international accounting

Click here to load reader

Post on 19-Dec-2015

35 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Tugas Presentasi Akuntansi Internasionalsumber: Frederick D.S. Choi, and Gary K. Meek. 2010. International Accounting. Jakarta: Salemba Empat

TRANSCRIPT

PowerPoint Presentation

Internasionalisasi pasar modal seluruh dunia merupakan faktor yang menyumbang perhatian lebih terhadap akuntansi internasional dikalangan eksekutif perusahaan, investor, regulator perusahaan, pembuat standar akuntansi, dan para pensisik ilmu bisnis.Penawaran internasional yang berkenan dengan obligasi (surat utang), pinjaman modal perusahaan dan prasarana utang lainnya, semua ini telah melonjak naik secara dramatis sejak tahun 1990. Federasi bursa efek dunia (word federation of exchanges) melaporkan bahwa meskipun jumlah perusahaan domestik yang terdaftar dibeberapa tempat meningkat dan ditempat lain justru menurun dalam paruh pertama dekade ini, namun demikian tingkat rata-rata volume pandangan tahunan dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar telah melonjak secara signifikan. Tiga wilayah dengan pasar modal terbesar adalah wilayah benua Amerika, Asia Pasifik, dan Eropa, termasuk juga didalamnya Afrika dan Timur Tengah.INTERNASIONAL PASAR MODALPENCATATAN DAN PENERBITAN SAHAM LINTAS BATAS NEGARABukti menunjukkan bahwa perusahaan penerbitan saham bermaksud melakukkan pencatatan lintas-batas di Eropa untuk memperluas kelompok pemegang saham, meningkatkan kesadaran terhadap produk mereka dan/atau membangun kesadaran masyarakat terhadap perusahaan, khususnya negara-negara dimana perusahaan memiliki operasi yang signifikan dan/atau pelanggan utama.

EMPAT PENDEKATAN TERHADAP PERKEMBANGAN AKUNTANSI

1.Berdasarkan Pendekatan MakroekonomiAkuntansi didapatkan dari dan dirancangan untuk meningkat tujuan makroekonomi nasional. Tujuan perusahaan umumnya mengikuti dan bukan memimpin kebijakan nasional, karena perusahaan bisnis mengoordinasikan kegiatan mereka dengan kebijakan nasional. 2.Berdasarkan Pendekatan MikroekonomiFokus pada perusahaan secara individu yang memiliki tujuan untuk bertahan hidup.3.Berdasarkan Pendekatan displin independenAkuntansi berasal dari praktik bisnis dan berkembang secar ad hoc , dengan dasar perlahan-lahan dari pertimbangan, coba-coba, dan kesalahan. 4.Berdasarkan Pendekatan Yang SeragamAkuntansi dan distandardisasi dan digunakan sebagai alat kendali administratif oleh pemerintah pusat.

NextSistem Hukum: Akuntasi Hukum Umum versus Kodifikasi Hukum

1.Akuntansi dalam negara-negara hukum umum memiliki karakter berorientasi terhadap penyajian wajar, transparansi dan pengungkapan penuh dan pemisahan antara akuntansi keuangan dan pajak. 2.Akuntansi dalam negara-negara yang menganut kodifikasi hukum memiliki karakteristik berorientasi legalistik, tidak membiarkan pengungkapan dalam jumlah kurang, dan kesesuain antaraakuntansi keuangan & pajak.

NEXTSistem Praktik: Akuntansi Penyajian Wajar versus Kepatuhan Hukum 1. pentingnya pasar saham sebagai sumber keuangan terasa semakin berkembang diseluruh dunia .2. pelaporan keuangan ganda kini menjadi hal yang umum.

NextBAB 3AKUNTANSI KOMPARATIF: EROPABerfokus pada lima anggota Uni Eropa (EU): Republik Ceko, Prancis, Jerman, Belanda, dan Inggris, Prancis Jerman dan Belanda merupakan anggota asli Masyarakat Ekonomi Eropa ( European Economic Community) ketika organisasi tersebut didirikan pada tahun 1957. Inggris bergabung pada tahun 1973.

BEBERAPA PENGAMATAN TENTANG STANDAR DAN PRAKTIK AKUNTANSI

Susunan standar akauntansi baisanya menggabungakan kombinasi dari kelompok-kelompok sektor umum dan sektor swasta. Sektor swasta meliputi profesi akuntansi dan kelompok-kelompok lain yang dipengaruhi oleh proses pelaporan keuangan, seperti pengguna dan penyususn laporan keuangan dan pegawai. Sektor umum meliputi perwakilan-perwakilan seperti petugas pajak , perwakilan pemerintah yang bertanggung jawab atas hukum komersial, dan komisi keuangan. Hubungan antara standar akuntansi dan praktik akuntansi sangat rumit, dan tidak selalu bergerak dalam gerakan satu arah.

IFRS DALAM UNI EROPAPada tahun 2002, uni Eropa menyetujui sebuah aturan akuntansi yang mengharuskan semua perusahaan uni Eropa yang terdaftar dalam sebuah pasar resmi untuk mengikuti IFRS dalam laporan keuangan gabungan mereka, dimulai pada tahun 2005.

LAPORAN KEUANGAN

Laporan keuangan IFRS terdiri atas neraca gabungan, laporan laba rugi, laporan kas, laporan perubahan ekuitas (atau laporan laba rugi dan pegeluaran yang diakui), dan catatan penjelasan. Ungkapan catatan harus mencakup:Kebijakan akuntansi yang diakuiPenilaian yang dibuat oleh manajemen dalam menerapkan kebijakan akuntansi yag pentingAsumsi utama masa depan dan sumber-sumber penting tentang ketidakpastian estimasi.

Patokan Akuntansi Dalam IFRS, semua kombinasi bisnis dianggap sebagai pembelanjaan.Goodwillmerupakan perbedaan antara harga pasar dari pertimbangan yang ada dan harga pasar dari aset cabang, kewajiban, dan kewajban bersyarat. Aset dinilai berdasrkan harga perolehan atau harga pasar. FIFO dan beban rata-rata merupakan dasar biaya yang sesuai menurt IFRS, tapi LIFO tidak.Pinjaman keuangan dikapitalisasi dan diamortisasi, sementara pinjaman operasional dibebankan pada dasar yang sistematis, biasanya membayar hutang pada dasar garis lurus.

SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN LIMA NEGARA PRANCISJERMANREPUBLIK CEKOBELANDAINGGRIS