khitan lpj

Download Khitan Lpj

Post on 28-Oct-2015

51 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

LAPORAN KEGIATANKHITAN BERSAMAkerjasama antara:IKATAN ISTRIDOKTER INDONESIACABANG SURAKARTA

didukung oleh:

Rumah Sakit Nirmala Suri SUKOHARJO Jl. Raya Solo Sukoharjo Km. 9 SukoharjoTelp : 0271- 592192 Fax : 0271- 590084e-mail : rs.nirmalasuri@yahoo.com

KATA PENGANTARPuji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya yang tidak terkira. Terutama nikmat Iman dan Islam yang kita yakini, yang merupakan koridor kehidupan dengan segala kebenaran yang akan mengantarkan pada kebahagiaan dunia dan akhirat. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW. Laporan pelaksanaan kegiatan Khitan Bersama yang dilaksanakan oleh Rumah Sakit Nirmala Suri bekerja sama dengan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Surakarta dan didukung oleh Islamic Fullday School Al-Khoir Surakarta terangkum dalam laporan pertanggungjawaban ini. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh masyarakat khususnya anak yatim dan keluarga dhuafa.Laporan pertanggungjawaban kegiatan ini tentunya masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kami menerima segala bentuk saran dan kritik yang konstruktif demi kelancaran kegiatan serupa di masa mendatang.

Sukoharjo, 28 Juni 2013Ketua PanitiaLAPORAN PERTANGGUNGJAWABANKEGIATAN KHITAN BERSAMAI . PENDAHULUANPuji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, nikmat dan karunia-Nya kepada kita sekalian sehingga kita masih dapat melakukan aktivitas kita tanpa halangan suatu apa pun. Shalawat dan salam semoga terlimpah dan tercurah atas Rasululloh SAW, keluarga , sahabat, dan segenap pengikutnya yang senantiasa istiqamah di jalan kebenaran.Bulan Juni bisa dikatakan sebagai bulan sunat atau Syahrul Khitan, hal ini karena biasanya jumlah anak yang disunat pada bulan tersebut lebih banyak karena bersamaan dengan libur panjang anak-anak sekolah, sehingga Bulan Juni merupakan waktu yang paling tepat untuk mengadakan kegiatan khitan bersama.Konstitusi Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO, 1948), Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28H dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, menetapkan bahwa kesehatan adalah hak fundamental setiap penduduk dan investasi serta semua warga Negara (individu, keluarga, dan masyarakat) berhak memperoleh perlindungan atas kesehatannya termasuk masyarakat kurang mampu. Kenyataan yang terjadi bahwa derajat kesehatan masyarakat berdasarkan indikator yang dipakai yaitu Angka Kesakitan & Angka Kematian (morbiditas & mortalitas) terutama Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi masih cukup tinggi.

II. LATAR BELAKANGSunat atau khitan adalah sebuah tindakan medis berupa pemotongan atau pembuangan sebagian atau seluruh bagian dari preputium (kulup, kulit yang melingkupi glans penis/ kepala penis). Alasan dilakukan sunat ada beberapa hal, antara lain melaksanakan sunnah Rasulullah SAW, karena indikasi medis, dan sebagai tindakan pencegahan penyakit untuk masa depan.Hambatan utama pelayanan kesehatan masyarakat adalah masalah akses terhadap pelayanan kesehatan. Hambatan terhadap akses tersebut dikarenakan faktor pembiayaan kesehatan dan juga transportasi. Banyak faktor yang menyebabkan peningkatan biaya kesehatan, di antaranya perubahan pola penyakit, perkembangan teknologi kesehatan dan kedokteran, pola pembiayaan kesehatan berbasis pembayaran out of pocket, dan subsidi pemerintah untuk semua lini pelayanan, di samping inflasi di bidang kesehatan yang melebihi sektor lain. Oleh karena itu dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap sesama terutama kaum dhuafa dan masyarakat di lingkungan sekitar, RS Nirmala Suri berpartisipasi sebagai pelaksana kegiatan khitan bersama bekerja sama dengan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Surakarta dan didukung oleh Islamic Fullday School Al-Khoir Surakarta.

III. TUJUANSebagai bukti peran serta atau andil Rumah Sakit Nirmala Suri dalam mendorong umat muslim untuk melaksanakan sunnah Rasulullah SAW menjalani khitan atau sunat.

Mendukung salah satu fungsi rumah sakit dimana berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya dalam upaya pencegahan beberapa penyakit yang berkurang risikonya dengan menjalani sirkumsisi/ khitan.

Ikut berperan menciptakan derajat kesehatan masyarakat yang optimal secara efektif dan efisien.

Merupakan perwujudan peran Rumah Sakit Nirmala Suri dalam misi sosialnya yaitu menolong dan meringankan beban kaum dhuafa.

IV. BENTUK KEGIATAN.Bentuk kegiatan ini adalah kegiatan sosial dengan format acara Khitan Bersama dengan pelaksana RS. Nirmala Suri bekerja sama dengan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Surakarta dan didukung oleh Islamic Fullday School Al-Khoir Surakarta. Peserta khitan bersama tidak dipungut biaya. Selain itu peserta khitan bersama juga mendapat bingkisan berupa baju koko, sarung, dan uang saku. Peserta khitan juga diberikan hiburan berupa dongeng dan bermain bersama selama menunggu giliran khitan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat di antaranya dari Muspika Bendosari, para Lurah, dan Kepala Desa di sekitar lingkungan Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo.

V. PELAKSANAAN KEGIATANA. SASARANKegiatan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2013 : direncanakan diikuti oleh 115 anak terutama yatim dan dhuafa untuk dikhitan dari masyarakat di sekitar lingkungan Rumah Sakit Nirmala Suri.

B. WAKTU DAN TEMPATHari / tanggal: Sabtu, 22 Juni 2013Jam: 08.00 13.00Tempat: RS. Nirmala Suri Sukoharjo

VI. SUSUNAN ACARA( Terlampir )VII. SUSUNAN PANITIA( Terlampir )

VIII. ANGGARAN( Terlampir )

IX. DOKUMENTASI KEGIATAN( Terlampir )

X. HASIL KEGIATAN & KESIMPULANHasil dan kesimpulan pelaksanaan program sebagai berikut :Pencapaian layanan khitan bersama sebesar 100% dari target 115 anak dengan perincian sebagai berikut: 113 anak dikhitan dengan baik pada Hari Sabtu tanggal 22 Juni 2013, 1 anak dikhitan pada Hari Ahad tanggal 23 Juni 2013, dan 1 anak dikhitan pada Hari Senin tanggal 24 Juni 2013.

Peserta khitan tanggal 22 Juni 2012 melaksanakan kontrol pada tanggal 25 Juni 2013.

SDM dan kompetensi yang dimiliki cukup baik, cukup dari kuantitas bahkan di beberapa berlebih.

Pembiayaan memadai.

XI. EVALUASIDari hasil pelaksanaan kegiatan khitan bersama yang sudah terealisasi, dapat dibuat analisa dan atau evaluasi sebagai berikut : Pelaksanaan program khitan bersama baik dan lancar sesuai yang diharapkan, meskipun ada beberapa yang perlu diperbaiki dan disempurnakan.

Sosialisasi pelaksanaan program baik mulai dari rekrutmen peserta hingga peliputan pelaksanaan kegiatan di media cetak dan elektronik.

Pembiayaan memadai atas kerja sama dengan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Surakarta dan didukung oleh Islamic Fullday School Al-Khoir Surakarta

XII. PENUTUPDemikian laporan pertanggungjawaban kegiatan Khitan Bersama ini kami susun dengan sebaik-baiknya, besar harapan kami dapat terjalin kerjasama dari berbagai pihak di masa mendatang. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan diridhai Allah SWT.Akhirul kalam, atas partisipasi dan kerja samanya, kami ucapkan terimakasih.

Sukoharjo, 28 Juni 2012KetuaSekretaris

Addib Rosjadi, B.Buss, AccgNur'aini Diah Ernawati, S.Psi

Mengetahui,DirekturRS. Nirmala Suri, Sukoharjo

dr. Harun Rosjid, Sp.B,MARS