tabloid xpresi edisi 81, desember 2012

24
Edisi 81 - Tahun VII - Desember 2012 ISSN 2088-141X Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Upload: tabloid-xpresi

Post on 08-Mar-2016

308 views

Category:

Documents


21 download

DESCRIPTION

Tabloid Xpresi Edisi 81, Desember 2012

TRANSCRIPT

Edisi 81 - Tahun VII - Desember 2012ISSN 2088-141X

Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Desain Sampul Edisi 81 Tahun VII, Desember 2012Oleh: Indah Putri Anggraeni

Xpresi Kampus 8

Xpresi Tekno 10

Xpresi Seremoni 12

Salam Redaksi 2Xpresi Utama 3Xpresi Kampus 6Xpresi Cerpen 15Xpresi Puisi 16Xpresi Resensi 18Surat Nyasar 20Xpresi Foto 22Xpresi Zodiak 22Frame Xpresi 23

Xpresi Kuliner 9

Daftar IsiSalam Redaksi

DIVISI uSaha I PemImPIn umum: juSwan TjOE I PemImPIn PerusAhAAn: amrIn SuSIlO halIm I PenAnggung jAwAb: Ir. b. rIcSOn SImarmaTa, mSEE I dewAn AhlI: prOf. Dr. amrIn fauzI, SukIman ST, mT, luSIah SE, mm I mAnAjer ProduksI: anDrIaSan SuDarSO, Smn, mm I mAnAjer IklAn: lIlI SurYaTY, SE, mm I mAnAjer sIrkulAsI: halIm lOlY, SE, mm I sTAFF sIrkulAsI: harTOnO, S.kom, m.kom

DIVISI rEDakSI I edITor In ChIeF: huDa pErDana I rePorTer: anI I FoTogrAFer: rIrI kOESnaDY I desAIn grAFIs: InDah puTrI anGGraEnIAlAmAT redAksI: kampuS TOpaz, jalan Damar nO. 9-G, TElp. (061) 4153375, emAIl: [email protected], FACebook: Tabloid Xpresi

redaksi menerima tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErjalanan, cErpEn, puISI, SuraT pEmbaca, SuraT nYaSar serta tulisan lain-nya. redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. untuk tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErjalanan, cErpEn, panjangnya sekitar 5000-6000 karakter. Tabloid Xpresi

Selamat Hari Guru

2

Rendahnya tingkat kesejahteraan para guru menjadi bagian permasalahan seluruh kota di Indonesia, profesi yang sering diidentikan dengan pahlawan tanpa tanda jasa tersebut acapkali diabaikan dan tidak menjanjikan secara ekonomi. Langkah-langkah perbaikan nasib guru sebenarnya telah ber-langsung sejak dunia pendidikan mendapatkan ‘penghargaan’ dengan alokasi 20% dari APBN. Guru profesional pun telah dicanangkan lewat proses sertifikasi guru.

Di sisi lain, masyarakat telah memasang patokan tinggi terhadap profesionalisme guru. Guru dituntut untuk terus mengembangkan diri, mengasah wawasan dan terus mencari metode pengajaran terbaik guna membekali anak didiknya dengan visi yang tajam dan ilmu yang menjanjikan sehingga masa depan muridnya cemerlang. Standarisasi tersebut terka-dang memberatkan sekaligus cambuk yang selalu membuat guru harus mengerti keinginan masyarakat. Itulah yang me-motivasi kami untuk mengangkat Hari Guru Nasional sebagai Xpresi Utama pada edisi kali ini.

Rubrik Kuliner kali ini Paduan Resep dan Suasana Klasik Nan Unik, Bersantap Bebek di Warong Bebek Pawito, Kes-egaran Tom Yam Original Khas Koki Sunda, Resep Alami Jadi Ciri Khas Soto Enaak Tenan , yang tentunya menarik untuk diketahui.

Akhir kata redaksi tanpa henti-hentinya mengharapkan partisipasi dari para pembaca untuk berkontribusi mengirim-kan karya-karya terbaiknya. Tak lupa pula kami terus mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus memberikan dan menyam-paikan unek-uneknya, kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucap an selamat kepada siapa saja dengan cara yang begitu mudah, hanya perlu mengirimkan sms ke nomor 087869801990. Selamat membaca, semoga edisi kali ini ber-manfaat bagi kita semua.

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 3

Xpresi Utama

Sebutan ‘Pahlawan Tanpa Tanda Jasa’, mungkin sekarang hanya menjadi sebuah kalimat yang tak ada nilainya. Betapa tidak? Para pahlawan ini memang tak pernah diingat oleh siapapun dan kapanpun.

Meski sejatinya ia bermakna dalam kehidupan manusia, terutama di kalangan profesi guru. Kalimat tadi mengand-

ung arti yang luas dan sangat mengena ketika seorang anak kecil mengenang kembali kilas balik kehidupan semasa kecilnya. Terutama ketika baru mau belajar di tingkat Sekolah Dasar. Setidaknya, inilah kondisi saat ini.

Kendati, mereka sama sekali tak mengharapkan apa-apa. Kebahagiaan seorang guru adalah jika melihat para muridnya berhasil di masa yang akan datang. Di balik semua keberhasilan tersebut, korps guru tersebut tidak pernah mengharapkan imbal jasa atau materi dari murid-muridnya yang telah berha-sil. Namun, seringkali kita melupakan jasa-jasa para guru tersebut, tatkala kita sudah sukses dalam dunia kita. Layaknya seorang pelatih sukses, guru mungkin cu-kup puas dengan senyuman saat ‘mend-engar’ anak didiknya sukses di dunia karir. Sejatinya, memang harus begitu. Saat ini, patut disyukuri adanya niat tulus dari pemerintah dalam memperhatikan nasib guru. Setidaknya ini telah diamanahkan dalam undang-undang bahwa anggaran pendidikan itu harus 20 persen dari total anggaran pembangunan. Artinya, ini nilai yang cukup luar biasa jika dilaksanakan.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa profesi guru kini sangat dibang-gakan, betapa tidak pemerintah dan masyarakat memposisikan profesi guru sangat terhormat baik secara formal maupun sosial. Sejak dicanangkan oleh Presiden RI pada tanggal 2 Desember 2004, yang merupakan pengakuan formal atas profesi guru sebagai profesi yang bermartabat.

Boleh dikata sebelumnya nasib guru hanya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, tuntutan pengajaran tidak sebanding dengan penghargaan apalagi kesejahter-aan. Belum lagi sebagian guru hidup dibawah bayang-bayang tekanan politik,

refleksi hari Guru nasional

Pendidikan merupakan Tanggung jawab bersama

ekonomi dan tuntutan hidup, sehingga banyak guru yang berprofesi ganda.

Diakui atau tidak, dewasa ini, peran guru telah mengalami distorsi yang cukup parah. Guru lebih banyak berperan sebagai “tukang” yang menjual jasa. Sementara peserta didik, adalah orang menerima jasa untuk menjadi pintar. Atau dalam bahasa yang lebih ekstrim, bahwa pendidikan kita dewasa ini, memiliki kecenderungan ibarat sebuah transaksi bisnis. Ada yang menjual jasa pendidikan dan ada yang membelinya. Anehnya, pendidikan lebih mengejar pada aspek materialis. Dan telah meninggalkan aspek idealis.

Sejatinya profesi guru yang ideal adalah mereka yang tetap fokus pada pekerjaanya, senantiasa meningkatkan profesionalitas keguruannya, dan tidak terjuan nyambi pada profesi lainnya. Tidak menutup mata, bahwa terkadang tuntutan ekonomi sering menjadi pilihan utama ketika seseorang memilih menjadi guru, biasanya tipe guru ini selalu melihat fee, bonus dan upah, ketika melakukan pekerjanya, dan jika tidak ada, maka tipe

guru ini akan loyo dan tidak berselera untuk mengajar dan cenderung setengah hati menjalankan tupoksinya.

Atau bahkan pilihan kedua dari ses-eorang ketika terjun ke dunia guru adalah semata-mata untuk mencari jabatan, pangkat, kedudukan, atau bahkan posisi kelas tertentu di masyarakat, sehingga kecenderungan menjadi berbeda sendiri, ekslusif, dan superior, sehingga untuk sampai ke posisi tertentu tidak peduli, teman atau kawan, menghalalkan segala cara, pragmatisme dan terkadang memo-tong kompas untuk memuluskan jalannya, demi jabatan apapun diraihnya. Tipe ini tidak banyak di masyarakat, tetapi jika ada akan sengat kelihatan dari gerak-geriknya. Sesuatu yang tidak pantas disandang oleh guru.

Atau bahkan di antara para guru pada awalnya memilih profesi ini karena panggilan hidup, tipe guru ini adalah sang pengabdi, menjadi guru karena keterpanggilan, tidak peduli ada faktor ekonomi, digaji murah atau bahkan tidak, tidak peduli akan jabatan tertentu, tetapi menjadi guru adalah panggilan hidup

untuk mengabdi, menjadi motor pemba-haru, sang pencerah bagi siswa-siswanya, yang pantas digugu dan ditiru, tentunya.

Kita sebagai bangsa membutuhkan tipe guru seperti yang terakhir dibi-carakan, sosok guru pengabdi yang mau mengerti dan memahami keinginan siswanya, yang tutwuri handayani (diten-gah memberi contoh dan keteladanan).

Seiring berjalannya waktu, kiranya bangsa ini semakin memperhatikan nasib guru, meskipun masih banyak masalah di sekitar dunia guru yang belum teratasi, misalnya pemerataan guru, kompetensi guru dan kualitas para guru. Meskipun kesejahteraan para guru yang perla-han teratasi dengan sertifikasi guru, hal yang paling penting adalah bangsa kita membutuhkan sosok guru yang benar-benar digugu dan ditiru. Guru pengabdi penerang dalam gulita, yang berjasa tiada tara. Selamat Hari Guru.

Sebagai pemberi ilmu, guru tentu saja memiliki karakteristik yang khas dari pro-fesi lain di tanah air. Karena karakter yang khas tersebut makanya guru dianggap sebagai manusia setengah dewa. Guru adalah profesi yang telah eksis sejak seja-rah peradaban manusia ada. Guru diyakini sebagai salah satu penjamin keberlang-sungan peradaban itu sendiri. Guru ada-lah fasilitator ilmu dan ketauladanan. Guru itu tidak sekedar digugu dan ditiru.

Sebagai tenaga pendidik tentunya guru dituntut untuk memahami betul filo-sofi pengajaran. Filosofi pengajaran meru-pakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam portofolio seorang guru. Guru yang memiliki filosofi pengajaran, jelas memiliki rambu-rambu yang jelas di dalam menjalankan tugasnya. Filosofi pengajaran dapat dianalogikan sebagai “Dasar Negara”, karena di dalam filosofi tersebut tercantum segala aspek yang ideal dari seorang guru dan usaha-usaha yang direncanakan guru tersebut untuk mencapainya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 4

Xpresi Utama

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Guruku Pahlawanku

Nama : Sherlyn LinardiSekolah : SMA Methodist T. MorawaKelas : XI IPA

Menurut pendapat saya, pemerintah harus menjamin kesejahteraan para guru apabila ingin meningkatkan kualitas dan prestasi guru. Seorang guru pastinya akan semakin terpacu apabila hak dan kewajiban-nya seimbang, sehingga ia akan berusaha untuk meningkatkan kualitas dan prestasi-nya.

Tanpa guru sangat kecil kemungkinan suatu negara untuk berhasil dalam pen-didikan meskipun pendidikan tidak hanya diperoleh dari guru namun pemberian pengetahuan secara lisan oleh guru lebih dapat dan mudah dimengerti daripada harus membaca teori yang ada di buku.

Nama : John DhillonSekolah : SMA Methodist T. MorawaKelas : XI-IPA

Memperbaiki cara berfikir. Bila cara berfikir seorang guru baik, gaji kecil maupun besar tidak menjadi masalah. Tetapi jika cara ber-fikirnya hanya berdasarkan materi atau uang, maka secara otomatis murid yang didik juga akan memiliki pola fikir yang sama.

Karena guru adalah pendidik dasar selain orang tua sudah selayaknya diberikan perhatian lebih oleh pemerintah, hal ini didasarkan peran besar seorang guru dalam mendidik dan melahirkan generasi-generasi penerus bangsa seperti Presiden, mentri, bahkan orang-orang hebat lainnya, mereka semua bisa berhasil karena ada guru yang mendidik mereka.

Nama : MelindaSekolah : SMA Methodist T. MorawaKelas : XII IPS 1

Menurut saya, sebaiknya pemerin-tah lebih memperhatikan lagi guru-guru di Indonesia, baik dari segi gaji maupun lainnya. Seharusnya gaji guru dapat lebih ditingkatkan lagi, karena dari segi ilmu, gurulah yang menuangkan ilmu kepada murid-murid sehingga generasi muda bisa maju juga karena jasa guru. Maka dari itu harusnya pemerintah bisa lebih memikirkan hal tersebut.

Guru merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan disuatu negara karena gurulah yang paling mengerti dan juga memahami bagaimana keberhasilan di suatu negara.

Nama : FennySekolah : SMA Methodist T. MorawaKelas : XII IPS 2

Seharusnya pemerintah memberikan para guru dengan gaji yang lebih tinggi, karena tanpa guru semua masyarakat tidak akan bisa tahu hal-hal yang tidak diketahu-inya. Jika guru diberikan gaji tinggi maka kemungkinan para guru akan melakukan sebuah pengajaran dan sikap yang lebih profesional.

Menurut saya gaji guru saat sekarang ini sangat tidak cocok untuk guru, karena tanpa guru seorang pengusaha, dokter, karyawan ataupun lainnya tidak akan bisa melakukan pekerjaannya masing-masing dengan baik. Karena gurulah yang sudah memberikan ilmu kepada mereka semua.

Nama : VeraSekolah : SMA Methodist T. MorawaKelas : XI IPA

Menurut saya, pemerintah seharusnya membuat sebuah program untuk melatih keterampilan dan hal lainnya yang diper-lukan oleh seorang guru. Menurut saya juga pemerintah perlu lebih memperhati-kan guru di negara ini, misalnya memberi penghargaan untuk pengabdian yang telah mereka lakukan sehingga guru-guru akan semakin semangat dalam menjalankan tugasnya.

Mungkin ada yang beranggapan bahwa pelajaran dapat dipelajari dengan buku tanpa ada guru. Namun kita harus ingat kembali bahwa selain mengajar tugas guru adalah mendidik.

Rendahnya tingkat kesejahteraan para guru menjadi bagian permasalahan seluruh kota di Indonesia, profesi yang sering diidentikan dengan pahlawan tanpa tanda jasa tersebut acapkali diabaikan dan tidak menjanjikan secara ekonomi. . Menurut mereka, apa yang seharusnya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi para guru yang ada di Indonesia? Serta apa tanggapan para siswa mengenai rendahnya gaji guru di Indonesia?

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 5

Xpresi Utama

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Nama : Angel ParamittaSekolah : SMA Dharma Bakti L. PakamKelas : X

Menurut saya yang harus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi para guru yang ada di Indo-nesia ialah melakukan kegiatan seminar untuk para guru. Dimana seminar itu berisi tentang bagaimana cara yang mengajar dengan baik dan cara untuk memotivasi para murid.

Ada baiknya pemerintah meningkatkan gaji guru. Karena jasa guru sangat besar dalam mendidik muridnya dan membuat sukses muridnya di kemudian hari. Murid-murid jadi pintar dan bertalenta itu karena jasa para guru yang sangat-sangat besar dalam mendidik muridnya.

Nama : Yoko RicardoSekolah : SMA Dharma Bakti L. PakamKelas : XII IPS

Pemerintah harus mendukung se-gala fasilitas dan kebutuhan para guru dalam mengajar dan pemerintah juga harus memberikan beasiswa ke jenjang perguruan tinggi kepada guru-guru yang kurang mampu agar para guru dapat lebih memperdalam ilmu yang akan dia berikan kepada murid-muridnya.

Kalau menurut saya, gaji yang rendah itu tidak pantas diberikan kepada para guru. Karena guru adalah segala sumber untuk kita mendapatkan ilmu dan kepintaran. Jadi gaji guru dengan jasanya tidaklah sesuai dan tidaklah pantas. Sehingga sudah sehar-usnya pemerintah menaikkan gaji guru.

Nama : Rifaldi BanjarnahorSekolah : SMA Dharma Bakti L. PakamKelas : XII IPA

Pemerintah harus mau menerima masukan-masukan yang diberikan oleh setiap guru yang ada di setiap daerah dan pemerintah seharusnya mempelajari faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kualitas dan prestasi guru tersebut tidak meningkat dan dari situlah pemerintah dapat menang-gulangi hal-hal penghambat tersebut seh-ingga para guru disetiap daerah memiliki kualitas yang baik.

Menurut saya rendahnya gaji guru ada-lah salah satu faktor mengapa prestasi guru di Indonesia tidak bagus. Karena antara pendapatan dan pengeluran mereka tidak seimbang.

Nama : Hendri KSekolah : SMA Methodist T. MorawaKelas : XII IPS 1

Menurut pendapat saya, harusnya pemerintah memberikan tips megajar yang baik agar murid tidak merasa jenuh dalam belajar dan memberikan gelar kepada guru-guru yang berprestasi. Dan juga memberikan gaji yang sesuai dengan apa yang mereka ajarkan kepada anak didiknya.Harusnya pemerintah mengambil keputu-san untuk menaikkan gaji para guru.

Guru merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan disuatu negara karena guru itu adalah orang yang men-gajar orang-orang yang bisa berprestasi di suatu negara. Guru itu juga yang membuat murid-murid menjadi berprestasi.

Nama : Vinessa Dharma KadarSekolah : SMA Dharma Bakti L. PakamKelas : X - 2

Menurut saya yang seharusnya dilaku-kan pemerintah untuk meningkatkan kuali-tas para guru di Indonesia adalah membuat suatu kegiatan bermanfaat seperti pengem-bangan diri yang mungkin tidak berada di dalam kelas karena sangat membosankan. kemudian didatangkan satu psikolog untuk mengontrol jalinan antara siswa dan guru.

Menurut saya mungkin diberbagai negara termasuk Indonesia memiliki gaji yang rendah untuk tingkat pekerjaan dikalangan guru. Namun guru tentunya adalah sosok pahlawan yang dihargai bangsa. Jadi seharusnya pemer-intah menaikkan gaji mereka karena pekerjaan guru tidak semudah yang dibayangkan.

Nama : Cinthia TandianaSekolah : SMA Dharma Bakti L. PakamKelas : X

Menurut pendapat saya pemerintah seharusnya memberikan metode pelayanan untuk guru dan juga memperhatikan apakah guru tersebut layak untuk berada di sekolah tersebut untuk mengajar.

Pemerintah seharusnya lebih menuntut guru untuk menguasai materi yang akan diajarkannya, dan juga guru harus member-ikan pelayanan terbail untuk muridnya.

Memang benar gaji guru rendah, tepai walaupun demikian guru tetap berusaha keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi muridnya. Lebih baik jika gaji guru lebih dinaikkan lagi sesuai dengan stan-darnya.

Nama : Nurul Indah PertiwiSekolah : SMA Dharma Bakti L. PakamKelas : XII IPA

Pemerintah harus memberi kuali-tas yang lebih baik lagi. Misalnya untuk membangun suatu kursus di daerah-daerah yang bisa dijadikan sebuah pertemuan para guru di daerah tersebut dan dapat untuk menggali ilmu bersama-sama yang seperti diskusi.

Menurut saya, jika gaji guru rendah, maka guru pasti akan kurang semangat untuk mengajar muridnya disekolah. Oleh karena itu sudah selayaknya pemerintah menaikkan gaji para guru. Karena guru telah memberikan banyak ilmu kepada saya, se-hingga saya dapat mengetahui banyak hal yang sebelumnya tidak saya ketahui.

Nama : Sindi SuhardiSekolah : SMA Methodist T. MorawaKelas : XII IPS 1

Yang seharusnya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi guru di Indonesia ialah dengan lebih mem-perhatikan pendidikan di Indonesia, karena pada era yang maju seperti saat ini pendidi-kan ialah yang terpenting dan semua hal itu kita dapatkan dari seorang guru.

Oleh sebab itu gaji guru yang rendah menurut saya sangat memprihatinkan. Hidup guru pun tak menentu. Seharusnya indonesia lebih mementingkan guru, seperti dinegara luar gaji guru lebih besar dari gaji para pegawai biasa dan guru lebih di uta-makan sementara di Indonesia guru sangat tidak diperhatikan.

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Xpresi Kampus

6 Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

bagi wisudawan/I ini bukanlah pertanda bahwa perjuangan wisudawan/I telah berakhir. Sebaliknya dalam dunia nyata dan dunia praktik perjuangan baru akan dimulai.

Serta beliau juga berharap para Alumni IBBI dapat menjadi pemimpin

masa depan yang berani, jujur, adil, tegas, disiplin dan selalu menjaga nama baik Almamater IBBI.

Pada kesempatan ini Koordinator Kopertis Wilayah I Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darusalam, Prof. H. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc, Ph.D juga

menyampaikan beberapa tantangan pen-didikan, tantangan lulusan, serta peruba-hahan proses pembelajaran. Koordinator kopertis ini juga mengatakan bahwa pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan tumbuhnya budi pekerti dan pikiran.

Wisuda STIE – STMIK IBBI 2012

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) IBBI kembali menggelar acara Wisuda

yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 November 2012 di Ballroom Grand Aston City Hall Jl. Balai Kota No. 1 Medan. Acara yang diikuti oleh 1099 Wisudawan/i itu terdiri dari berbagai jurusan yang ada di STIE – STMIK IBBI. Yang diperincikan 580 orang dari S1-Manajemen, 86 orang dari DIII-Akuntansi, 61 orang dari S1-Akun-tansi, 283 orang dari Sistem Informasi dan 89 orang dari Jurusan Teknik Informatika.

Amrin Susilo Halim selaku Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan IBBI menyampaikan pesan dalam pidato-nya bahwa apapun profesi yang digeluti oleh wisudawan/i nantinya haruslah dilaksana-kan dengan sebaik mungkin dan dengan penuh komitmen agar wisudawan/i dapat sukses seperti yang diharapkan.

Prof. Dr. Amrin Fauzi selaku Ketua STIE IBBI mengatakan melalui upacara ini wisudawan/i yang akan segera menjadi alumni dianggap telah memiliki kom-petensi, skill dan keahlian dibidangnya masing-masing. Dengan berbekal teori, konsepsi dan praktek kerja lapangan serta kondisi di masyarakat akan menjadi satu keunggulan atau sumber daya bagi para wisudawan/i nantinya dalam menghadapi kompetisi dan persaingan.

Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE, IPM juga menambahkan bahwa pelantikan

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Xpresi Kampus

7Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 8 Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 8

Xpresi Kampus

Kompetisi Bakat Dilakukan STIE-STMIK IBBI

Untuk mengasah bakat maha-siswa/ i Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika

dan Komputer (STMIK) IBBI mengelar kompetisi. Acara yang dilakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IBBI Pro-duction ini diselenggarakan Sabtu(17/11) di Aula Kampus IBBI Diamond Jl. Sei Deli No.18 Medan.

Banyak kompetisi – kompetisi dan ajang bakat yang diperlombakan disana seperti Dance, Fashion Show dan Karaoke. IBBI Production juga adalah UKM yang didirikan guna untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa/i yang mempunyai bakat entertainment serta yang ingin menggali ilmu lebih dalam lagi mengenai bakat yang dimiliki oleh mahasiswa/i itu sendiri.

Pada kesempatan yang lalu mahasiswi STIE IBBI juga telah berhasil meraih per-ingkat Harapan I di Festival Tari Budaya di Lingkungan Kopertis Wilayah I Sumatera Utara dan Aceh yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 November 2012.

Ini berkat IBBI Production yang

selalu menggali bakat yang dimiliki oleh mahasiswa/i IBBI ujar Ratu Ovelia Harna Harahap salah satu mahasiswi STIE IBBI jurusan S1 Manajemen yang ikut serta dalam Festival Tari Budaya tersebut, dan kami juga berusaha untuk kedepannya

lebih meningkatkan prestasi lebih baik lagi dilingkungan kampus maupun diluar kampus dan dapat mengharumkan nama IBBI Production dan STIE – STMIK IBBI tambahnya.

Jhony Charles Hutagaol selaku ketua

IBBI Production mengatakan bahwa IBBI Production akan lebih meningkat-kan prestasi mahasiswa/i STIE – STMIK IBBI melalui bakat – bakat yang dimiliki dengan cara berlatih rutin dan mengikuti kompetisi yang seperti di adakan oleh IBBI Production agar mental mahasiswa/i STIE – STMIK IBBI dapat terbentuk dengan kuat.

Andriasan Sudarso, S.Mn., MM selaku wakil ketua III STMIK IBBI pada kesem-patan kata sambutannya mengatakan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus IBBI Production dan Panitia pelaksana atas Acara yang telah diseleng-garakan di Kampus STIE-STMIK IBBI. Serta mengucapkan selamat kepada para peserta Festival Tari Budaya atas prestasi yang telah diraih dan meminta agar IBBI Production lebih meningkatkan prestasi baik dikampus maupun diluar kampus untuk perlombaan yang lebih besar. Andriasan juga mengatakan agar IBBI Production selalu membuka kesempatan kepada mahasiswa/i STIE – STMIK IBBI untuk bergabung melatih bakat yang dimiliki. Ujarnya.

Para Pemenang dari kompetisi Dance, Fashion Show, dan Karaoke saar bersama Juri Dan Ketua BEM STMIK IBBI Yosua Topando

STIE – STMIK IBBI Mengelar Milad FoSMI Yang ke-12

CIMB Niaga Lakukan Perekrutan

di STIE-STMIK IBBITidak terasa 12 tahun sudah FoSMI (Forum Silahturahmi Mahasiswa Islam) IBBI berdiri di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tingg Manajemen Informatika dan Komputer (ST-MIK) IBBI . Organisasi yang merupakan organisasi tertua ini kembali menggelar acara Miladnya yg ke 12 yg bertemakan “Membangun Keunggulan Berbasis Nilai Keislaman” di Hall Kampus Diamond IBBI Jl. Sei Deli No. 18 Medan pada tanggal 10 November 2012.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua III STMIK IBBI , Bapak Andriasan Sudarso S.Mn., M.M. dan Yosua Topando selaku Gubernur BEM STMIK IBBI serta Gubernur BEM STIE IBBI.

Pada Acara Milad ini juga dimeriahkan oleh kompetisi – kompetisi bagi mahasiswa seperti Lomba Busana Muslim dan Lomba Photografer antara mahasiswa yang menjadikan objek photo-nya adalah mahasiswa/i yang mengikuti lomba busana muslim. Serta dimeriahkan adanya hiburan yang dibawakan oleh rekan – rekan FoSMI. Acara yang bertemakan “Membangun Keunggulan Ber-basis Nilai Keislaman” ini mempunyai acara puncak

yaitu ceramah agama dari Ustadzah Hj.Kamsinah Tarigan.

Muhammad Zefri selaku ketua FoSMI peri-ode 2012-2013 ini menyatakan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang mensukseskan acara Milad FoSMI yang ke-12 ini. Ia juga ber-harap FoSMI semakin unggul, baik, serta silatur-rahmi yg makin erat dan saling menghargai antar agama lain. Dan jangan jadikan minoritas sebagai hambatan untuk maju, kreatif, dan inovatif. Serta dengan harapan diumur yg ke-12 tahun ini FoSMI lebih unggul lagi dengan berbasis nilai keislaman begitu juga orang-orang yg ada didalam FoSMI yg akan membuat FoSMI semakin matang dan membuat FoSMI lebih dikenal oleh mahasiswa/i IBBI dan dikalangan masyarakat.

Andriasan Sudarso, S.Mn., MM selaku Wakil Ketua III STMIK IBBI mengatakan bahwa untuk kedepannya FoSMI harus lebih baik dan dapat merangkul mahasiswa/i IBBI lebih banyak lagi. Serta melakukan kegiatan yang tidak hanya dikalangan kampus tetapi juga dapat melakukan kegiatan yang berupa pengabdian masyarakat.

Senin (12/11) yang lalu Bank CIMB Niaga melakukan perekru-tan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) IBBI Medan. Testing yang berlangsung mulai pukul 09.00 Wib s/d selesai berlangsung di Aula Kampus Diamond, Jl. Sei Deli No. 18 Medan. Acara itu dis-ambut dengan antusias oleh Alumni dan mahasiswa/i STIE-STMIK IBBI. Pada kesempatan ini Bank CIMB Niaga memberikan beberapa Tes Logika untuk para alumni mahasiswa/i IBBI, yang nantinya akan diseleksi untuk pemanggilan Tes selanjutnya. Testing yang diikuti oleh lebih kurang 50 Alumni dan Mahasiswa/i STIE-STMIK IBBI.

Emita Karina S, selaku HR Recruitment pada Bank CIMB Niaga Sumatera Utara mengatakan bahwa antusias alumni STIE-STMIK IBBI ini sangat baik untuk mencoba di dunia perbankan, serta berharap bahwa alumni STIE-STMIK IBBI dapat bergabung di CIMB Niaga dan untuk tahun yang akan datang peserta Testing lebih banyak lagi. Ujarnya.

Selanjutnya Andriasan Sudarso, S.Mn., MM selaku Wakil Ketua III STMIK IBBI menambahkan bahwa ini adalah bentuk kerja sama antara STIE-STMIK IBBI dan Bank CIMB Niaga. Serta merupakan salah satu bentuk pelayanan IBBI kepada mahasiswanya dalam hal memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkarier di dunia perbankan. Tidak hanya itu, semenjak tahun 1996 STIE-STMIK IBBI telah banyak bekerjasama dengan berbagai perusahaan untuk me-nyalurkan mahasiswa/i dan Alumni STIE-STMIK IBBI untuk berkarier.

Wakil Ketua III STMIK IBBI Andriasan Sudarso, S.Mn., MM dan Ustadzah Hj.Kamsinah Tarigan berfoto bersama para Pemenang Lomba Busana Muslim

Mahasiswai dan para Alumni STIE – STMIK IBBI saat mengikuti Tes Logika di Aula Kampus Diamond

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 9

Xpresi Kuliner

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Kendati restoran ini lebih dikenal dengan suasana khas Jawanya. Namun kesegaran Tom Yam dapat dinikmati dari resto yang berala-mat di Jalan S.Parman tersebut. Addy Ahmadi, Manager dari Koki Sun-da mengungkapkan, tom yam yang disajikan dari restonya memiliki riwayat tersendiri seh-ingga tetap ada hingga kini. Riwayatnya karena menu ini berasal dari restoran Golden Thai

yang sudah tutup.“ Karena masih satu group dengan Koki Sunda, maka menu Thailand khas

Golden Thai tetap kami buat,”terangnya.Selain itu, koki yang ditunjuk untuk memasak menunya berasal dari restoran

tersebut dan sudah tujuh tahun bergabung di situ. Ia menambahkan, tom yam juga termasuk salah satu makanan favorit dan paling sering dicari oleh pelanggan.

Addy mengatakan, tom yam mendapat antusiasme yang cukup tinggi di tempat makan yang mulai buka dari pukul 07.00 pagi hingga 10.00 malam ini berkat kesan segar yang ada setelah menyantap tom yamnya. Semua itu terjadi karena masih dipertahankannya resep asli dari tom yam sehingga cita rasanya tetap terjaga.

Tom yam berisi aneka seafood, jamur, serai, lengkuas, cabe rawit dan berbagai rempah lainnya itu juga mengeluarkan aroma khas yang membuat konsumen tidak betah berlama-lama mendiamkan mangkuknya kosong untuk segera menikmati masakan tersebut.

Paduan Resep dan Suasana Klasik Nan Unik

Tip Top memulai debutnya sejak tahun 1934 sampai sekarang sebagai resto dengan cita rasa tempo dulu yang begitu kuat. Ke-

san klasik yang dihadirkan oleh resto yang beralamat di Jalan Ahmad Yani no 92 A-B ini terlihat mulai dari peralatan, mesin, serta resep untuk mengolah berbagai menunya.

“Mesin yang kami gunakan untuk membuat ice creamnya adalah mesin yang berasal dari zaman perang dunia ke II,” ungkap Didrikus Kelana, pemilik dari tempat makan yang memulai operasional dari pukul 08.00 pagi sampai 11.00 siang itu.

Kus, sapaan akrabnya, menambahkan, dengan menggunakan mesin pembuat es krim model klasik maka citarasa ice cream tetap terjaga.

Selain itu, whipping cream yang ban-

yak digunakan untuk pembuatan es krim juga diganti dengan slagroom dan kom-binasi susu murni tanpa bahan pengawet.

“Inilah keunikan es krim kami karena slagroom jarang ditambahkan oleh ke-banyakan pembuat es krim,”tegasnya.

Penambahan slagroom dilakukan agar

Bersantap Bebek di Warong Bebek Pawito

Resep Alami Jadi Ciri Khas Soto Enaak Tenan

Kesegaran Tom Yam Original Khas Koki SundaKendati daging bebek terkenal keras

dan amis tapi sajian menu bebek punya pangsa pasar tersendiri dalam dunia kuliner. Jika piawai mengolahnya men-jadi menu yang menggugah selera maka tekstur daging yang keras serta amis tidak akan di dapat. Teknik pengolahan inilah yang diterapkan Warong Bebek Pawito Jalan Merak, Sei Sikambing B No. 70 Medan.

Ia mengatakan, warung bebek itu sudah buka sejak pukul 10.00 pagi sampai 11.00 malam untuk Senin sampai Jumat serta 12.00 malam khusus hari Sabtu dan Minggu. Untuk pembukaan kali ini, Warong Bebek Pawito kembali meng-hadirkan sebuah kreasi menu baru selain bebek yang sudah terlebih dahulu ada. Ia menyebutkan berbagai varian menu antara lain, bebek peking goreng, burung ruak-ruak, puyuh goreng, belut taucho dan cabe hijau, serta ikan gabus dan nila cabe hijau.” Kami juga memberi variasi ikan teri nasi di atas sambal hijaunya agar rasa pedas yang ditimbulkan dapat din-etralisir oleh rasa asin dari terinya,” jelas-nya lalu mengatakan di sana tersedia juga milk shake sebagai minuman selingan..

Feri Menerangkan, untuk bebek pe-king goreng, tampilannya satu porsi dag-ing bebek peking dengan ukuran yang

tekstur ice cream di situ terlihat berbeda dari lainnya. Perbedaannya ialah jika ice cream sekarang layaknya sebuah cream maka style yang dihadirkan untuk ice cream di Tip Top justru sebaliknya.

“ Tapi bukan juga sekasar seperti es parut ya, karena ketika dicicipi langsung

lumer di mulut,” katanya diikuti dengan tawa.

Ia pun menuturkan berbagai aneka ice cream yang ada di resto tersebut. Antara lain jenis ice cake dengan bentuk sepotong cake hadir dengan nama Ystaart, Java Ice, serta Purkler. Kemudian Mexicanner Ice yaitu ice cream rasa vanila dalam siraman coklat cair, taburan cheri, serta peach di atasnya. Ada juga Carmen Ice dengan tampilan yang senada pada Mexicanner Ice. Bedanya pada Carmen Ice diberi tambahan kacang nugget yang lezat sedangkan Peach Melba berasa vanila dalam paduan buah peach dan ceri tanpa siraman coklat cair. Bagi penikmat kopi, tersedia juga Cofe Clace dan Wiener Cofe dengan kombinasi kopi dan ice cream mocca serta vanila yang manis. Bagi penyuka mint, Serbet Tip Top den-gan rasa mint menyegarkan boleh dicoba.

Makanan berkuah ini cukup ban-yak dijual di Medan. Alhasil, soto juga menjadi daya tarik dalam wisata kuliner penduduk luar dan dalam kota Medan yang menginjakkan kaki di sini. Soto Enaak Tenan Kesawan merupakan tempat menikmati soto yang sudah banyak dikenal para penikmatnya. Tempat makan ini letaknya tersudut, tepatnya berada diantara bangunan lama daerah Kesawan. Ketika matahari pagi mulai mengintip dari sarangnya, Soto Enaak Tenan Kesawan pun mulai ramai pembeli.

Menurut Yatiman, jika ingin mencicipi rasa asli dari soto Medan, tidak salah jika berkunjung ke sana. Hal itu terbukti karena rasa kuahnya telah membuat Soto

berbeda dan tentunya tekstur daging juga empuk. Selanjutnya, belut taucho dan cabe hijau sebelum diolah sedemikian rupa, terlebih dahulu dimemarkan agar kotoran dan lendir yang ada di dalamnya hilang.” Daging belut setelah digoreng akan menjadi gurih karena dimemarkan dulu,”imbuhnya.

Sedangkan ikan gabus dan nila penyajiannya dalam satu porsi utuh tanpa dipotong. Sambal hijaunya punya rasa yang unik yakni saat dinikmati rasa pedas tidak langsung berasa dilidah melainkan selang beberapa menit baru lidah akan mulai merasakan pedas dan keringat pun mulai menetes. Feri menyebutkan, menu bebek yang di jual berkisar dari Rp 28.000 sampai Rp 105.000 dan olahan lainnya di-pasarkan dengan merogoh kocek puluhan ribu rupiah.

Enaak Tenan merupakan satu – satunya tempat makan soto yang ikut dalam sebuah festival makanan yang mewakili medan ke berbagai daerah seperti Sura-baya, Jakarta, serta Bandung.

Soto ini memang memiliki rasa dan

tampilan kuah yang berbeda pada ke-banyakan soto lainnya. Dengan tampi-lan kuah yang tidak begitu kental, tapi menghadirkan sebuah kenikmatan kuah yang begitu gurih dengan rasa kaldu yang lebih terasa. Rasa alamiah sari

kepala udang dijadikan untuk penyedap rasanya sehingga selain enak masakan ini juga sehat.”Karena nggak pake penguat rasa buatan makanya banyak orang suka,”kata Yatiman.

Keungulan lainnya berasal dari bumbu dasar soto yang diperoleh melalui olahan sendiri dan resep turun temurun yang dipakai sejak dulu. Pria berdarah jawa itu menambahkan, dulu hanya soto daging yang di situ. Namun lama kelamaan dita-mbah dengan aneka soto lain yaitu udang agar menunya lebih lengkap.

“Soto udang dibuat karena banyak konsumen minta, agar tidak mengecawa-kan pembeli kami pun menambahkannya dalam steling, jelasnya.

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Xpresi Tekno

10 Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

MindTalk.com, Jejaring Sosial Lokal Berbasis Minat

Video Gangnam Style yang dibawakan oleh penyanyi Korea, Psy saat ini telah menjadi video yang paling banyak dilihat di situs YouTube. Sejak diunggah pada bulan Juli lalu video ini telah dilihat oleh lebih dari 810 juta pengunjung situs tersebut.

Dalam videonya Psy melakukan tarian yang meniru penunggang kuda yang mengayunkan tari laso. Gaya tarian dan musik yang dibawakan Psy tersebut dalam waktu yang tidak lama telah menyebar ke seluruh dunia. Nama Gangnam sendiri berasal dari nama salah satau wilayah di Seoul, Korea Selatan.

Sejumlah kalangan telah mencoba meniru gaya tarian yang dibawakan oleh Psy mulai dari narapidana di Filipina, seniman asal Cina, Ai Weiwei dan Sekjen PBB, Ban Ki-moon.

Teratas di banyak negaraMantan anggota timnas Brasil, Ronaldo juga

menggunakan tarian Gangnam Style sebagai bagian dari usaha untuk merampingkan tubuhnya.

Lagu dan tarian yang dibawakan Psy ini telah diganjar dengan penghargaan dari saluran musik MTV

Gangnam Style Jadi Video Paling Banyak Dilihat di YouTube

Setahun lebih melayani penggunanya dalam versi beta, situs web jejaring sosial MindTalk.com, kini resmi diluncurkan pada Rabu (14/11/2012) di Jakarta. MindTalk merupakan jejaring sosial yang fokus pada saluran minat.

Pengguna bisa mengikuti saluran minat yang telah dise-diakan oleh MindTalk, mulai dari fotografi, teknologi, fesyen, selebriti, kesehatan, otomotif, hingga bisnis dan pemasa-ran. Pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain seperti membagi foto, video, hingga artikel. Jika minat yang diinginkan belum tersedia, pengguna bisa membuatnya sendiri. MindTalk didirikan oleh Robin Marufi dan Danny Oei Wirianto. “Hingga bulan ini (November 2012-red) pengguna MindTalk berjumlah 180.000 pengguna,” kata Robin. “Dari jumlah tersebut, 65% adalah pengguna aktif, dan 85% berasal dari Indonesia.”

Eropa. Gangnam Style juga menduduki tangga lagu teratas di 28 negara.

Selain menjadi video yang paling populer, Gang-nam Style telah mencatatkan rekor sebagai video yang paling banyak di suka di YouTube. Saat ini hampir 5,4 juta orang terlihat mengklik tanda suka pada video Gangnam Style.

Sebelumnya pada tahun 2010 lalu video lagu Baby milik Justin Bieber pernah tercatat sebagai video yang pal-ing banyak dilihat di YouTube.

Sebuah laporan mengatakan kepopuleran Psy di AS tidak lepas dari ‘bantuan’ manajer Justin Bieber, Scooter Braun karena dia merupakan orang pertama yang menu-liskan link video Gangnam Style pada akun Twitter-nya.

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 11November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 11

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 12

Xpresi Seremoni

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Kunjungan POS ke Australia, tahun 2012

Untuk menghargai kerja keras dari para siswa selama setahun, Prim-eOne School telah menyediakan sebuah hadiah yang sangat

menarik untuk mereka yaitu program study tur ke berbagai negara. Tahun ini, kami mengunjungi Perth, Australia. Ada 39 peserta yang akan ikut dalam tur ini. Dari Founders, Direktur Akademik dan keuangan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru-guru, dan staff terbaik serta para siswa –siswi Best of the Best (4 SD- 3 SMA). Menurut Bapak Nicolas Naihongga Halim, Ketua Komite Sekolah PrimeOne School, tujuan tur ini adalah untuk mem-perkaya pengetahuan.

Ibu Fauziah Halim Lubis, S.S., M, Hum, Direktur Akademik PrimeOne School me-nambahkan lebih jauh bahwa tujuan kami adalah memotivasi semua murid untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

Murid-murid ditantang untuk menjadi yang terbaik sehingga mereka bisa pergi keluar negeri dan mendapati pengalaman hidup dan kebudayaan yang berbeda. Kedewasaan dan kemandirian dibangun selama tur karena para siswa pergi mengi-kuti tur tanpa orang tua.

“Saya harus bangun pagi-pagi. Saya perlu berdisiplin dan saya perlu mengatur keuangan saya sendiri.”, kata Chelsea Cal-lista, salah satu siswa yang ikut.

Mulai tanggal 15 November hingga 20 November 2012, para peserta studi tur mengunjungi berbagai tempat wisata yang sangat mengagumkan, antara lain Swan Valley, Houghton Winery, Bindoon Windmill Farm, Fremantle City, Chocolate Factory, Caversham Wildlife, Monument Hill, Roundhouse, Fishing Boat Harbour, Pinnacle Sand Dune dimana siswa-siswa menikmati perjalanan dengan 4WD dan petualangan sand boarding.

Peserta studi tur juga dijadwalkan mengunjungi Murdoch College untuk memberikan peluang kepada para siswa POS untuk menyaksikan secara lang-sung proses pembelajaran siswa-siswi di Australia. Mereka mendapat kesempatan untuk mengetahui lebih jauh tentang program-program pendidikan yang dise-diakan dan juga berkomunikasi dengan Kepala Sekolah dan guru-guru di sana. Para guru juga dapat langsung melihat pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru di Australia.

Sementara itu, pada tanggal 20 November 2012, Bapak Nicolas, Direktur Akademik dan finance beserta kepala sekolah SD dan SMP-SMA akan men-gunjungi Rowellyn Park Primary School sebagai salah satu sister school POS untuk memperbaharui kerja sama ke dua seko-lah yang difokuskan pada kerjasama da-lam pengembangan program pendidikan terutama Science dan Maths, kunjungan antar sekolah, siswa dan guru dan pertu-karan budaya. Kemudian POS melanjut-kan kunjungan ke Leumeah High School untuk membicarakan kerja sama selanjut-nya dengan POS. Terima kasih PrimeOne School untuk program yang luar biasa ini. Mudah-mudahan, semua siswa mendapat pengalaman yang paling berharga dalam hidup mereka. Sampai ketemu pada studi tur yang akan datang.

Berfoto bersama di Bandara Internasional Polonia Medan sesaat sebelum keberangkatan ke Australia.

Berfoto bersama di Perkebunan Bindoon’s Windmill, Perth Australia.

Berfoto bersama di sekolah Murdoch, Australia

Menikmati buah segar langsung dari perkebunan.

Mencicipi coklat di Perth Australia.

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 13Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Xpresi Seremoni

Primeone School Merambah Pendidikan Internasional

Jabat Tangan Erat antara PrimeOne School, Indonesia dan Rowellyn Park Primary School, Australia

Sebagai sekolah yang berbasis kurikulum nasional dan berori-entasi global di kota Medan, Primeone School terus berbenah

meningkatkan mutu sekolah di segala bidang. Salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama Sister Schools dengan sekolah-sekolah di luar negeri. Tepat pada tanggal 21 November 2012 momen-tum berharga itu pun terwujud dengan adanya penandatanganan Memorandum

of Understanding (MOU) antara SMA POS dan SMAN Leumeah langsung di kota Sydney Australia. SMAN Leumeah diwakili oleh bapak Paul Zielinski B.A Dip. Ed. se-laku Kepala Sekolah dan didampingi oleh Bapak Kenneth Bates selaku Wakil Kepala Sekolah sedangkan SMA POS diwakili oleh bapak Nicholas Naihongga Halim, Chief of Founding Committee, Ibu Natasia Cuilienta Halim, Director of Administra-tion, Finance and Operational, Ibu Fauziah

Khairani Lubis, S.S, M.Hum, Director of Academic and Ibu Rika Susanto B.A (Hons), Principal of Primeone School.

Kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama diberbagai bidang seperti kurikulum, pertukaran siswa dan guru kedua sekolah. Mengapa Australia yang dipilih sebagai target kerjasama kar-ena negara ini sudah terbukti mempunyai sistim dan kualitas pendidikan yang sudah diakui dunia. Disamping itu terdapat juga

banyak kesamaan pandangan, program dan misi antara SMA POS dan SMAN Leumeah. Sungguh ini merupakan suatu terobosan besar yang akan membawa kemajuan mutu pendidikan di sekolah Primeone yang nantinya akan menghasil-kan murid-murid POS yang berkualitas nasional dan internasional. Selamat Primeone School..! teruslah berkarya dan berjaya demi meningkatkan mutu pen-didikan anak bangsa.

Pagi yang cerah di Carrum Downs, Victoria, Australia pada tanggal 21 November 2012, ketika Ketua Yayasan PrimeOne, Mr. Nicolas

Naihongga Halim, Direktur Akademik, Ms. Fauzia K. Lubis, S.S., M.Hum, Direktur Ad-ministrasi, Keuangan dan Operational, Ms. Natasia Naihongga Halim, Kepala Sekolah SD, Ms. Meliana, S.E. dan Kepala Sekolah SMP-SMA, Ms. Rika Susanto, B.A. (Hons) mengunjungi Rowellyn Park Primary School. Disambut penuh kehangatan oleh Kepala Sekolahnya sendiri, Ms. Janette Llwellyn dan Asisten Kepala Sekolah, Ms. Kylie Tonizzo, pembicaraan mengenai kerja sama di masa depan antara kedua sekolah, PrimeOne School dan Rowellyn Park Primary School berjalan lancar dan menyenangkan.

Siswa-siswa di Rowellyn Park Primary school, seperti siswa-siswa di PrimeOne School, menjunjung pembelajaran yang

mandiri, percaya diri dan mengembang-kan kerja sama kelompok. Ini dapat dilihat dari keseluruhan presentasi hasil kerja dan perfoma harian mereka.

“Meski berbeda negara dan sistim pemerintahan, sebenarnya Rowellyn Park

Primary School dan PrimeOne School memiliki banyak kesamaan dalam hal tujuan yang akan dicapai dan menjunjung nilai yang sama”, kata Ms. Llwellyn.

Kedua sekolah kemudian melakukan pertukaran cendera mata. Sepasang

wayang dari Indonesia diberikan dari PrimeOne School, sementara Rowellyn Park Primary School menghadiahkan buku dan figurin pohon banyan, seba-gai simbol filosofi pendidikan sekolah tersebut.

Sore yang masih cerah ketika per-temuan harus berakhir. Tetapi, sebuah MoU (Memorandum of Understanding) antara kedua sekolah, PrimeOne School, Indonesia dan Rowellyn Park Primary school, Australia telah terbentuk dan ditanda tangani. Adapun tujuan ker-jasama dan aktivitas-aktivitas yang akan dilaksanakan bersama antara PrimeOne School dan Rowellyn Park Primary School adalah usulan program pertukaran tenaga pendidik dan siswa-siswa, bertukar informasi tentang kurikulum dan kegiatan sekolah, mempererat hubungan antar siswa melalui e-mail, video conference, dan sebagainya.

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 14 Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 14

Rich, begitulah ia biasa disapa. Rich yang berarti dalam bahasa Inggris kaya dan punya ban-yak harta. Anak laki-laki yang

berpostur tegap itu memiliki nama yang sangat bertolak belakang dengan kenyataan hidupnya. Sudah 6 bulan terakhir ia tidak membayar uang sekolah, bahkan ia sering dipermalukan oleh gurunya di depan kelas karena keterlam-batannya membayar uang sekolah.

“ Rich! sudah berapa bulan kau tidak membayar SPP?” Tanya gurunya.

“ Kalau saya tidak salah, baru 6 bulan bu” Jawabnya ragu. “ Baru katamu!” Bentak gurunya dengan tatapan yang tajam.

Ia hanya terdiam sambil berpikir ba-gaimana cara untuk melunasi hutangnya. Sesampainya dirumah, ia membongkar seluruh isi celengannya.

“Lumayan berat, kayaknya banyak nih, cukup nggak ya buat bayar SPP 6 bulan?” seru Rich dalam hati.

Setelah dibuka dengan susah payah, ia mulai menghitung dengan teliti dan penuh konsentrasi. Ternyata koin-koin dan beberapa lembar uang se-ribuan itu hanya berjumlah Rp. 30.000, masih kurang untuk membayar SPP sebesar Rp. 180.000.

Keesokan harinya, ketika akan be-

akan mengikuti ujian akhir.” Beliau terus berusaha meyakinkan

anaknya itu, bahwa ia pasti bisa melunasi uang sekolah Rich. Namun, keadaan itu hanya berlangsung selama 2 minggu. Rich tidak tahan hanya berdiam diri diru-mah. Sehabis pulang sekolah, ia kem-bali menemui bang Jepri untuk dapat diterima lagi sebagai anggotanya. Sudah pasti bang Jepri mengabulkan permint-annya dengan senang hati.

Seperti biasa, sepulang sekolah Rich langsung pergi ke TPA, namun setelah mengganti seragam sekolah dengan kaos yang ia bawa di dalam tas. Rich mulai memasang peralatan tempurnya yaitu tongkat Sang Pahlawan dan karung yang akan ia gunakan sebagai tempat botol-botol bekas dan jenis sampah daur ulang lainnnya.

Panasnya matahari terasa menusuk ubun-ubunnya, bau hangus dari tumpukan sampah-sampah pun mulai tercium akibat terpanggang oleh teriknya matahari. Untungnya ia tak sendirian, Rich dan yang lainnya sangat menikmati pekerjaan ini. Mereka tidak merasa bah-wa pekerjaan ini adalah suatu pekerjaan yang hina atau menjijikkan, pekerjaan itu masih lebih baik dibandingkan dengan berdiri di pinggiran stasiun, menenga-dahkan tangan dan meminta belas kasih

rangkat sekolah Rich bertemu dengan bang Jepri yang merupakan pemilik bank sampah di kampung seberang. Di tempat bang jeprilah semua sampah rumah tangga seperti plastik, kaleng-kaleng bekas, botol-botol, kardus, gelas dan lain-lain dikumpulkan dan nantinya akan didaur ulang menjadi barang yang berguna kembali.

Di bank sampah tersebut ada banyak pekerja yang bertugas membersihkan dan memisahkan sampah-sampah terse-but, termasuk bang Jepri sendiri, yang seharusnya saat ini duduk di bangku SMA. Upah yang didapat semakin besar jika sampah yang terkumpul semakin banyak.

“Eh, dengar-dengar ibu kamu sedang sakit ya?”

“Iya nih bang, belum lagi uang buat bayar SPP masih kurang, ditambah lagi dalam waktu dekat ini saya mau ikut ujian semester, semuanya butuh biaya yang nggak sedikit”.

Setelah lama berbincang-bincang, ternyata bang Jepri bermaksud menga-jak Rich bekerja bersamanya. Sepulang sekolah, ia langsung pergi ketempat yang telah mereka sepakati, tanpa meng-ganti seragam dan makan siang terlebih dahulu, karena ia takut ibunya tidak akan mengizinkannya.

“Kamu sudah siap untuk menjadi pahlawan lingkungan?” Seru bang Jepri

Mendengar kata “ Pahlawan Lingkungan” semangat Rich sepertinya berkobar laksana api dan merasa bangga walaupun kenyataannya ia akan bekerja diantara tumpukan sampah-sampah.

“ Bawa senjata mu ini ” kata bang Jepri sambil menyodorkan sebuah alat berbentuk tongkat panjang dan bengkok pada ujungnya.

“ Senjata? Hehehe betul-betul. Pahla-wan itu kan butuh senjata”.

“ Ya sudah kamu tunggu apa lagi, selamatkan lingkungan kita!”

“Siap bos!”. Rich langsung berangkat ke TPA

(Tempat Pembuangan Akhir ) yang tidak jauh dari bank sampah tersebut. Tanpa berpikir panjang ia langsung melakukan penelusuran diantara tumpukan sampah-sampah itu yang dianggapnya sebagai gunung permata. Ternyata seseorang memberitahukan hal ini kepada ibunya, padahal itu adalah hari pertamanya bek-erja bersama bang Jepri, Kontan ibunya marah besar.

“Sudah berapa kali ibu katakan, ibu pasti bisa membayar uang sekolahmu, tapi tunggu dulu. Ibu tidak ingin kon-sentrasi belajarmu berantakan dengan sekolah sambil bekerja, apalagi kamu

Xpresi Cerpen

Tongkat Sang Pahlawan

Syafrida Hanum Kelas 3 Akuntansi 1 SMKN 1 Padangsidimpuan

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Xpresi Opini

15Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

orang-orang. Pekerjaan itu juga lebih mulia dibandingkan harus berpura-pura menjadi orang cacat , demi mendapat-kan sesuap nasi.

“O, iya bang kemarin saya baca diko-ran ada perlombaan buat keterampilan dari barang-barang bekas, tetapi syarat-nya peserta lomba terdiri dari 2-5 orang. Jadi lomba ini dilakukan berkelompok. Gimana menurut abang?” Rich berusaha meminta pendapat bang Jepri.

“Wah, ide bagus itu. Teman – teman yang lain juga pasti mau membantu. Kalau boleh tahu memangnya kamu mau buat apa dik?” Lanjut bang Jepri

“ Pengennya sih yang benar-benar punya banyak manfaat” balasnya

“ Kalau soal bahan-bahan yang diper-

lukan, kamu datang aja ketempat abang,” sahut bang Jepri dengan menawarkan niat baiknya.

Rich pun mulai mengumpulkan ratu-san botol bekas air mineral dan kaleng-kaleng dari bukit-bukit sampah, baginya itu pekerjaan yang sangat mudah, seperti browsing di internet, ketik kata “ botol bekas” pada kotak google, lalu enter.

Botol-botol dan kaleng-kaleng bekas itu mulai tersusun membentuk tiang yang tinggi dan kuat, dan pada ujung-nya terlihat botol-botol yang disusun membentuk baling – baling yang dapat berputar ketika dihembus angin.

“ Ini dia, pembangkit listrik tenaga angin sederhana”. Seru Rich bangga.

“Luar biasa tunggu apalagi segera

hubungi panitia perlombaan itu, dan ya-kinkan mereka bahwa karya kita lah yang terbaik”. Lanjut bang Jepri.

Rich belum merasa puas dengan apa yang mereka kerjakan, sebab mereka belum mengetahui keputusan para juri. Sampai hari ini ibu Rich belum tahu bahwa anaknya terancam diberhentikan oleh pihak sekolah karena belum juga melunasi uang sekolah.

Seminggu setelah penilaian, akhirnya juri memutuskan bahwa karya Rich dan teman-temannya adalah yang terbaik. Mereka meraih juara pertama, sementara yang menjadi juara kedua adalah kelom-pok dari sekolah Rich.

Mendengar hal itu pihak sekolah bukannya merasa bangga, namun seper-

Puisi

tinya mereka merasa keberhasilan yang seharusnya mereka raih terhalangi oleh kehadiran Rich dan teman-temannya pada kompetisi itu. Alhasil ia langsung diberhentikan dari sekolah. Terbersit dibenaknya bahwa mereka memang telah menganggap Rich seperti sampah yang tidak berguna di sekolah itu. Akhirnya ia memutuskan untuk pindah sekolah, namun setelah melunasi SPPnya dengan uang hasil kompetisi itu.

Rich mengucapkan banyak terimaksih kepada bang Jepri, karena telah banyak menolongnya, awalnya ia seperti sampah yang tak berguna, kemudian ia dipun-gut oleh orang yang berniat mendaur ulangnya menjadi sesuatu yang berguna, bahkan bermanfaat bagi orang banyak.

Pujaan ku

Harapan yang Sia-sia

Astri Ayuningsih PanjaitanXII-IPA1 SMA N 3 Binjai

Rasa sayangku padamu bagaikan bilangan positifTak memiliki ujung bagai lingkaran..Begitu besar bagai bilangan berpang-kat tak terhingga..

Takkan terbagi-bagi bagai bilangan primaDiri mu begitu istimewa, seistimewa bilangan kelipatan 9Bila gak di sampingmu,ku merasa kosong..Tak menentu bagaikan bilangan imajiner..Cintaku selalu tegak, setegak garis singgung lingkaran terhadap jari-jarinnya..

Akan selalu utuh, seutuh bilangan bulat..Takkan terpecah bagai bilangan pecahanKu ingin... rasa sayangku dan sayangmubagaikan sisi bujur sangkar.. Memiliki besarcinta yang sama seperti sudut-sudut segitiga sama sisi..Tak berliku-liku bagai metode sinus cosinus..Segala pembuktian akan kutempuh untukmendapatkan derajat cintamuMenanamkan cintaku pada diameter hatimu..Menggambarkan diagram venn untuk pembuktian cintakuHanya untukmu.....

Desi Anggraini Br SitepuXII IPA-1 SMA Teladan Binjai

Dulu aku berfikirMungkin engkau yang kelak akan menemani masa tua kuEngkau yang memberikan kebahagian bagiku

Engkau yang setia menjagakuTapi semua sia sia....Engkau lebih memilih dia...Mungkin bagimu dia lah yang terbaikDia lah yang pantas bersamamu...Ku coba untuk tegarTapi gak bisa....Ku coba untuk melupakan muTapi aku gak mampu....Ku coba untuk gak menangisTapi terlalu banyak air mata yang ku tahan....Dulu bagiku mengenalmu adalah hal yang terindah....Tapi sekarang,,,Setelah kau sakiti aku...Melupakan mu lah hal yang paling terindah....

Kau dan Aku

Hal Perpisahan Ini

Bayu SyahputraXI- IPS2 SMAN1 tanjungbalai

Masa yg laluKau dan akuKini tlah menyatuDlam kasihKesedihanku

KebahagianmuKini menyatuWalau rintanganAwal dari semua nyaKan kita raih kebahagianAntara kau dan aku semogaBersama selamanya

FinnaXII_IPS2 SMA Diponegoro Kisaran

Mata yang berkaca-kaca...Jantung yang berdetak-detuk tak menentuPikiran melayang-layangItulah terpaan gemuruh rasa dalam hatiku

Yang menemani saat ku tlah terpisah darimuWaktu ini adalah saat waktu yang menyiksaMenyiksa dirimu dan dirikuWaktu yang terasa lambat berputarBerputar tuk berjalan melalui hari demi hari yang kan kita laluiwaktu dimana kita tak bersama-sama lagiKini semua hanya tinggal kenangan,kenangan indah yang tlah kita laluiCanda-tawa,sedih,kesal,khawatir dan rasa takut terpisahkanItulah perasaan yang menggumuli hati kita selama ini danrasa takut itu kini tlah menjadi kenyataan.Aku mengerti kau begitu sakit saat iniTerpisah dan terpenjara sepi disanaNamun ketahuilah kasih.....Diri ini jauh lebih sakit merasakan semua iniAku bingung dan tak tahu harus bagaimanaBanyak hal yang tak dapat kukatakan dan ku jelaskanBanyak hal yang tak kau mengerti maksud hati dan semua iniMaafkanlah... cobalah tuk mengerti dan memahamiambillah hikmat dari semua iniJauhkan rasa dendam dan benci...Yakin dan percayalah semua ini kan ada hikmat danKetahuilah kasihku,aku tak akan lupa dan tak akan perrnah bisatentang apa yang harus memisahkan kitaKenanglah .......Semua ini adalah hal perpisahan yang terabadiTrue love does not need to have

Terpendam Rasa Cintaku

Tetapkan Hatimu

Ayu hidayaniX SMA Swasta TritunggalTanjungbalai

Terlalu lama ku pendamSemua rasa ini padamuKini ku sudah tak tahanKu ingin kau tau semua..

Aku lebih dulu mencintaimuAku lebih dulu mengenalmu

Bukannya dia..Cinta itu harus diungkapkanCinta itu harus memilikiTak kan kulepaskan dirimuMemang tinggi egoku

Namun.. ingin ku miliki dirimu..Demi cinta yang t`lah lama ku pendamDemi mengganti semua pengorbananYang t`lah ku lakukan untukmuKau harus jadi milikku..

FeliciaX-1 SMA Swasta Sisingamangaraja Tanjungbalai

Pagi yang cerahBurung-burung berkicau merduMeski kadangTersendat tak jemu

Kawan

Mestikah kita kalah lagiSetelah kalah dan kalah terusDi tidurkan oleh lintasan duka laraMestinya kita tahu

Itu cobaanJangan mengeluhTetapkan hatimuTetapkan dimana keberhasilan ituSebelum ketidak pastian musnahDitelan keputusasaan

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Xpresi Puisi

16

Tidak Semua Hal Harus Dikenang

Fivin Sylvania YapinXII-IPA SMA Swasta Sisingamangaraja Tanjungbalai

Mungkin...Hari-hari berlalu menyisakan sosok...S’lalu merangkul rambasan kehidu-pan...

Namun itu dulu!!!Kini...Lembaran meninggalkan coretan perubahan...Hanya bayang-bayang kecil...

Bahkan memori kecil yang membekas...Mengalir hingga merasuk ke dalam pikiran...Ketahuilah sobat...Tidak semua hal harus di kenang...Dunia yang fana...Sesuka hati mengubah segala yang ada..Jantung yang remuk tiada berarti sama sekali...Lihatlah di sekelilingmu...Kasih membungkam menaruh serpihan hati...Berharap larutan airmata tidak ternodai lagi...

Marisi AngelinaXII-IA SMA Methodist P.Siantar

Guruku..Kau adalah pahlawan tanpa tanda jasa Dan kau tidak pernah mengenal lelah Jasamu sungguh mulia dan namamu selalu hidup dalam sanubariku

Guruku..Namamu akan selalu kukenangKarna kau penerang bagikuKau menuntunku dengan penuh harapan yang cerahGuruku akui berjanji padamuAku sebagai generasi penerus akan membalas jasamuDalam memperingati hari guru 25 november

Guruku Serpihan HatiNatalia Purnama Sari ChenXII IPA SMA Swasta Tritunggal

Serampai kisah mengimbas kalbu...Merajut simfoni merebah ruah...Putaran waktu mengikis masa...Hingga beroleh bercak-bercak meng-hilir...

Terimbas mimpi berlarut noda...

Tersungkur aku menyelami lembah kelam...Membungkam empedu menana panah...Hanya bisu mencercah puing-puing serpihan...Menerkam kesatnya malam...Terbesik kasih merangkai harap...

Menoleh ke pusar roda kehidupan...Kar’na keyakinan menyata...Singsingan fajar mendekap erat...Wujud biasan yang terlampau dirambas...

Mazwan Al HarkanSMK N-4 Informatika Tanjungbalai

Saat kesendirian datang menghampiriRedup hatipun tak dapat ditahan lagiTerasa jiwa ini seakan kehilangansesuatu yang begitu berartiHanyalah tetesan air mata

bersama indahnya sinar rembulanYang setia tuk menemanigerimis dihati yang mendung iniTerbayang akan sebuah kisah laluBegitu indah dan takkan terlupaMengukir bahagia dalam goresanyang sempat singgah di sanubariWalaupun Fajar tak lagi inginmenerangi setiap sudut kegelapanKisah itu kan tetap menjadipeneman lara yang sunyi ini

Masa Yang Lalu

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Mengapa?Mita Anisya HstXI IPS 1 SMA Diponegoro Kisaran

Kau ..Kau lelaki yang ku cintai, tapi men-gapa ?Mengapa bisa lelaki seperti kau yang ku cintai !

Kau sperti tak pernah menganggap ku ada ..Kau anggap diri ku sperti sampah, yang seakan tak ada arti nya buat mu.Sakit, perih ..itu yg ku rasakan saat ini .Namun , hanya 1 pinta ku .Semoga tuhan mengirim kan lelaki terbaik, dan jauh lebih baik dari mu .

Nuri IswariXII IPA2 SMAN 1 Selesai

Terasa begitu menyakitkan!!!menyiksa hari-hari ku yang begitu berharga.Memaksa ku tuk mengerti,bahwa hidup ku tak akan lama.

derita ini akan segera usai, setelah hem-busan nafas terakhirku.

Kini tak akan ku sia-sia kan hidup ku,walau hanya sedetik pun waktu yang terbuang,itu akan terasa begitu menyakitkan!!!dan bila tiba akhir dari perjuangan keras ku.

Melawan, menerjang dan menahan sakit ku.itu sangat-sangat merobek hati ku, dan akan terasa begitu menyakit kan!!ketika harus aku relakan hidup ku berakhir tragis,dan meninggalkan orang-orang yang sangat berarti bagiku.

Serta semua kenangan bersama mereka...bila tlah tiba waktu ku,akan ku tinggalkan semua kenangan itu.dan aku kan tersenyum dalam tidur ku yang abadi.melepaskan semua yang pernah ku miliki...

Putri MayaXI IPS Methodist II Bukit Sion Tanjungbalai

Mengenalmu adalah suatu ketidak sengajaan Memilikimu adalah suatu kebahagiaan bagiku

Kau membuat hidupku kembali berwarna

Kasih sayangmu memenuhi jiwaku Kau mampu membuat jantung ini berdebar kembali Lembutnya cintamu meluluhkan hati iniKau mampu membuatku mencintaimuBerada dalam dekapanmu membuatku bahagia

Kau selalu ada untukku Kau tak pernah meragukankuTulusnya cintamu membuktikan Besarnya cintamu kepadaku Hangat cintamu menyelimuti hatiku cinta sepertimu tak ku dapatkan lagi

Kangker

Cinta Sepertimu

Frans JayaXII-IPA SMA Methodist Rantauprapat

Aku duduk dibalik lemari kacaTempat pertama kita berjumpaSaat betemu kamu akan bersama kuDan menjaga ku disetiap waktu muKutemani diri mu...

Saat kamu bersedihSaat tidur indah muBagaikan boneka yang tercintaHingga kamu berumur 17 tahunAku tak melihat mu lagiDan aku disimpan di tempat gelapAku boneka terlupakanMengapa...

Aku diciptakan untuk dilupakanBukan bahagia, namun dikhianatiSerperti cinta ku yang kamu sakitiAku lah boneka lusuhDibuang atau mungkinBersama yang lain untuk selamanyaAku menunggu saat itu

Bagaikan Boneka

Wanita Hebat kuLidya Auria SibaraniXI IPA SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

Begitu indah paras wajah mu melebihi bunga di tamanSangat lembut tutur katamu bagikuKu selalu merasa nyaman jika berada

di dekatmuLambaian tangan yang tulus yang selalu engkau berikan Maafkan jika ku selalu mengecewakan dirimuMaafkan jika ku belum melukiskan senyuman bahagia diwajahmuPengorbanan mu begitu berarti bagikuTak akan pernah terbayarkan oleh mutiara, perak, emas dan berlian sekalipunKu akan berjanji untuk melukis bahagia di wajah muKelak ku akan menjadi berlian mu yang tak ternilai harganyaHanya demi dirimu mama wanita hebat di hidup ku

Novira Aswan LubisX-2 SMA N 2 RSBI Tanjungbalai

dengan baju cokelat muda..Ditambah peci hitam yang sedikit kusam..Mungkin engkau lupa makan..Berdiskusi siang dan malam..

Merdeka,itu yang sekarang terbungkam..Dengan bijak engkau haturkan..Kemudian engkau serukan..Terima kasih bapak tercinta..Panutan semua bangsa..Darah daging indonesia..

Soekarno

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Xpresi Puisi

17

Redaksi menerima kiriman cerpen, puisi. Naskah cerpen 5000-6000 karakter, original dan belum pernah dipublikasikan di media manapaun. Tulisan dikirim ke email [email protected] atau via pesan Facebook Tabloid Xpresi, tulisan disertai biodata lengkap penulis, foto, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

CintaRicky Juanda NainggolanXII IPA SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

Cinta adalah saat ia menangisBiarkan ia menangis dipelukanmuCinta adalah saat kau melihat nyaKau kan berkata kau adalah anugerah

terindahCinta padanya akan selalu menantimuDengan kesetiaan dan tulusnya cinta

Rizky AnggaraXI IPA SMAN 1 Berastagi

Aku tahu bahwa memang tak mungkinBahkan mustahil untuk mencarimuBahkan...Aku tak pernah melihat paras wa-jahmu

Aku hanya berpedoman pada hati kecilku saja

Di dalam pencariankuAku tau bahwa ini memang sulitTapi cintaku padamu sangat tulusTak berserakah maupun egois

Mungkin bukan hari iniTapi esok aku akan menemukan muDisaat aku lebih dewasaDisaat kita lebih dewasaKarna aku tahu ketulusan iniDapat merubah cinta yang dulunyaBesi biasa yang kini menjadi baja yang sangat kokoh

Tunggulah aku ..Karena aku percaya hati kecilkuWalaupun tak pernah bertemuAku pasti akan dapat mencarimu dan menemukan muPercayalah ,,Kita akan bertemu di hari yang tak akan pernah terlupa-kan

Pencarianku

KematianFirda Zayani AzmySTIE IBBI DIII-Akuntansi KomputerSemester 3

Ketika nafasku terlahirDunia begitu merasa adilTetapi tidak dengan ragaku

Ketika aku hidup Orang lain begitu bahagiaTetapi tidak satupun yang tau sebenarnya

Ketika Aku bermimpiLangit seakan tak ingin kehilangan pelangiNamun embun.. Samar didepan mata

Ketika aku matiTangis menghapus tawaDuka mengingkari mimpiuNamun sakit mengalahkan cinta tidak merubah penentu jiwa terlepas dari jasad.

Sisca LestariXII IPA SMA Teladan Binjai

Selalu, selalu dan selalu..Teringat akan luka yang kau beri...Terkadang merasa sudah tak sanggup lagi..Tapientah mengapa hati ini tak bisa...

Selalu dan selalu memberimu maaf dan kesempatan lagi...Itu semua karena cinta ...Cintalah yang membuat aku memberimu kesempatan...Karena cinta juga aku bersabar untuk mu..Dan karena cinta mu juga terkadang aku terluka...Karena cinta ku padamu, aku mengalah...Dan karena cintamu juga aku selalu menangis...Tapi itu semua tak mengapa bagi ku...Karena itu lah cinta...Disatu sisi cinta membuat kita bisa bersedih...Dan cinta juga bisa membuat kita bahagia...Itu lah cinta,terkadang tidak dapat di mengerti,tapi bisa dirasakan..

Itu Semua Karena Cinta

Verawati PasaribuXI-Ipa 2 SMA N.1 SEI RAMPAH

Apa itu cinta?Apakah cinta itu indahapakah cinta itu adaapakah benar cinta itu bisa membuat hari hari menjadi berwarna

apa sebenarnya itu cintajika cinta itu benar membuat orang bahagiaapakah bisa seorang pangeran datang kepadakuhati ini kesepian ingin rasanya bisa merasakan indahnya jatuh cintaingin merasakan rasa deg-degan saat pangeran itu berada di dekatkukapan??Kapan cinta itu ada di hidupku?Kapan pangeran itu masuk kedalam hidupku?

Ricky chandraX-2 Sisingamangaraja Tanjungbalai

Kau bagaikan jam dihatiku...Setiap saat kau mendekati ku jantung-ku berdetak cepat...Kau bagaikan bom waktu bagi ku...Setiap kau jauh dari ku terasa seperti

mau meledak...Bagiku... kau bagian dari diriku...Bagiku... kau jantungku...Bagiku... kau darahku...Yang melengkapi diriku...Bagaikan kau bulan dan aku bintangnya...Bagaikan kau dan aku burung merpati...Saling menerangi bumi menghiasi sang malam...Saling membantu dan menjaga disaat suka maupun duka...

Cinta...

Jatuh CintaHatikuSeptian SiahaanXll IPS SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

laut kabut minta matakuDesau angin mengelus seluruh tu-buhkuTetes demi tetes hujan terhempas

Berhamburan di tanah,dan bagiku wanginya aroma daun-daun bisaDisin aku merasa damaiHela nafasku tertahanMembayangkan bingkai wajahmuPujahan hatikuNamun entah kenapaKeindahan itu semuaBelum sempurnaKarena kamu tak ada di sisiku lagi!

Rara Sintia LubisXII IPS 1 SMA N. 1 Tanjungbalai

Duri bekuDuri panasDuri tajamDuri LintahDuri Bejat

Duri ApiDuri BesiDuri cintaDuri SahabatDuri DukaDuri SukaDuri MatiHilang sudah senjaPukul NirwanaTerang Surya

Duri

GurukuRibka LaoliXI IPA 2 SMA Bintang Timur 1 Balige

Guru ku...sosok mu sangat lah bijaksana bagi kukesederhanaan mu membuatku mengertirasa kasih sayang mu sangat lah besar

bagi kami anak - anak mu

Guru ku..tanpa engkau kami tak dapat melihat pelita dalam kegelapantanpa mu kami tak akan mengertiapa itu baca tulis???dan tanpa semua yang ada di dunia ini tak akan berarti apa-apa

Guru ku..bagi kami kau lah laksana embunpenyejuk dalam kehausan

Guru ku..jasa mu akan selalu kami ingatnama mu akan selalu hidupdalam sanubari kudan semua bakti muakan ku ukir di dalam Hati ku...

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII 18 Juni 2012 I Edisi 75 I Tahun VII

Xpresi Resensi

18 Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Judul : 9 Langkah Praktis Membuat Pencatatan Akuntansi Keuangan Perusahaan DagangPenulis : Hendri YuliusHarga : Rp. 29.800,-

Setiap jenis usaha memiliki sistem pencatatan akuntansi yang berbeda-beda. Tetapi, perbedaan

itu seharusnya tidak membuat para pemilik usaha atau pihak manajemen kesulitan bila telah memaha-mi logika dan dasar-dasar akuntansi yang umum. Buku ini hadir untuk menjawab kebutuhan para pemilik usaha, praktisi keuangan, juga mahasiswa yang ingin menguasai sistem akuntansi perusahaan

9 Langkah Praktis Membuat Pencatatan Akuntansi Keuangan Perusahaan Dagang

Aplikasi Chatting untuk Android

Jangan Mengaku Keren Kalau Belum Punya Bisnis

dagang dalam waktu singkat. Dalam buku ini, Anda akan menda-

patkan pelajaran mengenai dasar-dasar akuntansi yang umum, sebelum beranjak mengaplikasikannya dalam praktik sehari-hari. Tak hanya itu saja, buku ini juga menyuguhkan tips-tips sederhana untuk menyusun laporan keuangan, merancang sistem persediaan barang dagang, juga metode penyusutan peralatan perusa-haan.

Dengan buku ini, kata `akuntansi` bukanlah momok yang mengerikan lagi bagi kita semua!

Judul : Aplikasi Chatting untuk AndroidPenulis : Wishnu E.WHarga : Rp. 28.800,-

Android adalah sistem operasi pada smartphone yang de-wasa ini berkembang

begitu pesatnya. Dengan kehandalan koneksi internet-

nya, smartphone Android mempunyai nilai plus dengan koneksinya yang “always ON”.

Hal ini semakin menyenangkan karena para operator di tanah air berlomba memberikan paket data atau internet dengan harga bersaing dan sangat ter-jangkau.

Selama ini berkomunikasi dari sebuah ponsel dilakukan dengan cara SMS atau telpon regular biasa. Itu adalah hal yang jamak dilakukan.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa dengan memanfaatkan jaringan internet,

Anda akan bisa merasakan sensasi berko-munikasi yang menyenangkan.

Tidak hanya untuk bertelepon atau SMS biasa, Anda juga bisa merasakan pengalaman lain dalam berkomunikasi, antara lain: telepon gratis via internet ke sahabat yang berada di Jerman, chatting dengan teman di Arab Saudi, atau berko-munikasi layaknya walkie talkie dengan saudara yang berada di Brazil.

Semua itu bisa dilakukan hanya dari ponsel Android Anda. Ada juga bentuk komunikasi lain yang bisa digunakan, seperti email atau melalui web browser.

Buku ini membahas beberapa aplikasi komunikasi yang bisa digunakan di smart-phone Android.

Selain informasi umum dan fitur, juga akan dipaparkan bagaimana cara atau dasar penggunaannya.

Judul : Jangan Mengaku Keren Kalau Belum Punya Bisnis Penulis : Andi Sapran, Eddy YatmanHarga : Rp 29.800,-

Orang kaya percaya kehidupan mereka bergantung pada seberapa besar dan seberapa serius usaha mereka. Cara menjadi

kaya dengan banyak memberi/berbagi, banyak dalil dan buktinya.

Di sekolah-sekolah, penggunaan otak kirilah yang banyak dilatih. Itulah yang membuat para lulusan sekolah tak banyak yang berani menciptakan lapangan kerja.

Lalu, di umur berapa sebaiknya kita

menjadi pengusaha? Kalau bisa diperce-pat, kenapa mesti diperlambat?

So, makin cepat makin baik. Tuhan menciptakan kita dengan jatah gagal yang berbeda-beda, makin cepat jatah gagal dihabisi, makin cepat sukses diraih.

Kalau ingin kaya jadilah pebisnis yang juga rajin bersedekah. Sehingga hasilnya lebih berkah dan lebih berlimpah. Karena, pada dasarnya bisnis itu integrated dengan sedekah. Sebab, bisnis itu konon artinya Berani Investasi, Sedekah Nekat, Insya Allah Sukses.

Ini adalah kisah tentang apa yang terjadi bila kau menemukan belahan hatimu. Kisah tentang cinta pertama dan cinta terakhir.

Kisah tentang Presiden ketiga Indo-nesia dan ibu negara. Kisah tentang Habibie dan Ainun.

Rudy Habibie seorang jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar: berbakti kepada bangsa Indo-nesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedan-gkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya.

Pada tahun 1962, dua kawan SMP ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang baginya semanis gula. Tapi Ainun, dia tak hanya jatuh cinta, dia iman pada visi dan mimpi

Habibie. Mereka menikah dan terbang ke Jerman.

Punya mimpi tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu itu. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jer-man, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu.

Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. Kemu-dian pada satu titik, dua belahan jiwa ini tersadar; Apakah cinta mereka akan bisa terus abadi?

Kadang-kadang monster perlu istirahat juga. Itu sebabnya Dracula membuka Hotel Transilvania, resort bintang lima dimana para monster dan keluarga mereka - termasuk Franken-stein dan istrinya, Mummy, Manusia tidak terlihat, dan keluarga Manusia Serigala, untuk bergembira tanpa khawatir tentang kehadiran siapa pun dari dunia manusia

Meskipun ia seorang monster, Dracula layaknya seorang ayah yang overproyektif pada putrinya, Mavis. Ia mengarang cerita-cerita tentang bahaya yang mengerikan agar niat putrinya untuk berpetualang diluar hotel tidak terwujud. Namun ternyata itu tidak menghentikan bahaya yang datang dari luar

Kekhawatiran Dracula menjadi-jadi ketika seorang pria manusia biasa, berhasil menemukan hotel Transylvania dan jatuh cinta kepada Mavis.

Jenis Film : AnimationProduser : Michelle MurdoccaProduksi : COLUMBIA PICTURESSutradara : Genndy Tartakovsky

Semua buku yang dipublikasikan adalah hasil kerjasama antara STIE - STMIK IBBI (Tabloid Xpresi) dan Gramedia of Book Publishing (GoBP)

Habibie &

Ainun

HOTEL TRANSYLVANIA

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Surat Nyasar

20 Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Belajar lah mencintai org yg hr ini msh milik mu’ sblm dia prg dr hdp mu” hr ini mgkn dia msh mncntai mu’ tp mgkn bsk tak akan ada lg dan mgkn bsk km yg akan lbh mncnta’i nya ketika dia tlah prgi... Jd jgn prnh sia2kan cnta yg skrg mengisi hati mu...By : Resha XII-IS.1 +628566186277

Hy surat nyasar...Nama ku yuli(XI IPA) PERG.INTI NUSANTARA.Ku pengen salam salam ne buat semua siswa/siswi PERG.INTI NU-SANTARA. Mksh y... :) +6287793841872

:: khU LhaT FotO kENangan mUe ..TeRIngat mAsa” LAlu ....qTa yNg iNdah ..JnGn pRnah aU Lupa khaN qKu ..KENangan qTa ..BrdUa yG indaH ..MeSKi engKau tLah .JaUh dirI kUhk ..Kuh aKhan kENang dri mU sjHa ..>byEVitRy laStriaSMA SWASTA TRITUNGAL T.bALAi < +6287748617343

q ingin mengucpk4n salam k4ng3n bu4t TmN’ Q Y9 D sdklng. lwt expresi t4bloit. +6282367697577

haaaay,,,shbt xpres my name~RONNY WATI TINAMBUNAN~ne asli dari hati ku sendiri loh!!! hati ini merasa hidup pnuh dgn cerita, tertawa, menangis, bahagia, menderita, terluka, tpi bgi ku itu se-mua hanyalh ti2pan dari TUHAN,mka daritu apapun yang terjadi sukurilh, dngn kita mensyukuri ti2pan NY, puji TUHAN pasti hidup akn lbih berarti bgi kita....dimuat ea kak_bang! H!dvp pۖvh @rt!... +6287868650244

meLinda nAvy kuRnia dari SMAn 1 tanjungbalai mau nitip pesan buad BENGKEL SASTRA sMANsa Moga makiin sukses aja !#benGkeL sastra Grebekk saiiank +6287793824291

knp sichh aq slalu brntem ma dya..” aq gc tw pa slh aq..dya slalu mrah ja..ga prnh blz xmx aqhuu...pusinggg nichhh..gayz..>pksih tw donkk solusi na.. +6285358796118

h4lo surat nyasar :) , say4 mw k1rm s4l4m sm4 tm3n” saya nihh :) D4n jg4 gUru gUru Sy4 :) sEmoGa SaLaM nY4 nY4mP3 Ke sANa Y4q ;) +6281959162828

meq0mmm..Hy Aqu hariani pndatang bru, sk0la d sma N 2 lngsa!qu mau ti2p slam aj buat tmen2 yg knal ma aqu.....!Yg mau curhat ma aqu b0le2 aj! 087747511879

Jka”BULAN”Bcra sOal”CINTA”alngkh indh’a... ALam Smesta jKa beRpiKiR tNtg CiNtA...BKan mUda cAri yG Stia..cNta aDlah s’Suatu yG “INDAH”,Cnta tak MngenaL PNgkat,dRjat aTau USia,ciNTa Lhir Dari dlm hti yg SUCI,Bkn krn ktrpaksaan,wlaupun bnyk goda2an yg dtg mghmpiri,nmun kekuatan”CINTA” dpat mngalhkan smua’a.. +6285763949126

as qu0m pa kbr smua sobat expresi ni andani; , aq mau knalan ni ma cwek2 muslim yg lg jomblo pa7ti ny,..ditunggu yau¿¿ +6281990724987

dulu nya aQu knal ama dia belum adanya rasa suka yang berartitpi kini aQu mulai menyukai nya tpi dya nya cuek,tak pernah menceritakan sgala kegundahan hti nya +6285760857536

hay sobat “XPRESI” aku ne pndtng baru lochaq numpang titip slam y...buat temn2 aq DI....... “SMP TRITUNGGAL T.BALAI” Ykls:8a oc......... by:”SAYU TIFANI”THANK YOU & see YOU... +6282161479780

Hy,shbt expresi aq sorituwa ridho dr sMa kesuMa indh(pasid) Aq mw ttp slm am pcar aq juniarti<>Sarn bwt tmen” pendkar haty-Jadi lah the faithful lovers Key,G’luck+...:**:...+ +6285761122592

Syal0mhay penggmar experz, nama ku Sri, aku pndatang baru, aku pngen titip salam bt keluarga ku di pkan bru, sem0ga mereka semua shat2, supaya di tahun bru ini bsa datang berkumpul bersama, MAKASIH +6281264512961

Hai sobb,gue anak SMA Teladan BinjaiW pnya cwe tp dia msh kelas 3 SMP,sdngkan aku klas 3 SMAKira” brtahan lma gak ne ya sobb hbungan W +6285763010885

Hy surat nyasar . . .Q gaby d’padangsidimpuanq m0 cari temen q yg nyasar ne,mpe skrg gk n0ng0l2 btng idung

ny,, hehenamanya Irpan Andika Pratama nak lampung/palembang,lupa :D.. Gaby kangen bnget ne ma ka”.. Cpa tau ja dy ge bca tabl0id x_presi.. # ngarepp +6285262772408

Jika sblum nya qu mencintai mu dgan ikhlas maka skrng pun kehlngan mu ku hrus ikhlas haLo,neu aQ dDek mw tiSam aja bwt tmEn2 krj aq trus bwt yg uda knL n sms aq,Lam knL aja n bwt kLuarga Q sLam sYg sLaLu . Semakin sukses y expResi +6287768820441

hay SuraT Nyasar.... Nama Qu isaM Umur:20 Thn alaMat:B.B.batU BaraqUh Mao Ttip Slm Buat TemaN2 Qu Yg Di Kmpng SMoga kln baek2 aja. aq kangen bngt sma kln semua. By:iSam mksh eaa...!! (081990765010)

Hày tmn2 xprési_ nàmà àku ronni wati tinambunan_ àk màu tisàm sàmà àbàng àku fréngki ngolu donàtus tinàmbunàn_supàya ràjin bélàjàr&bàntu oràng tuà_àku slàlu méndoàkàn kàliàn sémuà yg àdà dirumàh_trimàkàsih, suksés térus xprési,,,,,! +6287868650244Hy...Aq pendatang baru nie.. Aq Ardiana, skul di SMA KATOLIK 1 KA-BANJAHE. We.. Aku galau nih.. GALAU karna kepikiran orang” yg menyakiti aq:’/ Mmmm.. Aku mau titip pesan aja deh.. Buat teman” remaja lainya.. JAngan ikuti aq yea, yg galau terus.. Hehehe..Yana mejind.. Makasi... +6285763292640

hyaq lgi suntuk nisuntuk karna gk ada temen mzaq mw nitip salam aja deh buatkwn2 q aida fitri d medanmoga2 salam nya mpek ma dya iia :) +6287744723557

Hy zhbat ExPress...Nama gw putra, Gw Butuh TmAn Di BBM, TlOng Di add yah Pin ny..... 29978d63 Maachiii. +6287744730758

Hy. .Q biirrbiie. . q mW nuLis sEsUatU nE, d bCa Y’BerHayAlaN qU dLam aN9aN. .BerMimPiE qU dLam tDuR. .SeNdRiiiiiiiiiii. . . :D ~ByEbiYeNknA~ +6285763009810

hy shbat eXfres! Q Mau kr!M Slam buat MntaN Q yg a’d d! kota Moulaboh, d! kMpuNg Suak s!gadeNg Nma @ eRis Slam @ Q Msih Cnta M’a qhee Msti Q SkrNg a’d Cwox tp!h Q SyNg X M’a qheee eRis oh a’d yg Mau kNl M’a Q Cs j’a K’No N!e aaeee,,,, +6287890985766

Hy sahabat expresii :) tisam buat tmen2 q kls I/A3 Fakultas Hukum (UMSU),, dr Hamidah Shabri... Mudah2n makin kompak selalu... ‘’sukses buat semua_a’’ +6285763852210

Asalamualaikum..Hai sahabat Xpresi.Aku pendatang baru ni . Namaku Adyt ( @adyt_ni ) kelas XI SMK BM SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN , kirim slam buat temen aku yang di SMK Ismud dan shabat Xpresi yang lagi baca aja deh . Oya buat Xpresi bagi2 tabloid nya dong buat ank SMK nya , jan-gan SMA aja yang dibagi , kami kan jadi iri hehe, OK :)Thanks.. +6285763642417

syaloom shbt expressi, ak pndtang baru ne nma ak fransiska pasaribu, ak mhon doa donk buat try out bln ne supaya ank SMKN 1 T.TINGGI bsa lulus smua, Aminn jg mhon doa ny iia buat UN, “SMKN 1 T.TINGGI BISA”, mksh iia, :) +6285668414827

Hay semua...Aku Desi Anggraini Br Sitepu..skolah d SMA TELADAN BINJAI..Happy b’day buat wali kelas XII IPA-1 buk Eva (kimia)..panjang umur ia buk jgn bawel2 lg... Biar bawel tp unyuu koc... And salam kenal buat shbat xpresi... Bye :) +6281263041094

. aku akan perCaya Dengan Muh. . . Jika aku sudah percYA Dengan muh,, t0l0ng! Jgan rusak kepercyaan kKu . . +6283190778767

ass... hy sobat2 surat nyasar tabloid expresi. nm ku nury, aku sko-lah di SMAN 1 SELESAI n sekarang aku kelas XII ipa. ada yg tau gk gimana caranya buat ikhlasin se2orang yang memang tlah tiada lagi? krna udah 3 thun aku coba mlupakan seseorang yang kni udah gak da lagi di dunia ini. tapi sampai sekarang aku masih sring kangen sama dya n kadang brharap dya hidup lagi. trsiksa banget rasanya.. tolonh ksh tau tips nya ya? +6282367075296

aQ tDk bErhAraP UntK mEnJdi oRg yG TeRpeNtiNg dLm hIduP mU kaRnA itU mEruPakaN pErmiNtAaN yG tErLaLu bEsAr bAgI

Q . . .Aq haNyA bErHaRap sUatU saAt naNtI JiKa QaU meLiHaT Q . . .QaU aKaN TeRsEnYuM daN bErKaTa . . . “ DiaLah oRaNg yG sElaLu mENyaYanGi Q . . . “ >> C.L.N70 << * paCe A bEnE * +6287748617353

hy cemua@ sya penddatang baru qu lia sari ku nak bireuen mw krm slm buat cemua ygknl ma qu ne no qu 082359021423

haloo majalah xpresi nama aq gabrielaq skul d ir.h.djuanda aq mw krm slm bwt shbt” kuen @fb ku ya [email protected] +6282368474047

hy shbT expResi .yaNi maU ti2p sLm nE bUaT mama ,papa ,adiT ,yUdi ,yUzda ,eka ,kk waTi N adik Q rizky sLm kgEn ja .tUk shbT exprEsi sLm kNaL ja . bUaT mNtaN Q di mNa pN brada sLm riNdu ja .adiT +6287748724663

Kenapa cii, bsa kayak gini,Aku tau kalau kau memang gag suka ama aku,Tapi,gag usah buat aku sakit hati kenapa, :’( ?Makasih Atas semua :’( -SBC +6287768853919

Hy Shbat Xpresi...!Aku pendatang baru niech Aku pengen nyampein kata” tp dlm bentuk MM nih utk seseorang yg ada di sana9x-7i > 3(3x-7u)9x-7i > 9x - 21u9x-9x-7i > -21u-7i > -21u7i < 21ui < 21u/3i <3 u# @habibullahy :) +6285296742997

Syalom,perasaan bsa menggangu pemikiran kta . Jd jgn permainkan perasaan org agar perasaan it ga akn hancur B-) slm kenal ajdarTa +6281990549036

hy sahabat expresi q heri d hamparan perak. Q mw krm slam bwt shbt q yg lg d Aceh, jgn lpa plg k hamparan perak ya. Yg mw brtman sma q silahkan hubungi no.ne +6287766133909

Hai sahabat expresi :/ buat kalian smw yg punya cinta dan ksh syg cewek mau pun cwok. Berusahalah menjadi yg terbaik untuk org yg kamu cintai dan yg kamu sayangi. Janganlah berusahah membuat org yg kamu cintai dan yg kamu sayangi untuk mem-benci kamu , hanya krn kelakuan dan pergaulan kamu :) Saran dan salam dr riski :) Kalau mw tau ak search aj di fb ak [email protected] Kalau mw kenal ak sms aj ke no ni y 087748800248

Hy surat nyasar sahabat expresi :)Aku Ira Septiyana, aku pendatang baru. Aku sekolah di SMA N 2 T.Tinggi. Salam buat mama, kakak, abang. buat anak” WASPADA (Warga Sebelas IPA 2), buat anak” MAVIN, salam juga buat anak” PADUS SMANDHA. Add fb aku ya Ira Septiyana Tarigan, & follow twitter aku @ira_shepty. Thanx ya :D +6287766275749

Hy sahabat Xpresi.. Gimana kabar kalian semua? Oiia, kena-lin. Nama aku Elisa Septiana. Aku skolah di SMAN 2 T.Tebing. Numpang salam2 yah :D Aku mau titip salam buat anak2 WAS-PADA (Warga XI Ipa 2) buat semua anggota padus SMANDA Tebing, buat semua anggota KampSis Sumbagut 2012. Add fb aku yah; elisa septiana sinaga & elicea D’virgo :) Dan salam kenal aja ya buat semua sobat Xpresi :) Makasih.. God Bless +6282365122669

mmg seorg !bu !tu tk prnh slh, d!a sllu meng!ngn kn yg trba!k tk ank ny, wlwpun ap lg soal ms dpn ank ny, mgkn q sllu mgecw kn mmk, tp q jnj! kn nglakukn yg trba!k,maaf q tk mgrt art lrgn mu q gx tw ap art! amrh mu, maaf kn q mak,kr q gx tw bhwa d!antra smua ksh syg hny ksh syg mu yg tulus, n rela brkrbn ap pun utk q, +628974800761

Asslm Xpresi saya Reza paHlepi Mw krim sLam D0nk... bwt RiRin d’b0g0r m0ga” cpat pulank ea (*_*) (087869332545)

Hy tabloid Xpresi ..kenalkan nama sya leli ana. oea,sya boleg gk mnta tolong atw mnta respon dari tabloid Xpresi ini. begni loe..gmna sie cara’a agar dya dpat mencintai sya dgen setuluz hati. sya mohon respon’a ea... klw ad yg mw memberi respon kpda sya tolong blz ke nomor ne aj. okey..? terimah kacih.....:) +6285763440394

Helo majalah xpresi. . Slam knal aku firdaus A.K.A dauz siswa dari sma katolik sibolga pndatang bru di rubrik surat nyasar. . Slam knal. .:) Keep fighting. . +6287891028350

Hai hai sobat expresi,, Yessica.p ginting siswa sma katolik 1 kaban-jahe, q cma mw blg, Moga mua murid sma rk1, tetap kreativ dan semangat, jauh dari narkoba dan obat” terlarang SEMOGA JA YA WEI :) +6287799093034

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Hai shbat Xpresi surat nyasar ... Aku ertna, pgen tisam dunk buat ertna jg yg ada d sna moga sukses slalu kuliahny dan moga cpet tmat, cpet dpet krjaan buat smua ny, slam knal aja yah.. +6285658064183

Hy Sahabat Xpresi, aQ Sella dari SMKN 1 Sind0r0. Mw titip sLam buad Juwanda n’ Brand0n Joe yg ada d’Batam. Jngan Lupain aQ yah wee. aQ kngen kaLian. +6287766009297

Hooooiii.. Teman2 sebangsa dan setanah air . Hehe :) aku rhany di rumah, eh..di medan maksudnya . Hehe .. Aku fans fanatik SUPER JUNIOR.. #iihGakAdaYgNanyak :D kalian humoris? Nyok temenan nyok :D +6287869228350 Kehilangan seorang pcar,bukan akhir dri segala nya, tpi jika kehilangan seorang SAHABAT,adalah akhir dari segala.. Tanpa SAHABAT,hdup trsa sepi.. (08982641947)hy ;)

Sobat Expresi aq Rini TAmbunanaq mw titip salam bwt smua kwan2 Q Yg dh di baLige,and dma-na phun bRada...:)DAn buat xpresi selalu sukses y I miSS u :_) (087869867790)

Senyum adalah pesan kebahagiaan yg paling cepat sampai kehati Jgn menunggu bahagia untuk bisa tersenyum tapi tersenyumlaa untuk menjemput kebahagiaan:) (085762726280)

hy sobat X-PRESI ne q pndtang baru,q juntriyani sitorus,q tinggal di jln mojopahit no 55a medan,saya mwu tTip zlam z ma tmen2 saya di mnpun mreka brada, ne psan bwad tmen2 q “ don’t for-get me yeah friend” göd blezs us (087768693958)

hy smua, nama saya yunhendi zalukhu. saya mau titip salam buat temen2 lulusan smp st.maria TARUTUNG. tetap smangat ya . . . . smile :D (087891448490)

h@¡¡ nM4 sYa dina ryAnt¡ ,cya sc0lch d’yPhb kuala, cya g’sdiH bnget nue ,qhu cinta x m riki pi dy gx prna cinta m q, q sri6 n6is d bt dy, knp ea dy tga bnget m q, skrg q da pny 2 cwoq y6 mNyang¡ q, pi q gx bz synk m 2 q cwox q toe q mci synk x m riki,q gx bz lpain dy, jka q bz mMnta q pngen hdup bhagIa m riki. (087748997622)

Sylooomm....hy shbat2 expresi,saya pendatng baruu niihhh darii smnsa tanjung balai. kirim salam aja buat siswa siswi yang baru masuk berskolah di sma N1 Tg.balai Semoga adk2 bisa dpat belajar dngn serius dan mndpantkn pnglman baru di sekolah kita inii... tdk lupa juga dgn paskibraka smnsa.... dn juga buat tmn2 dari klas xii ipa 3..dari: janet syahputra telaumbanua (087818826298)

HaI tAbLoiD eXpReSi. nIe gUa MitHa DiNdA LesTaRi, gUa scOoL dI SmK n 1 sIbOLgA, gUa kLz xIl aDmInIstRaSi pErkAntOrAn. MaU cUrHaT nIe . . . dI uSiA GUa YaNg MasiH 16 TahUn GUa dI TinG-gaLin OraNG yaNG sAngAt GUa sHayAnGi n GUa cIntAi. cMua TeRasA bEGitU cEPat uNtuK qHu. qHu cUMa bErHarAp aYah tEnaNg Di AlAm nYa cEkaRank. mAaF kHan cEmua SaLah QhU aYah, jAnJi qHu pAdA aYah BaKal QHu laKsAnAkaN. qHu CyaNk ayAh. aNaK mU tErSayAnk MuLyaDi, mUnAndAr, MitHa n RezA. 14 07 2012 PuKuL 16.00 wIb aYaH TeRcIntA “ AmIr FaIsAl TanJunG” (087767154925)

aslkm.nm q0e ega,aq0e pndatang bru ne d’surat nyasar, aq0e mw slm” bwt,tmn” q0e,trutama ank XI ips 2... slm mniz dr SMANSA SERAM IS THE BEST . .:) (085761576190)

HY surat nyasar} aku anggi di medan.cman titip salam sma teman2 di medan : khususnys skool kandepak za!semoga msih ingat sma qu.......dan buat siswa al-washliya rawa bdak khususnya kls 7 . se-moga mkin jya dan kereativ slam mniz anggi?(085763545683 )Syalom...

Sahabat espresi..Sya tmen bru kalian..Nma sya : NATATALIAKlz : 2 Jurusan: sekertaris, sya skul d SmK Td.PARDEDE FONDA-TION. S”mga tmen2, senang bsa bca kta2 y... Gbu. Hidup Adalah BELAJAR.......Belajar BERSYUKUR Meski tak Cukup,Belajar Ikhlas Meski Tak Rela,Belajar Taat Meski Berat,Belajar Memahami Meski Tak Sehati,Belajar Sabar Meski Terbebani,Belajar Setia Meski Tergoda,Belajar Memberi Meski Tak Seberapa,Belajar Mengasihi Meski Disakiti,Belajar Tenang Meski Gelisah,Belajar Percaya Meski Susah,Belajar dan Terus Belajar...!Gbu. :) (085760206171)

Hay shabat expresi :)nie aQ She Ira Safana Syalala, mau krim slam bwat anak SMA N 2 Bireuen(aceh).. khusus,a bwat anak XII IPA 1 yg mau knal lbih dkat hub nmer sya aja ote.. (085231755396)

Buat temen-temen yang mau kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucapan selamat

ke siapa saja tinggal kirimkan aja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi.

Caranya mudah, tinggal sms aja ke nomor ini

087869801990 di tunggu ya...

Surat Nyasar

21Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

hy z0bAt eXpRes . . . Ne ChIntyA dRi taNbE . HuufftTt . . . TeRnyaTa sUlit y mEnjaLani keHdpN taNpa sEoRaNg keKasIh . DmNa Gk da yG mEmPeRdulikaN daN mEngIngatKan qTa . Phy tErKadaNg dI saTu sIsI aQ uGha bErFkR , mEmiLiki kEkaziH tErkaDanG mEm-buaT ckT haTi . HiNgGa mEngGaNgGU k0nSeNtRazI bLjR . Men-Gapa di ktakaN meMiliKi keKzh tErkDg buaT ckT haTi ??? KrNa sEsUnGguH Nya keSetiaN daN kePercYaAn Sgt SuLIt di tEmUkaN . HiNgGa mEmbuaT suAtU huBgN hnCr . DaN itU pzTi SgT beR-pEnGaruH pda k0nsEnTraSi bLjr . Guys , aQ da aLami haL tUch . SbG aNk pLjr yG bAik , aQ hRp KeJdiaN yG aQ aLmi tdK teRjdi pdA kLn sEmUa . KrNa qta adlh gEneRasI mUda jdi , qta hRz mEma-JukaN NeGerI qta niE . Lw bUkaN qta , sIaPa LagI ??? >> C.L.N70 << (087748617353)

Hy s0baT ExprEsi ......Nama aQ Tuti asNitha ..q Pendatang brue Nie D’taBloid ExPresi ..Aq skolaH D Sma N 1 sEi RamPah ... aqu Mau ti”p SlaM Buat TmeN” aq Eank B’rsK0lah D sma N 1 Sei RampH ... Buat Shbat Aq Melin N kiky ..Jangan SuKa ngejaiLin tmeN cndri Ea ,,, salaM Cuap cuAp AjhA buat Tabloid ExPresi ... MoGa MkiN SukseS ...)*( (085761619919)

s wr wbhalo shbt Xpresi ....ak bru brgbug ne nmku deby .f ak bru kls 1 sma,sklhku di MAN 2 tjug pura.slm ak mnjlni mös di sklh bru ak ,ak memlk byk pglmn bru slh stuy ak mndpt peljrn tntg arty kekompkn...slm ne ak tdk mydr pntgy kekmpkn akhry slm ak mn-jln mös ak sdr kekompkn tu pntg aplg kekmpkn jg dpt membgun silhturhim sesm umt . thanks y shbt Xpresiwalaikumsalam wr wb...... [hdup tk kn prnh hbs utk dibhs smpai khdupn akhr akn dtg]. (087748916742)

Name : Irvanalumni Sma dharma patra p.berandan. Selamat taon ajaran baru bagi adik-adik smua. Smoga kalian sukses ya. . . Tetap op-timis jgn pesimis okeh. . Sukses. . . . . . ! ! ! ! [email protected] (085762697575)

hy shbat xpresi aku pndatang baru nie.my name kelara klz 8a skolah di smp primbana mw nitip slam ma bayu agung and smua shbat q satu kata buat klian tetap smangat y slam knal mua. (082367211228)

Hay shabt xpresi Aq bernadetha m0nica, pendatang baru neh,Sk0lah sma cahaya medan Aq klz XI IPS 3aq pnya kta mutiara nih, Satu2 nya kegagalan yg benar, terjadi krana kegagalan untuk memulai. Yg mw knal qu bsa sms k nmz nieh ok, 085761142630

hy shbt express... nMaQ Evy sImb0lon,, q alumni dr smansa pngr-ran... buat shbt express,slm knl ajj eah,, tmn2, email quh yg ne ea,[email protected] or follow me on my tweet: @effysimbolon ***thx*** mjlh expressi,,, JAYA TRUZZZZ...... (082267612321)

Hy sahabat Xpresi,, aq monika gintingaq pendatang bru nie.... Aq sklh di SMP BUDI MURNI 2 MEDAN... Kls 3 aq mau krim2 slm j ne bwt tmn2 yg knl ma aq dn tmn2 yg di shabt xpresi moga baik2 aja y..... Dan buat orng yang aq syank di rambung baru kamu sllu ada di hati ku..... Mksih y bwt shbt xpresi..... email aq :[email protected] Yg mw knl dn-gan aq ni no aq y :(085763799260)

hay shbt expresi,aq mw ti2p salam ne bwt tmn” aq ank” tupe binjai khususnya bwt ips unggulan makin kompak aj.salam kenal dr nadien cubby :) (087748871016)

Hay boleh gabungkan !!!! nama Q KiKi Ulandari. Q mw tisam ne buat aNk AKBID MITRA HUSADA MEDAN alumni 2011. N khusus ge buat DeDi HaRiYAdi yg da di campuz IBBI (082369873858)

“jk”Ciñtå_pñüh årti,,,jñgñlåh di hiañåti_åplågi_di kålahkåñ oleh_màteri. “jk”Ciñtà_pñüh måkña_hargailah $perti_ñyåwä_kitå. “jk”Ciñtå_ådàläh hidüpmü_måka biårkñlåh_Çiñtå_itu mñjdi_bgiàñ”Ñàfåsmu.Kitå_pantas mmilikiñyå!? “krñå $suåtu_yg §üÇi & Abådi diduñiå_iñi tàx læñ ådlåh,,, “CIÑTÅ”,!!! (087867139457)

ASSALAMUALAIKUM Tabloid Xpresi.saya jay/21thn di aceh timur. .mau nyampaikan saja bahwasanya merokok amat tidak baik un-tuk kesehatan, karna tanpa disadari siperokok itu,anggota kom-ponen sel-sel didalam tubuhnya mengalami krusakan fatal. . keta-huilah saudaraku,temanku,kakak,srta abg-abg sejagat raya,sehat itu mahal lo. .?maka jagalah dirimu dari chigaret. . Dimuat yea tabloid expresi.wassalam. . (087890713775)

Rahasia Matei.!!!!Hana trep watei Hana trep tempoo.Geutanyou tawou u alam Baqa.Aleh pih malam aleh pih urou.Le Tuhan sidrou ka geu rahasia.Oleh sebabnyan wahe ei adou keu urou dudou amai tamita.Pubut seumayang malam ngen urou bek gadoh jalan syetan peudaya.Klep teupet mata krok meusu rekung nyawong bi salem Malaikat baa.Di ateuh tika tuboh teu linteng. Rame dum ureng ke kunjong gata. Di ateuh kubu ji timoh naleung.Mulai ureng teuwo ke gata.

Inong nyang tari intan berlian.Banban dum nyan ka gop po atra.Menyo na amai nyang kebajikan.Nyan keuh hai rakan nyang tu-long gata.Kabeh bandum gaseh nyang sayang.bak pih pasangan yang gata cinta. (087890713775)

Belajar adalah liang-liang kehidupan.!!!! Gak penting berapa lama kita hidup tapi bagaimana cara kita jalani kehidupan . . .by jay in east aceh!!dimuat yah xpresi.sukses slalu.wassalam (087890713775)

PETUAH SANG BUNDA“By:Jay”.Anak ku................. Tabir cita yang telah kau tempuh adalah sepeng-gal kisah dari sebuah simponi meski langkah terasa beban,sarat dengan nada dan irama masih teramat panjang tambang yang harus di lantunkan patrilah semangat mu merona bait nya.Ukirlah senyum pada setiap melodi harapan . (087890713775)

Assalamualaikum tabloid xpresi. .jay mau blg ajaa buat kawan-kawan ku alumni SUPM lulusan tahun 2010 yang kuliah di universitas manapun anda berada jalau ganti phone number kasih tau saya yah.makasih xpresi. (087890713775)

Hay sahabat Xpresi...Aq pndtang baru neh, bleh gabungkan.. Aq Grace Veronika kls XI Ipa 2 SMa WR.Supratman 2 Medan. mw crhat ne, aQ pNya sHo-baT, qta th dah tManAn sejak dr SD, Tp 2 blan yg lalu tpat nya bulan 5 kemaren, dy bRu ja nIngGaliN aQ uTk slama y. TP Ampe skarg aQ bloem bsa lPaen dy. al’a dy th sH0bt tRbaik qu. Kasih saran nya dong shabt Xpresi.. TriMz... (087807521019)

Hy cwbt ekspresi. Nma q Febryan, kls 2 SMA.aq pndtang baru nih. Mw ti”p salam ma tman q d tarutung.spaya slalu smangat dlam mnjalani hidup. (081973019655)

Hy Xpresi...nama aku dicky, salam knal ya buat smuanya. buat yg lg single merapat donk. Hahahaha [email protected] ni alamat fb aku. Di add ya. (085763481699)

ss tabloid xpresi...saya wei di aceh...mau kirim salam to my best friends in UNIMED sumut. . Trimakasih. .Sukses slalu xpresi. . (087747595028)

Saya Rendy Kepo dari MEDAN. ingin menyampainkan sebuah kata kepada Dela Siahaan, kalau aku sayang kali sama mu. I dear you Dela. (085372179868)

hae surat nyasar q pndatank bru nue nm q fitriq mo krim slam buat tmen2 q trcinta deh ank smk budisatryaoea q ug mo cri tmen ruw ne hub k no q ea key thank’s (083197647148)

Assalamualaikum,, hai sahabat xpresi saya jay....dibulan ramadhan yg penuh rahmat ini marilah jalani hari-hari dengan melakukan hal yg positif yaitu berbanyaklah beristighfar,mengaji,berseqah,murah senyum juga bagian dari sedeqah lo. . dimuat yea xpresi.was-salam (087747595028)

Jka Hdup adlh tntangn, HADAPILAHJka Hdup adlh p’tandingn MENANGKANLAHJka Hdup adlh tgs SELESAIKANLAHJka Hdup adlh cita2 CAPAILAHkrn 1 hal yg mMbuat Qt ber+dwasa yt msLah1 hal yg mMbuat Qt hncur ytu Ptus Asa1 hal yg mMbuat Qt Maju ytu Usahadan.. 1 hal yg mMbuat Qt Kuat ytu DO’AFrom: Deb¤[email protected] tmN (085261685158)

hai surat nyasar, aq mau tisam buat tmn2 q yg lgi menjalani psgsmoga sukses dan sportif by: maria anggrainikls 3 tata busana_1 smkn 2 sibolgatlg d muat y kak :) (082367091242)

HAII..SAHABAT EXPRESIITITIP SALAM BUAT,SMP N 1TEBING-TINGGI ,I LOVE YUO SMPN 1 (087744916615)

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

CAPRICORN (22 Desember-18 Januari)Asmara: Komunikasi adalah hal penting yang tampaknya akan sangat Anda rindukan. Karena kesibukan masing-masing, komunikasi menjadi hal yang sangat langka dan mahal. Keuangan: mencoba bisnis baru tak ada salahnya, hanya Anda harus lebih cermat soal perhitungannya.

AQUARIUS (18 Januari-18 Februari)Asmara: Hal besar atau kecil yang muncul dan mengganggu benak Anda hendaknya tak sampai memancing masalah baru lainnya. Dalam hubungan sebaiknya memang pengertian didahulukan, terutama bila hanya ada beberapa hal kecil saja yang berbeda di antara Anda dan dia. Keuangan: Bukan soal gaji yang sebenarnya Anda incar saat ini, namun lebih pada kepuasan pekerjaan.

PISCES (18 Februari-20 Maret)Asmara: Anda sudah merasa siap, tetapi masih ada keraguan di dalam hati? Percayalah bahwa mencintai seseorang itu juga sekaligus mem-buka diri dan membiarkan diri mengenal rasa kecewa. Keuangan: Apa yang Anda kejar selama ini? Apa tujuan utama Anda? Fokuslah pada hal tersebut dan jangan terlalu berusaha tampil hebat di semua bidang.

ARIES (21 Maret-19 April)Asmara: Ada seseorang yang akan membuat cerita cinta Anda sedikit berwarna, sayangnya orang ini cukup menyebalkan dan hampir mengacaukan rencana manis Anda. Keuangan: Bersiaplah melakukan perjalanan yang cukup jauh, beberapa tugas akan membuat Anda melakukan perjalanan dinas.

TAURUS (20 April-20 Mei)Asmara: Saat romansa manis dan si dia bersikap manja, janganlah menolak dan berusaha menghindar. Mungkin beberapa waktu Anda bu-tuh sendirian, namun tanpa disadari justru ia adalah sosok yang menjadi semangat tersendiri bagi Anda. Keuangan: Berhemat. Itulah yang harus Anda lakukan.

GEMINI (21 Mei-21 Juni)Asmara: Ingatlah selalu pada komitmen awal saat hubungan Anda tak berjalan mulus. Bila dua kepala bertemu memang pada umumnya satu sama lain ingin mempertahankan pendapat masing-masing. Keuan-gan: Komunikasi menjadi sumber utama masalah sekaligus jalan keluar masalah Anda.

CANCER (22 Juni-22 Juli)Asmara: Merindukan si dia? Sebaiknya tunda untuk berduaan ber-samanya. Ada potensi terjadi salah paham dan pertikaian yang akan merembet kepada hal besar bila Anda memaksa bertemu dengannya. Keuangan: Anda sedang tak bersemangat melakukan apapun yang berhubungan dengan pekerjaan.

LEO (23 Juli-22 Agustus)Asmara: Merasa tak nyaman dengan pasangan? Itu adalah hal yang wa-jar kok, bukan berarti Anda harus menghindar dan langsung berpaling kepada yang lain. Keuangan: Pekerjaan berat akan menyambut Anda dan membuat mood Anda sedikit berubah di pertengahan minggu.

VIRGO (22 Agustus-22 September)Asmara: Minggu ini kesempatan Anda menunjukkan kesungguhan dan mengungkapkan perasaan. Apapun hasilnya tak perlu Anda khawat-irkan, yang penting Anda berniat untuk memberikan yang terbaik pa-danya. Keuangan: Minggu ini Anda harus ekstra keras menahan semua keinginan dan melupakan sejenak daftar belanja Anda.

LIBRA (23 September-23 Oktober)Asmara: Ada potensi untuk bertemu orang baru di minggu ini, sebaiknya Anda lebih bersikap ramah dan terbuka. Mungkin ia tak seburuk perkiraan Anda. Hati-hati lho, bila Anda tak dapat mengendalikan diri maka Anda akan terjerumus pada problem pelik yang akan membahayakan hubungan Anda dengan pasangan. Keuangan: Tunjukkan produktivitas dan kreativitas Anda, siapa tahu ada bonus menarik dari atasan.

SCORPIO (24 Oktober-21 November)Asmara: Perasaan Anda mudah terpengaruh, saat ada kejadian yang menyentuh hati Anda mudah menangis dan meneteskan air mata. Namun sebenarnya bukan sifat ini yang harus Anda tunjukkan, karena ini bukan saatnya bermanja dan bersedih-sedihan. Keuangan: Terlalu mudah menyimpulkan dan curiga, itulah yang terjadi terhadap Anda. Padahal hal tersebut tidak akan baik untuk kemajuan karier Anda.

SAGITARIUS (22 November-21 Desember)Asmara: Perjelas maksud Anda saat berbincang dengan si dia, hati-hati ia salah menangkap maksud Anda hanya karena perkataan Anda yang kurang jelas. Keuangan: Lebih cerdas dan berusahalah untuk netral dalam memandang dari berbagai sisi. Terkadang tak semua pendapat Anda benar dan dapat digunakan dalam berbagai kasus.

Xpresi Zodiak

Xpresi Info

22 Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Sistem pendidikan Indonesia menempati peringkat terendah di dunia. Berdasarkan tabel liga global yang diterbitkan oleh firma

pendidikan Pearson, sistem pendidikan Indonesia berada di posisi terbawah ber-sama Meksiko dan Brasil. Tempat pertama dan kedua diraih oleh Finlandia dan Korea Selatan, sementara Inggris menempati posisi keenam.

Peringkat itu memadukan hasil tes internasional dan data seperti tingkat kelulusan antara 2006 dan 2010. Sir Mi-chael Barber, penasihat pendidikan utama Pearson, mengatakan peringkat disusun berdasarkan keberhasilan negara-negara memberikan status tinggi pada guru dan memiliki “budaya” pendidikan.

Perbandingan internasional dalam dunia pendidikan telah menjadi se-makin penting dan tabel liga terbaru ini berdasarkan pada serangkaian hasil tes global yang dikombinasikan dengan ukuran sistem pendidikan seperti jumlah orang yang dapat mengenyam pendidi-kan tingkat universitas.

Gambaran perpaduan itu meletak-kan Inggris dalam posisi yang lebih kuat dibandingkan tes Pisa dari Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pemban-gunan (OECD), yang juga merupakan salah satu tes dalam proses penyusunan peringkat. Pertimbangan-pertimbangan dalam peringkat ini diproduksi untuk Pearson oleh Economist Intelligence Unit.

Kompetisi globalDua kekuatan utama pendidikan

adalah Finlandia dan Korea Selatan, lalu diikuti oleh tiga negara di Asia, yaitu Hong Kong, Jepang dan Singapura.

Inggris yang dianggap sebagai sistem tunggal juga dinilai sebagai “di atas rata-rata” lebih baik dari Belanda, Selandia Baru, Kanada dan Irlandia. Keempat negara itu juga berada di atas kelompok peringkat menengah termasuk Amerika Serikat, Jerman dan Prancis.

Perbandingan ini diambil berdasar-kan tes yang dilakukan setiap tiga atau empat tahun di berbagai bidang termasuk matematika, sains dan kesusasteraan serta memberikan sebuah gambaran yang

Sistem Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia

semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi tujuan utamanya adalah memberikan pandangan multidimensi dari pencapaian di dunia pendidikan dan menciptakan sebuah bank data yang akan diperbaharui dalam sebuah proyek Pearson bernama Learning Curve.

Melihat dari sistem pendidikan yang berhasil, studi itu menyimpulkan bahwa mengeluarkan biaya adalah hal penting namun tidak sepenting memiliki budaya yang mendukung pendidikan. Studi itu mengatakan biaya adalah ukuran yang mudah tetapi yang lebih kompleks dampak yang lebih kompleks adalah peri-laku masyarakat terhadap pendidikan, hal itu dapat membuat perbedaan besar.

Kesuksesan negara-negara Asia dalam peringkat ini merefleksikan nilai tinggi pendidikan dan pengharapan orang tua. Hal ini dapat menjadi faktor utama ketika keluarga bermigrasi ke negara lain, kata Pearson.

Ada banyak perbedaan di antara kedua negara teratas yaitu Finlandia dan Korea Selatan, menurut laporan itu, tetapi faktor yang sama adalah keyakinan terh-adap kepercayaan sosial atas pentingnya pendidikan dan “tujuan moral.”

Kualitas guruLaporan itu juga menekankan

pentingnya guru berkualitas tinggi dan perlunya mencari cara untuk merekrut staf terbaik. Hal ini meliputi status dan rasa hormat serta besaran gaji.

Peringkat itu menunjukkan bahwa tidak ada rantai penghubung jelas antara gaji tinggi dan performa yang lebih baik. Dan ada pula konsekwensi ekonomi langsung atas sistem pendidikan per-forma tinggi atau rendah, kata studi itu, terutama di ekonomi berbasis keterampi-lan dan global. Tetapi tidak ada keteran-gan jelas mengenai pengaruh manajemen sekolah dengan peringkat pendidikan.

Peringkat untuk tingkat sekolah menunjukkan bahwa Finlandia dan Korea Selatan memiliki pilihan tingkat sekolah terendah. Namun Singapura yang meru-pakan negara dengan performa tinggi memiliki tingkat tertinggi. (Sumber :BBC Indonesia)

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Pangeran BanJl. S. Parman MedanDisc from 15-35%

Xpresi Ragam

Handphone & AccessoriesGarecca Disc 20%

Ikan Goreng CianjurTengku Daud No.4Disc 10%

IbbI CArd dIsCounT PlACe:

Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item d’Waroeng

Cambridge MallDisc 20%

Pondok PalladiumPalladium MallDisc 15%

Matador CountryPlaza Medan FairDisc 50% (Dosen)Buy 1 get 1 (Mahasiswa)

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

Milano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 MedanDisc 10% + 5%

CV. Indako Trading Co.Makmur No. 144 A/30Jasa Service 10%Sparepart 5%

Sun Plaza Level 1Cirebon No. 16Medan Mall Lt. IIDisc 10%

SEIKO

Tabloid Xpresi dapat diperoleh: Kampus DiamondJl. Sei Deli No. 18Telp. (061) 4567111Fax. (061) 4527548Medan - 20114

Kampus EmeraldJl. Gatot Subroto No. 130Telp.(061) 4519400 - 4519070Fax. (061) 4522204Medan - 20114

Kampus TopazJl. Damar No. 9 GTelp. 4562873-4562876- 4562773Medan - 20118

PrimeOne ShoolJl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo-nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672Fax. (061) 7853631 - 7853671

Pangeran BanJl. S. Parman MedanCoffee BoxSun Plaza Lt. 4Warung UbudSun Plaza Lt. 3GarecaJl. Prof. H.M Yamin No. 99AMilano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 Medande’ WarungCambridge Mall X.O. SukiSun Plaza Lt. 3Kopi Kok TongSun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1DOMESun Plaza Lt. GThaiExpressSun Plaza Lt. 4Pondok PalladiumPalladium Mall lT. UGSEIKOSun Plaza Level 1, Cirebon No. 16Medan Mall Lt. 2Ikan Goreng CianjurTengku Daud No. 4CV. Indako Trading CoMakmur No. 144 A/30Mie Pansit AwaiP. Siantar, Jl. Surabaya 21 AMedan, Jl. Dr Wahidin 4 GG - Jl. S. Parman 20 - Jl. Boulevard 84 B1 Cemara Asri

SMA Kota Medan:SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Rak-sana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA

Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan

Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Method-ist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA TeladanBireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri IKabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri IIKuala: SMA Harapan Bangsa, SMA MethodistLangsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas BaruTanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Lang-kat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri ILubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia BudiRantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA TeladanSibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca KaryaTanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisinga-mangaraja, SMA Tri TunggalTanjung Morawa: SMA MethodistTarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA NusantaraPekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa MariaPadang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Frame Xpresi

23

Nampang di Frame XpresiKirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke

[email protected] atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII