proposal bansos kppd 2012

21
KADER PENGGERAK PEMBANGUNAN DESA KPPD GEDONG TATAAN Alamat : Jl. Tataan No. 21 Kec. Gedong Tataan Telp. (000)0000000 KABUPATEN PESAWARAN PROPINSI LAMPUNG =========================================================================== =============== contoh SURAT PERMOHONAN BANTUAN SOSIAL Nomor : ……… Lampiran : ……… Perihal : Permohonan untuk memperoleh Bantuan Sosial P2SEDT Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Tahun 2012 Kepada Yth. Bapak Menteri Negara Pembangunan Daerah tertinggal Cq Deputi IV Penanggung Jawab Kegiatan P2SEDT Di Jakarta Dengan hormat, Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : ………………………………………………… Jabatan : Ketua Kader Desa Pembangunan Desa ……………… Alamat : ………………………………………………… Nama : ………………………………………………… Jabatan : Sekretaris Kader Desa Pembangunan Desa ……………… Alamat : ………………………………………………… Atas Nama Lembaga : Kader Desa Pembangunan Desa ………………………… Alamat : ………………………………………………… Kabupaten : ………………………………………………… Provinsi : ………………………………………………… Telpon : ………………………………………………… No. Rekening : ………………………………………………… Bank : BRI Cabang ................................. Dengan ini mengajukan permohonan untuk memperoleh Bantuan Sosial dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal sesuai dengan proposal yang kami ajukan. Proposal kegiatan dan Buku Rekening Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD) terlampir. Demikian permohonan kami, atas kerjasamanya diucapkan terima kasih. ............, .................... 2012 Sekretaris Ketua DESA GEDONG TATAAN

Upload: indriyani-thea

Post on 03-Jan-2016

1.750 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

FOR BUILDING PROPOSAL

TRANSCRIPT

Page 1: Proposal Bansos Kppd 2012

KADER PENGGERAK PEMBANGUNAN DESAKPPD GEDONG TATAAN

Alamat : Jl. Tataan No. 21 Kec. Gedong Tataan Telp. (000)0000000KABUPATEN PESAWARAN PROPINSI LAMPUNG

==========================================================================================

contohSURAT PERMOHONAN BANTUAN SOSIAL

Nomor : ………Lampiran : ………Perihal : Permohonan untuk memperoleh Bantuan Sosial P2SEDT Kementerian Pembangunan

Daerah Tertinggal Tahun 2012

Kepada Yth.Bapak Menteri Negara Pembangunan Daerah tertinggalCq Deputi IV Penanggung Jawab Kegiatan P2SEDTDi

Jakarta

Dengan hormat,Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : …………………………………………………Jabatan : Ketua Kader Desa Pembangunan Desa ………………Alamat : …………………………………………………Nama : …………………………………………………Jabatan : Sekretaris Kader Desa Pembangunan Desa ………………Alamat : …………………………………………………Atas NamaLembaga : Kader Desa Pembangunan Desa …………………………Alamat : …………………………………………………Kabupaten : …………………………………………………Provinsi : …………………………………………………Telpon : …………………………………………………No. Rekening : …………………………………………………

Bank : BRI Cabang .................................

Dengan ini mengajukan permohonan untuk memperoleh Bantuan Sosial dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal sesuai dengan proposal yang kami ajukan. Proposal kegiatan dan Buku Rekening Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD) terlampir.Demikian permohonan kami, atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

............, .................... 2012Sekretaris

(………………………………)

Ketua

(………………………………)

DESA GEDONG TATAAN

Page 2: Proposal Bansos Kppd 2012

KADER PENGGERAK PEMBANGUNAN DESAKPPD GEDONG TATAAN

Alamat : Jl. Tataan No. 21 Kec. Gedong Tataan Telp. (000)0000000KABUPATEN PESAWARAN PROPINSI LAMPUNG

==========================================================================================

A. PENDAHULUANDalam rangka pencapaian tujuan negara yaitu masyarakat yang adil dan makmur, dibutuhkan kerja

keras semua komponen bangsa baik masyarakat maupun pemerintah. Masyarakat dan pemerintah senantiasa bersinergi untuk dapat meningkatkan kemampuan sumber daya yang ada. Salah satu diantaranya peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat.

Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal (KPDT), salah satu lembaga pemerintah yang bertugas mempercepat pembagunan di daerah-daerah tertinggal. KPDT berupaya semaksimal mungkin menciptakan berbagai program kegiatan bertujuan memajukan masyarakat di daerah-daerah tertinggal. Untuk dapat melaksanakan tugasnya itu KPDT melaksanakan program Percepatan Pembangunan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal (P2SEDT) melalui kegiatan penguatan kelembagaan masyarakat.

Desa ..................., Kecamatan................, Kabupaten..................., Propinsi................... merupakan salah satu desa yang tergolong tertinggal dan desa penerima bantuan sosial untuk peningkatan kapasitas kelembagaan dari kegiatan P2SEDT KPDT. Sebagai gambaran awal Desa ................, luas wilayah ..............ha dan ketinggian ................ meter dari permukaan laut dan curah hujan .............. mm pertahun, jarak desa dari kecamatan adalah ..............km dan dari kabupaten ................ km. Jumlah penduduk ............ jiwa dengan komposisi .............. jiwa laki-laki dan.............. jiwa perempuan dengan jumlah KK ............. (hasil pemetaan KPPD).

Sebagai upaya menguatkan kelembagaan masyarakat KPDT melalui kegiatan P2SEDT secara berjenjang membentuk Tenaga Pendamping Propinsi (TPP), Tenaga Pendamping Kabupaten (TPK) dan di tingkat desa dibentuk Tenaga Fasilitator Desa (TFD) dan Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD). KPPD merupakan unjung tombak penggerak pembangunan di pedesaan khususnya penguatan kelembagaan masyarakat desa.

KPPD sebagai wadah penggerak pembangunan masyarakat desa tertinggal yang terdiri dari para kader potensial terpanggil dan peduli melakukan pembangunan dan perubahan di desa. Para kader yang secara sadar beritikad membangun desa dengan melakukan berbagai upaya-upaya percepatan menuju kesetaraan, kemajuan, dan kemandirian desa.

Adapun tujuan pembentukan KPPD adalah; 1.Memperkuat dan mengembangkan kelembagaan masyarakat untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di daerah tertinggal. 2.Menjadi pelopor dalam menggerakkan potensi yang ada dan mensinergikan dalam pelaksanaan pembangunan, sehingga dapat menjadi agen pembaharuan sosial ekonomi masyarakat di daerah tertinggal. 3.Untuk menjaga keutuhan dan membangun persatuan dan kesatun bangsa Republik Indonesia di daerah tertinggal.

Mengingat pentingya keberadaan KPPD Desa ................... dalam upaya percepatan pembangunan daerah tertinggal dirasa penting melakukan langkah-langka kegiatan khususnya dalam rangka penguatan kapasitas kelembagaan masyarakat untuk mencapai tujuan pembentukannya.

B. KEGIATAN YANG DILAKSANAKANUpaya ataupun langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KPPD Desa ...........,

Kecamatan ..........., Kabupaten................. adalah sebagai berikut :1. Langkah penguatan kapasitas kelembagaan:

Mensosialisasikan program kegiatan penguatan kelembagaan kepada Organisasi Masyarakat Setempat dan atau kelompok-kelompok masyarakat yang ada di pedesaan.

Melakukan pendataan mengenai potensi desa, permasalahan desa, kebutuhan desa yang menyangkut bidang ekonomi, bidang sosial bidang infrastruktur secara partisipatif sebagai bahan penyusunan perencanaan Bedah Desa Terpadu.

Menerima dan menindak lanjuti pengaduan masyarakat tentang program pembangunan desa. Melakukan upaya pemeliharaan dan pengembangan aset program yang telah dilaksanakan oleh

Desa.

DESA GEDONG TATAAN

Page 3: Proposal Bansos Kppd 2012

Membuat laporan kegiatan administrasi umum dan keuangan tentang kegiatan Kader Penggerak pembangunan Desa kepada Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal.

2. Sasaran kegiatan: Peningkatan peran dan eksistensi kelembagaan sosial budaya. Peningkatan kerjasama penguatan lembaga masyarakat. Peningkatan produktifitas dan kapasitas kegiatan sosial masyarakat lokal. Penyerapan tenaga kerja.

C. JADWAL KEGIATANLangkah-langkah kegiatan yang dilakukan KPPD Desa .................., Kecamatan .....................,

Kabupaten ......................., Propinsi ................... pelaksanaanya direncanakan sebagai berikut :

No Rencana Kegiatan Jadwal Pelaksanaan Keterangan1 Mensosialisasikan program kegiatan

penguatan kelembagaan kepada Organisasi Masyarakat Setempat dan atau kelompok-kelompok masyarakat yang ada di pedesaan.

Agustus, September

Pembiayaan bersumber dari Bantuan Sosial KPDT tahun 2012

2 Melakukan pendataan mengenai potensi desa, permasalahan desa, kebutuhan desa yang menyangkut bidang ekonomi, bidang sosial bidang infrastruktur secara partisipatif sebagai bahan penyusunan perencanaan Bedah Desa Terpadu.

September sda

3 Menerima dan menindak lanjuti pengaduan masyarakat tentang program pembangunan desa.

selama menjadi KPPD sda

4 Melakukan upaya pemeliharaan dan pengembangan aset program yang telah dilaksanakan oleh Desa.

selama menjadi KPPD sda

5 Membuat laporan kegiatan administrasi umum dan keuangan tentang kegiatan Kader Penggerak pembangunan Desa kepada Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal.

selama menjadi KPPD sda

D. KEBUTUHAN DANA / BARANG ( RAB )Adapun kebutuhan dana untuk pelaksanaan kegiatan KPPD Desa ................,

Kecamatan ........................, Kabupaten ................ adalah sebagai berikut:

NO KEGIATAN / RINCIAN BELANJA

RINCIAN PERHITUNGAN

VOLUME HARGA SATUAN JUMLAH BIAYA KET.

(1) (2) (3) (4) (5) KEGIATAN PENGUATAN KELEMBAGAAN

I. OPERASIONAL PERKANTORAN - 40%1 Belanja Keperluan Perkantoran -

- ATK ... bln ................. - - Pengarsipan ... bln ................. - - Biaya Komunikasi (kalau ada) ... bln ................. -

Page 4: Proposal Bansos Kppd 2012

2 Belanja Barang Operasional Lainnya - a Musyawarah Rembuk Desa

- Makan (... kali x ...... orang) .... OK ................. - - Snack (... kali x ...... orang) .... OK ................. -

bPendataan (mengenai potensi desa, program desa dll...) .... pkt ................. -

c Dokumentasi Program .... pkt ................. - d Biaya Pemasangan Papan Nama .... pkt ................. - e Pembelian Pakaian seragam .... pkt ................. - e Pelaporan

- Biaya Pelaporan 1 pkt ................. -

II. INSENTIVE PENGURUS KPPD (3 bulan) 35%1 Insentive Ketua 3 OB ................. - 2 Insentive Sekretaris 3 OB ................. - 3 Insentive Bendahara 3 OB ................. - 4 Insentive Pengurus lainnya (3 orang) 9 OB ................. -

II.PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL 25%

1 Belanja Barang Non Operasional Lainnya - Bantuan Penguatan Kelembagaan - Usaha ....... - Pembelian ..... .... .... ................. - - Pembelian ..... .... .... ................. -

TOTAL Rp 7.750.000

E. DATA ANGGOTA KADER DESASusunan Kader ........................., Kecamatan..................., Kabupaten ........................... sebagaimana

telah terbentuk dan dapat melaksanakan fungsinya sebagai kader penggerak pembangunan desa adalah sebagai berikut:

No Nama Pend Umur L/P Jabatan Pengalaman dalam organisasi masyarakat

1 Ketua2 Sekretaris3 Bendahara4 Seksi Ekonomi5 Seksi Sosial &

Imprastruktur

Page 5: Proposal Bansos Kppd 2012

F. PENUTUPPercepatan Pembangunan Sosial Ekonomi di daerah tertinggal memang menjadi perhatian semua

pihak termasuk pemerintah dan kegiatan P2SEDT adalah salah satu bentuk kegiatan percepatan dan peningkatan kapasitas lembaga masyarakat di daerah tertinggal.

Kegiatan P2SEDT melalui program bantuan sosial diharapakan dapat membantu peran masyarakat untuk mengembangkan dirinya dan lembaga masyarakat pedesaan sehingga bantuan sosial yang berkesinambungan akan terus bermanfaat untuk meningkatakan peran warga dalam kegiatan pemberdayaan sumber daya yang ada di pedesaan.

......................, .................. 2012

Ketua

(.........................................)

Sekretaris

(.......................................)

Page 6: Proposal Bansos Kppd 2012

KEMENTERIAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGALREPUBLIK INDONESIA

SURAT PERJANJIAN PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL Nomor : ..……/SPPB/KPPD/PPDT/DEP-IV/KPDT/……/2012

ANTARAPEJABAT PEMBUAT KOMITMEN

SATUAN KERJA PEMBINAAN LEMBAGA SOSIAL DAN BUDAYAKEMENTERIAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL

DENGANKADER PENGGERAK PEMBANGUNAN SATU BANGSA (KPPD)

TENTANG PENGELOLAAN ANGGARAN BANTUAN SOSIAL

KEMENTERIAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DALAM RANGKA PERCEPATAN PEMBANGUNAN SOSIAL EKONOMI DAERAH TERTINGGAL (P2SEDT)

DI DESA ……………… KABUPATEN ..............., PROPINSI ..............

Pada hari ini ………… tanggal ………… bulan ……… tahun dua ribu dua belas, kami yang bertandatangan di bawah ini :

I. NamaNIPJabatan

:::

Indriyati, SH19640617 198503 2 001Pejabat Pembuat Komitmen Satker Pembinaan Lembaga Sosial Budaya Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, yang diangkat berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor : 026/KEP/M-PDT/I/2011 tanggal 24 Januari 2012, bertindak untuk dan atas nama Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal yang berkedudukan di Jalan Abdul Muis Nomor 7 Jakarta Pusat, yang selanjutnya disebut sebagai Pihak PERTAMA.

II. NamaJabatan

::

..........................Ketua Kader Desa ............ bertindak untuk dan atas nama Kader Desa ..............., Kabupaten ..................., Propinsi ................, yang berkedudukan di Jalan .................., yang selanjutnya disebut sebagai Pihak KEDUA.

Berdasarkan : 1. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2005 tentang Unit Organisasi dan Tugas Eselon I Kementerian Republik Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 ;

2. Peraturan Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor : 09/PER/M-PDT/III/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal ;

3. Keputusan Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal No. /KEP/M-PDT/ / tertanggal ...... ......................., tentang Penetapan Bantuan Sosial Bidang Percepatan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal di Lingkungan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Tahun Anggaran 2012;

4. Keputusan Deputi bidang pembinaan lembaga sosial dan budaya Nomor ......../Kep/Dep.IV-KPDT/..../20... tentang Penetapan Penerima Bantuan Sosial Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Pada Kegiatan Percepatan Pembangunan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal ;

Page 7: Proposal Bansos Kppd 2012

5. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor : 0007/067-01.1.01/00/2012 Tanggal 9 Desember 2011 Satuan Kerja Pembinaan Lembaga Sosial dan Budaya.

Kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan Pengelolaan Anggaran Bantuan Sosial Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dalam rangka Percepatan Pembangunan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal di Kabupaten ............., Propinsi..............., dengan syarat-syarat dan ketentuan sebagaimana tercantum dalam pasal-pasal sebagai berikut:

Pasal 1PEMBERIAN DAN PENERIMAAN BANTUAN SOSIAL

(1) Pihak PERTAMA, memberikan Bantuan Sosial Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dalam rangka Percepatan Pembangunan Sosial Ekononomi Daerah Tertinggal di Kabupaten ......................., Propinsi..............................., yang selanjutnya disebut Bantuan Sosial P2SEDT kepada Pihak KEDUA.

(2) Pihak KEDUA, menyatakan menerima Bantuan Sosial P2SEDT dari Pihak PERTAMA.

Pasal 2SUMBER DANA

(1) Pihak PERTAMA, memberikan Bantuan Sosial P2SEDT kepada Pihak KEDUA, dalam bentuk Uang sebesar RP.7.750.0000 (Tujuh Jut Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

(2) Bantuan Sosial P2SEDT dari Pihak PERTAMA tersebut dipergunakan untuk: Maksimal 40 % diperuntukan :

biaya operasional kegiatan (ATK, musyawarah/rembuk desa, komunikasi, transportasi, pendataan mengenai : potensi desa; permasalahan desa; kebutuhan desa dan program pembangunan desa serta capaian keberhasilan kegiatan kader desa)

tertib administrasi (pengarsipan surat masuk dan surat keluar, dokumentasi program, kegiatan, dan laporan)

pemantapan legalitas (pemasangan papan nama kelompok dan pakaian seragam). Maksimal 35 % untuk Insentive Pengurus KPPD Maksimal 25 % untuk Perintisan usaha kemandirian KPPD

Pasal 3CARA PEMBAYARAN

(1) Pencairan dana Bantuan Sosial P2SEDT dari Pihak PERTAMA, kepada Pihak KEDUA, dilakukan dalam 1 (satu) tahap pembayaran sekaligus dimuka sebesar RP.7.750.0000 (Tujuh Jut Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

(2) Pencairan dana Bantuan Sosial P2SEDT dari Pihak PERTAMA kepada Pihak KEDUA, dapat dilakukan dengan syarat :

a. Pihak KEDUA, mengajukan Permohonan Pencairan Dana Bantuan Sosial P2SEDT kepada Pihak PERTAMA, yang dilampiri Proposal Rencana Penggunaan Anggaran baik untuk kebutuhan Penguatan Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat disertai Rencana Anggaran Biaya (RAB) secara keseluruhan ;

b. Membuat surat pernyataan kesediaan menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran disertai bukti-bukti asli pengeluaran anggaran belanja ;

c. Membuat surat pernyataan kesediaan untuk menyerahkan laporan pelaksanaan kegiatan Bantuan Sosial paling lambat pada 10 Desember 2012.

(3) Penyaluran Bantuan Sosial P2SEDT berupa uang, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Pasal 3, dari Pihak PERTAMA kepada Pihak KEDUA dilakukan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Jakarta I melalui proses Transfer ke Rekening Pihak KEDUA pada PT. Bank .................., Nomor Rekening ..........................

Pasal 4

Page 8: Proposal Bansos Kppd 2012

KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB(1) Dalam melaksanakan Bantuan Sosial P2SEDT, Pihak PERTAMA mempunyai kewajiban melakukan

monitoring dan evaluasi penggunaan dana/ barang sebagai bantuan sosial P2SEDT oleh Pihak KEDUA, yang pelaksanaannya dilakukan oleh Kegiatan P2SEDT sebagai Tim Koordinasi Pusat Percepatan Pembangunan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal.

(2) Dalam melaksanakan Bantuan Sosial P2SEDT, Pihak KEDUA, mempunyai kewajiban :a. Menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran disertai bukti-bukti asli

pengeluaran anggaran belanja.b. Penggunaan dana bantuan sosial harus sesuai dengan proposal yang diajukan.c. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Bantuan Sosial P2SEDT kepada Pihak PERTAMA sesuai

dengan proposal yang diajukan.d. Apabila terjadi penyimpangan/ ketidaksesuaian pelaksanaan yang menimbulkan kerugian Negara,

pihak KEDUA harus menyetorkan kembali ke kas Negara.

Pasal 5WAKTU PELAKSANAAN

Perjanjian Kerja ini mulai berlaku pada tanggal ditandatangani oleh kedua belah pihak dan berakhir sampai dengan bulan Desember Tahun 2012.

Pasal 6KETENTUAN LAIN

Hal-hal lain yang belum diatur dalam petunjuk pelaksanaan Bantuan Sosial Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dalam rangka Percepatan Pembangunan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal (P2SEDT) di Desa .................., Kabupaten .................., Propinsi ..............., akan diatur lebih lanjut dalam aturan tambahan (addendum).

Demikian Perjanjian Kerja ini dibuat sebagai dasar dalam melaksanakan Pengelolaan Anggaran Bantuan Sosial Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dalam rangka Percepatan Pembangunan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal di Desa .................., Kabupaten ..........., Propinsi .............

PIHAK KEDUA

Ketua KPPD Desa ........ Kabupaten........

Materai Rp. 6000,-

(................................)

PIHAK PERTAMA,Pejabat Pemegang Komitmen

Program Percepatan Pembangunan Daerah TertinggalSatker Pembinaan Lembaga Sosial Budaya

( Indriyati, SH )NIP. 19640617 198503 2. 001

Mengetahui dan MenyetujuiKuasa Pengguna Anggaran

Satker Pembinaan Lembaga Sosial Budaya

(Ir. Fachman)NIP. 19550307 198503 1 001

# masing-masing dibuat rangkap 2 dan bermaterai #

Page 9: Proposal Bansos Kppd 2012

KADER PENGGERAK PEMBANGUNAN DESAKPPD GEDONG TATAAN

Alamat : Jl. Tataan No. 21 Kec. Gedong Tataan Telp. (000)0000000KABUPATEN PESAWARAN PROPINSI LAMPUNG

==========================================================================================

SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENYERAHKAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGGUNAAN ANGGARAN DAN LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :Nama : ………………………………………………Jabatan : Ketua ……………………………………Alamat : ………………………………………………Kontak Person : ………………………………………………

Atas NamaLembaga : Kader Desa ………………………………………Alamat : ………………………………………………Kabupaten : ………………………………………………Provinsi : ………………………………………………Telpon : ………………………………………………

Dengan ini menyatakan bahwa saya bersedia untuk : 1. Menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan untuk pelaksanaan Bantuan Sosial

yang diberikan oleh Kementrian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal sesuai surat perjanjian pemberian bantuan nomor : ……/SPPB/KPPD/PKMP/DEP-IV/KPDT/..../2012 Tanggal ………………………… sesuai dengan proposal yang saya sampaikan.

2. Menyerahkan Laporan pelaksanaan kegiatan yang paling lambat saya sampaikan pada tanggal 15 November 2012.

Demikian surat pernyataan ini disampaikan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya............., ....................2012

Ketua

(................................)

DESA GEDONG TATAAN

Page 10: Proposal Bansos Kppd 2012

DAFTAR KODE SURAT PERJANJIAN PEMBERIAN BANTUANNO NAMA KABUPATEN KODE NAMA PROVINSI KODE NO URUT KPPD

1 Nias Barat NB Sumatera Utara SMU 01 . . . 082 Nias Utara NU Sumatera Utara SMU 01 . . . 113 Tapanuli Tengah TT Sumatera Utara SMU 01 . . . 204 Nias Selatan NS Sumatera Utara SMU 01 . . . 185 Nias NI Sumatera Utara SMU 01 . . . 96 Pasaman Barat PB Sumatera Barat SMB 01 . . . 117 Padang Pariaman PP Sumatera Barat SMB 01 . . . 178 Kapahiang KP Bengkulu BKL 01 . . . 089 Kaur KA Bengkulu BKL 01 . . . 15

10 Lebong LE Bengkulu BKL 01 . . . 1311 Bengkulu Tengah BT Bengkulu BKL 01 . . . 1012 Muko Muko MM Bengkulu BKL 01 . . . 1513 Seluma SE Bengkulu BKL 01 . . . 1414 Ogan Komering Ilir OK Sumatera Selatan SMS 01 . . . 1815 Oku Selatan OU Sumatera Selatan SMS 01 . . . 1916 Empat Lawang EL Sumatera Selatan SMS 01 . . . 0717 Lahat LA Sumatera Selatan SMS 01 . . . 2118 Ogan Ilir OG Sumatera Selatan SMS 01 . . . 1619 Pesawaran PE Lampung LMP 01 . . . 0720 Way Kanan WK Lampung LMP 01 . . . 1421 Lampung Barat LB Lampung LMP 01 . . . 1722 Lampung Utara LU Lampung LMP 01 . . . 2323 Pandeglang PA Banten BNT 01 . . . 3524 Lebak LE Banten BNT 01 . . . 2825 Sukabumi SU Jawa Barat JWB 01 . . . 4526 Garut GA Jawa Barat JWB 01 . . . 4227 Bondowoso BO Jawa Timur JWT 01 . . . 2328 Situbondo SI Jawa Timur JWT 01 . . . 1729 Sampang SA Jawa Timur JWT 01 . . . 1430 Pamekasan PM Jawa Timur JWT 01 . . . 1331 Bangkalan BA Jawa Timur JWT 01 . . . 1832 Selayar SE Sulawesi Selatan SSL 01 . . . 1133 Jeneponto JP Sulawesi Selatan SSL 01 . . . 1034 Toraja Utara TU Sulawesi Selatan SSL 01 . . . 2135 Pangkajene Kep. PK Sulawesi Selatan SSL 01 . . . 1236 Kep. Talaud TA Sulawesi Utara SSU 01 . . . 1337 Kep. Sangihe SA Sulawesi Utara SSU 01 . . . 1938 Kep. Sitaro SI Sulawesi Utara SSU 01 . . . 1039 Bengkayang BE Kalimantan Barat KTB 01 . . . 1740 Sekadau SK Kalimantan Barat KTB 01 . . . 07

Page 11: Proposal Bansos Kppd 2012

41 Melawi ML Kalimantan Barat KTB 01 . . . 1142 Landak LA Kalimantan Barat KTB 01 . . . 1343 Sanggau SG Kalimantan Barat KTB 01 . . . 1544 Kapuas Hulu KH Kalimantan Barat KTB 01 . . . 2545 Ketapang KT Kalimantan Barat KTB 01 . . . 2046 Sintang SN Kalimantan Barat KTB 01 . . . 1447 Sambas SM Kalimantan Barat KTB 01 . . . 1948 Kayong Utara KU Kalimantan Barat KTB 01 . . . 0549 Ngada NG Nusa Tenggara Timur NTT 01 . . . 0950 Manggarai MA Nusa Tenggara Timur NTT 01 . . . 0951 Manggarai Barat MB Nusa Tenggara Timur NTT 01 . . . 0752 Nagekeo NK Nusa Tenggara Timur NTT 01 . . . 0753 Ende EN Nusa Tenggara Timur NTT 01 . . . 2054 Manggarai Timur MT Nusa Tenggara Timur NTT 01 . . . 0655 Lembata LB Nusa Tenggara Timur NTT 01 . . . 0956 Alor AL Nusa Tenggara Timur NTT 01 . . . 1757 Halmahera Tengah HA Maluku Utara MUT 01 . . . 0658 Halmahera Selatan HS Maluku Utara MUT 01 . . . 3059 Halmahera Timur HT Maluku Utara MUT 01 . . . 1060 Halmahera Barat HB Maluku Utara MUT 01 . . . 0861 Kep. Sula SL Maluku Utara MUT 01 . . . 1962 Halmahera Utara HU Maluku Utara MUT 01 . . . 1763 Morotai MT Maluku Utara MUT 01 . . . 05

Format Nomor Surat Perjanjian Pemberian Bantuan :[Kode Provinsi] + [Kode Kabupaten] + [Nomor Urut Kader Desa]

Contoh : Nomor SPPB KPPD ............ dengan nomor urut 02 di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu[BKL KA 02]

Page 12: Proposal Bansos Kppd 2012

KADER PENGGERAK PEMBANGUNAN DESAKPPD GEDONG TATAAN

Alamat : Jl. Tataan No. 21 Kec. Gedong Tataan Telp. (000)0000000KABUPATEN PESAWARAN PROPINSI LAMPUNG

==========================================================================================

Otuline laporan Pertanggung jawaban pelaksanaan bantuan Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD)

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN BANTUAN SOSIAL KADER PENGGERAK PEMBANGUNAN DESA .........Jumlah Dana bansos yang dicairkanRincian pengeluaran disertai bukti pengeluaranNama anggota dan jumlah dana yang diterima KPPDPerkembangan jumlah dana Bansos KPPD

Outline laporan pelaksanaan kegiatan Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD)

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN KADER PENGGERAK PEMBANGUNAN DESA ........

A. PENDAHULUAN (Berisi penjelasan kegiatan Kader Desa yang dilakukan dalam rangka penguatan kapasitas kelembagaan)

B. KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN (Berisi penjelasan aktivitas yang dilaksanakan)

1. PEMANFAATAN DANA BANSOS(Berisi manfaat yang dirasakan)

2. JADWAL KEGIATAN(Jadwal kegiatan Kader Desa yang dilaksanakan)

C. DATA KELEMBAGAAN DAN POTENSI DESA1. POTENSI DESA

(......Berisi Potensi Desa)2. IDENTIFIKASI/RUMUSAN PERMASALAHAN

(......Berisi Identifikasi/Rumusan permasalahan yang ada di desa)3. MUSYAWARAH DESA (REMBUG DESA)

(......Berisi Musyawarah Desa Tentang apa-apa yang menjadi permasalahan didesa)4. PROGRAM DESA

(......Berisi Program apa saja yang sudah di Musyawarahkan (Rembug Desa) yang selanjutnya akan menjadi data untuk musrenbang desa)

5. LAPORAN HASIL KEGIATAN KADER DESA(......Berisi Hasil/Manfaat (Out_come) apa saja yang sudah dirasakan setelah mendapat bantuan sosial) ..... dibuat dalam bentuk table (matrik)

D. DATA ANGGOTA KADER DESA DAN KELOMPOK MASYARAKAT DALAM KEGIATAN KELEMBAGAAN (Berisi data dan deskripsi tentang peserta atau anggota masyarakat yang terlibat dalam kegiatan kelembagaan Kader Desa)

a. Namab. Alamatc. Umurd. Latar Belakang Pendidikane. Peran serta dalam kelembagaan/ masyarakatf. Lain-lain yang berkaitan dengan kelembagaan

E. PENUTUP

DESA GEDONG TATAAN

Page 13: Proposal Bansos Kppd 2012

LOGO

SURAT KEPUTUSANKEPALA DESA (SEBUTAN LAIN BERDASARKAN ISTILAH SETEMPAT)

NOMOR : ………………………… TAHUN 2012

TENTANGKADER PENGGERAK PEMBANGUNAN DESA (KPPD)

PENERIMA BANTUAN SOSIALPERCEPATAN PEMBANGUNAN SOSIAL EKONOMI DAERAH TERTINGGAL (P2SEDT)

TAHUN 2012KEPALA DESA ……………………………

Menimbang : A bahwa upaya percepatan pembangunan daerah tertinggal yang terpadu, komprehensif dan partisipatif;

B bahwa upaya Percepatan Pembangunan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal (P2SEDT) bertujuan mendorong integritas dan sinergi lintas sektoral, lintas pelaku dan lintas wilayah dalam mencapai tujuan percepatan pembangunan daerah tertinggal;

C bahwa strategi kelembagaan program P2SEDT berlandaskan kerangka berpikir untuk mendorong pengarusutamaan isu-isu daerah tertinggal dan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat agar menjadi prioritas utama dalam perumusan kebijakan pembangunan di setiap wilayah;

D bahwa kelembagaan program P2SEDT melakukan fungsi koordinasi dengan seluruh sektor di daerah untuk memastikan persoalan yang dihadapi menjadi prioritas penting dalam strategi pembangunan daerah;

E bahwa untuk maksud tersebut pada huruf a, b, c dan d di atas, perlu penguatan kelembagaan di tingkat masyarakat dan seluruh instansi pemerintah menjadi aspek penting dan mendasar serta mendesak dikedepankan dalam Percepatan Pembangunan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal (P2SEDT);

F bahwa kelembagaan yang dimaksud pada huruf c, adalah Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD) pada setiap desa yang dibentuk oleh kepala desa;

G bahwa nama-nama Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD) penerima bantuan sosial program P2SEDT untuk penguatan kelembagaan masyarakat perlu ditetapkan dengan SK KEPALA DESA.

Mengingat : 1 Undang-undang Nomor ………………… ……… ……… … 2 Undang-undang Nomor ………………… ……… ……… …3 Undang-undang Nomor ………………… ……… ……… …4 Peraturan Pemerintah Nomor ………………………………5 Peraturan Pemerintah Nomor ………………………………6 Peraturan Pemerintah Nomor ………………………………7 Peraturan Presiden Nomor ………………………………8 Peraturan Presiden Nomor ………………………………9 Peraturan Presiden Nomor ………………………………10 Keputusan Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor

6/PER/M-PDT/I/2010 tentang Rencana Strategi Nasional Pembangunan Daerah Tertinggal;

Page 14: Proposal Bansos Kppd 2012

11 Peraturan Menteri Dalam Negeri No 7 tahun 2007 tentang Pembentukan Kader Pemberdayaan Masyarakat.

12 Peraturan Daerah ……………13 Peraturan Daerah ……………14 Peraturan Bupati ………………………15 Peraturan Bupati ………………………16 Pedoman Pelaksanaan penyusunan Strategi Daerah Percepatan

Pembangunan Daerah Tertinggal (TK-KPDT);17 Peraturan Desa ………………………………………

MEMUTUSKANMenetapkan :PERTAMA : Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD) dengan tugas dan fungsi sebagai

berikut :1 Melakukan koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait menyangkut

pelaksanaan kegiatan;2 Mengorganisasikan, mengelola, mengevaluasi serta mempromosikan

pelaksanaan kegiatan dan pencapaian program percepatan pembangunan darah tertinggal.

3 Menyusun proposal untuk pemanfaatan bantuan social4 Melaksanakan dan memanfaatkan bantuan secara proposional dan

bertanggungjawab.5 Melaksanakan pekerjaan sesuai rencana kerja yang telah ditetapkan6 Menyiapkan laporan kemajuan kegiatan secara berkala dan disampaikan

kepada kepala Desa selaku Penasehat KPPD.7 Membuat dan menyerahkan laporan hasil pelaksanaan bantuan sosial

kepada kepala Desa selaku Penasehat KPPD.

KEDUA : Nama-nama susunan pengurus serta struktur organisasi Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD) Tahun 2012 Provinsi ………………….. Kabupaten …………………. Kecamatan …………………. Desa ………………. (terlampir)

KETIGA : Dalam melaksanakan tugasnya ketua Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD) penerima bantuan sosial bertanggungjawab kepada Kepala Desa ……………….

KEEMPAT : Mekanisme dan teknis penyaluran dana masuk ke rekening KPPD atas nama lembaga KPPD setelah seluruh persyaratan dipenuhi

KELIMA : Jumlah alokasi dana bantuan masing-masing KPPD dalam penguatan kelembagaan sebesar Rp. 7.750.000,- (tujuh juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) yang bersumber dari Kementerian Pembangunan daerah Tertinggal.

KEENAM : Dana bantuan sosial untuk penguatan kelembagaan disalurkan langsung ke rekening kelembagaan / Rekening KPPD setelah semua persyaratan dipenuhi.

KETUJUH : Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di : ………………………………………………………………….Pada Tanggal : ………………………………………………………………….

Page 15: Proposal Bansos Kppd 2012

KEPALA DESA

…………………………

…………………………………………………………Tembusan Kepada :

Yth. : 1 Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal RI di Jakarta2 KPA Satker Pembinaan Lembaga Sosial Budaya KPDT3 PPK Satker Pembinaan Lembaga Sosial Budaya KPDT4 Kepala Bappeda Kabupaten5 Kepala Pemerintahan Wilayah Kecamatan6 Pengurus KPPD7 Arsip

Page 16: Proposal Bansos Kppd 2012

Lampiran Keputusan Kepala Desa …………………………………Nomor : ………………. Tahun 2012Tanggal : ………………………………………………..Tentang : Penetapan Desa yang Menjadi Lokasi Kader Penggerak Pembangunan Desa (KPPD)

Penerima Bantuan Soisal Penguatan Kapasitas Kelembagaan Pemerintah dan Masyarakat Melalui P2SEDT Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal Kabupaten ………………………… Tahun 2012.

Nama Desa :Ketua :Sekretaris :Bendahara :Seksi Ekonomi :Seksi Sosial :Seksi Infrastruktur :Alamat :Nomor Rekening :Nama Bank :

Ditetapkan di : ………………………………………………………………….Pada Tanggal : ………………………………………………………………….

KEPALA DESA

…………………………