cover jurnal - arsip nasional republik indonesia | the ... · pdf filepadjadjaran pada 2005...

Click here to load reader

Post on 25-May-2019

257 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PB

VOLUME 10T/ANRI/12/2014

DAFTAR ISI

PENGELOLAAN ARSIP KELUARGA:SUATU KAJIANAzmi

KAJIAN SISTEM KEARSIPAN DALAM KHAZANAH BINNELENDS BESTUURDharwis Widya Utama Yacob

MENELUSURI KEBERPIHAKAN POLITIK MELALUI ARSIP (STUDI KASUS: PAN DALAM PILKADA BANYUMAS TAHUN 2008)Fauzan Anyasfika.

PENYUSUTAN ARSIP: BUKAN SEKEDAR PINDAH, MUSNAH, SERAHKhoerun Nisa Fadillah

JARINGAN KEARSIPAN KESULTANAN: KASUS SUMENEP DAN PONTIANAKRaistiwar Pratama.

KESIAGAAN MENGHADAPI BENCANA DI KANTOR ARSIP KELURAHAN KOTA DEPOKYeni Budi rachman, dkk .

PEMETAAN JURNAL KEARSIPAN TERBITAN ARSIP NASIONAL RI (ANRI) TAHUN 2006-2010: KAJIAN BIBLIOMETRIKASuprayitno.

PENGANTAR REDAKSI

Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena ridho-Nya, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia pada tahun 2015 ini dapat kembali menghadirkan Jurnal Kearsipan Volume ke-10 di tengah-tengah pembaca. Kami berharap keseluruhan artikel yang termuat pada volume kali ini mampu menambah khazanah wawasan para pembaca tentang dunia kearsipan.

Pada volume ini, tulisan artikel diawali dengan kajian kearsipan, yaitu Pengelolaan Arsip Keluarga: Suatu Kajian dan Kajian Sistem Kearsipan Dalam Khazanah Binnenlands Bestuur, dilanjutkan dengan peran arsip dalam pembuktian politik dalam artikel Menelusuri Keberpihakan Politik Melalui Arsip (Studi Kasus: PAN Dalam Pilkada Banyumas tahun 2008). Kemudian, tiga artikel mengenai Penyusutan Arsip: Bukan Sekedar Pindah, Musnah, Serah, Jaringan Kearsipan Kesultanan: Kasus Sumenep dan Pontianak, dan Kesiagaan di Kantor Arsip Kelurahan Kota Depok. Dan, akhirnya Jurnal Kearsipan Volume ke-10 ini ditutup dengan artikel mengenai Pemetaan Jurnal Kearsipan Terbitan Arsip Nasional RI (ANRI) Tahun 2006-2010: Kajian Bibliometrika.

Pada Jurnal Kearsipan volume sebelumnya, Redaksi menentukan tema di setiap volumenya, namun sejak Volume 8, kebijakan itu tidak diberlakukan lagi. Selain itu, pada Jurnal Kearsipan Volume 10, Redaksi melakukan perubahan dalam format tampilan depan, ukuran kertas, dan tata letak penulisan. Perubahan tersebut dilakukan sebagai komitmen Redaksi dalam rangka meningkatkan mutu Jurnal Kearsipan.

Akhirnya, kritik dan saran akan sangat kami terima sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah perjalanan pembelajaran tanpa henti. Selamat membaca. Terima kasih.

R E D A K S I

Bodata Penuls

Drs. Azm, M.S., lahir di Jakarta tanggal 18 September 1963. Lulus D3 Kearsipan UI, S1 Administrasi Publik Universitas Terbuka, dan S2 Sosiologi Universitas Indonesia. Sejak tahun 1986 sampai sekarang bekerja di Arsip Nasional Republik Indonesia, pada saat ini menduduki jabatan sebagai Direktur Pengolahan. Telah mengikuti beberapa kursus/workshop/seminar kearsipan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Dharws Wdya Utama Yacob, S.S., lahir di Jember, 28 November 1981. Lulus S1 dari Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. Bekerja di Arsip Nasional Republik Indonesia sejak tahun 2006 sampai sekarang. Pernah menjadi Koordinator dalam pembuatan Inventaris Mijnwezen tahap VII pada tahun 2011, pada tahun 2012 dan Guide Arsip Materi Center of Excellence: Perdagangan Global di Hindia Timur Abad XVII-XVIII pada tahun 2012 dan saat ini menjadi anggota content team di CORTS Foundation. Pernah mengikuti Program ENCOMPASS selama setahun di Universitas Leiden, Belanda pada tahun 2008-2009 Diklat Jabatan Fungsional Arsiparis tingkat ahli, diklat Oral history training kerjasama ANRI dan National Archives of Singapore, diklat Training on Archives Management in Historical Perspectives kerjasama ANRI dan Universitas Leiden, diklat Archives Management kerjasama ANRI dengan National Archives of Netherlands dan Universitas Leiden.

Fauzan Anyasfka, Peneliti pada Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional RI. Menempuh pendidikan tinggi di Jurusan Ilmu Politik, Fisip, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Khoerun Nsa Fadllah, S.I.P., lahir di Tangerang, 05 Februari 1988. Lulus S1 Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 2009 dengan predikat cum laude. Sekarang bekerja di Arsip Nasional Republik Indonesia. Diklat kearsipan yang pernah diikuti: Diklat Dasar-dasar Kearsipan pada tahun 2010; Diklat Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS), dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) pada tahun 2011; Diklat Penciptaan Arsiparis Tingkat Ahli pada tahun 2012; Diklat Sertifikasi Manajemen Arsip Inaktif pada tahun 2013. Karya tulis di bidang kearsipan: Pembangunan Kearsipan dalam Kerangka Otonomi Daerah di Indonesia (Jurnal Kearsipan ANRI Vol. 7 Tahun 2012), Arsip Kependudukan: Menjaga Hak Sipil dan Politik Warga Negara (Majalah ANRI Edisi 58 Tahun 2012).

Rastwar Pratama, Arsiparis pada ANRI. Lulus dari Ilmu Sejarah Universitas Padjadjaran pada 2005 setelah menulis skripsi berjudul Menggapai Komunitas Madani; Gerakan Isa Bugis 1962 - 1990. Dia pernah menjadi pengajar tingkat dasar, menengah, dan

v PB

tinggi di Sumedang, Bandung, dan Garut; penerjemah lepas, salah satunya di Inowa Prima Consult; dan peneliti lepas Reform Institute. Dia juga menulis esai-esai pendidikan, agama, sejarah, dan kearsipan. Menulis buku berjudul Kebersamaan Membangun Universitas Padjadjaran (2010) dan karya bersama berjudul Pers dan Pemikiran Kaum Intelektual pada Akhir Masa Koloni di Kalimantan Barat (2015). Sedang menempuh pendidikan di Universiteit van Leiden.

Yen Bud Rachman, M. Hum, Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Uniersitas Indonesia. Mendapat Anugerah Penghargaan Peneliti Terbaik Remaja Indonesia Kategori Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora, LIPI (2009), Anugerah Penghargaan Bidang Penalaran, Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia, (2010) 2010, dan Anugerah Penghargaan Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Kategori Makalah Internasional, 2014

Supraytno, PNS di Kementerian Ketenagakerjaan RI. Alumnus Prodi Kearsipan UGM dan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Suka menulis tentang kearsipan. Tulisan-tulisan kearsipan banyak dimuat di blog Diplomatika Kearsipan (http://www.arsiparis.blogspot.com) dan Buletin khazanah Arsip UGM. Pernah juara 2 nasional kategori umum penulisan karya tulis kearsipan yang diselenggarakan oleh ANRI tahun 2008 dengan artikel yang berjudul Diplomatika Era Informatika: Tantangan Arsiparis di Dunia Cyber. Saat ini sedang menempuh studi di S2 Arkeologi FIB Universitas indonesia.

PENGELOLAAN ARSIP KELUARGA:SUATU KAJIAN KEARSIPAN

Family RecoRds management: an aRchival studyAzm

Direktur Pengolahan Arsip Nasional Republik Indonesia

azmi@yahoo.com

abstractFamily is a primary foundation for the nation and also it plays as a centre of numerous

essential activities for human in the society, nation and state. Additionally, family is the first and main place for educating people. The more steady family will result in the more qualified future generations for the nation as well as extra demography benefit. National resilience of a family relates to the availability of family data and authentic evidences (meaning: family archives) to support various activities of all family members. Generally, the Indonesians rarely calculate budgets and costs of any inaccuracy, inconveniences, and mismanagement of family archives that they have. This situation, of course, will influence the family productivity as a member of society and a citizen of a nation. Family archives consist of important data for each of its member. They are used for various matters such as households, offices, schools, colleges, banks, taxes, litigation, insurances, social activities, and many more. The management of family archives shall be conducted through the process of creations, filing, and protection as well as preservation of archives. Moreover, the protection will also involve the civil rights and intellectual property rights of every member of the family. We need to influence all citizens as members of families to manage family archives. Let us make this activity as a good habit. Eventually, this needs supports from government through archives agencies, government agencies, and universities to conduct a promotion program, trainings on records and archives creation, and sponsor the use of high quality of materials that are used for recording data on family records and archives in longer period.

Keysword: family, family archives, family archives management.abstrak

Keluarga merupakan pilar penyangga eksistensi bangsa dan pusat berbagai aktivitas penting manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Keluarga juga merupakan pendidik pertama dan utama bagi manusia, sehingga keluarga yang kuat akan menghasilkan generasi masa depan bangsa bermutu dan bonus demografi dapat diraih.Ketahanan social suatu keluarga terkait dengan ketersedian data dan bukti autentik keluarga (baca: arsip keluarga) untuk mendukung berbagai aktivitas seluruh anggota keluarga. Umumnya keluarga dalam masyarakat kita tidak terbiasa menghitung beban biaya dan kerugian akibat ketidakakuratan, ketidaklengkapan, ketidakamanan terhadap arsip keluarga yang dimilikinya, sehingga mempengaruhi produktivitas keluarga sebagai anggota masyarakat dan warga bangsa. Arsip keluarga merupakan data penting bagi setiap anggota keluarga untuk berbagai kepentingan, seperti urusan rumah tangga, kantor, sekolah, kampus, bank, pajak, asuransi, litigasi, aktivitas sosial, dan lain-lain. Arsip keluarga harus dikelola secara benar berdasarkan kaidah-kaidah kearsipan sehingga dapat menjamin ketersediaan arsip keluarga yang lengkap dan terpercaya seb