16102013-bu yanti-kebijakan kop dos menulis buku

19
KEBIJAKAN KOPERTIS VI DALAM MENDUKUNG DOSEN MENGUSULKAN JABATAN FUNGSIONAL DISAJIKAN PADA PERCEPATAN JAFA TANGGAL 16 OKTOBER 2013

Upload: uwes-fatoni

Post on 04-Nov-2015

218 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Kebijakan Kop Dos Menulis Buku

TRANSCRIPT

Slide 1

KEBIJAKAN KOPERTIS VIDALAM MENDUKUNG DOSEN MENGUSULKAN JABATAN FUNGSIONAL

DISAJIKAN PADA PERCEPATAN JAFATANGGAL 16 OKTOBER 2013PROFIL JABATAN AKADEMIK DOSEN KOPERTIS VI TH 2012Tenaga Pengajar: 4378Asisten Ahli: 2199Lektor: 1905Lektor Kepala: 1203Guru Besar: 93TOTAL 9778Dasar Hukum:UU No. 20 tahun 2003 : SisdiknasUU No.12 tahun 2012 : Pendidikan TinggiUU No. 14 tahun 2005 : Guru dan DosenPP No. 19 Tahun 2005: Standar Nasional PendidikanPP No.37 tahun 2009 : DosenPP No. 17 tahun 2010 : Pengelolaan dan Penyelenggaraan PendidikanPermenpan No. Tahun 2013 : TUGAS DAN FUNGSI DOSEN(tugas utama Tri Dharma PT)

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama : - mentransformasikan, - mengembangkan, dan - menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (UU Guru dan Dosen 2005). HOME BASE DOSENProgram Studi sebagai home base para Dosen dalam minat rumpun keilmuan yang sama/spesifik termasuk tempatPengembangan karir keilmuan dosen.

Fungsi :Mengembangkan ilmu melalui peneltian, melayani perkuliahan dan mengembangkan proses pembelajaran,

Melakukan layanan kepakaran dan pengabdian kpd masy, serta mengembangkan jejaring dan kerjasama keilmuan dan keprofesian dalam lingkup bidang ilmunya.KINERJA DOSEN Kinerja Dosen dalam pelaksanaan tridharma PT sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. Bidang ilmu dosen merupakan penugasan dari Pimpinan PT. Dosen harus konsisten dalam pelaksanaan tridharma PT yang diwujudkan dalam Jabatan Fungsional Akademik Dosen. Kinerja Dosen akan dievalusai setiap tahun dalam pelaksanaan sertifikasi dosen.PERAN DOSEN DALAM PTDosen sebagai sumber daya PT mempunyai peran sangat strategis dalam mengembangkan suasana akademik yang kondusif, sehingga tercipta iklim kreatif, inovatif, dan kompetitif untuk menggali ide-ide baru, terutama yang sesuai dengan perkembangan dan aplikasi IPTEKS (lokal, nasional, global).Pendidikan tinggi disamping berperan menghasilkan lulusan, juga sebagai sumber pengembangan dan pemanfaatan IPTEKS.PENINGKATAN MUTU DOSEN Dosen memiliki kompetensi sesuai dengan bidang ilmunya sebagai pendidik profesional dan ilmuwanDosen memiliki kompetensi pembelajaran kepada mahasiswaHubungan Dosen dan Mahasiswa harus bersifat kemitraanManajemen kelas yang baikKOMPETENSI DOSENDosen memiliki kompetensi berbasis bidang ilmu dan berbasis ITDosen dikatakan memiliki kompetensi jika :

1. Bisa mewarnai pengembangan budaya akademik yang kondusif dalam proses pembelajaran di kampus.2. Karyanya menjadi referensi untukpengembangan dan penerapan dalamTri Dharma PT dan manajemen PTPENDIDIKAN DOSENKepakaran Dosen sesuai bidang ilmu.Pendidikan : S1, S2, dan S3 sejalurKesejaluran sesuai bidang ilmu dan/atau penugasan dari pimpinan PT yang sesuai bidang ilmuPendidikan S1 merupakan dasar kepakaran dalam bidang ilmu, yang dikembangkan melalui pendidikan S2 dan S3Dosen sesuai dengan penugasan diberi Jabatan Fungsional Akademik sesuai dengan kepakaran bidang ilmu yang dimiliki.PENGEMBANGAN DOSENMengembangkan kompetensi dosen (knowledge based)Mengembangkan keterampilanSoft skill dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT literacy)Peningkatanefektifitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran(brand image PT )Pengembangan inovasi PT (sain,tekn,seni, media pembelajaran,dll).

14Pengembangan Kompetensi DosenSetiao dosen dalam pengembanga kompetensi sesuai dengan bidang ilmu, harus memiliki :Lahan bidang studi( bidang kepakaran /kompetensi)Lahan terapan,obyek/sasaranLahan teori, tools(berkolaborasi dg dosen lainnya)

BEBAN KERJA DOSENBeban Kerja Dosen paling sedikit sepadan dengan 12 sks dan paling banyak 16 sks pada setiap semesterPendidikan dan penelitian min 9 sksPengabdian kpd masy dan penunjang 3 sksKewajiban khusus profesor min 3 sksPROGRAM DITJEN DIKTI Meningkatkan jml & kualitas penelitian; Meningkatkan kemampuan PT dalam pengelelolaan penelitian (block grant) Desentralisasi Pelaksanaan Penelitian. Mendorong dosen & mhs dlm melaksanakan Penelitian yang berorientasi KI (paten); Mendorong publikasi ilmiah nasional / internasional. Memanfaatkan hasil penelitian untuk KI /paten. Sumber : http://ww.dikti.org/p3m.Membangun budaya akademikPenelitian sebagai jantung budaya akademik yang sehat di Perguruan Tinggi

Sistem penghargaan yang baikTERIMA KASIH