016 pemberdayaan masyarakat sebagai upaya pendekatan hiv&aids, 27 des 2010 oleh bapermas.ppt

18
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PENDEKATAN HIV DAN AID’S

Upload: zulhafis-mandala

Post on 03-Oct-2015

10 views

Category:

Documents


2 download

TRANSCRIPT

  • PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYAPENDEKATAN HIV DAN AIDS

  • DASAR HUKUM HIV & AIDSPeraturan Presiden No.75 Tahun 2006 Tentang Komisi Penanggulangan AIDS Nasional.Permendagri No.20 Tahun 2007 Tentang Pedoman Umum Pembentukan Komisi Penanggulangan AIDS Dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Rangka Penanggulangan HIV Dan AIDS Di Daerah.Perda Jawa Tengah Nomor 5 Tahun 2009 tentang Penanggulangan HIV & AIDS.Keputusan Gubernur No.66 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Keanggotaan KPA Prov. Jateng.

  • *PENDEKATAN PENANGGULANGANHIV & AIDSPendekatan Agama;

    Pendekatan Budaya / Norma;

    Pendekatan Kesehatan;

    Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat.

  • Pemberdayaan MasyarakatPengertian Semua upaya untuk memampukan dan memandirikan masyarakat

    HakekatMeningkatkan kemampuan masyarakat melalui keterlibatan pada berbagai program pembangunanMemberikan kewenangan kepada masyarakat secara proporsional dalam pengambilan keputusan

  • KERANGKA KEBIJAKANPEMBERDAYAAN MASYARAKAT*

  • *

  • UPAYA PENCEGAHANDAN REHABILITASI ODHA*UPAYA PEMBERDAYAANMELALUIPemberian ketrampilanPemberian Modal KerjaPemenuhan KebutuhanKIE ,Moral Spritual

  • *TKI/TKWPelayanan Kesehatan

  • *Data Kumulatif HIV/AIDS DI JAWA TENGAH ( 1993 s.d 31 Des 2009 ) JUMLAH: 2.488 HIV: 1.518 AIDS: 970 Meninggal: 319

  • * UPAYA PENANGGULANGAN Upaya penanggulangan HIV&AIDS harus memperhatikan nilai nilai agama/budaya/norma kemasyarakatan dan kegiatannya diarahkan untuk mempertahankan dan memperkokoh ketahanan dan kesejahteraan keluarga Upaya penanggulangan HIV&AIDS diselenggarakan oleh masyarakat dan pemerintah berdasarkan kemitraan. Masyarakat sipil termasuk LSM, Dunia Usaha, sektor swasta, tenaga profesional, organisasi prosesi dan lembaga pendidikan tinggi,lembaga kemasyarakatan, keluarga, masyarakat umum dan ODHA. ( dari sejumlah pelaku yg terlibat ODHA adalah unsur yg paling utama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan AIDS)

  • 3. Upaya penanggulangan harus didasari dengan pengertian bahwa masalah HIV & AIDS menjadi masalah sosial dengan demikian harus menjadi satu Gerakan Nasional.

    4. Upaya penanggulangan diutamakan pada Sub-Populasi berperilaku resiko tinggi.

    5. Upaya penanggulagan harus menghormati harkat dan martabat manusia, keadilan dan kesetaraan jender.

  • PEMBERDAYAAN MASYARAKATPENANGGULANGAN HIV DAN AIDSPROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKATPRINSIP-PRINSIP TRANSPARANSI PARTISIPATIF AKUNTABILITAS MEMPERHATIKAN NILAI AGAMA, BUDAYA/NORMA MASYARAKATMASYARAKAT TAHU, MAU & MAMPUMENANGGULANGI HIV & AIDSPELIBATAN MASYARAKAT LEMBAGA KEMASYARAKATAN BPD KPM TOMA LSM SWASTA ODHA OHIDHA

  • Strategi Berbasis MasyarakatMemfungsikan lembaga lembaga yang ada di masyarakat ( KPMD, RT,RW, PKK, Posyandu, Posyandu Lansia, dasawisma ) melalui lembaga yang ada.Sosialisasi Hidup sehatMemberdayakan individu, keluarga dan komunitas dalam pencegahanPeningkatan pengetahuan dan ketrampilan bagi petugas kesehatan dalam menyusun dan menentukan program penanggulangan.

  • *

    Berperilaku hidup sehat.Meningkatkan ketahanan Keluarga.Mencegah terjadinya stigma dan diskriminasi thd ODHA,OHIDHA & Keluarganya .Aktif dalam Kegiatan promosi, pencegahan, perawatan,dukungan, pengobatan, dan pendampingan thd ODHA/OHIDHA. Mendorong setiap org yg beresiko terhadap penularan HIV dan IMS utk memeriksakan kesehatannya ke Klinik VCT.Mendorong setiap orang yg terinfeksi HIV dan AIDS agar mengikuti rehabilitasi.

    Lanjutan:

  • BEBERAPA PEMIKIRAN PENCEGAHAN HIV & AIDS KEDEPANCalon Pengantin baru harus melakukan test HIV & AIDS sebelum menikah.Perlu ada Skrining (Pemeriksaan) di Posyandu guna mencegah penyebaran HIV & AIDS dari ibu kepada Bayi/Balita.Pembuatan panti Rehabilitasi HIV & AIDS.Menghimbau masy untuk memeriksakan secara sukarela di Klinik VCT (Voluntary Conselling and Test ) Pemeriksaan yang ketat bagi TKW/TKI dan pekerja asing di Indonesia.Penerapan mata pelajaran reproduksi sehat dan etika disekolah-sekolah.

  • PELAPORANGUBERNUR(KETUA KPA PROVINSI)KETUA KPA NASIONALKEBIJAKAN & PROGRAM LANJUTANDESA/KELURAHANKECAMATANKAB/KOTATEMBUSAN KE MENDAGRI Cq DITJEN PMD

  • ****************