tabloid xpresi edisi 78, september 2012

24
Edisi 78 - Tahun VII - September 2012 ISSN 2088-141X Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Upload: tabloid-xpresi

Post on 20-Mar-2016

287 views

Category:

Documents


11 download

DESCRIPTION

Tabloid Xpresi Edisi 78, September 2012

TRANSCRIPT

Edisi 78 - Tahun VII - September 2012ISSN 2088-141X

Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Desain Sampul Edisi 78 Tahun VII, September 2012Oleh: Indah Putri Anggraeni

Xpresi Kampus 6

Xpresi Kuliner 8

Xpresi Tekno 10

Salam Redaksi 2Xpresi Utama 3Xpresi Info 11Xpresi Cerpen 15Xpresi Puisi 16Xpresi Resensi 18Xpresi Pendidikan 19Surat Nyasar 20Xpresi Karya 22Xpresi Zodiak 22Frame Xpresi 23

Xpresi Gaya 9

Daftar IsiSalam Redaksi

DIVISI uSaha I PemImPIn umum: juSwan TjOE I PemImPIn PerusAhAAn: amrIn SuSIlO halIm I PenAnggung jAwAb: Ir. b. rIcSOn SImarmaTa, mSEE I dewAn AhlI: prOf. Dr. amrIn fauzI, SukIman ST, mT, luSIah SE, mm I mAnAjer ProduksI: anDrIaSan SuDarSO, Smn, mm I mAnAjer IklAn: lIlI SurYaTY, SE, mm I mAnAjer sIrkulAsI: halIm lOlY, SE, mm I sTAFF sIrkulAsI: harTOnO, S.kom, m.kom

DIVISI rEDakSI I edITor In ChIeF: huDa pErDana I rePorTer: jacquES hOraTIO wang, anI I FoTogrAFer: rIrI kOESnaDY I desAIn grAFIs: InDah puTrI anggraEnIAlAmAT redAksI: kampuS TOpaz, jalan Damar nO. 9-g, TElp. (061) 4153375, emAIl: [email protected], FACebook: Tabloid Xpresi

redaksi menerima tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErjalanan, cErpEn, puISI, SuraT pEmbaca, SuraT nYaSar serta tulisan lain-nya. redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. untuk tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErjalanan, cErpEn, panjangnya sekitar 5000-6000 karakter. Tabloid Xpresi

Olahraga Indonesia Bangkitlah

Olimpiade London 2012 usailah sudah. Banyak negara bersuka cita karena memperoleh kejayaan di sana, bahkan prestise dan kebanggaan. China misalnya, telah membuktikan diri bahwa mereka

tak hanya hebat dari pencapaian ekonomi dan pengaruh politik serta penduduk, tapi juga oleh kilauan prestasi para pahlawan olahraga mereka.

Olahraga memang menjadi instrumen penting bagi pem-bangunan karakter sebuah bangsa. Kemajuan olahraga disuatu negara merupakan cerminan kemajuan negara tersebut. Semakin maju negaranya, semakin maju pula olahraganya. Sebenarnya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar da-lam bidang olahraga banyak atlit dari daerah yang sebenarnya memiliki potensi yang besar namun karena kurang kepedulian dari para pengurus olahraga jadinya potensi tersebut sia - sia saja. Mungkin Indonesia butuh sosok yang bisa menjadi pemersatu dan pemimpin untuk memajukan olahraga. Itulah yang memotivasi kami untuk mengangkat olahraga Indonesi sebagai Xpresi Utama pada edisi kali ini.

Rubrik Xpresi kampus kali ini menghadirkan be rita penting diantaranya, berita mengenai Semangat Baru dalam Tubuh BEM STMIK IBBI, serta PEMARU Ajang Melatih Kekompakan dan Kemandirian beserta galeri fotonya.

Akhir kata redaksi tanpa henti-hentinya mengharapkan partisipasi dari para pembaca untuk berkontribusi mengirim-kan karya-karya terbaiknya. Tak lupa pula kami terus mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus memberikan dan menyam-paikan unek-uneknya, kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucap an selamat kepada siapa saja dengan cara yang begitu mudah, hanya perlu mengirimkan sms ke nomor 087869801990. Selamat membaca, semoga edisi kali ini ber-manfaat bagi kita semua.

2

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 3

Xpresi Utama

Dalam bidang olahraga sangat dibutuhkan suatu daya tahan tubuh yang kuat, sehingga kita bisa melakukan sebuah aktivitas olahraga dengan semangat karena didukung oleh daya tahan tubuh yang kuat. Dengan itu maka kita menjalani kegiatan tersebut dengan perasaan senang menjalani aktivitas tersebut.

Olahraga merupakan kegiatan positif yang sangat berman-faat untuk kesehatan jasmani dan rohani. Ajang perlom-

baan olahraga, bisa mendorong perilaku individu dan masyarakat untuk menjadi seorang pemenang dengan menunjuk-kan prestasi. Budaya berprestasi tersebut, diharapkan menular ke bidang-bidang dan sendi-sendi kehidupan umum dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk bisa menjadi pemenang, individu,

Olahraga merupakan cermin jati Diri bangsa

atlet, team masyarakat olahraga terse-but dan harus bersikap disiplin, rajin, ulet, semangat dan pantang menyerah. Namun tetap memegang teguh prinsip sportivitas, sabar dan mengakui keung-gulan kawan atau lawan. Dengan semua sikap positif dalam olahraga tersebut, bisa memberikan dampak yang sama kepada individu dan masyarakat untuk terbiasa menerapkan sikap positif tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai perbandingan, lihatlah korelasi antara prestasi olahraga yang diraih oleh negara-negara peserta ajang olahraga di Olimpiade dengan kema-juan negara yang mendapat perolehan medali terbanyak. Seperti contohnya Amerika dan China. Pada Olimpiade di Athena Yunani 2004, Olimpiade Beijing 2008, bahkan yang baru saja berlangsung Olimpiade London 2012. Di Olimpiade Athena 2004, Amerika Serikat sebagai juara umum, diurutan kedua China.

Ketika Olimpiade di Beijing 2008, prestasi China meningkat. Di Beijing, China berhasil keluar sebagai juara umum dengan menggungguli Amerika Serikat yang berada di ururtan kedua. Begitu pula di Olimpiade London yang baru saja usai Amerika Serikat kembali berhasil mengungguli China sehingga berhak menyandang predikat juara umum Olim-piade tahun ini, sedangkan China ada diurutan kedua. Dari kenyataan tersebut,

dapat kita lihat korelasi atau hubungan yang bagus antara prestasi olahraga dari negara-negara peserta Olimpiade dengan prestasi atau kemajuan negara tersebut di berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara ditengah persaingan global.

Seiring dengan peningkatan prestasi di Olimpiade tersebut, maka prestasi negara tersebut di berbagai bidang kehidupan juga mengalami peningkatan di kancah persaingan dunia. Prestasi olah-raga tersebut menunjukkan dan mencer-minkan kualitas dan kemampuan dari negara tersebut di bidang-bidang lainnya. Bagaimana dengan negara Indonesia?

Untuk bisa mengharumkan nama bangsa dan Negara, pembinaan prestasi olahraga harus dikembangkan secara sistematis mulai dari usia dini, massal, berjenjang, sampai pada tingkat elit, un-tuk semua cabang olahraga. Tim nasional semua cabang olahraga merupakan puncak dari proses pembinaan olahraga yang berkelanjutan.

Program Indonesia Emas (PRIMA) adalah tempat pembinaan atlet-atlet nasional yang kita persiapkan untuk ber-prestasi pada tingkat internasional.

Atlet tidak datang dari langit. Atlet datang dari proses pembinaan yang berjenjang melalui olahraga rekreasi, olahraga pendidikan di sekolah-sekolah, dan pembinaan yang intensif melalui

klub-klub, serta pemusatan latihan pada tingkat regional dan nasional di setiap cabang olahraga. Bakat alam harus diasah dengan metode latihan yang efektif, me-libatkan sport science secara menyeluruh, serta melakukan kompetisi yang berkesi-nambungan di semua tingkatan.

Bibit-bibit unggul usia dini mem-butuhkan tempat persemaian yang subur, yaitu dukungan dari orang tua, sekolah, termasuk pesantren, klub-klub olahraga, masyarakat, termasuk BUMN dan dunia swasta, serta tentu saja dari pemerintah. Kita membutuhkan bu-daya mendukung olahraga pada semua tingkatan masyarakat mulai dari desa dan kota, Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga nasional. Kita membutuhkan lebih banyak lagi fasilitas olahraga dan ruang-ruang terbuka publik untuk bermain dan bero-lahraga.

Kita perlu mewujudkan olahraga seba-gai gaya hidup manusia modern. Karena dengan olahraga hidup menjadi sehat, gembira, dan kerja jadi lebih produktif. Dari anak-anak yang sehat dan gembira serta manusia Indonesia produktif maka kita akan mendapatkan jutaan bibit-bibit unggul olahragawan yang nantinya akan menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia untuk berbagai cabang olah-raga. Lagi pula bangsa yang kuat dan maju bersumber dari bangsa yang sehat, gembira dan produktif.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 4

Xpresi Utama

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Olahraga dan Jati Diri Bangsa

Olahraga memang menjadi instrumen penting bagi pembangunan karakter sebuah bangsa. Kemajuan olahraga disuatu negara merupakan cerminan kemajuan negara tersebut. Semakin maju negaranya, semakin maju pula olahraganya. Sebenarnya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang olahraga banyak atlit dari daerah yang sebenarnya memiliki potensi yang besar namun karena kurang kepedulian dari para pengurus olahraga jadinya potensi tersebut sia - sia saja. Mungkin Indonesia butuh sosok yang bisa menjadi pemersatu dan pemimpin untuk memajukan olahraga. Lalu bagaimana siswa-siswi SMA Hang Kesturi dan SMA WR Supratman 1 menanggapi tentang prestasi olahraga Indonesia dan pendapat mereka tentang apa yang harus dilakukan pemerintah kedepannya.

Nama : Cindy CendraSekolah : SMA Hang KesturiKelas : X - 2

Seharusnya pemerintah Indonesia lebih memperhatikan anak-anak yang berminat dan berbakat dalam bidang olahraga dan kemudian diberikan pelatihan sejak usia dini agar terlatih hingga dewasa.

Yang dapat saya lakukan untuk ikut serta dalam memajukan prestasi olahraga Indonesia ialah dengan mendukung para atlit dari negara kita dan tidak menjelek-jelekkan atlit kita sendiri.

Nama : Wilken HusadaSekolah : SMA Hang KesturiKelas : XI - IPA1

Mungkin Indonesia perlu lebih serius dalam pembinaan atlit dan juga tunjangan bagi atlit yang telah pensiun dan juga untuk atlit nasional yang sedang aktif. Mungkin penyebabnya adalah atlit yang kurang pem-binaan. Seharusnya pembinaan dilakukan terus-menerus.

Yang dapat saya lakukan ialah, yang pertama dengan memberikan saran kepada pemerintah. Yang kedua dengan latihan basket di sekolah saya yang kemudian dapat mengikuti perlombaan-perlombaan dan dapat menjadi salah satu bagian dari bangsa Indonesia dengan cara mengikuti seleksi pemain basket Sumut.

Nama : FerdianSekolah : SMA Hang KesturiKelas : XII - IPS1

Menurut saya, pemerintah Indonesia perlu melakukan pembinaan khusus dan juga perlu mencari bibit-bibit yang berpo-tensi dikarenakan Indonesia merupakan negara yang sangat besar dan memiliki jumlah penduduk yang banyak sehingga In-donesai memiliki banyak bibit unggul yang bisa digunakan di masa depan khususnya di kancah Internasional dalam bidan olahraga.

Dikarenakan saya tidak begitu suka den-gan olahraga, jadi yang dapat saya lakukan hanya mendukung generasi muda yang senang dengan olahraga agar tetap fokus dibidangnya dan semangat.

Nama : BeatriceSekolah : SMA Hang KesturiKelas : XI - IPS1

Menurut pendapat saya, pemerintah se-harusnya membuka banyak peluang untuk memberi kesempatan bagi yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga untuk ikut berlatih dan mengikuti lomba-lomba yang ada di Indonesia. Kemudian dikirim keluar negeri untuk bertanding membela bangsa dan negara kita. Pemerintah juga harus berpartisipasi dalam kegiatan terse-but.

Yang dapat saya lakukan adalah men-dukung orang-orang yang suka dengan kegiatan olahraga untuk mau mengikuti pertandingan di luar negeri dan memberi-kan gelar buat bangsa kita tercinta ini.

Nama : Levin YohardiSekolah : SMA Hang KesturiKelas : X - 1

Menurut saya, pemerintah dapat me-nyediakan beasiswa yang lebih banyak agar para generasi muda yang berbakat dapat ikut serta dalam beasiswa tersebut lebih banyak sehingga peluang untuk mendap-atkan pemuda-pemudi yang dapat dikirim untuk even olahraga internasional.

Yang dapat saya lakukan untuk ikut serta dalam memajukan olahraga Indonesia ialah dengan menganjurkan teman-teman saya yang berbakat di bidang olahraga untuk ikut serta dalam program pencarian bakat yang diadakan oleh berbagai pihak baik itu pemerintah ataupun tidak

Nama : Novi TamaraSekolah : SMA Hang KesturiKelas : XII IPA

Menurut saya, pemerintah Indonesia seharusnya ikut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga di Indo-nesia, seperti partisipasi pemerintah untuk mengucurkan dana dalam mendatang-kah pelatih-pelatih yang lebih berpotensi dalam bidang olahraga sebagai guru untuk melatih para peminat olahraga di Indonesia.

Sebagai generasi penerus bangsa hal yang dapat saya lakukan adalah mendu-kung orang-orang yang ikut dalam per-lombaan, ikut serta dalam beberapa bidang olahraga dan hal-hal yang mendukung lainnya.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 5

Xpresi Utama

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Nama : Ellen WijayaSekolah : SMA WR Supratman 1Kelas : X - Plus

Pemerintah seharusnya lebih memper-hatikan bidang olahraga yang ada di Indo-nesia. Ya, memang Indonesia sekarang ini sedang menghadapi masalah dalam negeri yang cukup parah. Tetapi, bagaimanapun juga Indonesia harus bisa menyeimbang-kannya demi kemajuan bangsa dan negara. Para olahragawan di Indonesia harus lebih dididik.

Yang dapat saya lakukan ialah dengan ikut serta dalam berbagai perlombaan yang diadakan. Menang dan kalahnya tidak menjadi masalah. Pengalamanlah yang akan membantu kita, memotivasi kita untuk men-jadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Nama : Anton SudjarotSekolah : SMA WR Supratman 1Kelas : XII - IPS 1

Seharusnya pemerintah menyediakan sarana prasarana olahraga yang cukup bagi atlit-atlit Indonesia. Kemudian pemerintah harus memperhatikan atlit-atlit yang berada di luar pulau Jawa, karena yang saya lihat atlit yang memasuki tim nasional olahraga apapun kebanyakan dari pulau Jawa dan yang paling penting ialah memperhatikan generasi-generasi yang masih muda untuk dibina lagi agar olahraga Indonesia bisa lebih maju dan mengukir prestasi.

Yang dapat saya lakukan ialah dengan jangan mudah putus asa karena kekalahan. Karena kekalahan adalah pengalaman yang sangat penting.

Nama : Brenda LouisSekolah : SMA WR Supratman 1Kelas : XI - IPA

Seharusnya pemerintah membuat pertandingan atau kejuaraan diseluruh kota agar dari perlombaan tersebut didapatkan atlit-atlit yang berpotensi untuk dididik dan dibina oleh pemerintah sehingga pada akhirnya dapat memberikan prestasi buat bangsa dan negara kita.

Yang dapat saya lakukan untuk ikut serta dalam memajukan olahraga Indonesia adalah dengan banyak mengikuti perlom-baan olahraga baik itu di dalam maupun di luar sekolah, dan ikut mendukung teman-teman yang memiliki kemampuan yang kuat di bidang olahraga.

Nama : ClarissaSekolah : SMA WR Supratman 1Kelas : XII - IPA 2

Menurut saya atlit-atlit kita kurang mendapat perhatian dari pemerintah, misal-nya atlit Badminton. Indonesia yang dikenal dunia lewat prestasi dibidang Badmintonnya seharusnya memiliki bibit-bibit unggul, bukan dengan terus membina atlit yang sudah ada saja. Seharusnya pemerintah membuka bea-siswa disemua cabang olahraga.

To be honest, I’m not the one who loves sport. But, Indonesia is my country and i’m the next generation of Indonesia. Support my Garuda team. Banyak masyarakat Indonesia memilih untuk mendukung tim dari negara lain, itulah yang merupakan salah satu kele-mahan negara kita Indonesia.

Nama : RahmatSekolah : SMA WR Supratman 1Kelas : XI - IPA

Menurut pendapat saya, pemerintah dapat melatih atlit yan memiliki kemauan maupun kemampuan secara intensif seh-ingga atlit tersebut menjadi lebih berkuali-tas dan dapat di utus sebagai wakil negara di kancah Internasional.

Yang dapat dilakukan untuk ikut serta dalam memajukan olahraga Indonesia sebenarnya tergantung dari individu mas-ing-masing karena saya sendiri belum dapat berbuat banyak, tetapi yang terpenting ialah semangat kita untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional.

Nama : WinnieSekolah : SMA WR Supratman 1Kelas : XI - Plus

Seharusnya pemerintah membangun gedung sebagai sarana untuk berlatih dalam setiap cabang dan menyediakan pelatih yang mempunyai kemampuan dan jam terbang tinggi di bidangnya. Tidak lupa juga memilih para atlit yang berpotensi untuk mengikuti lomba baik nasional mau-pun internasional. Serta pemerintah dapat menyelenggarakan berbagai perlombaan untuk menambah kemampuan para atlit.

Saya hendaknya ikut berpartisipasi dalam kegiatan olahraga baik dalam seko-lah maupun luar sekolah. Serta memberi semangat kepada atlit-atlit Indonesia agar lebih baik dalam berlatih maupun berlomba.

Nama : Jessenia Agnes SalimSekolah : SMA WR Supratman 1Kelas : XI - IPS 1

Pemerintah seharusnya lebih memper-hatikan atlit-atlit muda yang memiliki bakat di bidang olahraga. Sebab dengan adanya perhatian dan penghargaan dari pemerin-tah dapat mendorong semangat juang dari para atlit yang akan bertanding di perlom-baan. Tidak lupa juga masalah sarana dan prasarana, pemerintah seharusnya menyisi-hkan anggaran negara untuk membangun sarana dan prasarana olahraga.

Saya dan teman-teman setingkat SMA merupakan generasi muda yang mulai meningkatkan dan mengasah bakat dalam bidang olahraga. Mengikuti perlombaan yang diselenggarakan di lingkungan sekitar.

Nama : MerindaSekolah : SMA WR Supratman 1Kelas : X - 3

Hendaknya pemerintah menghimbau warga negara Indonesia untuk selalu ikut berpartisipasi dalam setiap perlombaan olahraga. Karena penduduk Indonesia san-gat banyak, maka diwajibkan tiap daerah mengirimkan perwakilannya. Manfaatnya ialah, mereka akan berlatih serius dan ingin membuat bangga daerah mereka masing-masing. Hendaknya juga pemerintah mem-bangun banyak fasilitas olahraga yang bisa dinikmati oleh siapapun.

Kita bisa ikut serta dalam kegiatan perlombaan yang diadakan di sekolah kita masing-masing.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Xpresi Kampus

6 September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Regenerasi menjadi momen tak terelakkan tiap pergantian tahun. Ada yang datang, ada juga yang pergi. Itulah salah satu alasan re-

generasi abadi. Demikian regenerasi harus dialami oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK IBBI.

Setelah genap setahun memikul tang-gung jawab, tampuk BEM harus diserah-kan kepada pengurus baru. Setelah men-gadakan pemungutan suara di kalangan mahasiswa STMIK IBBI, maka diadakanlah serah terima jabatan serta pelantikan kepengurusan BEM yang baru.

Ritual sakral ini berjalan mulus pada Rabu (15/8) di Kampus Topaz Jl Damar No 9 G. Ritual ini dihadiri oleh Ketua STMIK IBBI Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE., Waka III STMIK IBBI Andriasan Sudarso, S.Mn, MM, yang akan melantik kepengurusan baru, pengurus BEM 2011-2012, calon pengurus BEM 2012-2013, serta maha-siswa STMIK.

Setelah acara dibuka dan sambutan diberikan oleh Staf Kemahasiswaan Dedy Haryadi, acara serah terima jabatan dan SK sekaligus pelantikan kepengurusan BEM yang baru pun dilangsungkan.

Penghujung Agustus dan awal Sep-tember menjadi momen penting bagi para mahasiswa baru STIE dan STMIK IBBI yang akan mengikuti Pembekalan Maha-siswa Baru (PEMARU) 2012 di hall Kampus STIE-STMIK IBBI, Jalan Sei Deli No. 18 pada hari pertama dan di Kampoeng Stakoetoe pada hari kedua dan ketiga. Hari pertama mahasiswa baru diberikan kesempatan mengenal Kampus IBBI lebih dekat dan mengajukan berbagai pertan-yaan seputar dunia kampus. Selain itu, PEMARU ini juga digelar di alam bebas dengan konsep outbond training.

Pemaru tahun ini akan diadakan dalam tiga gelombang yang akan diikuti sekitar 1200 calon mahasiswa. Gelom-bang I diadakan 27-29 Agustus, Gelom-bang II diadakan 3-5 September, dan Gelombang III diadakan 17-19 September. Kegiatan ini di ikuti sekitar 1200 calon mahasiswa/i STIE - STMIK IBBI yang dibagi menjadi tiga gelombang. Kegiatan ini juga digelar selama 3 hari dan tidak hanya diisi dengan pengenalan kampus, tetapi juga dilaksanakan di alam bebas (outbound training).

Dalam pembukaan PEMARU, Ketua Panitia Pemaru IBBI 2012, Andriasan Su-darso, S.Mn., MM mengatakan PEMARU yang bertema membangun pribadi yang berilmu, kreatif dan berinovatif dengan tujuan membentuk karakter calon maha-siswa yang mandiri, disiplin, kreatif, ino-vasi, dan tetap menjunjung tinggi norma

Usai pelantikan, Ketua BEM dengan masa bakti 2012-2013 pun menyampai-kan kata sambutan yang berisi rencana mereka ke depan agar dapat mendekat-kan diri kepada mahasiswa-mahasiswi un-tuk menjaring saran serta ide kreatif yang dapat dikembangan dan mengadakan even yang bermanfaat untuk kemajuan mahasiswa STMIK IBBI serta membangun sebuah forum online sebagai wadah un-tuk menampung ide kreatif demi kema-juan STMIK IBBI. Selain itu Yosua Topando pun menyampaikan harapan agar kiranya pihak-pihak di kampus mau bekerja sama

dengan BEM untuk mengembangkan SDM yang ada di STMIK IBBI.Susunan Kepengurusan BEM STMIK IBBI 2012-2013Ketua: Yosua TopandoWakil Ketua: Defrizal AlhajSekretaris: Nova NapitupuluWakil Sekretaris: Ryanto P. HutasoitBendahara: Khoirur RoddiahWakil Bendahara: Firman ManaluHumas (Koordinator): Arif DarmawanAnggota: Rio Alan Pasaribu Arnoldus Sitanggang Jesika P. Butar-butar

Semangat Baru dalam Tubuh BEM STMIK IBBI

PEMARU Ajang Melatih Kekompakan dan Kemandirian

Wakil Ketua III STMIK IBBI, Andriasan Sudarso, S.Mn., MM., memberikan kata sambutan dalam pengkaderan BEM periode 2012-2013.

Serah terima SK dari Ketua STMIK IBBI, Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE., kepada ketua BEM Yosua Topando.

dan nilai-nilai kekeluargaan sehingga saat mereka masuk ke dunia kampus mereka akan lebih mudah memahami dan men-genal kehidupan dunia kampus dengan segala prosedur kampus yang berlaku.

Usai itu, Ketua STIE IBBI, Prof. Dr.

Amrin Fauzi mengatakan bahwa ma-hasiswa yang masuk akan dilatih, tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan semata melainkan juga beragam hal-hal lain yang dibutuhkan demi menjadi manusia yang bermoral. Kemudian Ketua

STMIK IBBI Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE mengatakan dalam sambutannya bahwa calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dalam menghadapi perkuliahan di Perguruan Tinggi karena begitu banyak perbedaan antara SMA dengan Perguruan Tinggi sehingga mahasiswa dituntut harus lebih mandiri dengan cara membentuk kelompok belajar.

Wakil Ketua I STIE IBBI. Lusiah S.E., MM dan Wakil Ketua I STMIK IBBI. Sukiman S.T., M.T. juga memberikan arahan tentang kurikulum dan metode pembelajaran yang ada di STIE-STMIK IBBI. Wakil Ketua III STIE IBBI, Budijanto, S.Si., M.Si dan Wakil Ketua III STMIK IBBI Andriasan Sudarso, S.Mn., MM memberikan arahan tentang tata tertib di lingkungan kampus, serta memperkenalkan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di STIE-STMIK IBBI.

Usai mendapatkan pembekalan yang lengkap mengenai dunia kampus dan sistem yang berlaku di STIE-STMIK IBBI, peserta PEMARU pun diberangkatkan menuju Kampoeng Stakoetoe pada hari kedua untuk mengikuti berbagai kegiatan outbound training yang telah dipersiap-kan untuk melatih kekompakan, percaya diri, kemandirian, kerja sama tim, kebera-nian, dan ketahanan mental. Gelombang I telah usai, kini giliran Gelombang II dan III untuk merasakan serunya berpetualang di alam bebas dalam PEMARU yang dis-elenggarakan STIE-STMIK IBBI. (jhw)

Ketua STIE IBBI Prof. Dr. Amrin Fauzi secara simbolis mengalungkan badge yang menandakan dimulainya Pemaru STMIK IBBI 2012.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Xpresi Kampus

7September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

PEMARU Ajang Melatih Kekompakan dan Kemandirian

Salah seorang peserta Pemaru memimpin rekan-rekannya menyanyikan lagu wajib nasional. Ketua STIE IBBI, Prof Dr. Amrin Fauzi antusias memberikan contoh bahwa menunjukkan kesalahan sendiri selalu susah karena merupakan sifat alami manusia.

Wakil Ketua I STIE IBBI, Lusiah, S.E., M.M., memberikan pengenalan terhadap dunia kampus STIE-STMIK IBBI kepada mahasiswa baru.

Serunya disiram air demi mengisi seember air menambah keceriaan peserta Pemaru. Melintasi jembatan tali memicu timbulnya percaya diri dan keberanian pada peserta Pemaru.

Kerja sama tim antar sesama peserta Pemaru dijalin melalui game jalur kelereng ini.

Peserta Pemaru melatih kekompakan dan kerjasama dengan bermain lengan gurita.

Senyum bahagia tampak menghiasi wajah para peserta Pemaru IBBI.

Wakil Ketua III STMIK IBBI, Andriasan Sudarso mengenalkan ber-bagai organisasi kemahasiswaan seperti BEM, HMJ, FoSMI, KEMPA, KMB, yang merupakan bidang asuhannya.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 8 September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 8

Pecal Meranti sudah 50 tahun ada sebelum warung pecal banyak berdiri. Pengelolanya adalah perem-puan berusia 77 tahun yang akrab disapa Lindawati. Perempuan paruh baya itu tetap semangat mengulek bumbu ketika expressi menyam-banginya di Jalan Meranti Medan.

Saat ini, perempuan yang memi-liki 8 anak tersebut meneruskan usaha berjualan pecal bersama putri ke-4 nya.

Menurut Linawati, sepinya pem-beli sekarang ini begitu terasa sekitar

5 sampai 6 tahun belakangan ini. Hal itu terjadi karena universitas yang dulu pernah ada dekat warungnya telah pindah.” Kalau dulu, banyak anak mahasiswi kemari. Sebelum masuk kelas mereka sering singgah kemari untuk makan,”kenangnya.

Kendati begitu, Linawati tetap semangat dan tidak pantang menyerah untuk menghidupi diri, anak, serta cucu tercintanya yang saat ini tinggal bersamanya.

Hal ini karena Linawati sendirilah yang menggiling bumbu dan menakar berapa banyak kencur, jeruk purut, bawang putih serta cabai rawit yang akan digiling untuk setiap porsi pesanan konsumen.” Meskipun saya ke belakang, tapi tetap dipanggil. “Mana nenek itu, saya mau nenek yang giling bumbunya, mungkin menurut mereka rasanya beda ketika saya dan anak saya yang menggiling, ”ucap Linawati menirukan omongan pelanggannya.

Selanjutnya, Linawati membeberkan agar pecal yang dibuat enak di lidah. Menurutnya, dalam proses penggilingan kencur dan jeruk purut jangan pernah mengurangi takaran. “ Karena kedua bahan ini menentukan pecal itu enak atau tidak” sebutnya. Selanjutnya, sambung Linawati, air asam jawa yang digunakan untuk bumbu sebaiknya kental jangan encer.”Air asam jawa kalau kita pakai sedikit saja yang kentalnya, rasa pecel sudah enak,”jelasnya.

Untuk harga, Pecal Meranti yang dijual tanpa tambahan lontong dapat dinikmati dengan merogoh kocek senilai Rp 15.000 per porsinya. (Ani)

Sajian Menu Sehat Ala Chatterbox

Setelah berhasil selama 23 tahun menyajikan menu yang sehat, nikmat dan fresh di Indonesia. Kini Chatterbox hadir di Medan, te-

patnya terletak di Cambridge City Square dalam nuansa modern .

Dalam pembukaannya, Eric Long General Manager Chatterbox seluruh Indonesia mengemukakan, Chatterbox

merupakan franchise atau waralaba PT Sari Boga Lestari yang menggandeng PT Duta Medan Citarasa Kuliner sebagai fran-chisee Chatterbox Medan.

“Medan, sebagai kota terbesar di Sumatera dipilih sebagai kota pertama lahirnya franchise Chatterbox,” ujar Eric.

Selain itu, Eric menambahkan, PT Sari Boga Lestari dan PT Duta Medan Citarasa Kuliner memiliki prinsip dan tujuan sama dalam bisnis kuliner, yakni, mewujudkan kehidupan masyarakat yang sehat dengan menyajikan makanan sehat dan lezat.

Johan merupakan konsultan food di tempat tersebut menjabarkan, berbagai menu spesial yang dihadirkan oleh Chat-terbox. Menurut ia, untuk menu dengan style Singapura antara lain, Hainan Chick-en Rise, Char Kwey Teaw, Nasi Goreng Buntut, serta Chatterbox Prawn Laksa.

Sedangkan untuk kategori Western, Chatterbox menyajikan, Grilled Black-

Menu Khas Indonesia di Rumah Makan A Doe A

Serba Seafood di Cemara Fish Market Resto

Pecal Meranti, Pecel Legendaris Yang Masih Eksis

Mak Jumrah merupakan juru masak di rumah makan yang mulai berdiri sejak awal Juni ini menuturkan, aneka menu yang ditawarkan di sana hampir keselu-ruhan sama, baik untuk pagi, siang, dan malam hari.

“Kalau malam hari kita menambahkan seafood, kangkung terasi, udang taucho, dan ikan steam Hongkong,” jelasnya.

Ia pun menjabarkan, tampilan dari berbagai menu yang ada di rumah makan yang mulai buka dari pukul 07.00 pagi hingga 22 malam ini, yakni, untuk tipe snack, tahu black disajikan dengan tahu yang dikombinasi bersama ayam dan udang yang dihaluskan dengan bentuk menyerupai bakso.

Selanjutnya, sate kepiting lunak dan cumi goreng adalah sate yang digoreng dalam balutan tepung dan ditusuk den-gan tusukan bambu yang diberi tamba-han sambal kecap sebagai pelengkapnya.

Selain itu, untuk kategori menu, sup ikan disajikan dengan tampilan, ikan teri, udang, cumi, bawang goreng, bihun, yang disatukan dalam satu mangkuk bersama kuah bewarna putih dengan aroma ikan yang kuat.

Kemudian, untuk sayur asin, hadir dengan sawi asinan yang diberi poton-gan cabe rawit dengan tambahan kecap asin yang gurih. Lalu, untuk nasi goreng A2, hadir dengan nasi yang dicampur ber-

Xpresi Kuliner

sama udang, bakso, dan telur serta diberi taburan ayam.

Untuk mie goreng Indonesia, sam-bung mak Jumrah, menggunakan bahan dasar mie kuning gulung yang biasa dipakai untuk pangsit yang diolah terlebih dahulu sebelum digoreng. Kemudian, mie tersebut diberi tambahan bakso dan aneka isi lainnya.

Selain itu, ada juga ayam goreng pedas tenan dengan pedas yang diper-oleh dari cabe rawit yang dihaluskan dan dimasak sambal. Kemudian, kata dia, sam-bal itu disiram di atas ayam yang sudah di goreng sebelumnya.

Untuk harga, mak Jumrah merincikan patokan harga yang ada di tempatnya. Disebutkannya, untuk snack di pasarkan dengan harga 2000 hingga 10000 ribu rupiah. Sedangkan, aneka makanan yang dihadirkan di tawarkan mulai dari 10.000 sampai 30.000 ribu rupiah. (Ani)

ane Salmon Steak, Chicken Mushroom Fettuchini, Crispy Salmon Oil With Spicy Pasta. Untuk jenis Dessert, Anda dapat menikmati Es Selasih Hottebox, Red Ruby Passion, Fruit Combe, Es Kacang Merah, Es Delima, Chilled Honeydew Saga, Cincau Hijau, dan lainnya.

Ia juga menjelaskan berbagai tampilan menu yang disebutkannya tersebut. Dika-takannya, Hainan Chickem Rise memiliki penyajian yang agak unik dan menarik. Menarik, karena disajikan secara terpisah ayam dengan bumbunya. Sehingga, si konsumen harus sedikit lebih piawai dalam menakar ketiga bumbu yang terdiri dari jahe, sambal, dan kecap sehingga tercipta rasa yang pas.

Sedangkan, untuk Char Kwey Teaw merupakan kwe tiau yang disajikan den-gan chicken, kerang dan beef dengan ciri khas Singapura yang begitu melekat.

Kemudian, untuk Nasi Goreng Buntut,

yaitu, perpaduan antara menu Buntut khas Indonesia dan rempah-rempah khas Singapura. Untuk Chatterbox Prawn Laksa, lanjut ia, dihadirkan dengan mie kuning yang diberi taburan seafood, telur, prawn dengan rasa asem, pedas, dan asin yang menyatu dengan warna kuah yang kental seperti gulai.

Untuk menu Western, seperti Grilled Blackane Salmon, sambungnya, menggu-nakan ikan salmon Tazmania segar yang di grill dan buang tulang yang diberi cam-puran brokoli dan jamur dengan diberi sedikit butter di atasnya. Selain itu, untuk Chicken Mushroom Fettuchini, tambah-nya, memakai daun Basil yang berfungsi sebagai penguat aromanya. Selanjutnya, untuk Crispy Salmon Oil With Spicy Pasta adalah salmon yang digulung dengan kulit lumpia yang dikombinasi dengan fet-tuchini dan sphagetti yang diberi taburan lada sebagai rasa pedasnya. (Ani)

Bicara menu, ada 50 lebih jenis ikan yang tersedia di sana dengan ribuan olahan yang dapat dibuat. Menu spesial yang ditawarkan di sana, pertama skyloft dalam kondisi hidup. Menu spesial Kedua adalah ikan hiu bakar kecap manis yang diberi bumbu khas ketika proses pemba-karan agar rasa kecap lebih terasa.

Menurut Nico, bagi konsumen yang pertama sekali mencicipi daging ikan hiu akan langsung mengatakan daging ikan

lain kurang enak. Semua itu terjadi karena serat daging hiu yang halus dan lembut daripada ikan lainnya sehingga rasa lebih lezat. Nico menambahkan, di tempatnya disajikan pula produk kombinasi dengan sajian per porsi. Misalnya, untuk kelom-pok cumi-cumi ada cumi biasa, cumi terompet dengan ukuran besar, gurita, dan sotong. Aneka bahan dasar seafood itu dibuat goreng tepung, goreng garing, dan steam. Kemudian, ia menambahkan,

disediakan pula sate bakso ikan celup yang kesemuanya disajikan bersama ola-han sambal kecap dan cabai merah.

Sedangkan bagi penggemar kepiting, ditawarkan kepiting rajungan dan bakau. Beda kedua kepiting ini terletak dari tekstur daging dan kolesterol di dalamnya. Kendati kebiasaan penduduk Indonesia lebih sering menikmati kepiting bakau. Namun, lanjut Nico, pada dasarnya kepiting rajungan merupakan jenis kepiting laut dengan kualitas unggul.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Dress merupakan satu dari sekian busana kaum hawa yang tetap diminati khususnya bagi mereka penganut gaya hidup

urban. Apalagi di zaman metropilitan saat ini, wanita kebanyakan lebih menyukai busana yang simple namun tetap elegan untuk dipakai ke kantor maupun hang out bersama teman. Dan, dress atau terusan menjadi satu destinasi wisata belanja mer-eka yang senantiasa ada ketika berkun-jung ke pusat perbelanjaan.

Kini, dress sudah merambah ke berba-gai segmentasi pasar. Mau berjilbab atau tidak, para wanita dapat memakainya apabila dikombinasi dengan beberapa pelengkap yang biasa mereka gunakan.

Boutique Minimal yang berlokasi di Sun Plaza Medan dapat menjadi acuan Anda dalam memilih berbagai jenis teru-sana dengan berbagai warna dan mode serta bahan yang diinginkan. Misalnya saja, terusana model kelelawar dengan

Tampil Gaya Dengan Dress

Seksi Dengan Evening Dress

Semakin menawan lewat Tas anyamanTas punya magnet tersendiri dalam

menarik simpati si pemakainya. Meskipun banyak berbagai tas dengan ragam corak, bahan, dan warna. Namun bagi kaum shopaholic, mereka tetap punya karakter-istik tersendiri untuk memilih tas seperti apa dan model bagaimana yang hendak digunakan.

Bicara tas sudah bareng tentu terkait dengan brand. Apalagi bagi segelintir orang, brand masih menjadi prioritas utama untuk tampil lebih percaya diri. Kendati begitu, tidak bisa dipungkiri kalau kehadiran tas handmade juga mampu mendobrak pasaran tas berkualitas dan nyaman. Bagi pengagum mereka si pengagum tas buatan tangan tersebut, kehadiran tas anyaman juga mencipta-kan gairah tersendiri untuk tampil lebih memukau.

Produk hasil daur ulang para pengra-jin berkreativitas tinggi tersebut juga ada di Boutique Minimal Sun Plaza Medan. Tas buatan Bandung ini memiliki satu warna yaitu coklat.

Tas Anyaman ini terbuat dari bahan sintetis dan besi dengan warna kee-masan yang disematkan pada bagian tali sehingga Anda bisa tampil lebih chic.

Sedangkan bagian dalam diberi sentuhan pink dengan aksen resleting. Tas itu dapat digunakan untuk acara formal maupun santai. (Ani)

9

Xpresi Gaya

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

nuansa hitam dan ungu tampil polos dalam balutan satin nan lembut. Kesan lembut yang dihadirkan oleh bahan satin ini membuat sisi feminin si pemakai lebih terlihat.

Jika ingin memadupadankan dengan bawahan. Cobalah mengenakan ba-han keyper dan jeans dengan paduan aksesoris permata warna silver. Kemudian, berbagai terusana pendek yang ditawar-kan oleh boutique ini juga terbuat dari bahan dasar katun dengan pilihan warna - warna cerah seperti pink, hitam, kream, dan putih.

Atasan yang diberi sentuhan ikat pinggang dan kancing depan sebagai pe-manis ini bisa dikenakan untuk beragam acara yang sifatnya formal maupun santai.

Atau Anda juga bisa memadupadank-an dengan leging hitam polos maupun dengan warna yang senada dengan terusan. Terakhir, blouse lengan tujuh per delapan dengan tinggi selutut ini

Kapan saat yang tepat untuk menggunakan gaun malam cantik

yang Anda miliki? Jawabannya tentu saat menghadiri acara for-mal. Satu hal yang pasti, ja ngan takut untuk mengenakannya. Selain membuat Anda terlihat sempurna, gaun malam juga akan memberi bonus pada tampilan keseluruhan. Dalam arti, Anda akan terlihat cantik, feminin, romantis, sekaligus seksi acara pesta. Tapi, memilih gaun malam punya trik tersendiri. Ingin tahu? Simak tips di bawah ini:

1. Kenali bentuk tubuh Anda sebelum memilih gaun

malam. Bila Anda memiliki tubuh berbentuk buah pir, sebaiknya memilih gaun berpotongan empire. Ka rena selain membuat siluet tubuh terlihat lebih proporsional, jenis potongan ini juga menegaskan bentuk pinggang. Sebaiknya jika tubuh Anda berbentuk apel, siasati dengan menggunakan gaun bervolume di bagian bawah. Tujuannya jelas, menjadikan tubuh bagian atas seimbang dengan bagian pinggul yang sempit. Biasanya butik busana paham dengan berbagaiporsi tubuh konsumen.

2. Untuk mereka yang tidak ingin tampil terlalu ter-buka, pilih leher berbentuk hati, cheongsam, maupun klasik. Sementara, tampilan yang lebih seksi diberi-kan garis leher halter, stapless, maupun sabrina. Jenis bentuk leher ini direkomendasikan bagi mereka yang berbahu indah dan berleher jenjang.

3. Anda memiliki perut dan pinggang yang ramp-ing? Tunjukkan lewat gaun ber-bustier. Jenis gaun ini akan membuat pinggang dan perut Anda semakin ter-

ekspos. Baju korea nan ramping sangat pas buat Anda. 4. Bila kaki merupakan bagian terbaik dari tubuh

Anda, jangan sia-siakan dengan mengenakan gaun panjang. Sebaliknya kenakan gaun berpotongan pendek. Tidak ingin tampil terlalu seksi? Pastikan potongan gaun jatuh beberapa sentimeter di atas lutut, atau kenakan saja gaun panjang dengan belahan samping. Seksi tapi tidak kentara.

5. Ingin tampil sensual dengan punggung ter-buka? Gunakan saja gaun backless. Namun, pastikan kulit punggung Anda mulus terawat. Gunakan lotion sebelumnya agar kulit punggung terlihat lembap dan bersinar. Tambahkan kalung rantai sebagai aksesori.

6. Penampilan feminin juga bisa Anda dapatkan dari gaun bermotif floral. Jika Anda memilih gaun ini, pilih yang memiliki detail minimalis. Sekali lagi busana korea / dress korea atau dress manapun cocok saja asalkan disesuaikan dengan porsi tubuh, dan jangan dipaksa-kan.

juga memiliki aksen renda dan kancing dalam balutan warna putih dan pink yang lembut. (Ani)

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Xpresi Tekno

Galaxy Note 10.1 Resmi Masuk Indonesia

Samsung resmi melepas Galaxy Note 10.1, ke pasaran Indonesia. Perangkat berupa komputer tablet ini mengusung ukuran layar 10

inci, lebih besar dari pendahulunya, Gal-axy Note, yang memiliki layar 5 inci.

Samsung Galaxy Note diperkuat pros-esor Exynos quad-core berkecepatan 1.4 GHz dan RAM sebesar 2 GB. Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan multi-screen, yaitu menjalankan dua ap-likasi secara bersamaan dalam satu layar.

Tablet ini juga dilengkapi dengan sty-lus S-pen sebagai sarana menulis tangan dan menggambar pada permukaan layar Galaxy Note 10.1. Stylus tersebut memi-liki tingkat sensitivitas terhadap tekanan sebanyak 1024 tingkat sehingga tebal-tipisnya goresan pena tergantung pada tekanan tangan pengguna.

Tambahan stylus itu menurut Managing Director Samsung Electronics Indonesia Yoo Young Kim adalah poin kelebihan Samsung Galaxy Note 10.1 dibanding produk-produk sejenis lainnya. “Jadi, Galaxy Note 10.1 ini bukan hanya bisa dipakai untuk nonton film atau browsing saja. Pengguna juga bisa membuat konten dengan bantuan

S-Pen dan aplikasi seperti Photoshop Touch. Interaksinya jadi berjalan dua arah”, ujar Kim di sela-sela acara peluncuran di Jakarta, Hari Kamis (30/8/2012).

Galaxy Note 10.1 akan tersedia di pasaran mulai Sabtu, 1 September 2012.

Ingin Tidur Pulas? Perbaiki Kebiasaan Main Ponsel Sebelum Tidur

Android, Kini Tiga Kali Lebih Berbahaya

Nikon Meluncurkan Kamera Android

Pada kuartal pertama 2012, Kasper-sky Lab mencatat kemunculan 5,441 malware baru yang menyasar platform mobile open source tersebut. Kuartal berikutnya, angka tersebut naik tajam menjadi 14,923 malware baru.

Sekitar 25 persen malware An-droid yang ditemukan Kaspersky di

perempat tahun kedua 2012 ini terdiri

dari jenis trojan SMS yang dipakai untuk mencuri uang dari pengguna. Caranya adalah dengan mengirim SMS bertarif premium tanpa sepenge-tahuan si empunya perangkat.

Sebanyak 18 persen lainnya merupakan jenis backdoor yang memungkinkan penciptanya mengontrol perangkat Android korban.

“Untuk saat ini hanya 2 persen ancaman An-droid terdiri dari jenis Trojan Spy, tapi itu merupa-

kan yang paling berbahaya karena bisa memberi akses ke rekening bank korban,” tulis Kaspersky dalam laporannya.

Dilihat dari kecenderungan yang tengah berlangsung, para penjahat cyber diprediksi bakal segera beralih ke metode serangan yang lebih personal. “Tujuan utama malware menjadi pencurian data rahasia untuk membobol kartu kredit korban.”

Mengutak-atik ponsel atau tablet PC sebe-lum tidur menjadi kebiasaan sebagian orang. Jika Anda menjadi salah satunya, sebaiknya perbaikilah kebiasaan tersebut.

Pasalnya, gadget-gadget ini bisa me-nyebabkan Anda kesulitan tidur di malam hari. Adalah laporan yang dikeluarkan Lighting Re-search Center dari sebuah institusi di New York yang mengemukakan temuan tersebut.

Para peneliti mengetes dampak display backlit milik tablet PC dan ponsel pada kemam-puan manusia untuk bisa tidur. Hasil temuannya adalah display piranti ini memiliki dampak yang signifikan pada level melatolin atau hormon yang membantu orang dalam hal tidur.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa pa-

paran display self-luminous electronic selama 2 jam bisa menekean melatonin hingga sekitar 22%,” ujar Mariana Figueiro, associate professor di Rensselaer.

Tak ayal, hal itu bisa mengurangi durasi tidur dan mengganggu akivitas ini. Tapi ada berita baik yang masih bisa didapat dari lapo-ran tersebut, demikian seperti dikutip detikI-NET dari TechVibes, Kamis (30/8/2012).

Walaupun berefek buruk, namun pemilik tablet PC dan ponsel tak perlu meninggalkan kebiasaannya berselancar di dunia maya saat malam hari. Disarankan, sang pemilik piranti ini untuk melakukan dua hal yakni meredupkan display dan membatasi penggunaan waktu pe-makaian gadget favoritnya itu. (kompas.com)

Pada hari pertama penjualannya tablet ini dibanderol seharga Rp 5.959.000. Setelah itu, harganya normal di Rp 6,99 juta. Sam-sung berharap dapat merengkuh segmen pengguna yang membutuhkan tablet untuk meningkatkan produktivitas.

“Soal tablet, konsumen butuh produk yang bisa meningkatkan produktivi-tas, bukan hanya jadi passive user,” ujar Andreas Moritz Rompis, Vice President Samsung Mobile Business, Samsung Elec-tronics Indonesia. (kompas.com)

10 September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Nikon menjadi perusahaan teknologi besar pertama yang meluncur-kan kamera digital yang memakai Android, sistem operasi yang banyak dipakai telepon genggam pintar. Perusahaan Jepang ini mengeluarkan Coolpix S800c yang mereka sebut sebagai “kamera yang ramah media sosial”.

Nikon mengatakan Coolpix S800c menawarkan foto dengan kualitas tinggi dan pada saat yang sama memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah foto ke jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook langsung dari kamera tanpa perlu dimasukkan ke komputer terlebih dahulu. “Seperti halnya ponsel pintar atau komputer tablet, kamera ini bisa menjalankan aplikasi untuk menyunting foto atau video,” demikian pernyataan yang diumumkan Nikon. “Ini tentu akan mengun-tungkan pengguna. Selain itu kamera ini juga menjalankan games, email, dan layanan berbagi foto dari kami sendiri,” tambahnya.

Nikon Coolpix S800c dilempar ke pasar dengan harga 350 dollar As atau setengah dari ponsel Android papan atas, seperti Samsung Galaxy S3 dan HTC One X.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Berantas Buta Huruf Indonesia Raih Penghargaan UNESCO

Program literasi atau pemberan-tasan buta huruf di Indonesia meraih penghargaan dari Organ-isasi Pendidikan, Ilmu Pengeta-

huan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) untuk tahun 2012 karena sukses melawan buta huruf. Penghargaan akan diserahkan pada upacara yang akan digelar di markas UNESCO, 6 September mendatang, dalam rangkaian perayaan Hari Aksara Internasional yang jatuh pada tanggal 8 September.

Pengumuman pemenang disam-paikan oleh Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova, dan ditayangkan di laman resmi badan PBB ini, Kamis (23/8/2012). Selain penghargaan berupa medali dan sertifikat, penyelenggara pengembangan pendidikan masyarakat di Indonesia ber-hak memperoleh hadiah sebesar 20.000 dollar Amerika Serikat.

Dalam rilisnya, UNESCO menyam-paikan, Indonesia menerima satu dari

dua penghargaan bergengsi UNESCO King Sejong Literacy Prizes atas program bertajuk “Peningkatan Kualitas Pendidikan Literasi Melalui Literasi Kewirausahaan, Budaya Membaca, dan Pelatihan Para Pendidik”.

Program ini melibatkan tiga juta orang, sejumlah daerah yang mengedepankan pemberantasan buta huruf pada wanita dengan mengom-binasikan keahlian dasar, dan pelatihan literasi mendasar.

Selain Indonesia, Rwanda juga meraih penghargaan UNESCO King Sejong Literacy Prize melalui program bertajuk “Program Literasi Orang Dewasa Nasion-al” yang digerakkan oleh Gereja Panteko-sta di negara tersebut. Program ini terpilih karena memfokuskan penerapannya kepada perempuan dan remaja putus sekolah serta telah menjangkau lebih dari 100.000 orang yang tersebar di 3.500 pusat literasi. Negara juga menjamin hak setiap orang untuk melek huruf dan pendidikan dasar, termasuk di dalamnya pemahaman tentang HAM, rekonsiliasi, dan perdamaian.

Sementara itu, Bhutan dengan program berjudul “Program Pendidikan Informal dan Berkelanjutan” dianugerahi penghargaan UNESCO Confucius Prizes for Literacy dan Kolombia meraih peng-hargaan yang sama dengan program ber-tajuk “Program Sistem Interaktif (Trans-formemos Educando)”. (kompas.com)

11September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 11

Xpresi Info

Orang Indonesia Makin Mahir Berbahasa Inggris

Kemahiran orang Indonesia dalam berbahasa Inggris ternyata semakin meningkat jika dilihat dari data terbaru mengenai hasil tes bahasa Inggris Interna-

tional English Language Testing System (IELTS). Hasil rata-rata IELTS di Indonesia meningkat dari 6,2 pada tahun 2010 menjadi 6,4 pada tahun 2011 dalam skala

penilaian IELTS 1-9.Dengan parameter IELTS, bisa dika-

takan bahwa kemahiran orang Indonesia dalam tiga dari empat keterampilan ber-bahasa Inggris, yaitu menulis, berbicara, dan menyimak, mengalami peningkatan. Hasil menyimak, menulis, dan berbicara meningkat, dan menyimak diidentifikasi sebagai keterampilan yang paling kuat di kalangan peserta tes dari Indonesia.

“Hasil dari tahun 2011 menunjukkan bahwa peserta tes berkomitmen terhadap studi berbahasa Inggris dan berusaha meningkatkan kemampuan mereka dalam memakai bahasa tersebut,” kata Angela Hennely dari British Council, salah satu mitra IELTS.

John Belleville dari IDP untuk IELTS Australia menambahkan bahwa setiap

tahun semakin banyak orang di Indonesia yang memilih untuk mengikuti IELTS demi memperoleh kesempatan pendidikan dan pekerjaan di Amerika Serikat, Kanada, Ing-gris, atau Australia.

Ada 31 pusat tes IELTS yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Band-ung, Denpasar, Jakarta, Medan, Semarang, dan Surabaya. Hasil tes IELTS diper-syaratkan oleh lebih dari 7.000 lembaga pendidikan, pemerintahan, dan pemberi kerja di seluruh dunia sebagai alat ukur kemampuan berbahasa Inggris.

Lebih dari 1,7 juta peserta mengikuti tes IELTS pada tahun 2011. Jumlahnya meningkat sekitar 12 persen dari jumlah peserta pada tahun 2010.

Sumber :ANTARA

Susah Mengingat dan Menghafal? Ini SolusinyaSelama studi, Anda kerap dihadapkan

berbagai macam materi kuliah yang harus diingat dan dihafal. Sebagai mahasiswa, Anda mungkin kerap mengalami kesuli-tan. Sekarang Anda cuma perlu memaha-mi cara yang tepat untuk mengingat dan menghafal. Keduanya ternyata berbeda.

Mahasiswa kerap dihadapkan dengan dua tipe pekerjaan memori atau meng-ingat. Kerja memori yang pertama dan lebih umum adalah mengingat gagasan tanpa menggunakan kata-kata yang tepat dari buku atau dosen. Memori umum ini ada dalam semua mata pelajaran, tetapi lebih sering penggunaannya pada mata pelajaran seni, ilmu sosial, dan sastra.

Tipe lainnya adalah menghafal secara verbatim atau mengingat kata-kata yang identik dengan sesuatu yang dinyatakan. Tipe menghafal ini terdapat juga dalam semua mata pelajaran, terutama di bidang

mahasiswa adalah dengan menggunakan simbol, menandai khusus dalam teks dan buku catatan untuk menunjukkan bahwa bagian tertentu, aturan, data, dan semua unsur-unsur lain yang perlu dihafal dan perlu untuk dipahami. Jika memori verbatim diperlukan, kembali ke materi tersebut atau coba untuk mengulangnya pada waktu senggang, misalnya dengan memanfaatkan waktu perjalanan pulang pergi ke sekolah.

Menemukan minat pada materi ter-tentu dapat membantu Anda lebih cepat menghafal dengan mudah. Yang pasti, menghafal juga terkait dengan waktu yang Anda gunakan untuk mengulang materi yang perlu dihafal.

Mengasosiasikan materiSementara itu, untuk mengingat ide-ide

umum bisa mulai dilakukan dengan menu-tup mata Anda dan mendapatkan gamba-

ran dari penjelasan dan ringkasan yang ada. Cobalah untuk membacanya terlebih dulu. Pilahlah kata-kata kunci yang penting dan digarisbawahi atau dengan model ilustrasi sendiri atau dengan grafis, seperti gambar, diagram warna, dan grafik.

Selain itu, perlu untuk membentuk aso-siasi terkait hal-hal yang perlu Anda ingat. Makin kaya asosiasi yang Anda bentuk, makin baik pula Anda mengingat materi tersebut. Cobalah menyampaikan ide yang jelas untuk teman Anda tanpa mengacu pada buku atau catatan dahulu. Anda juga bisa melatih diri Anda dengan menuliskan pertanyaan mengenai materi yang Anda pelajari lalu jawab. Dengan demikian, Anda seakan berlatih mengingat beberapa kali.

Memang tak ada cara instan untuk bisa mengingat dan menghafal materi pelajaran. Waktu yang disisihkan hingga mengulang-ulang materi wajib Anda lakukan.

hukum, drama, ilmu pengetahuan, teknik, matematika, dan bahasa asing. Kata-kata dari rumus, aturan, norma, hukum, garis dalam bermain, atau kosakata harus benar-benar dihafal secara tepat.

Masing-masing tipe mengingat memiliki perannya masing-masing pula sehingga mahasiswa harus tahu waktu yang tepat untuk meningkatkan kerja memorinya sesuai yang dibutuhkan.

Memahami secara menyeluruh materi yang harus dihafal, baik soal hafalan nama maupun rantai kimia itu penting. Pemaha-man tersebut berguna untuk memperoleh gambaran tentang serangkaian peristiwa kompleks atau rantai penalaran. Proses pemahaman materi yang harus dihafal atau diingat baik untuk mencoba memperbaiki daya ingat untuk memfungsikan kerja nalar.

Pada saat harus menghafal kata demi kata, cara yang baik untuk dilakukan

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 12

Xpresi Seremoni

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 13Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 14 September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 14

Xpresi Cerpen

NistatinX-3, SMA Methodist-3 Medan

Aku, si Badak Jawa“Ayo kita pergi ke sungai,” kata ibu

kepadaku.Rombongan kami yang berjumlah

ratusan berbaris rapi berjalan ke sungai, termasuk aku dan ibuku. Disepanjang perjalanan terhampar pemandangan yang sangat indah.

Rerumputan yang menggelitiki kaki terasa di setiap langkah, daun kelapa melambai-lambai menyambut keda-tangan kami, burung yang bernyanyi terdengar dari atas pohon, terlihat juga kupu-kupu yang senantiasa bercengkra-ma di pinggir kelopak bunga. Sungguh indah. Hutan yang lebat ini bagaikan surga bagi kami.

Sayang, tinggal ini satu-satunya hutan yang masih asri di daerah ini. Kami tidak sengaja menemukannya ketika ber-jalan mencari hutan baru karena hutan-hutan yang kami tempati sebelumnya sudah gundul. Kami mengira sudah hilang harapan kami untuk mendapatkan hutan.

Untunglah ada hutan ini yang masih belum diketahui oleh manusia. Masih sangat alami dan hijau. Kuharap kami dapat tinggal disini selamanya. Walau-pun jauh dilubuk hatiku, sebagian diriku berkata hal itu tidak mungkin terjadi.

Sesampainya di sungai, kami lang-sung masuk ke dalam sungai, bermain air sambil meminumnya. Kami bermain dengan sangat senang sampai-sampai lupa waktu.

DOR!! Tiba-tiba dari kejauhan kuden-gar suara letusan itu. Suara apa itu? Aku mencari-cari asal suara. Belum aku men-emukannya, kulihat ibu menghampiriku dengan tergesa-gesa.

“Rino, keluarlah dari sungai! Sembu-nyi di balik pepohonan! Kau masih kecil, jadi pasti bisa tersembunyi,” kata ibu sambil mendorongku.

“Ta.. tapi mengapa? Bagaimana den-gan ibu, paman, bibi, dan yang lainnya? Suara apa tadi itu, bu? Apa ‘manusia’ lagi? Apa yang terjadi sebenarnya?” tanyaku bingung.

Ibuku terlihat mulai cemas. “Rino, kami tidak bisa bersembunyi karena kami terlalu besar. Sembunyilah se–jangan bertanya lagi!” serunya ketika aku terlihat hendak mengatakan sesuatu, “Sembu-nyilah seorang diri! Dengarkan kata ibu, Rino!” wajahnya tampak serius.

Aku menurutinya dan berjalan keluar dari sungai. Suara-suara tadi semakin mendekat seiring dengan langkah kakiku. Namun aku belum dapat melihat ke belakang karena tengah berjalan ke pinggir sungai. Disaat aku sudah tersem-bunyi dibalik pepohonan, ibu memang-gilku.

“Aku sayang kau, Rino,” setitik air mata jatuh ke pipinya.

DOR!! Suara letusan itu menggelegar memecahkan telingaku. Ibuku jatuh dan tak bergerak lagi. Air mata masih me-

dimulai. Aku berpindah-pindah dari satu hutan ke hutan lain, mencoba mencari rumah bagiku. Berkali-kali aku hampir ditangkap oleh pemburu, namun aku berhasil lolos.

Kami–dan sekarang tinggal aku, adalah seekor badak Jawa. Kalian bisa menyebutku binatang atau apapun, aku tidak peduli.

Aku disebut juga Rhinoceros Sonda-icus, berasal dari famili Rhinocerotidae. Aku salah satu dari lima spesies badak, yaitu badak Jawa, yang juga merupakan badak terkecil dari lima spesies badak itu. Tinggi kami rata-rata 120-145 cm dengan panjang kira-kira 250 cm. Berat kami berkisar 500-800 kg.

Walaupun nama kami badak Jawa, bukan berarti kami hanya terdapat di Pulau Jawa saja. Dulunya spesies kami banyak menyebar di Asia. Tapi saat ini, spesies kami terancam punah. Hanya tinggal beberapa ekor lagi di dunia ini. Itu semua karena ulah manusia. Manu-sia yang katanya makhluk terpintar dan berakal budi. Mungkin juga yang terakus di muka bumi ini.

Kami diburu untuk didapatkan culan-ya. Mau tahu harga kami? 30.000 US$ / kg di pasar gelap. Itu karena di Tiongkok, cula kami digunakan untuk pengobatan tradisional.

Sebenarnya, ada satu hal yang kub-ingungkan sejak dulu. Manusia sudah terlalu banyak, bukan? Menjamur dari Timur sampai Barat.

Seperti sampah, yang banyak terda-pat dimana-mana. Dan hampir separuh-nya memang benar-benar ‘sampah’ yang tahunya hanya berbuat jahat seperti: MEMBUNUH.

Tapi bahkan seorang ‘sampah’ seperti mereka mempunyai HAM–Hak Asasi Manusia. Tapi kenapa kami–yang saat ini HANYA berjumlah beberapa ekor di DUNIA, tidak mempunyai hak untuk hidup? Jumlah kami semakin sedikit, malah pemburu semakin gencar mem-buru kami. Kamilah mamalia terlangka di dunia ini, BUKAN manusia. Untuk apa melindungi manusia yang sepantasnya mati? Toh, bukannya jumlah manusia banyak? Terdapat miliaran manusia di bumi ini. Mati satu tidak berpengaruh, bukan?

Aku akui, manusia memang yang tertinggi derajatnya di muka bumi ini. Mereka mempunyai akal yang bisa belajar cepat, tidak seperti kami. Aku butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa mendengar bahasa manusia. Manusia juga sempurna. Tapi kepintaran mereka malah disalahgunakan. Bukannya dipakai untuk hal berguna, mereka malah belajar cara MEMBUNUH dan MENANGKAP hewan langka.

Kenapa mereka tidak bisa hidup da-mai saja dengan kami? Begitu tinggikah diri mereka sehingga kami tidak layak

netes dari pelupuk matanya. Hentikan.. Kumohon hentikan..

“Sudah semua?” terdengar suara seorang manusia di telingaku. Ketika aku mengalihkan pandanganku sejenak dari ibuku, bagaikan tersambar petir, barulah aku tahu apa yang sedang terjadi.

Banyak mayat bergelimpangan. Darah mengalir menganak sungai. Rom-bongan kami yang tadinya berjumlah ratusan kini tinggal aku seorang. Se-muanya dibunuh. Dibunuh oleh manusia yang berjumlah puluhan orang. Semua–kecuali aku.

“Sepertinya, sih, sudah. Tidak ada lagi yang dapat kulihat,” jawab manusia yang memakai topi. Dia berjalan dan meng-injak mayat ibuku,“binatang ini yang terakhir.”

Kemarahan langsung menyusupiku. ‘Jangan kau injak ibuku!!’ Ingin sekali ku-teriakkan itu pada mereka. Tapi suaraku tak kunjung keluar. Jiwaku berontak ingin menerjang mereka, namun kedua tangan dan kakiku bergetar hebat. Aku takut. Sangat takut.

Hatiku teriris-iris. Aku bahkan tidak bisa berbuat apa-apa ketika manusia-manusia itu mengangkut mayat-mayat saudaraku.

Tidak puas juga, mereka lalu mulai menebang pohon-pohon di hutan itu. Kecanggihan teknologi menjadi senjata makan tuan, karena dalam beberapa jam saja, sudah banyak pohon-pohon yang ditebang.

Hutan ini sudah separuh menuju kehancuran. Aku bahkan bisa mendengar seluruh isi hutan berontak, menangisi nasib mereka.

Untunglah menjelang malam mereka pulang, sehingga aku bisa beristirahat sejenak, mencoba melupakan rasa sakit di hati. Sepanjang malam air mata tidak berhenti menetes dari mataku. Baru saja kami kemari. Dan sekarang, seluruh kelu-argaku dibunuh. Rumahku dihancurkan. Dimana lagi, di dunia ini, tempat yang bisa kusebut rumah?

***Malam terus berganti. Tahun terus

berganti. Sudah lama sejak peristiwa itu terjadi.

‘Aku sayang kau, Rino.’ Kata-kata itu masih terngiang-ngiang di kepalaku. Kata terakhir dari ibuku. Rasanya seperti pembantaian itu baru terjadi kemarin. Masih sangat jelas terpatri dalam otakku.

Pada malam itu juga, aku keluar dari hutan itu. Dan dari situlah nerakaku

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Xpresi Cerpen

15September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

hidup bahagia bersama mereka? Apa be-nar kami tidak punya hak untuk hidup? Mungkin ketika kami punah, barulah mereka puas.

***

Aku sedang tidur ditemani sunyinya malam ketika kudengar suara berisik. Aku langsung siaga. Jantungku berdetak cepat. Manusiakah itu?

Cahaya silau menyinari mataku. Apa itu? Kucoba terbiasa dengan cahaya itu, hingga akhirnya aku dapat melihat apa yang sedang terjadi. Itu manusia. Dan ca-haya silau yang menyinariku tadi berasal

dari senter yang mereka bawa.Aku langsung lari dengan segenap

kekuatanku.“Dia lari!” kata manusia yang meme-

gang senter, “obat biusnya, cepat!”Belum jauh aku berlari, aku merasa-

kan tubuhku tersengat sesuatu. Kakiku lemas dan tak bertenaga. Aku pun jatuh dan semuanya gelap.

Aku terbangun di tempat yang asing. Tempat apa ini? Di sekelilingku tampak rerumputan yang luas, dedaunan yang bergoyang disapu angin lembut, juga bunga-bunga yang bermekaran. Surgakah ini? Mengingat tidak ada lagi

Kemerdekaan bagi anak bangsa memiliki arti yang sangat penting, mengandung makna bahwa telah bebas. Bebas bukan hanya dari

satu penjajah, tapi juga seluruh penjajah yang telah, sedang dan akan menjajah republik kita. Bebas memilih partner dan teman, bebas dalam bekerjasama dengan bangsa apapun di dunia ini.

Meskipun secara formal republik su-dah merdeka, secara informal republik ini belum bebas. Belum bebas memilih part-ner dan bekerjasama dengan bangsa lain. Masih banyak tekanan dan paksaan dari bangsa yang lebih kuat dari segi ekonomi, politik maupun militer yang membuat kita sulit bergerak.

Ini yang sering disebut oleh para pengamat politik sebagai kita belum merdeka. Secara tidak lansung kita diajak mengenang kembali saat-saat para pejuang kita dengan jantan menaklu-kan kaum kolonialis.Sejumlah peristiwa bersejarah pada masa penjajahan dapat kita amati sebagai modus pembang-kit semangat perjuangan rakyat demi meraih kemerdekaan, tentu saja dengan menempatkan nasionalisme sebagai magnet penggerak semangat perjuangan nasional.

NASIONALISME KEMERDEKAAN

hutan selebat ini.Tapi tidak. Ini bukan hutan. Aku tidak

tahu kenapa, tapi aku tahu ini bukan hutan. Baunya tidak sama.

Karena penasaran, aku pun berkelil-ing-keliling tempat itu. Dan kemudian, aku melihat sesuatu.

Itu badak! Badak Jawa! Ada satu, dua, tidak–ada puluhan disini. Tempat apa ini? Kucoba menghampiri saudara-saudara jauhku itu.

“Tempat apa ini?” tanyaku pada badak yang kelihatan paling tua.

Ia menatapku heran sesaat, kemudian tersenyum. “Ini di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa.”

“Lebih tepatnya, tempat untuk apak-ah ini? Kukira.. kukira tinggal beberapa saja spesies kita di bumi ini.”

“Memang,” katanya. “Atau lebih tepatnya, jumlah spesies kita di bumi ini tinggal 35 ekor lagi. Dan sebagian besar berada di tempat ini. Tempat ini adalah tempat untuk memperbanyak hewan-he-wan yang hampir punah, termasuk kita.”

“Siapa yang mengumpulkan kita semua?” tanyaku penasaran.

“Manusia,” jawabnya santai.“Apa?” tanyaku bingung, “bukankah

justru MANUSIA yang membunuh spe-sies kita?”

“Tidak semuanya,” kata badak itu, “li-hatlah tempat ini. Manusia yang baik hati membangunnya dan berusaha mem-buatnya sama seperti habitat asli kita. Walaupun tidak sama, tapi jauh lebih baik daripada di luar sana, bukan?”

Aku hanya mengangguk karena tidak tahu harus berkata apa.

Yessy Natalia SiboroSMA Methodist 1 Medan

Opini

Ada yang beranggapan bahwa na-sionalisme kita saat ini tengah menyusut. Terkait dengan perkembangan zaman, anggapan tersebut tidak sepenuh-nya benar. Jika pada masa perjuangan kemerdekaan kita berhadapan dengan musuh konkret yang hadir secara politik dan militeristik, yakni penjajah Belanda

dan Jepang, sekarang ini kita berhadapan dengan musuh yang hadir dalam wujud bayang-bayang neokapitalisme/neoim-perialisme yang menjadikan Indonesia sekadar pasar, korupsi, kemiskinan, kesen-jangan sosial, dan sebagainya.

Disadari atau tidak, perubahan yang cukup radikal ini kemudian diam-diam

melahirkan cabang bayi yang bernama krisis. Krisis yang tidak hanya disebabkan oleh runtuhnya tatanan perekonomian negara, melainkan yang paling krusial adalah oleh apa yang disebut dengan the higher immorality; yakni, konspirasi immoralitas power elite tingkat lanjut. Hilangnya kepekaan moral (moral insensi-bility) di kalangan orang-orang elite (kaya) dan kekuasaan dari golongan power elite, yaitu penguasa, politikus, militer, dan pen-gusaha swasta. Lambat laun, kemerde-kaan secara politik yang telah ditorehkan para stake holders (pemegang saham) kini menjadi sia-sia karena datangnya bentuk penjajahan baru yang bersifat serba ab-strak yang dilakukan oleh para elite politik kita sendiri.

Dalam konteks sekarang ini, kita se-mestinya menumbuhkan dimensi-dimensi kepahlawanan dalam diri kita untuk memerangi kegandrungan terhadap konspirasi immoralitas tersebut. Prak-tik korupsi dan manipulasi, eksploitasi maupun pembodohan secara sistematik, bagaimanapun harus kita tempatkan se-bagai bentuk dari keterjajahan bangsa ini. Dengan demikian, melawan dan mengikis habis semua itu merupakan wujud dari spirit nasionalisme (kepahlawanan) kita.

Sejak saat itu, aku tinggal di tempat itu. Di Taman Nasional Ujung Kulon. Atau lebih tepatnya di Semenanjung Ujung Kulon, yang merupakan habitat spesies kami. Dan, jujur saja, aku mulai menyukai manusia.

Manusia tertentu, maksudku. Aku diperlakukan dengan baik disini. Diperlakukan sebagai.. makhluk hidup. Makhluk hidup yang sesungguhnya. Dan, walupun tempat ini agak berbeda den-gan hutan sesungguhnya, tapi tempat ini sangat nyaman. Itu dikarenakan manu-sia-manusia yang sangat baik hati.

Masih ingat orang yang membawa senter, yang membiusku untuk memb-awaku kesini? Yang semula kukira pem-buru itu. Ia bahkan meminta maaf karena sedikit menyakitiku ketika ia membiusku dan karena membuatku takut.

Sedikit demi sedikit, luka di hatiku yang dulunya menganga lebar, perlahan mulai tertutup kembali. Sakit hatiku kar-ena diperlakukan secara tidak adil, mulai sembuh perlahan-lahan.

Aku pun belajar, bahwa tidak semua manusia jahat seperti pemburu-pemburu itu. Bahwa masih banyak juga manusia-manusia yang berhati baik. Aku percaya itu.

Dan tambahannya, aku sudah memi-liki istri dan anak! Aku harap jumlah kami yang tinggal 35 ekor di dunia ini dapat bertambah seiring dengan waktu.

Akhirnya, pencarianku untuk men-emukan rumahku telah usai. Aku telah menemukannya. ‘Rumahku’.

Dan, disinilah kami. Kami menunggu, menunggu untuk dilestarikan.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Xpresi Puisi

16

Guruku MataharikuBobyXII-IPS SMA Methodist 2 Rantauprapat

Enam tahun sudah berlaluSaatnya aku pergi dan pergi mening-galkanmuKulukis sebuah perjuangamu bagiku

Kulukis dalam sanubarikuKenangan yang terindah yang ku lewati saat bersamamuKu bawa ketempat yang aku tujuKu bawa tinta emas yang pernah kau beriHingga aku bisa berguna bagi nusa dan bangsaKetika matahari telah ringki dan letihEngkau tetap membimbing dan menuntunkuGuruku jasamu sangat besar bagikuEngkau adalah matahari dalam hidupkuMatahariku tutunlah aku walaupun aku jauh darimu

Fatmawati Lubis 3 ADM 1, SMK Negeri 1 Padang Sidimpuan

Sepi..Dengarlah rintihan hati kuDengarlah cerita sedih menyayat hatiCerita yang ntah kapan berakhir

Sepi..Inilah kisah sedihkuKisah seorang gadis yang selalu mengalahMengalah untuk orang yang ia sayangiMeski hati terus terlukaSepi..Jika bisa kuutarakanKu ingin berteriak sepuasnyaKu ingin melepas dan mengungkapkan perasaanYang tak bisa ku utarakanSepi..Ku ingin di mengertiKu ingin di hargaiPikirkan perasaanku yang selalu terlukaWalau hanya sekali

Kisah Sedih

Antara Dulu dan Sekarang Putri Maya XI IPS, SMA Methodist 2 Bukit Pion Tanjung Balai

Dulu demi diriku kau rela berubah Dulu demi diriku kau rela tinggalkan semuanya Dulu demi diriku kau rela melakukan

apapun Dulu berbagai cara kau lakukan untuk mendapatkan cintaku

Namun Sekarang semua itu seakan hilang begitu saja Bagaikan debu dibawa angin entah kemana Sekarang Kau bukan lagi yang dulu Sekarang Kau telah berubah menjadi orang lain Aku tak tahu mengapa

NamunSatu yang pasti Sayang dan cintaku padamu tak pernah berubah Masih sama seperti dulu

Cinta Yang Tergantikan Putih Biru SahabatkuFrans JayaXI-IPA SMA Methodist-2 Rantauprapat

Pernah ada..Rasa cinta..Antara kitaKini tinggal kenangan

D’lu masa amat indah berlaluBersama dirimuKini semua telah sirnaDan engkau telah melupakankuKini dirimu t’lah tergantikanDengan kehadiran kekasih disisi iniNamun..Ku tak akan melupakanmu..Aku hanya punya satu permintaanJadilah sahabatkuDan..Lupakan masa lalu

Imey Yosanta kacaribuX1 IPA 2, SMA Methodist Binjai

Hal yang baru kusadari saat iniKalau dia adalah bagiankuDan baru kurasakan detik ini Dia adalah Senyum pagiku

Waktu ........Dia membuat semua berlalu begitu cepatSenyuman saat kami Masih menyandang putih biruSaat kami masih seperti kapasYamg masih putih]Kami jalani semua dengan senyumanTawa dan bahagiaKuingat saat bibirmu terbukaDan mengucapkan selamat tinggal ....SobatKau ucap itu Dengan setitik kesedihan dimatamu Sekarang kuharus mengenangmu Dan kita beranjak Dan kita berlaluPutih biruBerganti.............Putih abu- abu

Hendra P. SimangunsongXI IPS, SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

Your smile is my happinessLaughter is my inspirationyour word is my hopeall of you are one in my heart

while looking at youhappy to come pick me upfeel the love vibrationsincreasingly made soluble infeeling it

but ...all just being delusionalbecause I could only admirewithout having you

all the flavor is like a beautiful dreamand I do not want to wake up fromdreamsbecause only in my dreamsI can look at you, hold you,and caress your heart

Extent of Dreams

Lidia Veronika TambunanXII IPA SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

Haruskah kau tahu jika aku mencintaimu?KU RASA TIDAK...Kerana cinta itu tak bisa terungkap agar bisa terlihat,

Ianya hanya bisa dirasa dalam hati...Bukan aku tak berani mengurai,Tapi aku takut salah dalam menempatkannya,Karena apa yang menurutku baik,Belum tentu baik menuru sekitarku,Aku ingin yang terbaik untuk smua orangSebenarnya...Acuhku selama ini bukan berarti mengabaikanmu,Diamku bukan berarti tak mengingatmu.Semua ini karna aku tidak ingin MENGUSIKMU...Ada perasaan...Ada keinginan...Ada harapan...Namun aku merasa diri belum pantas untuk itu,Biar rasa ini tercipta,Kusimpan disudut hati...Hanya Tuhan saja yang tahu.Ku terbangkan sayap angan ke angkasa,Agar tak menyeretku inginkan cinta,Akan kucari namamu di malamku.Aku harap kaulah yang tertulis.Jikapun bukan..Izinkan aku mengagumimu dari sisi gelapku..

Dalam Diamku

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

FinnaXII IPS 2, SMA Diponegoro Kisaran

Sobat…Ketika hati ini mengeluhMerasa berputus asaJangan kau tiinggalkankuMeninggalkanku dalam keadaan sunyi, sendiri

Jangan…Jangan kau pergi begitu sajaTanpa alasan yang jelasSeperti anak panah yang dilontarkan tanpa berkawanAndai kau tau…Andai saja kau tau, hati ini telah di rangkul olehmuAndai saja aku bisa membisikkan kata dengan menatap bola matamu, bahwa aku sangat menyayangimuJujur saja…Jujur rasanya aku tak sanggup bila kau pergiBila kau pergi mencari penggantikuJangan pernah..!!!Tuhan,Jadikanlah bahuku penopang kesedihan baginyaJadikanlah kelebihanku penutup kekurangannyaDan jadikanlah kelebihannya penutup kekurangankuLindungilah kami dari kepalsuan duniaBerikanlah yang terbaik dan yang paling terbaik untuk kami..

Surat Kecil Untuk Sahabat

Henny Berlina PurbaXII IPA2, SMA N 3 Sibolga

Jujur...Semua tentangmu masih ku ingatRaut indah wajahmu masih terbingkai rapidi sudut ruang hatikuGelak tawamupun masih terngiang

ditelingakuJujur...Hingga saat ini masih sering ku bermimpi tentangmuMasih sering ku mengukir namamu dicatatan hariankuJujur...Bukan ku bermaksud untuk tidak melupakanmuHanya saja tentangmu belum bisa hilang dari benakku

Masih Ada Tentangmu

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Xpresi Puisi

17

Redaksi menerima kiriman cerpen, puisi. Naskah cerpen 5000-6000 kara-kter, original dan belum pernah dipub-likasikan di media manapaun. Tulisan dikirim ke email [email protected] atau via pesan Facebook Tabloid Xpresi, tulisan disertai biodata lengkap penulis, foto, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Gelapnya Dunia KuSuandi TarihoranXII-IPA 3, SMA N 3 Sibolga

Aku duduk termenung dalam gelap-nya dunia malam..Merasakn sakitnya belenggu jiwa..Serasa pedang menusuk raga ini dan gelombng panas membasahi hati ini..

Tak ada lagi yg menopang ku untuk tetap berdiri dan melihat indahnya dunia..Ku menahan sakitnya raga dan perasaan ini..Tuhan..Apa kah sudah tak ada lagi cinta dan kasih sayang yang dapat ku terima?Kalau itu emang ada aku harap kau menunjukn nya kepada kuAku akan tetap mnunggu sampai aku menutup mata di tempat terakhir aku untuk beristirahat.

Samuel Yoshua SibaraniX 1, SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

Kemerdekaan ini terjadi karena pahla-wanPahlawan revolusi adalah pahlawan bagi bangsa Indonesia

Banyak pahlawan yang sudah dilupakanTapi mereka berjuang dulu untuk kitaKnp sekarang kita lupakan merekaAyo kita ketahui pahlawan yang perna menyelamat IndonesiaSupaya kita tahu bahwa pahlawan itu adalah Orang yang patut ditiru dalam segalahal Karena kita baru merayakan kemerdekaan Jadi kita baru merayakan kemerdekaan 67 tahunMerdeka........Merdeka.......Merdeka.......

Kemerdekaan

Willy SincokSMA Ostrom Methodist Tebing Tinggi

Ku tertegun dan tak berkutikTak ada nada-nada yang keluarYang ada hanyalah diam yang berkelanjutanMelihat indahnya sayap punggungmu

Aku sudah merasakannyaGetaran-getaran di hatiYang ntah apa namanyaMembuatku sesak dan tertekan

Lisan dan Tulisan aku utarakanGemilangnya hati yang aku rasakanKu kirimkan seribu burung merpatiYang terbang tinggi di kahyanganuntuk menyampaikan isi jantungku..

Detak-detak yang menyakitkan..Saat kau berbalik menghadap ragakuMembuatku sadar betapa lebarnya sayapmuyang tak mampu ku jangkau dan ku sentuhLebarnya mencerminkan perasaankuBahwa Aku tak pantas mendapatkanmuKarena Kau terbang dahulu melampauiku..

Kau melangkah jauh darikuPergi ke dunia yang tak dapat kulihat,Dunia yang lain, dunia malaikatKini aku hanya bisa mengenangsenyuman malaikatmu yang tercantik..Suaramu yang membuat padang bunga mawar menariDan Lebarnya sayap malaikatmu...

Lebarnya Sayap Malaikat

PudarRahmi Yunita Harahap 3 ADM 1, SMK Negeri 1 Padangsidimpuan

Diantara dua malam, dua siang dan ceritanyaDetik demi detik, setiap tetessan air mata mengandung harapan

Tapi semua sudah hilangSudah tak ada dalam benakKetika aku memetik asa yang sangat besarSelalu ada perjuangan di balik asa yang besarTapi asa itu jatuh sia-siaTak lagi terharapkan untuk semuanyaTiada lagi harapan untuk hidupAsa sudah pupus ditengah jalanSelalu pupus ketika aku ingin bahagiaHarapan itu pudar begitu saja

Saor Franciskus NainggolanXI IPA, SMA Tritunggal Tanjung Balai

Malam ini aku merasa kesepian ...Kurindu kekasih hati kuSegala kenangan yang terhindah bagi hidup kuYang pernah terjadi....

Aku akan s,lalu ingat sampai aku mati Walaupun saat dirimu berpisah denganku Aku tetap mencintaimu Percayalah padaku Aku tak akan pernah selingkuh.....Maafkanlah diriku....Karna aku tak pernah mampu menjaga dirimu Di setiap waktu.

Berpisah

Yulia Dewi Harianto X-1, SMA Negeri 2 Model Binjai

Disaat ku menteskan air mata...kau lah orang pertama yg mengha-pusnya...

Disaat hatiku tak kuat lagi menam-pung semua kekecewaan...Kau berikan hatimu untuk menampung sedikit kekece-waan ku...

Disaat ku tenggelam dalam mimpi gelapku...Kau datang membawa sinar yg temarak ...

Kau memberikan tanganmu untuk menghapus air mata ku...

Kau memberikan bahumu...Untuk tempat ku menyandar dari smua kekecewaanku...

Kau bagai bintang yang menghiasi malam-malam yang kelam...Kau bagai matahari yang dapat membuat sinar yang terang ...Kau juga bagaikan pelangi yang memberikan keindahan setelah hujan...

Bagi ku kau adalah seorang yang brharga dari pada permata..

walaupun waktu membawa kita dalam sebuah perpisahnau akan selalu menuils nama mu d hatiku sebagai saha-bat terbaik

Sahabat Terbaik

Rina A.S SMA Negeri 1 T.Balai

Bila aku hidup di antara dua pilihan,Bernafas dan mencintaimu,maka akan aku gunakan nafas terakhir ku untuk mencintamu,hingga kau mengerti betapa besar nya

cinta ku pada mu

Ketika amarah tak dapat lagi ku bendung,Aku akan menghadpi itu dengan cinta.Ketika sedih menghujani ku,maka aku akan berpayung dengan cinta.Ketika keegoan menyerang ku bertubi-tubi,ku menepis semua dngan cinta

Karena hanya cinta ku pada mu,ku bisa menghadpi semua itu.

Hanya Satu Pilihan

Septian SiahaanXl IPS SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

Ingin kurasakanapa yang kulakukan dulu padamusakitmu,lukaimutak sanggup hati ku menahan perih

yang kini membuatku menangis dan menangismaafkan aku yang pernah sakitimuingin ku akhiri semua inikini kudapatkan sakit yang berkali-kalisedari lukamu karna ku.

Lukamu Karna Ku Yeni Waty LimXI-IPA, SMA Swasta Tritunggal

TUHAN...Aku kadang melupakan-MuAku kadang melanggar peraturan-MuHanya Engkau ?ª?g begitu muliaSungguh besar kuasa-Mu

TUHAN...Ku ingin pulang di pangkuan-Mu Izin kan ku tuk menemani-MuKu begitu lelah menghadapi dunia ku..Dunia ku ?ang gelapKu begitu lemahTak sanggup menghadapi rintanganRasa nya ingin pergi jauh dari dunia gelap ini

Tuhan

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 18 Juni 2012 I Edisi 75 I Tahun VII

Xpresi Resensi

18 September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Judul : Celotehan Pasien Penulis : Romo Aloysius Budi Purnomo Penerbit : Elex Media Komputindo

Membangun rasa syukur kepada Tuhan itu sangat perlu agar kita selalu sadar bahwa tanpa bantuan Tuhan,, manusia

itu akan kesulitan hidup. Siapa pun pasti pernah sakit, atau bahkan opname di sebuah rumah sakit! Apa yang kita lakukan saat kita sedang sakit? Mengeluh? Marah? Kecewa? Pu-tus asa? Tiap orang bisa memiliki reaksi masing-masing, namun adakah yang saat sakit masih bisa bersikap produktif?

Buku ini menghadirkan pengalaman sakit, dan yang sakit tetap saja bersikap produktif! Di tengah pergumulan meng-hadapi rasa sakit dan penyakit, penulis masih tetap setia menghayati hidupnya sebagai seorang rohaniwan dan seorang penulis. Dia berdoa, dia menulis, dan mencatat apa saja yang melintas di benaknya dan merumuskannya dengan catatan-catatan yang ternyata sede-

Celotehan Pasien

mikian rupa sehingga bisa diterbitkan menjadi sebuah buku!

Buku ini layak dibaca oleh siapa saja, karena tidak hanya berkisah tentang sakit dan penyakit, namun juga berbagai pandangan, pengalaman, dan impian tentang hidup bersama yang damai, ru-kun, dan menghargai pihak lain, bahkan yang berbeda iman dan agama!

Buku ini tak hanya memberi mo-tivasi positif atas pengalaman sakit, tetapi juga memberi inspirasi dalam menghayati hidup bersama di tengah keberagaman. Buku ini dapat tersebar luas kepada umat, karena mengandung keteladanan seorang Imam Katolik, dan juga ada kunci kerukunan hidup antarumat beragama. Dalam Al-Qur`an juga disebutkan, umat Islam wajib me-muliakan semua Rasul, seperti Muham-mad saw., Isa Al-Masih, dan lain-lain, dan Umat Nasrani Katolik paling dekat hubungannya dengan umat Islam. Buku Celotehan Pasien sangat luar biasa dan inspiratif.

Book of MiraclesJudul : Book of Miracles Penulis : Bernie S. Siegel, MD Harga : Rp. 68.000,-

Dalam buku ini, Bernie Siegel me-nampilkan berbagai kisah yang menggugah dan penuh kehangatan yang dikumpulkannya

selama lebih dari 30 tahun menjadi dokter bedah, pembicara, dan pengajar.

Kisahnya bervariasi mulai dari seorang gadis remaja yang berhasil mengatasi gangguan anoreksia setelah ia menemu-kan cinta tanpa syarat dari adik bayinya, seorang wanita pengidap kanker yang berhasil menundukkan penyakitnya setelah ia bertemu dengan dokter-dokter

yang mengulurkan persahabatan baginya, sampai sebuah keluarga yang selamat dari kebakaran berkat kelelawar-kelelawar yang beterbangan di salah kamar rumah. Tanpa mengesampingkan kenyataan yang menyakitkan dan penuh derita yang dialami para penuturnya, kisah-kisah ini menunjukkan bagaimana orang-orang berhasil mengubah krisis menjadi karunia dengan merespons penderitaannya mela-lui cara-cara yang memberdayakan dan menyembuhkan. Mereka memperlihatkan bahwa kita bisa mendapatkan keajaiban saat kita dihadapkan pada tantangan kehidupan.

Judul : When Life Lights UpPenulis : Serdar Ozkan Harga : Rp. 40.000,-

Ketika Hidup Bercahaya

When Life Lights Up adalah kisah tentang seorang anak kecil yang unik, per-sahabatannya dengan

seekor lumba-lumba, dan pengalamannya bertemu Malaikat Maut dua puluh tahun kemudian. Novel yang menceritakan tentang harapan, cinta tanpa pamrih, dan keajaiban hidup.

Tahtanya sebagai raja perampok berakhir ketika Will Montgomery (Nicholas Cage) harus mendekam dalam penjara. Usai menghabiskan masa tahanannya akibat perampokan bank sebesar sepuluh juta dolar, Will memutuskan untuk mengunjungi dan mengawali hidup baru ber-

sama putrinya Allison (Sami Gayle) yang telah terpisah selama delapan tahun. Pihak FBI dan rekan perampokan bank, Vincent (Josh Lucas) sangsi bahwa Will telah memusnahkan sepuluh juta dolar. Vincent pun menculik dan menyekap Allison dalam bagasi taksi lalu menuntut tebusan sebesar sepuluh juta dolar dalam sehari. Tuntutan Vincent memaksa Will untuk kembali merampok bank lain bersama rekannya Riley (Malin Akerman) demi mendapatkan putrinya atau tidak sama sekali.( jhw)

Data teknis:Sutradara: Simon WestProduser: Avi Lerner Danny Dimbort René Besson Matthew JoynesWritten by David GuggenheimAktor Nicolas Cage John Lucas Malin Åkerman Danny HustonSinematografi Jim Whitaker

Stolen: Merampok

atau Dirampok

Semua buku yang dipublikasikan adalah hasil kerjasama antara STIE - STMIK IBBI (Tabloid Xpresi) dan Gramedia of Book Publishing (GoBP)

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII 19September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Xpresi Foto

Momen 17 Agustus 2012Tak terasa, Republik Indonesia kita

yang tercinta ini sudah menginjak usianya yang ke 67 tahun. Masih terekam jelas dalam kenangan sejarah, bahwa para founding-fathers yaitu, Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memperjuangkan negara Indonesia ini dengan susah payah dan harus berakhir dengan pertumpahan darah. Peristiwa bersejarah ini merupakan momen terpenting dalam perjalanan sejarah Bangsa Indonesia.

Maka oleh sebab itu kita wajib dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia Ke- 67 ini, marilah kita segenap elemen bangsa ini berjuang dan terus berjuang, berkorban demi masa de-pan bangsa yang kita cintai ini. Singsing-kan lengan baju, bahu-membahu dalam menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman, tentram, adil, mak-mur dan sejahtera. Maju terus Indonesia.

Suasana saat akan di mulainya upacara penaikan bendera merah putih 17 agustus 2012 di Lapangan Merdeka Medan

Para tamu dan pejuang Veteran Pasukan pengibar bendera merah putih

Pemimpin upacara yang dipimpin oleh Plt. Gub-su Gatot Pujo Nugroho

Saat penaikan bendera merah putih seluruh peserta upacara memberi hormat.

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Surat Nyasar

20 September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Hai shbt expresiaq dtng lg ne MONIKA GINTINGAQ ingin cmn blng capa yg mw crik pcr jgn lh lht dri segi fisik atau kelebihan nya tapi pandang lah orng dalm segi ke kuran-gan nyakrna dlam kekurangan seseorang kta dpt menutupi tu smuaso.... Bgi cwek n cwok jgn prnh padang seseorang dri pe-nampilanokby : monika gintingslam kenal......:) +6285763799260

hy sahabat xpresi:)nma quh effy cherryz simbolon,,q alumni dr sma n 1 pangrran,cma mo tisam ajj buat pak boro wali q trcinta....n bwt shbat xpressi,Salam knl ajj eah...***thx*** +6285371474708

HaY,,sHbT XpReSi... pHa kBaR SmUa .. ? aQ pNdTnG bRu nUeH. nMa aQ “SITI AISYAH”.. uMuR aQ 14 tHn. aQ klZz VIII.. aQ sCulL d’SMPN 2 Kutalimbaru. aQ mW sLm bWt pCaR aQ nUeH, gU-nAwAN.. Qmu jGn sLah pHam tRuZz aMa aQ Ea???? N aQ mW sLm bWt oRg yG gHk aDha kBaR’a aMpE’ cKrNg, ROY HER-MAWAN. kNpA Qmu nGiNgKaRin jAnJi Qmu. aQ gHk nYaNgKa Qmu sTeGa nUeH AmA aQ.. :’( +6287868455489

Hy s0bAt ExprEsi,,, q dEsi jEnifEr, q pNdtAnk bru d’tAbl0id exprEsi, q dAri pEr-bAuNgn n sc0lL q d’sMk pAnte cErMin. , . q Mw tIsAm z eA Ma tMen” q yg ada d’pErbAungn. . . M0ga Mkin c0oLl az. .n bUat pCr q jNgn pErnh sLngkh eA.. n Aq mw cAri tMen nIch. . Lw tMen” exprEsi Mw tMenan Ma q, Mez z k’n0mz q pAzti q bLz. . d’tUngGu eA ???Bwt XprEsi Mkin bEken z yUach. . +6287744872252

hi Sahbt;) xpresi,nih gw Martha rebeca dr smp HANG TUAH 1 belawan,gw mw nitip salam buat cmua temen* gw dan jg buat my mom^_^ and dad “_” +6282366578621Hy cbat expresQ Herdina clabanaq pndatang bruttip slam y ma bg qu budi,moga sbar ja mnghadapi kk QBuat surat nyasar yg mw tman ma aqne nmer aq 08536196778.aq tnggu y coment dri sbat +6285361967783

. Hormatilah Orang Tua . Dan Orang Yg Lebih Tua Dari Pada Mu!!. Agar Kamu ,, Tetap Panjang Umur, Hidup Lama Di Tanah Yg Telah Di Janjikan Oleh Tuhan . :) Okeh Salam Buat Semua Yg Baca :). ‘ Eby_oneng ‘ . “ Gabriella Violethoveen( Fb) gabriella Violeta ( Twitter) . +6285778170580

Hy SaHabaT eXpReSsii ...aQhu PndTnG bRu Niie Nma qHu DeVy DinaYanTi siHiTe aQ aLmnI dRi sMk N 1 SiboLGaaQ mW Ttip sLm bWt,sBaT2 qHu ( CicHeSmOnd GenK ), tMn2 XII aK 1, Dan kLuarGa bsAr sMk n 1 sbLga, SmgA suKses,jaYa n sPorTif YaChsLm hNgaT bWaT xLeaN sMua :DOy TbLoiT eXpres D’pRjuaL beLi kan Tidak ?? +6282267006311

Assalamualaikum ;,,,,hallo sahabat x presi nama saya joni pra-nata saya lagi galau nie,,,,,,,,,,, kenapa yea saya belum memiliki kekasih ,,,.... Kasi tips donk sahabat xpresi ; langsung aja hubun-gi saya 085371774827 di tunggu wassalam +6285371774827

haii semua salam kenalbulan ne bagi ku bulan kesedihan kuh, aku baru putus sama pcr kuh, pdhal aku syang dia tapi dia nya keras kepala egois buat ku gag tahan akhirnya ne yg terbaik wlau skit buat ku dan buat dia .selamat berpuasa buat teman2 semuaa moga lancar yeaa +6282367917046

Hy ‘’’’’ tMen”sHbaT XpReSi ... aQ pNdaTaNg bRu nUeninMa q RASTA mW ttP cLaM nE bWd tMen” q yG Ada di aEk kAnoPa yaiTu cici , yaNa, TriMakSiH bWt cMua sHbT TabLoiD XpResi... +6287807187765

Hy guysNama aku Beby Ummu Habibah aku cuman pengen carik te-man.Untuk kalian salam kenal aja ya +6287867215004

Aslmkm...shabat xpresi...aq pndtn9 bru n’e.salam kenal “ IRMA” irma mw nitp slam rindu, buat pcar qu yg di sidimpuan, yg

ksayan9 irma di tanjun9 morawa. buatnya aynk qu jerry yg ujn9 no hpnya 38275. Mda2han shat slalu...slam kenal sahbt xpresi mda2han shat slalu(087869807769)

Asslmkm..kwn2 Xpresi. Aq N.U.Panjaitan ank Labura.sumut. Mau krm salam buat ank2 kualuh hilir yg ad d medan slmt mn-jln ibadah puasa.d elok2lh klian ale. +6287868355916

Hy shbt xpresi.Q melia. Mw titip slm nie buat tman2 yg alumni dri sd tkad mulia, sd YPMA, SMP negri 4 binjai, n smansa binjai.n buat tmen2Q nak akbid sari mutiara. Mga ujian kta lncr ea....N buat tman2 lmaQ slm rindu buat klian cmua..... +6285370068187

.. Assalamualaikum ..hmm.. --- Gimana ne kabarnya-- Tab.Express .. mo9a Mkin Jaya n Trke-naL ajaah la Ea. 0ea , AwaQ Lya , , Mau titip SaLam Lha kpDa--- Sahabat2 n Teman2 awaQ ..Buwat : Rah , Karina , Cici , Riska , Zha , Via , Pu3 , Fi3 , Ara , Tia , sheLvy , Hani , tRia , GaLuCh , Cuik , Eli , Hendrian , Ardi ,-- AkmaL , SanTi , Eni , Juli , Erdini’Lobe’ yg smakin---GoCkiL n tenaR ajah ,,---Hehehehehehe #Ly CiickeySllu Semangat & Saiiank Sahabat *(-)* -----+6287868940536

# hidup adalah kegelapan jika tanpa harsat dan keinginan,maka semua harsat keinginan adalah buta,jika tidak di srtai pngeta-huan.Dan pngetahuan adalah hampa jika tdk diikuti plajaran.Lalu, setiap pelajaran akn sia* jika tdk di sertai dengan cinta !!(:_Finna_:: ‘SMA DIPONEGORO KISARAN’ :: +6285763995599

Hey’’’’sahabat expresi...Gue NAI ZHU pendatang bru nee.Mau titip salam ni.Buat cwe yg brnama ALICIKA ,NAI akan nunggu smpai .cika plg ke Medan.N buat tman-tman saya ,jgan pernh merasa pintar,Krna ada yang lebh pintr dari mu. +6285766227861

ASSALAMU’ALIKUMhai sobat expresi ..saya pndatang baru, nama sya Asyraf ..Mau cri tmen2 baru ..Nd qrim salam buat tmen” alumni SMP NEGERI 2 KUTALIMBA-RU, mga kliand smua gaq lupa ama awaq, Nd makin smangat blajar ny di SMK tw SMA yg kliand masuki. Gaq kan ada yang mungkin, selagi qta punya niat, dan kemauan, pasti ada jalan .Thankz ya, majalah expresi :). +6283194066708

Assalamu’alaikum ... nma aq novie pndtng bru .d dunia nue pnuh dngn rintngan yg mnghadang.mngkn hnya kta and kata hti yg dpt mnntukan kbrhzilan and kmnngn kta t0k mnjlni khdpan yg kta rsakan.baik thu pahit mau pun maniz .cba l jd kan diri kta sbgi orng yg brguna .trutma bge ke-2 orng tua kta yg t’lh bnyak brjasa buat kta. Maka tnmkan dlm dri kta msing’ semangat dan tekat yg kuat terutama .jd l diri sendiri yg mmpnyai k’dsplinan and k’tkunan yg tnggi .jd renungkan l... +6285763487176

s_sorng yg mncntaimu tk kn bs mmbri aLsn mngpa ia mncn-taimu, Yg ia tw hnya qm di hti nya..s_sorng yg mncntaimu kdng mmbwtmu mrah n’ jgkeL. Sbnar nya ia hnya ingn mmbwtmu bhgia tnpa tw hrus brbwt apa..s_sorng yg mncntaimu akn mrah” bLa qm g’ bLs sms nya, Krna ia khawtir sswtu trjdi pdmu..ssorg yg mncntaimu jrng mmuji org la!n krn di hti nya kmu Lh yg smpurna..s_sorng yg bnr” mncntaimu akn mmbLut hatimu yg prnh Luka N’ mnjga nya agr tk trLuka Lg,wlwpun hti nya sendiri Yg terluka. +6287768536280

As”w2 Hai surat Nyasar,Kita jmpa lagi... hai jg tmen2 pmbca tabloid Ekpresi.slm knl Manda,dr STAI Meulaboh kata2 moti-vasi buat pembaca: “”Tanamkanlah Dlm Drimu Bhwa Kmu iTu Bsa.Sblum Org Lain Membntumu”” +6287890920320

asS.. hi surat nyasar,. Aku pndatng bru ne. nma kuU Aprianti saswita skolah asal SMK N 1 SIBOLGA. mw nitip salam ma kwnd” yg mrayakan hri raya idhul fitri dn jga yg gk mrayakan ny.. mohon mv lhir dn batin. thank’s :) +6287767282905

aslmkm....hy surat nyasar nama sayaYUSRI GUNAWANaku nak baru nie, aku mau memperbanyak tmen nie dari sni...

dan buat sahabat expresi jauhi narkoba”SAY NO TO DRUG”.makasih...(O_*).. +6285763347462

Hy tabloid xpresi,. Q pndtng bru nie.nm Q Dwi Putri Ramatika, Q sklh d SD Budi Mulia. Q mau kirim slm ma dimas yg bru pin-dah sklh,fitri,nurul,sadam smoga sht s’lalu ya...Mkasih).(082365576998). MJU TRS Y SURAT NYASAR:) +6282365576995

Yank...Bngun La...Dya pUn +6287744706072

Assalamualaikum . . .HAY,, ku pEndatang baru nihnamaku rahmadhani tapi org2 lbih sEring manggil aku bulan bubu si boE krn itu namE of fbkuaku cumak mau ngasih kata2 gituhEhEhE“TAK SELAMANYA YANG KAU HARAPKAN/INGINKAN ITU ADALAH YANG TERBAIK UNTUK, DAN BISA MEMBUATMU BAHAGIA, tErkadang apa yang tk diharapkan bisa buatmu ba-hagia”=>bulanbubusiboe +6287767344443

hy...sy pendtg br ninama :sarlakls: 12 IPSsy mau ucapi pda kwan” sy yg sdang menjalankn bln puasathanks y shbat xpresi:) +6287768371849

hy shbat surat nyasar tabloid xpres. nma q danueaq mw gsi motivasi buat shbt smua “kegagaln bknlah suatu tndkan yg gagal,tpi,, k’gaglan adalh proses mnuju k’suksesn” thanks smuasmoga brguna.(085763782366)‘ASSALAMUALAIKUM’

‘’Hay sHbat Xpresi,Aq pndataNk brou Nue ,Nm aq wiNda ,Aq skouLach D’Sma TEladan SEram,Aq mW tTp slMz BWat KluarG q TrcnTa yG dH d’uMah ,sHbat’’ Aq tRsyank,And sLam Cyank Bwat Pcar aq d’umah,Aq mw cri’ Tmen bRu nUe ,wat cwe’ tw poUn Cwo’ yg pNgin Knal aq ,Bz hbungi aq D’no nUe ,‘’Clam knal Cmw a’’ +6285761574528

hay tman”,,,nma sya febri ramadan,,,sya mau krim slam buat ank smp PGRI 8,,smoga mkin sukses,,,by: fbridi binjai +6285761203638

Hy. . .Sahabat expresi aq lisa.aq rank rampah.aq pengen titip salam ne buat cw0k aq di tapsel.aq ingin bilang,aq cyank buaget ma dia.aq dcne kn slalu nunggu dia.087868025168

Satu lagi sahabat expresi.aq ingin minta m’f ma mantan aq,yg sampai skarg aq masi ada rasa ma dia. 087868025168asS,, sobat xpresi.....Q elisa,q pndtank bru d’tabl0id expresi,,and q dri rampah,aq sbgai siswa d’teladan seirampah.q mw ti2p slam ea ma pacar aq.and s’kalian mantn aq.aq mw minta m’f.krn dh buat dia kce-wa anda galau badai.sem0ga pacar aq hri ne krj ny semangat.and mantan aq,sem0ga gc ptuz asa tuk mencari penganti q. 087868025168

met core sahabat expresi. .

pha kbar nue smw nya.kirim” salam dunk. . buat temen” d semantig ia , .krim slam jga. buat mantan aku, yg gak tw dya d mana, skrg. .kgen nue ma dya. pngen nya dya cpat plang. .nama nya. singkat za ia.N.G.Skgen ma dya nue. .makasi ia. ;)(081933206081)

As”w2 Hai shbat nyasar,How do you do..? shbat,Aku mau nitp slam ni buat friend’s Aku di medan,buatnya Sarah di Namu ukur,buat Andi diBinjai,buat Adi n buat tmen lama ku yg msh knl Aku.n aq jg mau ntip slam skligus psan buat Friend’ship Aku diBND,Buat oriza santiva.pesan Aku:”jgn lupa sembahyang”.. +6287890920320

hy shabat exprsi name: qhu julianty grade: 3 smpadress:s.p smlngr prmns

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

pless 7 gg kluargaaqhu mw krim slm dnk bwat tman “ aqhu mtn” aqhu n guru”aqhu...slam complet ea.. by ....by..... +6287766191482

Cinta.. Mmng bkanLah nafaz,tp, bnyak org tak bisA hdUp taN-pa Cinta...Cinta.. bknlah k’indahan, tp, tnpa Cinta hdup sprti tak berWarna..Cinta.. bkanLah pisau,Tp, org bisa terluka krna Cin-ta..Suci Cinta MeLebihi pUtih_a aWan, Tp.. syNk_a bnyak org menodai ciNta dgan k’Egoisan..cinTa hrUz d’pupuk dgn kacih syNk n’ k’RindUan wLau terKdng hruz d’siram dgn aiR mata..... jgN k’Cewa_n orNg yg menciNtai Mu, kRna ciNta bknLah piLi-han. By,,,,dedy. Di sblga +6287891460940

hy....surat nysar....nma cya rhaneii whuland dharye..wq laz XI I’S 1 d SMA N 1 SEI RAMPAH..bwat tmn” wq ksus na wat NIRAGAH n HER..da bwat hri” wq jd lbih bwrna clam kgen z....n bwat orng eank spsial d hdup wq....clam cyank z ea.... n bwat or2 wq...mam I MISS YOU... +6285763227661

Hi saHabat Expresi apa kbr smua. KESUKSESAN bkn di mulai dari mimpi TAPI dimulai dari UsaHa Dan kerja keras Berani mimpi, maka harus berani berusaha :) =D =)) Lavenia “Medan”. (082164873277)

wahai smua sobat ekpresi slam knal y smua,? nm q andani,Gw pndtng bru,gw offise boy di YP teladan sei rampah,Gw ni mau kzih support buat siswa2 teladan,jdilah rang yg ber skil di ms yg akan dtang,agar brguna bg Nusa&Bangsa,thanks& WSLM QUM??” +6281990724987

Hy shabt xpresiQ indra pndtg bru niQ mau nyari solusi niQ pnya pcr tp dia y gag bsa q jak kluar2Sbtol y q d gag than jga m diaTp tah knpa rsa syg q bgitu bsa m dia y +6287748719359

Hai, Sahabat Xpresi KenaLin nama aku Inez Dari sekoLah SMA N1 SIANTAR keLas XII-IPA3Kirim saLam yoo,Buat temen temen khususnya buat XII- IPA3 Buat Evi,Novita,Yeni,Kiki Lely Pentong dan temen Lainnya,.Harapannya nih semoga siswa/siswi SMA N1 SIANTAR LULUS UN,SNMPTN 2013 Aminn! FoLlow twitter aku ya @IIz_Taem-ints21 Gomawo.. :) +6287749503426

hyxmx nyasaraq surya aku anak SMA 1 SIANTAR aq mau nyampain bhwa aq sangat cynkdgn nama nya rayanti purbadan jga 12 ipa 3I LOVE YOU +6287807450668

keHiduPan yG Q raZa kIni bAgaIkaN aPi di NeraKa .SeTiaP kaLi kaKi iNI MelaNgkah seLalu tErINGaT dgN sEmuA mZlh yG mEneRpa dIri iNi .IngIn raZa Nya aQ mEmbuNuh sEtiaP oRg yG LeWat dRi haDa-paN Q .tpI aQ tK bErDayA , Aq haNya maNuzIa bIzA .MaNuzIa yG LemaH , Yg haNya biZa mEnErIma sEmUa pEnd-ErItaAn yG sLalu mEngHamPiRi q .Oh Tuhan , kpN aQ biZa mEraZakaN haNgat Nya kZh cyNk sEoRang SauDara ???MeNgapa sEmUa sAuDAra2 Q tdK saTu pUn yG dpT mEngErti aQ .SaAt aQ hRz mEliHat tmN2 q yG mEmiLiki sAudAra2 yG bAik , iNgIn raZa aQ mEneTezKan aIr maTa iNi .Aq sLalu bErfKr daN sLaLu tERmeNuNg . ApakaH aQ eManG uDh di taKdiRkaN hIDup sEpErTi Ini ???Oh Tuhan , toLoNg bErI aQ jWbN dRi pErTanYaAn k0ny0l iNi :’( +6287748617353

segala sesuatu yg d kerjakan dngn iklas pzti akan membwa hsil yg memuaskan,.eck0 purwansyah,.XII_A2 smaNsasi.wat TX thanks ia.sukses. +6287892483328

wahai smua sobat ekpresi slam knal y smua,? nm q andani,Gw pndtng bru,gw offise boy di YP teladan sei rampah,Gw ni mau kzih support buat siswa2 teladan,jdilah rang yg ber skil di ms yg akan dtang,agar brguna bg Nusa&Bangsa,thanks& WSLM QUM??” +6281990724987

Hai sahabat xpresi.nama aq endah fransiska dari sma katolik banda aceh.aq mw kirim salam buat teman aku yg di sulawesi sama di

Buat temen-temen yang mau kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucapan selamat

ke siapa saja tinggal kirimkan aja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi.

Caranya mudah, tinggal sms aja ke nomor ini

087869801990 di tunggu ya...

Surat Nyasar

21September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

medan.namanya novi , andra , dan ichaaq cuma mw blng kalau aq syg dan kangen ma mereka. +6285760212733

hy s0bt expresi, q dwi hartiwi di sIantar, q mau ttp clm buat in d’gank D’jeMb0et q yg ada di SMANSA khuzus na nak XII Ipa 2. “guyZ q dcne” oea rajin belajar ea guyz biar luluz. chibi chibi chibi, huek huek huek. +6287892125281

Hi, namaku angel.W cm mw blg klw w sbenarny süka sama lu.. CALVIN. Sjk w tinggalin lu dan felix di tmpt les w rindu sm lu. Tiap hr w ingat kata2 lu.. “pke logika y”:D. W bs meraih 10 bsar di sklh tu krna lu, vin. Mskipun w tau lu ga suka sama w. Tp w snng kalo lu senang.W cuma hrap kta bs jmpa lg +6285658121799

Hy...shabat expresii:)Aq pndatang baru nie..Nma aq anggi ramadhani dari SMAN 11 MEDAN kelas XI IPA1.aq mo titip slam buat kak dinda,indah,dila,tya..N klo ad yg mo knal q,ni fb aq y:[email protected] you so much:) – +6287766029985

Meqom tabloid Xpresiaq devi d’medanaq mo tisam z buat tmn” eank knl m dv N buat seseorang eank ad d’cnaq synk bgt m km dan aq jg kngen bgt m kmtp prsaan km mgkin da g sama age m p eank aq rasain saat neumgkin km da memiliki pengganti aq ...Lam knl buat sahabat Xpresi semua na ...Add fb dv ea [email protected]’s... +6287869433801

Met sore..q Rina di medan.Q minta no.kontak/ FB/ milik Agus prawanda dunk.Aq suka karya karikatus super junior di tabloid ni edisi 75 thn VII. Pliss? +6281263289929

Jangan liHat masa lampau dgn penyesalan.jgan lhat masa dEpan dgan penuh ketakutan.tapi liHAtlah sekitarmu dEngan penuh kesadaran..By:pUTRI MELATI SITORUS.KLZ XII-2 +6287807049382

Hy shaBat xpresi Aq pndtank bru ne...My name is putri melatiKlz xII-2 SEkolah sma neg 1 siantarAq mw krim clam nie,buat tmN” Q Khusus’a buat kLx IPA-2..Lupakhan urusan paCaran uTamakhan sekolah..CAYOo.......Chibi...chibi....chibi......Em...em.....em +6287807049382

Hay ..TabLoId xPresI..Gua m0e krIm saLam saMa semua PengIrIm suRad nYarasarr ;)sem0ga Sehadd seLaLu Ya..Nama aku sItI r0dIyah sekoLah dI smp Taman sIswa meDan 3 smP +6285658070464

asalamualaikum . . . hy . . . tabl0id xpresi aq lia ni aq pendatang bruaq mau krim slam buat kwan2 ku n salam kenal ja yea +6285277650480

hay,aq erLinaq tnggal d jln metrologi 6aq msh pelajar kls 2 sMK admaq mw nyarik temen curhat aj cwe or cwo ne no aq 085763013065tnks +6285763013065

Sdang apa dan dmana, dri mu yg dluh kucnta, ku tak tau tak lgi tau, seprti waktu kmren”apakh mungkin,bla kni ku ingin kmbli,mnjalni janji” hti kta... Tp smw tu cman mimpi dn angan ku,yg tk mkin kmbli dngan mu lg..... +6285760656020

hy’sahabat expresi’nama ane’rudy harles’dari kota medan ane ge suntuk nue’ ada tidak yg mau jd teman ane’kira kira ente berniat bsa lansung hubungi ane’melalui fb’nue email ane”[email protected] hubungi no hp ane’salam ke-nal bwat ente2 smua”no bacot....!!! +6281396107700

BUTUH WAKTU SATU HARIE. . .BUAT KITA SALING KENAL. . . N SALING MENCINTAI. . . TP BUTH WAKTU SEUMUR HIDUP. . .BUAT KITA TUK MLUPA KHN. . . ORNG YANK BENAR2 KITA CHAYANK N KITA CINTAI. . .

WINDA RATU MEILINASMA DHARMA PATRA +6283194499944

hy SaHaBaT tAbLoId ExPReZi;) My naME ; juLiAntI NicK NaME ;JULiajuli mmng bkn pndtng bru cieh dcne d tabloid ne... juli mw kirim psan ja ma nak PANTI d smlingkr...jngn cmbng”ma juli...n kirim salam bwat mantan”aqhu..maaf ea lw juli sring bngt bwt klian kcewa... n SLam bwat nax MP..D mdan,,,AYYY.... N bwat temen aqhu nan jauh d cna(rissa)=Lagi btuh se”orng untk mnemani hari”aqhu= @ aqhu ea..; [email protected] ; okkk...thankzz.. eaAA shbt tabloid exkresi.. +6287766191482

Hy sahabat Xpresi. . .aqhu Tiwi di Medan . .numpang tisam bwt smua pmbaca tabloid Xpresi,lam kenal ea. .salam kompak sllu : )bwt tabloid Xpresi moga mkin jaya ea. .ammin . .Tq +6287869950448

Hai tabloid exprEzzQ mau tizam ne sma ank SMA ALUMI IPA 2 T A 2011Ouh y ad gi buat sepupu q diana d jakartaKpn plg buk skrg udh kerja d PT SINAR MAJU MEDAN sbgai STAfF adm lho..Ayo kejar trus karir mu jgn mau kalah yTq ezpreZz +6287818997999

haesahabat expresidmna pon anda brada slam knal eaq mo kriem slam buat tman2 qyg q cyangi oea bgi anda yg jmblo hub k no ne hehe“tiada guna age” +6283197647148Hai para shabt xpresi..Aku buha shombing,buat tman2 tabloid xpresi klo mau kenal ama buha taw mau curhat bisa lwt sms nmr nethank ya:) +6285763430359

Hi sobat xpresi.. Nama w arti, pndtang bru nieh,slm knl y smua.. Mao tisam buat tmen2 yg mao plg kmpung ke sidempuan trutma hambang,moga sehat2 n lncar smuany..By :arti+6285761017005

dalam kisah q tak tw q hdup untuk ap dalam kisah q pun aq tak tw ap guna nya aq di dunia ini dan ingin q pergi dri dunia inijika q tak berarti by: sendu malam +628974800761

Asslamualikum tabloid xpresiHay Xpresi..Nma sya fahmi mw tisam aja buat semua nya yg ada di mdn thank’s ya tabloid xpresi sukses slalu (087868419254)

hay shbt ekpresi.nama aq andie. medan .aq pendatang bru ni buat teman aq yg ad di medan pinang baris..salam galau aja deh..tanjung morawa punden rejo .....dan salam kgn buat sma nusantara ..dan temam yg pengen knal dgn andiedi sini tempat nya081260331613

Hy..Surat nyaxar.Gw ti0.Sma3.Medan.Ud 17 thn enk ny cri yg serius2 aj.Boxen maen2 aj.Gw ge butuh temen yang bxa di ajak bicara. +628984820434

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Karya Mahasiswa kali ini merupakan hasil desian seorang pria berperawakan gem-bul pemilik senyum hangat bernama Gerry Tandean, mahasiswa STMIK IBBI jurusan Teknik Informatika semester 8. Ia sangat menyukai animasi sehingga merepresentasi-kannya dalam karya kali ini.

Ia mengaku merasa terbantu dengan hasil bimbingan dosen yang mengajarkan banyak trik dalam menggunakan tools yang disediakan oleh CorelDraw. Karyanya ini ia kerjakan selama seminggu dengan sistem mencicil. Berawal dari men-trace secara manual garis-garis membentuk karakter animasi yang diingankan. Setelah selesai, ia pun memberikan warna dengan menggunakan fountain fill, eyedropper tool, fill toll. Untuk memperindah karyanya, ia juga menggunakan lens, shadow, blend tool. Usai mengerjakan karakter animasi kesukaannya, ia pun melanjutkan ke tahap pembuatan latar belakang. (jhw)

Bermain Efek dan WarnaOleh Gerry Tandean CAPRICORN (22 Desember-18 Januari)

Peruntungan: Kesuksesan ada ditangan Anda sendiri apalagi peluang sudah nampak didepan mata sehingga sangatlah disayangkan jika akhirnya terbuang percuma. Karir: Tak perlu takut untuk bisa lebih ber-improvisasi. Asmara: Tetap ceria dan cukup hangat, sehingga hari akan terasa cepat berlalu.

AQUARIUS (18 Januari-18 Februari)Peruntungan: Buat apa terus memikirkan omongan dan gunjingan orang, itu hanya akan bikin sakit hati. Karir: Apa yang menurut Anda baik ternyata belum tentu akan diterima orang lain dengan baik juga untuk itu jangan keburu takabur dulu. Asmara: Suasana yang mereng-gang ini sebaiknya bisa diselesaikan dengan suasana kedamaian, tanpa perlu dengan kata-kata yang terkadang sangat menusuk hati.

PISCES (18 Februari-20 Maret)Peruntungan: Suasana masih terbilang cukup baik terutama untuk me-mulai hal-hal yang masih baru bagi diri Anda. Karir: Hadapilah segalanya dengan optimis, yakinlah bahwa segalanya pasti ada jalan. Asmara: Apa gunanya selalu membikin sakit hati dirinya, apa bukan lebih baik Anda hiasi suasana kisah cinta Anda dengan kemesraan dan keharmonisan.

ARIES (21 Maret-19 April)Peruntungan: Kesempatan baik yang sudah terbentang didepan mata sebaiknya benar-benar bisa ditindaklanjuti. Karir: Ingatlah bahwa kega-galan bukanlah kehancuran. Asmara: Jangan hiasi waktu-waktu Anda dengan percekcokan, karena itu akan membuat asmara Anda tak ada tenang-tenangnya.

TAURUS (20 April-20 Mei)Peruntungan: Cobalah untuk bisa bekerja serileks mungkin, agar rencana dapat berjalan dengan lancar dan tidak terganggu. Karir: Rongrongan yang muncul dari orang lain, sebaiknya biarkan saja, tak perlu terlalu ditanggapi. Asmara: Tampak mulai goyah karena kurang adanya pengertian dan rasa saling percaya, maka dari itu segera instropeksi diri Anda.

GEMINI (21 Mei-21 Juni)Peruntungan: Peluang yang muncul, sebaiknya dipelajari dengan hati-hati. Karir: Omongan sumbang dari luar sebaiknya ditanggapi dengan hati dingin tidak perlu terlalu menuruti maksud mereka. Asmara: Hubungan yang agak merenggang ini sebaiknya bisa disikapi dengan hati yang sabar dan perasaan yang selalu mengalah.

CANCER (22 Juni-22 Juli)Peruntungan: Tidak ada gunanya mencari-cari kesalahan orang lain, ada baiknya Anda concern saja dengan urusan yang lagi dihadapi. Karir: Terhadap orang yang mencari kesalahan Anda, sebaiknya tak perlu ditanggapi. Asmara: Jangan selalu menyakiti hatinya, karena itu akan menjadi bumerang buat Anda sendiri.

LEO (23 Juli-22 Agustus)Peruntungan: Suasana dihari ini cukup berat dan banyak menguras pikiran serta tenaga. Karir: Berbagai tawaran yang datang, sebaiknya jangan diterima dulu. Asmara: Agar suasana bisa kembali harmonis dan mesra maka Anda harus temukan solusi yang tepat.

VIRGO (22 Agustus-22 September)Peruntungan: Suasana masih cerah dan lancar, suasananya juga sangat menyenangkan walaupun posisi sebenarnya sudah bergeser dan sudah tidak semujur hari kemarin. Karir: Jauhi hawa malas yang tampak terus merongrong Anda. Asmara: Jangan sering berkeluh kesah bila berada disampingnya, agar sidia tidak bertambah pusing saja.

LIBRA (23 September-23 Oktober)Peruntungan: Dihari ini cari selamatnya saja. Karena jika dipaksakan akan percuma saja hasilnya, bisa-bisa malah akan membikin rugi dan pusing. Karir: Urusan yang membosankan sebaiknya tetaplah dijalani dengan biasa-biasa saja, jangan sampai Anda biarkan begitu saja. Asmara: Jangan suka membesar-besarkan masalah, semua itu tidak ada untungnya lebih baik memandang suatu permasalah dari sisi baiknya saja.

SCORPIO (24 Oktober-21 November)Peruntungan: Tak perlu berputus asa dalam menghadapi berbagai rintangan yang tiba-tiba datang menghadang dihari ini. Karir: Usulan dari luar sebaiknya jangan cepat diterima mentah-mentah begitu saja. Asmara: Suasana dihari ini tetaplah ceria dan hampir tidak ada gang-guan yang harus dikuatirkan.

SAGITARIUS (22 November-21 Desember)Peruntungan: Tidak perlu memaksakan diri, bila perlu Anda mengambil inisiatif mengalah demi kemenangan, itu adalah langkah yang tepat dan harus dipikirkan dihari ini. Karir: Patuhi dan jalankan semua perintah atasan, tak perlu Anda menentangnya. Asmara: Bila hubungan lagi memanas jangan keburu ambil keputusan ekstrim.

Xpresi Zodiak

Xpresi Karya

22 September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Inginnya sih konsetrasi saat belajar baik di kelas maupun saat sendiri. Niat untuk selalu fokus pada pelajaran pun begitu menggebu. Tapi entah setan apa yang merasuk dalam diri kita, pasti ada saja saat-saat pikiran mulai melanglang buana dan hasilnya be-lajar pun ditinggalkan. Mungkin hal itu juga yang kamu alami dalam kebiasa belajarmu. Merasa terganggu? Kali ini Xpresi bakal kasih tahu kamu empat tips singkat agar kamu bisa fokus belajar.

#1. Istirahat yang cukupBiasakan pada diri untuk tidur pada waktunya tiba dan mencukupi kebutuhan tubuh

kita. Para ahli sering menganjurkan untuk beristirahat delapan jam per hari. Terden-gar sepele sih, namun tahukah kamu ketika kamu asyik tidur, tubuhmu secara ajaib mereparasi dirinya sendiri sehingga kamu siap menjalani rutinitas harian. Ketika tidur, selain otakmu beristirahat, ia juga memperbaiki dirinya sehingga apabila kamu cukup tidur kamu bakal terhindar dari gampang emosi, stress, pelupa, maupun mudah tersim-pangkan pada tugas.

#2. Olahraga pagi hariCoba deh kamu luangkan waktu sedikit dengan bangun lebih awal untuk mencoba

lari pagi atau pun senam pagi. Hasilnya kamu bakal terbantu untuk berpikir lebih positif saat menghadapi problem maupun menjaga stamina kita sehingga belajar pun semakin mengasyikkan.

#3. SarapanJika kamu sering melewatkan sarapan, please hentikan! Kebiasaan tidak sehat ini

malah akan membunuh otakmu! Maka, biasakan pola sarapan pagi yang mampu memberikan asupan kalori yang cukup sehingga bukan hanya tubuhmu yang ternutrisi, namun juga otakmu sehingga performamu pun tetap terjaga.

#4. Hilangkan kebiasaan malasMalas adalah rasa dari dalam diri untuk menunda tindakan atau rasa enggan

melakukan tindakan. Ketika malas timbul, lawanlah! Fokus pikiran untuk melakukan tindakan tersebut. Biasanya malas bisa muncul saat pikiran melayang ke mana-mana dan mengundang rasa malas. Kunci untuk melawannya nya adalah nekat dan berani meninggalkan kemalasan lalu mengerjakan sesuatu yang berguna. Jika kamu tetap memelihara kebiasan malas, ini dapat menganggu kamu untuk fokus saat belajar. (jhw)

Tips Fokus Belajar

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Pangeran BanJl. S. Parman MedanDisc from 15-35%

Xpresi Ragam

Handphone & AccessoriesGarecca Disc 20%

Ikan Goreng CianjurTengku Daud No.4Disc 10%

IbbI CArd dIsCounT PlACe:

Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item d’Waroeng

Cambridge MallDisc 20%

Pondok PalladiumPalladium MallDisc 15%

Matador CountryPlaza Medan FairDisc 50% (Dosen)Buy 1 get 1 (Mahasiswa)

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

Milano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 MedanDisc 10% + 5%

CV. Indako Trading Co.Makmur No. 144 A/30Jasa Service 10%Sparepart 5%

Sun Plaza Level 1Cirebon No. 16Medan Mall Lt. IIDisc 10%

SEIKO

Tabloid Xpresi dapat diperoleh: Kampus DiamondJl. Sei Deli No. 18Telp. (061) 4567111Fax. (061) 4527548Medan - 20114

Kampus EmeraldJl. Gatot Subroto No. 130Telp.(061) 4519400 - 4519070Fax. (061) 4522204Medan - 20114

Kampus TopazJl. Damar No. 9 GTelp. 4562873-4562876- 4562773Medan - 20118

PrimeOne ShoolJl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo-nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672Fax. (061) 7853631 - 7853671

Pangeran BanJl. S. Parman MedanCoffee BoxSun Plaza Lt. 4Warung UbudSun Plaza Lt. 3GarecaJl. Prof. H.M Yamin No. 99AMilano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 Medande’ WarungCambridge Mall X.O. SukiSun Plaza Lt. 3Kopi Kok TongSun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1DOMESun Plaza Lt. GThaiExpressSun Plaza Lt. 4Pondok PalladiumPalladium Mall lT. UGSEIKOSun Plaza Level 1, Cirebon No. 16Medan Mall Lt. 2Ikan Goreng CianjurTengku Daud No. 4CV. Indako Trading CoMakmur No. 144 A/30Mie Pansit AwaiP. Siantar, Jl. Surabaya 21 AMedan, Jl. Dr Wahidin 4 GG - Jl. S. Parman 20 - Jl. Boulevard 84 B1 Cemara Asri

SMA Kota Medan:SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Rak-sana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA

Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan

Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Method-ist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA TeladanBireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri IKabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri IIKuala: SMA Harapan Bangsa, SMA MethodistLangsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas BaruTanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Lang-kat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri ILubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia BudiRantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA TeladanSibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca KaryaTanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisinga-mangaraja, SMA Tri TunggalTanjung Morawa: SMA MethodistTarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA NusantaraPekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa MariaPadang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Frame Xpresi

23

Nampang di Frame XpresiKirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke

[email protected] atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII