bromo.docx

TRANSCRIPT

1/16

BROMO , Primadona Dari Timur ( Journey

to The Decade : 3rd Place )

Rencana ini datang begitu tiba-tiba...karena waktu itu aku juga tak terpikir untukberkunjung ketempat ini. Walau memang kuakui aku memang sudah lama ingin ketempat ini sejak kunjunganku terakhir kegunung semeru aku tidak sempat mampirkesini dan hanya bisa melihat keindahan kaldeira pasirnya dari puncak salah satu bukitdidaerah ranu pane...Kupikir daripada liburan panjang hari raya cuma ndelongop dirumah aja ; .lagian uangTHR yang kuterima masih tersisa cukup banyak...jadi...apa salahnya treveling dengan

sepeda motor kedaerah yang jauh..lalu terpikirlah untuk pergi ke unung !romo inisetelah aku bingung menentukan destinasi wisata..

Gunung Bromo adalah tempat wisata populer yang ada di Jawa Timur. Terletakdiantara Surabaya dan Bali , tempat ini begitu terkenal dikalangan turismancanegara dengan keindahan Lautan pasir , kalderanya , sunrise emasnya dan

pemandangan bukit sekitar yang masih elok. Bentuk tubuh Gunung Bromobertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluassekitar 10 kilometer persegi.Gunung yang berketinggian !" meter dari

2/16

permukaan laut ini terletak 11 km atau sekitar ! #am dari arah tenggara kotasurabaya. Tertutup dan dikelilingi oleh bukit setinggi !$0 meter % Gunung bromomemiliki ! puncak dengan kawah terbesar dengan garis tengah & '00 meter(utara)selatan* dan & +00 meter (timur)barat*yang berapa waktu yang lalusempat akti . Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan #ari)#ari -

km dari pusat kawah Bromo.

kawah bromo yang sekarang

aktu berkun#ung yang tepat kegunung bromo adalah saat musim kemarau...yaitu antara bulan /pril dan oember. Tetapi tempat ini ramai dikun#ungi

pengun#ung setidaknya ! kali dalam setahun. 2aitu pada bulan 3ebuari saatupacara 4asada , saat liburan hari raya natal dan tahun baru , dan antara bulan

#uli dan agustus dimana musim mendaki gunung berada pada masanya. Jadi bagianda yang tak suka keramaian... rencanakan kun#ungan anda kesini selain waktu) waktu tersebut diatas.

3/16

"an jadilah aku pergi seorang diri mengendarai sepeda motor setelah teman setiakuyang kuajak pergi berkelana bareng ; tak jadi pergi karena harus lembur. !erangkatdari rumah pukul # siang $ aku terus tancap gas motor menyalip sana sini diantararamainya pemudik yang hendak pulang kekampung halamannya masing-masing.Rute yang kutempuh adalah %emarang - &ngaran - !awen - %alatiga - emolong -

%ragen - 'gawi - 'ganjuk - Kediri - (are - (ujon - !atu - )alang - (asar Tumpang -"esa ngadas - unung !romo. Termasuk rute terpendek sekaligus tercepat untukmenuju gunung !romo dari arah semarang.%etelah berhenti di rumah temanku untuk mengambil perlengkapan ; banyak lagikejadian dan moment yang tak kulupa hingga sekarang ...mulai dari terjebakkemacetan mudik di sempitnya jalan daerah gemolong ; macet lagi dan berhentidipombensin di 'gawi ; tidur bermalam selama # jam disalah satu pom bensin di'ganjuk ; melawan dinginnya udara shubuh dan tikungan-tikungan tajam di (ujon ;menikmati sunrise di "anau %elorejo ; sampai merasakan taburan air di *ir Terjun+oban Rondo. ,ang jelas perjalanan ini bagiku sendiri penuh warna dan artitersendiri..

suasana kemerahan menjelang sunset dengan latar belakang kuil poten...

Karena mungkin terlalu panjang jika kuceritakan dari awal $ akupun hanya akanmenceritakan kisahku ini mulai dari sesudah air terjun coban rondo. Karena aku telahmenceritakan tentang "anau %elorejo dan *ir Terjun +oban Rondo dalam blog inisebelumnya...%etelah puas menikmati keindahan *ir Terjun +oban Rondo..akupun lantasmeninggalkan tempat ini dan mulai menyusuri jalanan pujon yang berkelok-keloktajam di tengah segarnya udara pagi. Tak kurang dari jam kemudian aku akhirnyasampai di Kota !atu yang berada disisi barat dari kota malang...aku sempat bingungdengan jalan yang akan kutempuh...tapi keraguan itu hilang dan berganti dengan rasapercaya diri setelah berapa kali bertanya pada orang sekitar mengenai arah yangkutuju. *kupun menjadi yakin dan segera menyusuri trotoar kembali dengan sepedamotorku..sekitar jam kemudian aku tiba jalan utama surabaya malang yangmerupakan pintu gerbang menuju ke gunung bromo.

4/16

bisa lihat kan suasana ramai itu??gunung bromo memang tak ada matinya...

5ari #alan utama ini kita dapat memilih ! #alur untuk menu#u kegunung bromo...

1. 6elalui #alur gadisari yang berada di 7robolinggo dengan terusmengambil arah keutara sesampai dipertigaan probolinggo)surabaya)malang ambil arah keprobolinggo(arah timur* untuk seterusnya ke desangadisari. Jalur ini adalah #alur tepopuler dan sering dilewati wisatawanuntuk menu#u ke gunung Bromo karena lebarnya #alan dan kondisi #alanyang telah diaspal halus sehingga bispun bisa lewat #alur ini. 6inimnya

pemandangan men#adi kekurangan #alur ini

2. 6elalui Jalur Tosari yang berada di 7asuruan. Jalur ini sebenarnyamenampilkan pemandangan yang indah...tapi karena e8tremnya kondisi#alan % hanya sepeda motor khusus dan #eep hartop yang bisa lewat #alurini

3. 6elalui Jalur gadas)pasar tumpang yang berada disisi timur kota malang.Jalur yang sama ketika aku hendak pergi mendaki ke gunung semeru.4ondisi #alan sebenarnya sudah bagus...Tapi men#elang memasuki kawasantaman wisata Bromo Tengger Semeru #alanan men#adi lebih e8trem.belumlagi kita harus melewati kaldera segara wedi sebelah barat gunung bromokemudian memutar kearah utara untuk menu#u ke kawah gunung bromo.

5/16

neh ilustrasi peta gunung bromo

!egitu sampai di jalan utama surabaya-malang $ aku langsung ambil arah kekiri kearahtimur menuju malang. ,aaaa....aku memilih jalur pasar tumpang-'gadas. *da alasankenapa aku memilih jalur ini...disamping jalur tercepat dari arah barat denganpemandangannya yang indah ; aku pernah melewati jalur ini jadi peluangku untuksampai kegunung bromo lebih tinggi mengingat hari telah beranjak sore dan mendung

mulai menggantung. Walau...kondisi alan yang e/trem tak semulus ingatanku saatterakhir kali aku lewat jalan sekitar sini.terbukti ketika roda sepeda motorku sampai di kawasan Taman nasional !romoTengger %emeru setelah melewati gapura desa gubug klakah dengan membayar uangmasuk untuk kas desa sebesar Rp #000...jalanan mulai tak beraturan.

6/16

seperti padang pasir di arab kan??

!elum sampai 1 menit setelah desa gubug klakah $ kondisi jalan total berubahmenjadi lebih e/trem dari jalan yang semula trotoar aspal...menjadi jalan batu yangditata dengan cukup rapi tapi tetap saja masih terasa tonjolan-tonjolan batu disana -sini. )endekati daerah amplang ; yaitu percabangan jalan menuju ranu pani dangunung bromo ; kondisi jalan benar - benar tak karuan...lubang besar dimana-mana

dan banyaknya batu yang berserakan...menjadikan jalan ini sulit dilewati kendaraanstandar seperti sepeda motorku ini. Tapi dari yang kulihat...antusias para muda-mudiasal kota malang dan sekitar sangatlah tinggi. 2tu terlihat dari banyaknya motor yangmelewati jalan ini meski kondisi jalan benar-benar hancur total. )ereka seakanmenikmati ini semua.Tak jauh dari pertigaan jalan motorku kuhentikan untuk membeli tiket masukkekawasan taman nasional seharga Rp 3.000

7/16

gini neh jalur menjelang segoro wedi

%esampai dipertigaan jampalang $ jalan menjadi menurun setelah sebelumnyamenanjak ketika aku mengambil jalan sebelah kiri untuk ke bromo. )enuruni bukityang terjal dengan jalan e/trem yang memang bukan untuk dilewati sepeda motorbenar benar memacu adrenalin. !erulangkali aku harus berhenti untuk sekedarmembenarkan posisi dudukku atau mengambil na4as mengurai ketegangan yang

kurasakan. %empat terpikir untuk kembali keatas $ tapi karena sudah terlanjur dansudah #56 jalan akhirnya akupun tetap nekat maju juga...karena bila orang lain bisa ;kenapa aku tidak...begitu pikirku. Tak sampai 5# jam kemudian..jalanan e/tremmenurun berakhir juga di %egoro wedi yang memang berada didasar bukit.

8/16

rehat sebentar setelah seharian diatas motor...(pantatkuuu...)

*walnya kupikir area %egoro Wedi ini bakal mudah untuk dilewati karena dari ataspuncak bukit tadi terkesan dan terlihat sebagai jalan datar yang mulus.Tapi realitanyasungguh berbanding 30 derajat dari perkiraanku. !egitu roda motor menginjakanjejaknya diatas pasir motor seketika oleng kekiri dan kekanan. Tak kukira ketebalanpasir diarea ini begitu dalam...sehingga roda sepeda motor kerap sekali menjadi selipdan tergelincir ketika lewat diatasnya. !erulang kali aku harus mendorong sepedamotorku karena selip. 7ewat jalur ini benar benar membuang waktu dan tenaga cukupbanyak...karena sepeda motor yang seharusnya mengantar ketujuan lebih cepat ;menjadi sering sekali berhenti karena rodanya yang terjebak oleh pasir. "itambahangin kencang yang bertiup membawa debu pasir berterbangan ke udara membuat

na4as sesak dan mata kelilipan.

pemandangan segoro wedi di pagi hari

%ekitar 5# jam aku bergumul dengan tebalnya pasir di %egoro Wedi ; akhirnyapuncak gunung bromo yang kucari terlihat juga di sebelah kiriku. auh di puncak bukitsebelah kanan terlihat jalan yang menuju arah desa ngadisari. )ulanya aku hendakmenuju langsung kegunung bromo...tapi karena hari telah sore...ditambah pekatnya

9/16

debu diudara karena angin yang kencang ; akupun memutuskan untuk kedesa +emoro7awang untuk mencari tempat penitipan motor.

indahnya pemandangan kuil dan perbukitan dari atas

"an tak berapa lama kemudian aku pun sampai juga di "esa +emoro lawang yangberada diatas bukit sebelah timur laut dari gunung bromo..."ari atas bukit inipemandangan dari gunung bromo plus kaldera-nya dan segoro wedi terlihat denganjelas..setelah tengak tengok ke kiri dan kanan $ akhirnya akupun bertanya pada salahsatu tukang ojeg yang lagi mangkal menunggu penumpang mengenai tempat yangbiasa dititipi sepeda motor.....Tukang ojeg ini tak berbasa basi dan mau menunjukantempat dimana bisa kutitipkan sepeda motorku dengan meminta uang ganti bensin

sebagai imbalannya...akupun setuju akhirnya karena tak punya pilihan lain lagimengingat aku bukan orang sekitar sini dan hari yang mulai sore

suasana kuil poten itu kayak gini ini neh

Tak sampai lama kemudian akupun dibawa ketempat yang di maksud dandipertemukan dengan sang pemilik rumah penitipan sepeda motor. Tapi aku benar-benar tak meyangka betapa mahalnya biaya untuk menitipkan motor disini selama malam saja. Karena untuk menitipkan motor $ sang pemilik rumah mematok harga Rp10.000 permalamnya. !enar-benar mahal untuk ukuran orang sepertiku. Tapi karena

10/16

aku tak punya pilihan lagi dan tak mau menanggung resiko kehilangan sepedamotor...akupun akhirnya setuju saja.%elesai menitipkan motor aku langsung bergegas menuju gunung bromo. )ulanya akuhanya ingin jalan kaki saja untuk menuju kesana..tapi tawaran jasa seorang tukangojeg yang kebetulan lewat membuatku berubah pikiran. *kupun akhirnya

menggunakan jasanya untuk mengantarkanku melewati segoro wedi menuju dilerenggunung bromo untuk mencari tempat untuk mendirikan tenda. %engaja aku takmenginap dipenginapan karena harga penginapan disini terhitung relati4 mahal.!ayangkan untuk kamar 4asilitas biasa selama malam dihargai Rp #00.000. !enar -benar mahal bagi orang berkantong pas - pasan seperti diriku."engan membayar Rp 0.000 ; menjelang maghrib aku sampai diarea parkiran yangberada di bawah gunung bromo. Tak berapa lama kmudian aku mendirikan tendadisebuah tempat tak jauh dari area parkiran . %ebuah tempat yang cukup terlindungdari angin....

sensasi nginep dibawah perbukitan pasir

%uasana sepi pun mulai menaungi sekitar gunung bromo begitu malam datang. *kupunjuga tak membuka mata lama - lama...karena seusai makan malam ; entah karenangantuk atau kelelahan ; akhirnya ku tertidur didalam hangatnya %leaping !ag.)enjelang shubuh aku terbangun karena susana diluar mulai riuh oleh suara daribeberapa wisatawan yang mulai naik ke puncak untuk melihat sunrise. *kupun segarabangun dan bersiap untuk ikut mendaki kepuncak. %ebentar kemudian denganmengenggam senter aku sudah keluar dari dalam tenda dan mulai menapaki jalan

berpasir menanjak menuju puncak. "iu4uk timur langit sudah mulai terang... *kupunsegera mampercepat langkahku dan beberapa wisatawan yang naik lebih dulu darikukudahului. Tak lebih dari 5# jam kemudian aku sampai di puncak setelah menaikitangga terakhir dari #10 anak tangga menuju puncak kawah bromo.

11/16

250 anak tangga yang terkubur pasir

"i puncak masih sepi hanya ada # pasangan bule yang tampak duduk kedinginanmenanti sunrise dengan setianya.Kamipun saling menyapa dan sebentar saja telah terlibat perbincangan seru ...dalam

bahasa inggris tentunya..hahaha..kedua bule ini berasal dari inggris..yang priabernama Will dan yang wanita bernama 7asley..)ereka berdua sengaja datang keindonesia untuk berlibur. )ereka datang kesini setelah sebelumnya mendatangi pulaubali dan berencana ke kota %olo setelah gunung bromo ini.)ereka telah sampai disinisejak pukul 8 pagi tadi dan berkata kedinginan sekali sembari sesekali tertawa kecil.2ni tak mengejutkan karena suhu dipuncak gunung bromo mencapai 1 derajadcelcius...di bulan juli suhu bisa jatuh lagi sampai ke 0 derajad celcius. adi untukanda yang akan berkunjung kesini persiapkanlan pakaian tebal e/tra.

gaul bareng bule asal inggris

%uasana gunung bromo bertambah ramai seiring datangnya 4ajar.!eberpa turis asingpun turut menyemarakan suasana di puncak dan tak berapa lama berselang... sunrisepun muncul dengan sinar keemasan dan semburat cahayamerah...indahnya............(emandangan segoro wedi pun menjadi lebih jelas seiringsang surya makin meninggi..indahnya lautan pasir dan lekukan-lekukannya dipadu

12/16

pemandangan bukit indah dan kabut pagi yang tampak memerah terkena cahayamentari....sungguh spektakuler...tak heran tempat ini begitu terkenal dikalanganwisatawan asing....

golden sunrise bromo yang indah...keren kan???

"an untuk selanjutnya kameraku lebih banyak beraksi daripada mulutku. *ku yang

begitu terkesima dengan pemandangan ini tak mau menyia - yiakan moment yangjarang kutemui ini...semua ingin kuabadikan kedalam gambar 4oto nanti..

13/16

6eskipun Gunung Bromo masih mengeluarkan debu dan asap ulkanik disertailetusan letusan dari kawah utamanya , se#arah tak pernah mencatat bahwagunung ini pernah mengeluarkan lahar dan laa. Sebenarnya...pada 9amandahulu sebelum terbentuknya segoro wedi disekitar kaldera bromo terdapat gunung akti yaitu Gunung Batok yang berbentuk kerucut sempurna dan gunungbromo itu sendiri. Seiring ber#alannya waktu Gunung Batok mulai berkurangaktiitasnya dan akhirnya mati. Tinggallah Gunung Bromo yang masih aktihingga sekarang....aktiitas dari gunung inilah yang akhirnya membentuk

Segoro wedi yang sekarang.

14/16

Gunung ini oleh masyarakat setempat sangat disakralkan. 6asyarakat setempatyang rata)rata masih beragama hindu mempercayai bahwa aktiitas gunung ini

disebabkan oleh dewa penghuni gunung ini yang marah. 5an #ika gunung inimulai mengamuk atau meletus menandakan bahwa gunung ini meminta sesa#iyang biasanya masyarakat yang tinggal disekeliling gunung bromo lalu berduyun) duyun membawa berbagai macam persembahan untuk di larung di kawahutamanya. :pacara 4asada yang diadakan pada hari ke 1- tahun kasada adalahritual tahunan populer dari gunung bromo yang diadakan 1 tahun sekali. 7adamomment tahunan ini penduduk yang tinggal disekeliling gunung bromo beramai)ramai datang dan berkumpul membawa persembahan dari hasil bumi merekauntuk dilarung kekawah utama gunung ini

15/16

like it....

%etelah matahari telah meninggi $ akupun memutuskan untuk kembali ketenda setelahpuas dengan hasil jepretanku...walaupun telah menjelang siang tempat ini tak sepipengunjung. !anyak sekali wisatawan domestik maupun mancanegara yangberpapasan denganku ketika aku mulai menuruni lereng bukit untuk kembaliketendaku kembali.%ampai tenda ; aku pun memasak makanan untuk sarapan pagi..seusai sarapan pagisegera kukemasi barang - barangku kedalam carrier dan berjalan kembali menyusurisegoro wedi menuju cemoro lawang. Walau masih jam 09.00 suasana sekitar kawahdan segoro wedi sudah mulai terasa panas. %ekitar jam berjalan dari bawah lerenggunung bromo $ akupun tiba juga didusun cemoro lawang dan bergegas menujukerumah tempat ku menitipan sepeda motor untuk mengambil kembali sepedamotorku yang kutitipkan.%ebenarnya aku ingin melewati jalur tumpang-ngadas lagi...tapi niatku kuurungkansetelah pengalamanku yang kemarin. *kupun memutuskan untuk kembali lewat desangadas$probolinggo. 7agipula in4o yang kuterima membuatu cukup tertarik untuklewat jalur ini.yaaa ....in4o tentang sebuah air terjun indah yang terletak tak jauh dari sini danhanya bisa ditemui jika lewat jalur ngadisari...*2R T:R&' )*"*K*R2(&R*........

2392 mdpl

Bagi anda yang tertarik kesini...selain dengan motor , cukup mudah kok untuk

kesini.Gunung Bromo bisa dicapai baik dari malang maupun surabaya denganangkutan umum. 5ari terminal bus Bungurasih naiklah bus atau minibus menu#u7robolinggo yang terletak "! km dari surabaya atau sekitar 1; sampai ! #am

per#alanan. /nda bisa #uga naik bis #urusan Jember atau Banyuwangi untukkemudian turun di 7robolinggo.Sampai Terminal 7robolinggo, /nda bisa naikangkutan desa ke #urusan 4ecamatan gadisari, biayanya sekitar $ ribu rupiah.Tetapi #angan kaget. /ngkutan desa ini menunggu penumpang hingga penuh,

16/16

barulah kemudian ia mau berangkat. Jadi agak lama menunggu mobil #enis coltlama itu untuk berangkat.osted 10th !e"ember 2011 by #ati arianto$abels% gunung bromo jalur ngadas