(422378781) gt gabung

Upload: gilang-purnama-mulyana

Post on 10-Jan-2016

218 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

make gt gabung

TRANSCRIPT

  • USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWAJUDUL PROGRAMSmall Holes Underground Channel Discharge Sebagai Solusi Mengatasi Genangan Air di Jalan RayaBIDANG KEGIATAN:PKM-GAGASAN TERTULIS

    Diusulkan oleh:Nurviana Novianti 220110120018 (2012)Siwi K. Putri 220110120090 (2012)Amelia Kristianti 220110120150 (2012)

    UNIVERSITAS PADJADJARANSUMEDANG2014

  • PENGESAHAN PKM-GAGASAN TERTULIS

    1. Judul Kegiatan : Small Holes Underground Channel Discharge Sebagai Solusi Mengatasi Genangan Air di Jalan Raya

    2. Bidang Kegiatan : PKM-GT3. Ketua Pelaksana Kegiatan

    a. Nama Lengkap : Nurviana Noviantib. NIM : 220110120018c. Jurusan : Keperawatand. Universitas : Universitas Padjadjarane. Alamat Rumah dan No HP : Kampung Sukarame RT/RW 02/01

    Desa Parungserab Kecamatan SoreangKabupaten Bandung 40923HP. 089615358085

    f. Alamat email : [email protected]. Anggota Pelaksana Kegiatan : 2 orang5. Dosen Pendamping

    a. Nama Lengkap dan Gelar : ..............b. NIDN : ..............c. Alamat Rumah dan No HP : ..............

    Sumedang, 6 Januari 2015

    MenyetujuiWakil Dekan Ketua Pelaksana KegiatanBidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan

    Suryani,S.Kp.,M.HSc. Nurviana NoviantiNIP. 196802021993032 001 NIM. 220110120018

    Wakil Rektor Dosen PendampingBidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan

    Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS .....................................NIP.196311171988101001 NIP.

    2

  • DAFTAR ISIHALAMAN SAMPUL..................................................................................... iHALAMAN PENGESAHAN.......................................................................... iiDAFTAR ISI..................................................................................................... iiiRINGKASAN................................................................................................... ivBAB 1 PENDAHULUAN................................................................................ 1

    1.1. Latar Belakang.................................................................................. 1

    1.2. Tujuan............................................................................................... 1

    1.3. Manfaat............................................................................................. 1

    BAB 2 GAGASAN........................................................................................... 22.1. Kondisi Kekinian Pencetus Gagasan................................................ 2

    2.2. Solusi Yang Pernah Ditawarkan....................................................... 2

    2.3. Seberapa Jauh Kondisi Yang Dapat Diperbaiki................................ 3

    2.4. Pihak Yang Membantu...................................................................... 3

    2.5. Langkah Strategis............................................................................. 3

    BAB 3 KESIMPULAN.................................................................................... 5DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 6LAMPIRAN..................................................................................................... 7

    Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota................................................ 7Lampiran 2. Susunan Organisasi Tim Penelti dan Pembagian Tugas...... 11Lampiran 3.Surat Pernyataan Ketua Peneliti........................................... 12

    3

  • RINGKASAN

    Judul gagasan yang diajukan adalah Small Holes Underground ChannelDischarge sebagai solusi mengatasi genangan air di jalan raya. Latar belakangyang diambil berdasarkan beberapa jurnal dan surat berita yang menunjukkanbanyaknya permasalahan genangan air di jalan raya yang terjadi di berbagaidaerah. Tujuan dari gagasan yang diajukan adalah untuk mengatasi genangan airdi jalan raya dan mencegah terjadinya penyakit akibat genangan air. Metodepenulisan PKM GT ini terdiri dari pendahuluan, gagasan, kesimpulan, daftarpustaka, dan lampiran.

    Small Holes Underground Channel Discharge adalah rancangan sistemdrainase di jalan raya yang dapat mengurangi genangan air dengan cepat masukke dalam lapisan tanah dengan metode menempatkan Small Holes (lubang-lubangkecil) di beberapa titik jalan raya khususnya pada jalan raya yang sering tergenangair. Posisi Small Holes diletakkan di tengah-tengah jalan raya dengan jarak 1meter dari satu lubang ke lubang lainnya. Ujung dari pengaliran air ini disalurkanke sungai-sungai induk yang berada di daerah tersebut. Pihak yang dapatmembantu terealisasinya gagasan Small Holes ini antara lain pihak dari TeknikSipil, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu(BPPT), dan Dinas Perhubungan.

    Manfaat dari gagasan Small Holes ini adalah untuk mengurangi genanganair di lalu lintas sehingga arus lalu lintas tidak akan terganggu. Selain itu denganberkurangnya genangan air dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan asrisehingga dapat mencegah dari penyakit gatal, malaria, demam berdarah, danpenyakit yang lainnya. Dampak yang ditimbulkan dari terealisasikannya gagasanini antara lain roda perekonomian akan terus berjalan karena arus lalu lintaslancar, persediaan air bawah tanah pun akan terjaga karena Small Holes dapatmemfasilitasi air untuk meresap kedalam tanah serta angka morbiditas penyakitakibat genangan air akan berkurang.

    Rekomendasi yang diajukkan adalah perlunya kerja sama antara semuapihak yang terkait untuk mewujudkan gagasan ini. Selain itu juga diperlukankoordinasi antara satu pihak dengan pihak yang lain. Peran serta masyarakatdalam mendukung gagasan juga diperlukan untuk mencapai tujuan yangdiharapkan.

    4

  • BAB IPENDAHULUAN

    1.1 Latar Belakang

    Saat ini sistem drainase sudah menjadi salah satu infrastruktur perkotaanyang penting. Kualitas manajemen suatu kota dapat dilihat dari kualitas sistemdrainase yang ada. Sistem drainase yang baik dapat membebaskan kota darigenangan air. Genangan air menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan jorok,menjadi sarang nyamuk, dan sumber penyakit lainnya sehingga dapat menurunkankualitas lingkungan, dan kesehatan masyarakat.

    Genangan air terjadi diakibatkan sedikitnya ruang terbuka yang dapatdigunakan secara alami untuk meresapkan dan menampung air. Selain itu pulasaluran-saluran drainase yang tidak normal juga memperlambat genangan-genangan air untuk mengalir ke sungai yang lebih besar. Banyak daerah di seluruhIndonesia yang pada saat musim hujan ditemukan genangan-genangan airkhususnya di jalan raya.

    Persoalan genangan air ini menimbulkan dampak negatif yang tidak bisadiabaikan, seperti genangan air yang dapat merusak sarana infrastruktur kota yaituruas jalan lalu lintas sehingga mengganggu aktivitas lalu lintas di ruas jalantersebut. Dari segi kesehatan, genangan air dapat menyebabkan penyakit gatal-gatal dan tempat bersarangnya nyamuk yang bisa menyebabkan malaria ataupundemam berdarah.

    Keadaan seperti ini memerlukan upaya penanganan yang cukup serius.Sehingga penulis terdorong untuk membuat gagasan baru untuk mengatasipermasalahan genangan air di jalan raya.

    1.2 Tujuan

    1.2.1 Untuk mengatasi genangan air di jalan raya1.2.2 Untuk mencegah terjadinya penyakit akibat genangan air

    1.3 Manfaat

    1.3.1 Aktivitas lalu lintas tidak terganggu oleh genangan air1.3.2 Terciptanya lingkungan yang bersih dan asri

    5

  • BAB IIGAGASAN

    2.1 Kondisi Kekinian Pencetus Gagasan

    Banyaknya genangan air ditemukan di ruas-ruas jalan raya yangmengganggu aktivitas lalu lintas di jalan tersebut. Sebagai contoh di JalanStela Raya, Medan, Sumatera Utara, terjadi genangan air yang disebabkangorong-gorong yang tersumbat (waspada online, pusat berita dan informasiMedan, Sumut), di Jalan Raya Peternakan, Jakbar (Bima Setiadi, KoranSindo), di Jalan bebas hambatan dari tol Jatibening hingga kawasan Pancorankearah Grogol, Jakarta (Suara Karya, nawasis.com), di Jalan Rawang-JalanRatulangi, Jalan Jhoni Anwar, AR Hakim, Simpang Haru, Parak gadang,Gunung Pangilun, Airtawar, Lubuk Buaya, dan Jl. Khotib Sulaiman(PadangEkspres.co.id) dan masih banyak lagi daerah di Indonesia yangmengalami permasalahan genangan air.

    2.2 Solusi yang pernah ditawarkan

    Adapun beberapa solusi yang pernah ditawarkan antara lain sebagaiberikut:

    Di Semarang, diterapkan sistem drainase perkotaan yang berwawasanlingkungan atau SDPDL dengan mengendalikan kelebihan air permukaansedemikian rupa sehingga air limpasan dapat mengalir secara terkendali dansemakin bertambahnya air hujan yang dapat meresap ke dalam tanah (jurnalBambang Sudarmanto, dosen tetap Jurusan Teknik Sipil, UniversitasSemarang)

    Di Jakarta diterapkannya Bank Air dengan cara menampung air bersihdan memanfaatkan air banjir yang kotor dan tercemar yang kemudian didaurulang melalui beberapa proses pemfilterisasi dan pensterilan. (Bagus TriPrasetya, Edi Kurniawan, Angga Budi Arto, Program Studi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya).

    Di Jakarta diterapkan Sumur Resapan untuk menampung genangan airyang ada di jalan raya. (GATRAnews/Jongki Handianto).

    6

  • 2.3 Seberapa jauh kondisi yang dapat diperbaiki melalui gagasan yangdiajukan

    Dengan adanya gagasan ini, diharapkan genangan air dapat berkurangdengan cepat karena selain mengalir melalui gorong-gorong yang sudah ada,juga dibantu dengan lubang kecil di tengah jalan. Meskipun dapat ditemuibeberapa kendala dalam segi pendanaan dan pengalihan arus lalu lintassementara, selama pembuatan Small Holes berlangsung.

    2.4 Pihak-pihak yang membantu

    1. Pihak Teknik Sipil sebagai pihak yang merancang desain Small Holes2. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sebagai pihak yang membangun rancangan

    Small Holes.3. Badan Pelayanan dan Peizinan Terpadu (BPPT) sebagai pihak yang

    memberikan izin untuk merealisasikan program Small Holes.4. Dinas Perhubungan sebagai pihak untuk berkonsultasi dan pendanaan.

    2.5 Langkah Strategis

    Langkah yang paling penting adalah mensinergiskan seluruh pihakyang terkait untuk saling berkolaborasi sehingga terwujudnya gagasan SmallHoles ini. Dengan terwujudnya gagasan ini maka diharapkan dapatmenyelesaikan permasalahan genangan air yang terjadi di berbagai daerahIndonesia. Dibutuhkan juga kesadaran masyarakat untuk turut mendukungdan menjaga infrastruktur yang akan direalisasikan sehingga tercapainyatujuan yang diharapkan.

    Langkah pertama yang akan dilakukan yaitu berdiskusi tentangrancangan Small Holes dengan pihak ahli teknik sipil untuk mematangkanrancangan yang sudah ada.

    7

  • Kemudian akan dilakukan konsultasi dengan pihak DinasPerhubungan mengenai gagasan ini. Setelah gagasan sudah diterima makaakan dilakuan perizinan perealisasian gagasan ini kepada Badan Pelayanandan Perizinan Terpadu. Setelah izin didapatkan, mulai disosialisasikanmengenai proyek gagasan ini kepada masyarakat. Yang pada akhirnya mulaiproses pembuatan Small Holes ini oleh pekerja Dinas Pekerjaan Umum.

    8

  • BAB IIIKESIMPULAN

    Small Holes Underground Channel Discharge adalah rancangan sistemdrainase di jalan raya yang dapat mengurangi genangan air dengan cepat masukke dalam lapisan tanah dengan metode menempatkan Small Holes (lubang-lubangkecil) di beberapa titik jalan raya khususnya pada jalan raya yang sering tergenangair.

    Manfaat dari gagasan Small Holes ini adalah untuk mengurangi genanganair di lalu lintas sehingga arus lalu lintas tidak akan terganggu. Selain itu denganberkurangnya genangan air dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan asrisehingga dapat mencegah dari penyakit gatal, malaria, demam berdarah, danpenyakit lainnya.

    Pihak yang dapat membantu terealisasinya gagasan Small Holes ini antaralain pihak dari Teknik Sipil, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Badan Pelayanan danPerizinan Terpadu (BPPT), dan Dinas Perhubungan. Dalam implementasi gagasanini dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak terkait demi terwujudnya tujuanyang diharapkan.

    Dampak yang ditimbulkan dari manfaat yang didapatkan antara lain rodaperekonomian akan terus berjalan karena arus lalu lintas lancar, persediaan airbawah tanah pun akan terjaga karena Small Holes dapat memfasilitasi air untukmeresap kedalam tanah.

    9

  • DAFTAR PUSTAKA

    Fachruddin. 2013. Evaluasi Sistem Drainase Perkotaan Studi Kasus SistemDrainase Dramaga Bogor. Available online atwww.academia.edu/6782161/Evaluasi_Sistem_Drainase_Perkotaan.

    http://edisicetak.joglosemar.co/berita//minim-drainasebabkan-kerusakan-jalan-44088.html

    http://hpjijakarta.com/berita-151-mengatasi-goronggorong-yang-tersumbat.htmlhttp://indopos.co.id/http://m.sindonews.com/read/850371/31/warga-direpotkan-banjir-abadi-di-jalan-

    peternakan-1396525898 http://storify.com/lryn_Mendayun/bandung-langka-air-tanahhttp://sulutiptek.com/documents/studigenanganairterhadapkerusakanjalandikotago

    rontalo.pdf http://www.gatra.com/nusantara-1/jawa-1/30898-sumur-resapan,-solusi-atasi-

    genangan-air-jakarta.html?tmpl=component&print=1&layout=default&page=

    http://www.jakarta.go.id/v2/news/2011/08/Banjir-dan-Genangan-di-Jakarta-Mulai-Menyusut#.VKE_PALYKA

    http://www.teknik.universitas/samawa.ac.id http://www.waspada.co.id/index.php?

    option=com_content&view=article&id=334129:atasi-genangan-air-di-stella-raya&catid=14:medan&Itemid=27

    Prasetyo, Bagus Tri, dkk. 2012. Bank Air Sebagai Solusi Mengatasi KelangkaanAir Bersih Saat Banjir Melanda Jakarta. Available online atartikel.dikti.go.id/index.php/PKMGT/article/view/137.

    Sudarmanto, Bambang. 2010. Sistem Drainase Perkotaan Yang BerwawasanLingkungan. Available online atpublikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST.../255.

    Suparmanto, Joko, dkk. 2012. Evaluasi dan Alternatif PenanggulanganGenangan Berbasis Konservasi Air di Kota Kupang Das Dendeng-Merdeka Provinsi Nusa Tenggara Timur. Available online atjurnalpengairan.ub.ac.id/index.php/jtp/article/view/133.

    www.nawasis.com/drainase/category/genangan/6

    10

  • LAMPIRAN-LAMPIRAN

    Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota

    A. Identitas Diri1. Nama Lengkap Nurviana Novianti

    2. Jenis Kelamin P

    3. Program Studi Keperawatan

    4. NIM 220110120015

    5. Tempat danTanggal Lahir Bandung, 18 November 1994

    6. E-mail [email protected]

    7. Nomor HP 089615358085

    B. Riwayat Pendidikan

    SD SMPSMA

    Nama Institusi SDN Cibogor 2 SMPN 2 Soreang SMAN 1 Margahayu

    Jurusan - -IPA

    Tahun Masuk-Lulus 2000-2006 2006-20092009-2012

    C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

    No. Nama Pertemuan Ilmiah / SeminarJudul Artikel Ilmiah

    Waktu dan Tempat

    1. - - -

    D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, assosiasi, atau institusilainnya)

    No. Jenis Penghargaan Institusi Pemberi PenghargaanTahun

    1. - - -

    11

  • Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dandapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyatadijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

    Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satupersyaratan dalam pengajuan hibah..

    Sumedang, 6 Januari 2015

    Pengusul,

    Nurviana Novianti

    A. Identitas Diri1. Nama Lengkap Siwi K. Putri

    2. Jenis Kelamin P

    3. Program Studi Keperawatan

    4. NIM 220110120090

    5. Tempat danTanggal Lahir Bandung, 26 Februari 1994

    6. E-mail [email protected]

    7. Nomor HP 085720070499

    B. Riwayat Pendidikan

    SD SMPSMA

    Nama Institusi SDN Pasirkaliki 2 SMPN 9 Bandung SMAN 9 Bandung

    Jurusan - - IPA

    12

  • Tahun Masuk-Lulus 1999-2005 2005-2008 2008-2011

    C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

    No. Nama Pertemuan Ilmiah / SeminarJudul Artikel Ilmiah

    Waktu dan Tempat

    1. - - -

    D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, assosiasi, atau institusilainnya)

    No. Jenis Penghargaan Institusi Pemberi PenghargaanTahun

    1. - - -

    Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dandapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyatadijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

    Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satupersyaratan dalam pengajuan hibah..

    Sumedang, 6 Januari 2015

    Pengusul,

    Siwi K. Putri

    A. Identitas Diri1. Nama Lengkap Amelia Kristianti

    2. Jenis Kelamin P

    3. Program Studi Keperawatan

    4. NIM 220110120150

    5. Tempat dan Tanggal Lahir Jakarta, 17 Maret 1994

    13

  • 6. E-mail [email protected]

    7. Nomor HP 08569047237

    B. Riwayat Pendidikan

    SD SMPSMA

    Nama Institusi SDN 09 Kembangan UtaraSMPN 75 Jakarta

    SMAN 112 Jakarta

    Jurusan - - IPA

    Tahun Masuk-Lulus 2000-2006 2006-2009 2009-2012

    C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)

    No. Nama Pertemuan Ilmiah / SeminarJudul Artikel Ilmiah

    Waktu dan Tempat

    1. - - -

    D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, assosiasi, atau institusilainnya)

    No. Jenis Penghargaan Institusi Pemberi PenghargaanTahun

    1. - - -

    Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dandapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyatadijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

    Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satupersyaratan dalam pengajuan hibah..

    Sumedang, 6 Januari 2015

    Pengusul,

    14

  • Amelia Kristianti

    15

  • Lampiran 2. Susunan Organisasi Tim Penyusun dan Pembagian Tugas

    No Nama/NIM Program StudiBidang

    IlmuAlokasi Waktu (jam/minggu)

    Uraian Tugas

    1. Nurviana Novianti (220110120018) Keperawatan Kesehatan

    2. Siwi K Putri (220110120090) Keperawatan Kesehatan

    3.Amelia Kristianti

    (220110120150)Keperawatan Kesehatan

    16

  • Lampiran 3. Surat Pernyataan Ketua Tim

    KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

    UNIVERSITAS PADJADJARAN

    Jalan Raya Bandung Sumedang KM 21 Jatinangor 45363

    Telp. 022-84288888 Fax. 022-84288889

    Website : www.unpad.ac.id

    SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANAYang bertanda tangan dibawah ini:Nama : Nurviana NoviantiNPM : 220110120018Program Studi : KeperawatanFakultas : Keperawatan

    Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-Gagasan Tertulis saya dengan judulSmall Holes Underground Channel Discharge Sebagai Solusi MengatasiGenangan Air di Jalan Raya yang disusulkan untuk tahun anggaran 2015 bersifatoriginal dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.

    Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini,maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku danmengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.

    Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

    Sumedang, 6 Januari 2015Mengetahui, Yang menyatakan,Wakil Rektor UnpadBidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan

    Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS Nurviana NoviantiNIP.196311171988101001 NIM. 220110120018

    17