1000 hari pertama kehidupan

8

Upload: jaclin

Post on 11-Oct-2015

97 views

Category:

Documents


12 download

TRANSCRIPT

1000 Hari Pertama Kehidupan

1000 Hari Pertama KehidupanAlasanPemenuhan gizi yang optimal selama masa 1000 hari pertumbuhan , selain memberi kesempatan hidup menjadi lebih sehat : -Pertumbuhan otak yang mempengaruhi kecerdasan yang memungkinkan keberhasilan pendidikan -Mengurangi penyebab kematian bayi dan anak akibat gizi kurang/buruk.

Pencegahan: Menurunkan Anak Pendek, Kurus,dan BBLR.Beresiko lebih rendah menderita penyakit gula darah (diabetes),stroke,jantung koroner, obesitas (kegemukan).Lebih mudah sakit karena daya tahan tubuh lemah.

Pertumbuhan pendek dimulai dari dalam rahim hingga usia 2 tahun.oleh karena itu status kesehatan dan gizi ibu merupakan penentu penting tubuh pendek pada anak-anak.

Lebih mudah sakit karena daya tahan tubuh rendah.

asupan makanan yang tidak memadai: -Pengetahuan Orang tua. -Praktek pemberian makanan yang tidak tepat, pengasuhan buruk -Penyakit infeksi -Perilaku kebersihan,dan -Pendapatan yang rendah.Pengetahuan orang tuaKurangnya pengetahuan dan menyadari pentingnya gizi selama kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan.

Program 1000 hari kehidupan merupakan Masa Periode emas merupakan masa kritis untuk investasi gizi ke masa depan dalam mencapai pertumbuhan(TB, BB, menurunkan BBRL) dan perkembangan (Kecerdasan otak) anak yang sehat.

Anak sehat dapat dilahirkan bila ibu nya juga sehat yang menjaga kehamilannya dengan asupan gizi yang cukup (zat mikro& protein).

Ibu yang kekurangan gizi kronik dan gizi bayi tidak terpenuhi karena orangtua nya miskin maka akan sangat mungkin menderita gizi buruk.

Jika demikian,pertumbuhan akan terhambat begitu perkembangan otaknya,sering sakit-sakitan.Kondisi demikian memungkinkan menjadi anak yang tidak produktif,kompetif,dan siap bersaing bahkan hingga dia dewasa.Bila kondisi ini terulang kembali,maka akan muncul keluarga baru miskin generasi kedua. Dari keluarga yang miskin dan kurang gizi.

Praktek pemberian makanan tidak tepatTidak menutup kemungkinan orang memiliki lebih banyak uang tidak mendapatkan makanan yang tepat dalam jumlah yang cukup.

- Awalnya pilihan mereka memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan,sayangnya sekitar 4 bulan jumlah bayi yang memperoleh ASI hanya seperempatnya dikarenakan kesehatan ibu cenderung kekurangan gizi sehingga melahirkan bayi kekurangan gizi.

- Kurangnya pengetahuan,informasi tentang perawatan anak serta hanya memiliki sedikit waktu mengurus bayi

ProgramPada Ibu Hamil:

Perlindungan terhadap kekurangan zat besi, Asam folat,kekurangan energi,dan protein kronis.Mendapat pengobatan cacing.Perlindungan terhadap kekurangan yodium.Mengkomsumsi garam beryodium.Mendapat perlindungan ibu hamil terhadap malaria.Anak umur 0-23 BulanASI Ekslusif Ibu yang melahirkan yang menunda pengguntingan tali pusar.

MP-ASI (Makanan Pendamping ASI) Cakupan pemberian MP-ASI anak usia >6 Bulan Menurunkan prevalensi Anak pendek/started, BBRL/Under weight,Wasting/kurus.