jambi independent 01 oktober 2009

Click here to load reader

Post on 13-Feb-2016

324 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

epaper Jambi Independent

TRANSCRIPT

  • Berbagai dokumen yang tersimpan di laptop gembong teroris Noordin

    M Top, Selasa (29/9), dibeberkan polisi kepada wartawan. Butuh

    upaya ekstrakeras untuk membuka isi laptop itu karena ada beberapa

    bagian yang rusak.

    RidlwaN H, Jakarta

    kaMiS, 01 okToBeR 2009 eceRaN Rp. 3.500,-

    minggu seluruh anggota di unitnya dilibatkan memeras semua kemampuan untuk mem-buka isi laptop Noordin yang ditemukan di

    Kepuhsari, Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, bersamaan dengan penggerebekan 17 Sep-tember lalu. (Data) ini baru sebagian kecil.

    Susahnya Polisi Mengungkap Isi Laptop Noordin M Top

    Telaten Pecahkan Kode dan Membaca Data Rusak

    WAJAH Kombes Petrus Reinhard Golose semringah ketika memasuki ruang Rupatama Mabes Polri, Selasa (29/9). Senyum khasnya mengembang. Doktor lulusan Universitas Indonesia itu tampil rapi dengan jas necis. Sudah menunggu sejak tadi ya? sapanya akrab kepada wartawan.

    Petrus adalah kepala Unit Cybercrime Bareskrim Mabes Polri. Sudah hampir dua

    Kangen SyutingkoNdiSi kesehatan Marshanda membaik. Pada

    Selasa malam (29/9), dia terlihat berjalan-jalan santai bersama adiknya di pusat perbelanjaan Pacific Place, Jakar-ta. Caca, begitu dia biasa disapa, terlihat lebih gemuk. Ram-butnya yang sempat dicat pirang sudah berganti warna.

    Sementara ini, pe-nyanyi Kisah Sedih di Hari Minggu terse-but vakum dari dunia hiburan. Itu terjadi setelah video dir-inya dalam keadaan emosi tak stabil dia unggah sendiri di si-tus YouTube. Sudah baik-baik saja kok. Pengen balik syuting. Sudah kangen banget, katanya sambil makan es krim dalam genggamannya.(jpnn) baca Telaten hal 2

    Baru sekitar 2 GB (gigabyte). Memang belum semua bisa kami beberkan, kata Petrus.

    Laptop Noordin ibarat durian runtuh bagi polisi antiteror. Petrus yang menjadi ang-gota Satgas Bom Polri sejak 2002 tersebut mengakui hal itu. Di dalamnya ada banyak data penting untuk penyidikan. Data-data itu bisa dipakai untuk bukti juga di pengadilan, ujarnya.

    Polisi kelahiran Manado, 27 November 1965, tersebut lantas merujuk Pasal 184 KUHP. Di situ disebutkan, data elektronik bisa digunakan sebagai bukti dalam sidang. Kalau diibaratkan 1 GB itu satu truk kertas, ini kami dapat puluhan truk, ungkapnya.

    Apalagi belum semua data di laptop tersebut terurai. Masih ada yang harus dienkripsi (dipecahkan kodenya). Ada kode-kode yang kami pecahkan, katanya. Bahkan ada beberapa data yang rusak karena basah dan terbakar.

    selebriti

    Raka deNNY/JPNNkeRJa keRaS: kadiv Humas irjen Nanan Soekarna dan kasubden intelijen densus 88 kombes Tito karnavian (berdasi) saat jumpa pers.

    Marshanda

    Sumbar TerisolasiPemerintah Terapkan Status Bencana Nasional

    JAKARTA Gempa berkekuatan 7,9 pada skala Richter (SR) melanda Sumatera Barat, kemarin (30/9) pukul 17.16 WIB. Gempa yang berpusat di 0,84 LS-99,65 BT, atau 57 km barat daya Pariaman, itu terasa hingga ke sejumlah provinsi di Sumatera seperti Jambi, Riau, Bengkulu, dan Sumatera Utara hingga Aceh. Bahkan gempa juga dilaporkan terasa

    hingga ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Korban jiwa pun berjatuhan.

    Kerusakan terparah terjadi di pusat gempa dan Kota Padang yang dekat dari pusat gempa. Sejumlah bangunan rusak parah, jaringan tele-pon terputus, begitu pula listrik yang padam total. Sumbar terisolasi.

    Pemerintah pun menerapkan status bencana nasional untuk penanggulangan bencana gem-pa bumi itu. Pemerintah akan memberlakukan masa tanggap darurat dua bulan.

    Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, berdasarkan laporan BMG terakhir, kekuatan gempa 7,9 SR. Kekuatan gempa tersebut

    diprediksi membawa kerusakan jauh lebih besar dibanding gempa Tasikmalaya 7,3 SR, karena terjadi di daerah perkotaan. Ber-dasarkan laporan sementara, ada 75 korban meninggal di rumah sakit. Namun korban di-perkirakan akan meningkat, karena ada ribuan rumah yang ambruk serta hotel dan ruko-ruko bertingkat yang hancur, katanya.

    Pemerintah pusat hingga tadi malam belum menerima laporan terinci dari pemerintah daerah. Kondisi hujan lebat dan gelap akibat mati listrik menyebabkan pemerintah daerah kesulitan memantau dampak kerusakan.

    GeMPa SUMBaR: Salah satu bangunan yang hancur di kota Padang. Foto bawah, pasien RS St Theresia Jambi yang diungsikan keluar ruangan saat gempa.

    Gempa Padang Goyang Jambi

    baca Gempa Padang hal 2

    baca Sumbar hal 2

    Dua Kasus Korupsi Naik ke PenyidikanTersangka Korupsi APBD Pemkot Berinisial T

    JAMBI Seperti janjinya, usai Idul Fitri 1430 H, Kejati Jambi langsung menggeber pengusutan kasus korupsi di Jambi. Tercatat dua kasus dugaan ko-rupsi ditingkatkan dari penyelidikan ke tahap penyidikan, yaitu kasus dugaan korupsi APBD Pem-kot Jambi 2009 sebesar Rp 770 juta dan dugaan korupsi pen-g a d a a n pakaian at-let di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi dengan potensi kerugian negara Rp 550 juta.

    Peningkatan status dua kasus itu diungkapkan Aspidsus Kejati Jambi Andi Herman kemarin (30/9). Menurutnya, dari hasil

    evaluasi atau gelar perkara, tim satuan khusus (satsus) me-ningkatkan status kasus dugaan korupsi APBD Pemkot 2009 ke penyidikan. Tersangka berini-sial T, katanya. Didesak, Andi tetap enggan menyebut nama lengkap tersangka berinisial T tersebut. Kalian pura-pura tidak tahu, ujarnya sambil tertawa.

    Seperti diketahui, dari sejumlah saksi yang su-dah diperiksa dalam kasus itu, yang berinisial T adalah Turman, staf bendahara Sekretariat Dae-

    rah (Setda) Kota. Menu-rut Andi, saat ini pihaknya

    sedang membentuk tim penyidik. Saat ini tersangka baru satu, inisial T, tapi tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain. Lihat nanti dari perkembangan penyidikan, katanya.

    baca dua hal 9

    Ada Kelainan di Dubur NoordinJAKARTA - Sehari sebelum dibawa pulang ke Ma-

    laysia, jasad Noordin M Top kembali diperiksa. Kali ini melibatkan ahli forensik RSCM Dr Munim Idris dan pakar kriminologi UI Dr Adrianus Meliala. Mereka datang memeriksa jasad gembong teror Asia Tenggara di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur.

    Memang ada kelainan di tubuhnya, kata Munim. Saat ditanya lebih jauh, dokter yang berulang kali dimintai

    bantuan polisi untuk kasus-kasus identifikasi forensik itu menjawab, kelainan Noordin ada di sekitar anus. Ada corong di duburnya, kata dokter berkacamata itu.

    Apa penyebabnya? Muim menolak menjawab. Bisa macam-macam, elaknya. Dia memastikan anus yang dilihatnya adalah bagian dari tubuh asli Noordin. Me-mang benar dia, tegasnya.

    olaH TkP NooRdiN:

    Tim gabungan mengumpul-

    kan barang bukti di rumah

    yang dikon-trak Susilo di

    kepuhsari, kelurahan

    Mojosongo, kecamatan

    Jebres, Solo, kemarin (30/9).

    baca ada hal 2

    icHw

    aN P

    RiHa

    NToR

    o/Ra

    daR

    Solo

    /JPNN

    Warga Berhamburan Keluar Rumah, Jaringan Telepon Sempat Putus

    JAMBI - Gempa 7,9 pada skala Richter yang berpusat di 57 km dari Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), kemarin pukul 17.16 WIB, juga menggoyang wilayah Provinsi Jambi. Goyangan paling kuat dirasakan masyarakat Kerinci dan Bungo yang cukup dekat dari Padang hingga Kota Jambi. Sejauh ini belum diperoleh informasi adanya kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa tersebut di Jambi.

    Di Kota Jambi, goyangan gempa menyebabkan para pasien rumah sakit, penghuni gedung/rumah, dan pusat perbelanjaan panik. Pasien di RS St Theresia, Jalan Dr Soetomo, Pasar, Jambi, dan para pengunjung Ramayana dan Word Trade Centre (WTC), Jalan Sultan Thaha, Pasar, berhamburan keluar menyelamatkan diri.

    Waktu gedung terasa bergoyang, kepala terasa pusing. Saya lihat tabung minuman air mineral, ternyata goyang juga. Berarti gempa. Saya langsung membawa istri yang sedang dirawat keluar, kata seorang pria yang saat gempa berlangsung tengah menjaga istrinya yang sakit di RS St There-sia.

    Di Kerinci yang jaraknya cukup dekat dari Padang, warga yang kebanyakan sedang berada di dalam rumah berham-buran keluar untuk menyelamatkan diri. Di antara mereka ada dengan berpakaian seadanya dan berlari ke-luar rumah menuju tempat yang lebih lapang sambil menggendong anak.

    Di Sungaipenuh, warga berhamburan keluar rumah. Begitu juga di Rumah Sakit Mayjen HA Thalib Kerinci, pasien keluar sambil menenteng botol infus. Boleh jadi gempa yang terjadi sore kemarin merupakan gempa terdasyat yang dirasakan masyarakat Kerinci dan Kota Sungaipenuh pada 2009.

    eddY JUNaedY/JaMBi iNdePeNdeNTdJaTMiko/JaMBi iNdePeNdeNT

    kaSkUS.US/dok

  • kamis, 01 oktober 2009 Jambi Independent

    Saat penggerebekan itu kan ada motor yang terbakar karena peluru. Itu (datanya) ada yang kena, ucapnya.

    Pada penggerebekan terse-but, polisi menemukan jenazah Noordin dalam posisi meringkuk miring menghadap kiri di pojok kamar mandi di bagian belakang rumah Hadi Susilo.

    Tangan kiri Noordin menutupi wajahnya. Di punggungnya ter-gantung ransel berisi laptop dan kertas-kertas dokumen. Polisi juga menemukan senjata api jenis Beretta di dekat jenazah Noordin. Ditemukan pula senjata M-16 di salah satu pojok kamar mandi.

    Menurut Petrus, sebagian data di laptop Noordin menggunakan software berbahasa Arab. Kami masih mempelajari karena ini unik dan ada keterbatasan pen-erjemah, katanya.

    Penulis buku Deradikalisasi Terorisme itu menjamin data-data yang sangat penting akan bisa diselamatkan. Kami memilah-milah mana yang berguna untuk penyidikan, mana yang tidak, tuturnya.

    Beberapa metode yang digunak-an antara lain keyword searching (pencarian kata kunci) dan digital imaging (pencocokan gambar).

    Kalau dibeber semua (data yang sudah berhasil didapat), butuh waktu dua hari dua malam, ujar Petrus.

    Sumber Jawa Pos (induk Jambi Independent) yang tahu proses identifikasi laptop itu menutur-kan, begitu laptop di tangan, beberapa anggota