59657026 obat emergency

2
DAFTAR OBAT-OBAT EMERGENCY  NAMA OBA T INDIKASI Dopam in injeksi Syok ka rdioen ik pad a in !ar k miokar d a" a# $eda% jan"#n &IONI %a' ()*+ ,./0 1ada dosis renda% dopamin dapa" menim$#'kan e!ek 2asodi'a"asi dan penderasan sirk#'asi dara% inja'0 1ada dosis sedan dapa" mem$erikan e!ek ino"rop posi"i! dan peninka"an 2o'#me meni"  jan"#n0 Sedankan pada dosis "ini dapa" menim$#'kan e!ek 2asokons"riksi dan meninka"nya "ekanan dara% &Tan 3oan Tjay %a' 455+ ,)/0 Do$#"amin injeksi E!ek ino"ropik posi"i! pada in!ark miokard+$eda% jan"#n+ kardio miopa "i+ syok sep"ik dan syok kardioe nik &IONI %a' ()*+ ,./ Do$#"amin $ekerja denan memperk#a" daya kon"raksi jan"#n aki$a" s"im#'asi 6( adrenoresep"or di jan"#n0 Do$#"amin j#a  $erdaya 2asodi'a"asi karena s"im#'asi 6, resep"or &Ta n 3oan Tjay %a' 455+ ,)/0 Adrena'in7Epinep%rin +(8 injeksi Terapi #n" #k $ro nko spa sme+ reak si ana !i'a k"i k+ card iac arre st + di"am$ a%k an pad a anes"esi 'ok a' #n" #k me n#r #nk an a$s orp si sis"emik+ increase duraction of action+ dan men#r#nkan "oksisi"as dari anes"esi 'oka' &DI3+ %a' 494+ ,:/ Adrena'in mer#pakan $ronkodi'a"or "erk#a" denan kerja ;epa" "e"api sinka" dan di#nakan #n"#k seranan asma yan %e$a" &Tan 3oan Tjay %a' :4+ ,)/0 Adrena'in +( 8 injeksi diindikasikan #n"#k %en"i jan"#n &#n"#k res#si"asi jan"#n par#/ &IONI %a' ()4+ ,./0 Reaksi a'eri ak#" Dia<epam ( m injeksi Dia<epam denan dosis ( m injeksi &#n"#k de=asa dan anak di a"as 4 "a%#n/ di#nakan pada status epilepticus karena memi'iki e!ek an" iko n2# 'si 0 Se' ain i"#+ dia <epam j# a memi'i ki k%a sia " anksio'i"is+ re'aksasi o"o" dan %ipno"ik &Tan 3oan Tjay %a' 9,9+ ,)/0 De>ame"%a<one 4 m injeksi De>ame "%a <one injeks i di #na kan #n" #k mered akan ny eri+ meninka"kan mo$i'i"as+ dan men#rani de!ormi"as pada sa"#

Upload: april-mitchell

Post on 09-Oct-2015

30 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

hdsgh

TRANSCRIPT

DAFTAR OBAT-OBAT EMERGENCYNAMA OBATINDIKASI

Dopamin injeksiSyok kardiogenik pada infark miokard atau bedah jantung (IONI hal 173, 2008).

Pada dosis rendah dopamin dapat menimbulkan efek vasodilatasi dan penderasan sirkulasi darah ginjal. Pada dosis sedang dapat memberikan efek inotrop positif dan peningkatan volume menit jantung. Sedangkan pada dosis tinggi dapat menimbulkan efek vasokonstriksi dan meningkatnya tekanan darah (Tan Hoan Tjay hal 599, 2007).

Dobutamin injeksiEfek inotropik positif pada infark miokard,bedah jantung, kardiomiopati, syok septik dan syok kardiogenik (IONI hal 173, 2008)

Dobutamin bekerja dengan memperkuat daya kontraksi jantung akibat stimulasi 1 adrenoreseptor di jantung. Dobutamin juga berdaya vasodilatasi karena stimulasi 2 reseptor (Tan Hoan Tjay hal 599, 2007).

Adrenalin/Epinephrin 0,1% injeksiTerapi untuk bronkospasme, reaksi anafilaktik, cardiac arrest, ditambahkan pada anestesi lokal untuk menurunkan absorpsi sistemik, increase duraction of action, dan menurunkan toksisitas dari anestesi lokal (DIH, hal 545, 2006)

Adrenalin merupakan bronkodilator terkuat dengan kerja cepat tetapi singkat dan digunakan untuk serangan asma yang hebat (Tan Hoan Tjay hal 650, 2007).

Adrenalin 0,1 % injeksi diindikasikan untuk henti jantung (untuk resusitasi jantung paru) (IONI hal 175, 2008). Reaksi alergi akut

Diazepam 10 mg injeksiDiazepam dengan dosis 10 mg injeksi (untuk dewasa dan anak di atas 5 tahun) digunakan pada status epilepticus karena memiliki efek antikonvulsi. Selain itu, diazepam juga memiliki khasiat anksiolitis, relaksasi otot dan hipnotik (Tan Hoan Tjay hal 424, 2007).

Dexamethazone 5 mg injeksiDexamethazone injeksi digunakan untuk meredakan nyeri, meningkatkan mobilitas, dan mengurangi deformitas pada satu atau beberapa sendi. Dalam dosis kecil juga dapat digunakan untuk mengatasi radang pada keadaan semacam tenniss golfers elbow (siku pemain tenis atau pemain golf) atau neuropatik kompresi (IONI hal 712, 2008).

Lidocaine injeksiLidokain merupakan anestesi lokal yang dapat digunakan setelah infark jantung sebagai obat pencegah aritmia ventrikular (di bagian ICCU) dan pada bedah jantung. Selain itu, lidokain juga banyak digunakan dalam sediaan topikal karena tidak menimbulkan hipersensitasi (Tan Hoan Tjay hal 411, 2007).

Sulfas Atropin injeksiSulfas atropin juga digunakan pada resusitasi jantung paru untuk menahan aktivitas vagal. Selain itu juga digunakan untuk melawan bradikardi yang berlebihan (IONI hal 175 dan 866, 2008).

Dipenhidramin injeksiAntihistamin, antiemetik, anti spasmodik; parkinsonisme, reaksi ekstrapiramidal karena obat; anak dengan gangguan emosi (IONI hal 211, 2008)

Calcium Gluconas injeksiUntuk mengurangi sementara efek toksik hiperkalemia dan untuk defisiensi kalsium atau hipokalsemia akut(IONI hal 672,2008).

Aminophilin injeksiPengobatan dan pencegahan bronkokontriksi reversibel yang berhubungan dengan penyakit asmabronkial, emfisema, dan bronkitis kronik (Sukandar, dkk, hal 466, 2008).

DelladrylAntihistamin, antiemetik, anti spasmodik; parkinsonisme, reaksi ekstrapiramidal karena obat; anak dengan gangguan emosi (IONI hal 211, 2008)

XylomidonKandungan : Dipiron kombinasi dengan bukan psikoleptik.

Indikasi : analgetik, antipiretik dan anti radang (Tan Hoan tjay hal 315, 2007).

Dextrose 40%Penggantian cairan (IONI hal 662, 2008).

Hipoglikemia, koma, kejang

KCLUntuk kehilangan kalium terutama untuk pasien yang diobati dengan digoksin atau antiaritmia, karena diare kronik atau stenosis arteri ginjal (IONI hal 656, 2008).

Natrium BicarbonatAsidosis metabolik berat secara iv (IONI hal 658, 2008).

Tranexamic Acid 500 mg injeksiUntuk mencegah perdarahan dan terutama dapat bermanfaat pada menorrhagia (IONI hal 158, 2008).

KetorolacPenanganan jangka pendek untuk nyeri akut pasca bedah yang sedang hingga berat (IONI hal 870, 2008).