya masyarakat yang berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 serta bersifat kekeluargaan.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemerhati FORUM PEMUDA PEMERHATI TAMBANG (FPPT) adalah sebuah lembaga sosial yang independent yang didirikan berdasarkan Akte Notaris Fudrawanto Juanda, S.H No. 38 tanggal 31 Maret 2009 di Kabupaten Kutai Kartanegara.

LSM. FPPT terdaftar pada Kantor Badan Kesejehteraan Bangsa Politik dan Pemberdayaan Masyarakat Kab. Kukar berdasarkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) No. 65.OSP.05.2009 tanggal 6 Mei 2009 dengan masa belaku hingga 1 Januari 2014 dan Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Kabupaten Kutai Kartanegara Utara dengan Nomor Surat Keterangan: 26/1002/Kesra-SPJ.S/IV/2009 tanggal 27 April 2009

LSM. FPPT terakreditasi sebagai wajib pajak pada tanggal 27 April 2009 dengan nomor pokok wajib pajak (NPWP) 02.951.848.7-722.00.

LSM. FPPT merupakan suatu wadah bagi masyarakat yang lahir dari kesamaan konsep, visi, misi dan tujuan sama serta memiliki keperdulian sosial tinggi terhadap lingkungan dan berjiwa sosial untuk selalu menanamkan rasa keperdulian terhadap lingkungan sebagai suatu persediaan alamiah yang harus di jaga, dirawat dan disayangi agar dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia di muka bumi ini

Filosofi FPPT ibarat lilin yang bertubuh kecil mungil namun memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan disekitarnya walaupun aktivitasnya tidak memberikan manfaat bagi dirinya kecuali kepuasan lahir & bathin, namun keberadaannya sangat memberikan manfaat. Itulah suatu gambaran mengenai lsm. FPPT sebagai lembaga nirlaba yang akan berupaya semaksimal mungkin dapat memberikan manfaat kepada kita semua agar terciptanya kehidupan sosial yang kondusif.

VISI

Visi LSM FPPT adalah : "Hargai Kelestarian Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Dengan filosofi bahwa Sumber Daya Alam adalah suatu persediaan atau barang alamiah yang dalam keadaan sebagaimana ditemukan dan atau diperlukan manusia atau dengan upaya tertentu dapat dibuat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

MISI

Untuk mencapai Visi tersebut diatas, LSM FPPT akan menjalankan misi-misi yang antara lain :

Menjadi pemerhati lingkungan sebagai upaya untuk turut serta dalam membangun,

menjaga, memelihara dan mengembangkan kualitas sumber daya alam dan sumber daya manusia

Menjadi pemerhati lingkungan, baik lingkungan hidup (fisik & non fisik) maupun lingkungan sosial.

Memberikan dukungan komunikasi yang akurat, dapat dipercaya dan independent, kepada instansi baik pemerintah maupun swasta yang berhubungan dengan lingkungan hidup, sosial & kemasyarakatan, Hak Asasi Manusia, Ekonomi kerakyatan & dunia Usaha, Agama & Adat istiadat, Pendidikan & IPTEK serta Pemuda & olah raga.

Menjadi wadah bagi masyarakat sosial yang terbetik dari hati nurani dan jiwa sosial yang tinggi untuk membantu sesama umat semaksimal mungkin apa yang bisa diberikan dan sesuai dengan tugas dan fungsinya Sebagai upaya untuk mewujudkan terlaksananya visi, misi dan tujuan organisasi, LSM FPPT berorientasi pada program kerja, baik program jangka pendek maupun program jangka panjang, yang antara lain:

I.Program Kerja Jangka Pendek

1.Melakukan kontrol sosial disegala bidang.

Menyatakan dan menyampaikan Visi, Misi, Persepsi dan Potensi Kab. Kukar, serta menyalurkan aspirasi masyarakat Kab. Kukar kepada pihak yang berkepentingan.

Mengembangkan kepeloporan masyarakat Kab. Kukar sehingga memilki sikap berani tampil ditengah-tengah masyarakat secara bertanggung jawab dan menjunjung tinggi keadilan.

Meningkatkan peran serta masyarakat Kab. Kukar dalam pembangunan bangsa yang meliputi peran pelaksana, pembinaan, pengawasan dan kontrol sosial yang dilaksanakan secara kritis, konstruktif, konsepsional terhadap para pelaksana pembangunan atau pemerintah.

Memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat Kab. Kukar.

Melaksanakan dan membuat studi dan kajian tindak serta investigasi.

Melakukan pendampingan dan konsultasi serta sosialisasi program dan konsultasi.

Menyelenggarakan pendidikan dan latihan untuk memberdayakan usaha ekonomi

kerakyatan.

Memimpin dan terlibat aktif dalam mewujudkan masyarakat Kab. Kukar yang

demokratis menuju demokrasi ekonomi, sosial dan budaya.

Melakukan kajian dan pemberdayaan ekonomi rakyat dibidang perikanan dan

kelautan, serta bidang-bidang lain yang dianggap perlu.

11.Melakukan usaha-usaha lainnya yang tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan lembaga satu dan lain, dalam arti kata yang seluas-luasnya.

II. Program Kerja Jangka Panjang

1.Berusaha semaksimal mungkin untuk menyatukan visi dan misi pemerintah dengan aspirasi masyarakat sehingga program-program pembangunan yang dirancang dan dilaksanakan oleh pemerintah diberbagai bidang mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Mendukung pemerintah dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dangan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manuasia (SDM) guna tercapainya sasaran pembinaan manusia seutuhnya.

Membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan disegala bidang, meliputi patuh hukum, ramah lingkungan, yang berorientasi pada kemakmuran, keadilan dan kesejahteraan masyarakat umum.

Membantu pemerintah dalam menggali nilai-nilai budaya bangsa di Kab. Kukar khususnya dan di Indonesia umumnya.

Membantu pemerintah dalam menyalurkan berbagai aspirasi dibidang komunikasi pembangunan antara pemerintah dan masyarakat serta dengan pelaku-pelaku pembangunan lainnya.

Membantu pemerintah untuk menstimulus masyarakat pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan menyadarkan masyarakat akan dampak kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Membantu pemerintah ikut berpartisipasi aktif dalam pembangunan yang memberdayakan masyarakat kecil dan menengah serta masyarakat yang kurang mampu.

Membantu pemerintah mewujudkan generasi terampil, kreatif, dinamis dan bertanggung jawab akan masa depan serta loyal terhadap pembangunan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Menjaga keluhuran harkat dan martabat masyarakat Kab. Kukar khususnya dalam rangka pengabdiannya kepada Nusa, Bangsa, Negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Percepatan pengentasan kemiskinan melalui usaha produktif, berkelompok dengan pendekatan kemitraan, kelembagaan, pembangunan pemecah masalah dan pendekatan umat.

Mengembangkan pembentukan modal masyarakat (kelompok dan perorangan). Menciptakan proses kegiatan dan pengembangan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan di Kab. Kukar khususnya dan wilayah Republik Indonesia umumnya.

Mewujudkan masyarakat yang egaliter, berkeadilan di bidang ekonomi, sosial dan budaya.

ANGGARAN DASARBAB INAMA, BENTUK, ARTI ORGANISASI DAN KEDUDUKAN

Pasal 1

1. Nama organisasi adalah FORUM PEMUDA PEMERHATI TAMBANG yang disingkat FPPT

2. Bentuk organisasi ini adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dimiliki oleh seluruh anggota dan berazaskan jiwa sosial, gotong royong, kekeluargaan dan solidaritas dan tidak bertujuan komersial.

3. Filosofi FPPT diartikan sebagai suatu penerang laksana lantera yang menerangi lingkungan sekitar kita untuk terwujudnya lingkungan yang kondusif dari segala aspek dalam arti seluas-luasnya

4. LSM Pemerhati FORUM PEMUDA PEMERHATI TAMBANG (FPPT) bergerak di bidang kemanusiaan, yang lebih ditekankan kepedulian terhadap lingkungan hidup, sosial, politik, hukum dan ham, dunia usaha, agama, adat istiadat, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi serta Pemuda & olah raga

5. LSM Pemerhati FORUM PEMUDA PEMERHATI TAMBANG (FPPT) berkedudukan di Kabupaten Kutai Kartanegara

BAB IILANDASAN, AZAS DAN TUJUAN

Pasal 2

1. Landasan adalah Pancasila, UUD 1945 dan azaz kekeluargaan serta berjiwa sosial.

2. Memberikan dukungan komunikasi yang akurat, dapat dipercaya dan independent, kepada instansi baik pemerintah maupun swasta yang berhubungan dengan lingkungan hidup, sosial & kemasyarakatan, Hak Asasi Manusia, Ekonomi kerakyatan & dunia Usaha, Agama & Adat Istiadat, Pendidikan & IPTEK serta Pemuda & Olah Raga

3. Memberikan dukungan komunikasi yang akurat, dapat dipercaya dan independent, kepada instansi terkait khususnya menyangkut ketentraman, ketertiban, keamanan dan masalah sosial yang ada hubungannya situasi yang terjadi dilingkungan masyarakat, serta membantu masyarakat yang