transistor ppt

Download Transistor Ppt

If you can't read please download the document

Post on 05-Jan-2016

21 views

Category:

Documents

11 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

elektro

TRANSCRIPT

T R A N S I S T O R

T R A N S I S T O RELEKTRONIKA INDUSTRI

L/O/G/OAnalogi TransistorPakde lagi buka keran air :D

Prinsip KerjaPrinsip dasar dari kerja transistor adalah tidak akan ada arus antara collector dan emitor apabila pada basis tidak diberi tegangan muka atau bias. Bias pada basis ini biasanya diikuti dengan sinyal-sinyal atau pulsa listrik yang nantinya hendak dikuatkan. Fungsi Transistorpenguat arus maupun tegangan yang dipakai sebagai penguat/gainsebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching)

Fungsi Transistor LainSaklar: pemutus arus listrik & sinyal frekuensiMuting: mereset pada groundRegulator: mengatur / mengontrol arus & sinyal listrik

JENIS JENIS TRANSISTORTansistor secara umum dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :BJT (Bipolar Juction Transistor)FET (Field Effect Transistor)

BJT (Bipolar Juction Transistor)BJT(Bipolar Junction Transistor) adalah salah satu dari dua jenis transistor. Cara kerja BJT dapat dibayangkan sebagai dua diode yang terminal positif atau negatifnya berdempet, sehingga ada tiga terminal. Ketiga terminal tersebut adalah emiter (E), kolektor (C), dan basis (B).

Transistor Bipolar adalah jenis transistor yang paling banyak di gunakan pada rangkaian elektronika. Transistor Bipolar ini dibagi menjadi 2, yaitu:Transistor NPN (Negatif Positif Negatif)Transistor PNP (Positif Negatif Positif)

LanjutanTransistor NPN : Prinsip kerja dari transistor NPN adalah: arus akan mengalir dari kolektor ke emitor jika basisnya dihubungkan ke ground (negatif). Arus yang mengalir dari basis harus lebih kecil daripada arus yang mengalir dari kolektor ke emitor, oleh sebab itu maka ada baiknya jika pada pin basis dipasang sebuah resistor.

Lanjutan

Transistor PNP :Prinsip kerja dari transistor PNP adalah arus akan mengalir dari emitter menuju ke kolektor jika pada pin basis dihubungkan ke sumber tegangan ( diberi logika 1). Arus yang mengalir ke basis harus lebih kecil daripada arus yang mengalir dari emitor ke kolektor, oleh sebab itu maka ada baiknya jika pada pin basis dipasang sebuah

Lanjutan

Basis, Collector, EmitorTransistor mempunyai tiga kaki (elektroda), yaitu:CollectorColector artinya pengumpul. Pembawa muatan yang berasal dari emitor ditampung pada ColectorEmitor Emitor artinya pemancar, disinilah pembawa muatan berasalBasisBasis artinya dasar. Basis digunakan sebagai elektroda mengendali

.

Lanjutan

Arus Emitor

Alpha ()

Beta ()

Common Emitor

Lanjutan

Arus Bias

Kurva Basis

Lanjutan

Kurva Kolektor

Daerah Aktif

Lanjutan

Daerah Saturasi

Cara Mengukur Nilai TransistorMenggunakan Multimeter AnalogAtur posisi saklar pada Ohm x1k atau 10kHubungkan probe merah pada terminal basis dan probe hitam pada terminal emitor. (PNP) sedangkan untuk NPN lakukan langkah sebaliknya.

Jika jarum bergerak ke kanan berarti transistor dalam keadaan baik dan layak pakai

Cara Mengukur Nilai TransistorMenggunakan Multimeter DigitalAtur posisi saklar pada posisi DIODA (Ohm x1k atau 100k)Hubungkan probe merah pada terminal basis dan probe hitam pada terminal emitor. (PNP) sedangkan untuk NPN lakukan langkah sebaliknya.Jika jarum bergerak ke kanan berarti transistor dalam keadaan baik dan layak pakai

THE END