uts imk dicka b. p. 1412100086 tif b 2010

25
UTS IMK Nama : Dicka Bagus Prahira NPM : 1412100086 Angkatan : Tif 2010 B Dosen : Rama Adistiya

Upload: dicka-bagus-prahira

Post on 17-Jul-2015

49 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

UTS IMK

Nama : Dicka Bagus Prahira

NPM : 1412100086

Angkatan : Tif 2010 B

Dosen : Rama Adistiya

1. a. Icon

Icon adalah objek yang kehadirannya mewakili tema atau aspekseseorang. Pada konteks semiotika yang lebih spesifik, iconadalah suatu jenis tanda (sign), dengan ‘petanda’ secara fisikmewakili ‘penanda’.

Contoh, sebuah potret (petanda) merupakan reproduksi mekanisdari apa yang dipotret (penanda).

1. b. Content AgregatorSecara umum istilah internet, situs agregasi berita adalah sebuahsitus web utama di mana dikumpulkan, biasanya secara manual,oleh pemilik website. Contoh situs semacam ini adalah Laporanmembanting tulang, The Political bodoh dan Huffington Post.Ada juga situs web seperti Google News, dimana agregasisepenuhnya otomatis, dengan menggunakan algoritma yangmelakukan analisis kontekstual dan kelompok cerita serupabersama-sama.

Dalam komputasi, feed aggregator, juga dikenal sebagai pembacaberita, rss reader atau agregator saja, adalah perangkat lunakklien atau aplikasi web yang mengumpulkan isi web tersindikasiseperti tajuk berita, blog, podcast, dan Vlogs dalam satu lokasiagar mudah dilihat.

contoh : http://www.indowebster.com,www.yahoo.com

1. c. AdvocacyAdvokasi adalah mengejar mempengaruhi hasil – termasukkebijakan publik dan alokasi sumber daya keputusan di dalampolitik, ekonomi, dan sistem sosial dan lembaga – yang secaralangsung memengaruhi kehidupan masyarakat saat ini. (Cohen,2001)Oleh karena itu, advokasi dapat dilihat sebagai proses yangdisengaja berbicara mengenai isu-isu kepedulian untukmengerahkan pengaruh atas nama gagasan atau orang.Berdasarkan definisi ini, Cohen (2001) menyatakan bahwa“ideolog dari semua keyakinan menganjurkan” untuk membawaperubahan dalam kehidupan manusia. Namun, advokasimemiliki banyak interpretasi tergantung pada isu yangdipertaruhkan, yang dapat berbeda dari nilai awal ini definisinetral.

Contoh : Advocacy journalism.

1. d. WikiA wiki (dilafalkan /wik-ee) adalah sebuah situs web yangmemungkinkan mudah penciptaan dan pengeditan sejumlahhalaman web saling terkait melalui web browser menggunakanbahasa markup yang disederhanakan atau editor teks.Wikisbiasanya didukung oleh perangkat lunak wiki dan seringdigunakan untuk membuat website kolaboratif, websitekomunitas berkuasa, untuk mengambil catatan pribadi, diintranet perusahaan, dan dalam sistem manajemenpengetahuan.

Wiki mungkin ada untuk melayani suatu tujuan tertentu, dandalam kasus seperti itu, pengguna menggunakan hak editorialmereka untuk menghapus materi yang dianggap “off topic”.Seperti itu adalah kasus kolaboratif bebas Wikipedia.Sebaliknya,tujuan buka wiki menerima konten tanpa aturan perusahaanmengenai bagaimana isi harus diatur.

Contoh :http://www.wikipedia.org

1. e. JSTJaringan saraf tiruan (JST) adalah jaringan dari sekelompok unitpemroses kecil yang dimodelkan berdasarkan jaringan sarafmanusia. JST merupakan sistem adaptif yang dapat mengubahstrukturnya untuk memecahkan masalah berdasarkan informasieksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan

tersebut.Contoh : sistem memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama memilikineuron input, yang mengirimkan data melalui sinapsis ke lapisankedua neuron, dan kemudian melalui sinapsis lebih ke lapisanketiga neuron keluaran

1. f. WidowWindow adalah bagian dari layar yang digunakan untuk menampilkansuatu informasi (baik informasi tekstual, informasi grafis), ukurannyadapat diperbesar atau diperkecil sesuai keinginan, dan dapatdilaksanakan pada arah horisontal,vertikal atau diagonal sekaligus.Contoh: jendela didalam microsoft windows pada saat membukaprogram file

1. g. Business/MarketingAdalah proses oleh perusahaan-perusahaan yang mengiklankanproduk atau layanan ke pelanggan potensial.Ini adalah sebuahproses yang terintegrasi melalui perusahaan yang menciptakannilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yangkuat untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalan.

Pemasaran yang digunakan untuk membuat pelanggan, untukmenjaga pelanggan dan untuk memuaskan pelanggan. Denganpelanggan sebagai fokus dari kegiatan, dapat disimpulkan bahwamanajemen pemasaran merupakan salah satu komponen utamamanajemen bisnis. Evolusi pemasaran ini disebabkan karenapasar matang dan overcapacities dalam dekade terakhir.Perusahaan kemudian beralih fokus dari produksi kepadapelanggan agar tetap menguntungkan.

1. g. Business/MarketingIstilah konsep pemasaran berpendapat bahwa pencapaian tujuanorganisasi tergantung pada mengetahui kebutuhan dan keinginanpasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan.mengusulkan bahwa untuk tujuan memuaskan kebutuhan organisasi,sebuah organisasi harus mengantisipasi kebutuhan dan keinginankonsumen dan memuaskan ini lebih efektif daripada pesaing.

contoh :www.kaskus.us

1. h. EntertaimentHiburan terdiri dari setiap kegiatan yang menyediakanpengalihan atau memperbolehkan orang untuk menghibur diri diwaktu luang mereka. Hiburan umumnya pasif, seperti menontonopera atau film. Aktif bentuk hiburan, seperti permainan atauolahraga, lebih sering dianggap rekreasi. Kegiatan-kegiatanseperti membaca pribadi atau berlatih alat musik dianggapsebagai hobi.

Industri yang memberikan hiburan yang disebut industri hiburan.Ada banyak bentuk hiburan misalnya: bioskop, teater, olahraga,permainan dan tarian sosial. Boneka, badut, pantomim dankartun cenderung menarik anak-anak, walaupun orang dewasamungkin juga menemukan mereka menyenangkan.

contoh :www.mangafox.com

1. i. Handgesture

Handgesture adalah sentuhan jari tanganke atas, bawah, kanan, atau kiri yangdigunakan untuk menjalankan ataumengeksekusi suatu perintah padainterface.

Contoh : Sentuhan jari pada layarsentuh

2. a. Monitor Crt

Monitor CRT (Cathode Ray Tube) merupakan monitor generasi keduadari monitor komputer yang merupakan generasi pertama darimonitor komputer pada jaman modern. Saat ini minat terhadapmonitor CRT sudah mulai ditinggalkan meskipun monitor CRT tetapdiproduksi. Alasan mengapa pengguna mulai meninggalkan monitorCRT adalah dikarenakan oleh bentuknya yang besar dan berat sehinggamemerlukan ruang ekstra untuk menempatkan monitor ini. Pengertianmonitor CRT secara umum adalah ‘monitor cembung’ atau ‘monitortabung’

2. a. Monitor Crt

Monitor ini menggunakan teknologi radiasi magnetic sertaelectromagnetic yang cenderung merusak mata juga melelahkan matajika bekerja terlalu lama didepannya. Pada hasil penelitian jugamenyebutkan pengguna yang cenderung terlalu lama bekerja didepanmonitor jenis ini akan mempercepat penuaan secara fisik karena dapatmemicu pertumbuhan uban menjadi lebih cepat akibat radiasi yangditimbulkan olehnya.

2. a. Monitor Crt

• Kelebihan Monitor CRT

• Harga relatif lebih murah

• Kekurangan Monitor CRT

• Konsumsi listrik yang lebih besar

• Merusak mata

• Sinar radiasi yang berakibat kurang baik untuk manusia, baik otak, matadan sel rambut

2. b. Monitor LCD

Monitor LCD (Liquid Crystal Display) menggunakan teknologi yang disebutdengan ‘kristal cair’ sebagai penghasil gambar monitor. Kelebihan monitorLCD adalah minimnya konsumsi energi yang digunakan juga memilikikontras gambar yang lebih tajam dibandingkan dengan CRT. Pengertianmonitor LCD merujuk kepada penggunaan varian pixels (titik warnacahaya) yang tidak memancarkan cahayanya sendiri seperti halnyamonitor CRT. Pada teknologi LCD sumber cahaya berasal dari lampu neonberwarna putih yang tersusun secara merata pada bagian belakangsusunan pixel (kristal cair) tadi yang jumlahnya mencapai jutaan pikselhingga membentu sebuah gambar.Kutub kristal cair yang dilewati oleharus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetikyang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warnaditeruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

2. b. Monitor LCD

• Kelebihan Monitor LCD

• Kualitas gambar lebih jernih dan tajam

• Sinar yang dipancarkan oleh LCD tidak melelahkan mata

• Konsumsi listrik lebih hemat

• Dimensi yang tipis dan ringan

• Kekurangan Monitor LCD

• Layar LCD cenderung lebih sensitif

2. c. Plasma Monitor

Plasma Monitor adalah teknologi yang menggunakan gas neon/xenonyang diapit dua lapisan pelat kaca. Kejutan listrik dimasukkan kelapisangas, yang langsung memberi reaksi berupa penciptaan elemen gambar(disebut sebagai piksel). Proses penciptaan gambar dilakukanlangsung, tanpa diurai pakai proses lain seperti CRT atau RPTV. Tentuini membuat kualitas gambar juga jadi lebih bagus.

2. d. LED monitor

LED Dirancang untuk aplikasi warna yang sangat teliti, seperti desktoppublishing, editing video dan fotografi serta desain grafis, XL30menguntungkan para profesional yang membutuhkan temperaturwarna yang akurat, tracking detail garis-garis warna, keseragamankualitas brightness dan reproduksi warna. Dibandingkan dengan layarLCD terdahulu yang umumnya memiliki 82 persen NTSC color gamutstandar, monitor SyncMaster XL30 yang baru ini memiliki LED BLU yangunik dan memiliki hingga 123% NTSC color gamut. LED BLU membuatXL30 mampu secara signifikan menghasilkan imej yang lebih baikdengan warna-warna alami dan mendukung warna natural Adobe RGBsecara menyeluruh.

2. d. LED monitor• Kelebihan Monitor LED

• Konsumsi listrik yang lebih hemat dibandingkan dengan LCD

• Kontras gambar yang sangat tajam hingga jutaan pixels

• Usia pemakaian LED lebih pajang

• Dimensi monitor yang sangat tipis

• Pencahayaan lebih baik dibandingkan LCD

• Kekurangan Monitor LED

• Harga lebih mahal dibandingkan LCD

• Layar LED yang lebih tipis cenderung lebih sensitif

3. a. Dot-matrix

Printer Dot-Matrix adalah jenis printer yang resolusi cetaknya masihsangat rendah hal ini disebabkan karena print head printer jenis initerdiri dari jarum-jarum yang tersusun (sekitar 9-24 pin), nantinyajarum-jarum ini akan “memukul” pita (printer ribbon) sehinggamembentuk sebuah karakter pada kertas.

3. b. Inkjet Printer

Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untukmencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukupbagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidaksama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjetprinter, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan denganlaser printer.

3. c. Thermal printer

Thermal printer: printer ini menggunakan pin yang dipanaskan yangmenekan kertas yang sensitif dengan panas. Printer ini banyakdigunakan pada kalkulator dan mesin faks.

3. d. Printer Laset Jet

Printer laser adalah printer dengan bahan baku tinta berupa serbukatau toner. Cara kerjanya yang mirip dengan mesin fotokopi sehinggamenjadikan printer ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatanmencetak dokumen yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jenisprinter lainnya selain itu kualitas hasil cetakannya juga sangat bagusdan tinta lebih cepat kering bila dibandingkan dengan printer inkjet.

3. e. Plotter

Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus gunamenghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik.Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagaibentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambarlandscape, potongan pohon, ataupun untuk membantumemvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

4. Flowchart Aktifitas