ad art hme.docx

Click here to load reader

Post on 01-Feb-2016

286 views

Category:

Documents

9 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

ANGGARAN DASAR ANGGARAN RUMAH TANGGA

HIMPUNAN MAHASISWA ELEKTROUNIVERSITAS JEMBER

PEMBUKAAN

Oleh dorongan hak dan tanggung jawab serta pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa, bangsa, dan almamater Universitas Jember, kami mahasiswa Teknik Elektro Universitas Jember mempunyai kewajiban belajar, berkarya, dan berjuang.Atas dasar ini pula, sesuai dengan kemurnian, kedaulatan, dan asas kemahasiswaan, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Jember berhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Jember.Kemudian untuk mencapai tujuan kesejahteraan anggota dan memperjuangkan nilai-nilai kebenaran berdasarkan kemanusiaan, disusunlah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga berdasarkan kemahasiswaan yang murni.ANGGARAN DASAR

BAB INAMA, WAKTU, DAN TEMPATPasal 1Organisasi ini bernama Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Jember atau disingkat HME UJ.Pasal 2HME UJ didirikan pada tangal 14 Februari tahun 2002.Pasal 3HME UJ bertempat di Fakultas Teknik Universitas Jember.BAB IIASAS, SIFAT DAN TUJUANPasal 4Asas HME UJ adalah Pancasila, Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Keilmuan Elektro.Pasal 5HME UJ bersifat demokratis dan keahlian.Pasal 6HME UJ bertujuan:1. Memperjuangkan kepentingan anggota dalam bidang studi dan kesejahteraan.2. Memupuk dan membina kekeluargaan antar anggota beserta alumni.

3. Membentuk anggota yang kreatif, inovatif, berwawasan luas, dan berbudi pekerti luhur.4. Memperjuangkan nilai-nilai kebenaran berdasarkan kemanusiaan.5. Mengembangkan dan memasyarakatkan ilmu elektro.

BAB IIIHUBUNGAN KELEMBAGAANPasal 7HME UJ menjalin hubungan dengan Universitas Jember beserta struktur kelengkapannya.Pasal 8HME UJ menghormati dan bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan lain yang dilakukan atas dasar kesamaan tujuan.Pasal 9Hubungan dengan lembaga atau perseorangan di masyarakat, berlandaskan pengabdian kepada masyarakat dan saling menguntungkan.

BAB IVKEANGGOTAANPasal 10Anggota HME UJ terdiri atas:1. Anggota Biasa2. Anggota Kehormatan

BAB VORGANISASIPasal 11Pemegang kekuasaan dan kedaulatan tertinggi di HME UJ adalah anggota yang direpresentasikan dalam Musyawarah Besar HME UJ.Pasal 12Kelengkapan organisasi HME UJ adalah:1. Dewan Pertimbangan Mahasiswa HME UJ atau disingkat DPM HME UJ.2. Pengurus HME UJ.

BAB VIPERMUSYAWARATANPasal 13Musyawarah HME UJ terdiri atas:1. Musyawarah Pengurus2. Musyawarah Besar3. Musyawarah Luar Biasa.

BAB VIIKEUANGANPasal 14Keuangan HME UJ diperoleh dari:1. Iuran Anggota biasa dan pengurus HME.2. Sumbangan yang tidak mengikat.3. Usaha-usaha yang tidak bertentangan dengan AD dan ART HME UJ.Pasal 15Keuangan HME UJ dikelola oleh Pengurus HME UJ.

BAB VIIIATRIBUTPasal 16Atribut HME UJ terdiri atas:1. Jaket HME UJ.2. Bendera HME UJ.3. Lambang HME UJ.4. Kemeja HME UJ.

BAB IXPERUBAHAN AD DAN ART HME UJPasal 17Usulan pengubahan AD dan ART HME UJ diajukan atas persetujuan minimal dua pertiga jumlah Anggota Biasa.BAB XPEMBUBARAN HME UJPasal 18Usulan pembubaran HME UJ diajukan atas persetujuan minimal tiga perempat jumlah Anggota Biasa.

BAB XIHAL-HAL LAINPasal 19Hal-hal lain yang tidak tercantum dalam Anggaran Dasar akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga dan Penjelasan AD dan ART HME UJ.

ANGGARAN RUMAH TANGGA

BAB IKEANGGOTAANPasal 1Ayat 1Keanggotaan HME UJ terdiri atas:1. Anggota Biasa adalah seluruh mahasiswa jurusan teknik elektro UJ yang telah dinyatakan lulus dari proses kaderisasi yang ada di HME UJ.2. Anggota Kehormatan adalah:a. Alumni mahasiswa teknik elektro UJ yang pernah menjadi Anggota Biasa.b. Mahasiswa teknik elektro UJ yang diangkat karena hal-hal tertentu.Ayat 2Pengangkatan Anggota Kehormatan untuk pasal 1 ayat 1, poin 2 bagian b, dilakukan oleh Pengurus HME UJ setelah disetujui oleh DPM HME UJ.Pasal 2Kewajiban Anggota HME UJ1. Setiap Anggota HME UJ wajib menjunjung tinggi dan menaati AD dan ART HME UJ serta peraturan yang berlaku di HME UJ.2. Memelihara dan menjaga nama baik HME UJ.3. Setiap Anggota Biasa wajib membayar iuran anggota sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Pengurus HME UJ bersama DPM HME UJ.Pasal 3Ayat 1Hak Anggota HME UJ1. Anggota Biasaa. Menyampaikan ide dengan cara lisan, tulisan, dan bentuk lainnya selama tidak melanggar nilai dan norma yang berlaku.b. Mengikuti kegiatan HME UJ.c. Menggunakan fasilitas HME UJ atas persetujuan pengurus.d. Membawa nama HME UJ atas persetujuan Pengurus HME UJ.e. Memilih dan dipilih dalam pemilihan umum.f. Mengeluarkan pendapat dan memiliki hak suara pada saat Musyawarah Besar HME UJ.2. Anggota Kehormatana. Mengeluarkan pendapat pada saat Musyawarah Besar HME UJ.b. Memiliki hak suara pada saat Rapat Pembubaran HME UJ.c. Memberikan saran dan kritik untuk HME UJ.d. Mengikuti kegiatan HME UJ atas persetujuan Pengurus HME UJ.e. Menggunakan fasilitas HME UJ atas persetujuan Pengurus HME UJ.f. Membawa nama HME UJ atas persetujuan Pengurus HME UJ.Ayat 2Tata cara penggunaan kewajiban dan hak diatur dalam peraturan tersendiri yang dibuat oleh Pengurus HME UJ dan disetujui DPM HME UJ.Pasal 4Ayat 1Anggota HME UJ yang melanggar AD dan ART HME UJ akan diberi sanksi berupa:1. Peringatan tertulis.2. Pencabutan status keanggotaan.Ayat 2Mekanisme sanksi diatur dalam aturan tersendiri yang dibuat dan disetujui oleh Pengurus HME UJ bersama DPM HME UJ.Pasal 5Status keanggotaan HME UJ hilang jika:1. Meninggal dunia.2. Tidak lagi menjadi mahasiswa teknik elektro UJ dikarenakan:a. Mendapat sanksi akademik (DO)b. Pindah jurusan dari teknik elektro UJ3. Keanggotaannya dicabut oleh Pengurus HME UJ dan disetujui oleh DPM HME UJ.4. Dalam tenggang waktu satu minggu setelah menyatakan pengunduran diri secara tertulis, tidak mencabut pernyataan tersebut.

BAB IIPERMUSYAWARATANPasal 6Ayat 1Musyawarah Besar sah apabila dihadiri oleh lebih dari setengah jumlah Anggota Biasa yang telah terdaftar sebagai peserta Musyawarah Besar.Ayat 2Musyawarah Luar Biasa:1. Perubahan dan Pengesahan AD dan ART HME UJ sah apabila dihadiri oleh minimal dua pertiga jumlah Anggota Biasa yang telah terdaftar sebagai peserta Musyawarah Besar dan disetujui oleh minimal tiga perempat jumlah Anggota Biasa yang hadir.2. Pembubaran HME UJ sah apabila dihadiri oleh minimal tiga perempat jumlah Anggota HME UJ dan disetujui oleh lebih dari empat perlima jumlah anggota yang hadir.Pasal 7Permusyawaratan HME UJ diselenggarakan oleh DPM HME UJ minimal satu kali dalam setahun.Pasal 8Ayat 1Musyawarah Besar Tahunan dan Musyawarah Luar Biasa diselenggarakan atas usul dari:1. Minimal sepertiga dari jumlah Anggota Biasa non Pengurus HME UJ kepada DPM HME UJ.2. DPM HME UJ dengan persetujuan minimal sepertiga jumlah Anggota Biasa non Pengurus HME UJ.3. Pengurus HME UJ dengan persetujuan DPM HME UJ.4. Jika DPM HME UJ tidak dapat menyelenggarakan Permusyawaratan HME UJ, maka minimal dua pertiga jumlah Anggota Biasa dapat menunjuk Pengurus HME UJ untuk menyelenggarakan Permusyawaratan HME UJ.Pasal 9Tugas Permusyawaratan HME UJ adalah:1. Menyusun dan mengesahkan Garis-Garis Besar Program Kerja.2. Memilih dan menetapkan Ketua HME UJ.3. Mengesahkan DPM HME UJ.4. Mengevaluasi pertanggungjawaban DPM HME UJ.5. Mengevaluasi pertanggungjawaban pengurus HME UJ.6. Mengesahkan AD dan ART HME UJ.Pasal 10Wewenang Permusyawaratan HME UJ adalah:1. Mengubah Garis-Garis Besar Program Kerja.2. Menerima atau menolak pertanggungjawaban DPM HME UJ.3. Menerima atau menolak pertanggungjawaban pengurus HME UJ.4. Mengubah AD dan ART.5. Membubarkan HME UJ.6. Mengeluarkan Ketetapan Musyawarah Besar HME UJ.Pasal 11Ayat 1Keputusan Musyawarah Besar HME UJ diambil secara musyawarah.Ayat 2Bila tidak tercapai mufakat, keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak.

BAB IIIDEWAN PERTIMBANGAN MAHASISWAPasal 9Ayat 1DPM HME UJ adalah perwakilan 3 orang setiap angkatan yang masih sah terdaftar sebagai mahasiswa teknik elektro UJ dan merupakan Anggota Biasa HME UJ.Ayat 2Pemilihan anggota DPM HME UJ merupakan hak otonom masing-masing angkatan.Pasal 10Tugas DPM HME UJ adalah:1. Menjunjung tinggi dan menaati AD dan ART HME UJ.2. Mengawasi jalannya kepengurusan dengan acuan AD dan ART HME UJ.3. Melaporkan hasil kerjanya secara tertulis kepada Anggota Biasa minimal empat bulan sekali.4. Menampung dan menyampaikan setiap kritik dan saran anggota kepada Pengurus HME UJ.5. Mempertanggungjawabkan hasil kerjanya dalam Musyawarah Besar HME UJ.6. Menyelenggarakan Rapat Anggota HME UJ.7. Menyelenggarakan Pemilihan Ketua HME UJ, jika ketua HME lepas masa jabatannya sebelum berakhirnya 1 periode kepengurusannya.Pasal 11Wewenang DPM HME UJ adalah:1. Mengeluarkan memorandum I kepada Pengurus HME UJ, apabila dalam pandangannya, Pengurus HME UJ telah melanggar AD dan ART HME UJ.2. Jika waktu memorandum I habis dan menurut DPM HME UJ, Pengurus HME UJ belum memperbaiki kinerjanya, DPM HME UJ berhak mengeluarkan memorandum II.3. Jika waktu memorandum II habis dan menurut DPM HME UJ, Pengurus HME UJ masih belum memperbaiki kinerjanya, DPM HME UJ berhak mengusulkan musyawarah luar biasa.4. Membuat peraturan yang diperlukan dalam lingkup DPM HME UJ.5. Bersama Pengurus HME UJ, membuat kebijakan yang diperlukan bagi HME UJ, termasuk menyatakan keadaan darurat.Pasal 12Keanggotaan DPM HME UJ akan hilang apabila :1. Meninggal dunia.2. Sudah tidak terdaftar lagi sebagai mahasiswa teknik elektro UJ dan dapat diganti pada saat itu sesuai dengan mekanisme tertentu di angkatannya.3. Angkatan yang diwakili, menarik mandatnya.4. Mengundurkan diri dengan persetujuan angkatan yang diwakilinya. 5. Telah habis masa tugasnya.

BAB IVPENGURUSPasal 13Ayat 1Pengurus HME UJ adalah Ketua HME UJ beserta Anggota Biasa HME UJ yang termasuk dalam struktur kepengurusan.Ayat 2Struktur kepengurusan HME UJ dibentuk oleh Ketua HME UJ sesuai dengan kebutuhan.Ayat 3Masa jabatan Pengurus HME UJ adalah sampai diselenggarakan Musyawarah Besar yang berikutnya.Pasal 14Ketua HME UJ adalah pimpinan tertinggi dalam Pengurus HME UJ.Pasal 15Ketua HME UJ