3. rpp pkn smp kur13 rev_25012013 jam 11.30

23
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas : VII Semester : 1 (satu) Alokasi Waktu : 1x Pertemuan (3 Jam Pelajaran) Kompetensi Inti : 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. . Kompetensi Dasar : 3.4 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Menjelaskan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat. 2. Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. 3. Berperilaku sesuai dengan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat. A. Tujuan Pembelajaran 1. Peserta didik dapat menunjukkan rasa hormat terhadap orang yang melaksanakan norma dalam kehidupan bermasyarakat melalui dialog mendalam dan berpikir kritis. 2. Peserta didik dapat menunjukkan kata hati tentang norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui dialog mendalam dan berpikir kritis. 3. Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berperilaku berdasarkan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui permainan/simulasi. 4. Peserta didik dapat menunjukkan kemauan yang senantiasa berperilaku berdasarkan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui permainan/simulasi. 1

Upload: teteng-internisti

Post on 13-Dec-2015

54 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

gratisss

TRANSCRIPT

Page 1: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)Kelas : VIISemester : 1 (satu)Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (3 Jam Pelajaran)

Kompetensi Inti : 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

. Kompetensi Dasar : 3.4 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan

bermasyarakat dan bernegara.

Indikator Pencapaian Kompetensi :

1. Menjelaskan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat.2. Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan norma-norma yang berlaku dalam

kehidupan bermasyarakat.3. Berperilaku sesuai dengan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat.

A. Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat menunjukkan rasa hormat terhadap orang yang melaksanakan norma dalam kehidupan bermasyarakat melalui dialog mendalam dan berpikir kritis.

2. Peserta didik dapat menunjukkan kata hati tentang norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui dialog mendalam dan berpikir kritis.

3. Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berperilaku berdasarkan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui permainan/simulasi.

4. Peserta didik dapat menunjukkan kemauan yang senantiasa berperilaku berdasarkan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat melalui permainan/simulasi.

5. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian norma melalui diskusi. 6. Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam norma yang berlaku dalam

kehidupan bermasyarakat melalui diskusi.7. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi norma dalam kehidupan bermasyarakat

melalui diskusi.

B. Materi Ajar

1. Rasa hormat terhadap orang yang melaksanakan norma dalam kehidupan bermasyarakat bahwa setiap orang harus memberikan apresiasi dan menjadikan contoh untuk diteladani kepada orang yang taat terhadap norma. Orang yang taat adalah orang yang merasakan, bahwa norma yang ada tersebut dapat memberikan manfaat atau kegunaan bagi kehidupan diri dan lingkungannya. Orang yang taat akan selalu mengikuti norma yang berlaku dan menjauhi larangannya, walaupun tidak ada orang yang mengawasi perbuatannya.

1

Page 2: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

2. Kata hati tentang norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Sikap yang senantiasa berusaha untuk melaksanakan norma yang berlaku, bukan semata-mata karena adanya sanksi. Sikap positif dimaknai sebagai individu dan anggota masyarakat serta warga negara, mengerti dan mau mentaati norma karena keyakinan dalam hatinya bahwa dengan mentaati norma akan menciptakan kebaikan bagi dirinya dan bagi semua orang.

3. Kemampuan berperilaku berdasarkan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat mengandung maksud orang tersebut memiliki pengetahuan tentang norma yang berlaku di lingkungan masyarakat ataupun di negara Indonesia, memiliki pengetahuan tentang isi norma, memiliki sikap positif terhadap norma dapat memberikan manfaat atau kegunaan bagi kehidupan diri dan lingkungannya.

4. Kemauan untuk senantiasa berperilaku berdasarkan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat: sikap yang dimaknai sebagai individu dan anggota masyarakat serta warga negara, mengerti dan mau mentaati norma karena keyakinan dalam hatinya bahwa dengan mentaati norma akan menciptakan kebaikan bagi dirinya dan bagi semua orang.

5. Pengertian norma adalah kaidah atau aturan-aturan bertindak yang dibenarkan untuk mewujudkan sesuatu yang penting, berguna, dan benar. Norma-norma dijadikan sebagai: (1) aturan sosial; (2) patokan perilaku yang pantas; (3) bertingkah laku rata-rata yang diabstraksikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa norma masyarakat adalah aturan-aturan atau sebagai hasil kesepakatan masyarakat untuk mengatur sikap dan perilaku anggota masyarakat demi terwujudnya ketertiban dan kedamaian. Norma-norma itu mempunyai dua macam isi, dan menurut isinya berwujud : perintah dan larangan. Perintah merupakan kewajiban bagi seseorang untuk berbuat sesuatu oleh karena akibat-akibatnya dipandang baik. Larangan merupakan kewajiban bagi seseorang untuk tidak berbuat sesuatu oleh karena akibat-akibatnya dipandang tidak baik.

6. Macam-macam norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat.

a. Norma Agama ialah peraturan hidup yang harus diterima manusia sebagai perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Pelanggaran terhadap norma ini akan mendapat hukuman dari Tuhan Yang Maha Esa berupa “siksa” kelak di akhirat.

b. Norma Kesusilaan ialah peraturan hidup yang berasal dari suara hati sanubari manusia. Pelanggaran norma kesusilaan ialah pelanggaran perasaan yang berakibat penyesalan. Norma kesusilaan bersifat umum dan universal, dapat diterima oleh seluruh umat manusia.

c. Norma Kesopanan ialah norma yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat saling hormat menghormati. Akibat dari pelanggaran terhadap norma ini ialah dicela sesamanya, karena sumber norma ini adalah keyakinan masyarakat yang

bersangkutan itu sendiri. Hakikat norma kesopanan adalah kepantasan, kepatutan,

atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Norma kesopanan sering disebut sopan santun, tata krama atau adat istiadat.

d. Norma Hukum ialah peraturan-peraturan yang timbul dan dibuat oleh lembaga kekuasaan negara. Isinya mengikat setiap orang dan pelaksanaanya dapat dipertahankan dengan segala paksaan oleh alat-alat negara, sumbernya bisa berupa

2

Page 3: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

peraturan perundang-undangan, yurisprudensi, kebiasaan, doktrin, dan agama. Keistimewaan norma hukum terletak pada sifatnya yang memaksa, sanksinya berupa ancaman hukuman. Penataan dan sanksi terhadap pelanggaran peraturan-peraturan hukum bersifat heteronom, artinya dapat dipaksakan oleh kekuasaan dari luar, yaitu kekuasaan negara. Contoh norma ini diantaranya ialah : (a) “Barang siapa dengan sengaja menghilangkan jiwa/nyawa orang lain, dihukum karena membunuh dengan hukuman setingi-tingginya 15 tahun”. (b) “Orang yang ingkar janji suatu perikatan yang telah diadakan, diwajibkan mengganti kerugian”, misalnya jual beli. (c) “Dilarang mengganggu ketertiban umum”.

7. Fungsi norma sosial sebagai patokan sikap dan tingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat. Anggota masyarakat dapat menerima secara sukarela, sehingga penyimpangan dan pelanggaran jarang sekali terjadi. Fungsi norma sosial adalah:

a. Petunjuk arah dalam bersikap dan bertindak,b. Pemandu dan pengontrol sikap dan tindakan,c. Alat pemersatu masyarakat,d. Benteng perlindungan keberadaan masyarakat,e. Pendorong sikap dan tindakan manusia, f. Mengendalikan tindakan dalam mewujudkan keinginan dan/atau kepentingan

semuanya harus secara proporsional, sesuai kebutuhan untuk hidup.g. Mengupayakan terpenuhinya keanekaragaman kepentingan yang ada agar

berlangsung secara terkendali, tertib, aman, tenteram, dan damai.

C. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific

2. Strategi : - Pencarian informasi (information search)- Dialog mendalam dan berpikir kritis (deep dialogue and critical

thinking – DDCT) - Simulasi

3. Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

D. Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Mengajak peserta didik untuk memulai pembelajaran dengan berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing.

b. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran (tujuan 1 s.d. 7)c. Menginformasikan relevansi bahan ajar yang akan disajikan selama pembelajaran

bagi kepentingan peserta didik (materi ajar 1 s.d. 7). d. Melaksanakan pree test secara lisan (materi ajar 1 s.d. 7)

2. Kegiatan Inti

a. Menginformasikan cara belajar dengan tanya jawab (dialog secara mendalam dan berpikir kritis), simulasi, dan pencarian informasi.

b. Tanya jawab atau dialog secara mendalam dan berpikir kritis tentang materi ajar sehubungan bagaimana seharusnya menunjukkan: rasa hormat terhadap orang yang melaksanakan norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta kata hati tentang norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang diawali dengan:

3

Page 4: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

1) Penayangan gambar/video tentang sikap sopan santun, sikap tentang pelaksanaan upacara adat, sikap jujur, dan sikap pengguna jalan di perempatan jalan yang ada rambu lampu lalu lintas.

2) Peserta didik diminta untuk mengamati tayangan gambar/video3) Dialog mendalam secara klasikal untuk mengungkap bagaimana peserta didik

menunjukkan sikap: rasa hormat dan kata hatinya berdasarkan hasil pengamatan tergadap penayangan gambar/video.

4) Pemantapan/penguatan atas sikap yang telah ditunjukkan peserta didik.

c. Menginformasikan kegiatan selanjutnya tentang simulasi : Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok, setiap kelompok diberi tugas untuk melakukan simulasi yang dilanjutkan dengan tanya jawab.

d. Membagi kelas ke dalam 2 kelompok dengan cara perserta didik menyebutkan angka 1 dan 2 mulai dari deretan depan sebelah kiri ke kanan.

e. Meminta peserta didik untuk duduk berkelompok sesuai angka yang disebutkan, (kelompok 1 dan kelompok 2)

f. Memberikan tugas tiap kelompok :1) Kelompok 1 mensimulasikan bagaimana ” bertutur kata yang sopan” 2) Kelompok 2 mensimulasikan bagaimana menunjukkan ”cara melapor kepada

Ketua RT karena ada tamu yang menginap di rumahnya”

g. Meminta kelompok untuk berdiskusi tentang jalannya simulasi dan menentukan para pemain (bila perlu tiap kelompok diminta untuk berlatih terlebih dahulu)

h. Setiap kelompok melaksanakan simulasi secara bergiliran.

i. Melakukan tanya jawab tentang pelaksanaan simulasi yang berkaitan dengan:1) mengapa perilaku dibuat seperti itu?2) apa inti dari setiap perilaku?3) mengapa dilakukan seperti itu?

j. Melakukan pembenaran dan pelurusan materi ajar yang telah disimulasikan.

k. Menginformasikan cara belajar dengan pencarian informasi/information search.

l. Membagi kelas ke dalam 3 kelompok dengan cara perserta didik menyebutkan angka 1 s.d. 3 mulai dari deretan depan sebelah kiri ke kanan.

m. Meminta peserta didik untuk duduk berkelompok sesuai angka yang disebutkan, (kelompok 1, kelompok 2, dan kelompok 3)

n. Membagikan lembar informasi tentang materi ajar 1 s.d. 3 sesuai dengan jumlah kelompok. 1) Kelompok 1 tentang pengertian norma.2) Kelompok 2 tentang macam-macam norma yang berlaku dalam kehidupan

bermasyarakat dan bernegara3) Kelompok 3 tentang fungsi norma dalam kehidupan bermasyarakat dan

bernegara.

o. Menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk belajar bersama tentang materi dalam lembar informasi yang telah dibagikan.

p. Membagikan lembar pertanyaan kepada masing-masing kelompok.

q. Menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk menjawab soal-soal dalam lembar pertanyaan yang telah dibagikan pada kertas yang telah disediakan.

4

Page 5: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

r. Guru melakukan pendampingan pada masing-masing kelompok dalam mengerjakan tugas dan memfasilitasi, jika ada kelompok yang mengalami kesulitan.

s. Menugaskan masing-masing kelompok secara bergiliran untuk mempresentasikan hasil belajar bersama dan ditanggapi oleh kelompok lain

t. Memberikan pemantapan terhadap hasil presentasi masing-masing kelompok.

3. Kegiatan Penutup

a. Melakukan refleksi dengan meminta pendapat peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah dialami (memberikan kemudahan dalam belajar atau sebaliknya).

b. Bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang materi ajar yang telas disajikan selama pembelajaran, (materi ajar 1 s.d. 7).

c. Melaksanakan post test secara lisan (materi ajar 1 s.d. 7)

d. Mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

D. Sumber Belajar

1. Media

a. Skrip Simulasi tentang1) Cara bertamu dan menerima tamu2) Bertutur kata yang sopan3) Cara melewati orang yang sedang duduk4) Cara melapor kepada Ketua RT karena ada tamu yang menginap di rumahnya5) Gotong royong

b. Lembar Pencarian informasi tentang1) Pengertian norma2) Fungsi norma3) Macam-macam norma

2. Sumber BelajarInformation Search (terlampir)

E. Penilaian

1. Tes lisan dan tertulis (pilihan ganda) (terlampir).2. Pengamatan aktivitas kerja kelompok (terlampir).3. Pengamatan perilaku.

Mengetahui,Kepala Sekolah, Guru KelasVII

NIP NIPCatatan :………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

5

Page 6: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

Lampiran 1: Alat Penilaian

A. Soal Pilihan Ganda

PETUNJUK

Berilah tanda silang ( X ) pada huruf jawaban yang saudara anggap paling tepat diantara pilihan jawaban tiap soal.

Bila ingin merubah jawaban, lingkarilah jawaban yang lama, kemudian berilah tanda silang (X) pada jawaban yang saudara kehendaki

SOAL

1. Aturan atau ketentuan yang mengikat warga masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan diterima oleh masyarakat, disebut…. A. NormaB. HukumC. KonsitusiD. Adat Istiadat

2. Kebiasaan-kebiasaan sosial yang sejak lama ada dalam masyarakat sebagai aturan hidup yang merupakan tradisi rakyat yang turun temurun disebut….A. NormaB. HukumC. KebiasaanD. Adat Istiadat

3. Pernyataan :1) Pengakuan terhadap hak asasi manusia2) Pendorong sikap dan tindakan manusia 3) Petunjuk hidup dalam bersikap dan bertindak4) Benteng perlindungan keberadaan masyarakat 5) Petunjuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup 6) Pemandu dan pengontrol sikap dan tindakan masyarakat

Fungsi norma dalam kehidupan masyarakat ditunjukkan nomor….A. 1, 2, 3, dan 4B. 1, 2, 3, dan 6C. 2, 3, 4, dan 5D. 2, 3, 4, dan 6

4. Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap norma yang berlaku adalah …A. merasa aman dalam setiap langkah hidupnyaB. mudah memperoleh segala apa yang diinginkan C. mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baikD. mendapatkan keuntungan dalam kehidupan ekonomi

5. Kepatuhan masyarakat terhadap norma, kebiasaan, adat-istiadat dan peraturan yang berlaku akan mewujudkan....A. keadilan sosialB. hukum yang adil

6

Page 7: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

C. ketertiban dan keamanan masyarakatD. pengakuan terhadap hak asasi manusia.

6. Pernyataan:1) Menjamin keadilan sosial2) Pengayom kepentingan masyarakat3) Menjamin pemerintahan yang transparan4) Memenuhi kebutuhan hidup masyarakat5) Menjamin kepastian hukum bagi masyarakat

Fungsi hukum ditunjukkan nomor….A. 1, 2, dan 3B. 1, 2, dan 5C. 2, 3, dan 4D. 3, 4, dan 5

7. Aturan-aturan yang dibuat oleh negara atau perlengkapannya dan berlakunya dapat dipaksakan oleh alat-alat kekuasaan negara, seperti polisi, jaksa dan hakim disebut norma….A. agamaB. hukumC. kesusilaanD. kesopanan

8. Norma kesopanan bersifat relatif, artinya....A. sesuai dengan kebutuhan pribadiB. tergantung cara pandang seseorangC. sesuai dengan kebutuhan masyarakatD. berbeda-beda diberbagai tempat, lingkungan, dan waktu

9. Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntunan pergaulan sehari-hari masyarakat itu disebut norma....A. agamaB. hukumC. kesusilaanD. kesopanan

10. Norma kesusilaan bersumber pada....A. budaya B. masyarakatC. lembaga NegaraD. hati nurani manusia

11. Norma yang bersumber pada keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui kitab suci disebut norma....A. AgamaB. HukumC. KesusilaanD. Kesopanan

7

Page 8: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

12. Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu ….A. tegas dan kerasB. sudah ditentukan terlebih dahuluC. tidak memandang siapa yang bersalahD. tegas, mengikat, dan bersifat memaksa

13. Penataan dan sanksi terhadap pelanggaran peraturan-peraturan hukum bersifat heteronom, artinya adalah….A. berlaku setelah proses pengadilan.B. bermacam- macan tergantung jenis pelanggaran dan pelakunya.C. dapat dipaksakan oleh kekuasaan dari luar yaitu kekuasaan negara.D. ditetapkan oleh masyarakat dengan latar belakang kehidupan yang heterogen

14. Norma yang sanksinya berupa rasa penyesalan bagi si pelaku disebut norma ....A. agamaB. hukumC. kesusilaanD. kesopanan

15. Norma yang sanksinya berupa celaan, hinaan dan dikucilkan dari masyarakat adalah contoh sanksi yang diterima seseorang yang melanggar norma ....A. agamaB. hukumC. kesusilaanD. kesopanan

16. Pelanggaran terhadap norma agama akan mendapatkan sanksi secara tidak langsung, artinya....A. akan menerima sanksi nanti di akhiratB. akan mendapat celaan dari masyarakatC. akan dikucilkan dari pergaulan masyarakatD. sanksi akan dijatuhkan kepada ahli warisnya

17. Perhatikan pernyataan berikut!1) Peraturan tertulis2) Bersifat relatif3) Bersifat memaksa4) Sanksi secara tidak langsung5) Dibuat oleh lembaga resmi negara6) Bagi yang melanggar mendapat sanksi tegas7) Peraturan mengenai tingkah laku dalam pergaulan

Dari pernyataan di atas, unsur-unsur hukum ditunjukkan nomor….A. 1, 2, 5, dan 6B. 1, 3, 5, dan 6C. 1, 4, 5, dan 7D. 1, 3, 5, dan 7

18. Kelebihan norma hukum bila dibandingkan dengan norma masyarakat yang lain terletak pada….

8

Page 9: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

A. isinyaB. kekuatan mengikatnyaC. luas ruang lingkup norma ituD. hukumannya yang bersifat fisik

19. Salah satu prinsip hukum yang harus dipegang oleh warga negara adalah adanya supremasi hukum, artinya...A. setiap warga negara terjamin hak asasi manusianyaB. norma hukum lebih tinggi kedudukannya daripada norma yang lainC. setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama di depan hukum.D. segala urusan dan penyelesaian masalah dalam kehidupan negara harus didasarkan

pada hukum, bukan oleh penguasa.

20. Hukum bersifat memaksa, yang bertujuan….A. hukum dibuat oleh lembaga yang berwenang.B. tidak bertentangan dengan keinginan masyarakatC. dengan terpaksa kita melaksanakan aturan hukum.D. ditaati, supaya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat tercapai

21. Makan dan minum dengan tangan kanan merupakan perilaku yang baik di masyarakat. Hal ini merupakan contoh....A. cara (usage)B. kebiasaan (folkways)C. Tata kelakuan (mores)D. adat-istiadat (custom)

22. Pernyataan1) Menghormati guru 2) Membantah nasehat guru3) Datang ke sekolah tepat waktu4) Meninggalkan sekolah tanpa ijin5) Mengerjakan tugas sekolah dari bapak/ibu guru6) Menjaga kebersihan di kelas dan di lingkungan sekolah

Contoh perbuatan yang sesuai dengan norma di lingkungan sekolah ditunjukkan nomor.... A. 1, 2, 4, dan 5B. 1, 3, 5, dan 6C. 2, 3, 4, dan 6D. 2, 3, 5, dan 6

23. Pernyataan1) Mengikuti kerja bakti2) Membeli barang di pasar gelap 3) Membuang sampah sembarangan4) Membantu warga yang kena musibah 5) Saling menghormati dan toleransi dengan tetangga6) Menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kampung

Contoh perbuatan yang sesuai dengan norma di lingkungan masyarakat ditunjukkan nomor....

9

Page 10: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

A. 1, 2, 4, dan 6B. 1, 4, 5, dan 6C. 2, 3, 5, dan 6D. 3, 4, 5, dan 6

24. Menghormati dan menghargai orang lain merupakan contoh penerapan norma....A. agamaB. hukumC. kesusilaanD. kesopanan

25. Penerapan norma hukum dalam kehidupan bernegara adalah berupa...A. menggunakan produk dalam negeri B. membayar pajak sesuai ketentuan dan tepat waktuC. membayar tagihan air minum dan listrik tepat waktuD. menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar

B. Lembar Pengamatan Proses

Lembar Penilaian (Lembar Pengamatan)

No NamaAspek Sikap

NilaiRata-rataMenghormati Kerjasama Kedisiplinan

Tanggung-jawab

1.s/d

40.

Keterangan:A = Baik Sekali = 4B = Baik = 3C = Cukup = 2D = Kurang = 1

C. Lembar Pengamatan Perilaku berdasarkan Norma

PERILAKU BERDASARKAN NORMA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

No ASPEK PERILAKUKATEGORI

KET4 3 2 1

1. Ikut dalam siskamling2. Bertegur sapa dengan sopan3. Bertamu dengan sopan4. Menerima tamu dengan sopan5.. Ikut kerja bakti6. Ikut gotong royong7. Tolong menolong8. Menghormati orang yang lebih tua9. Tidak meludah di sembarang tempat10. Tidak makan sambil berbicara11. Berbuat baik terhadap sesama manusia

10

Page 11: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

12. Berperilaku jujur13. Menjaga kebersihan lingkungan 14. Membantu warga yang terkena musibah15. Menjaga kerukunan dengan tetangga

Jumlah SkorNilai

Keterangan4 = Sangat Baik/Sering3 = Baik/Sering2 = Cukup/Kadang-kadang1 = Kurang/Tidak Pernah

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda1 A 11 A 21 B2 D 12 D 22 B3 D 13 C 23 B4 A 14 C 24 C5 C 15 D 25 B6 B 16 A7 B 17 B8 D 18 B9 D 19 D10 D 20 D

Pedoman Penskoran1. Pilhan Ganda Nilai = Jumlah Jawaban Benar X 4

2. Lembar Pengamatan Proses Nilai = Jumlah Nilai Rata-rata

3. Lembar Pengamatan Perilaku Nilai = (Jumlah Skor Perolehan : Skor Maksimal) X 100

4. Total Nilai: (Nilai Pilihan Ganda + Nilai Pengamatan Proses + Nilai Pengamatan Perilaku) : 3

11

Page 12: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

Lampiran 2. Media Pembelajaran

A. Lembar Pencarian Informasi

Lembar Pencarian Informasi 1PENGERTIAN NORMA

Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat banyak kepentingan dan keinginan yang berbeda-beda dari tiap-tiap pribadi. Agar keinginan dan kepentingan yang berbeda tersebut dapat dijamin dan tidak terjadi pertentangan, diperlukan adanya aturan-aturan atau norma-norma masyarakat sebagai pedoman setiap anggota masyarakat.

Norma adalah kaidah atau aturan-aturan bertindak yang dibenarkan untuk mewujudkan sesuatu yang penting, berguna, dan benar. Norma-norma dijadikan sebagai: 1) aturan sosial; 2) patokan perilaku yang pantas; 3) bertingkah laku rata-rata yang diabstraksikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan norma masyarakat adalah aturan-aturan atau sebagai hasil kesepakatan masyarakat untuk mengatur sikap dan perilaku anggota masyarakat demi terwujudnya ketertiban dan kedamaian.

Perlu kiranya dibedakan antara nilai dengan norma. Nilai merupakan konsepsi abstrak di dalam diri manusia, mengenai sesuatu yang dianggap baik atau buruk, sedangkan norma merupakan patokan perilaku, tata aturan yang berisi ukuran tingkah laku manusia yang baik dan benar. Dengan demikian, norma merupakan wujud konkrit dari nilai-nilai sosial. Contohnya adalah nilai menghormati orang tua diwujudkan dengan norma kesopanan, seperti bagaimana bertutur kata dan bersikap pada orang tua.

Lembar Pencarian Informasi 2

MACAM-MACAM NORMA YANG BERLAKU DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Norma Agama merupakan peraturan hidup yang harus diterima manusia sebagai perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Norma agama bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Sumber norma agama adalah kitab suci masing-masing agama Islam (Al Qur'an), Injil (Kristen dan Katolik), Hindu (Tripitaka), dan Budha (Weda), serta Konghucu (Wu Jing dan Si Shu). Pelanggaran terhadap norma agama akan mendapat hukuman dari Tuhan Yang Maha Esa berupa “siksa” kelak di akhirat. Sehingga sanksi norma agama berasal dari Tuhan Yang Maha Esa yang dapat mendatangkan dosa atau hukuman dari Tuhan baik yang diancamkan di dunia maupun di akherat.

Norma Kesusilaan ialah peraturan hidup yang berasal dari suara hati sanubari manusia. Pelanggaran norma kesusilaan ialah pelanggaran perasaan yang berakibat penyesalan. Norma kesusilaan bersifat umum dan universal, dapat diterima oleh seluruh umat manusia. Norma kesusilaan bersumber dari hati nurani . Sanksi norma kesusilaan adalah pelanggaran perasaan yang berakibat penyesalan.

Norma Kesopanan ialah norma yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat saling hormat menghormati. Akibat dari pelanggaran terhadap norma ini ialah dicela sesamanya, Hakikat norma kesopanan adalah kepantasan, kepatutan, atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Norma kesopanan sering disebut sopan santun, tata krama atau adat istiadat. Sumber norma kesopanan adalah keyakinan masyarakat yang bersangkutan itu sendiri bisa hal-hal yang bersifat dari kepantasan, kepatutan, kebiasaan. Sanksi norma kesopanan adalah

12

Page 13: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

mendapat cemooh atau celaan dari anggota masyarakat.Norma Hukum ialah peraturan-peraturan yang timbul dan dibuat oleh lembaga kekuasaan

negara. Isinya mengikat setiap orang dan pelaksanaanya dapat dipertahankan dengan segala paksaan oleh alat-alat negara.. Keistimewaan norma hukum terletak pada sifatnya yang memaksa. Norma hukum berasal dari peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh lembaga resmi negara. Sumbernya bisa berupa peraturan perundang-undangan, yurisprudensi, kebiasaan, doktrin, dan agama. Sanksi norma hukum adalah ancaman hukuman. Penataan dan sanksi terhadap pelanggaran peraturan-peraturan hukum bersifat heteronom, artinya dapat dipaksakan oleh kekuasaan dari luar, yaitu kekuasaan negara.

Lembar Pencarian Informasi 3FUNGSI NORMA

Norma-norma sosial berfungsi sebagai patokan sikap dan tingkah laku. Dalam prakteknya norma sosial berbentuk kode-kode. Kode atau sistem norma-norma sosial merupakan peraturan-peraturan yang mengandung sanksi atau hukuman. Dengan demikian, kode lebih bersifat memaksa. Namun, pada umumnya kode sosial timbul tanpa adanya paksaan. Anggota masyarakat dapat menerima secara sukarela, sehingga penyimpangan dan pelanggaran jarang sekali terjadi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fungsi norma masyarakat adalah sebagai petunjuk arah dalam bersikap dan bertindak, pemandu dan pengontrol bagi sikap dan tindakan, alat pemersatu masyarakat, benteng perlindungan keberadaan masyarakat, pendorong sikap dan tindakan manusia, pengendalikan tindakan dalam mewujudkan keinginan dan/atau kepentingan semuanya harus secara proporsional sesuai kebutuhan untuk hidup, mengupayakan terpenuhinya keanekaragaman kepentingan yang ada agar berlansung secara terkendali, tertib, aman, tenteram, dan damai.

B. Lembar PertanyaanLembar Pencarian Informasi 1: PENGERTIAN NORMA

1. Apakah norma itu?2. Untuk apa norma itu?3. Apa yang diperlukan agar keinginan dan kepentingan yang berbeda dalam

masyarakat dapat dijamin dan tidak terjadi pertentangan? 4. Apa yang dimaksud dengan norma masyarakat?

Lembar Pencarian Informasi 2: MACAM-MACAM NORMA 1. Jelaskan pengertian, sumber, dan sanksi norma agama! Dan berikan contohnya!2. Jelaskan pengertian, sumber, dan sanksi norma kesusilaan! Dan berikan

contohnya!3. Jelaskan pengertian, sumber, dan sanksi norma kesopanan! Dan berikan

contohnya!4. Jelaskan pengertian, sumber, dan sanksi norma hukum! Dan berikan contohnya!

Lembar Pencarian Informasi 3: FUNGSI NORMA1. Apa fungsi norma sosial?2. Apa isi dari normna sosial itu?3. Apa fungsi norma masyarakat itu?

13

Page 14: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

C. Jawaban PertanyaanLembar Pencarian Informasi 1: PENGERTIAN NORMA1. Norma adalah kaidah atau aturan-aturan bertindak yang dibenarkan untuk mewujudkan

sesuatu yang penting, berguna, dan benar.2. Norma-norma dijadikan sebagai:

a. aturan sosial; b. patokan perilaku yang pantas; c. bertingkah laku rata-rata yang diabstraksikan.

3. Agar keinginan dan kepentingan yang berbeda dalam masyarakat dapat dijamin dan tidak terjadi pertentangan maka diperlukan adanya aturan-aturan atau norma-norma masyarakat sebagai pedoman setiap anggota masyarakat.

4. Norma masyarakat adalah aturan-aturan atau sebagai hasil kesepakatan masyarakat untuk mengatur sikap dan perilaku anggota masyarakat demi terwujudnya ketertiban dan kedamaian.

Lembar Pencarian Informasi 2: MACAM-MACAM NORMA1. Norma Agama merupakan peraturan hidup yang harus diterima manusia sebagai

perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Norma agama bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Sumber norma agama adalah kitab suci masing-masing agama Islam (Al Qur'an), Injil (Kristen dan Katolik), Hindu (Tripitaka), dan Budha (Weda), serta Konghucu (Wu Jing dan Si Shu). Sanksi norma agama berasal dari Tuhan Yang Maha Esa yang dapat mendatangkan dosa atau hukuman dari Tuhan baik yang diancamkan di dunia maupun di akherat.Contoh:

a) “Kamu dilarang membunuh”.b) “Kamu dilarang mencuri”.c) “Kamu harus patuh kepada orang tua”.d) “Kamu harus beribadah”.e) “Kamu jangan menipu”.

2. Norma Kesusilaan ialah peraturan hidup yang berasal dari suara hati sanubari manusia. Pelanggaran norma kesusilaan ialah pelanggaran perasaan yang berakibat penyesalan. Norma kesusilaan bersumber dari hati nurani. Sanksi norma kesusilaan adalah pelanggaran perasaan yang berakibat penyesalan.Contoh:

a) “Kamu harus berlaku jujur”.b) “Kamu harus berbuat baik terhadap sesama manusia”.c) “Kamu dilarang membunuh sesama manusia”.

3. Norma Kesopanan ialah norma yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat saling hormat menghormati. Sumber norma kesopanan adalah keyakinan masyarakat yang bersangkutan itu sendiri bisa hal-hal yang bersifat dari kepantasan, kepatutan, kebiasaan. Sanksi norma kesopanan adalah mendapat cemooh atau celaan dari anggota masyarakat Contoh:

a) “Berilah tempat terlebih dahulu kepada wanita di dalam kereta api, bus dan lain-lain, terutama wanita yang tua, hamil atau membawa bayi”.

b) “Jangan makan sambil berbicara”.c) “Janganlah meludah di lantai atau di sembarang tempat” dan.

14

Page 15: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

d) “Orang muda harus menghormati orang yang lebih tua”.

4. Norma Hukum ialah peraturan-peraturan yang timbul dan dibuat oleh lembaga kekuasaan negara. Isinya mengikat setiap orang dan pelaksanaanya dapat dipertahankan dengan segala paksaan oleh alat-alat negara. Norma hukum berasal dari peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan oleh lembaga resmi negara. Sumbernya bisa berupa peraturan perundang-undangan, yurisprudensi, kebiasaan, doktrin, dan agama. Sanksi norma hukum adalah ancaman hukuman. Penataan dan sanksi terhadap pelanggaran peraturan-peraturan hukum bersifat heteronom, artinya dapat dipaksakan oleh kekuasaan dari luar, yaitu kekuasaan negara. negara.

Contoh: a) “Barang siapa dengan sengaja menghilangkan jiwa/nyawa orang lain, dihukum

karena membunuh dengan hukuman setingi-tingginya 15 tahun”.b) “Orang yang ingkar janji suatu perikatan yang telah diadakan, diwajibkan

mengganti kerugian”, misalnya jual beli.c) “Dilarang mengganggu ketertiban umum”.

Lembar Pencarian Informasi 3: FUNGSI NORMA1. Norma-norma sosial berfungsi sebagai patokan sikap dan tingkah laku.2. Norma-norma sosial merupakan peraturan-peraturan yang mengandung sanksi atau

hukuman.3. Fungsi norma masyarakat adalah sebagai petunjuk arah dalam bersikap dan

bertindak, pemandu dan pengontrol bagi sikap dan tindakan, alat pemersatu masyarakat, benteng perlindungan keberadaan masyarakat, pendorong sikap dan tindakan manusia, pengendalikan tindakan dalam mewujudkan keinginan dan/atau kepentingan semuanya harus secara proporsional sesuai kebutuhan untuk hidup, mengupayakan terpenuhinya keanekaragaman kepentingan yang ada agar berlansung secara terkendali, tertib, aman, tenteram, dan damai.

15

Page 16: 3. RPP PKn SMP KUR13 Rev_25012013 Jam 11.30

B.Skrip Simulasi

5. Bertutur Kata yang sopanSaat pelajaran berlangsung di kelas, tiba-tiba ada seorang murid yang akan ijin ke toilet.Murid : (sambil mengangkat tangan kanan) ” Maaf bu, saya mohon ijin ke belakang

sebentar!Guru : “Silahkan!”Murid : “terimakasih..” (keluar kelas dengan berjalan tenang)

6. Melapor ke Ketua RT karena ada tamu yang menginap di rumahnya.Setelah Maghrib, dengan langkah tenang, seorang warga berjalan menuju ke Rumah Pak RT. Ia bermaksud untuk melapor karena ada tamu yang menginap di rumahnya.Warga : (memberi isyarat mengetuk pintu 3X) ” Selamat malam pak RT!”Pak RT : “Selamat malan!” (kemudian membuka pintu)Warga : “Maaf pak, mengganggu istirahatnya”Pak RT : “oh, Pak Warto, mari silahkan masuk!” (kemudian berjabat tangan) Warga : “ya Pak, terimakasih”Pak RT : “ mari silahkan duduk Pak!” (sambil menunjuk kursi yang tersedia)Warga : (duduk sopan), “begini Pak, Saudara saya dari Bandung akan berlibur di Batu

selama 2 hari dan rencananya menginap di rumah saya” Pak RT : “Oh ya, kalo begitu silahkan isi blangko ini ” (sambil menyerahkan blangko dan

bolpen)Setelah selesai urusan, Pak Warto ijin meninggalkan rumah Pak RT.Warga : “Pak RT, saya kira cukup sekian terimakasih atas ijinnya, mohon maaf jika

menggangu waktu Bapak”Pak RT : “oh, ya pak Warto sama-sama.” (sambil berjabat tangan)

16