1512029 evi hutria (flotation)

Upload: evihutria

Post on 05-Oct-2015

226 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

1512029 Evi Hutria (Flotation)

TRANSCRIPT

Diapositiva 1

FlotationSekolah Tinggi Manajemen IndustriEvi Hutria1512029KA01

HOME

Definisi FlotasiFlotation (flotasi) berasal dari kata float yang berarti mengapung atau mengambang. Flotasi dapat diartikan sebagai suatu pemisahan suatu zat dari zat lainnya pada suatu cairan / larutan berdasarkan perbedaan sifat permukaan dari zat yang akan dipisahkan, dimana zat yang bersifat hidrofilik tetap berada fasa air sedangkan zat yang bersifat hidrofobik akan terikat pada gelembung udara dan akan terbawa ke permukaan larutan dan membentuk buih yang kemudian dapat dipisahkan dari cairan tersebut. Secara umum flotation melibatkan 3 fase yaitu cair (sebagai media), padat (partikel yang terkandung dalam cairan) dan gas (gelembung udara).

Jenis-jenis FlotasiAerasi pada tekanan atmosfer (air flotation) Udara akan masuk kedalam fluida dengan menggunakan mekanisme rotor-disperser. Rotor yang terendam dalam fluida akan mendorong udara menuju bukan disperser sehingga udara bercampur dengan air sehingga partikel yang mengapung dapat disisihkan. Sistem ini memiliki keuntungan antara lain tidak memerlukan area yang luas dan lebih efektif dalam menyisihkan partikel minyak.Dissolved Air Flotation (DAF) Melakukan pengapungan dengan melarutkan udara ke dalam fluida dengan tekanan yang tinggi kemudian dilepaskan dalam tekanan atmosfer.Vacum FlotationLimbah cair diaerasi hingga jenuh sehingga akan terbentuk gelembung udara yang akan lolos ke atmosfer dengan mengangkat partikel-partikel ke atas.

Prinsip KerjaPenempelan partikel (mineral) pada gelembung udara Gelembung mineral harus stabil Ada sifat Float dan sink Beberapa jenis partikel yang tercampur dapat dipisahkan salah satu jenisnya dari campurannya atau bila memungkinkan dan dapat terpisah keseluruhan jenis sehingga dapat terkonsentrasi dari tiap-tiap jenis. Pemisahan dari partikel-partikel dalam flotasi ini ditunjukkan oleh penentuan kontak antara tiga fasa yaitu fasa partikel padat yang akan diapungkan, larutan aqua electrolit, dan gas (biasanya dipakai udara) hampir semua zat anorganik dapat dibasahi oleh fasa akua.

Faktor-faktor yang mempengaruhi flotasiUkuran partikelpH larutanSurfaktanBahan Kima lainnya misalnya koagulanLaju UdaraUkuran Gelembung UdaraKetebalan Lapisan BuihPenambahan Reagen Kimia-Kolektor-Modifier

Macam-macam Sel FlotasiSel flotasi berfu ngsi untuk menerima pulp dan dilakukan proses flotasi. Jenis sel mendasarkan atas pemasukan udara, adalah:Agitation CellAlat ini jarang digunakan, sebab adanya perkembang an dengan diketemukannya sub aeration cell. Udara masuk ke dalam cell flotasi karena putaran pengaduk.Sub Aeration CellUdara masuk akibat hisapan putaran pengaduk. Alat ini paling praktis sehingga banyak dig unakan.Pneumatic CellAlat ini jarang sekali yang menggunakan, udara langsung di hembuskan ke dalam cell.

Macam-macam Sel FlotasiVacum and Pressure CellUdara masuk karena tangki dibuat vakum oleh pompa penghisap dan udaradimasukkan oleh pompa injeksi.Cascade CellUdara masuk karena jatuhnya mineral.

Gambar 1. Sel Flotasi

Syarat-syarat FlotasiSyarat-syarat dari flotasi adalah sebagai berikut:Mempunyai penerima pulp dan pengeluaran konsentrat.Dapat menghasilkan atau ada aliran udara yang dapat dimasukkan kedalam sistem tersebut.Feed harus dalam bentuk pulp

Mekanisme FlotasiSecara fisika Pengambilan bahan-bahan yang tersuspensi berukuran besar dan bahan yang mudah mengendap atau bahan yang dapat terapung terlebih dahulu disingkirkan atau dibuang. Cara yang paling efisien untuk menyisihkan bahan yang tersuspensi berukuran besar dengan cara pengendapan. Sedangkan bahan yang tersuspensi dapat mengendap dapat dipisahkan dengan cara pengendapan.

Mekanisme FlotasiSecara KimiaPemisahan menggunakan cara kimia biasanya menghilangkan partikel-partikel yang sulit untuk diendapkan atau tidak mudah mengendap. Sehingga dengan adanya penambahan bahan kimia tertentu yang diperlukan maka partikel yang tidak mudah diendapkan menjadi mudah diendapan. Sebagai contoh penyisihkan bahan-bahan organik beracun seperti fenol dan sianida pada konsentrasi yang rendah dapat dilakukan dengan mengoksidasikannya dengan klor (Cl2), kalsium permanganate, dan lain-lain.

Langkah-langkah FlotasiLiberasi, analisis pendahuluanAgar mineral dapat terliberasi, maka perlu dilakukan crushing atau grinding yangditeruskan dengan pengayakan atau classifiying. Ini dimaksudkan agar ukuran butir mineral dapat seragam, sehingga proses akan lebih sukses atau berhasil. Analisis pendahuluan dilakukan dengan menggunakan mikroskop, sehingga dapat dilihat derajat liberasinya dan kadar dari mineral tersebut. Diupayakan dalam tahap ini juga, dilakukan deslimming, sebab slime akan mengganggu proses flotasi.ConditioningAdalah membuat suatu pulp agar nantinya pulp tersebut dapat langsung dilakuakn flotasi. Preparasi ini sebaiknya disesuaikan dengan liberasi dalam proses basah maka conditioning tidak mudah juga harus dilakukan pada proses basah. Pada pengkondisian, reagen yang diberikan adalah modifier, colector dan Frother.

Langkah-langkah FlotasiProses FlotasiProses ini ditandai dengan masuknya gelembung udara kedalam pulp. Gelembung udara diinjeksikan kedalam tangki untuk mengapungkan padatan sehingga mudah disisihkan. Dengan adanya gaya dorong dari gelembung tersebut, padatan yang berat jenisnya lebih tinggi dari air akan terdorong ke permukaan. Demikia pula halnya pada padatan yang berat jenisnya lebih rendah daripada air. Hal ini merupakan keunggulan dari teknik flotasi dibanding pengendapan karena dengan flotasi partikel yang ringan dapat disisihkan dalam waktu yang bersamaan

Teori Persamaan FlotasiTeori Persamaan dari FlotasiFlotasi pada proses dasar permukaan kimia dimana banyak terjadi peristiwa secara bersamaan antar permukaan antara padatan, cairan, dan udara. Variabel yang diketahui sebagai parameter adalah contact angel, . Saat = 0, cairan menyebar di atas padatan, kontak antara media air dengan udara seperti pada padatan yang disebut sebagai hidrofilik dan basahan oleh air. Gelembung udara tidak dapat terikat pada padatan hidrofilik di air. Sebaliknya, padatan hidrofobik tidak basah oleh air, gelembung udara dapat berikatan pada air dan nialai contact angel lebih dari 0, > 0.

Teori Persamaan FlotasiKonsep contact angel dengan pengikatan gelembung pada medium cair, terikat pada padatan hidrofobik. P adalah kontak 3 fase, dimana vector lg melewati p dan membentuk tang pada permukaan kurva pada gelembung udara. Tiga gaya tegangan antar permukaan saat kesetimbangan, sesuai dengan persamaan Youngs. Dimana menunjukkan tegangan antar muka antara solid-gas, solid-liquid dan liquid-gas.sg -sl = lg .cos ............................(1)

AplikasiAplikasi Baru Untuk Flotasi dari Bijih Tembaga TeroksidasiBanyak peneliti telah mencoba untuk menemukan tembaga dan kobalt secara hidrometallurgi dari bijih saat ini yaitu Ergani Tembaga Mining Co. Namun, telah dilaporkan bahwa metode ini tidak ekonomis, dan efisienSelain uji secara hidrometalurgi, studi flotasi dari bijih tembaga yang teroksidasi telah dilakukan banyak peneliti dengan menggunakan berbagai kondisi flotasi. Bijih tembaga teroksidasi dapat ditemukan tembaga lainnya .

Kelebihan dari FlotasiKelebihan dari proses pengapungan (flotasi) adalah pada umumnya cukup efektif pada bijih dengan ukuran yang cukup kasar (28 mesh) yang berarti bahwa biaya penggilingan bijih dapat diminimalkan. Froth flotation sering digunakan mengkonsentrasi emas bersama-sama dengan logam lain seperti tembaga, timah dan seng. Partikel emas dari batuan okosida biasanya tidak merespon dengan baik namun efektif terutama bila dikaitkan dengan emas sulfida seperti pyrite, metode flotasi mampu memecahkan bijih yang tidak dapat diolah dengan menggunakan metode pengolahan mineral konvensional.

Kekurangan dari FlotasiKekurangan dari metode flotasi ini adalah tingginya biaya investasi infrastruktur, biaya produksi juga lebih tinggi. Perkiraan bahwa hukum segregasi investasi dalam infrastruktur adalah sekitar dua kali pabrik flotasi dari kapasitas yang sama, biaya produksi akan menjadi 2 sampai 3 kali lebih tinggi. Segregasi dalam pengobatan bijih tembaga oksida tahan api, tembaga kelas dalam bijih harus lebih besar dari 2% untuk mendapatkan hasil yang lebih baik ekonomi. Metode pemisahan digunakan untuk menyelesaikan hanya mereka yang sebaliknya tidak dapat memproses bijih. Oleh karena itu, sebelum menggunakan metode ini untuk menangani pengolahan bijih untuk sebuah studi komprehensif, jika metode pengobatan lain, tidak disukai hukum segregasi

SELESAITERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA

PENYUSUN :EVI HUTRIA

TERIMA KASIH KEPADA :

Allah swt

Dosen Teknik Lingkungan : Ir. Sumingkrat, M.Si

Jika ada kesalahan, saya mohon maafSAVE THE WORLD FOR NEXT GENERATION