gadget star. bali post. 29 maret - 4 april 2013

24
Penerbit : PT Bali Post

Upload: gadget-star

Post on 10-Mar-2016

251 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

Penerbit : PT Bali Post

Page 2: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

Penerbit: PT Bali Post. Pemimpin Umum: Srianti. Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi: Made Suyasa. Koordinator Liputan/Redaksi: Nyoman Sarmawa dan Suja Adnyana Anggota Redaksi: Suasta, Arnata, Sudibya, Dwipayana, Ngurah Manik, Suardika, Wirnaya, Suarjaya, Gunawan, Widagda, Yudiastra. Desain Grafis: Supatra, Budi Adnyana, Supardita.Kantor Redaksi: Gedung Pers Bali K. Nadha, Jalan Kebo Iwa 63 A Denpasar 80116. Telepon: 0361- 416676, 416656, 416657. Fax: 0361- 416659. Perwakilan Jakarta : Jl. Palmerah Barat 21F Telp. 021-5357602. Perwakilan Surabaya: Permata Darmo Bintoro 22-23, Jln. Ketampon Surabaya, Telp. 031-5668432, Fax. 031-5675240. Manajer Iklan: Dewa Budiyasa. Manajer Sirkulasi: Budiarta. Bagian Informasi, Iklan dan Langganan: 0361 - 416676 atau 0816574128. Harga Langganan: Rp 20.000/bulan. Harga Eceran: Rp 5.000/eks.

Redaksi menerima sumbangan artikel atau tulisan. Setiap artikel harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan kirimkan ke email:[email protected]

29 Maret - 4 April 2013

SAHAM Apple mengalami tren penurunan dalam beberapa bulan belakangan ini. Jadi tidak heran jika mereka diharuskan mengam-bil langkah cepat dan tepat untuk iPhone berikutnya.

Seperti dilaporkan BGR.com, analis dari Morgan Stanley, Katy Huberty dalam wawancara dengan CNBC menyatakan bahwa saham Apple akan mengalami tren kenai-kan kembali setelah peluncuran

IPHONE 5S kabarnya akan segera dirilis. Namun, sebagai pendahulu iPhone 6 yang dirilis menjelang akhir tahun nanti. Jika Anda bertanya apakah iPhone 5S akan dilengkapi fitur yang benar-benar baru atau hanya merupakan versi upgrade dari iPhone 5, analis Katy Hu-berty punya jawabannya.

Seperti dilansir blog.barrons.com, Katy Huberty adalah salah satu analis dari perusahaan riset Morgan Stanley. Yang menarik dalam analisa terbarunya, Huberty mengatakan iPhone 5S akan rilis dengan sebuah fitur killer. Hal itu diungkap Huberty dalam sebuah wawancara den-gan Michelle Caruso-Cabrera untuk Fast Money Halftime Report.

Fitur killer yang dimaksud merupakan sebuah kemampuan baru yang ditambahkan Apple dalam software iPhone 5S, yang kemungkinan besar telah men-jalankan iOS 7. Meski demikian, Huberty tidak menjelaskan lebih spesifik apakah yang ia maksud dengan fitur killer itu dalam iP-hone 5S berupa hardware atau software baru.

“Saya sangat percaya bahwa Apple tengah melakukan pendekatan dari bawah. Seperti yang pernah Anda dengar, Apple

SEJUMLAH pengguna Sony Xperia Z melaporkan perangkat mereka secara tiba-tiba mati mendadak, dan tak bisa dinyala-kan. Situs XperiaBlog melaporkan bahwa ada beber-apa pengguna yang mengala-mi hal tersebut. Dari peng-guna tersebut, sebagian bisa kembali menyalakan dengan paksa (hard restart: tombol power + volume up), na-mun sebagian lagi tidak bisa menggunakan cara tersebut.

Belum diketahui apa penyebab masalah terse-but. Beberapa pengguna mengatakan hal ini berkaitan dengan status

SIAPA yang mengatakan bodi plastik dari Galaxy S4 membuat perangkat tersebut terkesan mu-rahan? Laporan terbaru dari IHS iSuppli mengklaim bahwa total biaya komponen untuk sebuah Galaxy S4 malah jauh lebih mahal daripada 1 unit iPhone 5.

Seperti dilaporkan businessin-sider, iSuppli menyatakan bahwa total biaya komponen untuk sebuah Galaxy S4 mencapai 236 dolar AS plus 8 dolar AS untuk biaya perakitan, jadi totalnya adalah 244 dolar AS. Jumlah tersebut berdasar-kan teardown yang dilakukan iSuppli pada sebuah Galaxy S4 16 GB versi internasional.

iSuppli juga menga-takan kalau total biaya ini lebih mahal 30 dolar AS daripada Galaxy S3. Peningkatan biaya yang muncul lantaran Samsung telah beralih menggunakan sejumlah komponen yang jauh

DUA raksasa produsen elektronika asal Korea, LG dan Samsung, mulai terlibat sengketa paten teknologi pelacak-mata pada produk unggulan masing-masing, Samsung Galaxy S4 dan Optimus G Pro.

Teknologi yang disebut fitur Smart Pause oleh Samsung dan Smart Video oleh LG itu memung-kinkan pengguna memutar video hanya dengan berpaling dari layar.

Kantor Berita Yonhap me-laporkan, LG telah menerapkan teknologi pelacak mata pada 2009 dan berencana meninjau

iPhone 5S akan Miliki Fitur Pamungkas

iPhone 5S.Alasannya, iPhone 5S akan

memiliki sebuah fitur pamung-kas. Bukan perkataan asal tebak, karena belum lama ini Huberty bertemu dengan CFO Apple, Peter Oppenheimer. Huberty menyata-kan, Apple akan memberikan keju-tan dengan fitur pamungkas yang akan menarik banyak pembeli baru untuk ponsel tersebut. Jadi apa kira-kira fitur pamungkas ini? *

Ada Fitur Mematikan di iPhone 5S

membicarakan cara menda-patkan lebih banyak laba dan kami pikir mereka akan melakukannya dalam beberapa minggu menda-tang. Tetapi tentu saja orang tidak memiliki produk Apple karena alasan itu. Anda lihat Samsung Galaxy S4 telah rilis belum lama ini, menunjukkan produk inovasi baru yang siap Anda beli. Apa yang kurang dalam produk itu adalah sebuah fitur killer. Kami pikir itulah yang akan diberikan Apple tahun ini. iPhone 5S tahun ini tidak diragukan akan memiliki sebuah fitur mematikan yang mampu menambah jumlah peng-guna platform iOS, dan berarti meningkatkan nilai dari 500 juta akun Apple,” katanya.

iPhone 5S kabarnya te-lah masuk produksi di pabrik Foxconn di Cina yang artinya akan segera dirilis Apple dalam waktu dekat. Terlepas dari benar-tidaknya rumor tersebut, apakah Anda percaya pada prediksi mengenai fitur mematikan di dalam iPhone 5S? *

Biaya Komponen Galaxy S4 Lebih Mahal dari iPhone 5

lebih mahal5.

businessin-kan bahwauntukncapailar an,

-

r 3.gungakanang jauh

lebih canggih seperti layar display Full HD serta prosesor yang jauh lebih cepat.

Perlu dicatat bahwa jumlah tersebut masih sebatas perkiraan saja dan bukan merupakan angka-

angka asli dari Samsung, tapi paling tidak akan bisa memberikan Anda gambaran tentang seberapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mem-buat sebuah Galaxy S4. Sekadar informasi, total biaya komponen untuk sebuah iPhone 5 adalah 207 dolar AS saja. Jauh sekali bukan perbedaannya? *

Xperia Z Dilaporkan Alami Masalah Mati Mendadak

baterai lemah (low batt). Semen-tara pihak Sony Mobile sudah mendapat laporan tersebut dan berjanji akan memberikan perbaikan pada update software

berikutnya. *berikutnya.

LG Tuding Samsung Langgar Paten Pelacak Matakemungkinan pelanggaran hak cipta teknologi itu ketika Samsung melun-curkan ponselnya pada April.

Tentu saja, Samsung menyangkal pelanggaran paten yang diklaim LG. Samsung mengata-kan telah mempunyai teknologinya sendiri dan menggunakan metode berbeda.

LG dan Samsung sudah seringkali sal-ing mengklaim kepemilikan dan menuduh pelanggaran teknologi seperti paten

layar OLED.Pada Desember 2012, Samsung

menuduh LG telah melanggar paten layar LCD dan meminta pengadi-

lan untuk melarang distribusi produk layar LG, demikian

dilaporkan The Verge. *ant

ta-

n n

produk layar LG, demikian dilaporkan The Verge.

*ant

Page 3: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

GOOGLE tampaknya harus bersiap melawan ban-yak perusahaan. FairSearch, sebuah kelompok perusa-haan termasuk Microsoft, TripAdvisor, Expedia, Nokia dan Oracle, telah menyuara-kan keprihatinan atas aplikasi ratusan domain web baru Google. Apa yang melatarbe-lakanginya?

Seperti dilansir techradar.com, dalam sebuah post-ing terbuka di situsnya, Fairsearch mengungkapkan bahwa mereka telah resmi mengajukan keberatan ter-hadap permintaan Google. Fairsearch mengatakan jika ICANN (Internet Corporation for Assigned Named and Number) memberikan kontrol pada untuk generic top level domain (gTLD) yang di-inginkan Google, maka akan memberikan keuntungan bagi Google yang tidak adil bagi perusahaan lain.

Google berharap da-pat mendapatkan hak untuk domain seperti .map, .search dan .fly. Tentunya perusa-haan seperti Nokia (maps), Microsoft (Bing) dan Expedia

(perbandingan penerbangan)

DIVISI penelitian Microsoft sedang memperbaiki aplikasi pencarian den-gan suara Bing di sistem operasi Windows Phone, dari sisi kecepatan dan keakuratan hasil pencarian.

Dalam pertemuan internal antar-karyawan, tim riset Microsoft memamer-kan aplikasi pencarian suara itu mampu memproses pencarian kata sebelum pengguna menyelesaikan kalimatnya.

Kepala Technical Strategy Microsoft, Eric Rudder seperti dikutip MSFT Kitchen mengatakan, ketepatan pencarian kata naik 10-15 persen dibanding

aplikasi versi sebelumnya.Namun, tim riset itu tidak

menyebut waktu keterse-diaan aplikasi pencarian dengan suara terbaru itu untuk pasar global. Se-jumlah media teknologi di AS memperkirakan aplikasi itu hadir di sistem operasi Windows Phone Blue atau Windows Phone 9. *

TURUNNYA Andy Rubin dari pimpinan divisi Android di Google menjadi tanda tanya besar. Bukan mengenai posisi baru apa yang akan ditangani Rubin tetapi karena keputusan Google menggabung-kan divisi Android dan Chrome OS dalam satu wadah sehingga hanya perlu satu pimpinan divisi software.

Dalam hal ini Google menunjuk pimpinan Chrome OS dan me-lepas Rubin untuk menangani proyek lain. Dari kejadian itu kemudian timbul pertanyaan, apakah dengan disatukannya divisi Android dan Chrome OS berarti Google juga akan menggabungkan kedua palt-form tersebut dalam satu software dan produk baru?

Seperti dilaporkan Cultofandroid.com, untuk menjawab pertan-yaan tersebut, Google chairman Eric Schmidt memberikan penjela-sannya pada peserta acara Google Big Tent yang berlangsung di India. Menurut Schmidt, kedua platform yang diperbincangkan itu akan tetap terpisah untuk waktu yang sangat lama.

Keingintahuan publik akan masa depan Android dan Chrome OS sebenarnya telah muncul pada bulan Januari lalu. Saat itu Google memasang sebuah pajangan baru berupa patung Chrome Android di halaman kantornya di Mountain View. Seperti telah menjadi tradisi, Google selalu memajang sebuah patung baru sebelum merilis sebuah versi Android terbaru dan munculnya patung Chrome Android pastinya menjadikan publik bertanya tentang kemungkinan digabung-kannya Chrome dalam Android.

Menjawab pertanyaan itu, Schmidt di acara yang sama menga-takan bahwa patung tersebut tidak memiliki arti apa-apa. Namun, publik kembali bertanya ketika Google mengumumkan penggabun-gan divisi software Android dan Chrome OS beberapa pekan lalu. Apa sebenarnya yang terjadi? Shmidt kembali menyanggah speku-lasi penggabungan Android dan Chrome OS. Menurutnya, hal seperti itu tidak akan terjadi karena keduanya menyelesaikan masalah yang berbeda, sehingga tidak akan ada yang dikorbankan.

Dengan demikian, Anda bisa yakin bahwa Android dan Chrome OS tidak akan disatukan Google. Barangkali Google hanya akan memberikan integrasi yang lebih dalam antar keduanya di masa mendatang. *

TURUNNYA Andy Rubin dari pimpinan divisi Android di Googlej di t d t b B k i i i b

Google Pastikan Android dan Chrome OS tetap Terpisah

Dinilai tak Aman, BlackBerry 10 DitolakPERANGKAT lunak sistem operasi BlackBerry 10 telah ditolak pemerintah Inggris karena tidak cukup aman untuk pekerjaan penting yang bersifat rahasia. Demikian menurut Guardian dalam laporannya.

Berita itu merupakan pukulan bagi BlackBer-ry yang berharap perangkat lunak baru yang dirilis bersama ponsel pintar BlackBerry Z10 Januari lalu tersebut akan memicu kebangkitan bisnis dari kelesuan selama setahun terakhir.

Versi BlackBerry sebelumnya, 7.1, diturunk-an oleh Communications-Electronics Security Group (CESG) pada Desember 2012 ke dalam klasifikasi penggunaan dibatasi dua tingkat di bawah “rahasia”.

BlackBerry, menurut Guardian, telah mengkonfirmasi bahwa BB 10 belum lulus uji keamanan oleh CESG, tapi tidak menyebutkan kapan perangkat lunak yang direvisi diserahkan. Hal itu meru-pakan pukulan bagi BlackBerry karena Z10 dan ponsel qwerty Black-Berry Q10 ditujukan untuk

memenangkan kembali pelanggan korporat yang telah mulai bermigrasi ke perangkat iP-hone Apple maupun Android, atau untuk meng-gantikan ponsel yang lebih tua, BlackBerry 7.

Guardian menulis bahwa pemerintah dan NHS merupakan klien terbesar di Inggris dengan pengguna mencapai puluhan ribu. “Kami terus bekerja sama dengan CESG mengenai persetujuan BlackBerry 10 dan kami yakin BlackBerry 10 hanya akan memperkuat posisi kami sebagai solusi mobile pilihan bagi pemerintah Inggris,” kata BlackBerry dikutip the Guardian.

Di Amerika Serikat, operator AT & T sudah mulai memasar-kan BlackBerry Z10 mulai harga 199,99 dolar AS dengan kontrak berlangganan dua tahun.

AT & T juga mengumumkan akan mengirim-kan. *ant

Microsoft dan Nokia Keberatan dengan Daftar Domain Web Baru Google

tidak akan senang.

Pengad-uan ini me-nyebutkan jika Google

akan mendapatkan keuntungan yang tidak adil terhadap anggota lain dari komunitas melalui mo-nopoli dari istilah industri generik untuk sebuah perusahaan tunggal. Hal ini dikarenakan Google akan memiliki kontrol atas siapa yang

bisa dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan akhiran domain, sehingga setiap perusahaan yang ingin mendaftarkan alamat situs .search harus mengajukan ke Google yang merupakan search engine paling dominan.

FairSearch menyatakan kebera-tan atas hal ini. “Aplikasi .search menunjukkan bahwa Google ber-niat untuk melarang orang lain di industri untuk menggunakan istilah umum untuk bisnisnya. *

Microsoft Perbaiki Pencarian Suara Windows Phone

Scoming FaibahmehadFaiICAfor ANumpadleveingmeGooper

Gpat domdahaMi

(pe

g p p p gaplikasi versi sebelumnya.

Namun, tim riset itu tidakmenyebut waktu keterse-diaan aplikasi pencarian dengan suara terbaru itu untuk pasar global. Se-jumlah media teknologi di AS memperkirakan aplikasi itu hadir di sistem operasi Windows Phone Blue atau Windows Phone 9. *

Page 4: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

MESKI hanya populer di negeri Jepang, Panasonic juga memiliki bisnis smartphone dan ponsel seperti sesama raksasa elektronik senegaranya, Sony. Seperti dilaporkan Intomobile, namun menurut koran Sankei Shimbun, mereka mengatakan bahwa Panasonic akan keluar dari bisnis smartphone dan sedang negosiasi dengan HTC dan TSMC.

HTC adalah vendor smartphone asal Taiwan, sedangkan TSMC adalah salah satu perusahaan manufaktur semikonduktor terbesar di dunia. Akhir-akhir ini HTC sedang kesulitan menjual perangkat mereka, dengan mengakuisisi Panasonic, mungkin mereka bisa mendapatkan pangsa pasar di Jepang, namun untuk tingkat global rasanya perusahaan asal Taiwan itu tidak akan terlalu terbantu. Untuk alasan TSMC, mungkin masih bisa dipahami, mungkin saja mereka ingin menapakkan kaki lebih jauh di pasar smartphone. *

ANDA percaya dengan istilah sebuah gambar berbicara seribu kata? Lantas apa yang Anda pikirkan ketika melihat gambar sebuah handset Nokia Lumia ini? Image Lumia ini memiliki keteran-gan tambahan yang dituliskan te-pat di bawahnya, “Sun, sun, sun, here we come!”. Mungkinkah handset ini akan dilengkapi den-gan solar charging?

Seperti dilaporkan phone are-na, bagi sebagian orang mungkin ada yang cukup akrab dengan kutipan karya George Harrison “Here Comes the Sun.” Namun,

SEMPAT dikabarkan akan rilis di ajang MWC, Galaxy Tab 3 nya-tanya masih disimpan oleh Samsung. Kali ini kembali hadir rumor terbaru yang menyebutkan jika Samsung Galaxy Tab 3 dan Galaxy Note 3 akan diumumkan di ajang IFA 2013 yang akan digelar di Berlin pada 11 September mendatang.

Seperti dilaporkan Ubergizmo, sebelumnya juga telah dikabar-kan jika Galaxy Note 3 akan diumumkan di ajang tersebut, dan kali ini Galaxy Tab 3 menyusul. Sayangnya, sumber yang mengungkap-kan kabar ini mengatakan jika masih belum tersedia detail teknis dari kedua perangkat. Namun, disebutkan jika Samsung akan menghentikan software pendukung untuk generasi pertama Galaxy Tab, sedangkan Galaxy Tab 2 akan mendapatkan update Android 4.2.2. Tidak akan ada update lagi untuk Galaxy Tab 2 setelah itu.

Samsung telah merilis high-end product Galaxy S4 bulan ini. Se-mentara generasi pertama Galaxy Tab dirilis dua tahun lalu, Galaxy Tab 2 saat ini masih dipasarkan di pasar utama di seluruh dunia. Di

sisi lain, Galaxy Note 2 menunjuk-kan penjualan yang cukup baik di pasar.

Benarkah Samsung akan memperkenalkan dua perangkat terbarunya pada ajang IFA 2013 mendatang? Meski mungkin tidak akan mengumumkannya di ajang tersebut, namun baik Galaxy Tab 3 maupun Galaxy Note 2 diharapkan akan tetap diu-mumkan pada paruh kedua

tahun 2013 ini. *

Samsung Galaxy S4 tak Dapatkan Dukungan CyanogenMod?

SAMSUNG Galaxy S4 dijadwalkan mulai beredar tidak lama lagi yaitu pada akhir April 2013, tapi sayangnya kabar gembira tersebut dibarengi kabar buruk bahwa generasi selanjutnya dari Galaxy S III ini tidak akan mendapatkan dukungan CyanogenMod.

Seperti dilansir Androidauthority, lapo-ran ini didapat secara langsung dari tim Hacksung melalui xda-developer Forums.

Bagi kebanyakan calon pembeli Sam-sung Galaxy S4 mungkin tidak terlalu memikirkan dukungan CyanogenMod, tapi bagi hardcore user tentu hal ini akan menjadi masalah.

Dengan tidak adanya dukungan Cyano-

genMod, berarti Samsung Galaxy S4 tidak bisa menjalankan versi custom OS dan berbagai fitur menarik yang biasa dihadir-kan CyanogenMod ROMs.

Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kabar tidak hadirnya dukungan CyanogenMod untuk Samsung Galaxy S4 pada saat ini. Biasanya dalam beberapa bulan selanjutnya akan terjadi perubahan dan Samsung akan tertarik pada hard-ware dan software yang dikembangkan para developer.

Hal ini sangat mungkin terjadi sebab pada saat ini cukup banyak pengguna lini Galaxy yang menjalankan CyanogenMod daripada default OS. *

Nokia akan Tambahkan Fitur ”Solar Charging” untuk ”Handset” Lumia?

tampaknya bukan rahasia lagi jika Nokia bisa bekerja sangat baik pada beberapa jenis solar charging dengan lini handset Windows Phone Lumia miliknya.

Pada awal Januari 2012 lalu Nokia telah mengembangkan 5 prototipe dengan kemampuan solar charging yang diberikan kepada 5 penguji di seluruh dunia. Efektivitas proses sangat bergantung pada bagian dunia di mana ponsel sedang diuji.

Contohnya di Kenya, di mana matahari keluar sepanjang tahun, pengisian di negara ini

bekerja dengan sangat baik. Namun, di Kutub Utara, sudut rendah matahari memaksa penguji untuk mengejar sinar matahari yang bergerak di seki-tar rumah tiap hari.

Jika benar Nokia mem-produksi handset dengan ke-mampuan solar charging, tentu ini akan menjadi kabar gembira bagi mereka yang concern terhadap lingkungan. Namun, tampaknya untuk sejumlah negara yang memiliki iklim tidak stabil akan sulit untuk bisa me-ngaplikasikannya. *

HTC dan TSMC akan Akuisisi Bisnis ”Smartphone” Milik Panasonic?

Samsung akan Perkenalkan Galaxy Tab 3 dan Galaxy Note 3 di IFA 2013?

Nexus 5 akan Gunakan Sensor Kamera dari Nikon?

sisi lakandi

ap

2m

ta

BOCORAN spesifikasi Nexus 5 dengan kode Megalodon baru saja beredar, namun langsung disanggah kebenarannya oleh salah seorang tipster Phone Arena. Dua hal yang dianggap paling men-curigakan kebenarannya adalah soal display OLED Full HD serta 3 GB RAM. Pertama, layar display OLED Full HD 1080p sangat sudah diproduksi. Peru-sahaan selevel Samsung saja sangat kesulitan untuk bisa menghadirkan layar display AMOLED Full HD ke dalam Galaxy S4.

Yang kedua, mengingat chipset mobile modern hanya menggunakan dual channel memory, maka untuk menghadirkan jumlah RAM sebanyak 3 GB akan dibutuhkan 2 buah modul RAM dengan kapasi-tas 1,5 GB untuk masing-masing modul. Pertanyaan-nya, apakah saat ini ada perusahaan yang membuat modul RAM sebesar 1,5 GB?

Informan tersebut lalu mengklaim bahwa dirinya me-megang spesifikasi ritel yang ditentukan Google untuk rekanan mereka, sebuah layar display 5 inci Full HD, prosesor Snapdragon 600 (Snapdragon 800 kabarnya disiapkan untuk Nexus 10.2), 2 GB RAM, memori inter-nal 8/16 GB, serta baterai 3140 mAh. Kapasitas baterai

tersebut terlihat sangat mirip dengan baterai yang digunakan dalam LG Optimus G Pro. Untuk software-nya, OS yang digunakan adalah Android 5.0.

Tipster Phone Arena mengatakan bahwa faktor wow yang ingin disampaikan Google bukan dari segi spesifikasi secara keseluruhan, namun lebih pada sisi kamera. Jika Anda masih ingat, Vic Gundotra bulan Februari lalu sempat menyatakan bahwa Google telah berkomitmen untuk menjadikan smartphone Nexus sebagai produk camera phone yang berkualitas. Untuk memasti-kan hal tersebut, informan Phone Arena menga-takan bahwa kamera yang digu-nakan adalah triple camera sensor buatan Nikon. *

Page 5: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

Page 6: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

PERANGKAT Android Sony Xperia Tablet Z resmi diumumkan di ajang MWC 2013 (Barcelona, 25-28 Februari) dan online Store Sony di Inggris sudah membuka pre order.

Seperti dikutip dari phone arena, untuk saat ini hanya Sony Xperia Tablet Z varian Wi-Fi yang bisa Anda pre order, bukan varian

BOCORAN Sony Xperia L pernah muncul di awal Maret lalu dan seka-rang Sony men-gumumkannya secara resmi.

Seperti dilan-sir GSM Arena,

Berbeda dengan high-end Sony Xperia Z dan Xperia ZL, Sony Xperia L adalah mid-end smarpthone. Mid-end Sony Xperia L lebih mengutamakan desain dan kam-era sebagai fitur andalannya.

Sony Xperia L didukung sen-

sor kamera 8 MP dengan teknologi Exmor RS, yang merupakan

sensor kamera teknologi terbaru Sony seperti yang digunakan pada Xperia Z. Selain itu, Sony Xperia L juga menawarkan built-in HDR dan memiliki tombol camera shutter yang menjanjikan kemudahan pengambilan foto.

Selain mengandalkan fitur kamera, Sony Xperia L juga me-nawarkan desain penuh gaya, yaitu dukungan lampu LED di bagian bawah handset. Spesifikasi lain yang ditawarkan Sony Xperia L antara lain seperti, layar 4,3 inci dengan resolusi 854 x 480p dan dilindungi scratch-resistant cover glass. Di dalamnya bisa Anda dapatkan prosesor dual-core 1 GHz Krait CPU dengan chipset Qualcomm MSM8230, yang seharusnya mampu menawarkan per-forma menawan.

Untuk konektivitas, Sony Xperia L didukung Wi-Fi, bluetooth, dan 3G HSPA serta NFC. Dan yang tidak kalah penting, Sony Xperia L didukung baterai 1900 mAh dan sebuah baterai Stamina Mode untuk menghemat konsumsi energi. Sony Xperia L berjalan pada Android 4.1 Jelly Bean.

Sony Xperia L dijadwalkan akan tersedia dalam pilihan warna putih, hitam, merah, dan akan mulai tersedia pada kuartal kedua 2013. *

Sony Xperia Tablet Z

Hadir dengan Desain Super Ramping

LTE. Model 16 GB Wi-Fi Xperia Tablet Z dibanderol 600 dolar AS, sedangkan model 32 GB Wi-Fi dibanderol 680 dolar AS.

Tablet super ramping Sony Xperia Tablet Z hadir dalam pilihan warna hitam dan putih, tapi perlu Anda catat bahwa hanya model 32 GB yang tersedia dalam pilihan warna putih. *

Spesifikasi:

- Layar 10,1 LCD inci Full HD (1920 x 1080)

dengan Sony BRAVIA Engine 2

- Prosesor quad-core 1.5 GHz Qualcomm Snapdragon S4 Pro

- RAM 2 GB

- Memory internal 16 GB atau 32 GB plus microSD

- Kamera 8 MP

- Android 4.1 Jelly Bean

- Ukuran 266 x 172 x 6,9 mm dan berat 495 gram.

- IP55 & IP57 (ketahanan terhadap debu dan air).

Sony Xperia SP

”Smartphone” Android Jelly Bean 4,6 Inci

SELAIN Xperia L, Sony juga mengumum-kan anggota baru line-up Xperia yaitu Xperia SP. Sama seperti Sony Xperia L, Xperia SP juga merupakan sebuah mid-end smartphone tapi dengan spesifikasi yang benar-benar berbeda.

Seperti dilansir GSM Arena, Sony Xperia SP hadir dengan layar Bravia Engine 2 LCD beru-kuran 4,6 inci dengan resolusi 720p, prosesor

dual-core 1.7 GHz Krait CPU dengan chipset Qualcomm Snapdragon MSM8960Pro, Adreno 320 GPU, memori internal 8 GB dan microSD, kamera belakang 8 MP dengan kemampuan video recording 1080p dan didukung kamera depan VGA.

Sony Xperia SP menggunakan bodi dari bahan plastik dengan kerangka aluminium. Smartphone Android Xperia SP memiliki ukuran 130,6 x 67,1 x 9,98 mm dan berat 155

gram. Sony Xperia SP didukung lampu sebagai pemberita-huan yang bisa berkedip dengan warna berlainan melalui pengaturan siapa yang melakukan panggilan.

Untuk konektivitas, Sony Xperia SP didukung bluetooth, GPS/GLO-

NASS, Wi-Fi, dan MHL-powered microUSB, serta NFC dan LTE. Spesifikasi lain-nya, Sony Xperia SP menggunakan baterai 2370 mAh yang dikombinasi-

kan dengan Stamina Mode, yang mampu menghemat kon-sumsi energi. Sony Xperia SP memiliki waktu stand-by 635 jam (GSM), 734 jam (UMTS), dan 709 jam (LTE), serta talk time sekitar 18 jam 53 menit.

Sony Xperia SP akan tersedia dalam

pilihan warna putih, merah, hitam, dan mulai tersedia pada kuartal kedua 2013. Saat ini Sony masih belum

mengumumkan harga Xpe-ria SP. *

gram. Sony Xplampu sebaghuan yang dengan wamelalui peyang mela

Untuk kSony Xpebluetooth

NASSpowserSpnySbaya

kanModmesumXpwajam(Ujamtim53 m

Soakan te

pilihan wahitam, dapada kuaSaat ini S

mengumuria SP. *

Sony Xperia L

BOCORANB

”Smartphone” Android dengan Gaya dan Kamera Berkualitas

Page 7: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

Tablet 7 Inci dengan Harga Terjangkaudengan logo Acer di atasnya. Di deretan logo tersebut ter-dapat kamera beresolusi 0,3 MP yang letaknya ada di sudut ka-nan. Tablet ini tidak memiliki sensor ca-haya atau sensor proximity.

Antar-muka

De-sain antar-muka Acer Iconia B1 ada-lah bawaan Android Jelly Bean. Tidak ada kustomisasi khusus di antarmuka tablet tersebut. Pada halaman lockscreen meng-gunakan model slider lingkaran di mana gesture slide ke kanan untuk membuka kunci, sedangkan slide ke kiri merupakan pintasan untuk masuk ke aplikasi kamera. Masuk ke halaman home screen terdapat lima halaman yang bisa dikustomisasi den-gan widget, shortcut, dan lainnnya. Anda juga bisa mengganti wallpaper dengan live wallpaper.

Pada jendela notifikasi, terdapat tombol cepat Brightness, Timeout, Auto Rotation, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, Airplane Mode dan shortcut ke Settings. Di dalam menu aplikasi drawer, tampilannya sama dengan desain default Android. Pada tampilan por-trait, ikon-ikon tersusun dalam formasi 6 x 5 ditemani latar belakang hitam, sementara pada tampilan landscape tersusun dalam formasi 7 x 4. Di bagian atasnya terdapat pilihan menu Apps dan Widgets, serta shortcut Google Play di pojok kanan atas.

Android 4.1.2 Jelly Bean merupakan salah satu versi Android yang paling baru saat ini. Versi tersebut menghasilkan tran-sisi yang dihasilkan Iconia B1 menjadi lebih halus. Saat kami pertama kali menghidup-kan tablet ini, muncul pemberitahuan update software sekitar kurang dari 30 MB. Update tersebut merupakan update minor yang meningkatkan performa dan keaman-an Iconia B1.

Performa antarmuka dirasakan terbilang cepat dan responsif. Pergeseran menu ber-jalan lancar tanpa lag berarti. Hal terse- but karena didukung

dengan prosesor dual-core yang

dipakainya.

Contact dan MessagingAplikasi kontak di Iconia

B1 bernama People, yang berisikan kumpulan informasi kontak yang Anda miliki. Na-mun, karena tablet ini tidak memiliki fungsi telepon mau-pun SMS, aplikasi ini hanya berfungsi sebagai penyim-panan kontak saja. Untuk urusan perpesanan, tablet ini sudah dimasukkan aplikasi email dan Gmail, serta Talk dan Messenger. Tampilan-tampilannya sama saja seperti default Android murni.

Kamera dan Perekaman Video

ACER Iconia B1 merupakan tablet 7 inci yang masuk kelas entry-level. Tablet ini hanya memiliki satu kamera yang ada di bagian

depan dan beresolusi 0,3 MP. Kamera tersebut bisa difungsikan untuk melakukan panggilan video. Untuk pengambilan foto, kamera ini menghasilkan gambar beresolu-si VGA. Sementara untuk perekaman video, ada fitur-fitur efek seperti efek mata besar, mulut besar, background sunset, maupun video bebas.

Hasil foto kamera terasa kurang me-muaskan. Kualitas yang dihasilkan hanya sebatas VGA saja. Tentu Anda tidak bisa mengharap banyak dari tablet kelas entry-level tersebut mengingat harga jualnya yang murah. Kamera ini juga tidak memiliki fitur autofokus. Sementara ketika difung-sikan untuk merekam video, hasil file-nya berekstensi 3GP. Video berdurasi 28 detik memakan memori sebesar 20,7 MB.

Dari segi desain, penempatan kamera depannya kami rasa kurang tepat. Letak kamera berada di sudut kanan atas seh-ingga kurang pas menangkap wajah ketika digunakan untuk video call.

MultimediaDi Acer Iconia B1, tidak disediakan ap-

likasi khusus pemutar video. File-file video bisa dilihat melalui aplikasi Gallery yang juga menjadi satu dengan preview file foto. Untuk urusan pemutar video ini, kami melakukan uji sederhana untuk melihat kemampuan Iconia B1. Pengujian dilaku-kan dengan memutar berbeda format dan resolusi. Video beresolusi Full HD berfor-mat MP4 tidak di-support tablet ini. Video kedua beresolusi HD berformat MP4, hasilnya bisa diputar namun terasa agak berat dan kadang ada patah-patah. Video ketiga kami mencoba berformat MKV dan beresolusi HD, hasilnya bisa diputar lancar

Desain bodi tidak terlalu berat dan nyaman dipegang jika lama dipakai.

Prosesor dual-core dan Android Jelly Bean.

Performa secara keseluruhan lancar.

anan lo logo Acer snya. Di Dian l logoogo bbut ter-

kammeraera oolulusi P yang ng ya a ada uut ka-

Tablet et tt akakakkk iiikikki kikikki iki rr ca-atau rr

mmmmmmmityityitityiii yyy.

tttttttararararar----

---

an id Jelly Bean. TTidadaak k

t i i kh ddi ttt kk ttttt bt lll ttt

dipakainya.

Contact dan MeAplikasi kontak

B1 bernama Peopberisikan kumpulkontak yang Andmun, karena tablmemiliki fungsi tepun SMS, aplikaberfungsi sebagpanan kontak surusan perpesaini sudah dimaaplikasi email lserta Talk danTampilan-tamsama saja seAnddroiroid md murnurn

Kamera Perekam

ACERmerupaka7 inci yankelas entTablet ini memmemiliiliki ki ssyang aaada da

ddddd dd b ll ii 0 30 3 MPM KK

namun terasa berat. Untuk format MOV, tablet ini tidak mendukung. Tablet ini juga punya aplikasi Movie Studio yang bisa di-gunakan untuk mengedit video sederhana, seperti cut atau memasukkan audio.

Layar Iconia B1 kami rasakan kurang begitu memiliki sudut pandang yang baik. Pengguna yang hobi memonton rasanya kurang terpuaskan dari layar yang dipak-ainya.

Di dalam aplikasi Gallery tempat melihat foto-foto, terdapat tiga buah tombol di sudut kanan atas. Tombol menu yang berisikan select item dan group by, tombol play untuk melihat foto secara otomatis dengan tampilan slide show, serta tombol kamera sebagai shortcut mengaktifkan kamera.

Untuk pemutar musik, Iconia B1 dise-diakan aplikasi bawaan Android, yaitu Play Music. Kualitas suara yang dihasilkan bisa dibilang standar saja namun di atas rata-rata. Suaranya kencang dan tidak pecah, tapi agak menyakitkan telinga jika volume dimaksimalkan. Letak speaker berada di belakang dan suara bisa hilang saat ter-tutup tangan atau dalam posisi diletakkan telentang.

BrowserTampilan browser default sama dengan

tampilan browser bawaan di Jelly Bean. Browser ini mampu membuka tab hingga 16 halaman sekaligus, serta memutar konten flash seperti video dari YouTube. Selain browser stok, di Iconia B1 juga dise-diakan Google Chrome. Untuk performa browser stok, kami rasakan memuaskan untuk tablet seharga Rp 1,5 jutaan. Proses scroll ke atas dan bawah berjalan dengan cepat. Proses pinch-to-zoom juga berjalan dengan mulus.

KonektivitasAcer Iconia B1-A71 merupakan tablet

dengan konektivitas Wi-Fi only. Teknologi yang digunakannya adalah Wi-Fi stan-dar 802.11 b/g/n. Sementara teknologi bluetooth yang ditanamkan adalah versi 4.0. Secara teori, versi terbaru ini memi-liki keunggulan berupa lebih hemat daya dibanding bluetooth versi sebelumnya. Teknologi GPS yang ada di tablet ini kami rasakan bekerja cepat. Pengujian seder-hana yang kami lakukan di dalam ruangan, GPS di Iconia B1 dapat ditangkap satelit dalam waktu hitungan detik. Namun, saat mengunci posisi, tablet ini membutuhkan waktu yang agak lama.

BateraiAcer Iconia B1 disiapkan baterai berka-

pasitas 2.710 mAh. Ketika mengisi ulang, kami rasakan membutuhkan waktu yang agak lama hingga baterai terisi penuh, seki-tar 3 jam. Saat baterai terisi penuh, tablet ini bisa dipakai untuk seharian, asalkan tidak digunakan secara terus-menerus. Daya tahan baterai tergantung penggunaan dari masing-masing pengguna. *

Kelebihan: Spesifikasi Utama:

OS Android 4.1.2 Jelly Bean

Layar TFT LCD 7 Inci WSVGA (1024 x 600)

Prosesor MediaTek MT6517 1,2 GHz dual-core

RAM 512 MB

Memory internal 8 GB

Kamera depan 0,3 MP

GPS, Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, microSD

Dimensi: 197,4 x 128,5 x 11,3 mm

Baterai Li-Ion 2710 mAh

Kekurangan:

Kapasitas baterai kecil.

Layar kurang bagus dan reflektif.

Kemampuan kamera depan biasa saja dan cenderung kurang memuaskan.

ACER Iconia B1 merupakan tablet 7 inci yang diperuntukan untuk segmen entry-level. Harganya yang terjangkau membuat tablet ini bisa bersaing dengan tablet murah para rivalnya. Meski murah, performa tablet ini cukup lancar karena dukungan proseso.

Diluncurkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2013 bulan Januari di Las Vegas, Acer Iconia B1 hadir dengan layar berukuran 7 inci dan berada dalam kategori entry-level. Didukung prosesor dual-core MT6517 1,2 GHz dari Mediatek, serta memori internal 8 GB dan RAM 512 MB, Iconia B1 dengan sistem operasi An-droid 4.1.2 Jelly Bean siap bersaing di kelas tablet murah dengan harga jualnya sekitar Rp 1,5 jutaan. Seperti apakah kemampuan Acer Iconia Tab B1 dengan fitur koneksi Wi-Fi only ini?

Desain dan BodiSeperti dikutip dari teknoup, kesan

pertama ketika memegang tablet 7 inci ini, adalah cukup ringan, tidak seperti beberapa tablet rivalnya. Total beratnya adalah 320 gram. Material bodi terbuat dari bahan plastik sehingga membuatnya tidak terlalu berat. Ditambah kapasitas baterai yang tidak terlalu besar juga ikut mempengaruhi berat perangkat tersebut.

Tablet warna hitam ini tidak sepenuh-nya berwarna hitam. Di sisi samping bodi terdapat garis berwarna biru yang mengelil-ingi keempat sisinya. Garis-garis tersebut terlihat makin menguatkan ciri khas dari Acer. Sementara di pojok kiri bawah terda-pat tulisan Iconia yang dibalut dalam latar segitiga berwarna biru.

Pada bodi bagian belakangnya terdapat desain seolah-olah adalah tutup bela-kangnya untuk melihat baterai. Namun, bagian tersebut tidak bisa dibuka, dan hanya sebagai aksen yang membuatnya terlihat lebih kaya. Desain tersebut berbeda dengan kebanyakan tablet yang punya latar polos, yang lebih mengesankan minimalis. Di desain tersebut tepampang logo Acer di tengah dan Iconia B1 di bagian bawahnya. Pada posisi mendekati sudut kanan bawah-nya terdapat sebuah speaker utama. Bodi bagian belakang terbuat dari bahan glossy yang terkesan licin.

Untuk tombol fungsi, Acer Iconia B1 memiliki tiga buah tombol yang ada di sebe-lah kiri bodi, yaitu tombol power dan tombol volume up serta volume down. Ada pula sebuah microphone di atas tombol power tersebut.

Sementara di bagian atas bodi terdapat lubang jack audio 3,5 mm dan di bagian bawah bodi terdapat port micro USB dan slot microSD. Slot untuk memori eksternal ini tertutup dengan pintu kecil yang bisa dibuka. Ukuran rumah tersebut agak pan-jang dari ukuran microSD sendiri. Diduga di sebelah slot microSD tersebut merupakan bagian yang diperuntukan untuk slot SIM card. Namun, perlu dicatat di tablet ini tidak ada slot SIM card, karena ini versi Wi-Fi only.

Untuk sisi mukanya, ter-dapat layar berukuran 7 inci TFT LCD

j p gterse- but karena didu

dengan prosedual-core y

pbagian yang diperuntukan untuk slot SIM card. Namun, perlu dicatat di tablet ini tidak ada slot SIM card, karena ini versi Wi-Fi only.

Untuk sisi mukanya, tery , -dapat layar beerukuran 7 inci TFT LCD

Acer Iconia B1-A71

Page 8: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

REVIEW 29 Maret - 4 April 2013

SEBUAH ponsel pintar tangguh diperkenalkan pada ajang Con-sumer Electronics Show 2013 lalu di Las Vegas. Memang banyak sekali perusahaan gadget yang ikut pada ajang tersebut. Semua ponsel yang dipamerkan pada ajang ini kebanyakan adalah perangkat dengan sasaran

Cyrus Apel

”Smartphone” Dual SIM Jelly BeanPT MITRA Komunikasi Nusantara

(MKN) menghadirkan ponsel pintar bersistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean) dengan dua kartu SIM GSM-GSM, Cyrus Apel.

Ponsel berlayar 4,5 inci den-gan resolusi 1280 x 720 piksel dan teknologi In-Plane Switching (IPS) itu menggunakan prosesor ARM Cortex A9 Dual Core 1,2 GHz dan kartu RAM satu giga bit.

Cyrus Apel, seperti disebut dalam siaran pers Mitra Komunikasi Nusan-tara dan Telkomsel, merupakan jajaran produk Cyrus yang menyasar segmen pengguna penggemar foto karena di-

lengkapi kamera delapan mega piksel dan fitur pendeteksi 10 wajah.

PT MKN selaku distributor resmi membanderol Cyrus Apel seharga Rp 1,999 juta yang dipaket bersama kartu Telkomsel.

Harga itu termasuk fasilitas undu-han aplikasi permainan berdefinisi tinggi dari Gameloft seperti Fallen Nation, Shark Dash, 9mm, ataupun Asphalt 7: Heat.

Selain aplikasi permainan, peng-guna juga memperoleh gratis data 800 mega bit, 210 menit telepon, 210 pengiriman pesan singkat per bulan selama enam bulan. *ant

Runbo X5 & Runbo X3

Ponsel Android Khusus untuk Petualangpasar dunia.

Seperti dilansir engadget/tek-nokers, pada ajang ini ada yang paling mencolok dengan kehadiran sebuah ponsel

cukup unik dan menarik, karena

ponsel ini diciptakan bagi mereka yang senang outdoor dan melaku-kan petualangan. Menurut pem-beritaan dari Engadget, perangkat ini akan dihadirkan dengan bodi yang sangat kuat.

Selain fungsi ponsel pada umumnya untuk melakukan peneleponan dan men-girim pesan singkat, ternyata ada fungsi lain yang menjadi andalan-nya, yakni berupa walkie-talkie. Ponsel dari seri ini akan

diberi nama

yang me-

nyerupai aktor Holly-wood si Rambo dengan

sebutan

Runbo.Runbo X1 merupakan ponsel

yang makin mantap, sebab sudah memiliki sertifikasi IP67 dan yang pasti Anda bisa menggunakan-nya sebagai walkie-talkie. Ukuran layarnya cukup mini 2 inci 176 x 144 mm, Dengan kamera utama 0,3 MP, terdapat sebuah laser pointer, Anda juga bisa menikmati sebuah fitur koneksi jaringan quad-band GSM plus CDMA 800 MHz, frekuensi 400 hingga 470 MHz untuk walkie-talkie, untuk suara saat ngobrol bisa di-loud speaker, ketahanan baterainya akan didukung dengan topangan

kapasitas 2.200 mAh. Di situs jual beli terkenal Cina Taobao, ponsel ini akan dihargai 980 yen, atau sekitar Rp 1,5 jutaan. Runbo X1 memiliki dua versi, yakni dengan GPS dan tanpa GPS.

Kemudian berikutnya Runbo X5. Sudah mengusung model smartphone, membuat Runbo X5 telah menyematkan sebuah sistem operasi canggih Android 4.0.4 den-gan prosesor MTK6577 dual-core 1 GHz, RAM 1 GB, penyimpanan internal memori 4 GB, terdapat tambahan juga yang ada di bagian luar berupa slot microSD, layar IPS

4,3 inci 800 x 480, laser pointer, kamera utama 8 MP, kamera depan 0,3 MP, loud speaker dan baterai berkapasitas 3.800 mAh yang bisa dilepas. Tidak lupa anda juga tetap bisa menikmati fitur andala produk mereka walkie-talkie di radio 400 hingga 470 MHz dengan jangkauan lebih dari 10 km dengan tambahan an-tena yang bisa dilepas. Sebagai pendukung konektivitas WCDMA 850/1900/1200, dua slot SIM card (WCDMA plus GSM), Wi-Fi, blu-etooth 3.0 dan GPS.

Kita lihat lagi paling kiri Runbo X3. Untuk spesifikasi yang dihad-irkan tidak berbeda dari Runbo X5. Namun, yang berbeda adalah layar yang diusung lebih mini 3,5 inci 800 x 480 IPS dan memiliki keyboard fisik qwerty.

Spesifikasi dari Runbo X3 dan X5 memang cukup menarik, ter-lebih lagi harganya juga terbilang murah. Kedua smartphone yang memiliki sertifikat IP67 ini sama-sama dibanderol 1.999 yuan, atau sekitar Rp 3,1 jutaan. Selain dijual di Cina, keduanya juga bisa Anda pesan melalui situs jual beli terke-nal eBay dengan harga 380 dolar AS, atau sekitar Rp 3,6 jutaan. *

Xiaomi Mi3

Hadir dengan Layar 5 Inci Full HDSIAPA yang tak kenal dengan

ponsel Android Cina dari Xiao-mi? Merek ini memang dari Cina, namun kualitas yang ditawarkan-nya tidak kalah dengan merek dari negara lain. Tidak heran banyak orang yang menunggu kedatangan produk baru dari Xiaomi.

Seperti dilansir unwiredview, pada tahun ini, Xiaomi pun kemungkinan akan memuncul-kan beberapa ponsel Android terbarunya. Salah satunya ada-

lah Xiaomi Mi3 yang merupakan suksesor dari Mi2. Sementara untuk handphone yang satu ini, sebuah bocoran pun sudah mulai bermunculan.

Ponsel ini dikabarkan akan menggunakan layar sentuh berukuran 5 inci. Menariknya, layar ponsel ini adalah tampilan dengan resolusi full HD 1080p.

Yang lebih menarik lagi adalah keberadaan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 di dalamnya. Prosesor tersebut pun

dikatakan akan memiliki kecepa-tan sebesar 2,3 GHz.

Jika masih belum cukup, ponsel ini akan dilengkapi den-gan kamera 13 MP yang ada di bagian belakang. Dan, untuk permasalahan sumber energi, Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Mengenai harga, ponsel ini pun kemungkinan akan dijual dengan harga yang tak terlalu mahal, yakni sebesar 320 dolar AS. *

Page 9: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

SAMSUNG Galaxy S4 kini resmi menyapa publik. Smartphone jagoan terbaru dari Sam-sung tersebut membawa sejumlah peningkatan dari jagoan sebelumnya, Galaxy S III. Dari sisi hardware, Galaxy S4 menggunakan prose-sor Exynos 8 inti (untuk beberapa negara lain menggunakan Snapdragon), RAM 2 GB, layar Super AMOLED 4,99 inci Full HD, dan kamera utama 13 MP.

Tidak hanya Samsung yang punya jagoan baru. Beberapa waktu lalu, salah satu rivalnya asal Taiwan, HTC juga meluncurkan jagoan barunya bernama HTC One. Smartphone ini juga membawa sejumlah hardware yang canggih, seperti prosesor Snapdragon 600, RAM 2 GB, layar Super LCD3 4,7 Full HD, dan kamera utama 4 MP dengan teknologi Ultrapixel.

Nah, seperti apakah perbandingan kedua jagoan tersebut? Berikut kami sampaikan per-

bedaannya seperti yang dikutip dari Slashgear/

SAMSUNG Galaxy S4 kini resmi menyapa

Samsung Galaxy S4 vs HTC One

teknoup.Salah satu yang menjadi persamaan dari

Galaxy S4 dan HTC One adalah sama-sama menggunakan Android Jelly Bean. Galaxy S4 sudah menggunakan Android 4.2 out-of-box, sementara HTC One akan segera mendapat versi tersebut segera. HTC One melakukan kustomisasi sendiri dengan Android yang dipakainya, begitu pun yang dilakukan Sam-sung.

Dari segi spesifikasi dan desain, Galaxy S4 dengan layar hampir 5 inci justru terlihat sedikit lebih kecil dan tipis dari HTC One dengan layar 4,7 inci. Galaxy S 4 memiliki dimensi 136,6 x 69,8 mm, ketebalan 7,9 mm, dan berat 130 gram. Sementara HTC One memiliki dimensi 137,4 x 68,2 mm ketebalan 9,3 mm, dan berat 143 gram. Untuk kapasitas baterainya, Galaxy S4 disiapkan baterai 2.600 mAh, sedangkan HTC One memiliki baterai 2.300 mAh. *

a4

Xbox 720 vs PlayStation 4

MANA yang lebih bagus? PlaySta-tion 4 atau Xbox 720, konsol game paling tangguh rekomendasi gamer, kelebihan PlayStation 4 vs Xbox 720.

PlayStation 4 (PS4) yang telah diperkenalkan beberapa waktu lalu mengundang perhatian banyak orang khususnya para gamer yang meng-inginkan perangkat game tangguh, sementara itu di sisi lain akan lahir konsol game serupa dari Microsoft, Xbox 720, lalu jika kedua konsol canggih ini dibandingkan, mana yang lebih unggul?

Seperti dikutip dari teknokers, apa-bila Sony beberapa waktu lalu telah memperkenalkan PlayStation 4 atau PS4 kepada publik, sampai sekarang Xbox 720 masih menjadi misteri karena Microsoft masih menyimpan informasi untuk perangkat game mereka tersebut.

Akan menjadi suatu persain-

gan hebat apabila rumor yang beredar ternyata benar dan kedua perangkat tersebut dirilis dalam satu waktu yang hampir bersamaan.

Siapa yang bakal mendominasi seandainya Xbox 720 ditanding-kan dengan PS4?

ProsesorKabarnya, PS4

dilengkapi dengan prosesor 8-core x86-64 AMD Jaguar, GDDR5 RAM dan GPU Radeon. Sementara Xbox 720 rumornya mengguna-kan prosesor 8-core AMD dan dilengkapi dengan RAM sebesar 8 GB serta GPU 800 MHz D3D11.x yang kabarnya setara dengan kualitas milik PS4.

ControllerPada saat peresmiannya, Sony

menjelaskan bahwa PS4 nantinya akan menggunakan sarana pengendali dual shock yang telah dikombinasikan den-gan controller seperti yang digunakan di PlayStation Vita.

Tidak hanya itu, controller PS4 nanti-nya juga dilengkapi dengan segudang fitur menarik seperti fitur integrasi dengan perangkat game Sony lain.

Apabila Sony masih menggunakan controller seperti yang diguna-

kan PS3, Microsoft me-lengkapi Xbox 720

dengan pengen-dali yang lebih canggih lagi.

Kabarnya, controller Xbox

720 akan dilengkapi dengan sensor, player track-

ing, resolusi dan segudang fitur menarik lainnya.

Social SharingSeperti dikutip dari merdeka.com, ke-

unikan yang dibawa PS4 nantinya adalah fitur social sharing. Dengan menggunakan fitur ini, penggunanya dapat berbagi pen-

galaman atau rekaman permainan yang baru saja mereka mainkan ke situs jejaring sosial atau website video streaming.

Tidak hanya itu, dengan meng-gunakan DualShock 4 ini, peng-gunanya juga dapat secara online mengajak orang lain untuk ikut bermain dengan mengintegrasikan dua perangkat saat itu juga atau real time.

Dari sisi social sharing, tam-paknya Microsoft masih harus mengadopsi apa yang diterapkan Sony. Dalam Xbox 720, kemung-kinan fitur social sharing seperti yang dimiliki PS4 tidak akan dapat ditemui.

Harga dan PeluncuranSayangnya, baik Microsoft atau

juga Sony sampai sekarang masih menyimpan informasi seputar harga dari perangkat game mereka tersebut.

Diperkirakan, PS4 dan Xbox 720 akan dipasarkan antara pertengahan tahun ini atau paling lambat sekitar Desember menda-tang. *

Page 10: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

JUMLAH pengiriman iPhone, iPad atau perangkat lain dari pabrik yang merakit merupakan cerminan seberapa

tinggi pesanan Apple yang sekaligus menggambarkan jumlah permintaan pasar. Karena itulah para analis kerap memantau pabrik-pabrik komponen rekanan Apple untuk mengetahui berapa besar jumlah iDevice yang dipesan Apple untuk memenuhi kebu-tuhan pasar.

Seperti dikutip dari gopego, data terbaru yang didapat IHS yang merupakan divisi riset dari iSuppli, menjelaskan bahwa pesanan iPad ukuran besar (9,7 inci) yang dibuat Apple merosot cukup tajam. Tidak main-main, penurunan pengiriman iPad 9,7 inci dari pabrik ke Apple tersebut mencapai 81 persen di bulan Januari lalu. Penurunan jumlah pengiriman iPad tersebut juga dibarengi dengan pengurangan pasokan LCD panel untuk iPad.

Penurunan panel ukuran 9,7 inci terjadi setelah Apple menye-suaikan jumlah pesanan mereka bulan Januari tahun ini, setelah jumlah pesanan yang sangat besar pada bulan Desember 2012. Apple membuat sebuah kesepakatan dengan para supplier untuk membeli panel dalam jumlah tertentu tiap tahun, dan pembelian yang sangat besar di bulan Desember lalu menjadikan Apple harus mengurangi pesanannya selama bulan Januari hingga November.

Namun, jangan dulu berburuk sangka menyebut iPad 9,7 inci tidak laku. Itu karena secara umum pesanan panel display untuk tablet juga mengalami penurunan di kuartal pertama 2013 ini. *

SAMSUNG tampaknya punya pegangan baru untuk meyakini bahwa target tinggi yang mereka tetapkan untuk penjualan

Galaxy S4 bukanlah sesuatu yang mustahil. Seperti dilaporkan BGR, toko ritel ponsel terkemuka

asal Inggris Phones 4U, baru-baru ini menyatakan bahwa Galaxy S4 telah sukses menghasilkan jumlah pendaftaran pelanggan yang 40 persen lebih tinggi daripada perilisan Galaxy S3 tahun lalu.

Berbagai laporan yang beredar sebelumnya mem-perkirakan bahwa besarnya minat untuk Galaxy S4 akan mampu membuat Samsung mencatat penjualan sebesar 10 juta unit pada bulan pertama peredarannya (April 2013). Scott Hooton, Chief Commercial Officer untuk Phones 4U meyakini bahwa Galaxy S4 berpeluang besar untuk menjadi smartphone terlaris di tahun 2013.

Eksekutif tersebut juga menambahkan bahwa Gal-axy S4 telah melampaui harapan baik dari segi inovasi terknologi maupun form factor. Galaxy S4 dijadwalkan siap beredar mulai minggu terakhir di bulan April dengan harga setidaknya di kisaran Rp 6 jutaan untuk versi 16 GB (rilisan AS). *

TABLET berbasis Android tahun ini diperkirakan akan berhasil mengungguli pangsa pasar Apple iPad. Menurut IDC, pangsa pasar iPad akan turun dari 51 persen di tahun 2012 menjadi 46 persen di tahun 2013.

Seperti dilansir IntoMobile, sementara pangsa pasar tablet-tablet Android akan naik men-jadi 49 persen, di tahun 2012 pangsa pasar mereka hanya 42 persen.

Tablet dengan layar lebih kecil dari 8 inci akan menguasai separuh pengapalan dan di tahun-tahun berikutnya akan makin berkembang. Vendor pun melakukan gerak cepat untuk berkompetisi di segmen ini, dikarena-

ACER meluncurkan smart-phone berbasis Intel, Liquid C1, yang ditujukan untuk pasar Indo-nesia. Ponsel bersistem operasi Android Ice Cream Sandwich itu memiliki prosesor Intel Atom Z2420. Dapur pacunya didukung dengan RAM 1 GB DDR2, serta kapasitas penyimpanan 4 GB eMMC.

Acer melengkapi produk terba-

Penjualan Samsung Galaxy Salip iPhone

MESKI banyak produsen ponsel bermun-culan, tetapi saat ini hanya ada 2 produsen yang dianggap memiliki pengaruh paling besar di pasar ponsel. Siapa lagi kalau bukan Samsung dan Apple.

Seperti dilaporkan businessinsider, Sam-sung adalah produsen ponsel terpopuler di dunia, tak diragukan. Android telah membawa Samsung menempati posisi terhormat yang sebelumnya selama bertahun-tahun diduduki Nokia. Sementara Apple melalui iPhone me-mang tidak mendominasi pasar smartphone global tetapi mampu menghasilkan laba jauh lebih besar dari Samsung yang memiliki ban-yak sekali model smartphone.

Telah banyak hasil riset yang melapor-kan dan membandingkan penguasaan pasar smartphone baik oleh Apple maupun Samsung. Apple sangat populer di Amerika sementara Samsung merajai Eropa dan sebagian besar negara Asia. Apple, hanya

dengan satu model smartphone mampu meraup laba sangat besar, sementara Samsung yang terkenal dengan Android smartphone lini Galaxy selalu unggul dalam jumlah unit yang terjual.

Dikatakan MacCourt bahwa sejak lini Galaxy dirilis, Samsung Galaxy hanya satu kali tercatat melampau penjualan iPhone. Insiden itu terjadi di September 2012 ketika publik menahan diri untuk tidak membeli iPhone karena menunggu rilis iPhone 5. Sisanya, iPhone selalu menjadi pemimpin terdepan di jumlah pen-jualan smartphone.

Perlu diketahui, data yang di-pakai adalah untuk penjualan seluruh model iPhone yang masih ada di pasaran dan lini Galaxy (Note, Note II, S2, dan S3). *

dting

perminpabrik-

SAMbahw

G

aGpG

e

h

Minat Beli Galaxy S4 Lebih Tinggi daripada Galaxy S3

Pengiriman iPad 9,7 Inci Merosot

Penjualan Tablet Android akan Mengungguli Apple iPad

kan pengguna menyadari bahwa untuk penggunaan harian tablet berukuran kecil lebih ideal dari-

pada tablet besar seperti tablet 9,7 inci atau 10,1 inci.

Menurut IDC, pasar e-reader tahun ini makin menghilang, dengan meningkatnya popu-laritas tablet yang menyediakan fungsionalitas membaca e-read-er. Pengapalan e-reader akan terus menurun sampai beberapa tahun ke depan, tepatnya tahun 2015.

IDC memperkirakan bahwa selama 2013 akan ada 190,9 juta tablet yang dikapalkan. Sementara itu di tahun 2012 pengapalan tablet masih 128,3 juta unit, dengan kata lain

IDC memprediksikan bahwa pengapalan tablet tahun ini naik 56 persen. Di tahun 2017, diperkirakan ada 350 juta tablet yang berhasil dikapalkan. *

Acer Luncurkan ”Smartphone” Berbasis Intel

runya dengan dua kamera, mas-ing-masing 8 MP (belakang) dan 0,3 MP (depan). Untuk menunjang aktivitas fotografi penggunanya, pada ponsel berlayar 4,3 inci itu juga disertakan fitur burst shot 5fps. “Liquid C1 (dengan Intel di dalamnya), akan memberi Anda performa yang baik dan baterai yang tahan lama,” ujar Presiden Director Acer Indonesia, Jason

Lim, di Jakarta, belum lama ini.Ia mengklaim, kekuatan baterai

200 mAh-nya bisa tahan 400 jam standby dan penggunaan maksi-malnya 9 jam. Liquid C1 menyedi-akan konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, serta Micro USB untuk terhubung dengan perangkat lain.

Acer mematok produk terbaru-nya itu dengan harga Rp 2,8 juta termasuk garansi 3 tahun. *ant

Page 11: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

Page 12: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

Page 13: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

Page 14: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

Page 15: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

Shazam adalah ap-likasi music identification yang paling dikenal, kare-na merupakan aplikasi tertua di antara se-mua aplikasi yang dibahas di sini. Awal-nya Shazam dibangun untuk layanan reko-mendasi musik pada tahun 2002. Layanan ini memberikan rekomendasi musik sejenis berdasarkan musik yang sedang dimainkan. Dari algoritma untuk layanan rekomendasi tersebut, Shazam dikembangkan menjadi

Aplikasi SoundHound cukup populer belakangan ini. Versi sekarang, sudah banyak perbaikan daripada versi sebelumnya, mulai dari sisi antar-muka hingga masalah kecepatan dalam pengenalan lagu. Dengan cukup banyak fitur yang disedia-kan, tampilan SoundHound menjadi ramai, namun tetap elegan dengan dominasi warna hitam dan oranye. Cara identifikasi lagu da-pat dilakukan dengan berbagai cara. Biarkan aplikasi merekam suara musik atau lagu yang sedang dimainkan dan aplikasi akan bekerja mengidentifikasi setelah mendap-atkan cukup data. Bahkan, hanya dengan berdendang pun, aplikasi dapat mengetahui judul lagu yang didendangkan.

Hasil yang diberikan cukup lengkap, tidak hanya judul dan artis saja, namun juga album, informasi album dan artis, cover art, tahun rilis, lirik lagu, video lagu yang ada di YouTube dan lain-lain. SoundHound juga menyediakan cara pencarian konvensional, yaitu dengan cara mengetikkan judul lagu, artis, album, atau sebagian lirik lagu. Jumlah pencarian musik atau lagu tidak terbatas.

SoundHound tersedia hampir di semua sistem operasi mobile populer seperti iOS, Android, Nokia OS, dan Windows Phone. Ada dua versi yang beredar, yaitu versi gratis dengan menampilkan iklan, serta versi berbayar tanpa iklan. Harga versi berbayar bervariasi di tiap-tiap OS.

TrackID dulunya adalah ap-likasi music identifica-tion built-in yang hanya tersedia pada pon-sel Sony Ericsson (sekarang: Sony). Namun, sejak Sony Ericsson mulai meng-gunakan Android sebagai sistem operasi produk ponselnya, TrackID akhirnya ikut dibawa ke Android Market. Saat ini TrackID masih menjadi aplikasi standar bawaan ponsel Sony. Pencarian musik oleh TrackID menggunakan database milik Gracenote, yang dulu adalah CDDB, yaitu database CD audio. Gracenote dikenal sebagai pemilik database lagu yang paling lengkap. Terdapat tiga menu utama pada aplikasi ini yaitu, Record, History, dan Charts. Fasilitas untuk melakukan indentifikasi lagu terda-pat pada menu Record. Cukup dengan menyentuh logo TrackID pada layar gadget Android, dan biarkan aplikasi melakukan identifikasi. Dalam hitungan detik TrackID akan memberikan judul lagu lengkap dengan artis, album dan cover¬nya, serta ulasan lengkap mengenai artisnya. Menu History menampilkan daftar lagu-lagu yang pernah diidentifikasi sebelumnya pada gad-get tersebut. Sementara menu Chart berisi daftar lagu yang paling banyak diidentifikasi berdasarkan wilayah negara tertentu.

TrackID hanya tersedia untuk gadget bersistem operasi Android, dan dapat di-download gratis di Android Market. Karena tersedia gratis, TrackID menampilkan iklan.

PERNAHKAH Anda merasa penasaran terhadap judul lagu dan artis dari sebuah lagu yang sedang diputar di radio? Dan sayangnya penyiar radio tidak menyebut-kan informasi mengenai lagu tersebut. Atau mungkin pernah mengingat nada sebuah lagu, namun lupa judulnya.

Kasus tersebut kini bukan masalah lagi, karena sudah ada beberapa aplikasi gadget yang dapat membantu untuk menginden-tifikasi sebuah lagu. Cukup mengarahkan microphone gadget ke sumber musik, atau bernyanyi sendiri jika musiknya tidak sedang diputar, atau bahkan cukup dengan bersenandung jika tidak hapal lirik lagunya. Aplikasi tersebut dapat segera mengenali judul lagu dan artis yang membawakan lagu tersebut dalam hitungan detik.

Terdapat banyak aplikasi music identifi-cation yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, baik yang berbayar maupun yang gratis. Berikut ini akan di-review beberapa aplikasi music identification yang populer.

29 Maret - 4 April 2013

PERNAHKAH Anda merasa penasarant h d j d l l d ti d i b h

Mengenal Aplikasi ”Music Identification”

SoundHound

Shazam

aplikasi music identification yang dapat digunakan semua orang untuk mengidenti-fikasi judul lagu, artis dan album dari musik yang sedang dimainkan.

Ada tiga jenis Shazam yang bisa di-download. Shazam Free, Shazam Encore dan Shazam Red. Shazam Free dapat di-download secara gratis dan menampilkan iklan. Shazam Encore mempunyai fasilitas yang sama seperti Shazam Free, namun berbayar dan tidak menampilkan iklan. Shazam Red juga berbayar, harganya lebih mahal dibanding Shazam Encore, dan 20 persen dari hasil penjualan Shazam Red disumbangkan untuk membantu program penanggulangan HIV/AIDS di Afrika.

Tampilan utama Shazam sangat seder-hana, sebuah logo Shazam dengan latar belakang biru muda, cukup disentuh untuk mulai merekam suara musik kemudian mengirimkannya ke database server Shaz-am untuk dibandingkan dan diidentifikasi. Dalam Shazam, proses ini disebut tagging. Awalnya proses tagging lagu pada Shazam Free terbatas hanya 5 lagu per bulan, na-mun mulai awal tahun 2012, keterbatasan ini dihilangkan. Semua versi Shazam dapat melakukan proses tagging dengan jumlah tak terbatas.

Shazam juga menyediakan daftar music chart berdasarkan banyaknya sebuah lagu diidentifikasi para pengguna Shazam. Hasil pencarian dapat di-share ke beberapa so-cial media populer. Shazam tersedia hampir di semua sistem operasi smartphone seperti iOS, Android, Windows Mobile, Windows Phone dan BlackBerry.

TrackID

Page 16: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

MusicIDSatu lagi aplikasi music identification yang menggunakan database

Gracenote, yaitu MusicID. Fasilitas yang ditawarkan aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan tiga aplikasi di atas. Selain fitur utama untuk mengiden-tifikasi lagu, MusicID juga menyediakan fitur pencarian manual dengan teks, lagu populer yang banyak diidentifikasi, serta daftar lagu yang su-

dah pernah diidentifikasi. Pada MusicID juga terdapat music player built-in, yang dapat memainkan lagu-lagu yang ada pada gadget tersebut.

MusicID tersedia pada sistem operasi iOS, Android dan BlackBerry. Pengguna harus membayar 0,99 dolar AS untuk dapat men-download aplikasi ini.

Aplikasi LainnyaSelain empat aplikasi yang diulas di atas, ada

beberapa aplikasi serupa lainnya yang layak di-coba, yaitu: SoundTracking, RadioFiend, MusicDNA

ID, Rhapsody SongMatch dan lain-lain. Beberapa layanan social network populer juga ada yang menye-diakan fasilitas music identification, misalnya Path. *

Gde SastrawangsaSTIKOM Bali

Mengubah Desktop Windows 7 Menjadi Android ICS

JIKA Anda menyukai Android dan merupakan peng-guna komputer Windows 7, tips berikut bisa dipastikan akan sangat Anda sukai. Ya, ini adalah cara untuk mengubah tampilan komputer Windows 7 Anda menjadi Android Ice Cream (ICS). Seperti dikutip dari gopego,

sebelum memutuskan untuk mencobanya, Anda perlu tahu bahwa yang kami sajikan di sini merupakan hasil kerja sama dari pengguna Flickr bernama David Molina dan tim dari situs Lifehacker.com.

Untuk bisa membawa Android ICS ke komputer Windows 7 seperti yang dilakukan Molina, Anda perlu download sejumlah file berikut ini.

- Ice Cream Sandwich wallpaper dari Wall-Base.

- APPOWS2010 theme for Windows 7 dari DeviantArt untuk tweak taskbar.

- RocketDock dengan blank theme untuk membuat dock di sisi kiri.

- Ice Cream Sandwich Icon Pack dari DroidPirate.- Rainmeter system monitor and configuration tool untuk

Windows.- Minimal Bar skin for Rainmeter untuk menampilkan

waktu dan tanggal.

- Lexis skin for Rainmeter untuk menampilkan cuaca.- Simplesentencethree for Rainmeter untuk me-

nampilkan musik yang tengah diputar, terletak di sudut-kanan bawah.

- Google Search Bar for Rainmeter.- Roboto Font (khusus untuk Roboto Light).

Anda memang harus download semua file di atas. Jangan kaget kalau ukurannya cukup besar tetapi akan terbayar ketika Anda berhasil membawa Android ICS ke desktop. Nantinya Anda bahkan juga bisa membuat tampilan Android di desktop sesuai keinginan Anda melalui icon pack yang tersedia.

Perlu dicatat bahwa tips ini hanya untuk Anda yang memiliki pengetahuan cukup mengenai Android dan Windows sehingga jika terjadi kesalahan dalam proses install, Anda tidak akan panik dan bisa mengatasinya. Untuk informasi lebih detail mengenai cara membawa Android Ice Cream Sandwich ke komputer desktop Windows 7, Anda bisa lihat langsung di situs Lifehack-er.com. Selamat mencoba. *

Page 17: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

APLIKASI29 Maret - 4 April 2013

APAKAH Anda user beruntung yang telah mendapatkan tampilan baru di timeline Facebook Anda? Jika benar maka Anda bisa berbagi bersama kami tetapi jika belum, bocoran kali ini pasti akan membuat Anda terperangah.

Seperti dikutip dari gopego, selain bisa mencoba fitur baru Graph Search, di tampilan bar Facebook Anda juga akan bisa mendapati beberapa perubahan dan fitur keren yang tidak ada di Facebook versi sebelumnya. Mau tahu apa saja fitur baru tersebut? Simak penjelasannya berikut ini:

Mengurutkan Konten dengan MudahPerubahan mencolok yang bisa Anda lihat di desain

baru Facebook ada pada News Feed. Ada tambahan sejumlah feed yang bisa Anda kustomisasi. Dengan fitur itu Anda akan bisa mengurutkan postingan, baik musik, foto, juga postingan-postingan dari page yang Anda like sebel-umnya.

KINDLE app besutan Amazon, merupakan aplikasi populer untuk membaca beragam format e-book. Aplikasi ini telah lama hadir di iOS dan Android dan sekarang giliran pengguna Black-Berry 10 handset yang bisa memakainya. Seperti dikutip dari gopego, akses ke jutaan buku digital bisa Anda lakukan via Kindle app. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu kliping koran atau majalah karena semua bisa Anda akses dengan cepat melalui screen BlackBerry 10 handset.

Anda bahkan bisa mengatur ukuran teks, kecerahan, warna background dan membaca e-book dalam pilihan mode land-scape atau portrait. Mencari arti kata dalam sebuah buku yang Anda baca juga bisa dilakukan, cukup tap & hold pada sebuah kata maka Kindle akan memunculkan definisinya melalui sebuah kamus built-in atau Anda juga punya pilihan untuk menggunakan Google dan Wikipedia. Amazon Kinlde app telah teresedia gratis di BlackBerry World dan bisa Anda download untuk memudah-kan akses dan membaca e-book di BlackBerry 10 handset. *

Lima Hal Keren di Desain Baru Facebook

- Music FeedUntuk Music Feed, fitur ini akan menampilkan postingan

dari musisi yang telah Anda like, termasuk informasi men-genai album yang telah mereka rilis dan detail dari konser yang akan diadakan. Selain itu bisa dilihat pula lagu-lagu populer yang didengar kawan-kawan Facebook Anda dan saran musisi sejenis lain yang mungkin ingin Anda follow.

- Photos FeedDengan fitur baru ini, Anda bisa melihat tampilan foto

yang lebih besar dari yang ditampilkan Facebook versi sebelumnya. Demikian halnya ukuran foto kawan Anda yang di-share via Instagram.

- Following FeedFollowing Feed model baru akan menampilkan semua

postingan dari news page, seleb dan tim olahraga yang Anda like, secara urut sehingga tidak perlu lagi mengurut-kannya berdasar Most Recent atau Most Popular.

Pengalaman yang Sama di Semua Model PerangkatTak peduli Anda membuka Facebook di komputer,

smartphone atau tablet, Facebook menghadirkan pengala-man desain web yang terinspirasi oleh versi mobile. Face-book versi mobile yang ada saat ini memiliki sebuah fitur sisi kiri yang muncul saat Anda swipe screen dari kiri ke kanan. News Feed desain baru di Facebook akan memiliki fitur serupa versi desktop dengan navigasi di sisi kanan. Klik saja ikon yang ada di sisi kiri untuk mengakses event, messenger, foto, search, aplikasi, notes, feeds, dll.

Mengelompokkan Postingan di News FeedSaat ini ketika sejumlah kawan Facebook Anda posting

sebuah link yang sama maka Facebook akan mengelom-pokkannya ke dalam News Feed Anda. Dengan Facebook desain baru, pengelompokan itu akan terlihat lebih rapi dan bersih. Semua postingan yang sama, baik link foto, video, status update atau artikel yang di-share ulang akan ditempatkan di sisi kiri dalam bentuk thumbnail. Anda bisa letakkan cursor mouse di masing-masing thumbnail itu untuk melihat isi postingan.

Mengetahui Lebih Banyak tentang hal yang Anda ”Like”

Anda pasti telah Like sejumlah nama musisi atau seleb favorit Anda di Facebook, bukan? Dengan Facebook desain baru Anda akan bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai artis yang Anda Like langsung di News Feed Facebook Anda.

Timeline yang Lebih LegaDi Facebook model baru, Anda tidak akan menjumpai

garis vertikal yang diletakkan di tengah timeline seperti yang ada di Facebook versi lama. Kolom Facebook akan berukuran lebih besar sehingga memberikan kesan lega untuk foto dan postingan Anda yang lain. Kotak untuk menempatkan Friends, Photos dan Apps yang ada di bawah cover foto juga dihapus dan diganti tabs yang lebih sederhana.

Nah, itulah 5 hal baru yang bisa Anda dapati di Face-book desain baru. Jika belum mendapatkannya di akun Facebook Anda, silakan nantikan saja karena Facebook saat ini tengah membaginya ke seluruh pengguna Face-book secara bergantian. *

Baca eBook Lebih Nyaman dengan Kindle App for BlackBerry 10

Page 18: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

BLACKBERRY Z10 adalah salah satu smartphone yang baru saja hadir di Indo-nesia dan Anda mungkin bertanya-tanya berapa lamakah battery life BlackBerry Z10. Seperti dilansir crackberry.com/gopego, keberlangsungan battery life tentu saja tergantung dari cara pemakaian tiap orang, tapi semua orang pasti menginginkan battery life BlackBerry Z10 yang mampu berlangsung sepanjang hari.

Anda tentu saja dapat memaksimalkan battery life BlackBerry Z10 hingga berlang-sung sepanjang hari meski hanya meng-gunakan sebuah baterai. Bagi bagi Anda, khususnya pengguna aktif BlackBerry Z10 yang menginginkan battery life BlackBerry Z10 mampu berlangsung sepanjang hari, berikut ini adalah tips dan trik untuk me-maksimalkan battery life BlackBerry Z10.

Matikan Wi-Fi, Bluetooth dan NFC jika tak Dipakai

Hal pertama yang bisa Anda lakukan un-tuk memaksimalkan battery life BlackBerry Z10 adalah dengan mematikan konektivitas Wi-Fi, bluetooth, dan NFC jika tidak digu-nakan. Wi-Fi, bluetooth, dan NFC, sedikit banyak bisa memakan battery life meski tidak sedang digunakan. Tapi Anda juga harus bisa mengambil keuntungan ketika ada akses Wi-Fi sebab dapat membantu battery life BalckBerry Z10. - Settings > Network Connections > Matikan konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC

Memaksimalkan ”Battery Life” BlackBerry Z10

gunaan battery life. Makin terang layar BlackBerry Z10, makin banyak memakan battery life, jadi jaga antara 10-20 persen untuk menghemat battery life. - Settings > Display > Turunkan kecerahan layar

Gunakan IMAP Daripada menggunakan Exchange ActiveSync untuk email ketika mendaftar akun, Anda lebih baik menggunakan IMAP. IMAP dapat member-ikan pemberitahuan secara langsung dan dapat diatur dengan waktu tersendiri jadi Anda tidak perlu harus seringkali membuka dan menutup email.

Redupkan Layar BlackBerry Z10 tidak didukung auto-dim untuk backlight, tapi dengan menurunkan-nya dapat membantu menghemat peng-

Atur ”Screen Timeout”

Dengan mengatur screen timeout dapat sangat membantu menghemat battery life BlackBerry Z10. Kebanyakan waktu yang digunakan untuk screen timeout adalah 30 detik, tapi jika Anda mengaturnya hingga 10 detik justru akan sangat menghemat battery life. - Settings > Display > Turunkan waktu screen timeout

”Lock on” atau Gunakan ”Holster”Ketika Anda sedang dalam perjalanan

pastikan BlackBerry Z10 dalam posisi lock on dan posisi juga ini dapat mencegah pocket dial. Selain memposisikan Black-Berry Z10 dalam posisi lock on saat sedang dalam perjalanan, Anda juga dapat meng-gunakan holster agar BlackBerry Z10 dalam posisi tidur tanpa khawatir BlackBerry Z10 menyala secara tidak sengaja.

Atur ”Refresh Settings” Jika Anda menerapkan banyak aplikasi atau berbagai sosial media, maka pastikan Anda atur refresh setting pada jarak yang lama. Makin singkat waktu refresh setting, maka makin banyak mengkonsumsi battery life.

Atur JaringanPastikan jaringan yang digunakan

BlackBerry Z10 tepat sesuai sasaran, jika tidak mendapatkan dukungan 4G maka atur pada 2G yang tentu saja akan banyak membantu menghemat battery life.

- Settings > Networks Connection > Mobile Network

Tutup ”Active Frame”Tidak semua Active Frame menampilkan

update pada background, tapi sebagian besar menampilkan Active Frame seperti aplikasi baterai dan cuaca yang aktif tentu saja akan

memakan battery life, meski tidak banyak. Jadi, jika Anda tidak menggunakan aplikasi pastikan untuk menutup Active Frame.

Charge Satu-satunya senjata terakhir untuk membuat battery life BlackBerry Z10 dapat berlangsung sepanjang hari adalah dengan membawa char-ger ke mana pun Anda pergi. Jadi, ketika lampu indikator sudah menunjukkan warna merah, Anda dapat langsung menggunakan charger. Tambahkan Aksesori

Jika menginginkan ekstra battery life untuk BlackBerry Z10, maka Anda bisa menambah-kan BlackBerry Battery Charger Bundle. *

Page 19: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

PARA pengguna ponsel pintar (smartphone) di Indonesia dan Thailand menyukai belanja dalam jaringan internet (online). Demiki-an hasil survai MasterCard di 14 pasar Asia Pasifik.

Survai yang dilakukan pada November dan Desember 2012 itu menunjukkan 54,5 persen responden di Indonesia dan 51 persen responden di Thailand memilih berbelanja online dengan ponsel pintar dibanding komputer personal (PC).

Senior Vice President Product MasterCard Asia Pasific, Po-rush Singh mengatakan, survai itu mencerminkan pergeseran perilaku pembelian online di Asia Pasifik dan kepercayaan kon-

COUNTRY Marketing Man-ager Google Indonesia, Krishna Zulkarnain, mengatakan kegiatan promosi sistem operasi Android bukan men- jadi tugas kantor perwaki-lannya.

“Tu-gas kami mem-beri-kan nilai man-faat

PRODUSEN ponsel lokal, Cross mobilephone, meluncurkan phablet A27 (kombinasi tablet dan ponsel) berukuran 5,88 inci yang membidik segmen pengguna menengah.

“Cross A27 mempunyai keung-gulan teknologi gesture sensor, 3D gravity sensor, dan proximity sensor yang memungkinkan peng-guna mengubah atau menggeser tampilan layar tanpa harus meny-entuhnya,” kata Direktur Pemasa-

INTEL Corporation Indonesia mengajak para pengembang piranti lunak dalam negeri untuk mencip-takan aplikasi-aplikasi perangkat komputasi, mulai dari komputer meja, laptop, tablet, hingga ponsel pintar.

“Produk kami mem-butuhkan dukungan

Pengguna ”Smartphone” Indonesia Suka Belanja ”Online”

sumen untuk bertransaksi dengan ponsel-ponsel pintar.

Satu dari tiga responden memi-lih situs-situs lokal dibanding situs asing ketika membeli barang kar-ena lebih aman dalam transaksi.

Aplikasi mobile banking, aplika-si berbelanja dari media jejaring sosial, aplikasi belanja untuk per-mainan digital, serta pembayaran berbasis pesan singkat (SMS) lebih dikenal responden dibanding pembayaran dengan koneksi near field communication (NFC).

Laporan survai belanja online wilayah utuk Asia Pasifik itu, sebut MasterCard dalam siaran persnya, termasuk wawancara dengan 7011 responden dari 14 pasar tentang perilaku berbelanja online

mereka.Sebanyak 14 pasar yang men-

jadi lokasi survai belanja itu antara lain Australia, Cina, Filipina, Hong-kong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Se-laindia Baru, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. *ant

Samsung Siapkan Jam Pesaing iWatchSAMSUNG sedang mempersiapkan jam tangan

yang mampu menjadi telepon mobile untuk me-nyaingi rumor iWatch buatan Apple.

Dua perusahaan besar teknologi, Samsung asal Korea dan Apple dari Amerika Serikat, menurut pengamat sedang mengembangkan arloji yang mampu berhubungan dengan telepon mobile, menerima email dan men-gunduh aplikasi mini.

“Kami sudah lama me-nyiapkan produk jam tan-gan itu,” kata Lee Young Hee, petinggi untuk bisnis mobile Samsung dalam wawancara dengan Bloomberg di Seoul, seperti dikutip Daily Mail.

Sementara itu seorang sumber kepada kantor

berita Reuters menyebutkan jam tangan Samsung itu bisa melakukan fungsi-fungsi smartphone. *ant

Intel Dekati Pengembang Indonesia

Promosi Android bukan Tugas Google Indonesiayang didapat pengguna jika memakai Android di ponsel-ponsel (pintar) mereka,” kata Krishna, selepas penutupan proyek Chrome Open Spaces di Jakarta, belum lama ini.

Krishna mengatakan, promosi sistem operasi Android justru menjadi tugas para produsen perangkat-perangkat ponsel pintar atau tablet.

Google Indonesia masih akan mengerjakan sejumlah proyek untuk membangun ekosistem digital di Indonesia baik dari kalangan pengguna, penyedia konten, maupun penyedia jaringan.

“Jumlah total tetap tidak ada, tapi kami ingin men-

dorong penetrasi web, penyedia bandwidth, dan penetrasi ponsel pintar,” kata Zulkarnain.

Zulkarnain mengatakan, proyek-proyek Google Indonesia memungkinkan untuk dilakukan bersama sejumlah operator selular atau perusahaan teknologi asing seperti Microsoft ataupun Yahoo!.

Beberapa proyek lain Google yang sedang berlangsung di In-donesia yaitu perekaman gambar jalan (street view) di Jakarta untuk fitur Google Maps.

“Terkendala macet di Jakarta (karena) untuk berjalan satu kilo-meter saja perlu lima jam,” kata Krishna tentang proyek pereka-man gambar Jakarta dengan mobil-mobil Google. *ant

Bidik Kelas Menengah, Cross Luncurkan Phabletran Cross, Janto Djojo, di Jakarta, belum lama ini.

Phablet Cross A27 menggu-nakan prosesor dual core 1 GHz, sistem operasi Android 4.0, serta dilengkapi kamera 8 megapiksel di sisi belakang dan kamera 1,3 megapiksel di sisi depan.

Ponsel dengan dua kartu op-erator GSM itu mampu mendeteksi hingga lima titik sentuhan pada layar beresolusi 480 x 800 piksel-nya.

Janto optimis produk yang dibanderol Rp 1,35 juta hingga Rp 1,45 juta itu akan diminati konsumen karena phablet A27 dilengkapi fungsi televisi.

Cross A27, kata Janto, men-jadi produk phablet andalan pada 2013. Cross juga meluncurkan A26, ponsel lima inci Android 4.0, A28 ponsel empat inci Android 4.0, CG2 ponsel berfitur 2,4 inci, dan C5 ponsel berfitur 2,4 inci.*ant

-

komunitas terutama dari para pengembang,” kata Direktur Pengem-bangan Strategi Bisnis Intel Indonesia, Harry K Nugraha, dalam Intel Innovation and Technolog Day 2013 di Jakarta, belum lama ini.

Harry mengatakan, Intel menyediakan peralatan piranti lunak pengembangan (software development kit) bagi para pengembang baik untuk sistem operasi Andorid, maupun teknologi komputasi perseptual.

“Jenis aplikasi apa pun yang laku dijual. Kami juga dapat mem-bantu (para pengembang) untuk mendapatkan uang dari aplikasi mereka (monetize) di App Up Store,” kata Harry.

Intel, menurut Harry, masih fokus pada penciptaan produk-produk komputer terutama laptop. Tapi, perusahaan itu juga mulai mengembangkan produk-produk tablet dan ponsel pintar.

“Sebanyak 11 ponsel pintar Intel telah tersebar di 20 negara hingga awal 2013 di bawah merek seperti Lenovo, Motorola, dan Asus,” kata Harry tentang ponsel-ponsel Intel bersistem operasi Android.

Ekspansi Intel di produk ponsel pintar menggunakan strategi dua segmen produk, kelas menengah dan ponsel premium.

Sementara itu, Platform Lab Manager Advanced Technical Sales Intel Corporation, Thaine Creitz, mengatakan tren perangkat kom-puter mendatang yaitu perceptual computing.

“Komputer akan mempunyai kemampuan sebagaimana daya indera manusia, yaitu melihat, mendengar, merasa, dan membaui,” kata Creitz. *ant

Page 20: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

PT LENOVO Indonesia menargetkan menguasai 10

PRODUSEN komputer Lenovo tetap mempertahankan jajaran produk berkategori tipis dan ringan di pasar laptop Tanah Air dengan menghadirkan IdeaPad Z400.

Presiden Direktur PT Lenovo Indonesia, Sandy Lumy, di Jakarta mengatakan, Z400 menyasar segmen pengguna kelas menengah yang menginginkan laptop tipis berkemampuan multimedia dasar.

Laptop setebal 2,66 cm itu diklaim lebih hemat energi dengan prosesor-prosesor Intel Core i5 dan Core i7 generasi ketiga.

IdeaPad Z400 berlayar LED 14 inci dilengkapi kartu RAM empat giga bit, ruang penyimpanan data digital satu tera bit, kartu grafis Nvidia dua giga bit, baterai empat sel, serta ruang cakram DVD.

Panel sentuh pada laptop dengan koneksi Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi itu mampu mendeteksi 10 varian sentuhan sehingga mengurangi ketergan-tungan terhadap tetikus (mouse). IdeaPad Z400 berprosesor Intel Core i5 dibanderol Rp 6,999 juta, dengan Intel Core i7 seharga Rp 7,999 juta, dan dengan Intel Core i7 serta Windows 8 seharga Rp 8,699 juta. *ant

PRODUSEN tablet asal Cina bernama Colorfly mungkin belum pernah terdengar di telinga para pecinta gadget. Namun, perusahaan yang satu ini baru saja memperkenalkan tablet terbarunya yang sangat menarik bernama Colorfly CT781.

Seperti dilansir GSM Insider, tablet Android ini memiliki desain yang mirip dengan iPad Mini. Namun, daya tarik utamanya adalah pada ukurannya yang sangat tipis. Bayangkan saja, tablet ini memi-liki ketebalan hanya 6,71 milimeter.

Selain mempunyai ukuran yang tipis, tablet ini juga dilengkapi dengan bezel yang tak kalah tipis. Bezel pada bagian layar tablet ini memiliki ukuran sebesar 4,90 milimeter dengan tampilan beruku-ran 7,85 inci. Pada bagian dalamnya, terdapat prosesor quad core Allwinner A31s yang ditunjang dengan RAM berkapasitas 1 GB. Sebagai tambahan, tablet ini juga dilengkapi dengan GPU PowerVR SGX544 MP2. Sayangnya, pihak Colorfly kemungkinan hanya akan menjual tablet ini di pasar Cina.*

Lenovo Incar 10 Persen Pasar Notebook Indonesia

harga di bawah Rp 5 juta serta tablet di bawah harga Rp 4 juta,” kata Sandy, terkait target pengua-saan Lenovo Indonesia di pangsa pasar tablet dalam negeri sebesar 10 persen.

Sandy mengatakan, tablet akan lebih banyak dipakai sebagai perangkat hiburan dan gaya (lifestyle), sedangkan netbook dan notebook akan dipakai sebagai perangkat kerja.

Pada kategori lain, kata Sandy, perangkat netbook, laptop khusus untuk mengakses dan merambah situs internet, masih mempunyai pasar di Indonesia sekitar 15 persen pada akhir 2012 dari total produk laptop.

Sementara, tren perangkat campuran ponsel dan tablet (phablet) akan mengarah pada produk berukuran layar enam inci karena perangkat beruku-ran lima inci masih tergolong ponsel.

“Tunggu tanggal mainnya. Mudah-mudahan (tahun ini),” kata Sandy tentang kemungki-nan peluncuran produk phablet Lenovo.

Bagi konsumen Indonesia, menurut Sandy, perangkat yang dilengkapi dua slot kartu operator, GSM dan CDMA, akan lebih digemari selain kemampuan video streaming.

*ant

Acer Hadirkan Teknologi AMD Radeon HD 8000 Series pada Aspire E1-451G

Colorfly CT781, Tablet Android dari Cina dengan Ukuran paling Tipis di Dunia

Spesifikasi Produk

- AMD A8-4500M (1.90 GHz dengan teknologi Turbo Core hingga mencapai 2.80 Ghz) dengan AMD RadeonTM HD 7640G- Grafis AMD RadeonTM HD 8750M dengan 2GB DDR3 VRAM- LCD 14”HD Acer CineCrystalTM LED-backlit TFT LCD- RAM 4GB DDR3- HDD 500GB- Acer Video Conference dengan Acer Crystal Eye Webcam- DVD Super Multi; SDTM Card reader; HDMI Port- USB 3.0 port for untuk transfer data yang 10x lebih cepat- Dual built-in speaker stereo- Touchpad multi-gesture yang mendukung scroll dua jari, pinch, rotate, dan flip- Sistem operasi: Linux- Garansi: 3 tahun (jasa servis)- Warna: Glossy Black.

ACER Indonesia berkolaborasi bersama AMD (Advanced Micro Devices) belum lama ini men-gumumkan ketersediaan Acer Aspire E1-451G yang didukung oleh AMD Accelerated Proces-sor Units (APU) Quad Core A8 dan dilengkapi dengan teknologi grafis teranyar dari AMD, AMD RadeonTM HD 8000 Series.

Notebook Aspire E1-451G ini merupakan notebook pertama di Indonesia yang menga-dopsi teknologi grafis Radeon™ HD 8000 dan menawarkan performa grafis untuk mendukung produktivitas dari kalangan pelajar hingga penggemar game mainstream yang membutuh-kan notebook berkualitas dengan kemampuan grafis yang andal.

“Sebagai pemimpin pasar notebook dan PC di Indonesia, Acer terus berinovasi den-gan menghadirkan produk-produk PC dengan teknologi terbaru untuk menjawab kebutuhan pasar pelajar dan pengguna PC yang menuntut performa grafis yang andal dalam mendukung produktivitas keseharian sekaligus untuk hiburan, seperti memainkan game mainstream atau mengedit foto video. Untuk itu dihadirkan produk affordable premium, Acer Aspire E1-451G yang merupakan notebook pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi AMD Radeon™ HD 8000 Series,” ujar Riko Gunawan, Head of Product Management, Product Market-ing Div., Acer Indonesia.

Dengan prosesor AMD A8-4500M (1.90 GHz) yang diperkuat dengan teknologi Turbo Core sebagai otak penggerak, Acer Aspire E1-451G mampu menampilkan performa bertenaga untuk memproses tugas-tugas komputasi secara

paralel, meningkatkan kemampuan grafis, serta peningkatan daya tahan baterai. Performa ini makin diperkuat dengan prosesor grafis bertena-ga dari keluarga AMD Radeon™ HD 8000 untuk meningkatkan kinerja grafis dan multimedia.

“Kehadiran Acer Aspire E1-451G makin melengkapi jajaran notebook mumpuni yang didukung teknologi AMD A-Series Accelerated Processing Unit (APU) generasi kedua. Acer Aspire E1-451G merupakan jawaban dari AMD dan Acer terhadap kebutuhan konsumen akan notebook terjangkau yang mendukung produk-tivitas komputasi sehari-hari serta mampu menghadirkan kinerja yang lebih superior dan kualitas tampilan grafis lebih sempurna,” ujar Victor Herlianto, Consumer Business Lead, AMD Far East Ltd.

Acer Aspire E1-451G hadir dengan balutan desain yang modern serta dilengkapi dengan teknologi dan fitur yang memberikan kenyaman-an eksklusif bagi konsumen seperti: Acer Video Conference yang didukung Acer Crystal Eye Webcam untuk aktivitas video conference yang lebih berkualitas, dual built-in speaker stereo un-tuk memanjakan telinga penggunanya dengan audio yang menggelegar tajam dan touchpad multi-gesture yang mendukung scroll dua jari, pinch, rotate, dan flip.

Acer Aspire E1-451G tersedia dalam warna glossy black, dan sudah bisa didapatkan di jar-ingan ritel PC di kota-kota di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 5.499.000. Untuk kenya-manan pengguna, setiap pembelian produk Acer mendapatkan 3 tahun garansi resmi (jasa servis). *

PT PTPT LENLENOOVOVOOOOO InIndondonesiesia amenmenmennnargargaraa etketkan an menmenmememmmenmenmm guaguag saisaisa 1010 1

A H d

persen pangsa pasar perangkat notebook dalam negeri pada 2013. Demikian dikatakan Presi-den Direktur Lenovo Indonesia,

Sandy Lumy. “Pasar notebook kategori thin

and light secara keseluruhan sebesar lima hingga 10 persen,”

kata Sandy, selepas pe-luncuran IdeaPad Z400 di Jakarta, belum lama ini.

Sandy, mengutip laporan perusahaan riset pasar GfK, mengatakan, daerah pasar produk-produk komputer personal (PC) dan notebook paling besar yaitu Jabodetabek (30-35 persen), Surabaya

(20 persen), dan Makassar (15 persen).

“Produk PC atau notebook paling banyak diminati jika

PRODUSEN komputer Lenovo tetap mempertahankan jajaran

AHAHadirkan IdeaPad Z400, Lenovo

Jaga Pasar Komputer Tipis

Page 21: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

SEBUAH rumor baru saja muncul ke permukaan, mengungkap informasi kehadiran dari Windows 9 yang diprediksi akan segera diungkap pada bulan No-vember tahun depan. Seperti dilansir Ubergizmo, rumor ini tampak aneh mengingat Windows 8 terbilang baru saja diperkenalkan kepada umum. Namun, satu hal yang pasti bahwa Microsoft sedang mengembangkan sebuah platform generasi terbaru untuk menggantikan

KASPERSKY LAB mengumumkan bahwa para ahli mereka telah mengembangkan dan mematenkan teknologi canggih yang mengoptimalkan penggunaan sumber daya komputasi PC. Paten No. 2475819 yang didaftarkan di Rospatent (badan paten Rusia) menjelaskan metode untuk mengidentifikasi dan menghapus registry branch, file, proses dan objek lain yang memakai sumber daya sistem tetapi tanpa hasil yang berguna.

Seiring waktu, junk menumpuk di komputer mana pun, baik di rumah maupun di kantor. Junk bisa terdiri dari file sementara, ber-bagai file atau pekerjaan terbaru, protokol, konten memori kernel atau seluruh konten sistem operasi (dumps) dan lain-lain. Ketika memakai sumber daya komputasi PC (misalnya disk space), junk tidak memberikan apa-apa bahkan terkadang hanya memper-lambat kinerja PC. Namun, sistem operasi tidak memberikan tools standar untuk membersihkan seluruh junk ini. Metode yang digambarkan dalam paten ini bertujuan membereskan masalah di atas.

Teknologi pada paten ini menganalisis seluruh objek yang tidak digunakan yang mempengaruhi kinerja sistem lalu mengi-dentifikasi dan menghapus semua yang membuat sistem memiliki load tinggi namun tidak bermanfaat bagi pengguna, misalnya karena aplikasi yang sedang digunakan tidak memerlukan objek memakai sumber daya sistem tersebut.

Kebanyakan teknologi lain yang mencoba untuk menghapus junk dari sistem biasanya hanya menghapus objek yang tidak digunakan, namun memakai daya besar. Namun, tidak ada analisis akan dampaknya terhadap sistem maupun dampak dari penghapusan mereka terhadap sistem. Ini berarti hanya sekadar merapikan atau membersihkan space namun tidak memikirkan manfaat dari kegiatan pembersihan tersebut. Tidak seperti keban-yakan teknologi lain, teknologi Kaspersky Lab bisa mengidenti-fikasi objek-objek junk” yang paling memakan sumber daya dan menghapus mereka.

“Bila Anda perlu membersihkan ruangan secepat mungkin dan langsung memanfaatkan ruangan tersebut dengan lebih baik, jelas hal pertama yang Anda lakukan adalah menyingkirkan hal-hal yang paling memakan ruang dan baru memikirkan hal lainnya belakangan. Prinsip inilah yang kami gunakan dan ikuti saat mengembangkan teknologi ini,” ujar Oleg Zaitsev, penulis teknologi yang dipatenkan tersebut.

Perlu dicatat bahwa teknologi ini sangat efektif dalam mene-kan kinerja ekstra komputer lama yang memiliki banyak aplikasi. Dalam hal ini, komputer lama tersebut dapat beroperasi hingga 10 persen lebih cepat.

Dua pekerjaan paling penting yang dilakukan teknologi adalah optimisasi memori operasi (operating memory) dan penggunaan disk space, selain membantu administrator dalam hal perawatan preventif jaringan komputer, yang sangat penting bagi jaringan perusahaan.

Meski paten diperoleh pada akhir Februari, teknologi ini telah sukses diimplementasikan dalam solusi untuk konsumen, Kaspersky Internet Security dan Kaspersky PURE, serta solusi bisnis Kaspersky Lab, Kaspersky Endpoint Security for Windows, Kaspersky Endpoint Security for Business dan Kaspersky Secu-rity for Virtualization. Teknologi ini juga terdapat dalam versi gratis utilitas Kaspersky Virus Removal Tool.

Kaspersky Lab terus meningkatkan portofolio properti intelek-tualnya. Per awal Maret 2013, portofolio perusahaan mencakup lebih dari 130 paten yang diterbitkan di Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa dan Cina. Sebanyak 200 aplikasi paten lainnya masih berada di badan paten negara-negara tersebut. *yas

KASKASPERRSKSKY LAL B mennnggugumumkan bahwwa para aaahhli merekekekeekaaaaa telah menm gembangkan dann memmemm atenkan teknoloo gi cccaanggih yangg

Teknologi Baru Kaspersky Lab Optimalkan Sumber Daya PC

Microsoft akan Hadirkan Windows 9 pada November 2014?

platform mereka yang saat ini disebut dengan Windows 8.

Seperti dilaporkan Win8China, sebuah situs yang sering kali membocorkan informasi tepat mengenai perusahaan software

tersebut, Microsoft akan merilis produk Windows 9 pada Novem-ber 2014 di mana pada bulan Januari tahun depan kita sudah akan mampu mencoba versi beta dari software ini. *

Mencari Animasi GIF di Google Kini Lebih Mudah

APAKAH Anda gemar mengoleksi animasi GIF? Kini ada cara mudah untuk menemu-kannya, berkat filter baru yang ditambah-kan Google untuk hasil pencariannya. Seperti dilansir Slashgear, Google menawarkan tool pencarian baru yang dikhususkan untuk animasi GIF. Seperti apa caranya? Ketika mencari sebuah animasi GIF, yang harus Anda lakukan adalah klik pada “Search Tool,” kemudian klik pada “Any Type” yang akan memuncul-kan drop-down menu, setelahnya Anda bisa memilih “Animated” untuk menampilkan hanya animasi GIF di hasil pencarian.

Fitur baru ini dikatakan sudah dapat dinikmati saat ini juga, meski sepertin-ya masih belum tersedia untuk semua pengguna. Jadi jika Anda tidak melihat pilihan filter baru, Anda harus bersabar untuk sementara waktu. Tidak hanya menunjukkan animasi GIF, filter baru ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat animasi GIF secara langsung dari halaman hasil pencarian.

Meski animasi GIF telah disertakan dalam hasil Google Image Search, namun pengguna masih belum dapat mencari secara spesifik sebelumnya, selain itu pengguna juga tidak bisa melihat animasi langsung dari halaman hasil

pencarian. Kini dengan adanya filter bar, Anda bisa mudah mencari dan melihat animasi GIF langsung.

Tak hanya itu, Google juga menambahkan filter baru lainnya yang memungkinkan Anda untuk mempersempit hasil pencarian hanya untuk gambar transparan. Untuk melaku-kannya, cukup klik “Search Tools” dan pilih “Any Color” dari drop-down menu, lalu pilih “Transparant” untuk melihat foto yang hanya memiliki background transparan. *

EditNote Sukatto, Notebook Pereda StresJIKA Anda merasa stres dan memerlukan

pelampiasan yang bagus, Anda mungkin ingin mencoba model notebook terbaru besutan pabri-kan asal Jepang bernama EditNote ini. Ada pun model notebook yang dapat dijadikan sebagai sarana pelampiasan stres Anda secara virtual ini, tidak lain adalah EditNote Sukatto.

Seperti dikutip dari berita teknologi, EditNote Sukatto ini adalah notebook seukuran A4 berisi halaman-halaman yang sengaja dirancang untuk dapat dengan mudah dirobek-robek. Halaman-halaman yang ada tidak dibuat untuk menulis dengan kata-kata yang baik melainkan hanya berisi segala keluhan dan selanjutnya dapat disobek-sobek sebagai pelampiasannya.

Menurut para pengembang produk ini, note-book pereda stres ini pada dasarnya telah didasarkan pada kebi-asan dan perilaku yang berlaku di masyarakat Jepang sendiri. Dari berbagai penelitian yang telah dilaku-kan sebelumnya, para pengembang

tersebut konon telah merobek berbagai jenis kertas dan menemukan sebuah robekan yang terbaik untuk kepuasan maksimum.

Harga yang ditawarkan untuk sebuah unit Edit-Note Sukatto ini sekitar 500 JPY atau setara Rp 50 ribuan dan itu sudah termasuk pajak. *

ote Sukatto.berita teknologi, EditNotebook seukuran A4 berisi

g sengaja dirancang untukirobek-robek. Halaman-k dibuat untuk menulisbaik melainkan hanya an selanjutnya dapatpelampiasannya.mbang produk ini, note-ada dasarnya telah

laku-pengembang

Page 22: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

SEJAK YouTube diakuisisi Google pada tahun 2006 silam, kedua perusahaan tersebut tam-paknya mampu saling menguntung-kan satu sama lain. Seperti dilansir BGR/gopego, adanya selipan iklan di dalam tiap video YouTube masih belum mengendurkan minat dari para penggunanya yang kini telah mencapai 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Hal ini tampaknya menginspirasi Yahoo untuk mengambil langkah serupa, dan Yahoo merasa bahwa mereka mutlak membutuhkan dukungan dari sebuah situs layanan video sharing milik mereka sendiri untuk bisa berkembang lebih jauh. Pilihan pun jatuh pada DailyMotion

35 Persen Perusahaan tak Lindungi Data dengan Baik

SEBUAH survai yang dilakukan Kaspersky Lab bersama B2B Internation-al menemukan bahwa sekitar 35 persen perusahaan di dunia tidak melindungi datanya dengan baik, sehingga rawan diakses siapa saja.

Survai yang melibatkan 5.000 manajer TI senior di seluruh dunia November tahun lalu itu, mendapatkan 35 persen perusahaan tidak menggunakan teknologi enkripsi untuk melindungi datanya sehingga mudah bocor, kata Kaspersky Lab dalam siaran persnya, belum lama ini.

Kegiatan mata-mata perusahaan dan kebocoran data yang tidak disengaja merupakan ancaman serius bagi bisnis, namun masih banyak perusahaan yang tidak melindungi informasi penting mer-eka dengan software keamanan.

Menurut data B2B International, jenis enkripsi yang banyak digunakan adalah File and Folder Level Encryption serta Full Disk Encryption. File and Folder

Level Encryption adalah fitur yang bisa diandalkan untuk melindungi file dan folder penting bisnis, sedangkan Full Disk Encryption bisa menyembunyikan seluruh konten harddrive, termasuk file sementara (temporary).

Dengan menggunakan fitur enkripsi seperti itu, menurut Kaspersky Lab, para penjahat cyber akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan komputer yang sangat kuat untuk bisa membuka enkripsi data.

Meski memiliki manfaat besar bagi perusahaan, 34 persen perusahaan masih belum menggunakan File and Folder Level Encryption dan bahkan 17 persen perusahaan sama sekali tidak memiliki rencana untuk menggunakan enkripsi data.

Hasil yang sama terlihat untuk Full Disk Encryption di mana dari seluruh responden hanya 36 persen yang sudah menggunakannya dan 18 persen respon-den sama sekali tidak memiliki rencana

untuk menggunakan enkripsi data.Hal ini jelas membahayakan keutu-

han informasi perusahaan, termasuk

data rahasia, dan konsekuensinya bisa sangat serius bahkan fatal, kata Kasper-sky Lab. *ant

Nexus 7 Generasi Kedua Hadir dengan ”High-Res Display”

APAKAH Anda sedang mencari tablet murah dengan kualitas yang tidak murahan? Informasi berikut patut Anda simak. Seorang analis mengung-kapkan jika tablet murah dengan high-resolution dis-play akan hadir tahun ini melalui Nexus 7 generasi kedua untuk mengalahkan iPad Mini Retina display.

Seperti dilansir androidautority, Analis Display-Search, Paul Semenza mengatakan, jika Nexus 7 generasi kedua kemungkinan akan hadir dengan sebuah HD+ resolution display (1900 x 1200) yang dilengkapi pixel density 323ppi, meningkat dari 216ppi saat ini.

Produksi massal dari perangkat Nexus 7 baru ini dikabarkan akan mulai pada kuartal kedua tahun ini, jauh lebih awal dari produksi Retina untuk iPad Mini. Apple dikabarkan akan meluncurkan iPad Mini baru pada kuartal ketiga atau keempat ta-hun ini, leng-kap dengan resolusi 2048 x 1536 seperti pada iPad 3 dan iPad 4

tetapi lebih kecil. Sementara untuk pixel density akan dilipatgandakan dari 163 pada generasi pertama iPad Mini menjadi 324ppi.

Lantas siapakah yang akan membuat display untuk iPad Mini Retina? Semenza menyebut beberapa nama, seperti LG Display, AUO, Japan Display dan bahkan Sharp. Namun, ia tidak me-nyebutkan supplier untuk Nexus 7 generasi kedua. Mungkinkah analisa ini akan terbukti? Kita tunggu tanggal mainnya. *

l densityy 3323223ppi, menningkkkat ddariyyy

asa sal dadari perangkatkatt Ne NNexusususus 7 7 7 7 7 7 barbarbarbarbarbaruuuuu akan mn mulaul i pada kukukuaartal aal al l i, jauhauhh l lebih awwal al darrii a uuntuk iPadabaabaabarkarkarkannn rkarkann

x

Yahoo Bidik Dailymotion untuk Saingi Google dan YouTube

yang tak lain adalah situs video sharing terbesar ke-2 di dunia, setelah YouTube tentunya.

Sumber Wall Street Journal mengatakan, Yahoo sedang mempertimbangkan untuk membeli saham DailyMotion dalam jumlah besar. Dukungan dari website video sharing asal Prancis tersebut diperkirakan mampu mendongkrak pangsa pasar Yahoo terutama di sejumlah kawasan Eropa dan Asia.

Sumber tersebut menambahkan bahwa Yahoo akan mengajukan tawaran awal untuk membeli 75 persen saham terlebih dahulu, den-gan opsi membeli saham secara keseluruhan di masa mendatang senilai 300 juta dolar AS. *

YouTube Akui Punya Satu Miliar Pengguna Setiap BulanGOOGLE Inc menyebutkan, tiap bulan

tercatat rata-rata semiliar pengguna You-Tube, yang mengakses dan berbagi video melalui jejaring sosial itu.

Jumlah itu sama dengan hampir satu dari tiap pengguna internet menjadi peng-guna YouTube.

“Bila YouTube diibaratkan negara, maka kami menjadi yang ketiga terbesar setelah Cina dan India,” tulis YouTube dalam blog yang diunggah ke (http://r.reuters.com/dev76t).

Perluasan jaringan data berkecepatan tinggi di seluruh dunia dan peningkatan

kemampuan perangkat internet seperti smartphone, telah membantu miliaran orang terhubung melalui internet dan men-gobarkan pertumbuhan jejaring sosial dan laman-laman video.

Facebook pada September mencatat pengguna aktifnya mencapai semiliar, suatu tekanan global yang menantang akan pertumbuhan berkelanjutan.

YouTube maupun Facebook memerlu-kan waktu delapan tahun untuk merangkul semiliar pengguna di seluruh dunia.

YouTube mendapat sukses mendadak setelah didirikan tiga mantan pegawai Pay-

Pal pada tahun 2005 dengan menambah-kan jutaan pengguna pada tahun pertama. Google membelinya seharga 1,65 miliar dolar AS pada tahun 2006.

Situs video kini mewakili salah satu peluang kunci Google untuk menghasilkan sumber-sumber penda-patan baru di luar bisnis iklan yang tradisional.

Video musik sep-erti “Gangnam Style” dari Psy`s, penyanyi Korea Selatan menyumbangkan ledakan pengunjung You-

Tube. Video itu sejauh ini sudah ditonton 1,45 milar pengunjung, demikian dilapor-kan Reuters. *ant

tuk menghasilkan

n -

Page 23: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

TERJAWAB sudah rumor sebelumnya mengenai Samsung Galaxy S4 yang akan dilengkapi dengan wireless charging. Baru-baru ini Samsung telah mengu-mumkan jika smartphone Galaxy S4 akan kompatibel dengan aksesori qi wireless charging.

Seperti dilaporkan techradar.com/gopego, Samsung Galaxy S4 menawarkan opsi battery cover di bagian belakang dan wireless charging pad sebagai aksesori

SELAIN pengumuman road-map Tegra generasi terbaru, ajang GTC 2013 juga tak lupa memberi-kan kesempatan bagi berbagai tim developer untuk memamerkan inovasi terbaru mereka. Seperti dilaporkan phandroid.com, salah satu peserta pameran yang paling menarik perhatian adalah Nuidroid, sebuah perusahaan yang bertu-juan untuk menghadirkan motion controller/remote generasi terbaru.

Cara kerjanya sangat mirip dengan Kinect, menggunakan teknologi baru yang akan mampu mendeteksi pergerakan user

TERJAWAB sudah rumor sebelumnya mengenai Samsung

Aksesori Qi Wireless Charging untuk Samsung Galaxy S4

pilihan. Menurut anggota wireless power consortium, ini mungkin akan menjadi aksesori utama Samsung Galaxy S4. Dikatakan jika Samsung Galaxy S4 adalah tambahan terbaru untuk memper-luas ekosistem Qi dari perangkat mobile dan aksesori charging dengan basis instalasi lebih dari 15 juta unit.

Qi adalah wireless charging yang mudah digunakan, tidak terkecuali dengan Samsung Ga-

laxy S4, cukup atur perangkat yang support dengan Qi pada setiap Qi charging spot untuk mengisi ulang baterai secara instan.

Namun, sayangnya hingga saat ini masih belum ada informasi mengenai harga atau tanggal rilis ak-sesori wireless charging yang kom-patibel dengan Samsung Galaxy S4. Bisa jadi harganya tidak murah, mengingat saat ini masih belum ban-yak perangkat yang menawarkan teknologi ini, termasuk iPhone 5. *

Google Ciptakan Sepatu Ponsel

GOOGLE kembali bereksperimen menciptakan perangkat selular baru yang terhubung dengan peralatan keseharian setelah berinovasi dengan kacamata, Google Glass.

Kali ini, proyek baru Google melibatkan sepatu yang disebut talking shoes itu mampu melacak aktivitas pengguna dan menawarkan umpan balik secara langsung melalui internet. Demikian dilapor-kan artcopycode.com dan digitalspy.co.uk.

Sepatu yang didemonstrasikan pada festival South by South West di Texas AS, merupakan

bagian dari proyek “Art, Copy, Code” yang bertujuan menghubungkan perangkat selular dengan objek keseharian dan menjadi media periklanan online baru.

Sepatu sneaker itu terhubung dengan ponsel pintar Android melalui koneksi bluetooth dan

menggunakan akselerometer dan giroskop untuk menerjemahkan pergerakan kaki

ke “komentar lucu, tepat waktu, dan memotivasi”.

Sepatu itu juga akan mengirimkan komentar singkat ketika tidak diguna-kan pemakainya seperti “Ini

super membosankan” atau “Jika berdiri saja masih terhitung olahraga, Anda akan menjadi juara dunia.”

Dan ketika digunakan, sepatu itu akan memberikan komentar seperti

“Saya suka kibasan angin melalui tali se-patu ini” atau “Telepon 911, karena Anda sedang

membara,” ketika pengguna bermain basket.Komentar-komentar itu akan tampil pada media

jejaring sosial Google+ atau langsung terdengar dengan speaker yang terpasang pada sepatu.

Sepatu itu dirancang agensi periklanan YesYesNo dan Studio 5050 akan ditawarkan ke sejumlah mer-eka sepatu olahraga seperti Nike.

“Dengan menghubungkan sepasang sepatu sneaker ke web, kami menciptakan peluang unik antara objek fisik dan ruang iklan digital,” sebut tim kreator dalam situs Art, Copy, Code. *ant

Nuidroid Pamerkan ”Prototype” Aksesori Mirip Kinect untuk Android

dan menggunakan pergerakan poros-poros sendi dari pengguna sebagai acuan perintah.

Apa yang mereka pamerkan masih sebatas prototype dan jauh dari kata sempurna, sementara aksesori yang mereka gunakan kadang masih gagal mengenali perintah pengguna. Namun, hal ini jelas tak akan mengurangi antusiasme yang ditimbulkan, mengingat fitur motion sensor dari Nuidroid ini juga akan hadir di konsol game Ouya.

Perwakilan Nuidroid juga mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan negosiasi dengan sejumlah rekanan lain, jadi mereka tidak akan membatasi penggunaan teknologi buatannya hanya untuk keperluan bermain game di Ouya saja. Teknologi buatan Nuidroid ini diharapkan juga akan bisa diterapkan di perangkat elektronik lainnya sep-erti smart TV, di mana Nuidroid akan mampu menggantikan peran remote control. *

”Stereo Speaker” Lucu Berbentuk Teddy Bear untuk iDevices

APAKAH Anda sedang mencari stereo speaker untuk iDevices? Jika demikian, Anda bisa mempertimbangkan sebuah stereo speaker berbentuk Teddy Bear yang lucu dan menggemaskan.

Seperti dikutip dari gopego, Anda bisa mendapatkan stereo speaker berbentuk Teddy Bear ini melalui Amazon dengan seharga 35 dolar AS.

Stereo speaker Teddy Bear tidak hanya mengandalkan desai tapi juga memiliki kualitas suara yang sangat baik. Speaker Teeddy Bear ini memiliki dua speaker yang terpasang di dalam kedua kaki boneka berbentuk Teddy Bear. Selain itu speaker unik ini juga menggunakan penghubung 3,5 mm yang bisa digunakan untuk perangkat audio lain selain iPod, iPhone dan iPad.

Stereo speaker Teddy Bear cocok digunakan baik di rumah atau di kantor,

di mana pun tempatnya stereo speaker Teddy Bear

ini mampu membuat Anda tersenyum melihatnya. Stereo speaker Teddy Bear ini juga tersedia dalam pilihan warna

pink yang tentu saja cocok digunakan sebagai kado

ulang tahun bagi Anda yang memiliki anak

perempuan yang masih sekolah. Bagaimana, apakah Anda berminat dengan membeli ste-

reo speaker Teddy Bear? *

Page 24: Gadget Star. Bali Post. 29 Maret - 4 April 2013

29 Maret - 4 April 2013

PEMERINTAH mendukung industri game lokal menjadi raja di dalam dan luar negeri.

“Kita akan membangkitkan pelan-pelan industri game lokal untuk diikutsertakan ke festival-festival internasional,” kata Kasu-bdit Karya Kreatif Periklanan Direktorat Ekonomi Kreatif Berbasis Media Kemenparekraf, Dadang Djatmika.

Ia mengungkapkan, tahun lalu pemerintah telah membawa be-berapa developer ke Tokyo Game Show dan London International Animation Festival (LIAF). Kemenparekraf juga tengah menjalin kerja sama dengan beberapa negara pembuat game terkenal seperti Korea Selatan, Jepang, dan Inggris.

Menurut Dadang, kerja sama ini telah berbuah datangnya be-berapa praktisi internasional untuk berbagi pengalaman mengem-bangkan game.

Ia menekankan, pengembangan industri game lokal amat pen-ting karena game bukan semata permainan, namun juga edukasi dan sumber penghasilan. “Kita harus mencontoh Cina, Jepang dan Amerika. Tahun ini kita coba realisasikan pekan animasi dulu yang tentu akan melibatkan para pelaku industri game lokal,” katanya. *ant

KETUA Asosiasi Game Indone-sia (AGI), Andi Suryanto, mengajak pelaku industri game lokal bersin-ergi untuk kemajuan bersama.

“Industri game di Indonesia su-dah jalan. Artinya, ada developer, publisher, talent, payment, dan EO, tapi masih sendiri-sendiri,” ujarnya, belum lama ini. Ia berharap, AGI menjadi wadah untuk saling bantu mengembangkan industri game Indonesia ke level lebih tinggi lagi.

Andi menginginkan game Indo-nesia bukan hanya raja di negeri sendiri, tapi juga merambah dunia. Namun, seluruh pelaku industri harus bersinergi terlebih dahulu.

Andi menjelaskan, dengan bersama-sama, industri game akan lebih kuat sehingga bisa mengatasi masalah apa pun, termasuk soal developer lokal yang kerap tidak dihargai publisher.

SALAH satu alasan utama dalam membeli sebuah smartphone tercanggih adalah kemampuannya dalam menjalankan game-game keren dan tampilannya yang sangat halus di layar display yang lebih besar dan jernih.

Seperti dilaporkan pocketgamer, jika hal tersebut memang masih Anda jadikan sebagai acuan, maka Anda tidak akan salah pilih jika memang telah memutuskan siap membeli Galaxy S4 pada awal peredarannya mulai akhir bulan depan.

Electronic Arts (EA), publisher dari berbagai game-game hebat seperti FIFA dan Need for Speed akhir minggu lalu mengumumkan bahwa mereka telah menyiapkan 16 game yang akan siap men-emani peredaran Galaxy S4 di akhir bulan April mendatang.

OUYA bukanlah satu-satunya konsol game dari Kickstarter yang beroperasi dengan Android. Jika Anda mencari konsol game yang lebih mobile dan terjangkau, Kickstarter menawarkan Gamestick. Seperti dilansir Phone Arena, konsol game baru ini dikabarkan juga sudah terse-dia dibeli melalui sistem pre-order, dibanderol dengan harga 79 dolar AS.

Untuk Anda yang tertarik membeli aksesori untuk mendukung konsol game, tersedia casing dengan harga 9,99 dolar AS dan juga dock sehar-ga 24,99 dolar AS, yang berguna untuk mengisi baterai konsol game serta menambahkan kapasitas penyim-panan hingga 64 GB. Gamestick ini merupakan sebuah konsol game dengan ben-tuk HDMI thumb-stick, yang bahkan juga bisa disimpan di dalam kontroler. *

Pemerintah Dukung Game Lokal Jadi Pemain Dunia

ZOMBIE selalu menjadi karakter yang menarik dalam sebuah game, termasuk karakter zombie yang hadir dalam game berjudul Dead City. Dead City merupakan shooting-action game yang menawarkan pertem-puran antara seorang manusia melawan semua manusia yang telah berubah menjadi zombie akibat D-virus setelah berak-

hirnya perang nuklir.Dalam permainan Dead City,

Anda harus mampu mengatasi berbagai serangan zombie yang da-tang dari segala penjuru. Rasakan ketegangan dari serangan zombie yang tiada habisnya dan satu-satunya cara untuk melumpuhkan zombie adalah menembak tepat di bagian kepala. Ada 40 senjata dan perlengkapan yang bisa Anda

upgrade untuk bertempur atau bertahan dari serangan zombie.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? Segera tembak para zombie tepat di kepala mereka dan buktikan Anda mampu ber-tahan dalam dunia yang kini telah dihuni para zombie. Jika bermi-nat, Anda dapat download secara gratis game menarik Dead City melalui Google Play Store. *

Electronic Arts Siapkan 16 Game untuk Galaxy S4

Sekalipun EA memilih untuk tidak mengumumkan deretan game apa saja yang sedang mereka siap-kan, namun EA mengkonfirmasi bahwa 2 game andalan mereka yang memenangkan penghargaan Pocket Gamer Gold Award yaitu Need for Speed: Most Wanted serta Real Racing 3 akan siap hadir bagi Galaxy S4.

Selain kedua game balap tersebut, beberapa judul familiar seperti The Simpsons: Tapped Out, Plants vs. Zombies, Bejeweled Blitz, The Sims Freeplay serta Tetris Blitz. Masih belum jelas game apa lagi yang akan mengisi 9 slot sisa, namun informasi tersebut diyakini akan segera beredar dalam waktu dekat. *

AGI Ajak Pelaku Industri Game Bekerja Sama

AGI baru terbentuk satu bulan lalu, dan hanya berangotakan lima perusahaan yaitu Lyto, Megasus, Agate, Logika Interaktif, dan Gu-dang Voucher.

Andi yang juga Presiden Lyto berharap semua pelaku industri game lokal ikut menjadi anggota asosiasi ini. Namun, beberapa de-veloper lokal malah mengkritik AGI.

“Niatnya bagus, tapi caranya salah, mereka secara sepihak bikin asosiasi tanpa membicarakan ter-lebih dulu dengan para developer,” ujar Panji Prakoso, selaku CEO Tinker, Bandung.

Ivan Chen dari developer Anantarupa pun mengeluhkan hal sama, bahkan kaget terhadap hadirnya AGI. Ia mengaku ingin mengamati terlebih dahulu sepak terjang AGI sebelum memutuskan bergabung. *ant

Gamestick Android Sudah Tersedia