cara mendaftar tes toefl

24
Panduan Tes TOEFL iBT Online Sertifikat TOEFL sudah menjadi persyaratan umum mendaftar universitas atau beasiswa. Anda harus memilikinya jika ingin mewujudkan impian tersebut. Ikuti panduannya di ebook ini! Pengantar Cara Membuat Akun di ETS Cara Mendaftar Tes TOEFL Cara Membayar Tes TOEFL Tips TOEFL dan Beasiswa BEASISWA PASCASARJANA www.beasiswapascasarjana.com [email protected] [email protected]

Upload: ega-kusuma

Post on 03-Dec-2015

92 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

Cara Mendaftar Tes TOEFL dengan mudah

TRANSCRIPT

Page 1: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Panduan Tes TOEFL iBT Online

Sertifikat TOEFL sudah menjadi persyaratan umum mendaftar

universitas atau beasiswa. Anda harus memilikinya jika ingin

mewujudkan impian tersebut. Ikuti panduannya di ebook ini!

Pengantar

Cara Membuat

Akun di ETS

Cara Mendaftar

Tes TOEFL

Cara Membayar

Tes TOEFL

Tips TOEFL dan

Beasiswa

BEASISWA

PASCASARJANA

www.beasiswapascasarjana.com

con tact@beasiswapasca sa r ja n a .com

[email protected]

Page 2: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Pengantar Ebook ini dibuat untuk membantu Anda yang ingin mengambil Tes TOEFL iBT yang diselenggarakan ETS. Pendaftarannya dilakukan secara online, begitu pun dengan pelaksanaannya. TOEFL iBT saat ini paling banyak digunakan untuk pendaftaran ke universitas atau melamar beasiswa. Jika Anda berminat melanjutkan studi di luar negeri, seperti Amerika atau Eropa maka sertifikat TOEFL menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi. Mengapa harus TOEFL iBT, sebab sertifikat ini diakui di hampir seluruh dunia. Sertifikat TOEFL iBT dikeluarkan oleh lembaga ETS (Educational Testing Service) yang berbasis di Amerika Serikat. Setidaknya lebih dari 9.000 universitas maupun institusi dari seluruh dunia mengakui sertifikat TOEFL dari ETS tersebut. Sehingga ketika Anda mendaftar di salah satu perguruan tinggi di AS misalnya, maka hampir dipastikan sertifikat TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS ini akan diminta. Kecuali Anda memang sudah menetap di AS, atau melangsungkan pendidikan sebelumnya di negara yang kehidupan sehari-harinya menggunakan bahasa Inggris. Tes TOEFL yang diselenggarakan oleh ETS memiliki beberapa jenis, di antaranya iBT TOEFL (internet-based test), pBT TOEFL (paper-based test), dan cBT TOEFL (computer-based test). Namun, belakangan tinggal iBT TOEFL yang diselenggarakan di Indonesia. Bisa jadi salah satu pertimbangannya karena akses internet yang semakin mudah dan juga membantu pendaftarnya untuk bisa mengakses langsung hasil skor yang diraih setelah mengikuti tes. Jika Anda mengunjungi www.beasiswapascasarjana.com, banyak sekali beasiswa yang mensyaratkan skor TOEFL iBT. Sebagai pelamar, Anda harus memenuhinya karena tertera di persyaratan. Mengabaikannya sama saja membuang kesempatan Anda meraih beasiswa. Bukankah skor itu juga menjadi syarat yang harus dipenuhi ketika mendaftar ke universitas? Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu mengikuti tes TOEFL iBT ini. Ebook “Cara Mendaftar Tes TOEFL” disusun dengan sederhana. Tujuannya adalah untuk membantu siapa saja yang ingin mengikuti tes TOEFL iBT yang diselenggarakan ETS. Tahapannya akan dijelaskan lebih lanjut. Sebagai penulis, kami berharap ebook ini bisa memberi manfaat bagi Anda. Kekurangan di sana – sini tentulah masih ada. Kami pun mengharapkan koreksi untuk perbaikan ebook ini selanjutnya. Salam.

Syarat dan Ketentuan Karya ini dilindungi Undang-Undang Hak Cipta ©. Anda bisa memilikinya secara gratis atau membagikannya kepada siapa saja dengan syarat tidak merubah, menambah atau mengurangi isi kandungan ebook. Dilarang untuk memperjualbelikan atau mengkomersilkan ebook ini tanpa izin tertulis dari www.beasiswapascasarjana.com. Pelanggaran terhadap hak cipta bisa berakibat pidana.

Disclaimer

Page 3: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Materi yang disajikan dalam ebook ini dimaksudkan untuk keperluan informasi. Tanpa ada jaminan atau garansi. Penulis tidak memiliki keterkaitan/hubungan dengan ETS atau TOEFL yang merupakan trademark dari ETS. Keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang terkandung atau disediakan dalam ebook merupakan tanggung jawab pengguna sepenuhnya. Anda bisa mengunjungi langsung laman situs/alamat web yang disediakan untuk memeriksa kembali kevalidan maupun keakuratan informasi.

Cara Membuat Akun di ETS Sebelum bisa mengambil tes TOEFL iBT di ETS, pelamar harus memiliki akun terlebih dahulu. Pembuatan akun disediakan gratis. Anda bisa mengikuti langkahnya di bawah ini. Pertama kali bukalah alamat resmi website ETS : www.ets.org/toefl Jika sudah terbuka, akan terlihat seperti layar berikut:

Gambar 1.1

Page 4: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Klik “Register for the Test” seperti tanda panah untuk memulai membuat akun. Selanjutnya akan tampil layar seperti Gambar 1.2 di bawah, lalu klik “Register Online”.

Gambar 1.2

Selanjutnya klik “Sign Up” seperti pada gambar berikut:

Gambar 1.3

Page 5: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Berikutnya akan tampil formulir “Contact Information” yang harus diisi seperti tertera di Gambar 1.4. Isi data yang diminta, seperti nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, dll. Pada bagian “Contact Preference” pilih negara dan juga masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Masukkan pula alamat email dan pilih bagaimana ETS akan menghubungi Anda. Selanjutnya klik “Continue”.

Page 6: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 1.4

◊ Pada tanda bintang (*) menandakan wajib diisi.

Pembuatan profil akun masih akan berlangsung. Tahap berikutnya, Anda harus memilih informasi negara, bahasa yang digunakan, serta beberapa pertanyaan yang disesuaikan dengan keperluan mengikuti tes TOEFL. Seperti negara tujuan studi, usia, jenjang pendidikan saat ini, dan jenjang studi yang direncanakan. Lengkapi semuanya, lalu klik “Continue”.

Gambar 1.5

Page 7: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Setelah itu akan muncul layar seperti pada Gambar 1.6. Klik saja “No thanks” lalu “Continue”.

Gambar 1.6

Tahap selanjutnya adalah membuat Username dan Password yang digunakan untuk masuk di website ETS. Anda juga perlu menjawab pertanyaan keamanan jika sewaktu-waktu lupa username atau password yang didaftarkan. Pada tahap ini, catatlah username, password, serta jawaban pertanyaan keamanan Anda lalu simpan. Lihat Gambar 1.7 berikut ini:

Gambar 1.7

Page 8: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Langkah terakhir pembuatan akun di ETS adalah mengkonfirmasi akun yang telah dibuat. Profil yang telah dibuat akan muncul, seperti identitas diri, latar belakang, username, dll. Jika masih ada yang perlu dirubah, klik “Edit”, tapi kalau dirasa sudah tepat, silakan melanjutkan dengan mengklik “Confirm”. Selamat! Sampai tahap ini, Anda telah memiliki akun di ETS seperti terlihat pada Gambar 1.8.

Gambar 1.8

Page 9: Cara Mendaftar Tes TOEFL

◊ Kotak merah di atas nantinya akan berisi profil Anda yang telah dimasukkan untuk membuat akun. Data sengaja tidak kami tampilkan.

Cara Mendaftar Tes TOEFL

Setelah memiliki akun di ETS, Anda kini bisa menggunakannya untuk mendaftarkan diri mengikuti tes TOEFL iBT. Pendaftaran tes ini juga dilakukan secara online. Pertama masuklah di laman ETS menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Lihat Gambar 1.3 di awal. Setelah log in, maka akan tampil layar Home Page seperti berikut, kemudian klik “Register for a Test” untuk memulai mendaftar.

Gambar 2.1

Di layar berikutnya, Anda akan diminta memilih jenis produk seperti tertera pada Gambar 2.2. Pilih “TOEFL Test” lalu klik “Continue”.

Page 10: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 2.2

Selanjutnya klik “I So Sign and Agree” yang menandakan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan mendaftar tes TOEFL di ETS.

Gambar 2.3

Setelah menyetujui syarat dan ketentuan, Anda akan dibawa ke laman pendaftaran tes. Pilih lokasi di mana tes akan diambil. Masukkan nama negara dan wilayah lokasi tes seperti terlihat pada Gambar 2.4 di bawah. Untuk poin 2, Anda akan diminta untuk memilih jadwal mengikuti tes, misalnya tes yang digelar antara bulan November hingga Desember. Lalu klik “Search”. Dari hasil pencarian tersebut akan muncul lokasi Test Center sesuai wilayah dan jadwal yang dipilih. Terakhir klik salah

Page 11: Cara Mendaftar Tes TOEFL

satu lokasi Test Center yang diminati. Nantinya, Anda harus mengikuti tes TOEFL iBT tersebut di lokasi Test Center yang telah dipilih.

Intinya tes TOEFL iBT memang dilakukan secara online tapi tempatnya di lokasi Test Center yang sudah dipilih. Saat ini wilayah lokasi tes TOEFL iBT di Indonesia baru sebelas, yaitu Bandung, Batam, Denpasar, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Anda harus menyesuaikan dengan daerah terdekat jika berada di luar wilayah yang disebutkan.

Gambar 2.4

Setelah memilih salah satu lokasi Test Center, kemudian akan muncul ringkasan pemasanan yang berisi jadwal dan lokasi tes yang diambil. Klik “Continue” untuk meneruskan tahapan berikutnya.

Page 12: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 2.5

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan informasi identitas diri, seperti nomor paspor, KTP, SIM, atau identitas lain. Tapi, Anda bisa memasukkan sebagian saja, misalnya paspor dan KTP. Atau jika belum memiliki paspor cukup KTP saja.

Page 13: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 2.6

Tahapan berikutnya adalah memilih metode pemberitahuan hasil tes. Sebaiknya pilih “Online score report AND a paper mailed to you” pada tombol radio. Itu artinya selain bisa mengecek hasil tes TOEFL secara online, Anda juga akan mendapatkan kiriman sertifikatnya ke alamat rumah. Hasil tes TOEFL iBT sudah bisa dilihat secara online sekitar 10 hari setelah mengikuti tes.

Page 14: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 2.7

Berikutnya jika sudah mengklik “Continue”, Anda akan diminta untuk memasukkan nama dan kode institusi tujuan pengiriman hasil tes TOEFL. Ini biasanya diperlukan jika pemohon sedang mengajukan pendaftaran ke universitas, dan hasil tes TOEFL iBT yang diikuti menghendaki dikirim langsung oleh ETS ke institusi yang dimaksud. Kode institusi ini dapat dilihat di website universitas. Biasanya di laman persyaratan pendaftaran atau program. Anda bisa menambahkan kode institusi tersebut paling lambat pukul 10.00 malam, sehari sebelum tes digelar. Jika ingin menundanya atau mengabaikan, klik saja “Skip” untuk melanjutkan tahap berikutnya. Lihat Gambar 2.8.

Page 15: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 2.8

Tahapan selanjutnya adalah menjawab pertanyaan demografi. Yakni memilih negara yang direncanakan untuk lokasi studi. Anda bisa memilih lebih dari satu. Kemudian memilih alasan mengikuti tes TOEFL. Setelah melengkapi silakan teruskan tahapannya. Lihat Gambar 2.9.

Page 16: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 2.9

Di halaman berikutnya, ETS akan menawarkan sejumlah produk yang juga bisa Anda beli selain mengikuti Tes TOEFL iBT. Jika merasa membutuhkannya, Anda bisa menambahkannya. Tentu saja akan ada biaya tambahan selain biaya mengikuti tes. Klik “No, thanks” jika hanya ingin mengikuti tes saja. Selanjutnya klik “Continue”.

Page 17: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 2.10

Proses terakhir adalah mengkonfirmasi pemesanan. Anda akan mendapatkan ringkasan paket pemesanan sesuai yang didaftarkan sebelumnya. Biaya mengikuti Tes TOEFL iBT adalah sebesar USD 190. Silakan dikonversi ke nilai Rupiah. Jika ingin merubah pemesanan klik “Modify” atau bila dirasa sudah sesuai klik “Confirm Order” untuk merampungkan.

Page 18: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 2.11

Pada tahap di atas, Anda sudah berhasil melakukan pemesanan tes TOEFL iBT di ETS. Berikutnya Anda tinggal melakukan pembayaran.

◊ Harap diperhatikan, selama melakukan pemesanan sebaiknya tidak mengklik tombol “Back” (tanda panah di sudut kiri atas) pada browser karena order pemesanan Anda akan di-refresh dan mulai dari awal.

Cara Membayar Tes TOEFL

Proses terakhir untuk mengikuti tes TOEFL iBT adalah melakukan pembayaran sesuai dengan order yang dilakukan. Setelah mengkonfirmasi pemesanan seperti tertera di Gambar 2.11 di atas, Anda akan dibawa ke halaman pembayaran. Tahapannya berurutan. Pilih metode pembayaran yang akan digunakan. Setidaknya ada dua pilihan metode, pembayaran secara elektronik atau melalui voucher.

Page 19: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Pembayaran elektronik bisa dilakukan dengan kartu kredit/debit, e-check, dan PayPal. Untuk melakukan pembayaran dengan cara ini, Anda tentu harus memiliki instrumennya. Yang jelas, pembayarannya akan lebih cepat dan mudah. Kartu kredit/debit saat ini sudah lumrah digunakan. Begitu pun PayPal yang menjadi alat pembayaran online hampir di seluruh dunia.

Untuk pembayaran melalui voucher, Anda bisa membelinya di lokasi Test Center. Mengenai harganya silakan ditanyakan langsung. Voucher yang telah dibeli tersebut akan digunakan untuk pembayaran order tes.

Lihat gambar berikut:

Gambar 3.1

Klik “Continue” setelah memilih metode pembayaran yang digunakan. Pada gambar di atas, pembayaran dilakukan secara elektronik. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti Gambar 3.2. Pilih metode pembayaran elektronik yang akan digunakan, misalnya kartu kredit, cek elektronik, dan PayPal.

Page 20: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 3.2

Pada Gambar 3.2, pembayaran dilakukan melalui kartu kredit/debit. Klik “Continue”, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi rincian kartu kredit (Gambar 3.3). Perhatikan data sudah terisi dengan benar. Klik “Buy” untuk melakukan pembayaran. Tunggu sesaat hingga muncul layar yang menyatakan pemesanan Anda berhasil. Di halaman tersebut akan tertera konfirmasi pendaftaran. Silakan cetak konfirmasi pendaftaran tersebut, lalu bawa ketika Anda mengikuti tes di lokasi Test Center yang telah dipilih. Konfirmasi pendaftaran ini berisi jadwal dan lokasi tes yang Anda ikuti.

Pada tahap ini Anda telah berhasil melakukan pembayaran dan siap mengikuti Tes TOEFL iBT.

Page 21: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 3.3

Jika di awal Anda memilih metode pembayaran menggunakan voucher, maka masukkan nomor voucher yang telah dibeli tersebut di formulir yang tertera.

Page 22: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Gambar 3.4

Pada gambar di atas, klik “Continue” maka akan muncul formulir pengisian nomor voucher seperti tertera pada gambar berikut:

Gambar 3.5

Klik “Continue” untuk merampungkan pemesanan. Tunggu hingga muncul layar yang menyatakan pemesanan Anda berhasil. Di halaman tersebut akan tertera konfirmasi pendaftaran. Cetak konfirmasi pendaftaran tersebut kemudian bawa ketika mengikuti tes di lokasi Test Center.

Page 23: Cara Mendaftar Tes TOEFL

◊ Harap diperhatikan selama melakukan pembayaran untuk tidak mengklik tombol “Back” pada browser.

Tips TOEFL dan Beasiswa

TOEFL iBT saat ini paling banyak digunakan untuk mendaftar ke universitas. Sertifikatnya diterima di 9.000 lebih institusi. Jika Anda bermaksud kuliah di luar negeri, khususnya negara yang mensyaratkan bahasa Inggris, sertifikat TOEFL iBT sudah selayaknya diperoleh. Nilai skor paling tinggi yang bisa diperoleh adalah 120. Terdiri empat seksi yang diujikan, Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Masing-masing komponen tersebut memiliki skor tertinggi 30.

Skor yang ditetapkan universitas untuk diterima di kampus mereka berbeda-beda. Tidak ada angka baku, namun biasanya semakin baik universitas tersebut, skor TOEFL iBT yang diminta juga semakin tinggi. Tentunya Anda juga mengimpikan masuk di universitas terbaik bukan?

Sebagai contoh, MIT di Amerika Serikat menetapkan syarat skor TOFEL iBT bagi mahasiswa internasional minimum 90 dan dianjurkan di atas 100+. Sementara, Columbia University mengharuskan skor TOEFL iBT minimum 100.

Hal serupa berlaku bila Anda mendaftar beasiswa, meski skor yang diminta mungkin lebih rendah. Misalkan beasiswa Endeavour Awards dari Pemerintah Australia. Skor TOEFL iBT yang diminta minimum 90 atau beasiswa Monbukagakusho dari Pemerintah Jepang yang mensyaratkan skor TOEFL iBT minimum 79.

Cara terbaik untuk mendapatkan skor TOEFL yang diinginkan adalah melakukan persiapan dengan sebaik mungkin. Anda perlu melatih kemahiran berbahasa Inggris Anda dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada empat komponen yang diujikan. Persiapan bisa dilakukan dengan berbagai bentuk, mulai dari berlatih privat, mempelajari soal-soal, atau mengikuti kursus persiapan tes TOEFL.

Yang perlu dipahami, melatih kemahiran bahasa Inggris ini tidak bisa instan karena ada proses yang harus dilalui. Karena itu, Anda sebaiknya melakukan persiapan jauh sebelum tes digelar. Bukankah uang USD 190 bukan jumlah yang sedikit? Kalau skornya rendah atau tidak memadai, berarti Anda juga harus mengulang dan kembali mengeluarkan biaya yang sama. Itu belum termasuk jika rencana kuliah Anda ikut tertunda kan? Ibaratnya seperti ini:

1 x 190 = USD 190 2 x 190 = USD 380 3 x 190 = USD 570 dan seterusnya.

Sekarang Anda yang menentukan mau pilih yang mana.

Lalu, adakah rekomendasi tempat kursus yang bagus? Soal ini Anda harus mencarinya sendiri, misalnya di lokasi tempat tinggal atau melihat informasinya di internet. Kami hanya merekomendasikan Contoh Soal dan Persiapan Tes TOEFL yang disediakan ETS. Anda dapat mengunduhnya. Contoh soal tersebut bisa membantu Anda mengenali bentuk-bentuk pertanyaan yang sering diajukan saat mengikuti tes TOEFL iBT. Selain itu ada tips-tips persiapan yang cukup bagus bagi peserta yang ingin berhasil mengikuti tes.

Sebelum mengunduh, Anda mungkin akan diminta mengisi survey singkat (1 – 2 menit). Setelah dilengkapi, contoh soal tersebut bisa langsung diunduh. Semua ada empat ebook dibagi dua file.

Page 24: Cara Mendaftar Tes TOEFL

Download Contoh Soal dan Persiapan (file 1)

Download Contoh Soal dan Persiapan (file 2)

Terakhir jangan lewatkan peluang-peluang beasiswa di www.beasiswapascasarjana.com. Anda bisa menemukan beasiswa sesuai jenjang gelar yang ingin diraih. Misalkan beasiswa S1, beasiswa S2, atau beasiswa S3. Anda juga bisa memilih beasiswa berdasarkan negara tujuan yang diminati, seperti Amerika, Jepang, Jerman, dll. Tentunya melanjutkan studi dengan beasiswa akan terasa lebih ‘gurih’ dibanding harus keluar biaya sendiri.

Sekian ebook ini. Semoga sukses!

www.beasiswapascasarjana.com