pdf_abstrak-20239100

2
 Perpustakaan Universitas Indonesia >> UI - Skripsi (Membership)  Analisa pengembangan fasilitas terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok Mochamad Hasim Deskripsi Dokumen: http://lib.ui.ac.id/opac/ui/detail.jsp?id=20239100&lokasi=lokal  ------------------------------------------------------------------------------------------ Abstrak  Pelabuhan merupakan suatu pinto gerbang dan pemetancar hubungan antar daerah, pulau dan bangsa yang dapat memajukan daerah belakangnya. Dengan pelabuhan sebagai salah satu terminal transportasi yang berperan penting untuk pertumbuhan ekonomi suatu kawasan dan secara global akan mempengaruhi kesejahteraan suatu bangsa, terutama negara kepulauan seperti negara kita. Pelabuhan ditinjau dari segi penggunaannya salah satunya adalah pelabuhan penumpang. Fungsi dari pelabuhan penumpang ini yaitu melayani segala kegiatan yang berhubungan dengan kebutuhan orang yang akan bepergian dengan menggunakan sarana jasa angkatan laut. Dewasa ini jumlah pengguna jasa angkutan taut semakin meningkat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh tingginya biaya jasa angkatan udara. Semakin bertambahnya pengguna jasa angkatan taut, dan dengan keterbatasan kapasitas terminal penumpang yang ada, sehingga diperlukan suatu konsep guna pengembangan terminal penumpang di tahun-tahun mendatang. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan kebutuhan fasilitas dermaga dan kebutuhan ruang terminal penumpang terhadap jumlah arus penumpang, kunjungan kapal dan jika terminal penumpang ini melayani talon jemaah haji khususnya untuk wilayah dabotabek untuk jangka tahun mendatang. Dalam hal ini penulis mengambil daerah studinya terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa, untuk jangka tahun mendatang dermaga dan ruang terminal penumpang di pelabuhan Tanjung Priok perlu pengembangan secara khusus.

Upload: uzanahmad

Post on 06-Oct-2015

219 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

ghgc

TRANSCRIPT

  • Perpustakaan Universitas Indonesia >> UI - Skripsi(Membership)

    Analisa pengembangan fasilitas terminal penumpang di PelabuhanTanjung PriokMochamad HasimDeskripsi Dokumen: http://lib.ui.ac.id/opac/ui/detail.jsp?id=20239100&lokasi=lokal ------------------------------------------------------------------------------------------

    Abstrak

    Pelabuhan merupakan suatu pinto gerbang dan pemetancar hubungan antar daerah, pulau dan bangsa yangdapat memajukan daerah belakangnya. Dengan pelabuhan sebagai salah satu terminal transportasi yangberperan penting untuk pertumbuhan ekonomi suatu kawasan dan secara global akan mempengaruhikesejahteraan suatu bangsa, terutama negara kepulauan seperti negara kita. Pelabuhan ditinjau dari segipenggunaannya salah satunya adalah pelabuhan penumpang. Fungsi dari pelabuhan penumpang ini yaitumelayani segala kegiatan yang berhubungan dengan kebutuhan orang yang akan bepergian denganmenggunakan sarana jasa angkatan laut. Dewasa ini jumlah pengguna jasa angkutan taut semakinmeningkat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh tingginya biaya jasa angkatan udara. Semakinbertambahnya pengguna jasa angkatan taut, dan dengan keterbatasan kapasitas terminal penumpang yangada, sehingga diperlukan suatu konsep guna pengembangan terminal penumpang di tahun-tahun mendatang.Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan kebutuhan fasilitas dermaga dan kebutuhan ruangterminal penumpang terhadap jumlah arus penumpang, kunjungan kapal dan jika terminal penumpang inimelayani talon jemaah haji khususnya untuk wilayah dabotabek untuk jangka tahun mendatang. Dalam halini penulis mengambil daerah studinya terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok. Hasil yangdiperoleh menunjukkan bahwa, untuk jangka tahun mendatang dermaga dan ruang terminal penumpang dipelabuhan Tanjung Priok perlu pengembangan secara khusus.