vol 4 | sept 2015

80
VOL 4 n SEPTEMBER 2015 | BENEFIT 1 VOL 4 | SEPT 2015 Dunia, Masih Kelam-Kabut dengan Krisis Kemanusiaan ICS Blang Adoe, Memanusiakan Rohingya yang Teraniaya

Upload: others

Post on 04-Nov-2021

3 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 1

VOL 4 | SEPT 2015

Dunia, Masih Kelam-Kabutdengan Krisis Kemanusiaan

ICS Blang Adoe, MemanusiakanRohingya yangTeraniaya

Page 2: VOL 4 | SEPT 2015

ToC & FROM THE EDITOR’S

2 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

BSM # 706 854 8181 | MANDIRI # 128 000 4723 620

Page 3: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 3

BSM # 706 854 8181 | MANDIRI # 128 000 4723 620

globalqurban.com

KAMBING

(1/7 SAPI)

Rp 1,8 jtSAPI

Rp 12,6 jt

Careline SMS Center

Page 4: VOL 4 | SEPT 2015

CONTENT

24 On Going

EDITORIAL6 Jangan Lewatkan Peluang Kebaikan, Optimalkan Momentum QurbanBulan suci Ramadhan telah berlalu, namun spirit Ramadhan tak berarti ikut hilang seiring berjalannya waktu.

INSPIRED8 BTI & NKRI Harga MatiBhinneka Tunggal Ika (BTI), sukses menjaga harmoni keragaman berbangsa dan bernegara

INSPIRED10 Menyikapi RohingyaMerespon Rohingya, sikap negara tidak jelas saat sikap masyarakat sangat jelas. Indonesia mengalami degradasi cara meletakkan diri dalam pergaulaninternasional. ON GOING12 SSB, Menyiapkan GenerasiBangsa Hadapi Resiko BencanaSiapa yang mengira Daerah Khusus Ibukota Jakarta ternyata rentan juga terkena dampak gempa? Selain rentan dan rutin alami kebanjiran serta kebakaran, warga Jakarta berpotensi tinggi terdampak gempa. 14 Ketika Sampah Berubah Menjadi Berkah.Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara kini memiliki 4 unit Bank Sampah untuk menampung limbah rumahtangga warganya menjadi bernilai ekonomis.

16 Setengah Juta Liter Air Bersih, Bahagiakan Warga di wilayah Krisis Kekeringan. Program #AlirkanBahagia untuk respon kekeringan baru merambah lima puluh titik di tujuh provinsi, Masih berlanjut sampai musim hujan datang.

18 Dapur Sosial Temani Ramadhan Sendu Pengungsi Sinabung. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Medan bersama relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Utara, sediakan santapan berbuka dan sahur sepanjang bulan puasa lalu dari Dapur Sosial Ramadhan.

20 841 KM - 1.010 Pasien, Dua Pekan Layanan Kesehatan ACT. Perjalanan 251 kilometer menjadi tanda berakhirnya pengabdian Tim Medis ACTion Team for Nepal  yang sudah melayani 1.010 orang warga Nepal dan menjangkau total 841 kilometer selama dua pekan.

22 Dunia, Masih Kelam-Kabut dengan Krisis Kemanusiaan. Krisis pangan, krisis kesehatan dan bergeraknya ratusan ribu pengungsi yang memasuki kawasan Eropa semakin menyesaki persoalan kemanusiaan di dunia. Beban kemanusiaan dunia tampaknya bertambah berat.

28 global QurbanSarat Nilai pemberdayaan

38 highlights

46 BENEFECIARIES

50

78

Branch

Essay

4 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 5: VOL 4 | SEPT 2015

Kamu bisa nonton duluan film KMGP, sekaligus bertemu dan kenalan dengan para bintang serta dapatkan official goodybag KMGP. Dengan membeli tiket presale ini kamu juga sekaligus sudah berdonasi satu pohon untuk Indonesia!

NONTONDULUAN FILM

BELI SATU DAPAT BANYAK!Kamu bisa nonton duluan film KMGP, sekaligus bertemu dan kenalan dengan para bintang serta dapatkan official goodybag KMGP. Dengan

membeli tiket presale ini kamu juga sekaligus sudah berdonasisatu pohon untuk Indonesia!

Info lengkap: www.kmgp.club | www.jualio.com | www.kmgpthemovie.comV O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 5

Kamu bisa nonton duluan film KMGP, sekaligus bertemu dan kenalan dengan para bintang serta dapatkan official goodybag KMGP. Dengan membeli tiket presale ini kamu juga sekaligus sudah berdonasi satu pohon untuk Indonesia!

NONTONDULUAN FILM

BELI SATU DAPAT BANYAK!Kamu bisa nonton duluan film KMGP, sekaligus bertemu dan kenalan dengan para bintang serta dapatkan official goodybag KMGP. Dengan

membeli tiket presale ini kamu juga sekaligus sudah berdonasisatu pohon untuk Indonesia!

Info lengkap: www.kmgp.club | www.jualio.com | www.kmgpthemovie.com

Page 6: VOL 4 | SEPT 2015

EDITORIAL

Sahabat Peduli,

Bulan suci Ramadhan telah berlalu, namun spirit Ramadhan tak berarti ikut hilang seiring berjalannya waktu. Justru usai “training” illahiah selama sebulan penuh tersebut menjadi bekal melangkah penuh ketakwaan di bulan-bulan berikutnya

sampai kemudian bersua kembali dengan Ramadhan berikutnya. InsyaAllah.Kini bulan Dzulhijah pun menjelang. Umat Islam kembali diajak menjaga kepedulian

dengan cara meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail alaihissalam dalam pengabdian totalnya kepada Allah subhanahu wata’ala.

Global Qurban sebagai lembaga profesional pengelola kurban siap menjadi jembatan kepedulian donatur dengan mengantarkan amanah kurbannya kepada fakir miskin, pengungsi, korban bencana dan konflik kemanusiaan di penjuru dunia.

Keunggulan Global Qurban adalah jangkauan distribusinya yang luas (global), ketepatan sasaran penerima manfaat, harga yang lebih terjangkau dengan hewan kurban berkualitas serta dikelola dengan konsep pemberdayaan sehingga turut menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Konsep pemberdayaan Global Qurban menjadikan pekurban tidak saja memperoleh benefit ukhrowi berupa pahala langsung karena ibadah kurban, namun benefit lain berupa ibadah sosial berkelanjutan melalui program Lumbung Ternak Masyarakat (LTM) di berbagai wilayah, kehadiran LTM ini mampu mengakselerasi kesejahteraan masyarakat sekitar LTM seperti peternak, petani, tukang rumput, dan sebagainya. Ini semua kami inisiasi karena kami meyakini kurban adalah ibadah dengan visi hebat berdimensi sosial dan ekonomi bertujuan untuk keselamatan dan kesejahteraan umat manusia dunia dan akhirat. Jadi, jangan tunda kebaikan. Mari berqurban bersama Global Qurban. Terima kasih,Wassalamualaikum warahmatullahi wa barokaatuh,

Rini MaryaniEditor in Chief

Jangan Lewatkan Peluang KebaikanOptimalkan Momentum Kurban

6 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 7: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 7

Ahyudin

Syuhelmaidi SyukurN. Imam AkbariIbnu KhajarHariyana HermainM. Insan NurrohmanIqbal Setyarso

Rini Maryani

ApikoJM

Bambang TriyonoMuhajir A. Rahmani

Putra Kurniawan

Yusnirsyah SirinSatariErwin Santoso

Desi Susanti

Sutaryo

M. Ibrahim MajidBayu Alif Utama

Maspalah Royani Kurniawati

Desy KurniaRachmat Sulistio

Aria RahadyanAhmad Faisal RamadhanFetriyanti

Kiki Marjuki

Chief Executive Officer

Board of Advisers

Editor in Chief

Managing Editor

Editor

Graphic Designer

Visual Library & Doc.

Editorial Secretary

Research & Documentation

Post Production

Distribution

Partnership

Social Media

Information Technology

Vol. 4 n SEPTEMBER 2015

Keunggulan Global Qurban adalah jangkauan

distribusinya yang luas (global), ketepatan sasaran penerima

manfaat, harga yang lebih terjangkau dengan hewan kurban berkualitas serta dikelola dengan konsep

pemberdayaan sehingga turut menggerakkan roda

ekonomi masyarakat.

PublisherACT Foundation

Head Office:Menara 165 Office Tower, 11th floor

Jl. TB. Simatupang Kav. 1 Cilandak TimurJakarta Selatan 12560, Indonesia

Telp. +6221 2940 6565, Fax. +6221 2940 6564Supporting Office:

Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok B-9Jl. Ir. H. Juanda No.50 Ciputat, Tangerang Selatan 15419,

Indonesia.Telp : +6221 741 4482, Fax : +6221 742 0664

Branch Office BandungJl. Jakarta, Kompleks Kota Kembang Permai Kav. 11,

Kel. Kacapiring,Kec. Batununggal,

Kota Bandung,Jawa Barat 40271, Indonesia.

Telp : +6222 8783 1688SMS Center : +62822 1400 1200

Branch Office Yogyakarta Perum Tiara Mas Nitikan kav A1,

Jl. Nitikan Baru, Sorosutan, Umbulharjo Yogyakarta 55162

Telp : 0274-388572

Branch Office MedanJl. Mustafa No. 31 E Kel Pulo Brayan Darat 1 Kec. Medan

Timur Sumatera Utara 20239Telp : 061-42066885SMS : 085371844567

Branch Office SemarangJl. Supriyadi 78C Kalicari Pedurungan Semarang

Jawa TengahTelp : 0246-730328

Page 8: VOL 4 | SEPT 2015

Bhinneka Tunggal Ika (BTI), sukses menjaga harmoni keragaman berbangsa dan bernegara. Sikap

tegas pemerintah terhadap setiap peluang mencabik harmoni, ditindak dini sebelum melebar menjadi amuk dan disharmoni akut. Belakangan, kembali mencuat godaan disharmoni itu, lebih pada “pemanasan” menuju konflik horizontal. Keberanian ‘mayoritas’ atas ‘minoritas’ seolah menjadi tema yang digelindingkan oleh kelompok-kelompok agama. Saya yakin, pemuka-pemuka agama terkait kalau dikonfirmasi akan menampik tegas tuduhan itu. Maka dalam kasus yang jelas-jelas kelompok mana pelakunya kelompok mana korbannya, harus segera menegaskan rujuk sosial simultan dengan penegakan hukum.

Pemicu “mayoritas-minoritas” selalu mencuat di setiap periode kepemimpinan Indonesia sampai muncul akronim SARA – suku, agama, ras, antargolongan - sebagai jargon yang dikaitkan dengan konflik sosial. SARA menjadi pembeda, alasan berbenturnya lintas entitas sosial. Untuk sekian masa, pemerintah bertindak tegas terhadap otak perseteruan dan pemicu benturan sosial. Persepsi massa perlahan

menuju kesadaran, keragaman di tubuh bangsa ini: bhinneka tunggal ika, satu bangsa meski bermacam SARA. SARA adalah warna, meneguhkan keindahan, bukan ketegangan apalagi benturan.

Penikmat keragaman Indonesia, sudah pasti bangsa Indonesia sendiri, saat berbagai bangsa dengan kadar keragaman yang mungkin jauh di bawah kita, begitu susah bersatu, begitu keras berseteru. Indonesia, negara kepulauan ini, tak habis-habisnya diguncang dan diusik agar bercerai-berai. Tapi ada TNI yang mematok ‘Negara Kesatuan Republik Indonesia’ harga mati! Karena tekad itu pula, siapa berani mengusik harmoni bangsa, akan berhadapan dengan aparat pembela NKRI dan seluruh entitas sadar kebangsaan.

Pembelaan NKRI, bagian dari merawat kemerdekaan. Ia dikuatkan dengan penegakan hukum agar tidak ada pihak manapun di negeri ini berani menghina kebangsaan dan kesatuan Indonesia. Dari Presiden hingga rakyat jelata, memerlukan kesatuan dan kedamaian ini. Kalau pejuang kemerdekaan mengorbankan jiwa raga mempersembahkan Indonesia yang satu: NKRI, mengapa kita yang mewarisinya

BTI DAN NKRI HARGA MATI

INSPIRED

8 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 9: VOL 4 | SEPT 2015

tidak sungguh-sungguh mempertahankan keutuhan NKRI? Kita ‘terima bersih’ tanpa pengorban kecuali menjaga keutuhannya?

Entitas ‘agama-minoritas’, misalnya, yang selalu memperoleh pengamanan ketat

seolah akan dicabik mayoritas pemeluk Islam Indonesia setiap memperingati Hari Besar Keagamaannya, mulai memainkan ‘kartu SARA’ di wilayah di mana mereka mayoritas. Bibit teror sudah ditebar. Tak boleh ditoleransi apalagi dibiarkan menjalar. Tegakkan wibawa pemerintah Indonesia, sebelum memicu krisis kemanusiaan berdarah-darah. Dulu, oke, darah tertumpah demi menegakkan NKRI, jangan sampai pemegang mandat pemerintahan justru membuka peluang darah tertumpah karena abai merawat NKRI, menegakkan kehormatan berbangsa. Satu saja entitas negeri ini teraniaya, lalu memicu empati dan simpati entitas sesamanya di berbagai daerah di seantero negeri ini – lantaran hukum tidak tegak keadilan lunglai – bentuk pembelaan fisik inilah jurang kejatuhan bangsa.

Pembelaan atas absennya keadilan dan tegaknya hukum positif atas perbuatan

mengoyak kesatuan bangsa, menjadi awal yang memilukan: menjalarnya kemarahan. Absennya semangat kebangsaan, menjulangnya upaya mengamankan kemitraan kapitalis pemerintah dan entitas asing penopang disharmoni bangsa, awal tergadainya NKRI ke tangan asing dengan memakai tangan anak-anak bangsa. Yang saling pukul: Indonesia. Siapa bertepuk-tangan? Jelas pihak asing. Betapa ruginya Indonesia. Betapa jahilnya kekuasaan yang seharusnya memiliki kuasa melindungi, mengayomi, menindak dan menegur siapa saja pengganggu NKRI. Nasionalisme bukan sekadar kata-kata dan upacara bendera!

Sejumlah elemen bangsa, dari banyak daerah di negeri ini, dalam keragaman geografis dan etnis, profesi dan organisasi, di bawah panji Merah Putih menyeru: Bhineka Tunggal Ika (BTI) pertahankan, harmoni ada maka kita Satu Indonesia – kekuatan raksasa Asia bahkan dunia yang memiliki kompleksitas tapi tetap satu. Tak berlebihan, kita terus kumandangkan dan tekadkan: Negara Kesatuan Republik Indonesia, harga mati.

Maka azas ini dengan kesungguhan Satu Negeri, Satu Tanah Air, lambat tapi pasti mengeliminasi bertahap agar 30 ribu desa yang belum teraliri listrik bisa punya listrik. Desa kaya berempati kepada desa miskin; kota besar bederma kepada desa kecil; yang miskin tersantuni yang kaya dermawan. Harmoni, kokoh juga dengan kepedulian atas perbedaan. Termasuk perbedaan kelas ekonomi sesama warga Indonesia. n

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 9

Page 10: VOL 4 | SEPT 2015

INSPIRED

Merespon Rohingya, sikap negara tidak jelas

saat sikap masyarakat sangat jelas. Indonesia

mengalami degradasi cara meletakkan diri

dalam pergaulaninternasional.

Menyikapi Rohingya*n Fahri Hamzah | Wakil Ketua DPR RI

pergaulan internasional tidak penting. Akibatnya, nama Indonesia hilang dari pentas dunia sebagai negara demokrasi besar ketiga di dunia dan negara muslim terbesar di dunia. Indonesia tidak dianggap! Kita menderita kerugian luar biasa sampai hari ini tak hanya dalam ekonomi, dalam politik pun tidak dianggap.

Qatar, negara Teluk dengan penduduk asli cuma 200an ribu jiwa, bisa sangat populer berkat keterlibatannya dalam percaturan politik di dunia. Ini membangun wibawa masyarakatnya. Indonesia? Malah seakan “mengisolasi diri”. Bahkan saya sebagai pembuat UU, anggota DPR dan sekarang menjadi pimpinan DPR, menyaksikan hari-hari ketidakmauan dari para pejabat kita untuk punya masalah dengan luar negeri. Politik bebas aktif yang kita warisi berubah menjadi tidak bebas dan tidak aktif; Gerakan Non Blok inisiasi Bung Karno, malah menjadi tidak bergaul. Itulah pola pikir pejabat kita saat ini.

Para pendiri Indonesia sadar betul pentingnya terlibat aktif dalam dinamika Internasional.

Ini mengacu UUD ‘45 diantaranya “melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, ikut melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial.” Sejak awal founding fathers kita sadar untuk ikut dalam perdamaian dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Soekarno, presiden kita sekaligus presiden legendaris dan dikenal di dunia karena dunia mengingat betul, bagaimana Soekarno terlibat dalam percaturan global. Sepertinya makin ke sini, sikap negara terhadap pergaulan global makin menciut bahkan seakan-akan mengisolasi diri dari pergaulan internasional. Malah, kekanak-kanakan saat menganggap seolah-olah

10 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 11: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 11

Orang-orang Arab hirau Indonesia, tak menjadikan Indonesia tujuan pembangunan kapital, meski dari sisi ekonomi tak sebanding dengan Singapura dan Malaysia. Kita besar tapi diabaikan karena tidak pernah mau bergaul.

Dalam konteks Rohingya, saya ingatkan pihak imigrasi, krisis kemanusiaan harus ditanggapi. Bukankah tanah kita amat luas, kita punya 17ribu pulau? Ironis, saat saya mencoba mencantumkan kata “pencari suaka” saja di dalam rancangan UU, ditentang banyak pihak terutama Kementrian Luar Negeri. Mereka mengatakan, itu hanya “kepentingan internasional”.

Saatnya kita kirim kabar ke dunia, indonesia adalah negara di atas negara, bahkan diatas simbol-simbol lainnya. Kita pelayan kemanusiaan global yang siap mengatasi problem kemanusiaan dunia. Ini kita yakini sebagai pintu rezeki kita, bukan malah berpikir “Kalo mengurusi pengungsi kita malah susah”. Kalau manusia adalah ciptaan Allah yang terbaik, pasti mereka bukan beban. Justru mereka baik bagi kita, baik bagi peradaban kita, baik bagi kebudayaan kita, kalau mindset dirombak, barulah Indonesia bisa tampil sebagai pemain global.

Saya amat mengapresiasi langkah Komite Kemanusiaan untuk Solidaritas Rohingya (KNSR) dan lembaga kemanusiaan sejenis. Ini karena teman-teman telah mengembalikan jati diri diri bangsa ini, terutama sebagai bangsa dengan muslim terbesar. Karena telah berani menyeret, memaksa menyeret untuk terlibat, bahkan kita harus membuat advokasi tentang regulasinya, tentang institusinya, supaya resmilah Indonesia

memberikan perlindungan kepada gerakan sosial kita yang telah memberikan dukungan kepada masyarakat yang mengalami problem kemanusiaan global. Menghadapi krisis global sekarang ini, seharusnya bangsa Indonesialah yang bisa menanganinya. Jika Indonesia ingin memimpin bangsa-bangsa di dunia, katakanlah di PBB bisa punya suara dominan, atau punya pengaruh lebih luas, tentu peran-peran kemanusiaan harus digiatkan.

Saatnya kita mengadvokasi peraturan-peraturan yang mendukung rakyat dan bangsa Indonesia bisa menyebar ke seluruh dunia sebagai tenaga-tenaga kemanusiaan. Jika itu terjadi dan dicanangkan oleh generasi ini, insya Allah kelak anak-cucu kita melihat Indonesia menjadi bangsa yang dicintai bangsa-bangsa lain, karena agama, karena kemanusiaan, dan keterlibatan mereka membantu kemanusiaan. Tunjukkan kepada dunia cara terbaik menangani problem kemanusiaan global secara jujur dan sejati, tanpa kepentingan apapun di baliknya. n

*Disarikan dari Pidato Pengantar Audiensi dan Seminar

Nasional ‘Solusi Tuntas Melayani Pengungsi Rohingya’

inisiatif Komite Nasional Solidaritas untuk Rohingya (KNSR)

di Gedung DPR-RI, Jakarta, 20 Agustus 2015

Page 12: VOL 4 | SEPT 2015

ON GOING

Siapa yang mengira Daerah Khusus Ibukota Jakarta ternyata rentan juga terkena dampak gempa?

Selain rentan dan rutin alami kebanjiran serta kebakaran, warga Jakarta berpotensi tinggi terdampak gempa. “Meski sumber gempa tidak persis di Jakarta tapi potensi dampaknya akan sampai di Jakarta,” demikian Dr. Irwan Meilano, pakar gempa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Seminar “Sekolah Siaga Bencana” (SSB) yang digelar oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap, di Museum Bank Indonesia Jakarta, awal bulan Agustus yang lalu.

Dalam seminar yang juga mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta ini, Irwan menjelaskan di bawah Jakarta ada lapisan sedimen yang tebal,

Sekolah Siaga Bencana,Menyiapkan Generasi Bangsa Hadapi Resiko Bencana

walau begitu kerentanan di Jakarta juga tinggi. “Potensi bencana besar itu lebih karena kepadatan penduduk yang tinggal di hunian berhimpitan sangat banyak. Rumah dan gedung-gedung di Ibukota struktur bangunannya tidak dirancang untuk tahan gempa,” jelas Irwan.

Apalagi, tambah Irwan, sejarah pernah mencatat Jakarta pernah terdampak gempa besar pada tahun 1699 akibat rambatan gempa yang terjadi di Jawa Barat saat itu. Asia Research Institute juga pernah merilis makalah “Historical Evidence for Major Tsunamis in the Java Subduction Zone” yang menjelaskan gempa di masa Batavia itu terjadi selama tiga perempat hingga satu jam.

Irwan yang menjadi anggota tim revisi peta gempa Indonesia yang melakukan

12 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

n Bams

Page 13: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 13

siswa SMU karena pemahaman manajemen Sekolah Siaga Bencana ini lebih tepat mereka yang lakukan. Ada 30 sekolah yang akan didampingi dan dipersiapkan sebagai Sekolah Siaga Bencana dalam 6 bulan ke depan”, papar Karsono. Karsono menambahkan kegiatan ini merupakan program Bank Indonesia untuk membantu sosialisasi mitigasi bencana yang sudah dilakukan oleh berbagai pihak selama ini.

Sementara itu, Manajer Disaster Management Insittitue of Indonesia (DMII) – ACT Wahyu Novyan menjelaskan pembentukan Sekolah Siaga Bencana ini sebagai bentuk dukungan pada implementasi Peraturan Kepala (Perka) BNPB No. 4 tahun 2012 tentang Pedoman Penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana. Program ini bertujuan membangun sekolah yang memiliki sistem manajemen bencana dan memungkinkan sekolah memiliki kesiapsiagaan terhadap bencana. “Program ini akan melibatkan unsur civitas sekolah, mulai dari guru, karyawan, dan siswa. Sebagai pilot project 2015, program ini akan dimulai di wilayah DKI Jakarta,” tutur Wahyu.

“Apalagi Dinas Pendidikan Dki Jakarta pernah menyampaikan edaran di tahun 2010 tentang pengurangan resiko bencana di sekolah. Kami sangat tergugah untuk membantu dan mendukung upaya ini. Jika bisa ACT mewujudkan kegiatan serupa ini untuk lebih banyak lagi sekolah di DKI,” tambah M. Husin, Kasie Bidang SMU Dinas Pendidikan DKI, di hadapan peserta seminar yang selain dihadiri oleh 100 orang perwakilan sekolah (Kepala Sekolah/Wakil) di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, juga media massa ini. n

penelitian pada radius 500 km dari pusat kota Jakarta, mengungkap ada 12 sumber gempa yang mengelilingi Jakarta. Dan itu membuat Jakarta sangat rawan gempa besar. Para pakar gempa juga sudah membicarakan adanya sesar atau patahan di Jakarta yang melintang dari

daerah Ciputat sampai ke wilayah Kota. Patahan yang disebut ‘Sesar Ciputat’ ini tergolong patahan tua yang berada dalam kondisi tidak aktif. Namun bukan berarti tak bisa bangun, jika patahan tua ini mendapat rangsangan dari satu gempa kuat di atas 7 SR maka maka Sesar Ciputat akan aktif. Beruntung

Jakarta belum pernah alami gempa sebesar itu, setidaknya dalam dua abad terakhir. “Akan lebih baik jika Jakarta bisa mengantisipasi lewat upaya-upaya mitigasi. Salah satu yang terbaik ya menyiapkan Sekolah Siaga Bencana ini, sangat strategis. Mitigasi adalah investasi pencegahan bencana, yang jika setelah terjadinya bencana kita tak perlu lagi keluar dana besar,” papar Irwan. Irwan juga menyebut upaya mengembangkan Sekolah Siaga Bencana ini menjadi semacam gerakan kerelawanan yang digerakkan oleh para pelajar.

Karsono, dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia, menjelaskan pembentukan Sekolah Siaga Bencana yang menyasar pelajar lebih karena pihaknya memandang pelajar adalah aset bangsa. “Kami memilih

Page 14: VOL 4 | SEPT 2015

ON GOING

Tak ada problem lingkungan yang dapat dituntaskan tanpa melibatkan orang-orang di

sekitar lingkungan tersebut. Minimnya lahan penampungan dan proses pengolahan sampah, membuat problem limbah ini sampai sekarang tak menemukan solusi terbaik.

Mengandalkan terobosan canggih atau mengubah habitasi untuk menyelesaikan problem sampah, tampaknya menjadi upaya yang utopis saja. Terobosan-terobosan baru dengan melibatkan peran aktif masyarakat sepertinya harus menjadi alternatif solusi.

Pluit Tumpukan SampahTak terlalu baru memang idenya, namun

setidaknya program Bank Sampah patut terus digalakkan ke tengah masyarakat. Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggandeng PT.PJB UP Muara Karang, Jakarta Utara merancang satu program yang melibatkan masyarakat dalam

Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara kini memiliki 4 unit Bank Sampah untuk menampung limbah rumahtangga warganya menjadi bernilai ekonomis.

mengelola sampah, bertajuk “Optimalisasi Bank Sampah”. Program yang mengupayakan penanganan sampah rumahtangga menjadi komoditi bernilai ekonomis.                

“Ini program membangun kemandirian warga dalam mengelola sampah di lingkungannya. Mengajak mereka produktif untuk sesuatu yang sesungguhnya bernilai berkah,” jelas Direktur Community Development - ACT, Sri Eddy Kuncoro. Program bersama ini, tambahnya, saat ini berjalan di  Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Jauh sebelumnya, PT.PJB UM Muara Karang sudah menjalankan

KetikaSampahBerubahMenjadiBerkahn Muhajir AR

14 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 15: VOL 4 | SEPT 2015

program ini di Kelurahan Pluit namun karena tak ada pendampingan dan monitoring maka terhenti. “ACT membantu menghidupkannya lagi,” tutur Sri Eddy Kuncoro.  

Terpilihnya wilayah Kelurahan Pluit, karena  salah satu kelurahan di Jakarta Utara ini menjadi satu dari sekian banyak kelurahan yang memiliki tumpukan sampah paling banyak di wilayahnya. “Februari 2014 kemarin program ini sudah dikelola Karang Taruna tapi vakum. Pernah mencacah dua karung plastik saja, waktu Karang Taruna yang kelola

tahun lalu. Semoga ACT bisa menghidupkan program bank sampah ini lagi sampai seterusnya,” tutur Muhammad Mansur (45), Ketua Bank Sampah Karang Taruna Pluit 4 Bank Sampah Unit

Iwan Setiawan, Koordinator Lapangan program, menjelaskan program bank sampah jilid dua ini awal tahun 2015 mulai melakukan  proses  assessment, Focus Group Discusion/FGD serta sosialisasi kepada warga. “Jadi sekarang di bank sampah utama dan di setiap bank sampah unit di 4 RW, sudah ada pengurusnya,” ujar Iwan Setiawan.  

Empat unit bank sampah tersebut diantaranya: Bank Sampah Kurnia (RW01), Sejahtera (RW 021), Bawal Putih (RW 011) dan Bank Sampah Cinta Kasih (RW 020).

“InsyaAllah  dalam tiga bulan ke depan semua RW di Kelurahan Pluit sudah ada Bank Sampah Unit,” tekad Mansur.    Proses distribusi dan produksi sampah di bank

sampah dimulai dari warga yang terlibat sebagai nasabah. Mereka harus menabung sampah non-organik ke Bank Sampah Unit yang akan dicatat kedalam buku tabungan lengkap dengan nilai rupiahnya.

Pengelola bank sampah kemudian memilah dan mengelompokkan sampah sesuai jenisnya (palstik-kertas). “Bank Sampah Unit menjual sampah plastiknya ke Bank Sampah Utama yang akan mencacahnya dengan mesin pencacah, kemudian menjualnya ke pabrik plastik di daerah

Dadap-Tangerang ,” jelas Iwan. Bank Sampah Utama menghargai sampah plastik dari Bank Sampah Unit di kisaran Rp.3500/kg. Sedangkan Bank Sampah Utama menjualnya ke pabrik seharga Rp.6000/kg.   

“Alhamdulillah kami sudah mendapatkan bantuan    mesin pencacah, gerobak motor dan timbangan digital. Kapasitas produksi mesin pencacah plastik tersebut mencapai 50 kg/hari.

Hingga saat ini ACT terus menggelar pelatihan-pelatihan untuk pengurus Bank Sampah Utama dan Unit. Pelatihan yang sudah digelar diantaranya pelatihan sumber daya manusia (SDM) bank sampah dan manajemen sampah. “Rencananya, setelah peluncuran Bank Sampah Utama Karang Taruna Kelurahan Pluit, kami akan mengadakan pelatihan membuat kerajinan tangan berbahan baku sampah untuk pengurus Utama dan Unit,” jelas Iwan. n

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 15

Page 16: VOL 4 | SEPT 2015

16 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Bencana kekeringan, sudah membayang sejak tiga bulan silam. Sejumlah provinsi di

wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara Barat dan Timur bahkan sudah lebih dulu mengalami krisis air. Warga dari wilayah-wilayah itu terpaksa memperoleh air dengan menciduki genangan air sungai yang telah mengering. Ada juga yang harus berjalan kaki berkilo-kilometer jauhnya untuk menuju satu sumber air, yang kadang sudah diantri puluhan orang. Yang masih memiliki uang, terpaksa membeli air bersih. Selebihnya, yang tak kuasa memperoleh air bersih hanya bisa menunggu bantuan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (MBKG) memprediksi musim hujan akan mengalami keterlambatan di sejumlah daerah di Indonesia. Akibatnya, kekeringan hampir pasti masih akan berlanjut hingga bulan November nanti. Merespon bencana kekeringan ini Aksi Cepat Tanggap melalui program #AlirkanBahagia sejak lebih dari tiga bulan terakhir mendistribusikan air bersih ke sejumlah wilayah dari kawasan Gunung Sinabung (Tanah Karo, Sumatera Utara), Jawa Barat hingga Pulau Timor (Timor Tengah Selatan).

Dibantu oleh ratusan relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bersama ACT cabang—ACT Medan, ACT Bandung, Semarang dan Yogyakarta, aksi respon kekeringan itu

hingga kini masih terus berjalan merambah wilayah yang mengalami kekeringan dan krisis air.

Tujuh Provinsi, Hingga Malam “Sejak Juni lalu, sudah 7 provinsi

menjadi target pendistribusian air ACT. Mulai dari Sumetara Utara, Banten, Jawab Barat, Tengah, DIY dan Jawa Timur, juga Nusa Tenggara,” jelas Koordinator Aksi Respon Kekeringan di ACT Pusat., Diding Fachrudin. Sepanjang i t u , p e n e r i m a manfaat distribusi

Setengah Juta Liter Air Bersih, Bahagiakan Wargadi Wilayah Krisis Kekeringan

ON GOING

n Muhajir AR / Bams

Program #AlirkanBahagia untuk respon kekeringan baru merambah lima puluh titik di tujuh provinsi, Masih berlanjut sampai musim hujan datang.

Page 17: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 17

air bersih tercatat mencapai 25.000 jiwa atau setara dengan 11.438 kepala keluarga (KK) di lebih dari 50 titik kekeringan. Sedangkan total air bersih yang berhasil didistribusikan siang dan malam hari itu, sebanyak 564.500 liter atau 102 tangki.    

Kepala Kantor ACT Cabang Semarang, Suroto, yang bersama timnya memimpin tim relawan untuk distribusi di kawasan Semarang dan sekitarnya menuturkan demi mengejar kebutuhan warga, distribusi air dilakukan hingga malam hari.

“Kami tidak mungkin menunda aksi bantuan sampai besoknya, setelah lihat fakta banyak warga yang persediaan air bersihnya menipis, nyaris tidak ada untuk beberapa hari ke depan,” tuturnya.  

Lanjut Bantuan PanganSaiful, relawan MRI wilayah NTB

juga mengungkapkan, “Saat ini warga kami harus membeli air seharga 5.000 rupiah per jerigen. Sebagian ada juga yang menggunakan motor ke beberapa desa sebelah,” keluhnya. Saiful bersama timnyabertekad terus mensuplai air bersih untuk desa-desa kekeringan di Pulau Lombok dan beberapa pulau lainnya, hingga hingga musim penghujan tiba.

Tekad yang sama juga diutarakan Ketua MRI Sumatera Utara,

Susanto Ginting. “Warga yang kesulitan air bersih mayoritas adalah pengungsi korban erupsi gunung Sinabung, kasihan mereka sudah menderita di pengungsian juga harus menderita

kekurangan air

bersih,” tuturnya.     Bawani (45) warga Desa

Sekaroh  ,  Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur - NTB, menceritakan, ”Di musim kemarau panjang ini kami sangat kesulitan mendapatkan air bersih, mau gali sedalam apapun takkan ketemu air. Bantuan air bersih dari dari ACT sangat membantu kami.”

Senyampang program pendistribusian air bersih terus berjalan, ACT bersama relawan MRI akan merancang program distribusi pangan. “Dari kekeringan tentu warga akan alami krisis berikutnya. Sawah atau kebun yang menjadi sumber penghidupan mereka pasti tak lagi produktif. Uang yang mereka punya mungkin sebagiannya habis untuk membeli air atau keperluan lain,” ungkap Insan Nurrohman, Vice President ACT Foundation.

Program distribusi pangan ACT ini dapat berbentuk aksi pasar murah atau penyaluran sembako kepada warga. “Program jangka panjangnya, merancang konsep Lumbung Pangan di desa dan atau membangun sumur artesis di wilayah yang dalam data kami kerap alami krisis air. ,” papar Insan.

Dua tahun lalu, ACT sudah menginisiasi membangun sistem pengairan sawah dari sungai Bengawan Solo dan sejumlah sumur artesis untuk warga Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Hingga hari ini, kesemuanya masih bermanfaat bagi warga sekitar program yang tahun ini tak terdampak kekeringan. “Di wilayah kami petaninya malah sedang musim tanam kembali. Alhamdulillah air cukup, tak ada sawah yang kurang air,” ujar Ngadi, Lurah Desa Jipang, Cepu, saat jumpa beberapa waktu lalu dengan Benefit. n

Page 18: VOL 4 | SEPT 2015

Aksi Cepat

Tanggap (ACT)

Cabang Medan

bersama relawan

Masyarakat

Relawan Indonesia

(MRI) Sumatera

Utara, sediakan

santapan berbuka

dan sahur

sepanjang bulan

puasa lalu dari

Dapur Sosial

Ramadhan.

Dapur SosialTemani Ramadhan SENDu Pengungsi Sinabung

Posko Jambur Lau Buah Desa Batukarang, Ramadhan ke-5, Senin malam (22/6). Di dalam ruang aula berdinding terpal abu-abu yang sengaja dipasang untuk melindungi pengungsi dari angin

malam, beberapa pengungsi sudah tertidur lelap. Mereka terbaring berjajar sembarang saja. Semua menutupi tubuhnya dengan selimut wol warna-warni untuk mengusir dingin.Ini adalah malam kelima di bulan Ramadhan. Kepindahan mereka ke Posko Jambu untuk mengungsi juga menjadi kali yang ke sekian, usai berkali-kali berpindah tempat pengungsian demi menyelamatkan diri dari erupsi Gunung Sinabung.

Sejak erupsi kembali tanggal 13 Juni silam, Gunung Sinabung memaksa 10 ribuan warga dari 13 desa yang berada di 3 kecamatan di Kabupaten Karo mengungsi. Hingga Ramadhan itu, mereka menempati 10 titik pengungsian di 8 desa yang berada diluar radius Status Level IV atau “Awas”. Koordinator relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Utara, Susanto Ginting, yang selama ini bersama timnya mendampingi pengungsi menyebut jumlah pengungsi itu terdiri dari 2.882 KK yang mukim di desa sekitar puncak Sinabung. Sulit Berbuka dan Sahur

Dan malam itu, mereka semua mesti menjalani Ramadhan di pengungsian. Terbayang bagaimana mereka harus menunaikan ibadah di bulan suci ini. Di Posko Jambur saja, beberapa orang malam itu ‘sibuk’ menunaikan ibadah taraweh atau salat malam di dalam aula. Mereka melakukannya di berbagai sudut aula. Tak bisa berjamaah, terpisah masing-masing.

“Mereka memang mengeluhkan ketiadaan sarana ibadah, misalnya untuk salat berjamaah di bulan Ramadhan. Jadi salatnya masing-masing dan sembarang saja tempatnya,” jelas Santo, sapa akrab Susanto. Tempat ibadah belum memadai, keberadaan sajian untuk sahur dan berbuka ketika itu pun belum terlayani dengan baik.

Hingga Ramadhan ke-5 itu, pengungsi masih mengusahakan uru-san sahur dan berbukanya sendiri. “Belum ada koordinasi. Boleh dibi-lang kondisi itu menganggu aktivitas ibadah pengungsi. Mereka harus membeli sendiri bahannya, menyiapkan dan memasaknya sendiri. Bah-kan untuk sahur mereka manfaatkan logistik sisa sehari sebelumnya,” imbuh Santo yang sebenarnya juga menjadi pengungsi Sinabung. Ka-rena mengurus sendiri kebutuhannya (berbuka dan sahur), kata Santo,

ON GOING

n Bams

18 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 19: VOL 4 | SEPT 2015

kapan mereka tadarusan pun tak tahu lagi. Sebulan Penuh

Hingga usai Lebaran kemarin, ada 10 Posko pengungsian dimana relawan MRI – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Karo melibatkan diri dan mengkoordinasi sejumlah aktivitas untuk para pengungsi.  Kesepeluh posko yang sudah diberi identitas tersebut berada di Jambur Lau Buah Batu (882 jiwa), Paroki Gereja Katolik Kabanjahe (974 jiwa), dan Gedung Serbaguna KNPI Kabanjahe (756 jiwa), Gedung Serbaguna GBKP Kabanjahe (454 jiwa), Jambur Sempajaya (1.462 jiwa), Gudang Jeruk Surbakti (660 jiwa), Jambur Tongkoh (2.728 jiwa), Jambur Korpri (1.200 jiwa), Jambur Tanjung Mbelang (948 jiwa), dan GPDI Ndokum (650 jiwa).

Untuk masalah tempat ibadah, dimuai di Posko Paroko yang sudah memadai. Lainnya masih dalam perbaikan.  Sementara untuk melayani para pengungsi menyiapkan hidangan berbuka dan santapan sahur, tim yang dipimpin Santo sudah mendirikan satu Dapur Sosial Ramadhan (Dapur Ramadhan) di posko Jambur Lau Buah, Desa Batukarang. Dari Dapur Ramadhan ini tim relawan ACT mengkoordinasikan kebutuhan sahur dan berbuka puasa untuk posko-posko yang lainnya juga sejak Kamis (24/6) atau di Ramadhan hari ke-7.

“Dalam menyediakan keperluan ini,

ACT merupakan satu-satunya lembaga kemanusiaan yang membuat Dapur Ramadhan untuk melayani para pengungsi Sinabung ini, “ tegas Santo. Dapur Ramadhan ini menjadi pelengkap kegatan pendistribusian takjil berbuka dan santapan sahur yang sudah tim relawan lakukan sejak hari pertama Ramadhan.

Sejak itu, praktis selama satu bulan penuh hingga lewat Lebaran Idul Fitri usai relawan MRI-ACT Sumatera Utara bahu-membahu di Dapur Ramadhan Jambur Lau Buah Batukarang dan posko-posko lainnya untuk menyediakan menu bukaan puasa dan sahur untuk para pengungsi Sinabung. Usai lebaran Dapur Sosial masih terus berkanjut hingga hari ini.

“Sebulan penuh meninggalkan segala urusan pribadi, terjun untuk urusan sosial umat, menyediakan bukaan dan sahur pengungsi. Teman-teman semangat melakukannya karena ingat pesan ‘jika kita membantu urusan umatNya, insyaAllah Dia akan mengurus dan membantu urusan keluarga kita’….kira-kira begitu,” tutur Santo membuka rahasia mengapa timnya seperti tanpa lelah membantu pengungsi Sinabung.

Lebih dari itu, relawan juga cukup iba melihat para pengungsi yang sejak November 2013 silam terus hidup dalam pengungsian. Sejak itu pula mreka selalu menjalani Lebaran di lokasi pengungsian. Mereka tak dapat menikmati makanan, dan juga baju baru. Pun tak bisa berkumpul dengan keluarga besarnya.

“Kami pahami betul kesulitan mereka, karena mengungsi itu pasti tidak enak. Semua kebutuhan serba terbatas. ACT terus berikhtiar, dengan dukungan masyarakat, meringankan beban mereka. InsyaAllah,” pungkas Susanto. n

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 19

Page 20: VOL 4 | SEPT 2015

Catatatn dari Nepal (2)

We are very grateful for your presence to our village to-day..thank you so much for

coming here..to see the Nepali..help us from far away to check out our health,” ujar Nirjan Shresta (29).  

Itulah ekspresi kebahagian warga Nepal yang ACT dengar, saat Tim Medis ACT melakukan aksi layanan kesehatan. NIrjan adalah warga Laxuman Danda, dusun dekat Chauttara, ibukota Distrik Sindhupalchok, Nepal Utara, 90 km dari Kathmandu, yang berdekatan dengan pusat gempa kedua yang terjadi di bulan Mei.

Pekan PadatDi pertengahan Mei memang menjadi

pekan yang sangat padat bagi Tim Medis ACTion Team for Nepal. Rampung di wilayah Sindhupalchok, sehari berikutnya tim kembali melaju ke Distrik Dhading. Ada 3 tempat yang menjadi sasaran tim dalam misi dua hari (Kamis-Jum’at, 14-15/5) kala itu. Namun yang ini, layanan kesehatan dilengkapi dengan distribusi bantuan logistik paket makanan, paket gizi dan selimut amanah dari Bezaya, CIDE Australia

dan Wardah. Tempat pertama yang menjadi target

aksi tim adalah Mahadev Besi, satu desa persis di tepi highway  barat Nepal, 40 km barat Kathmandu. Di sini ada 30 kepala keluarga muslim terdampak gempa yang mukim diantara penganut agama mayoritas warga Nepal. Logistik bantuan pangan kami beli dan distribusikan langsung di depan toko kelontong milik warga non-muslim di sini. Sementara layanan kesehatan untuk semua warga Mahadev Besi berlangsung berdekatan dengan lokasi distribusi logistik.

Tuntas di Mahadev Besi perjalanan berlanjut menuju Desa Budhatum, Distrik Dhading sejauh 120 km. melalui jalan pedesaan yang mayoritasnya jenis off-road. Dr. Fakhrur Razi, yang sejak kecil katanya terbiasa melintasi jalur  offroad  di kampung halamannya di Minang dan   biasanya  anteng  menikmati jalur-jalur offroad ke desa-desa di Nepal, kali ini buka suara. “Wah di sini kayaknya saya harus turun nih,” Fakhrur memilih keluar dari jeep Mahindra 4WD dan berjalan kaki, Jalur terjal dan tikungannya memang membuat  ketar-ketir. Jejak lintasan ban yang ada tak lagi normal, dua parit kecil saling bersisian

Perjalanan 251 kilometer menjadi tanda berakhirnya pengabdian Tim Medis ACTion Team for Nepal yang sudah melayani 1.010 orang warga Nepal dan menjangkau total 841 kilometer selama dua pekan.

841 kilometer - 1.010 Pasien,Dua Pekan Layanan Kesehatan ACT n Bams

ON GOING

20 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 21: VOL 4 | SEPT 2015

mampu membuat mobil bergoyang keras ke kiri dan kanan. Sementara di sisi kanan kami  diam membisu jurang yang cukup dalam.

251 Kilometer Pemungkas

Pukul 20 malam tim di Budhatum Bazar. Ini pusat keramaian bagi warga desa sekitar Budhatum Village. Kami bermalam di hotel kecil nan unik; bayar makan, gratis kamar. Pagi harinya, sebelum menuju Desa Pokhary VDC 3-4 dan Baseri-1, tim berbelanja bantuan logistik di toko sembako lokal. Bersama logistik misi lanjut ke Dusun Pokhary VDC 3-4, desa di atas Budhatum Bazaar berjarak 2 km saja. Dekat, namun karena jalurnya juga keras dan sempit,

memakan waktu 1 jam. Di Pokhary, kami memberi layanan kesehatan sekaligus bantuan obat-obatan, pangan dan selimut untuk 214 warga di dusun ini.

Di Pokhary, warga menyambut tim dengan seremoni kecil. Ada sambutan tetua Budhatum Khrisna Dahal dan upacara ‘Aabir’. Ini upacara menorehkan bubuk bunga bougenville merah menyala ke atas kening setiap tamu desa.

Demi mengejar waktu agar tak terlalu larut kembali ke Kathmandu, kami lanjut ke Dusun Baseri-1 melalui jalur menanjaki perbukitan lagi. Baru berjalan setegah jam,

jeep terperosok ke dalam jalur ban berair sedalam setengah meter. Posisi jeep dalam keadaan oleng mendekati bibir lembah. Semua penumpang turun. Beruntung, beberapa warga Pokhary berdatangan ke lokasi dan membantu mengeluarkan jeep dari ‘parit’

Tiba di Baseri-1, kami melakukan hal yang sama seperti di Pokhary. Memberikan paket logistik dan selimut serta memberikan layanan kesehatan lengkap dengan obatnya untuk 106 orang warga Basery-1.  Pukul 17 waktu setempat kami keluar dari Basery-1 untuk kembali ke Kathmandu

Perjalanan selama tiga hari berturut-turut sejauh 251 kilometer itu seperti menjadi pemungkas bagi aksi Tim Medis  ACTion Team for Nepal.  Selang beberapa hari sebelumnya tim sudah menyambangi Dusun Bhumlu di Desa Kapre Pauwa dan Dusun Chhap di Desa Kalika, Distrik Sindhupalcuk, 60 km ke arah timur laut Kathmandu. Kemudian melayani pengungsi di Bhramayan-1, wilayah setara kelurahan di Distrik Bhaktapur sejauh 25 km sebelah barat Kathmandu. Berhari-hari sebelumnya, menengok warga di Jhagajhuli dan Ramtar, Distrik Sindhuli 50 km tenggara Kota Kathmandu. Lalu kembali ke wilayah barat Nepal melayani warga di Dusun Tharpu, Ghaikur dan Amaleswara di Desa Taple, Distrik Gorkha sejauh 160 km barat Kathmandu.

Ucapan “Gratefull” dari Nirjan Shrestha di Laxuman Danda, Chauttara-Sindhupalchok, lebih terasa sebagai penghargaan luar biasa dan pelipur aksi selama lebih dari 2 pekan melayani dan menguatkan kesehatan total 1.010 orang warga Nepal sejauh 841 kilomter. Tim Medis ACT harus bertukar tempat dengan Tim  Trauma Healing  yang datang berikutnya. “Namaste Nepali..karena sudah memberi kesempatan luar biasa bagi kami mengabdi pada kemanusiaan,”tutur dr.Faris El Haq, sesaat akan kembali ke Tanah Air.n

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 21

Page 22: VOL 4 | SEPT 2015

IRAK (Populasi: 34.8 juta)Di ‘negeri 1001 malam ini’ sekitar

80% layanan kesehatan yang didukung oleh lembaga donor WHO dan beberapa lembaga pemerintah berhenti memberikan layanan. Ini menyebabkan sekitar 3 juta warga tak mendapatkan layanan kesehatan segera. Kekurangan dana menjadi sebab vakumnya layanan ini, dari bujet USD 60,9 juta yang dianggarkan, baru 5,1juta (8%) anggaran yang terpenuhi.

NEPAL (Populasi 28.1 juta)Setelah lebih 3 bulan alami gempa

besar, ratusan ribu warga korban gempa masih bergantung pada bantuan kemanusiaan. Bantuan yang dibutuhkan saat ini mulai dari tempat tinggal, pangan, air bersih, mata pencaharian, obat obatan, sanitasi dan pengayoman psikologis-sosial. Menurut data PBB, 60,000 warga masih menempati penampungan resmi dan ratusan ribu lainnya hidup di tenda-tenda di sekitar reruntuhan rumahnya. Hingga kini terkumpul 213 juta atau 51% dari total USD 422juta dana rekoveri dari yang dianggarkan pemerintah Nepal.

Dunia, Masih Kelam-Kabutdengan Krisis Kemanusiaan

KRISIS SUB-SAHARA AFRIKABersamaan hadirnya kekeringan

di kawasan Subsahara, sekitar 4,5 juta penduduk di kawasan ini menghadapi krisis pangan. Faktor lain penyebab krisis ini adalah turunnya jumlah produksi pangan dan krisis sosial-keamanan di negeri itu.

SIERA LEONE (Populasi: 6.2 juta)Sejumlah 2,6 juta jiwa (43%) penduduk

terdampak krisis pangan, dimana 420,000 diantaranya dalam kondisi parah. Hal ini disebabkan penyebaran virus Ebola yang memaksa pemerintah membatasi lalulintas perdagangan dan perkumpulan masal. Hal itu juga ditambah akibat musim kekeringan yang berlangsung antara Mei-Agustus.

Krisis pangan, krisis kesehatan dan bergeraknya ratusan ribu pengungsi yang memasuki kawasan Eropa semakin menyesaki persoalan kemanusiaandi dunia. Beban kemanusiaan dunia tampaknya bertambah berat.

ON GOING

22 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 23: VOL 4 | SEPT 2015

MALAWI (Populasi: 16.8 juta)Sebanyak 3 juta penduduknya terancam

kelaparan. Banjir besar Januari lalu kemudian disusul kekeringan, menurunkan produksi jagung dan memaksa pemerintah mengumumkan kondisi ‘Darurat Pangan’. Ada 640.000 penduduk berada dalam krisis ini.Sementara sekitar 2,8 juta jiwa terancam alami krisis hingga 6-9 bulan ke depan.

MYANMAR (Populasi 53.7 juta)Banjir yang melanda Myanmar

Juni silam meyebabkan 12 provinsi ‘tenggelam’. Akibat bencana ini pemerintah mengumumkan kondisi ‘Darurat’ di dua kawasan yakni di Rakhine dan Chan, serta menyerukan bantuan masyarakat dunia untuk penuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan. Tercatat 99 meninggal dan lebih sejuta orang terdampak. Sementara itu 500 ribu hektar lahan pertanian hancur terendam dan 270 ribu ha lainnya rusak. Banjir juga menghancurkan rumah serta melumpuhkan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi dalam skala besar.

PAKISTANBanjir besar yang merendam 3,000

desa telah menyebabkan 191 korban jiwa meninggal dan 157 luka dan sejumlah 1,3 juta orang terdampak. Sementara itu 12,000 rumah hancur dan 187,000 warga hidup di tenda-tenda, sedangkan 1,1 juta lainnya dievakuasi ke tempat lebih aman.

MIGRASI DUNIASampai dengan pertengahan tahun

2015 ini, tercatat 3,279 migran meninggal di berbagai belahan dunia. Lintasan yang paling banyak menelan korban adalah Laut Tengah, sejumlah 2,373 jiwa. Sementara itu, tercatat 255 ribu pengungsi memasuki Eropa secara ilegal.

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 23

Migrasi ke Eropa paling banyak lewat Yunani, sejumlah 157,228; Italia 107,633 dan diikuti Spanyol sebanyak 2,166 jiwa. Jumlah ini paling banyak disumbang oleh pengungsi Suriah, dimana hampir mencapai 100 ribu jiwa. Lalu disusul pengungsi Afghanistan sebanyak 32,414 lalu dari Eriteria sebanyak 25,657 serta Nigeria sebanyak 11,899 jiwa. [] (Andhika Rahman)

Setelah Laut Putih yang menelan 2.373 korban jiwa; menyusul Selat Bengali: 460, Kawasan USA-Mexico: 133, Semenanjung Somalia: 86, Sub Sahara: 48, Asia tenggara: 48, Laut Karibia 46, Eropa Utara dan Barat: 41, Amerika tengah: 19, Asia timur: 15, Afrika tenggara: 8, dan Afrika Selatan: 2 korban jiwa.

Page 24: VOL 4 | SEPT 2015

ON GOING

Bahagiakan Jamaah Muslim Pulau KeraMasjid Darul Bahar,

Bagi muslim di Pulau Kera, Nusa Tenggara Timur (NTT), kebahagiaan itu sederhana saja. Yakni cukup

memiliki masjid, tempat mereka khusuk beribadah. Alhamdulillah, kini kebahagiaan itu benar-benar mereka rasakan, ketika tempat ibadah mereka, yakni Masjid Darul Bahar kembali tampil bersih, rapi dan tentu saja bagus.

Sebelumnya, warga pulau seluas 26 hektar itu tak bisa berbuat apa-apa saat melihat Darul Bahar nyaris ambruk karena termakan usia dan tak juga diperbaiki. Jika hujan datang, penderitaan jamaah muslim Pulau Kera sempurna, karena atap masjid yang bolong membuat air membasahi lantai masjid.

n Dede

24 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 25: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 25

ACT pun merenovasi total masjid Darul Bahar. Kini, masjid telah usai direnovasi. Pada Idul Fitri yang lalu, jamaah masjid kembali meramaikan Darul Bahar. Tampilan Darul Bahar yang terlihat megah dan kokoh itulah menyemangati jamaah muslim Pulau Kera beribadah, belajar agama dan mengaji. Termasuk anak-anak yang memanfaatkan Taman Pendidikan Al-Quran, yang dibangun satu kompleks dengan Masjid Darul Bahar.

Setelah dipercantik dan diperbaiki menjadi lebih layak, kini Masjid Darul Bahar memiliki wajah baru. Dengan luar bangunan 10 x 12.5 meter persegi, atau lebih besar hampir dua kali lipat dari luasan semula yang hanya sebesar 6 x 7 meter persegi. Pelebaran Masjid pun menambah lagi kebahagiaan di penghujung Ramadhan bagi penduduk muslim Pulau Kera. Kini tak ada lagi berdesakan saat menjalankan shalat tarawih, shalat fardhu berjamaah, shalat jumat, maupun shalat idul fitri kelak. Karena sekarang daya tampung masjid telah

ditingkatkan hingga mampu menampung lebih dari 200 jamaah.

Kebahagiaan masyarakat Muslim Pulau Kera pun semakin membawa keberkahan mengingat warga terpencil di Pulau Kera selama ini tidak pernah sama sekali mendapatkan bantuan berupa apapaun yang datang ke pulau, baik dari pemerintah atau lembaga-lembaga lain. Padahal katanya, Pulau Kera masuk sebagai bagian dari Taman Wisata Alam Laut (TWAL), keberadaan Pulau Kera pun tak jauh dari Kota Kupang, hanya berkisar 40 menit menggunakan perahu mesin dari kota Kupang.

Akhirnya memang masjid Darul Bahar dapat menjadi sedikit pereda duka yang selama ini dirasakan muslim Kera yang terpencil di tepian negeri. Semoga dengan menghapus duka mereka akan bahagiakan akhirat kita.n

Masjid satu-satunya yang dibangun tahun 1996 itu pun direnovasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) dua bulan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1436 H menjelang. “ Renovasi bertujuan untuk mengembalikan kegairahan jamaah masjid Pulau Kera dalam menjalani ibadah, termasuk puasa di Ramadhan tahun ini,” ujar Diding Fahrudin dari ACT.

Page 26: VOL 4 | SEPT 2015

ON GOING

26 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Dua sejoli Ustadz Arapah Laka dan Rismawati tak berhenti membangun dakwah di Bumi

Alor, Nusa Tenggara Timur. Meski harus meninggalkan buah hati di Sukabumi, Jawa Barat, suami istri dai itu rela tinggal di Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Blok C No. 38, RT 03/ RW 06, Ulimonong, Desa Alor Besar, Kecamatan Abal, NTT.

Tujuannya hanya satu, bagaimana menyemai Islam yang damai bagi anak-anak Alor. Meski tinggal di daerah yang sulit dari segi geografis dan kekurangan fasilitas tak menyurutkan gerak keduanya. “Kami membina sembilan majelis taklim di delapan desa,” ujar Ustadz Arapah menerangkan.

Ustadz Arapah dan istri juga membuat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) An-Nur Dunia Anak dan Taman Bacaan Masyarakat di rumah yang ia tinggali. Semua itu ia lakukan agar anak-anak Muslim Alor bisa mengenal Allah dan Rasul-Nya. “Saat ini, kami masih membutuhkan Alquran, buku bacaan shalat, buku khutbah, dan buku untuk taman bacaan,” katanya.

Meski tak berkelimpahan, Ustadz Arapah sangat peduli dengan dakwah di sekitar Alor. Terbukti saat masuk bantuan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk membangun madrasah, Ustadz Arapah mengarahkan

Semai Damaidi Bumi Alor

bantuan itu ke Pulau Pura. “Meski membutuhkan, Ustadz Arapah tak segan menyalurkan bantuan justru ke tempat lain yang lebih memerlukan bantuan itu,” ujar Relawan Senior ACT Yusnirsyah Sirin.

Yusnirsyah menjelaskan, di wilayah Pulau Alor ACT telah melakukan beberapa program sebagai bagian program “Peduli Tepian Negeri”. Antara lain kita sudah adakan khitanan massal, bantuan Alquran, dan buku-buku bacaan,” paparnya.

Selain itu, di Pulau Pura, ACT menyalurkan amanah dari MT Telkomsel, YBM BRI, dan ZIS Indosat untuk membangun Madrasah Ibtidaiyah. Dulu kelasnya hanya gudang, kini sudah berdiri tiga kelas dan telah dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar.

ACT akan terus melakukan pemberdayaan masyarakat di pedalaman dan tepian negeri yang membutuhkan. n

n ApikoJM

Page 27: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 27

Page 28: VOL 4 | SEPT 2015

Berkurban adalah salah satu wujud kesempurnaan Islam sebagai rahmatan lil’alamin; memberi rahmat dan kesejahteraan untuk semesta alam. Tanpa terkecuali, untuk semua makhluk di alam semesta.

“QurbanSarat Nilai

Pemberdayaan”

Global Qurban (GQ), menjalankan peran universal firman Allah SWT itu melalui

ibadah kurban, yang sejak tahun 2011 telah menyalurkan 14.741 ekor hewan kurban (setara kambing) kepada lebih dari 1.000.000 jiwa. Mereka adalah masyarakat yang tersebar di wilayah-wilayah bencana, kekeringan dan rawan pangan di Indonesia.

Pun wilayah konflik, kantong-kantong kemiskinan

dan terancam kelaparan di 16 negara,

d i a n t a r a n y a Palestina, Somalia,

Suriah, Libanon ( p e n g u n g s i Suriah), Mesir,

Myanmar (khususnya etnis Rohingya), Timor Leste, Laos, Vietnam, Filipina, Thailand, Kamboja, Bangladesh, Afganistan, Uganda dan Kamerun (pengungsi afrika tengah).

Meluaskan jangkauan distribusi bukan menjadi satu-satunya target fokus GQ. Upaya menebarkan manfaat itu, juga menyentuh ranah ekonomi masyarakat. Dengan mengusung sub-program “Qurban Progressif” (berkurban di awal waktu) serta “Tabungan Qurban” (kurban terencana), GQ telah memberdayakan puluhan peternak yang tersebar di Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat hingga Gorontalo dan NTB.

Melalui program Lumbung Ternak Masyarakat (LTM), GQ tak hanya memberikan tambahan mata pencaharian dengan penghasilan layak untuk kebutuhan hidup keluarganya namun juga

ON GOING

28 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 29: VOL 4 | SEPT 2015

mengedukasi dan melatih mereka menjadi peternak andal. Peternak yang dapat memiliki kualitas keterampilan mengelola ternak yang mumpuni.

Dengan pemberdayaan ini, efek positif ganda pun hadir pada aspek ketersediaan dan kualitas stok hewan kurban GQ. Dengan pengelolaan yang baik tentu menghasilkan hewan ternak yang sehat dan memenuhi

NEGARA TARGET DISTRIBUSI GLOBAL QURBAN 2015 :

NO NEGARA BENCANA YANG PERNAH DAN SEDANG DIALAMI

1 Indonesia (30 Propinsi) Gempa Bumi, Banjir Longsor , Kebakaran,

Rawan Pangan dan kemiskinan

2 Palestina Korban konflik kemanusiaan, kemiskinan

3 Suriah Korban konflik kemanusiaan, kemiskinan

4 Mesir Korban konflik kemanusiaan, kemiskinan

5 Somalia Kekeringan dan kemiskinan akibat konflik

6 Myanmar Korban konflik kemanusiaan, kemiskinan

7 Mongolia Kemiskinan dan muslim minoritas

8 Kamboja Kemiskinan dan muslim minoritas

9 Kashmir Kemiskinan dan muslim minoritas

10 Vanuatu Kemiskinan dan muslim minoritas

11 Filipina Badai dan muslim minoritas

12 Kenya (Pengungsi somalia) Korban konflik kemanusiaan, kemiskinan

13 Madagaskar Kemiskinan dan konflik kemanusiaan

14 Sudan Kemiskinan dan konflik kemanusiaan

15 Kamerun (pengungsi afteng) Kemiskinan, minoritas muslim, korban konflik

kemanusiaan

16 Afganistan Korban konflik kemanusiaan, kemiskinan

17 Kyrgistan Kemiskinan

18 Kazakstan Kemiskinan

19 Tajikistan Kemiskinan

20 Bosnia Kemiskinan dan konflik kemanusiaan

syariat ibadah kurban. Sehingga para pekurban peserta GQ pun mendapat jaminan kualitas hewan yang baik. Lebih dari itu harga hewan kurban jauh lebih murah karena hewan sudah tersedia sejak jauh hari, dan tak terpengaruh pada permainan pasar jelang hari kurban.

Di tahun 2015 atau Idul Adha 1436 H, Global Qurban berkomitmen meluaskan jangkauan area distribusi hingga mencapai 20 negara dan memastikan satu juta jiwa masyarakat penerima hewan (daging) qurban adalah golongan yang berhak menerimanya.

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 29

Page 30: VOL 4 | SEPT 2015

30 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Tak dipungkiri, Indonesia sebagai titik pijak utama Global Qurban (GQ) dalam berkiprah,

masih membutuhkan perhatian mereka yang bergerak di ranah kegiatan sosial kemanusiaan. Sebagai lembaga usaha, Global Qurban tak menutup mata akan realitas ini.

Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Indonesia sampai Maret 2013, berjumlah 28.066.550 jiwa. Sementara jumlah penduduk miskin pada September tahun yang sama 28.553.930 jiwa. Ini berarti dalam rentang waktu dari Maret sampai September 2013, terjadi peningkatan angka kemiskinan sebanyak 487.380 jiwa.

Sejak berdiri tahun 2005, ACT secara konsisten menjalankan program qurban untuk membantu masyarakat korban bencana, daerah minus dan daerah rawan pangan serta terpencil.

Distribusi penerima daging qurban selama ini tersebar di daerah gempa, banjir, tsunami, longsor, daerah minus serta daerah endemi penyakit & gizi buruk di

Ikhtiar Menjamin SampainyaQurban Anda Kepada Yang Berhak

ON GOING

Page 31: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 31

berbagai daerah antara lain Sumatera Barat, Jabodetabek, Jawa Barat, Lampung Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Maluku Utara dan NTT, dll

Salah satu bentuk kesiapan itu adalah melihat kesiapan lini pengadaan dan distribusi apalagi melihat luasnya wilayah jelajah distribusi dan rumitnya proses yang harus dijalaninya.

Jumlah SDM tim implementasi distribusi setiap daerah berbeda-beda tergantung jumlah kurban yang diterima, semakin banyak kurban yang diterima, SDM yang dibutuhkan akan semakin banyak, tetapi setidaknya dalam 1 lokasi pemotongan paling sedikit terdapat 3 orang panitia yang bertugas sebagai :

Oleh karena itu untuk tenaga inti saja, jumlah SDM inti yang dibutuhkan

untuk mengelola organisasi GQ nasional, setidaknya berjumlah 288 orang (3 org x 96 titik) tidak termasuk dari pusat. Jika ditambah SDM pembantu dalam proses pemotongan, maka total berjumlah 1.728 orang (15 orang tim pembantu per titik).

“InsyaAllah, dengan tenaga sejumlah itu, proses dari A sampai Z akan tertangani dengan baik,” ujar Srie Eddy Kuncoro, yang tahun ini diamanahi sebagai penanggungjawab program Global Qurban 2015 dari Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Untuk penguatan tim organisasi Distribusi GQ 2015 dilakukan beberapa pelatihan : (a) Pelatihan Tim Monev ACT , dan (b) Pelatihan Zona Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua.

KRITERIA DAERAH DISTRIBUSIMerupakan kewajiban Global Qurban

untuk mencari wilayah-wilayah yang dihuni oleh mereka yang berhak untuk mendapatkan daging kurban. Beberapa kriteria yang diajukan adalah wilayah tersebut merupakan daerah dimana warganya korban terdampak bencana alam atau sosial, atau wilayah tersebut lekat dengan isu-isu humanis misalnya kemiskinan, kurang gizi, muslim minoritas yang tinggal di pulau-pulau terluar.

Terkait dengan mitra, Global Qurban pada prinsipnya bisa bekerjasama dengan semua pihak. Bagaimanapun prinsip amanah, profesional dan nonpartisipan tidak bisa ditawar. Atas dasar kesamaan visi tersebut, sejumlah mitra pun bergabung. n

Page 32: VOL 4 | SEPT 2015

ON GOING

32 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 33: VOL 4 | SEPT 2015

Di era teknologi seperti sekarang, tak seorangpun bisa lepas dari gawainya. Tablet, netbook,

smartphone sampai pad menjadi gawai yang tak pernah pergi dari tangan. Semua informasi,apapun, dicari dari semua jenis alat komunikasi itu. Berita terkini, informasi kurs mata uang, cuaca, lalu-lintas sampai belanja online cukup dipantau dari satu layar. Bagaimana jika ada satu informasi yang tidak biasanya muncul dan dapat diperoleh dengan mudah dari alat-alat itu?

Pernah mendengar menunaikan ibadah kurban secara online? Maksudnya akad dan transaksinya cukup dilakukan secara online. Mungkin Anda harus mencoba program kurban Global Qurban (GQ) hasil kerjasama Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan Bukalapak.com. Kini pekurban dapat menunaikan ibadahnya semudah menjetikkan jemari seperti saat berselancar di dunia maya.

“Ini sesuatu yang baru. Menurut saya bagus, sebab banyak orang sibuk yang sudah tidak punya lagi waktu dan online menjadikan mereka lebih mudah. Bukalapak membuka akses penjualan hewan qurban jadi lebih luas karena calon pekurban bisa melakukan transaksi dari mana saja di seluruh Indonesia tanpa ada batas wilayah,” ujar Yusi H. Obon, Head of Communication Bukalapak.com.

Bukalapak meletakkan banner program GQ di halaman depannya, sehingga mudah terlihat dan langsung menuntun calon pekurban untuk melakukan transaksi kurban semudah mereka berbelanja online. “Tapi kami tidak menjual dan mengirimkan hewannya ya. Ini hanya menfasilitasi transaksi

atau akadnya, selebihnya ACT yang akan mengelolanya. Termasuk distribusinya,” jelas Yusi. Yusi berharap kerjasama ini terus berlanjut untuk kedepannya.”Not a one time deal, karena kami melihat bahwa kerjasama ini saling menguntungkan.”

Hal serupa Bukalapak.com, juga sudah dilakukan oleh GQ sendiri melalui situsnya www.globalqurban.com Dengan 3 langkah mudah tips berkurban yang ada di situs ini, calon pekurban sudah langsung tercatat sebagai peserta Global Qurban. Ingin lebih dimudahkan lagi? Bagi pekurban yang tak sempat lagi berselancar, bagi pemegang kartu Telkomsel pekurban dapat mengirimkan sms melalu gawainya dengan mengetik sms: GQ [spasi]NAMA#NO.HP, lalu kirim ke 2000.

Atau sedang kebetulan berbelanja di Carrefour, Anda dapat berkurban seperti halnya melempar senyum kepada para SPG. Global Qurban menyediakan gerai-gerai di 87 gerai Transmart Carrefour dan 2 gerai Grosirindo Carrefour. ”Ini satu inovasi untuk selalu memberi nilai tambah bagi masyarakat,” jelas Corporate Communication General Manager, PT. Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, pada kesempatan launching Global Qurban, di Carrefour Lebak Bulus.

Tahun 2015 ini Global Qurban ACT mengusung tema “mudah, murah dan meberdayakan”. Mudah karena calon pekurban dapat menunaikan keinginan berkurbannya dengan cara paling memudahkan. Selain secara online dan di Carrefour, gerai-gerai GQ juga akan ada di jaringan Superindo, Giant Hipermat dan Hero Supermarket.

Mudah dan MurahSemudah Menjentikkan Jemari dan Tersenyum

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 33

n Bams

Page 34: VOL 4 | SEPT 2015

Cepu menjadi tempat dimana Haryanto mengisi hari selain rutinitasnya mengurus ternak LTM. Di rumah sakit ini, Har bekerja menjadi juru parkir. Pria berusia empat puluh lima tahun ini, setap jam 7 pagi, usai mengurus kambing berangkat ke rumahsakit. Ia mengambil shift jaga parkir pagi sampai pukul 14.00.

Saat bertemu pertama kali, kesan ‘jagoan’ itu memang tampak. Bahasa tubuhnya dingin. Bibirnya seperti sulit untuk tersenyum. Sepuluh menit pertama jadi situasi yang sangat kaku. Namun selepas itu, setelah tegur-sapa dan obrolan ringan, tampaklah bahwa sesungguhnya Har tak seseram yang dikira. Kadang malah muncul sesekali sunggingan senyum disela obrolan. Dari obrolan kami, sedikit terungkap mengapa dulu orang-orang mengenalnya sebagai ‘jagoan’.

Sebelum mengikuti program LTM, Har bekerja serabutan. Satu pekerjaan yang paling kerap dilakoninya adalah menjadi kuli truk angkut pasir. “Namanya jadi kuli bongkar-muat, belum tentu ada muatan setiap hari. Sebelum ikut LTM tiga tahun lalu, kerja saya

34 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Murah, sebab GQ menawarkan kurban yang harganya terjangkau dan tak mengikuti selera pasar jelang kurban. Harga kambing/domba kurban (berat diatas 25 kg) seharga 1,8 juta rupiah. Untuk sapi (diatas 220 kg) Rp 12,5000,000 ; unta (diatas 300 kg) Rp 24,750,000 ; Domba Gaza (kurban di Gaza) berat diatas 45 kg Rp 4,000,000 dan sapi Gaza Rp 29,750,000 (berat diatas 400 kg).

Memberdayakan, program GQ tak hanya menjangkau warga masyarakat di lokasi terpencil, rawan bencana dan pengungsian namun juga memberi manfaat ekonomi bagi para peternak dan warga sekitar peternak. Sejak 10 tahun bergulir, GQ memiliki stok kambing di Lumbung Ternak Masyarakat (LTM) yang berada di Cepu-Blora, Tasimalaya dan Yogyakarta. Global Qurban selain melibatkan puluhan peternak plasma di lokasi LTM, juga menjadi sumber penghasilan tambahan bagi petani, pencari pakan rumput, dan warga yang bekerja menjadi tenaga pengolah pakan ternak-ternak LTM. Pengelola LTM merancang dan menyiapkan pakan tambahan khusus untuk ternak LTM. Pakan ini terbukti mampu meningkatkan bobot ternak, mengurangi bau prengus ternak dan mudah diolah menjadi pupuk kandang. n

“Kambing-kambing Itu Sudah Seperti Keluarga Sendiri”

Har merasakan kehidupan yang berbeda setelah tiga tahun berpartisipasi dalam program Lumbung Ternak Masyarakat (LTM Cepu, Blora.

Memberdayakan

Sebelum bertemu dengan pria satu ini, salah satu penanggungjawab LTM membisiki Benefit. “Mas Har

ini dulunya jagoan di Cepu sini,” bisik Arifin dalam perjalanan menuju RSUD Cepu. RSUD

ON GOING

Page 35: VOL 4 | SEPT 2015

serabutan, hidup saya ndak beraturan,” jelas bapak satu putri ini. Sekarang, katanya, penghasilannya sudah pasti setiap bulannya. “Setiap pagi dan sore urus ternak. Alhamdulillah dapat kemudahan lagi, saya diterima jadi juru parkir sudah setahun ini di sini,” tuturnya.

Saat disinggung soal masa lalunya yang menjadi ‘jagoan’, Har malah tertawa lebar. “Jagoan? Ndak lah (tertawa), sekilas dulu itu saya merasa cukuplah saya saja yang mengotori kehidupan keluarga. Dulu itu ‘kan saya sedang susah, sering dekat-dekat ke hal-hal yang ndak dibolehkan agama,” jawabnya. Har kini hidup bersama dengan adik lelakinya di rumah peninggalan orangtua mereka. Istrinya? Sudah lama berpisah karena lebih memilih mencintai orang lain di kampungnya.

Kini, Har sudah merasa sangat bahagia. Karena kini mampu menempatkan dirinya lebih berharga di depan putri satu-satunya yang kini duduk di kelas 2 SMEA. “Alhamdulillah bisa menyekolahkan dan mencukupi kebutuhan anak perempuan saya. Ada banyak kemudahan lah,”ujar Har tercekat.

Dalam program LTM, ‘Kasih-sayang’ menjadi penekanan penting dalam program LTM ini. Semua peternak peserta LTM—ada di 11 desa—semua melakukan hal yang sama; sangat memperhatikan ternaknya lebih dari sekedar memberi makan dan minum. “Bener kok Mas, kambing itu ngerti disayang. Kalau saya datang ke kandang pasti mereka semuanya bunyi (mengembik). Ada yang menjulurkan kepala minta ditegur (dielus). Ya pasti ditegurlah, wong namanya sudah dianggap seperti keluarga sendiri. Ya harus disayang. Setiap sore itu selalu saya sempatkan untuk banyak waktu di kandang jadinnya,” ungkap Har. n

Namanya singkat saja, Wage. Senyum tak pernah lepas dari wajah bapak berusia empat

puluh delapan tahun ini. Wage memang murah senyum. Seolah senyum itu ingin mengatakan bahwa kehidupan itu mesti dijalani dengan ringan saja. Seringan ia menjalani hari-harinya sekarang. Tiga tahun sebelum sekarang, Wage hanyalah petani penggarap sawah dan kebun. Hasil dari kerjanya itu seperti diakuinya dengan merendah, “hasilnya belum maksimal”. Sampai kemudian ia berjodoh dengan program Lumbung Ternak Masyarakat (LTM) yang diusung oleh Aksi Cepat Tanggap di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

Kala Benefit berkunjung ke rumahnya di Dusun Gadon, Desa Sambong, Cepu, Wage baru saja memulai harinya dengan memberi makan 70 kambing ‘titipan’ program LTM yang dipeliharanya. “Kegiatan saya setiap habis subuh ya seperti ini. Pagi memberi makan dan minum kambing, bersihkan kandang

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 35

“Alhamdulillah, Lumayan Bisa untuk Kuliahkan Anak”

Menjadi peserta program Lumbung Ternak Masyarakat (LTM), mampu membumbungkan cita-citanya untuk menjaga kualitas pendidikan dua putrinya.

Page 36: VOL 4 | SEPT 2015

dan mengumpulkan kotorannya untuk pupuk kandang. Nanti yang memanfaatkan pupuk ini ya warga sekitar sini,” tutur Wage di kandang kambing di belakang rumahnya yang berlantai tanah.

Usai memberi makan kambingnya, ia menjalani pekerjaan lainnya sebagai Pak Bon di sebuah sekolah Islam terpadu di kota Cepu. Siang hari kembali mengurus kambing, lalu balik lagi ke sekolah untuk bersih-bersih ruang kelas. Sore hari, tuntas selesaikan pekerjaan di sekolah ia pulang dan kembali memberi makan kambingnya untuk jatah makan sore.

“Syukur ada program LTM di desa-desa di Cepu sini, akhirnya saya bisa dapat tambah-tambah untuk belanja sehari dan sekolahkan anak. Malah dari LTM sini saya bisa kuliahkan putri sulung saya ke Semarang, yang sekarang sudah bekerja mengajar di TKIT di kota,” ujar Wage yang memiliki dua putri ini. Sulungnya, Fitri seperti tahu diri bahwa bapaknya amat mendambakan dirinya bisa berkuliah. Maka ia pun ikut membantu Wage mengurus ternak-ternak yang dipelihara bapaknya. Saat Benefit menanyakan hal itu Fitri dengan malu-malu mengakuinya.

“Iya waktu SMA saya ikut bantu urus kambing, sekarang juga kadang masih kalau ada waktu. Dulu itu cuma kasihan saja lihat Bapak kok sepertinya kecapekan setiap siang dan sore urus kambing. Jadi jatah urus kambing di jam-jam itu saya yang kerjakan,” aku Fitri. Fitri ikut membantu membersihkan kotoran dan memberi makan. Dulu sebelum ada pakan khusus, pakan kambing-kambing itu dari cacahan rumput yang dicampur dedak. “Ya kalau bicara jijik ya jijik. Tapi itu awalnya saja. Setelah itu ya dah ndak mikir jijik lagi, yang kepikir supaya Bapak ndak

capek. Apalagi waktu itu belum punya Sanyo (pompa air-red), jadi harus nimba di sumur, kasihan Bapak. Itu saja,” imbuh Fitri terbata terharu menceritakan perannya ikut mengurus kambing-kambing LTM.

Wage dan keluarganya juga bersyukur program LTM-ACT sangat membantu masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. “Setiap tahun jadi ada program kurban juga di dusun sini. Tiga tahun belakangan ini warga bisa merasakan makan daging. Dulu setahun sekali saja tidak. Mudah-mudahan ke depannya (program LTM) bisa berjalan lancar, bisa tambah luas. Dan semoga saja ACT juga tambah jaya, bisa membantu masyarakatnya di wilayah Kabupaten Blora ini,” harap Wage. n

Di Dusun Gloram dan sekitarnya, nama Muhraji atau Mukhrazi tak banyak yang kenal. Tapi kalau

menyebut nama “Mbah Raji”, semua orang kenal. Sebenarnya belum terlihat seperti ‘mbah-mbah’, sebab mungkin usianya belum genap 60 tahun. “Mukhrazi itu nama di KTP, tapi orang sini senang panggil Mba Raji. Mungkin karena saya di sini ngajar sekolah ngaji anak-anak, jadi dipanggil seperti itu,” bisik Mbah Raji. Sosoknya memang unik. Selain menjadi guru, ia juga terkenal sebagai ‘Ustadz Desa’. Sering mengisi pengajian ibu-ibu jauh keluar desanya sendiri.

Ia juga dikenal sebagai tokoh desa, yang kerap menjadi tempat siapapun meminta

ON GOING

36 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

‘Mbah Raji’: “Hewan Itu Seperti Manusia, Butuh Disayang”

Total mengurus kambing-kambing LTM, banyak berkah yang diperolehnya.

Page 37: VOL 4 | SEPT 2015

pandangannya. Dalam pemilihan lurah di Gloram misalnya, ‘aktor politik’ dibalik kemenangan lurah yang sekarang (masih berusia 32 tahun dan lama merantau keluar desa) ya Mbah Raji ini. Ia yang melakukan ‘lobi-lobi’ politik dari tingkat kecamatan sampai panutia pemilihan di desanya. “Saya cuma mau ingin warga di sini dipimpin sama yang muda-muda. Biar ada terobosan saja,” katanya merendah mengomentari kiprah politiknya.

Saat Benefit menyambanginya, Mbah Raji sedang melatih anak-anak desa memainkan hadrah. Kataya, seperti itulah kegiatannya di setiap sore hari menjelang maghrib. Nanti usai maghrib mengajar mengaji anak-anak sampai waktu isya. “Kalau setelah subuh sampai jam 7 pagi ya pasti mengurus kambing-kambing, kambing nomor satu. Agak siang sedikit pergi ke sawah dan kebun. Sore mengajarkan ngaji. Malamnya cek kambing lagi,” paparnya.

Setiap jam 21 malam, sebelum tidur, ia kerap mencek kondisi 60 kambingnya. “Cek lagi apa ada yang kakinya terjepit lantai kandang atau tidak. Kalau terjeit sampai pagi kan kasihan,” katanya. Dan setiap jam 00, ia kembali menengok kambingnya. Kali ini untuk membacakan mereka surat Kursi dan menaburkan garam ke sekeliling kandang. ‘Ritual’ ini ia lakukan demi menjaga ternaknya

dilindungi Allah SWT dari berbagai macam gejala penyakit.

“Hewan itu seperti manusia. Saya cuma ingat sabda Nabi; ‘baragsiapa yang tak punya belas kasih maka dia tidak akan dibelas kasihi’. Hewan itu kalau disayang maka dia akan menyayangi kita.Tak ada akal tapi punya daya ingat. Jadi kalau punya ternak baiknya kita elus, kita sayang selain rutin kasih makan,” papar Mbah Raji. Memang betul, saat ia memasuki kandang kambing-kambing yang ada langsung menjulurkan kepala bahkan menggigiti ujung lengan bajunya.

Muhraji juga memiliki kebun dan sawah yang menjadi rutinitasnya sebelum memelihara kambing Lumbung Ternak Masyarakat (LTM). “Ini sudah tahun kedua saya ikut program LTM. Terasa perbedaannya. Sekarang setiap bulan ada pemasukan rutin (honor mengurus LTM). Dulu tidak ada pemasukan bulanan. Kotorannya pun bisa kita manfaatkan untuk pertaian,” ungkapnya. Dari kotoran yang berasal dari pakan fermentasi itu, Muhraji sudah memanen kebun cabe miliknya. Berkat pupuk kandang ternak itu dari panennya Muhraji meraih 10 juta. Kini ia mengaku sedang ‘bereksperimen menggunakan kotoan kambing untuk tanaman semangka ‘Inul’-nya.

“Selain untuk saya, pupuk kandang itu juga dimanfaatkan untuk warga sini yang mau manfaatkan. Program LTM ini bukan cuma bermanfaat untuk pengelolanya dan warga sekitar tapi juga untuk pertanian,” katanya menutup obrolan, n

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 37

Page 38: VOL 4 | SEPT 2015

Kamis pagi di bulan Agustus tanggal enam, menjadi hari yang paling dinanti para pengungsi

Rohingya. Hampir sebulan berada di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK), Blang Adoe, Kuta Makmur, Aceh Utara membuat mereka jenuh dan tak nyaman menjalani hari sebagai pencari suaka. Aturan ketat yang diterapkan satu organisasi pengelola migrasi internasional yang menjadi pengelola pengungsi di BLK, membuat mereka terasa terkungkung.

Sejak pindah dari Kuala Cangkoi dan masuk ke penampungan sementara di BLK itu hidup mereka bagai berada di sangkar. Pagar halaman gedung tertutup oleh pagar seng setinggi 2 meter. Membuat mereka tak bisa melihat lingkungan sekitar. Belum lagi aturan-aturan ketat yang berlaku di dalam gedung penampungan.

Keseharian mereka, terutama anak-anak, hanya rutinitas biasa tak beraturan. Makan, acara bebas, makan kembali dan acara bebas kembali lalu tiudr malam. Kecuali satu keluarga, mereka ditempatkan dalam satu ruangan sesuai dengan jenis kelaminnya. Menghampar alas tidur lengkap dengan semua barang keperluannya masing-masing, di atas lantai gedung.  Belum lagi bicara soal keteraturan dan kebersihan.

Bergegas Pindah “Hari ini semuanya sudah beres-beres,

siap pindah. Kami senang, karena kami pindah ke tempat yang sudah disiapkan khusus untuk kami. Tempatnya sangat elok,” ungkap Mahmud Rosyid (48), sumringah. Mahmud bersama satu anak dan istrinya mendapatkan satu unit shelter di kompleks Integrated Community Shelter/ICS.

Gairah pindahan itu juga tampak pada Muhammad Shaker (28) dan Syamsur Alam (27). Saat berkumpul bersama saudara-saudara seetnisnya mendengarkan penjelasan tata-tertib di ICS oleh Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A), Dra. Khuzaimah, mereka tampak gelisah. Mata mereka berdua –termasuk pengungsi lainnya, tak pernah lepas memandangi kompleks ICS yang letaknya tak jauh dari gedung BLK. Saat Khuzaimah tuntas bicara, mereka pun bergegas mengangkat barang-barang yang sudah mereka siapkan sejak kemarin. Mereka seperti berlomba lebih dulu mencapai kompleks ICS.

Mereka berjalan beriringan menenteng dan memanggul apa saja untuk dipindahkan ke unit  shelter  milik mereka. Yang berkeluarga, ayah, ibu sampai anak-anaknya ikut menenteng barang bawaan

ICS Blang Adoe, Memanusiakan Rohingya yang Tersingkir

HIGHLIGHTS

Pekan pertama Agustus lalu, 322 pengungsi pencari suaka dari etnis Rohingya menempati rumah penampungan sementara yang baru; Integrated CommunityShelter/ICS. Berbagai fasilitas yang tersedia akan memanusawikan mereka.

38 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

n Erwin BS/Aisyah

Page 39: VOL 4 | SEPT 2015

dengan penuh semangat dan suka cita. Tak terkecuali Muhammad Shaker dan Syamsur Alam. Syamsur memanggul tas hitam besar di punggungnya, sementara Shaker menenteng tas hitam di kanan, dan tas merah di lengan kirinya. Mereka berputar sedikit mengelilingi kompleks ICS untuk mencari nomor pintu unit  shelter  mereka. “This is good..! Happy,” gumam Shaker demi melihat kondisi unit yang bakal mereka tempati. 6 Miliar

Hanya dalam waktu satu jam, tepat pukul 11.00, 322 pengungsi etnis Rohingya sudah masuk ke unit shelter milik mereka sendiri. Shelter senilai 6 miliar rupiah yang ditempati pengungsi Rohingya ini dibangun yang dibangun atas kerjasama Aksi Cepat

Tanggap (ACT), Komite Nasional untuk Solidaritas Rohinngya (KNSR), perorangan, lembaga swadaya masyarakat nasional dan internasional serta Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Memiliki 120 unit  shelter  yang terbagi dalam 15 blok, kompleks  shelter  ini juga dilengkapi 42 pintu MCK, dapur umum, unit belajar anak, klinik kesehatan, masjid merangkap aula, taman bermain dan air bersih. Pembangunannya perlu satu bulan, yang diawali dengan pembersihan lahan pada 8 Juni 2015 dan rampung seluruhnya pada 7 Juli 2015. Jumlah pekerja konstruksi yang dilibatkan mencapai 150 orang, yang didatangkan dari berbagai daerah seperti Tasikmalaya dan Yogyakarta.

Berdiri di atas lahan seluas 5 hektar milik Pemerintah Kabupaten Aceh Utara,  shelter  di Desa Blang Adoe ini menjadi kawasan hunian pengungsi terlengkap yang pernah ada di Indonesia, bahkan mungkin dunia. Sejumlah lembaga dunia yang datang berkunjung ke lokasi ini memberi apresiasi, karena kagum dengan desain dan beragam fasilitas hunian di atas standar kamp pengungsi rata-rata.

Di penampungan baru ini pengungsi tak hanya akan merasakan manusiawinya sebuah hunian, namun juga untuk pertama kalinya akan merasakan diri mereka berdaya. Pengelola ICS tengah merancang satu konsep pemberdayaan silang antara pengungsi Rohingya dengan warga Gampong Blang Adoe. Akan ada ‘pasar tradisional’ dan satu peternakan untuk menghidupkan interaksi dan aktivitas antara pengungsi dan warga sekitar, dalam batas pengawasan sepatutnya.n

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 39

Page 40: VOL 4 | SEPT 2015

Seorang bocah perempuan berusia 8 tahun, bernama Lonzanabibi setengah berteriak mengatakan,

”happy...happy!” sembari terus berjalan mengikuti orangtuanya memasuki  shelter. Seorang wanita lainnya, Surakhatu (28) juga mengatakan hal senada dengan wajah sumringah. Ibu tiga orang anak ini bahkan meminta ketiga anaknya untuk mengucapkan terimakasih dalam bahasa Indonesia kepada seorang relawan, sebagai ekspresi bahagia atas fasilitas hunian baru yang mereka dapatkan.

Suasana yang lebih mengharukan datang di waktu salat dzuhur, saat seorang pengungsi menjadi muazin untuk mengumandangkan azan dzuhur. Sejumlah pengungsi lain pun bergegas memadati Masjid Arakhan, yang terletak persis di tengah Kompleks ICS. Meski sedang bahagia karena mendapat fasilitas hunian baru, mereka tak lalai melaksanakan kewajiban salat dzuhur. Inilah salat berjamaah pertama yang dilaksanakan pengungsi di ICS Blang Adoe.

Suasana serupa juga terjadi pada saat salat Ashar tiba. Ustadz Sayed Karim, salah seorang imam dari kalangan pengungsi,

memimpin salat yang jumlah jamaahnya mencapai empat saf. Usai salat berjamaah, ustadz muda ini kemudian memimpin pengajian bagi jamaahnya. Mereka belajar tafsir hadis. Jumlah jamaah salat kian bertambah lagi saat salat Magrib. Lebih dari separuh bagian masjid terisi oleh para pengungsi.

Usai salat, Muhammad Rasyid, salah satu pengungsi bangkit. Dengan suara yang cukup keras, ia menyampaikan beberapa pesan dari pengelola  shelter  kepada rekan-rekannya dalam bahasa Urdu. Ia mengingatkan kepada pengungsi lain agar menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan selama berada di dalam shelter. Selain itu para pengungsi juga diminta untuk tidak bermain larut malam, sehingga sulit bangun untuk salat Subuh berjamaah. Di  shelter  juga dibatasi agar kaum laki-laki tidak memasuki areal kaum perempuan. Hari pertama mereka menempati shelter, begitu banyak cerita yang mereka suguhkan.

Suasana dan Kisah Baruuntuk Jatidiri Lebih Utuh

Pengungsi Rohingya sudah menempati ICS. Di sini menanti sejumlah aktivitas pemberdayaan bagi mereka untuk kembali menemukan jatidiri mereka sebagai manusia seutuhnya.

HIGHLIGHTS

40 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

n Zainal Bakri / Apiko JM

Page 41: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 41

Pemulihan KehidupanKisah-kisah berikutnya, sudah

menghampar di depan mereka. Ada kisah untuk para perempuan Rohingya yang akan makin berdaya dengan pelatihan-pelatihan keterampilan keperempuanan. Cerita baru untuk anak-anak dan remaja Rohingya yang terasah intelektualnya dengan kegiatan belajar yang beragam. Pun untuk para lelakinya. Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama sejumlah lembaga dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, sejak awal September sudah memulai pembangunan pasar   dan peternakan di kompleks ICS. Vice President ACT Insan Nurrohman, menyatakan kehadiran ‘pasar’ akan meretas interaksi positif, yakni proses produksi dan konsumsi antara warga Aceh dengankhususnya pengungsi Rohingya, serta para tamu yang datang. 

Sebanyak 9 kios berukuran 6x3 meter sudah mulai dibangun di atas lahan yang berada di belakang unit-unit shelter. Tak jauh dari lokasi kios juga tengah disiapkan unit bangunan untuk peternakan sapi, yang nantiya akan dikelola dengan melibatkan para pengungsi Rohingya.   “Dengan mempekerjakan pengungsi, mereka akan punya pendapatan dari keringat mereka sendiri, dan bisa memenuhi kebutuhan pribadi mereka serta

keluarganya.  Sementara bangunan ruko diperuntukkan bagi  para warga lokal sekitar yang ingin berdagang di dalam lingkungan ICS,” papar Insan. 

Kios nantinya akan buka setiap hari. Selain ‘pasar harian’ akan ada pula pasar pekanan yg menjual sayur-mayur dan kebutuhan pekanan lainnya. “Tempatnya di sebelah kios dalam bentuk los pasar terbuka yg bisa menampung 10 sampai 20 pedagang atau lebih,” jelas Insan.  Dengan geliat perekonomian tingkat lokal itu di sisi lain, para pengungsi tak perlu keluar-masuk ICS untuk mendapatkan kebutuhan sehari-harinya. 

Saat ini, terang Insan, bantuan kemanusiaan yang diamanahkan kepada ACT untuk pengungsi Rohingya sudah mulai meningkat ke tahap pemberdayaan. Karenanya kini ACT fokus pada pemulihan kehidupan para pengungsi. Mengembalikan mereka pada harkat dan martabatnya, kembali kepada kehidupan yang utuh sebagaimana manusia normal lainnya. Bagi ACT mengelola pengungsi penanganannya menggunakan pendekatan komprehensif, meliputi segala aspek yang dibutuhkan manusia. “Semuanya meliputi pemulihan fisik, pemulihan sosial dan pendidikan serta pemulihan ekonomi. Jadi bukan hanya setiap hari mereka diberi makan, tidur, makan, tidur, dan dibatasi keluar komplek. Kalau hanya ini yang dilakukan, apa bedanya mereka dengan para tawanan?” paparnya.

Semoga di hari-hari ke depan, semakin banyak kisah bahagia yang bisa mereka nukilkan. Agar melenyapkan kisah penderitaan yang mereka alami selama bertahun-tahun di negeri asalnya, Tanah Arakhan, Myanmar. n

Page 42: VOL 4 | SEPT 2015

Superindo memberikan ratusan bingkisan paket lebaran kepada kaum fakir miskin di beberapa

lokasi di wilayah Jabodetabek. “ Program ini dilakukan oleh Superindo

dan pertama kali bekerjasama dengan ACT sebagai implementatornya,” ujar D. Yuvlinda, Departement Head of Corporate Communication and Sustainability PT Lion Superindo, Selasa, (14/7).

Lebih jauh, Yuvlinda mengatakan pembagian paket lebaran tersebut sebagai bagian dari kepedulian PT Lion Superindo membantu fakir miskin dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Paket Lebaran SUPERINDOuntuk Warga Dhuafa Jabodetabekn Satari

“Kami berharap pemberian paket lebaran ini bisa sedikit banyak meringankan biaya pengeluaran warga dalam menyambut lebaran, yang sudah pasti akan terjadi kenaikan harga-harga barang,” ujar Yuvlinda saat membagikan bingkisan paket lebaran untuk para warga di Kampung Bugel, Kelurahan Pademangan, Tangerang, Banten.

Sementara itu, Yayat Supriyatna dari ACT mengatakan lembaga seperti ACT sangat concern menjembatani penyaluran bantuan dari orang-orang atau lembaga-lembaga (perusahaan) yang berorientasi profesi untuk berbagi sebagian labanya untuk masyarakat yang kehidupan ekonominya berkekurangan. n

ON GOING

42 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 43: VOL 4 | SEPT 2015

KMGP THE MOVIEIMPIAN REALISTIS CETAK BOX OFFICEn ApikoJM

Kamis, 10 September 2015, syuting perdana film Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) dimulai. Film ini

akan menjadi fenomena unik. Pasalnya, jauh sebelum masa syuting dimulai, rencana mengangkat novel Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) ke layar lebar sudah banjir dukungan. Sejumlah komunitas siap membeli di muka tiket nonton film KMGP .

Komitmen membeli 550 ribu lembar tiket nonton KMGP pun dinyatakan para anggota komunitas tersebut. Artis dan tokoh nasional memberi apresiasinya atas upaya gigih orang-orang dibalik produksi film layar lebar bergenre religi ini.

Komitmen itu, misalnya, lahir usai sejumlah anggota dari komunitas Halal Network HPAI, Smart Club Surabaya, Masyarakat Relawan Indonesia, Hijabers Mom Community, Komunitas Tangan Di Atas (TDA), dan lain-lain bertemu dengan pihak ACT, novelis KMGP Helvy Tiana Rosa, dan pihak-pihak yang akan mendukung proses produksi film KMGP.

Menurut Vice President ACT N. Imam Akbari, film ini akan jadi fenomena unik karena pembelian tiket dimuka justeru untuk membiayai produksi film hingga diyakini para pembelinya adalah telah mengerti, baik membaca sendiri atau hasil tuturan orang lain, akan bobot nilai-nilai kebajikan yang akan diusung film adaptasi novel best seller Helvy Tiara Rosa yang dikenal publik

sebagai novelis idealis itu. “Mereka (Komunitas pendukung

KMGP) berhak menonton lebih awal film KMGP the Movie, sebelum ditayangkan secara komersial. Rilis film KMGP the Movie rencananya akan digelar nonton bersama di 5 Kota besar yaitu: Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Medan,” ungkap Imam.

“KMGP the Movie sudah punya penonton sebelum mulai produksi. Saat komitmen-komitmen terealisasi, insya Allah KMGP the Movie bisa menjadi film pertama yang menembus box office, 500 ribu penonton, sebelum filmnya diproduksi dan diedarkan,” tekad Imam. n

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 43

Page 44: VOL 4 | SEPT 2015

Ke s a d a r a n t e n t a n g s e d e k a h

memotivasi Harris Agustian (30) mengejar sukses. Kenyataannya, dengan bersedekah profesinya sebagai akuntan memang senantiasa berjalan

mulus. Walhasil, di suainya kini ia sudah menjadi profesional dengan penghasilan lumayan.

Harris Agustian, pria asli Sumatera ini, makin bersemangat bersedekah rutin. Aksi Cepat Tanggap (ACT) menjadi mitra tepercaya untuk menitipkan sedekahnya untuk dimanfaatkan bagi mereka yang berhak. Harrris menggunakan jasa layanan autodebet untuk berdonasi di setiap bulannya sejak 2012.

“Saya nyaman menggunakan layanan autodebet dan tahun ini adalah tahun ketiga mengikuti layanan tersebut jadi saya tidak perlu transfer setiap bulannya karena langsung didebet dari tabungan di rekening saya,” ungkapnya. Keputusan memilih layanan autodebet ini tak lain karena kepercayaan kepada ACT dan sejumlah perbankan yang bermitra dengan ACT.

Layanan ini sudah bisa diaktivasi dari tabungan di rekening BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Mandiri, Bank Muamalat, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah dan Bank Permata Syariah.

Tak lupa, saat ditandangi ACT beberapa waktu lalu di kantornya, Harris menyampaikan harapan, semoga ACT sukses terus

PROFILE

“Layanan AutodebetMudahkan Saya Berdonasi”

berkembang mengedukasi masyarakat dan menjadi jembatan kepedulian kepada sesama.

Harris selalu ingat pesan para ustadz, bahwa disetiap harta yang dimiliki seseorang ada hak bagi mereka yang membutuhkan. Kalimat ini tertancap kuat di hati Harris hingga membuatnya tak ragu selalu menyisihkan pendapatannya perbulan untuk mereka yang membutuhkan.

Kenyataannya, kendati tak berharap apa-apa kecuali berusaha bersedekah karena Allah, justeru Allah membuat hidupnya berjalan membahagiakan.

“Mungkin itu salah satu balasan dari Allah. Hidup memang tak mungkin tanpa masalah. Namun menjadikan masalah bisa diselesaikan dengan ridha Allah subhanahu wa ta’ala, itu yang terpenting saya kira,” ujar Harris.

Harris yakin berbagi adalah solusi. Sebab Allah jelas berjanji, siapa yang bertaqwa, Allah akan membantu hamba keluar dari masalah dan memberi rezeki dari tempat-tempat yang tak terduga.

“ Berbagi adalah salah satu ciri dari ketaqwaan, saya yakin dengan banyak berbagi apa yang kita berikan akan berbalik kepada kita dan hidup menjadi lebih mudah,” tegas akuntan yang bekerja di satu perusahaan akuntan publik di kawasan elit Kuningan, Jakarta Selatan ini .

Berbagi, ujar Harris, juga wujud rasa syukur atas rezeki yang didapat karena sejatinya rezeki adalah titipan Allah semata.

“ Kita nanti akan dimintai pertanggungjawaban untuk apa rezeki yang telah diberikan-Nya kepada kita,” pungkasnya.n

44 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

n Maspalah

Page 45: VOL 4 | SEPT 2015

“Layanan AutodebetMudahkan Saya Berdonasi”

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 45

Bang Santo : Siapa Menebar Bantuan,Dia (akan) Menuai Pertolongan

Sejak 2012, pria bermarga dari suku batak ini telah

membersamai para pengungsi korban Erupsi Sinabung yang

ada di wilayah Kabupaten Tana Karo, Sumatera Utara. Sebagai relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan aktivis Masyarakat

Relawan Indonesia (MRI) Sumut. Sosoknya telah dikenal baik oleh rekan relawan lainnya maupun para pengungsi yang dibantunya. Potret bagaimana

seorang relawan bekerja dan filosofi hidupnya yang

memantik semangat tak kenal lelah sebagai seorang pekerja

kemanusiaan.

Dialah Susanto Ginting (27), yang kini menjadi Ketua MRI Wilayah Tanah Karo. Para relawan di Sumatera Utara dan Tanah Karo biasa

menyapanya dengan panggilan ‘Bang Santo’.Santo, yang guru mata pelajaran Sosiologi di MAN

Kabanjahe ini, sesungguhnya sudah mulai terlibat dalam aksi kemanusiaan ACT di Sinabung sejak erupsi awal Gunung Sinabung tahun 2012 lalu. Kini, ia memimpin 25 orang relawan lainnnya dari berbagai profesi, yang juga menjadi korban Sinabung, mendedikasikan waktunya untuk para pengungsi Sinabung.

“Saya masih ingat, saat itu kami diungsikan dari rumah yang sudah hancur karena awan panas ke kamp pengungsian di Kabanjahe. ACT sudah membangun 25 posko ketika itu,” tutur Santo mengisahkan saat dirinya menjadi korban erupsi sekaligus pertemuan pertamanya dengan relawan MRI Medan.

Santo tak pernah mengira hidupnya harus berhadapan dengan musibah erupsi Sinabung. Apalagi ketika itu ia masih berada dalam suasana ‘bulan madu’. Baru dua bulan usia pernikahannya dan saat itu pula bersama istri tercintanya merasakan hidup di pengungsian.

Pengidola tokoh perubahan dunia Nelson Mandela dan Mahatma Gandhi ini, bertekad mendedikasikan hidupnya untuk membantu para pengungsi. “Jangan takut membantu orang lain apalagi orang yang terkena musibah. Saat kita tulus membantu orang lain, maka Allah pun akan membantu urusan kita. Saya dan keluarga sudah alami sendiri hal itu,” ujarnya memotivasi relawan lainnya yang berjuang bersamanya.

Di masa mengungsilah istrinya melahirkan anak yang pertama mereka berdua. Ia tak menyangka dalam proses kelahiran anaknya yang pertama semua dimudahkan. Alumnus SMA Negweri 1 Brastagi ini punya satu mimpi besar dalam hidupnya. Ia ingin jiwa kerelawanan masyarakat Indonesia tumbuh mekar dan subur. Sehingga jika terjadi bencana alam dan sosial, semua orang akan tergerak mengatasinya. “Saya sangat berharap MRI terus melebarkan sayapnya hingga pelosok daerah,”pungkasnya.n

n Muhajir

Page 46: VOL 4 | SEPT 2015

Sejak lima bulan lalu aktivitias gunung yang berada di Dataran Tinggi Karo ini terus meningkat.

Awal April silam misalnya, terjadi 118 kali gempa guguran, tremor dan terjadi 40 kali awan panas guguran sejauh 4 km ke selatan dan 1 km ke tenggara, tinggi abu vulkanik 2 km.

Perisitiwa di bulan April ini kembali membuat nasib pengungsi terkatung-katung. Sebagian besar dari mereka yang sempat pulang ke rumahnya, harus kembali lagi ke lokasi pengungsian. Sekitar 795 KK atau 2.442 jiwa warga Desa Sigarang-Garang dan Sukanalu Kecamatan Naman yang berjarak 3 kilometer dari puncak Sinabung misalnya, Kamis 2 April silam dilanda panik dan ketakutan. Begitu juga warga Dusun Sibintun yang terpaksa

dikeluarkan oleh aparat keluar dusun menuju ke pengungsian di Kabanjahe. Ladang, Irigasi dan Sumber Air Rusak

Relawan MRI Sumatera Utara yang melakukan  assessment  langsung ke Desa Sigarang-Garang dan Sukanalu Kecamatan Naman Teran, menemukan fakta lahan pertanian milik pengungsi tak lagi bisa diolah. Ketebalan abu vulkanik   yang menutupi area, hingga ke tanaman, mencapai ketebalan 5 cm. Erupsi Sinabung yang tak juga mereda, juga menyebabkan saluran irigasi dan sumber mata air lenyap. Kondisi tersebut menyebabkan 2.411 kepala keluarga (KK) di 4 desa di Kecamatan Payung terperangkap krisis air. Desa diselimuti debu tebal, dan sebagian ditinggalkan para penghuninya.

Beban ekonomi warga yang terdampak erupsi Gunung Sinabung pun semakin berat. Relawan MRI Sumatera Utara Susanto Ginting melaporkan, bahwa kondisi itu sudah berlangsung hampir setahun lamanya.

Hingga awal September status Gunung Sinabung masih dalam status “Awas” (level IV). Sesekali awan panas guguran masih saja menluncur turun.

Pengungsi Sinabung Yang Terkatung

BENEFECIARIES

46 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

n Santo

Page 47: VOL 4 | SEPT 2015

Pengungsi Sinabung Yang Terkatung

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 47

“Dalam keadaan serba sulit setelah ladang mereka tak lagi bisa ditanami akibat sering dihujani abu vulkanik, apapalgi ketiadaan air bersih yang, tentu menambah kesulitan

para pengungsi Sinabung,” ujar Susanto, di bulan Juni silam. Tak heran jika kemudian para penghuni desa tersebut terpaksa pergi dari tempat tinggal mereka. Awan panas dan debu yang tebal, merusak lingkungan desa mereka. Air mengering, pohon-pohon mati. 

  “Air bersih yang sulit didapat juga menambah kesususahan hidup warga yang terus terombang-ambing sejak Gunung Sinabung erupsi tahun 2013 lalu sampai

tahun ini,” terang Ginting. Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama

MRI Sumut merespon kejadian ini dengan cepat. Tim menyalurkan ratusan ribu liter air kepada warga lereng selatan Gunung Sinabung yang mengalami krisis air bersih itu. “Sejak akhir tahun lalu sampai beberapa bulan ke depan kami terus mensuplai kebutuhan air bersih di kawasan terdampak yang membutuhkan,” ujar Susanto lagi.

Sementara itu Marlena (55) warga Guru Kinayan yang mengungsi ke ladang mengharapkan pihak pemerintah maupun swasta membuat sumur bor di desanya. ”Kami tidak ingin seperti ini terus-terusan, semoga bisa dibuatkan sumur bor agar bisa disalurkan ke rumah-rumah warga,” harap Marlena. 

Sinabung, Jangan DilupakanHingga bulan Mei, warga beberapa

desa yang keluar dari rumahnya hidup terpencar. Selain mengungsi ke ladang ada juga yang menghuni ke hunian sementara,

dan sisanya mengontrak di Kabanjahe berkat bantuan pemda setempat. Dalam kesempatan menengok kondisi para pengungsi yang hidup di ladang-ladang dan hunian sementara itu, President ACT Ahyudin menilai kondisi tempat tinggal sementara pengungsi sangat tidak layak.

“Kita perlu siapkan solusi cepat dan masif untuk tuntaskan masalah ini agar warga tak berlama-lama sampai lewat dua tahun, hidup di bedeng-bedeng alakadarnya! Mereka punya keluarga, anak-anak harus hidup selayaknya,” papar Ahyudin.    “Sejak erupsi lagi tanggal 13 Juni lalu, saat ini pengungsi sudah mencapai 10.645 orang yang berada di 10 pos pengungsian,” jelas Susanto.

Untuk mencari dan memberi solusi jangka panjang terhadap derita pengungsi Sinabung, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Medan menginisiasi terbentuknya Komite Peduli Sinabung (KPS) Juli siam di Hotel Polonia, Medan, Sumetera Utara. Komite yang didukung oleh berbagai organisasi diantaranya HIPMI Medan, Pejuang Sedekah Mandiri, Orang Indonesia, Relawan Indonesia, FSLDK, Ulil Albab, Badjoe Kinantan, Masyarakat Relawan Indonesia, Komunitas Gemar Berbagi, Hotel Polonia, Agroplus, Cerita Medan, medanbagus.com ini akan fokus mematangkan aksi-aksi konkrit membantu pengungsi.

Termasuk mencari dukungan untuk terbangunnya Integrated Community Shelter bagi 2.053 KK pengungsi Sinabung yang kehilangan rumahnya. “Sedih, sedih kami ini. Sudah dua presiden menjenguk, nasib kami masih seperti ini saja. Perhatian kepada kami sangat kurang sekali,” tutur salah seorang perempuan di pengungsian Jambur Lau Buah Batu, sedih.n

Page 48: VOL 4 | SEPT 2015

Tanya Apakah sesuai syaria’h, qurban yang dikirimkan sampai nun jauh di luar wilayah di

mana pequrban berada, bahkan melintasi batas negeri? Tidakkah kita yang berqurban sunnah utamanya menyaksikan hewan qurban bahkan ikut memotong hewan yang kita kurbankan?

Jawab

Udlhiyyah adalah nama untuk hewan qurban yang disembelih pada hari raya qurban (10 Dzulhijjah) dan hari-hari tasyriq, dengan tujuan untuk taqarrub

(mendekatkan diri pada Allah). Bicara sunnah qurban, dahulukan prinsip ini: taqarrub.

Qurban, hukumnya sunah muakkad bagi setiap orang Islam, baligh, berakal dan mampu. Yang dimaksud mampu di sini adalah orang yang mampu melakukan ibadah qurban. Dalam pelaksanaannya terdapat maslahat yang beredar terutama

bagi mereka yang membutuhkan makanan. Ada dimensi spiritual penguat keimanan – dalam rangkaian Idhul Adha; sekaligus dimensi sosial

dalam konteks berbagi, meneguhkan cinta kasih sesama manusia terlebih kepada mereka yang terabai dan hidup sengsara.

Ditilik dari azas sunnahnya, benar bahwa pequrban sebaiknya menyaksikan proses pemotongan hewan yang diqurbankan. Dalam konteks persaudaraan, sunnah tentu dikalahkan dengan wajib. Sunnah “menyaksikan pemotongan qurban” masih terlampaui dengan wajibnya menolong mereka yang hidup susah dan terabai. Apalagi jika sunnah itu dilakukan begitu banyak orang, dan sebarannya menumpuk di satu wilayah, ijtihad berbagai penyelenggara qurban melipatgandakan maslahat dengan mengirimkan ke lokasi yang terpencil, di mana saudara-saudara kita sangat sengsara dan kelaparan, hidup menjadi pengungsi, menjadi pilihan utama. Di sinilah azas wajibnya menolong mengungguli sunnah. Ada dimensi sosial sekaligus spiritual di atas yang sunnah tadi.

Maka, bagi yang meyakini sudah memadai sebaran qurban di wilayahnya, sehingga memilih berqurban ke lokasi yang jauh

dari daerahnya, tanpa menyaksikan qurbannya dipotong, menjadi lebih bermanfaat. Tentu, sepanjang qurban itu dikelola pelaksana yang

sanggup menunaikannya benar-benar untuk saudara-saudara kita yang terlunta dan terabai tadi, baik di negeri sendiri, maupun di mancanegara.

Wallahu a’lam bish-shawwwab.n

KH Bobby Herwibowo LC

BerKurban “Nun Jauh di Sana”

CONSULTED

Page 49: VOL 4 | SEPT 2015

KH Bobby Herwibowo LC

BerKurban “Nun Jauh di Sana”

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 49

“Orang-orang berim

an itu seperti satu tubuh. Apabila satu tubuh kesakitan, maka seluruh

anggota tubuh yang lain ikut merasakan sakitnya dengan dem

am dan tak bisa tidur

(Hadits Bukhari-M

uslim)

SAAT KITA BERIBADAH DENGAN NYAMAN, JUTAAN SAUDARA KITA BERIBADAH DALAM

TEKANAN.Saat ini jutaan m

uslim Rohingya di M

yanmar, Palestina, Suriah, A

frika dan berbagai tempat lain beribada

dalam tekanan karena berbagai kon�ik kem

anusiaan. Derita m

ereka adalah duka kita.M

ari hapus derita saudara muslim

kita di penjuru dunia.

Salurkan kepedulian Anda melalui rekening Aksi Cepat Tanggap

BSM # 101 000 9990 | BN

I Syariah # 0270 360 372

Page 50: VOL 4 | SEPT 2015

50 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Wujud sebuah kantor pastilah selalu menjadi representasi segala aktivitas sebuah

institusi. Dari tampilannya, tentu akan semakin meneguhkan kesan positif bagi siapapun yang berinteraksi dengan institusi tersebut. Begitu pun yang ingin dicapai oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Yogyakarta, profesionalisme dan totalitas melayani para stakeholder di Bumi Mataram, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi hal yang tak bisa diabaikan.

Berkembang dan semakin menguatnya program-program kemanusiaan yang selama ini menjadi ‘core business’ ACT Yogyakarta, pun kepercayaan warga DIY yang semakin menebal, memaksa lembaga ini harus mencari alternatif markas baru untuk menunjang semua itu. Walhasil, terhitung sejak Senin pekan ini (31/8) ACT Yogya tuntas boyongan ke Perum Tiara Mas Nitikan Kavling A-1, Jl. Nitikan Baru, Sorosutan, Umbulharjo Yogyakarta 55162 dari lokasi lama di Jalan Timoho.

“Kepindahan ini tak bisa dielakkan mengingat program-program kerja untuk menggerakkan kepedulian masyarakat Yogya dan sekitarnya terhadap problem sosial di Yogya sudah harus segera diakselarasi. Kantor baru juga untuk memberika layanan maksimal bagi warga DIY yang selama ini sudah mempercayai ACT Yogyakarta menjadi mitra kemanusiaannya,” jelas Kepala ACT Yogyakarta, Awal Purnama.

Awal juga menjelaskan, dengan kantor baru ini ACT Yogyalarta dapat bekerja

menjadi lebih efisien untuk menghasilkan kreativitas program yang optimum bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitar serta global. Sebab kali ini, aset berupa bangunan kantor itu milik ACT Yogyakarta sendiri. “Kami ingin melayani dengan mantap para donor hebat di Yogyakarta untuk mendukung kiprah kemanusiaan di Yogyarta dan global,” imbuh Awal.

Proses boyongan juga sekaligus mengingkah semua peralatan pendukung aksi Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) DIY seperti perahu karet, dayung, pelampung, dan berbagai peralatan rescue serta pertolongan pertama. Para relawan dari Yogyakarta yang tergabung dalam MRI-DIY selama ini memang menjadi ujung tombak untuk setiap aksi-aksi kemanusiaan di DIY dan sekitarnya.

“Mohon dukungan dan doa dari para donatur dan masyarakat Yogya, dan masyarakat Indonesia umumnya agar ACT semakin kuat mengemban amanah sebagai lembaga kemanusiaan nasional dan global,” pungkas Awal. n

Boyongan untuk Kiprah Kemanusiaan Maksimaldi Bumi Ngayogyakarta

BRANCH

n Widy

Page 51: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 51

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kantor Cabang (Kacab) Semarang kembali mendistribusikan air

bersih untuk warga terdampak musim kemarau tahun ini. Warga yang mendapatkan bantuan air bersih adalah warga Desa Rejosari, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal. ACT Kacab Semarang menyalurkan air bersih dengan menggunakan truk tanki, yang bekerja hingga malam hari.

Kepala Kantor Cabang ACT Semarang Suroto mengatakan bantuan terus dilakukan hingga malam, dengan pertimbangan bahwa warga yang terdampak kekeringan ternyata benar-benar mengalami krisis air bersih.

“Kami tidak mungkin menunda sampai besok aksi bantuan air bersih untuk warga, setelah melihat fakta banyak warga yang persediaan air bersihnya menipis, nyaris tidak ada untuk beberapa hari ke depan,” tutur Suroto.

Dari Desa Rejosari yang disambangi ACT ada tiga dukuh yakni Dukuh Jati, Grogol

1 dan Grogol 2 yang mendapat bantuan air bersih, dengan penerima manfaat 620 KK atau 1940 jiwa.

“Pada penyakluran pertama, ACT Semarang mengerahkan satu armada tangki untuk melakukan penyuplaian air bersih siap minum bagi ribuan warga di desa tersebut sebanyak tiga kali, dengan setiap tangki berkapasitas 6500 liter. Selain itu, masih di kecamatan tersebut, ACT Semarang juga mendroping kebutuhan akan air bersih bagi warga berdampak kekeringan yang berjumlah 315 KK atau 900 jiwa berada di Desa Sudipayung,” ujar Suroto, Kepala Kantor Cabang ACT Semarang, Jumat (21/8).

“Kamis kemarin, di Desa Rejosari ini kami mendistribusikan air bersih sebanyak tiga kali. Distribusi akan berlangsung sampai hari ini di desa tersebut, setelah itu akan berlanjut ke daerah lain,” ujar Suroto. n

Kekeringan,Warga Kendal Bungah Terima ACT SemarangBawa Truk Tanki Air Bersihn Ading

Page 52: VOL 4 | SEPT 2015

52 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Usai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah, Banten dan

Sumatera Utara kini giliran daerah Jawa Barat yang terimbas kekeringan yang menerima aliran distribusi air dari Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Melalui ACT Cabang Bandung bersama relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Barat, Tim Tanggap Bencana Kekeringan, mendistribusikan air bersih di beberapa wilayah kekeringan di Jawa Barat (Jabar). Proses distribusi dilakukan mulai 8 Juli hingga 24 Agustus 2015, dengan jumlah total air yang terdistribusikan sebanyak 170.000 liter.

Ada beberapa wilayah kekeringan di Jabar yang ‘dijamah’ ACT Bandung dalam distribusi air bersih, diantaranya: tiga titik di Kabupaten Bandung yaitu: di Kampung Cireungit RT 3 RW 3 Desa Tajungsari Kecamatan Cangkuang, di Desa Bobojong Mangkin RW 4, 6 dan 7 dan Desa Bojongmangu Kecamatan Pamengpeuk, dengan total distribusi sebanyak 14.000 liter air bersih.

Di Kabupaten Bogor, disebar di dua titik daerah kekeringan yaitu: di Desa Cibanteng Kecamatan Ciampea dan Desa Cigadung Kecamatan Gunung Sindur, sebanyak 56.000 liter. Di Kabupaten Bekasi disebar di dua titik yaitu: di desa Karang

ACT Cabang Bandung‘Sasar’ Daerah Kekeringan di Jawa Barat

BRANCH

n Muhajir

Page 53: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 53

Indah Kecamatan Bojong Mangu Kabupaten Bekasi dan di Desa Karang Indah Kecamatan Bojong Mangu, sebanyak 20.000 liter.

Di Kabupaten Sukabumi di satu titik: di Desa Citepus Kecamatan Pelabuhan Ratu, sebanyak 8000 liter. Di Kabupapaten Cianjur di satu titik: di Desa Sukajadi Kecamatan Karang Tengah, sebanyak 40.000 liter. Terakhir di Kabupaten Karawang di satu titik yaitu: di Desa Kertasari, Kecamatan Tegalwaru, sebanyak 32.000 liter.

Atep Salman (24), Koordinator aksi dari ACT Bandung, mengungkapkan kebahagiaannya telah sukses mendistribusikan air bersih yang merupakan amanah dari donatur ACT.

“Alhamdulillah, proses distribusi berjalan lancar, saya sangat mengapresiasi kesolidan temen-temen MRI Jawa Barat dalam proses distribusi ini, atas bantuan para relawan MRI Jabar, proses distribusi berjalan lancar, meskipun di beberapa daerah harus dilakukan hingga malam hari,”jelasnya.

Distribusi air bersih dari ACT, di beberapa daerah di Jabar sangat direspon baik oleh warga yang terdampak kekeringan, hal tersebut terlihat dengan ‘mengularnya’ antrian warga yang berbondong-bondong berdatangan membawa dirigen dan ember besar.

Saep (49), warga Kampung Cireungit RT 3 RW 3 Desa Tajungsari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung misalnya, Ia rela harus mengantri dengan antrian sangat panjang demi mendapatkan air bersih yang di distribusikan ACT.

“Kami memang sedang benar-benar kesulitan air dari sebelum bulan Ramadhan, sekitar 3 bulan lah kami kesulitan air. Bantuan dari ACT ini terus terang sangat membantu kami, mudah-mudahan kami terus disuplai sampai musim kekeringan selesai,”ujarnya, penuh harap. n

Page 54: VOL 4 | SEPT 2015

54 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Sudah berbulan-bulan lamanya dua sekolah korban erupsi gunung Sinabung yaitu: Sekolah

Dasar Negeri (SDN) 040485 dan SDN 040486 harus menumpang di sekolah lain yaitu di SDN 040483 dan SDN 040484 di Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo. Mereka harus menumpang karena bangunan sekolah mereka, hancur diterjang erupsi Gunung Sinabung dan sudah tak bisa di gunakan lagi, selain itu sekolahnya sekarang sudah menjadi daerah ‘zona merah’ yang tidak boleh di kunjungi atau di tempati lagi, untuk menghindari erupsi gunung Sinabung yang setiap saat bisa saja terjadi.

Namun Kini 450 siswa di dua sekolah (SDN 040485 dan 040486) tampak

bergembira, karena sudah mendapatkan bangunan sekolah baru. Bangunan sekolah itu merupakan bantuan dari Tupperware Indonesia.

Bangunan dengan warna dominan pink tersebut berkonsep sementara sehingga disebut Temporary School Integrated (TSI), dan diresmikan Bupati Kabupaten Tana Karo, Terkelin Brahmana, Minggu (9/8) di Jalan Kabanjehe, Kutabuluh, Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Peresmian dilakukan dengan melakukan pemotongan pita oleh Bupati. Hadir menyaksikan peresmian tersebut Direktur Marketing Tupperware, Nurlaila Hidayati, Public Relation Tupperware Armytati Hanum Kasminto dan sejumlah perangkat

BRANCH

n Muhajir

Sekolah Baru,Hadiah Indah Tupperware untuk 450 Siswa Korban Sinabung

Page 55: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 55

Sekolah Baru,Hadiah Indah Tupperware untuk 450 Siswa Korban Sinabung

pemerintah tingkat kabupaten, kecamatan dan desa. Sejumlah relawan ACT yang dikomandani Susanto Ginting juga hadir dalam acara tersebut.

Pembangunan gedung sekolah ini merupakan Program Cause Related Marketing (CRM) Tupperware, yang dilakukan satu tahun sekali. “Program tahun lalu kami membelikan ambulans, untuk tahun ini bersama ACT membangun sekolah untuk pengungsi Sinabung,” jelas Armytati Hanum Kasminto.

Dalam sambutannya, Bupati Karo, Terkelin Brahmana mengungkapkan apresiasinya terhadap perhatian ACT dan Tupperware, menurutnya pembangunan sekolah untuk pengungsi ini sangat berarti bagi siswa-siswi korban Sinabung.

“Kami mewakili Masyarakat Tana Karo mengucapkan terimakasih kepada ACT dan Tupperware yang telah membangun sekolah ini. Kami sangat berharap perhatian ACT dan Tupperware tidak hanya sampai

disini saja. Karena masih banyak anak sekolah pengungsian yang sekolahnya tidak bisa digunakan,” ujar Bupati.

Sementara itu Nurlaila Hidayati, berharap dengan dibangunnya sekolah ini, anak-anak pengungsi lebih semangat lagi dan tenang dalam kegiatan belajarnya.

“Saya dengar dulu belajarnya menumpang di sekolah lain, mudah-mudahan sekarang belajarnya lebih berkualitas, setelah menempati bangunan sekolah sendiri,” tutur Nurlaila.

Tak lupa Nurlaila juga menyampaikan apresiasi atas kinerja ACT di medan bencana erupsi Gunung Sinabung.

“Saya salut dengan relawan ACT, yang juga ikut menjadi korban terdampak erupsi Sinabung, karena mereka warga sini juga, yang bersama-sama membangun sekolah ini. Untuk selanjutnya Tupperware bersama ACT akan menggelar Program Program Children Help Children (CHC), di 32 sekolah di Indonesia,” pungkasnya.n

Page 56: VOL 4 | SEPT 2015

Air merupakan kebutuhan vital bagi manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Selain itu, tentunya juga dibutuhkan tumbuhan dan hewan sebagai bahan pangan yang selalu dibutuhkan. Kemarau panjang yang melanda sebagian besar wilayah di Tanah Air menyebabkan kekeringan hingga melumpuhkan berbagi sendi kehidupan; lumpuhnya ladang pertanian dan peternakan, krisis air untuk konsumsi sehari-hari, memburuknya sanitasi serta munculnya berbagai masalah kesehatan.

Global Wakaf dari ACT menginisiasi program Wakaf Sumur untuk memperoleh sumber air baru di wilayah kekeringan dengan mencari titik potensi sumber mata air, lalu membangun infrastrukturnya. Saatnya alirkan bahagia, ringankan duka dahaga saudara sebangsa.

BSM # 166 002 1212 | MANDIRI # 128 000 4555 808Salurkan wakaf Anda melalui rekening atas nama Yayasan Global Wakaf

56 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 57: VOL 4 | SEPT 2015

Air merupakan kebutuhan vital bagi manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Selain itu, tentunya juga dibutuhkan tumbuhan dan hewan sebagai bahan pangan yang selalu dibutuhkan. Kemarau panjang yang melanda sebagian besar wilayah di Tanah Air menyebabkan kekeringan hingga melumpuhkan berbagi sendi kehidupan; lumpuhnya ladang pertanian dan peternakan, krisis air untuk konsumsi sehari-hari, memburuknya sanitasi serta munculnya berbagai masalah kesehatan.

Global Wakaf dari ACT menginisiasi program Wakaf Sumur untuk memperoleh sumber air baru di wilayah kekeringan dengan mencari titik potensi sumber mata air, lalu membangun infrastrukturnya. Saatnya alirkan bahagia, ringankan duka dahaga saudara sebangsa.

BSM # 166 002 1212 | MANDIRI # 128 000 4555 808Salurkan wakaf Anda melalui rekening atas nama Yayasan Global Wakaf

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 57

Air merupakan kebutuhan vital bagi manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Selain itu, tentunya juga dibutuhkan tumbuhan dan hewan sebagai bahan pangan yang selalu dibutuhkan. Kemarau panjang yang melanda sebagian besar wilayah di Tanah Air menyebabkan kekeringan hingga melumpuhkan berbagai sendi kehidupan; lumpuhnya ladang pertanian dan peternakan, krisis air untuk konsumsi sehari-hari, memburuknya sanitasi serta munculnya berbagai masalah kesehatan.

Global Wakaf dari ACT menginisiasi program Wakaf Sumur untuk memperoleh sumber air baru di wilayah kekeringan dengan mencari titik potensi sumber mata air, lalu membangun infrastrukturnya. Saatnya alirkan bahagia, ringankan duka dahaga saudara sebangsa.

BSM # 166 002 1212 | MANDIRI # 128 000 4555 808Salurkan wakaf Anda melalui rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap

Page 58: VOL 4 | SEPT 2015

58 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

SNAPSHOOT

24

1 2

5

109

6

1. Sinergi Tupperware Dalam Program CHC (Children Helping Children) 2015 2. Aksi Bantuan Air Bersih Kekeringan Bojonegoro Jatim 3. Peresmiaan Bangunan Sementara Sekolah Dasar Untuk Anak-Anak Sekolah Pengungsi Sinabung, Sumatra Utara 4. Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Gempa di Nepal 5. Pencegahan Demam Berdarah di Jakarta 6. Peluncuran Program Global Qurban Sinergi Dengan Carrefour 7. Bantuan Sembako Untuk Warga Miskin di Indonesia Timur.

Page 59: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 59

3 4

11

7 8

12

8. Halal Bi Halal ACT - MRI Yang Dihadiri Novelis Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) Helvy Tiana Rosa, Syawal 1436 H 9. Peresmian Komplek Intergrated Communicy Centre (ICS) Oleh Wagub Aceh, Agustus 2015 10. Pelatihan Sekolah Siaga Bencana Sinergi DMII Bank Indonesia, September 2015 11. Aksi Kemanusiaan Solidaritas Untuk Rakyat Suriah di 5 Kota, September 2015 12. Kunjungan Pimpinan DPR RI Fahri Hamzah di Komplek ICS Blang Adoe, Kuta Makmur Aceh Utara Agustus 2015

Page 60: VOL 4 | SEPT 2015

DONASI KEMANUSIAAN 1 Donatur Kemanusiaan 860,000 2 Dwi Darmanto Kemanusiaan 500,001 3 Agung Fajar M Kemanusiaan 400,000 4 No Name Kemanusiaan 500,000 5 Hafdzi Maulan Kemanusiaan 548,700 6 Saka Maulana Kemanusiaan 35,000 7 Rizqi Khairun Nisa Kemanusiaan 200,000 8 Rudi Kurnia Putra Kemanusiaan 100,000 9 Sandra Suryani Kemanusiaan 20,000 10 Korry Parama A Kemanusiaan 50,000 11 Donatur Kemanusiaan 300,000 12 Korry Parama A Kemanusiaan 50,000 13 Try Fani Kemanusiaan 50,000 14 Donatur Kemanusiaan 50,000 15 Donatur Kemanusiaan 150,000 16 Donatur Kemanusiaan 100,000 17 Donatur Kemanusiaan 50,000 18 Donatur Kemanusiaan 500,000 19 Donatur Kemanusiaan 100,000 20 Donatur Kemanusiaan 100,000 21 Joko Pitoyo Kemanusiaan 200,000 22 Rizqi Khairun Nisa Kemanusiaan 300,000 23 Zhardi Kusriadi Kemanusiaan 100,000 24 Sirin Fairus Kemanusiaan 100,000 25 Nanik Prasasti Kemanusiaan 30,500 26 Donatur Kemanusiaan 100,000 27 Gina Gunarti Kemanusiaan 50,000 28 Alna Hotama Kemanusiaan 30,000 29 Andityo P. Kemanusiaan 200,000 30 Sajarotul Yakin Kemanusiaan 340,000 31 Putri Wulandari Kemanusiaan 80,000 32 Shinta Devi Oktari Kemanusiaan 25,000 33 Desi Novianti Kemanusiaan 50,000 34 Chaerina Fitri Kemanusiaan 100,000 35 Rahmat Widodo Kemanusiaan 500,000 36 Mulat Agung W Kemanusiaan 2,800,000 37 Dewi Supartini Kemanusiaan 10,000 38 Aulia Ardiansyah Kemanusiaan 10,000 39 Dini Dwi N Kemanusiaan 50,000 40 Emma Kartika C Kemanusiaan 500,000 41 Andri Potera Kemanusiaan 100,000 42 Arief Wachidien F Kemanusiaan 200,000 43 Ratu Siti Madaniah Kemanusiaan 11,111 44 Rully Indra Kelana Kemanusiaan 160,000 45 Siti Mahrunnissa Kemanusiaan 10,000 46 Nugroho W Kemanusiaan 1,000,000 47 Listya Kurnia Kemanusiaan 50,000 48 Vivi Fatchurrochma Kemanusiaan 100,000 49 Dito Anjar Istiono Kemanusiaan 200,000 50 Hanifah Fitri Kemanusiaan 1,000,000 51 Dani Adhinegoro Kemanusiaan 1,000,000 52 Annisa Balatif Kemanusiaan 50,000 53 Fatmawati Kemanusiaan 50,000 54 Deasy Herlita Kemanusiaan 25,000 55 Agung Pamuji Kemanusiaan 15,600 56 Fatimah Kemanusiaan 200,000 57 Ariesta Pratama Kemanusiaan 1,484,500 58 Donatur Kemanusiaan 200,000 59 Saddam Habbib K Kemanusiaan 50,000 60 Sintya Dico F Kemanusiaan 25,000 61 Saddam Habbib Kemanusiaan 50,000 62 Dilla Kemanusiaan 800,000 63 Yuni Yanti Kemanusiaan 200,000 64 Sugiarto Kemanusiaan 150,000 65 Nissa Kemanusiaan 200,000 66 Riky Ramadani Kemanusiaan 175,000 67 Rizki Fadilah Kemanusiaan 510,000 68 Rohis Kulon Progo Kemanusiaan 997,700 69 Dimas Setyawan Kemanusiaan 100,000 70 Dewi Supartini Kemanusiaan 30,000 71 Vergina Andini P Kemanusiaan 50,000 72 Reisha Novandita S Kemanusiaan 25,004 73 Lucky Susanto Kemanusiaan 500,000 74 Donatur Kemanusiaan 300,000 75 Sandra Suryani Kemanusiaan 500,000 76 Donatur Kemanusiaan 500,000 77 Donatur Kemanusiaan 800,000

78 Bimo Wiro Hutomo Kemanusiaan 350,000 79 Muhammad Afif Kemanusiaan 20,000 80 Reisha Novandita S Kemanusiaan 25,021 81 Yan Fitriansyah Kemanusiaan 1,000 82 Fallen J. Kemanusiaan 112,500 83 Sarni S. Kemanusiaan 240,000 84 Donatur Kemanusiaan 250,000 85 Karinidya Kemanusiaan 1,000,000 86 Nur Rezki Oktaria Kemanusiaan 500,000 87 Dewi Murni D W Kemanusiaan 150,000 88 Nuki Kemanusiaan 200,000 89 Nuki Kemanusiaan 150,000 90 Donatur Kemanusiaan 50,000 91 Donatur Kemanusiaan 50,000 92 Donatur Kemanusiaan 75,000 93 Donatur Kemanusiaan 100,000 94 M Dani Rahmawan Kemanusiaan 100,000 95 Donatur Kemanusiaan 1,000,000 96 Donatur Kemanusiaan 100,000 97 Donatur Kemanusiaan 48,000 98 Donatur Kemanusiaan 50,000 99 Donatur Kemanusiaan 1,000,000 100 Sandra Suryani Kemanusiaan 100,000 101 Donatur Kemanusiaan 350,000 102 Arfi Jayanti Kemanusiaan 500,000 103 Donatur Kemanusiaan 342,020 104 Ade Suci Purwanti Kemanusiaan 100,000 105 Irma Rahmadian T Kemanusiaan 500,000 106 Sopiyan Tsauri Kemanusiaan 50,000 107 Rizki Azharani H Kemanusiaan 700,000 108 Nisrin Tharifah Kemanusiaan 50,000 109 Muhammad T Kemanusiaan 250,000 110 Khairun Nisa Kemanusiaan 1,000,000 111 Djaenudin Kemanusiaan 200,000 112 Abdul Kohar Kemanusiaan 200,000 113 Nindya N Kemanusiaan 100,000 114 Muhammad H I H Kemanusiaan 103,000 115 Rahmilya Nurinsani Kemanusiaan 200,000 116 nani wijayanti Kemanusiaan 300,000 117 Donatur Kemanusiaan 1,000,000 118 Ahmad Balya I Kemanusiaan 800,000 119 Ratna Aditia Kemanusiaan 1,000,000 120 Rissa Novria Kemanusiaan 150,000 121 Rifqi Makdudi Kemanusiaan 50,000 122 Dewi Supartini Kemanusiaan 30,000 123 Arum Wiratri Kemanusiaan 100,000 124 Ardhi Irsyadi Kemanusiaan 100,000 125 Herpan Kemanusiaan 1,000,000 126 Donatur Kemanusiaan 200,000 127 Donatur Kemanusiaan 500,000 128 Donatur Kemanusiaan 150,000 129 Donatur Kemanusiaan 200,000 130 Donatur Kemanusiaan 50,000 131 Donatur Kemanusiaan 700,000 132 Donatur Kemanusiaan 500,000 133 Uut Krismianto Kemanusiaan 100,000 134 Hamba Allah Kemanusiaan 350,000 135 Yw Kemanusiaan 800,000 136 Rahmawati Kemanusiaan 100,000 137 Herfan Ibnu H Kemanusiaan 100,000 138 Herfan Ibnu H Kemanusiaan 100,000 139 Nina Mayasari Kemanusiaan 10,000 140 Siti Mahrunnissa Kemanusiaan 10,000 141 Aulia Ardiansyah Kemanusiaan 10,000 142 Arif Hidayat Kemanusiaan 100,000 143 Dewi Supartini Kemanusiaan 30,000 144 Hamba Allah Kemanusiaan 25,000 145 Prita Indrianingsih Kemanusiaan 100,000 146 Titiek Resmisari Kemanusiaan 250,000 147 Ana Febrina Kemanusiaan 100,000 148 Phies Kemanusiaan 25,000 149 Tri Hartini Kemanusiaan 100,000 150 Purnamawati Kemanusiaan 100,000 151 Donatur Kemanusiaan 50,000 152 Donatur Kemanusiaan 50,000 153 Donatur Kemanusiaan 250,000 154 Nurazizah Kemanusiaan 100,000 155 Widi Annisa Kemanusiaan 40,000

156 Donatur Kemanusiaan 300,000 157 Yan Fitriansyah Kemanusiaan 1,000 158 No Name Kemanusiaan 50,000 159 Deddy Adi Saputra Kemanusiaan 93,000 160 Donatur Kemanusiaan 50,000 161 Donatur Kemanusiaan 50,000 162 Ernawati Kemanusiaan 400,000 163 Nanik Maryani Sip Kemanusiaan 200,000 164 Rafiq Andayana Kemanusiaan 300,000 165 Yw Kemanusiaan 800,000 166 Wahyuning Fitri Kemanusiaan 50,000 167 Privianda Vannesha Kemanusiaan 100,000 168 Zulia Laraswati Kemanusiaan 500,000 169 Rani Mei Lestari Kemanusiaan 10,000 170 Ramadhanti Safirri Kemanusiaan 120,000 171 Budi Astuti Kemanusiaan 100,000 172 Budi Astuti Kemanusiaan 100,000 173 Hamba Allah Th Kemanusiaan 1,000,000 174 Arian Surya Kemanusiaan 130,000 175 Mimi Rachmiati Kemanusiaan 100,000 176 Aster Julianti Kemanusiaan 100,000 177 Agus Suliyanto Kemanusiaan 400,000 178 Moch. Arief Risman Kemanusiaan 400,000 179 Eka Bebasari Kemanusiaan 100,000 180 Anisah M Kemanusiaan 25,000 181 Lili Kusmiati| Kemanusiaan 100,000 182 Joko Waluyo Kemanusiaan 50,000 183 Donatur Kemanusiaan 200,000 184 Donatur Kemanusiaan 242,250 185 Donatur Kemanusiaan 100,000 186 Nur Izzati Ghassan Kemanusiaan 300,000 187 Fuad Assani Kemanusiaan 350,000 188 Arya Indrathama Kemanusiaan 13,917 189 Rahayu Permata S. Kemanusiaan 500,000 190 Firli Dzulmardian Kemanusiaan 115,000 191 Arief Kurniawan Kemanusiaan 1,000,000 192 Ria Yuniartanti Kemanusiaan 550,000 193 Sandra Suryani Kemanusiaan 50,000 194 Donatur Kemanusiaan 100,000 195 Muhammad Gazali Kemanusiaan 100,000 196 Astono Andoko Kemanusiaan 1,000,000 197 Agustina R. Kemanusiaan 200,000 198 Donatur Kemanusiaan 120,000 199 Yulia Rahmadhani Kemanusiaan 50,000 200 Aditya Puspaka H Kemanusiaan 500,000 201 Markus Hermawan Kemanusiaan 10,000 202 Hamba Allah Kemanusiaan 100,000 203 Muslikhah A. Kemanusiaan 100,000 204 Hartini Moelyani Kemanusiaan 300,000 205 Septi Ayu Ardianti Kemanusiaan 20,000 206 Dewi Ayu K Kemanusiaan 100,000 207 Suci Setiawati Kemanusiaan 500,000 208 Iwan Setiawan Kemanusiaan 100,000 209 Fikri Azis Kemanusiaan 100,000 210 Fenita Faisal Kemanusiaan 200,000 211 Farah Diba GPF Kemanusiaan 50,000 212 Frieska J Puteri Kemanusiaan 100,000 213 Irma Nirmalasari Kemanusiaan 100,000 214 Rhonialdi Kemanusiaan 18,928 215 Teguh Laksono Kemanusiaan 250,000 216 Rhonialdi Kemanusiaan 18,928 217 Rhonialdi Kemanusiaan 18,928 218 Rhonialdi Kemanusiaan 18,928 219 Donatur Kemanusiaan 200,000 220 Rhonialdi Kemanusiaan 18,928 221 Donatur Kemanusiaan 250,000 222 Endah Karlina Kemanusiaan 500,000 223 Dyah Anandya Kemanusiaan 100,000 224 Rhonialdi Kemanusiaan 18,928 225 Ni Wayan Nina A Kemanusiaan 200,000 226 Donatur Kemanusiaan 334,166 227 Mega Ditta Amalia Kemanusiaan 300,000 228 Richy Tri S. Kemanusiaan 150,000 229 Ratna Mutia Kemanusiaan 500,000 230 Donatur Kemanusiaan 240,000 231 Bambang Mulyo W Kemanusiaan 100,000 232 Aske Juliawatty Kemanusiaan 100,000 233 Dinan Kemanusiaan 100,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

DAFTAR DONASIList Donatur Periode 01-30 Juni 2015

60 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 61: VOL 4 | SEPT 2015

234 Donatur Kemanusiaan 100,000 235 Adi Kemanusiaan 400,000 236 Donatur Kemanusiaan 10,000 237 Aris Munandar Kemanusiaan 100,000 238 Sunarko Kemanusiaan 400,000 239 Donatur Kemanusiaan 300,000 240 Novi Mustika Utami Kemanusiaan 262,000 241 Donatur Kemanusiaan 2,350,000 242 Ali Abdillah Kemanusiaan 700,000 243 Donatur Kemanusiaan 66,738 244 Donatur Kemanusiaan 300,000 245 Angga Dwi P Kemanusiaan 100,000 246 Angga Dwi P Kemanusiaan 100,000 247 Angga Dwi P Kemanusiaan 100,000 248 Firza Nurdiansyah E Kemanusiaan 99,000 249 Firza Nurdiansyah E Kemanusiaan 49,000 250 Donatur Kemanusiaan 50,000 251 Iis Rismawati Kemanusiaan 100,000 252 Fatmawati Kemanusiaan 50,000 253 Sumanto Kemanusiaan 100,000 254 Donatur Kemanusiaan 50,000 255 Donatur Kemanusiaan 1,000,000 256 Sherlinda Octa Y Kemanusiaan 50,000 257 Donatur Kemanusiaan 100,000 258 Adi Hardiana Kemanusiaan 11,945 259 Hamba Allah Kemanusiaan 100,347 260 Yulia Rahmadhani Kemanusiaan 50,000 261 Fikri Azis Kemanusiaan 50,000 262 Linda Kemanusiaan 100,000 263 Hamba Allah Kemanusiaan 300,000 264 Hamba Allah Kemanusiaan 100,000 265 Uceu Noorsanti D Kemanusiaan 200,000 266 Dyanita L Kemanusiaan 250,000 267 Sulistiyanto Kemanusiaan 100,000 268 Dyanita L Kemanusiaan 250,000 269 Denia Aulia Syam Kemanusiaan 350,000 270 Donatur Kemanusiaan 100,000 271 Fath Qanitah Kemanusiaan 50,000 272 Arni Tanjung Kemanusiaan 1,000,000 273 Ina Dwiana Kemanusiaan 265,000 274 Ria Mayasari Indah Kemanusiaan 150,000 275 Dewi Supartini Kemanusiaan 30,000 276 Fahrul Kemanusiaan 100,000 277 Mutia Khairunnisa Kemanusiaan 1,000,000 278 Indah Sariningrum Kemanusiaan 1,000,000 279 Saidah Dewi Kemanusiaan 100,000 280 Sunarko Kemanusiaan 400,000 281 Nana Juniarti N D Kemanusiaan 100,000 282 Denia Aulia Syam Kemanusiaan 350,000 283 Donatur Kemanusiaan 50,000 284 Donatur Kemanusiaan 200,000 285 Donatur Kemanusiaan 500,000 286 Aryo Kusuma Putra Kemanusiaan 200,000 287 Kunaah Kemanusiaan 300,000 288 Nina Mayasari Kemanusiaan 10,000 289 Wahyu Yusuf Kemanusiaan 100,605 290 Vina Yastio Kemanusiaan 100,000 291 Donatur Kemanusiaan 600,000 292 Arnowo Y Kemanusiaan 300,000 293 Istia Sukanti Kemanusiaan 900,000 294 Septia Yudhi N Kemanusiaan 300,000 295 Setyo Suhartanto Kemanusiaan 300,000 296 Donatur Kemanusiaan 600,000 297 Doni Wicaksono Kemanusiaan 100,000 298 Riswan Kemanusiaan 100,000 299 Ariefuddin Sigit Kemanusiaan 100,000 300 Ira Nirmawati Kemanusiaan 100,000 301 Laksmy Handayani Kemanusiaan 1,000,000 302 Kartikasari Kemanusiaan 50,000 303 Donatur Kemanusiaan 100,000 304 Ivrin Ardyanti Kemanusiaan 300,000 305 Muhammad Yasrie Kemanusiaan 300,000 306 Siti Nurokhani Fat Kemanusiaan 300,000 307 Riska Rahmayanti Kemanusiaan 300,000 308 Radzi Nugraha Kemanusiaan 50,000 309 Putri Rizky Dwi Kemanusiaan 100,000 310 Radzi Nugraha P Kemanusiaan 50,000 311 Donatur Kemanusiaan 300,000

312 Donatur Kemanusiaan 2,700,000 313 Triyono Nugroho Kemanusiaan 223,607 314 Fitria Gustiyana Kemanusiaan 100,000 315 Hermanuadi B Kemanusiaan 50,000 316 Fitriadi Kemanusiaan 550,000 317 Donatur Kemanusiaan 150,000 318 Donatur Kemanusiaan 145,040 319 Rony Helmi Kemanusiaan 250,000 320 Rizky Pranatadhiba Kemanusiaan 250,000 321 Ogi Yuanto P. Kemanusiaan 50,000 322 Muhammad Al Fat Kemanusiaan 103,457 323 Yusni Ernawati Kemanusiaan 100,000 324 Dina Apriliana Kemanusiaan 100,000 325 R. Nurtantio K Kemanusiaan 150,000 326 Dewi Supartini Kemanusiaan 10,000 327 Yan Fitriansyah Kemanusiaan 1,000 328 Khairina Cantya A Kemanusiaan 500,000 329 Nani Annisya Kemanusiaan 93,000 330 Diah Miranti Dewi Kemanusiaan 100,000 331 Ari Kurniawan Kemanusiaan 130,000 332 Dewi Ayu K Kemanusiaan 100,000 333 Dini Dwi N Kemanusiaan 200,000 334 Herlin Eka Pratiwi Kemanusiaan 250,000 335 Made C. Kemanusiaan 1,002 336 Arief R Kemanusiaan 100,000 337 Mohamad Nasir Kemanusiaan 250,000 338 Winny Sulastri Kemanusiaan 200,000 339 Muhammad R Kemanusiaan 200,000 340 Nadia Nurlaila Kemanusiaan 50,000 341 Restu Rosida Kemanusiaan 50,000 342 Donatur Kemanusiaan 50,000 343 Aida Kemanusiaan 500,000 344 Ikbal Tawakal Kemanusiaan 100,000 345 Farkhan Adiansyah Kemanusiaan 50,000 346 Rony Helmi Kemanusiaan 250,000 347 Meilina Kemanusiaan 17,500 348 Wiragita Arifni Kemanusiaan 40,000 349 Dzakira Muntaza Kemanusiaan 50,000 350 Novianty Dwi A. Kemanusiaan 500,000 351 Muhammad H Kemanusiaan 500,000 352 Fatmawati Kemanusiaan 50,000 353 Yan Fitriansyah Kemanusiaan 1,000 354 Iin Choirunisa Kemanusiaan 200,000 355 Donatur Kemanusiaan 493,500 356 Suci Kemanusiaan 250,000 357 Donatur Kemanusiaan 493,500 358 Dianti Kemanusiaan 300,000 359 Hesty Pudjiastuti Kemanusiaan 300,000 360 Donatur Kemanusiaan 293,500 361 Donatur Kemanusiaan 300,000 362 Eva Hafsah R Kemanusiaan 200,000 363 Donatur Kemanusiaan 500,000 364 Alamin M Kemanusiaan 325,000 365 Donatur Kemanusiaan 500,000 366 Firlia Kemanusiaan 100,000 367 Sandra Suryani Kemanusiaan 40,000 368 Donatur Kemanusiaan 200,000 369 Ervinta Wati Kemanusiaan 700,000 370 Nina Mayasari Kemanusiaan 10,000 371 Donatur Kemanusiaan 4,777,000 372 Martha Hidayat Kemanusiaan 300,000 373 Putri Endang Delija Kemanusiaan 200,000 374 Donatur Kemanusiaan 100,000 375 Donatur Kemanusiaan 1,000,000 376 Donatur Kemanusiaan 5,000,000 377 Hana Kostaman Kemanusiaan 50,000 378 Fikri Azis Kemanusiaan 50,000 379 Dewi Supartini Kemanusiaan 30,000 380 Nunung N Kemanusiaan 400,000 381 Murni S Kemanusiaan 5,000 382 Nurholifah Kemanusiaan 100,000 383 Dwi Novitasari Kemanusiaan 100,000 384 Lizzatul Khayuni Kemanusiaan 100,000 385 Arif Dwi Kurniawan Kemanusiaan 20,000 386 Husni Thamrin Kemanusiaan 200,000 387 Riri Riyanto Kemanusiaan 250,000 388 Edi Purwanto Kemanusiaan 1,000,000 389 Donatur Kemanusiaan 40,000

390 ahmad syarif Kemanusiaan 250,000 391 Muhammad Rizal Kemanusiaan 200,000 392 Svendra Kemanusiaan 50,000 393 Andi Tenri Dala Kemanusiaan 50,000 394 Mokhamad S Kemanusiaan 100,000 395 Yusuf Awaludin Kemanusiaan 200,000 396 Akmal Pasha Se Kemanusiaan 25,000 397 Kriswanto Kemanusiaan 2,000,000 398 Donatur Kemanusiaan 100,000 399 Donatur Kemanusiaan 250,000 400 Donatur Kemanusiaan 100,000 401 Airlangga Kemanusiaan 500,000 402 Airlangga Kemanusiaan 500,000 403 Rona Nauli Kemanusiaan 250,000 404 Amini Kemanusiaan 50,000 405 Donatur Kemanusiaan 110,000 406 Haziq Al Mubaarok Kemanusiaan 20,000 407 Sandra Suryani Kemanusiaan 50,000 408 Firdha Nurul Aysia Kemanusiaan 110,000 409 Ardi Kusriadi Kemanusiaan 100,000 410 Chuzaimah A Kemanusiaan 500,000 411 Dwi Agustina E Kemanusiaan 500,000 412 Putu Hadi P Kemanusiaan 500,000 413 Fatkhul Amali Kemanusiaan 500,000 414 Indah Widya A Kemanusiaan 100,000 415 Donatur Kemanusiaan 575,000 416 Donatur Kemanusiaan 238,600 417 Muhammad R Kemanusiaan 300,000 418 Nana Kemanusiaan 10,000 419 Yunika Umar Kemanusiaan 200,000 420 Darni Yanti Kemanusiaan 100,000 421 Donatur Kemanusiaan 150,000 422 Donatur Kemanusiaan 250,000 423 Donatur Kemanusiaan 50,000 424 Donatur Kemanusiaan 250,000 425 Donatur Kemanusiaan 300,000 426 Donatur Kemanusiaan 220,000 427 Donatur Kemanusiaan 200,000 428 Donatur Kemanusiaan 200,000 429 Donatur Kemanusiaan 100,000 430 Anton Hermansyah Kemanusiaan 100,000 431 Rony Helmi Kemanusiaan 50,000 432 Nina Mayasari Kemanusiaan 10,000 433 Dewi Supartini Kemanusiaan 15,000 434 Yan Fitriansyah Kemanusiaan 1,000 435 Tania Kato Kemanusiaan 100,000 436 Tania Kato Kemanusiaan 100,000 437 Tania Kato Kemanusiaan 100,000 438 Tania Kato Kemanusiaan 100,000 439 The Cin Cai Kemanusiaan 100,000 440 Donatur Kemanusiaan 250,000 441 Siti Mahrunnissa Kemanusiaan 10,000 442 Tami Rahmilawanti Kemanusiaan 250,000 443 Pramudita Aulia Kemanusiaan 100,347 444 Rachmawati P Kemanusiaan 150,000 445 Dini Dwi Nugrahani Kemanusiaan 50,000 446 Maesaroh Kemanusiaan 100,000 447 Gina Gunarti Kemanusiaan 25,000 448 Ahmad Munib F Kemanusiaan 100,000 449 Reza Pahlevi Kemanusiaan 943,000 450 Chitra Swarna M Kemanusiaan 50,000 451 sellyana rista s Kemanusiaan 3,000,000 452 Donatur Kemanusiaan 100,000 453 Ekawati Wulandari Kemanusiaan 50,000 454 Neny Kemanusiaan 200,000 455 Donatur Kemanusiaan 50,000 456 Donatur Kemanusiaan 100 457 Anggraheni Niken Kemanusiaan 100,000 458 Donatur Kemanusiaan 100,000 459 Donatur Kemanusiaan 100,000 460 Ira Wirawaty Kemanusiaan 1,000,000 461 Sandra Suryani Kemanusiaan 50,000 462 Donatur Kemanusiaan 1,000,000 463 Ahmad Mutohir Kemanusiaan 100,000 464 Ahmad Fikron Mauli Kemanusiaan 4,115,500 465 Donatur Kemanusiaan 300,000 466 Donatur Kemanusiaan 150,000 467 Adnan Haris Kemanusiaan 200,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 61

Page 62: VOL 4 | SEPT 2015

468 A.Yasin Yanuar P Kemanusiaan 4,000,000 469 Donatur Kemanusiaan 100,000 470 Donatur Kemanusiaan 100,000 471 Yeni Kemanusiaan 200,000 472 Nurul Hikmah K Kemanusiaan 200,000 473 Arjo Widjoseno Kemanusiaan 100,000 474 Dewi Supartini Kemanusiaan 15,000 475 Hendri Prasetyo Kemanusiaan 10,555 476 Warsiah Kemanusiaan 100,000 477 Shinta Dewi K Kemanusiaan 500,000 478 Andris Chan Kemanusiaan 35,000 479 Aditya Pudi Yosa S.E Kemanusiaan 100,123 480 Attia Nurani Kemanusiaan 40,000 481 Achmad Nirwana I Kemanusiaan 3,000,000 482 Donatur Kemanusiaan 100,000 483 Ria Maya Sari Kemanusiaan 100,000 484 Muhammadiyah N Kemanusiaan 475,000 485 Apdila Safitri Kemanusiaan 500,000 486 Juliana Kemanusiaan 50,000 487 Akhsan Catur Kemanusiaan 50,000 488 Sandra Suryani Kemanusiaan 50,000 489 Furi Tri Wiyarti Kemanusiaan 50,000 490 Donatur Kemanusiaan 100,000 491 Ega Milion Kemanusiaan 50,000 492 Donatur Kemanusiaan 100,000 493 Aji Wisnu Novianto Kemanusiaan 100,000 494 Kunaah Kemanusiaan 150,000 495 Adi Hardiana Kemanusiaan 11,945 496 Azhar Gunawan Kemanusiaan 50,000 497 Aulia Ardiansyah Kemanusiaan 10,000 498 Pramudita Aulia Kemanusiaan 100,347 499 Marissa Aviana Kemanusiaan 150,000 500 Ega Milion Kemanusiaan 50,000 501 Donatur Kemanusiaan 3,771,000 502 Chusnul Chotimah Kemanusiaan 200,000 503 Yuliantina Yunus Kemanusiaan 250,000 504 No Name Kemanusiaan 127,500 505 Donatur Kemanusiaan 50,000 506 Rianawati Kemanusiaan 50,000 507 Sherlinda Octa Y Kemanusiaan 50,000 508 Uke Kemanusiaan 200,000 509 Yhanuar Ismail P Kemanusiaan 50,000 510 Amelia Putri Agustini Kemanusiaan 50,000 511 Fatmawati Kemanusiaan 50,000 512 Donatur Kemanusiaan 2,925,800 513 Tri Widowati Kemanusiaan 200,000 514 Darianto Kemanusiaan 35,000,000 515 Donatur Kemanusiaan 100,000 516 Syafruddin Zakaria Kemanusiaan 100,000 517 Cristianti Farisa Kemanusiaan 50,000 518 Radzi Nugraha P Kemanusiaan 50,000 519 Radzi Nugraha P Kemanusiaan 50,000 520 Siti Nabilah Kemanusiaan 500,000 521 Amirsyah Kemanusiaan 50,000 522 Hamba Allah Kemanusiaan 150,000 523 Aryo Kusuma Putra Kemanusiaan 150,000 524 Dina Rizkha Utami Kemanusiaan 100,000 525 Agus Kemanusiaan 100,000 526 Ahmad Rezano Kemanusiaan 100,000 527 Ahmad Rezano Kemanusiaan 100,000 528 Ahmad Rezano Kemanusiaan 100,000 529 Donatur Kemanusiaan 150,000 530 Dina Apriliana Kemanusiaan 100,000 531 Hamba Allah Kemanusiaan 100,000 532 Afifah Zahra A. Kemanusiaan 100,000 533 Donatur Kemanusiaan 525,000 534 Donatur Kemanusiaan 4,000,000 535 Donatur Kemanusiaan 250,000 536 Donatur Kemanusiaan 100,000 537 Rusdianah Kemanusiaan 50,000 538 Rusdianah Kemanusiaan 50,000 539 Rusdianah Kemanusiaan 50,000 540 Ahmad Alimuddin Kemanusiaan 12,500 541 Ismayanti Kemanusiaan 100,000 542 Gina Gunarti Kemanusiaan 50,000 543 Nurmuayyadah Kemanusiaan 170,000 544 Intan Maulidiyani Kemanusiaan 200,000 545 Yan Fitriansyah Kemanusiaan 1,000

546 Sinta Rahmadani Kemanusiaan 200,000 547 Donatur Kemanusiaan 700,000 548 Donatur Kemanusiaan 650,000 549 Donatur Kemanusiaan 200,000 550 Donatur Kemanusiaan 350,000 551 Muhammad Hilman F Kemanusiaan 500,000 552 Setiawati Kemanusiaan 500,000 553 Aulia Ardiansyah Kemanusiaan 150,000 554 Maulidina Fitria Kemanusiaan 1,000,000 555 Teti Armiati Argo Kemanusiaan 200,000 556 Sigit Pramono Kemanusiaan 709,394 557 Itasika Praditha H Kemanusiaan 40,000 558 Citra Ari Pramita Kemanusiaan 100,000 559 Balqis Muharamy Kemanusiaan 50,000 560 Donatur Kemanusiaan 300,000 561 Donatur Kemanusiaan 1,000,000 562 Indah Purnama Sari Kemanusiaan 25,000 563 Donatur Kemanusiaan 150,000 564 Donatur Kemanusiaan 100,000 565 Donatur Kemanusiaan 709,394 566 Donatur Kemanusiaan 100,000 567 Rianti Kemanusiaan 25,000 568 Donatur Kemanusiaan 200,000 569 Donatur Kemanusiaan 500,000 570 Nina Mayasari Kemanusiaan 10,000 571 Aprianto Nugroho Kemanusiaan 200,000 572 Donatur Kemanusiaan 500,000 573 Suryo Jumajitin Kemanusiaan 150,000 574 Fikri Azis Kemanusiaan 50,000 575 Saiful Rijal Kemanusiaan 50,000 576 Titiek Resmisari Kemanusiaan 500,000 577 Donatur Kemanusiaan 500,000 578 Nur Rezki Oktaria Kemanusiaan 300,000 579 Dini Dwi Nugrahani Kemanusiaan 50,000 580 Donatur Kemanusiaan 2,000,000 581 Wie Kemanusiaan 100,000 582 Boyke Rahman Dwi F Kemanusiaan 1,000,000 583 Dewangga Dwinanda Kemanusiaan 50,000 584 Zafira Kalisha Kha Kemanusiaan 100,000 585 Akmal Farad Kemanusiaan 100,000 586 Ayu Purborini Kemanusiaan 100,000 587 Basuki Setyadi Graha Kemanusiaan 100,000 588 Farkhan Adiansyah Kemanusiaan 50,000 589 Donatur Kemanusiaan 100,000 590 Kurniati Kemanusiaan 100,000 591 Taris Suprayitno Kemanusiaan 450,000 592 Mahdiah Kemanusiaan 100,000 593 Imam Habibi Kemanusiaan 15,000 594 Kuwat Karyadi Kemanusiaan 125,000 595 Hamba Allah Kemanusiaan 133,300 DONASI QURBAN 596 Suhendra Qurban 1,600,000 597 Tri Supriyono Qurban 150,000 598 Mutiar Rahmat Aminarto Qurban 1,600,011 599 Arika Nurvadilah Qurban 1,600,000 600 Sumbodo Samsoni Qurban 1,600,000 601 Neutron Afriansyah Qurban 1,600,000 602 Ferdy Kurniawan Qurban 1,600,000 603 Anisa Mahardini Qurban 200,000 604 Siti Wahidah Qurban 1,600,000 605 Fengky Qurban 200,000 606 Media Primawati Qurban 1,600,000 607 Istiqomah Qurban 360,000 608 Yuni Yanti Qurban 200,000 609 Rakhmat Saleh Qurban 200,000 610 Hermawan Eka H. Qurban 1,650,123 611 Dessy Pramudhita H. Qurban 1,000,000 612 Oni Budipramono Qurban 200,000 613 Donatur Qurban 300,000 614 Chrysant Qurban 300,000 615 Koko Triyanto Qurban 700,000 616 Maryam Sumartini Qurban 1,650,000 617 Khairu Rizki Qurban 400,000 618 Ibu Evi Nursyanti Qurban 500,000 619 Vera Rahmah Qurban 500,000 620 Rhonialdi Qurban 257,143 621 Arraswita Qurban 1,650,000

622 Gita Dwi Winarti Qurban 1,650,000 623 Ria Kurniawati Qurban 1,650,000 624 Leni Yulis Susanti Qurban 1,600,000 625 Zentia Main Qurban 1,650,000 626 Ria Mayasari Indah Qurban 250,000 627 Firmani Qurban 100,000 628 Elyuni P. Winita Qurban 1,700,000 629 Nandita Harmina Qurban 300,000 630 Ida Sinulingga Qurban 1,600,000 631 Chefi Amalia Qurban 1,650,000 632 Tri Syawal Qurban 1,650,000 633 Hari Purnomo Qurban 1,650,000 634 Ade Iryanto Qurban 1,650,000 635 Imam Rachmat Wahyudi Qurban 1,650,000 636 A.Yasin Yanuar P Qurban 11,550,000 637 Nandita Harmina Qurban 200,000 638 Windy Mardiqa Riani Qurban 1,650,000 639 Donatur Qurban 100,000 640 Bambang Indriyanto Qurban 1,650,000 641 Diana Nursanti Qurban 1,650,000 642 Deddy Armunanto Qurban 1,650,000 DONASI SKDI 643 Suhaeni SKDI 150,000 644 Joko Purwanto SKDI 10,000 645 Reny Arriyana,ir SKDI 100,000 646 Suharyanto SKDI 250,000 647 Dea Perdana SKDI 250,000 648 Ade Setiadi Aulia SKDI 100,000 649 Muhammad Ridho SKDI 1,456,789 650 Johan Ali Safii SKDI 100,000 651 Umi Chotijah SKDI 921,500 652 Gendisa Yuliasti SKDI 150,000 653 Arif Rahman SKDI 20,000 654 Triana SKDI 100,000 655 Abdullah Toha Drs SKDI 1,000,000 656 H Mohammad Kharis SKDI 100,000 657 Yeni Kusumawati SKDI 300,000 658 Lilis Lisnawati SKDI 45,000 659 Adie Iswansyah SKDI 200,000 660 Siti Rohima SKDI 200,000 661 Mutia Rizki SKDI 150,000 662 Riko Wijaya SKDI 200,000 663 Herry Agus Purnomo SKDI 200,000 664 Roki Aprianto SKDI 1,000,000 665 Siska Oktavia SKDI 130,000 666 Nurlaila Eka Ratna SKDI 100,000 667 Katri Wulandari SKDI 250,000 668 Amir Roziqin SKDI 100,000 669 Reza Pahrevi R SKDI 50,000 670 Siti Munawaroh SKDI 800,000 671 Donatur SKDI 100,000 672 Puteri Sarah N. SKDI 150,000 673 Donatur SKDI 100,000 674 Saka Maulana SKDI 50,000 675 Novianto Rizano SKDI 250,000 676 Reny Arriyana SKDI 100,000 677 Donatur SKDI 100,000 678 Wiji Astutik SKDI 100,000 679 Yuvicky Zarzino SKDI 100,000 680 Syafrian Abra H. SKDI 200,000 681 Chairin Nisa SKDI 200,000 682 Isnaini Fahru Razi SKDI 100,000 683 Irma Agustina SKDI 60,000 684 Intan Wening H. SKDI 50,000 685 Ariyansyah Silalah SKDI 15,000 686 Agus Robikhin SKDI 150,000 687 Emiel Noor Kautsar SKDI 100,000 688 Rizqi Khairun Nisa SKDI 200,000 689 Marsudi SKDI 100,000 690 Yuni Afrida SKDI 200,000 691 Fitri Yani SKDI 100,000 692 Hamba Allah SKDI 50,000 693 Rohmat Budisetiawan SKDI 50,000 694 Holpu Ronal Ambarita SKDI 650,000 695 Wanda Juwanda SKDI 100,000 696 Fatkhur Rahman SKDI 100,000 697 Devi SKDI 150,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

DAFTAR DONASIList Donatur Periode 01-30 Juni 2015

62 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 63: VOL 4 | SEPT 2015

698 Robby Jaya SKDI 2,000 699 Yasser Ferdinansyah G. SKDI 320,000 700 Donatur SKDI 1,000,000 701 Donatur SKDI 50,000 702 Donatur SKDI 150,000 703 Ristanti Isnaini SKDI 100,000 704 Wawan SKDI 100,000 705 Rosi Nuraeni Yusfi SKDI 200,000 706 Syamsinar St SKDI 350,000 707 Hasmida SKDI 700,000 708 Miyuki SKDI 50,000 709 Donatur SKDI 1,000,000 710 Budiono SKDI 250,000 711 Rahma Hidayati SKDI 300,000 712 Hamba Allah SKDI 50,000 713 Ajeng Swariyanatar Putri SKDI 40,000 714 Siti Meliah SKDI 50,000 715 Mutiara Effendi SKDI 200,000 716 Mochamad Taufik SKDI 150,000 717 Sutisna SKDI 50,000 718 Siti Rohmawati SKDI 100,000 719 Andi Tenri Dala SKDI 50,000 720 Nina Kurniasari SKDI 1,000,000 721 Salahuddin A. SKDI 50,000 722 Andri Saputra SKDI 150,000 723 Dahlia Rahmawati M SKDI 100,000 724 Rina Agustini SKDI 150,000 725 Lia Dahlia SKDI 179,000 726 Shafa Khairun Nisa SKDI 300,000 727 Lutfia Esturini SKDI 150,000 728 Sukarmiati SKDI 100,000 729 Raja M L Tobing SKDI 250,000 730 Riski Akbar SKDI 100,000 731 Astiwi Purmawati SKDI 100,000 732 Luthfi SKDI 25,000 733 Bangun Widya Utomo SKDI 100,000 734 Eva Setiawan SKDI 50,000 735 Rokhedi Priyo S. SKDI 500,000 736 Dharmawansyah SKDI 50,000 737 Syawaludin SKDI 10,000 738 Niken R. SKDI 3,000,000 739 Arif Maulana SKDI 200,000 740 Muhammad Khoirush SKDI 400,000 741 Diah Retno Anggari SKDI 1,000,000 742 Tegar SKDI 500,000 743 R Lucky P. SKDI 100,000 744 Hermawan SKDI 250,000 745 Faisal Putra Sanja SKDI 75,000 746 Baidowi SKDI 100,000 747 Ola Yushar Yah SKDI 2,000,000 748 Joko Lelono SKDI 500,000 749 Joko Lelono SKDI 500,000 750 Johan Suhardima SKDI 100,000 751 Juliyana Rahmawati SKDI 100,000 752 Nadiah Nurul I. SKDI 500,000 753 Entin Mulyasari SKDI 150,000 754 Reza Andri Putra SKDI 100,000 755 Yayat Ruhiyat SKDI 300,000 756 Noovieta Yunita SKDI 20,000 757 Oktaviyanti SKDI 50,000 758 Diah Ipma Flh SKDI 150,000 759 Astrid Yulinda SKDI 1,500,000 760 Gangsar Pariyan SKDI 50,000 761 Ihsan Muslihat SKDI 500,000 762 Laksono Sucahyo SKDI 100,000 763 Yudhy Iskandar SKDI 500,000 764 Muhammad Gamell SKDI 500,000 765 Inessa Tyasthinaya SKDI 200,000 766 Amiril M. SKDI 100,000 767 Rinda T SKDI 200,000 768 Jeffry Aryanto SKDI 100,000 769 Yulia Riyana SKDI 100,000 770 M Taufik Nur A. SKDI 100,000 771 Sine Nivarita SKDI 300,000 772 Ayu Nuryani SKDI 50,000 773 Iwan Taruna SKDI 50,000 774 Keen Nasyitoh SKDI 300,000 775 Fajar Zikri SKDI 100,000

776 Taufan Raja Toha SKDI 1,000,000 777 Ferah Nopitasari SKDI 100,000 778 Renny Retnowati SKDI 100,000 779 Sri Wulan Suci SKDI 100,000 780 Meta Mayangsari SKDI 50,000 781 Boy Irzal SKDI 10,000 782 Mohammad Rizki Z. SKDI 10,000 783 Rahmat Suryanto SKDI 70,000 784 Mardono Hendrawan SKDI 250,000 785 Imam Sulaeman SKDI 200,000 786 R. Dimas Khairul Latif T SKDI 2,250,000 787 Umi Salamah SKDI 100,000 788 Bakhtiar Sopandi SKDI 100,000 789 Eko Agus Tjiptadi SKDI 100,000 790 Ariyansyah Silalah SKDI 15,000 791 Donatur SKDI 100,000 792 Miftachul Ali SKDI 100,000 793 Dwi Wijanto SKDI 100,000 794 Nur Ardiana Arsyad SKDI 200,000 795 Febri Analisto SKDI 100,000 796 Gunardi SKDI 300,000 797 Agness Novyasswara SKDI 89,000 798 Tanti Novianti SKDI 95,000 799 Rini Catur R. SKDI 50,000 800 Sumiyati SKDI 500,000 801 Suryati SKDI 100,000 802 Nur Aeni SKDI 50,000 803 Heril Edy SKDI 150,000 804 Ezil Pawesti SKDI 100,000 805 Dency Rosutristian SKDI 150,000 806 Nurdini SKDI 50,000 807 Sarah Shabrina SKDI 1,000,000 808 Rita Santoso SKDI 1,000,000 809 Musdalifah SKDI 200,000 810 Harmalinda SKDI 100,000 811 Ahmad S. SKDI 100,000 812 Lidia Puspita SKDI 200,000 813 Hj. Raldiastuti K. SKDI 1,000,000 814 Veni Astuti SKDI 100,000 815 Umar Hamzah Dicky SKDI 10,000 816 Berry Cahyo Dewantoro SKDI 1,250,000 817 Awan Mustafa Aji SKDI 300,000 818 Dian Pratiwi W. SKDI 800,000 819 Maryati SKDI 100,000 820 Damayanti SKDI 50,000 821 Ghozali S. SKDI 50,000 822 Donatur SKDI 100,000 823 Siti Aminah SKDI 500,000 824 Reshya Ulfa Larasaty SKDI 100,000 825 Dian Teguh Wijaya SKDI 100,000 826 Zaenudin F. SKDI 150,000 827 Adhitya Poernama SKDI 200,000 828 Sulistiani SKDI 500,000 829 Rully Indra Kelana SKDI 150,000 830 Damayanti SKDI 36,000 831 Ahasa Prima Nusa P SKDI 500,000 832 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 833 Nasokha SKDI 10,000 834 Siti Marhati SKDI 2,000,000 835 Ariyansyah Silalah SKDI 15,000 836 Alyah SKDI 400,000 837 Yus Ibnu Yasin Amd SKDI 200,000 838 Ikhsanudin SKDI 20,000 839 Aminoto Unzir SKDI 250,000 840 Barra Syawqi SKDI 500,000 841 Donatur SKDI 10,000 842 Donatur SKDI 100,000 843 Donatur SKDI 500,000 844 Mussa Giovani SKDI 50,000 845 Donatur SKDI 500,000 846 Donatur SKDI 274,000 847 Donatur SKDI 100,000 848 Donatur SKDI 100,000 849 Donatur SKDI 500,000 850 Donatur SKDI 100,000 851 Donatur SKDI 10,000 852 Donatur SKDI 100,000 853 Donatur SKDI 200,000

854 Donatur SKDI 200,000 855 Rendy Eka Pratama SKDI 200,000 856 Bimo Ariadi SKDI 500,000 857 Donatur SKDI 100,000 858 Irma Suryani SKDI 1,000,000 859 Sendra Dwi Agustina SKDI 100,000 860 Erniana SKDI 50,000 861 Irfan Wahyudi SKDI 300,000 862 Helza Nova Lita SKDI 100,000 863 Donatur SKDI 100,000 864 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 865 Nofitasari SKDI 200,000 866 Ermy Indri Angesti SKDI 300,000 867 Helmy Arnaldy SKDI 500,000 868 Yustis Nurani SKDI 100,000 869 Widodo SKDI 300,000 870 Mochamad Solikin SKDI 500,000 871 Reza Pradikta SKDI 660,000 872 Donatur SKDI 300,000 873 Donatur SKDI 300,000 874 Akmal Abdullah SKDI 200,000 875 Yoga Angangga Yogi SKDI 120,000 876 Sulaeman SKDI 200,000 877 Ida Bagus Nyoman SKDI 100,000 878 Hidayat SKDI 500,000 879 Maisaroh SKDI 100,000 880 Muhamad Lutfi Saadilah SKDI 120,000 881 Subardi SKDI 50,000 882 Dede Karyono SKDI 20,000 883 Septian W SKDI 50,000 884 Nurdin Rifai SKDI 1,000,000 885 Risthia Vika Vilanti SKDI 200,000 886 Defri Rahmadani SKDI 100,000 887 Ratna Asih SKDI 100,000 888 Donatur SKDI 460,000 889 Ika Ariesta Kusumawati SKDI 975,000 890 Faiqa Himma Emalia SKDI 1,250,000 891 Andry Ali D. SKDI 200,000 892 Laila Alfizanna SKDI 100,000 893 Donatur SKDI 20,000 894 Nuzlul Musdalifah SKDI 50,000 895 Winayu Budi Wardhani SKDI 200,000 896 Sherly Rezky SKDI 150,000 897 Donatur SKDI 40,000 898 Rusdiati Utami SKDI 100,000 899 Ariya Purnamasari Dewi SKDI 200,000 900 Donatur SKDI 230,000 901 Rawindro SKDI 100,000 902 Hamba Allah SKDI 50,000 903 Muhammad Nizam D SKDI 100,000 904 Tyna Rahim Dwiardhika SKDI 700,000 905 Deni Rahmawan SKDI 300,000 906 Catur Bayu Setyawan SKDI 500,000 907 Syaiful Hadi SKDI 100,000 908 Naufalia Firmani SKDI 100,000 909 Enny Khurniasari SKDI 150,000 910 Donatur SKDI 250,000 911 Donatur SKDI 300,000 912 Iskandar SKDI 100,000 913 Rudy Munarsah SKDI 100,000 914 Meity Elfina B SKDI 100,000 915 Ovy Oktaviani SKDI 500,000 916 Diandra Natari SKDI 1,000,000 917 Deni Fistiorini SKDI 200,000 918 Nur Annisa SKDI 150,000 919 Ahmad Suhendro C SKDI 100,000 920 Hamba Allah SKDI 200,000 921 warnoto SKDI 200,000 922 Suraidah SKDI 100,016 923 Ria Arvika SKDI 200,000 924 Harsayanto SKDI 200,000 925 Donatur SKDI 250,000 926 Donatur SKDI 60,000 927 Rian Taruna SKDI 50,000 928 Maya Puspita Sari SKDI 250,000 929 Alifiah Rachma SKDI 300,000 930 Donatur SKDI 100,000 931 Donatur SKDI 100,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 63

Page 64: VOL 4 | SEPT 2015

932 Donatur SKDI 1,020,000 933 Donatur SKDI 350,000 934 Donatur SKDI 500,000 935 Evania SKDI 20,000 936 Donatur SKDI 950,000 937 Donatur SKDI 500,000 938 Donatur SKDI 100,000 939 Donatur SKDI 25,000 940 Donatur SKDI 1,000,000 941 Donatur SKDI 1,000,000 942 Donatur SKDI 20,000 943 Donatur SKDI 100,000 944 Purwanggoro Satriohadi SKDI 1,000,000 945 Donatur SKDI 100,000 946 Donatur SKDI 50,000 947 Donatur SKDI 300,000 948 Donatur SKDI 100,000 949 Donatur SKDI 300,000 950 Donatur SKDI 60,000 951 Donatur SKDI 320,000 952 Donatur SKDI 300,000 953 Donatur SKDI 100,000 954 Donatur SKDI 60,000 955 Donatur SKDI 30,000 956 Donatur SKDI 30,000 957 Imamma Adlina Syirnova SKDI 100,000 958 Permata Ayu Widyasari SKDI 500,000 959 Ayuk Damayanti SKDI 550,000 960 Donatur SKDI 300,000 961 Muhammad Iqbal SKDI 365,000 962 Restu Aji Budi Utami SKDI 150,000 963 Ahdini Adhiatma SKDI 100,000 964 Citra Made Puspa SKDI 100,000 965 Ivan P. SKDI 375,000 966 Shasha Mercya P. SKDI 100,000 967 Elyas Nur Kholik SKDI 280,000 968 Fhemilya Indra Resvita SKDI 100,000 969 Nani Sumarni SKDI 5,000,005 970 Muchlis Bedy Novio SKDI 50,000 971 Lilik Hariadi SKDI 200,000 972 Diah Apriyanti SKDI 1,000,000 973 Millenia Tyas Sh SKDI 50,000 974 Aryawarman Mahzar SKDI 500,000 975 Tulus SKDI 300,000 976 Elva Intan Permatasari SKDI 250,000 977 Donatur SKDI 500,000 978 Donatur SKDI 100,000 979 Mistrini SKDI 507,000 980 Donatur SKDI 100,000 981 Fery Andrian Kusuma SKDI 100,000 982 No Name SKDI 100,000 983 Murlis Mudra SKDI 100,000 984 Tanpa Nama SKDI 1,000,000 985 Hesty Andre Hasan SKDI 127,500 986 Donatur SKDI 422,000 987 Melva SKDI 1,820,000 988 Donatur SKDI 200,000 989 Donatur SKDI 1,000,000 990 Wiwid Ari Hendarto SKDI 200,000 991 Anatoly Reza P. SKDI 100,000 992 Donatur SKDI 300,000 993 Donatur SKDI 100,000 994 Donatur SKDI 200,000 995 Donatur SKDI 300,000 996 Aditya Putra Pratama SKDI 178,250 997 Donatur SKDI 250,000 998 Donatur SKDI 50,000 999 Donatur SKDI 100,000 1000 Donatur SKDI 50,000 1001 Donatur SKDI 200,000 1002 Donatur SKDI 92,000 1003 Chairil H SKDI 600,000 1004 Jeri Ripaldon SKDI 100,000 1005 Donatur SKDI 100,000 1006 Donatur SKDI 100,000 1007 Masjid Polda SKDI 735,300 1008 Luna Unwanah SKDI 500,000 1009 Ibu Nur SKDI 500,000

1010 Wantikno SKDI 200,000 1011 Aisyah Budi Kurnia SKDI 100,000 1012 Harry Wibowo SKDI 100,000 1013 Zakaria SKDI 100,000 1014 Sheilla Nuraeny SKDI 50,000 1015 Sastika Dianova SKDI 300,000 1016 Titi Karsati SKDI 150,000 1017 Utami Rosmalia SKDI 50,000 1018 Sudarma Sopian SKDI 200,000 1019 Sri Pancariniwati SKDI 200,000 1020 Amritsa Genevantyo SKDI 200,000 1021 Umar Hamzah Dicky SKDI 10,000 1022 Ahmad Saefullah SKDI 50,000 1023 Winda Lestari Nasution SKDI 100,000 1024 Desi Ekawati SKDI 50,000 1025 Pengajian Khairunnisa SKDI 5,200,000 1026 Mia Martumiah SKDI 150,000 1027 Donatur SKDI 500,000 1028 Ragil Adhie Swasono SKDI 400,000 1029 Donatur SKDI 100,000 1030 Rina Indrayanti SKDI 100,000 1031 Lusyiana Legawati SKDI 50,000 1032 Muntaha SKDI 300,000 1033 Donatur SKDI 350,000 1034 Donatur SKDI 100,000 1035 Donatur SKDI 150,000 1036 Nurany Rohmatillah SKDI 150,000 1037 Diana Mauria Ratna A SKDI 1,500,000 1038 Ayu Isrovani Pratiwi SKDI 50,000 1039 Ibu Siti Muyasaroh SKDI 500,000 1040 Yossy Syarnen SKDI 50,000 1041 Nina Widaryani SKDI 100,000 1042 Nina Widaryani SKDI 100,000 1043 Laila Maya SKDI 200,000 1044 Umi Zahrowati SKDI 1,000,000 1045 Wasiyat Rohmat Pamuji SKDI 500,000 1046 Donatur SKDI 200,000 1047 Hadi Oktrianto SKDI 107,500 1048 Syifa Isnaini SKDI 150,000 1049 Yenny Melaniawati SKDI 100,000 1050 Arif Rahman SKDI 10,000 1051 Harjani SKDI 100,000 1052 Danang Agung Prasetyo SKDI 200,000 1053 Donatur SKDI 50,000 1054 Ferdhy Ardhya Putra SKDI 200,000 1055 Anggita SKDI 50,000 1056 Nur Aminah SKDI 500,000 1057 Donatur SKDI 250,000 1058 Donatur SKDI 300,000 1059 Donatur SKDI 200,000 1060 Donatur SKDI 100,000 1061 Donatur SKDI 100,000 1062 Donatur SKDI 300,000 1063 Donatur SKDI 105,000 1064 Donatur SKDI 5,000,000 1065 Donatur SKDI 50,000 1066 Ahmad Diki SKDI 30,000 1067 Hari Prasetia SKDI 40,000 1068 Astry Aprilimarwan SKDI 560,000 1069 Hari Prasetia SKDI 50,000 1070 Ghia Astri Radhita SKDI 120,000 1071 Andi Hariyanto SKDI 150,000 1072 Candra Trinugraha SKDI 300,000 1073 Dede Supryadi SKDI 250,000 1074 Diana Mauria Ratna SKDI 1,500,000 1075 Putu Indah Parwati SKDI 15,000,000 1076 Ani Kusumawati SKDI 100,000 1077 Irma Susanti SKDI 140,300 1078 Dian Yustia Sari SKDI 100,000 1079 Indah P. SKDI 100,000 1080 Cut Irdianty SKDI 1,000,000 1081 Donatur SKDI 50,000 1082 Yunita N. SKDI 150,000 1083 Shinta Erfianty SKDI 100,000 1084 Indra Adhy Wijaya SKDI 500,000 1085 Khairani SKDI 100,000 1086 Mita Mutia Rahman SKDI 100,000 1087 Yuli Wijayanti SKDI 300,000

1088 Pungki Nugroho SKDI 2,000,000 1089 Hafidz Furqonuddin SKDI 150,000 1090 F. Ardhya P. SKDI 200,000 1091 Donatur SKDI 30,000 1092 Rizka Annisa Hanif SKDI 100,000 1093 Atang Tarsidi SKDI 50,000 1094 Heri Wijanarko SKDI 175,000 1095 Aniek Ifniza Nila . S SKDI 50,000 1096 Resti Indah Pravianti SKDI 200,000 1097 Rizky Budi Mahendra SKDI 1,000,000 1098 Kania Meilasari Kamil SKDI 500,000 1099 Donatur SKDI 500,000 1100 Donatur SKDI 100,000 1101 Rinaldi Malotes SKDI 200,000 1102 Yurni Oktarina SKDI 100,000 1103 Isen Ronaldo SKDI 2,000,000 1104 Anissa Mulia SKDI 500,000 1105 Heri Purwanto SKDI 100,000 1106 Donatur SKDI 500,000 1107 Donatur SKDI 300,000 1108 Donatur SKDI 100,000 1109 Eriyadi SKDI 1,500,000 1110 Donatur SKDI 1,500,000 1111 Martono SKDI 50,000 1112 Ika Herwigiati SKDI 450,000 1113 Rena Adiyati SKDI 200,000 1114 Irma Rahmadian Thala SKDI 500,000 1115 Taufik Adi Sanjaya SKDI 1,000,000 1116 Rina Andriani SKDI 200,000 1117 Arya Galih A. SKDI 150,000 1118 Dita Himawan S. SKDI 1,300,000 1119 Lestari SKDI 50,000 1120 Rekyan SKDI 100,000 1121 Rudita Dinar P. SKDI 300,000 1122 Faizal Hafied SKDI 5,000,000 1123 Shafiyyah Irmaharianty SKDI 500,000 1124 Bp Kuswo Wahyono SKDI 1,000,000 1125 Erawati SKDI 500,000 1126 Donatur SKDI 50,000 1127 Donatur SKDI 5,000,000 1128 Syarifullah Jibran SKDI 80,000 1129 Donatur SKDI 50,000 1130 Donatur SKDI 100,000 1131 Donatur SKDI 300,000 1132 Yuniar SKDI 50,000 1133 Azwar Abdillah SKDI 150,000 1134 Didin Kristinawati M. SKDI 100,000 1135 Tanti Rachmawati SKDI 250,000 1136 Donatur SKDI 500,000 1137 Donatur SKDI 50,000 1138 Donatur SKDI 47,500 1139 Donatur SKDI 500,000 1140 Donatur SKDI 100,000 1141 Donatur SKDI 50,000 1142 Donatur SKDI 300,000 1143 Donatur SKDI 300,000 1144 Rahmad Dwi Kurniawan SKDI 100,000 1145 Donatur SKDI 300,000 1146 Donatur SKDI 50,000 1147 Donatur SKDI 100,000 1148 Aditya Prasiddha SKDI 325,000.1149 Nandita Harmina SKDI 100,000 1150 Juliasari SKDI 100,000 1151 Aditia Kusumo SKDI 50,000 1152 Ganesha M. SKDI 150,000 1153 Donatur SKDI 250,000 1154 Donatur SKDI 100,000 1155 Donatur SKDI 100,000 1156 Donatur SKDI 2,000,000 1157 Donatur SKDI 1,000,000 1158 Donatur SKDI 50,000 1159 Donatur SKDI 50,000 1160 Donatur SKDI 35,000 1161 Donatur SKDI 470,000 1162 Donatur SKDI 450,000 1163 Septia Yudhi Nugraha SKDI 1,000,000 1164 Subroto SKDI 1,000,000 1165 Patria Rhamadonna SKDI 500,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

DAFTAR DONASIList Donatur Periode 01-30 Juni 2015

64 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 65: VOL 4 | SEPT 2015

1166 Robby Jaya SKDI 2,000 1167 Sapto Widyatmiko SKDI 1,000,000 1168 Hujianto SKDI 500,000 1169 Donatur SKDI 100,000 1170 Afina Fauziyyah SKDI 175,000 1171 Donatur SKDI 150,000 1172 Lucky Dharmayanti SKDI 250,000 1173 Donatur SKDI 1,000,000 1174 Donatur SKDI 500,000 1175 Dwitra Ananda SKDI 100,000 1176 Dewi Wulandari SKDI 49,000 1177 Donatur SKDI 400,000 1178 Lestari Wulandari SKDI 500,000 1179 Siti Nurohmah SKDI 50,000 1180 Donatur SKDI 150,000 1181 Donatur SKDI 50,000 1182 Ira Astuti Nova Ranti SKDI 200,000 1183 Donatur SKDI 100,000 1184 Destri Rachmawati SKDI 300,000 1185 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 1186 Donatur SKDI 150,000 1187 Donatur SKDI 100,000 1188 Dwi Novi Esti SKDI 300,000 1189 Dede Romdoni SKDI 500,000 1190 Noviana Darmaningsih SKDI 100,000 1191 Kirana Ratnamukti SKDI 300,000 1192 Kristianto Nugroho SKDI 100,000 1193 Mari SKDI 300,000 1194 Donatur SKDI 4,025,000 1195 Donatur SKDI 80,000 1196 Donatur SKDI 1,000,000 1197 Muhammad Zaky Dzulfikar SKDI 500,000 1198 Erik Pujianto SKDI 500,000 1199 Rifian Ernando Lukmantara SKDI 100,000 1200 Sulistya SKDI 100,000 1201 cyndi natalia SKDI 200,000 1202 Arfi Jayanti SKDI 500,000 1203 Rina Meiyanti SKDI 100,000 1204 Bun Risjanto SKDI 1,000,000 1205 Yopi Yuhendra P SKDI 300,000 1206 Hj Ayu Savitri SKDI 300,000 1207 Arief Dwi Nugroho SKDI 175,000 1208 Achmad Hidayat SKDI 100,000 1209 Indra Yudistira SKDI 250,000 1210 Adinda Paramita SKDI 152,000 1211 Devi Arifianti SKDI 1,000,000 1212 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 1213 Irvan Hudji SKDI 3,000,000 1214 Ariyansyah Silalah SKDI 15,000 1215 Rosalina SKDI 250,000 1216 Diah Madusari SKDI 50,000 1217 Dewi Wulandari S F SKDI 45,000 1218 Sutrisno SKDI 25,000 1219 Cipta Normalisa SKDI 50,000 1220 Zafran Akbar SKDI 10,000 1221 Ninah Karimah SKDI 50,000 1222 Yuli Sesiowati SKDI 200,000 1223 Nuk Budiarti SKDI 330,000 1224 Nandini A M S. SKDI 100,000 1225 Donatur SKDI 200,000 1226 Romadhona Akbar Subakti SKDI 60,000 1227 Gegi Ajiardiawan Tf SKDI 300,000 1228 Donatur SKDI 100,000 1229 Nita Sahidah SKDI 250,000 1230 Marwah SKDI 1,000,000 1231 Kiswari Heri Susetyo SKDI 750,000 1232 Donatur SKDI 80,000 1233 Sahid Avendy SKDI 200,000 1234 Dian Septi A. SKDI 700,000 1235 Adji Saputro SKDI 1,000,000 1236 Riki Rachmadi SKDI 500,000 1237 Pangestu Edi Santo SKDI 1,000,000 1238 Aryo Pratomo SKDI 1,000,000 1239 Nadya Nariswari SKDI 25,000 1240 Mohammad Soleh SKDI 500,000 1241 Yudha Prakasa SKDI 71,250 1242 Fathah Dian Sari SKDI 350,000 1243 Riska Rahmadhina SKDI 100,000

1244 Ady Poerwoko SKDI 250,000 1245 Hesie Delina SKDI 1,500,000 1246 Donatur SKDI 1,370,000 1247 Arindah Nur Sartika SKDI 700,000 1248 Hendry SKDI 100,000 1249 Donatur SKDI 150,000 1250 Donatur SKDI 300,000 1251 Reni Rifianti SKDI 300,000 1252 Henny Purwati SKDI 50,000 1253 Shina Bestari SKDI 50,000 1254 Donatur SKDI 50,000 1255 Dharmayanti SKDI 50,000 1256 Yessi Kumala Sari SKDI 70,000 1257 Donatur SKDI 500,000 1258 Jarmi Nur SKDI 2,000,000 1259 Bustanul Mulyawan SKDI 200,000 1260 Rara SKDI 180,000 1261 Dini Dwi Nugrahani SKDI 50,000 1262 No Name SKDI 150,000 1263 Pienandhito SKDI 150,000 1264 Donatur SKDI 10,000 1265 Defrizal SKDI 300,000 1266 Zumar Chusniyati SKDI 300,000 1267 Sumarno SKDI 100,000 1268 Endy Gunawan SKDI 25,000 1269 Donatur SKDI 8,270,000 1270 Widoseno Pamungkas SKDI 250,000 1271 Donatur SKDI 200,000 1272 Maulana Muhammad SKDI 50,000 1273 Dede Pahad SKDI 100,000 1274 Nanang Suprianto SKDI 400,000 1275 Donatur SKDI 20,000 1276 Ika Yuliana SKDI 100,000 1277 Yuni Zaharah SKDI 50,000 1278 Diandracanti Putri SKDI 129,372 1279 Corryna Carolina SKDI 150,000 1280 Noldi Ettah SKDI 200,000 1281 Susan Leoni A. SKDI 400,000 1282 Dharma Suryani SKDI 100,000 1283 Apikko Pt SKDI 507,600 1284 Arum Soja SKDI 100,000 1285 Nasokha SKDI 10,000 1286 Vonni Anggraini SKDI 500,000 1287 Aminiyati SKDI 50,000 1288 Nita Yohana SKDI 50,000 1289 Amirah Nugrahani SKDI 200,000 1290 Suryo Bagus Dananjoyo SKDI 100,000 1291 Donatur SKDI 200,000 1292 Olla Sheffiella Ajani SKDI 100,000 1293 Donatur SKDI 500,000 1294 Ardelia Raisya SKDI 50,000 1295 Yanuar Indar K. SKDI 162,500 1296 Asih SKDI 100,000 1297 Muhammad Habibie Ibnu SKDI 103,000 1298 Ruswanef SKDI 500,000 1299 Donatur SKDI 53,000 1300 Warkana Bin Sahroni SKDI 150,000 1301 Dhian Humm SKDI 100,000 1302 Ryan SKDI 450,000 1303 Rizka Fazanauva SKDI 250,000 1304 Donatur SKDI 500,000 1305 Donatur SKDI 300,000 1306 Donatur SKDI 300,000 1307 Triyanto Sugeng Riyadi SKDI 500,000 1308 Dennis Dunan SKDI 300,000 1309 Donatur SKDI 2,023,500 1310 Donatur SKDI 150,000 1311 Donatur SKDI 300,000 1312 Bagus sudaryanto SKDI 2,500,000 1313 Amir Mamur SKDI 100,000 1314 Rina Harianti Rosmeria SKDI 250,000 1315 Anjung Faturachman V SKDI 200,000 1316 Juwita Agustin Ratnadewi SKDI 100,000 1317 Lina Marlina SKDI 85,000 1318 Iwan Hartawan SKDI 300,000 1319 Shoful Ala Fii Dini SKDI 200,000 1320 Dinar Wahyu Herlambang SKDI 1,500,000 1321 Donatur SKDI 44,000

1322 Agustina Rahayu SKDI 100,000 1323 Galih Indra Wirawan SKDI 50,000 1324 Sartika SKDI 300,000 1325 Ayudita Chandra Ajani SKDI 100,000 1326 Donatur SKDI 50,000 1327 Ardian Saksono Ajie SKDI 100,100 1328 Donatur SKDI 315,000 1329 Donatur SKDI 10,000 1330 Donatur SKDI 100,000 1331 Donatur SKDI 5,000,000 1332 Donatur SKDI 200,000 1333 Donatur SKDI 100,000 1334 Yusi SKDI 500,000 1335 Donatur SKDI 100,000 1336 Donatur SKDI 600,000 1337 Annisa Lestari SKDI 500,000 1338 Donatur SKDI 10,000 1339 Donatur SKDI 500,000 1340 Donatur SKDI 2,000,000 1341 Fariska Srilusiany SKDI 100,000 1342 Siti Syarah Lutfia SKDI 150,000 1343 Hamba Allah SKDI 50,000 1344 Nur Laila SKDI 250,000 1345 Nandik Nurwanto SKDI 200,000 1346 Tesi Intan P. SKDI 50,000 1347 Riski Pratama SKDI 100,000 1348 Yessy Namara SKDI 50,001 1349 Dilla Septia SKDI 200,000 1350 Awaludin SKDI 300,000 1351 Wita Wulandari SKDI 60,000 1352 Ali Akbar Hasyim SKDI 200,000 1353 Grendy Rezaldi Ari SKDI 50,000 1354 Donatur SKDI 10,000 1355 Donatur SKDI 5,000,000 1356 Donatur SKDI 50,000 1357 Donatur SKDI 100,000 1358 Donatur SKDI 1,000,000 1359 Donatur SKDI 350,000 1360 Donatur SKDI 50,000 1361 Donatur SKDI 500,000 1362 Donatur SKDI 100,000 1363 Donatur SKDI 200,000 1364 Donatur SKDI 100,000 1365 Donatur SKDI 50,000 1366 Donatur SKDI 100,000 1367 Donatur SKDI 100,000 1368 Donatur SKDI 300,000 1369 Linda Rahyuni SKDI 200,000 1370 Donatur SKDI 500,000 1371 Nurdin Abbas SKDI 200,000 1372 Puji Widodo SKDI 500,000 1373 Moh Nur Hermansyah SKDI 300,000 1374 Achmad Husnan Budiman SKDI 150,000 1375 Donatur SKDI 50,000 1376 Eka Nurvita Yuliasari SKDI 250,000 1377 Anisa Ikawati SKDI 100,000 1378 Donatur SKDI 300,000 1379 Bayu Agus P. SKDI 87,400 1380 Suherman SKDI 1,120,000 1381 Muhammad Ihsan Karimi SKDI 130,000. 1382 Irnawati SKDI 53,000 1383 Dayu Arifianto SKDI 500,000 1384 Robby Jaya SKDI 2,000 1385 Bondan Wirawan SKDI 20,000 1386 Atik Widianti SKDI 200,000 1387 Heru Suprihanto SKDI 500,000 1388 Basri Abdul Rahman SKDI 100,000 1389 Siti Aisyah SKDI 200,000 1390 Adhi Indra Hermanu SKDI 500,000 1391 Andi Nurcahaya SKDI 200,000 1392 Laila Alfizanna SKDI 500,000 1393 Sri Wulan SKDI 200,000 1394 Tri Niasihati SKDI 150,000 1395 Donatur SKDI 300,000 1396 Adi Kuntoro SKDI 1,000,000 1397 Gunawan Wibisono SKDI 500,500 1398 Donatur SKDI 500,000 1399 Donatur SKDI 10,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 65

Page 66: VOL 4 | SEPT 2015

1400 Donatur SKDI 50,000 1401 Donatur SKDI 150,000 1402 Rahmawati SKDI 100,000 1403 herfan ibnu hanifah SKDI 100,000 1404 Iman Satya Wirawan SKDI 250,000 1405 Nurwigati SKDI 50,000 1406 Jumyanti SKDI 200,000 1407 Dian Afrida SKDI 300,000 1408 Muchamad Irfan SKDI 200,000 1409 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 1410 Lukman Prasetyo SKDI 1,500,000 1411 Bina Listyari P. SKDI 1,000,000 1412 Ariyansyah Silalah SKDI 15,000 1413 Tafiyah SKDI 100,000 1414 Triyatno SKDI 100,000 1415 Wina Arieni SKDI 100,000 1416 Bestiaji Tejo Arin SKDI 47,029 1417 Andi Tenri Dala SKDI 50,000 1418 Tatik Nurdiana SKDI 25,000 1419 Wilma Zakiah SKDI 300,000 1420 Srifah Kenawati SKDI 200,000 1421 Laksmi Sito SKDI 100,000 1422 Donatur SKDI 500,000 1423 Dini Nurhayati SKDI 100,000 1424 Donatur SKDI 250,000 1425 Vierda Mila Nartil SKDI 500,000 1426 Nini Roihanah SKDI 1,000,000 1427 ririn SKDI 100,000 1428 Donatur SKDI 100,000 1429 Donatur SKDI 500,000 1430 Nurina Marhaeni Sakti SKDI 200,000 1431 Arman Kania SKDI 100,000 1432 Donatur SKDI 500,000 1433 Rizki Niawati SKDI 100,000 1434 Donatur SKDI 250,000 1435 Dewi Ariny SKDI 100,000 1436 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 1437 Donatur SKDI 50,000 1438 Donatur SKDI 500,005 1439 Donatur SKDI 100,000 1440 Donatur SKDI 60,000 1441 Jusmaili Nurizal SKDI 500,000 1442 Nursatya P. SKDI 50,000 1443 Donatur SKDI 250,000 1444 Teguh Daryatmo SKDI 100,000 1445 Aditya Permadi SKDI 50,000 1446 Aswal Basuki SKDI 100,000 1447 Yuliana SKDI 500,000 1448 Iman Nurjaman SKDI 500,000 1449 Setiawan Misdi SKDI 200,000 1450 David Gusan Putra SKDI 128,000 1451 Siti Komariah SKDI 23,500,000 1452 Sugiharini SKDI 100,000 1453 Yovia Meidianda SKDI 200,000 1454 Zyeni Kartika SKDI 50,000 1455 Abu Aisha SKDI 500,000 1456 Donatur SKDI 300,000 1457 Ari Reliyanto SKDI 500,000 1458 Minchairat SKDI 500,000 1459 Suryo Jumajitin SKDI 500,000 1460 Rahmat Purnomo Syaban SKDI 200,000 1461 Ahmad Affandi SKDI 200,000 1462 Slamet Riyadi SKDI 50,000 1463 Donatur SKDI 100,000 1464 Iswahyudi Agus Sinugroho SKDI 500,000 1465 Donatur SKDI 50,000 1466 Anggun Heriyanti SKDI 50,000 1467 Donatur SKDI 100,000 1468 Donatur SKDI 25,000 1469 Dita Sari Agusdini SKDI 200,000 1470 Donatur SKDI 410,000 1471 Donatur SKDI 100,000 1472 Ardhy Priyosubhekti SKDI 350,000 1473 Donatur SKDI 150,000 1474 Johan Despurwantoro SKDI 500,000 1475 Donatur SKDI 50,000 1476 Budhi Nugroho SKDI 100,000 1477 Rosya Restyanasari SKDI 50,000

1478 Rifnal Alfani SKDI 300,000 1479 Supianti SKDI 100,000 1480 Donatur SKDI 50,000 1481 Diah Ayu Nawang Wulan SKDI 1,000,000 1482 Yanti Daryanti SKDI 750,000 1483 Rachmat Mulyana SKDI 150,000 1484 Donatur SKDI 50,000 1485 Donatur SKDI 200,000 1486 Asfirna Azmir SKDI 2,000,000 1487 Donatur SKDI 500,000 1488 Donatur SKDI 200,000 1489 Muhammad Ridwan SKDI 100,000 1490 Donatur SKDI 5,000,000 1491 Donatur SKDI 200,000 1492 Donatur SKDI 50,000 1493 Donatur SKDI 120,000 1494 Erna SKDI 100,000 1495 Yw SKDI 400,000 1496 Galang Bagaskara SKDI 250,000 1497 Permas Yully SKDI 200,000 1498 Ely Prihatin SKDI 200,000 1499 Hamba Allah SKDI 50,000 1500 Bherta Legianasari SKDI 100,000 1501 Nasokha SKDI 10,000 1502 Yw SKDI 400,000 1503 Rahmi Fauziah Uci SKDI 6,600,000 1504 Herwasto K Jatmiko SKDI 500,000 1505 Sri Wahyuni SKDI 75,000 1506 Azizah SKDI 650,000 1507 Donatur SKDI 1,691,000 1508 Julianna Rezki SKDI 100,000 1509 Donatur SKDI 1,650,000 1510 Aris Priyanto SKDI 300,000 1511 Donatur SKDI 1,578,900 1512 Sri Gusneli SKDI 400,000 1513 Donatur SKDI 30,000 1514 Vika Adriati Praditriyani SKDI 100,000 1515 Ariantomi SKDI 500,000 1516 Amiruddin Masnun SKDI 150,000 1517 Madea Burhanudin SKDI 150,000 1518 Fardinah SKDI 100,000 1519 Donatur SKDI 50,000 1520 Giant Rachman Mutaqien SKDI 150,000 1521 Donatur SKDI 20,000 1522 Donatur SKDI 30,000 1523 Donatur SKDI 3,400,000 1524 Hamba Allah SKDI 50,000 1525 Wahda Fajar Arizka SKDI 300,000 1526 Donatur SKDI 1,200,000 1527 Helmi Silvia SKDI 1,000,000 1528 Dian Fajrina SKDI 300,000 1529 Nur Khasanah Fudji SKDI 100,000 1530 Donatur SKDI 500,000 1531 denny SKDI 150,000 1532 Adhi Sulastomo SKDI 300,000 1533 Donatur SKDI 800,000 1534 Donatur SKDI 100,000 1535 Donatur SKDI 150,000 1536 Muhammad Helmi K SKDI 500,000 1537 Siti Rahmawati SKDI 200,000 1538 Donatur SKDI 500,000 1539 Donatur SKDI 300,000 1540 Mirah Azizah SKDI 100,000 1541 Andi Sugiarti M. SKDI 250,000 1542 Melina Sekarsari SKDI 976,681 1543 Muhammad Edward S SKDI 100,000 1544 Hapsia SKDI 2,000,000 1545 Donatur SKDI 500,000 1546 Adi Santoso SKDI 250,000 1547 Donatur SKDI 1,000,000 1548 Karsono SKDI 3,100,000 1549 aby erry SKDI 100,000 1550 Donatur SKDI 100,000 1551 Donatur SKDI 100,000 1552 Donatur SKDI 1,683,800 1553 Donatur SKDI 2,707,400 1554 Donatur SKDI 1,011,200 1555 Donatur SKDI 100,000

1556 Donatur SKDI 210,000 1557 Donatur SKDI 100,000 1558 Donatur SKDI 500,000 1559 Yuli Rahmawati SKDI 300,000 1560 Tri Yulianto SKDI 50,000 1561 Donatur SKDI 920,000 1562 Bhakti Windraeni SKDI 50,000 1563 Dewi Rozamurtina SKDI 100,000 1564 Ergita Giana SKDI 362,000 1565 Hamba Allah SKDI 500,000 1566 Husein SKDI 500,000 1567 Hamba Allah SKDI 500,000 1568 Asep Suhendar SKDI 50,000 1569 Naimah SKDI 500,000 1570 Rivin Nurivasari SKDI 440,000 1571 Ade Maulina SKDI 200,000 1572 Elia Zakhona SKDI 50,000 1573 Gita Yusri F. SKDI 500,000 1574 Miranty SKDI 150,000 1575 Rani Ifiyanti SKDI 250,000 1576 Purnomo Wahyu H. SKDI 200,000 1577 M. Julyan Saputra SKDI 1,000,000 1578 Tri Utami W. SKDI 100,000 1579 Mohammad Rizki Z. SKDI 10,000 1580 Paidi SKDI 50,000 1581 Ainun Sarie SKDI 500,000 1582 Fachrudin Busro SKDI 2,000,000 1583 Zain Rizky SKDI 100,000 1584 Fazar Susanto SKDI 350,000 1585 Ismi Hanni SKDI 185,000 1586 Miranty SKDI 100,000 1587 Bhakti Windraeni SKDI 50,000 1588 Adhitia Pramadhita SKDI 800,797 1589 Donatur SKDI 2,866,000 1590 Utaria Gemirang SKDI 135,000 1591 Tofa Tri Bronto SKDI 50,000 1592 Sujilan SKDI 150,000 1593 Andi Manggala P SKDI 500,000 1594 Chrisdono Salim SKDI 1,284,000 1595 Fitriana Baroroh SKDI 50,000 1596 Addini Pascaramadhani SKDI 110,000 1597 Donatur SKDI 100,000 1598 Sahrul Gunawan Lubis SKDI 100,000 1599 Donatur SKDI 350,000 1600 Nurul Anisa SKDI 500,000 1601 Dian Pravita Sari SKDI 171,500 1602 Donatur SKDI 100,000 1603 Dwi Suprihatin SKDI 100,000 1604 Adin Surachim SKDI 50,000 1605 Donatur SKDI 100,000 1606 Fivit Nindya Andrawina SKDI 1,500,000 1607 Donatur SKDI 200,000 1608 Raden Satriya Pinandhita SKDI 100,000 1609 Nurhidayah SKDI 100,000 1610 Donatur SKDI 500,000 1611 Djoko Santoso SKDI 1,000,000 1612 Yudistira SKDI 200,000 1613 Herman Mukminin SKDI 150,000 1614 Donatur SKDI 100,000 1615 No Name SKDI 40,000 1616 Donatur SKDI 100,000 1617 Sujiyati SKDI 200,000 1618 Neivy Dewi Diniyar Tf SKDI 100,000 1619 Intan Caesia SKDI 70,000 1620 Andi Sugiarti M. SKDI 150,000 1621 Donatur SKDI 1,000,000 1622 Erwin Indra P SKDI 150,000 1623 Edi Purwanto SKDI 1,410,800 1624 Astrid A. SKDI 2,000,000 1625 Rita Nurhayati SKDI 3,600,000 1626 Rita Nurhayati SKDI 7,300,000 1627 Nandita Nuzul Rahmah SKDI 50,000 1628 Retno Sujati SKDI 100,000 1629 Suriyadi SKDI 50,000 1630 Annisa Maulidya Chasanah SKDI 50,000 1631 M Ghiyast Farisi SKDI 500,000 1632 Donatur SKDI 100,000 1633 Donatur SKDI 50,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

DAFTAR DONASIList Donatur Periode 01-30 Juni 2015

66 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 67: VOL 4 | SEPT 2015

1634 Idris SKDI 505,000 1635 Rosy Ahadiah SKDI 200,000 1636 Widyo Tribudi SKDI 500,000 1637 Yus Ibnu Yasin SKDI 3,000,000 1638 Chusnul Chatima SKDI 500,000 1639 Insyarah Ansafany SKDI 100,000 1640 Subianto SKDI 100,000 1641 Habibullah SKDI 500,000 1642 Donatur SKDI 300,000 1643 Donatur SKDI 100,000 1644 Donatur SKDI 50,000 1645 Donatur SKDI 50,000 1646 Donatur SKDI 100,000 1647 Donatur SKDI 200,000 1648 Euis Rusmiati SKDI 8,000,000 1649 Donatur SKDI 100,000 1650 Widya Norma Insani SKDI 1,022,695 1651 Huda Firmansyah SKDI 250,000 1652 Slamet Aprianto SKDI 200,000 1653 Yulia Rachma Putri SKDI 400,000 1654 Dr Achmad A Hinduan SKDI 3,300,000 1655 Topan Aldino T SKDI 250,000 1656 Seno Haryo Putro SKDI 100,000 1657 Suyamta SKDI 50,000 1658 Khoirun Nanik Agus SKDI 25,000 1659 Donatur SKDI 100,000 1660 Winda Purnamasari SKDI 500,000 1661 Donatur SKDI 400,000 1662 Bagus Taqwa Putera SKDI 100,000 1663 Gayuh Priaji S SKDI 100,000 1664 Laifa Rahmawati SKDI 100,000 1665 Henry Gianto SKDI 500,000 1666 Kaukab Rahmaputra SKDI 100,000 1667 Donatur SKDI 100,000 1668 Mierza Akhmar SKDI 200,000 1669 Tri Joko Purwanto SKDI 300,000 1670 Donatur SKDI 100,000 1671 Hariawan SKDI 1,150,000 1672 Mesarah SKDI 200,000 1673 Robby Jaya SKDI 2,000 1674 Ade Yusandi SKDI 200,000 1675 Donatur SKDI 300,000 1676 Sukari SKDI 200,000 1677 Wicaksono Surya Hidayat SKDI 300,000 1678 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 1679 Donatur SKDI 400,000 1680 Halimatus Sa’diyah SKDI 600,000 1681 Juntrianti SKDI 50,000 1682 Donatur SKDI 500,000 1683 Hanna SKDI 100,000 1684 Donatur SKDI 250,000 1685 Windy Widiarini SKDI 1,000,000 1686 Lina Haryanti SKDI 300,000 1687 Amalia Rahmah SKDI 500,000 1688 Asti Hapsari SKDI 1,100,000 1689 Nunung Husmidar SKDI 200,000 1690 Nanda Agustus Arif R SKDI 10,000 1691 Donatur SKDI 500,000 1692 Syahirah Aiman Abbas SKDI 200,000 1693 Pok14 SKDI 2,000,000 1694 Donatur SKDI 50,000 1695 Donatur SKDI 50,000 1696 Donatur SKDI 200,000 1697 Donatur SKDI 300,000 1698 Donatur SKDI 35,000 1699 Fajar Noviati SKDI 50,000 1700 Donatur SKDI 45,000 1701 Donatur SKDI 5,000 1702 Donatur SKDI 5,000 1703 Donatur SKDI 100,000 1704 Aryudi SKDI 200,000 1705 Elgia Mk SKDI 500,000 1706 Happy Rahma Sari SKDI 500,000 1707 Dinar Aminarti SKDI 100,000 1708 R Manzilah M F SKDI 50,000 1709 Nur Fauzia Khasanah SKDI 100,000 1710 Sunardi Hanafi Tau SKDI 200,000 1711 Vigo A Jusuf SKDI 40,000

1712 Happy Rahma Sari SKDI 500,000 1713 Kenuk Karseno Kukilo SKDI 200,000 1714 Wahyuni SKDI 25,000 1715 Besus Istiawan Amd SKDI 500,000 1716 Ariyansyah Silalah SKDI 15,000 1717 Nurul Hidayat S Pd SKDI 200,000 1718 Zafran Akbar SKDI 20,000 1719 Tri Kurnia Sri R. SKDI 200,000 1720 Nuri Restiani SKDI 715,000 1721 Nn SKDI 50,000 1722 Donatur SKDI 1,000,000 1723 Donatur SKDI 1,000,000 1724 Dhe SKDI 100,000 1725 Maulida SKDI 20,000,000 1726 Handajani Boediman SKDI 1,000,000 1727 Irma Nirmalasari SKDI 100,000 1728 Hamba Allah SKDI 2,000,000 1729 Alvin Sondi SKDI 100,000 1730 Donatur SKDI 700,000 1731 Zhafir SKDI 200,000 1732 Nn SKDI 50,000 1733 Safiul Huda SKDI 50,000 1734 Meli Wulandari SKDI 300,000 1735 Tati Fatimah SKDI 250,000 1736 Ade Suryani Hasapu SKDI 250,000 1737 Hasanah Turain Se SKDI 50,000 1738 Suparno SKDI 700,000 1739 Widya Wulansari SKDI 100,000 1740 Teguh Daryatmo SKDI 200,000 1741 Donatur SKDI 95,000 1742 Donatur SKDI 100,000 1743 Hany Krisnanti SKDI 50,000 1744 Donatur SKDI 50,000 1745 Donatur SKDI 500,000 1746 Donatur SKDI 50,000 1747 Donatur SKDI 1,005,656 1748 Mohammad Rivai Y R SKDI 100,000 1749 Dinda Ganda Resmi SKDI 100,000 1750 Donatur SKDI 100,000 1751 Donatur SKDI 200,000 1752 Anda Yani SKDI 100,000 1753 Kusuma Widyantoro SKDI 1,000,000 1754 Tri Adi Santosa SKDI 1,001,000 1755 Donatur SKDI 200,000 1756 Donatur SKDI 200,000 1757 Donatur SKDI 40,004,400 1758 No Name SKDI 10,170 1759 Rina Thamrin SKDI 250,000 1760 Donatur SKDI 5,000,000 1761 Donatur SKDI 300,000 1762 Donatur SKDI 400,000 1763 Donatur SKDI 750,000 1764 Herbrani Adi Raharjo SKDI 100,000 1765 Safirotu Khoir Kadia SKDI 10,000 1766 Donatur SKDI 300,000 1767 Inda Firliah SKDI 200,000 1768 Debby Diannita Jaya SKDI 50,000 1769 Debby Diannita Jaya SKDI 100,000 1770 Donatur SKDI 100,000 1771 Donatur SKDI 110,000 1772 Muhamad Mukmin SKDI 1,000,000 1773 Donatur SKDI 300,000 1774 Donatur SKDI 100,000 1775 Donatur SKDI 450,000 1776 Siti Meirida K. SKDI 200,000 1777 Donatur SKDI 500,000 1778 Donatur SKDI 60,000 1779 Donatur SKDI 100,000 1780 Septi SKDI 50,000 1781 Donatur SKDI 1,400,000 1782 Donatur SKDI 100,000 1783 Abu Aisha SKDI 500,000 1784 Donatur SKDI 365,000 1785 Rizky Amalia SKDI 50,000 1786 Donatur SKDI 150,000 1787 Fenita Faisal SKDI 200,000 1788 Donatur SKDI 1,925,000 1789 Achmad Ferdian SKDI 500,000

1790 Dewi Livia Sari SKDI 4,430,000 1791 Teuku Badrun SKDI 1,000,000 1792 Suci Setiawati SKDI 500,000 1793 Donatur SKDI 50,000 1794 Donatur SKDI 200,000 1795 Nita Susanti SKDI 500,000 1796 Donatur SKDI 150,000 1797 Warno D SKDI 360,000 1798 Heri Susanto SKDI 100,000 1799 Freddy Tamira SKDI 30,000 1800 Pipit Front Rismaw SKDI 300,000 1801 Nur Achmad Syaiful SKDI 300,000 1802 Riki Fachri Fachruddin SKDI 50,000 1803 Donatur SKDI 50,000 1804 Marah Dody Bernads SKDI 500,000 1805 Nugraheni Aditya SKDI 100,000 1806 Siti Hasanah SKDI 50,000 1807 Tri Agung Priyono SKDI 10,000 1808 H Ahmad Tamimi SKDI 200,000 1809 Defi Wulan Dano SKDI 100,000 1810 Mulia Nur Hapsa SKDI 795,000 1811 No Name SKDI 10,170 1812 Novita Setiawan SKDI 1,000,000 1813 Fitri Sudiningrum SKDI 500,000 1814 Donatur SKDI 500,000 1815 Sriyani SKDI 500,000 1816 Donatur SKDI 150,000 1817 Elwimina Nurjanah SKDI 25,000 1818 Donatur SKDI 100,000 1819 Koko Epriyono SKDI 50,000 1820 Donatur SKDI 100,000 1821 Prakoso SKDI 350,000 1822 Donatur SKDI 860,000 1823 Rhonialdi SKDI 18,928 1824 Surya Andi Wijaya SKDI 250,000 1825 Donatur SKDI 100,000 1826 Donatur SKDI 250,000 1827 Donatur SKDI 1,093,400 1828 Donatur SKDI 493,400 1829 Donatur SKDI 100,000 1830 Donatur SKDI 1,350,000 1831 Donatur SKDI 200,000 1832 Aulia Wahyu Lokaningsih SKDI 100,000 1833 Nyi Ayu Septiyanti SKDI 650,000 1834 Fahimah Andini SKDI 100,000 1835 Donatur SKDI 200,000 1836 Muhammad Rusdianto H SKDI 1,000,000 1837 Donatur SKDI 500,000 1838 Ridha Ulfah SKDI 300,000 1839 Ricky Sukma Wijaya SKDI 200,000 1840 Yuni Ekawati SKDI 300,000 1841 Donatur SKDI 100,000 1842 Donatur SKDI 200,000 1843 mohamad farizky cakra SKDI 150,000 1844 Donatur SKDI 215,000 1845 Donatur SKDI 50,000 1846 Aulia Idris SKDI 100,000 1847 Afie Yuliana SKDI 100,000 1848 Mayang Dewi Kurnia SKDI 500,000 1849 Triawan triawan SKDI 850,000 1850 Herly Irma Kusw SKDI 300,000 1851 Sarah Annisa SKDI 200,000 1852 Maulana SKDI 110,000 1853 Euis Ratna Kurniasih SKDI 200,000 1854 Donatur SKDI 250,000 1855 Nova Diana SKDI 150,000 1856 Arry Supratno Sh SKDI 1,000,000 1857 Yudhi Ignatia SKDI 100,000 1858 Noor SKDI 300,000 1859 Said SKDI 5,000,000 1860 Hapid SKDI 100,000 1861 Hamba Allah SKDI 250,000 1862 Ahmad Wiguna SKDI 300,000 1863 Satrio Pamungkas SKDI 1,000,000 1864 Tri Prihantini SKDI 100,000 1865 Merlinda Juwi SKDI 60,000 1866 Ibu Narti SKDI 200,000 1867 Maghfiroh SKDI 300,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 67

Page 68: VOL 4 | SEPT 2015

1868 Muhammad Taufiq L. SKDI 100,000 1869 Tri Haryadi SKDI 140,000 1870 Rhonialdi SKDI 18,928 1871 Zulkifli SKDI 300,000 1872 Agus Y SKDI 50,000 1873 Donatur SKDI 50,000 1874 Donatur SKDI 1,000,000 1875 Donatur SKDI 50,000 1876 Donatur SKDI 75,000 1877 Donatur SKDI 500,000 1878 Donatur SKDI 100,000 1879 Lisana Rachmawati SKDI 150,000 1880 Indah SKDI 50,000 1881 Tami Rahmilawanti SKDI 250,000 1882 Donatur SKDI 150,000 1883 Dini Desvalina SKDI 200,000 1884 Rachilla Michel SKDI 500,000 1885 Asih SKDI 500,000 1886 Fitriana SKDI 100,000 1887 Donatur SKDI 1,500,000 1888 Donatur SKDI 50,000 1889 Maizal Fayora SKDI 500,000 1890 Rhonialdi SKDI 18,928 1891 Yanis Soraya SKDI 200,000 1892 Reny Erawati SKDI 200,000 1893 rizki nindya puteri SKDI 330,000 1894 Tri Hutomo SKDI 50,000 1895 Jaelani SKDI 100,000 1896 Lia Kartika SKDI 50,000 1897 Ratna Mutia SKDI 500,000 1898 Abdul Gani SKDI 100,000 1899 Donatur SKDI 50,000 1900 Jaja Abdulah Galuh SKDI 250,000 1901 Opim Muhamad Teguh SKDI 5,000,000 1902 Siti Soraya SKDI 300,000 1903 Muhammad Rifq SKDI 100,000 1904 Era Wiji Susanti SKDI 40,000 1905 Donatur SKDI 500,000 1906 Mohamed Boussahla SKDI 200,000 1907 Kartika Chairunnisa SKDI 100,000 1908 Devi Purwaningati SKDI 59,364 1909 Triawan triawan SKDI 50,000 1910 Kiagus Azhar Ansori SKDI 500,000 1911 M.deny Zf SKDI 250,000 1912 Donatur SKDI 500,000 1913 Hasnah Siregar SKDI 300,000 1914 Donatur SKDI 200,000 1915 Susy Reno Sari SKDI 150,000 1916 Khafi Dari Herni SKDI 250,000 1917 Iyan Oecefa Hadi SKDI 100,000 1918 Sonia Siti Sundari SKDI 300,000 1919 Donatur SKDI 30,000 1920 Donatur SKDI 50,000 1921 Noor Okti Asria Ningsih SKDI 50,000 1922 Sakinah SKDI 50,000 1923 Donatur SKDI 100,000 1924 Donatur SKDI 5,000,000 1925 Donatur SKDI 1,250,000 1926 Donatur SKDI 100,000 1927 Donatur SKDI 150,000 1928 Donatur SKDI 102,000 1929 Donatur SKDI 50,000 1930 Donatur SKDI 2,000,000 1931 Donatur SKDI 50,000 1932 Donatur SKDI 1,000,000 1933 Donatur SKDI 50,000 1934 Donatur SKDI 200,000 1935 Donatur SKDI 250,000 1936 Sahid Avendy SKDI 425,000 1937 Nuraini SKDI 150,000 1938 Intan Nursiam SKDI 100,000 1939 Ratih Kusuma Widhy SKDI 250,000 1940 Ardi Satrya Afandi SKDI 400,000 1941 Ade Tio SKDI 50,000 1942 Hamba Allah SKDI 50,000 1943 Faris Fitriansyah SKDI 200,000 1944 Fajar Arief H. SKDI 20,000 1945 Dina Mutiara SKDI 150,000

1946 Ryndi Dwi Ziviani SKDI 50,000 1947 Yudhi Mulianto SKDI 501,000 1948 Arif Rahman SKDI 10,000 1949 Dewi Puspitasari SKDI 200,000 1950 Muhammad Amin S. SKDI 410,000 1951 Putri Mulyawati SKDI 50,000 1952 Didit Suharmawan SKDI 300,000 1953 Inderiyani Zuhdi SKDI 100,000 1954 Iwan Mulyawan SKDI 100,000 1955 Ellysmar SKDI 50,000 1956 Alvi Herpratama SKDI 300,000 1957 Karina Istiani SKDI 150,000 1958 Metty Fauziah Wardhani SKDI 300,000 1959 Donatur SKDI 200,000 1960 Diah Ratna Evyta SKDI 250,000 1961 Riris Munadiya SKDI 300,000 1962 Agustina L. SKDI 100,000 1963 Nandini A M S. SKDI 200,000 1964 Reza Arfianto SKDI 200,000 1965 Wahyu Tantular T. SKDI 500,000 1966 Donatur SKDI 200,000 1967 Adam Ganesa D. SKDI 50,000 1968 Tony Kurniawan SKDI 500,000 1969 Donatur SKDI 50,000 1970 Donatur SKDI 186,355 1971 Donatur SKDI 250,000 1972 Donatur SKDI 100,000 1973 Virlianda Sysmita SKDI 300,000 1974 Donatur SKDI 100,000 1975 Donatur SKDI 200,000 1976 Aulia Wahyu Lokaningsih SKDI 100,000 1977 Herlina Ariestawati SKDI 50,000 1978 Arisessy Maharani M SKDI 50,000 1979 Hamba Allah SKDI 50,767 1980 Rizqi Okto Priansyah SKDI 300,000 1981 Fauzan SKDI 200,000 1982 Donatur SKDI 50,000 1983 Donatur SKDI 200,000 1984 Endang Irowati SKDI 98,150 1985 Nasokha SKDI 15,000 1986 Rachma Is SKDI 25,000 1987 Novrizal Aji SKDI 50,000 1988 Helena SKDI 150,000 1989 Bambang Mulyo SKDI 250,000 1990 Anny Rakhm SKDI 50,000 1991 Angga Dwi Prasetya SKDI 200,000 1992 Angga Dwi Prasetya SKDI 100,000 1993 Kurrata Ayun SKDI 100,000 1994 Indra Srimaja Diputra SKDI 100,000 1995 Donatur SKDI 300,000 1996 Vera Rahmah SKDI 100,000 1997 Tina Yunarti SKDI 50,000 1998 Wildan SKDI 200,000 1999 Dwi Wahyuningsih SKDI 500,000 2000 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 2001 Donatur SKDI 75,000 2002 Rian Anggoro SKDI 200,000 2003 Donatur SKDI 200,000 2004 Pribadi Arif Wicaksono SKDI 100,000 2005 Donatur SKDI 200,000 2006 Risya Lahia Ayuningrum SKDI 50,000 2007 yudhie trias hananto SKDI 100,000 2008 Nanda Agustus Arif R SKDI 10,000 2009 Nur Aini Ulfah SKDI 300,000 2010 Ratna Kartika Dwi S SKDI 150,000 2011 Donatur SKDI 300,000 2012 Ibnul Qayim SKDI 200,000 2013 Dwi Astharini SKDI 1,000,000 2014 Donatur SKDI 502,000 2015 Tubagus Hamzah Achyari SKDI 50,000 2016 Donatur SKDI 50,000 2017 Dien Pristia Puspitasari SKDI 50,000 2018 Subhan SKDI 202,270 2019 Donatur SKDI 200,000 2020 Donatur SKDI 100,000 2021 Donatur SKDI 500,000 2022 Donatur SKDI 50,000 2023 Donatur SKDI 100,000

2024 Donatur SKDI 31,000 2025 Donatur SKDI 1,000,000 2026 Donatur SKDI 50,000 2027 Sri Damayanti SKDI 500,000 2028 Yulia Rahmadhani SKDI 50,000 2029 Muhamad Oprian SKDI 80,000 2030 Irman Syahriel R. SKDI 100,000 2031 Irman Syahriel R. SKDI 100,000 2032 Irman Syahriel R. SKDI 100,000 2033 Ali Mas`adi SKDI 100,000 2034 Hutami Hidayah SKDI 100,000 2035 Umar Hamzah Dicky SKDI 25,000 2036 Sri Maestina SKDI 20,000 2037 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 2038 M Erwin Saputra SKDI 300,000 2039 Dian Arifiani SKDI 1,300,000 2040 Gita Widi SKDI 60,000 2041 Nawang Astu Siwi SKDI 500,000 2042 Suyatmi SKDI 50,000 2043 Nur Islamiyah SKDI 100,000 2044 Farikhatul M SKDI 200,000 2045 Luthfi Ginanjar SKDI 100,000 2046 Ario Teguh Darmawan SKDI 100,000 2047 Siti Mandudari SKDI 2,000,000 2048 Hamba Allah SKDI 100,000 2049 Aditya Nugraha SKDI 250,000 2050 Zafran Akbar SKDI 50,000 2051 Mirza Nurul H SKDI 1,000,000 2052 Ahmad Gusmanto SKDI 100,000 2053 No Name SKDI 10,170 2054 Robby Jaya SKDI 2,000 2055 Hamba Allah SKDI 1,000,000 2056 Hartati SKDI 50,000 2057 Indah F K Dewi SKDI 100,000 2058 Donatur SKDI 200,000 2059 Donatur SKDI 50,000 2060 Donatur SKDI 1,900,000 2061 Azwir Zamrinurdin SKDI 2,000,000 2062 Rahayu Rismaladewi SKDI 1,500,000 2063 Donatur SKDI 500,000 2064 Sri Mulyaningsih SKDI 200,000 2065 Desri Aldi SKDI 200,000 2066 Donatur SKDI 50,000 2067 Rakhmad S SKDI 3,230,322 2068 Bunda Umar SKDI 1,000,000 2069 Andini Dyah Wulandari SKDI 100,000 2070 Ayu Isnaini SKDI 200,000 2071 Donatur SKDI 300,000 2072 Eka Tresnawati SKDI 100,000 2073 Arif Furqon Johansyah SKDI 200,000 2074 Linda Riana SKDI 300,000 2075 Donatur SKDI 300,000 2076 Donatur SKDI 100,000 2077 Fania Chairunisa SKDI 100,000 2078 Isnawan Haryoso SKDI 100,000 2079 Arif Furqon Johansyah SKDI 200,000 2080 Andrio Plationa SKDI 100,000 2081 Indriani SKDI 200,000 2082 Bambang Nugroho SKDI 200,000 2083 Donatur SKDI 150,000 2084 Listio Rini SKDI 100,000 2085 Henny Purwakanti R SKDI 100,000 2086 Yanuar Rachmat SKDI 50,000 2087 Syilfa Putri Subroto SKDI 100,000 2088 Siti Rahmawati SKDI 20,000 2089 Hamba Allah SKDI 500,000 2090 Aulia Havidz SKDI 300,000 2091 Dhe SKDI 50,000 2092 Donatur SKDI 250,000 2093 Donatur SKDI 200,000 2094 Annisa Linda Rahayu SKDI 50,000 2095 Ika Dewi Cahyani SKDI 500,000 2096 Tri Ayu Srikandi SKDI 100,000 2097 Hijry Hayu Widyati SKDI 500,000 2098 Carwati SKDI 100,000 2099 Julianingrum SKDI 500,000 2100 Donatur SKDI 50,000 2101 Wiwid Adriyanto SKDI 200,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

DAFTAR DONASIList Donatur Periode 01-30 Juni 2015

68 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 69: VOL 4 | SEPT 2015

2102 Tri Kartika Hutami B SKDI 600,000 2103 Donatur SKDI 50,000 2104 Ardiah SKDI 500,000 2105 Hamba Allah SKDI 25,000 2106 Muhammad Fuad Rama SKDI 50,000 2107 Indra Nugraha SKDI 10,000 2108 Tanpa Nama SKDI 100,000 2109 Siti Nurchani SKDI 2,000,000 2110 Yusriniana Nasution SKDI 100,000 2111 Yusup Setiadi SKDI 100,000 2112 Fairus SKDI 300,000 2113 Fahrul SKDI 100,000 2114 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000 2115 Hamba Allah SKDI 50,000 2116 Listiawati SKDI 50,000 2117 Shanti Hasanah SKDI 250,000 2118 Mila Susanti SKDI 1,000,000 2119 Nuraini Octavia W SKDI 200,000 2120 Syahrudin SKDI 200,000 2121 Agung Sutrisno SKDI 1,000,000 2122 Hayatun Nufus SKDI 400,000 2123 Agus Murdono SKDI 1,000,000 2124 Estu Utami SKDI 100,000 2125 Umrail SKDI 200,000 2126 Wahyu Nursyiam SKDI 100,000 2127 Yeni Mastuti SKDI 300,000 2128 Retno Hartanto SKDI 2,000,000 2129 Fatimah Arofiati Noor, M.si SKDI 200,000 2130 Donatur SKDI 1,775,000 2131 Donatur SKDI 200,000 2132 Donatur SKDI 500,000 2133 Donatur SKDI 100,000 2134 Donatur SKDI 200,000 2135 Donatur SKDI 100,000 2136 Donatur SKDI 1,000,000 2137 Donatur SKDI 200,000 2138 Donatur SKDI 75,000 2139 Donatur SKDI 100,000 2140 Donatur SKDI 200,000 2141 Donatur SKDI 300,000 2142 Yeti SKDI 300,000 2143 Donatur SKDI 500,000 2144 Donatur SKDI 50,000 2145 Donatur SKDI 100,000 2146 Donatur SKDI 100,000 2147 Donatur SKDI 75,000 2148 Donatur SKDI 250,000 2149 Donatur SKDI 99,999 2150 Donatur SKDI 2,000,165 2151 Donatur SKDI 70,000 2152 Donatur SKDI 90,000 2153 Donatur SKDI 72,000 2154 Yusi Idiawati SKDI 500,000 2155 Rohimi SKDI 50,000 2156 Novia SKDI 250,000 2157 Riswandi SKDI 1,000,000 2158 Ertoni SKDI 100,000 2159 Bertha Octarida SKDI 100,000 2160 Riki Hardian SKDI 50,000 2161 Yaliza Selvianti SKDI 300,000 2162 Adine Azaria SKDI 100,000 2163 Rahmad Harjianto SKDI 1,400,000 2164 Andi Tenri Dala SKDI 50,000 2165 Bertha Octarida SKDI 100,000 2166 Donatur SKDI 50,000 2167 Syaiful Muslim SKDI 100,000 2168 Donatur SKDI 50,000 2169 Donatur SKDI 150,000 2170 Donatur SKDI 100,000 2171 Nur Azizah SKDI 1,450,000 2172 Sonny Faizal SKDI 150,011 2173 Donatur SKDI 2,500,000 2174 Ratih Kusumawardani SKDI 100,000 2175 Deni Hermawan SKDI 300,000 2176 Dini Nurhayati SKDI 50,000 2177 Sri Hermien Socialisty SKDI 2,000,000 2178 Dwi Laila SKDI 250,000 2179 Donatur SKDI 200,000

2180 Moh Fahri A Baso SKDI 5,000,000 2181 Afrido Prayogi SKDI 150,000 2182 Dhiang Y. Dwinnisa SKDI 150,000 2183 Afrido Prayogi SKDI 150,000 2184 Arfan Hidayat SKDI 200,000 2185 Donatur SKDI 285,000 2186 Arya SKDI 300,005 2187 Kristiantoro Nurwahyono SKDI 200,000 2188 Nurul Badriyah SKDI 100,000 2189 Ira Rahimah SKDI 250,000 2190 Donatur SKDI 150,000 2191 Donatur SKDI 1,737,000 2192 R R Widyastuti SKDI 500,000 2193 Dita Tri Aditya SKDI 50,000 2194 Ratna Dewi SKDI 800,000 2195 Terri Astradika SKDI 1,000,001 2196 Donatur SKDI 170,000 2197 Muhartoyo SKDI 200,000 2198 Donatur SKDI 250,000 2199 Donatur SKDI 1,000,000 2200 Donatur SKDI 150,000 2201 Ade Candra SKDI 500,000 2202 Wahyu Tri Wibowo SKDI 100,000 2203 Stit Insida SKDI 1,178,000 2204 Irma Nurhayati SKDI 200,000 2205 Donatur SKDI 50,000 2206 Donatur SKDI 220,000 2207 Donatur SKDI 500,000 2208 Donatur SKDI 100,000 2209 Ruri Noor Aini SKDI 100,000 2210 Tantri Puspita SKDI 30,000 2211 Donatur SKDI 100,000 2212 Ifan Hamdan Farihat SKDI 70,000 2213 Donatur SKDI 300,000 2214 Husni SKDI 200,000 2215 Donatur SKDI 200,000 2216 Rima Rumania SKDI 50,000 2217 Donatur SKDI 750,000 2218 Donatur SKDI 1,000,000 2219 Donatur SKDI 300,000 2220 Crisna SKDI 100,000 2221 Donatur SKDI 100,000 2222 Donatur SKDI 35,000 2223 Donatur SKDI 500,000 2224 Donatur SKDI 100,000 2225 Donatur SKDI 500,000 2226 Rina SKDI 50,000 2227 Fajriana Atika Sari SKDI 200,000 2228 Donatur SKDI 500,000 2229 Sarwanti SKDI 200,000 2230 Donatur SKDI 100,000 2231 Donatur SKDI 100,000 2232 Wiranti Kurnia Fitri SKDI 100,000 2233 Donatur SKDI 1,000,000 2234 Zuriatil Ahda SKDI 100,000 2235 Istiqomah SKDI 150,000 2236 Donatur SKDI 1,000,000 2237 Donatur SKDI 400,000 2238 Nanang Faizal SKDI 100,000 2239 aldy prabowo SKDI 100,000 2240 Fajar Abdullah Wahyudi SKDI 89,000 2241 Setya Wibowo SKDI 150,000 2242 Malyoun Melly SKDI 50,000 2243 Dimpy Adira Ratu SKDI 500,000 2244 Eliza Ab SKDI 2,000,000 2245 Eny Purwati SKDI 100,000 2246 Eka Diah Novyanti SKDI 100,000 2247 Destiani Afriana SKDI 62,500 2248 Donatur SKDI 150,000 2249 Rahmi Fauziah Uci SKDI 2,000,000 2250 Fauzan Hamud SKDI 300,000 2251 Nadia Rahmawaty SKDI 50,000 2252 Ahmad Fauzan N I SKDI 500,000 2253 Ella Purnamasari SKDI 100,000 2254 Katerine Aryniarsi SKDI 50,000 2255 Marisya Dian W SKDI 50,000 2256 Sri Hartati Monrov SKDI 110,000 2257 Hartanto Budi SKDI 200,000

2258 Hamba Allah Wonosobo SKDI 200,000 2259 Dessy Sri Melania SKDI 500,000 2260 Suryani SKDI 500,000 2261 Hesti Kurniasari SKDI 1,000,000 2262 Erni Farida Sri Ul SKDI 200,000 2263 Kartikasari SKDI 50,000 2264 Yuldy Ayu Islamia SKDI 300,000 2265 Firly Amalia .r SKDI 1,000,000 2266 Rezia Auliannisaa SKDI 50,000 2267 Donatur SKDI 700,000 2268 Indra Muhamad Rizqi SKDI 75,000 2269 Donatur SKDI 1,000,000 2270 Yunita Kurnia Wardhani SKDI 200,000 2271 Donatur SKDI 1,000,000 2272 Donatur SKDI 50,000 2273 Donatur SKDI 200,000 2274 Yuli Sholikatin SKDI 100,000 2275 Taufiq Unggul SKDI 175,000 2276 Donatur SKDI 7,500,000 2277 Donatur SKDI 300,000 2278 Donatur SKDI 440,000 2279 Donatur SKDI 50,000 2280 Donatur SKDI 50,000 2281 Donatur SKDI 10,000 2282 Donatur SKDI 50,000 2283 Donatur SKDI 100,000 2284 Donatur SKDI 200,000 2285 Donatur SKDI 850,000 2286 Donatur SKDI 2,125,000 2287 Donatur SKDI 50,000 2288 Donatur SKDI 100,000 2289 Donatur SKDI 85,000 2290 Donatur SKDI 31,000 2291 Donatur SKDI 50,000 2292 Aulia Ulfa Yoroshi SKDI 290,000 2293 Vendra Ardika SKDI 1,000,000 2294 Ivan Sofyan SKDI 2,000,000 2295 Gali SKDI 25,000 2296 Donatur SKDI 100,000 2297 Feni Tri Utami SKDI 50,000 2298 Amalia Safitri SKDI 500,000 2299 Mohammad Syah Ronny SKDI 800,000 2300 Murni Hasibuan SKDI 200,000 2301 Donatur SKDI 50,000 2302 Ani Indriani SKDI 50,000 2303 Sugiarto SKDI 50,000 2304 Donatur SKDI 100,000 2305 Donatur SKDI 100,000 2306 Satya Kurnia Putra SKDI 250,000 2307 Donatur SKDI 30,000 2308 Donatur SKDI 50,000 2309 Mohamad Aminuddin SKDI 600,000 2310 Giri Andriyanto SKDI 100,000 2311 Maulana Fakih Latief SKDI 100,000 2312 Aryani SKDI 500,000 2313 Fatimah B I Farouk SKDI 50,000 2314 Donatur SKDI 500,000 2315 Maryoto SKDI 3,350,000 2316 Niken Puji Pangastuti SKDI 5,000,000 2317 Nia Daryani SKDI 300,000 2318 Murtiati SKDI 50,000 2319 Endah Kusuma Indriyanti SKDI 500,000 2320 Bayu Yudanto SKDI 750,000 2321 Yus Satriajaya SKDI 100,000 2322 Romadhona Akbar Subakti SKDI 60,000 2323 Sekar Satiti SKDI 9,883,000 2324 Donatur SKDI 100,000 2325 Yuli Tri Amanda SKDI 50,000 2326 Intan Kartika Restu SKDI 200,000 2327 Radzi Nugraha P SKDI 50,000 2328 Hendra Fahmi Harja SKDI 50,000 2329 Ratnasari SKDI 50,000 2330 Zanis Ismailludin SKDI 500,000 2331 Donatur SKDI 200,000 2332 Gery Hardhiarto SKDI 700,000 2333 Musa SKDI 1,000,000 2334 Enggo Dwiyanto SKDI 100,000 2335 Ade Cahyadi SKDI 100,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 69

Page 70: VOL 4 | SEPT 2015

2336 Irfan Altaf Arnur SKDI 50,000 2337 Novera Tashya Z. SKDI 50,000 2338 Wahyu Widada SKDI 100,000 2339 Novian Sugiarto SKDI 100,000 2340 Apriliana Ika Budi SKDI 800,000 2341 Zakiyah Rahmani SKDI 400,000 2342 Alvina Widhani SKDI 500,000 2343 Riesza Sudarto SKDI 100,000 2344 sri sugiarti purwitasari SKDI 90,000 2345 Donatur SKDI 500,000 2346 Nurs SKDI 50,000 2347 Donatur SKDI 100,000 2348 Dea Eriska SKDI 682,000 2349 Rama A SKDI 50,000 2350 Donatur SKDI 19,934 2351 Desmawan Putra SKDI 100,000 2352 Yuni Ismi Alviani SKDI 1,000,000 2353 Donatur SKDI 50,000 2354 Donatur SKDI 40,000 2355 Donatur SKDI 250,000 2356 Anita Sanya Al SKDI 50,000 2357 Ika Yuni A. SKDI 200,000 2358 Wahidah SKDI 100,000 2359 Reza SKDI 450,000 2360 Thoriq Rahman/ Emi Z SKDI 500,000 2361 Robby Jaya SKDI 2,000 2362 Imam Suliantoro SKDI 100,000 2363 Ibnu Sina SKDI 20,000 2364 Donatur SKDI 500,000 2365 Deby Eta Puspa Gina SKDI 167,000 2366 Donatur SKDI 37,000 2367 Lucky Rinaldy SKDI 1,000,000 2368 Muhammad Zaky SKDI 250,000 2369 Shofura SKDI 50,000 2370 Fina Octyarini SKDI 50,000 2371 Jarmi Nur SKDI 450,000 2372 Abuzar Yulianto SKDI 50,000 2373 Yeni SKDI 100,000 2374 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 2375 Rossilawati SKDI 500,000 2376 Rina Susiani SKDI 500,000 2377 Ratna Kartika Febriyanti SKDI 750,000 2378 Jehan Utami H. SKDI 500,000 2379 Joko Purwanto SKDI 10,000 2380 Sri Hartono SKDI 50,000 2381 Untung Priyanto SKDI 50,000 2382 Abd Hamid SKDI 3,000,000 2383 Gazali SKDI 100,000 2384 Adi Fidianto SKDI 35,000 2385 Leni Puspa SKDI 100,000 2386 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 2387 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000 2388 Zainul Muttaqin SKDI 80,000 2389 Ngusman SKDI 50,000 2390 Rokhmatul Laily SKDI 500,000 2391 Rahmalia Mesriana SKDI 200,000 2392 Ade Winarti SKDI 100,000 2393 Putut Gendroyono SKDI 75,000 2394 Zafran Akbar SKDI 10,000 2395 Desy Darmayanti SKDI 57,000 2396 Anik Widiani SKDI 200,000 2397 Pupu Sri Nurbayani SKDI 100,000 2398 Moch Fandi Nurrohman SKDI 200,000 2399 Andi Achmad Sanusi SKDI 1,000,000 2400 Donatur SKDI 350,000 2401 Yenny Fatriena SKDI 150,000 2402 Donatur SKDI 150,000 2403 Donatur SKDI 200,000 2404 Wikan Yekti SKDI 100,000 2405 Muhammad Ruhiyat H SKDI 100,000 2406 Jihan Asfariyah SKDI 50,000 2407 Badarudd SKDI 150,000 2408 Ananda Bestari W SKDI 30,000 2409 Deny Budiyanto SKDI 100,000 2410 Elisma SKDI 100,000 2411 Aga Setyo Purnomo SKDI 150,000 2412 Zulfiah Larisu SKDI 100,000 2413 Donatur SKDI 300,000

2414 Sulistianto SKDI 164,000 2415 Syarifah Diana Permai SKDI 200,000 2416 Afif Afandi SKDI 500,000 2417 Hamba Allah SKDI 100,767 2418 Kurniansyah SKDI 100,000 2419 Donatur SKDI 15,000 2420 Donatur SKDI 200,000 2421 Luthfi Anandra SKDI 240,000 2422 Tangguh Chairil SKDI 700,000 2423 Donatur SKDI 150,000 2424 Darmiati SKDI 200,000 2425 Siti Rusdiana Puspa Dewi SKDI 1,000,000 2426 Donatur SKDI 500,000 2427 Donatur SKDI 300,000 2428 Ariyani Noviantari SKDI 200,000 2429 Donatur SKDI 100,000 2430 Donatur SKDI 150,000 2431 Muhith Afif Syam Harahap SKDI 150,000 2432 Donatur SKDI 200,000 2433 Deliar Rifda Hilmawan SKDI 100,000 2434 Anggun Rizki Siami A SKDI 50,000 2435 Joko Suharto SKDI 200,000 2436 Khairina Cantya A SKDI 700,000 2437 Restu Wulandari SKDI 200,000 2438 Gilang Maya Gumelar SKDI 100,000 2439 Siti Rahmania SKDI 100,000 2440 Dita Andriasari SKDI 350,000 2441 Jahanzeb Naseer SKDI 10,000,000 2442 Dwi Addin Wibowo SKDI 300,000 2443 Donatur SKDI 100,000 2444 Norma Vitasari SKDI 100,000 2445 Donatur SKDI 2,000,000 2446 Eka Hamdani Zakaria SKDI 100,000 2447 Donatur SKDI 300,000 2448 Yogi Safran SKDI 1,000,000 2449 Donang Fajar Aribowo SKDI 50,000 2450 Annisa Fitriana SKDI 200,000 2451 Asti Hapsari SKDI 150,000 2452 Nurlaela Qodariyah SKDI 1,650,000 2453 Hermawan SKDI 675,000 2454 Donatur SKDI 200,000 2455 Dendri Josman SKDI 300,000 2456 Fatikhatul Inayah SKDI 50,000 2457 Indra Mega Ir SKDI 1,163,500 2458 Saeful Amry SKDI 100,000 2459 Margono SKDI 30,000 2460 Ayu Delta Puspita SKDI 50,000 2461 Umar Segaf Basri SKDI 10,000 2462 Norma Vitasari SKDI 100,000 2463 Wiwit Sugianti SKDI 100,000 2464 Sururi SKDI 20,000 2465 Sururi SKDI 100,000 2466 Sri Pratiwi SKDI 200,000 2467 Reny De Ms SKDI 250,000 2468 Sigit Irwanto SKDI 150,000 2469 Mega Putri Saraswati. SKDI 100,000 2470 Mohamad Nasir SKDI 250,000 2471 Siti Pajriah SKDI 10,000 2472 Dana Wardana SKDI 150,000 2473 Miranty SKDI 100,000 2474 Endang Setianingsi SKDI 50,000 2475 Hj Ayu Savitri SKDI 200,000 2476 Mohamad Nasir SKDI 250,000 2477 Wantikno SKDI 100,000 2478 Shina Bestari SKDI 100,000 2479 Donatur SKDI 5,000 2480 Donatur SKDI 250,000 2481 Donatur SKDI 250,000 2482 Donatur SKDI 1,000,000 2483 Donatur SKDI 200,000 2484 Donatur SKDI 100,000 2485 Donatur SKDI 50,000 2486 Donatur SKDI 2,000,000 2487 Donatur SKDI 25,000 2488 Mochammad Dani B SKDI 50,000 2489 Donatur SKDI 50,000 2490 Donatur SKDI 50,000 2491 Donatur SKDI 100,000

2492 Donatur SKDI 150,000 2493 Donatur SKDI 300,000 2494 Aga Setyo Purnomo SKDI 150,000 2495 Donatur SKDI 500,000 2496 Ella Fitriani SKDI 100,000 2497 Donatur SKDI 40,000 2498 Donatur SKDI 300,000 2499 Tanina Rani SKDI 100,000 2500 Donatur SKDI 100,000 2501 Ananda Aditya Singgih SKDI 748,892.50 2502 Nasokha SKDI 10,000 2503 Lilis Suryani SKDI 50,000 2504 Joenan Nadhir Rayhan SKDI 1,000,000 2505 Robby Jaya SKDI 2,000 2506 Etika Sari SKDI 540,000 2507 Donatur SKDI 200,000 2508 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 2509 Yuanita Mulyastuti SKDI 250,000 2510 Eashva Nazora SKDI 200,000 2511 Pribadi Islami SKDI 100,000 2512 Farah Mutmainnah Yusuf SKDI 250,000 2513 Arfika Andriyani SKDI 200,073 2514 Syawaludin SKDI 10,000 2515 Furkano Farhan Juskal SKDI 500,000 2516 Agus Mardi SKDI 150,000 2517 Mutaroh SKDI 50,000 2518 Astri Oktafianti SKDI 400,000 2519 Zaenurdin SKDI 500,000 2520 Miranti Banyuning Bumi SKDI 100,000 2521 Rangga Tri Novriadi SKDI 150,000 2522 Donatur SKDI 171,000 2523 Firman Ardyanto SKDI 1,000,000 2524 Lita Yariafifah SKDI 150,000 2525 Vera Ro SKDI 200,000 2526 Satria Dwi Parindra SKDI 1,000,000 2527 Rodianah SKDI 100,000 2528 Hendra Bayu SKDI 1,000,000 2529 Erwin Munandar SKDI 100,500 2530 Suryanto SKDI 100,000 2531 Fidia Dwi Hamiyanti SKDI 50,000 2532 Fery Lolianto SKDI 4,000,000 2533 Donatur SKDI 100,000 2534 Donatur SKDI 3,000,000 2535 Suci SKDI 250,000 2536 Akhmad Budi Cahyono SKDI 1,000,000 2537 Donatur SKDI 500,000 2538 Prita Leestia Pertiwi SKDI 350,000 2539 Donatur SKDI 200,000 2540 Donatur SKDI 100,000 2541 Isni Rahmatika Sari SKDI 47,000 2542 Arif Soleh SKDI 275,000 2543 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 2544 Eka Syafitri SKDI 150,000 2545 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000 2546 Ovit Hasanah SKDI 50,000 2547 Charles.xavier SKDI 225,000 2548 Nindya Nugerahdita SKDI 100,000 2549 Heru Subianto, St SKDI 250,000 2550 Agnatasya Listiant SKDI 150,000 2551 Sutrisno SKDI 25,000 2552 Sara Puspita (Sara) SKDI 2,000,000 2553 Nurlenawati Siagian SKDI 100,000 2554 Raisa Hayati SKDI 1,000,000 2555 Jazzyrahmah SKDI 250,000 2556 Ninik Muryanti SKDI 400,000 2557 Endang Setianingsi SKDI 50,000 2558 Hendra Leksmana Pratama SKDI 1,000,000 2559 Abuzar Yulianto SKDI 50,000 2560 Gelar Winayawidhi S SKDI 5,000 2561 Moh Afif SKDI 1,200,000 2562 Neni Wulandari SKDI 200,000 2563 Siti Rusdiana Rusma Dewi SKDI 1,000,000 2564 Yogi Sugianto SKDI 1,000,000 2565 Fidya Sutiono SKDI 600,000 2566 Donatur SKDI 300,000 2567 Tri Wijiastuti SKDI 50,000 2568 Donatur SKDI 1,250,000 2569 Rini Prastyanty SKDI 750,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

DAFTAR DONASIList Donatur Periode 01-30 Juni 2015

70 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 71: VOL 4 | SEPT 2015

2570 Fidya Sutiono SKDI 400,000 2571 Heru Susetya SKDI 650,000 2572 Jimmy Haedar Mandagie SKDI 100,000 2573 Puti Dian Budiarti Saleh SKDI 100,000 2574 Martin Adhie SKDI 500,000 2575 Donatur SKDI 115,000 2576 Vanda Piranty Viscarini SKDI 100,000 2577 Donatur SKDI 1,000,000 2578 Kiki Meliza SKDI 100,000 2579 Fenny Indriana R SKDI 100,000 2580 Nia Sari Nastiti SKDI 100,000 2581 Donatur SKDI 50,000 2582 Ninis Wiworo Andajani SKDI 500,000 2583 Mamvaluchi Aryun SKDI 500,000 2584 Indaka Pradnya R SKDI 200,000 2585 Donatur SKDI 100,000 2586 Donatur SKDI 100,000 2587 Meta Mulia Istikhasari SKDI 200,000 2588 Donatur SKDI 500,000 2589 Rini Sedyaningrum SKDI 1,000,000 2590 Donatur SKDI 1,000,000 2591 Donatur SKDI 5,000 2592 Donatur SKDI 400,000 2593 Arum Indrawati SKDI 100,000 2594 Donatur SKDI 250,000 2595 Donatur SKDI 156,000 2596 Donatur SKDI 200,000 2597 Donatur SKDI 1,000,000 2598 Donatur SKDI 200,000 2599 Donatur SKDI 50,000 2600 Donatur SKDI 100,000 2601 Donatur SKDI 100,000 2602 Donatur SKDI 775,000 2603 Donatur SKDI 50,000 2604 Donatur SKDI 35,000 2605 Rofita Aries Tursi SKDI 100,000 2606 Puti Dian Budiarti SKDI 100,000 2607 Pipi Puspitasari SKDI 100,000 2608 Ratna Fajrianita SKDI 200,000 2609 Tajudin SKDI 600,000 2610 Achmad Zaki SKDI 600,000 2611 Rani Zuliana SKDI 300,000 2612 Eni Rokhayati SKDI 300,000 2613 Sophia Fi SKDI 100,000 2614 Heninggir Astuti SKDI 100,000 2615 Dedy Anggara SKDI 100,000 2616 eva prasetiyono SKDI 100,000 2617 Donatur SKDI 15,000 2618 Donatur SKDI 200,000 2619 Alamin Mohammed SKDI 325,000 2620 Betty Millyanawati SKDI 150,000 2621 Yulias Caesar Sihombing SKDI 200,000 2622 Banu Muhammad Haidlir SKDI 500,000 2623 Robby Jaya SKDI 2,000 2624 Mochamad Agus Setiawan SKDI 100,000 2625 Donatur SKDI 100,000 2626 Rita Nurfita SKDI 100,000 2627 Donatur SKDI 5,000,000 2628 Ridha Ramadhansyah SKDI 50,000 2629 Prilly eka putri SKDI 100,000 2630 Donatur SKDI 500,000 2631 Donatur SKDI 600,000 2632 Rachmanina Listya SKDI 200,000 2633 Indra Anisa SKDI 200,000 2634 Donatur SKDI 200,000 2635 Donatur SKDI 500,000 2636 Donatur SKDI 138,000 2637 Hermawan SKDI 200,000 2638 Tanti Widiyastuti SKDI 500,000 2639 Yeti Kusmiaty SKDI 155,000 2640 Enggo Dwiyanto SKDI 100,000 2641 Annisa Pratiwi SKDI 50,000 2642 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 2643 Ghozali S. SKDI 100,000 2644 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000 2645 Donatur SKDI 200,000 2646 Abdullah SKDI 50,000 2647 Dini Nurhayati SKDI 50,000

2648 Donatur SKDI 520,000 2649 agus suyanto SKDI 500,000 2650 Fatimah SKDI 200,000 2651 Donatur SKDI 250,000 2652 Moh Rahmat Mulianda SKDI 500,000 2653 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 2654 Rm. Bagus Adrian Prandika SKDI 200,000 2655 Bagus Purnomo Aji SKDI 200,000 2656 Sukmawan Wachida SKDI 500,000 2657 Donatur SKDI 500,000 2658 Widha Wardhani SKDI 200,000 2659 Dya Audia Yunanda SKDI 30,000 2660 Hamba Allah SKDI 100,000 2661 Donatur SKDI 750,000 2662 Donatur SKDI 60,000 2663 Adi Pamungkas SKDI 350,000 2664 Donatur SKDI 200,000 2665 Donatur SKDI 100,000 2666 Bebby Ratna Meilina SKDI 100,000 2667 Sylvia Martina Hapsari SKDI 200,000 2668 Donatur SKDI 2,103,500 2669 Herry Zulkarnaen SKDI 1,000,000 2670 Donatur SKDI 1,525,000 2671 Anogi Akbar Ali SKDI 200,000 2672 Donatur SKDI 50,000 2673 Ahmad Syaroni SKDI 650,000 2674 Cahyo Susilo SKDI 400,000 2675 Nancy Madong SKDI 500,000 2676 Donatur SKDI 50,000 2677 Donatur SKDI 16,000,000 2678 Donatur SKDI 100,000 2679 Meika Puji Harini SKDI 125,000 2680 Donatur SKDI 500,000 2681 Muhammad Yafid SKDI 100,000 2682 Nendang Retno Djuwita SKDI 1,000,000 2683 Donatur SKDI 500,000 2684 Siti Fatimah SKDI 300,000 2685 Editha Anggraeni SKDI 50,000 2686 Arlis Warni SKDI 500,000 2687 Fauzantono Se SKDI 100,000 2688 Miroji SKDI 75,000 2689 Rizki Indriani T SKDI 100,000 2690 Maisaroh SKDI 100,000 2691 Donatur SKDI 200,000 2692 Amallia Pradistha SKDI 150,000 2693 Junaidi Mh SKDI 200,000 2694 M Hanief Hilmy SKDI 150,000 2695 Nurul Janah SKDI 500,000 2696 Deydri Adha SKDI 200,000 2697 Sundara SKDI 30,000 2698 Dian Kusmintowati SKDI 1,000,000 2699 Putri SKDI 100,000 2700 Donatur SKDI 500,000 2701 Donatur SKDI 500,000 2702 Dias Fitri Permatasari SKDI 50,000 2703 Donatur SKDI 2,700,000 2704 Donatur SKDI 500,000 2705 Sesmita Regar SKDI 100,000 2706 Sulistyo Yogiwanti SKDI 200,000 2707 Sulistyo Yogiwanti SKDI 300,000 2708 Alin SKDI 125,000 2709 Rio Alfiano SKDI 7,961 2710 Kris Handoko SKDI 400,000 2711 Donatur SKDI 100,000 2712 Nova Astuti SKDI 500,000 2713 Donatur SKDI 30,000 2714 Puji Lestari SKDI 200,000 2715 Indah Purnama Sari SKDI 52,358 2716 Sri Rahayu SKDI 600,000 2717 Lusika Warni Suritno SKDI 340,000 2718 Pandu YP SKDI 300,000 2719 Umria SKDI 200,000 2720 Hamba Allah Sy SKDI 200,000 2721 Donatur SKDI 100,000 2722 Elvera Eliastuty SKDI 1,000,000 2723 Donatur SKDI 1,000,000 2724 Otin Rochayatin SKDI 250,000 2725 Donatur SKDI 50,000

2726 Nila Adryanti SKDI 200,000 2727 Donatur SKDI 300,000 2728 Dini Dwi Nugrahani SKDI 50,000 2729 Oky Pearlina SKDI 50,000 2730 Donatur SKDI 200,000 2731 Maryati SKDI 200,000 2732 Irwan SKDI 200,000 2733 Fauziah Inda Sari SKDI 200,000 2734 Imam Pratikno SKDI 100,500 2735 Panca SKDI 100,000 2736 Donatur SKDI 50,000 2737 Aufar Ibna SKDI 200,000 2738 Donatur SKDI 500,000 2739 Donatur SKDI 300,000 2740 Donatur SKDI 350,000 2741 Aliyawati SKDI 1,000,000 2742 Tika We SKDI 300,000 2743 Hilda S SKDI 100,000 2744 Astuti Setyoningsi SKDI 50,000 2745 Warni SKDI 100,000 2746 Agung Gema Pradana SKDI 460,000 2747 Donatur SKDI 200,000 2748 Donatur SKDI 500,000 2749 Aprilia Ningrum SKDI 100,000 2750 Hamba Allah SKDI 500,000 2751 Nur Husen Sudrajat SKDI 2,000,000 2752 Donatur SKDI 1,500,000 2753 Donatur SKDI 200,000 2754 Donatur SKDI 100,000 2755 Rita Widyawati SKDI 150,000 2756 Ryan Kusmi SKDI 100,000 2757 Hamba Allah SKDI 300,000 2758 Edo Prasetyo Nur Adi W SKDI 50,000 2759 Wigati SKDI 500,000 2760 Donatur SKDI 50,000 2761 Donatur SKDI 200,000 2762 Donatur SKDI 31,000 2763 Donatur SKDI 50,000 2764 Donatur SKDI 60,000 2765 Donatur SKDI 50,000 2766 Donatur SKDI 3,068,500 2767 Donatur SKDI 1,673,800 2768 Donatur SKDI 2,996,000 2769 Fadhil Muhammad SKDI 50,000 2770 Ibrahim SKDI 600,000 2771 Ratih Purwasih SKDI 100,000 2772 Willy Novriadi SKDI 500,000 2773 ahmad syarif SKDI 250,000 2774 Muhammad Rizal SKDI 200,000 2775 Anif G SKDI 55,000 2776 Dade Herman SKDI 500,000 2777 Romadhona Akbar Subakti SKDI 60,000 2778 Donatur SKDI 100,000 2779 Donatur SKDI 1,000,000 2780 Juliana Soputra SKDI 50,000 2781 Hari Prasetia SKDI 100,000 2782 Jaka Susila SKDI 10,000 2783 Ganefy Pratiwi SKDI 300,000 2784 Duhana Farani S SKDI 100,000 2785 Erina Budiarti SKDI 20,000 2786 Dina Marlyana K SKDI 200,000 2787 Henny Rahmawati P SKDI 300,000 2788 Nasokha SKDI 10,000 2789 Wahyu Novyan SKDI 500,000 2790 Fauzan Azmi SKDI 1,700,000 2791 Riri Kartika Chand SKDI 100,000 2792 Hendri Prasetyo SKDI 20,000 2793 Zaini SKDI 500,000 2794 Donatur SKDI 100,000 2795 Desmawan Putra SKDI 50,000 2796 Drajat Jiwandoko SKDI 3,400,000 2797 Donatur SKDI 300,000 2798 Donatur SKDI 50,000 2799 Donatur SKDI 250,000 2800 Juliana SKDI 50,000 2801 Yoga Angangga Yogi SKDI 20,000 2802 Robby Jaya SKDI 2,000 2803 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 71

Page 72: VOL 4 | SEPT 2015

2804 Donatur SKDI 100,000 2805 Nanda Agustus Arif R SKDI 10,000 2806 Dina Kartika SKDI 50,000 2807 Donatur SKDI 5,000 2808 Donatur SKDI 200,000 2809 Saryono Tasmilah Sujira SKDI 200,000 2810 Donatur SKDI 2,000,000 2811 Donatur SKDI 1,290,000 2812 Randy Taufik SKDI 3,000,000 2813 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 2814 Ayu Lutfiana Mujahidin SKDI 129,600 2815 Chuzaimah Aguslian SKDI 500,000 2816 Faiq Fahmi SKDI 150,000 2817 Lulu Indrawaty SKDI 525,000 2818 Indah S. SKDI 300,000 2819 Alkatiri SKDI 600,000 2820 Firdha Nurul Aysia SKDI 110,000 2821 Diah Kitri Savitri SKDI 193,590 2822 Donatur SKDI 600,000 2823 Neneng Haulah Nur SKDI 100,000 2824 Tohir Bawazir Drs SKDI 500,000 2825 Denok Mustika SKDI 500,000 2826 Cyntiara Harlie SKDI 70,000 2827 Amir Maulana SKDI 500,000 2828 Nurjannah SKDI 100,000 2829 Chefi Amalia SKDI 200,000 2830 Donatur SKDI 300,000 2831 Donatur SKDI 100,000 2832 Donatur SKDI 100,000 2833 Alan Jayalalana SKDI 250,000 2834 Donatur SKDI 200,000 2835 Donatur SKDI 75,000 2836 Donatur SKDI 500,000 2837 Yayasan Bina Remaja SKDI 516,500 2838 Wargito SKDI 300,000 2839 Donatur SKDI 4,803,920 2840 Donatur SKDI 295,000 2841 Amir Maulana SKDI 900,000 2842 Arfiyah SKDI 1,800,000 2843 Donatur SKDI 100,000 2844 Arliananda Intan Sugesti SKDI 200,000 2845 Slamet Pujono SKDI 500,000 2846 Donatur SKDI 500,000 2847 Katon Primanto Kurniawan SKDI 1,500,000 2848 Donatur SKDI 100,000 2849 Dwi Indra Gunawan SKDI 500,000 2850 Nabila Nurul Putri SKDI 100,000 2851 Faizal Mahdi SKDI 200,000 2852 Mohammad Rizki Z. SKDI 10,000 2853 Luthfiana Mahmudah SKDI 100,000 2854 Yeti Retno Lestari SKDI 100,000 2855 Ghozali S. SKDI 50,000 2856 Irma Darina SKDI 300,000 2857 Reza SKDI 500,000 2858 Abd Gafur SKDI 4,500,000 2859 Erik SKDI 500,000 2860 Azmiyatul Arifati SKDI 50,000 2861 Abu Bakar SKDI 150,000 2862 Pitrin Nuryanti SKDI 300,000 2863 Hanung Pujohastomo SKDI 25,000 2864 Arif Sudibyo SKDI 200,000 2865 Avid Arfan SKDI 615,000 2866 Muhamad Zenzen R SKDI 100,000 2867 Indah Mutmainnah SKDI 200,000 2868 Donatur SKDI 100,000 2869 Donatur SKDI 300,000 2870 Hustaminsyah SKDI 650,000 2871 Ade Abdul Azis SKDI 100,000 2872 Donatur SKDI 1,721,900 2873 Donatur SKDI 4,500,000 2874 Donatur SKDI 500,000 2875 Donatur SKDI 100,000 2876 Donatur SKDI 550,000 2877 Rukmina SKDI 500,000 2878 Ade Amelia Anas SKDI 5,000,000 2879 Lutfiah Insani SKDI 500,000 2880 Ilham Putra Satwika SKDI 150,000 2881 Donatur SKDI 400,000

2882 Donatur SKDI 200,000 2883 Donatur SKDI 1,300,000 2884 Donatur SKDI 426,000 2885 Siti Khadijah SKDI 11,025 2886 Siti Aminah Tri Susila Estri SKDI 1,230,000 2887 Donatur SKDI 200,000 2888 Lutfiah Sari Gumelar SKDI 100,000 2889 Muhammad Alghifari SKDI 500,000 2890 Donatur SKDI 10,000,000 2891 Agustin Kusmawati SKDI 13,665,581 2892 Donatur SKDI 500,000 2893 Rifita Silvia SKDI 20,000 2894 Donatur SKDI 100,000 2895 Jimmy Loleh SKDI 500,000 2896 Arif Rahman SKDI 20,000 2897 Moh Takdir Indra S SKDI 300,000 2898 Henny Puspitasari SKDI 200,000 2899 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000 2900 Florida Muri Le SKDI 100,000 2901 Antoni Veeone Aily SKDI 500,000 2902 Suryani SKDI 600,000 2903 Ernawati Fitrianingsih SKDI 1,315,750 2904 Yeyen Sulistyawati SKDI 500,000 2905 Umar Hamzah Dicky SKDI 25,000 2906 Ervina Ningsih SKDI 500,000 2907 Hasanah Turain Se SKDI 50,000 2908 Vanny Purnima SKDI 50,000 2909 Anggi Kusumawardani SKDI 100,000 2910 Li Dejian SKDI 497,700 2911 Donatur SKDI 100,000 2912 Sitti Hajrah SKDI 1,300,000 2913 Sanita Leona Maweikere SKDI 500,000 2914 Donatur SKDI 250,000 2915 Donatur SKDI 200,000 2916 Donatur SKDI 10,000,000 2917 Donatur SKDI 5,000,000 2918 Evania SKDI 5,000 2919 Fauzi Amin Nasution SKDI 100,000 2920 Azlul Fadhly Oka SKDI 100,000 2921 Nicky Damara Irvan SKDI 50,000 2922 Titin Suryanna SKDI 50,000 2923 Irma Juliana SKDI 100,000 2924 Nenden Kusumadewi SKDI 100,000 2925 Julio SKDI 100,000 2926 Hanum Hindrawati SKDI 675,000 2927 rini sulistyowati SKDI 500,000 2928 Asri Dwi Rosmiyati SKDI 100,000 2929 Aulia Wahyu Lokaningsih SKDI 100,000 2930 No name SKDI 100,000 2931 Chaerudin SKDI 160,000 2932 Donatur SKDI 50,000 2933 Donatur SKDI 1,000,000 2934 Kusriyanto SKDI 1,000,000 2935 Donatur SKDI 50,000 2936 Amallia Ardana Reswari SKDI 300,000 2937 Jorina Nasution SKDI 200,000 2938 Yaman SKDI 250,000 2939 Ridwan SKDI 500,000 2940 Zafira Ainil SKDI 50,000 2941 Adi Ari Wibowo SKDI 200,000 2942 Rosa Syahputri Andarina SKDI 112,500 2943 Donatur SKDI 20,000 2944 Donatur SKDI 250,000 2945 Donatur SKDI 50,000 2946 Donatur SKDI 61,000 2947 Donatur SKDI 47,010,000 2948 Donatur SKDI 200,000 2949 Donatur SKDI 95,000 2950 Widya Laila SKDI 50,000 2951 Sinta Rahmadani SKDI 217,000 2952 Donatur SKDI 3,800,000 2953 Rita Nurhayati SKDI 350,000 2954 Dora Pristina H. SKDI 300,000 2955 Bpk Eka S SKDI 400,000 2956 Donatur SKDI 300,000 2957 Indra Satria Wardana SKDI 100,000 2958 Hamba Allah SKDI 100,767 2959 Amir Syafrudin SKDI 250,000

2960 Fally Tjen SKDI 852,000 2961 Hyendrig Danang SKDI 1,000,000 2962 Nurhayati SKDI 1,260,000 2963 Donatur SKDI 50,000 2964 Hari Tjahjo SKDI 500,000 2965 Ekayani Susanti SKDI 250,000 2966 Robby Jaya SKDI 2,000 2967 Anton Hermansyah SKDI 100,000 2968 Donatur SKDI 150,000 2969 Dwi Riyati SKDI 500,000 2970 Setia Pamungkas SKDI 50,000 2971 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 2972 Nanda Agustus Arif R SKDI 10,000 2973 Andi Amran SKDI 100,000 2974 Kharisma Meydi P. SKDI 200,000 2975 Arie Efendi SKDI 337,890 2976 Arif Rahman SKDI 10,000 2977 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 2978 Donatur SKDI 300,000 2979 Kiki Sugihrejeki SKDI 850,000 2980 Ariyansyah Silalahi SKDI 10,000 2981 Wahyu SKDI 150,000 2982 Sutrisno SKDI 30,000 2983 Zafran Akbar SKDI 20,000 2984 Sukma Susanti SKDI 100,000 2985 Donatur SKDI 200,000 2986 Donatur SKDI 150,000 2987 Donatur SKDI 5,000 2988 Donatur SKDI 250,000 2989 Maymona Riastri SKDI 170,000 2990 Fakhrun Nisaifatimah SKDI 100,000 2991 Husaini SKDI 200,000 2992 Pebriaty SKDI 50,000 2993 Donatur SKDI 50,000 2994 Abd Rahim SKDI 300,000 2995 Hamba Allah SKDI 1,246,000 2996 Donatur SKDI 100,000 2997 Helen SKDI 100,000 2998 Muhammad Enstein W SKDI 50,000 2999 Agung Nugroho SKDI 150,000 3000 Mulianingsih SKDI 100,000 3001 Ayu Novita Pramesti SKDI 25,000 3002 Hidayat Abrar SKDI 50,000 3003 Donatur SKDI 1,000,000 3004 Donatur SKDI 37,000 3005 Donatur SKDI 100,000 3006 Vivid Avianto SKDI 200,000 3007 Amer Budi Harta Ra SKDI 50,000 3008 Aji Sutama SKDI 5,000,000 3009 Cucu Kurniati SKDI 50,000 3010 Dait Sutisna SKDI 50,000 3011 Tomy WS SKDI 100,000 3012 Linda Nurhayati SKDI 1,500,000 3013 Donatur SKDI 50,000 3014 Forkom Jerman SKDI 20,995,882 3015 Donatur SKDI 3,000,000 3016 Ikade SKDI 1,500,000 3017 Wahyuni Nasution SKDI 50,000 3018 Donatur SKDI 200,000 3019 Nasib Rahardjo SKDI 567,999 3020 Dini Widinarsih SKDI 500,000 3021 Donatur SKDI 500,000 3022 Donatur SKDI 500,000 3023 Roy Mardiansyah Rambe SKDI 500,003 3024 Tomo SKDI 5,000,000 3025 Mt Tazkiyah SKDI 2,300,000 3026 Tisha SKDI 500,000 3027 Moh Resawan Hakim SKDI 250,000 3028 Raja Reza S.Si., CFP SKDI 100,000 3029 Edi Mulyono SKDI 18,176,000 3030 Dini Nurhayati SKDI 50,000 3031 Citra Dewi SKDI 250,000 3032 Donatur SKDI 50,000 3033 Donatur SKDI 3,466,000 3034 M. Deni Desvianto SKDI 1,000,000 3035 Parno Nusantara Dan P SKDI 500,000 3036 Donatur SKDI 500,000 3037 Rachmawati Putrisa SKDI 150,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

DAFTAR DONASIList Donatur Periode 01-30 Juni 2015

72 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 73: VOL 4 | SEPT 2015

3038 M Ferdian Nurdin S SKDI 100,000 3039 Siti Djuleha SKDI 500,000 3040 Siti Aryani Amsar SKDI 200,000 3041 Wandita Gita Swasti SKDI 125,000 3042 Budi Kusworo SKDI 11,000 3043 Budi Kusworo SKDI 10,000 3044 Qonita Anton SKDI 200,000 3045 Norma Sari Dewi SKDI 300,000 3046 Dona Abdurra SKDI 600,000 3047 Donatur SKDI 352,000 3048 Donatur SKDI 1,193,400 3049 Donatur SKDI 1,500,000 3050 Andita Suri Aristiyani SKDI 200,000 3051 Donatur SKDI 100,000 3052 Citra Prima Sari SKDI 800,000 3053 Donatur SKDI 500,000 3054 Siti Alfiah SKDI 500,000 3055 Donatur SKDI 50,000 3056 Mahfud Fauzi SKDI 100,003 3057 Donatur SKDI 500,000 3058 Donatur SKDI 100,000 3059 Setty Utami SKDI 50,000 3060 Endang SKDI 20,000 3061 Rita Noor Rizqi Agustina SKDI 5,000,000 3062 Eki Hermansyah SKDI 1,000,000 3063 Atik Suciati SKDI 168,000 3064 Donatur SKDI 500,000 3065 Akmal SKDI 3,000,000 3066 Ayu Inderadewi SKDI 50,000 3067 Donatur SKDI 300,000 3068 Ariyati SKDI 1,500,000 3069 Ahmad Munib Fikry SKDI 100,000 3070 fe fe SKDI 100,000 3071 Donatur SKDI 100,000 3072 Akmal Farad SKDI 50,000 3073 Andhika Pratama Saputra SKDI 80,000 3074 Indah Suciarti SKDI 1,000,000 3075 Indasyah SKDI 1,000,000 3076 Septin Wijayanti SKDI 100,000 3077 Rahayu Natalia SKDI 100,000 3078 Ahmad Najiullah SKDI 100,000 3079 Donatur SKDI 150,000 3080 Donatur SKDI 100,000 3081 Donatur SKDI 250,000 3082 Said Alfin Khalilullah SKDI 200,000 3083 Irzan Idris Barizi SKDI 500,000 3084 Donatur SKDI 100,000 3085 Donatur SKDI 1,000,000 3086 Irzan Idris Barizi SKDI 500,000 3087 Erni Fitriyani SKDI 100,000 3088 Donatur SKDI 30,000 3089 Donatur SKDI 200,000 3090 Hamba Allah SKDI 50,000 3091 Donatur SKDI 150,000 3092 Donatur SKDI 4,300,000 3093 Donatur SKDI 100,000 3094 Finda Sandra Ayu SKDI 50,000 3095 Miftha Indasari SKDI 200,000 3096 Nasokha SKDI 15,000 3097 Nurul Nurhasanah SKDI 100,000 3098 Kandy Rosa Ismalia SKDI 500,000 3099 Fajar Nur Muhammad SKDI 50,000 3100 Ahmad Faiz SKDI 500,000 3101 Efa Indriani Malikha SKDI 100,000 3102 Donatur SKDI 100,000 3103 Robby Jaya SKDI 2,000 3104 Wiena M Julia SKDI 100,000 3105 Donatur SKDI 250,000 3106 Bambang Puji Haryo SKDI 100,000 3107 Verina Endang Widowati SKDI 300,000 3108 Donatur SKDI 50,000 3109 Donatur SKDI 500,000 3110 Hasan Fauzi SKDI 5,000,000 3111 muhammad fithrah SKDI 1,000,000 3112 Adriyani Astuti SKDI 1,000,000 3113 Rizna Mega Sari SKDI 10,000,000 3114 Bambang Gunawan SKDI 500,000 3115 Donatur SKDI 150,000

3116 Donatur SKDI 50,000 3117 Donatur SKDI 5,000 3118 Ayuna Eprilisanti SKDI 200,000 3119 Siti Nurhidayati SKDI 100,000 3120 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 3121 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000 3122 Arif Rahman SKDI 10,000 3123 Inayati Kodrat SKDI 300,000 3124 Hari Subagiyo SKDI 100,000 3125 Sri Mulyani SKDI 50,000 3126 Donatur SKDI 200,000 3127 Donatur SKDI 50,000 3128 Donatur SKDI 400,000 3129 Asmylawati SKDI 300,000 3130 Donatur SKDI 300,000 3131 Donatur SKDI 100,000 3132 Donatur SKDI 100,000 3133 Donatur SKDI 200,000 3134 Citra Pradipta SKDI 1,000,000 3135 Erly Suharly SKDI 100,000 3136 Berri Alhari SKDI 50,000 3137 Sapuri SKDI 500,000 3138 Donatur SKDI 100,000 3139 Septiawati SKDI 200,000 3140 Donatur SKDI 700,000 3141 Edo Zulkarnain SKDI 500,000 3142 Handika Subarkah SKDI 50,000 3143 Donatur SKDI 50,000 3144 Donatur SKDI 1,000,000 3145 Donatur SKDI 35,000 3146 Dwinita Anggriani SKDI 100,000 3147 Maskar Fransisca Ricca A SKDI 100,000 3148 Donatur SKDI 200,000 3149 Donatur SKDI 500,000 3150 Ernawati SKDI 340,000 3151 Donatur SKDI 200,000 3152 Aliyansyah SKDI 250,000 3153 Hamba Allah SKDI 250,000 3154 Suprapto Turah SKDI 100,000 3155 Donatur SKDI 50,000 3156 Donatur SKDI 500,000 3157 Maemunah Zahrah SKDI 100,000 3158 Donatur SKDI 20,000 3159 Nurtati Handayani SKDI 100,000 3160 Hendy Pratama SKDI 2,000,000 3161 Ahmad Wahyudin S SKDI 200,000 3162 Donatur SKDI 100,000 3163 Donatur SKDI 200,000 3164 Donatur SKDI 100,000 3165 Donatur SKDI 80,000 3166 Donatur SKDI 300,000 3167 Dewi Nu SKDI 100,000 3168 Donatur SKDI 250,000 3169 Wiji Astutik SKDI 50,000 3170 Donatur SKDI 100,000 3171 Donatur SKDI 50,000 3172 Donatur SKDI 60,000 3173 Donatur SKDI 200,000 3174 Donatur SKDI 50,000 3175 Donatur SKDI 252,000 3176 Takmir Jih SKDI 1,173,000 3177 Donatur SKDI 500,000 3178 Donatur SKDI 100,000 3179 Donatur SKDI 50,000 3180 Ricky Subagya SKDI 50,000 3181 Donatur SKDI 50,000 3182 Lutfiah Hayati SKDI 4,513,200 3183 Donatur SKDI 50,000 3184 Faznil Husna S. Rasyad SKDI 100,000 3185 Donatur SKDI 100,000 3186 Donatur SKDI 100,000 3187 Muh.yasir Hakim SKDI 100,000 3188 Donatur SKDI 2,000,000 3189 Hamba Allah SKDI 2,000,000 3190 Donatur SKDI 100,000 3191 Musa Seha SKDI 100,000 3192 Donatur SKDI 250,000 3193 Donatur SKDI 1,500,000

3194 Donatur SKDI 50,000 3195 Donatur SKDI 10,000 3196 Nurhasanah SKDI 100,000 3197 Donatur SKDI 100,000 3198 Wira Pratama SKDI 400,000 3199 Evania SKDI 5,000 3200 Donatur SKDI 50,000 3201 Enggo Dwiyanto SKDI 100,000 3202 Ade Putri Pepriani SKDI 500,000 3203 Sarjuni Adicahya SKDI 260,000 3204 Dona Mandasari SKDI 200,000 3205 Nurul Nurhasanah SKDI 100,000 3206 Donatur SKDI 50,000 3207 Devy Suci Ramadhani SKDI 50,000 3208 Slamet Riyadi SKDI 50,000 3209 Donatur SKDI 100,000 3210 Siska Amelia SKDI 377,000 3211 Donatur SKDI 1,835,000 3212 Rama Niko SKDI 22,650,000 3213 Tiara Yazween S SKDI 100,000 3214 muhammad fithrah SKDI 1,000,000 3215 Pradityo Abi Karami SKDI 1,000,000 3216 Hari Sutrisno SKDI 100,000 3217 Donatur SKDI 50,000 3218 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 3219 Donatur SKDI 70,000 3220 Imam Teguh Kurniawan SKDI 500,000 3221 Donatur SKDI 100,000 3222 Nani Setyaningrum SKDI 50,000 3223 Yussi Nurkhal SKDI 50,000 3224 Andriyanto SKDI 100,000 3225 Donatur SKDI 100,000 3226 Musrifah Nusi SKDI 100,000 3227 Septia Rani SKDI 100,000 3228 Andi Faraby SKDI 1,000,000 3229 Putri Pratiwi SKDI 200,000 3230 Herru Hermawan Susanto SKDI 500,000 3231 Suryo Anugrah Sunendar SKDI 150,000 3232 Yusuf Abdurrahman SKDI 100,000 3233 Donatur SKDI 2,000,000 3234 Avty Vilanti SKDI 1,000,000 3235 Donatur SKDI 300,000 3236 Aid SKDI 100,000 3237 Donatur SKDI 500,000 3238 Donatur SKDI 200,000 3239 Donatur SKDI 150,000 3240 Donatur SKDI 100,000 3241 Donatur SKDI 1,000,000 3242 Donatur SKDI 14,593,000 3243 Donatur SKDI 100,000 3244 Donatur SKDI 1,037,300 3245 Donatur SKDI 3,434,400 3246 Donatur SKDI 900,000 3247 Donatur SKDI 1,000,000 3248 Yeni Palu SKDI 200,000 3249 Bagas Purwasantika SKDI 150,000 3250 Muh Hidayat Priyo Gunarso SKDI 200,000 3251 Donatur SKDI 100,000 3252 Trianto Aridono SKDI 10,000 3253 Zul Jafizham SKDI 100,000 3254 Zulvia Arifa SKDI 125,000 3255 Siti Aisyah SKDI 200,000 3256 Adityo Dwi Tristyanto SKDI 250,000 3257 Siti Khadijah SKDI 150,000 3258 Donatur SKDI 100,000 3259 Donatur SKDI 100,000 3260 Fatimah Muharrachmah SKDI 1,000,000 3261 Mega Nusa Bara SKDI 100,000 3262 Jaelani SKDI 150,000 3263 Syamsudin SKDI 620,000 3264 Donatur SKDI 100,000 3265 Lidia Permata Sari SKDI 800,000 3266 Lidia Permata Sari SKDI 800,000 3267 Asri Rachmawati SKDI 100,000 3268 Hamba Allah SKDI 100,000 3269 Tri Marlina SKDI 250,000 3270 M Rizal Hakim SKDI 100,000 3271 Wijiana SKDI 79,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 73

Page 74: VOL 4 | SEPT 2015

3272 Yunita SKDI 1,000,000 3273 Donatur SKDI 100,000 3274 Muhammad Husni Purba SKDI 50,000 3275 Donatur SKDI 3,900,000 3276 Galih Putri SKDI 845,135 3277 Nurul Nurhasanah SKDI 100,000 3278 Arif Rahman SKDI 10,000 3279 Zainal Abidin SKDI 100,000 3280 Fitria Nur Aisyah SKDI 100,000 3281 Heriyan SKDI 200,000 3282 Donatur SKDI 500,000 3283 Donatur SKDI 100,000 3284 Sri Windi Rizky SKDI 100,000 3285 Munjayanah SKDI 10,905 3286 Yusni Ermanita SKDI 200,000 3287 Donatur SKDI 200,000 3288 Erna Ari Widiyastuti SKDI 500,000 3289 Ichy SKDI 50,000 3290 Endy Gunawan Turki SKDI 25,000 3291 Donatur SKDI 45,000 3292 Sumastyarto SKDI 100,000 3293 Muhamad Faliqul Asbah SKDI 100,000 3294 Randy Rachmanto SKDI 150,000 3295 Donatur SKDI 1,800,000 3296 Mustafid SKDI 500,000 3297 Donatur SKDI 100,000 3298 Donatur SKDI 350,000 3299 Donatur SKDI 500,000 3300 Ria Maya Sari SKDI 100,000 3301 Donatur SKDI 50,000 3302 Donatur SKDI 100,000 3303 Nurwigati SKDI 100,000 3304 Muhammad Faisal SKDI 6,500,000 3305 Hany Yusmain SKDI 400,000 3306 Ririn SKDI 250,000 3307 Hamba Allah SKDI 100,000 3308 Ashahib Fresha Alfara SKDI 50,000 3309 Donatur SKDI 250,000 3310 Veronika Saputri SKDI 70,000 3311 Donatur SKDI 100,000 3312 Donatur SKDI 20,000 3313 Juliana SKDI 50,000 3314 Muhamad Lutfi SKDI 50,000 3315 Nasokha SKDI 10,000 3316 Yuanna Susanty SKDI 500,000 3317 Taufik MH SKDI 500,000 3318 Erna SKDI 10,000 3319 Najwa Tsabita Rosthya P SKDI 100,000 3320 Donatur SKDI 50,000 3321 Donatur SKDI 500,000 3322 Donatur SKDI 3,000,000 3323 Donatur SKDI 700,000 3324 Donatur SKDI 20,000 3325 Ades Vidyatmaja SKDI 200,000 3326 Donatur SKDI 200,000 3327 Indra Halim SKDI 200,000 3328 Atitko SKDI 500,000 3329 Donatur SKDI 150,000 3330 Donatur SKDI 100,000 3331 Donatur SKDI 50,000 3332 Ika Dwi Kurmaningsih SKDI 100,000 3333 Hariyadi SKDI 1,000,000 3334 Donatur SKDI 1,500,000 3335 Donatur SKDI 100,000 3336 Donatur SKDI 75,000 3337 Nini Roihanah SKDI 1,000,000 3338 Donatur SKDI 50,000 3339 Adi Basuki SKDI 40,000 3340 Donatur SKDI 150,000 3341 Bety Pramitasari SKDI 800,000 3342 Donatur SKDI 200,000 3343 Shinta Elkawati SKDI 100,000 3344 Donatur SKDI 50,000 3345 Laili Rohmawati SKDI 50,000 3346 Daryanto SKDI 100,509 3347 Bobby Saputra SKDI 300,000 3348 Siti Wulandari SKDI 300,000 3349 Siti Wulandari SKDI 200,000

3350 Andy Herlambang SKDI 500,000 3351 Donatur SKDI 200,000 3352 Donatur SKDI 100,000 3353 yudhie trias hananto SKDI 100,000 3354 Maria Rachmawati SKDI 1,000,000 3355 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 3356 Mistiyatin SKDI 300,000 3357 Donatur SKDI 60,000 3358 Doddy Kurnia SKDI 100,000 3359 Rimayanti Wardani SKDI 1,000,000 3360 Fifi Hafizhah Nf SKDI 100,000 3361 Sri Irianiwati SKDI 30,000,000 3362 Eka Fitri Damayanti SKDI 50,000 3363 Hariman Haris Harahap SKDI 100,000 3364 Donatur SKDI 100,000 3365 Donatur SKDI 40,000 3366 Donatur SKDI 100,000 3367 Kiki Septiana SKDI 100,000 3368 Donatur SKDI 500,000 3369 Nur Fariha SKDI 100,000 3370 Oki Fernando SKDI 113,893 3371 Hani SKDI 50,000 3372 Oki Fernando SKDI 3,841,925 3373 Donatur SKDI 100,000 3374 Milada Fariyusandha SKDI 20,000 3375 Yolanda Indah Sari SKDI 500,000 3376 Yulianti SKDI 100,000 3377 Donatur SKDI 150,000 3378 Gusti SKDI 300,000 3379 Donatur SKDI 99,999 3380 Donatur SKDI 100,000 3381 Donatur SKDI 50,000 3382 Donatur SKDI 5,000 3383 Dewi Agustini SKDI 100,000 3384 Hamba Allah SKDI 100,000 3385 Margarita Indah P. SKDI 150,000 3386 Ali Mas`adi SKDI 100,000 3387 Amal Makruf SKDI 150,000 3388 Nurfarida SKDI 300,000 3389 Annisa Pratiwi SKDI 100,000 3390 Vigo A Jusuf SKDI 40,000 3391 Zafran Akbar SKDI 50,000 3392 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000 3393 M. Munadjat SKDI 1,000,000 3394 Herlin Kusumastuti SKDI 50,000 3395 Diana Nursanti SKDI 200,000 3396 Nasokha SKDI 10,000 3397 Donatur SKDI 100,000 3398 Aswin Januarsyaf SKDI 1,000,001 3399 Endah Siti Rahayu SKDI 150,000 3400 Achmad Sofian SKDI 200,000 3401 Suyatmi SKDI 50,000 3402 Yogie Rahmady SKDI 50,000 3403 Umar Hamzah Dicky SKDI 15,000 3404 Emma Kartika C SKDI 200,000 3405 Robby Jaya SKDI 2,000 3406 Farida SKDI 200,000 3407 Tyna Rahim Dwiardhika SKDI 500,000 3408 Eko Rahayu SKDI 150,000 3409 Rizki Karmila Ayuningtyas SKDI 50,000 3410 Donatur SKDI 50,000 3411 Tanty Ariesdiantie SKDI 100,000 3412 Donatur SKDI 300,000 3413 Rahma Widati SKDI 1,000,000 3414 Rizky Indri Astuty. N SKDI 100,000 3415 Debi Fatoni SKDI 500,000 3416 Bambang SKDI 100,000 3417 Ihsanul Takwim SKDI 1,000,000 3418 Donatur SKDI 85,000 3419 Donatur SKDI 100,000 3420 Sukaesih SKDI 700,000 3421 Donatur SKDI 1,000,000 3422 Donatur SKDI 300,000 3423 Ika Febriani Wikaputri SKDI 100,000 3424 Donatur SKDI 20,000 3425 Donatur SKDI 305,000 3426 Donatur SKDI 1,500,000 3427 Robby Darmawan S. SKDI 200,000

3428 Indra Nugraha SKDI 10,000 3429 Rina Ardiani R. SKDI 200,000 3430 Tarlani Rahmatika SKDI 400,000 3431 Irzan Idris Barizi SKDI 500,000 3432 Drg. Mirza SKDI 300,000 3433 Asiah Ghazie Marta SKDI 25,000 3434 Rita Maulidiah SKDI 100,000 3435 Donatur SKDI 100,000 3436 Fahrul SKDI 200,000 3437 Lilis SKDI 212,500 3438 Arraziy Fauzan SKDI 500,000 3439 Nugroho Wibowo SKDI 50,000 3440 Dini Nurhayati SKDI 100,000 3441 Sornis Suwastisar SKDI 100,000 3442 Ginanjar Pratama Hasyar SKDI 60,000 3443 Donatur SKDI 200,000 3444 Donatur SKDI 200,000 3445 Donatur SKDI 200,000 3446 Muhammad Hariadi SKDI 50,000 3447 teti kurniawati SKDI 50,000 3448 Donatur SKDI 50,000 3449 Nisa Qonita SKDI 50,000 3450 Yeni Yuli Hastuti SKDI 500,000 3451 Syahar Aulia H. SKDI 200,000 3452 Donatur SKDI 50,000 3453 Donatur SKDI 50,000 3454 Donatur SKDI 150,000 3455 Rara Zenova SKDI 50,000 3456 Melani Frida Dewanti SKDI 100,000 3457 Melina Ali SKDI 250,000 3458 Donatur SKDI 500,000 3459 Donatur SKDI 50,000 3460 Ifti Suhesti SKDI 300,000 3461 Akhrie Ramadayanto SKDI 100,000 3462 Suherlan SKDI 50,000 3463 Donatur SKDI 500,000 3464 Yessica Erniwati SKDI 100,000 3465 Vitri Dinayanti SKDI 250,000 3466 Frieska Ariesta Syafnijal SKDI 100,000 3467 Donatur SKDI 100,000 3468 Mayriza SKDI 100,000 3469 Donatur SKDI 500,000 3470 Novi Yanti SKDI 100,000 3471 Donatur SKDI 300,000 3472 Ade Suryana T SKDI 200,000 3473 Fina Prameswari Bayu Putri SKDI 300,000 3474 Dania Nuraini SKDI 5,305,000 3475 Reni maelani SKDI 100,000 3476 Donatur SKDI 1,500,000 3477 Donatur SKDI 1,000,000 3478 Niken Puspitaningrum SKDI 500,000 3479 Sulastri Iriana SKDI 100,000 3480 Donatur SKDI 100,000 3481 Robbi Ardhiarsyad SKDI 50,000 3482 Donatur SKDI 500,000 3483 Donatur SKDI 300,000 3484 Arika Saputra SKDI 100,000 3485 Patonah SKDI 150,000 3486 Andi Aidhil Khairul Akbar SKDI 222,222 3487 Widya Kurnia Puteri SKDI 500,000 3488 Azqya Hidayatul Akbar SKDI 100,000 3489 Anisa Ikawati SKDI 100,000 3490 Donatur SKDI 200,000 3491 Donatur SKDI 150,000 3492 Muhadi SKDI 300,000 3493 Fosi Sidarta Prima Hatta SKDI 100,000 3494 Bhakti Limadaya SKDI 1,000,000 3495 Pratiwi. K. Dewi SKDI 77,000 3496 Sri Damayanti SKDI 500,000 3497 Hariningsih Kusuma SKDI 160,000 3498 Tine Agustin SKDI 100,000 3499 Hasan Fahmi SKDI 100,000 3500 Adie Iswansyah SKDI 100,000 3501 Walid Abdul Aziz SKDI 130,000 3502 Sri Lestari SKDI 100,000 3503 Irfan Altaf SKDI 100,000 3504 Rohmanika SKDI 100,000 3505 Tania Atika SKDI 300,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

DAFTAR DONASIList Donatur Periode 01-30 Juni 2015

74 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 75: VOL 4 | SEPT 2015

3506 Arrizaldy Tufliyaddo SKDI 300,000 3507 Hamba Allah SKDI 500,000 3508 Donatur SKDI 100,000 3509 Donatur SKDI 300,000 3510 Donatur SKDI 500,000 3511 Agus Zakaria SKDI 2,000,000 3512 Donatur SKDI 40,000 3513 Tutri Desiwati SKDI 250,000 3514 Donatur SKDI 100,000 3515 Donatur SKDI 100,000 3516 Aulia Ramadhani Siregar SKDI 19,000 3517 Donatur SKDI 100,000 3518 Donatur SKDI 3,400,000 3519 tanpa Nama SKDI 1,350,000 3520 Sumarwanto SKDI 50,000 3521 Noorliana SKDI 100,000 3522 Purnomo SKDI 250,000 3523 Donatur SKDI 1,000,000 3524 Donatur SKDI 250,000 3525 Dian Pratiwi Ashari SKDI 100,000 3526 Leo Wijaya SKDI 100,000 3527 Wahjuni Lestariningsih SKDI 3,600,000 3528 Gigih Imania SKDI 100,000 3529 Dewi Hidayati SKDI 250,000 3530 Donatur SKDI 50,000 3531 Hj Asrah SKDI 1,000,000 3532 Indra Gunawan SKDI 100,000 3533 Donatur SKDI 300,000 3534 Donatur SKDI 500,000 3535 Donatur SKDI 50,000 3536 Donatur SKDI 450,000 3537 Donatur SKDI 200,000 3538 Indra Gunawan SKDI 100,000 3539 Donatur SKDI 30,000 3540 Donatur SKDI 30,000 3541 Radzi Nugraha P SKDI 50,000 3542 Megasari Rusnalia SKDI 300,000 3543 Nurhayati SKDI 250,000 3544 Ari Widi Wibowo SKDI 100,000 3545 Nur Ardiana Arsyad SKDI 100,000 3546 Neny Astanti SKDI 200,000 3547 Donatur SKDI 50,000 3548 Donatur SKDI 50,000 3549 Donatur SKDI 1,200,000 3550 Donatur SKDI 200,000 3551 Iqbal Rois Kaimudin SKDI 100,000 3552 Sri Hari Fitriani SKDI 1,000,000 3553 Wahyu Tri Wibowo SKDI 100,000 3554 Arya Irwan SKDI 500,012 3555 Fredi Ardiansah SKDI 100,000 3556 Melfi Puteri Chairany SKDI 50,000 3557 Ria Rosita Hidayat SKDI 200,000 3558 Suyono SKDI 400,333 3559 Donatur SKDI 150,000 3560 Donatur SKDI 100,000 3561 Donatur SKDI 150,000 3562 Wiwin SKDI 200,000 3563 Datik Setiawati SKDI 50,000 3564 siwi manganti SKDI 300,000 3565 Rizki Vadilla SKDI 25,000 3566 Nurlaila SKDI 100,000 3567 Sugiarto SKDI 150,000 3568 Wina Elia Sari Utami SKDI 100,000 3569 Osi Nevina SKDI 150,000 3570 Izzuddin Ali SKDI 10,000 3571 Mayang Alfina Prim SKDI 100,000 3572 Indram Oktaviannaa SKDI 100,000 3573 Nur Anisah SKDI 100,000 3574 Hamba Allah SKDI 100,000 3575 Nur Fajrina D. SKDI 100,000 3576 Desi Triaryanawati SKDI 100,000 3577 Jeffry Aryanto SKDI 50,000 3578 Novi Fauzan SKDI 50,000 3579 Tafriyah SKDI 30,000 3580 Aldini Rizki R. SKDI 1,000,000 3581 Okke Rizka Septania SKDI 200,000 3582 Zulfi Firmansyah SKDI 100,000 3583 Agus SKDI 100,000

3584 Donatur SKDI 100,000 3585 Kamila Rahmadania SKDI 100,000 3586 Femi SKDI 61,000 3587 Ahmad Rezano SKDI 200,000 3588 Rika Fitriana SKDI 250,000 3589 Donatur SKDI 580,000 3590 Donatur SKDI 100,000 3591 Intan Hapsari SKDI 100,000 3592 Donatur SKDI 500,003 3593 Indah Amalia Umil M SKDI 50,000 3594 Tiara Saum SKDI 50,000 3595 Hafidz Zulfiansyah SKDI 100,000 3596 Yani Heryani SKDI 100,000 3597 Donatur SKDI 150,000 3598 Syamsul Sillang SKDI 100,000 3599 Hamba Allah SKDI 100,000 3600 Donatur SKDI 100,000 3601 Agni Alam Awirya SKDI 1,000,000 3602 Nanang Rosidin SKDI 500,000 3603 Donatur SKDI 50,000 3604 Donatur SKDI 200,000 3605 Donatur SKDI 50,000 3606 Anna Listiarafani SKDI 100,000 3607 Ella Purnamasari SKDI 1,000,000 3608 Donatur SKDI 500,000 3609 andi arwin SKDI 250,000 3610 Julianto Sigit SKDI 200,000 3611 Imroatul Chalimah Juliana SKDI 150,000 3612 Donatur SKDI 100,000 3613 Fittarini Retno W SKDI 500,000 3614 Fitriami Shatia SKDI 100,000 3615 Mukhamad Agung Hidayat SKDI 100,000 3616 Weli Romadona SKDI 100,000 3617 Latifah Ratnawati SKDI 500,000 3618 Andhika Kusuma W SKDI 50,000 3619 Isnolita SKDI 450,000 3620 Resti Antoro SKDI 200,000 3621 Mochamad Bagus Pramela SKDI 500,000 3622 Pramas Fillyandra SKDI 100,000 3623 Inggit Untari SKDI 150,000 3624 Yoyok Andrianto SKDI 100,000 3625 Misti SKDI 100,000 3626 Ria Mariana Oktrifianti SKDI 100,000 3627 Hamba Allah SKDI 100,000 3628 Ira Pramiasih W S SKDI 200,000 3629 MSF SKDI 100,000 3630 Fvay SKDI 100,000 3631 Endang Setianingsi SKDI 100,000 3632 Ingrid N. SKDI 100,000 3633 Donatur SKDI 100,000 3634 Donatur SKDI 120,000 3635 Donatur SKDI 150,000 3636 Jery SKDI 1,000,000 3637 Donatur SKDI 300,000 3638 Donatur SKDI 200,000 3639 Donatur SKDI 40,000 3640 Donatur SKDI 10,000 3641 Mochammad Dani B SKDI 50,000 3642 Donatur SKDI 100,000 3643 Donatur SKDI 157,000 3644 Donatur SKDI 30,000 3645 Donatur SKDI 500,000 3646 Donatur SKDI 750,000 3647 Donatur SKDI 7,000 3648 Donatur SKDI 49,000 3649 Faizah SKDI 62,500 3650 Faizah SKDI 237,500 3651 Paryono SKDI 500,000 3652 Trianto Aridono SKDI 100,000 3653 Erna SKDI 10,000 3654 Sri Wahyuni SKDI 100,000 3655 Robby Jaya SKDI 2,000 3656 Nanda Agustus Arif R SKDI 10,000 3657 Donatur SKDI 400,000 3658 Donatur SKDI 100,000 3659 Dwi Ari Andayani SKDI 150,000 3660 Donatur SKDI 20,000 3661 Widarto Rachbini SKDI 500,000

3662 Azwar Abdillah SKDI 200,000 3663 Donatur SKDI 100,000 3664 Donatur SKDI 500,005 3665 Donatur SKDI 150,000 3666 Fajar Kristianto SKDI 100,000 3667 Iwan Maghfurrozi Yahya SKDI 100,000 3668 Febrina Rezfianti SKDI 500,000 3669 Donatur SKDI 50,000 3670 Donatur SKDI 500,000 3671 Donatur SKDI 500,000 3672 Esti Mulyawati SKDI 50,000 3673 Refan Angga Satriya SKDI 300,000 3674 Sarbini Tanjung SKDI 1,500,000 3675 Donatur SKDI 100,000 3676 Donatur SKDI 100,000 3677 Nanik Purwaningsih SKDI 500,000 3678 Reni Susanti SKDI 200,000 3679 Ariyanti SKDI 50,000 3680 Jabar Ahdino Fauzi SKDI 200,000 3681 Talula Prihantini Aryati SKDI 200,000 3682 Talula Prihantini Aryati SKDI 200,000 3683 Utami Pratamasari SKDI 52,500 3684 Joko Purwanto SKDI 10,000 3685 Vigo A Jusuf SKDI 43,000 3686 Rina Sugiyarti SKDI 2,000,000 3687 Novia SKDI 200,000 3688 Donatur SKDI 200,000 3689 Novi Yudianti SKDI 500,000 3690 Ridha Octavianus SKDI 1,000,000 3691 Tonny Wibawanto Se SKDI 50,099 3692 Donatur SKDI 100,000 3693 Savira Mega Putri SKDI 300,000 3694 Donatur SKDI 630,015 3695 Amiroh SKDI 89,238 3696 Donatur SKDI 200,000 3697 Teddy Suryo Hartanto SKDI 500,000 3698 Rudi Hartono K SKDI 300,000 3699 Donatur SKDI 200,000 3700 Donatur SKDI 200,000 3701 Donatur SKDI 2,000,000 3702 Donatur SKDI 200,000 3703 Muhammad Danil J SKDI 350,000 3704 Donatur SKDI 100,000 3705 Donatur SKDI 500,000 3706 Taufan Kurniawan W SKDI 150,000 3707 M. Ali Yasin SKDI 200,000 3708 Fadhil Kurnia Ardhana SKDI 100,000 3709 Fauziah Nurmiyati SKDI 350,000 3710 Neni Muliani SKDI 100,000 3711 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000 3712 Rosaline Novella SKDI 500,000 3713 Nurhadi SKDI 500,000 3714 Muhammad Ahsin S SKDI 200,000 3715 Rahmi Eka Putri SKDI 200,000 3716 Diana Bong SKDI 1,000,000 3717 Donatur SKDI 100,000 3718 Donatur SKDI 100,000 3719 Donatur SKDI 800,000 3720 Banowati SKDI 150,000 3721 Yussatriajaya SKDI 100,000 3722 Edy Setyawan SKDI 100,000 3723 Donatur SKDI 100,000 3724 Donatur SKDI 100,000 3725 Donatur SKDI 70,000 3726 Medyna Oktavia SKDI 100,000 3727 Khoiruddin SKDI 500,000 3728 M Santosa Handayana SKDI 57,587 3729 Reni Andridiana SKDI 500,000 3730 Muhamad Yasin SKDI 700,000 3731 Donatur SKDI 300,000 3732 Rahmad Sukur SKDI 200,000 3733 hadebi , SKDI 100,000 3734 Rahmat Hidayat SKDI 50,000 3735 Donatur SKDI 50,000 3736 Ari Kusuma SKDI 140,000 3737 V Widyan Priaji SKDI 100,000 3738 Yanyan Taryaman SKDI 100,000 3739 Iga Panca Putri SKDI 10,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 75

Page 76: VOL 4 | SEPT 2015

3740 Lomo Budiono SKDI 500,000 3741 Komunitas Muslimah Bali SKDI 1,080,000 3742 Hendi Irawan Sp SKDI 200,000 3743 Irfan Nurhakim SKDI 300,000 3744 Meizyana Saliha SKDI 500,000 3745 Triyanto SKDI 300,000 3746 Mira Kurniasari SKDI 91,807 3747 Apriansah SKDI 3,000,000 3748 Donatur SKDI 250,000 3749 Donatur SKDI 10,000 3750 Donatur SKDI 100,000 3751 Donatur SKDI 300,000 3752 Donatur SKDI 100,000 3753 Lily Sandriani SKDI 200,000 3754 Donatur SKDI 50,000 3755 Donatur SKDI 500,000 3756 Donatur SKDI 30,000 3757 Donatur SKDI 283,000 3758 Donatur SKDI 35,000 3759 Donatur SKDI 30,000 3760 Donatur SKDI 50,000 3761 Donatur SKDI 100,000 3762 Donatur SKDI 200,000 3763 Donatur SKDI 250,000 3764 Donatur SKDI 50,000 3765 Nasokha SKDI 10,000 3766 Donatur SKDI 1,000,000 3767 Trianto Aridono SKDI 10,000 3768 Muhammad Hilman Fauzi SKDI 272,000 3769 Robby Jaya SKDI 2,000 3770 Donatur SKDI 300,000 3771 Dedeh Jubaedah SKDI 500,000 3772 Donatur SKDI 100,000 3773 Muhammad Hilman Fauzi SKDI 500,000 3774 Donatur SKDI 1,000,000 3775 Setiawati SKDI 500,000 3776 Edy swasono SKDI 200,000 3777 Evania SKDI 10,000 3778 Roffi SKDI 100,000 3779 Irmalena SKDI 500,000 3780 Vigo A Jusuf SKDI 50,000 3781 Zisma Chendikia SKDI 50,000 3782 Syawaludin SKDI 10,000 3783 Tetha Andalini SKDI 300,000 3784 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000 3785 Ali Arifin Ir SKDI 5,000,000 3786 Maulidina Fitria N SKDI 1,000,000 3787 Fallon Friendly Hakim SKDI 50,000 3788 Mohammad Fitrif SKDI 91,000 3789 Muh. Akbar Asmadi SKDI 100,000 3790 Purwanto SKDI 100,000 3791 Donatur SKDI 50,000 3792 Nina Kusdiana SKDI 13,330,254 3793 Zays SKDI 500,000 3794 Donatur SKDI 150,000 3795 Donatur SKDI 100,000 3796 Donatur SKDI 500,000 3797 Donatur SKDI 900,000 3798 Irah Namirah SKDI 100,000 3799 Alan Soffan SKDI 6,944,444 3800 Donatur SKDI 100,000 3801 Achmad Zakkan SKDI 300,000 3802 Yulivia Iful SKDI 200,000 3803 Muhammad Ramadhan F SKDI 650,000 3804 Juliatun Anam SKDI 100,000 3805 Donatur SKDI 105,000 3806 Donatur SKDI 100,000 3807 Herdina Arafati SKDI 500,000 3808 Donatur SKDI 157,500 3809 Ulis Nur Halimah SKDI 100,000 3810 Donatur SKDI 200,000 3811 Harjanto SKDI 200,000 3812 Donatur SKDI 1,000,000 3813 Rahayu Natalia SKDI 100,000 3814 Mamvaluchi Aryun SKDI 77,000 3815 Donatur SKDI 500,000 3816 Donatur SKDI 1,000,000 3817 Donatur SKDI 2,000,000

3818 Donatur SKDI 200,000 3819 Febry Nurhalimah SKDI 100,000 3820 Umi Laksmita Jati Y SKDI 150,000 3821 Gusshandi Azhar SKDI 1,000,000 3822 Donatur SKDI 100,000 3823 Devie Putri Nanda SKDI 100,000 3824 Donatur SKDI 210,000 3825 Dede Amirjaya SKDI 1,800,000 3826 Donatur SKDI 5,000 3827 Donatur SKDI 1,302,963 3828 Donatur SKDI 100,000 3829 Donatur SKDI 4,000,000 3830 Jono Arbaier SKDI 300,000 3831 Donatur SKDI 1,300,000 3832 Donatur SKDI 10,000,000 3833 Donatur SKDI 100,000 3834 Fenny Mardiani Nur SKDI 30,000 3835 Ilhandi Oetama Dr SKDI 1,000,000 3836 Yudha Prakasa SKDI 52,250 3837 Hamba Allah Donatur 7 SKDI 300,000 3838 Yuniharti Permana SKDI 100,000 3839 Diana SKDI 100,000 3840 Syerliana SKDI 100,000 3841 Umar Hamzah Dicky SKDI 50,000 3842 Umar Hamzah Dicky SKDI 10,000 3843 Aris Wulandari SKDI 50,000 3844 Correy Ananta Adhi SKDI 126,800 3845 Donatur SKDI 250,000 3846 Donatur SKDI 75,000 3847 Donatur SKDI 300,000 3848 Hilmia Mar’atun Sholihah SKDI 500,000 3849 Ari Eka Syahrul SKDI 100,000 3850 Nasokha SKDI 10,000 3851 Sepa Kusidha Wati SKDI 100,000 3852 Robby Jaya SKDI 2,000 3853 Donatur SKDI 15,000 3854 Rhesa Giovanni Nasution SKDI 300,000 3855 Rizka Amalia SKDI 100,000 3856 Donatur SKDI 200,000 3857 Uswatun Hasanah SKDI 500,000 3858 Donatur SKDI 1,750,000 3859 Donatur SKDI 10,000 3860 Donatur SKDI 200,000 3861 Heri Safrizal SKDI 300,000 3862 Itasika Praditha Hernia F SKDI 20,000 3863 Donatur SKDI 100,000 3864 Chaerunnisa Rachma SKDI 100,000 3865 Vigo A Jusuf SKDI 50,000 3866 Izzuddin Ali SKDI 10,000 3867 Sri Sulastri SKDI 150,000 3868 Mochammad Makmun SKDI 15,000 3869 Ratna Handayani SKDI 550,000 3870 Rini Rusliyawati SKDI 100,000 3871 H Karnadi Dkm Mujahidin SKDI 800,000 3872 Hima Gizi Uhamka SKDI 400,000 3873 Donatur SKDI 300,099 3874 Donatur SKDI 500,000 3875 Donatur SKDI 2,750,000 3876 Donatur SKDI 2,500,000 3877 Donatur SKDI 8,750,000 3878 Donatur SKDI 1,101,000 3879 Donatur SKDI 565,000 3880 Donatur SKDI 17,385,000 3881 Donatur SKDI 100,000 3882 Suryadi SKDI 300,000 3883 Maman Suarrahman SKDI 100,000 3884 Sabrina Yolandha SKDI 150,000 3885 Nidya SKDI 200,000 3886 Donatur SKDI 1,000,000 3887 Jumilah Indahwati SKDI 250,000 3888 Donatur SKDI 200,000 3889 Andry SKDI 300,000 3890 Siti Safaria Husein SKDI 200,000 3891 Yus Ibnu Yasin Amd SKDI 200,000 3892 Nasokha SKDI 10,000 3893 Donatur SKDI 100,000 3894 Heriyanto SKDI 100,000 3895 Ariyansyah Silalah SKDI 10,000

3896 Maisaroh SKDI 100,000 3897 Doni SKDI 200,000 3898 Amie Maulana SKDI 250,000 3899 Indira Indah Prameshwari SKDI 350,000 3900 Nadia Kartika Angraini SKDI 150,000 3901 Donatur SKDI 200,000 3902 Safirotu Khoir Kadia SKDI 10,000 3903 Meita Kurniasih SKDI 200,000 3904 Donatur SKDI 200,000 3905 Hamba Allah SKDI 500,000 3906 Donatur SKDI 400,000 3907 Donatur SKDI 50,000 3908 Donatur SKDI 500,000 3909 Donatur SKDI 50,000 3910 Wawan Setiawan SKDI 650,000 3911 Donatur SKDI 200,000 3912 Donatur SKDI 100,000 3913 Suliswati SKDI 1,000,000 3914 Donatur SKDI 100,000 3915 Donatur SKDI 150,000 3916 Donatur SKDI 100,000 3917 Donatur SKDI 590,000 3918 Rolli Zerman SKDI 500,000 3919 Sri SKDI 200,000 3920 Indriana Hermini Heru SKDI 100,000 3921 Novian Imamsjah SKDI 505,050 3922 Asep Ganjar Rachman SKDI 100,000 3923 Donatur SKDI 17,822,000 3924 Donatur SKDI 200,000 3925 Donatur SKDI 100,000 3926 Kurniawati SKDI 100,000 3927 Donatur SKDI 500,000 3928 Weningtyas Sintyarani SKDI 100,000 3929 Azahari Fikri SKDI 500,000 3930 Anis Asrory SKDI 100,000 3931 Arni Pratama SKDI 100,000 3932 Riessa Roseline SKDI 100,000 3933 Donatur SKDI 200,000 3934 Donatur SKDI 1,000,000 3935 Donatur SKDI 500,000 3936 Donatur SKDI 1,000,000 3937 Dahlia S SKDI 200,000 3938 Donatur SKDI 250,000 3939 Donatur SKDI 100,000 3940 Rachmat Apriyandy SKDI 50,000 3941 Donatur SKDI 50,000 3942 Toni Supriatna SKDI 100,000 3943 Donatur SKDI 20,000 3944 Khadarisman SKDI 300,000 3945 Donatur SKDI 200,000 3946 Aditia Rahma SKDI 320,000 3947 Ulie Novianthy Wahyuni SKDI 250,000 3948 Rudini Kurniawan SKDI 100,000 3949 Donatur SKDI 400,000 3950 Sinung SKDI 200,000 3951 Donatur SKDI 250,000 3952 Ega SKDI 50,000 3953 Donatur SKDI 933,600 3954 Donatur SKDI 18,272,200 3955 Donatur SKDI 3,220,000 3956 Sholahudin SKDI 6,108,300 3957 Donatur SKDI 50,000 3958 Romadhona Akbar Subakti SKDI 60,000 3959 Nia N Or Khemai SKDI 807,000 3960 Endang Setianingsih SKDI 100,000 3961 Reza Helmi Syafird SKDI 1,500,000 3962 Dimas Ari Tejo SKDI 1,000,000 3963 Hendra Gunawan SKDI 350,000 3964 Putri Ayuningtyas SKDI 350,000 3965 Rahmi Fauziah Uci SKDI 100,000 3966 Fitri Damayanti SKDI 500,000 3967 Yusriniana Nasution SKDI 200,000 3968 Nani Widiyah SKDI 50,000 3969 Lufti Rangga S. SKDI 200,000 3970 Nuryaningsih SKDI 50,000 3971 Rahmansyah Nauli SKDI 50,000 3972 Amal Makruf SKDI 100,000 3973 Juniati SKDI 50,000

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

DAFTAR DONASIList Donatur Periode 01-30 Juni 2015

76 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Page 77: VOL 4 | SEPT 2015

3974 Wh Aig Insurance Indo SKDI 5,000,000 3975 Mutiar SKDI 150,000 3976 Donatur SKDI 300,000 3977 Donatur SKDI 50,000 3978 Donatur SKDI 100,000 3979 Mayang Sari SKDI 150,000 3980 Donatur SKDI 500,000 3981 Hasmawati SKDI 100,000 3982 Harto Ashuri SKDI 200,000 3983 Donatur SKDI 200,000 3984 Donatur SKDI 350,000 3985 Donatur SKDI 100,000 3986 Erlina SKDI 100,000 3987 Achmad Cahyono SKDI 300,000 3988 Sinta Nur Asih SKDI 100,000 3989 Farah Mutmainnah Y SKDI 1,000,000 3990 Sinta Nur Asih SKDI 50,000 3991 Donatur SKDI 100,000 3992 Donatur SKDI 250,000 3993 Donatur SKDI 118,000 3994 A Junnifar SKDI 2,400,000 3995 Hamba Allah SKDI 200,000 3996 Ubaedi SKDI 50,000 3997 Sittatun SKDI 500,000 3998 Ajib SKDI 773,100 3999 Diyah Martina SKDI 300,000 4000 H Supeno SKDI 1,000,000 4001 Urniasih Binti Mustofa SKDI 2,000,000 4002 H.yunus SKDI 1,000,000 4003 Oby Reza Helmi SKDI 5,000,000 4004 Erni Yuliarni SKDI 50,000 4005 Risa Yunida SKDI 2,000,000 4006 Susilawati SKDI 200,000 4007 Asrori Dan Reza SKDI 30,000 DONASI ZAKAT 4008 Muhammad Haikal K Zakat 140,000 4009 Henny Widiastuti Zakat 100,000 4010 Roni Iswara Zakat 3,000,000 4011 Yovid Fedri Zakat 160,000 4012 Tomi Hendrawan Zakat 300,000 4013 Donatur Zakat 300,000 4014 Gama adhi utama Zakat 100,000 4015 Yuli Fitriyani Zakat 100,000 4016 Sri Nurhayati Zakat 75,000 4017 Utami Pratamasari Zakat 50,000 4018 Sesa Indriyanaspari Zakat 200,000 4019 Yeti Zakat 100,000 4020 Dwi Rizqa Zakat 300,000 4021 Ika Oktaviana Zakat 50,000 4022 Christina Juwita Sutrisna Zakat 500,000 4023 Anandita Prasetya Zakat 220,000 4024 Excellent Ritma Florendia Zakat 1,500,000 4025 Nurmalia Zakat 121,500 4026 Reza Alfian Zakat 482,233 4027 Bungzio Leony Zakat 3,000,000 4028 Vivi Sopiah Zakat 150,000 4029 Achmad Indra Zakat 150,000 4030 Winarno Zakat 300,000 4031 Donatur Zakat 1,000,000 4032 Diah Nur Fauziah Zakat 1,000,000 4033 Yusuf Iman Santosa Zakat 100,000 4034 Yohan Arafat Zakat 350,000 4035 Eko Novie Noorpraptono Zakat 100,000 4036 Agni Sawitri Ishaya Zakat 150,000 4037 Ima Yusda Dewi S Zakat 1,500,000 4038 Irwan Roesli Zakat 2,200,000 4039 Muhammad Adnan K. Zakat 75,000 4040 Donatur Zakat 200,000 4041 Donatur Zakat 450,000 4042 Oni Budipramono Zakat 720,000 4043 Lucky Dharmayanti Zakat 200,000 4044 Ihsan utama Zakat 505,000 4045 Evania Zakat 10,000 4046 Ahdian Saptavani Zakat 200,000 4047 Munah Zakat 1,500,000 4048 Leni Triwanti - Subhan Deni Zakat 300,000 4049 Lian Zakat 100,000

4050 Astri Tika Pratiwi Zakat 200,000 4051 Roihatun Jannah Zakat 175,000 4052 Muhammad Ridwan Zakat 100,000 4053 Rusdi Zakat 100,000 4054 Dessy Zakat 350,000 4055 herfan ibnu hanifah Zakat 100,000 4056 Sugiarti Zakat 150,000 4057 Sumiyati Zakat 100,000 4058 Maritha Nilawati Zakat 300,000 4059 Sheilla Febriyani Zakat 114,000 4060 Nur Fadlilah Zakat 3,000,000 4061 Widi Annisa Zakat 210,810 4062 Dian Marina Zakat 1,000,000 4063 No Name Zakat 45,000 4064 Donatur Zakat 125,000 4065 Retnaning Ayu Hapsari Zakat 500,000 4066 Donatur Zakat 300,000 4067 Cahyo Adi Nugroho Zakat 250,000 4068 Indriani Zakat 168,000 4069 Tofa Tri Bronto Zakat 250,000 4070 Fairuz Siera N. Zakat 5,000,000 4071 Darmaji Zakat 220,000 4072 Yulanda C Zakat 250,000 4073 No Name Zakat 310,000 4074 Argan Bagus Sukoco Zakat 100,000 4075 Siti Umu Kulsum Zakat 275,000 4076 Elsa Sakina Zakat 208,000 4077 Wahyu Santoso Zakat 200,000 4078 Arnowo Y Zakat 300,000 4079 Retno Sujati Zakat 300,000 4080 Kurnia Dwi Widyarini Zakat 260,000 4081 Lina Haryanti Zakat 350,000 4082 Juhariah Zakat 100,000 4083 Ilhandi Oetama Zakat 500,000 4084 Yulia Rahmadhani Zakat 50,000 4085 Afifah Qulbi Khairunisa Zakat 40,000 4086 Donatur Zakat 60,000 4087 Utami Pratamasari Zakat 85,000 4088 Masniar Se Ak Zakat 400,000 4089 Bandar Wisata Zakat 300,000 4090 Tri Bagus Aji Zakat 100,000 4091 Donatur Zakat 216,000 4092 Joni Sugiharto Zakat 235,186 4093 Tomy Agus S Zakat 700,000 4094 Iramona Zakat 10,000,000 4095 Tiva Winahyu Dwi Hapsari Zakat 225,000 4096 Eka Karvina Zakat 100,000 4097 Inderiyani Zuhdi Zakat 117,000 4098 Donatur Zakat 100,000 4099 Donatur Zakat 50,000 4100 Donatur Zakat 50,000 4101 Erma Kusumaningtyas Zakat 100,000 4102 Eka Febrial Zakat 250,000 4103 Dessy Zakat 100,000 4104 Donatur Zakat 100,000 4105 Dini Septiani Sunardi Zakat 650,000 4106 Afandi Novianto Zakat 500,000 4107 Nurlaila Sari Zakat 150,000 4108 Rofiqoh Zakat 160,000 4109 Inessa Tyasthinaya Zakat 165,000 4110 Donatur Zakat 11,500 4111 Mbl Zakat 3,000,000 4112 Donatur Zakat 500,000 4113 Novril Pohan Zakat 100,000 4114 No Name Zakat 98,850 4115 Donatur Zakat 100,000 4116 Aplitaneri Zakat 200,000 4117 Alvin Pratama Zakat 350,000 4118 Pujiono Zakat 150,000 4119 Reza Satria Nugraha Zakat 2,500,000 4120 No Name Zakat 143,750 4121 Tri Arfan Haris Zakat 250,000 4122 Tutut Isti Safitri Zakat 100,000 4123 Bayu Samudra Zakat 900,000 4124 Donatur Zakat 400,000 4125 Anita Dwi Rosmayan Zakat 50,000 4126 Desi Yurmanita, SH Zakat 1,240,000 4127 Arnelly Zakat 1,000,000

4128 Adi Fidianto Zakat 20,000 4129 Anggun Tri K Zakat 300,000 4130 Yulia Pratiwi Zakat 40,000 4131 Donatur Zakat 400,000 4132 Donatur Zakat 200,000 4133 Hamba Allah Zakat 200,000 4134 Donatur Zakat 750,019 4135 Meika Puji Harini Zakat 310,000 4136 Munawar Kasan Zakat 1,100,000 4137 Asri Zakat 150,000 4138 Dina Marlyana Kurnia Zakat 200,000 4139 Renita Puspitasari Zakat 250,000 4140 Fajar Ramayel Zakat 500,000 4141 Aditya Satrio Nugroho Zakat 350,000 4142 Danang Prihadi Pur Zakat 80,000 4143 Yusuf Iman Santosa Zakat 50,000 4144 Ratih Rahayu Zakat 500,000 4145 Donatur Zakat 250,000 4146 No name Zakat 250,000 4147 Olga Handayani Zakat 100,000 4148 Riki Fachri Fachruddin Zakat 50,000 4149 Adinda Anggun Afiat Zakat 150,000 4150 Tania Kato Zakat 50,000 4151 Donatur Zakat 200,000 4152 Denis Apri H Zakat 180,000 4153 Nita Ujiantari Zakat 1,000,000 4154 No name Zakat 75,000 4155 No name Zakat 112,500 4156 Dwi Ari Puji Astuti Zakat 275,000 4157 Lit Prabuwiyati Zakat 150,000 4158 Evania Zakat 5,000 4159 Lian Zakat 58,000 4160 Mochamad Gilang G.P Zakat 670,000 4161 Dwi Purwati Zakat 110,000 4162 Suci Wahyuningsih Zakat 500,000 4163 Rizki Atina Zakat 649,500 4164 Irna Wulandari Zakat 100,000 4165 Fajar Romi Zakat 200,000 4166 No name Zakat 104,000 4167 Sukiwara Suty Zakat 200,000 4168 Renni Zakat 200,000 4169 Suryamin Lambana Zakat 150,000 4170 Muhammad Irwan Suleika Zakat 75,000 4171 Dhamar Yudho Aji Zakat 500,000 4172 Nurbaiti Zakat 1,000,000 4173 Melina Sekarsari Zakat 441,560 4174 Hijrah Saputra Zakat 200,000 4175 Tiva Winahyu Dwi Hapsari Zakat 100,000 4176 Tri Dewi Listiyani Zakat 500,000 4177 Laisa Mina Zakat 200,000 4178 Renita Trijayanti Zakat 320,000 4179 Jihad Zakat 1,000,000 4180 S. Fauzul Rusnaidi Zakat 200,000 4181 Mira Adriyani Safitri Zakat 750,000 4182 Hakiemah Anggit Safitri Zakat 200,000 4183 No name Zakat 250,000 4184 Dian Anis Pratiwi Zakat 150,000 4185 Julianti Haq Zakat 4,000,000 4186 Sony Kusyana Zakat 50,000 4187 Rr Ulfah Zairina Zakat 300,000 4188 Donatur Zakat 1,000,000 4189 Atrie Fitriah Pribadi Zakat 250,000 4190 Ikhsan Zakat 326,280 4191 Achsanul Arif Zakat 150,000 4192 Kuntadi Sutyarsa Zakat 400,000 4193 Nadya Octavia Zakat 100,000 4194 Kemala S Nagir Zakat 250,000 4195 Suharyanti Zakat 1,000,000 4196 Chi Rahachi Zakat 225,000 4197 Angga Priatna Zakat 150,000 4198 Moehd Baga Kalie Zakat 2,000,000 4199 Kuwat Karyadi Zakat 875,000 DONASI WAKAF 41200 Hj. Maimizar Wakaf 500,000

TOTAL DONASI 2,060,461,964

No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah No. Donatur Jumlah

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 77

Page 78: VOL 4 | SEPT 2015

ESSAY

78 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T

Ketika sebulan membersamai pengungsi Rohingya di Aceh, yakni dua pekan di Kota Langsa

dan dua pekan di Aceh Utara, terbukalah mata hati, betapa sempurna penindasan atas muslim Rohingnya. Banyak sekali pengungsi Rohingya yang kendati sudah berusia dewasa, ternyata buta huruf. Jangankan menulis, menunjukkan sebuah huruf atau kata mereka geleng-geleng kepala. Huruf latin dan huruf arab, kebanyakan mereka belum mengenal baik. Maka tak heran, ketika sebuah kelompok belajar membaca, menulis dan berhitung (calistung) di Masjid Arakan, Komplek Integrated Community Shelter (ICS) Blang Adoe, Kuta Makmur, Aceh Utara, dihadiri orang-orang dewasa bukan anak-anak usia sekolah, sebagaimana anak-anak SD di Indonesia.

Orang Rohingya juga miskin. Apakah karena mereka malas? Di negerinya, mereka tak bebas mencari makan, seperti berdagang atau bertani. Abu Kalam, yang berjualan sayur mayur di Komplek ICS bertutur ihwal itu. Seorang Husein pun, bermimpi menjadi pengusaha kaya kelak,

saat hak-hak kemanusiannya telah diraih etnis Rohingya. Jadi mereka bukan miskin, tapi dimiskinkan.

Sebagai muslim, jika diketahui menyimpan Kitab Suci, maka nyawa akan jadi taruhannya. Hal itu terlihat dari fakta, orang-orang Rohingya mengaku tak berani menyimpan Kitab Suci di tempat tinggalnya.

Mereka pun menghapal ayat-ayat-Nya melalui ‘ngaji kuping’, alias menyimpan bacaan Kitab Suci mereka dalam otak, alias berupa hafalan. Jika mereka diminta menunjukkan dimana surat A atau B dalam Kitab Suci, kembali mereka geleng-geleng kepala. Adakah mereka muslim yang tak peduli dengan agamanya?

Jadi mereka bukan miskin, tapi dimiskinkan. Tak bodoh, tapi dibodohkan. Tak (ingin) mati, tapi dimatikan.

Walhasil, jika hal-hal mendasar ajaran Islam, misalkan kebersihan, masih terlihat diabaikan muslimin Rohingya, bisa kita maklumi.

Bagi yang melihat kenyataan orang Rohingya dengan teliti penuh empati, akan segera mengerti tentang apa saja telah dirampas dari orang-orang Rohingya.

Bagi yang hati nuraninya terusik fakta ini, sudah saatnya, membantu mendapatkan apa yang sudah dirampas dari mereka, dengan cara memberikan kembali hak-hak mereka untuk menjadi manusia yang berharkat dan bermartabat sama dengan manusia lainnya. n

Yang Dirampas dari Orang Rohingyan ApikoJM

Page 79: VOL 4 | SEPT 2015

V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T 79

SauDara SebaNGSARAJUT ASA

Ketiadaan atau minimnya fasilitas serta sumber daya manusia di bidang pendidikan serta kesehatan, tempat ibadah, dan lahan pemberdayaan ekonomi, menjadi gambaran nyata problematika saudara-saudara di Tepian Negeri. ACT telah menginisiasi berbagai program demi meningkatkan kesejahteraan mereka. Mari bersama merajut asa, berikan bantuan terbaik untuk saudara sebangsa nun jauh di sana.

Salurkan kepedulian Anda melalui rekening

BCA # 676 025 4434 Atas nama Aksi Cepat Tanggap

Page 80: VOL 4 | SEPT 2015

80 V O L 4 n S E P T E M B E R 2 0 1 5 | B E N E F I T@ACTforHumanity AksiCepatTanggap www.act.id

BSM # 101 000 1114 BCA # 676 025 4442Salurkan kepedulian Anda melalui rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap

4 tahun sudah kon�ik yang sejatinya demimempertahankan akidah berkecamuk di negeri Syam. Ratusan ribu jiwa terenggut, jutaan terpaksa mengungsi. Kini jutaan mereka terlunta mencari suakademi selamatkan hidupnya. Mari beri bantuan terbaik untuk saudara-saudara kita penduduk Suriah,karena derita mereka sejatinya luka kita.

“Perumpamaan orang yang beriman dalam cinta dankasih sayang sesama mereka adalah bagaikan satu tubuh yang bila salah satu anggota tubuh mengeluh sakitmaka seluruh anggota tubuh yang laintidak dapat tidur dan selalu merasa panas”.(HR. Muslim)