lpj kewirausahaan

Download LPJ Kewirausahaan

Post on 16-Dec-2015

65 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

LAPORAN INDIVIDUKEGIATAN KULIAH KERJA NYATAKELOMPOK 27 DESA SERAYU LARANGANKECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

PENYULUHAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

Disusun oleh :

Susniatun0902030083

KULIAH KERJA NYATAUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO2013

MATERI DAN METODE KEGIATAN

1. Kerangka Pemecahan MasalahBerdasarkan analisis situasi, maka disusun kerangka pemecahan masalah sebagai berikut :Didesa Serayu larangan permasalahan-permasalahan dalam bidang perekonomian telah banyak ditemui, khususnya pada petani tomat yang masih awam pengetahuannya mengenai pemanfaatan sisa hasil panennya. Di desa serayu larangan petani tomat hanya menjual hasil panen tomat yang kualitasnya bagus dengan harga mahal, sementara buah tomat yang kurang bagus terkadang tidak dipetik, dengan alasan harganya yang sangat murah. Selain itu buah tomat biasanya hanya untuk disayur, maka dari itu program penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi masyarakat desa Serayu larangan tentang pemanfaatan sisa hasil panen sehingga meningkatkan nilai jualnya.

2. Realisasi Pemecahan Masalah dan PermasalahannyaPenyuluhan dilakukan tanggal 1 September 2013, yang bertempat di balai desa Serayu larangan. Penyuluhan berjalan dengan lancer dan baik, dengan penyampaian materi yang mudah diterima bagi peserta penyuluhan. Para peserta penyuluhan ini mendapatkan pengetahuan, pembelajaran mengenai cara menumbuhkan mental wirausaha, kiat melihat dan memberdayakan peluang bisnis. Selain itu juga ada praktik membuat TORAKUR (tomat rasa kurma) dan es cream ULAR (es cream ubi jalar).

3. Kelompok sasaranSasaran Penyuluhan dan Pelatihan Kewirausahaan adalah ibu-ibu PKK di Desa Serayu larangan.

4. Metode Kegiatan yang DilaksanakanPenyuluhan dan pelatihan kewirausahaan , dilakukan dengan penyampaian dan pemaparan materi langsung kepada peserta. Selain itu juga praktik langsung membuat torakur dan es cream ular.

5. Materi KegiatanMateri yang disampaikan dalam kegiatan penyuluhan tersebut adalah materi dasar kewirausahaan, seperti pengertian wirausahawan, ciri-ciri wirausahawan, kiat melihat dan memberdayakan peluang bisnis, selain itu juga disampaikan resep membuat torakur dan es cream ular.

HASIL DAN EVALUASI KEGIATAN

Hasil dan Rincian KegiatanProgram Penyuluhan dan pelatihan kewirausahaan telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan sasaran. Program ini dilaksanakan dengan sasaran ibu- ibu PKK. Para peserta memahami pentingnya pengetahuan mengenai kewirausahaan. Selain itu para peserta juga mendapatkan pemahaman mengenai pendayagunaan tomat sehingga memiliki nilai jual tinggi.Tujuan kegiatan penyuluhan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan, serta pemahaman mengenai kewirausahaan agar mereka memiliki minat untuk berwirausaha.Sasaran Penyuluhan ini adalah ibu-ibu PKK. Penyuluhan dilakukan di balai desa serayu larangan, pada tanggal 1 September 2013. Kegiatan di laksanakan pada pukul 14.00 WIB.

PROGRAM-PROGRAM LAIN YANG DIIKUTI

1. Pembuatan serbuk kunyit. 2. Posyandu Lansia dan Pengkaderan3. Penyuluhan Asupan Gizi pada balita dan Perawatan Payudara bagi ibu-ibu4. Penyuluhan Cuci Tangan dan Sikat Gigi untuk Siswa SD/MI5. Penyuluhan Tumbuh Kembang Anak6. Penyuluhan PHBS7. TPA (Taman Pendidikan Al-Quran)8. Kerudung Modis Sesuai Syariat Islam9. Pelatihan Komputer pada Perangkat Desa10. Plangisasi11. Pembuatan pupuk dari kulit pisang12. Penyempurnaan Administrasi di balai desa Serayu Larangan13. Kegiatan lain- lain : Mengajar anak paud Mengikuti pengajian fatayat Panitia lomba-lomba dalam rangka peringatan HUT RI DLL

LAMPIRANPenyuluhanPemilihandanPenggunaanObat yang BaikdalamKeluarga