kisi lks kab bekasi 2013

Upload: thetaplak

Post on 16-Oct-2015

52 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

kisi

TRANSCRIPT

PROPOSAL

LEMBAR KISI-KISI SOALLOMBA KOMPETENSI SISWAKABUPATEN BEKASI

BIDANG LOMBAANIMASI

SMK NEGERI 1 CIKARANG BARATJl. Teuku Umar No. 01 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi Kode Pos : 17530Telp. (021)88335779 www.smkn1cikarangabarat.sch.id e-mail : [email protected] SINGKAT

Kompetensi : Animasi 2D Jenis Produk : Film animasi Material : Pensil, kertas animasi, penghapus, penggaris, peraut. Teknik : Menggambar, menscan, mengedit, memberi suara, menyusun dan penyelesaian akhir dalam bentuk format DVD Video. Deskripsi : Menggambar di atas kertas animasi. Melakukan scan hasil gambar animasi. Mengedit hasil scan, mewarnai, memasukkan suara dan menyusun hingga membentuk film animasi dengan menggunakan perangkat lunak yang disediakan. Melaksanakan penyelesaian akhir film animasi, termasuk didalamnya memasukkan efek suara, sehingga dapat dilihat hasil animasinya di dalam bentuk format DVD Video dengan menggunakan komputer dan DVD player secara audio visual Waktu : Maksimal 12 jam

TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA

A. Informasi Soal LombaFilm animasi Pendek merupakan produk animasi dengan durasi yang singkat yang sudah ditentukan dimana dalam pelaksanaannya diperlukan teknik menggambar karakter animasi, storyboard dan latar belakang, melengkapi dengan ilustrasi musik dan efek suara/sound effect, penguasaan operasional perangkat lunak dan keras, pemahaman terhadap prinsip-prinsip animasi dan pemahaman mengenai kunci animasi.Soal praktek mengacu pada kisi-kisi LKS Animasi Tingkat Nasional berisikan tugas membuat Animasi Sederhana yang memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah disepakati :a. Tugas ini meliputi pembuatan gerakan animasi disertai latar belakang gambar dan suara dengan durasi minimal 20-30 detik b. Tugas ini harus diselesaikan dalam waktu maksimal 12 jam. c. Penjelasan teknis dan pengecekan seluruh perangkat lomba dilakukan sebelum pelaksanaan lomba (setelah Technical Meeting)

B. Tema yang dipersiapkan Tema yang digunakan Kebudayaa Daerah Soal yang membuat team juri.

C. Praktek Kerjaa. Peserta harus dapat melakukan pekerjaan secara mandiri. b. Kesesuaian teknis meliputi: 1) Penggunaan perangkat lunak/keras. 2) Menggambar dan memahami karakter. 3) Pemahaman prinsip animasi. 4) Pemahaman anatomi obyek yang dipilih. 5) Pemahaman metamorfosis. 6) Pemberian unsur-unsur audio.

D. Aplikasi pengetahuan teori a. Mengenali peralatan & bahan yang terdiri dari seperangkat peralatan komputer dan pendukungnya. b. Proses pembuatan film animasi.

E. Bahan/Material Pensil, kertas animasi, penghapus, penggaris, peraut.

F. Peralatan Yang Harus dibawa PesertaPeserta diusahakan membawa peralatan sendiri Pen Tablet dan Komputer/ Laptop dengan Hardisk dikosongkan dengan spesifikasi maksimal sebagai berikut:1. Hardware Intel Core 2 Duo RAM minimal 2 GB Harddisk minimal 80GB DVD-RW Scanner Monitor LCD 17 inch Speaker dan Microphone Mouse & Keyboard Headset multimedia (headphone dan microphone) 2. Software OS Windows XP / Windows 7 Adobe Premiere CS3 Adobe Photoshop CS4 Adobe Illustrator CS3 Adobe Flash CS3 Adobe After Effect CS3 CTP (Comic Television Program) Corel X3 Nero Burning Rom File suara : peserta diperkenankan membawa file suara sendiri dalam bentuk format digital. Peserta tidak diperkenankan menambah atau memasukan Plug-in untuk semua perangkat lunak (software).Panitia menyediakan Monitor LCD 15, serta cadangan CPU.Keterangan lain :Sofware yang akan digunakan harus dikumpulkan terlebih dahulu kepanitia sebelum diinstall, dan harus diinstal pada saat technical meating oleh peserta dengan sepengetahuan panitia dan team juri.G. Petunjuk PenilaianKemampuan pokok yang dituntut peserta dalam pembuatan video animasi ini adalah Kemampuan desain : Tata Warna Desain Gambar Animasi Sound Video Tampilan menyeluruh

Kemampuan pokok tersebut harus digabungkan untuk menghasilkan sebuah Video animasi dalam format VIDEO DVD yang bagus dalam 8 jam (480 menit)

H. Standar PenilaianStandar penilaian yang ditetapkan dalam bidang lomba animasi ini mengacu pada World Skill Competition (WSC) yaitu menghasilkan sebuah video animasi yang informative tanpa mengabaikan estetika, keindahan desain, dan didukung dengan tingkat keberhasilan dari yang telah dibuat.

I. Tata Tertib Lomba1. Peserta hadir 30 menit sebelum lomba dimulai, bagi yang terlambat harus mendapat izin masuk dari panitia dan kepadanya tidak diberikan perpanjangan waktu.2. Peserta yang tidak hadir sesuai dengan jadwal, dan atau melebihi 45 menit dari jadwal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.3. Setiap SMK hanya diwakili oleh 1 (satu) orang peserta4. Setiap peserta berpakaian hitam putih tanpa identitas sekolah asal.5. Penentuan nomor peserta dilakukan melalui undian, bagi peserta yang tidak mengikuti technical meeting, nomor undian ditentukan oleh panitia.6. Selama perlombaan berlangsung setiap peserta wajib mengenakan nomor undian7. Peserta lomba menempati/menggunakan peralatan lomba sesuai hasil undi8. Pelaksanaan lomba dilaksanakan 1 hari penuh9. Total waktu lomba 12 jam termasuk istirahat dan presentasi10. Waktu istirahat 30 menit untuk sholat, istirahat dan makan11. Peserta tidak dapat melanjutkan lomba dikarenakan sakit atau hal-hal lain, maka dianggap gugur/ mengundurkan diri.12. Peserta tidak dibenarkan berkonsultasi atau mendapat pengarahan teknis tentang pekerjaan pada waktu kegiatan berlangsung dari pembimbing masing-masing kecuali dari tim juri.13. Kegagalan/keterlambatan pekerjaan tidak diberikan toleransi (misalnya karena lupa pekerjaan belum di save)14. Peserta lomba wajib melakukan pemeriksaan peralatan dan kebersihan lingkungan kerja15. Pemeriksaan peralatan dilakukan oleh peserta didepan juri dan panitia selama lebih kurang 30 menit sebelum perlombaan dimulai16. Kerusakan peralatan (hardware/software) akibat kesalahan prosedur yang dilakukan peserta menjadi tanggung jwab peserta itu sendiri17. Tidak dibenarkan menggunakan peralatan (hardware/software) diluar ketentuan yang ada, peserta dilarang memasukkan file apapun ke dalam computer melalui media penyimpanan luar (Flashdisk)18. Pembimbing tidak dibenarkan masuk ke ruang Lomba atau menghubungi peserta baik langsung maupun alat komunikasi pada saat lomba berlangsung dengan alas an apapun.19. Ketentuan lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini diputuskan oleh kebijakan juri (ditentukan kemudian sesuai kebutuhan)20. Pelanggaran terhadap tata tertib ini akan diberikan sanksi berupa teguran sampai berupa pemberhentian sebagai peserta

J. Penetapan Peringkat dan JuaraHasil penilaian lomba sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan akan dibuat dalam daftar peringkat. Peserta yang menduduki peringkat 1, 2, dan 3 dari daftar perangkat keseluruhan akan ditetapkan sebagai Juara I, II dan III dan berhak mendapatkan piala dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bekasi. Kepada peserta yang ditetapkan sebagai Juara I berhak mewakili Kabupaten Bekasi di LKS Tingkat Provinsi Jawa Barat 2013. Perlombaan menganut system fail play dan keterbukaan dengan system penilaian yang transparan untuk mencari wakil terbaik yang akan mewakili Kabupaten Bekasi di Tingkat Propinsi. Segala bentuk penetapan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

KISI-KISI LKS KAB.BEKASI TAHUN 2013 BIDANG ANIMASI