133407788-basalioma

21
BASALIOMA

Upload: andri-feisal-nasution

Post on 18-Sep-2015

214 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

basalioma

TRANSCRIPT

  • BASALIOMA

  • PENDAHULUANBasalioma : karsinoma sel basal -> pada stadium lanjut disebut ulkus rodensMengalami peningkatan di negara maju : amerika, australia, dan inggris (75% kanker kulit merupakan basalioma.Indonesia, penderita kanker kulit sangat sedikit, namun di Medan ;menduduki tempat teratas

  • DEFINISIBasalioma adalah suatu tumor ganas kulit yang berasal dari pertumbuhan neoplastik sel basal epidermis dan apendiks kulit. (graham, 2005)

  • ANATOMI

  • ANATOMI

  • Fungsi kulitProteksiEksresiPersepsiPengatur suhuPembentuk pigmenKeratinisasiPengubahan pro vit dKosmetik

  • Etiologi > 90% penyebab basalioma : terpapar sinar matahari.Sering muncul usia >40 tahun,Faktor resiko lain : genetik, pemaparan sinar X yang berlebihan, trauma, ulkus kronis.

  • Patofisiologi Basalioma berasal dari sel epidermis sepanjang lamina basalis. Kanker sel basal terjadi pada daerah terbuka yang biasanya terpapar sinar matahari, seperti wajah, kepala, dan leher. Untungnya tumor ini jarang sekali bermetastasis.Spektrum sinar matahari yang bersifat karsinogen adalah sinar yang panjang gelombangnya, bekisar antara 280 samapi 320 mm. Spektrum inilah yang membakar dan membuat kulit menjadi cacat

  • Patofisiologi Penyebab lain basalioma adalah riwayat pengobatan, radiologi sebelumnya untuk menyembuhkan penyakit kulit lain. Sinar ultraviolet panjang (UVA) yang dipancarkan oleh alat untuk membuat kulit kecoklatan seperti terbakar sinar matahari juga merusak epidermis dan di anggap sebagai karsinogen.

  • MANIFESTASI KLINISTanda dan gejala yang menyertai penyakit basalioma adalah predileksinya terutama pada wajah (pipi, dahi, hidung, lipat nasolabial, daerah periorbital), leher. Meskipun jarang dapat pula dijumpai pada lengan, tangan, badan, tungkai, kaki dan kulit kepala.

  • Gambaran KLINISTipe nodulo-ulseratif : lesi tampak sebagai lesi tunggal, paling sering mengenai wajah ; pipi, lipat nasolabial, dahi dan tepi kelopak mata.Tipe berpigmen : jenis ini berwarna coklat atau hitam berbintik-bintik atau homogen, yang secara klinis dapat menyerupai melanomaTipe morfea : Lesi tampak sebagai plak sklerotik yang cekung, berwarna putih kekuningan dengan batas tidak jelas.Tipe superfisial : sebagai plak transparan, eritematosa sampai berpigmen terang, berbentuk oval sampai ireguler dengan tepi berbatas tegas, sedikit meninggi, seperti benang atau kawat.

  • Gambaran KLINISTipe fibroepitelioma : lesi berupa papul kecil yang tidak bertangkai atau bertangkai pendek, dengan permukaan halus atau noduler, dengan warna yang bervariasi.

  • Px diagnostikEvaluasi histologisBiopsi

  • Terapi 1. Kuretase dan elektrodesikasi - Keuntungan : - Tehniknya sederhana. - Meninggalkan luka yang teratur dan kering. - Kerugian : - Tidak efektif untuk tumor primer yang luas - Tidak didapat konfirmasi batas tepi pembuangan jaringan yang adekuat.2. Bedah eksisi - Keuntungan : - Penyembuhannya cepat dengan luka yang teratur dan kering. - Dari segi kosmetik baik

  • Terapi Kerugian : - Biaya mahal. - Memerlukan pengalaman yang luas. - Pengambilan jaringan normal dapat berlebihan3. Radioterapi - Keuntungan : - Bermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan. - Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum. - Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif.Bermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan.Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum.Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif.

  • Terapi Kerugian : - Memerlukan peralatan yang mahal - Memerlukan kunjungan yang berulang kali. - Memberikan efek samping yang signifikan.4. Bedah beku - Keuntungan : - Tehniknya cepat. - Peralatan yang dibutuhkan sederhana. - Bermanfaat pada daerah tumor yang sulit diterapkan dengan metode pengobatan lainnya, seperti kelopak mataBermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan.Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum.Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif.

  • Terapi Kerugian : - Rasa nyeri dan edema. - Timbul bula, edema, dan lesi yang basah - Dapat terjadi hipopigmentasi. - Resisten untuk jenis morfea atau jenis adenoid.5. Bedah Mikrografik Mohs - Keuntungan : - Evaluasi histopatologi pada tepi irisan mendekati 100% dibandingkan dengan tehnik seksi vertikal tradisional. - Reseksi hanya pada daerah tumor, sehingga dapat menghemat jaringan atau meminimalkan jaringan yang hilang..Bermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan.Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum.Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif.

  • Terapi Kerugian : - Memerlukan dokter dan petugas laboratorium histopatologi yang terlatih. - Biayanya mahal.Bermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan.Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum.Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif.

  • PROGNOSISPengobatan pada karsinoma sel basal primer biasanya memberikan angka kesembuhan sekitar 95%; sedangkan pada karsinoma sel basal rekuren sekitar 92%.Dijumpai angka kekambuhan 5 tahun pada metode kuretase dan elektrodesikasi; bedah eksisi; radioterapi; bedah beku; bedah mikrografik Mohs masing-masing sebesar 7,7%; 10,1%, 8,7%, 7,5%, 1%.

  • TERIMA KASIH