35296534 dody firmanda 2010 persi workshop format prosedur kredensial

6
KREDENSIAL TENAGA MEDIS RS …………………………….. Lambang RS…………….. No. Dokumen ……………….. No. Revisi ……………….. … Halaman 1/4 PROSEDUR TETAP Tanggal Terbit ……………….. Ditetapkan Direktur Utama …………………………………………………………. NIP. ………………… PENGERTIAN : Penilaian kredensial tenaga medis adalah proses penilaian yang dilaksanakan dalam rangka seleksi dan rekrutmen tenaga medis yang mengajukan lamaran ke RS……………………… Jenis tenaga medis yang melakukan profesi medis di RS................. adalah : a. Dokter Purna waktu (Full time) adalah dokter pegawai RS................. (PNS atau Non PNS) dan bekerja secara fungsional / profesional dalam rangka memberika pelayanan, pendidikan dan penelitian sesuai dengan Surat Penugasan. b. Dokter Paruh Waktu ( Part time) adalah Dokter hanya melakukan pelayanan profesi medis sesuai dengan perjanjian kerja dan bertanggung jawab kepada Direksi melalui Ketua Komite Medik. TUJUAN : Umum Tercapainya peningkatan mutu pelayanan di ................... Khusus 1. Terseleksinya kompetensi dokter yang akan menjalankan praktek keprofesian di RS ................ 2. Terseleksinya kompetensi dokter secara lengkap sesuai dengan : a. Standar profesi b. Standar etika c. Standar pelayanan medis profesi KEBIJAKAN : Rekruitmen tenaga medis yang profesional dan bermutu PROSEDUR : 1. Penerimaan berkas lamaran 1.1. Berkas lamaran ditujukan kepada Direktur Utama RSUP Fatmwati. 1.2. Direktur Utama RS ................ membuat disposisi mengenai lamaran kepada Kepala Bagian Sumber Daya Manusia melalui Direktur Umum, SDM dan Pendidikan RS ................ , kemudian diteruskan ke Ketua Komite Medik dan Ketua SMF terkait . 1.3. Kepala Bagian SDM mengirimkan kelengkapan berkas lamaran, setelah lengkap ditandatangani oleh Kepala Bag. SDM dikirim ke Ketua SMF terkait. 1.4. Ketua SMF terkait dan anggota akan mempelajari berkas lamaran tersebut sesuai dengan Sistem SMF terkait. 1.5. Bila SMF membutuhkan maupun tidak membutuhkan tenaga medis baru maka berkas lamaran melalui disposisi dikembalikan kepada Kepala Bagian SDM. 1.6. Bila dibutuhkan berkas diteruskan kepada Komite Medik, tetapi bila SMF tidak membutuhkan maka Kepala Bagian SDM akan membuat surat jawaban ke pelamar. 1.7. Ketua Komite Medik mendisposisikan berkas lamaran ke Sub Komite Kredensial Komite Medik untuk menjadwalkan Tes tahap I / MMPI-2 dan tes tahap II / Wawancara Kredensial terhadap Tenaga Medis ( Dokter ) . Tes tahap II / Wawancara Kredensial dilakukan di ruang rapat Komite Medik . 1.8. Kepala Bagian Sumber Daya Manusia RS ................ mempersiapkan bahan Rapat Penilaian Kredensial terhadap Tenaga Medis di Ruang Rapat Komite Medik.

Upload: kartika-sintawati

Post on 02-Aug-2015

271 views

Category:

Documents


4 download

TRANSCRIPT

Page 1: 35296534 Dody Firmanda 2010 PERSI Workshop Format Prosedur Kredensial

KREDENSIAL TENAGA MEDISRS ……………………………..

LambangRS……………..

No. Dokumen………………..

No. Revisi……………….. …

Halaman1 / 4

PROSEDURTETAP

Tanggal Terbit

………………..

DitetapkanDirektur Utama

………………………………………………………….NIP. …………………

PENGERTIAN : Penilaian kredensial tenaga medis adalah proses penilaian yang dilaksanakandalam rangka seleksi dan rekrutmen tenaga medis yang mengajukan lamaranke RS………………………

Jenis tenaga medis yang melakukan profesi medis di RS................. adalah :a. Dokter Purna waktu (Full time) adalah dokter pegawai RS................. (PNS

atau Non PNS) dan bekerja secara fungsional / profesional dalam rangkamemberika pelayanan, pendidikan dan penelitian sesuai dengan SuratPenugasan.

b. Dokter Paruh Waktu (Part time) adalah Dokter hanya melakukanpelayanan profesi medis sesuai dengan perjanjian kerja dan bertanggungjawab kepada Direksi melalui Ketua Komite Medik.

TUJUAN : UmumTercapainya peningkatan mutu pelayanan di ...................Khusus1. Terseleksinya kompetensi dokter yang akan menjalankan praktek

keprofesian di RS ................2. Terseleksinya kompetensi dokter secara lengkap sesuai dengan :

a. Standar profesib. Standar etikac. Standar pelayanan medis profesi

KEBIJAKAN : Rekruitmen tenaga medis yang profesional dan bermutu

PROSEDUR : 1. Penerimaan berkas lamaran1.1. Berkas lamaran ditujukan kepada Direktur Utama RSUP Fatmwati.1.2. Direktur Utama RS ................ membuat disposisi mengenai

lamaran kepada Kepala Bagian Sumber Daya Manusia melaluiDirektur Umum, SDM dan Pendidikan RS ................, kemudianditeruskan ke Ketua Komite Medik dan Ketua SMF terkait .

1.3. Kepala Bagian SDM mengirimkan kelengkapan berkas lamaran,setelah lengkap ditandatangani oleh Kepala Bag. SDM dikirim keKetua SMF terkait.

1.4. Ketua SMF terkait dan anggota akan mempelajari berkas lamarantersebut sesuai dengan Sistem SMF terkait.

1.5. Bila SMF membutuhkan maupun tidak membutuhkan tenaga medisbaru maka berkas lamaran melalui disposisi dikembalikan kepadaKepala Bagian SDM.

1.6. Bila dibutuhkan berkas diteruskan kepada Komite Medik, tetapi bilaSMF tidak membutuhkan maka Kepala Bagian SDM akan membuatsurat jawaban ke pelamar.

1.7. Ketua Komite Medik mendisposisikan berkas lamaran ke SubKomite Kredensial Komite Medik untuk menjadwalkan Tes tahap I /MMPI-2 dan tes tahap II / Wawancara Kredensial terhadap TenagaMedis ( Dokter ) . Tes tahap II / Wawancara Kredensial dilakukan diruang rapat Komite Medik .

1.8. Kepala Bagian Sumber Daya Manusia RS ................mempersiapkan bahan Rapat Penilaian Kredensial terhadapTenaga Medis di Ruang Rapat Komite Medik.

Page 2: 35296534 Dody Firmanda 2010 PERSI Workshop Format Prosedur Kredensial

KREDENSIAL TENAGA MEDISRS ................

LambangRS ................

No. Dokumen…………….

No. Revisi………… …

Halaman2 / 4

2. Penilaian KredensialPenilaian Kredensial terdiri dari 2 tahap :2.1. Tahap pertama terdiri dari ujian

2.1.1. Test Psikometrik MMPI-22.1.2. Test Kepribadian.

2.2. Tahap KeduaPenilaian Kompetensi Profesi dan Etik Profesi Kedokteran denganmenggunakan formulir peniliaian tahap 2

3. Pelaksanaan Kredensial3.1. Tahap pertama dan kedua dilakukan oleh Sub Komite Kredensial

Komite Medik RS .................

3.2. Tempat pelaksanaan Ruang Rapat Komite Medik RS ................

3.3. Peserta Penilai :3.3.1. Tahap pertama :

Pelamar dan Sub Komite Kredensial3.3.2. Tahap Kedua :

Pelamar, Sub Komite Kredensial, Ketua Komite Medik,Wakil Ketua Komite Medik, Ketua SMF terkait, danSekretaris Komite Medik.

Catatan :Sub Komite Kredensial, Ketua SMF terkait, Wakil dan Ketua Komite Medikmempunyai hak bicara dan suara, Sekretaris Komite Medik hanyamempunyai hak bicara.

4. Pelaksanaan Keputusan Rapat Penilaian Kredensial diambil secaramusyawarah dan mufakat. Dalam hal yang tidak memungkinkan,keputusan dapat diambil dengan pemungutan suara menurut suaraterbanyak.

5. Pembuatan Berita Acara Hasil Rapat Penilaian Kredensial dibuat olehSekretaris Komite Medik, ditanda tangani oleh peserta rapat yang hadirmengetahui Ketua Komite Medik.

6. Penyusunan Rekomendasi oleh Ketua Komite Medik untuk disampaikankepada Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati .

UNIT TERKAIT : 1. Komite Medik RS ................2. Sub Komite Kredensial Komite Medik RS ................3. Ketua SMF…………………….4. Kepala Bagian SDM

LAMPIRAN 1. Berita Acara hasil penilaian kredensial2. Alur Rekruitmen Tenaga Medis ( Dokter )3. Formulir Penilaian Kredensial Tahap 2

Page 3: 35296534 Dody Firmanda 2010 PERSI Workshop Format Prosedur Kredensial

Lampiran 1. Protap Kredensial Tenaga Medis di RS ................No Dokumen : ...................................

BERITA ACARA

Pada hari ini ……….. Pukul …….. bertempat di ………….. RS ................, telah dilakukan

kredensial oleh Sub Komite Kredensial RS ................ yang dihadiri oleh anggota Sub Komite

Kredensial dan Ketua SMF Terkait, atas calon anggota Staf Medis Fungsional

Nama :

NIP :

Pangkat / golongan :

Tempat & tgl. Lahir :

Riwayat Pendidikan : Dokter Umum :

Dokter Spesialis :

Alamat :

Dengan kesimpulan sebagai berikut :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Jakarta, ……………..

Sub Komite Kredensial

Ketua Sekretaris

Dr. ...................................... ..............................................

Penilai :

1. Ketua Komite Medik ….………………………..

2. Wakil Ketua Komite Medik ……………………………

3. Ketua Sub.Komite Etik ...…………………………..

4. Dr. …………………… …………………………….

5. Dr. ………………….. ..…………………………..

6. Ketua SMF Terkait ..…………………………..

Page 4: 35296534 Dody Firmanda 2010 PERSI Workshop Format Prosedur Kredensial

Lampiran 3. Protap Kredensial Tenaga Medis di RS ................No Dokumen : ……………..

KOMITE MEDIK RS ................, JAKARTA

PENILAIAN KREDENSIAL TAHAP 2

Nama Calon : ………………………………………………………………………………………………………………..NIP/PTT : …………………………………………………………………………………………………………………Kompetensi : Dokter Umum/Dokter Gigi/Dokter Spesialis ……………………………….Penilai : …………………………………………………………………………………………………………………

Pengetahuan(Knowledge)

(i)

Ketrampilan(Skill)

(ii)

Perilaku(Attitude)

(iii)

Etika Profesi

(iv)Nilai

(0 s/d 100) ……………………….. ……………………….. ……………………….. ………………………..Jumlah(i)+(ii)+(iii)+(iv) ………………………………………………………………………………………………………………..

Jumlah (i)+(ii)+(iii)+(iv): 400 X 100 %Nilai Akhir

………………………………. %

Jakarta, ……………………..20…Penilai,

(Dr. ………………………………………..)Nilai :80 -100 = A76-79 = A-73-75 = B+70-72 = B66-69 = B-63-65 = C+60-62 = C56-59 = C-

Nilai Batas Lulus (NBL) ≥70

Page 5: 35296534 Dody Firmanda 2010 PERSI Workshop Format Prosedur Kredensial

LEMBAR PERMOHONAN PERUBAHAN DOKUMEN

NAMA DOKUMEN : Kredensial Tenaga Medis RS ................

NOMOR DOKUMEN : ...........................STATUS / NO REVISI : ..............(..........)

BAGIAN : Sub Komite Kredenisal Komite Medik RS ................

URAIAN PERUBAHAN :

1. Nama Direktur Utama RS ................ : Dr. ……………………………….................2. Narasi urutan Prosedur Penerimaan Berkas Lamaran3. Penilaian tahap kedua4. Penambahan Unit Terkait5. Perubahan nama ketua dan anggota Sub Komite Kredensial pada berita acara6. Alur rekrutment penerimaan tenaga medis RS ................7. Penambahan lampiran : Formulir Penilaian Kredensial tahap 2

ALASAN PERUBAHAN :

Sesuai Hasil Rapat Evaluasi Sub Komite Kredensial Komite Medik RS ................ tentangEvaluasi dokumen terkait dan tindak lanjutnya pada tanggal 3 Mei 2010.

PEMOHON : DISETUJUI OLEH :

Ketua Sub Komite Kredensial Ketua Komite Medik

Dr. ……........................... Dr. .............................NIP. ......................... NIP. .................................

Page 6: 35296534 Dody Firmanda 2010 PERSI Workshop Format Prosedur Kredensial

Lampiran 2. Protap Kredensial Tenaga Medis di RS ................No Dokumen : ...........................

ALUR REKRUITMEN TENAGA MEDISDI RUMAH SAKIT .......................................

BERKAS LAMARANDirektur Utama RS…………………..

Direktur SDM dan Pendidikan

Komite Medik

Kepala Bagian SDM Ketua SMFTerkait

Penilaian Kredensial:

1. Tahap Pertama :Sub Komite Kredensial

2. Tahap Kedua :a. Ketua Komite Medikb. Wakil Ketua Komite Medikc. Sekretaris Komite Medikd. Sub Komite Kredensiale. Ketua SMF terkait

Direktur Utama RS……………………