tabloid xpresi edisi 82, januari 2013

24
Edisi 82 - Tahun VIII - Januari 2013 ISSN 2088-141X Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Upload: tabloid-xpresi

Post on 14-Mar-2016

313 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Edisi 82 - Tahun VIII - Januari 2013ISSN 2088-141X

Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Page 2: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Desain Sampul Edisi 82 Tahun VIII, Januari 2013Oleh: Indah Putri Anggraeni

Xpresi Kampus 6

Xpresi Tekno 10

Xpresi Seremoni 12

Salam Redaksi 2Xpresi Utama 3Xpresi Pendidikan 7Xpresi Info 11Xpresi Cerpen 15Xpresi Puisi 16Xpresi Resensi 18Surat Nyasar 20Xpresi Zodiak 22Frame Xpresi 23

Xpresi Kuliner 9

Daftar IsiSalam Redaksi

DIVISI uSaha I PemImPIn umum: JuSwan TJOE I PemImPIn PerusAhAAn: amrIn SuSIlO halIm I PenAnggung jAwAb: Ir. b. rIcSOn SImarmaTa, mSEE I dewAn AhlI: prOf. Dr. amrIn fauzI, SukIman ST, mT, luSIah SE, mm I mAnAjer ProduksI: anDrIaSan SuDarSO, Smn, mm I mAnAjer IklAn: lIlI SurYaTY, SE, mm I mAnAjer sIrkulAsI: halIm lOlY, SE, mm I sTAFF sIrkulAsI: harTOnO, S.kom, m.kom

DIVISI rEDakSI I edITor In ChIeF: huDa pErDana I rePorTer: anI, EDI I FoTogrAFer: rIrI kOESnaDY I desAIn grAFIs: InDah puTrI anGGraEnIAlAmAT redAksI: kampuS TOpaz, Jalan Damar nO. 9-G, TElp. (061) 4153375, emAIl: [email protected], FACebook: Tabloid Xpresi

redaksi menerima tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErJalanan, cErpEn, puISI, SuraT pEmbaca, SuraT nYaSar serta tulisan lain-nya. redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. untuk tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErJalanan, cErpEn, panjangnya sekitar 5000-6000 karakter. Tabloid Xpresi

Selamat Tahun Baru 2013

2

Satu tahun lagi telah kita lewati. Tahun yang sarat dengan cerita dan pengalaman itu akan segera berlalu di hadapan kita, dan pada gilirannya tahun baru yang sarat dengan asa dan harapan pun akan kita jelang.

Seluruh dunia akan menselebrasikan event besar tahunan ini, sesuai dengan zona waktu yang berlaku di masing-masing belahan bumi. Pesta, gemuruh sorak sorai, suara terompet akan meriuh rendah, dan semarak kembang api akan meletup dan melingkupi bumi ini. Luar biasa. Tidak hanya itu, harapan-harapan barupun akan muncul. Harapan yang akan dijadikan patokan apa yang akan dicapai ditahun yang baru tersebut.

Sebenarnya, berlalunya satu tahun lagi dalam hitungan kalender, bisa saja membawa makna yang berbeda bagi setiap kita. Bagi yang optimis, tahun baru akan berarti hidupnya sudah bertambah satu tahun lagi. Bagi yang pesimis, tahun baru akan berarti hidupnya sudah berkurang satu tahun lagi. Juga bisa berarti di sini, ada tambahan setahun lagi bagi yang masih subur, dan ada pengurangan setahun lagi bagi yang sudah uzur. Itulah hidup. Hidup ini terus berjalan dan menga-lir, hari terus berganti, bulan tak hentinya berlalu, dan tahun terus bertambah pada waktunya tanpa pernah terlambat. Ada saatnya yang tua akan minggir untuk memberi tempat pada yang muda. Begitulah siklus hidup ini berjalan. Itulah yang me-motivasi kami untuk mengangkat Hari Guru Nasional sebagai Xpresi Utama pada edisi kali ini.

Akhir kata redaksi tanpa henti-hentinya mengharapkan partisipasi dari para pembaca untuk berkontribusi mengirim-kan karya-karya terbaiknya. Tak lupa pula kami terus mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus memberikan dan menyam-paikan unek-uneknya, kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucap an selamat kepada siapa saja dengan cara yang begitu mudah, hanya perlu mengirimkan sms ke nomor 087869801990. Selamat membaca, semoga edisi kali ini ber-manfaat bagi kita semua.

Page 3: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 3

Xpresi Utama

Yang sakit berharap sembuh, yang seret rezekinya berharap berke-limpahan atau setidaknya tidak berkekurangan, yang mengang-

gur berharap mendapat pekerjaan, yang tergusur berharap dapat ganti rugi yang layak, bahkan yang terlanjur korupsi ber-harap kasusnya tidak tercium aparat, apa lagi sampai terbongkar. Harapan adalah hak semua manusia, tanpa terkecuali, karena di dalam harapan yang memang masih abstrak itu terkadang mampu menepis keputusasaan.

Tetapi berbahagialah apabila Anda, meskipun dalam kehidupan yang dilakoni itu tidak menguntungkan, masih ada segenggam harapan, bahwa dalam tahun baru ini akan terjadi perubahan yang lebih baik, meskipun mungkin tidak harus sig-nifikan. Karena dengan harapan itu, Anda akan terpacu untuk berjuang demi hari depan yang lebih baik.

Namun kalau sekadar harapan tanpa kerja keras, hanya akan tetap menjadi harapan yang mengawang. Dalam bahasa filsafat hanya akan menjadi harapan murni.

Kecuali Anda seorang anak atau istri konglomerat yang tanpa melakukan apa pun sudah memperoleh apa pun dari konglomerat itu sendiri. Kalau saat ini yang diharapkan adalah untuk memper-oleh kekayaan materi, misalnya. Tetapi apa pun yang diharapkan, tetaplah sekali lagi usaha dan kerja keras merupakan

menyongsong Tahun baru 2013

pintu pertama untuk mengubah harapan menjadi realita.

Menghadapi hidup sekarang ini, orang cenderung mengarahkan pan-dangan ke masa lalu. Bagi mereka, tahun baru adalah saat untuk menengok ke belakang. Maka aroma haru dan heroik menjadi cirinya. Tahun baru adalah saat untuk mengapresiasi tahun lama. Selebrasi tahun baru adalah selebrasi “syukur” yang penuh keharuan nostalgik, saat orang melihat seluruh perjuangan heroiknya terpampang di benaknya ketika merebut “kesuksesan hidup” yang sudah dilintasinya yang bisa berarti hidup yang sukses, bisa juga berarti sekadar sukses untuk hidup. Melihat masa lampau secara

haru dan heroik juga bisa berbeda. Rasa haru itu bisa juga bersifat heroik tetapi bisa juga konsumeristik. Teman saya yang karirnya melorot, selalu bercerita bangga bahwa dulu karirnya hebat, dia menjadi eksekutif pada sebuah bank ternama, tetapi kemudian harus mengelola ekspe-disi dan hidup melarat.

Sementara isterinya bercerita penuh haru bahwa dulu mereka kaya, punya ini punya itu, tinggal di rumah mewah di kompleks yang keren, setiap hari bisa shoping dan pergi ke salon. Sekarang harus pindah ke daerah pinggiran dan tinggal di rumah kontrakan. Tentu saja yang heroik lebih bermakna dari yang sekadar konsumeristik.

Waktu seakan berjalan dengan cepat dan tak terasa kini tahun telah berganti. Suasana suka cita dan keceriaan pun sela-lu menghiasi detik-detik pergantian tahun baru. Terompet dan kembang api seakan menjadi pernak-pernik menemani setiap detik pergantian tahun baru, termasuk saat pergantian tahun 2011 ke 2012.

Pahit manis kehidupan datang dan pergi, suka dan duka mengiringi langkah kita. Tentu bagi setiap orang awal tahun baru dapat dijadikan sebagai momentum untuk melakukan evaluasi diri terhadap apa yang sudah tercapai dan yang belum tercapai selama satu tahun lalu.

Selanjutnya mencoba untuk meru-muskan kembali target yang ingin dicapai di tahun baru ini. Semua harapan yang ingin dicapai selama satu tahun ke depan semoga mampu menjadi semangat tersendiri untuk dapat mewujudkannya.

Tahun baru biasanya selalu diiringi dengan optimisme perubahan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun baru biasanya ditandai semangat baru, semangat berubah menjadi lebih baik, dan semangat meraih segala impian karena selalu ada harapan baru.

Akhirnya marilah kita menyongsong tahun baru 2013 dengan penuh semangat, dengan penuh keyakinan dengan men-gawali diri kita dari memulai memperbaiki kesalahan-kesalahan kita lakukan di tahun sebelumnya, dan harapan terbesar kita 2013 adalah tahun yang baik buat kita semua

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Setiap pergantian tahun, nyaris pasti, semua orang ingin terjadi suatu perubahan yang lebih baik dalam hidupnya.

Page 4: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 4

Xpresi Utama

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

TAhun BAruhArApAn BAru

Josephine Pin XII SMA WR supratman 2

Menurut saya tahun baru itu meru-pakan awal memulai harapan baru dan diawali dengan banyak berbuat yang lebih baik. Dan bisa berhati-hati lagi dalam masalah dari pengalaman dan kesalahan tahun lalu.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang ialah bisa membahagiakan orang tua, bias men-jadi orang yang lebih baik lagi. Juga bisa menjadi orang yang sukses, walau tahun terus bertambah. Umur, selalu menganggap ortu tetap muda.

Sherly LeenXz X SMA Methodist Binjai

Menurut saya tahun baru itu merupakan pergantian tahun yang menandakan terjadinya perbaikan diri maupun sikap yang membuat kita seharusnya lebih dewasa. Dengan adanya tahun baru kita harus melaku-kan hal yang lebih baik lagi dari tahun yang sebelumnya.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang ialah saya hanya ingin bisa menjadi orang yang bisa membanggakan orang tua saya dan bisa sukses dan dapat menggapai cita-cita yang saya dambakan.

Fenni Wang Mahasiswa IBBI semester I jurusan manajemen

Menurut saya tahun baru itu merupakan pergantian tahun yang menandakan terjadinya pergantian diri maupun sikap kita juga.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang semoga saya bisa semakin senang dan sukses dalam menjalani kehidupan saya. Serta saya diberikan kesehatan selalu.

Jacklyn X SMA Sutomo 2

Menurut saya tahun baru itu meru-pakan awal dari memulai memperbaiki kesalahan-kesalahan kita yang ada di tahun sebelumnya. Oleh karena itu kita perlu berjanji terhadap diri kita sendiri bahwa kita akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang ialah semoga saya selalu mendapat kesehatan dan saya dapat membahagiakan orang tua saya, dan sehat selalu.

Satu tahun lagi akan lewat. Tahun yang sarat dengan cerita dan pengalaman itu akan segera berlalu di hadapan kita, dan pada gilirannya tahun baru yang sarat dengan asa dan harapan pun akan kita jelang. Seluruh dunia akan menselebrasikan event besar tahunan ini, sesuai dengan zona waktu yang berlaku di masing-masing belahan

bumi. Pesta, gemuruh sorak sorai, suara terompet akan meriuh rendah, dan semarak kembang api akan meletup dan melingkupi bumi ini. Luar biasa. Tidak hanya itu, harapan-harapan barupun akan muncul. Harapan yang akan dijadikan patokan apa yang akan dicapai ditahun yang baru tersebut. Berikut ini petikan wawancara terhada-

pat beberapa mahasiswa IBBI dan pelajar SMA kota Medan tentang apa harapan mereka di tahun 2013 yang akan datang.

Valentine XI Sma Methodist 5 Medan

Menurut saya tahun baru itu merupakan awal dari memulai sebuah harapan yang tentunya harapan terse-but harus bisa kita capai dengan cara memperjuangkan sebisa kita agar apa yang kita hrapankan dapat tercapai.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang ialah semoga saya selalu mendapat kesehatan dan saya dapat membahagiakan orang tua saya, karena membahagiakan orang tua buat saya adalah segalanya.

Page 5: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 5

Xpresi Utama

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Dian Nova Mahasiswa IBBI Jurusan Akutansi Komputer semester 3

Menurut saya tahun baru itu meru-pakan suatu moment yang mungkin membahagiakan dan satu nya lagi pasti ada sedih. Hal itu karena kita harus siap dalam menyongsong tahun yang baru dengan suka cita, tetapi disatu sisi kita mungkin akan mening-galkan momen-momen bahagian di tahun sebelumnya.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang semoga saya bisa semakin senang dan sukses dalam menjalani kehidupan saya. Semoga saya lebih maju dalam segala hal.

Rudy XII SMA Sutomo 2

Menurut saya tahun baru itu meru-pakan awal dari munculnya semangat baru yang menggebu-gebu untuk dapat melakukan hal-hal baik dan bermanfaat bukan hanya buat saya pribadi tetapi juga buat orang-orang yang ada disekitar saya.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang semoga saya bisa semakin senang dan sukses dalam menjalani kehidupan saya. Semoga saya lebih maju dalam segala hal.

Melisa XI SMA Wahidin

Menurut saya makna tahun baru itu memiliki sejuta makna.Ada luapan gembira,perasaan duka,juga ada yg memaknai biasa biasa.ini semua ter-gantung pada siapa yang memaknai.Yang pasti adalah usia bertambah dan dari sisi yang lain jatah menikmati dunia akan semakin habis.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang ialah mendap-atkan kesuksesan, mendapatkan umur yang panjang, dapat membanggakan orang tua, bisa menggapai cita-cita yang saya inginkan, selalu hidup dalam suasana senang dan nyaman, serta selalu diberikan kesehatan.

William Karno XI SMA Sutomo 2

Menurut saya tahun baru itu merupakan pergantian tahun yang menandakan terjadinya pergantian diri maupun sikap kita juga.Tahun baru juga menandai kita harus memulai sesuatu dengan yang baru.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang semoga saya bisa semakin senang dan sukses dalam menjalani kehidupan saya. Semoga saya lebih maju dalam segala hal.

Ega X SMA Wahidin

Menurut saya tahun baru itu meru-pakan awal memulai harapan baru dan diawali dengan banyak berbuat yang lebih baik. Dan bisa berhati-hati lagi dalam masalah dari pengalaman dan kesalahan tahun lalu. Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang ialah bisa membahagiakan orang tua, bisa menjadi orang yang lebih baik lagi. Juga bisa menjadi orang yang sukses, walau tahun terus bertambah. Umur, selalu menganggap ortu tetap muda.

July Yani XII Sma Ahmad Yani

Menurut saya tahun baru itu merupakan pergantian tahun yang menandakan terjadinya pergantian diri maupun sikap kita juga.Tahun baru juga menandai kita harus memulai sesuatu dengan yang baru.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang semoga saya bisa semakin senang dan sukses dalam menjalani kehidupan saya. Semoga saya lebih maju dalam segala hal.

July Alumni Mahasiwa IBBI jurusan SI tamatan tahun 2012

Makna tahun baru menurut saya ialah tahun baru bisa sebagai patokan kita membuka lembaran baru, harapan baru, tindakan baru , dan tujuan baru.

Harapan saya, semoga apa yg saya harapkan bisa tercapai, kelakuan saya bisa lebih baek lage, banyak berbuat baek untuk yg akan dtng, karir saya semakin bagus, income dtng lebih be-sar, dan buat keluarga ku semoga apa yang mereka harapkan juga tercapai dan semoga saya bisa melewati tahun 2013 ini dgn suka cita setiap hari.

Deby XI SMA Wahidin

Menurut saya tahun baru itu meru-pakan suatu lembaran baru, dimana adanya kehidupan baru yang akan kita mulai sehingga kita perlu memper-siapkannya, agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi di tahun tersebut.

Harapan terbesar saya di tahun 2013 yang akan datang ialah menjadi orang yang lebih baik lagi ketimbang tahun yang lalu.

Page 6: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Xpresi Kampus

6 Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

diperoleh dari UNY akan dapat diterapkan di Medan.

UGM menerima kunjungan rom-bongan STMIK IBBI pada hari Selasa, 11 Desember 2012 bertempat di Ruang Sidang FMIPA UGM, Sekip Utara BLS 21 Yogyakarta. Kunjungan diterima oleh Drs. Pekik Nurwantoro, M.S., Ph.D selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sedangkan dari IBBI diwakili oleh Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE, IPM selaku Ketua STMIK IBBI menjelaskan mengenai perkembangan IBBI, dan menjelaskan maksud dan tujuan Studi banding seperti ini sangat perlu dan berarti untuk menambah wawasan dan

pengetahuan dalam pengelolaan Manaje-men Perguruan Tinggi yang baik khusus-nya dalam bidang teknologi komputer dan informasi.

Ketua STMIK IBBI, Ir. B. Ricson Simarmata,MSEE,IPM mengatakan bahwa sesuai dengan Visi dan Misi yang telah di-canangkan, serta memperhatikan sumber daya yang ada (manusia, peralatan, ban-gunan dan fasilitas pendukung lainnya) dan produktivitas yang telah diraih hingga saat ini, STMIK IBBI diusianya yang relatif masih sangat muda akan terus berupaya meningkatkan kemampuan institusion-alnya, baik di bidang manajerial maupun pendidikan.

Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan IBBI, Amrin Susilo Halim mengatakan bahwa Yayasan Pendidikan IBBI melaku-kan beberapa upaya positif khususnya mengadakan kerjasama dengan institusi lain, seperti universitas dalam maupun luar negeri, pemerintah, lembaga riset, masyarakat, dsb. Kerjasama ini mencakup pertukaran mahasiswa maupun dosen, baik di bidang pengajaran maupun penelitian. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan bahwa program-program pendidikan yang ditawarkan kepada para mahasiswa dapat dirancang dan diper-siapkan jauh lebih baik untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan global.

STMIK IBBI Medan Berkunjung ke 3 Kampus di Yogyakarta

Kunjungan yang dilakukan oleh Ketua Pengurus Yayasan, Ketua STMIK IBBI, Wakil Ketua I STMIK IBBI dan Wakil Ketua III STMIK IBBI

itu dalam rangka studi banding.STMIK IBBI Medan mengadakan

kunjungan ke STMIK AMIKOM Yogya-karta pada hari Senin, 10 Desember 2012 yang bertempat di Ruang Meeting STMIK AMIKOM Yogyakarta. Dalam agenda acara kunjungan diawali dari penge-nalan STMIK AMIKOM oleh Prof. Dr. M. Suyanto,MM, Ketua STMIK AMIKOM Yo-gyakarta. Penjelasan secara singkat men-genai beberapa kegiatan AMIKOM baik dari Kemahasiswaan, Badan Usaha Milik Amikom (BUMA), Produk dan Kelem-bagaan. Selanjutnya diadakan show-ing pada diantaranya Resource Center, Entrepreneur Campus, Pasca Sarjana, Time Excelindo, RBTV, IC dan MSV, guna untuk pelaksanaan diskusi dan sharing secara langsung agar mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Di UNY rombongan dari STMIK IBBI Medan disambut oleh Wakil Rektor III UNY Dr. Sumaryanto, M.Kes, Kepala Humas Promosi Protokol UNY Dr. Anwar Effendi, Kepala Biro UPK UNY Setyo Budi Takarina, M.Pd., dan beberapa pejabat lain. Kunjungan dari STMIK IBBI Medan ini dalam rangka mempelajari keberhasi-lan UNY yang dinilai berhasil melakukan proses digitalisasi berbasis web terh-adap seluruh kegiatan kampus yang ada karena IBBI juga bercita-cita untuk dapat melaksanakan hal yang sama terhadap semua aspek penyelenggaraan pendidi-kan. Wakil Rektor III UNY Dr. Sumaryanto, M.Kes menyambut baik kunjungan ini dan secara spesifik telah menyiapkan para staf dari Puskom UNY untuk berdialog ten-tang website dan melakukan kunjungan lapangan serta berharap bahwa apa yang

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI mengadakan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta(UNY), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan STMIK AMIKOM Yogyakarta pada

tanggal 10-11 Desember 2012 yang lalu.

Ketua Pengurus Yayasan Amrin Susilo Halim saat memberikan cendramata Kepada Pembantu Ketua Bidang Akademik AMIKOM Ir. Rum M. Andri KR, M.Kom

Ketua Pengurus Yayasan beserta Ketua, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua III STMIK IBBI Saat bersama Wakil Rektor III UNY Dr. Sumaryanto, M.Kes

Ketua STMIK IBBI saat memberikan cendramata kepada Prof. Drs. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc, Ph.D selaku Ketua Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika UGM

Page 7: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Xpresi Kampus

7Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Perayaan Natal Keluarga Besar STIE – STMIK IBBI Medan

Studi Ekskursi STIE IBBI Tingkatkan kualitas dan ciptakan mahasiswa yang berwawasan luas

Unit Kegiatan Mahasiswa Persekutuan Mahasiswa Kristen (UKM-PMK) IBBI Medan mengadakan perayaan natal di Hotel Grand Kanaya Medan pada tanggal 16 Desember 2012 yang lalu.

Perayaan Natal ini merupakan salah satu dari program kerja UKM PMK IBBI yang bertujuan untuk mempererat hubungan talikasih antar mahasiswa , alumni dan dosen.

UKM PMK IBBI Medan mengadakan perayaan natal pada hari sabtu, 16 Desember 2012 yang bertempat di Hotel Grand Kanaya. Dalam acara natal ini diawali dengan menaikkan lagu yang dipimpin oleh saudari Juniana Sipahutar dan disusul dengan liturgi mahasiswa, liturgi

Alumni dan liturgi Dosen. Kemudian pada sesi penyalaan lilin tampak Wakil Ketua III STIE IBBI Bpk. Budijanto, S.Si, M.Si, Staf Kemahasiswaan STMIK IBBI Johanes, S.Kom dan beberapa mahasiswa dan dosen yang akan men-gawali penyalaan lilin sembari menyanyikan lagu “Malam Kudus”.

Adapun tema natal yang dibawakan pada perayaan natal ini yaitu “ Hendaklah kamu berakar didalam Dia dan Dibangun diatas Dia” (Kolose 2 : 7a). Dengan sub tema “Dengan semarak Natal STIE – STMIK IBBI, Mahasiswa dan Mahasiswi semakin berakar dan bertumbuh didalam Tuhan Yesus”.

Untuk ke 5 kalinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi(STIE) IBBI menggelar kegiatan Studi Ekskursi Ke Perusahaan – Peru-sahaan dikota medan , Pada Tahun ini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) IBBI Memberangkatkan ±600 Mahasiswa/I STIE IBBI dari jurusan S1 Manajemen dan S1 Akuntansi.Studi Ekskursi digelar seba-gai Persyaratan bagi mahasiswa/I STIE IBBI dalam Menyelesaikan Studinya selama Jenjang 4 Tahun.

Studi Ekskursi dilaksanakan pada bulan November dan tepatnya tanggal 21 – 23 November 2012 dan dilanjutkan pada tanggal 26 – 28 November 2012.Pada Tahun ini kunjungan dilaksanakan di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I Jalan Diponegoro No.30 A dan PT. Sinar Sosro di jalan Raya Sultan Agung Kelurahan Medan Satria Tj. Morawa.

Banyak ilmu yang didapat dalam studi ini dari berbagai macam kondisi pabrik saat ini dan pemikiran - pemikiran negative saat ini yang selalu terlintas dalam fikiranmasyarakat sekitar, hal ini terjawab dari hasil seminar presentasi yang dibawakan oleh pihak perusahaan kepada peserta Studi Ekskursi dari STIE IBBI medan.

Bersama Wakil Ketua III STIE IBBI Bpk. Budijanto, S,Si, M.Si dan Kabid Penyuluhan,

Pelayanan dan Humas kantor Wilayah DJP SUMUT I Bpk. Drs. Marslinus Simbolon, Pada hari Rabu, 21 Nov 2012 Kegiatan Studi Ekskursi digelar di Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara I dari keduanya memberi-kan kata sambutan yang menjadikan para mahasiswa/I Akuntansi berwawasan luas dan memiliki pengetahuan tentang pajak yang biasanya mereka dapatkan di mata kuliah, tapi kali ini para mahasiswa/I STIE IBBI khususnya jurusan Akuntansi dibawa melihat secara langsung aktifitas kegiatan dikantor DJP SUMUT I, artinya Teoritas yang mereka dapatkan dibangku kuliah terjawab sudah saat mengunjungi kantor DJP Sumut I tersebut. “ Semoga Ilmu yang didapat di Kantor DJP ini dapat diaplikasikan sebaik mungkin dalam dunia nyata dan semoga kerja sama antara IBBI dan Kantor Wilayah DJP Sumut I berjalan baik seperti 2 tahun belakangan ini , dan ini juga merupakan tahun ke 2 kerja sama IBBI dan DJP Sumut I ”, Berikut Ujar Bapak Budijanto selaku Wakil Ketua III Bid. Kemahasiswaan STIE IBBI.

kamis ,22 Nov 2012, kegiatan Studi Ekskursi dilanjutkan berkunjung ke PT. SInar Sosro Tj. Morawa , Sekitar ±350 Mahasiswa/I STIE IBBI Jurusan Manajemen diberangkatkan dari Kampus diamond STIE – STMIK IBBI , acara Studi Ekskursi dibuka dan diawali dgn kata sambutan dari bapak Budijanto,S.Si, M,si selaku wakil ketua III Bid.

Kemahasiswaan ini dengan berpesan ke-pada seluruh mahasiswa/I yang mengikuti kegiatan untuk menjunjung tinggi alma-mater IBBI yang dibawa saat berkunjung ke PT. Sinar Sosro ini. Kegiatan Studi Ekskursi Ke PT. Sinar Sosro akan berlangsung selama 5 hari. Kerja sama ini sudah berlangsung sejak 5 tahun lalu, dan ini merupakan tahun ke 5 Mahasiswa/I STIE IBBI berkunjung ke PT. Sinar Sosro ini. Disini para mahasiswa diberikan seminar tentang teh dari bahan baku / mentah, produksi, sampai dengan cara pemasarannya sehingga kuantitas dan

kualitas terjamin ke masyarakat.bersama manager divisi pabrikan dan divisi pemasa-ran para mahasiswa dibawa berdiskusi mengenai apa yang telah diberikan oleh pihak PT. Sinanr Sosro.Semoga apa yang didapat dari kegiatan kunjungan ini dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan ke dunia nyata, Ujar Bpk. Budijanto,S.Si, M.Si selaku waka III STIE IBBI.

Kegiatan ini akan terus terlaksa demi meningkatkan kualitas mahasiswa, seh-ingga mahasiswa berwawasan luas dan dapat diaplikasikan ke dunia luar.

Page 8: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 8 Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 8

Xpresi Pendidikan

Ini Syarat untuk Ikuti SNMPTN 2013!

Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan hasil ujian nasional (UN) sebagai salah satu instrumen persyaratan

untuk masuk jenjang pendidikan tinggi akan segera diwujudkan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mendatang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa SNMPTN 2013 nanti hanya akan didasarkan pada nilai rapor, prestasi lain, serta hasil UN. Namun, kali ini, sekolah dengan akreditasi apa pun bebas mendaftarkan siswanya tanpa ada pembatasan kuota.

“Jadi, murni dari hasil UN dan nilai rapor serta prestasi lain siswa tersebut untuk SNMPTN 2013 nanti. Kuotanya disediakan 60 persen untuk seluruh Indo-nesia,” kata Nuh di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Adapun syarat peserta SNMPTN 2013 mendatang adalah siswa SMA/SMK/MA yang mengikuti UN tahun ajaran 2013/2014 dan memiliki prestasi akademik di sekolah pada tiap semester. Siswa harus mengantongi rekomendasi

dari kepala sekolah dan harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta terdaftar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Untuk PDSS ini, kepala sekolah yang akan mengisi. Nanti NISN dan password

siswa akan dibagikan oleh sekolah untuk melakukan verifikasi,” ujar Nuh.

Pengisian PDSS akan dimulai pekan depan, yaitu tanggal 17 Desember-8 Feb-ruari mendatang. Selanjutnya, peserta da-pat memulai proses pendaftaran dengan

memasukkan NISN dan password yang diterima dari sekolah. Jika telah selesai mendaftar, peserta dapat mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 2013.

Untuk pilihan PTN, tiap peserta dapat memilih paling banyak dua opsi PTN yang diminati. Jika memilih satu PTN saja, maka peserta bebas memilih PTN mana saja. Na-mun jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal atau provinsi terdekat.

Sementara itu, untuk program studi, peserta dapat memilih paling banyak dua program studi yang diminati pada mas-ing-masing PTN. Nantinya, pelamar akan diseleksi berdasarkan pilihan pertamanya dan apabila tidak terpilih, dilanjutkan pada pilihan keduanya. Jika tertarik untuk mengikuti SNMPTN 2013, anak didik dapat langsung memperoleh informasi lengkap melalui laman resmi SNMPTN.

Pendaftarannya sendiri dibuka pada 1 Februari-8 Maret dan dilanjutkan dengan proses seleksi pada 9 Maret-27 Mei. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013 nanti.

Laporkan Sekolah Rusak Lewat Situs ‘Bantu Sekolahku’

1.000 Guru untuk Bangun Minat Siswa pada TIK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil langkah baru dalam meningkatkan ketersediaan sarana pendidikan yang memadai di Tanah Air. Melalui situs online Bantu Sekolahku yang telah digarap sejak Juni lalu bekerja sama dengan World Bank, Uni Eropa dan Kedutaan Kerajaan Belanda, masyarakat diajak berperan aktif untuk dalam misi ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ainun Naim, mengatakan bahwa sistem ini nantinya dapat menjadi wadah komu-nikasi bagi semua elemen di bidang pendidikan baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, guru, orang tua dan masyarakat umum.

“Sistem ini cukup unik karena dari sini dapat dipantau transparansi dan akuntabilitas kinerja tiap daerah,” kata Ainun saat peluncuran Sistem Online Bantu Sekolahku di Plaza Insan Berprestasi Kemdikbud, Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Melalui sistem ini, masyarakat dapat melapor-kan langsung terkait masalah pendidikan yang terjadi di tiap sekolah baik dari segi infrastruktur, kinerja guru, beasiswa hingga aliran dana Biaya Operasional Sekolah (BOS). Dari laporan yang masuk, nanti akan diteruskan ke divisi terkait untuk kemudian ditindaklanjuti.

“Untuk tindaklanjutnya tergantung jenis masalahnya. Misalnya kekurangan buku, bisa seminggu ya langsung. Bangunan sekolah rusak, nah ini harus dianggarkan dulu, paling tidak enam bulan. Ya berarti lamanya enam bulan,” jelas Ainun.

Sistem online ini sendiri sebetulnya sudah dilakukan di Filipina dengan nama ‘Check My School’. Hanya saja di Filipina, pemerintah atau pihak kementerian pendidikan tidak ikut campur dalam pengelolaan situs ini. Sementara untuk Indonesia, justru situs ini merupakan milik Kemen-terian Pendidikan dan Kebudayaan.

Meski berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ainun menjamin semua pihak dapat menggunakan akses ini sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan alat pe-mantau kinerja elemen pendidikan di tiap daerah. “Untuk daerah terpencil, nanti bisa menggunakan modem atau sinyal mobile. Nanti juga dari dana BOS, sekolah bisa menyediakan perangkat internet di sekolah,” ungkap Ainun.

“Ini bentuknya seperti jejaring sosial saja jadi semuanya bisa terhubung. Jadi kalau ada masalah tentang pendidikan, jangan ragu untuk mem-buka situs ini bantusekolahku.kemdikbud.go.id,” tandasnya

Sebanyak 1.000 guru akan dilatih untuk mempersiapkan 50.000 siswa di sekolah menengah yang ada di seluruh Indonesia agar sukses berkarier sebagai praktisi teknologi dan informasi yang handal. Ini diharapkan bisa menjadi jawaban bagi kebutuhan lokal terhadap tenaga kerja teknologi yang terampil.

“50.000 siswa ini tersebar di 500 sekolah yang menjadi tahap awal sasaran program ini. Harapannya sekolah-sekolah ini dapat menjadi sekolah inti yang kemudian menarik sekolah lainnya,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad, di Gedung D Lantai 3 Kemdikbud, Jakarta, Jumat (30/11/2012).

Pelatihan ini termasuk dalam program yang disepakati Kemen-terian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan PT Oracle Indonesia melalui nota kesepahaman (MoU) untuk menerapkan Kurikulum Pengenalan Ilmu Komputer Oracle Academy di 500 sekolah. Menurut Hamid, seiring dengan perkembangan zaman, penting bagi Indonesia untuk mempersiapkan generasi yang siap menjawab tantangan global melalui teknologi, informasi dan komunikasi.

“Ini salah satu langkah yang kami ambil untuk mendorong pengetahuan dan minat siswa pada ilmu komputer dan teknologi,” tambahnya.

Untuk penyebarannya, Hamid masih akan membahas dengan pihak-pihak terkait sehingga belum diketahui berapa jumlah SMA dan SMK yang akan dijadikan sekolah inti dari 500 sekolah yang disasar program ini.

“Segera akan dibahas untuk jumlah SMA dan SMK yang akan dituju dari kuota 500 sekolah ini,” tandasnya.

Page 9: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 9

Xpresi Kuliner

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Rumah makan yang me-nawarkan olahan mie Siantar boleh dibilang cukup banyak di Medan. Namun, tau kah Anda, asal muasal kenapa mie terse-but dinamakan Mie Siantar. Menurut Tekno Lisman, pemilik Mie Siantar yang beralamat di Jalan Sumatera atau tepatnya simpang Jalan Kalimantan Medan mengungkapkan, nama Mie Siantar dipakai karena asal usul si pemilik yang memang asli orang Siantar.” Kami sekelu-arga memang asli Siantar,”kata

Arif melalui sambungan seluler, saat dihubungi di rumah makan yang buka dari pukul 06.30 pagi hingga 01.00 siang itu,

Tahun 1973 merupakan tahun pertama pria berusia 40-an itu, mendirikan usaha kulinernya di sana. Menurut Tekno, sebelum pindah ke Medan, kedua orang tua Tekno lebih dahulu memiliki usaha rumah makan di kota Siantar, tepatnya di Jalan Diponegoro. Rumah makan yang dikelola oleh orang tuanya itu, juga menjual menu mie di dalamnya. Kemudian karena alasan ingin mengembangkan usahanya maka mereka sekeluarga memutuskan pindah ke Medan untuk membuka Mie Siantar di Jalan Sumatera sampai saat ini.

“ Tapi sayangnya, orang tua tidak cepat-cepat mempatenkan nama Mie Siantar ini. Sehingga sekarang siapa saja bisa memberi nama usahanya dengan sebutan Mie Siantar,” KeluhTekno.

Tekno menambahkan, kendati Mie Siantar banyak dijual dibeberapa tempat oleh pemilik yang berbeda. Tapi Mie Siantar buatannya tetap berbeda karena di olah dengan bumbu racikan sendiri tanpa adanya penambahan bahan pengawet di dalamnya

Memasak Dengan Arang Kunci Kelezatannya

Kondisi warung ini cukup seder-hana bahkan lebih tepatnya terlalu sederhana. Hal ini terlihat dari material bangunannya, kursi, serta

alat memasaknya. Jika sepintas mata memandang tidak ada yang spesial dari rumah makan ini. Tapi kerumunan orang justru tampak memadati warung yang menjual menu nasi goreng ini. Begitupun deretan mobil dan kereta yang terpakir tepat di depannya semakin menambah rasa penasaran tim Expresi untuk menel-isik tempat ini lebih mendalam.

Surya ialah pengelola dari warung nasi goreng itu. Ahasil, nama tempatnya pun ia ambil dari nama sapaannya terse-but. Ia terlihat begitu sibuk mengaduk nasi goreng dalam sebuah kuali besar di tempat usahanya yang beralamat di Jalan S. Parman no.1 Medan ini bersama beberapa karyawannya.

Pria asli Jawa itu mengatakan, sebelum berjualan nasi goreng seperti sekarang ia hanyalah pegawai yang bekerja di sebuah war-ung nasi goreng. Ketika itu, Surya bekerja dengan neneknya sendiri dan lokasinya tepat di sebe-lah tempatnya berjualan sekarang.

” Dulunya di sebelah itu adalah bank Swasta dan kantor pajak. Kami berjualan, sederetan dengan ruko yang ada di situ,”terangnya sambil menunjuk lapaknya bekerja dahulu.

Setelah berjalan, kenang Surya, usaha itu kurang laku sehingga selalu merugi karena tidak dapat mencapai target yang

Citarasa Khas di Gulai Kepala Ikan Etek Ana

Manisnya Strawberry di Delicious café and Pastry

Asal Mula Mie Siantar di MedanArif dan Karin, merupakan kedua

pasutri yang bersama bahu membahu mengembangkan usaha yang telah diwar-iskan oleh kedua orang tuanya yakni, Hj. Muhammad dan (Alm) Hj. Rohana

Arif mengisahkan. Rumah makan itu sudah berdiri sejak tahun 1968 sampai sekarang. Arif menambahkan, kian lama usaha ini pun dikenal banyak orang. Akh-irnya sang bunda terpikir untuk mengem-bangkan rumah makan yang buka dari pukul 11.00 pagi hingga 09.00 malam itu di daerah Glugur.” Sebelum menetap seperti sekarang, kami jualannya pakai gerobak diseputaran Glugur ini,”kenang Arif.

Hal itu juga yang turut membuat om-set penjualannya mengalami penurunan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan yang dulu. Dijelaskan Arif, jika dulu dibawah tahun 2000-an, 5o potong kepala ikan atau 100 belah dapat habis terjual. Kini, paling banyak 10 sampai 15 potong saja.

Namun, segala kendala yang dih-adapinya tersebut, disikapi Arif dengan lapang dada. Bicara menu, Arif men-gatakan, ikan yang diolah untuk gulai kepala ikannya adalah kepala Ikan Kakap yang diperoleh dari Medan. Kemudian, dimasak dengan memadukan racikan

telah ditetapkan. Ia menambahkan, kejadian itu tidak

membuatnya menyerah begitu saja. Segala daya upaya akhirnya diperbuat Ayah dari 3 anak tersebut. Oleh karena itu, sekitar tahun 2002-an jerih payahnya

pun terjawab karena Nasi Goreng Surya perlahan pun dikenal orang.

Rasa adalah segalanya. Untaian kata ini mungkin tepat ditujukan untuk tempat makan yang buka sejak sore sampai tengah malam mini. Karena per malamnya Nasi Goreng Surya dapat menghabiskan 50 sampai 60 kilogram beras atau sama dengan 450 bungkus nasi. Nasi goring yang semakin laris terjual ini pun juga didapat dari rasa yang lezat hadir dalam taburan nasinya berkat proses pengola-han bumbu ke nasi yang meresap dengan baik sesuai takarannya. Selain itu, pria pemilik rambut ikal itu menggunakan arang untuk memasaknya bukan gas.” Ka-lau pakai gas kan cepat masak sehingga bumbu dan nasi tidak akan sepenuhnya menyatu. Sebaliknya, kalau pakai arang kan lama jadi proses pemasakan jauh lebih baik,”terang Surya.

Berbekal desain lokasi yang nya-man dan strategis. Delicious Café and Pastry layak dijadikan tempat hang out bersama teman, kelu-

arga, maupun kerabat. Berdiri hampir satu tahun di Plaza Medan Fair, Delicious Café and Pastry tidak hanya menyajikan aneka cake dan food kepada konsumen. Namun juga berbagai koleksi ice cream yang nyummy. Jadi, sembari bersantap aneka menu makanan maupun pastry yang disediakan konsumen juga bias memesan es krim yang mereka sediakan.

Nurma, kapten di café yang buka se-jak siang sampai malam itu menuturkan, ada tiga penyajian ice cream yang dita-

warkannya. Pertama, ice cream strawberry dalam sebuah gelas berbentuk cup dan corong.

“Kalau ice cream dengan cup dan corong kebanyakan para pembeli yang ingin membawa pulang tidak menikmati di sini,”jelasnya.

Kedua, ice cream strawberry manis yang berpadu dengan hiasan markisa dan ketiga strawberry dengan potongan kecil sebagai pemanisnya.

Untuk ice cream cup dan corong, hadir dengan rasa durian, jagung, mint, strawberry, cappuccino, coklat, dan nangka yang dapat di kombinasi satu sama lainnya.

bumbu alami yang mereka buat sendiri.” Kami memakai bahan mentah baru dibuat menjadi bumbu,. tidak beli jadi di pasar,”terang Arif.

Bumbu olahan sendiri yang diper-gunakan Arif membuat aroma kuahnya begitu kuat terasa. Arif sedikit membeber-kan rahasia si konsumen yang benar-benar suka dengan gulai kepala ikan dan hanya sekadar mencoba saja. Menurut Arif, jika si konsumen itu benar-benar menikmati, apabila kondisi daging bersih dan hanya menyisakan tulang saja. Selain itu, untuk tengkorak kepala ikan, juga tidak terlihat adanya daging yang bersisa. Sebaliknya, jika si konsumen tersebut kurang menikmati, akan terlihat jika dag-ing masih tampak di bagian tengkorak kepala ikannya.

Page 10: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Xpresi Tekno

10 Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Tips Merawat Keyboard Anda

Teknologi 3G di Indonesia, termasuk baru. Makanya, pelanggan 3G di Indonesia, masih tergolong kecil. Artinya, belum semua penggu-na ponsel di Indonesia, menggunakan fasilitas

terbaru ini. Pada sisi lain, kini telah hadir ponsel HTC MAX 4G, yang dilengkapi teknologi terbaru. Smart-phone ini tergolong istimewa, karena merupakan smartphone pertama mendukung salah satu teknologi jaringan broadband terbaru yaitu WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dalam frekuensi 2,5-2.7 GHz yang mampu menghantarkan bandwidth sebesar 50-70 Mbps.

Begitu juga tampilan ponsel yang mendukung teknologi TouchFLO 3D, begitu cantik.Berkat gabun-gan layar yang lebar dan teknologi TouchFLO 3D akan meningkatkan kenyamanan pengguna saat men-gakses fitur-fitur yang ada di ponsel ini.

HTC MAX 4G berdimensi 113,5 x 63,1 x 13,9 mm, berat 151 gram dengan ukuran layar sentuh 3,8 inci, WVGA resolusi 800 x 480 piksel ini menggunakan prosesor Qualcomm ESM7206A 528 MHz sebagai otak utamanya dengan didukung memori ROM 256MB, RAM 288MB dan memori Flash internal 8 GB yang da-pat dengan mudah menampung ribuan file audio dan file lainnya. MAX 4G juga dilengkapi kamera beresolusi tinggi dengan autofokus dan tambahan kamera VGA di bagian depan ponsel untuk mendukung fitur video call dengan kualitas gambar yang lebih baik, karena kecepatan transfer data WiMax lebih besar daripada 3G. HTC menggunakan Windows Mobile 6.1 Profes-sional sebagai sistem operasinya. Jadi, smartphone ini benar-benar canggih, di kelasnya pada saat ini.

Keyboard sebagai salah satu Input Device untuk men-goperasikan komputer seringkali dijadikan pertimbangan ke sekian pada saat seseorang membeli 1 unit komputer, bahkan sudah jamak kita menyebutnya Keyboard Stan-dard . Keyboard standard ataupun yang bermutu bagus tentu suatu saat akan sampai tiba waktunya ngadat, nah untuk sedikit menunda “kematian” keyboard berikut tips perawatan keyboard yang bisa kita lakukan.

- Belilah Keyboard yang memiliki Brand Name dengan reputasi bagus dalam hal pembuatan produk keyboard, memang harus merogoh kocek lebih dalam.

- Touch With Heart, keyboard menggunakan denyut pulsa elektronik yang hanya memerlukan sentuhan kecil untuk memberikan efek

- Usahakan tidak meletakan sesuatu yang berat, buku misalnya di atas tust keyboard.

- Tempatkan Keyboard sedemikian rupa sehingga mudah dan nyaman digunakan. Selain itu dengan posisi yang baik, beban karena hentakan jari ketika mengetik menjadi merata.

- Hindarkan dari percikan air, kopi misalnya dan hin-darkan dari debu dan abu rokok.

- Biasakan pembersihan berkala terhadap sela-sela tuts pada keyboard menggunakan kuas ataupun air spray atau jika perlu gunakan hembusan dari mulut anda.

WiMax & Triband GSMSelain WiMax,MAX 4G juga mendukung Tri-band

GSM/GPRS/EDGE:900/1800/1900 MHz yang sebe-narnya sudah dapat dipakai di berbagai negara dengan infrastruktur seluler GSM. Koneksi lain yang membuat kemampuan perangkat ini semakin lengkap, adalah dibenamkannya fasilitas VoIP, Wi-Fi, Bluetooth 2.0 den-gan EDR (Enhanced Data Rate), HTC ExtUSB dan GPS.

Bagi Anda yang ingin memiliki ponsel canggih ini, harus bersabar. Pasalnya, untuk sementara HTC MAX 4G baru beredar di Rusia. Dipilihnya Rusia oleh HTC, karena negara ini sudah memiliki jaringan WiMax. Di Rusia smartphone canggih ini, khabarnya ditawarkan dengan harga di atas 1.000 dolar AS. Kelebihan lain, ponsel terbaru HTC ini telah mendukung Yota Video. Seperti diketahui, perangkat ini dapat dipakai untuk menonton 6 siaran televisi digital sekaligus.

Bisa disimpulkan, HTC MAX 4G merupakan perang-kat pertama yang mengintegrasikan GSM dan Wimax. Perpindahan dari jaringan GSM ke Wimax atau seba-liknya dapat dilakukan secara mulus, tanpa putus.(edi)

HTC MAX 4G, Smartphone Tercanggih di Dunia Saat Ini

Anda salah satu penggunan smartphone yang telah menggunakan teknologi touchscreen (layar sentuh) seperti kebanyakan handset android yang be-redar di pasaran? Maka, dipastikan Anda mesti benar-benar mengetahui tata cara untuk merawat smart-phone android Anda karena bisa dipastikan teknik untuk merawatnya berbeda dengan smartphone yang biasa saja layarnya tanpa memakai layar touchscreen. Nah, jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk merawat touchscreen smartphone android, maka jangan beranjak dulu.

Berikut adalah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan secara detil dan hati-hati.1. Tentang Medan Magnet

Dipastikan bahwa medan magnet ini bisa merusak sistem kinerja layar touchscreen yang Anda guna-kan. Makanya sebaiknya Anda menjauhkan smart-phone kesayangan Anda itu dari benda-benda yang mengandung magnet semisal TV Tabung, speaker, ataupun magnet gelondongan.2. Medium Konduktif

Anda perlu tahu bahwa medium konduktif ini bisa mengakibatkan ketidakakuratan fungsi layar touch-screen. Nah, karenanya sebaiknya Anda memper-hatikan terlebih dahulu tempat yang akan dijadikan lokasi untuk menyimpan smartphone Anda. Misalnya

saja, menghindarkan smartphone Anda dari sentuhan keringat atau minyak yang seyogyanya bisa menjadi medium konduktif atau penghantar listrik tadi.3. Suhu yang Tinggi

Suhu yang terlalu tinggi juga ternyata bisa meng-ganggu tingkat kekakuratan operasi layar touch-screen. Suhu normal yang masih bisa ditolerir ialah antara 0 sampai 50 derajat celcius dengan tingkat kelembaban 5%.4. Listrik Statis

Sebaiknya anda harus berhati-hati dengan listrik statis ini karena dikatakan bahwa listrik statis ini bisa menyebabkan kebocoran pada lapisan-lapisan yang ada di layar touchscreen smartphone. Misalnya saja, seperti gesekan-gesekan pada kain ataupun plastik.5. Sentuhan

Meskipun sejatinya layar touchscreen pengopera-siannya dengan disentuh namun patut diperhatikan juga cara menyentuh seperti apa yang berpotensi tidak merusak touchscreen Anda itu. Kalau terlalu keras maka bukan tak mungkin akan menyebabkan kerusakan pada layar ponsel Anda. Jadi Anda mesti memerhatikan betul-betul tingkat sentuhan yang bisa ditolerir oleh touch-screen smartphone yang Anda miliki.6. Tingkat Tegangan yang Kurang Stabil

Sebaiknya Anda mengisi daya smartphone Anda sebelum kurang dari 20%. Disebutkan bahwa ketika kita menyentuh layar, maka jari yang dipakai menyen-tuh layar itu akan menyerap listrik halus.

Kemudian listrik yang berada di 4 sudut touch-screen tersebut akan ditransmisi ke sebuah titik di-mana kita telah menyentuh layarnya, dimana kejadian itu akan menyebabkan layar menjadi terapung dan bahkan sampai mati. Itulah beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk merawat layar touchscreen smart-phone android anda supaya tahan lama.

Tips menjaga, merawat dan memelihara ponsel Android layar sentuh

Ini Dia Bocoran Tablet Windows Nokia

Informasi soal perangkat tablet buatan Nokia terus bergulir. Salah satu kabar terbaru menyebutkan bahwa perangkat yang disinyalir akan dirilis pada awal 2013 ini bakal memiliki ukuran layar 10,1 inci.

Selain itu, tablet Nokia juga disebut akan dilengkapi cover keyboard serupa Microsoft Tablet Surface. Bedanya, cover tersebut dibekali baterai terintegrasi sehingga bisa turut digunakan untuk men-charge tablet.

Soal ini, tablet buatan Nokia diperkirakan sanggup bertahan selama 10 jam ketika dipakai, serta memiliki kapa-bilitas quick-charging yang bisa mengisi baterai hingga 50 persen dari kapasitas dalam waktu singkat.

Kelengkapan lainnya termasuk port HDMI dan USB. Ada juga kickstand yang bisa dipakai untuk membuat tablet berdiri dalam posisi vertikal.

Seperti Microsoft Surface, tablet Nokia ini pun akan menjalankan sistem operasi Windows RT yang merupakan versi Windows 8 untuk prosesor berbasis ARM.

Sumber yang dikutip The Verge mengatakan bahwa Nokia pertama-tama akan membuat perangkat tablet ini dalam jumlah kecil, baru kemudian mempertimbangkan rilis perangkat berbasis sistem operasi Windows 8.

Penasaran? Tablet Nokia kabarnya akan diperkenalkan pada perhelatan Mobile World Congress, Februari 2013 mendatang. (kompas.com)

Page 11: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 11Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 11

Xpresi Info

Gangnam Style! Setiap orang membicarakan ini setelah lebih dulu bertanya ‘tau Gang-nam Style ga? Apa sih itu?’. Bukan cuma di negara-negara yang dilanda demam K-Pop,

Gangnam Style bisa dibilang menghebohkan seluruh dunia. Nah, ini kesempatan kamu ikut eksis dengan Gangnam Style! Beberapa ide fashion ini bisa jadi andalan gaya untuk party atau pun sekedar hang out seru-seruan.

1. Sunglasses bingkai tebal agak bulatFrame kacamata ini pasti langsung mengingatkan

orang pada Park Jae Sung atau PSY, rapper Korea Sela-tan yang membawakan lagu ‘Gangnam Style’.

2. Tuxedo blazer warna pastelGangnam Style menyentil gaya fashion para boy-

band yang fashionable sambil berusaha tetap masku-lin. Di sini sisi maskulin diwakili oleh kemeja putih dan dasi kupu-kupu hitam (bisa juga sebaliknya), dipadu dengan jas warna pastel seperti pink atau biru muda yang membuatnya bercita rasa feminin. Boyish style

dengan tuxedo sudah bukan hal baru lagi di dunia fashion wanita, ganti blazer hitammu dengan warna-warna pastel ala Gangnam Style!

3. Minidress + shimmery hot pantsSeperti halnya video klip girl band Korea pada um-

umnya, minidress yang memamerkan kaki jenjang jadi andalan para dancer dan singernya. Namun Gangnam Style memberikan aksen lain, yaitu hot pants bling-bling yang menjadi penanda keglamouran menyentil kawasan elit Gangnam. Pilih minidress sepanjang hot pants, dengan bahan chiffon melayang yang semakin mendukung keglamouran hot pantsmu.

4. Oxford dan flat shoesHorse dance ala Gangnam Style tidak dilakukan

dengan high heels, di sinilah letak lucunya. High heels membuatmu nampak anggun, tidak spontan dan kocak seperti yang ditampilkan PSY. So, padukan minidress-hot pantsmu dengan gladiator shoes; atau tuxedo blazer pastel dengan Oxford shoes warna men-colok, yaitu hitam dan putih.

Tren Fashion ala Gangnam Style Petinggi Samsung Mengaku Gunakan Produk Apple

Pertikaian antara Apple dan Samsung yang berlarut-larut sudah banyak umum diketahui masyarakat luas. Uniknya, Young Sohn, yang menduduki jabatan Chief Strategy Officer Samsung, mengaku terus terang bahwa ia adalah salah satu pengguna produk Apple.

Tidak hanya satu jenis produk, Young bahkan meng-gunakan iPhone, iPad, dan juga Mac sekaligus.

“Di kantor aku menggunakan perangkat Samsung, tapi di rumah aku memakai Apple,” ujar Young kepada MIT Technology Reviews, seperti dikutip dari situs teknologi Crunchgear, Jumat, 14 Desember 2012. Alasan Young menggunakan perangkat yang menjadi saingan berat perusahaannya adalah semua data dan file nya sejak awal disimpan dalam perangkat ini.

Ia juga menyatakan bahwa satu hal yang masih harus diperbaiki oleh Samsung adalah interaksi antar-perangkat dalam ekosistem yang menyeluruh. Young menyebutkan bahwa dibanding saingan lainnya, Samsung sebenarnya menyediakan lebih banyak perangkat yang terkoneksi, namun pengalaman yang ditawarkan lebih berpusat pada perangkat, bukan pengguna.

“Kurasa kami dapat memberikan lebih banyak hal dari yang bisa kami lakukan hari ini, dengan ekosistem terbuka bersama partner kami,”

Namun tak ingin seperti pagar makan tanaman, ia mengatakan sebenarnya smartphone milik Samsung memiliki kualitas perangkat keras yang lebih superior dibanding Apple.

“Kekuatan Apple bukanlah produk itu sendiri. Tapi konsumen yang menyukai ekosistem yang dibangun Apple, seperti iCloud,”

Tips Lacak BlackBerry HilangFujitsu Gelar Kompetisi IT Tingkat Mahasiswa Anda pernah kehilangan gadget BlackBerry? Jangan

lantas pasrah. Ada cara sebagai upaya untuk mendapat-kannya lagi. Bagaimana caranya?

Ada dua cara melacak BlackBerry yang hilang, yang pertama adalah cara online (melalui aplikasi) dan cara kedua adalah dengan offline. Kali ini kita akan membahas bagaimana untuk melacak ponsel BlackBerry yang hilang menggunakan cara offline. Syarat pertama sebelum mengikuti langkah-langkah dari saya adalah Anda harus tahu nomor IMEI dan PIN BlackBerry Anda.

Kemudian ikuti langkah berikut:Kunjungi situs resmi BlackBerry dan kemudian login ke admin area.Masukkan unername dan kata sandi untuk akun BlackBerry Anda.Kemudian ketik nomor IMEI dan PIN BlackBerry yang hilang.Berikutnya tekan pencarian, proses pelacakan akan dimulai.

Setelah proses di atas, Anda akan mendapatkan infor-masi tentang: Sejarah telepon BlackBerry Anda, apakah itu asli atau ponsel curian. Informasi ini didasarkan pada waktu yang tertera.

Dari hasil pelacakan akan diketahui status BlackBerry Anda, tentang nomor kartu SIM tidak pernah digunakan baik saat ini atau sebelumnya. Sehingga Anda dapat menemukan nomor telepon yang sekarang ini aktif di BlackBerry Anda dan Anda bisa langsung menghubungi dia untuk meminta kembali BlackBerry Anda. Selain itu Anda juga dapat mengetahui lokasi BlackBerry Anda

Fujitsu Indonesia berencana menggelar kompetisi aplikasi biometrik berbasis teknologi PalmSecure pada Januari 2013. Kompetisi tingkat mahasiswa ini menitik-beratkan pada inovasi teknologi otentifikasi pembu-

luh darah pada telapak tangan untuk menunjukkan identitas seseorang.

Kompetisi yang dinamakan “Fujitsu Innovation Challenge 2013 - PalmSecure™ Biometric Application Development “ ini dimulai pada awal Januari 2013 dan terbagi menjadi dua periode. Setiap periode memiliki waktu pelaksanaan selama dua bulan.

“Dengan memberi akses teknologi kepada gen-erasi muda, Fujitsu memacu imajinasi dan kreativitas mereka untuk terus mengembangkan banyak aplikasi yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan mem-buat masyarakat lebih memahami teknologi,” ujar Presiden Direktur Fujitsu Indonesia Achmad S. Sofwan di Nusa Dua, Bali, Jumat (7/12/2012).

Pemenang kompetisi ini akan memeroleh kesem-patan untuk mengunjungi fasilitas riset dan pengem-bangan Fujitsu serta kontrak kerja.

Saat ini, Fujitsu telah memperkenalkan teknologi “PalmSecure” di Indonesia. Sistem pengaman melalui pendeteksian pembuluh darah dikatakan aman karena verifikasi data terdapat di dalam tubuh sehingga ham-pir tidak mungkin terjadi kekeliruan.

Teknologi ini lazim digunakan untuk absensi di instansi rumah sakit, jasa keamanan, pemerintahan, in-dustri keuangan atau bank, manufaktur, retail, ataupun pendidikan.

Page 12: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 12

Xpresi Seremoni

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Pembuat Roti Cilik PrimeOne School

Pada tanggal 13 November 2012, Siswa-siswa kelas 2 PrimeOne School mengadakan kunjun-gan ke Carrefour Citra Garden dalam rangka menghias donut berbentuk hati untuk Ibu

tercinta mereka. Para siswa disambut oleh Ibu Yenti selaku manajer dari Carrefour Citra Garden. Mereka juga diberi penjelasan tentang bahan dalam pembua-tan donut. Di samping itu, siswa juga menikmati waktu mereka dalam mengoleskan mentega dan menaburi keju dan beberapa butir coklat di atas donut.

Sekarang tiba waktunya untuk tahap penyempur-naan. Para siswa meletakkan donut mereka di dalam kotak dan menempelkan kartu yang berisikan pesan untuk Ibu mereka. “Saya menghiasi donut yang terbaik untuk Ibu saya dan donut ini pastilah terlezat di dunia”, kata salah seorang siswa kelas 2, Nathaniel Suryo Christo Siahaan.

Mari Bermain Bersama

Pada hari Senin tanggal 10 Desem-ber 2012, SMP/SMA Primeone School mengadakan Fun Day yang bertujuan untuk mengisi

kegiatan setelah ujian semester 1 berakhir. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan mampu memupuk kerjasama dan hubun-gan yang lebih dekat antar sesama siswa. Semua siswa SMP berkumpul dilapangan Basket dan Futsal untuk mengikuti 3 jenis permainan yang telah disiapkan oleh guru yaitu; Grab The Tail, Steal a Hanky and Maria Went to Market.

Para siswa larut dalam kegembiraan bermain bersama diluar kelas. Mereka bergerak, berayun, berteriak dan menjerit untuk saling menyemangati teman-teman mereka. Kemenangan bukanlah tujuan utama bagi mereka tetapi kegembiraan dan keceriaan bersama-sama inilah yang menjadi inti dari kegiatan ini. Sungguh ini merupakan hari yang menyenangkan bagi para siswa POS.

Page 13: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 13Desember 2012 I Edisi 81 I Tahun VII

Page 14: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 14 Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 14

Xpresi Info

Otoritas keamanan China, beber-apa hari lalu, menangkap 93 penyebar isu kiamat. Beberapa di antaranya anggota sekte

”Tuhan Maha Agung” yang yakin kiamat terjadi pada 21 Desember nanti, sesuai ramalan yang didasarkan pada akhir kalender Penghitungan Panjang bangsa Maya di Amerika Tengah.

”Mereka percaya Matahari tak bersinar dan listrik padam tiga hari mulai 21 Desember,” kata seorang anggota Biro Keamanan Publik di Xining, Provinsi Qing-hai, China, seperti dikutip kantor berita Xinhua.

Rumor itu sukses. Sejak beberapa minggu lalu, warga China memborong makanan dan minuman kaleng, lilin, korek api, hingga baju hangat untuk bertahan hidup jika kiamat terjadi.

Pebisnis Yang Zongfu pun membuat bola raksasa untuk menyelamatkan diri bila kiamat tiba. Bola yang disebut ”Perahu Nuh” baru itu diklaim mampu melindungi dari radiasi, api, dan tempera-tur tinggi. Pesanan tak hanya dari China, tetapi juga dari Selandia Baru. Tiap bola dihargai 1 juta-5 juta yuan (Rp 1,5 miliar-Rp 7,7 miliar).

Ada pula warga yang ingin berbagi kebahagiaan. Seorang perempuan ber-marga Jiang menjual murah apartemen-nya dari harga normal 3 juta yuan menjadi hanya 1,04 juta yuan. ”Hasil penjualan saya sumbangkan untuk anak yatim piatu dan menikmati hidup jelang kiamat,” katanya kepada chinadaily.com.cn, Selasa pekan lalu.

Di Australia, sebuah bungker diban-gun di perbukitan dekat Tenterfield, New South Wales. Kelompok pendiri bungker juga yakin kiamat pada 21 Desember. Namun, dasarnya adalah teks Mesir kuno dan kitab suci, bukan kalender Maya. Mereka yang ingin tinggal di bungker, seperti dikutip news.com.au awal Agustus lalu, dikenai biaya sekitar Rp 50 juta.

Sementara itu, pemimpin spiri-tual Maya di Bacuranao, Kuba, Kamis (6/12/2012), menggelar doa memohon keselamatan saat kiamat tiba. Sebaliknya,

Kiamat 2012, Dari Isu Lokal Jadi Teror Global

situs-situs arkeologi Maya di Meksiko dan Guatemala, wilayah asli bangsa Maya, justru ramai dikunjungi turis. Di tempat itu, Jumat besok saat kiamat dikabarkan datang, akan diadakan pesta kembang api, konser, dan berbagai kegiatan lain. Pesta menyambut kiamat juga diseleng-garakan di sejumlah negara.

Bagaimana di Indonesia? Sepertinya tenang-tenang saja walau hasil jajak pendapat Ipsos Global Public Affairs, Mei lalu, menyebut 19 persen orang Indone-sia percaya kiamat akan terjadi pada 21 Desember.

Hampir semua penduduk Indonesia mengidentifikasikan diri pada agama ter-tentu. Mereka memang meyakini kiamat pasti tiba. Namun, kapan saat itu tiba, tak ada yang bisa memprediksi. ”Mengapa harus percaya sama ramalan itu? Kayak enggak punya iman saja,” kata Farid (35), pegawai swasta di Cimahi, Jawa Barat.

Isu kiamat 2012 kembali muncul menjelang 12 Desember (12-12-12) lalu. Namun, bukan menjadi topik serius, kia-mat justru menjadi bahan gurauan.

Amri (34), anggota staf penjualan sebuah perusahaan distribusi, menga-takan, kiamat bisa dijadikan obrolan halus untuk menarik tunggakan utang para pemilik toko. ”Sudah Koh (engkoh), tinggalin dulu ATM (kartu anjungan tunai mandiri)-nya, sudah mau kiamat nih,” bujuknya kepada seorang pemilik toko di

Proyek Pasar Pagi Lama, Tambora, Jakarta Barat.

Berbeda dengan kepanikan yang me-landa masyarakat China, warga Tionghoa yang ditemuinya umumnya tak terlalu percaya isu kiamat. Mereka lebih percaya dengan kombinasi angka, seperti 12-12-12. Pada saat itu, mereka membuka toko pukul 12 siang dan menutupnya pukul 12 malam. Jam buka toko normal dari pagi hingga sore.

Kondisi masyarakat Indonesia yang cukup tenang ini jauh berbeda ketika isu kiamat 2012 mencapai puncak kepopul-erannya pada 2009. Saat itu, banyak toko buku memajang buku-buku bertema kiamat, mulai dari yang ilmiah hingga spiritual.

Suasana makin dramatis saat info-hiburan (infotainment) ramai meng-abarkannya dan diluncurkannya film 2012. Penggambaran kehancuran Bumi yang bagus membuat banyak penonton menangis histeris seusai pertunjukan. Saat itu, Majelis Ulama Indonesia mengeluar-kan larangan menonton film itu agar tidak merusak iman.

MengglobalKiamat 2012 merupakan rekaan

orang-orang yang terobsesi dengan kiamat. Isu pun dirangkai dengan data arkeologi berbagai bangsa dan fenomena astronomi dan geologi yang dimaknai

berbeda. Untuk memperkuat isu, mereka menambahnya dengan tafsir serampan-gan kitab suci dan teks-teks kuno.

Guru Besar Filsafat Universitas Katolik Parahyangan Bambang Sugiharto men-gatakan, globalisasi membuat isu kiamat yang semula bersifat lokal, dari kalender bangsa Maya, akhirnya menjadi isu global. Kolektivitas global yang terwujud bersa-maan membuat bencana yang dihadapi satu pihak menjadi bencana seluruh warga dunia. ”Manusia lebih tertarik hal-hal gelap dan misterius daripada yang indah-indah,” ujarnya.

Ketakutan global yang dialami sebagian orang dinilai psikolog sosial Uni-versitas Gadjah Mada, Helly P Soetjipto, sebagai manajemen teror, menakut-nakuti orang dengan kematian. Isu ini sangat mudah dimasukkan kepada mereka yang orientasi hidupnya fokus mengejar materi dan kesenangan.

”Kematian adalah misteri hidup. Karena itu, semua orang menyiapkan diri mati. Sayangnya, persiapan yang dilaku-kan lebih banyak dengan menumpuk materi, bukan membangun hubungan vertikal,” katanya.

Sekjen Masyarakat Neurosains Indonesia yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Taufiq Pasiak, mengatakan, otak ma-nusia memiliki sistem takut. Rasa takut membuat manusia selalu membutuhkan sesuatu yang bersifat transendental untuk menggantungkan ketakutannya.

Namun, manusia juga memiliki sistem pikir rasional. Inilah yang membuat ma-nusia selalu berusaha mencari penjelasan atas ketakutan yang dialaminya, termasuk ketakutan atas kematian dan kiamat.

Penjelasan tentang kiamat dan mati ada di dalam agama. Namun, penjelasan-nya bersifat global. Inilah yang mendor-ong manusia terus mencari penjelasan tentang kiamat, termasuk mereka-reka kapan kiamat sesungguhnya terjadi.

Pencarian ini akan terus ada sepan-jang sejarah manusia. Karena itu, isu-isu kiamat berikutnya, setelah kiamat 2012, akan selalu ada. (REUTERS/AFP/AP)

Page 15: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Xpresi Cerpen

15Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Jeritan Sang Ibu yang Menghilang

Leonardo MashearesXII IPS2 SMA Diponegoro KisaranSiska…..siska…..bangun nak…..

sudah jam 5….. bangund nak….. ba ngun sayang. Jerit ibu dari arah dapur. Jeritan ibu itu tak pernah

absent dalam hidupku, apalagi semenjak aku masuk SMP, karena semenjak aku SMP, ibu semakin ketat untuk menjagaku dan mengajariku berbagai macam hal, terkhususnya dalam hal waktu, karena ibu pernah berkata kepadaku ketika aku masih SD bahwa salah satu syarat untuk menjadi sukses yaitu disiplin di dalam waktu. Setelah mendengar jeritan ibu yang mungkin telah membangunkan tidurku semenjak 1menit yang lalu, akh-irnya akupun bangkit dari tempat tidur dan membersihkanny sebentar.

Setelah aku merapikan tempat tidurku, aku langsung berjalan menuju ke arah dapur. Pada saat aku sedang melangkahkan kakiku ke arah dapur aku tak sengaja menabrak pintu dapurku dan kepaluku terjedut pintu, betapa sakitnya kepalaku pada saat itu. Ibu ku yang se-dang memasakpun tertawa kecil melihat tingkahku tersebut. Melihat keadaanku yang hamper saja menangis, ibukupun meninggalkan masakannya itu dan dat-ing menghampiriku.

Sambil menggosokkan tetesan min-yak kayu putih ke keningku, ibuku ber-kata dengan suaranya yang begitu halus, “makanya nak, hati-hati kalau jalan, kan kalau kayak gini kan kamu sendiri yang rugi”, “Habisnya mama hari ini bangunin siska lebih cepat dari biasanya, tumben aja ibu bangunin siska jam segini, jadinya kepala siska masih oyong sekarang”.jawabku dengan nada yang manja.

”Ibukupun hanya bisa tertawa kecil melihat tingkahku tersebut. “maaf ya siska sayang, jika hari ini ibu membuat membuat tidurmu terganggu. Tapi, semua ini ibu lakukan karena ibu sayang siska. Karena hari ini ibu telah meny-iapkan sesuatu yang special untukmu. ”Maksud ibu?”tanyaku penasaran. “loh…masa siska sendiri lupa ini hati apa? Tanya ibuku sambil menopangkan dagunya,, “Oh iya….siska ingat” jawabku mengejutkan… hari ini kan 4 september 2012,… siska ulang tahun…iya,….iya….siska ulang tahun….yang ke 13…jawabku semangat, seakan-akan sakit yang kepal-aku rasakan akibat tertabrak pintu tadi sudh sembuh tanpa meninggalkan rasa pwrih setitikpun.

Seketika itu juga aku langsung memeluk ibuku dan menangis seraya berkata terima kasihku yang sangat dalam kepada ibuku karena beliaulah yang lebih mengingat tanggal lahirku tersebut. Setelah berpelukan sebentar sebentar akupun langsung berlari kearah kompor tempat ibuku memasak tadi. Akupun langsung mengambil piringku dan makan dengan lahapnya. Betapa

bahagianya aku pada hari itu, ingin rasanya kejadian seperti itu selalu ada di dalam hidupku, bersama dengan orang yang paling kucintai dalam hidupku, yaitu ibuku.

Hari-haripun berlalu, semuanya ku jalani sebagaimana biasanya ku menjalaninya. Tetap tersenyum dalam melakukan dan menerima apapun yang terjadi. Kemudian raihlah dan ukirlah prestasi setinggi dan seindah pelangi itulah visi dan misi hidupku yang telah ibuku tanamkan semenjak aku masih duduk dibangku taman kanak-kanak. Tak perduli apapun yang aku yang aku alami, tak peduli bagaimanapun krisis ekonomi yang dihadapi oleh keluargaku, tak peduli apapun pekerjaan ibuku, yang terpenting bahwa pekerjaan ibuku itu halal dan bisa menafkahiku hingga saat ini. Walaupun hanya seorang tukang cuci keliling, aku begitu mencintainya.

Suatu hari ketika ibuku pulang dari tempat kerjanya tak sengaja aku melihat mata ibuku bengkak, seperti orang yang habis menangis. Akupun lang-sung mendekati ibuku dan menanyakan apakah yang terjadi, ya tuhan begitu ter-pukulnya hatiku disaat aku mendengar bahwa ibuku telah dipecat dari peker-jaanya akibat dituduh mencuri oleh anak majikan ibuku tersebut. Akupun juga ikut bersedih akan berita tersebut, cara apa yang bisa membuat ibuku bahagia, tanpa berfikir panjan aku langsung berinisiatif untuk memutuskan sekolahku karena untuk melanjutkan sekolahku itu pasti

memerlukan biaya yang tidak sedikit. Lalu aku dating menghampiri ibuku dan mengatakan tentang inisiatif itu seperti ibuku menolaknya karena ibuku menin-ginkan aku untuk menjadi orang sukses di kemudian hari.

Seperti biasanya aku melalui hari-hari ku dengan bahagia dengan ibuku, tapi setelah 6 bulan kemudian ketika aku pulang sekolah, aku melihat sepucuk su-rat terletak atas meja belajarku. Akupun membukanya dan membacanya, ternyata itu dari ibu, didalamnya berisi tentang kepergian ibiku ke luar kota yang sangat mendadak karena urusan pekerjaan dan ibuku berjanji akan datang kembali untuk menemuiku 4 bulan kemudian. Awalnya aku sangat binggung dan merasa aneh. Kenapa ibu bisa bertindak seperti ini ke-padaku. Tapi, aku tetap mencoba berfikir positif dan yakin bahwa ibuku pasti akan kembali.

Sore harinya tante rika yang tak lain adalah sahabat baik ibuku dating kerumahku. Dia mengatakan bahwa dia telah dipesankan oleh ibuku untuk menjagaku selama ibuku pergi ke luar kota. Tante rika sangat baik padaku, aku menyayanginya dan diapun demikian..

Tak terasa 4 bulan sudah berlalu, uji-an semester akhir pun telah berlalu dan aku mendapatkan prestasi yang sangat bagus dan saya menjadi juara kelas. Aku pun bergegas pulang kerumah dan men-cari ibuku, tetapi ibuku juga tak kunjung kembali. Aku pun binggung dan menjadi khawatir apakah sebenarnya yang terjadi

kepada ibuku. Akupun akhirnya mem-beranikan diri untuk bertanya kepada tante rika apakan yang terjadi pada ibuku sebenarnya. Dengan berderai air mata tante rika mengatakan kepadaku bahwa ibuku sebenarnya bukan pergi keluar kota untuk urusan pekerjaan, melainkan ibuku sekarang sedang ada dirumah sakit untuk bertarung melawan penyakit kanker stadium 4 yang dia derita.

Akupun tak kuasa menahan air mataku sambil menghapus air mata ku, tante rika juga mengatakan bahwa umur ibumu hanya 4 bulan lagi terhitung dari kepergiannya 4 bulan yang lalu. Jadi sekarang umur ibuku hanya tinggal beberapa hari lagi. Ibuku sengaja tidak mengatakan semua ini karena takut aku akan sedih. Tak lama kemudian aku dan tante rika pergi kerumah sakit tempat dimana ibuku dirawat dengan membawa piala dan piagam penghargaan atas prestasi yang kesekian kali nya ku raih yang diberikan tadi pagi disekolah pada saat pembagian rapot.

Sesampainya dirumah sakit aku lang-sung melihat ibuku keruangannya dan ternyata ibuku tidak ada ditempat itu,. Kemudian seorang suster dating ketem-patku itu untuk memberitahukan padaku bahwa ibuku telah dipindahkan keka-mar mayat. Aku pun langsung berteriak dengan histerisnya sambil menyebut-nyebut nama ibuku. Piala dan piagam penghargaanku yang tadi ku bawa untuk dipersembahkan kepada ibuku utk tera-khir kalinya, tetapi kini telah jatuh dan pecah ketika saya melihat jasad ibuku, kini orang yang paling ku cintai didunia ini sekarang telah tiada…

Setelah kepergian ibuku aku tinggal dirumah tante rika . disana aku diseko-lahkan dan dipenuhi segala kebutuhanku baik fisik maupun rohani. Aku disekolah-kan mulai dari kelas 2 SMP sampai kuliah S2 jurusan arsitektur disebuah universitas internasional Indonesia. Sekarang aku telah berusia 24 tahun. Kini aku telah bekerja sebagai arsitektur terkenal diin-donesia dalam sebuah perusahaan yang terkenal. Aku betul-betul berterimakasih kepada tante rika karena mau membi-ayaiku dari SMP sampai tingkat pergu-ruan tinggi. Hari itu tepat tanggal 25 mei hari ulang tahun ibuku, aku datang ke kuburan ibuku.

Dengan memakai baju yang rapi dan berdandan dengan elegan dengan mak-sud untuk memperlihatkan kepada ibuku betapa sukses nya aku sekarang ini, aku mendekati batu nisan yang bertuliskan nama ibuku tersebut. Kemudian aku ber-kata “Ibu sekarang siska sudah menjadi apa yang ibu dambakan selama ini. Siska bisa seperti ini juga karena dukungan dan doa dari ibu. I Love You Mom…….SARANG HAEYEO…

Page 16: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Xpresi Puisi

16

Maafkan Aku SahabatBobyXII-IPS SMA Methodist Rantau Prapat

Mungkin semua yang ku perbuatmembuat mu marah dan bencitak pernah terfikir oleh kukalau kalian akan membenci ku

dan meninggalkan ku seorang diri....

Semua kenangan yg pernah adasayang yang pernah berbagikini berubah menjadi permusuhanyang tak ada artinya

Maafkan aku sahabatyang tlah melukai mumaafkanlah akuyang tak bisa menjaga persahabatan kita

Tapi.....kalian akan slalu di hati kuslamanya kalian tetap sahabat kutulus maaf dari ku sahabat...yang slama ini tak mampumengucapkan maaf pada mu

Hardelima SitompulXI-IPS SMA Triratna Sibolga

Waktu telah memeakan masa kecilku Meninggalkan kenangan indah ber-sama papa mamakuRibuan jam telah kulaluiRatusanmenit tlah kulewati

Jutaan detik telah kuhancurkanKini aku telah sampai pada detik yang kesekian kalinyaDimana aku bukanlah aku lagiDimana aku yang telah dewasaDimana aku harus menumpukan perasaan terhadap keras nya hidup dan sakit nya merindu

Disetiap putaran waktu kehidupankuBelajar untuk tetap bertahan dikerumunan singa yang akan meniadakanku atau bahkan bersahabat denganku?Disaat hati memaksa disaat jiwa membrontak Disaat itulah aku sadar inilah masa remajaku

waktu

Vera Riani ChenXII-IS3 SMA Methodist P.Siantar

Di ujung sudut ruangan yang sunyiKu sendirian meranaMerenung...

Memandangi selembar fotoYang tergambar wajahmu

Dengan senyumanmuYang membuat hati ini cerah

Lama sudah menungguDihati ini tersimpan sesuatuSesuatu...Yaitu rasa cinta

Rasanya ingin mengeluarkan 3 kata I Love uTetapi itu sulitSulit rasanya...Tetapi demi cintaAku nekat menempuh ini semuaDemi dirimu yang tercinta

Rasa Terpendam

Malaikat Tanpa SayapLeonardo MashearesXII IPS2 SMA Diponegoro Kisaran

Dalam Senyum mu kau sembunyikan letih muDerita siang dan malam menimpa mutak sedetik pun menghentikan lang-kah mu

Untuk bisa Memberi harapan baru bagi kuBeribu Cacian selalu menghampiri musecerah hinaan tak perduli bagi muselalu kau teruskan langkah untuk masa depan kumencari harapan baru lagi bagi anak muBukan setumpuk Emas yg kau harapkan dalam kesuk-sesan kubukan gulungan uang yg kau minta dalam keberhasilan kubukan juga sebatang perunggu dalam kemenangan kutapi keinginan hati mu membahagiakan akuDan yang selalu kau berkata pada kuAku menyayangi mu sekarang dan waktu aku tak lagi bersama muaku menyayangi mu anak ku dengan ketulusan hati kuEngkaulah malaikat tanpa sayapEngkaulah bidadari kuIbu….Jasa mu begitu mulia untuk kuTerimakasih ibu

Hiskia WahyuniX-2 SMA N 1 Tanjung Balai

Telah lama ku simpanTernyata ku tak sanggupTak sanggup tak membukaWalau telah ku paksaDi hati ini

Tertulis sebuah kataKata sederhanaYang mungkin tak bermakna apa-apa

Hanya satu buah kata yang munculBarangkali hanya kata usangTak berubah hingga petang“Rindu”Kupejamkan matakuWajahmu munculKau tersenyum ke arahku

Terbesit…Rasa ingin memburuMengejar senyuman ituNamun semakin menjauh

Akh,Tak usah kupikir lagiKau hanya mimpi yang sirnaTak mungkin ku raih

Kusimpan rasa ini di ujung resahPada hujan petang yang basahSejumlah doa terbesit di alam mimpiTerucap tanpa terasa..

Rasa Rindu

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Gak JelasIrene Dian Marito SitumorangXII IPA SMA Kesuma Indah Padangsidimpuan

Berdetak kencang jantung saat ber-temu dengan nyaHatiku sakit bila ingat-ingat hal ituBerdesir cepat darahku saat bertemu

dengannyaHatiku kacau bila ingat semua itu

Rasa suka atau suka-sukaan ku kah iniHubungan gak jelas,semuanya gak jelasIni kucinta atau cinta-cinta sejenakHati bimbang tak tau pasti

Saat ku yakin aku suka kamuTapi kamu sudah memilih DiaDimana letak hati muSaat ku yakin akan hati kuDimana letak nurani muSaat kau gantung hatikuSungguh,semuanya “Gak Jelas”.

Ayu HidayaniX SMA Swasta Tritunggal T.Balai

Terlalu lama ku pendamSemua rasa ini padamuKini ku sudah tak tahanKu ingin kau tau semua..Aku lebih dulu mencintaimu

Aku lebih dulu mengenalmu

Bukannya dia..Cinta itu harus diungkapkanCinta itu harus memilikiTak kan kulepaskan dirimuMemang tinggi egokuNamun.. ingin ku miliki dirimu..Demi cinta yang t`lah lama ku pendamDemi mengganti semua pengorbananYang t`lah ku lakukan untukmuKau harus jadi milikku..

Terpendam Rasa Cintaku

Dewi Dian Ayu SinagaXII- IPS SMA Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi

Waktu terus berjalan tanpa hentiSeperti putaran bumi tak terhentiSelalu tanya ke sana-siniMencari jawaban yang pasti

Terus pegang jangan lepaskanSeperti akar terus berjalanAir mengalir menuju daratanPertahankan hidup dan keyakinan

Jaga hati dengan teguhJangan lihat yang jauh-jauhPertahankan saja sampai jenuhDia akan mati terbunuh

Setan datang kepadamuHati bimbang karena terayuTerus pertahankan tanpa raguWalaupun hati terus mengganggu

Banyak orang berjalan di pasarMencari orang-orang yang kesasarSlalu bertanya ke orang sangarTidak mengerti tapi kasar

Amarah datang api berkobarTak tahu mencari jalan keluarAir turun akhirnya banjirMenyesal selalu datang akhir

Gempa menggoyangkan hatimuTsunami membawakan tubuhmuJaga hati dengan imanmuSlalu percaya Tuhan denganmu

Percaya Diri

Page 17: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Xpresi Puisi

17

Redaksi menerima kiriman cerpen, puisi. Naskah cerpen 5000-6000 karakter, original dan belum pernah dipublikasikan di media manapaun. Tulisan dikirim ke email [email protected] atau via pesan Facebook Tabloid Xpresi, tulisan disertai biodata lengkap penulis, foto, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Sisa-sisa CintaSamuel Yoshua SibaraniX 1 SMA Swasta Tritunggal T.Balai

Cinta yang telah kandas mejadi puing-puing tak berharga menyatu menjadu dendam Bersarang di dalam hidupku Hingga petang berganti sore

cINTA yang berutalKau panggil aku dangan sebutan bebybaby ...ooo...kau tusuk aku dengan perkataan pedasmembuat aku terjatuhinilah cinta yang tak pernah berlaluwalaupun kau telah tuk selamanya walau pun badai..memisahkan kita tanpa sebab membuat dirimu dan diriku terlenamenjadu butir-butir pasirYang tak bergunahingga timbul ke bencianyang akan selalu abadi

Saor Franciskus XI IPA SMA Swasta Tritunggal T.Balai

Betapa banyak keluhan yang ingin akuKatakan saat kita berjauhanwalaupun aku sering acuh didepan kamuTapi saat tak melihat kamu dalam satu jam

Aku terus kehilangan seorang sahabat yangBisa membuat aku tersenyum Dan saat ini aku lebih senang membungkamDari pada bersuaraKarena aku sadar bahwa aku sudah jauh dariJangkauan kasih saying dari seorang temanYang sangat menyayangikuAku mau kamu seperti yang duluYang penuh senyumYang penuh candaYang penuh tawayang menghiburDan tidak pendiamku mohon maaf atas segala kesalahan aku yangPernah aku lakukan sungguh aku tak inginBersifat acuh dan benci sama kamuSemua itu terjadi dengan sendiri kuKarena aku tidak ingin kehilangan kasih sayangYang pernah kamu berikan padaku.

Kata Terakhir

Sahabat Terbaikku Ricky Juanda NainggolanXII IPA SMA Swasta Tritunggal T.Balai

Sahabat ... di saat kita nikmati kebersamaan ban-yak hal yang terlewat kan begitu saja keceriaan, canda dan tawa semuanya mengalir begitu saja

waktu yang tersisah seolah tak mampu menampung nya dan waktu yang sangatlah singkat membuat ku teringat kepada mu sahabat .. Semua kenangan - kenangan itu tak terasa,pergi meninggalkan segala kegembiraan serta canda dan tawa mu satu persatu hilang sekejap mata ada beribu senyum saat terlintas memory yang dulu kala Sahabat ... semua yang pernah kita jalani hari demi hari , waktu demi waktu telah kita lalui semuanya. Banyak hal yg pernah terjadi karena itulah jalan hidup yang kita miliki kadang benci, kesal ,dan kecewa serta rasa senang dan sayang sungguh luar biasa, apa yang telah kita lalui bersama .. Ya Tuhan ... jagalah dan lindungilah sahabat-sahabat ku karena mer-eka adalah sahabat terbaiku selamanya

Vegilia SimbolonXII IPS I SMA Katolik Sibolga

Kekasih ku ...Taukah kamu ku slalu menunggu mu ..Menunggu dirimu yang jauh di sana ..Jauh dari pandanganku dan jangkauan ku ..Tapi ...

Ku tak pernah mencoba tuk tak mengingatmu ..Karna ku slalu mengingat mu ..Mengingat dirimu yang slalu ada untuk ku ..Slalu ada saat ku butuh ..Kekasih ku ...Meskipun jarak di antara kita terlalu jauh ..Tapi kau slalu di hati ku ..Kekasih ku ..Ku ingin tetap mencintai ku ..Ku ingin tetap menyayangi mu ..Bahkan suatu saat kita tak sama lagi ..Karna pernah mengenal mu bahkan mencintai muadalah hal yang terindah bagi ku ..Kekasih ku ...Ku tak ingin kau menjauh dari ku ..Karna itu akan membuat ku sakit ..Jadi tetaplah berada di sisi ku tuk tetap menyayangi ku ..Karna ku tak pernah menganggap dirimu jauh ..Tapi ....Ku slalu menganggap dirimu dekat di hati ku ...

Jauh di Mata Dekat di Hati

Sri Susanti SitompulXI-Ips SMA Tri Ratna Sibolga

Disini aku sendiriBertahan dan terus bertahanDengan semua cara kamuYg terlalu dinginKepada aku dan hubungan ini

Aku terus berusaha dan bertahanUntuk membuat kamuMengerti arti cinta yg tulusBukan cinta yg main-mainYg aku inginkan dari kamuHanyalah sebuah perubahanDan kamu tau bahwaAku disini menungguPerubahan mu.....

Menunggu Perubahan

Roni Briliant SmartXI IPA SMA Swasta Tritunggal T.Balai

Aku yang telah merasa keliruAku yang tak tahu mana nak ditujuSampai bila harus aku menjadi bisu

Kamu yang mau mencintai akuKamu yang mau mencintai dia

Haruskah cinta ini jadi begituTak perlu kau merayuPergilah bersamanyaBiarkan ku sendiriTak perlu kau menyakiti

***Kini ku bebas tanpa bayangmu lagiBebas ‘tuk berlariMengejar impian akuYang terkunciWalaupun tanpamu di sisiAku kan berlariTeruskan berlari

Dan kini semua telah terbuktiTanpamu ku masih ada di siniMengejar impian yang hampir pastiKamu yang mau mencintai akuKamu yang mau mencintai diaHaruskah cinta ini jadi begitu

Tak perlu kau merayuPergilah bersamanyaBiarkan ku sendiriTak mahu kau menyakiti

***

Gelap sudah menjadi terangPandangan semakin jauhJauh meninggalkan kamuTerus ku terus berlariKan ku capai bintang itu

Bebas

SusiXII-1 SMA Harapan Bangsa

sekian lama aku menantisesuatu yang tak pastiaku lelah dan letihbila harus terus menantikapankah akan berakhir semua pen-

antian iniapalah arti dari semua penantian ku selama inikarena semua akan berakhir tak pastiaku tak ingin terus seperti iniaku ingin penantian ku cukup sampai disini

Penantian

Monica LinskyXI-IPS SMA Tri Ratna Sibolga

Hidup ini ibarat sebuah kertasYang jika belum diisi dengan tulisan-tulisanMaka kertas tersebut akan kelihatan putih dan bersih

Tanpa noda sedikit punTapi sebaliknyaKertas tersebut akan kelihatanKumal,kotor dan bernodaJika telah berisi dengan tulisan-tulisanKita diberikan hidupbukan untuk disia-sia kanTapi TUHAN inginKita menjaga dan menghargai hidup kita sebaik-baiknya

Sebelum penyesalan datangSebelum kehancuran menghampiri kitaSebelum kita melakukan suatu kekotoran batinDan sebelum semua terlambat untuk dihindari

Kehidupan

Page 18: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII 18 Juni 2012 I Edisi 75 I Tahun VII

Xpresi Resensi

18 Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Judul : 6 Keranjang 7 LangkahPenulis : Lim Tung Ning Harga : Rp. 48.000,-

Buku ini akan mengubah hidup Anda, solusi yang telah lama Anda cari untuk mengen-dalikan uang dan memiliki kehidupan keuangan yang

sukses.Apakah Anda memiliki kisah sedih

berupa saldo tabungan yang selalu berkisar di angka minimal? Bila iya, berarti sudah saatnya Anda mulai memperbaiki diri. Seperti saya dulu, saat memutuskan untuk kembali ke titik nol. Setelah mema-hami kekeliruan yang telah saya lakukan selama bertahun-tahun, saya belajar (dari

Semua Orang Bisa Kaya!

awal) mengelola keuangan dengan lebih bertanggung jawab. Hasilnya? Saya jadi lebih “melek keuangan” dan berhasil menemukan “lintasan” yang tepat menuju impian mencapai Financial Freedom.

Pengalaman mengubah hidup dan mewujudkan Financial Freedom itulah yang saya coba tuangkan dalam buku ini, melalui apa yang saya sebut dengan 6 Keranjang 7 Langkah (6K7L). 6 Keranjang mewakili daftar prioritas yang perlu Anda jalani demi memiliki kehidupan keuangan yang sehat. Caranya dengan mempraktik-kan 7 Langkah sederhana. Begitu seder-hananya sehingga setiap orang pasti bisa melakukannya. Ya, siapa pun pasti bisa mencapai Financial Freedom!

Buku Pintar Bisnis OnlineJudul : Buku Pintar Bisnis OnlinePenulis : Joko SalimHarga : Rp. 47.800,-

Bagi Anda yang merasa kebutuhan hidup semakin tinggi!

Bagi Anda yang sedang mencari solusi penghasilan tambahan!

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan internet untuk mendatangkan uang!

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan namun bisa bebas mengatur waktu!

Bagi Anda yang merasa gaptek dan sedang mencari informasi awal tentang bisnis online!

Buku ini adalah buku tentang bisnis online yang paling lengkap dan paling mudah untuk diterapkan!

Siapapun Anda yang ingin menda-patkan penghasilan tambahan maupun penghasilan tambahan dari internet, wajib

membeli dan membaca buku ini! Buku ini disusun sedemikian rupa

dengan urutan yang mudah dipahami oleh siapapun termasuk oleh pemula sekalipun.

Hanya dengan membaca buku pintar ini, maka Anda akan mendapatkan infor-masi yang sangat bermanfaat tentang seluk beluk bisnis online setahap demi setahap.

Semakin cepat Anda membeli, mem-baca, dan mempraktekkan buku pintar ini, maka semakin cepat pula Anda bisa menikmati betapa renyah dan gurihnya penghasilan dari internet.

Jadi, segeralah membawa buku ini ke kasir! Bayar dan bacalah!

Jangan lupa hadiahkan pula buku pintar ini kepada orang-orang yang Anda kasihi maupun kepada relasi-relasi Anda!

Fit for SuccessJudul : Fit for SuccessPenulis : Phaidon L. Toruan Harga : Rp 33.000,-

- Rahasia menin-gkatkan produktivitas dan gairah kerja

- Cara mengurangi biaya kesehatan kerja

- Hukum seng-sara dan nikmat untuk hidup sehat dan bergairah

- Meningkatkan kebugaran seks seka-ligus kapasitas intelektual

- 25 hari membentuk tubuh lebih indah, padat, dan sehat

Salah satu faktor penentu keberhasi-

lan yang berkesinambungan baik secara individu atau organisasi adalah produk-tivitas fisik. Jadi, sangatlah penting bagi Anda untuk mempertahankan dan menin-gkatkan produktivitas fisik Anda. Secara umum, produktivitas terdiri atas 2 hal: produktivitas intelektual dan produktivitas fisik, yang keduanya saling berhubungan.

Produktivitas intelektual dalam rupa kemampuan marketing, efisiensi program kerja, penggunaan komputasi yang cang-gih, pelatihan emosional inteligen, dan masih banyak lagi.

Tak diragukan lagi, masa kini adalah eranya film animasi, dengan Pixar yang menampil-kan kemegahan dan pembuat

film ini telah memimpikan kecemer-langanHow to Train Your Dragon. Meskipun secara keseluruhan, mereka tetap pada formula yang dikenali.

Rise of the Guardians mencoba untuk tampil berbeda, oleh karena itu mereka tampak sangat ambisius terhadap suatu kesalahan, yang tentunya menjadi kemenangan bagi dunia hiburan, dan kemajuan lain dari rumah produksiDreamWorks dalam terus meningkatkan industri CGI (Computer Generated Imagery).

Guardians adalah sekelompok wajah familiar yang melindungi kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia. Anda akan mengenali North (Alec Baldwin) sebagai Ol Saint Nick, Bunny (Hugh Jackman) sebagai pemberi telur musiman, Tooth (Isla Fisher) adalah peri yang memberikan imbalan kepada mereka yang baru saja kehilangan sesuatu, dan Sand-man, yang membawa Anda ke alam mimpi (bom-bom-bom-bom).

Mandat dari pendongeng yang muncul di layar semua ingin menyaksikan: William Joyce, yang mengadaptasi dari novel ke film, yang juga berada di balik beberapa desain konseptual karakter asli pada filmToy Story pertama, sehingga tidak mengherankan ada begitu banyak waktu dan detail yang diberikan kepada pengenalan para Guard-ian. Dan Guillermo Del Toro, sang master orkestra fantastis, memiliki kredit produksi. Karena itu, Rise of the Guardians lebih indah dan imajinatif dari film yang kebanyakan ditujukan untuk pasar Minggu pagi (anak-anak).

Dunia tempat para karakter ting-gal dibuat sedemikian mengagumkan, dari toko mainan antik North, yang hidup bersama yeti dan elf, hingga tempat tinggal Tooth yang berada di kerajaan awan, yan tampak kalei-doskopik dalam warna, dan gambar-gambar yang senantiasa bergerak.

Masalah utama film ini mungkin adalah terlalu banyak yang terjadi. Dengan ide-ide visual yang begitu banyak dan eksposisi narasi, dibu-tuhkan sebuah unsur “keabadian” untuk menyelesaikan langkahnya, dan karakter menjadi lebih sedikit dari perangkat plot yang ala kadarnya. Urutan karakter yang keluar juga sedikit kacau selama pertempuran yang terjadi antara kebaikan dan kejahatan (sebuah regu yang diwakili secara cemerlang oleh Jude Law).

Pekerjaan suara yang luar biasa dibawakan oleh Hugh Jackman, se-mentara Chris Pine dapat menampil-kan kesan pahlawan yang sesungguh-nya dalam Enterprise.

Mungkin film ini sedikit terlalu condong ke anak-anak dan remaja serta konsep yang terlalu berbelit-belit untuk menjangkau khalayak luas penggemar film CGI di hari ini, antusiasme yang kurang ramai pada pekan pembukaannya di Box Office AS (24 mliar dollar AS) membuktikan ketakutan itu. Namun ini merupakan musim liburan bertema petualangan yang menarik dan menyenangkan, serta menyegarkan, dimana salah satunya film 3-D benar-benar layak mendapatkan beberapa nilai tambah. (edi)Sutradara : Peter RamseyPemain : Hugh Jackman, Alec Bald-win, Chris PineProduksi : Dreamworks

Semua buku yang dipublikasikan adalah hasil kerjasama antara STIE - STMIK IBBI (Tabloid Xpresi) dan Gramedia of Book Publishing (GoBP)

RISE OF THE GUARDIANS

Page 19: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Page 20: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Surat Nyasar

20 Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

hy.......aku lagi kesepiyan neh.....!!!!!dari pda kesepiyanaq mw nitip2 salam aja deh buat teman2 ku:cindy,sinar,via,ruth vidia dan semua teman2 yang ada di SMP TRITUNGGAL T.BALAIKLS:VIIIABY.SAYU TIFANI.....THANK YOU(+6287744776416)

Assalamu’alaikum!Aq serra ne, dari SMKN6medan.....Aq gi jomblo.....Pengen p’a cowok, pi lom ad yg mnarik hati q.....Bagi klen2 yg gi jomblo, sms aq iie...:)Thanks...:)*gubrak*..( +6285763651807)

hay nama aq tari.aq tggl di perbaungan.aq pengen cwok q kem-bli di plukan tlong y. (+6285763146087)

Hai tabloid Xpresi..aku Nurul annisa hartono,siswa SMA YPI AMIRHAMZAH ME-DAN. Aku cuman mau tanyak sama sahabat tabloid Xpresi ba-gaimana caranya menghindar dari sifat curiga dan cemburu? Aku harap kalian bisa bantu aku. Dan tisam untuk semua murid disekolahku :) Terimakasi surat nyasar tabloid Xpresi :* (+6285762054400)

Yee :DGak jadi KIAMAT :)WkwkwkwkBlajar jadi orang gila..(+6285763292640)

aQ anggi simatupang di MEDAN, Sk0Lah Di YPI AMIR HAMZAH Medan. aQ mw krim slam “SAYANG” bwaT Pacar aQ, anwar t0gat0r0p di Berastagi, sukses ujian.a y cyank qu. I L0VE Y0U ANWAR. :* :*. (Sukses Trus Bwat Tabl0Id, Jaya Terus Ya):) :) :) (+628566246213)

jdI maNuSiA bArU .TrImAKaZiH !TuhaN Lh yG meNyatUkaN QtA dLm cInta kaSiH NyA :) (+6287748617353)

Mecomhy smua nyatrutama tbloid xspresi aku mw cari kwan nikwan aku smua da pada sukses jdi da lupa sma akubiasa manusia klok uda di atas gk mw liat kbawah. Bagi yg brminat sms ja kmari yadimuat ya tabloid xpresi :) (+6287867441203)

hy surat nyasar... nama ku maysyarah{X ADM PRKANTORAN} SMK N 6 MEDAN. Aku pngen slam salam ni buat siswa siswi SMK n 6 MEDAN Khusus-nya buat tman tman aku. Mksh ya...:D (+6287869700937)

...Hy srt nysaaaaaar,..Ne q Susy, q mw ttp slm ma tmn2 q yg da d’B.B.. sklian mw cri tmen bru neee, mksi y srt nyasr.., :), (+6287768728538)

…hy Surat nysaaaar……Nama Q SamSya …uSiah q 20 thn aq Mw titip Slm Sma tman2 q yG Di B B. Sekalian mw cari teman bruh nie… Mksh Srat nyasar… By:samsya (+6281990765010 )

AsalamualaikumHy shbt expresiQu pndtng bru nhiNma akhu iraAq skolah di SMA N 4 SIBOLGAq cuman mnta m0tivasiny spaya tman* khu cmua agar lbih giat blajar Trims.. (+6287748128363)

Hayyyy cOb4t Expresi my Name is Tengku Steffanni RamadhanQ mw cUrhaT nIe !!!Q gk prn ngrt pa mkcd na mantn q ni kmi ud ptz dia jnji ma q dia gk kn sms,tlpn or bbmn lg tp knp smpk ckrg mcik jg d lkkn na , q gk ngrt pa mw na dia ckrg ma q, pdhl q brhp q kn balean lg ma dia smga t kn trjdMntk solusi na doonk (+6287768629577)

AsalamualaikumHy shbt expresiQu pndtng bru nhiNma akhu iraAq skolah di SMA N 4 SIBOLGAq cuman mnta m0tivasiny spaya tman* khu cmua agar lbih giat blajar Trims.. (+6287748128363)

Hayyyy cOb4t Expresi my Name is Tengku Steffanni RamadhanQ mw cUrhaT nIe !!!Q gk prn ngrt pa mkcd na mantn q ni kmi ud ptz dia jnji ma q dia gk kn sms,tlpn or bbmn lg tp knp smpk ckrg mcik jg d lkkn na , q gk ngrt pa mw na dia ckrg ma q, pdhl q brhp q kn balean lg ma dia smga t kn trjdMntk solusi na doonk (+6287768629577)

Jangan pernah kesal,malu bahkan marah karena gagal akan sesuatu,yakinlah jika sesuatu itu kamu lakukan dengan respon positiv,maka tidak ada yang akan gagal,di atas sana DIA akan tersenyum melihat mu,karna kamu telah berusaha.dari:joti mathida manik ( pendatang baru semoga kalian men-erimanya ). (+6287807206235)

MeQoemmm... hy Xpresi... sya winda prasella Mw krim slam Donk.... bwt sHbt aQh d’medan kpn che plng’a d’rimu... pingin jln” breng lge nie, cpt plng yeah slam Rindu bwt mu d’cna tlng d’muat ea kak callam” aQh... (+6287818999490)

hy tabloid xpresi...ak jernia dari sma 1 bnda aceh, mw krim slam ma smua tmn” ak, khusus’a sma ank sma budi dharma yg kls 3 sma N bwt nak sma 1 jg :)GBU all... (+6285358289113)

hy.......aku lagi kesepiyan neh.....!!!!!dari pda kesepiyanaq mw nitip2 salam aja deh buat teman2 ku:cindy,sinar,via,ruth vidia dan semua teman2 yang ada di SMP TRITUNGGAL T.BALAIKLS:VIIIABY.SAYU TIFANI..... THANK YOU (+6287744776416)

Hay tabloid xpresi .... nama Gue indaH perMaTa Cariey.“Gue siswi PERG.INTI NUSANTARA ( X )Gue Cma pnGen kriM slamjja bwT siswa / siswi PERG.INTI NUSANTARAtruTma sMa TmEn baiK GueyaiTu winna & windaThanks all... @_@ !!! (+6281990486062)

Ada nenek naik lift k lt 6... Ketika d lantai 3 ada gadis cantik masuk lift dengan sangat wangi... Nenek:Duh neng wangi amat? Gadis:”BULGARI”nek,2 jt sebotol.....ketika baru d lantai 4, ada lg gadis cantik masuk lift yg lbh wangi,dari gadis tadi... Nenek: “neng juga wangi banget....?!?! Gadis 2: “gucci nek, 5 jt sebot-ol...!” begitu smpe d lt 6,si nenek pun keluar sambil kentut yg bau skali.... Kedua gadis tadi yg ada d dlm lift hampir muntah dan berkata:” nek kentutnya bau banget....?????”sambil kluar lift, si nenek pun brkata: “ubi siantar neng....7 rb sekilo,,,,!!! Ha ha ha ha ha.,,, (+6287768411098)

Akku Sayank bg abi :*#velina ayuni putri (+6285658584219)

hy!!pha bner pesan q nyampe neh.aku cinta trpendam neh, bngung dy mngrti taw tidak.gmn crany dunk biar dy taw tnpa akuh bri taw.namaku:Yudira.STKIP’Tapanuli Selatan’Padang Sidempuan (+6281370187815)

Sahabat expressi....Salam ea buat teman_2 yg ada riauSry devy (+6287768605809)hy smua, aq pndtang bru ne? aq mw minta pndpat kalian, mgh-adapi cwek yg egois tu gmna yg bgus ny? tolng ksh sdkt kmen-tar kalian shbat expres (+6287868455694)

Hy q tania nak sMA N 2 p.siantar, ign cri tMAn,dan mau krm slam ma ank smA N 2,,, SALAM KENAL (+6282366955580)

Hai sahabt expresi .Salam kenal ea . Q putri dari TAMANSISWA BINJAI . .

Mau tipSAm buat alumNi TAMANSISWA . , n buat teman2 XII-IPA 1 “I LOVE YOU” (^_^) (+6287713875938)AsS.. exprezi?Q sa’adah, q mw titip slm..sama kak ku yg tersayang kak revan, q kangen kak, i l0ve you kak? q pingin ke b0g0r kak? Kpn2 ntr jemput ya syg.Makasi %¤’Re <3 Sa’¤% (+6285762375078)

Cinta ku pada mu bagaikan air laut yg mengisi sebagian isi bumi....Memberi banyak kehidupan...Membuat org ingin tahu...Dan membuat org ingin merasakan cinta....

Tuhan memang sangat baik pada ku....Dia mengutus malaikat nya untuk menjadi pasangan ku dan menjagaku di bumi ini...Tak akan ku sia2 kan malaikat yg kau beri tuhan, kan ku buat dia bahagia.

aku mencintai mu setulus hati ku sayang ku...di hati ini hanya nama mu sayangku.... emm... cpa y malaikat yang diutus tuhan untuk ku...

ku tetap menanti...:):*# (+6285658581633)

Hal yg menydihkan dlm hidup adlh ktika kamu brtemu seseorg yg sangat berarti bgimu,hanya untk menemukan bahwa pd akh-irnya mnjadi tdk brarti dan kamu hrus membiarkannya pergi. . .Salam buat semua temen” ku,terutama kepsek yg paling gan-teng d’PERG.INTI NUSANTARA,TEBING TINGGI. . .By: yuli XI IPA:) (+6287793841872)

TuHan kLaW dYa BuKaN JoDoh Q, MohoN jgN BeRiKaN dYa jdOh sLaeN Quh aMiiiEenhMmmMm JoMbLo SusaH UgaK EyY :(

bagiE Yg NasiB’a sMha YaK Q sBaR2 aJ EyY ,Qitha tUnggU KeaJaiBan CiNta daTaNg aiNha NuRfasYya :) (+6287794247470)

sya ingin melupakan seseorang yg prnag sya kenal!?gmna ea’cara’a tabloid xprezi..sya mnta saran’a ya.?dari temn tabloid x prezi..trimah kazig..dari leliana. (+6287869905089)

Hay,, sAya,rinA,nAk tAptu,,, mw titiP saLaM buAt TeMaN TeMaN di SMa nEgri 1 tapTu semua’A,daN buAt saHabAt tAploiD ex-presi seMuwa nya , ,, oiA mW keNalaN donG buAt teMan teMan ,, hubunGi keno ini eA,, d tuNggu lHo kedAtanGan kaliAn ,,,Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...! (+6285358312266)

Suatu pagi,,d sbuah sekolah..Bu guru sedang mng’absent murid”Ny!!‘KANGEN’..??“Hadir bu...” ‘RINDU..??’“Hadir juga bu!”‘SAYANG??’’...... “gk masuk Bu,,sakit”‘KASIH..??’’“Gk masuk jg Bu..” ‘knapa,,??(tny guru)’Hmmmm...Semua murid diam..‘Lalu kmana CINTA..?? Bkn Kah tadi ada??’“CINTA pulang Bu,,” ‘Knp? (tny guru bingung)’“Karna CINTA tdk bisa hadir tanpa KASIH & SAYANG” (+6285763029498)

Huftt. . .Nyimpan rasa t mang gak enak bgt ya cobat expresi, mau nie salah mw itu salah, pengen bgt dia tw yg sebenarnya, pengen bgt dekat ma dia, pi dia cuek bgt, gak mw tw,ico q t cyank bgt ma Qmu,tl0ng gerti d0nk ma perasaanQ?? :/ (+6285262116779)

Hayy... Shbat xpresi ..Aq suryani pndatang baru dr SMAN 1 Tanjungbalai_asahan ..Knpa q bsa .menyayangimu.. Q bngug,

Page 21: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Sbnerny q ingn skli prg dri hti mu, pi ntah mgpa q g’ bsa... Q mhon pdamu kmblikn hti q sprti dlu lg, kmbli sprt d saat q tdak mngenal mu ...>trlnjur mncintai 0rg yg slh< ... (+6281927315267)

Hyy sObAT Xpresi ...AqOeH pnDtanG baRu d SiNinMa aQ JeySi NarVin daRi SMP Tritunggal T.Balai ...AqOeH CuMa mW bLanG“HaTi ~ hAti JaGa hAti ... JnGaN muDah JaTuH hTi ... NnTi Jdi SkiT hTi ... Dn aKhiRnY pTaH hTi ...”tiTiP sLaM yH buAt aNaK” kLaS 8a yG plinG ISTIMEWA . .. (+6285270852264)

assalamu alaikumnama saya : fara dibba mutiara maharaniFB : [email protected] : [email protected] salam semangat setiap hari buat temn2 semuany, awali hidup mu yg indah dengan senyuman dan suka ria ok : )semoga teman2 semua ingin jdi temanny faraterima kasihwassalamu alaikum : ) (+6283197081438)

Mec0mz. .Q pndatang bru ni. .Nma q d3ztry anty. .Q m0 ti2p slam z ni ma mntan q yg pling q cynk. .Nma.a irfan syah rian0ya gmna ya. .cra.a bwat dy blik lg k’plukan q?Alna q gx bsa nglupain dy. .N krim slam jga bwat tmen2 yg lain na. .N kci tw tipz na ya. .087793817958. (+6287793817958)

Menghapuz masa lalu..!!Merubah masa kini..N menata masa depan . .Hey sobat tabloid xpresi,, ttap lh optimis N trsenyum dlm keadaan ap pn ..Salam kenal ajj dech. .By_ laura..:) (+6287869761664)

Hay shbt eXpresi.., nma qu izum., dri P’kampe qu pndtg bru ne.., ku mau ti2p clm z buat pcar qu yg plig aq cintai salo sembirig.., qu mhn kszi cynk ndu ma aq g prnh brbh ea., bay., tou nde iting ndu..., (+6287868805052)

Hay surat nyasar....Nama qu sri desi yanti(XI IPA) PERG.INTI NUSANTARA.qu pengen salam salam ne buat mama and papa qu and jugak buat manta qu smga kmu sht” ja y.mksh y.....) 087793893611 (+6287793893611)

LbiH b4ex mnjdi y6 k 2 tp sll0e d utamakN ,drpda mnjdi y6 prt-ma tp slal0e d 2 xn,bnr gx. ? (+6287748997622)

Sahabat expresiiSaya ebit Nego. Kuliah di Universitas Metodis IndonesiaMau nyampein salam buat Sriyanti Simanjuntak.Yg mau kenalan invite 223c9343 (+628566016256)

aslmmualaikm hai srat nyasar irMa Mw kriM sLaM Ne Buat MaMa’ PaPa’ aq yG ad d rMh. mkcH y Srat NysarbY,irMa fitri Lestari (18) (+6281990688095)

Gak trasa, cma beberapa bulan lagi..UN menanti di dpan..Tingkatkanlah wktu bljar kta,[email protected] (+6287713967395)

Hyshbt expres surat nysarnma q dewiq scull d teladan seiramq mw tisam bwt smw k3” alumni teladann smw tmen” q d teladan seiramn plus bwt guru” q yg slalu q syangi (+6285763539803)

Aq mncri ssorng YG pny hati yg mw mngrti d sni, mmbu-juk s’t aq merajuk, mengalah s’t aq mrh merangkul ktika aq trpukul,trtawa s’t aq bhagia dan slalu setia dlm k’ada’an ap p0n. By: wInDha sUcIaNikeLaZ Xl iPs 1 . Email:[email protected] (+6285763949126)

Buat temen-temen yang mau kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucapan selamat

ke siapa saja tinggal kirimkan aja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi.

Caranya mudah, tinggal sms aja ke nomor ini

087869801990 di tunggu ya...

Surat Nyasar

21Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Hai guyz.. W dri SMA TELADANThau ce jit pat u.. Emcai ancua w e u sim kak lu.. W pat lu boi ku comik w e ai u.. Nasi tu tiok lu w phai se kak lu.. Ancua k0ng ho u thia, qlo w ae tiok u..Nz to knw you guyz..Xie-xie (+6287891810937)Hy...Woy,..Name : mari4lamsma teladan sei rampah sergejgn menyerah jalani hdup ne y.. (+6285372517196)

Meqom..Hy surat nyasar & hy juga buat sahabat Xpresi..Nama qhu desti, dri SMK Negeri 6 Medan, slm knal yach ? :).Mau tisam nich buat tmen2 qhu, cindy, tiara, yulynar, uda lama y kita gag jumpa, aq kangen kalian & slm kangen buat seseorg yg ada disana ~Thanks shabat Xpresi:) (+6287867622327)

hy....àq pndàtàñg bàru ñié... àq àyuñdà léstàri skul di smà té-làdàñ séi ràmpàh.àq mö cri pcàr ñié àl@ lg singl....màkàsih..... (+6285761581667)

AsSlamU’alaiQum . . .Aq pNdtng bRu nUe,nMa q AsmItha kLz X SMA teladan seI rampah...aQ Mw tTip sLm ne ma Tmen” sklAz Aq aq yg da di SMA teladan sEi rMpah sm0ga mkin Jya y... (+6285763782332)

4ss. . .4quw pndtn9 bru nu3, nm4 4quw 4d3 v!4 kls X SMA t3lad4n s3! r4mp4h. . .4quw m4uw tt!p cl4m 4m4 tm4n” s’kls d’r4mp4h y9 br’nm4 4smh!t4, 4yund4, r0v!n4. . .& 4quw ms!h kn9ennn. . . (+6287744859770)

Asalammualaikum sahabat expresi . Pengen kenalan sama teman2 yg ada di SURAT NYASAR, saya orang baru ni. Nama : Ade Al-RasyidSkolh : SMA NUSANTARA LUBUK PAkAM. Baru baca tabloit Expresi, pikiran jadi tenang, lebih menbah pengetahuan buat pelajar . sampek pula di lembaran surat nyasar sekalian aja deh . kenal2an :D . Bwat kenalan lebih adalam gampang sms aj ke no ini :) Thank’s (+6285763504445)

Tidak ada kata “Terlambat” untuk memulai.Bgtu jga untk Mengakhiri.By::Dwi Apri Elma.Tebing TinggiKelas IXPerg.Inti Nusantara (+6287818834702)

hai” témén2 tabl0it exspresiq manda q mw nyatakan cinta ma sese0rang tpi q gk brani lang-sung mkn a dari tabl0itbuat bg juny (usu) medanbg cbnr a dx cynk ma bg dx cnta ma bg krna bg slalu ad di saat dx susah tw pun cng bg mw gk jdi pcr dx ..

emh udah gt0 ja salam kenal ea sahbt tbl0it nea fb q add ajpesek cyank mancunglau gk bisa add ja nea [email protected];q dari binjai +6287891828680

hy sobat expresi,w nak bru neh, w nak stbat, w pnya mslah loq coal prcintaan w gk prna bruntung, pa y pnyebabnya. +6287766304751

Hy surat nyasar. . . nama ku rika (XI IPA)SMA TELADAN BINJAI. ku pngen salam salam ne buat semua siswa/siswi TELADAN BINJAI.makasi . . 087713925200

cinta itu menyakitkàncinta itu membosankàncinta itu membingungkàntapi cinta membw hàti q tenangcinta membuàt q arti kebahagiaàncinta membuat q arti kesetiàantanpa cinta hidup q sirnàmakasi karna kamu tlah membuat q mengerti arti cinta sesungguhnyà +6287869711759

Hai taploit experesi nm k’ yanti kuh anak pndtg br k’ mau cari teman sp yg mau ni no k’ yah 085277696455

Hy shabat expresi .Nma aku bayu fandi , aku mw cari tman .Klau mau tmanan sama aku hbung’in ke nO Ini ya 087763568294 , di tunggu ya 087763568294

Nama: RINGGO PRATAMAKElas: XII TKJ SMK N. 1 SIBOLGA

Bila kita melakukan sesuatU,Mungkin saja kita membuat kasala-han,bila kita membuat kesalahan, itu adalah hal yang luar biasa, kar-ena kita mendapatkan kesempatan unTuK BLAJAR dari kesala-han tersebut,akui kesalahan kita, kemudian pelajari secara mendalam dan jawab di dalam hti, kenapa kita bisa salah, Karena kes-alahan adalah guru yang luar biasa, karena Dngn mengenal suatu kslahan, maka kita akan mendapatkan suatu kbenaran.. +6285763103575

hai sobat expresi, gw fachruddin yusuf dr SMA Teladan Binjai,gw lg bth tman ne, gmana y ad se2org yg suka am gw trz gw bngung mau ngomg apa sama dia, tlg donk bntu gwdan buat ank2 XII Ipa smgt y +6287713948446

hy,,aku weyni dari medan,, aku penDatang baRumau kirim saLam buat temenTemen yang diJakaRta..seKalian mau nyari temen,, yg mau Jadi temen aQ essesmess ajha kesini :)makasih +6283194288054

Cnta mmang bkN nafas, tp bnyk 0rg yg gx bsa hdUp tNpa ny.ciNta bknLh keiNdahaN,tp kRn cNta smUa bsa jD iNdah.cNta bkN pisau,tp 0rg bsa tRLuka kRn ny.

suci ny cNta mLbihi pUtih ny saLju,tp sayang bNyak 0rg yg mN0dai ny.

ciNta tue hrus dppUk dNg kRinduan,wLau tRkdaNg hrUs d siR-am dNg aiR maTa. . +6287768820441

Hay sahabat EXPRESI :)aku cuma mw memberi tau arti CINTA it apa..Cinta it adalah anugrah bila kita bs menjaga anugrah cinta yg di berikan kepada kita.cinta tidak saling memiliki tapi saling melangkapi dr kekurangan org yg kita cintai.Bila kita tidak tau arti cinta jgnlah kita memberi cinta kpd org lain, karena bs membuat hati seseorang sakit.Pengen tau aku search aj di [email protected] lbih knal ak lg.hubungi aj ke 087748800248 thanks. 087748800248

haii sobat xpresi “one key to success is hard work. if you want to succeed then learn to be patient,. because success is not a des-tiny” jika ingin kenal aq lebih dekat join aj d’fb ku [email protected] atau sms aj ke no ni. +6282363273871

haaii sahabat expres makin exis aja nih.. nama aku monicaa is-kandar dr sma dharmawangsa medan.. aku pingin titip salam donk bt pacar aku yg gi sakit anca namanya tolong sampein yaa lewat sayap” kecilnya expres... bilangin ke dy klo aaku berharap abis dy sembuh aku pingin liat senyumnya lg marahnya lg terus kangen gombalanya dy yg kepo itu.... aku sayang bgt sama dy cepet sembuh ya aay... miss u :* +6285762029135

Asallamualikum....hay sobat XPRESI !!.nama gua yuda,Gua anak SMA TELADAN BINJAI...gua anak baru di teladan, tapi gua senang berada skolah baru gua ini.. guru dan teman” di skolahan pada asyik...Mereka sangat-Sangat bershabat..i like deh buat yayasan teladan binjai (y) :) +6287748863134

Page 22: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

CAPRICORN (22 Desember-18 Januari)Keuangan: Bila ada keinginan untuk membeli sesuatu, kondisikan dulu dengan dana kamu. Asmara : Bisa jadi Anda memang sedang terlibat hubungan yang tidak jelas, sehingga memang lebih baik Anda berpikir lagi apakah benar ini yang Anda inginkan? Karir : Kesibukan Anda di minggu ini cukup membuat Anda kewalahan dan kesulitan mengatur waktu.

AQUARIUS (18 Januari-18 Februari)Keuangan : Pemasukan masih mengalir walau tak sebesar seperti yang kamu idam-idamkan. Asmara : Lakukan apapun yang dapat membantu memperbaiki mood Anda di minggu ini, karena orang terdekat Anda cu-kup terganggu dengan mood Anda yang naik turun tanpa alasan. Karir: Anda kurang fokus dan konsentrasi dengan pekerjaan Anda saat ini.

PISCES (18 Februari-20 Maret)Keuangan: Walaupun suasana sudah lebih bagus akan tetapi alangkah baiknya jika kamu tidak melakukan ekspansi yang terlalu beresiko. As-mara : Apabila Anda merasa kurang yakin akan sesuatu hal, Anda boleh berhenti sejenak untuk mempertimbangkan kembali Karir : Minggu ini berubah menjadi kegiatan yang sangat padat.

ARIES (21 Maret-19 April)Keuangan: Bersikap menunggu dengan penuh kesabaran adalah lang-kah yang tepat untuk dapatmelewati pekan yang cukup berat ini.Asmara: Saatnya untuk memperbaiki diri sendiri kali ini. Introspeksi akan apa yang Anda lakukan dan memperbaiki sikap demi hubungan bersama. Karir: Kali ini Anda jauh lebih sensitif dan tak secuek biasanya.

TAURUS (20 April-20 Mei)Keuangan: Atur dan pertimbangkan masak-masak sebelum segala sesuatunya kamu mulai. Asmara: sebaiknya Anda tak berkeras pada pendapat diri sendiri saja. Lebih baik dengarkan pendapat sahabat Anda kali ini. Karir: Anda merasa tak nyaman dengan kondisi saat ini, dan berkeras melakukan sebagian besar hal sesuai pendapat Anda.

GEMINI (21 Mei-21 Juni)Keuangan: Cukup stabil dan masih bisa meraih hasil yagn lebih besar lagi. Asmara : Terutama Anda yang masih single akan dibuat bertanya-tanya tentang siapakah soulmate Anda minggu ini. Karir : Sekalipun sebenarnya Anda punya semangat dan kelebihan, namun Anda tetap kurang percaya diri.

CANCER (22 Juni-22 Juli)Keuangan: Pemasukan di minggu ini lumayan baik hanya saja hindari melakukan spekulasi dulu. Asmara : perdalam komunikasi Anda dengan pasangan dengan membahas hal-hal yang menyenangkan. Karir : Hati-hati menghadapi tekanan dari orang di sekitar Anda di minggu ini.

LEO (23 Juli-22 Agustus)Keuangan: Untuk coba main spekulasi memang harus mau bersiap rugi, kalau setengah-setengahlebih baik jangan. Asmara : kali ini tampaknya Anda tak perlu ragu untuk mengungkapkan perasaan yang Anda miliki. Karir : Tak ada ruginya kok bila Anda berusaha terlebih dahulu, emang tampaknya effort yang Anda keluarkan cukup besar, tetapi keuntungan-nya juga besar pula bagi Anda.

VIRGO (22 Agustus-22 September)Keuangan: Bersyukurlah karena rejeki yang tak kamu duga semula dapat membawa kesegaran bagi keuangan kamu yang lagi seret akhir-akhir ini. Asmara : Jenuh terhadap rutinitas dan ingin selalu hal yang baru adalah tipe Anda. Karir : Memang rasanya tak mudah menghadapi rekan kerja yang keras kepala dan menjengkelkan.

LIBRA (23 September-23 Oktober)Keuangan: Semua tanggungan kamu segera saja selesaikan mumpung ada dana untuk semua itu. Asmara: Bercanda dengannya bisa jadi salah paham karena Anda terlalu menganggapnya tak serius. Karir: Semangat Anda lebih baik tak hanya ditunjukkan lewat wajah saja, perhatikan pula sekeliling Anda dan tawarkan bantuan kepada semua team.

SCORPIO (24 Oktober-21 November)Keuangan: Jangan tergoda dengan kabar burung yang sulit dipercaya kebenarannya ada baiknyakamu lebih concern dengan pekerjaan kamu saat ini. Asmara : Aroma kecemburuan agak sulit dihindari, mengingat komunikasi Anda dengan si dia juga kurang lancar. Karir : Lebih baik minggu ini Anda menutup telinga dan membiarkan isu-isu negatif beredar di sekitar Anda.

SAGITARIUS (22 November-21 Desember)Keuangan: Tak perlu pilh-pilih order, jika merasa mampu sebaiknya diterima saja. Asmara : sisi kemandirian Anda ternyata mengusik si dia yang merasa kurang diperhatikan. Karir : Dibutuhkan usaha yang lebih di minggu ini untuk menyelesaikan tugas yang ada, dan tampaknya Anda akan membutuhkan bantuan dari orang yang kurang Anda suka.

Xpresi Zodiak

Xpresi Info

22 Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Menerapkan prinsipReduce, Reuse, dan Recycle (3R) atau Mengurangi, Memakai kembali, dan Mendaur ulang,

ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Anak-anak, contohnya, diajak melalui kegiatan memilah sampah dan meman-faatkan kembali sebagian barang-barang di sekitarnya.

Setelah mengumpulkan barang-ba-rang bekas, seperti koran dan kardus be-kas, para siswa ini mulai memikirkan akan diapakan tumpukan koran dan kardus di sekitar mereka?

Salah satu tim WWF Ardhy Dinata Sitepu sempat mengarahkan siswa untuk sama sama memikirkan awal mula benda-benda tersebut berasal.

“Kertas dan kardus terbuat dari apa ya? Dari apa adik-adik?” serunya di hada-pan siswa dan dijawab ‘dari pohon’.

Ardhy juga mengajak para siswa seko-lah dasar ini berinteraksi mengenai akibar dari eksploitasi pohon menjadi kertas-kertas secara terus menerus. Dengan antusias, anak-anak memberikan sejumlah

Demi Masa Depan, Anak Perlu Tahu Prinsip 3R

Masyarakat Sumut Diimbau Beli Tiket Online

jawaban, mulai dari jumlah pohon meni-pis, bumi makin gundul sampai tanah makin gersang.

3R, gaya hidup bijak“Kita masih punya 3R. Reduce, Reuse

dan Recycle. Mari dengan kreatif kita daur ulang dan gunakan kembali kertas-kertas ini,” tutur Ardhy sambil mulai memeraga-kan pembuatan bag paper atau pigura dari kardus.

“Kalau kita mengurangi penggunaan kertas, plastik, atau sterofoam, wah kita bisa hemat adik-adik. Kalau kita hemat, maka pohon tetap ada, sumber daya alam kita tetap melimpah karena kita bijak menggunakannya. Kalau kita hemat, berarti kita menjaga alam dan bisa me-nyelamatkan bumi untuk masa depan,” katanya lagi.

Selain itu, melalui kegiatan bertema 3R ini, anak-anak bisa mengetahui pola hidup yang bijak untuk masa depan lingkungan. Melalui kegiatan yang me-nyenangkan, pesan ramah lingkungan mudah diterima oleh anak-anak.

Menghindari antrean panjang dalam membeli tiket saat liburan perayaan Natal dan Tahun Baru nantinya, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional Sumat-era Utara (Sumut)-Aceh mengimbau masyarakat yang ingin melakukan per-jalanan mudik membeli tiket Kereta Api (KA) secara online.

“Untuk menghindari antrean panjang dalam membeli tiket nantinya, mulai saat ini masyarakat yang mau melakukan mudik sudah bisa membeli tiket secara online terlebih dahulu. Apalagi bagi masyarakat yang sudah menetapkan tanggal liburannya,” ungkap Manajer Hu-mas PT. KAI Divisi Regional Sumut-Aceh, Hasri, di kantornya Jalan Prof HM Yamin Medan, Jumat (14/12).

Hasri mengatakan, tiket via online su-dah dapat dibeli masyarakat di beberapa tempat perbelanjaan yang ada di Medan seperti Indomaret, Alfamart, Call Center 121, dan lainnya.

“Jadi ini bukti peningkatan pelayanan PT KAI pada sisi keamanan penumpang dan juga menekan praktek percaloan,” ujarnya.

Sementara saat ditanyai mengenai persiapan PT KAI saat liburan natal dan

tahun baru nantinya, pihak PT KAI sendiri hingga sejauh ini belum menyiapkan secara pasti jumlah seat yang akan dise-diakan kepada masyarakat. “Untuk pe-nambahan gerbong dan seat belum kita pastikan, mungkin beberapa hari menda-tang sudah kita tetapkan,” ucapnya.

Pada tahun ini, PT KAI kembali memastikan bahwa tidak adanya lagi penumpang yang berdiri saat melaku-kan mudik liburan natal dan tahun baru, terlebih saat disahkannya peraturan beberapa waktu lalu yang menyatakan anak di bawah umur tiga tahun sudah dikenakan tarif KA

Page 23: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII

Pangeran BanJl. S. Parman MedanDisc from 15-35%

Xpresi Ragam

Handphone & AccessoriesGarecca Disc 20%

Ikan Goreng CianjurTengku Daud No.4Disc 10%

IbbI CArd dIsCounT PlACe:

Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item d’Waroeng

Cambridge MallDisc 20%

Pondok PalladiumPalladium MallDisc 15%

Matador CountryPlaza Medan FairDisc 50% (Dosen)Buy 1 get 1 (Mahasiswa)

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

Milano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 MedanDisc 10% + 5%

CV. Indako Trading Co.Makmur No. 144 A/30Jasa Service 10%Sparepart 5%

Sun Plaza Level 1Cirebon No. 16Medan Mall Lt. IIDisc 10%

SEIKO

Tabloid Xpresi dapat diperoleh: Kampus DiamondJl. Sei Deli No. 18Telp. (061) 4567111Fax. (061) 4527548Medan - 20114

Kampus EmeraldJl. Gatot Subroto No. 130Telp.(061) 4519400 - 4519070Fax. (061) 4522204Medan - 20114

Kampus TopazJl. Damar No. 9 GTelp. 4562873-4562876- 4562773Medan - 20118

PrimeOne ShoolJl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo-nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672Fax. (061) 7853631 - 7853671

Pangeran BanJl. S. Parman MedanWarung UbudSun Plaza Lt. 3GarecaJl. Prof. H.M Yamin No. 99AMilano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 Medande’ WarungCambridge Mall X.O. SukiSun Plaza Lt. 3Kopi Kok TongSun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1DOMESun Plaza Lt. GThaiExpressSun Plaza Lt. 4Pondok PalladiumPalladium Mall lT. UGSEIKOSun Plaza Level 1, Jl. Cirebon No. 16Medan Mall Lt. 2Ikan Goreng CianjurTengku Daud No. 4CV. Indako Trading CoMakmur No. 144 A/30Mie Pansit AwaiP. Siantar, Jl. Surabaya 21 AMedan, Jl. Dr Wahidin 4 GG - Jl. S. Parman 20 - Jl. Boulevard 84 B1 Cemara Asri

SMA Kota Medan:SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Rak-sana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA

Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan

Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Method-ist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA TeladanBireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri IKabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri IIKuala: SMA Harapan Bangsa, SMA MethodistLangsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas BaruTanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Lang-kat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri ILubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia BudiRantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA TeladanSibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca KaryaTanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisinga-mangaraja, SMA Tri TunggalTanjung Morawa: SMA MethodistTarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA NusantaraPekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa MariaPadang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Frame Xpresi

23

Nampang di Frame XpresiKirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke

[email protected] atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

Page 24: Tabloid Xpresi Edisi 82, Januari 2013

Januari 2013 I Edisi 82 I Tahun VIII