lpj muktamar

Click here to load reader

Post on 02-Jan-2016

251 views

Category:

Documents

10 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

LPJ

TRANSCRIPT

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABANLEMBAGA PERS MAHASISWA SINOVIAFAKULTAS KEDOKTERANUNIVERSITAS HASANUDDINPERIODE 2010/2011

PENDAHULUANJurnalistik identik dengan dunia informasi dan berita. Dunia jurnalistik telah membawa perubahan bagi mahasiswa. Sejarah telah membuktikan berbagai pergerakan dan perjuangan mahasiswa telah dibantu melalui penyebaran informasi dalam media-media jurnalistik. Kini, jurnalistik tidak saja menjadi sarana bagi pergerakan mahasiswa namun menjadi bagian dari kehidupan mahasiswa itu sendiri. Berbagai organisasi mahasiswa yang berkaitan dengan jurnalistik tumbuh dan berkembang seiring peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan berita.Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sinovia adalah organisasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin yang bergerak dalam bidang jurnalistik. Tujuan utama dibentuknya LPM ini adalah untuk memediasi komunikasi yang sehat diantara civitas akademika terkhusus untuk Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Seiring perkembangan zaman perkembangan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kita untuk dapat terus mengaksesnya dari berbagai sarana dan media informasi. Sinovia sendiri sebagai sebuah lembaga penerbitan mahasiswa yang berbasis di fakultas Kedokteran senantiasa harus sigap dan responsive terhadap dinamika interaksi individu dalam habitatnya. Dunia mahasiswa tidak akan pernah mati, dia akan selalu bergulat dengan keadaan untuk sebuah pencapaian dengan landasan Hati Nurani. Sebuah seni dari dinamika mahasiswa.

PROGRAM KERJA YANG TERCANTUM DALAM RAPBO

I. MAJALAH(BELUM FIX / BELUM DI EDIT, TAPI FORMATX BEGINI SAJA)

a.Nama Kegiatan:Pembuatan Majalah Sinovia Edisi 37, 38, 39, dan 40

b.Jenis Kegiatan:-Rapat Redaksi-Pengumpulan Rubrik-Pengeditan Majalah-Lay out majalah-Percetakan -Pendistribusian majalah

c.Tujuan:Memediasi Komunikasi Yang sehat di Lingkup Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

d.Sasaran:Civitas Akademika FK Unhas

e.Lokasi/Tempat:Sekretariat Sinovia

f.Waktu:Sesuai jadwal penerbitan majalah

g.Durasi/lama:Tiap 2 bulan

h.Penanggung jawab:Andi Irhamniah Sakinah

i.Keterangan:Terlaksana

DESKRIPSI KEGIATAN

A. Nama KegiatanPembuatan Majalah Sinovia B. Jenis Kegiatan-Rapat Redaksi-Pengumpulan Rubrik-Pengeditan Majalah-Lay out majalah-Percetakan -Pendistribusian majalah

C. TujuanMemediasi Komunikasi yang sehat di Lingkup Fakultas Kedokteran UnhasD. SasaranCivitas akademika fakultas Kedokteran Universitas HasanuddinE. WaktuDua bulan sekaliF. PesertaSeluruh anggota Sinovia dan divisi RedaksionalG. Proses Manajerial1. Rapat redaksiRapat redaksi dilakukan tiga kali setiap satu penerbitan majalah. Adapun yang dibahas di tiap rapat redaksi antara lain : Rapat Redaksi Pertama Rapat Redaksi Kedua Rapat Redaksi Ketiga

Rapat Redaksi I Pembacaan tim penyusun majalah setiap rubric dan penentuan Redaktur tiap rubrik Membahas tema untuk SinoFokus kepada semua crew Sinovia untuk selanjutnya sudah ada tema untuk ditindaklanjuti oleh tim SinoFokus. Membahas tema/topik untuk rubrik yang lain.

Rapat Redaksi IIFollow up tiap rubric dengan Redaktur Rubrik untuk mengetahui: Fix tema apa yang diambil tiap rubrik Laporan pelaksanaan kegiatan Kendala.

Rapat Redaksi III DeadLine. Isi berita fix. Berita diserahkan ke editor untuk di edit selanjutnya ke Layouter untuk di Layout. Dihadiri oleh Pimpinan Redaksi, Divisi Redaksional, dan Layouter Majalah Sinovia

Tugas Penanggung jawab (Nur Upik Een Masrika): 1. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan rapat redaksi. Rapat redaksi diadakan tiga kali setiap satu kali penerbitan majalah SINOVIA. Pelaksanaan rapat berdasar keputusan pimpinan redaksi.2. Menyebarluaskan informasi pelaksanaan rapat redaksi pada semua anggota SINOVIA (tulis/lisan).3. Bertanggung jawab jalannya rapat redaksi dengan baik.

2. Pengumpulan RubrikSetiap satu kali penerbitan, akan ditunjuk tim penyusun yang bertanggung jawab terhadap rubrik masing-masing. Oleh Karena itu, divisi redaksional harus mengontrol isi maupun waktu pengumpulan rubrik. Tim Penyusun mengumpulkan rubrik di komputer SINOVIA pada folder yang telah di tetapkan penanggungjawab pengumpul rubrik atas pengetahuan penanggung jawab dan pimpinan redaksi.

Tugas Penanggung jawab (Nur Upik Een Masrika) : Bertanggung jawab terhadap pengumpulan isi rubrik.1. Follow up kinerja tim penyusun rubrik sesuai pembagian tugas oleh pimpinan redaksi.2. Membantu pemilihan topik berdasar hasil keputusan baik melalui rapat redaksi maupun konsultasi dengan pimpinan redaksi.3. Memastikan kelengkapan rubrik pada saat deadline.4. Menghubungi editor.

3. Pengeditan MajalahPengeditan majalah dimulai setelah semua rubrik terkumpul oleh editor yang telah ditentukan dari divisi redaksional selama 3 hari. Pengeditan majalah dilakukan berdasar atas ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pengeditan majalah di kordinir oleh penanggung jawab editor dan dibantu oleh seluruh anggota divisi redaksional.

Tugas penanggung jawab editor (Olivia Arfan Lie):Bertanggung jawab terhadap pengeditan rubric majalah SINOVIA.1. Menunjuk tim editor setiap kali penerbitan.2. Mem-follow up pengeditan majalah.

4. Lay out MajalahLay out majalah dilakukan setelah semua rubrik diedit oleh anggota divisi redaksional yang telah ditunjuk. Lay out majalah meliputi cover depan majalah serta seluruh isi majalah. Layout dikerjakan oleh tim layouter SINOVIA dibantu anggota divisi redaksional sebisanya.

Tugas penanggung jawab (Risandi Tuharea): Bertanggung jawab terhadap pembuatan lay out majalah hingga masuk ke percetakan.

5. Percetakan MajalahMajalah di masukkan ke percetakan setelah di layout oleh tim redaksional bekerja sama dengan sekretaris redaksi yang mengurus surat percetakan. Tugas penanggung jawab percetakan majalah (Muhammad Arif)1. Bekerja sama dengan sekretaris redaksi mengurus surat percetakan 2. Memfollow up percetakan majalah dengan pihak terkait.3. Menentukan penanggung jawab pengambil majalah di percetakan.

6. Evaluasi Majalah Evaluasi majalah dilakukan sebelum dan setelah masuk percetakan. Bertujuan untuk mengevaluasi kesalahan-kesalahan penulisan dalam majalah. Evaluasi majalah dihadiri oleh Pimpinan Redaksi, sekretaris redaksi dan divisi redaksional.

Tugas penanggung jawab evaluasi (Andi Nurul Inayah Saiful)1. Mengevaluasi kesalahan dan majalah.2. Jika setelah percetakan, masih terdapat banyak koreksi dari majalah, PJ berinisiatif mengajukan rapat redaksi tambahan untuk mencari solusi terbaik untuk majalah. 7. Pendistribusian majalahPendistribusian majalah dilakukan selama tiga hari setelah majalah di evaluasi. Tujuannya agar majalah tersebar luas

Deskripsi KegiatanPra Pembuatan MajalahPra pembuatan majalah meliputi kegiatan yang dilakukan sebelum pengumpulan berita dimulai. Pertama yang dilakukan adalah pembuatan time schedule untuk satu edisi majalah. Setelah itu, pembagian tim penyusun/nama-nama sinocrew yang akan dimasukkan dalam tim penyusun majalah. Kemudian, masing-masing orang akan ditempatkan berdasarkan keputusan pimpinan redaksi dan divisi redaksional.Syarat-syarat: 1) tidak ada sinocrew yang menggarap rubrik yang sama tiap edisi, 2) disesuaikan dengan jadwal akademik tiap orang sebab ada beberapa rubrik yang dianggap membutuhkan perhatian lebih seperti sino focus. Setelah nama-nama disusun, rapat redaksi pertama dijadwalkan dan disebarkan.

Pembuatan MajalahPembuatan majalah dimulai dengan rapat redaksi pertama. Pada rapat redaksi pertama akan disosialisasikan esensi tiap-tiap rubric sekaligus memandu sinocrew dalam pencarian berita. Setelah itu akan dibacakan nama-nama tim penyusun majalah satu edisi dilanjutkan dengan diskusi tema untuk majalah. Penanggung jawab rubric yang bertugas mengawasi pencarian isi rubric sekaligus editor rubric yang bertugas mengedit isi rubric sebelum dikumpulkan. Pada rapat redaksi ini, tiap rubric juga harus menentukan tema dan isi dari rubric sehingga dapat menyusun jadwal untuk pengumpulan berita terutama untuk sino focus.Pada rapat redaksi kedua, tiap penanggung jawab rubric harus melaporkan hasil kerjanya serta menyebutkan kendala (jika ada) untuk didiskusikan bersama. Pada rapat ini, isi rubric akan dikoreksi baik dalam isi berita maupun dalam penulisan ejaan. Pada rapat redaksi ketiga, deadline rubric. Tiap rubric harus dikumpulkan dalam bentuk softcopy ke dalam folder majalah edisi ke dalam computer sinovia. Setelah semua rubric terkumpul, maka akan diedit oleh editor redaksional. Setelah diedit, majalah di revisi kembali oleh pimpinan redaksi. Setelah semua direvisi, maka majalah akan diserahkan kepada penanggung jawab lay out lalu di evaluasi kembali sebelum di masukkan ke percetakan.

Pasca Pembuatan MajalahSetelah majalah diterima dari pihak percetakan, maka akan dilakukan rapat evaluasi majalah sebelum disebarluaskan. Pada evaluasi ini akan dibahas tentang isi rubrik, hasil lay out, percetakan dan kekurangan-kekurangan majalah yang mungkin dapat direvisi sebelum majalah didistribusikan. Setelah itu, majalah yang telah dievaluasi diserahkan pada penanggung jawab distribusi untuk disebarkan. Majalah akan didistribusikan berdasar atas pembagian yang telah ditetapkan.

H. HasilTerbit 2 edisi majalah, yakni -Majalah Sinovia edisi 36-Majalah Sinovia edisi 37Dengan jumlah masing masing edisi 500 eksmpler yang didistribusikan sebagai berikut:

NOPENERIMAJUMLAHKETERANGAN

1.PIMPINAN FAKULTAS5

2.MEU5

3.PEGAWAI TATA USAHA5

4.BAGIAN FK 22MIKRO, FAAL, IMUN, GIZI, PARASIT, ANATOMI,PA, BIOKIMIA, CP, FARMAKOLOGI, IKM

5.RUMAH SAKIT80KAMAR COASS TIAP BAGIAN

6.ISMKI15DIV. HUBLU BEM

7.FK LAIN53DOKTER UNTUK BANGSA

8.BEM10

9.BPM5

BADAN INTERNAL FKUH

10.TBM CALCANEUS10

11.MYRC10

ANGKATAN FKUH

12.ANGKATAN 20