ad - art askopindo

Download Ad - Art Askopindo

Post on 12-Aug-2015

102 views

Category:

Documents

7 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

ASKOPINDO

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGAASOSIASI KONSTRUKSI PEMBORONG INDONESIA (TAHUN 2012 2017)

i

ASKOPINDOSAPTA ETIKA ASKOPINDO1. Kami Anggota ASKOPINDO, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD Tahun 1945, sebagai motivasi dalam bertindak dan berfikir bagi pelaku jasa konstruksi. 2. Kami Anggota ASKOPINDO, menjunjung tinggi rasa tanggungjawab dalam menjalankan usaha di bidang jasa konstruksi. 3. Kami Anggota ASKOPINDO, menjunjung tinggi nilai etika dalam berperikemanusiaan terhadap masyarakat dan pekerja jasa konstruksi. 4. Kami Anggota ASKOPINDO, menjunjung tinggi nilai-nilai Hukum dan Ham dalam kegiatan dan bekerja bagi pelaku jasa konstruksi. 5. Kami Anggota ASKOPINDO, menjunjung tinggi semangat kesetiakawanan dan solid dalam berprofesi diantara sesama anggota jasa konstruksi. 6. Kami Anggota ASKOPINDO, menjunjung tinggi semangat dalam memajukan Organisasi secara propesionalisme dengan mewujudkan Pengusaha yang mandiri dalam bidang jasa kontruksi. 7. Kami Anggota ASKOPINDO, menjunjung tinggi harkat, martabat dan kodrat Organisasi dalam menjalankan tugas dan kedudukan di bidang jasa kontruksi.

Anggaran Dasar ASKOPINDO

ii

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan Rahmatnya, maka Asosiasi Konstruksi Pemborong Indonesia atau disingkat ASKOPINDO, telah dibentuk oleh para Badan Pendiri yang sebanyak 5(lima) orang. Karena didorong oleh keinginan yang luhur, maka para pengusaha atau Pemborong Nasional yang khusus bergerak didalam bidang jasa konstruksi dengan dijiwai semangat persatuan dan kesatuan yang berlandaskan pancasila dan UUD tahun 1945. Kami pengusaha jasa konstruksi sadar akan kedudukan, tugas, tanggungjawab dan kewajiban kami sebagai bagian dari masyarakat terhadap kelangsungan Pembangunan Nasional yang berkesinambungan agar tercapai masyarakat yang adil dan makmur serta sejahtera, sesuai amanah UU no 18 tahun 1999, semua pelaku pemborong jasa konstruksi perlu untuk menyatukan diri dan berhimpun dalam satu wadah organisasi unutk meningkatkan kemampuan, keahlian, kecerdasan, pengetahuan dan profesionalisme dalam rangka pelaksanaan pembangunan. Agar semua tercapai maksud dan tujuan kita, maka dengan ini kami menyatakan berhimpun dalam satu organisasi yang kami beri nama ASOSIASI KONSTRUKSI PEMBORONG INDONESIA atau disingkat ASKOPINDO.

Anggaran Dasar ASKOPINDO

iii

ANGGARAN DASAR ASOSIASI KONSTRUKSI PEMBORONG INDONESIA ASKOPINDOBAB I Umum NAMA, TEMPAT KEDUDUKAN DAN WAKTU

Pasal 1 Nama Organisasi ini bernama Asosiasi Konstruksi Pemborong Indonesia, atau disingkat ASKOPINDO.

Pasal 2 Tempat Kedudukan Kedudukan ASKOPINDO, berpusat di Ibu kota Negara Republik Indonesia. Ibu kota seluruh wilayah provinsi dan kabupaten/ kota di seluruh wilayah Indonesia.

Pasal 3 Waktu Organisasi ini didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan lamanya.

BAB II AZAS, LANDASAN DAN TUJUAN

Pasal 4 Azas Asosiasi Konstruksi Pemborong Indonesia, berazaskan Pancasila dan UUD Tahun 1945.

Pasal 5 Landasan ASKOPINDO berlandaskan: 1. Undang-Undang Dasar Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional.

Anggaran Dasar ASKOPINDO

1

2. 3. 4. 5.

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri (KADIN). Undang-Undang Nomor 28/2004, tentang Pendirian Organisasi. Undang-Undang Nomor 8/1985, tentang ORSOSMAS. Undang-undang Nomor 18 tahun1999, tentang Jasa Konstruksi, serta Peraturan Pemerintah nomor 28,29 dan 30 tahun 2000 sebagai Landasan Operasional.

6.

Keputusan Rapat Khusus Badan Pendiri ASKOPINDO sebagai Landasan Organisasi.

Pasal 6 Tujuan ASKOPINDO bertujuan: 1. 2. Menghimpun dan membina pelaku jasa konstruksi khususnya anggota ASKOPINDO. ASKOPINDO mempunyai maksud dan tujuan yang jelas dalam bidang jasa konstruksi yang dilandasi oleh niatan yang luhur dan bijaksana. 3. 4. Melindungi dan memperjuangkan hak-hak anggota. Membina dan mengembangkan anggota jasa konstruksi agar tertib hukum dalam wadah usaha yang sehat. 5. ASKOPINDO memberikan bimbingan, pelatihan, penyuluhan, dan bantuan serta melindungi kepentingan anggota. 6. Menyatukan rasa setia kawanan sesama anggota ASKOPINDO, agar berkepribadian dan berbudi luhur dengan mentaati kode etik, serta memberikan rasa tanggungjawab didalam menjalankan profesi di bidang jasa konstruksi. 7. Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan dan latihan (Diklat) untuk meningkatkan kemampuan SDM bagi para anggota ASKOPINDO dengan memberikan pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan. 8. Menjalin kerjasama dengan organisasi atau lembaga-lembaga di bidang teknologi dan manajemen untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja anggota ASKOPINDO. 9. Membimbing rasa kesetiakawanan sesama anggota dengan menjauhkan diri persaingan yang kurang sehat dalam menjalankan usaha di bidang jasa konstruksi.

Anggaran Dasar ASKOPINDO

2

BAB III USAHA-USAHA

Pasal 7 Usaha Untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dalam pasal 6 angaran dasar ini, organisasi akan menjalankan usaha-usaha yang sesuai dan tidak bertentangan dengan tujuan suatu organisasi, diantaranya: 1. Melakukan usaha-usaha lain yang dapat menghimpun aneka dana secara clean, clean dan non kriminal origin dengan jalan melakukan kerjasama dengan badan-badan lain/pihak lain yang saling menguntungkan, baik nasional maupun Internasional Chamber og Commerce (ICC) dengan hukum yang berlaku di Indonesia. 2. Berpartisipasi aktif dalam usaha membantu Pemerintah Pusat dan Daerah dalam melestarikan proyek-proyek pembangunan berbagai sektor diseluruh wilayah Indonesia. 3. Mengadakan kegiatan-kegiatan, pengkajian/penelitian, perkembangan dan sosialisasi tentang jasa konstruksi kepada pelaku usaha jasa konstruksi dan juga ke lapisan masyarakat. 4. Menjalankan usaha-usaha dalam bidang koperasi, percetakan, penerbitan, brosur, bulletin, majalah, diktak-diktak dan buku-buku ilmiah jasa konstruksi, penjilidan, periklanan, ekspedisi dan transportasi. 5. Menjalin kerjasama dengan yayasan-yayasan/lembaga swadaya masyarakat, baik dalam negeri maupun luar negeri, Pemerintah maupun Non Pemerintah. Segala sesuatu dalam arti kata yang seluas-luasnya.

BAB IV FUNGSI ORGANISASI

Pasal 8 Fungsi ASKOPINDO berfungsi sebagai berikut: 1. Berfungsi sebagai wadah penyalur komunikasi antara anggota dan Pemerintah, antara Pemerintah dan masyarakat mengenai kegiatan yang berkaitan dengan jasa konstruksi. 2. Berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan jasa konstruksi bagi anggota ASKOPINDO dalam mewujudkan tujuan organisasi.Anggaran Dasar ASKOPINDO

3

3.

Berfungsi sebagai pembersatukan dan mengarahkan kemampuan usaha serta kegiatan organisasi untuk mencapai tujuan bersama, dengan dilandasi niat yang jujur dan terbuka bagi pelaku jasa konstruksi.

4.

Berfungsi sebagai wadah dalam memperjuangkan aspirasi dan kepentingan anggota ASKOPINDO.

5.

Berfungsi sebagai wadah penyelenggarakan hubungan aktif dengan badan-badan yang melakukan kegiatan ekonomi, baik dalam negeri maupun luar negeri yang dapat menguntungkan jasa konstruksi.

6.

Berfungsi sebagai wadah persahabatan dan siraturahmi antara pengurus anggota ASKOPINDO.

7.

Berfungsi

sebagai

penyelenggaraan

sertifikasi

jasa

konstruksi

bagi

anggota

ASKOPINDO.

BAB V BENTUK, SIFAT DAN STATUS ORGANISASI

Pasal 9 Bentuk ASKOPINDO adalah organisasi berbentuk perhimpunan dan kesatuan yang tidak terpisahkan dari Pusat sampai ke Daerah-daerah diseluruh wilayah Republik Indonesia yang tersusun secara struktur dengan kekuasaan otonom dan struktur yang berjenjang dari Badan Pengurus Pusat, Badan Pengurus Daerah dan Badan Pengurus Cabang.

Pasal 10 Sifat ASKOPINDO adalah bersifat mandiri, independen dan terbuka yang mana ASKOPINDO mampu memenuhi dan meyelenggarakan kegiatan sendiri, independen dan terbuka bagi semua pelaku jasa konstruksi.

Pasal 11 Status ASKOPINDO adalah organisasi wadah jasa konstruksi yang berdasarkan kesamaan fungsi dan tujuan organisasi, yang mana kegiatannya tidak mencari keuntungan belaka, tetapi demi menghimpun semua pelaku jasa konstruksi.Anggaran Dasar ASKOPINDO

4

BAB VI BADAN PENDIRI

Pasal 12 Badan Pendiri

1.

Badan pendiri ASKOPINDO adalah orang-orang yang mempunyai keberanian, kepedulian, tekat, semangat, dan mempunyai jati diri yang tidak tercela. Badan Pendiri terdiri dari orang-orang yang banyak mengerti mengenai Pengembangan Jasa Konstruksi. Badan Pendiri ASKOPINDO berjumlah 3 (tiga) orang atau lebih.

2.

Badan Pendiri merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi, berdasarkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Organisasi.

3.

Badan Pendiri mempunyai wewenang dan tugas sebagai berikut: a. Menunjuk dan memberhentikan Badan Kehormatan, Badan Pembina dan Badan Pengurus, apabila melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta Peraturan Organisasi. b. Memantau pelaksanaan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan serta program kerja ASKOPINDO yang dijalankan oleh Badan Pengurus Pusat. c. Memberikan bimbingan, nasehat, masukan dan pengawasan kepada Badan Pengurus Pusat ASKOPINDO. d. Badan Pendiri mengesahkan struktur komposisi Badan Kehormatan, Badan Pembina dan Badan Pengurus Pusat ASKOPINDO, dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sekali. e. Pengangkatan dan pemberhentian Badan Kehormatan, Badan Pembina dan Badan Pengurus Pusat ASKOPINDO, dilakukan dalam Rapat Khusus Badan Pendiri dan dilantik dalam MUNAS. f. Keputusan Badan Pendiri tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun juga. Keputusan Badan Pendiri mempunyai kekuatan hukum yang mengikat dan syah demi hukum. g. Pengangkatan dan pemberhentian anggota Badan Pendiri dilakukan oleh Rapa