soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

28
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan bulatan pilihan A, B, C, atau D pada lembar jawab! 1. Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya membuat peringkat.Apapun diperingkat. Tidak terkecuali dunia bisnis. Majalah tekenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan berdasarkan penjualan, besarnya aset yang dimiliki, atau berdasarkan besarnya tingkat keuntungan. Kedua, iklim kompetisi yang semakin ketat. Jelaslah bahwa membuat peringkat bagi masyarakat Amerika merupakan hal yang biasa. Gagasan utama paragraf di atas adalah…. A. apapun bisa diperingkat B. bangsa Amerika suka membuat peringkat C. kebiasaan bisnis bangsa Amerika D. kegiatan bisnis majalah Fortune dan US News 2. Bacalah paragraf di bawah dengan saksama! Kesimpulan paragraf tersebut adalah.... A. Berkesenian merupakan cara untuk menghibur diri. B. Mendaki gunung merupakan tantangan yang menegangkan. C. Ada banyak hal yang dapat di lakukan orang untuk mencari kesenangan. D. Kegiatan apapun kalau dilakukan dengan senang hati akan berhasil. 3. Bacalah teks berita di bawah ini! Teks 1 Teks 2 Banjir yang melanda Jakarta Berdirinya pusat-pusat Berbagai cara orang melakukan kesenangan atau menghibur diri. Ada yang berkesenian, berolahraga, berwisata, membaca, berbelanja, dan lain sebagainya. Namun, tidak sedikit orang yang menghibur diri dengan mencari tantangan yang menegangkan, seperti mendaki gunung ,arung jeram atau berpetualang menikmati alam bebas Indonesia. Kegiatan mendaki gunung sampai menjelajah samudera membawa

Upload: nasarudin-taufik

Post on 26-Jun-2015

592 views

Category:

Education


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan bulatan pilihan A, B, C, atau D pada lembar jawab!

1. Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya membuat peringkat.Apapun diperingkat. Tidak terkecuali dunia bisnis. Majalah tekenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan berdasarkan penjualan, besarnya aset yang dimiliki, atau berdasarkan besarnya tingkat keuntungan. Kedua, iklim kompetisi yang semakin ketat. Jelaslah bahwa membuat peringkat bagi masyarakat Amerika merupakan hal yang biasa.

Gagasan utama paragraf di atas adalah….A. apapun bisa diperingkatB. bangsa Amerika suka membuat peringkatC. kebiasaan bisnis bangsa AmerikaD. kegiatan bisnis majalah Fortune dan US News

2. Bacalah paragraf di bawah dengan saksama!

Kesimpulan paragraf tersebut adalah.... A. Berkesenian merupakan cara untuk menghibur diri. B. Mendaki gunung merupakan tantangan yang menegangkan. C. Ada banyak hal yang dapat di lakukan orang untuk mencari kesenangan. D. Kegiatan apapun kalau dilakukan dengan senang hati akan berhasil.

3. Bacalah teks berita di bawah ini!

Teks 1 Teks 2Banjir yang melanda Jakarta akhir-akhir ini tidak semata-mata disebabkan faktor alam. Dari pengamatan sementara lebih dikarenakan faktor penataan kota yang amburadul. Salah satunya adalah berkurangnya daerah resapan air yang beralih fungsi menjadi area pusat perdagangan. Belum lagi menyempitnya bantaran sungai akibat banyaknya pemukiman liar di daerah tersebut.

Berdirinya pusat-pusat perbelanjaan di kota Solo memberikan angin segar bagi sebagian kalangan. Namun disisi lain rusaknya tata kota tak dapat dihindari. Banyaknya tanah tertutup beton, tersumbatnya saluran air, berkurangnya tanah lapang yang dahulu menjadi resapan air menjadi pandangan sehari-hari. Kini, jika curah hujan cukup tinggi genangan air akan memenuhi ruas-ruas jalan dan membanjiri perkampungan penduduk.

Persamaan isi kedua teks di atas adalah...A. Wilayah terjadinya banjir

Berbagai cara orang melakukan kesenangan atau menghibur diri. Ada yang berkesenian, berolahraga, berwisata, membaca, berbelanja, dan lain sebagainya. Namun, tidak sedikit orang yang menghibur diri dengan mencari tantangan yang menegangkan, seperti mendaki gunung ,arung jeram atau berpetualang menikmati alam bebas Indonesia. Kegiatan mendaki gunung sampai menjelajah samudera membawa keasyikan tersendiri bagi mereka yamg senang dengan kegiatan tersebut. Jadi, banyak hal yang dapat dilakukan orang untuk mencari kesenangan.

Page 2: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

B. Sebab-sebab terjadinya banjirC. Akibat terjadinya banjirD. Curah hujan di berbagai kota

4. Bacalah teks berita berikut!

Teks berita 1Ayu, siswi SMA N 1 Tambun, tewas mengenaskan akibat terserempet bus gandeng Transjakarta di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, sekitar pukul 06.30 (9/10). Ayu bermandi darah akibat luka di kepala, paha kanan, dan punggung. Musibah ini terjadi saat Ayu menyeberang jalan dalam perjalanan mengikuti bimbingan belajar.

Teks berita 2Pada tengah hari, Edy dan Efendi menyeberangi jalur busway di depan Harco Glodok, Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat. Tiba-tiba dari arah Harmoni melintas Bus Transjakarta yang dikemudikan Suponidi. Suponidi tak sempat mengerem busway itu hingga menabrak Edy dan anaknya, Efendi. Sang anak tewas seketika, dan ayahnya luka parah.

Perbedaan penyajian teks berita tersebut adalah . . . .

5. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!Popularitas Sri Sultan Hamengku Buwono VIII memang tidak seperti Panembahan

Senopati, Sultan Agung, Pangeran Mangkubumi , Pangeran Diponegoro, dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Namun,peran Raja Yogya ini laksana lentera di kegelapan.Visi global telah berkembang di istana,meski tanpa perumusan rumit yang memusingkan kepala Sultan. Sri Sultan Hamengku Buwono VIII sadar betul akan perlunya pendidikan putra putrinya dalam rangka menghadapi perkembangan dan perubahan zaman. Salah satu langkah kontroversial yang ia lakukan adalah menyingkirkan Dorajatun ,putra beliau yang masih belia berumur 4 tahun untuk kos pada keluarga Belanda, belajar hidup mandiri, jauh dari sikap manja dan bermalas – malasan,serta harus menjalani kehidupan disiplin dan kerja keras.

Keistimewaan Sultan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII adalah….A. Sri Sultan menyingkirkan DorajatunB. Raja menitipkan anaknya pada keluarga BelandaC. Sri Sultan Hamengku Buwono VIII sadar dalam pendidikan putra putrinyaD. Sri Sultan Hamengku Buwono VIII mengembangkan visi global di lingkungan istana

6. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11

bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia .Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan mahasiswa

Teks berita 1 Teks berita 2A. apa, di mana, siapa berapa, apa, kapanB. berapa, apa, kapan apa, kapan, di manaC. siapa, apa, mengapa kapan, siapa, apaD. siapa, apa, kapan berapa, apa, kapan

Page 3: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

kedokteran di mana pun.Meskipun begitu , ia tetap gadis yang rendah hati , ramah,dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.

Sifat yang baik untuk diteladani pada tokoh tersebut adalah….A. tinggi hati dan ramah B. rendah hati dan ramahC. sombong dan rendah hatiD. tinggi hati dan sombong

7. Perhatikanlah teks iklan berikut ini !

CUCI GDG Brg2 Elekt. Alat RT, Hrg Istw. Stock terbatas. Sido Mulyo . Jl Pemuda 17 Tlp : 70775877.Hanya orang yang tepat yang kami cari.

Maksud kalimat bercetak miring dalam iklan tersebut adalah….A. Orang yang cerdas dalam berbelanjan dan memilih barang.B. Orang yang berminat membeli barang-barang yang disediakan.C. Orang yang tahu barang dan membutuhkannya untuk dijual kembaliD. Pembeli yang mempunyai uang banyak untuk keperluan belanja.

8. Perhatikan iklan berikut!1) Bahasa Inggris itu mudah dan murah2) Hanya 500 ribu sampai bisa3) Tersedia tiga level4) Untuk semua level , gratis pengulangan5) Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung Pinang

Kalimat opini pada iklan tersebut ditandai nomor….A. 1 dan 2B. 2 dan 4C. 3 dan 4D. 3 dan 5

9. Bacalah iklan berikut!Dibutuhkan tenaga pengajar bahasa Indonesia, oleh Bimbingan Ingin Cerdas, diutamakan lulusan S1, Lamrn: Jl. Sekar Jagad II/14 Pajang, Surakarta.

Kalimat fakta pada iklan tersebut adalah …. A. oleh Bimbingan Ingin Cerdas. B. diutamakan lulusan S1. C. Jl. Sekar Jagad II/14 Pajang, Surakarta. D. dibutuhkan tenaga pengajar.

10. Bacalah paragraf berikut!Cokelat yang sering menjadi primadona untuk memulihkan rasa stres ternyata dapat mencegah pertumbuhan jerawat yang sedang diderita oleh seeorang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran di University of Miami School of Medicine berhasil menemukan cokelat memiliki peran mencegah pertumbuhan jerawat. Responden dalam penelitian tersebut terdiri atas sepuluh pria berusia 18 hingga 35 tahun. Mereka diminta memakan cokelat murni sebanyak tiga hingga empat ons. Setelah itu mereka

Page 4: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

harus diet selama seminggu. Selama proses diet inilah ditemukan hormon jerawat yang kian hari kian memburuk.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....A. Cokelat baik untuk memulihkan rasa stres.B. Cokelat memiliki peran mencegah pertumbuhan jerawat.C. Cokelat diteliti oleh mahasiswa kedokteran di University of Miami.D. Responden mengalami pertumbuhan jerawat yang kian memburuk.

TABEL PERKEMBANGAN TERNAK

DI KECAMATAN MIJEN

TahunJenis Ternak (satuan ekor)

Kambing Sapi Potong Sapi Perah Ayam Potong2007 6.000 3.300 2.500 25.0002008 6.900 3.400 3.100 27.000

11. Pernyataan yang tepat berdasarkan tabel di atas adalah ....

A. Peningkatan ternak kambing selama satu tahun di Kecamatan Mijen kurang dari sepuluh persen.

B. Peningkatan ternak sapi potong selama satu tahun di Kecamatan Mijen lebih dari lima persen.

C. Peningkatan ternak sapi perah selama satu tahun di Kecamatan Mijen mencapai dua puluh empat persen.

D. Peningkatan ternak ayam potong selama satu tahun di Kecamatan Mijen mencapai lima persen

Tabel Minat Kelanjutan Belajar Siswa SMP AndalanKelas Putra Putri

SMA IPA 23 24SMA IPS 27 35

SMK Teknik 31 9SMK Administrasi 9 34

Jumlah 90 102

12. Simpulan isi table tersebut adalah….A. Minat siswa SMP Andalan melanjutkan ke SMK paling banyak.B. Para siswa SMP Andalan lebih suka kelas SMA IPS daripada SMA IPA.C. Minat siswa SMP Andalan melanjutkan pendidikan beragam baik ke SMA maupun

SMK.D. Minat ke SMA didominasi siswa putri , baik SMA IPA maupun SMA IPS.

Page 5: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

13. Perhatikan denah berikut! .

Berdasarkan peta tersebut perjalanan yang efisien menuju Graha Budaya bila kita berada di jalan Gatot Subroto adalah...A. Dari jalan Gatot Subroto belok kiri menuju jalan Tarmidi.B. Dari jalan Ahmad Dahlan belok kiri jalan Gatot Subroto melewati Graha Budaya.C. Melalui jalan Basuki Rahmat belook kiri ke jalan Ahmad Dahlan, masuk jalan

Tarmidi.D. Menuju jalan Agus Salim belok kiri ke jalan Basuki Rahmat.

14. Perhatikan bagan berikut!

Bagan Pembagian Media Massa

Pernyataan yang sesuai dengan bagan tersebut adalah …A. Secara garis besar media massa dikelompokkan menjadi lima macam.B. Koran dan internet termasuk dalam media massa yang dicetak.C. Media elektronik diantaranya : bulletin, TV, radio, dan internet.D. Majalah dan buletin digolongkan dalam media massa jenis cetak.

15. Bacalah petunjuk di bawah ini! Petunjuk Mengkritik Suatu Karya

(1) Miliki pengetahuan yang cukup tentang hal yang akan dikritik.(2) […](3) Buat catatan objektif tentang kelebihan dan kekurangan.(4) […](5) Sampaikan kritik dengan bahasa yang santun.

Media Massa

ElektronikCetak

Koran Majala Buletin TV Radio Interne

Page 6: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk nomor (2) dan (4) adalah ....A. (2) Mengkritik berarti memberikan penilaian yang objektif.

(4) Bila mendapat kritikan terima dengan hati yang lapang. B. (2) Pelajari dengan cermat karya yang akan dikritik.

(4) Pikirkan kembali sebelum kritik disampaikan.C. (2) Berikan bantahan jika kritikan tidak sesuai dengan fakta.

(4) Pikirkan kembali sebelum kritik disampaikan.D. (2) Mengkritik berarti menilai dengan objektif dan masuk akal.

(4) Kekurangan yang tidak objektif, dapat kita bantah.

16. Perhatikan petunjuk di bawah ini!Cara membuat tempat lilin dari gelas.Bahan : gelas, serbuk pewarna, manik-manik, lem, dan kuas( 1 ) Bersihkan debu yang menempel pada gelas dengan lap basah.( 2 ) Gelas lilin juga dapat dihiasi dengan aneka bentuk kancing yang menarik pada bagian yang diinginkan.( 3 ) Tentukan pola gambar yang diinginkan dengan pensil atau spidol sepuhan pada gambar pola.( 4 ) Tentukan serbuk warna pada pola yang sudah ditaburi lem.( 5 ) Bersihkan sisa serbuk pewarna yang berada di luar pola gambar dengan kuas.

Urutan cara membuat tempat lilin dari gelas yang benar adalah .... A. 1 – 3 – 4 – 5 – 2B. 1 – 4 – 3 – 5 – 2C. 1 – 4 – 5 – 3 – 2D. 1 – 5 – 4 – 3 – 2

17. Perhatikan pantun berikut !

Anak angsa mati lemas [ ... ]Hilang bahasa karena emas [ ... ] 

Baris yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah .... A. Basah rambut karena kramas

Hilang budi karena miskinB. Hilang emas karena miskin

Hilang bangsa karena bahasa C. Mati lemas kurang makan

Hilang budi karena harta D. Mati lemas di air masin

Hilang budi karena miskin

18. Cermatilah ilustrasi berikut!

Hari Senin, 23 Februari 2014, sewaktu Diffa bertugas menaikkan bendera ada kejadian yang sulit dilupakan. Tali bendera yang ditarik putus. Hatinya berdebar tak karuan.Untung bendera jatuh tepat di pundaknya.

Kalimat catatan harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...

Page 7: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

A. Pagi itu angin bertiup kencang. Bendera merah putih yang dikibarkannya putus talinya. Perasaannya tak karuan. Bendera itu meluncur jatuh tepat di pundaknya. Hatinya sangat lega.

B. “Alhamdulillah, lega hatiku,” gumamnya sambil mengelus dada. Mengapa tidak? Sewaktu ia menjadi petugas pengibar bendera, sebuah insiden menimpanya. Bendera yang ditarik putus tetapi untung. Bendera itu menyangkut di pundaknya. Ia benar-benar lega.

C. Perasaan gundah menyelimuti hatiku. Sewaktu aku bertugas sebagai pengibar bendera, tali yang kutarik putus. Bendera itu meluncur deras ke arahku. Di saat aku kalut, tanpa kusadari itu menyangkut di pundakku. Bak air dingin mengguyur tubuhku di tengah terik mentari. Aku tersenyum lega.

D. “ Waktu itu aku bertugas menaikan bendera. Ada perasaan masgul di hatiku. Tali bendera yang kutarik putus hingga benderanya meluncur ke bawah. Hatiku berdebar tak karuan.Di tengah kemasgulanku, bendera itu jatuh tepat di pundaku. Seolah dewa penolong menggamitku. Aku lega.” Ceritanya bangga.

19. Perhatikan surat pribadi di bawah ini!Surakarta, 12 Januari 2014

Sahabatku Nikita Di Surabaya Halo Nikita sahabatku , [ . . . . ] Aku dan keluargaku yang berada di Solo juga dalam keadaan baik dan sehat . Aku sangat merindukanmu . Rindu akan kecentilanmu , kelucuanmu, kekonyolanmu dan yang tidak dapat kulupakan kadang-kadang kebloonanmu ha ha ha . Itu lho saat

kita sedang ngobrol-ngobrol di SD dulu. ................ Kalimat pembuka yang tepat untuk melengkapi surat pribadi tersebut adalah …

A. Doaku selalu untukmu sahabatku Nikita yang cantik.B. Bagaimana keadaan keluargamu yang di Surabaya ?C. Gimana kabarmu sekarang sobatku di Kota Pahlawan ?D. Mudah-mudahan kamu di Surabaya sehat selalu ya ?

20. Perhatikan surat resmi di bawah in!

PEMERINTAH KABUPATEN JAYA MAKMURDINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SMP KARTIKA JAYA

Jalan Kartika, Padang Hulu, Jaya Makmur

Nomor : 055/002/IV/2013 28 April 2013Lampiran : dua lembarHal : Permohonan Izin

............................... (1)Dengan hormat,

Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, SMP Kartika Jaya akan menyelenggarakan lomba membaca puisi tingkat SMP se-Kabupaten Jaya Makmur.

Page 8: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan padahari, tanggal : Senin, 05 Mei 2013waktu : 08.00 s.d. selesaitempat : Aula SMP Kartika Jaya

..........................................(2)

Atas perhatian dan izin Bapak, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,Drs. Benazir Imam A. M., M.Pd.

Kepala Sekolah

Penulisan alamat (1) yang tepat untuk melengkapi surat di atas adalah ..

A. KepadaYth. Bapak Kepala Dinas DikporaKabupaten Jaya MakmurJln. Kartika, Padang Hulu, Jaya Makmur

B. Yth. Kepala Dinas DikporaKabupaten Jaya MakmurJln. Kartika, Padang Hulu, Jaya Makmur

C. Yth.Bapak Kepala Dinas DikporaKabupaten Jaya MakmurJalan Kartika, Padang Hulu, Jaya Makmur.

D. Yth. Kepala Dinas DikporaKabupaten Jaya MakmurJalan Kartika, Padang Hulu, Jaya Makmur

21. Bacalah kutipan surat pembaca berikut!

Tanggal 3 Februari 2013 saya mengikuti out bond di Tawangmangu. […] Saya merasa tidak nyaman dengan kondisi itu. Saya mohon pengelola dan semua pihak yang menggunakan fasilitas tersebut menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama karena tempat MCK merupakan sarana vital untuk kegiatan out bond.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pembaca tersebut adalah ….A. Saya mendapati tempat MCK yang sangat kotor. Tidak hanya lantainya, namun

dindingnya pun penuh coretan dengan kata-kata yang berbau porno.B. Beberapa orang mencoret-coret batu-batu yang ada di tempat itu.C. Saya melihat pengelola hanya duduk manis sementara tempat yang digunakan out

bond belum disiapkan.D. Di antara peserta out bond ada yang tidak mau mengikuti kegiatan yang sudah

disusun panitia.

22. Perhatikan paragraf berikut dengan saksama! Kepergian sejumlah tokoh pada saat kita memasuki seabad kebangkitan nasional seakan membawa pesan untuk kembali bangkit. Negeri ini membutuhkan pelopor dan

Page 9: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

pejuang yang memiliki integritas moral, memegang teguh prinsip, memiliki keberanian melawan ketidakadilan, tidak korupsi, memiliki rasa cinta terhadap tanah air, dan mengutamakan perhatiannya terhadap perbaikan nasib rakyat kecil.   Kepergian mereka seolah mengingatkan bahwa dewasa ini sifat-sifat itulah yang hilang dari kalangan elit bangsa kita saat ini. Karena itu, alih-alih kita bangkit dalam kehidupan dunia global yang semakin kompetitif sekarang ini, malah sebaliknya limbung sehingga mendekati ambruk. Meskipin demikian, kita tetap menaruh harap semoga para elit bangsa kita menyadari hal ini dan kembali menyulut api kebangkitan nasional sebelum padam.

Rangkuman isi paragraf tersebut yang tepat adalah ….A. Kepergian para tokoh membawa pesan untuk bangkit kembali bangsa kita. B. Negeri ini membutuhkan pelopor pejuang yang memiliki integritas. C. Para tokoh memiliki integritas moral, teguh prinsip, berani, dan peduli rakyat kecil. D. Negeri ini memerlukan tokoh yang memiliki moralitas tinggi untuk bangkit kembali.

23. OSIS SMP Tunas Bangsa memeringati Hari Bumi dengan cara yang berbeda. Pada tanggal 22 April 2013, setiap siswa wajib menanam satu pohon di lingkungan sekolah. Mereka pun wajib merawatnya sampai mereka lulus.

Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah… .A. Tanamlah sebatang pohon untuk semua.B. Sebatang pohon untuk selamatkan dunia.C. Hari ini menanam pohon besok merawat.D. Sebatang pohon untuk sekolah kita.

24 Perhatikan ilustrasi berikut!Rina mewakili teman-teman kelas IX mendapat giliran menyampaikan pidato pada acara perpisahan purna studi di SMP Tri Abdi Pembangunan.

Paragraf isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …A. Bapak-Ibu Guru yang kami hormati dan adik-adik yang kami banggakan. Pada

kesempatan ini, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu Guru dan adik-adik yang telah menyelenggarakan perpisahan yang tentunya telah banyak mengorbankan waktu dan tenaga.

B. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan perpisahan ini. Semoga kita dapat sukses dalam acara-acara lain dalam penyelenggaraan kepanitiaan.

C. Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama teman-teman kelas IX mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru yang telah membimbing kami menyelesaikan jenjang pendidikan di sekolah ini.

D. Perjalanan kami masih panjang. Oleh karena itu, kami mohon maaf apabila dalam penyampaian pidato ini ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu Guru. Semoga kami dapat sukses pula pada pendidikan berikutnya.

Page 10: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

25. Tema : Internet dan manfaatnya bagi manusia

Rumusan masalah berdasarkan tema tersebut adalah … A. Apa manfaat internet bagi kehidupan manusia?B. Apakah internet bermanfaat bagi kehidupan manusia?C. Kapan internet dimanfaatkan bagi kehidupan manusia?D. Bagaimana internet dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia?

26. Perhatikan simpulan karya ilmiah berikut!Aktivitas fisik telah diketahui dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Namun ternyata tidak semua jenis lemak makanan sama-sama mudah dibakar. Yang paling mudah dibakar adalah lemak yang terdapat dalam makanan gorengan yang dimasak menggunakan minyak jagung, minyak kanola, minyak kacang, dan minyak zaitun. Sementara lemak hewan, seperti yang terdapat dalam mentega, keju, daging berlemak, atau makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut, paling sulit dibakar.

Saran berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah ...A. Lemak hewan yang terdapat dalam mentega, keju, daging berlemak, susu berlemak,

atau makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut paling sulit dibakar. B. Sebaiknya kita menghindari makan makanan yang mengandung lemak hewan

karena lemak itu tidak mudah dibakar meskipun dengan aktivitas fisik. C. Aktivitas fisik dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu, dapat

mengurangi lemak yang terdapat dalam gorengan yang menggunakan minyak.D. Seandainya aktivitas fisik dapat meningkatkan pembakaran lemak, maka boleh E. makan lemak hewan seperti yang terdapat dalam mentega, keju daging, dan susu.

27. Perhatikan data buku berikut dengan saksama!1) Buku berjudul Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas, dikarang oleh E.

Zainal Ahmad. Buku tersebut diterbitkan oleh PT Mediatama Sarana di Jakarta tahun 1988.

2) Buku berjudul Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, ditulis oleh Mulyanto Sumarmo pada Tahun 1982. Buku tersebut diterbitkan oleh Pustaka Sinar Harapan di Jakarta.

3) Judul buku Masakan Khas Daerah, dikarang oleh Amir Rahmanto diterbitkan di Semarang oleh Aneka Ilmu pada tahun 2004.

Penulisan daftar pustaka yang tepat untuk ketiga buku tersebut adalah …A. Ahmad E. Zainal Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. 1988.

Jakarta : PT Mediatama Sarana. Amir, Rahmanto. 2004. Masakan Khas Daerah. Semarang : Aneka Ilmu.

Sumarmo, Mulyanto. Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. 1982. Pustaka Si nar Harapan.Jakarta.

B. Ahmad, E. Zainal, 1988, Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. PT Mediatama Sarana : Jakarta.

Rahmanto, Amir. Masakan Khas Daerah. 2004. Semarang: Aneka Ilmu. Sumarmo, Mulyanto. 1982, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. Pustaka Sinar Harapan : Jakarta.

Page 11: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

C. Ahmad, E. Zainal. 1988. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Jakarta : PT Mediatama Sarana.

Rahmanto, Amir. 2004. Masakan Khas Daerah. Semarang : Aneka Ilmu. Sumarmo, Mulyanto. 1982. Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. Jakarta :

Pustaka Sinar Harapan.D. Ahmad E., Zainal. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. 1988.

Jakarta : PT Mediatama Sarana. Amir, Rahmanto. Masakan Khas Daerah. 2004. Semarang: Aneka Ilmu.

Sumarmo; Mulyanto. Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran. 1982. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

28. Perhatikan ilustrasi berikut!Beberapa waktu yang lalu, di Kampung Sewu, Kecamatan Jebres telah terjadi bencana alam berupa banjir. Banjir tersebut merendam rumah-rumah penduduk sehingga masyarakat mengalami banyak kerugian.

Paragraf teks berita sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... A. Sejak sore mendung bergelayut. Awan hitam menyelimut Kota Solo. Sesekali kilat

menyambar, memancarkan percikan api yang sangat terang tak selang lama, hujan pun turun. Hujan yang mengguyur Kota Solo berakibat banjir.

B. Banjir merupakan jenis alam bencana yang sangat mengerikan. Apa pun yang diterjangnya pasti hancur. Pusaran air sangat berbahaya.

C. Bencana banjir terjadi beberapa waktu yang lalu. Peristiwa tersebut menimpa penduduk Kampung Sewu, Kecamatan Jebres. Beberapa rumah penduduk rusak akibat meluapnya air Sungai Bengawan Solo. Dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

D. Bencana banjir kembali membawa korban. Kampung Sewu, Kecamatan Jebres luluh lantah diterjang banjir. Akibat peristiwa itu, penduduk mengalami kerugian.

29. Ketua OSIS memberi instruksi pada sekretarisnya agar membuat pengumuman bahwa pada hari Senin,18 Pebruari 2013 akan diadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah. Semua murid harus masuk dan membawa alat kebersihan.

Pesan singkat yang tepat untuk ilustrasi di atas adalah…A. Harap sekretaris kerja bakti Senin,18 Pebruari 2013dan harap bawa alat kebersihan.B. Segera buat pengumuman kerja bakti,Senin 18 Pebruari2013 semua siswa suruh bawa

alat kebersihan.C. Sekretaris dimohon membuat pengumuman besuk hari Senin ,18 Pebruari 2013.D. Sekretaris dimohon siswa membuat pengumuman kerja kerja bakti Senin 18

.Pebruari 2013.

30 Perhatikan kutipan drama berikut!Mama : Kamu terbuka dengan Mama dong, Nak, jangan diam begini !Hasbi : (diam saja)Mama : Bicara, sayang ! Mama bingung melihat kamu diam saja.Hasbi : ....Mama : ( Tersentak dan berteriak ) Hasbi Mama sibuk, Sayang, Mama sibuk ! Kenapa

kamu tega bicara begini?Hasbi : Hasbi... Hasbi ... mohon maaf, Mama. Hasbi sangat merindukan Mama, tetapi

Page 12: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

selalu tidak ada.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog drama tersebut adalah ....A. Tidak apa-apa, Mama. Biarkan Hasbi sendiri. Hasbi ingin tenang (menagis).B. Tumben Mama di rumah. Hasbi mau belajar sendiri, Ma. Mama keluar dulu saja.C. Eh ... Mama. Sudah lama di kamar Hasbi? Kok, Mama belum berangkat ke kantor?D. Untuk apa Mama peduli? Selama ini Mama ke mana? Hasbi selalu sendiri (menagis)

31. Sajak Burung Kondor ..........................................

Para tani-buruh bekerjaberumah di gubug-gubug tanpa jendelamenanam bibit di tanah yang subur,memanen hasil yang berlimpah dan makmur,namun hidup mereka sendiri sengsara

Mereka menanam untuk tuan tanah yang mempunyai istana indah keringat mereka menjelma menjadi emas yang diambil oleh cukong-cukong pabrik cerutu di Eropa ..........................................

(Potret pembangunan dalam Puisi, 1973)

Isi puisi di atas menceritakan ....A. Kesuburan tanah IndonesiaB. Hasil panen yang berlimpahC. Kehidupan petani yang selalu dirugikanD. Rumah tuan tanah bagaikan istana indah

32 Perhatikan kutipan puisi berikut! Padamu Langit Langit kau lepas hujan terlampau lama Sebab rumahku di huma Atapnya dari daun rumbia Kasihan ibu yang kini sedang sakit Menggigil kedinginan

Tema puisi tersebut adalah.... A. nasib rumah yang malang B. alam yang tak terkendali C. kesederhanaan seorang ibu D. keprihatinan tentang hujan

33. Perhatikan puisi berikut !...Wahai sahabatUntuk selamanyaKita percaya

Page 13: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

Tebarkan arah jangan pernah lelahUntukmu sahabat...Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah ….A. semangatB. tegangC. sunyiD. gembira

34 Perhatikan kutipan puisi di bawah ini!Ketika suara itu perlahan hilangLenyap ditelan …….(1)Rasa ingin menemuimuDalam dekapan ……(2)Kusandarkan harapanmu Padamu

Pilihan kata yang sesuai untuk melengkapi puisi di atas adalah… .A. (1) waktu ; (2) malamB.(1) kegelapan; (2) rinduC. (1) bumi ; (2) hatiD.(1) bulan; ( 2) dada

35. Perhatikan kalimat – kalimat berikut !1) Perjalanan wisata merupakan agenda tahunan di SMP Karya Bhakti2) Siswa berangkat menuju candi Borobudur hari Sabtu, tanggal 5 Januari 2013, pukul

08.00 WIB3) Mereka mendapatkan wawasan baru dari perjalanan wisata tersebut.4) Objek wisata candi Borobudur adalah tujuan utama wisata SMP Karya Bhakti.5) Rombongan SMP Karya Bhakti berjumlah 150 siswaKalimat – kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis bila disusun dengan urutan … .A. 1)-4)-2)-5)-3)B. 3)-5)-2)-1)-4)C. 4)-2)-5)-3)-1)D. 5)-3)-2)-4)-1)

36. Dalam rangka memperingati milad SMP Tunas Bangsa yang ke- 45 pengurus OSIS akan mengadakan kegiatan bakti sosial dan jalan sehat. Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, OSIS akan mengadakan rapat pengurus pada hari Rabu,2 Januari 2013 pukul 14.00 wib di ruang OSIS.

Kalimat pengumuman yang sesuai ilistrasi tersebut adalah...A. Diberitahukan kepada seluruh pengurus OSIS bahwa rapat persiapan pelaksanaan

bakti sosial dan jalan sehat dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Januari 2013 pukul 14.00 di ruang OSIS.

B. Dalam rangka persiapan bakti sosial dan jalan sehat, hari Rabu 2 Januari 2013 pukul 14.00 diadakan rapat seluruh pengurus OSIS di ruang OSIS.

Page 14: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

C. Mengharap kehadiran seluruh pengurus OSIS pada rapat persiapan kegiatan bakti sosial dan jalan sehat, hari Rabu 2 Januari 2013 di ruang OSIS. Atas kehadirannya diucapkan terima kasih.

D. Dimohon kehadirannya seluruh pengurus OSIS pada rapat persiapan kegiatan bakti sosial dan jalan sehat pada hari Rabu,2 Januari 2013 pukul 14.00 wib di ruang OSIS .

37. Judul : Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hariPenulis : Nanda PurnandaPenerbit : PT. Pijar,BekasiTahun : 2011Keunggulan : Pemberian contoh yang realistisKelemahan : Uraiannya bertele-tele dan membosankan

Paragraf resensi yang sesuai dengan data tersebut adalah…A. Buku yang ditulis Nanda Purwanda ini,mencoba untuk membangkitkan kembali nilai-

nilai pancasila yang sudah melemah di masyarakat.Pemberian contoh yang sangat realistis membantu masyarakat memahami isinya.Namun sayang uraiannya terlalu bertele-tele dan melelahkan.

B. Buku Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari karya Nanda Purnanda Diterbitkan PT pijar,Bekasi.Dengan segala persoalan yang ada di masyarakat Nanda Purnanda menguraikan segala kehidupan yang dihubungkan dengan nilai-nilai Pancasila.Contohnyapun sangat faktual.

C. Buku dengan menampilkan contoh yang sangat realistis ini ditulis oleh Nanda Purnanda.Maka bukunya dengan judul Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari sangat pas dengan isinya.Memang peresoalan nilai Pancasila saat ini menjadi melemah apalagi anak remaja.

D. Nilai Pancasila mudah diucapkan namun susah dilaksanakan. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilaksanakan dalam waktu sekejab.Ini semua membutuhkan proses sehingga nilai pancasila menjadi budaya bagi diri seseorang. Dengan demikian maka kehidupan seseorang menjadi kehidupan Pancasila.

38. Ketika harus kembali ke solo, tidak lupa Maya membeli oleh-oleh boneka India.

Penulisan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah...A. Ketika harus kembali ke solo, tidak lupa Maya membeli oleh-oleh boneka India.B. Ketika harus kembali ke solo, tidak lupa Maya membeli oleh-oleh boneka india.C. Ketika harus kembali ke Solo, tidak lupa Maya membeli oleh-oleh boneka India.D. Ketika harus kembali ke Solo, tidak lupa Maya membeli oleh-oleh boneka india.

39. Bagi pengurus OSIS yang terlibat dalam program donor darah diharapkan berkumpul untuk membicarakan tentang rencana pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kalimat efektif hasil perbaikan dari kalimat tersebut yang tepat adalah…A. Bagi pengurus OSIS yang terlibat program donor darah diharap berkumpul untuk

membicarakan tentang rencana pelaksanaan kegiatan tersebut.B. Pengurus OSIS yang terlibat program donor darah diharapkan berkumpul untuk

membicarakan rencana pelaksanaan kegiatan tersebut.C. Pengurus OSIS yang terlibat program donor darah diharap berkumpul untuk

membicarakan tentang rencana pelaksanaan kegiatan tersebut.D. Bagi pengurus OSIS yang terlibat program donor darah diharapkan berkumpul untuk

membicarakan rencana pelaksanaan kegiatan tersebut.

Page 15: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

40. Group mahasiswa kedokteran akan melakukan ujicoba di posco-posco bencana banjir yang tersebar di beberapa RW. Perbaikan pilihan kata bercetak miring yang tepat adalah.... A.tim, tugas B.tim, praktik C.kelompok, praktik D.kelompok, tugas

41. Baca dan cermati kutipan cerpen berikut !

Keluarga Pak Sabar sedang duduk-duduk santai. Mereka sedang memperbincangkan sesuatu. “Begini,” kata Adi mulai menjelaskan gagasannya. “Kita perlu membangun satu kamar tidur lagi. Tempatnya di belakang dekat dapur,” tambah Adi. “Ya, saya setuju akan ide itu,” kata Ibu Sabar. “Betul, saya juga setuju hal itu,” sambung Ida. “Benar ada kamar tidur buat tamu,“ kata Ida lagi. “Nah, semuanya setuju,” sambung Adi lagi.“Tunggu dahulu,” sela Pak Sabar, “Harus jelas berapa biayanya. Dari mana sumbernya,“ kata beliau.

Latar tempat peristiwa tersebut adalah ....A. tempat tidur B. di belakang dekat dapur C. meja makanD. di ruang keluarga

42. Jam dinding menunjukkan pukul setengah delapan. Di luar, angin bertiup dengan kencang disertai kilat yang menyambar sekali-kali. Pertanda hujan lebat akan turun.

Amran mondar-mandir di ruang muka. Ia gelisah sekali. Sekali-kali matanya memandang jam dinding yang tergantung dekat gambar hiasan. Ia gelisah sebab Anhar, adiknya yang bungsu, belum kembali sejak sore. Pada saat itu, cuaca mengkhawatirkan. Ia gelisah sebab sebagai kakak yang tertua, ia dipesan oleh orang-tuanya untuk menjaga adik-adiknya selama ayah dan ibunya tidak di rumah.“Gun! Gunadi!” teriaknya sambil memandang ke arah dalam.“Ya, Kak,” jawab adiknya dari dalam. Kemudian, kelihatanlah Gunadi menghampirinya.“Ke mana, Anhar ?” tanya Amran lagi.

Konflik yang terdapat dalam penggalan cerita anak di atas adalah ....A. konflik batinB. konflik ideC. konflik fisikD. konflik moral

43. Bacalah kutipan cerita anak di bawah ini!

Dengan hati-hati dipungutnya telur tersebut dan dibawanya ke dalam rumah. Pak Petani menyelimuti telur itu dengan kain lusuh dan meletakkannya di dalam kardus agar tetap hangat. Setelah itu dia pergi ke pasar untuk bekerja.Pak Petani membuat telur itu menjadi hangat setiap hari sampai telur itu menetas. Ternyata telur itu adalah telur Burung Camar, mungkin induknya menjatuhkannya ketika hendak pindah ke tempat

Page 16: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

yang lebih hangat.Pak Petani merawat Burung Camar kecil itu dengan penuh kasih sayang. Dia selalu membagi setiap makanan yang diperolehnya dari bekerja di pasar. Ketika harus meninggalkan Burung Camar itu sendirian, Pak Petani akan meletakkannya di dalam kardus dan menyalakan perapian agar Burung Camar tetap hangat.

Amanat yang terkandung dalam cerita anak di atas adalah….A. Kita harus bertanggung jawab terhadap binatang piaraanB. Kita harus merawat dan menyayangi binatang.C. Kita harus hati-hati dalam merawat binatangD. Kita harus membagi makanan dengan binatang piaraan.

44. Perhatikan kutipan novel berikut !Kutipan 1

Raja Adil gembira benar-benar mendengar berita hasil pelayaran Raja Maulan ketika lebih daripada yang diharapkan. Usaha kompeni,jadi terhalang dan pikiran Sultan jadi kalam-kabut.

Oleh karena ia pun makin tambah berani melawan Inderapura yang berserikat dengan kompeni.

Dan hasratnya pun makin keras dan besar hendaknya mencari perhubungan dengan Pauh. Jika Pauh dapat digerakkan menyerang Padang dari darat, dan Aceh dari sebelah utara dan dari laut, Niscaya tenaga kompeni lemah,dan Inderapura tentu takkan berdaya lagi.

Kutipan 2 Aminuddin mengetahui,bahwa Mariamin ketakutan yang tiada tentu. Barangkali disebabkan hujan yang amat lebat itu serta kilat dan dan mendengar guruh yang tiada henti. Lalu ia pun menghibur hati Mariamin,supaya sahabatnya itu melupakan barang yang ditakutinya itu.

Riam,” katanya dengan muka yang riang saya ada mempunyai cerita yang bagus, yang baru diceritakan guru kami di sekolah.” Sukakah engkau mendengarkannya?

Perbedaan karakteristik tema novel tersebut adalah…A Kutipan 1: budaya Kutipan 2: sosial politikB.Kutipan 1: sosial politik Kutipan 2: kisah asmaraC.Kutipan 1: penjajahan Kutipan 2: adat budayaD.Kutipan 1: kerajaan Kutipan 2: persahabatan

45. Perhatikan kutipan drama di bawah ini!

Anita : “Bu, kenapa dokternya belum juga datang? Aduh lama betul ya, Bu. Kenapa pukul sekian belum datang-datang?”

Bu Singgih : “Ita … Ita …, kamu ini lho, kalau disuruh menunggu pasti tidak sabar.Ketahuilah Ita, pekerjaan menunggu adalah pekerjaan yang cukup menjengkelkan atau membosankan. Hal ini semuanya dapat diatasi hanya dengan watak sabar sebab hanya dengan kesabaranlah semua itu akan tercapai. Coba, kita baru saja tiba selama sepuluh

Page 17: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

menit, dokter baru tiba nanti pukul 09.00. Ini kan baru pukul 08.30, tiga puluh menit lagi kita menunggu Ita”.

Anita : (Sambil menggerutu meninggalkan ibunya menuju pintu luar) “Kalau tahu begini, aku tidak mau diajak ibu ke Puskesmas ini …”

Bu Singgih : “Ah …. Ita…. Ita, siapa yang tadi minta ikut?”

Karakter tokoh Anita dalam penggalan drama tersebut adalah ….A. terburu-buruB. pemarahC. tidak sabarD. pembangkang

46. Perhatikan kutipan drama di bawah ini!

Ibu : Pak , Rara ke mana ya. Sudah hampir maghrib begini kenapa belum pulang sekolah.

Bapak : Mungkin ada pelajaran taambahan , Bu . Ibu : Tidak mungkin, Pak. Biasanya Rara menelepon ke rumah jika pulang terlambat

beginiBapak : Jadi, Rara belum telepon dari tadi.Ibu : Ya, Pak. Makanya ibu menunggui Rara dari tadi.Bapak : Baiklah, Bu. Bapak akan segera mencarinya ke sekolah.

Suasana yang tergambar dalam kutipan drama tersebut adalah ….A. haru.B. tenangC. sedihD. khawatir

47. Bacalah puisi di bawah ini! Ayah yang selalu kudamba Dalam setiap nafasku Rasa ingin menantimu Jika teringat masa lalu …………................. Larik bermajas untuk melengkapi puisi yang rumpang adalah … . A. Hati ini meratap pilu B . Hati ini menangis pilu C. Hati ini bersedih pilu D. Hati ini terasa pilu

48. Ilustrasi: Pak Herman akan menjual rukonya di jalan Ronggowarsito 45, Semarang. Ruko tersebut luas tanah(lt) 200m2 , luas bangunan(lb) 125m2. Akan dijual 300jt dapat ditawar. Tanahnya sudah bersertifikat hakmilik(SHM). Yang berminat dapat langsung menghubungi alamat jalan Pekan Kamis Raya, Semarang atau menghubungi 082112596800.

Iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

Page 18: Soal mid smt 2 bi kelas ix th 2013 2014

A. DIJUAL Ruko Jln. Ronggowarsito 45 smg, Lt/Lb 200/125m2, SHM,300jt nego,hub: Herman (082112596800).

B. DIJUAL Toko Jln. Ronggowarsito 45 Smg, 300jt nego, Hub: Herman 082112596800).

C. DIJUAL Ruko Jln. Pekan Kamis Raya Smg, Lb/Lt 200/125m2, SHM,300jt nego,hub: Herman.

D. DIJUAL Ruko Jln. Ronggowarsito 45 smg, SHM, 300jt nego, Hub: Herman (082112596800).

49. Perhatikan kutipan pantun berikut!

[...][...]Jika ingin awet bersahabatPada teman haruslah jujur

Agar menjadi pantun yang baik, larik yang tepat untuk melengkapinya adalah...A. Jalan-jalan ke pinggir pantai Melihat para nelayanB. Tiga kuntum sunggulah indah Mekar satu berwarna merahC. Jika ingin buat ketupat Jangan lupa mencari janurD. Jangan lupa mencari janur Jika ingin buat ketupat

50. Bacalah kutipan cerpen di bawah ini!

Sore itu Pak Hanafi pulang dengan wajah tegang. Pintu mobilnya dibanting keras-keras. Dia langsung masuk kamar Yoyok anak sulungnya.”Kamu harus mempertanggungjawabkan perbuatan yang memalukan yang kamu lakukan di sekolah tadi,” bentaknya sambil menyeret tangan yoyok.“ tapi aku kan anak Bapak,” jawab yoyok sambil menahan tangis.“ walaupun kamu anak seorang kepala sekolah bukan berarti kamu kebal hukum,” suara Pak Hanafi semakin meninggi.” Mulai besok pagi kau diskorsing,” jelas Pak Hanafi mantap. Tangisan Yoyok tak dihiraukannya sama sekali.

Latar waktu cerpen tersebut adalah....A. pagiB. siangC. malam D. sore