mpk katolik 2a wahyu ilahi

Download Mpk katolik 2a wahyu ilahi

Post on 12-Aug-2015

43 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. Teologi: pengetahuan kritis, ilmiah tentang relasi manusia dengan TuhanBahan Kuliah 2aWAHYU ILAHIDASAR PIJAKAN TEOLOGI
  2. 2. WAHYUEtimologi:-Revelation- Ltn.: re-velare= menyingkap selubung, membuatdikenal-VELUM= selubung, tirai-Yun.: (1) apo-kalypto (2) phaino, phaneroo(Lih. wahyu dalam XavierLeon-Dufour, EnsiklopediPerjanjian Baru, Yogykarta: Kanisius, 1990, hlm.583.)
  3. 3. PERNYATAAN ALLAH YANG TAK KELIHATAN,MISTERIUS,YANG TAK MUNGKIN DIHAMPIRI MANUSIADENGANKEMAMPUANNYA SENDIRI;DALAM PERNYATAAN ITUALLAH MEMPERKENALKAN DIRINYADANMEMBERIKAN DIRINYAUNTUK DIKASIHI.(XAVIER LEON-DUFOUR:1990, hlm.583)
  4. 4. WAHYU ILAHI D.V. (Dei Verbum) 2:Dalam kebaikan dan kebijaksanaanNya Allahberkenan mewahyukan diriNya danmemaklumkan rahasia kehendakNya (lih. Ef1:9); berkat rahasia itumanusia dapatmenghadap Bapa melalui Kristus Sabdayang menjadi daging, dalam roh Kudus, danikut serta dalam kodrat ilahi ()
  5. 5. TUJUAN PEWAHYUAN ILAHIMaka dengan wahyu itu Allah yang tidakkelihatan dari kelimpahan cinta kasihNyamenyapa manusia sebagai sahabat-sahabatNyadan bergaul dengan merekauntuk mengundang mereka ke dalampersekutuan dengan diriNya dan menyambutmereka di dalamnya. D.V. 2
  6. 6. KATA-PERBUATAN TERJALINTata perwahyuan itu terlaksana melalui perbuatandan perkataan yang amat erat terjalin, sehinggakarya, yang dilaksanakan oleh Allah dalam sejarahkeselamatan, memperlihatkan dan meneguhkanajaran serta kenyataan-kenyataan yangdiungkapkan dengan kata-kata, sedangkan kata-katamenyiarkan karya-karya dan menerangkanrahasia yang tercantum di dalamnya.KATA-PERBUATAN-PRIBADI KRISTUS
  7. 7. TAMPAK DALAM KRISTUSTetapi melalui wahyu itu kebenaran yangsedalam-dalamnya tentang Allah dankeselamatan manusia nampak bagi kitadalam Kristus, yang sekaligus menjadipengantara dan kepenuhan seluruh wahyu.
  8. 8. SIAPA ALLAH?
  9. 9. DALAM KRISTUSNYATALAH ALLAH YANGBAIK ITU.LEWAT KATA, KARYADAN PRIBADINYA,KRISTUSMENGHADIRKAN KASIH.
  10. 10. TUJUAN WAHYU ILAHI
  11. 11. UNTUK SIAPA?
  12. 12. ARTI KRISTUS PENYELAMATKRISTUS SEBAGAI JAMINAN BAGI KITAUNTUK MENGENAL ALLAH SEBAGAIBAPA YANG BAIK YANG MENGASIHI KITA.DENGAN KATA LAIN, DALAM KRISTUS KITATIDAK AKAN TERSESAT DALAMMENGENAL ALLAH.DALAM KRISTUS ADA KEPENUHANGAMBARAN ALLAH YANG ADALAH KASIH.
  13. 13. JADI, KRISTUS ADALAH JAMINAN KESELAMATAN. OLEH KARENA ITU, MENGENAL KRISTUS DANPERCAYA KEPADANYA MEMBUAT KITA LEBIHTERBUKA. DALAM KRISTUS, DITAWARKAN KESELAMATANUNTUK SEMUA ORANG. DALAM KRISTUS, KITA MENGAKUI KARYAKESELAMATAN YANG MELAMPAUI GEREJA KATOLIKSENDIRI. GEREJA DIPANGGIL MENJADI SAKSINYA
  14. 14. BAGAIMANA PESAN ITUDISAMPAIKAN?SABDAPERBUATANPRIBADIDALAM PROSES(SEJARAH KESELAMATAN)
  15. 15. TIGA DIMENSIWahyu IlahiVerumBonumPulchrum
  16. 16. Dalam bahasa lain, ketiga dimensi itu menunjukpada: CIPTA Daya pikir untuk mengetahui KARSA Kekuatan bertindak RASA Menangkap Yang indah(Lih.Komisi Teologi KWI, Dialog antara Iman danBudaya,Yogyakarta: Komisi Teologi KWI & YayasanPustaka Nusatama, 2006, hal.28-29).
  17. 17. PERTANYAAN1.Menurut Dei Verbum no.2, apakah artinyawahyu ilahi?2.Apakah isi dari wahyu ilahi itu?3. Ditujukan untuk siapakah wahyu ilahi itu?4.Apakah artinya keselamatan?5. Keselamatan itu untuk siapa? Untuk orangKatolik saja?6.Bagaimanakah wahyu ilahi itu disampaikankepada kita?7.Apa artinya Kristus sebagai satu-satunyaPenyelamat bagi kita?