tugas bahan kontruksi 2011

16

Click here to load reader

Upload: taufik-setiadi

Post on 04-Aug-2015

22 views

Category:

Documents


4 download

TRANSCRIPT

Page 1: Tugas Bahan Kontruksi 2011

DAFTAR ISI

Kata Pengantar ………………………………………………. I

Daftar Isi 1.1 Latar Belakang ……………………………………………… ..1.2 Permasalahan .………………………………………………….1.3 Tujuan ………………………………………………………….

BAB II : ISI2.1 Pengertian Atap Metal Roofing ………………………………2.2 Metal Roofing Dalam Kontruksi Baru ………………... ……2.3 Metal Roofing di renovasi ………………... …………………2.4 Jenis Bahan ……………………………………………………2.5 Pelapisan ……………………………………………………..2.6 Keuntungan Memakai Metal Roof2.7 Kerugian memakai Metal Roof .…………………………....2.6 Pemeliharaan ………………………………………………… BAB III : Penutup3.1 Kesimpulan ……………………………………………… 3.2 Saran ……………………………………………………...

Daftar Pustaka …………………………………………………

KATA PENGANTAR

1

Page 2: Tugas Bahan Kontruksi 2011

Puji Syukur Kehadirat Alloh Swt,Dengan Rahmat Nya Makalah Teknologi Kontruksi Bahan Ini Selsai,Meskipun Belum Sempurna Tapi,Alhamdulilah dengan dukungan dan Bantuan

Teman – teman,walapun Masih Banyak KeKurangan dengan Materi yang saya Buat ini harap maklum semoga bisa membantu teman – teman dalam pekerjaan maupun belajar.

Makalah Ini Saya buat agar lebih memahami apa yang Bahan Kontruksi yang sering Kita Lihat di lingkungan Sekitar kita yang Sering membuat bahan Bangunan .

Saya Ucapkan Terima Kasih di sampaikan Kepada Bapak /Ibu ,Selaku Dosen Mata Kuliah Teknologi Bahan Kontruksi.Yang Baru Membimbing Kami dan Memberikan Materi Demi Lancar Nya Tugas Ini.

BAB I

2

Page 3: Tugas Bahan Kontruksi 2011

PENDAHULUAN

1 .1 . Latar Be lakang

Setiap tahun ribuan pemilik rumah dihadapkan dengan keputusan mahal untuk mengganti seluruh sistem atap di rumah mereka. Rata-rata, jangka hidup atap non-logam adalah 10 sampai 17 tahun. Sebaliknya, atap logam (umumnya terdiri dari timah, aluminium, dan tembaga) rata-rata akan berlangsung setidaknya dua sampai tiga kali lebih lama. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi atap logam sistem telah secara drastis membaik memberikan pemilik rumah dengan gaya pilihan.

Selama beberapa tahun terakhir, atap logam perumahan telah tumbuh secara signifikan dalam popularitas karena banyak pemilik rumah belajar daya tahan, sementara yang lain telah difokuskan pada banyak gaya dan warna yang tersedia. Namun, masih ada lebih banyak yang mencoba untuk mengungkap petunjuk

Metal atap memiliki banyak keuntungan. Misalnya, atap logam memiliki biaya siklus hidup lebih rendah dibandingkan bahan atap yang paling tradisional, seperti aspal atau cedar dan dapat menahan cuaca buruk seperti hujan es, sal

Atap metal dapat secara baik dikombinasikan dengan atap genteng dengan

rnenggunakan reng metal (Steel Batten) seperti pada gambar kombinasi atap tersebut

sangat cocok dan estetis untuk bangunan tinggi dan atap-atap stasiun dan terminal.

1.2. Permasalahan

1.Perawatan harus diambil pada atap besar untuk menyediakan ekspansi termal dan gerakan.

2. Gerakan disebabkan oleh perbedaan suhu dapat menyebabkan suara-suara keberatan di beberapa atap, misalnya, melengkung permukaan atap. Namun, ini tidak umum terjadi.

3.Perawatan harus diambil dengan semua produk logam atap untuk menghindari penggunaan bahan yang tidak kompatibel. Berbeda logam dapat menyebabkan tak terduga dan cepat korosi .

4. pemurnian Logam dan produksi dan transportasi komponen atap logam dapat energi-intensif dan hampir selalu merupakan kegiatan non-lokal. Di sisi lain, logam produk atap

5. sering dapat didaur ulang, dan proses ini relatif bersih dan hemat energi. Bahkan 200 tembaga tahun, misalnya, dapat dengan mudah dan murah daur ulang. Beberapa logam

3

Page 4: Tugas Bahan Kontruksi 2011

yang digunakan saat ini, seperti Aluminium dan Tembaga, secara rutin mengandung lebih dari 80% konten daur ulang.

Sementara atap logam yang mahal, naiknya harga minyak telah membuat atap logam lebih terjangkau dalam kaitannya dengan herpes zoster aspal (minyak adalah bahan prinsip dalam shingles aspal). Pada sekitar satu dolar per kaki persegi untuk lembaran logam berwarna di 29 ketebalan gauge (per Maret 2011), atap harga logam dibawa dekat, atau sama dengan herpes zoster aspal

1.3. Tujuan

Untuk Penutup Suatu Bangunan yang melindungi bagian dalam bangunan dari hujan maupun angin,adapun tujuan lain untuk melindungi kontak langsung dengan cuaca di sekitar banguna rumah.

BAB II

4

Page 5: Tugas Bahan Kontruksi 2011

2.1 Pengertian

Metal Roof adalah Bahan yang digunakan dalam atap logam adalah serbaguna dan tahan lama. Hal ini dapat digunakan pada bangunan perumahan, komersial, industri atau pertanian. Bahan yang sama digunakan untuk atap logam dapat digunakan untuk memihak. Ada berbagai profil dan gaya yang tersedia untuk setiap situasi yang paling cocok bangunan.

Satu dapat menggabungkan bentuk untuk dampak estetika. Menggunakan bahan yang sama dan warna yang sama dengan bentuk yang berbeda dapat memiliki dampak pada "banding pinggir jalan" dan nilai bangunan. Atau, logam yang berbeda dapat digunakan untuk membuat kombinasi warna yang menarik.

2.2. Metal Roofing Dalam kondisi Baru

Metal atap dipesan per buah, apakah lembar individu, sepotong trim, atau materi ridge. Dalam konstruksi baru, tepat memperkirakan hasil dalam limbah sangat sedikit.Lembaran dapat dipesan pada jarak yang tepat, membutuhkan modifikasi jobsite kurang.

2.3 Metal Roofing di Renovasi

5

Page 6: Tugas Bahan Kontruksi 2011

Metal atap ini biasanya mudah diaplikasikan di atas atap yang ada. Dalam situasi di mana mengurangi biaya tenaga kerja sangat penting, dapat membantu memudahkan dalam pekerjaan dalam sangat simple apabila ada kerusakan.

2.4 Jenis Bahan Yang digunakan

Bergelombang baja galvanis. Ini menjelaskan produk asli yang lembaran besi tempa-baja dilapisi dengan seng dan kemudian gulingkan dibentuk menjadi lembaran bergelombang. Produk ini masih digunakan sampai sekarang di kebanyakan daerah. Mendorong lebih baru arsitektur modern dan "hijau" produk telah membawa produk ini kembali ke lata depan

Sebuah campuran seng, aluminium dan baja silikon berlapis. Dijual dengan berbagai nama dagang seperti "Zincalume", "galvalume", dll Kadang-kadang dibiarkan dalam menyelesaikan seng baku, tetapi lebih banyak digunakan sebagai logam mulia berdasarkan warna pabrik dilapisi.

6

Page 7: Tugas Bahan Kontruksi 2011

Genteng metal lembar. Ini biasanya dicat atau baja berlapis batu.

Stainless steel. Tersedia untuk kondisi yang keras dan / atau sebagai elemen desain khas. Biasanya roll-dibentuk menjadi berdiri profil jahitan, namun, herpes zoster yang tersedia.

Aluminium. Salah satu logam paling lama, tapi agak mahal dibandingkan dengan produk-produk baja. Aluminium atap sangat ringan, tahan korosi, memiliki reflektifitas alam tinggi dan bahkan lebih tinggi emisivitas alam, meningkatkan efisiensi energi sebuah bangunan. Aluminium produk dengan cat Kynar mudah terakhir lebih dari 50 tahun. Inovasi terbaru adalah anodisasi saham Coil Aluminium untuk digunakan dalam detail arsitektur dan panel jahitan berdiri. Anodisasi tertanam di butir logam dan biasanya tidak dikenakan pelapukan dan keausan.

Ketebalan genteng metal Utama Roof ini cukup standar (0,30 mm) dan tidak memerlukan ketebalan yang besar, karena hanya pemborosan biaya. Genteng metal bukan seng, yang lebih tebal lebih baik.Genteng metal kualitas baik terdiri dari campuran plat baja, seng dan alumunium, dengan ketebalan yang ada saja, pabrik kami sudah bisa memberikan jaminan produk selama 15 tahun untuk antikaratnya dan selama terpasang 25 tahun sudah aman dari segala kerusakan.

2.5 Pelapisan

Banyak jenis coating yang digunakan pada panel logam: anti karat, tahan air, panas reflektif. Mereka adalah terbuat dari berbagai bahan seperti epoxy, keramik dan, baru-baru ini, bahan dikembangkan melalui nanoteknologi.

7

Page 8: Tugas Bahan Kontruksi 2011

Logam lembaran atap sangat terjangkau, tahan lama, dan cepat untuk menginstal, yang membuat penggunaannya sangat populer di konstruksi bangunan komersial dan industri.Masalah utama dengan atap logam di cuaca hangat adalah bahwa mereka menyerap dan menyimpan banyak sekali panas.Dalam bangunan non-ber-AC, ini diterjemahkan langsung ke beban tinggi selubung bangunan panas, suhu dan kelembaban membangun-up. Pada bangunan ber-AC, itu berarti biaya energi yang lebih tinggi sebagai AC harus melawan panas yang membangun di siang hari, bahkan ketika langit mendung (sinar ultraviolet, sumber utama panas dari radiasi matahari, akan menembus awan ). Karena bangunan dengan atap logam lebih panas dari hal-hal di sekitar mereka, mereka berkontribusi pada efek pulau panas perkotaan .Sebuah lembaran logam atap di negara-negara tropis, misalnya, bisa mencapai suhu di atas 75 ° C / 167 ° F.

coating Keramik adalah reflektif panas lapisan paling populer diterapkan pada atap lembaran logam di seluruh dunia. Teknologi ini beberapa dekade tua dan pada awalnya dikembangkan oleh NASA untuk program luar angkasa Amerika.pelapis keramik Kebanyakan terbuat dari cat biasa, dengan manik-manik keramik yang dicampur dalam sebagai aditif. Meskipun mereka mencerminkan, rata-rata, 75% sampai 85% dari radiasi matahari, kinerja mereka cenderung menurun sebesar 30 +% setelah beberapa tahun karena kotoran build-up. komposisi mereka dan ketebalan (dari 500 sampai 1.000 mikrometer) dapat menyebabkan retak untuk tampil, dan pemilihan warna sangat terbatas - terutama putih dengan finishing matte. Karena itu, aplikasi mereka kebanyakan terbatas pada bangunan industri dan komersial.Namun, jika biaya investasi adalah masalah utama, mereka adalah pilihan yang terjangkau untuk bahan isolasi atap lembaran logam.

Surya pelapis reflektif Nanoteknologi adalah pelapis panas-reflektif efisien yang dapat diterapkan pada bahan atap. Mereka adalah hambatan bercahaya yang meningkatkan kinerja secara eksponensial dengan permukaan yang panas, membuat mereka sempurna untuk aplikasi pada atap lembaran logam.Beban panas pada bangunan dengan atap lembaran logam biasanya dikurangi dengan 30%, yang langsung meningkatkan energi gedung-efisiensi dan topi panas build-up.Pengembang dapat mengambil keuntungan dari ketersediaan keterjangkauan dan luas atap logam sementara mentransformasikannya menjadi perisai panas kinerja tinggi.isolasi di bawah-atap tradisional seperti busa PU atau busa PE dapat memberikan insulasi tambahan.

Ini generasi baru dari pelapisan nanoteknologi menambah nilai dan manfaat untuk atap lembaran logam:

ia meluas jangka hidup mereka: karena logam mengembang dan kontrak kurang karena variasi suhu yang lebih rendah, stres kurang disebabkan pada baut dan sendi. Risiko kebocoran berkurang, seperti kebutuhan untuk pemeliharaan.

atap logam dilapisi lembaran yang dingin dan mengurangi efek pulau panas perkotaan

beberapa pelapisan nanoteknologi juga termasuk titanium dioksida , yang membuat mereka membersihkan diri. Logam lembaran atap di daerah industri dengan banyak debu akan tetap

8

Page 9: Tugas Bahan Kontruksi 2011

bersih lebih lama dan kurang sensitif terhadap asam (seperti yang digunakan dalam menara pendingin). Di daerah pesisir, coating ini melindungi lembaran logam dari garam laut.

2.6 Keuntungan memakai Metal Roof

Menahan bocor terhadap genteng pecah dan tampias air hujan

Menahan panas

Menahan suara bising air hujan . Anti rayap dan pelapukan

Tahan api

Keamanan yang baik terhadap bahaya kemalingan dari atap.

 

2.6 Kekurangan memakai Metal Roof

Perawatan harus diambil pada atap besar untuk menyediakan ekspansi termal dan gerakan.

Gerakan disebabkan oleh perbedaan suhu dapat menyebabkan suara-suara keberatan di beberapa atap, misalnya, melengkung permukaan atap. Namun, ini tidak umum terjadi.

9

Page 10: Tugas Bahan Kontruksi 2011

Perawatan harus diambil dengan semua produk logam atap untuk menghindari penggunaan bahan yang tidak kompatibel. Berbeda logam dapat menyebabkan tak terduga dan cepat korosi .

pemurnian Logam dan produksi dan transportasi komponen atap logam dapat energi-intensif dan hampir selalu merupakan kegiatan non-lokal. Di sisi lain, logam produk atap sering dapat didaur ulang, dan proses ini relatif bersih dan hemat energi. Bahkan 200 tembaga tahun, misalnya, dapat dengan mudah dan murah daur ulang. Beberapa logam yang digunakan saat ini, seperti Aluminium dan Tembaga, secara rutin mengandung lebih dari 80% konten daur ulang.

Sementara atap logam yang mahal, naiknya harga minyak telah membuat atap logam lebih terjangkau dalam kaitannya dengan herpes zoster aspal (minyak adalah bahan prinsip dalam shingles aspal). Pada sekitar satu dolar per kaki persegi untuk lembaran logam berwarna di 29 ketebalan gauge (per Maret 2011), atap harga logam dibawa dekat, atau sama dengan herpes zoster aspal

2.7 Pemeliharaan

Atap logam dinilai "AG" atau "Utility" akan membutuhkan recoating setelah selesai pabrik mereda atau korosi akan terjadi. Cat ini biasanya Akrilik atau Polyester based. Atap coating adalah bahan disukai karena mereka dapat tetap elastis dan menahan siklus termal yang terjadi di atap logam.

Bahan atap yang terbuat dari Stainless Steel, Zinc atau Tembaga jarang akan membutuhkan perawatan selama hidupnya. Setiap perawatan yang diperlukan biasanya karena kesalahan desain atau instalasi. Jika tidak, bahan-bahan ini biasanya terakhir lebih dari satu abad. Logam atap dengan cat umur panjang seperti Kynar seharusnya tidak membutuhkan perawatan sampai cat gagal. Produk ini telah digunakan selama lebih dari setengah abad sekarang di Amerika Serikat dan beberapa instalasi telah gagal. Mereka harus dianggap produk seumur hidup.

Ketebalan genteng metal Utama Roof ini cukup standar (0,30 mm) dan tidak memerlukan ketebalan yang besar, karena hanya pemborosan biaya. Genteng metal bukan seng, yang lebih tebal lebih baik.Genteng metal kualitas baik terdiri dari campuran plat baja, seng dan alumunium, dengan ketebalan yang ada saja, pabrik kami sudah bisa memberikan jaminan produk selama 15 tahun untuk antikaratnya dan selama terpasang 25 tahun sudah aman dari segala kerusakan.

BAB III PENUTUP

10

Page 11: Tugas Bahan Kontruksi 2011

3.1 Kesimpulan

semakin majunya jaman , atap metal pun semakin beerkembang dengan variasi yang cukup banyak dan berbeda beda dari tahun ke tahun nya, dan menjadi terobosan yang paling spektakuler, karena ketahanannya yang semakin di maksimalkan oleh para produsen, warna-warna yang disediakan dan tile-tile yang disediakan menambah nilai keindahan dan pemasaran dari metal roof ini..menurut saya metal roof ini propeknya cukup menjanjikan bagi kalangan property di indonesia

3.2 Saran

Sebelum membangun sebuah gedung khususnya atap harus direncanakan sedetailmungkin, agar atap yang digunakan dalam sebuah gedung tersebut berkualitas baik.Pemilihan atap hendaknya memperhatikan iklim setempat, tampak atap yangdikehendaki, biaya yang tersedia dan bahan-bahannya dengan mudah di dapat dimana bangunan itu didirikan

DAFTAR PUSTAKA

11

Page 12: Tugas Bahan Kontruksi 2011

http://www.unionmetal.co.id/download/download.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/Metal_roof

http://www.bacaanonline.com/metal-roofing-color-guide

12