silabus homiletika 2011

3
SILABUS MATA KULIAH HOMILETIKA PRA 0305 Pdt. Linna Gunawan, D.Min. ([email protected]) Pdt. Gerry Atje, S.Si. ([email protected]) DESKRIPSI Mata kuliah ini membahas kedudukan homiletika dalam rumpun Praktika, apa dan bagaimana mempersiapkan Pemberitaan Firman Tuhan, serta hubungan gereja/pendeta dan pemberitaan itu. Dari kerangka teoritis ini mahasiswa dibekali pula dengan kecakapan ketrampilan praktis dalam menyusun khotbah, termasuk hermeneutika untuk mempersiapkan khotbah dan beberapa metode berkhotbah. TUJUAN Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat: Memahami peran pemberitaan Firman dalam pendidikan, pembinaan dan kehidupan spiritual warga gereja. Menyadari perlunya spiritualitas pengkhotbah sebagai pemberita Firman. Menyusun khotbah yang kontekstual, sistematis dan inspiratif. KEHADIRAN Sesuai dengan Peraturan Studi S1 Teologi mengenai absensi, maka mahasiswa harus hadir pada jam kuliah sekurang-kurangnya 75% dari jumlah jam kuliah dalam satu semester. Hal ini berarti maksimal 4 kali mahasiswa diperkenankan untuk tidak mengikuti kuliah dengan alasan-alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Khusus pada 4 kali pertemuan pertama, maksimal ketidakhadiran adalah 2x. Lebih dari jumlah tersebut, mahasiswa dianggap gagal dan akan diberikan nilai E untuk mata kuliah ini. TUGAS-TUGAS Ada 3 tugas mahasiswa dalam mata kuliah ini. Refleksi Mingguan Setiap minggu mahasiswa mendapatkan tugas membaca buku untuk bahan pelajaran minggu depan. Pada pertemuan minggu berikutnya, mahasiswa mengumpulkan refleksi pribadi atas buku yang dibaca. Panjang refleksi kurang lebih 1 halaman saja. Adalah baik jika refleksi dapat mengacu pada bacaan lainnya (sekalipun tidak dicantum dalam Bahan Bacaan). Analisa Khotbah Setiap minggu mahasiswa mendapatkan tugas mendengarkan khotbah dan memberikan analisa atasnya. Panjang analisa kurang lebih 2 halaman saja. Makalah Liturgi dan Khotbah Makalah ini merupakan makalah tengah semester. Mahasiswa diminta untuk membuat liturgi lengkap (sesuai dengan liturgi gereja masing-masing) yang sesuai dengan tema/bahan khotbah. Setiap bagian dari liturgi mohon dijelaskan rinci kesinambungannya dengan tema/bahan khotbah yang diambil. Makalah Khotbah Lengkap Sebagai bagian dari tugas akhir, mahasiswa diminta untuk membuat khotbah lengkap sesuai dengan prinsip- prinsip homiletika. Pada makalah ini, mahasiswa diminta untuk mencantumkan catatan kaki dan bibliografi yang digunakan dalam menyusun khotbah lengkap. Khotbah lengkap antara lain berisi: analisa teks, tafsiran, kerugma, analisa pendengar, khotbah, ilustrasi, dll. PENILAIAN Mahasiswa mendapatkan nilai dari mata kuliah ini berdasarkan pembobotan sbb. 10 % Keterlibatan mahasiswa dalam diskusi, memberikan masukan dan kreatifitas selama kelas berlangsung. 10% Refleksi Mingguan 10% Analisa Khotbah

Upload: gerry-atje

Post on 20-Jul-2015

3.281 views

Category:

Spiritual


45 download

TRANSCRIPT

Page 1: Silabus Homiletika 2011

SILABUS MATA KULIAH

HOMILETIKAPRA 0305

Pdt. Linna Gunawan, D.Min. ([email protected])Pdt. Gerry Atje, S.Si. ([email protected])

DESKRIPSI

Mata kuliah ini membahas kedudukan homiletika dalam rumpun Praktika, apa dan bagaimana mempersiapkan Pemberitaan Firman Tuhan, serta hubungan gereja/pendeta dan pemberitaan itu. Dari kerangka teoritis ini mahasiswa dibekali pula dengan kecakapan ketrampilan praktis dalam menyusun khotbah, termasuk hermeneutika untuk mempersiapkan khotbah dan beberapa metode berkhotbah.

TUJUAN Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat: • Memahami peran pemberitaan Firman dalam pendidikan, pembinaan dan kehidupan spiritual warga gereja.• Menyadari perlunya spiritualitas pengkhotbah sebagai pemberita Firman.• Menyusun khotbah yang kontekstual, sistematis dan inspiratif.

KEHADIRAN

Sesuai dengan Peraturan Studi S1 Teologi mengenai absensi, maka mahasiswa harus hadir pada jam kuliah sekurang-kurangnya 75% dari jumlah jam kuliah dalam satu semester. Hal ini berarti maksimal 4 kali mahasiswa diperkenankan untuk tidak mengikuti kuliah dengan alasan-alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Khusus pada 4 kali pertemuan pertama, maksimal ketidakhadiran adalah 2x. Lebih dari jumlah tersebut, mahasiswa dianggap gagal dan akan diberikan nilai E untuk mata kuliah ini.

TUGAS-TUGAS

Ada 3 tugas mahasiswa dalam mata kuliah ini.

Refleksi MingguanSetiap minggu mahasiswa mendapatkan tugas membaca buku untuk bahan pelajaran minggu depan. Pada pertemuan minggu berikutnya, mahasiswa mengumpulkan refleksi pribadi atas buku yang dibaca. Panjang refleksi kurang lebih 1 halaman saja. Adalah baik jika refleksi dapat mengacu pada bacaan lainnya (sekalipun tidak dicantum dalam Bahan Bacaan).Analisa KhotbahSetiap minggu mahasiswa mendapatkan tugas mendengarkan khotbah dan memberikan analisa atasnya. Panjang analisa kurang lebih 2 halaman saja. Makalah Liturgi dan KhotbahMakalah ini merupakan makalah tengah semester. Mahasiswa diminta untuk membuat liturgi lengkap (sesuai dengan liturgi gereja masing-masing) yang sesuai dengan tema/bahan khotbah. Setiap bagian dari liturgi mohon dijelaskan rinci kesinambungannya dengan tema/bahan khotbah yang diambil.Makalah Khotbah LengkapSebagai bagian dari tugas akhir, mahasiswa diminta untuk membuat khotbah lengkap sesuai dengan prinsip-prinsip homiletika. Pada makalah ini, mahasiswa diminta untuk mencantumkan catatan kaki dan bibliografi yang digunakan dalam menyusun khotbah lengkap. Khotbah lengkap antara lain berisi: analisa teks, tafsiran, kerugma, analisa pendengar, khotbah, ilustrasi, dll.

PENILAIAN Mahasiswa mendapatkan nilai dari mata kuliah ini berdasarkan pembobotan sbb.

• 10 % Keterlibatan mahasiswa dalam diskusi, memberikan masukan dan kreatifitas selama kelas berlangsung.

• 10% Refleksi Mingguan• 10% Analisa Khotbah

Page 2: Silabus Homiletika 2011

• 20% Makalah Liturgi dan Khotbah• 50% Makalah Khotbah Lengkap.

BAHAN BACAAN

Gintings, E.P., Khotbah dan Pengkhotbah, Jakarta: BPK GM, 2002

Hendrikus, Dori Wuwur, Berkhotbah: Sebuah Petunjuk Praktis, Ende: Penerbit Nusa Indah, 1989.

Kristiyanto, Eddy, The Art of Preaching, Jakarta: Penerbit Obor, 2004.

Martasudjita, E., Sabda Allah Penuh Daya, Yogyakarta: Kanisius, 1999, Ritschl, Dietrich, Teologi Pemberitaan Firman Allah, Jakarta: BPK GM, 1990.

Susanto, Hasan, Homiletik: Prinsip dan Metode Berkhotbah. Jakarta: BPK GM, 2004.

Tisdale, Leonora Tubbs, Preaching as Local Theology and Folk Art. Minneapolis: Fortress Press, 1989.

Robinson, Haddon & Larson, Craig Brian (eds), The Art and Craft of Biblical Preaching (versi e-book)Pareira, Berthold Anton, Homiletik: Bimbingan Berkhotbah, Malang: Penerbit Dioma, 2004.Willimon, William H. & Lischer, Richard (eds), Concise Encyclopedia of Preaching, Kentucky: Westminster

John Knox Press, 1995Waktu POKOK BAHASAN KETERANGAN

24/8 • Perkenalan

• Diskusi silabus dan tugas-tugas

7/9 Dasar Teologis KhotbahSejarah praktik berkhotbahBahan:Dietrich Ritschl, Pendahuluan & bab I (hal. 1-71)E. Martasudjita, bab II (hal. 16-29)Willimon & Lischer, hal. 477-482.Hasan Sutanto, hal. 12-18E.P. Gintings, bab II (hal. 7-23)Robinson & Larson, hal. 64-69

Mengumpulkan Refleksi Analisa Khotbah

14/9 Khotbah adalah SeniBahan:Leonora Tubbs Tisdale, bab V (hal. 122-143)Robinson & Larson, hal. 483-486

Mengumpulkan RefleksiAnalisa Khotbah

21/9 Sang PengkhotbahBahan:Hasan Sutanto, hal. 51-128Eddy Kristiyanto, hal. 19-35Robinson & Larson, hal. 71-84

Mengumpulkan RefleksiAnalisa Khotbah

28/9 Peran khotbah dalam Pembangunan JemaatBahan:Hasan Sutanto, hal. 36-41Pareira, hal. 1-10

Mengumpulkan RefleksiAnalisa Khotbah

5/10 Menganalisa, Menafsir dan BerefleksiBahan:

Mengumpulkan RefleksiAnalisa Khotbah

12/10 Hermeunetika dalam khotbahBahan:E.P. Gintings, hal. 32-46Willimon & Lischer, hal. 175-182

Mengumpulkan RefleksiAnalisa Khotbah

Page 3: Silabus Homiletika 2011