rpp pai permendikbud 103.2014

15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMK Negeri 5 Malang Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas/ Semester : XII/2 Materi Pokok : Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia Alokasi Waktu : !ertemuan "# $P% A. Kompetensi Inti KI & KI 2 : : Menghargai dan mengha'ati ajaran agama 'ang dianutn'a( Menghargai dan mengha'ati !erilaku jujur) disi!lin) *ertanggung ja+a*) !eduli "toleransi) gotong ro'ong%) santun) !er,a'a diri dalam *eri se,arae-ekti- dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan !ergaulan dan ke*eradaann'a KI : Memahami !engetahuan "-aktual) konse!tual) dan !rosedural% *erdasarkan rasa ingin tahun'a tentang ilmu !engetahuan) teknologi) seni) *u terkait -enomena dan kejadian tam!ak mata( KI . : Men,o*a) mengolah) dan men'aji dalam ranah konkret "menggunakan) mengurai) merangkai) memodi-ikasi) dan mem*uat% dan ranah a*strak "menulis) mem*a,a) menghitung) menggam*ar) dan mengarang% sesuai dengan 'ang di!elajari di sekolah dan sum*er lain 'ang sama dalam sudut !andang/teori( B. KOMPETENSI DASAR 1.2. Beriman kepada Allah 3.10 Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia. 4.10 Mendeskripsikan faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia. C. INDIKATOR &(2(&Mam!u menjelaskan !erkem*angan Islam di dunia ((&(& Mam!u mengidenti-ikasi man-aat 'ang da!at diam*il dari sejarah !erkem*an di dunia (&(2Menjelaskan ,ontoh !erkem*angan Islam di dunia (&(Mam!u mem*erikan ,ontoh !erkem*angan Islam di dunia (&(. Mam!u mengidenti-ikasi hikmah !erkem*angan Islam di dunia( (&(5 Mam!u menjelaskan hikmah !erkem*angan Islam di dunia D. Materi Pembea!aran &( Pertemuan ke &

Upload: nurwanto-sujarwo

Post on 05-Nov-2015

71 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

kurikulum 2013

TRANSCRIPT

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)Sekolah

: SMK Negeri 5 MalangMata Pelajaran

: Pendidikan Agama Islam dan Budi PekertiKelas/ Semester

: XII/2Materi Pokok

: Kemajuan dan kemunduran Islam di duniaAlokasi Waktu

: 3 pertemuan (9 JP)A. Kompetensi IntiKI 1KI 2 ::Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4:Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DASAR 1.2. Beriman kepada Allah

3.10 Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.4.10 Mendeskripsikan faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.

C. INDIKATOR1.2.1 Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia

3..1.1 Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia 3.1.2 Menjelaskan contoh perkembangan Islam di dunia

3.1.3 Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia

3.1.4 Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.

3.1.5 Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di duniaD. Materi Pembelajaran1. Pertemuan ke-1a. Perkembangan Islam di Dunia

b. Perkembangan Islam Terkini di Dunia,c. Perkembangan Islam di Eropa2. Pertemuan ke-2a. Perkembangan Islam di Australiab. Perkembangan Islam di Asia

c. Perkembangan Islam di Afrika

d. Perkembangan Islam di Amerika

e. Hikmah yang Dapat Diambil dari Perkembangan Islam Masa KiniE. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan 1

a. Pendahuluan (10 menit) 1) Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.2) Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

3) Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.4) Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia.

5) Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.6) Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.

7) Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

b. Kegiatan inti (90 menit)1) Mengamati:

a) Guru menyajikan tayangan video/suara/gambar/tulisan tentang Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia (Eropa)b) Peserta didik mengamati tanyangan video/suara/gambar/tulisan tentang Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia (Eropa)c) Guru menyajikan dalil-dalil naqli yang mendukung tentang Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia (Eropa)d) Peserta didik membaca dan mengamati dalil-dalil naqli yang mendukung tentang Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia (Eropa)2) Menanya:

a) Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia (Eropa)b) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai dalil-dalil naqli tentang Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia.c) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik menyampaikan pendapat atau menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik laind) Peserta didik mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia.

3) Eksplorasi

a) Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan tema yang telah ditentukan (Sejarah, dalil aqli dan naqli yang mendukung &faktor-faktor Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia. (Eropa))

4) Asosiasi:

a) Setiap kelompok membuat simpulan mind mapping menghubungkan Sejarah, dalil aqli dan naqli yang mendukung &faktor-faktor Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia (Eropa).5) Komunikasikan:

a) Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.

c. Penutup (20 menit) 1) Guru memberikan penguatan materi tentang Kemajuan dan kemunduran Islam di dunia. (Eropa)2) Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi peserta didik.3) Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.4) Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.5) Guru memberikan reward kepada kelompok peserta didik terbaik.6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.7) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.8) Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

2. Pertemuan 2

Pendahuluan (15 menit ) 1) Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat.2) Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah ayat pilihan yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

3) Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik.

4) Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi pembelajaran.5) Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.6) Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok.

7) Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

a. Kegiatan inti (90 menit)1) Mengamati&Mengumpulkan Informasi (Eksplorasi):

a) Guru memberikan Informasi untuk membuka Internet dan mendownload di alamat /http://bse.kemdikbud.go.id/buku/kurikulum2013 Buku Paket dalam bentuk format PDF dengan judul Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII karya Husni Thoyar Penerbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011 Bab.XII Perkembangan Islam di Dunia Halaman 213 sampai halaman 228.b) Peserta didik mengamati, membaca & merangkum Buku Paket dalam bentuk format PDF dengan judul Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII karya Husni Thoyar Penerbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011 Bab.XII Perkembangan Islam di Dunia Halaman 213 sampai halaman 228.c) Peserta didik dalam satu kelompok saling menyimak hasil Rangkuman kelompok masing-masing yang dipresentasikan perkelompok didepan.2) Menanya:

a) Guru mempersilahkan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang apa yang diamati melalui Buku Paket dalam bentuk format PDF dengan judul Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII karya Husni Thoyar Penerbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011 Bab.XII Perkembangan Islam di Dunia Halaman 213 sampai halaman 228.

b) Peserta didik mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang apa yang diamati melalui Buku Paket dalam bentuk format PDF dengan judul Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII karya Husni Thoyar Penerbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011 Bab.XII Perkembangan Islam di Dunia Halaman 213 sampai halaman 228. c) Guru mencatat seluruh pertanyaan peserta didik, bersama-sama peserta didik memilih pertanyaan yang diangkat dalam diskusi.3) Mengumpulkan informasi (Eksplorasi)a) Peserta didik dikelompokkan menjadi beberapa kelompok (sesuai kebutuhan) untuk berdiskusi dan mempelajari tentang Aspek Sejarah Perkembangan Islam di Dunia.4) Mengasosiasi:

a) Peserta didik secara kelompok membuat konsep tentang Faktor-faktor Perkembangan Islam di Dunia. 5) Mengkomunikasikan:

a) Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya.

b) Setiap kelompok memberikan tanggapan atas presentasi kelompok lainnya.

c. Penutup (15 menit) 1) Guru memberikan penguatan materi tentang Aspek Sejarah Perkembangan Islam di Dunia. .2) Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi peserta didik.3) Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran.4) Guru bersama-sama para peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.5) Guru memberikan reward kepada peserta didik terbaik.6) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.7) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.8) Guru bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.

F. Penilaian, Remedial dan Pengayaan1. Penilaian a. Teknik Penilaian:

1) Aspek sikap : Penilaian diri observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, Jurnal

2) Aspek Pengetahuan: Tes Tulis3) Aspek Ketrampilan: proyek, dan portopoliof. Instrumen penilaian dan pedoman perskoran :

1) Pertemuan pertamaa) Pengetahuan

NoIndikatorButir Instrumen

1Mampu menjelaskan perkembangan Islam di EropaCeritakan sedikit tentang perkembangan Islam di Eropa yang kalian ketahui!

2Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di EropaSebutkan Manfaat-manfaat yang kamu ketahui tentang sejarah perkembangan Islam di Eropa!

3Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di Eropa

Berikan contoh Peninggalan sejarah perkembangan Islam di Eropa!

4Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di EropaJelaskan Hikmah dari perkembangan Islam di Eropa!

Pedoman perskoranNoKunciskor

1Pengertian iman kepada Allah Swt.: kepercayaan tentang adanya Allah sekaligus membenarkan apa saja yang datang dari Allah dengan cara meyakini dalam hati, menyatakan dengan lisan, dan membuktikannya dengan amal perbuatan.50

2Dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt.

50

Jumlah Skor100

2) Pertemuan keduaa) PengetahuanNoIndikatorButir Instrumen

1Menjelaskan pengertian al-Asmaul-HusnaJelaskan pengertian al-Asmaul-Husna!

2 Menyebutkan pengertian al-Asmaul-Husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al- Bashir Sebutkan pengertian al-Asmaul-Husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al- Bashir!

3Menjelaskan makna al-Asmaul-Husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-BashirJelaskan makna al-Asmaul-Husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-Bashir!

Pedoman perskoran

NoKunciskor

130

230

3

4

5

640

Jumlah Skor100

Pedoman perskoran

NoKunciskor

1Kebijakan guru25

2Kebijakan guru25

3Kebijakan guru25

4Kebijakan guru25

Jumlah Skor100

a) Sikap

(Terlampir)

b) Ketrampilan

(Terlampir)2. Pengayaan Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan berupa

macam-macam sifat wajib bagi Allah swt. yang telah disiapkan oleh guru. (Soal terlampir ).

3. Remedial

Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan dan dilakukan penilaian kembali

tentang materi iman kepada Allah swt yang dilaksanakan diluar jam pelajaran setelah pulang sekolah. ( Soal terlampir ).

G. Media/Alat,Bahan dan Sumber Pembelajaran1. Media/alata. VCD pembelajaranb. Power Pointc. Gambard. Speaker activee. LCD/TV/Laptop2. Bahana. Kertas karton/HVSb. Teks naskah bermain peran3. Sumber Belajar

a. Al-Quran dan Terjemahnya Departemen Agama RI Tahun 2006b. Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.c. Mustahdi dan Sumiyati. 2013. Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.d. Muhammad Ahsan dkk. 2013. Pendidikan Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs kelas VII. Jakarta: ESIS Erlangga.

.., .. 2014 Mengetahui;

Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah,

PAI dan Budi Pekerti,

( ..)

( )NIP.

NIP. ..LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)Nama Siswa:........................................................

NIS:........................................................

Kelas:........................................................

Indikator:Peserta didik dapat beriman kepada Allah SWT. dengan benar

Teknik Penilaian:Observasi, penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan jurnal

Penilai:Guru, diri sendiri, antar peserta didik

Rubrik penilaian:

a. Observasi

Tanggal Pengamatan: ..............................

Sikap yang dinilai: Perilaku beriman kepada Allah SWT

No.Aspek PengamatanSkor

4321

1Memulai pekerjaan dengan membaca basmalah

2Mengakhiri pekerjaan dengan membaca hamdalah

3Mengucapkan hamdalah ketika mendapatkan anugrah

4Mengucapkan salam ketika masuk kelas

Menjawab salam ketika orang lain mengucapkan salam

5Membaca tasbih ketika melihat Keagungan ciptan Allah

Jumlah Skor

KeteranganNilai

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek () pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukanNilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

.................................................................................................

.................................................................................................

.................................................................................................

..........,..................................

Observer

(...........................................)

b. Penilaian Diri

Sikap yang dinilai : Sikap Beriman kepada Allah SWT.

No.PernyataanSkor

4321

1Saya menyakini adanya Allah SWT.

2Saya percaya bahwa alam semesta ciptaan Allah SWT.

3Saya menyakini bahwa akan ada pahala bagi orang yang beramal kebaikan.

4Saya menyakini akan ada balasan bagi orang yang berbuat kejahatan.

5Saya menyakini bahwa Allah akan melipat gandakan nikmat bagi orang yang bersyukur kepada-Nya

6Saya menyakinibahwa Allah akan mengadzab orang yang mengingkari nikmat-Nya

7Saya menyakini bahwa orang yang beriman dan bertaqwa akan hidup bahagia dunia dan akherat

Jumlah skor

KeteranganNilai

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap spiritual dirinya sendiri. Berilah tanda cek () pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukanNilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

.................................................................................................

.................................................................................................

.................................................................................................

..........,..................................

Observer

(...........................................)

c. Penilaian Antar Peserta Didik

Nama Pesrta didik

:

Sikap Spiritual yang diamati : Sikap Iman Kepada Allah Swt.

No.Aspek PengamatanSkor

4321

1Membaca basmalah ketika memulai pelajaran

2Membaca hamdalah ketika mengakhiri pelajaran

3Membaca tasbih ketika melihat keagungan ciptaan Alah SWT Allah swt.

4Meminta maaf ketika berbuat kesalahan kepada orang lain

5Membaca istighfar ketika berbuat kesalahan kepada Allah swt.

Jumlah skor

KeteranganKriteriaNilai

Petunjuk:

Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nilai akhir ini diambil dari nilai modus (nilai yang sering muncul)

Catatan: .................................................................................................

.................................................................................................

.................................................................................................

.................................................................................................

..........,..................................

(...........................................)

d. Jurnal

Nama Peserta Didik:

Aspek yang diamati: Sikap Beriman Kepada Allah Swt.

No.Hari/TanggalKejadianNilai

1

2

3

4

5

Jumlah nilai

KeteranganKriteriaNilai

A (Sangat Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 86 100

B (Baik) = Jika peserta didikmendapatkan skor 76-85

C (Cukup) = Jika peserta didikmendapatkan skor 66-75

D (Kurang) = Jika peserta didikmendapatkan skor < 65

Catatan: .................................................................................................

.................................................................................................

.................................................................................................

.................................................................................................

..........,..................................

Guru Mata Pelajaran PAI

(...........................................)

Lampiran 2: Penilaian ketrampilan

Nama:.........................................................

Kelas:........................................................

Indikator:Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-Bashir dengan benar.

Teknik Penilaian:Proyek dan portopolio

Penilai:Guru

Rubrik penilaian:

a. Penilaian Proyek

Membuat Laporan: Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani

al-Asmaul-Husna: Al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-

Bashir

Nama Kelompok : ........................................

Anggota : .......................................

Kelas : ................No.AspekSkor (1-5)

54321

1Perencanaan

a. Persiapan

b. Rumusan Judul

2Pelaksanaan

a. Sistematika

b. Keakuratan Sumber Data

c. Ketepatan Sumber Data

d. Analisis Data

e. Penarikan Kesimpulan

3Laporan Proyek

a. Performans

b. Presentasi/Penguasaan

Total Skor

KeteranganNilai

Keterangan penilaian:

1 = sangat tidak baik

2 = tidak baik

3 = cukup baik

4 = Baik

5 = Sangat baik

Catatan:........................................................................................

.....................................................................................................

....................................................................................................

Guru Mata Pelajaran PAI (...........................................)

b. Penilaian Portofolio

Aspek yang dinilai: Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yanmeneladani al-Asmaul-Husna : Al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-Bashir,

Alokasi Waktu : 1 Semester Nama Peserta Didik:...............................

NoKarya peserta didikSkorPrestasiKet.

(1 4)TBT

1.Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Alim

2Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Khabir

3Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: As- Sami

.4Contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-Bashir

Total Skor

Catatan:

Teknik penilaian portofolio di dalam kelas memerlukan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Jelaskan kepada peserta didik bahwa penggunaan portofolio, tidak hanya berupa kumpulan hasil kerja peserta didik yang digunakan oleh guru untuk penilaian, tetapi digunakan juga oleh peserta didik sendiri. Dengan melihat portofolionya peserta didik dapat mengetahui kemampuan, keterampilan, dan minatnya. Proses ini tidak akan terjadi secara spontan, tetapi membutuhkan waktu bagi peserta didik untuk belajar meyakini hasil penilaian mereka sendiri.

b. Tentukan bersama peserta didik sampel-sampel portofolio apa saja yang akan dibuat. Portofolio antara peserta didik yang satu dan yang lain bisa sama bisa berbeda.

c. Kumpulkan dan simpanlah karya-karya tiap peserta didik dalam satu map atau folder di rumah atau loker masing-masing di sekolah.

d. Berilah tanggal pembuatan pada setiap bahan informasi perkembangan peserta didik sehingga dapat terlihat perbedaan kualitas dari waktu ke waktu.

e. Tentukan kriteria penilaian sampel portofolio dan bobotnya dengan para peserta didik. Diskusikan cara penilaian kualitas karya para peserta didik, sehingga disepakati stndar yang ditentukan. Dengan demikian, peserta didik mengetahui harapan (standar) guru dan berusaha mencapai standar tersebut.

f. Peserta didik diminta menilai karyanya secara berkesinambungan. Guru dapat membimbing peserta didik, bagaimana cara menilai dengan memberi keterangan tentang kelebihan dan kekurangan karya tersebut, serta bagaimana cara memperbaikinya. Hal ini dapat dilakukan pada saat membahas portofolio.

g. Setelah suatu karya dinilai dan nilainya belum memuaskan, peserta didik diberi kesempatan untuk memperbaiki. Namun, antara peserta didik dan guru perlu dibuat kontrak seperti perjanjian mengenai jangka waktu penyelesaian.

h. Bila perlu, jadwalkan pertemuan untuk membahas portofolio. Jika perlu lagi, undang orang tua peserta didik dan diberi penjelasan tentang maksud serta tujuan portofolio sehingga orangtua dapat membantu dan memotivasi anaknya.

KeteranganNilaiParaf Guru PAI

Keterangan penilaian:

1 = tidak baik

2 = cukup baik

3 = Baik

4 = Sangat baik

T = tuntas

BT = Belum tuntas

(...................................)

Catatan:.............................................................................

...........................................................................................

...........................................................................................

Lampiran 3 : Soal Pengayaan

Kerjakan soal berikut !

1. Tuliskan contoh sikap yang mencerminkan asmaul husna Al-Aziz2. Tuliskan contoh sikap yang mencerminkan asmaul husna Al-wahhab

3. Tuliskan contoh sikap yang mencerminkan asmaul husna Al- gafur

4. Tuliskan contoh sikap yang mencerminkan asmaul husna Al- hadi

5. Tuliskan contoh sikap yang mencerminkan asmaul husna Al-qayyum

Kunci : 1. Bersikap tidak sombong ( Jawaban dikembangkan oleh guru )

2. Membantu teman yang membutuhkan ( Jawaban dikembangkan oleh guru )

3. Memaafkan teman yang berbuat salah ( Jawaban dikembangkan oleh guru )

4. Membantu teman yang membutuhkan petunjuk ( Jawaban dikembangkan oleh guru )

5. Bersikap mandiri ( Jawaban dikembangkan oleh guru )

Lampiran 4. Soal Remedial1. Jelaskan pengertian iman kepada Allah Swt.!2. Sebutkan dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt.!3. Jelaskan pengertian al-Asmaul-Husna!4. Sebutkan pengertian al-Asmaul-Husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al- Bashir!5. Jelaskan makna al-Asmaul-Husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami, dan al-Bashir!6. Contohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: al-Alim!7. Contohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: al-Khabir!8. Contohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: as-Sami!9. Contohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asmaul-Husna: dan al-Bashir!Kunci Jawaban : Lihat kunci jawaban pada penilaian pengetahuan