jambi independent | 07 oktober 2010

Click here to load reader

Post on 12-Mar-2016

430 views

Category:

Documents

48 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

epaper Jambi Independent

TRANSCRIPT

  • Merak) dan menewaskan 156 orang itu ting-gal di Purworejo. Alamat Slamet akhirnya ditemukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Si pil Kabupaten Purworejo. Slamet

    Suradio tercatat sebagai warga RT 01, RW 02, Dusun Krajan Kidul, Desa Gintungan, Kecamatan Gebang, Purworejo.

    Saat didatangi di rumahnya Senin (4/10)

    lalu, laki-laki yang oleh warga sekitar lebih akrab disapa Slamet Bintaro itu sedang tidak ada. Rumahnya sepi.n

    5 Pasangan Cabup-Cawabup Batanghari Umbar Janji di DPRD

    PenyamPaian visi dan misi Calon Bupati Dan

    Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Batanghari di DPRD Batanghari, kemarin (6/10), berlangsung seru. Selain mengumbar janji-janji manis melalui programnya, para kandidat juga tak sungkan-sungkan menyerang lawannya.

    Pasangan Hamdi Rahman-Juhartono, misalnya. Ketika mendapat giliran, pasangan nomor urut 3 itu secara terang-terangan mengkritik kandidat incum-bent. Sementara, kandidat lain hanya tersenyum. Kondisi ini sempat membuat gaduh anggota DPRD dan warga yang hadir.

    Hamdi, yang juga mantan PNS Kementerian PU itu menilai pembangunan di Batanghari tidak berja-lan sebagaimana mestinya. Mulai dari kurangnya infrastruktur, buruknya pelayanan umum, potensi SDA tidak dimanfaatkan, hingga konflik lahan antara masyarakat dan perusahaan.

    Dia mencontohkan jalan Kota Muarabulian seba-gai pintu gerbang Batanghari yang memperihatin-kan. Kondisi ini, kata dia, memberikan image buruk bagi orang yang masuk ke Muarabulian.

    Dia juga menyorot pelayanan umum, seperti PDAM. Kuantitas layanan dan kualitas air yang sangat tidak layak.n

    Anggota Komisi III Anggap Tak Lazim

    JaKaRTa - Seleksi calon Kapolri Komjen Pol Timur Pradopo baru akan ditetapkan jadwalnya pada Rapat Badan Musywarah (Bamus) hari ini. Namun, belum tugas seleksi itu diserahkan ke Komisi III, pimpinan DPR sudah terlebih dahulu melakukan seleksi dengan me-

    manggil Timur terlebih dahulu.Pemandangan tak lazim dalam tugas

    DPR terkait fit and proper test itu ter-jadi kemarin (6/10). Sekitar pukul 09.00, Timur hadir memenuhi undangan pimpi-nan DPR. Pria yang kini menjabat Kepala Badan Pemeliharaan (Baharkam) Mabes Polri itu langsung bergegas menuju ruan-gan pimpinan DPR. Lima pimpinan DPR, Ketua Marzuki Alie, Wakil Ketua yakni Priyo Budi Santoso, Pramono Anung,

    Anis Matta, dan Taufik Kurniawan leng-kap hadir dalam pertemuan itu.

    Hampir sekitar satu jam Timur bertemu pimpinan DPR. Seusai pertemuan, mantan Kapolda Metro Jaya mengaku bahwa per-temuan itu diinisiasi pimpinan DPR. Karena diundang, sebagai calon Kapolri dirinya ten-tu harus hadir memenuhi undangan. Saya diundang Bapak Ketua DPR, kata Timur, usai pertemuan tertutup itu kemarin.n

    SeTelah menelusuri Sulawesi, saya kembali melakukan perjalanan jauh. Dari Lampung terus ke utara. Bahkan sampai mendekati Ho llywood dan bermalam di Bil Ho-tel di Kingstone.

    Orang Sumsel memang selalu bangga menyebut Kota Kayu Agung dalam bahasa Inggris (Holly-wood) dan Baturaja men-jadi Kingstone. Sedang-kan Bil Hotel tadi sebe-narnya hanya singkatan dari Bukit Indah Lestari.

    Karena berangkat dari Lampung sudah sore, rombongan baru tiba di Kingstone, eh Baturaja, pukul 00.00. Tanggal su-dah berubah menjadi 22 September 2010. Makan malam yang disiapkan teman-teman PLN setem-pat menjadi mirip makan sahur di bulan Syawal.

    Kali ini, perjalanan dimulai dari melihat

    PLTU Tarahan (Lam-pung) 2 x 100 MW yang sering bermasalah. Mirip PLTU Labuan Angin di Sibolga. Ada saja bagian dari boiler yang rusak. Bulan depan, persoalan tersebut harus selesai. PLTU Tarahan harus bisa menjadi andalan untuk mencegah terulangnya krisis listrik di Lampung. Terutama krisis listrik yang kronis yang selalu terjadi pada setiap musim kemarau.n

    KUalaTUnGKal- Eskalasi politik jelang Pemilukada Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) kian memanas. Setelah sama-sama unjuk kekuatan massa dan adu visi misi, kini pasangan Safrial-Yamin dan Usman-Katamso kembali beradu hasil survei. Safrial-Yamin diunggulkan berdasarkan hasil survei LSI LSKP. Sedangkan pasangan Usman Katamso menang telak berdasarkan hasil survei Lingkaran Survei Independent.

    Direktur LSI-LSKP Sunarto Cipto

    Harjono, kepada salah satu harian lokal menyebutkan, dari hasil survei terhadap 440 responden yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Tanjab Barat, pasangan Safrial-Yamin lebih unggul dari pesaing politiknya dengan tingkat kepua-san masyarakat atas kinerja mereka sebe-sar 60 persen. Tingkat popularitas 97,0 persen dan tingkat kesukaan masyarakat sebesar 75,01, dengan random sampling error 4,5 persen.

    Lembaga survei yang dimotori Denny

    JA itu juga mengatakan, jika Safrial-Yamin berhasil mempertahankan rating, maka peluang mereka menang pada 21 Oktober 2010 mendatang sangat terbuka.

    Safrial ketika dikonfirmasi, mengaku cukup puas dengan hasil survei yang dilakukan LSI-LSKP. Dia menilai hal itu ilmiah dan tidak direkayasa. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada LSI-LSKP dan masyarakat yang meberikan kepercayaan. n

    HENDRI UTOMO, Purworejo

    sITI MasNIDaR, Batanghari

    Baca Hamdi hal 2

    Baca Konflik hal 2 Baca safrial hal 2

    Baca Menyusuri hal 5Baca Timur hal 2

    DAHLAN ISKAN

    C a t a t a n

    slamet suradio (71), masinis yang terlibat dalam tabrakan maut Ka di

    Bintaro pada 1987, seperti hil-ang ditelan bumi. Namanya baru

    diungkit lagi menyusul terjadinya kecelakaan Ka di stasiun Petaru-kan, Pemalang, sabtu (2/10) lalu.

    Slamet Suradio, Masinis KA dalam Tragedi Bintaro 1987, Hidupnya Kini (2)

    Saat Jalani Hukuman, Istri Direbut Teman Sendiri

    selebriti

    ECERaN RP. 3.500,-KaMIs, 07 OKTOBER 2010

    HENDRI UTOMO/RaDaR JOGJa/JPNN

    Baca saat hal 5

    menCaRi Slamet Suradio di Purworejo memang tidak mudah. Radar Jogja (Jawa Pos Group) tak punya alamat detail rumah-nya. Bahkan, nama masinis yang pernah menggemparkan Indonesia itu tidak terdata di PT KA (Kereta Api) Kutoarjo. Petugas di Stasiun Besar Kutoarjo malah terkejut saat diberita tahu bahwa masinis KA 225 (RangkasbitungJakarta) yang terlibat tabrakan dengan KA 220 (Tanah Abang

    Baca Berlibur

    hal 5

    sITI MasNIDaR/JaMBI INDEPENDENT

    DJaTMIKO/JaMBI INDEPENDENT

    hamdi Serang incumbent

    Safrial dan Usman Perang Survei

    Konflik Lahan Paling Disorot

    DebaT kandidat Cabup-Cawabup Batanghari malam tadi juga berlangsung seru. Terutama soal penyelesaian konflik lahan. Seperti di DPRD, pada acara debat tersebut, Hamdi masih mengkritik lam-batnya penyelesaian lahan yang sudah berlangsung lama. Saat mendapatkan kesempatan bertanya ke kandidat lain, cabup nomor urut 3 itu menanyakan cara mengatasi konflik lahan jika terpilih.

    Menjawab pertanyaan tersebut, Fathuddin berjanji penyelesaian konflik lahan dalam waktu tiga tahun. Sementara Ardian, optimis bisa menyelesaikan dengan membentuk tim permanen bekerja sama dengan NGO dan LSM dan badan lain. Soal waktu, tergantung tingkat persoalan.Jika memang bisa setahun akan diselesaikan setahun. Tapi kalau rumit bisa lebih, katanya.n

    Menyusuri Sumatera lewat Hollywood

    Timur Dipanggil Pimpinan DPR

    BERTUBI-TUBI: slamet membongkar surat-surat penting di rumah (foto kiri). surat pemberhentian slamet sebagai PNs.

    berlibur di bali dengan Pacar

    hUbUnGan Zaskia Sungkar dengan keka-sihnya, Irwansyah makin hot. Belum lama ini keduanya mengaku berlibur ke bersama ke Pulau

    Dewata di Bali. Iya kita berlibur tapi

    nggak ber dua aja lho. Ada lima orang teman, ujar artis asli

    Jakarta terse-but.

    Kabarnya, di Bali, ce-

    wek yang juga terjun ke dunia tarik suara itu

    sedang meman-tapkan hubu-ngan dengan Irwansyah ke jenjang lebih matang yakni pelaminan.n

    safrial Usman

    berkelakar Hamdi (depan pakai peci) dan Fattah (berkacamata) di gedung DPRD Batanghari, kemarin (6/10).

    sELEKsI KaPOLRI: Timur Pradopo (tengah) di antara para pimpinan DPR.

    MUsTaFa RaMLI/JPNN

    Zaskia sungkar

  • Jambi IndependentKamis, 07 Oktober 2010

    MAKIN TEGARMELAKSANAKAN TUGAS

    Sebagai pendidik yang mencintai tugasnya, Nadima Rasyid S.Pd (56 th) selalu berusaha melaksanakan tugas sebaik mungkin. Namiun sejak dua tahun lalu, kinerja guru yang berdomisili di Kompleks Cemara Jambi ini agak terganggu karena datangnya beberapa penyakit seperti gejala asam urat dan batuk berdahak akut. ....... asam urat membuat kaki sakit ketika digerakkan, sementara batuk sangat mengganggu sekali terutama bila muncul saat saya mengajar... papar Nadima menjelaskan kendala kesehatan yang dihadapinya. .....saya khawatir asam urat dan batuk tersebut membuat saya tidak maksimal mengajar... imbuh bu guru yang dedikatip ini.

    Tak mau kinerjanya terganggu, Nadima berusaha mengatasinya. Na-mun usahanya belum sesuai dengan harapan. Sampai suatu hari seorang rekan kerjanya merekomendasikan untuk mencoba Gentong Mas. Yakin bahwa bahan herbal tak memiliki efek samping, Nadima langsung membeli dan mengkonsumsi Gentong Mas setiap pagi dan sore.

    Manfaat Gentong Mas dirasakan Nadima setelah habis 3 kotak. .... Al-hamdulillah, asam urat perlahan mereda dan kaki sudah enak lagi digerakkan.... batuk berdahak juga semakin jarang.. bahkan sekarang tak pernah lagi ucap Nadima gembira dan penuh syukur. Setelah membuktikan sendiri manfaat Gentong Mas, Nadima sampai kini masih rutin mengkonsumsinya. .....tak hanya untuk kesehatan ...rasa lezat Gentong Mas menunjukkan bahwa Gentong Mas adalah cara nikmat hidup sehat.. tutur Nadima mengakhiri perbincangan.

    Gentong Mas adalah suplemen kesehatan ber-manfaat dan aman, karena terbuat dari herbal alami. Bahan utama Gentong Mas adalah Gula Aren dan Nigella Sativa (Habbatussauda) yang terbukti secara klinis dan ilmiah bermanfaat bagi kesehatan.

    Gentong Mas efektif mengatasi Asam Urat karena mengandung Niacin yang berfungsi mengkikis tim-bunan purin penyebab asam urat yang menumpuk

    di persendian kaki dan tangan. Gentong Mas juga mengandung Linoleic Acid, Ascorbic Acid dan Thy-mohydroquinone yang mencegah radang (inflamasi) pada sendi dan tulang. Pada Gentong Mas terdapat nigellone, zat aktif yang berfungsi membersihkan dan melebarkan saluran pernafasan .

    Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam menga-tasi asam urat dan batuk berdahak diperlukan pola hidup sehat. Mulailah olah raga teratur, mengurangi makanan yang tinggi kadar purinnya seperti jeroan, hindari lingkungan yang banyak polutannya dan biasakan minum air putih.

    Gentong Mas dibuat dari Gula Aren dan Nigela Sativa pilihan yang diproses tanpa meng-gunakan bahan kimia dan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi. Manfaat bagi kesehatan dan kelezatan rasanya membuat semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi Gentong Mas.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi: 07417102944. Tersedia Di Apotek/Toko Obat Terdekat Di Kota Anda: Jambi 081366971641, Kab Batanghari, Telp 08127469614, Apotek Barokah, Jl Prof. Dr. Sri Sudewi, Ma Bulian, Apotek Karya Paten, Jl Jend Sudirman, Toko Obat Karya Paten Pasar Ma Bulian, Banko 08127377033, Apotek Giji Farma,

    Apotek Taufik Farma, Apotek Restu Ibu, Apotek Hidayah. Kabupaten Muarojambi (081373591648): Apotek Rahma (Sengeti), Apotek Fortuna (Sengeti), Toko Obat Syaeful (Sengeti), Toko Obat Sulin (Sun-gai Bahar). Kab. Bungo (081366311821): Apotek Sari Anda, Apotek Roza, Apotek Cahaya Sehat, Apotek Berkah Kesehatan. Kab. Tanjab Barat (085266064889): Apotek Waras, Jl. Siswa, Apotek Manjur: Jl. Kemakmuran No. 51, Apotek Sehat: Jl. Kemakmuran No. 67. Kab. Kerinci (081366375643) Apotek Berkah Jl. Muradi Simp. 5 Sei Penuh, Apotek Usaha Baru2 Jl. M. H. Tholib No. 75 Sei Penuh, Apotek Zonny, Jl. Teuku Umar No. 29 S. Penuh. Toko Obat Gio Pasar Bedeng VIII Kayu Aro. P-IRT No. 812320501114 www.gentongmas.com

    Nadima Rasyid

    Timur Dipanggil Pimpinan DPR-------------------------------------------------------------------------------------------------------------- dari hal 1

    Hamdi Serang Incumbent -------------------------------------------------------------------------------------------------------------- dari hal 1

    Timur secara spesifik tidak ber-sedia menjawab isi pertemuan tertutup itu. Dia mengatakan agenda pertemuan hanya terkait fit and proper test yang baru akan dibahas di Bamus. Timur tidak bersedia mengatakan poin apa yang ingin dia sampaikan dalam seleksi di Komisi III nanti. Itu nanti-nanti, ujarnya terus berlalu.

    Terkait sorotan negatif da-lam kepemimpinannya, Timur mencoba menjawab diploma-tis. Misalnya, soal banyaknya pihak berpendapat Timur gagal meredam kekerasan yang di-duga dilakukan Front Pem-bela Islam. Saya kira sebagai anggota Polri perlu melibat-kan masyarakat (FPI, red). Kita harus memberdayakan masyarakat itu, tandasnya. Timur juga tidak ingin ter-libat dalam polemik bahwa pemanggilannya sebagai calon Kapolri tidak lazim dilakukan pimpinan DPR. Tidak tahu, tanya pimpinan saja, katanya sambil terus berlalu.

    Marzuki saat dikonfirmasi membantah bahwa pemanggilan calon Kapolri diinisiasi oleh di-rinya seorang. Ini bukan Ketua DPR yang undang. Tapi pimpi-nan. Lima pimpinan itu kan partai semua, kata Marzuki.

    Dibandingkan seleksi lain, tidak ada pemanggilan seba-gaimana yang dilakukan pimpi-nan DPR atas Timur. Marzuki menyatakan, proses yang di-lakukan pimpinan DPR adalah hal yang biasa. Sebenarnya karena waktu saja. Kita ingin segerakan saja supaya cepat selesai, secepat mungkn kita laksanakan fit and proper, sanggahnya.

    Marzuki menegaskan, tidak ada sesuatu istimewa dalam pertemuan itu. Pimpinan DPR hanya menyampaikan mekan-isme seleksi yang akan dijalani. Nanti kan ada Bamus, lanjut

    ke Komisi III, itu saja, tan-dasnya.

    Priyo secara terpisah juga mencoba menjelaskan maksud pertemuan itu. Menurut dia, pemanggilan itu bukan berarti ada perihal khusus dalam sosok calon Kapolri. Sebenarnya waktu itu, calon Panglima (TNI) juga ada rencana. Tapi memang saya akui, untuk calon kapolri perjalanannya cukup dramatis, hingga pada akhirnya Timur yang dipilih presiden, kata Priyo.

    Politisi Golkar itu menyatakan, pertemuan itu juga hanya me-negaskan isu menculnya kubu pendukung di internal Polri. Timur menjawab bahwa tidak ada kubu-kubuan yang terjadi. Pimpinan DPR mengingatkan supaya kesolidan itu tetap ter-jaga. Kalau ada kepastian solid, kita semua lega, jawabnya.

    Menurut Priyo, pertemuan ini juga semacam warning (perin-gatan). Timur dihadapkan pada komitmen untuk melanjutkan reformasi di tubuh Polri. Ada keinginan Timur untuk menerus-kan yang sudah baik. Tapi kami juga sarankan untuk melakukan terobosan seperti yang dilaku-kan TNI, jelas Priyo.

    Apakah pertemuan itu han-ya terkait fit and proper test? Priyo secara tidak langsung mengakui ada hal lain. Namun, dia menolak menyebutkan isi pertemuan itu secara lengkap. Ada lain-lain yang sudah tentu bukan untuk konsumsi publik, jawabnya. Yang pasti, pimpinan DPR meminta calon Kapolri baru tidak terlibat politik praktis. Yang ada sekarang diteruskan, jangan sampai di pemilu, ya pokoknya mengayomi semuan-ya, tandasnya.

    Berbeda dengan unsur pimpi-nan, anggota Komisi III dari Fraksi PDI Perjuangan Gayus T. Lumbuun secara tegas me-nyatakan, pertemuan itu jelas

    tidak lazim. Menurut dia, hak pimpinan DPR itu terbatas.

    Pimpinan tidak bisa seenaknya mengundang calon yang akan di fit and proper test di ting-kat Komisi, tanpa persetujuan sidang paripurna atau badan musyawarah (Bamus). Kar-enanya, jika nanti Komisi III ditunjuk untuk memilih, maka sejatinya kami telah didahului pimpinan, sesal Gayus.

    Prosedur di DPR umumnya terkait calon yang diajukan pres-iden untuk di-fit and proper test dewan, yaitu pimpinan segera melakukan rapat pimpinan un-tuk menunjuk Komisi mana yang akan diberi tugas. Hingga saat ini, pasca surat dari presi-den masuk ke DPR 4 Oktober lalu, penunjukkan itu belum dilakukan.

    Gayus menyatakan, jika pimpi-nan tidak punya argumen kuat terkait undangan tersebut, maka pimpinan bisa dinyatakan telah melakukan pelanggaran etika. Karenanya, jika ada kelompok masyarakat yang terusik atau merasa dirugikan, maka bisa melaporkannya ke Badan Ke-hormatan (BK) DPR. Dalam hal ini mereka (pimpinan DPR, red) telah lampaui batas ke-wenangannya, kewajiban BK untuk jaga kehormatan agar semua bisa tetap sesuai mekan-isme, tegas ketua BK tersebut.

    Timur Siap Jelaskan Kasus Trisakti

    Dalam kesempatan terpisah, Timur Pradopo tidak risau dikaitkan dengan kasus pen-embakan mahasiswa Trisakti pada 1998. Saat itu, Timur menjabat sebagai Kapolres Jakarta Barat. Sejumlah pihak, termasuk Komnas HAM, me-nilai Timur belum sepenuh-nya klir dalam kaitan kasus tersebut.

    Tetapi, Kepala Badan Pemeli-

    haraan Keamanan (Baharkam) Mabes Polri itu menegaskan bahwa persoalan tersebut sebe-narnya sudah lama selesai. Itu proses yang panjang. Semua bisa mengikuti, silakan saja dievaluasi, ujar Timur set-elah acara pisah sambut dengan Komjen Iman Haryatna (kepala Baharkam sebelumnya) ke-marin.

    Apakah bersedia dipanggil Komnas HAM terkait kasus itu? Timur tak langsung menjawab, tapi hanya tersenyum. Itu kan masalah hukum ya. Hukum itulah yang kita ikuti, katanya diplomatis.

    Jenderal kelahiran Jombang yang belum pernah sekalipun bertugas di wilayah Jawa Timur tersebut memang irit komentar saat diberondong pertanyaan oleh wartawan. Termasuk, ketika ditanya ten-tang kedekatannya dengan Front Pembela Islam (FPI). (FPI) i tu kan organisas i masyarakat. Tentu semua kita rangkul, kita berdayakan se-mua, kata suami Irianti Sari Andayani itu. Saat menjabat Kapolda Metro Jaya (Juni-Ok-tober 2010), Timur memang dikenal akrab dengan Habib Rizieq Shihab, ketua umum FPI. Karena hubungan yang harmonis itu, selama bulan puasa (Ramadan) 2010 FPI dilibatkan dalam pengamanan swadaya masyarakat bekerja sama dengan Bina Mitra Polda Metro Jaya.

    Dalam acara pisah sambut kemarin, Komjen Pol Iman Haryatna yang digantikan oleh Timur berpesan agar soliditas Polri dijaga. Kita sama-sama doakan agar Jenderal Timur Pradopo semakin sukses, kata Iman, alumnus Akpol 1975 itu.

    Iman sudah empat tahun memimpin Baharkam yang dulu bernama Babinkam (Ba-

    dan Pembinaan Keamanan) Polri. Badan itu berganti nama berdasar Perpres No 52 Tahun 2010.

    Baharkam membawahi beber-apa direktorat yang sangat strat-egis di tubuh Polri. Misalnya, Direktorat Polisi Air (Ditpolair), Direktorat Polisi Udara, Direk-torat Samapta, serta Direktorat Pengamanan Objek Vital dan VIP.(jpnn)

    Lihat saja rumah sakit, sering tidak ada airnya. Padahal Sungai Batanghari begitu besar menge-lilingi Batanghari, katannya.

    Belum lagi soal konflik lahan. Konflik ini sudah berlangsung selama 14 tahun. Mulai dari pe-merintahan Saman Chatib, Fat-tah hingga Syahirsah juga belum selesai, katanya secara blak-blakkan menyebut dua nama kandidat yang pernah menjabat sebagai Bupati Batanghari, yang menjadi lawannya.

    Karena itu, dalam visi dan mi-sinya, Hamdi secara tegas berjanji akan menyelesaikan semua perso-alan itu. Saya mencalonkan diri untuk menyelesaikan masalah tentunya dengan gagasan dan ide baru, katanya.

    Dia juga berjanji akan men-jadi Batanghari sebagai kota penyangga bagi Kota Jambi, sehingga bisa menjadi pusat peternakan sapi, pusat pertanian dan perkebunan. Kita punya DAU, DAK, bagi hasil dan PAD. Kita adalah kabupaten yang kaya karena kita juga pun-ya gas, punya sawit, dan punya minyak, pungkasnya.

    Lalu, bagaimana dengan kan-didat incumbent, Syahirsah-Erpan? Pasangan nomor urut nomor 1 yang mendapat giliran pertama itu lebih banyak men-

    gungkapkan program lama dan keberhasilan yang telah dia capai. Saya akan melanjutkan progam saya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, katanya.

    Program-program tersebut, di antaranya pendidikan dan kesehatan gratis yang bermutu, pembagian berbagai bibit unggul untuk petani termasuk ternak. Masalahinfrastruktur juga akan menjadi perhatian mereka. Se-lain itu, Syahirsah juga berjanji membangun dari desa, Dengan pemberian bibit padi, sawit, karet dan ternak. Sehingga peredaran uang juga ada di pedesaan, tidak hanya di perkotaan.

    Kata dia, kesuksesan terse-but, akan dilanjutkan kembali jika nanti terpilih lagi men-jadi bupati. Itu adalah bukti. Pada saat orang lain masih me-mikirkan, pada saat orang lain masih membayangkan, kami sudah berbuat, ungkapnya. Sementara itu, pasangan Fattah-Sinwan bertekad mewujudkan visi menuju Batanghari Berlian. Yakni bangun ekonomi rakyat, lanjutkan pembangunan dengan iman dan pemerataan. Prioritas pembangunannya di bidang keagamaan, memberikan insen-tif bagi para dai, guru, pegawai syara secara proporsional menu-

    rut wilayah mereka.Kemudian, di bidang ekonomi

    menarik investasi ke daerah, revitalisasi industri hilir, revi-talisasi pertanian, perikanan, dan kehutanan. Meningkatkan produktivitas dan kompetensi tenaga kerja, ketahanan pangan dan pengelolaan APBD yang berkelanjutan.

    Untuk mengatasi kemiskinan, pasangan nomor urut 2 itu ber-tekad meningkatkan bantuan bagi penyandang cacat, lanjut usia (lansia), pemberdayaan fakir miskin, melanjutan pro-gram jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, PNPM dan bantuan perumahan melalui bedah rumah bagi masyarakat miskin di pedesaan. Mereka juga berjanji meningkatkan pembangunan per-tanian, peternakan, perikanan dan perkebunan melalui pemberian bibit bagi masyarakat miskin.

    Di bidang pendidikan, pe-ningkatan angka melek hu-ruf, menuntas wajar 12 tahun, mengembangkan pendidikan kejuruan, membebaskan biaya pendidikan, baik negeri dan swasta terutama bagi masyara-kat miskin. Beasiswa bagi yang berprestasi, bantuan beasiswa S-1, S-2 dan S-3 untuk keluarga tidak mampu, dan meningkatkan kesejahteraan guru.

    Di bidang kesehatan, mereka akan meningkatkan saranan dan prasarana kesehatan dasar dan rujukan esehatan dasar di puskemas serta di kelas III ru-mah sakit. Untuk infrastruktur, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan dan jembatan, terutama di daerah pedesaan yang mendukung sentra pro-duksi pertanian ke pusat pasar dan mengembangkan jaringan listrik pedesaan dan dituntas-kan hingga 2016 juga mereka janjikan.

    Pasangan nomor urut 4, Fathud-din Abdi- Kemas Ismail Azim, melalui slogan Bertuah ingin membangun ekonomi rakyat, terampil dan agamis. Dalam peny-ampaian visi dan misinya, man-tan Ketua KPU Batanghari itu berjanji akan mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat dalam pembangunan. Seperti ulama, umarah dan tokoh adat, katanya.

    Di bidang infrastruktur, dia akan meningkatkan pembangunan jalan dan jembatan. Untuk jalan, dia ingin mempersingkat jarak tempuh dengan membuat jalan tembus. Ini penting agar biaya produksi semakin hemat, ujar cabup dari jalur perseorangan itu.

    Kemudian, di bidang pertani-an, perkebunan dan peternakan,

    mereka berencana memberikan alat mesin untuk menggerakkan persawahan minimal satu dapil satu alat. Kemudian, peman-faatan lahan tidur, peningkatan produksi peternakan.

    Di bidang birokrasi, pening-katan pernah dan LPM seba-gai wadah aspirasi masyarakat menjadi prioritas mereka. Selain itu, di bidang pelayanan publik, perbaikan pelayanan dan mutu air bersih, listrik.

    Fathuddin juga mengkritik kandidat incumbent terutama terkait dengan konflik yang te-rus berlanjut antara masyarakat dengan perusahaan.

    Pasangan Ardia Faisal-Pani juga tak mau kalah. Sedikitnya, ada sembilan bidang yang menjadi perhatian mereka. Di antaranya bidang keagamaan, tata kelola pemerintahan, pembangunan perdagangan dan industri usaha mikro, kecil dan menengah. Lalu infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, sektor sosial budaya, kemandirian desa.

    Untuk pembangunan per-dagangan, Ardian yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Batanghari itu bertekad untuk mendirikan pusat pertumbuhan ekonomi baru, kewiraausahaan dan daya saing produk lokal. Untuk infrastruktur, peningka-

    tan jalanan dan jembatan dan percepatan listrik masuk desa, pembangunan sarana pendidi-kan dan kesehatan, serta penang-gulangan air bersih.

    Lalu, di bidang pendikan, pa-sangan nomor urut 5 itu berjanji memberikan beasiswa mulai dari S-1, S-2 dan S-3. Untuk bidang kesehatan, mereka akan membangun rumah sakit tanpa kelas dan pusat kesehatan desa. Sedangkan untuk pelayanan pu-blik, mereka akan meningkatkan pelayananan KTP, KK dan akta kelahiran akan ditingkatkan.

    Kemudian, di bidang pertani-an, Ardian-Opani berjanji akan membuka sawah baru. Menurut dia, saat ini ada 600 ribu hektare persawahan di Batanghari yang tidak lagi produktif. Mereka juga memprioritaskan pembangunan sentra buah-buahan di setiap desa. Mengembangkan bibit unggul dan peremajaan lahan.

    Sedangkan masalah konflik lahan, pihaknya memberikan perhatian khusus dengan mem-bentuk tim permanen untuk melakukan pengawasan secara langsung dan menerima penga-duan dari masyarakat dan meny-elesaiakan secara langsung.

    Sementara itu, pasangan nomor urut 4, Fathuddin Abdi-Kemas Ismail Azim, melalui slogan Ber-

    tuah ingin mebangun ekonomi ra-kyat, terampil dan agamis. Dalam penyampaiaan visi dan misinya, mantan Ketua KPU Batanghari itu berjanji akan mengikut sertakan seluruh komponen masyarakat dalam pembangunan. Seperti ulama, umarah dan tokoh adat, katanya.

    Di bidang infrastruktur, dia akan meningkatkan pembangunan jalan dan jembatan. Untuk jalan, dia ingin mempersingkat jarak tempuh dengan membuat jalan tembus. Ini penting agar biaya produksi semakin hemat, ujar ca-bup dari jalur perseorangan itu.

    Kemudian, di bidang pertani-an, perkebunan dan peternakan, mereka berencana memberikan alat mesin untuk menggerakkan persawahan minimal satu dapil satu alat. Kemudian, peman-faatan lahan tidur, peningkatan produksi peternakan.

    Di bidang birokrasi, pening-katan pernah dan LPM seba-gai wadah aspirasi masyarakat menjadi prioritas mereka. Selain itu, di bidang pelayanan publik, perbaikan pelayanan dan mutu air bersih, listrik.

    Fathuddin juga mengkritik kandidat incumbent terutama terkait dengan konflik yang te-rus berlanjut antara masyarakat dengan perusahaan. (nid/lis)

    Safrial dan Usman Perang Survei ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ dari hal 1Kandidat incumbent itu ber-

    janji akan terus meningkatkan rating persentase dukungan seir-ing dengan semakin dekatnya hari H Pemilukada Tanjab Barat. Kita mengucapkan terima kasih kepada LSI LSKP, masyarakat dan tim sukses yang memberi-kan apresiasi dan kepercayaan kepada kita. Kita juga akan terus berupaya meningkatkan rating dengan melakukan peng-garapan secara serius seiring dengan semakin dekatnya hari H. Kepada Allah kita sama-sama berdoa, kata Safrial, usai sidang paripurna di gedung DPRD Tan-jab Barat, kemarin (6/10).

    Pengumuan hasil survei LSI LSKP itu menuai reaksi dari

    kalangan tim sukses Usman-Katamso. Mereka menilai hasil survei itu bukan jaminan mutlak bagi Safrial-Yamin menang pada 21 Oktober nanti. Mereka juga menilai, survei tersebut tidak terlalu mempengaruhi pemilih. Hasil survei itu prin-sipnya hanya ilustrasi dan move politik. Ke-shahihan-nya pun juga masih relatif. Penentuan-nya nanti tanggal 21 Oktober, kata Sekretaris tim kampanye Usman-Katamso, Ahmad Jah-far kepada Jambi Independent, kemarin (6/10).

    Jahfar mencontohkan Pemi-lukada Kerinci beberapa waktu lalu. Ketika itu, kata dia, lem-baga survei mengunggulkan

    pasangan Ami Taher-Dyanda. Tapi, kenyataannya pada pu-taran kedua Murasman-Rahman yang menang. Termasuk di beberapa daerah lain. Itu artinya survei bukan jaminan dan sifat-nya relatif. Dan kami sangat op-timis Pak Usman-Katamso yang akan menang. Selain figurnya yang sudah dikenal masyarakat. Programnya juga jelas, terang-nya.

    Hal senada juga diungkapkan pentolan tim sukses Usman-Katamso lainnya, M Fadli. Menurut dia, untuk menakar kekuatan calon tidak bisa hanya berdasarkan satu lembaga survei saja. Karena berdasarkan hasil survei lain, Usman-Katamso

    juga jauh lebih unggul dari Saf-rial-Yamin. Persentasenya pun di atas rating Safrial-Yamin. Hanya saja itu sengaja tidak dipublikasikan kepada publik, ujarnya.

    Kita juga pakai Lingkaran Sur-vei Independent (LSI). Terus terang dari hasil survei terbaru tim ini per Oktober 2010, Pak Usman-Katamso jauh lebih unggul. Persentasenya 70 persen dengan sampling error satu persen, sebut Fadli diamini Dedi Hadi yang juga tim Usman-Katamso.

    Kendati demikian, tim Usman-Katamso juga akan mengambil langkah untuk meningkatkan rating dan pencitraan terhadap calon yang mereka usung. Salah

    satunya dengan cara menginten-sifkan tim sukses dan pengurus Parpol pengusung dan pendu-kung yang ada. Khusus untuk koalisi parpol pengusung, kita targetkan suara yang bisa diraih nantinya sama dengan suara pada pemilu legislatif lalu. Dan, tim sukses, kita targetkan mini-mal dapat suara 150 per TPS, sebut Ahmad Jahfar.

    Pengaruhnya Tak Terlalu Sig-nifikan

    Perang survei antar dua kandi-dat jelang Pemilukada Kabupat-en Tanjung Jabung Barat dinilai kalangan pengamat dan praktisi cukup bagus untuk membangun opini publik. Mantan Sekretaris Umum KNPI Provinsi Jambi

    Bahrul Ulum, menilai istilah perang survei muncul sebagai bentuk pembangunan opini pub-lik, sebagai bahan evaluasi tim sukses, prediksi dan sekaligus move politik.

    Menurut dia, pengaruh survei terhadap pemilih tetap ada. Na-mun, jumlahnya tidak terlalu signifikan. Karena tidak semua pemilih mengetahui dan paham mengenai survei. Apalagi, biasanya survei diumumkan di media massa yang cakupan-nya terbatas di wilayah perko-taan dan pusat kecamatan. Ke-cuali para tim sukses gencar melakukan sosialisiasi kepada pemilih, katanya. Disamping itu, lanjut dia, pemilih akan

    melihat siapa yang melakukan survei, karena boleh jadi ada pesan sponsor di sana. Oleh karenanya tingkat keabsahan dan akurasi survei juga dipen-garuhi oleh lembaga mana yang melakukan survei.

    Kalau untuk ukuran kita, sepengamatan saya yang akuras-inya paling mendekati itu adalah survei yang dilakukan oleh tim Denny JA dan Syaiful Mujani, terang penulis buku NU Bodoh atau Dibodohi itu. Terlepas dari semua itu, setidaknya survei dapat dijadikan bahan evaluasi bagi tim sukses untuk memeta-kan kekuatan agar penggarapan dukungan lebih terarah dan tepat sasaran, jelasnya.(aki)

    Konflik Lahan Paling Disorot --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- dari hal 1 Syahirsyah, mengakui soal

    konflik lahan merupakan PR-nya selama menjabat. Karena itu sebenarnya warisan dari penda-hulu. WKS perizinan sebelum kami. Kami selalu berpihak pada yang benar. Kami sudah mem-buat komitmen dan mengirim surat kepada Dinas Kehutanan dan lahan yang sudah diokupasi ke masyarakat agar dikeluar-kan, katanya. Dengan itu, izin lokasi tidak lagi diperpanjang.

    Sementara Fattah menjawab diplomatis. Menurut dia, negara kita adalah negara hukum. Ke-benaran akan terbukti nanti. Kita semua unsur di pemerin-tah, mulai dari aparat hukum, masyarakat, lembaga adat, mari

    kita duduk bersama, katanya.Kalau ada penerapan yang

    salah, kalau saya dipercaya, dengan rapat dengan Kapolres, mari kita tegakkan hukum di Batanghari ini,'' tambahnya.

    Debat kandidat yang dipandu oleh Besse Widiawati, dosen FE Unja itu diawali dengan pe-nyampaian visi dan misi selama lima menit. Visi dan misi yang disampaikan tidak jauh berbeda dengan di DPRD. Hadir sebagai panelis Anshorullah SH MH yang membahas hukum dan pemerintahan, Prof DR Mukhtar Latief, pendidikan dan sosial budaya, Prof Rozali Abdullah dengan otonomi daerah. Lalu ada DR Riduansyah, terkait

    ekonomi kerakyatan. Perdebatan cukup seru juga

    terjadi saat Riduansyah menan-yakan soal ekonomi kerakya-tan dan cara menghidupkan industri kecil dan menengah. Fattah menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan perlu adanya peningkatan kualitas produksi yang dihasilkan. Dia mencontohkan kualitas sawit di petani yang masih rendah sehingga harganya murah. Di sini perlu adanya suntikan modal dari pemerintah agar persaingan petani bisa lebih kuat, katanya.

    Tidak jauh beda, Hamdi juga menilai perlu adanya penamba-han modal. Selain modal juga

    ada bantuan tehnis sehingga petani dan pengusaha kecil bisa memanfaatkan modal yang diberikan.

    Sementara itu, Fathuddn Abdi mengatakan, untuk meningkat-kan hasil produk yang berkuali-tas dengan nilai tambah yang lebih baik harus didukung oleh infrastrutur jalan. Sedangkan Ardian, mengatakan perlu ada-nya lembaga di daerah pusat industri, seperti koperasi yang bisa menfasilitas permodalan dan, pemasaran.

    Pertanyaan lain yang cukup menarik dari Anshorullah, ter-kait perda (peraturan daerah) mana yang harus dipercepat untuk mempercepat pembangu-

    nan. Menurut Hamdi, yang terpenting adalah perda terkait pelayanan kepada masyarakat.

    Lalu, Fathuddin Abdi, me-nilai perda yang berkaitan den-gan hubungan masyarakat dan perusahaan yang lebih penting, sehingga tidak muncul konflik antara petani dan perusahaan. Termasuk soal perizinannya. Tidak jauh beda, Ardian me-nilai yang sangat penting ada-lah perda yang tidak meny-engsarakan masyarakat. Salah satunya perda menjadikan desa sebagai pemerintahan mandiri.

    Sementara Syahirsyah, men-gatakan, perda tidak boleh ber-tentangan dengan aturan yang

    lebih tinggi. Tidak boleh mem-bebankan masyarakat. Sesuai dengan visi dan misi kita mem-bangun SDM, saya rasa perda Wajib Belajar 12 tahun sangat penting, katanya.

    Lalu, Fattah menilai apapun perda yang dibuat, harus bisa meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan kemampuan aparat untuk mengamankan perda.(*/lis)

  • Jambi Independent Kamis, 07 Oktober 2010

    No Umur Harga/kg1 3 Tahun Rp 1.100,08/kg2 4 Tahun Rp 1.231,87/kg3 5 Tahun Rp 1.316,33/kg4 6 Tahun Rp 1.362,33/kg5 7 Tahun Rp 1.405,66/kg6 8 Tahun Rp 1.453,70/kg7 9 Tahun Rp 1.505,19/kg8 10 Tahun Rp 1.553,24/kg

    Sumber: Disbun Provinsi Jambi Update Hingga 20 November 2010

    Mata Uang Nilai Kurs Jual Kurs Beli EUR 1.00 12,403.15 12,276.89 SGD 1.00 6,842.43 6,767.55 USD 1.00 8,967.00 8,877.00

    KURS UANG KERTAS ASINGUpdate 07 Oktober 2010

    JAMBI-Performa mesin yang bertenaga dan tak tertandingi, itulah sebuah statement dari varian Suzuki Skydrive. Perlu diketahui, Suzuki Skydrive yang diperkenalkan beberapa waktu lalu merupakan sebuah varian matic yang bertujuan untuk mem-berikan pilihan bagi konsumen dalam mempergunakan motor matic dengan performa mesin tangguh.

    Jika dilihat dari sisi desain, Suzuki Skydrive memperhatikan performa pengendaraan. Body yang aerodinamis untuk mem-perkecil tahanan angin dengan desain bagian depan yang mer-uncing membantu mengarahkan angin ke sisi kiri dan kanan serta lekukan bagian bawah tudung depan dirancang untuk mena-han cipratan air maupun lumpur. Praktis dan mewah, menguta-makan fungsi yang mudah dilihat serta digunakan oleh pengendara seperti panel instrument yang

    elegan, pijakan kaki dari alumu-nium serta tempat penyimpanan yang praktis.

    Kendaraan ini mengusung per-forma mesin 125cc. Ini jelas bahwa Suzuki Skydrive mengu-tamakan performa mesin terbaik dikelasnya dengan beberapa fitur seperti mesin 125cc yang tangguh, silinder aluminium ber-krom, teknologi PAIR, saringan udara ganda dan transmisi super CVT untuk akselerasi yang re-sponsive. SCEM (Suzuki Com-posite Electrochemical Material) merupakan sebuah teknologi yang hanya digunakan oleh Su-zuki. Dengan kata lain SCEM menggunakan silinder aluminium ber-krom sehingga memberikan dampak terhadap performa mesin yang bertenaga dibandingkan silinder konvensional, membuat panas cepat lepas serta irit bahan bakar.

    Selanjutnya intake dengan efisiensi tinggi (pembersih udara

    Performa Mesin Bertenaga dan Tak TertandingiLEBIH BERTENAGA :Skydrive merupakan motor matic dengan performa mesin yang tangguh dan tak tertandingi. Uang muka mulai Rp 800.000, motor langsung bisa dibawa pulang.

    ganda) yang memiliki ukuran lebih besar sehingga suplai udara yang masuk ke mesin lebih besar. Terdapat pra-filter udara dan filter udara sehingga debu yang ter-

    b a n g dari ban dapat ter-

    saring dengan baik. SJCS (Suzu-ki jet cooling system) merupakan

    teknologi pe-nyemprotan oli secara

    langsung ke piston untuk mend-inginkannya sehingga kinerja mesin lebih efisien.

    Selain teknologi tersebut diatas, Suzuki menambahkan teknologi yang diterapkan diseluruh varian-nya yaitu teknologi PAIR (pulsed secondary air injection system) yang merupakan sistem pem-buangan terakhir pada knal-pot sehingga emisi gas buang berkurang.

    Skrydrive juga ditunjang dengan aspek pendukung kemudahan dan kenyamanan pengendara antara lain dek pijakan depan lapang, pijakan kaki belakang yang memperhatikan sudut tekuk kaki pembonceng. Suspense tipe center-axle yang memperingan bobot kendaraan, lampu depan memberikan daya penerangan yang lebih baik, panel instrumen yang mudah dibaca, bagasi yang berukuran pas untuk menyimpan berbagai barang, box penyim-panan dan sebuah gantungan serta pengaman kunci kontak yang dilindungi oleh pelindung besi yang dapat dibuka meng-

    gunakan magnet. Hal tersebut diatas merupakan

    rangkaian persembahan Suzuki untuk dapat memberikan nilai kemudahan serta kenyamanan bagi pengendara. Berbagai macam bentuk kemudahan baik itu dari segi performa, desain serta perlengkapan pendukung kami tanamkan dalam varian Suzuki Skydrive sehingga mem-buat salah satu varian matic kami dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi konsumen yang ingin memiliki kendaraan, ujar Hartono Marketing Manager CV Samudera Bersaudara, diler resmi motor Suzuki di Jambi.

    Tak hanya itu, lanjut Hartono, kami juga memberikan fasili-tas subsidi sampai dengan Rp 700.000 khusus untuk Skydrive. Perlu diketahui bagi konsumen yang ingin memil ik i Suzuki Skydrive cukup membayar Rp 800.000 dan bisa langsung bawa motornya.(ynn)

    JAMBI-Perhatian yang be-sar terhadap dunia pendidikan dicurahkan pabrikan otomotif Daihatsu lewat perwakilannya, PT Surya Sentosa Primatama (SSP) selaku Autorized Dealer di Jambi.

    Ya, demi pengembangan kom-petensi anak didik, Daihatsu berkenan mensponsori kegia-tan Lomba Kompetensi Siwa (LKS) SMK se-Provinsi Jambi Tahun 2010 untuk bidang lomba Automotive Technology yang diselenggarakan Dinas Pendidi-kan Nasional (Diknas) Provinsi Jambi di Pelataran Parkir Hotel Ratu, 4-7 Oktober 2010.

    Keikutsertaan Daihatsu da-lam ajang ini, sekaligus men-jadi bukti, bahwa pabrikan yang memproduksi mobil Xenia yang cukup laris ini tidak abai terhadap tanggung jawabnya untuk mem-bangun masyarakat. Ini acara yang sangat baik. Karena me-libatkan dunia pendidikan, teru-

    atama siswa sekolah. Jadi, kami tanpa pikir panjang, ingin sekali berpartisapasi dalam kegiatan ini, kata Warno Kepala Diler PT Surya Sentosa Primatama saat ditemui di lokasi kegiatan, kemarin (6/10).

    Dalam lomba kompetensi me-kanik ini, para peserta wajib membuktikan kelihaian dalam mengutak-atik ataupun meny-usun berbagai komponen yang terkait dengan mesin dan lain se-bagainya. Dua kendaraan Daihat-su, varian Xenia dan Terios harus rela menjadi sasaran uji kompetensi ini.

    Di ajang ini, ada 4 kompetensi yang diperlombakan, yaitu kom-petensi mecanical engine, alat ukur, electrical dan pengereman. Masing-masing mekanik' dari setiap sekolah dengan didamp-ingi satu orang juri independent dari SSP, harus melewati berba-gai tantangan baik membongkar, memasang maupun menyusun

    beragam komponen mesin yang terbilang sangat rumit.

    Sementara itu, dari pihak pe-nyelenggara menyambut hangat atas perkenan Daihatsu dalam mendukung kegiatan ini. Du-kungan dari Daihatsu, khususnya PT Surya Sentosa Primatama, terhadap kegiatan ini sangat berarti sekali bagi kami, pihak pe-nyelenggara. Mudah-mudahan kerjasama ini bisa berlanjut terus ke depannya, terang Hamidi, salah seorang panitia dari Dik-nas Provinsi Jambi Bidang Bina SMK di lokasi yang sama.

    Hamidi mengungkapkan, mo-bil keluaran Daihatsu merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak jumlah penggunanya, otomatis di mata kebanyakan mekanik dan juga siswa bidang otomotif, keberadaan mesin mobil ini sudah tidak asing bagi. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa kami men-gundang pihak Daihatsu untuk

    Daihatsu Jambi SponsoriLomba Kompetensi Siswa SMK

    UTAK-ATIK: Seorang peserta sedang menyusun kembali komponen mesin usai dibongkarnya, didampingi Warno, Kepala Diler Daihatsu PT Surya Sentosa Primatama yang juga sebagai tim penilai LKS.

    Tes Kompetensi Alat Ukur

    JAMBI-Beribadah Haji di Ta-nah Suci selalu menjadi momen penting bagi siapapun. Karena itu, komunikasi dengan kelu-arga di rumah menjadi kebutuhan utama setiap jamaah haji. Tahun ini PT XL Axiata Tbk (XL) secara khusus menghadirkan program promo yang akan sangat memper-mudah pelanggan dan masyarakat Indonesia yang melaksanakan ibadah haji serta kerabatnya di tanah air dengan tarif yang ringan untuk layanan jelajah internasional nelpon, SMS, juga XL Blackberry. Program promo yang berlaku untuk pelanggan XL Prabayar dan Pasca Bayar ini berlaku mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2010.

    GM Sales Operation XL Sum-bagsel, Dodyk Supriyono , men-gatakan, Tarif telekomunikasi di Arab Saudi adalah salah satu yang termahal di dunia. Beruntung, XL bisa bekerjasama dengan Etisalat Mobily sebagai partner yang memiliki layanan seluler di Arab Saudi sehingga memung-kinkan kami untuk menyeleng-garakan program promo berbagai layanan dengan tarif yang ringan sebagai solusi berkomunikasi bagi jamaah haji Indonesia dan kerabatnya di tanah air.

    Untuk layanan nelpon murah, kerabat jemaah Haji di Indonesia yang menggunakan nomor XL Prabayar maupun XL Pasca Ba-yar bisa nelpon ke jemaah di Arab Saudi dengan kode 01000 dari Indonesia ke nomor lokal Arab Saudi. Caranya : ketik 01000 + kode Arab Saudi (966) + nomor

    XL Hadirkan Program XL HajiTingkatkan KenyamananKomunikasi PelangganSelama di Tanah Suci

    LAYANAN HAJI :Pelanggan XL mulai bisa menikmati program promo menarik yang menawarkan kemu-dahan dalam berkomunikasi saat melaksanakan ibadah haji dengan tarif yang ringan untuk layanan jelajah internasional nelpon, SMS, juga XL Blackberry. Ini berlaku mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2010.

    telpon yang dituju. Contoh : 01000966xxxxxxxx. Setiap me-nelpon selama 3 menit ke nomor lokal di Arab Saudi, pelanggan akan mendapatkan bonus gratis 1,5 menit. Tarif nelpon yang dikenakan bagi pelanggan XL Prabayar maupun XL Pasca Ba-yar adalah Rp 1800/menit untuk 3 menit pertama ke nomor lokal Arab Saudi.

    Program promo ini juga mem-berikan diskon bagi layanan jelajah internasional hingga 60 persen bagi pengguna XL Prabayar maupun Pasca Bayar yang menerima telpon selama berada di Arab Saudi. Sementara itu untuk pelanggan XL yang menelepon ke Indonesia dari

    berpartispasi dalam kegiatan ini, tegas Hamidi.

    Kegiatan ini sendiri diramaikan oleh belasan siswa SMK yang telah diseleksi secara ketak di wilayahnya masing-masing. Ada 9 sekolah mengikuti ajang ini, yaitu SMKN 1 Sarolangun, SMKN 2 Sungai Penuh, SMKN 1 Tanjabbar, SMKN 2 Tebo, SMKN 1 Merlung, SMKN 1

    Muaro Bungo, SMKN 2 Batang-hari, SMKN 1 Muaro Jambi dan SMKN Yadika sebagai per-wakilan Kota Jambi. Penyan-dang sabuk juara dalam ajang ini akan secara resmi dikirim ke Jakarta mewakili Provinsi Jambi, untuk kembali bertarung dalam lomba yang sama, namun pada tingkat nasional. Selamat berlomba! (asa/ikl)

    Saudi akan mendapatkan diskon hingga 25 persen. Untuk men-erima SMS, pelanggan tidak akan terkena biaya apapun selama berada di Tanah Suci. Apabila mengirimkan SMS, akan dikena-kan tarif Rp 4.000/SMS.

    Program promo XL Haji juga memungkinkan pelanggan tetap bisa memanfaatkan layanan BlackBerry-nya hanya den-gan tarif Rp 75.000/hari. Tarif ini sudah termasuk pajak dan pelanggan akan mendapatkan layanan XL BlackBerry Internet Service (BIS) secara lengkap baik untuk browsing, email ataupun chatting sepuasnya. Pelanggan XL BlackBerry Pasca Bayar dapat menggunakan layanan ini dengan terlebih dulu membuka layanan jelajah internasional melalui customer service XL. Sementara itu bagi pelanggan XL BlackBerry Prabayar dapat mengakses layanan ini melalui *123# atau SMS ke 568 dengan mengetik ROAMING(spasi)HAJI kirim ke 568, lalu ketik YA(spasi)HAJI kirim ke 568. Untuk berhenti berlangganan, cukup ketik HAJI(spasi)OFF kirim ke 568.

    Dan untuk memberikan ke-mudahan dan kenyamanan bagi

    pelanggan XL dalam memper-oleh informasi tentang berbagai layanan XL selama di tanah suci, maka XL juga membuka posko di Arab Saudi. Akan ada lima posko di sana, tiga di antaranya berada di Makkah, yaitu di Jalan Misfallah (antara Hotel Hilton & Hotel Firdaus), Jalan Al Ajyad (antara Guest House Kerajaan & RS Ajyad), dan Posko Kantor Misi Haji Indonesia (setelah Te-rowongan Al Mu'asim). Posko lainnya berada di Madinah, yaitu Dallah Madinah Al Munawarah (depan Hotel Hilton) dan Daker Madinah, Jl. Sahid Ash Shuhada, Jabal Uhud. Informasi lebih lan-jut mengenai program promo ini bisa dilihat di www.xl.co.id.

    Hingga semester pertama 2010 jumlah pelanggan XL telah men-capai sebanyak 35,2 juta pelang-gan. Layanan XL didukung dengan ketersediaan jaringan infrastruktur BTS sejumlah lebih dari 20.888 BTS (2G/3G) yang tersebar di seluruh Indonesia serta serta jaringan fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Sumatera dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke pulau Batam, Bangka, Belitung, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.(ynn)

    FOTO-FOTO: ARIF SUGIHARTO/JAMBI INDEPENDENT

    FOTO: ISTIMEWA/JAMBI INDEPENDENT

    FOTO: ISTIMEWA/JAMBI INDEPENDENT

  • Jambi IndependentKamis, 07 Oktober 2010

    Kami Metode yang tepat bagi anda dan mem-punyai sertifikat dari India spesialis mengobati penyaKit Lemah Syahwat, Impoten, Cepat KeLuar , Sperma encer, memperbesar jaka (btg), tidak mempunyai keturunan, Kenc-ing manis, Sakit pinggang, kurang gairah dalam hubungan suami istri, juga tersedia ramuan ambein khusus pria dan wanita tanpa operasi dan menghilangkan bau badan pria dan wanita. Juga tersedia ramuan untuk memperbesar payudara

    Ramuan ini alami, tanpa efek samping, jangan tunda lagi konsultasikan diri anda segera, kami dapat memberikan

    kartu garansiJam Praktek : 08.00 s/d 20.00 WIB . praktek setiap hari, hari

    libur tetap buka.

    Hp. 081274373700

    NOMOR : 8.422/N.5.3/PAKEM/II/2002

    Alamat :Jln. Prof. Dr Sumantri Brojonegoro No. 58 Simpang Pulai (Samping Apotik Beradat)

    NB : Spesial is mata tanpa operasi dan kami juga me -nyediakan ramuan untuk pe-nyakit mata min-plus, ma ta me-rah, rabun jauh/dekat, ka tarak, mata berku nang-ku nang akibat diabetes baik pria maupun wani-ta muda/tua, yang berkaca

    PUSAT PENGOBATAN

    TRADISIONAL INDIA

    PUSAT PENGOBATAN TRADISIONAL

    HindustanSPESIALIS SyAwAT DAN mATA TANPA

    OPERASI UNTUk UmUm

    Bapak Tabib G S PunjabiHp: 0812 7858 099

    Praktek setiap hari hari pukul 08.00 wib sampai 21.00 wib Hari Libur Tetap Buka

    JL. Hos Cokroaminoto No 32 Psr keluarga + 100 meter dari Tugu Juang Siping ke arah Simpang kawat Jambi. Izin Depkes 735/1993

    Ramuan kami diracik oleh pakar Tabib langsung dari Gunung Himalaya Hidustan Menyembuhkan:Syawat - Lemah Syawat -Cepat Keluar - Impoten -Tidah Punya Keturunan - Perbesar Zakar - Ambieyen -Asma -Asam Urat - Kencing ManisMata - Memerah - Katarak - Rabun Jauh - Rabun Dekat - Slinder - Min Plus - Berlemak - Berair - Mudah PerihRamuan kami tiada duanya, pertama dan paling mujarap di Indonesia. Sudah ribuan pasien berhasil disembuhkan. Bagi anda yang mempunyai keluhan soal syawat dan mata segera konsultasikan kepada kami. Percayalah tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan jika Anda mau berobat.Keharmonisan rumah tangga yang paling penting dalam hidup.

    Ramuan kami alami tanpa efek samping, cukup satu kali berobat dijamin sembuh untuk selamanya, kami bisa berikan garansi untuk itu.

  • Jambi Independent Kamis, 07 oktober 2010

    Ketika saya tiba di Tarahan, satu boiler-nya sudah berhasil diperbaiki. Bulan depan giliran boiler unit-2 pun bisa sembuh total. Tim PLN telah belajar banyak dari kasus itu. Kini, mereka tahu kelemahan apa saja di sistem boiler CFB. Baik yang buatan Eropa sep-erti di Tarahan maupun yang buatan Tiongkok seperti yang di Labuan Angin. Banyak bagian di boiler sistem itu yang rusak karena ka-lah oleh flow batu bara.

    Untuk mengatasi persoalan tersebut, saya lebih bangga kalau tim PLN sendiri yang menga-tasi. Sambil belajar keras. Saya tidak mau PLN bergantung pada tenaga asing. Maka, kami pun memutuskan agar PLTU Tarahan dijadikan pusat kajian dan pusat belajar untuk sistem CFB.

    Memiliki kemampuan sendiri tersebut penting karena PLN segera memiliki banyak sekali pembangkit baru yang meng-gunakan sistem CFB. Yakni, PLTU-PLTU proyek 10.000 MW tahap I. Mengoperasikan PLTU dengan boiler sistem CFB me-mang barang baru bagi PLN.

    Untuk membina kemampuan diri sendiri itu pula, di Tarahan dibangun fasilitas simulasi pen-goperasian CFB. Di sinilah para calon operator PLTU CFB bisa belajar. Selesai meninjau PLTU tersebut, perjalanan dilanjutkan ke proyek PLTU Tarahan Baru yang berjarak hanya setengah jam perjalanan darat. Itulah proyek 10.000 MW di Lampung yang mulainya sudah sangat terlam-bat. Di sini, kami mendiskusikan bagaimana caranya agar unit-1 PLTU itu sudah bisa sinkron Juni tahun depan. Mengapa Juni?

    Juni adalah awal musim ke-marau. Setiap musim kemarau, Sumbagsel selalu mengalami kri-sis listrik. Tidak pernah teratasi. Itu terjadi karena danau untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Maninjau, Singkarak, dan Bukit Panjang kekurangan air. Akibatnya, wilayah tersebut bisa kehilangan listrik sampai 350 MW.

    Kalau saja PLTU Tarahan da-lam keadaan sehat dan unit-1 Tarahan Baru berhasil beroperasi, kekurangan 350 MW itu bisa tertutupi. Apalagi, PLTU milik swasta di Simpang Blimbing, dekat Prabumulih, juga akan selesai pada Juni tahun depan. Di atas kertas, kekurangan listrik akibat kemarau akan bisa diatasi karena dari Simpang Blimbing

    akan dapat tambahan 230 MW.Menjelang senja, kami me-

    luncur ke pedalaman. Teman-teman PLN di Kota Metro sudah menunggu. Banyak persoalan di kawasan itu. Mulai tegangan lis-trik yang tidak stabil, banyaknya kecurangan dalam penyambun-gan, sampai soal nasib sekitar 100.000 rumah yang berlang-ganan listrik lewat koperasi yang menginginkan pindah ke PLN.

    Jajaran PLN di Lampung kini memang lagi gencar melakukan berbagai penertiban. Tak ayal bila reaksi keras bermunculan. Teru-tama dari mereka yang merasa akan kehilangan objekan. Sangat banyak SMS dari Lampung yang masuk ke HP saya. Umumnya berisi caci-maki kepada jajaran PLN. Dalam dialog di Metro itu, salah seorang pimpinan PLN setempat mengemukakan keg-alauan perasaannya. Dia khawatir jangan-jangan saya terpengaruh oleh SMS-SMS tersebut.

    Di situ saya kemukakan bahwa saya bisa membedakan mana SMS yang tulus dan mana SMS yang bulus. Maka, saya tegaskan: Direksi PLN berdiri tegak men-dukung upaya penertiban yang dilakukan di Lampung.

    Tepuk tangan bergema keras. Itu pertanda bahwa teman-teman PLN Lampung tidak akan gen-tar memerangi praktik-praktik curang selama ini.

    Soal tidak stabilnya tegangan juga bisa dipecahkan dalam dia-log tersebut. Sebab, dalam rom-bongan itu, ikut juga Direktur Operasi Indonesia Barat Harry Jaya Pahlawan, Direktur Per-encanaan dan Teknologi Nasri Sebayang, serta beberapa staf penting PLN. Saya lihat gardu induk di dekat sini sudah selesai dibangun. Apakah bisa segera di-fungsikan? tanya seorang mana-jer di Metro.

    Kesimpulan dialog: bisa! Maka, malam itu juga gardu induk terse-but bisa dioperasikan. Memang masih ada masalah kecil, namun tiga hari setelah itu benar-benar bisa menyelesaikan keluhan tegangan yang sudah bertahun-tahun lamanya.

    Pukul 21.00, kami berhenti di kantor PLN Ranting Kota Bumi. Ternyata, masih banyak kary-awan yang menunggu. Karena banyak pegawai baru yang lati-han kerja di ranting itu, kami pun berdoa mudah-mudahan mereka yang umumnya masih bujangan tersebut bisa segera mendapatkan

    jodoh di desa itu. Kalau tidak, he he, mereka akan minta cepat-cepat dipindah ke Jawa.

    Karena baru pukul 00.00 tiba di Baturaja, malam itu hanya sempat tidur empat jam. Pukul 05.00, rombongan sudah harus bergerak ke proyek PLTU Simpang Blimb-ing yang sudah saya sebut di atas. Letaknya jauh di pedalaman hutan karet Sumatera Selatan.

    Itulah PLTU mulut tambang satu-satunya yang sudah dikerja-kan. Puluhan proyek PLTU mulut tambang lainnya baru sampai di bibir belaka. Saya menyampaikan penghargaan kepada pimpinan Shenhua atas keseriusan inves-tor ini. Di Simpang Blimbing, kami bisa melihat sistem kerja yang sangat profesional. Semua serba teratur: penyiapan lahan-nya, penempatan materialnya, flow pekerjaannya, dan kerapian proyeknya. Dan yang lebih pent-ing: ketepatan jadwal penyelesai-annya, Juni 2011.

    Proyek Simpang Blimbing juga merupakan PLTU pertama di In-donesia yang akan menggunakan mesin pengering batu bara. Me-mang, moistur (tingkat kebasa-han) batu bara Simpang Blimbing sangat tinggi. Hampir 50 persen. Kalorinya ternyata juga hanya 2.300. Namun, dengan mesin pengering itu, batu bara yang be-gitu jelek bisa dimanfaatkan.

    Dari sini, perjalanan terus menu-ju utara membelah bagian tengah Pulau Sumatera. Tengah hari, sampailah di PLTU Bukit Asam. Lalu, mampir lagi di kantor PLN Cabang Lahat, Cabang Lubuk Linggau, dan pukul 21.00 tiba di lokasi PLTU kecil Sarolangun. Itu sudah bukan di wilayah Lam-pung atau Sumsel, melainkan sudah masuk Provinsi Jambi.

    Di wilayah itulah saya mendap-atkan renungan yang dalam. Akan diapakankah batu bara yang begitu melimpah di kawasan pedalaman Sumatera ini? Kawasan itu be-gitu jauh dari pantai. Untuk men-gangkutnya ke pantai timur, perlu membuat jalan 300 km. Ke pantai barat terhalang pegunungan Bukit Barisan. Saya mendiskusikannya sepanjang jalan.

    Mungkinkah batu bara yang melimpah tersebut bisa menjadi sumber kemakmuran rakyat se-tempat? Apa peran PLN untuk pertumbuhan ekonomi wilayah itu? Dari sinilah kami berpikir untuk membangun saja PLTU-PLTU besar mulut tambang beri-kutnya. Baik untuk kepentingan

    Sumatera masa depan maupun untuk ekspor listrik ke Malaysia. Apalagi, transmisi 275 kv trans-Sumatera telah selesai diban-gun dan tepat melewati kawasan itu. Lebih baik mengirim listrik daripada mengirim batu bara ke mana-mana.

    Di pedalaman Jambi ini ke-luhan akan listrik juga sama: tegangan yang tidak stabil. Mak-lum, kawasan tersebut jauh dari mana-mana. Selesainya PLTU kecil (2 x 7 MW) di Sarolangun (Oktober ini beroperasi) akan banyak membantu memperbaiki tegangan tersebut. Itulah PLTU kecil tapi cabai rawit.

    Maka, dalam peninjauan terse-but, saya kemukakan satu filsafat kuno. Gunung tidak harus ting-gi, yang penting ada dewanya. Sungai tidak perlu dalam, yang penting ada naganya. Orang hidup itu tidak harus hebat dan serba besar. Yang penting bisa penuh arti atau tidak. Saya lebih menghargai proyek kecil yang penuh arti daripada proyek besar yang tidak jelas tujuannya.

    Di kota kecil Sarolangun itu, saya juga belajar menahan diri. Dalam acara makan malam ber-sama bupati setempat, disajikan-lah durian kebanggaan setempat. Yakni, durian yang jumlahnya tidak banyak tapi selalu dicari orang sampai mancanegara. Na-manya durian hujan emas.

    Saya sungguh tidak tahan me-mandangnya. Air liur saya mulai menggenangi mulut. Sebenarnya, saya tidak berminat menyentuh-nya. Tapi, air liur itu telah lebih dulu menggerakkan tangan saya. Lap! Sejumput durian masuk ke mulut. Bukan main lezatnya. Pimpinan Jambi Ekspres (Jawa Pos Gorup) yang mencegat saya di Sarolangun melihat itu. Dia segera menyingkirkan sisanya. Saya pun selamat dari ambisi be-sar menghabiskan si hujan emas.

    Di Sarolangun, saya juga hanya tidur beberapa jam. Sebelum subuh sudah harus meneruskan perjalanan ke Ombilin. Tentu harus mampir di Bangko untuk salat subuh dan untuk memenuhi keinginan arus bawah yang kuat: toilet.

    Tentu kami pusing di Ombilin. Mau diapakan PLTU Ombilin yang 2 x 100 MW itu? Konsep awal PLTU tersebut adalah mulut tambang. Ombilin memang kota batu bara yang amat legendaris. Sejak zaman Belanda sudah ada tambang batu bara di dekat Kota Sawahlunto ini. Masih terlihat

    Makanya, mereka juga men-gajak orang tua masing-masing. Ditanya itu, Zaskia ogah men-jawab. Kita hanya berlibur. Mamaku di Singapura lagi tidak ada kerjaan juga. Memang udah lama nggak ke Bali, seru-seruan aja, tegas saudara kandung Shireen Sungkar.

    Artis berusia 20 tahun itu sudah mantap menjalin hubun-gan dengan Irwansyah. Ia ber-harap hubungannya dengan Irwansyah berjalan langgeng dan bertahan lama tanpa ter-ganggu masalah gosip-gosip tak sedap.

    Aku sudah akrab kalau sama

    adik-adiknya dan aku emang deket banget sama orang tuanya juga, asyik banget. Karena me-mang mereka sekeluarga asyik semua. Insya Allah, dengan adanya kedekatan ini menun-jukan nggak ada masalah dan (hubungan, red) kita baik-baik saja, tandasnya.(jpnn)

    Berlibur di Bali dengan Pacar ----------------------------dari hal 1

    Menyusuri Sumatera lewat Hollywood --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------dari hal 1bekas-bekas peninggalan tua di mana-mana. Tapi, batu bara itu menipis. PLTU kita yang masih relatif baru tidak mendapatkan pasokan yang cukup. Terpak-salah sebagian besar batu bara didatangkan dari Jambi. Jaraknya 200 km! Alangkah dilematisnya PLTU itu.

    Memang ada rencana PT Bukit Asam untuk menambang bawah tanah di Ombilin. Tapi, ternyata baru wacana. Saya perlu banyak ide untuk mengatasi persoalan tersebut. Kepada pimpinan daer-ah setempat, saya kemukakan barangkali hanya Tiongkok yang cocok mengerjakan tambang bawah tanah. Mungkin orang kita tidak cocok mengerjakan-nya. Terutama karena kita-kita ini harus sering istirahat keluar dari lubang tambang. Misalnya, untuk salat lima waktu. Masalah-nya: Apakah rakyat setempat rela melihat semua penambang itu datang dari luar negeri?

    Masih banyak yang harus kami singgahi hari itu: PLN Cabang Solok, PLTU Teluk Sirih, PLN Cabang Padang, dan P3B Sumat-era. Di Cabang Solok, kami me-langsungkan dialog di teras saja. Ditemani kue-kue lokal yang amat lezat. Teman-teman PLN Solok sudah menyiapkan acara di gedung pertemuan. Namun, karena kami sudah berjam-jam berada di ruangan sempit (mobil), kami ingin agar bisa agak lama di udara terbuka.

    Dalam dialog di taman itulah persoalan tegangan di kawasan tersebut juga berhasil dipecahkan. Di kota kecil Lubuk Gadang dan Liku, misalnya, tegangan listrik tinggal 9 dari yang seharusnya 20 atau 21. Tegangan di situ begitu jelek karena berjarak 240 km dari gardu induk terdekat. Itulah, saya

    pikir, jaringan penyulang 20 kv terpanjang di Indonesia. Maka, saya buka diskusi untuk menye-lesaikannya. Akhirnya, pimpinan tertinggi PLN Sumbar, Krisna Simbaputra, menemukan jalan keluar. Salah satu genset di Kota Sungai Penuh akan dipindah ke kota kecil itu. Fungsinya untuk memperbaiki tegangan.

    Memang ada persoalan sosial: Apakah rakyat Sungai Penuh yang belum lama bergembira karena terbebas dari krisis listrik itu tidak marah? Kalau salah satu pem-bangkit di kota tersebut dipindah, bisa saja masyarakat mengira akan terjadi krisis listrik lagi. Itu mirip dengan suasana di Medan.

    Sebenarnya ada beberapa pem-bangkit di Medan yang sudah men-ganggur. Namun, PLN tidak berani memindahnya sekadar karena ingin menjaga perasaan orang Medan. Rakyat Medan masih trauma den-gan krisis listrik yang akut pada masa lalu. Mereka khawatir krisis listrik akan terulang kalau mesin dipindah. Padahal, tidak begitu. Lalu, bagaimana agar masyarakat tetap tenang? Mungkin pemin-dahannya dilakukan pukul 00.00 menunggu orang tidur semua.

    Kabel 20 kv yang mencapai 240 km seperti itu jelas tidak baik. Seharusnya ada gardu induk di tengah-tengahnya. Tapi, di Padang ternyata ada yang lebih panjang: 270 km! Rasanya, itulah penyulang yang benar-benar ter-panjang di Indonesia. Yakni, jar-ingan dari Padang yang menuju Kota Indrapura dan Tapan arah Bengkulu. Tegangan juga payah di sini. Untuk itu, tidak ada jalan lain kecuali menambah gardu induk di tengahnya.

    Ketika seluruh karyawan PLN Padang selesai salat Asar berja-maah di masjid PLN Cabang Pa-

    dang, saya diminta memberikan ceramah. Saya manfaatkan waktu itu tidak untuk berkhotbah, tapi untuk mendiskusikan persoalan tegangan di Tapan tersebut.

    Ternyata, PLN setempat siap dengan jalan keluar. Akan diban-gun GI khusus dengan peralatan yang dicarikan di berbagai gu-dang PLN di seluruh Indonesia. Dalam waktu enam bulan, GI itu sudah akan selesai dibangun. Di masjid tersebut, sambil lesehan, persoalan berat puluhan tahun itu terselesaikan.

    Perjalanan panjang tiga hari ini seperti happy ending di Te-luk Sirih, tidak jauh dari Teluk Bayur. Di proyek PLTU 2 x 100 MW ini, saya menemukan sikap manajer proyek yang menge-sankan. Jalan masuk ke proyek itu memang masih payah, apal-agi sedang diguyur hujan. Tapi, proyek tersebut kayaknya tidak akan banyak persoalan.

    Ketika kami tiba di lokasi, sang manajer mengatakan begini: Bapak-bapak, serahkan proyek ini kepada kami, berikan kami kepercayaan, akan kami jalankan dengan penuh tanggung jawab dan akan selesai tepat waktu. Kami hanya perlu doa saja!

    Mendengar sapaan itu, saya dan teman direksi saling berpandangan. Lalu, kami memutuskan untuk tidak banyak cakap. Bahkan tidak jadi turun dari mobil. Inilah pimpi-nan proyek yang berkarakter, komentar Nasri Sebayang. Kalau semua kepala proyek seperti ini, cerita 10.000 MW akan lain, sambung Harry Jaya Pahlawan.

    Maka, kami pun langsung ke Bandara Padang. Kelelahan jalan darat selama tiga hari seperti tero-bati. Bahkan, saya sampai lupa mencatat nama manajer proyek yang hebat itu!(*)

    Tetangganya memberi tahu bahwa Slamet sedang berjualan rokok keliling di perempatan besar dekat BRI Cabang Kutoarjo (bukan berjualan rokok di ru-mah seperti diberitakan kemarin, red).

    Tapi, ketika pangkalan Slamet didatangi, bapak tiga anak itu ternyata sudah pergi. Wong, ba-rusan dia di sini. Mungkin masih di sekitar sini saja, kata seorang tukang becak. Lha itu orang yang pakai baju biru berjalan ke timur. Ya, itu Slamet Bintaro, tambah si tukang becak sambil menunjuk ke arah pria gaek yang berjalan sambil membawa kotak rokok di dadanya.

    Slamet yang mengenakan baju biru lusuh dan topi biru berjalan di trotoar dengan tertatih-tatih. Di pundaknya tergantung tas berisi beberapa bungkus rokok yang dijual keliling. Dia kaget ketika disapa dengan nama Slamet Bintaro. Namun, setelah diajak makan di sebuah warung, dengan antusias Slamet menceritakan tra-gedi kecelakaan kereta yang ter-jadi pada Senin Pon, 19 Oktober 1987, pukul 07.30 tersebut.

    Tabrakan frontal dua KA itu di-anggap sebagai kecelakaan terbu-ruk dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Selain menewaskan 156 orang, tabrakan tersebut melukai sekitar 300 penumpang

    lainnya.Dalam kasus itu, Slamet akh-

    irnya dihukum lima tahun pen-jara. Begitu bebas dari Lapas Cipinang pada 1993, Slamet masih boleh ngantor, meski han-ya disuruh apel pagi. Namun, pada 1994, dia diberhentikan dengan tidak hormat.

    Secara otomatis dia tidak mendapatkan uang pensiun. Pa-dahal, Slamet mulai mengabdi di PJKA (kini PT KA) sejak 1964 dan mulai 1971 menjadi masinis. Pengabdian saya selama puluhan tahun seperti tidak berarti, ujar suami Tuginem (45), itu dengan nada kelu. Tuginem merupakan istri kedua Slamet.

    Istri pertamanya, Kasmi, kawin lagi dengan masinis kawan Slamet ketika laki-laki berkulit hitam legam itu menjalani huku-man di Lapas Cipinang.

    Slamet kemudian membongkar isi tas cangklongnya. Selain rokok, ternyata Slamet ke mana-mana membawa surat-surat penting yang menjadi saksi bisu pengab-dian dirinya sebagai masinis.

    Di antaranya, surat tanda pen-genal masinis dan surat pember-hentian dirinya oleh Kementerian Perhubungan.

    Dia tampak terluka. Selain mera-sa menjadi kambing hitam dalam tragedi Bintaro, dia mendapatkan tekanan dari mana-mana. Dia men-

    jalani pemeriksaan yang melelah-kan dan membuatnya stres.

    Dia juga tiga kali pindah rumah sakit saat menjalani pengobatan luka-luka akibat kecelakaan itu. Pertama, dia dirawat di RS Pelni Jakarta. Namun, lantaran mendapat teror dari massa kor-ban Bintaro, Slamet kemudian diamankan dan dipindahkan ke RS Cipto Mangunkusuma, sebelum dipindah lagi ke RS Kramat Jati.

    Di ICU RS Kramat Jati, Slamet dirawat tiga bulan. Selama men-jalani perawatan itu, dia masih sering dimintai keterangan oleh aparat kepolisian. Bahkan, saya pernah diinterogasi dengan

    todongan pistol agar mengakui apa yang tidak saya lakukan. Namun, saya tetap kukuh karena saya menjalankan kereta setelah mendapat sinyal aman ketika masuk Bintaro. Saya sempat bi-lang, tembak saja Pak. Saya rela mati karena saya merasa tidak melakukan kesalahan, paparnya mengenang.

    Meski demikian, Slamet Binta-ro tetap menjadi terdakwa. Jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan saat itu menuntut Slamet dengan huku-man 14 tahun penjara. Namun, hakim menjatuhi hukuman lima tahun penjara.

    Setelah bebas dari Lapas Cipi-

    nang, Slamet Bintaro pulang ke kampung halaman, menemani istrinya yang bekerja sebagai buruh dan perajin emping. Slamet memilih berprofesi men-jadi pengasong rokok keliling untuk mengisi hari-harinya. Di perempatan BRI Kutoarjo yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Kutoarjo, saban hari dia dia menghabiskan waktu bersama para tukang becak dan tukang ojek yang mangkal di situ. Yang penting, pekerjaan saya halal. Saya tidak mencuri dan korupsi, tutur Slamet yang sehari rata-rata hanya menda-patkan penghasilan sekitar Rp 5.000.(*)

    Saat Jalani Hukuman, Istri Direbut Teman Sendiri --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- dari hal 1

    sambungan

  • Jambi IndependentKamis, 07 Oktober 2010

    SITI MASNIDAR,Jambi

    SALING KRITIKSITI MASNIDAR /JAMbI INDepeNDeNT

    SITI MASNIDAR /JAMbI INDepeNDeNT

    Hari Pertama Kampanye Masih Sepi

    Khusaini : Secara De Jure KamiKepengurusan yang Sah

    JAMBI Mantan Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi Khusaini, membantah posisi sekretaris yang dipercayakan kepada dirinya dan bendahara DPW PAN adalah sebagai klaim sepihak. Menurut dia, proses penetapan kepengurusan sudah dilakukan sesuai dengan mekanisme. Bahkan, rapat formatur tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Tim Formatur Hazrin Nurdin. Hadir juga tim formatur lainnya, yakni Chairul Naim M Anik, Hasan Ismail, Madian Siswadi, Sum Indra dan dirinya.

    Rapat i tu tertanggal 17 Agustus lalu. Dalam komposisi kepengurusan tersebut sedikit ada yang berubah, yakni untuk posisi bendahara. Awalnya, yang ditunjuk sebagai bendahara itu Wahyu Suganjar. Namun, Hasan Ismail meminta posisi bendahara karena faktor usia. Jadi posisi kepengurusan itu tidak ada yang bersifat

    klaim, terangnya, ketika dikonfirmasi melalui ponselnya, kemarin (6/10).

    Khusaini juga menegaskan, bahwa secara de jure pihaknya sudah sah dan diakui. Tinggal saja secara de facto masih dalam proses pengajuan ke DPP PAN. Sebenarnya saya ini tidak mau memperpanjang persoalan. Untuk itu, saya berharap agar tidak ada yang mengklaim atau diklaim dalam kepengurusan tersebut, tegasnya.

    Ketika ditanya alasannya memilih mundur dari sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi, Khusaini mengatakan dirinya sudah melayangkan surat pengunduran diri tersebut dengan alasan ingin beristirahat. Saya sudah capek, mungkin ingin istirahat dulu, jawabnya.

    Terpisah, Ketua DPW PAN

    P r o v i n s i J a m b i Hazrin Nurdin, ketika dikonfirmasikan mengaku belum juga menyelesaikan susunan kepengurusan DPW PAN. Hingga kini masih diproses. Sementara, dari hasil rapat kita baru pembentukan panitia pelantikan, katanya, ke

    marin (6/10).Ketika ditanyai soal posisi

    sekretaris. Nantilah, sekarang masih dalam proses pembahasan, jawabnya. Sebelumnya, sempat digemborgembor di beberapa media massa, posisi sekretaris dan bendahara sudah final. Namun, hal tersebut baru sebatas klaim.

    Menurut pengakuan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Hazrin Nurdin, hingga kini dirinya belum mengetahui namanama kepengurusan yang masih dibahas oleh formatur. (roz)

    Khusaini

    Panwas Awasi PNS dan Politik Uang Selama Kampanye, Kerahkan Personil hingga ke Desa

    JAMBI Masa kampanye Pemilukada Batanghari dimulai. Persaingan perebutan dukungan makin gencar. Kondisi ini membuat para cabup dan tim melakukan berbagai cara. Tentu saja ini rawan dengan tindakan pelanggaran pemilu.

    Anggota Panwas Batanghari

    Sufri Paninggoran, mengatakan, ada beberapa titik rawan tahapan yang diduga bakal terjadi dalam beberapa hari ke depan. Pertama, pengerahan PNS. Mengingat ada tiga kandidat yag pernah menjadi bupati dan masih menjabat. Tentu mereka memiliki pendukung di birokrasi. Ini yang rawan dikerahkan untuk ikut jadi tim dan berkampanye, katanya saat ditemui di kantor Panwas Batanghari, kemarin (6/10).

    Menurut dia, bagi PNS, selama ikut kampanye secara pasif tidak dilarang. Tapi melibatkan diri sebagai tim dan juru kampanye jelas dilarang. Kerawanan lain yang diduga

    berpotensi terjadi dalah penggunaan fasilitas negara dan kemungkinan penggunaan anggaran dari APBD.

    Ini bisa jadi. Tapi kita sulit mengeceknya. Apalagi sulit masuk dalam birokrasi. Misalnya kalau pakai mobil, diganti pelat hitam. Kita kan tidak hafal semua mobil di Batanghari ini, katanya.

    Kemudian, ada pengerahan kepala desa untuk mempengaruhi wilayahnya masingmasing. Menggunakan pertemuan kedinasan untuk menghadirkan cabup bersosialisasi hingga melakukan praktik politik uang (money politic).

    Sufri memprediksi praktik popo

    litik uang masih dilakukan kandidat. Hanya saja, sulit untuk mencari bukti dan saksi yang mau mengisi blangko temuan. Pengalaman pada pemilu legislatif, kita ada mengetahui, tapi mereka dak mau jadi saksi, katanya. Padahal untuk bisa memenuhi unsur dalam laporan, harus ada bukti dan dua saksi.

    Namun demikian, dia sudah menginstruksikan seluruh personel di bawahnya baik panwascam, pengawas pemilu lapangan (PPL) di sejumlah desa dan kelurahan untuk terus memantau dan mengawasi seluruh tahapan dan aktivitas tim dan cabup di wilayahnya masingmasing.(*)

    HArI pertama masa kampanye, kemarin (6/10), lima pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (CabupCawabup) Batanghari belum memanfaatkan untuk kegiatan rapat umum. Ini diketahui dari belum adanya permintaan surat tanda terima pemberitahuan (STTP). Masa kampaye sendiri sudah dimulai dengan penyampaian visi dan misi di DPRD, kemarin hinga tanggal 20 Oktober mendatang.

    Wakapolres Batanghari Kompol Edi Sumardi, memastikan hari pertama kampanye belum ada kandidat yang memanfaatkan untuk rapat umum. Namun diakuinya, sudah ada tiga cabup yang mengajukan STTP. Kemungkinan di atas tanggal 8 semuanya, katanya saat ditemui usai pemaparan visi dan misi cabup di DPRD Batanghari, kemarin (6/10).

    Soal pengamanan kampanye, menurut Edi, kepolisian siap mengamankan. Selain dari pol

    sek tempat wilayah rapat umum juga ada BKO dari Polda Jambi. Tidak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan empat personel untuk mengawal pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabupcawabup) untuk berlaga dalam pemilu kepala daerah. Untuk cabup, ada pengamanan yang melekat sebanyak empat orang, katanya.

    Dia berharap masyarakat bisa bekerja sama untuk menjaga keamanan diri, dengan tidak membawa yang tidak sepantasnya, seperti senjata tajam. Karena kita akan menindak tegas, katanya.

    Terpisah, sejumlah kandidat mengakui belum memanfaatkan harihari pertama. Ketua Tim Pemenangan FattahSinwan, Jasasila, belum bisa memastikan berapa kali jatah kampanye rapat umum akan diambil. Kalau sosialisasi terus. Tapi kalau rapat umum belum bisa dipastikan. Tapi yang menghadirkan jurkam nasional sekitar tanggal 14, katanya.

    Daerah Muarasebo Ulu dan Muarabulian sepertinya akan menjadi lokasi yang akan digunakan untuk rapat umum. Ketua Tim Kampanye SyahirsahErpan, Fithoni mengatakan, pihaknya memastikan akan mengambil jatah kampanye rapat umum selama lima kali, yakni tanggal 9, 10, 11, 14 dan 17. Rencananya hari ini, STTP akan kita urus, katanya.

    Berbeda Fithoni dan Jasasila, Ketua Tim Kampanye Ar dianFaisal mengaku tidak akan menggelar rapat umum. Namun, pihaknya akan memanfaatkan 14 hari ini untuk bentuk sosialisasi dalam bentuk lain. Kita punya cara sendiri untuk memanfaatkannya, katanya saat dihubungi, kemarin.

    Hal senada juga disampaikan, pasangan Hamdi RahmanJuhartono. Mereka memilih menggunakan jatah kampanye rapat umum dengan bentuk sosialisasi langsung masyarakat. (nid)

    SUNGAIPENUH Tes kesehatan Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota (CawakoCawawako) Sungaipenuh diundur. Molornya jadwal pemeriksaan kesehatan itu dikarenakan psikolog yang tidak sempat hadir ke Kerinci pada saat jadwal dilaksana

    kan.Ketua KPU Kabupaten Kerinci Wazirman,

    mengatakan, tes kesehatan rencananya akan d i l akukan oleh IDI Kabupaten Kerinci yang diketui oleh Dr R i s z a F a h l e f i pada tangal 15 Oktober . Tapi ,

    karena terkendala kehadiran psikolog, harus diundur menjadi 18 Oktober.

    Menurut dia, pengunduran ini diputuskan setelah KPUD berkonsultasi dengan IDI Kerinci, kemarin (6/10). Dalam pemeriksaan kesehatan itu juga akan didatangkan psikolog dari Jambi.

    Ya, setelah kita berkoordinasi dengan IDI, tes kesehatan untuk balon wali kota, kita undur menjadi 18 Oktober, karena pihak psikolog pada tanggal 15 Oktober ada acara di Jakarta, jelasnya.

    Hal senada juga diungkapkan Sekretaris KPUD Kota Su ngaipenuh Junaidi. Menurut dia, mereka terpaksa me

    nyesuaikan dengan jadwal fsikolog. Tadi (kemarin) kami telah berkoordinasi dengan IDI. Dalam pertemuan itu kita menyepakati akan melaksanakan tes kesehatan pada 1820 Oktober, selama tiga hari, katanya.

    Junaidi menambahkan, seiring dengan diundurnya jadwal tes kesehatan bagi balon wako dan wawako, pihaknya harus membuat surat kembali dan merevisi surat yang sudah disampaikan ke balon masingmasing terkait penundaan itu.

    Kita takutkan, mereka juga sudah punya rencana lain, makanya kita kirimkan surat revisi tentang tes kesehatan 1820 Oktober, kata dia. (ian)

    Terkendala Psikolog,Tes Kesehatan Cawako Diundur

    Wazirman

    Lima pasangan Cabup-Cawabup batanghari saat menyampaikan visi dan misi di DpRD batanghari, kemarin (6/10). pada acara ini antar kandidat sempat saling serang.

    KONVOI: pasangan Syahirsah-erpan saat konvoi dengan kendaraan hias, Senin (4/10) lalu.

  • Kamis, 07 Oktober 2010Jambi Independent

    PILbuP tanjab barat

    Kandidat Bersaing Rebut 15 Suara Debat Kandidat Digelar di Hotel Mulia SetelaH melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait,

    KPUD Kabupaten Tanjab Barat akhirnya memilih Hotel Mulia, di Jalan Parit Gompong sebagai lokasi tempat berlangsungnya debat kandidat pasangan calon Bupati Kabupaten Tanjab Barat. Jadwal kegiatan debat antar calon kepala daerah akan digelar sebanyak tiga kali.

    Debat pertama pada hari Jumat (8/10). Materinya ekonomi dan pembangunan. Panelisnya adalah Prof Dr H Aulia Tasman. Kemudian, debat antar calon wakil bupati akan dilaksanakan pada Selasa (12/10) dengan panelis Dr Sihol Situngkir. Untuk dua debat waktunya sama yakni pukul 20.00.

    Sedangkan debat ketiga akan diselenggarakan pada Sabtu (16/10),

    pukul 20.00. Materinya pendidikan agama, sosial dan budaya. Panelis yang akan hadir Prof Dr H Muchtar Latif M.Pd . Materi debat pasangan calon adalah visi misi pasangan calon yang akan dijadikan RPJP atau RPJM Kabupaten Tanjab Barat periode 2011-2016, kata anggota KPUD divisi kampanye Sri Kasneli diamini Ketua KPUD Tanjab Barat Syahrial.

    Soal kehadiran kedua pasangan kandidat untuk mengikuti acara debat tersebut, Syahrial mengaku tidak mengetahui secara pasti. Yang jelas, kata dia, untuk masing masing kandidat akan diberikan undangan dan jadwal debat. Yang jelas kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk debat itu. Termasuk undangan pemberitahuan kepada masing masing kandidat. Me-ngenai kesiapannya silakan tanyakan langsung kepada kandidat bersangkutan, kata Syahrial.

    Menurut dia, salah satu persyaratan untuk mengikuti debat bagi calon incumbent harus cuti.(aki)

    Hari ini, Musdalub Golkar Kerinci Digelar

    JaMBI - Hari ini (7/10) diadakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Partai Golkar Kabupaten Kerinci. Acara tersebut berlangsung di Kantor PD I Golkar Provinsi Jam-bi, pukul 09.00. Acara itu akan dibuka oleh Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi Zoerman Manap.

    Dari arena musdalub tersebut, para kandidat nantinya akan memperebut-kan dukungan 15 suara. Rinciannya, 12 suara dari pengurus kecamatan (PK), satu suara organisasi sayap, satu suara organisasi didirikan dan mendirikan, serta satu suara DPD I Golkar Provinsi Jambi.

    Kita berharap banyak kader Golkar yang ikut mencalonkan diri dalam musdalub nanti. Hingga sekarang (ke-marin) kita belum mengetahui siapa yang akan maju, ungkap Ketua Pani-tia Pelaksana (OC) Musdalub Golkar Kerinci Sy Pasha, dalam jumpa pers, kemarin (6/10).

    Untuk diketahui, pelaksanaan mus-dalub tersebut dilakukan karena ter-hitung sejak 5 Juli lalu, Ketua DPD Golkar Kerinci Murasman, yang kini menjabat Bupati Kerinci mengun-durkan diri dengan alasan kesibukan sebagai pejabat daerah.

    Dengan adanya surat pengunduran diri tersebut, kita langsung melakukan pleno dan sepakat untuk melaksana-kan musdalub sesuai dengan aturan yang berlaku, kata Ketua SC Mus-dalub Golkar Kerinci M Yunus.

    Ketika ditanya, bukankah posisi Mur-asman tersebut diputuskan oleh DPD I, yakni pembekuan semua kepengurusan

    anak amien Rais Incar Wali Kota Jogja

    yang ada dikarenakan tidak sukses menjalankan amanah pada pemilihan gubernur (pilgub) beberapa waktu lalu, Yunus menjawab diplomatis. Sepengetahuan kami tidak ada peme-catan dan pembekuan DPD II Kerinci. Musdalub dilakukan karena Murasman mengundurkan diri, jelasnya.

    Bagaimana dengan teknis dukungan agar bisa menjadi calon kandidat? Mantan anggota DPRD Provinsi Jambi itu menjelaskan, untuk menjadi calon Ketua DPD II Golkar Kerinci,

    kandidat harus mendapat dukungan minimal 30 persen dari jumlah hak suara, atau mendapatkan dukungan lima suara. Jika hanya ada satu kan-didat yang mendaftarkan diri, maka satu kandidat itu secara otomatis ter-pilih secara aklamasi menjadi Ketua DPD II Golkar Kerinci.

    M Rahman Pastikan Maju

    Sementara itu, Wakil Bupati Ker-inci M Rahman, dikonfirmasikan melalui ponselnya memastikan akan

    maju dalam musdalub tersebut. Dia mengklaim sudah banyak menganton-gi dukungan dari PK dan organisasi sayap lainnya. Insya Allah saya akan maju. Sekarang (kemarin, red) saya sudah ada di Jambi, katanya.

    Ketika ditanya berapa dukungannya, M Rahman enggan membeberkannya. Kita lihat saja besok (hari ini). Yang jelas saya maju dan sudah ada dukungan suara yang saya dapat, ujarnya. Dia optimis bisa memenangkan musdalub tersebut. (roz)

    Minta Belanda Batasi Ruang Gerak RMS

    Pengadilan Tolak Tangkap Presiden SBY

    JaKaRta- Presiden Republik In-donesia Susilo Bambang Yudhoyono boleh lega. Pasalnya, pengadilan Ne-geri Den Haag akhirnya memutuskan menolak permintaan John Wattilete, warga Belanda yang mengaku sebagai Presiden Republik Maluku Selatan (RMS) agar menangkap Presiden SBY saat melakukan kunjungan ke-negaraan ke negeri Kincir Angin itu. Keputusan itu kembali menegaskan, bahwa Presiden Indonesia tidak akan ditangkap oleh siapa pun ketika da-tang ke Belanda.

    Seperti diketahui, RMS menuding Presiden SBY bertanggung jawab atas kejahatan kemanusiaan terhadap para aktivis RMS di Maluku. Mereka juga menuding adanya pelanggaran HAM atas penahanan dan penyik-saan terhadap rekan-rekannya di Maluku yang konon ditangani oleh Densus 88. Mereka juga menuntut pembebasan terhadap para aktivis RMS yang kini masih berada dalam tahanan.

    Terkait dengan rencana Kunjungan Kenegaraan Presiden SBY ke Be-landa, RMS mengajukan permintaan sidang kilat (kort geding). Permint-

    aan itu dikabulkan oleh pe-ngadilan negeri Den Haag, hingga membuat Presiden SBY membatalkan rencana lawatannya secara mendadak. Atas putusan pengadilan ini, John Wattilete menyatakan banding. RMS sedang mem-pertimbangkan untuk ban-ding, kata pengacara RMS Egbert Tahitu seperti dikutip Radio Nederland.

    Sementara itu dari istana dilaporkan, pembatalan kun-jungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diharapkan menjadi pembelajaran bagi pemerin-tah Belanda agar tidak mem-berikan ruang gerak kepada kelompok separatis Repub-lik Maluku Selatan (RMS). Meski RMS tidak diakui oleh pemerintah Belanda, pembe-rian ruang gerak kepada me-reka tetap akan mengganggu hubungan bilateral dengan Indonesia.

    Kita berharap, dari pe-nundaan (kunjungan SBY) ini, ada suatu proses pembelaja-ran bahwa terlepas dari iklim demokrasi yang berkembang di manapun, tentu ada kondisi dimana ak-

    tivitas yang merongrong keu-tuhan wilayah negara sahabat sebaiknya dapat diberikan perhatian serius. Sehingga itu tidak menjadi kendala dalam hubungan bilateral kedua negara, papar Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teu-ku Faizasyah di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin (6/10).

    Faizasyah mengatakan, banyak negara sahabat yang menjamin wilayah nasional-nya tidak dijadikan tempat organisasi yang bisa me-rongrong hubungan bilateral. Pembatasan ruang gerak juga selayaknya dilakukan untuk aktivitas yang me-ngancam NKRI.

    Yang ingin kita pastikan bahwa ruang gerak dari kelompok itu lebih diperha-tikan. Tidak sepatutnya da-lam hubungan antarnegara saat sekarang, diberikan suatu porsi ruang yang cu-

    kup besar bagi organisasi-organisasi yang sebenarnya merongrong hubungan bi-lateral itu sendiri, terang Faizasyah.

    Dia mengatakan, surat p e n u n d a a n k u n j u n g a n presiden telah disampai-kan Menlu Marty Natale-gawa kepada PM Belanda Jan Peter Balkenende da-lam pertemuan Asia Eu-rope Meeting (ASEM) di Brussels, Belgia, Selasa malam (5/10). Isinya, kata Faizasyah, menjelaskan soal penundaan kunjun-gan dilakukan agar fokus masalah bilateral tidak di-recoki masalah yang bisa menggerogoti substansi kerja sama. Saat ini peme-rintah Indonesia menunggu respons Belanda.

    Faizasyah menambahkan, reaksi dari pemerintah Belan-da tidak sepenuhnya negatif. Apalagi, Belanda saat ini disibukkan dengan pemben-

    tukan koalisi pemerintahan baru. Kita menangkap, sebe-narnya dari evaluasi yang dilakukan oleh perwakilan (RI di Belanda), tak banyak reaksi yang mempermasalah-kan dengan ekstrem, jelas-nya.

    Mengenai keputusan pe-ngadilan di Den Haag yang menolak gugatan RMS, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menyatakan bahwa pemerintah masih akan mengecek kembali. Se-bab, berdasar informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Belan-da, putusan tersebut belum bersifat final.

    Ada catatan di sana dan ini yang masih harus kami verifikasi lebih jauh. Sebab, ternyata itu tidak mencakup keputusan final dari penga-dilan, tutur Julian. Menurut dia, putusan final akan dike-tahui pada pekan ke-41 2010 atau minggu depan. (jpnn)

    JaKaRta - Setelah menghilang dari pentas politik pasca-kongres PAN awal Januari 2010 di Batam, Ahmad Hanafi Rais, putra sulung Amien Rais, mulai tampil lagi di panggung politik. Politikus muda yang saat kongres menjadi ketua tim sukses Dra-jad Wibowo itu kemarin (6/10) menjadi pembicara dalam diskusi Menata Kepemimpinan Indonesia Masa Depan, Peluang Kaum Muda Tampil di Pentas Nasional.

    Diskusi di KAHMI Centre itu sedianya dipaneli Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Ketua Golkar Priyo Budi Santoso, Sekjen PDIP DPR Tjahjo Kumolo, dan Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan. Moderatornya ada-lah Teguh Juwarno yang kini duduk sebagai anggota Fraksi PAN DPR.

    Sayangnya, Tjahjo Kumolo dan Anies Baswedan berhalangan hadir. Anas mendelegasikan kepada Ramadhan Pohan, wasekjen DPP Partai Demokrat yang juga anggota Komisi I DPR. Semen-tara itu, Priyo Budi Santoso datang walau telat sekitar 1,5 jam karena ikut menerima calon Kapolri Komjen Pol Timur Pradopo yang bersilaturahmi ke gedung DPR.

    Dalam paparannya, Hanafi menyampaikan, tokoh-tokoh muda lazimnya dihadapkan pada kesulitan biaya. Mereka belum otonom secara ekonomi. Tak sedikit yang lantas mencari cantolan atau patron lebih dulu. Sebagian yang lain memilih membesarkan bisnis secara profesional. Begitu sudah pede (percaya diri, Red), baru masuk politik, katanya di KAHMI Centre, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin (6/10).

    Ahmad Mumtaz Rais, adik Hanafi yang lolos sebagai anggota DPR, tampak mendengarkan paparan kakaknya dengan serius. Hadir sejumlah legislator PAN seperti Viva Yoga Mauladi dan Wa Ode Nurhayati. Viva bisa disebut tuan rumah karena dia juga salah seorang pimpinan kolektif Majelis Nasional KAHMI. Tampak juga Beddu Amang dan politikus senior PPP Aisyah Amini.

    Dikonfirmasi seusai diskusi, Hanafi akhirnya mau sedikit buka kartu. Dia kini memang tengah berancang-ancang maju sebagai calon wali kota Jogjakarta. Pilkada di Kota Gudeg itu rencananya berlangsung September 2011. Banyak teman mendorong maju. Itu sudah setahun yang lalu, cerita Hanafi yang kini berusia 31 tahun itu.

    Merasa mendapat respons cukup bagus dari publik, Hanafi yang kini menjadi dosen Fisipol UGM tersebut akhirnya berkon-sultasi dengan PAN Jogjakarta. Bahkan, kesiapannya itu sudah dikomunikasikan ke DPP PAN di Jakarta. Ada sejumlah kan-didat yang muncul dari PAN. Salah satunya saya. Saya dengar kans lumayan bagus, ujarnya.

    Dua periode terakhir, posisi wali kota Jogjakarta dipegang Herry Zudianto yang diusung dari jalur PAN. Untuk pilkada mendatang, PAN belum resmi mencalonkan siapa pun karena memang belum waktunya. Mudah-mudahan saya bisa menerus-kan yang sudah berjalan, tegasnya.

    Hanafi mulai berpikir untuk membatalkan aplikasi doktor studi politik internasional di Australia National University (ANU). Saya bilang ke teman-teman, melihat perkembangan politik di Jogjakarta, saya harus tetap ambil S-3. Artinya, saya sangat serius untuk maju, ujarnya lantas tersenyum.

    Dalam diskusi, Ramadhan Pohan mengingatkan, saat ini banyak kader instan yang hanya sibuk berusaha dekat dengan para senior. Mereka adalah kader yang menjilat ke atas, menindas ke bawah, dan menjadi pemimpin karena lobi-lobi. (jpnn)

    nasIonaLbErI KEtEranGan Panitia Pelaksana Musdalub Golkar Kerinci memberikan keterangan terkait teknis pelaksanaan Musdalub kepada wartawan, kemarin (6/10).

  • Jambi IndependentKamis, 07 Oktober 2010

    lintas

    bergolak Petugas berusaha memadamkan kobaran api dari truk pengangkut kebutuhan logistik dan BBM untuk pasukan NATO yang dibakar anggota TTP.BANARAS KHAN/AFP PHOTO

    Mengenal Dua Ilmuwan Peraih Nobel Fisika 2010

    Saat Kuliah, Geim Pintar dan Novoselov Biasa-Biasa Saja Royal Swedish Academy of Sciences menobatkan Konstantin Novoselov dan Andre Geim sebagai pe-menang Nobel Fisika 2010. Duo fisikawan kelahiran Rusia tersebut berhak atas hadiah uang tunai USD

    1,5 juta atau sekitar Rp 13,4 miliar. Padahal, sebagai ilmuwan, kemampuan mereka sebenarnya tidak ter-

    lalu menonjol.

    PRESTASI akademik No-voselov saat masih menjadi mahasiswa ilmu fisika di Mos-cow Physics and Technology University (MFTI) biasa-biasa saja. Hampir seluruh abjad yang tercantum di transkrip nilainya adalah B. Itu merupakan nilai standar yang diberikan dosen kepada mahasiswa dengan ke-mampuan akademik normal. Nilai mata kuliah fisika terapan dan teori fisika juga hanya B, jelas seorang jubir universitas tersebut sebagaimana dilansir Agence France-Presse (AFP), kemarin (6/10).

    Ilmuwan 36 tahun itu meng-enyam pendidikan tinggi di uni-versitas yang terletak di Moskow tersebut sejak 1991 sampai 1994. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya ke Belanda. Dia menimba ilmu kedoktoran di University of Nijmegen. Selan-jutnya, dia hijrah ke Inggris dan melanjutkan studi di University of Manchester. Saat menjadi ma-hasiswa di kampus yang terletak di kota Manchester, England, itu, Novoselov sempat mendap-atkan nilai C untuk mata kuliah bahasa Inggris.

    Novoselov telah membuktikan bahwa untuk menjadi ilmuwan hebat yang diakui dunia, in-teligensi bukan modal utama. Rasa ingin tahu yang besar dan ketekunan justru lebih dominan. Tapi, yang tak kalah penting adalah partner. Untung, pria yang mengantongi kewargane-garaan ganda, Rusia dan Ing-gris, itu bermitra dengan Geim. Kakak tingkatnya di MFTI terse-but memang dikenal sebagai ma-hasiswa cerdas. Selain itu, Geim sangat menggemari fisika.

    Geim yang berusia 52 tahun tersebut punya prestasi akademik bagus. Hampir semua nilainya A. Menurut jubir MFTI yang tidak disebutkan namanya, fisikawan berdarah Jerman tersebut hanya punya dua nilai B. Yakni, untuk m