tabloid xpresi edisi 80, november 2012

24
Edisi 80 - Tahun VII - November 2012 ISSN 2088-141X Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Upload: tabloid-xpresi

Post on 12-Mar-2016

316 views

Category:

Documents


19 download

DESCRIPTION

Tabloid Xpresi Edisi 80, November 2012

TRANSCRIPT

Edisi 80 - Tahun VII - November 2012ISSN 2088-141X

Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Desain Sampul Edisi 80 Tahun VII, November 2012Oleh: Indah Putri Anggraeni

Xpresi Kota 8

Xpresi Info 11

Xpresi Seremoni 12

Salam Redaksi 2Xpresi Utama 3Xpresi Kampus 6Xpresi tekno 10Xpresi Cerpen 15Xpresi Puisi 16Xpresi Resensi 18Xpresi Profil 19Surat Nyasar 20Xpresi Foto 22Xpresi Zodiak 22Frame Xpresi 23Xpresi Kuliner 9

Daftar IsiSalam Redaksi

DIVISI uSaha I PemImPIn umum: juSwaN TjOE I PemImPIn PerusAhAAn: amrIN SuSIlO halIm I PenAnggung jAwAb: Ir. b. rIcSON SImarmaTa, mSEE I dewAn AhlI: prOf. Dr. amrIN fauzI, SukImaN ST, mT, luSIah SE, mm I mAnAjer ProduksI: aNDrIaSaN SuDarSO, Smn, mm I mAnAjer IklAn: lIlI SurYaTY, SE, mm I mAnAjer sIrkulAsI: halIm lOlY, SE, mm I sTAFF sIrkulAsI: harTONO, S.kom, m.kom

DIVISI rEDakSI I edITor In ChIeF: huDa pErDaNa I rePorTer: aNI I FoTogrAFer: rIrI kOESNaDY I desAIn grAFIs: INDah puTrI aNGGraENIAlAmAT redAksI: kampuS TOpaz, jalaN Damar NO. 9-G, TElp. (061) 4153375, emAIl: [email protected], FACebook: Tabloid Xpresi

redaksi menerima tulisan OpINI, fEaTurE, lapOraN pErjalaNaN, cErpEN, puISI, SuraT pEmbaca, SuraT NYaSar serta tulisan lain-nya. redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. untuk tulisan OpINI, fEaTurE, lapOraN pErjalaNaN, cErpEN, panjangnya sekitar 5000-6000 karakter. Tabloid Xpresi

Memperingati Hari Pahlawan Nasional

2

Agaknya, bagi banyak di antara kita, tidak perlu lagi untuk diingatkan bahwa tanggal 10 November merupakan salah satu di antara berbagai hari bersejarah yang teramat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Sejak lebih dari set-engah abad yang lalu, tanggal 10 November

telah dinyatakan oleh bangsa kita sebagai Hari Pahlawan.Peringatan Hari Pahlawan merupakan kesempatan bagi

seluruh bangsa, bukan saja untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan para pejuang yang tak terhitung jumlahnya demi memperjuangkan tegaknya Republik Indonesia. Per-ingatan Hari Pahlawan 10 November juga telah merupakan kesempatan yang baik untuk selalu memupuk rasa kesadaran bangsa.

Berkaitan dengan Hari Pahlawan Nasional, jika kita mau menggali lebih dalam, kita terlahir untuk jadi pemenang. Se-lalu ada jiwa seorang patriot dalam diri setiap insan, yang akan menjadikan kita sebagai pahlawan. Tentu, kita tak harus angkat senjata di medan laga untuk menjadi pahlawan sebenarnya. Melakukan berbagai hal positif dan memberi makna dalam kehidupan ini, bisa menjadi kita seorang pahlawan. Itulah yang memotivasi kami untuk mengangkat Hari Pahlawan Nasional sebagai Xpresi Utama pada edisi kali ini.

Rubrik Kuliner kali ini menghadirkan be rita Santapan Sehat Ala Menu Vegan, Taburan Semur yang Lezat Dalam Seporsi Nasi Goreng, Santapan Hangat dan Lezat di Hot Plate, Pecal Kenari Semakin Lama Kian Digemari, yang tentunya menarik untuk diketahui.

Akhir kata redaksi tanpa henti-hentinya mengharapkan partisipasi dari para pembaca untuk berkontribusi mengirim-kan karya-karya terbaiknya. Tak lupa pula kami terus mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus memberikan dan menyam-paikan unek-uneknya, kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucap an selamat kepada siapa saja dengan cara yang begitu mudah, hanya perlu mengirimkan sms ke nomor 087869801990. Selamat membaca, semoga edisi kali ini ber-manfaat bagi kita semua.

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 3

Xpresi Utama

Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini ter-jadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia den-gan pasukan asing setelah Prokla-masi Kemerdekaan Indonesia dan

satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perla-wanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Peristiwa pertempuran 10 November 1945 silam masih membekas pada negeri ini. Hal ini dibuktikan dengan setiap tahun bangsa ini memperingati pada tanggal tersebut sebagai hari pahlawan. Namun kini terlihat bahwa setiap tahun perin-gatannya hanyalah sebuah peringatan simbolik belaka tanpa sebuah nuansa semangat yang menginspirasi terhadap perjuangan para pendahulu kita. Kini 67 tahun sudah peristiwa yang telah mem-bekas dalam sanubari bangsa ini berlalu. Ternyata kini justru para penerus perjuan-gan bangsa ini telah mengkhianati pada pendahulunya. Kemerdekaan yang telah diperjuangkan seharusnya diisi dengan berbagai macam pembangunan yang ada. Namun realitanya justru berkeba-likan, yang ada justru sebuah kondisi bangsa yang kian terpuruk.

Pada kurun waktu itu, peringatan Hari Pahlawan merupakan kesempatan bagi seluruh bangsa bukan saja untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan para pejuang - yang tak terhitung jum-lahnya _ dalam perjuangan bersama bagi tegaknya Republik Indonesia yang baru saja diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Peringatan Hari Pahlawan 10 November juga telah merupakan kes-empatan yang ideal untuk selalu memu-puk bersama-sama kesadaran bangsa.

memaknai hari pahlawan dengan bersikap Sebagai pahlawan

Sebagian besar dari kita tentu per-nah mengetahui bagaimana gigihnya perjuangan para pahlawan ini melalui materi-materi pelajaran sejarah yang kita terima sewaktu sekolah. Diwaktu SD, tentu kita pernah membaca tentang pejuang-pejuang tangguh negeri ini baik dari jaman sebelum era kebangkitan nasional maupun setelah gerakan modern seperti Boedi Oetomo didirikan pada tahun 1908.

Tokoh-tokoh pejuang seperti Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Jen-deral Soedirman, Teuku Umar, Cut Nyak Dhien, Pattimura, dll tentu sudah tidak asing lagi dengan telinga kita.

Kata pahlawan sangat identik dengan sebuah makna seseorang yang telah ber-jasa mengatasi penjajah bangsa ini. Pada zaman dahulu untuk menjadi seorang pahlawan haruslah berkorban baik itu ma-teri, fikiran bahkan nyawa sekalipun untuk menumpaskan penjajah. Lantas apakah zaman sekarang tidak ada yang dapat di sebut pahlawan ?.

Pada zaman dahulu memang pahla-

wan merupakan seorang yang berkorban untuk melawan “penjajah”. Pada masa sekarang apakah kita sudah merdeka dari penjajah bangsa ini ?. Penjajah dalam artian sempit memang kita telah terbe-bas. Namun secara lebih luas bukankah kebodohan, kemiskinan, korupsi, merupa-kan penajajahan yang masih ada hingga saat ini.

Kita masih dijajah oleh bangsa kita sendiri. Untuk melawan penjajahan itu tentu harus ada orang yang menjadi pahlawan pada saat ini. Jika demikian, sangat diperlukan pahlawan-pahlawan baru, yang rela berkorban untuk men-egakkan kebenaran dalam menunpas “penjajah” bangsa ini.

Artinya, siapa saja bisa menjadi pahlawan bagi bangsa ini dengan segala persoalan yang ada. Seorang dokter yang bekerja sungguh-sungguh demi kes-embuhan sang pasien adalah pahlawan bagi si pasien. Guru yang bekerja untuk mencerdaskan anak didiknya juga pahla-wan, bukan saja bagi murid-muridnya melainkan pula bagi negara/bangsa.

Di tengah kehidupan masyarakat, guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Begitu halnya petani, mereka juga menjadi pahlawan tanpa tanda jasa lantaran profesinya menjamin tersedianya pangan yang dibutuhkan segenap warga masyarakat.

Kita harus mampu menjadi pahlawan bagi bangsa ini. Sekecil apapun tindakan atau pengorbanan yang kita lakukan dengan penuh tanggungjawab dan rasa

keikhlasan ini sangat membantu bagi mengatasi penajajahan dalam bangsa Indonesia .

Bersikap pahlawan tidaklah harus ber-perang melawan musuh-musuh bangsa dengan bom, parang, keris atau bambu runcing seperti pahlawan pada masa dahulu.

Kita semua layak disebut pahlawan, asalkan kita memanfaatkan potensi kema-nusiaan yang kita miliki. Bukankah Tuhan telah memberikan potensi kemanusiaan yang lengkap kepada setiap manusia.

Membuang sampah pada tempatnya, menuntaskan kemiskinan dan korupsi adalah satu tindakan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan Negara. Inilah nilai-nilai kepahlawanan yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia . Siapa lagi yang akan menjadikan kita seorang pahlawan kalau tidak kita sendiri yang men-jadikan kita sendiri sebagai pahlawan.

Momentum hari pahlawan marilah kita berikan yang terbaik bagi bangsa ini di segala lini kehidupan. Sudah saatnya bangsa ini bangkit dari keterpurukan yang ada. Indonesia Bisa ! Melalui momen peringatan hari pahlawan 10 November tahun ini, marilah kita menggali kembali memori perjuangan para pendahulu kita yang telah banyak berjasa dalam mewu-judkan kemerdekaan di tanah air tercinta, Indonesia. Jadikah semangat yang mereka miliki sebagai pemacu kita untuk bisa lebih baik lagi dalam mengisi kemerdeka-an dengan hal-hal yang lebih bermanfaat. (Redaksi)

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 4

Xpresi Utama

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Pahlawan Masa Kini

Menurut Mereka

Nama : Ribka LaoliSekolah : SMA Bintang Timur 1 BaligeKelas : XI IA-2

Hal yang dapat saya lakukan sebagai generasi muda penerus bangsa adalah har-us belajar dengan semestinya bukan malah bermalas-malasan dan tawuran, menjaga kesatuan dan persatuan dengan cara saling menghargai sesama, turut ikut serta dlm memperingati hari-hari besar negara,dan menghindari pergaulan bebas.

Menurut saya, tokoh yang dapat dijadi-kan sebagai pahlawan di era sekarang ini adalah Alm. Abdulrahman Wahid (Gusdur). Karena beliau mampu membuat toleransi antar umat beragama menjadi semakin baik.

Nama : Mangara SilalahiSekolah : SMA Tri Ratna SibolgaKelas : XI-IPA

Hal yang dapat saya lakukan untuk tetap menghargai jasa para pahlawan ialah dengan belajar keras seperti halnya pahla-wan Nasional kita yang dulunya bersusah payah memerdekan Indonesia. Sehingga kita wajib mensyukuri jerih payah dan kerja keras pahlawan kita tidak sia sia.

Tokoh yang pantas disebut pahlawan ialah kedua orang tua saya. Karena kedua orang tua saya sudah sangat bersabar dalam merawat dan mendidik anak anaknya agar kelak menjadi pahlawan yg bisa mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional.

Nama : Zelita Almira Br. SembiringSekolah : SMA N 1 Babalan P. BerandanKelas : 12 IPA 1

Kita sebagai generasi muda, harus menghargai jasa para pahlawan kita. Dengan cara, mengikuti acara mengibar-kan bendera merah putih, berkunjung ke museum, ziarah. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengenang jasa-jasa mereka yang telah gugur dimedan perang.

Untuk saat ini, yang saya anggap pahlawan mungkin hanya KPK. Entah mau jadi apa negeri ini, korupsi dimana-mana. Jika ingin mengubah negeri bukannya harus mengubah diri sendiri dan menjadi contoh utk kami rakyat yang dibawah? Teman-teman mari kita doakan yg terbaik utk Indonesia kita.

Nama : Marisi AngelinaSekolah : SMA Methodist P. SiantarKelas : XII IPA

Saya sebagai generasi muda penerus bangsa, hal positif yang dapat saya lakukan menghargai jasa para pahlawan dengan cara belajar yang sungguh-sungguh dan ikut serta memperingati hari pahlawan.

Tokoh yang pantas disebut pahlawan ialah yang pertama kali orang tua karena di saat pertama kita membuka mata kita orang yang pertama kita lihat adalah orang tua kita dan mereka juga yang membesar-kan kita serta mendidik kita. Dan orang tua juga mendorong kita untuk mau sekolah di ajari oleh guru untuk diajari dalam belajar dan apa yang kita tahu dapat bertanya.

Nama : ElbertSekolah : SMA Jenderal SudirmanKelas : XII IPS

Menurut saya, hal-hal positif yang dapat saya lakukan untuk tetap menghargai jasa para pahlawan ialah dengan memperin-gati hari pahlawan tersebut, menjaga dan melindungi negara Indonesia, serta turut memajukan negara kita sesuai dengan bidang yang saya tekuni.

Tokoh yang pantas disebut pahlawan di era sekarang ini ialah Joko Widodo, karena beliau merupakan salah satu anak bangsa yang terus berkarya untuk mengharumkan nama negara kita. Berkat kepemimpinan-nya juga sekarang Kota Solo menjadi indah mungkin Kota Jakarta juga selanjutnya.

Nama : Kiki Marsha NugrahaSekolah : SMA KARTIKA 1-2 MEDANKelas : XII IPS 2

Sebagai generasi muda hal-hal positif yang dapat kita lakukan untuk terus dapat menghargai jasa-jasa para pahlawan adalah membaca kisah patriotismenya atau yang paling mudah mengingatnya didalam hati kita dan meneruskan kisah patriotismenya dengan selalu berinovasi .

Tokoh yang pantas disebut pahlawan di era sekarang ini adalah irawan Eko Yuli yaitu pemenang medali perunggu pada kejuaraan angkat besi dan Agnes Monica yang selalu mengharumkan nama bangsa keseluruh penjuru dunia.

Dari berbagai zaman, banyak anak bangsa Indonesia yang telah berperan besar bagi kehidupan bangsa ini, meski hanya beberapa diantaranya yang menda-pat status pahlawan nasional. Lalu di era sekarang, siapakah tokoh anak bangsa Indonesia saat ini yang menurut mereka pantas disebut pahlawan?

Serta apa yang dapat mereka lakukan sebagai generasi muda penerus bangsa, untuk tetap menghargai jasa-jasa para pahlawan nasional yang telah gugur di medan perang? Berikut ini petikan wawancaranya.

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 5

Xpresi Utama

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Nama : Handoko WinyayaSekolah : SMA Jenderal SudirmanKelas : XII IPS

Menurut saya, dalam mengingat pahla-wan kita tidak harus menghafal nama para pahlawan tersebut, cukup dengan belajar keras agar dapat mengikuti perlombaan Olimpiade Internasional, dan menghargai serta mendalami peringatan hari pahlawan tersebut.

Tokoh yang pantas disebut pahlawan di era sekarang ini ialah Eko Irawan, karena dia telah mengukir prestasi Internasional di ajang Olimpiade London 2012 yang baru saja berlangsung dengan meraih medali Perak di cabang angkat besi. Hal ini tentu saja membuat harum nama bangsa dan negara kita.

Nama : LauraSekolah : SMA Triratna SibolgaKelas : XI-IPA

Hal yang dapat saya lakukan sebagai penurus bangsa untuk terus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur ialah dengan mengahargai pancasila , mengingat hari-hari besar seperti hari sumpah pemuda, hari kemerdekaan, Hari pahlawan nasional. Dan belajar mengenai sejarah-sejarah me-reka yang dulu.

Tokoh yang pantas disebut pahlawan di era sekarang ini menurut saya ialah Mario teguh, karena dia bisa menjadi inspirasi bagi semua orang, karena inspirasi nya dapat di terima dan bermanfaat bagi semua orang serta bermanfaat bagi banyak orang.

Nama : Henny Berlina PurbaSekolah : SMA N 3 SibolgaKelas : XI IPA 2

Hal positif yang dapat dilakukan ialah meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara menjalin kekompakan dengan sesama khususnya pemuda yang akan men-jadi generasi penerus bangsa. Yang sering menjadi penghalang hal tersebut dijaman sekarang ialah tawuran antar sekolah.

Menurut saya yang pantas disebut sebagai pahlawan untuk saat ini ialah pemimpin kita sendiri yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Alasan saya memilih beliau dikarenakan kepemimpinannya yang tegas. Dilihat dari masa jabatannya beliau mampu memimpin bangsa kita selama 2 periode atau 10 tahun.

Nama : Natalia Purnama Sari ChenSekolah : SMA Tritunggal T. BalaiKelas : XII IPA

Sebagai generasi muda penerus bangsa, hal positif yang dapat saya lakukan adalah mencintai pendidikan yang masih bisa saya kecap hingga pada saat ini sebagai wujud penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan nasional yang telah gugur di medan perang.

Tokoh yang pantas disebut pahlawan pada saat ini adalah R.A. Kartini, di mana kita tahu bahwa persatuan yang ada saat ini disebabkan oleh karena persamaan hak antara lelaki dan wanita. Untuk itu, hal terse-but membawa pengaruh besar bagi negara ini sehingga kebebasan laki-laki dan wanita mengecap pembelajaran menjadi salah sa-tunya khususnya dalam bidang pendidikan.

Nama : Suandi TarihoranSekolah : SMA Negeri 3 SibolgaKelas : XII IPA 3

Hal yang dapat saya lakukan sebagai penurus bangsa untuk terus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur di me-dan perang ialah denganbelajar dan terus belajar agar kelak saya dapat memberikan yang terbaik untuk negeri ini,

Tokoh yang pantas disebut pahlawan di era sekarang ini menurut saya ialah pak Abraham Samad ketua KPK , karena beliau berani dan mampu menjalankan tugasnya untuk memberantas korupsi yang membuat negeri ini terhindar dari kemisikinan yang di sebabkan para koruptor. Hidup KPK.

Nama : KarenSekolah : SMA Jenderal SudirmanKelas : XII IPS

Hal yang dapat saya lakukan sebagai penurus bangsa untuk terus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur ialah dengan belajar sungguh-sungguh, tekun, rajin, membantu orang tua dan membuat bangga orang tua atas prestasi yang kita capai.

Tokoh yang pantas disebut pahlawan di era sekarang ini menurut saya ialah Putri Ayu, penyanyi berusia muda yang berasal dari Kota Medan. Ia memiliki bakat yang luar biasa dalam bernyanyi yang telah dan akan terus mengharumkan nama daerah-nya, bangsa serta negaranya.

Nama : Willy SincokSekolah : SMA Ostrom Methodist T. TinggiKelas : XII-IPS

Kita sebagai generasi muda harus menghargai jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur di medan gulat itu. Caranya adalah mempertahankan Tanah air yang ta-lah diperjuangkan beliau, belajar keras dan bekerja keras untuk memajukan Tanah air, menjadi pemimpin yang baik dan bertang-gung jawab di masa mendatang, mense-jahterakan rakyat Indonesia.

Menurut saya, Tokoh yang pantas dis-ebut sebagai Pahlawan saat ini adalah Para Guru di Indonesia. Beliau dikenal sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Berhubung pada tanggal 25 November adalah hari guru.

Nama : StevenSekolah : SMA Jenderal SudirmanKelas : XII IPA

Hal yang dapat saya lakukan sebagai penurus bangsa untuk terus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur ialah dengan selalu mengingat hari pahlawan dan menumbuhkan rasa dan jiwa kepahla-wanan yang ada, seperti belajar untuk berjiwa besar dan mau menerima pendapat dari orang lain.

Menurut saya, Tokoh yang pantas dis-ebut sebagai Pahlawan saat ini adalah Taufik Hidayat, karena berkat prestasi-prestasinya di cabang olahraga Bulu Tangkis nama Indonesia menjadi harum dan tersohor ke seluruh dunia.

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Xpresi Kampus

6 November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Mengeruk Emas dari Peluang yang Ada

Jangan Katakan Anak IT Jika Belum Bisa Ngeblog

Setiap orang memiliki kans yang sama dalam menemukan butiran-butiran emas. Namun dalam fakta yang tampak, tidak semua orang

sukses mengeruk emas yang tersem-bunyi di balik pasir-tanah-lumpur yang menutupi kilaunya. Parabel yang sama pun dialami dunia kerja. Demi menyiasati tingginya persaingan, apalagi sejak dibu-kanya gerbang globalisasi yang membuat persaingan dalam dunia kerja semakin gencar, dibutuhkan kemampuan untuk mengeruk emas dari peluang yang ada.

Untuk itulah STIE IBBI mengundang Fransidy dari Inter Pan Pasifik Futures sebagai pembicara dalam Seminat Pelu-ang Emas di Era Emas untuk mendeka-tkan mahasiswa pada Inter Pan Pasifik Futures serta melatih mahasiswa sehingga mampu bersaing di era globalisasi ini.

Seminar yang diadakan Sabtu, 29 September silam di aula Kampus Dia-mond STIE-STMIK IBBI ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa STIE IBBI yang dengan antusias mendengarkan serta turut aktif bertanya pada pembicara sebelum mer-eka benar-benar terjun ke dunia kerja. Diharapkan dengan mengikuti seminar ini, mahasiswa STIE IBBI dapat segera me-nemukan peluang emas yang ada. (jhw)

Sekitar delapan puluh mahasiswa STMIK IBBI tingkat awal terlihat antusias ketika mengikuti Pelatihan Membuat Blog yang diadakan di Kampus Topaz STMIK IBBI, Sabtu (6/10) silam. Pelatihan yang dibawakan oleh alumnus STMIK IBBI, Idi Suwardi, S.Kom. dan Indra Joni Pratama, S.Kom. ini diadakan untuk mendorong minat mahasiswa STMIK IBBI untuk terus berkarya dalam dunia tulis menulis sehingga dapat dituang-kan melalui media blog.

Setelah mengakrabkan mahasiswa pada seluk-beluk dunia blogger yang semakin fleksibel, dinamis, serta berbobot, pembicara pun mengajak mahasiswa untuk langsung mem-buat blog mereka sendiri. Bagi yang belum memiliki akun email sebagai starting point, pembicara pun mendemokan cara membuat email lalu melanjutkan dengan pembuatan blog.

Dalam penutup acara, kedua pembicara menekankan pentingnya mahasiswa untuk selalu mengupdate konten blog mereka secara berkala dengan isi yang berbobot karena selain mengasah keterampilan menulis, blog dapat menjadi referensi baik dalam dunia kerja maupun bisnis online yang semakin menjamur dewasa ini.

Muhammad Alfiansyah, mahasiswa TI semester 1 STMIK IBBI mengaku bahwa sebelumnya ia belum mengerti ba-gaimana cara membuat blog. Seusai pelatihan ia pun mampu membuat blog yang ia kira sulit dan bertekad memanfaatkan blognya untuk berbagi ilmu dan pengalaman. So, jaman gini masih belum bisa ngeblog? (jhw)

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Xpresi Kampus

7November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

“Night Mist” IBBI Halloween Party STIE – STMIK IBBI

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI mengadakan acara IBBI Hal-

loween Party yang pertama kali diadakan oleh STIE – STMIK IBBI. Acara yang berte-makan “Night Mist” ini digelar pada Sabtu (27/10) di Kampus Diamond STIE – STMIK IBBI Jl. Sei Deli No. 18 Medan, pada pukul 18.00 WIB. Dan terbuka untuk umum dengan Tiket yang berharga Rp. 70.000.

Adapun beberapa acara yang akan digelar dengan tema Night Mist adalah Haunted House, Night Mist Box, Ghost and Fun Show, Great Dancer, Game, Best Costum, Food Corner, Photografer Con-test, serta tidak kalah seru adanya Lucky Draw dan lain sebagainya.

Acara yang bertemakan “Night Mist” ini bertujuan untuk mengadakan party yang bersifat open house dimana semua kalangan dapat menikmati acara yang diselenggarakan ini, dan juga memberi-kan dukungan baik terhadap STIE – STMIK IBBI dalam hal pengadaan acara yang membutuhkan kreatifitas yang tinggi serta acara ini juga digelar dengan turut memeriahkan acara tahunan yang dalam dewasa ini semakin sering digemari oleh semua kalangan masyarakat baik pelajar maupun kalangan lainnya.

Heriandi salah seorang mahasiswa STMIK IBBI dan selaku Ketua Panitia ini juga memberikan pendapat bahwasan-nya sangat mendukung acara ini, karena dapat menggali kretifitas dsn bakat maha-siswa STIE – STMIK IBBI dalam hal yang

berhubungan dengan acara yang terdapat pada Halloween Party tersebut.

Wakil Ketua III STIE IBBI, Budijanto, S.Si., M.Si juga menambahkan acara yang digelar di STIE-STMIK IBBI ini berguna untuk semua kalangan dapat mengenal

Kampus STIE – STMIK IBBI serta beberapa kegiatannya. Dan dapat menunjang mahasiswa untuk dapat menggali bakat dan kreatifitas yang dimilikinya untuk berlomba di event yang di adakan di Hal-loween Party tersebut, Tambahnya.

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 8 November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 8

Xpresi Kota

FOMIKOM Gelar Pameran Komputer di Atrium Plaza Medan Fair

Animo masyarakat Medan begitu tinggi terhadap pameran kom-puter yang diselenggarkan oleh FOMIKOM (Forum Komunikasi

Pengusaha Komputer) Medan awal Okto-ber kemarin.

Pameran yang berlangsung selama 1 minggu tersebut memamerkan berbagai komputer, laptop, ipad, kamera, sampai beragam jenis barang elektronik lainnya.

Lebih dari ribuan pengunjungi terlihat memadati Atrium Plaza Medan Fair tersebut. “Pengunjungnya di hari pertama sangat ramai sampai sekarang, mereka tidak hanya membeli tapi juga ingin memperoleh informasi,”jelas Putri meru-pakan pegawai dari salah satu gerai yang ikut dalam pameran itu.

Putri mengakui,merasa senang dan puas dengan mengikuti pameran seperti ini. Melalui even yang diikuti oleh 40 tenant dan vendor eletronik itu sudah barang tentu dapat mendongkrak omset penjualan gadget di tempatnya. Apalagi, dengan adanya pameran seperti ini akan memudahkan konsumen untuk memilih berbagai komputer, ipad, laptop, serta akseoris terlengkap dan terbesar yang konsumen inginkan.

Selain dapat mengetahui informasi gadget terbaru maka pembeli juga di-untungkan dengan harga produk yang ditawarkan yakni jauh lebih murah dari biasanya. Selanjutnya berbagai tawaran hadiah menarik juga disediakan oleh pantia penyelenggara.

Pameran Pangan dan Minuman AS di JW Marriott Medan

Pameran pangan dan minuman asal Amerika Serikat yang diselenggarakan di Hotel JW Marriott Medan. Pameran ini digelar pada Rabu (17/10/2012).

Ragam produk dan minuman mulai dari jus apel murni, kismis asli california, apel, ang-gur, dan banyak lainnya bisa Anda temukan pada pameran ini. Enaknya, Anda juga boleh mencicipinya.

Konsul AS untuk Sumatera, Kathryn Crock-art, mengatakan, pameran ini diadakan untuk memperkenalkan potensi pangan Amerika dan produk minuman kepada industri pangan di Medan.

“Pameran ini juga merupakan rangkaian kegiatan untuk mempromosikan kerjasama dagang dan investasi yang merupakan salah satu fokus kemitraan komprehensif antara Amerika Serikat dengan Indonesia,” katanya saat temu media.

Selain pameran produk pangan dan minuman, juga dihadirkan dua Chef Indonesia ternama yaitu Chef Vindex Tengker (Juri Master Chef Indonesia 1) dan Chef Ucu Sawitri.

Kehadiran kedua chef ini akan melakukan

demo masak selama pameran berlangsung. Mereka memadukan bahan-bahan asal dari Timur ke Barat.

Menurut Chef Ucu, dalam demo masaknya Selasa sore, ia mencoba membuat sejenis bolu yang terbuat dari perpaduan rempah-rempah khas Indonesia yang dipadu dengan kismis California.

“Ini suatu usaha kita untuk mengenal-kan, ternyata rempah-rempah Indonesia jika dikombinasikan dengan produk asal Amerika Serikat juga mampu menmberikan citra rasa makanan yang baik dan enak,” katanya. (MM)

Kelompok band NOAH yang merupakan reinkarnasi dari Peterpan, Rabu (24/10/2012) malam tampil memukau penggemarnya (Sahabat NOAH) dalam rangkaian tur “Born to make History” di Pardede Hall Medan.

Band dengan frontman sang vokalisnya, Ariel, membawakan 20 lagu dengan dukungan tata panggung dan lampu memukau.

Sebelumnya, promotor konser NOAH, Marchel Permadi kepada wartawan, mengatakan, konsernya kali ini beda ketika di bawah Peterpan. NOAH, kata Marcel, menjual konsep konser yang benar-benar dipersiapkan secara matang dan profesional layaknya pertunjukan band-band mancane-gara.

“Kalaupun tikelnya mahal, yaitu berkisar Rp150 ribu sampai Rp 500 ribu, ini tidak lain untuk memberikan yang terbaik buat Sahabat NOAH di Medan, termasuk penataan panggung,soundsystem maupun lighting telah diper-siapkan secara spektakuler,” ujarnya.

Konser Born to Make History, NOAH ingin membuktikan bahwa tidak hanya band-band asing saja yang bisa konser di dalam gedung. Namun band lokal juga punya prestasi luar biasa dan patut mendapat apresiasi dari negeri sendiri serta menjadikan sebagai hiburan berkelas.

Konser Indoor, selain memberikan rasa aman yang lebih tinggi juga kon-sep konser NOAH menjadi sangat istimewa ditopang permainan multimedia serta lighting akan menjadi faktor pendukung yang berperan besar dalam konser ini.

Indra Brasco, selaku President Director Inc.Production menambah-kan, dengan mengusung konser indoor dalam rangkaian tur Born Make History,diharapkan masyarakat Indonesia mulai terbiasa dengan konser musisi lokal yang berkualitas.

NOAH membawakan sejumlah lagu saat mereka masih menggunakan nama Peterpan. (MM)

NOAH Band Hadirkan Konser Berkualitas

antarafoto.com

Penting, Pendidikan Wirausaha Dikenalkan Sejak DiniPendidikan kewirausahaan perlu diberi-

kan kepada anak-anak. Dengan demikian, pengembangan kemampuan berwirausaha bisa dimulai sejak dini untuk menciptakan gen-erasi muda yang mandiri.

Marketing and Customer Director Prasetiya Mulya Businees School, Iwan Kahfi, menga-takan, dalam perkembangannya selama 30 tahun, Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya menya-dari bahwa pengembangan dunia wirausaha melalui pendidikan ke sekolah-sekolah perlu diupayakan agar anak-anak muda nantinya dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

“Kami berharap kontribusi Prasetiya Mulya dalam menghasilkan pengusaha muda bisa terus membantu roda perekonomian di Indo-nesia,” kata Iwan saat membuka acara Media Gathering di FX Lifestyle Centre, Senayan,

Jakarta, Jumat (19/10/2012).Tim sudah mengunjungi sekitar lima

sekolah untuk mengampanyekan pendidikan kewirausahaan di kalangan siswa sekolah me-nengah atas di tiga daerah di Jawa. Pengem-bangan pendidikan kewirausahaan, termasuk untuk anak-anak dan remaja, dikembangkan lebih lanjut melalui kompetisi menulis tentang pengembangan wirausaha bagi para jurnalis dan masyarakat umum. Kompetisi menulis tentang kontribusi pendidikan kewirausahaan ini dibagi menjadi dua, yaitu kompetisi blog-ging untuk kalangan masyarakat umum dan kompetisi menulis untuk para jurnalis.

Melalui pendidikan kewirausahaan, Iwan berharap pergerakan roda ekonomi Indone-sia bisa terus berjalan dengan baik dengan munculnya orang-orang yang siap bersaing di dunia bisnis. (kompas.com)

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 9

Xpresi Kuliner

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Berlokasi di Jalan Kejaksaan no.42 Medan, King Hot Plate kem-bali membuka cabangnya yang ke-2. Dengan pemilihan lokasi strategis dan nyaman. Restoran ini cukup ramai dikunjungi tergolong masih baru.

Saat berada di situ, deretan kursi panjang, pendek, atau lesehan telah siap menyambut konsumen yang datang.

“Menu utama kami ialah nasi goreng Betawi, Manado, serta ayam penyet spesial,”tutur Dian, Supervisor dari King Hot Plate.

Selain ketiga menu itu, disediakan pula nasi goreng beef and chicken black paper, sosis, chicken korea, teri Medan, udang Jepang, seafood Hawai serta Bangkok.

Dijelaskan Dian, nasi goreng ala Betawi memiliki tampilan telur di bawah dengan nasi di atas sedangkan Manado berupa nasi goreng dengan potongan daging sapi yang sudah menyatu dengan rasa pedas yang kuat.

Nasi goreng Hawai juga memiliki tampilan sedikit berbeda. Perbedaanya ialah warna nasinya kuning karena diberi penambahan kunyit.

Kemudian dari sisi penyajian tidak sama. Bedanya, jika nasi goreng Betawi dan Manado disajikan dalam piring hot plate yang panas. Sebaliknya, nasi goreng Hawai penyajiannya dilakukan dalam piring putih tanpa panas.” Nasi goreng Hawai me-mang penyajiannya kayak gitu,”jelasnya.

Selain makanan, King Hot Plate juga menawarkan berbagai minuman. Misalnya, ice teller, sup buah, nata de coco, dan aneka jus yang mengugah selera.

Santapan Sehat Ala Menu VeganLoving hut merupakan restoran

berkonsep frainchaise dan berskala inter-national dengan 300 outlet tersebar di seluruh dunia. Resto ini merupakan tem-pat makan yang menawarkan berbagai menu vegan. Di Medan, Loving Hut bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Jalan Mataram. Merlinda, pemilik frainchaise Loving Hut wilayah Medan mengatakan, Loving Hut sendiri mengandung penger-

tian yakni cinta kasih.” Cinta kasih men-gandung maksud bahwa mereka yang datang kemari memiliki perasaan cinta dan sayang terhadap semua makhluk khususnya, hewan,”terang wanita kelahi-ran Medan tersebut.

Merlinda mengisahkan, Loving Hut didirikan oleh seorang maha guru Ching Hai kelahiran Vietnam dan berkewargane-garaan Jerman. Selain itu, sambung Me-linda, selama kurun waktu tersebut maha guru Ching Hai juga banyak melakukan berbagai kegiatan sebagai upaya dalam mengatasi global warming.” Semua kegia-tan yang ia lakukan berasal dari dananya sendiri tanpa adanya sokongan dari pihak manapun,”jelas perempuan berambut panjang itu.

Bicara menu, Merlinda menjabarkan, untuk menu appetizer, resto yang buka se-jak pukul 10.00 pagi hingga 10.00 malam itu

Taburan Semur yang Lezat Dalam Seporsi Nasi Goreng

Pecal Kenari Semakin Lama Kian Digemari

Santapan Hangat dan Lezat di Hot Plate

Kawasan Pandu sudah lama dikenal sebagai pusat jajanan malam terutama nasi gorengnya. Ketika malam tiba, deretan tenda café, kursi, dan meja mulai tersusun rapi di sana. Hal ini juga yang membuat Jalan Pandu menjadi salah satu sentra dalam memanjakan lidah baik pen-duduk asli maupun luar kota Medan.

Nasi Goreng Julia Sari adalah salah satu warung nasi goreng yang masih eksis dan lumayan ramai dikunjungi hingga saat ini. Toni, pemilik dari usaha nasi goreng yang berdiri sejak tahun 1975 mengungkapkan, bisnis itu merupakan usaha yang telah dirintis ayahnya sejak masih lajang sampai menikah dengan sang bunda dan melahirkan 5 orang buah hati.

Menurutnya, warung yang buka dari jam 05.00 sore hingga 3.30 pagi di hari biasa dan 4.30 pagi ketika hari libur itu saat pertama kali buka belum begitu ramai dan dikenal banyak orang. Barulah, sekitar tahun 1990-an nasi goreng Julia Sari mulai dikenal.

Warung yang mengambil nama sang kakak sebagai nama tempat tersebut me-

menyajikan loving risol berisi wortel, jamur, susu soya atau kedelai dan fancy nut satay. Fancy nut satay adalah daging ayam soya yang diolah seperti sate.

Selanjutnya sebagai menu utama hadir rice plates dengan tampilan sep-erti chicken wings dan crispy joy rice set atau lebih dikenal dengan sebutan pe-cel lele.” Lelenya berasal dari tahu yang dijemur dan digulung hingga memben-tuk sebuah daging ikan lalu dibungkus dengan rumput laut,”jelas Merlinda.

Kemudian, untuk minuman, resto yang berada tepat di belakang sebuah restoran frainchaise ayam goreng itu menghadir-kan minuman spesial loving hut passion, flamingo juice, dan strawberry shunsine. Dijelaskan Merlina, loving hut passion hadir dengan campuran jus lemon dan or-ange yang diberi tambahan buah longan dengan rasa asam dan manis yang padu.

Sedangkan untuk flamingo juice, terdiri dari jus sirsak dan strawberry dengan tampilan khas dari Loving Hut sendiri. Terakhir strawberry sunshine merupakan minuman yang terdiri dari jus strawberry, nenas, dan orange dengan rasa asam yang mengigit.

Dalam sebuah teras rumah yang tidak begitu luas Aisyah dan Asni Nasu-tion merupakan dua kakak beradik yang mencoba peruntungan dengan menawar-kan menu pecal. Mereka sudah berjualan sejak pukul 11.30 siang sampai 03.30 sore.

nyajikan aneka nasi goreng misalnya nasi goreng ayam, sapi, serta cap cai.

Dari segi rasa yang membut nasi gorengnya ramai dikunjungi adalah rasa pedas dan gurih serta aroma semur yang kuat dari nasi dan olahan dagingnya. Sehingga membuat banyak pelanggan silih berganti untuk mencicipi kelezatan sepiring nasi goreng Julia.

Ketika disinggung seputar omset yang bisa dIdapat per harinya. Ia menyebutkan, nasi gorang Julia dapat menghabiskan 900 sampai 1000 bungkus nasi setiap hari.

Dengan berlokasi di Jalan Kenari, kedua perempuan berdarah Mandailing itu lebih dari 35 tahun bergelut dalam bisnis kuliner peninggalan dari kedua orang tua mereka.

Steling makanan yang berisi sayur daun ubi, kangkung, tauge, kacang pan-jang, tahu goreng, serta bahan pelengkap lain untuk mengolah pecal begitu cepat habis saat pembeli sudah mulai berdatan-gan ketika siang harinya untuk mengisi perutnya yang kosong. Selain pecal, mereka jual menjual aneka kue dan menu lain yang tidak kalh lezatnya.

”Dulu sih tidak ramai seperti seka-rang, kalau dulu hanya enam sekarang bertambah menjadi belasan meja,”ungkap

Erwinsyah pertama dari Asni.Erwin mengatakan, warung yang

pernah disinggahi (Alm) Olo Pangga-bean dan beberapa rekan media itu telah menawarkan menu pecal sejak pertama buka. Kemudian, diikuti oleh pilihan menu lainnya seperti sup.

Pecal yang dihadirkan di sana sama seperti kebanyakan warung pecal pada umunya yaitu, terdiri dari daun ubi, pepaya, tauge, tahu, tempe, emping. Selanjutnya baru disiram dengan kuah kacang agar rasanya lebih mantap.

Erwinsyah menambahkan, pecal itu dapat disajikan bersama nasi atau lontong tergantung kepada pilihan si pelangggan.

“Setelah 20 tahun lalu lalang di sini,

ini kali pertama saya mencicipi pecal di sini. Dan, taunya pun dari mulut ke mulut. Rasa bumbunya enak dan wangi. Biasanya, setau saya kelezatan bumbu terletak pada gula merahnya. Gula merah yang berkualitas itu tidak pahit alias manis serta wangi dan rasa itu saya temukan di sini,”komentar salah satu pengunjung etnis Tionghoa yang enggan disebutkan namanya.

Karena kelezatan bumbu ini mem-buat warung pecal ini dapat menghabis-kan lebih dari 5 kilogram kacang tanah meskipun buka beberapa jam saja. Untuk harga, sebut Erwinsyah, sepiring pecal ini dikenakan biaya Rp 12.000 baik dengan nasi maupun lontong.

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Xpresi Tekno

Windows 8 Resmi Diluncurkan

Windows 8 resmi diluncurkan pada Kamis (25/10/2012). Salah satu lokasi peluncuran-nya, yang dilakukan secara

global di beberapa wilayah, adalah di Singapura.

“Dengan meluncurkan Windows 8, Microsoft berarti tengah membuka kon-sep ulang Windows kepada dunia,” kata Presiden Microsoft Asia Pasifik, Tracey Fellow.

Dia menambahkan, pengguna Win-dows 8 dapat membuat atau menggu-nakan konten dalam satu peranti (device) tanpa harus bertukar ganti seperti pengalaman selama ini. Pengguna dapat dengan nyaman bermain game sekaligus mencari kesenangan melalui satu tablet, misalnya.

Chief Operating Officer at Microsoft Asia-Pasifik Andrew Pickup menambah-kan, para pengguna komputer semakin menginginkan aplikasi dan peranti yang ringkas. Mereka tidak lagi membutuhkan dua atau tiga peranti, cukup satu.

Peluncuran Windows 8 disambut rekanan Microsoft, seperti Asus, Acer, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, LG, Samsung, Sony,

and Toshiba. Mereka telah menyediakan lebih dari 50 jenis peranti (device) baru yang menggunakan Windows 8. Secara global, lebih dari 1.000 device siap men-gaplikasikan Windows 8.

Windows Store segera tersedia di 231 pasar di seluruh dunia, termasuk Aus-tralia, Kamboja, China, Hongkong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Laos, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Windows 8 Sudah Bisa Dibeli di Indo-nesia, Harganya?

Sehari setelah peluncuran global pada 26 Oktober 2012, Microsoft telah menya-takan kesiapannya untuk menghadirkan Windows 8 di Indonesia.

“Sudah ada 500 retail melalui ribuan tokonya yang sudah memasarkan sistem

Kreavi, Tempat “Nongkrong” Digital Pekerja Kreatif 5 Tips Membeli BlackBerryPekerja kreatif visual Indonesia

kini memiliki tempat kumpul virtual di sebuah situs web jejaring sosial buatan lokal. Pekerja kreatif bisa membuat galeri untuk memamerkan kary-anya. Bahkan, jejaring sosial ini bisa dimanfaatkan sebagai bursa mencari peluang bisnis dan pekerjaan.

Kreavi.com, adalah sebuah situs web jejaring sosial dan marketplace untuk pekerja kreatif visual Indonesia. Kreavi dikembangkan oleh Benny Fajarai sejak Desember 2011. Versi betanya mengudara pada April 2012, dan secara resmi diluncurkan Agustus 2012. Kini, Kreavi telah memiliki 2.700 pengguna.

Selain Benny, saat ini Kreavi diasuh oleh dua karyawan yang khusus me-nangani teknis dan desain. Ada pula relawan yang membantu memoderasi karya atau publikasi lainnya di Kreavi.

Benny, yang lahir di Pontianak, 27 April 1990 silam, hendak membuat sebuah “kapal” yang menyatukan seluruh bidang industri kreatif visual di Indonesia. Para pelaku industri periklanan, animasi, arsitektur, sine-matografi, seni rupa, fotografi, hingga web desain, semuanya bisa bergabung dan saling terhubung di Kreavi.

Sistem pertemanan di Kreavi mirip seperti Twitter, menggunakan sistem follow dan follower. Pengguna bisa mem-follow pengguna lain yang memiliki karya visual berseni tinggi atau yang sesuai dengan minatnya.

Di Kreavi, pengguna bisa memper-lihatkan karya visual buatannya dalam galeri virtual. Di sana pengguna bisa membuat album untuk mengkatego-rikan karya. Besar harapan Benny agar pengguna mendispiplinkan diri untuk mengunggah karya visual buatan

mereka sendiri, dan tidak melakukan pencurian karya. Ini semata dilakukan agar seorang pekerja kreatif memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Pengguna tak perlu takut karyanya akan dicuri, justru di sinilah tempat di mana kita bisa menunjukan kemampuan,” tegas Benny. “Di Kreavi, kita membatasi resolusi pixel sebesar 1.000 x 1.000 pixel. Jadi resolusi ini tidak bisa digunakan untuk komersial.”

Jika diambil sisi positifnya, galeri visual ini dapat memberikan inspirasi bagi pengguna lain. Jika mengalami stagnasi ide, pekerja kreatif tinggal mengunjungi Kreavi untuk melihat ide-ide cemerlang. Inilah salah satu misi Benny mendirikan Kreavi, agar para pengguna memberi umpan balik, berkomentar, atau bertukar pikiran.

Market placeKetika Kreavi masih berstatus beta,

Benny melakukan survei terhadap 1.000 orang yang kala itu telah meng-gunakan Kreavi. Survei ini berkaitan dengan hal apa yang paling dibutuh-kan pekerja kreatif visual di Indonesia. “Ternyata, 67% membutuhkan market-place,” tegas Benny.

Halaman marketplace di Kreavi mirip seperti pasar virtual, yang mem-pertemukan pekerja kreatif dengan pihak perusahaan atau agensi. Di sinilah peluang bisnis tercipta.

Dengan memamerkan banyak karya yang mampu membuat orang kepincut, seorang pekerja kreatif akan memiliki nilai ekonomis di mata pengusaha atau agensi. Sementara itu, perusahaan yang membutuhkan se-orang pekerja kreatif visual, juga bisa mencari talenta kreatif di marketplace Kreavi. Bahkan, perusahaan juga bisa

dimungkinkan mempublikasikan info lowongan kerja.

Acara temu muka rutinUntuk menambah jumlah peng-

guna, Benny melakukan tour keliling kampus yang dianggap efektif untuk menambah jumlah pengguna. “Dari satu kampus kita bisa dapat 100 peng-guna,” ujarnya.

Selain itu, Kreavi juga berkomit-men menggelar acara temu muka secara rutin yang mempertemukan pengguna Kreavi dengan pekerja kreatif berpengalaman di Indonesia. Acara temu muka ini diberi nama Kumpul Kreavi, yang akan digelar pertama kali pada 28 Oktober.

Tak tanggung-tanggung, Benny mendatangkan 8 dedengkot industri kreatif, seperti Raul Renanda, Richard Fang, Andre Surya, Chris Lie, Dennis Adishwara, Eka Sofyan, Nico A. Pra-noto, dan Surianto Rustan.

Pada kesempatan ini, pembicara dan peserta dipersilakan berdiskusi santai tentang satu topik soal industri kreatif yang dimoderasi oleh Kreavi. Tak hanya belajar soal kreativitas, di sini pengunjung juga bisa mempela-jari bagaimana merealisasikan ide cemerlang menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

operasi ini,” kata Andreas Diantoro, Presi-dent Director Microsoft Indonesia, saat berbincang dengan KompasTekno, Sabtu (27/10/2012).

Mulai hari ini, Windows 8 Pro dalam bentuk DVD sudah hadir di seluruh Indonesia dan dapat dibeli dengan harga 69,99 dollar AS (sekitar Rp 650.000). Harga ini untuk yang akan melakukan upgrade dari Windows lama (Windows XP, Vista, dan Windows 7).

Untuk upgrade dengan cara online, konsumen yang saat ini menjalankan PC dengan Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7, berhak untuk mengunduh Windows 8 Pro dengan harga 39,99 dollar AS. Penawaran ini berlaku sampai dengan akhir Januari 2013,

Sedangkan, konsumen pengguna yang perangkat dengan Windows 7-nya

dibeli antara 2 Juni 2012 dan 31 Januari 2013 bisa mengunduh Windows 8 Pro dengan harga 14,99 dollar AS melalui www.windowsupgradeoffer.com.

Untuk merayakan kehadiran sistem operasi terbaru ini, Microsoft Indonesia menggelar “Device Day” di Mal Taman Anggrek, Jakarta, dari tanggal 26 hingga 28 Oktober 2012.

Ada sekitar 50 komputer, laptop, dan perangkat tablet berbasis Windows 8 yang dipamerkan di acara ini, diantaranya produk dari Acer, ASUS, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, LG, Samsung, Sony, dan Toshiba.

“Windows 8 ini bisa dijalankan di smartphone, tablet, dan notebook dengan sistem operasi yang sama,” lanjut Andreas. Andreas juga banyak menjelas-kan kelebihan perangkat tablet berbasis Windows 8, jika dibandingkan dengan tablet lain.

“(Tablet) yang lain hanya bisa untuk entertainment, sedangkan tablet Win-dows 8 bisa untuk bekerja yang serius dan terproteksi,” jelas Andreas.

“Windows 8 merupakan sistem op-erasi buat kerja dan bermain,” tambahnya. (kompas.com)

10 November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Smartphone BlackBerry (BB) bukanlah perangkat ponsel biasa. Keberadaan PIN dan fasilitas BlackBerry Messenger (BBM) menjadi ke-unggulan dan nilai jual utama dari perangkat ini.

Berikut panduan membeli BlackBerry agar tidak mendapat masalah di kemudian hari.

1. Cek IMEI dan PINMemeriksa IMEI dan PIN menjadi syarat

utama pembelian BlackBerry. Nomor IMEI wajib ada di semua jenis ponsel, begitu pula BlackBerry.Cara untuk mengecek IMEI adalah de ngan me-nekan tombol *#06#. Anda juga bisa mengecek nomor IMEI sekaligus PIN dengan cara menekan Options lalu pilih Status. Bisa juga dengan mene-kan ALT+CAPSLOCK+H.

2. Cek usia penggunaanKita juga dapat mengetahui dengan mudah

berapa lama BlackBerry tersebut telah digunakan. Cara mengecek lama penggunaan BB adalah dengan menekan menu BB lalu pilih menu Op-tions diikuti dengan memilih menu Status. Pada tampilan yang muncul, Anda ketik BUYR.

3. Cek kinerja BlackBerrySebelum membeli BlackBerry, Anda bisa

menguji berbagai fasilitas yang ada. Hal ini ber-guna untuk menghindari penyesalan di kemudian hari. Anda bisa mengecek semua fitur BlackBerry mulai dari kondisi fisiknya hingga fitur suaranya. Caranya adalah dengan menekan menu BB dan pilih Options, lalu pilih Status dan tulis TEST.

4. Pastikan adanya garansiSaat ini, semua operator seluler, terutama

GSM, menjual perangkat BlackBerry. Alhasil Anda harus mendapat jaminan garansi alias layanan purnajualnya. Hal ini demi keamanan Anda bila sewaktu-waktu terjadi kerusakan/kendala pada BlackBerry tersebut.

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Kurikulum Pendidikan Baru Tuntas Akhir 2012

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim menyebutkan, pembahasan dan penyusu-

nan kurikulum pendidikan yang baru telah mencapai 25 persen dan dijadwal-kan tuntas pada akhir 2012.

“Proses penyusunan kurikulum terus dilakukan, saat ini sudah mencapai 25 persen. Akhir 2012 dipastikan sudah rampung,” kata Wamendikbud di sela-sela pembukaan TOT Pembentukan Karakter pada Guru dan Kepala Sekolah di Band-ung, Minggu (21/10/2012).

Tahun depan sudah ada buku dan pe-nataan di beberapa sektor sehingga bisa digulirkan pada tahun ajaran baru 2013.

Meski demikian, dalam prosesnya masih terus menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat, pakar, dan juga dari beberapa stakeholder pendidikan di Indonesia.

Salah satunya yang mendapat respons dari masyarakat adalah terkait penyeder-hanaan kurikulum, termasuk melakukan pemadatan pada mata pelajaran yang

diajarkan di sekolah.“Penyederhanaan kurikulum menjadi

salah satu yang mendapat respons cukup signifikan, termasuk adanya penguran-gan mata pelajaran seperti di tingkat SD,” katanya.

Hal itu untuk merespons adanya pendapat yang menyebutkan bahwa anak dijejali banyak pelajaran sehingga dilaku-

kan penyesuaian dalam kurikulum baru.Musliar mencontohkan, dalam

kurikulum baru untuk tingkat SD diwa-canakan hanya ada enam mata pelajaran, yakni Agama, PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, serta Pendidi-kan Jasmani dan Kesehatan.

“IPA tidak ada, dalam kurikulum baru ilmu pengetahuan akan diintegrasikan

dengan pelajaran lain, termasuk salah sa-tunya ilmu bahasa dikemas dalam konteks yang lebih menarik,” katanya.

Penjaskes juga diintegrasikan dengan penerapan nilai dan karakter, mendorong kerja keras dan cinta Tanah Air.

“Ini kesempatan menata kurikulum, jangan sampai ada istilah siswa terbebani. Mereka bersekolah, tetapi tetap bisa me-nikmati masa kanak-kanak,” kata Musliar.

Dalam kurikulum baru, kata dia, peserta didik didorong untuk menge-nali lingkungan sekitarnya dan potensi masing-masing.

Di sisi lain, kata Wamendikbud, model implementasinya juga masih akan dibahas kembali.

“Implementasinya belum disepakati, untuk tingkatan SD hingga perguruan tinggi, apakah ploting-nya di sekolah kabupaten atau provinsi. Masih akan disusun dan disepakati. Saya sendiri tidak sabar menunggu 2013, seperti apa sekolah-sekolah menerapkan kurikulum baru itu,” kata Wamendikbud.Sumber :ANTARA

11November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 11

Xpresi Info

Misi “Gila” Baumgartner Terjun dari Stratosfer Sukses

Kemedikbud Akan Bangun Rumah Budaya Indonesia di 8 Negara

Felix Baumgartner, skydiver asal Austria, berhasil melaksanakan misinya memecahkan rekor skydiving dunia. Berdasarkan laporan AP, Senin (15/10/2012) dini hari WIB, pria tersebut telah mendarat.

Baumgartner terjun dengan balon udara. Penerjunannya akhirnya berhasil dilaku-kan setelah dua kali penundaan pada Senin (8/10/2012) dan Selasa (9/10/2012). Penundaan sebelumnya terpaksa dilakukan karena faktor angin yang akan mengganggu penerjunan.

Sekitar tiga jam sebelum artikel ini ditu-runkan, BBC melaporkan bahwa balon udara Baumgartner mulai naik ke atmosfer mening-galkan tempat peluncuran di Roswell, New Mexico, Amerika Serikat. Balon udara akan menuju ketinggian 38,6 km dari permukaan air laut.

Penerjunan Baumgartner hingga kembali mencapai permukaan Bumi ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit. Setengah dari perjalanan itu ditempuh dengan gerak jatuh bebas berkece-patan 1.110 km/jam alias menembus kecepatan suara. Setelahnya, parasut akan dibuka.

Dengan penerjunan ini, Baumgartner me-mecahkan tiga rekor sekaligus. Pertama adalah menjadi manusia pertama yang bergerak hingga menembus kecepatan suara tanpa ban-tuan alat apa pun. Otomatis, ia juga menjadi

penerjun dengan kecepatan tertinggi.Rekor lain, Baumgartner juga menjadi pen-

erjun dengan titik penerjunan tertinggi. Rekor titik terjun tertinggi dipegang oleh Joe Kittinger dari US Air Force yang terjun dari ketinggian 31,3 km dari permukaan laut.

Sejumlah tantangan dihadapi Baumgartner. Ia mempertaruhkan nyawanya. Tekanan pada ketinggian penerjunan kurang dari 2 persen dari tekanan di muka air laut. Suhu juga sangat rendah. Jika pakaian khusus rusak, ia bisa terkena gejala ebullism alias darah mendidih.

Belum lagi soal teknik melompat. Jika melompat dengan posisi yang salah, ia akan bergerak dengan berputar-putar. Gerak putaran dengan kecepatan tinggi berpotensi merusak sistem kardiovaskuler, otak, dan mata.

Laporan terakhir AP beberapa menit yang lalu menyatakan bahwa penerjunan telah berhasil. Baumgartner berhasil mendarat di sebuah gurun di wilayah timur New Mexico setelah memulai perjalanan dari ketinggian yang sudah masuk lapisan stratosfer.

AP melaporkan, sesaat setelah pendaratan, Baumgartner mengangkat lengan sebagai tanda kemenangan. Misi pemecahan rekor berhasil dilakukan dengan sempurna. Baum-gartner kembali dengan selamat.Sumber :AP, BBC

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI akan mendi-rikan rumah budaya Indonesia di delapan negara yang dianggap strategis di dunia, diantaranya Amerika, Belanda dan Perancis. Rumah budaya ini untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat dunia.

“Tahun 2013 mendatang akan kita mulai di delapan negara. Pendirian rumah budaya ini dimaksudkan untuk membangun citra positif kehidu-pan budaya Indonesia di negara-negara strategis,” kata wamendikbud bidang kebudayaan, Prof Dr Wiendu Nuryati usai membuka Grand Strat-egy Meeting Dalam Rangka Persiapan World Culture for Development Forum 2013, Sabtu (27/10/2012), di Inna Garuda Yogyakarta.

Wiendu menambahkan, adanya rumah budaya tersebut semakin menegaskan Indonesia sebagai satu-satunya tempat bagi dunia dalam membangun dialog kebudayaan, di samping memberikan dampak citra positif tentang kehidupan budaya Indonesia, pada masyarakat di negara-negara yang dipandang strategis tersebut.

“Rumah budaya ini kian memperkuat jaringan kita ke dunia luar,” ka-tanya. Kekayaan geografis dan budaya Indonesia yang memiliki ratusan etnis, bahasa, dan budaya menjadi pilihan bagi pengembangan kema-juan kebuadayaan dunia. “Bila negara maju berorientasi pada politik dan ekonomi, maka Indonesia akan menjadi rujukan untuk dialog kebua-dayaan,” katanya.

Lebih lanjut Wiendu menambahkan, selain membangun rumah budaya di luar negeri, di dalam negeri pun akan dibangun pusat-pusat kebuyaan. Selain sebagai bahan kajian dan berbagai penelitian kebu-dayaan, diharapkan juga menjadi pusat pariwisata. Salah satu pusat kebudaayaan yang akan dibangun tersebut adalah pengembangan museum budaya gunung di berbagai daerah di Indonesia.

“Saat ini kita tengah mendisain museum budaya gunung Merapi di DIY. Dalam museum budaya gunung Merapi itu nantinya akan kita saji-kan budaya dan kesenian masyarakat di sekitar gunung sebelum terjadi erupsi, situasi dan budaya yang berkembang di masyarakat saat erupsi dan pasca erupsi. Tahun 2013 kita harapkan pembangunan sudah dapat dimulai,” kata Wiendu. (kompas.com)

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 12

Xpresi Seremoni

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

An Exciting Trip to Binjai

Early on Saturday Morning Septem-ber 22nd, 2012, about 133 junior high 1 students gathered at Prim-eone School waiting area to get

ready for a one-day outbound. This event is aimed to expose the love of nature and nature.

Accompanied by teachers and vice principals (Mr. Firli A. and Ms. Citra S.E) they headed to Desa Durian in Binjai. They departed at 7 am and it took them one and a half hour to get there. All students were excited soon after they saw a green village located by the river.

The organizer of the event welcomed and informed them all activities they were about to do. There were trekking, making kites, feeding cows, playing traditional games and visiting a home industry of cane sugar. Firstly, students walked along palm oil plantation. Then they fed the cows and ended at cane sugar home industry.

They watched the workers who were doing the process of making cane sugar. It was about 12:45 when students were sitting under the trees while having their lunch. They were all starving. Making kites

and traditional games were the next fun after lunch. Students competed to make kites and played some traditional games. They were divided into their PE colors, yel-low, blue, green and red teams.

It was so fun that they forgot the heat of the sunshine. Having break for a while, they ended the day by plunging themselves into the river. They swam in a clean and shallow river. It was awesome. Students and teachers were enjoying the beauty of nature. They arrived in Medan at 6 pm and went home with a good story to tell to their family.

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 13Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 14 November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 14

Kriiinggg “Halloo..“... “Hallo, bisa bicara dengan

Kusuma?”... “Hallo, ini Endry, bisa bicara den-

gan Kusuma?”... Klekkk! Tuttt tutt tutttPagi itu mendadak muka Kusuma

masam semasam-masamnya yang dia bisa. Jesica aja sampe bingung ada apa gerangan.

“Kenapa kamu Kus?““Ga kenapa – kenapa““Yakin ? kamu mandi kan pagi ini ?”“Apa – apaan sih kamu Jes? Ya iyalah

aku mandi!““Ups sorry, abisnya muka kamu kusut

banget. Kenapa sih?““Dari pada kamu ngurusin urusan aku

mending kamu urusin deh PR dari Bu juni Amrida“

“Hah?? Emang ada PR ya?““Ada, halaman 195 bagian C dan D,

essay semua tuh, 10 menit lagi masuk.“Kusuma berjalan melenggang me-

lewati Jesica, sementara Jesica langsung saja menuju kelas.

Teetttt tettt tettttttt, bel masuk. Kusuma yang pagi – pagi udah galau aja di kantin langsung menuju kelas. Di kelas dilihatnya muka Jesica menekuk kesel.

“Kus kamu usil banget sih. Tega – teganya kamu ngerjain aku. Dengan susah payah aku ngerjain tuh soal, un-tung si Budi bilang nggak ada PR, jahat kamu!“

“Lagian kamu suka banget ngabisin waktu kamu buat urusin urusan orang lain.“

“Yaaa sorry, abisnya aku kesel aja liat muka kamu. Pagi – pagi udah kusut banget persis orang seminggu ga mandi.“

“Aku lagi galau.““What?? Masih labil ya kamu.“ Jesica

cengengesan.“Hellooooo Jes, wajar dong aku labil.

Umur aku aja belom 20 tahun. Sepupu aku noh, udah 21 masih aja suka galau and labil. kamu jangan mojokin aku

yang ingetin dia sama Endry. Semua foto–foto dia sama Endry, dia hapus permanent dari semua gadgetnya. Tak terkecuali semua foto print out yang tertempel di dinding kamarnya. SEMUA. Semua kenangan, foto–foto pas ulang tahun Kusuma Endry kasih surprise, dan Semakin Kusuma ngeliatin foto–foto itu semakin nyeri di hati Kusuma.

Dia sangat menyadari, bahkan sesadar–sadarnya. Endry tetap tersim-pan dihatinya, entah sampai kapan. Tapi semakin yakin juga Kusuma bahwa semuanya ga akan kembali, seperti kata Jesica, Kusuma harus bisa mengatasi sakit hatinya.

Setelah semua barang–barang itu terkunci rapat di peti, Kusuma memasuk-kan peti itu ke gudang. Kusuma mem-buka laptopnya lagi, membuka semua catatannya selama setahun. Kusuma membuka document baru, disana ia mengetik.

“Jika aku menyayangimu, itu bukan sepenuhnya salahmu. Tapi itu salahku yang tak pernah mengerti bahwa waktu bisa merubah segalanya. Jika aku tetap menyayangimu, itu juga bukan sepenuh-nya salahmu, itu hanya salahku yang tak bisa mengerti keadaan. Hanya saja, ternyata waktu kemudian mampu mem-buatku mengerti keadaan. Beribu waktu, menit, jam, bahkan tak terhitung hari kuhahabiskan pikiran dan sedihku untuk mencintaimu. Aku tak pernah berhenti, hanya saja aku beristirahat, mencoba lebih memahami waktu.“

“Even you are not be the part of me anymore, I am the lucky one that had have you in my life. I have to move on even my heart stil doesn’t understand what my mind’s sugestion. You are the colors of my life that gave me a pain part and beautiful part. Thats why I have to move on. “

Kusuma turn off laptopnya, mencoba memejamkan mata. Berharap besok akan ada waktu untuknya menebus kembali waktu yang terbuang.

dong. Kayak kamu ga pernah galau aja.““Iya iya, sorry. Sensitiv banget sih

kamu. Galau kenapa kamu? Endry lagi?”“Iya. Tadi pagi dia nelpon aku. Sulit

Jes buat lupain dia, meskipun dia udah ga satu tempat lagi sama aku, tetep aja aku masih sakit hati nginget dia. Denger suaranya aja bikin nyeri hati aku Jes.“

“Hmmm, kayaknya kamu perlu ke psikolog deh Kus, masa kamu masih belum bisa lupain orang yang udah nya-kitin kamu, udah ninggalin kamu, udah ga mikirin kamu lagi, dan yang pastinya udah jauh banget dari kamu. Ayolah Kus, itu udah setahun yang lalu, masa sih kamu ga bisa lupain dia.“

“Jes, kamu ga ngerti karna kamu ga di posisi aku. Coba kalo kamu di posisi aku. Susah Jes.“

“Hmmm, bukannya aku sok ngajarin sih Kus, tapi kamu cantik, dan banyak yang suka sama kamu, masa sih kamu mau dan masih menyia–nyiakan waktu yang kamu punya cuma buat orang yang hanya sepintas di hidup kamu. Kus, de-ngerin aku ya, semua orang pasti pernah sakit hati, semua orang pasti pernah galau, tapi ga semua orang bisa menga-tasinya Kus. Masa depan ...”

“Udah ah Jes, aku ngomong sama kamu juga kayanya percuma.“

“Ok Kus, maybe kamu cuman butuh waktu.“ Jesica balik lagi fokus ke buku-nya, dan menghentikan bisik–bisik de-ngan Kusuma. Sementara Kusuma pura– pura dengerin Bu juni Amrida yang sejak jam pertama tadi sebenernya Kusuma ga ngerti membahas tentang apa. Berun-tung hari ini Jesica dan Kusuma duduk di kursi paling belakang, jadi kecil kemung-kinan ketahuan Bu juni kalo mereka lagi ngobrol bisik–bisik.

Kalo dipikir–pikir Jesica bener banget ya. Masa aku mau galau terus. Tapi sulit banget buat ngelupain Endry. Hmmm, ntar istirahat aku tanya Ika deh, kayaknya dia lebih tau.

“KUSUMA!!!!““Jesica! kamu bisa nggak sih klo ga

usah teriak–teriak gitu?““hehe, kamu aku panggil dari tadi ga

nyahut““loh? Bu juni mana Din?““Bel istirahat udah dari tadi nonaaaa,

yok kantin yok, aku laper nih““ehhhmm, kamu duluan aja deh, aku

mau ke kelasnya Ika dulu““yakin kamu? sekalian cuci tuh muka,

kusut banget...““Iya iya! ngeselin banget kamu“Jesica menggeleng, sementara

Kusuma langsung menuju ke kelasnya Ika.

“Jesica bener banget Kus, kamu harusnya mulai ngebuka hati kamu. aku bingung, kerjaan kamu setahun ini galau mulu, kapan kamu move on nya? Ingat Kus bentar lagi kita ujian, lulus, kuliah, trus misah deh. Masa kamu mau terus–terusan jomblo and galau, sementara banyak cowok cakep yang ngantri mau jadi pacar kamu. Ayo dong Kus move on. Lagian kamu ga bisa juga kan balikin En-dry buat jadi milik kamu lagi. aku saranin deh, buka kembali otak kamu tuh, buang jauh–jauh Endry. Lama–lama aku juga kesel denger tentang tuh cowok“ Ika bernasihat panjang lebar.

Kusuma terdiam. Sampai pelajaran berakhir, entah ada angin apa, kali ini dia udah ngerasa terbuka otaknya. Dina ben-er, dia ga mungkin terus – terusan me-nyesali dan menginginkan waktu kembali lagi. Begitu banyak, bahkan ribuan menit dan detik ia habiskan untuk memikirkan Endry yang bahkan Kusuma pun ga per-nah tau kabarnya lagi. Kusuma juga udah bosan dengan semua kegalauannya. Kusuma udah bosan bertahan dengan semua sakit hatinya. Lama–lama bisa tua dari umur aku kalo sedih terus. Ika dan Jesica bener. Hidup aku masih panjang. Mungkin Endry salah satu orang yang dititipkan sebentar untuk memberi warna di hidup aku. aku harus berhenti.

Malamnya Kusuma membuang semua yang berhubungan dengan Endry. Semua kontak dan barang–barang

Xpresi Cerpen

“MOVE ON”Finna

XII IPS2 SMA Diponegoro Kisaran

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Xpresi Opini

15November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Puisi

Ku Rindu AyahSaor Franciskus NainggolanXI IPA SMA Swasta Tritunggal

Tiada kurasa hidup d’dunia iniKarna hati tergores oleh luka keper-gianmuKini ku masih membayang kenangan yang indah masa lalumu

Semua ini telah berlaluSedihnya hatikuTangis ini bercampur dengan rinduTapi dirikuMasih membutuhkan kasih sayangmu....

Tapi dirikuMasih ingin dipelukanmuNamun kini hatiku tak berdayaKuhanya bisa memandang wajahmuDan mengenang jasa dan kebaikanmu padaku ayah....Doa ku s’lalu mengiringi perjalananmuSemoga tuhan mengampuni semua dosa muSemoga tuhan menerima mu di sisinyaAku...S’lalu menyayangimu ayah di setiap waktu...

Kawan Atau LawanTomy GoMethodist 2 Bukit Sion Tanjung Balai

Kau pedang bermata duaYang bersisi baikJuga bersisi burukKau malaikat sekaligus iblis

Kau lembut padakuHanya di depanku sajaKau juga kasar terhadapkuSaat kau mulai bersilat lidah

Sungguh ku tak mengertiApa mau muApa arti persahabatan kita selama iniHanya kah kau memandang sebelah mata saja

Harus ku katakan apa padamuKau ituKawan ataukah lawan

Selamat Ulang TahunWilliam PranataXII IPA Methodist Bukit Sion Tanjungbalai

Tiada lain yang dapat kuberikan..Selain doa penuh ketulusan..Semoga kau diberi kesehatan..Dan juga kedewasaan..

Mungkin ku tak disisimu tu merayakan..Karena jarak yang memisahkan..Namun di hari yang istimewa ini..Semoga memiliki kesan indah di hati..

Ku tak bisa meniup lilin itu bersamamu..Dan juga memotong kue itu untukmu..Tuk memberikan potongan pertama.. Bahkan kita tak bisa make a wish bersama-sama..Ingatlah sahabatku..Kue yang kuberi adalah doaku..Lilin untukmu adalah harapanku..Harapan akan masa depanmu..Happy birthday my bestfriend..

Apa Yang Harus Kulakukan di STIE-STMIK IBBI?

Selamat datang di kampus STIE dan STMIK IBBI buat mahasiswa baru, inilah yang kami ucapkan pasca kedatangan adek-adek

mahasiswa yang sudah memilih STIE dan STMIK IBBI sebagai sarana menimba ilmu. Pihak yayasan, team dosen, dan tenaga administrasi lainnya sungguh terharu dan bangga dengan pilihan adek-adek mahasiswa memilih STIE dan STMIK IBBI sebagai tempat menimba ilmu. Keda-tangan semua adek-adek merupakan kebanggaan bagi kami dosen STIE dan STMIK IBBI secara kolektif.

Apa yang adek-adek lakukan sungguh sebuah langkah yang tepat dan bijak-sana memberikan dirinya untuk ditempa menjadi manusia yang berilmu, berguna, berdedikasi, dan berahlak di kampus ini. STIE dan STMIK IBBI sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang terus berkembang dan menapak kemajuan di Sumatera Utara dari tahun ke tahun terus dipercaya oleh masyarakat menjadi insti-tusi yang membangun SDM yang unggul dalam penguasaan IPTEK. Kepercayaan masyarakat ini tentu menjadi tanggung jawab semua civitas akademika STIE dan STMIK IBBI untuk memberikan yang terbaik melalui layanan jasa pendidikan tinggi.

Ketika adek-adek mahasiswa datang ke kampus IBBI, adek-adek merupakan manusia yang sangat bijaksana dalam melakukan pilihan. Dengan investasi yang tidak mahal, bahkan relatif murah anda sedang merancang sebuah masa depan yang gemilang di depan saudara. Sesuai dengan motto IBBI cermin masa depan gemilang, maka penguasaan IPTEK sangat

Oleh: Jonson BS Rajagukguk, S. Sos, SE, M.AP

Dengan segala kesanggupan, carilah ilmu pengetahuan dan didikan (Oscar Wilde)dituntut untuk bisa surivive dalam situasi jaman yang sangat “kompetitif”. Jadi, pilihan ke kampus IBBI merupakan pilihan yang sangat bijaksana.

Untuk dapat sukses dalam dunia pendidikan tinggi, apa yang harus adek lakukan? Khususnya mahasiswa/i IBBI yang baru masuk pada tahun 2012 ini? Pertanyaan ini sangat sederhana dan penuh makna. Dari pertanyaan inilah saudara diberangkatkan dalam proses panjang pencarian dan penguasaan IPTEK kontekstual. Sebelumnya harus kita pahami dulu apa peran pendidikan dalam kehidupan. Pendidikan adalah sebuah proses bagaimana memanusia-kan manusia. Dalam pendidikan manusia dibentuk supaya berkarakter dan berilmu sehingga menjadi manusia yang berguna buat dirinya, buat keluarga, buat sesama (masyarakat), buat negara dan buat Tuhannya. Melalui pendidikan seseorang dibangun secara keilmuan dan karakter.

Perguruan tinggi sebagai salah satu sistem pendidikan nasional juga sangat berperan dalam membangun SDM yang unggul. Kata unggul merupakan harga mutlak yang harus kita hadapi di era glo-balisasi. Edward Shills sudah mengatakan bahwa tujuan perguruan tinggi adalah se-catra metodist mengajarkan hal-hal yang masuk akal kepada mahasiswa agar apa yang diyakini oleh mahasiswa terbebas dari kekeliruan (1983). Maka pendidikan tinggi akan membentuk metode, karakter, keilmuan yang suatu saat bisa digunakan sebagai bekal dalam menghadai hidup ini.

Dapatlah kita lihat betapa vitalnya, sentralnya peran perguruan tinggi dalam sebuah kehidupan bangsa. Beruntung

sekali adek-adek mahasiswa punya akses ke perguruan tinggi seperti STIE dan STMIK IBBI yang punya kualitas dalam membentuk adek-adek menjadi manusia yang berilmu dan berguna. Untuk sampai fase manusia unggul, berguna, punya IPTEK tentu ada prasyaratnya. Belajar di perguruan tinggi adalah proses simbiosis yang saling menguntungkan. Mengingat pendidikan tinggi adalah proses, maka dalam proses itu adek-adek kami tuntut untuk berperan aktif. Peran aktif inilah yang akan menempa saudara menajdi manusia unggul yang punya masa depan. Supaya lebih gampang, apa yang harus saya lakukan di STIE dan STMIK IBBI dalam rangka membangun masa depan? Jawabnya adalah:

Pertama, membangun sebuah keya-kinan bahwa kata kunci sukses dalam diri saya adalah saya sendiri. Ada sebuah filosofi dari negara China, Tuhan tidak mau menolong manusia, apabila manusia itu tidak mau menolong dirinya. Filosofi ini sangat tepat untuk kita semua. Tanpa bekerja keras dan belajar keras maka itu tidak akan berguna. Selama kuliah di STIE dan STMIK IBBI harus belajar dan bekerja keras. Mulailah dari sendiri dan kemudian aktif dalam melakukan hal –hal apa yang dituntut dalam pembelajaran.

Kedua, optimalkan semua fasilitas pendidikan yang ada di STIE dan STMIK IBBI. Mulai dari laboratorium, pembeleja-ran di kelas, sistem administrasi pendidi-kan dan lain sebagainya. Semua itu harus dimanfaatkan untuk pengembangan diri adek-adek semuanya.

Ketiga, aktif dalam diskusi kelompo atau diskusi belajar dengan sesama

kawan. Untuk membangun pola pikir yang positif maka kelompok belajar perlu dibangun untuk menambah wawasan adek-adek. Ini juga akan melatih kita untuk berpikir positif dan berbuat hal –hal yang positif.

Keempat, bangun dan bina sinergitas dengan dosen sebagai tempat men-cari ilmu. Aktiflah bertanya dan diskusi dengan dosen setiap materi kuliah yang diberikan. Itu hak adek-adek untuk ber-tanya atau diskusi dengan dosen. Dengan demikian kita bisa kreatif dan inovatif. Kepedulian akan materi kuliah sangat penting untuk kemajuan adek-adek.

Kelima, patuhi semua peraturan akademik yang ada di STIE dan STMIK IBBI. Dengan demikian diri adek-adek akan terbiasa hidup dengan aturan dan disiplin. Ini sangat penting karena aturan yang tertib akan melahirkan hasil yang bagus pula.

Kelima hal di atas merupakan hal yang harus dilakukan kalau ingin menjadi mahasiswa yang sukses. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Mari membangun pribadi yang kreatif, inovatif, disiplin, ra-sional, dinamis untuk sebuah masa depan. Pilihan adek-adek sunguh bijaksana dan sangat tepat sampai ke STIE dan STMIK IBBI Medan. STIE dan STMIK IBBI akan maksimal dalam pelayanan pendidikan kepada mahasiswanya. Untuk itu gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga saudara sudah merancang masa depan yang lebih baik. Sekali lagi, selamat datang bagi adek-adek kami di kampus STIE dan STMIK IBBI.

Penulis adalah: Dosen Sospol, Kewar-ganegaraan STIE dan STMIK IBBI Medan

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Xpresi Puisi

16

Curahan HatiArdiantoXI RPL2 SMK N 4 Tanjung Balai

Dinginnya Hari IniMenyelimuti hati yang gundah gulanaSendiriku tanpa sinaran seorang insanDidalam kehidupan kelam bergelumut luka

Cahaya yang dulu terang benderangKini telah hilang ditelan kegelapanSemakin cepat waktu berlaluSemakin sepi ku rasaHati ini menangisSaat diriku meratapi kehidupan iniPerlahan berderailah air mata di pipiBila diri ini bermenung didalam kesendirian

Desy N.Br. KaroSMA N 1 Selesai

Bagaikan embun di pagi harimenyinari setiap langkah kumembawa kedamaian di hatikumenopang semangat ku yg kelammenaruh harapan besar untuk ku

membawa perubahan hidupmenginspirasikan kesucian budimembaur walau sulit di capaikata-kata yg meyentuh jiwa kurasanya begitu sejukomelan-omelan yg kejambuaian kata bermaknacinta kasihmu bergulir di langkah kupengapdianmu berbentuk cinta sucitak mengenal kata berhentiwalau mentari hendak meninggalkn buminamun .....ragamu tetap setia untuk akubegitu mencintaiku sepenuh hatimukau adalah Ibu terbaikku .......

Ibu SahabatDissa Putri Vera L.tobingXII ADM 1 RSBI SMK N 1 Padangsidimpuan

Hati ku sedihHati ku gundahTak ingin pergi berpisah

Hati ku berTanyaHati ku curigaMungkinkah ku temuikebahagiaan seperti disini

Sahabat yang slalu adaDalam suka dan dukaTempat ku yang aman dan terindahDalam hidup ku

Tempat ku mencurahkan isi hatiSahabat yang menemani ku saat sedihSahabat yang menemani ku saat bahagia

Walaupun nantinya kita berpisahIngatlah aku dalam hidup muJangan pernah putuskan tali persahabatan kitaKarna aku sngat menyayangi muI love you sahabat ku……..Astri Ayuningsih Panjaitan

XII-IPA1 SMA N 3 Binjai

Aku....Aku memang bukan yang terbaik bagimuTapi biarkan aku mencintaimuDengan segenap jiwa ragaku.

Biarkan aku menjadi sebahagian kecilDisudut hatimu....Biarkan...Karna aku hanya ingin bersamamu.Saat senja mulai temaram...Saat hati berhenti diam...Bicara tentang penyesalan...Hanya sebuah untaian kata...yang mampu Terucap dari bibirku...Aku butuh kamu seumur hidupku..

Aku

Dhedhi DhermawanJurusan DIII Akuntansi Perpajakan Semester 1

Waktu mengajakku kembali berputar,ke masa lalu.terlihat, terasa disanakeceriaan terpancar.

Tawa dan kasih sayang...Ayahku..Saat itu,Ayah seakan terus dan ingin tertawabersamaku.Seakan tak ingin kehilanganku..Akan terus melindungiku..Dan kehangatanmu, Ayah..Sepertinya takkan terhapus..saat itu aku sangat yakin, Ayah..Kau pasti sayang padaku...Tapi,sekarang, kukatakan dan kupastikanItu hanya gumpalan masa lalu¬yang takkan terputar dua kalidalam hidupku.Masa itu hanya sejumput kenanganyang aku rasajauh bertahun-tahun lalu.Kini aku,dan ayahku seakanterpisah jauh, sangat jauh..Tak ada tawapun keceriaan...Semua musnah terhapus masaSemua hilang ditelan usiayang tertinggal hanya kesedihan dan sepi..

Ayah

FitriXII-IPA Methodist Rantauprapat

Maafkan kesalahan kuAku tak bermaksud untuk menjatuh-kanmuAku hanya ingin meletakkanmuDi tempat yang menurutku nyaman

untukmu

Tapi apa yang telah ku perbuatKau jatuh dari genggamankuTerbentur dan menjadi retakMaafkan aku renzuAku tak bermaksud melakukan itu

Sekarang kau pasti marah pada kuKarna aku telah menjatuhkanmuAku yang cerobohMaafkan aku renzu

Celengan Babi Renzu

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Menahan Sakitnya Cinta muDea Wina Efendi TambunanXII-IPA 3 SMA Negeri 3

Aku lupa apa yang indah…Saat-saat dekat dengan mu…Ego mu yang menghapus semua…Layu kini cinta ku pada mu….Apa yang kulakukan…

Membuat mu berubah pada ku…Kau menjauhi ku…Membuat ku semkin terluka…

Dimana cinta mu dulu…Yang selalu membuat ku tersenyum…Kini hilang sudah…Air mata menemani ku saat ini…

Haruskah ku kembali pada mu…Berharap kau seperti dulu…Haruskah ku menunggu mu…Menanti hadirnya cinta mu kembali….

Mungkin kah aku bisa bertahan…Melihat kau yang telah berubah…Walau cinta ini mengatakan iya….Kurasa ku tak bisa….Menahan sakit nya cinta mu kepada ku......

Mazwan Al HarkanSMK N-4 Tanjungbalai

Bersama didalam keindahanTak Pernah jenuh dalam bersamaBersama didalam perjuanganBerharap impian kan terwujud

Selalu penuh canda tawaBahagia bahkan kadang sedihAkan terukir didalam kenanganYang takkan terlupakan

Sahabat janganlah pernah kau lupaPersaudaraan kita yang telah terlukisSekian lama telah terbinaIndah didalam hidup ini

Pabila esok hari nantiEngkau dan aku pun telah berpisahKuharap lembaran kisah kitaAbadi dalam kenangan

Untuk SahabatMawar Ungu

Rara Sintia LubisXII IPS 1 SMA N 1 Tanjung Balai

Dia masih menungguTegar berdiriMelawan rayuanUntuk sang pujaanDia tetap bertahan

Di haati impianYakinkanPastikan datang

Dia tak samaPerawan impianSetiap pujanggaPencari cintaMawar unguTak pernah maudibeli dengan harapan dan angantapi hnya cinta yang setulus hati

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Xpresi Puisi

17

Redaksi menerima kiriman cerpen, puisi. Naskah cerpen 5000-6000 kara-kter, original dan belum pernah dipub-likasikan di media manapaun. Tulisan dikirim ke email [email protected] atau via pesan Facebook Tabloid Xpresi, tulisan disertai biodata lengkap penulis, foto, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

KetegaranIra Juliana Sari SimanjuntakXII IPA 2 SMA Negeri 1 Tanjung balai

Hari itu aku selalu ceriaHari itu juga ketegaran selalu melekat dalam tubuh kuSampai aku menyimpulkan semua tidak pernah

Ada masalah apa-apa

setelah awan gelap menghampiridan menyakitkan untuk di pertahankansemua keceriaan dan ketegaran pun lenyap

menyerah dengan keadaan inipenyakit yang mengalahkan semuanyadia telah mengubah semuanya menjadi hampabumi seakan tidak berputar lagiterlihat kecemasan seorang ayahyang selalu setia dalam penyembuhankudia pun selalu berusaha menghiburku

selalu ku bertanya dalam hatisampai kapan aku berpura-pura tegar?Berpura-pura mengatakan ‘’aku baik-baik saja’’Sampai kapan?

Sekarang hidup ku sudah tak menentu lagiTerkadang ingin hidup sendirianTerkadang ingin hidup dengan keramaian

Hari ini, besok, atau seterusnyaAku hanya menungguMenunggu kesempatan kesembuhanku

Lia violinitaXII IA 3 SMAN 2 Binjai

IbuKau telah menjadikanku wanita dewasaSemua yang kau lakukan bukti cinta kasihmuAku tahu tak ada cinta seperti cinta

ibu ke anaknyaIbuCinta yang kau berikan akan selalu hidupKarena bagiku engkau segalanyaAku akan mencintaimu seumur hidupku

IbuAku akan menemani masa tuamuAku akan jadi pemandumu di kegelapanAku akan jadi sayap yang menuntunmu

Selamat tinggal yang kau ucapkan,buAkan membuat kuhancur dan menangisWalau aku tahuSuatu saat kata itu akan kau ucapkan

Selamat Tinggal

PahlawanHartonoXII Ipa SMA METHODIST 2 Tanjung Balai

PahlawanPahlawanku..Mengusir penjajah di negeriku..Yang memperjuangkan kemerdekaan..

Tua muda bukanlah halangan..

Pahlawanku gugur di peperangan..Walau nyawa sebagai taruhan..Tanpa pamrih hanya ingin merdeka..Mereka tak hiraukan semua..

Setelah Indonesia lepas dari penjajahan..Dengan sorak penuh kemenangan..Pahlawanku kini dapat tersenyum gembira..Usaha mereka tidak sia-sia..

Lidia Veronika TambunanXl-IPA SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

Bersedih dalam hanyutan dibelenggu duka iniIndah itu telah hilangKini berganti dengan gerogotan

racun-racun yang menjalar disukma

Aku kini ada di dunia yang kurasa hanya ada kekosonganDalam kutatap semua iniJauh arah pandanganku, mencoba menangkap

bagai seorang pengecut yang sedang sialBangkai kegagalanku masih sangat terasa semerbaknya

Diam, sejenak pikiranku buyar ntah kemanaSesungguhnya siapa aku disini

Kulayanhkan lagi lamunan iniKudapatkan imajinasi yang sempat hilangDalam bingung ku mencoba saja terdiamDunia fana ini tak pernah bisa memberiku kepuasan

Terbesit tangis diujung-ujung untaian kata,Dilinangan air mata yang tak kunjung hentiRacun itu makin saja menusuk, membuat matiSesak dadaku tak sanggup lagiDenyut pun tak rasa berhentiKukatakan sudah untuk berimajinasi

Racun dalam Imajinasi

Putri MayaXI IPS Methodist II Bukit Sion , Tanjung Balai

Kau yang slalu mendidik kamiAgar kami menjadi orang berguna dimasa depanMenjadi panutan bangsa

Dan menjadi murid kebanggaanmu

Walaupun kadang kala kami menyebalkanWalaupn kadang kala kami mengecewakanmuTpi, tetap saja kauk mengajar dan mendidik kami penuh rasa sabarKau tak pernah menyerah

Dengan kasih sayang yang sepenuh hatiKau tuangkan ilmu pada kami ank didikmuhDengan penuh belas kasih kau didik kamiHingga kami menjadi murid kebangganmu

Kaulah pahlawan tanpa tanda jasa kamiDengan penuh rasa sabar kau hadapi kamiJasamu tak akan pernah luput dari hati kamiTerima kasih guruku

Guruku

Henny Berlina PurbaKelas XII IPA2 SMA N 3 Sibolga

Kami bingung dengan kejadian iniApakah kami harus tersenyumDisaat orang yang kami kasihi pergi dan tak mungkin kembali ?Apakah kami harus tertawa

Disaat di merasakan kegelapan dalam keabadiaannya disana ?Kini hanya air mata yang mengalir dipipi...

Tepat didepan mata kamiSesosok lelaki yang tangguh,kuat dan tak pernah meny-erahTerbaring tak bernyawa, tak bersuaraDan kini jiwa raganya telah menyatu dengan timbunan tanahNamanya terpampang disebuah kayuYang setia terus membuat namanya dikenangDan kini hidupnya telah berakhir...

Canda tawanya kini telah tiadaEnos, semoga kau tenang dalam peristirahatan yang kekal iniDisini kami akan selalu berdoaAgar kau diberikan tempat terindah disanaSelamanya dan bahkan selama-lamanyaKau akan selalu dihati kamiDan dihati semua orang yang menyayangimu !

Dan pergilah dengan tenangKelak kita akan bertemu dialam sanaDan disaat pertemuan itu tibaKami harap senyummu belum berubah...

Pergi Selamanya

Sinar HatiKiki Marsha Nugraha XI IPS 2 SMA Kartika 1-2 Medan

Sinar dihatimu takkan redubMeski tertupi persaanmu kepadanyaCahaya hatimu tetap bersinar terangSeperti cahaya bintang malamBegitu juga dengan cinta dihatiku

Tetap bersinar terang terang untukmuSinarnya takkan redub dan hilangMeskipun sinar dihatimu hanya untuknyaAndai kau dapat menggunakan sepasang mata muyang akan melihat seberkas cahay dari hatikuKau akan tau betapa ku mencintaimu

Cinta yang TerlupakanFrans JayaXII-IPA SMA Methodist Rantauprapat

Aku sendiriTanpa ada kekasih..Kini hampa rasa iniSaat dia pergi

Aku tak mampu..Mengingatnya lagiKarena dia telah hilangDari hidupku..Kini dia telah bahagiaBersama teman hindupnyaDan aku..Mencari pengganti dirinya..

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII 18 Juni 2012 I Edisi 75 I Tahun VII

Xpresi Resensi

18 November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Judul : 4 Langkah Meraih SuksesPenulis : Drs. Arif Yosodipuro, MM Harga : Rp. 50.000,-

Setiap orang pasti ingin sukses dalam kehidupan. Namun, kesuksesan tak bisa diraih dengan berpangku tangan, perlu usaha

yang seimbang. Jangan biarkan keinginan dan ambisi Anda membeku dalam khayalan. Apa pun mimpi Anda, apa pun ambisi Anda pasti dapat direalisasikan.

Buku ini menuntun Anda pasti sukses,

4 Langkah Meraih Sukses

karena dalam masterpiece ini Anda akan mendapatkan penjelasan:

- Empat langkah kiat sukses- Mimpimu ambisimu- Gaya sosialisasi (promosi)- Gaya membangun relasi- Urgensi Tuhan dalam kehidupan dan

peran-Nya terhadap kesuksesan- Kiat dan etika berdoa agar maqbul.Segera wujudkan ambisi Anda. Prak-

tikkan 4 Langkah Meraih Sukses, a2 + r + i = SUKSES, Anda akan tahu buktinya, PASTI SUKSES...!!!

Memorize Everything Judul : Memorize Everything Penulis : (Irwan Widiatmoko, ST, CHt, NLP Pract)Harga : Rp. 50.000,-

Cara Mudah, Cepat, dan Menyenangkan untuk Mengingat Se-mua Bentuk Informasi

Daya ingat Anda sesungguhnya amat

sangat luar biasa! Apabila seluruh infor-masi di dunia ini dimasukkan ke dalam otak Anda, otak Anda tidak akan penuh. Bahkan Dr. Bill Lucas mengatakan, “Jika 10 informasi kita masukkan ke dalam otak kita per detik, otak kita belum terisi separuhnya sampai umur kita seratus tahun.” Namun kenyataannya banyak orang yang merasa daya ingatnya kurang

atau lemah. Ini disebabkan mereka belum menemukan teknik atau cara yang tepat untuk mengingat informasi-informasi yang dibutuhkannya.

Dalam buku ini, Mr. SGM (Irwan Widiatmoko, ST, CHt, NLP Pract) yang memegang Rekor MURI Daya Ingat Pertama menawarkan cara-cara efektif dalam mengingat semua bentuk infor-masi, antara lain melalui jurus cerita, jurus lokasi, jurus angka, dan masih banyak lagi, untuk membantu Anda meningkatkan daya ingat dalam waktu singkat. Temukan semua rahasianya dalam buku ini!

Judul : Revolusi Konsumen Kelas Menengah IndonesiaPenulis : Yuswohady Harga : Rp 58.000,-

Consumer 3000: Revolusi Konsumen Kelas Menengah

Indonesia

“Consumer 3000 merupakan revolusi terbesar dalam sejarah pemasaran di Indo-nesia”

Konsumen kelas menengah (pengeluaran US$2-20 per hari) telah mencapai 134 juta atau hampir 60% dari jumlah penduduk Indonesia dan bertambah 8-9 juta setiap tahun. Sebuah pasar yang luar biasa.

Melalui karya rintisan yang menguak fenomena kelas menengah di Indone-sia ini penulis mengajak para pembaca untuk menyelami 40 fenomena perilaku konsumen kelas menengah Indonesia,

dan kemudian mengeksplorasi 40 ide luar biasa untuk menggarap pasar kelas me-nengah di Indonesia. Buku ini membawa Anda untuk merenung, mengeksplorasi, dan akhirnya menemukan ide-ide break-through untuk memenangkan pasar paling besar dan paling menguntungkan di Indonesia.

Revolusi kelas menengah adalah fenomena baru di Indonesia. Hai para pe-masar, enduslah perubahannya, tangkap peluangnya, dan... be the first! Menjadi yang pertama di benak konsumen akan menentukan apakah Anda menjadi pe-menang atau pecundang. Be the middle-class brand!

Setelah sukses mengguncang dunia perfilman lewat Brokeback Mountain yang berhasil meraih Piala Oscar, Ang Lee kembali menyuguhkan film dengan mengadaptasi novel karangan Yann Martel yang terbit tahun 2001: Life of Pi. Lee perlu menggunakan kecanggihan animasi 3D demi menyajikan imajinasi yang membuat novel ini sulit difilmkan.

Life of Pi bercerita tentang anak penjaga kebun binatang bernama Pi Patel (Suraj Sharma) yang memiliki pengetahuan luas tentang perilaku hewan dan kisah-kisah cinta. Saat Pi berumur enam belas tahun, keluarganya beremigrasi dari India ke Amerika Utara bermaksud untuk menjual hewan-hewan yang ada di kebun binatang mereka dengan menumpang sebuah kapal kargo milik perusahaan Jepang.

Namun, musibah menimpa dan kapal yang mereka tumpangi akhirnya tenggelam. Miris hanya Pi-lah manusia yang selamat dan harus terombang-ambing bersama seekor hyena, seekor orang utan, seekor zebra yang terluka dan seekor harimau Bengali berbobot lebih dari 200 kilogram bernama Richard Parker.

Terombang-ambing di tengah lautan, tanpa makanan, segera membuat hewan-hewan lain dimangsa oleh Richard Parker. Tinggal Pi yang tersisa. Pi harus mengandalkan pengetahuannya tentang hewan dan berusaha bertahan hidup dengan Richard Parker selama 227 hari.

Setelah kapal Pi sampai di wilayah pantai Mexico, Richard Parker melari-kan diri ke dalam hutan. Pi yang selamat lalu diinterogasi oleh petugas yang berwenang tentang kejadian yang menimpanya. Meski berkata jujur, petugas tersebut tidak mempercayai apa yang diceritakan oleh Pi. Pi kemudian men-ceritakan cerita kedua yang dirasakan kurang fantastis, namun apakah itu yang dinamakan kebenaran sejati? Saat sebuah pengakuan diceritakan atas keingi-nan pendengarnya ? (jhw)

Semua buku yang dipublikasikan adalah hasil kerjasama antara STIE - STMIK IBBI (Tabloid Xpresi) dan Gramedia of Book Publishing (GoBP)

LIFE OF PI

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

19November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Xpresi Profil

Prestasi perdana ditorehkan oleh tiga mahasiswa STMIK IBBI di Indonesia Linux Conference (ILC) 2012, ajang bertemunya insan

penggiat, pengguna, pemerhati, dan vendor open source. Dalam rangkaian acara berskala nasional yang diadakan di Malang (1-16 September), Idi Suwardi, mahasiswa tingkat akhir STMIK IBBI ber-hasil meraih Juara I Lomba Desain Poster (Linux Open Draw) yang bertema Gerakan Indonesia Go Open Source.

Dalam bidang penulisan blog, Hari-angga Indrajatmiko mahasiswa semester 7 STMIK IBBI berhasil meraih Juara III Lomba Blog, dan Erianto Ongko, maha-siswa tingkat akhir STMIK IBBI berhasil meraih Juara Harapan Lomba Blog dengan tema yang sama yakni Gerakan Indonesia Go Open Source.

Konferensi ini diadakan atas kerja sama Komunitas Linux Arek Malang (KOLAM) dan Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). ILC sendiri dilaksanakan pertama kali pada tahun 2006 di Kota Surabaya dengan harapan dapat mendor-ong pemanfaatan Linux di semua bidang baik rumah tangga, bisnis, pendidikan serta pemerintahan. Selain menjadi media sosialisasi dan advokasi Linux, ILC juga menjadi forum untuk membahas masalah-masalah dalam implementasi Li-nux dan menemukan serta sharing solusi bersama yang diharapkan bisa diterapkan secara regional maupun nasional.

Setelah mengucapkan selamat kepada tiga mahasiswa berprestasi ini, Ir. Ricson B. Simarmata, MSEE., IPM., selaku Ketua STMIK IBBI menyatakan bahwa STMIK IBBI

Prestasi Desain dan Blog STMIK IBBI dalamGerakan Indonesia Go Open Source

akan terus mendukung mahasiswa dalam kegiatan dan kompetisi yang mendong-krak kualitas mahasiswa STMIK IBBI. Ia juga berharap bahwa prestasi seperti ini akan terus berlanjut dan menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengejar

masa depan yang lebih gemilang.Dalam kesempatan yang sama,

Andriasan Sudarso, S.Mn., MM., selaku Wakil Ketua III STMIK IBBI bagian kema-hasiswaan menandaskan pentingnya prestasi bagi mahasiswa untuk memudah-

kan mereka ketika terjun ke dunia nyata dan untuk meraihnya dibutuhkan berba-gai pengalaman yang makin mengasah keahlian mereka. Keahlian seperti itulah yang ditanamkan sejak dini oleh STMIK IBBI. (jhw)

Design Menjadikan Diriku Ada

November ini, bungsu dari pasangan Ang Pun Tjong dan Kie Song Tjoang asal SMA Sutomo 2 ini akan diwisuda dengan gelar S.Kom.

Baginya design telah menjadi darah yang mengalir dalam tubuhnya. Berkat

semangat yang dipompa oleh kedua orang tuanya ketika menceritakan kemenangannya dalam kompetisi 99design pada sanak saudara, ia pun termotivasi untuk terus berkembang dan berjanji agar kedua orang tuanya bangga melihat prestasinya.

Awalnya ia yang kurang suka belajar dan tidak pernah serius jika disuruh untuk memikirkan masa depan merasa bimbang menentukan cita-citanya. Namun setelah memasuki dunia perkuliahan dan mulai bekerja di bidang advertising, ia kini ingin menjadi graphic designer sehingga branding/design yang ia buat dapat dijumpai di mana pun.

Ia mengaku dengan banyaknya pengalaman yang ia dapatkan, hal ini tentu akan membantunya kelak untuk menangani klien di dalam negeri untuk design pemasaran mereka. Ke depannya ia berharap bahwa ia dapat membuka sebuah usaha design sendiri di Medan atau pun membuka kursus mengedit foto maupun design. (jhw)

September lalu, ia berhasil menoreh kan prestasi dengan menjadi Juara I dalam Lomba Editing Photo yang diadakan

oleh Fakultas Ilmu Komputer USU. Sebelumnya ia juga pernah menjadi

Juara 2 dalam Kompetisi Design Grafis STIE-STMIK IBBI. Siapakah dia?

Ia adalah Hengky Angsari. Pria kela-hiran 22 November 1990 asal Medan ini sehari-harinya aktif menekuni dunia de-sign sebagai freelancer di 99design.com.

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Surat Nyasar

20 November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Terkadang apa yg kita anggap benar tapi salah, apa yg kita anggap slah tp benar, dan apa yg kita inginkan terkadang tidak pernah kita dapatkan,. sebaik baik manusia yang ber-sabar dan berikhtiar., semakin kita sabar, semakin besar co-baan,, dan allah pun semakin mecintai yang bersabar, se-sungguhnya allah bersama orang orang SABAR.. By syasya (081990191895)

Hy shbt expresi aku andre kls 1 sma aku mwu krm slam bwt pcar aku yg udah putuzin akhu?Akhu ngk bsa Lpakn kmu Sjauh Mungkin. Wlaupun Itu Mntn Trndah Bgi khu , Mgkin Ini Sulit Utk Mlupakn kmu. Tpy byr kha lah kmu Bhagia Dgn 0rg Lain. Wlw pun itw sagat me yakit khan bge khu (082366637557)

@Tabl0id XpresiTabloid Edisi baru kq L0m mncul*??(SMA DIPONEGORO)_Finna_ (085763995599)

HyShabat espresiiAq nie pndatang bru nieNma aq rina dri primbana mw titip slam ja sma kwn 2 aq yg di primbanaThanks you (082367211228)

hy,.. nma gw nadya,...gw skola di kalam kudus 3 medan,... btw,gw bingung mau ksih kado ap ma org yg gw suka thn depan :( (085763152568)

Keberhasilan hanyala soal waktu,persoalny bukan pada bisa atau tidak bisa. Tapi apakah engkau mau atau tidak mau meraihny. Oleh karena itu manfaatkan waktu dengan sebaik-baikny,utk siap melangkah ke jenjang berikutny.Horas ank SMANSA TG.BALAI,PARULIAN.H (087748612672)

Hyy,,,Surat nyasar.Aq awan, pngen cari tmen,tuk nambah prgaulan.Salam bwat smwa tmen” xpresi y.Trims,,, (087768411098)

hai sahabat xpresi knalin nama saye liza, liza sekolah di SMA N 1 TANJUNGBALAI (087748613115)

Assalamu’alaikum ..!hell0 s0bat X-Presi . akuh Zia sswi SMK N 1 PASID ..(3 ADM 1 pastinya ;) titip salam buat semuah anak RAIDA SUMUT VII yg kemaren yah :) kangen sama kalian semuah :’)n buat se0rang tman yg ga jelas asal-usulny . sem0ga kita dpertemukan lgi nnti . Amin ! (087891144241)

Hallo :)Kenalin Nama aku Inez dari SMA N1 SIANTAR..Owiya,,Buat teman-teman yg lagi Ujian Khususnya buat XII-IA3 jangan Lupa belajar yaa Kirim saLam buat Lina Simanjuntak,Emma,berLian S,Enhard,Temen Ujian gw Ayu Kiki,Novita Boyband,Tika Jatmiko,buat Yeni SimboLon GWS ya yen.... Kissie Huggs Hugss :* (087749503426)

Hy AKU ARIZ bgi cwek” yNg lagI gaLAu,HBungi akU y,biar gaK Galau lgI,MAKASI TABLOID EXPRESI (083194514856)

hay tabloid x presi aq erwin , nak medan amplas ,kls x1 ips, aq mw kirim” slm buat tman q yg ada di sekolah SMA ANANDA , dan buat adek aq cindy yg da di bjak 5 , mkasih ea , syalom (087869076340)

Hay shbt expresi,,Aq pendtng bru ne, nma q yani,,,Emmm.. Yhani mw krm slm ne, bwt cw0q yhani yg ad d rmh, , Slm synk bwt shbt yhani,, d mna pun kalian brda, ,Bwt shbt expressi yg mw brtman ma yhani,, sms ke n0m0r ini ia... (085763949126)

HaiiiTabLoId xPresiKhu dtnK gE nE..... khU mW ti2p sLam bwt tmN2 khu sMua trutAma bWt tmN2 khu “LOVE H¡DDEN’z”yaitU icha,idha,iphi N echa...smGa qM bz b’kMpuL cp’t¡ yG dlu gE yaCh

bWt tmN2 Srat nYasar kMr sLm uGa yAcH.. (087767120099)

Fisik itu bukan segalanyaJangan pernah malu dengan keadaan fisik mu..Syukuri saja apa yg diberikan oleh Tuhan mu, karena Semua itu ada hikmahnya (083190711575)

Hy shabat xpresiQ dyNaztry c’hite, Q Anak SMK Negeri 1 C’boLga,Q pNdatang brv ne, Q mW Nyampaikn sLam kNal jHa ea bWt shabat xpresi,. & bWt aNak SMK Negeri 1 C’boLga tngkatkaN prestasi_a ea,. trvtama aNak cLass XI Akomodasi PerhoteLan tNgkatkan krja sma_a ea,.dyna xaiiank bNget ma kLian smW,. Bgi tman2 yG mW kNal ma dyna bza xmx tW tLvon k’nomr_a dyna ea,. Dyna tngGv k’datanGan xmx dri shbat2 xpresi,.“My Love t0 My schooL” (087767311321)

Yg d kagumi kdang tk mngrti..yg d rindukn kdng tk tau..yg d cintai kdng tk mrsa..yg d inginkn kdng tk sjlan n yg tk d sngka kdng trjdi..ne lh hdp!!jdi jlni aja lh..dengan sepunuh hti:)4n4 sma negeri 1 sunggal.. (085766260982)

hai smua ny sobat xpresi aq andani 23 ni smua buat cwek2 sobat xpresi yg jomblo aq mau knalan lwat sms;;, di tunggu y?;-;? (081990724987)

assalamu’alaikum... “hy sahabat XpreSisaya pendtang baru nechh... nma saya dwie yanti,,,saya mw titp salam nech buat sahabt xpresi n buat temen” yg mengenali saya n buat temen” anx SMAN 2 LANGSA (aceh) khusus @ buat lokl XI ipa 2 thanks yea brayy... (087890708600)

C!nta mencar! cBuah kju2ran dr orAnk ea kta c!ntai.., wlpun kJujuran tuch cngat ckIet bwt kta tr!ma... jujur lha slgi kmue mchie brzma na.. n bHong lha jKa kmu mrZa tuch pnting tuch mmprthan chan cbuah hbuNgan...jgan chia2 kan dy clg! dya mChie brZmamu.. n jGan tnG!z! dy jKa dy prG! dgn rZa kcwa dlAm ht!nya krnamu...by; tHary... (087892267969)

nama sya juli tgl di kota medan q pengen curhat nie tentang mantan q dan temen qemnk sich q masih synk ma mantan q tpi dy malah pcran ma temen qstelah aq dch bsa ngelupain dydy malah pengen kmbli sma qtolong solusi’a ya mbah sya harus trima dy tw gx (081973123508)

Thanks lh buat smuaperlakuan yang kalian buat pada kuyang melukai hati ,pikiran dan perasaan kuDan pengkhianatan y menyiksa hati ku . (087748702856)Hooooiii.. Teman2 sebangsa dan setanah air . Hehe :)aku rhany di rumah, eh..di medan maksudnya . Hehe .. Aku fans fanatik SUPER JUNIOR..#iihGakAdaYgNanyak :Dkalian humoris? Nyok temenan nyok :D (087869228350)

meqompa kbar tabloit nyasar..aq rafy pendtang baru dari medan..aq mw tisam ni buat sahabat “3ips3’sman 10 medan..dan slm syank buat adinda auzia loubes..#saran buat pra sahabt tbloit..hindar kan lah rasa glisa,sepi,merana.. dan bls lla smua dgn prasaan bhgia,,dan bla prasahbat memndam prasaan,,ungkapkan la scepat ny di alm nyta lo.. ketimbang mubazir membuang wktu llo ntuk duduk diam.. sepp..wasspingin knl rafy lbih lanjut.. (085763249926)

Salah satu kunci kesuksesan adalah kejujuran :)chichiie nandha karmeLiasMa dharma patraXII ipa 1 (085664139112)

HaY.. sHabaT” xpresi..Nma AkKu Suci wahyu Ningsih,dRi skuL SMA N 10 MEDAN,kLaw mAu knaL ma aKku sMs aKKu Yea kE siNe..‘n [email protected]*_* (085762007419)

hy....sahabt EXPRESII ...Saya pendatang baru nhie...nama saya M.IQBAL RAMADHANDri SMK AL-FATTAH CEMARAMau titip salam buat temen” lau dendang saya sekolahmoga shat slalu ea guys...thank you :D (085763058161)

Hy srat nyasar..Aq pendatang bru ine... Aq dari smk negri 1 medan mwu kirim slam aja ya buat sahabat expresi.By : fika (medan) (085763239829)

Assalamu’alaikum. .Hy shbt expresi.Nama q may org pasid.May pendatang bru. .May ge galau ne, c0al’a ge ada mslah gIt dEch. .Slam knal ea. .*tAkdIr_cINta* :( ;( :( (087891555270)

Mecom Hy sahabat xpresi , nm aku santi , mau salam buat mamak aku kangen sm semua ke luwarga aku , dan temen2 semua nya , yg d petumbukan ke camatan galang , dan juga siyapa yg mau curhat atau butuh temen hubungin aja kemari ke no ini (081376331818)

Q meng!ngnkn ny hdr.d! saat q r!ndu d!a.q !ng!n d!a dtg tanpa d! p!nta... krn kw ad lh png!s! j!wa yg hampadlm keglpn kaw bga! cahaya by: sendu malam (081376331818)

. ass ,,

. Shbt xpresi ,,

. Sy laila turrahmi ,,

. Sy mw tisam baT tmen sy sukma roy yg ada d bekasi,hijir yousrina meuTia d b.aCeh,raras yudira d meDan,dan buat tmen2 alumni SMAN1 LANGSa..m0GA SmUA sukseZ slalu,,,amin,amin...! Trim’s s0baTz. (087747696307)

Asalamualaikum . . .Hay ,,, tabl0id xpresi aQ Ayu pNdTaNg bru ,, m0e krIm sLam saMa smUa pNgIrIm sUraT nYaraSarr :) s’m0ga sehadd sLaLu yaCh N sLaM kNaL ajj eaaH ,, ,, :) (087744903733)

Hay Sobat,aku jhony Aku Kuliah Sem-V, aku pendatang baru mau kasih semangat buat teman2 muanya jadilah yg terbaik, Jadilah yg nmr 1low tdk bisa jadilah yg terunik karna semua bisa membentuk karakter kita sesuai dgn skill kita yg kita mi-liki dgn sendirinya akan mengalir apa keterampilan yg kita miliki. Dan yg lebih penting jadilah diri sendiri...good luck for all :) (085275386105)

mecqoem...,hy neh q yuni q pndtang baru nih q mauz krm clm cma tmn aku yg da d tapset tlong campekan ea (087748975628)

Askuum,Hy surat nyasar. aq okie, aq mw tisam bwt tman2 and mantan kuh, qu sngt mrindukn xan, “Virgo M3” (08566135303)

Hay Surat nyaSar . . .Qu pEndatang bAru neH:)nama qu tharmizi , mau nyarik temen cewe’ yg ase’ diajak tE-mana . . . (085763620074)

Namaku ried aku pendatang baru ini! aku mau buat kata kata yg menyentuh hati hehe.. Ini diaaBisakah waktu mempertemukanku dengan seseorang yg me-mang untukku bukan seseorang yg hanya hadir! untuk pegi lagi ;( Makasiaa :* (085760603739)

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

hay surat nyasar ..?Gue rudy pendatng bru new,d scolh SMA N 2 LANGSA.gue mau krim slam aj buat tman2 gue d SMA 2 & pcar aq yg bernma winda..psan gue jngn pernah skti cwok,biar aq lhc cwok yg terkhr qmu skiti ok.(“ Ichliebedein “) (087890742791)

Mecqh0emzzzz ,,,nmha qhue milha ,,,aqhue cklh dhie CMP N 3 taphuer ,,,curhatz nyazhar ,,,aqhue pndthang brhue nhue ,,,aqhue mh0e ti”p clhamz bwhatz tmhand” aqhue ,,,and aqhue mh0e qrhiemz clhamz bwhatz pcr aqhue ,,,by:MilhaMilha chyanck rieqhief0rever ,,, (087713916961)

Tatapan matanya membiaskan sinar yang menawan.Perlahan dan menyorot tajam kedepan.Segelinting perasaan pun datang ketika melihat sosok yang menawan. I LOVE YOU.KINANTI KARINA MENDROFA. (087766300005)

hay shbat Xpresi,w mo tisam ne bwt tmn”kul gw yg da un-darsa. khususnya bwt miss Q tetap smgat y dlm mnjln hdp u,krn w tau smua pzt indh pd wktnya. (087768708667)

. hy , gw gabriella violeta .

. mau kirim salam , untuk semua anak sma tri tunggal tanjung balai . terutama kelas xii ipsnya . salam kangen buat kalean smua . :* kapan”kita jumpa lagi ia :D (087748137040)

Hy shbat exxpress :)Saya Cahaya Agustina Gultombuat shabt exppress saya dh kta indh ne ntuk Klian””Setiap manusia tuh,, tak selmanya dia baik n tidak slmany dia jahat,jdi mrk tuh bisa sja brubah,kpn pon n dmna pon”” (085658091464)

hY s0BaT xPreSi…qU pNdtAn9 bRu nE, ,pN9gil aZ qU biRbiE…qU bLeh Y nuLiz PsAn..Jn9An pRNh dkTi qU,, jiKa hNyA bUat kW sKti…;) (085763009810)

ama: nayla balqis.umur:16 thn .alamat:binjai.hai,saya fendz bget ne ma momo personil a,duhhh mbak momo mgkin sukses ja ya karirnya,mbak saya ngefendz bget kpan ea saya bisa ttpan dan brbicra ma mba’ ,saya pengen bget jumpa mba’ momo,apa bisa cita” n keinginan saya trca-pai, tp saya ttp dukung jha buat geisha semoga karirnya trus sukses dan jgn sombong ma masyarakat2 lainnya,ttplh maju. i love you forever gheisha. (087763583941)

Assalamu’alaikum.. hay sobat EXPRESII ~.. aku pendatng baru nie,, aku Nurfitri Admasari Sinaga :) kelas XI ips SMA N 10 Medan.. titip salam aj bwt seseorng yg dulu pernah singgah dihatiku,,dan titip salam buat temen” SMP ku :) ka-lau mw jdiin aku teman kalian.. sAlam keNAll y nie no hp ku (087768851450)

Hysurat nyasarnma q robelly bangun sma hkbp tarutung q pndtang bru neh.. q cuman mnta motivasiny spaya anak sma qmi lbih giat blajar ny.. by..by.. (087767403155)

hyyy sobat tabloid nyasar,,,, nm q rika,, q dr medan dr ,SMA N 1 onan ganjang, kls XII IPA 1,,,, Q mw tisam donk bwt tmen2 skul q, khusus bwt tmn2 kls q ‘moga kita cmua lulus thun ne yh guys’ ,amin. (085314183307)

hY 5h4BaT x_Presi. slm knl ea. q Suiyanti alumni SMA Tritunggal Tanjungbalai. q mo tisam bwt smua guru” q d SMA Tritunggal, terkhusus bwt wli klz qmi (sir mangunsong). sukses slalu bwt TRITUNGGAL. n bwt adx” q slmat brjuang d SMA qta. (081264323412)

aku punya 2 mata yg tak selalu melihatmu.Aku punya 2 tangan yg tak selalu menggenggammu.Aku punya 2 kaki yg tak selalu mengiringimu.Aku punya 1 hati yg siap menemanimu..

Buat temen-temen yang mau kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucapan selamat

ke siapa saja tinggal kirimkan aja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi.

Caranya mudah, tinggal sms aja ke nomor ini

087869801990 di tunggu ya...

Surat Nyasar

21November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

By: cowok misterius.. ;) (083197012151)

pagii ...numpang titip slam yaa ...buad temen” alumni SMK N 1 MEDAN yg tempat ny d jlan. Sindoro No.1 T.A 2011 - 2012 ...Nisa kngen ma klen smua loh ...BY : Anisa Putri mksih yaa ...? (085763753541)

Mcomz shbt Xpresi..Q putri. Q cq0ol d SMAN 10 MEDAN.. Q mao ti”p slam buad tman” SMANTEN trutama ma ank klz 3, m0ga mkin w0keh jja ea.. N yayank awg yg ada d kampung, slam kngen jja ea buad kmu.. Jgn clingkuh dsna ea cynk..Misyu...:* (08994979522)

Hey! sobat xpresiaq pendatang baru nie.vilia :) slam buat anak” SMAN 10 medandan Sobat aq DGC ips 2makin kompak aja ea :*mksih shbat eXFresi :D (085370004829)

Sahabat Xpresi,aq gRace. ‘salah gk yh law aq suka ma dy??pdhal dy ny gk pRnah open ma aqh. hufftt.. (085371403537)

CiNta ÉmaNg mAnis, tApi gAk seManis kEtikA dIa bUat akÜ meNangIs. .CInta Emang indAh, tApi gAk seiNdah kEtika dIa iNgin bEr-pisAh. . .CiNta eMang tAk hArus mEmilIki, tApi hAti iNi pErih kEtikA dIa aDa yg meMilikI . . :’(CiNta bUkaN ciuMan yAng seSaat pEnuh nAfsU..tApi cIntA aDalAh 2 hAti yg salIng meNgerTi, meMperCayaI, meNjaga dAn meliNdungIhaI aku Nak sMk N 1. .Nama ku [email protected] (08974702908)

MiqOm’..... “Hy tabloid xpresi Nama q fitri pngen kirin salam aja buat ali yg ada di si slu timur. ali sobt g yg pling luc & mnis (085360250472)

assalamualaikum hy shbt expresiqu pndtg bru nhi nm qu dhina lestariqu sklh d SMA N 2 KOTA LANGSA qu moe ti2p slm toq tmn2 quyusi d medan belawanbayu panca budi khusus nha yg special to ayank aqu di medan denai “ pert-muan mank bgt singkt tp ykn lah suatu sa’t pst kita akn brtmu and brsatu lg” wlau pn jrk yg mmisahkn tp ht tak prnh trpisah kn” :) (085760116153)

Hri” q m’nnti.Hri” q brhrp.Hri” prih q m’mikirkn itu. Hrpn q kni hnya usang (!) Menunggu yg tdk prnh dtg. Mennti yg sdh m’Lpkn q.Ak . . . Kni sdar. . .Smua sdh trjdi,Rsa sdh trucap . . .Msih ad bks yg brusha d’hps? Masih ad asa yg trkurung ego-is, k’munfikkn? Saat mta hti tLh trbnm asa itu mnngis Men-genang yg brusha d’hpskn. Merindukan yg brusha d’lpakn.Smpai kpn penutup utk kta” GALAU? Andai sja kw m’mhami,Btpa rindu.a ak pdamu.Btpa syg.a ak pdamu. N Btpa cinta.a ak pdamu :’)SUCI INDAH SARI SMK BM RAKSANA 2 (085763169484)

AssaLamualaicuM.!! hy surat nyasar . NaMa Q.: viva niE.:* . Ak nak baru niCh, aQ Ingin titip saLam buat MantaN Q. Udah Lama nie gk jmpa ma Dya.a Lah .!! KriM saLam yah ma Dya.:* (085760907634)

Hy sahabat express...Nama qhu Sri DeviQ tnggal di MedanQhu mau kirim-2 salam nee bwat t’man-2 qhu yg da di riau...Dan buat k’dua Orang Tua qhu

Mudah_2 sehat s’lalu.. :) (089695185090)

mec0M’ surat nyasaR.. Q’Ari pndatang baru,mau car! tmen cwe’ ajj ni? bag! iang !ngin knal sms or tlfn ajj.N’ salm buat alumN! sD105287 angkatan1997khusus’a buat nak cwe’a, moga maci knaL m aQ...!! (083197007814)

Assalamualaikum wr.wb.Hy tabLoid Xpresi...knaLin aqHu_ mey dN neu tmeN aQhu_ Dicky, kmie pndtanG brUe , kmie mW nTip sLam buAt sLuruh sisWa /siswi daN Gru’’ d’ SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK trutaMa bWtz anaQk’’ XI - IpA3 Moga mkien sUksEs zZ .., (08566343587)

hay sobat X.presi,, nma qu bernadetha monika dari Sma Ca-haya Medan slm knal yea.. aqhu lgi galau bngat lahh,, hbz qu gak pnya temen,, tisam jga bwt mama qu yg d kmpung,,and than bwat yg mw knal sma qu bsa add aq d ( [email protected]) ok ok okslm knal y cmua... (08566230258)

Hy Sahabat XpreS , nama Q marwah , Q Skolah di SMK Negri 1 Sendoro . aKu Cumand mw kriim Salam ama pCarr aKu Tiiyan , Skrang dyah Lgi Skit. Cpatt Sembuh yaa yanK. :*0ugh yaa Ne nama Facebook Ku .Marwah Siich UnyukunyukmaniezJelita.Twitter Ku @Marwah_maniez (085763652517)

Cacia mereka,takkan bisa hentikanlangkah kitaSelamanya (y) jangan pernah brhenti kawan !kau pasti akanbertahan! jnganPernah menyera !!(Poetri Fadila :* ) (087768853919)

. ya allah

. Tlng hapus nama dia dari hatiku!

. Aku benci semua ini

. Tlng sembuhkan lukaku ini ya allah

. Aku gak sanggup ya allah!

. Dan buatlah org yg ku sayang bahagia n slalu tersernyum!

. Ya allah tlng kbulkan doaku!

. Amin. (087892483328)

.Hy shbt Xpresi ... .ak kiky d meDan , tip slm yak buat butchy ak fazhar yg ad d tanjung morawa, moga cpt smbuh yak synk. tros buat benok, mayang pko nya smua yg ada d tanjung deh ... .ak synk klen smua (089613762610)

Meq0m...Aq dedek,aq pndatang bru mw tisam bwt tmen2 aq,n bwt kLuarga q sLm syg aja . Aq pgen cari tmen sms aja ke 087768820441 thanks (087768820441)

AQ JoMlo lo... buat para cweg yG jomlo, hub chega yiah... n add fb aq, chega acheng ...Thanx’z langsa bukti city (087710886465)

~ Assalamualaikum .Lya , mw titip sLm lha sma tmn” dn shbt” Ly .special utk : Ryn , pu3 , ema , ris , fi3 , zha , ayu dan kakak” yg Ly kenaL sLam syng dn Cnta aJh . - bY : Lya – (087868940536)

Hai.Nama gw Alfin gozali. Mw titip slm sm Melina sk0l di SMA TRI RATNA SIBOLGA. Sm0ga baik” aj. (089685433070)

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

CAPRICORN (22 Desember-18 Januari)Karier : Kamu harus bisa mengambil keputusan jangan terus menung-gu. Keuangan : Cukup ada dana untuk membeli sesuatu barang walau begitu berhematlah dan jangan boros. Asmara : Tenangkan pikiran Anda dan ajaklah suami/istri untuk berdiskusi. tentang masalah yang sedang dihadapi.

AQUARIUS (18 Januari-18 Februari)Karier : minggu ini masih diliputi kebahagian dan keceriaan. jaga kondisibadan. Keuangan : Jangan mencemaskan kondisi keuangan Anda karena pemasukan masih terus mengalir. Asmara : Buat apa berharap kepada sesuatu yang tidak mungkin akan teraih

PISCES (18 Februari-20 Maret)Karier : Pengalaman mengajarkanmu untuk lebih berhati-hati. Jatuh cinta itu mudah ditebak dari mata dan sikapnya. Keuangan : Masih ada order yang mendatangkan hasil. Tak perlu cemas karena masih ada in-come. Asmara : Keterbukaan akan membuat semuanya menjadi ringan dan lebih jelas.

ARIES (21 Maret-19 April)Karier : Cukup berat tantangan yang kamu rasakan akhir-akhir ini,janganlah berputus asa. Keuangan : Dana masih berlebih dan tak terlalu pusing di hari ini. Asmara : Jangan cepat cemas dan berpikiran yang tidak-tidak dengan berita yang ada di luar. Cobalah untuk tetap tenang dan sabar.

TAURUS (20 April-20 Mei)Karier : Buang jauh-jauh hawa malas yang muncul di minggu ini. Energicinta begitu kuat terpancar di minggu ini. Keuangan : Bila ada tawaran yang menguntungkan cobalah segera ditindaklanjuti dengan sepenuh hati. Asmara : Berkatalah yang jujur walau sepahit apapun itu. Janganberpikiran kalau dengan berbohong segala urusan akan terselesaikan.

GEMINI (21 Mei-21 Juni)Karier : Jangan bersikap egois. Hal sepele yang tidak perlu dibesarbe-sarkan. Kesabaran masih menjadi ujian terbesar kamu. Keuangan : Masih ada order yang cukup besar hasilnya, untuk itu tak perlu khawatir.Asmara : Bersikaplah yang lebih romantis agar hatinya menjadi terketuk.

CANCER (22 Juni-22 Juli)Karier : Tidak perlu emosi hadapi semua itu dengan kesabaran, pasti nanti akan berlalu dengan sendirinya. Jangan membuat seseorang menunggu. Keuangan : Hindari belanja yg berlebihan apalagi hanya karena hasrat hati saja untuk memiliki sesuatu barang yg kurang begitu penting. Asmara : Pusing dengan tingkah lakunya? Biarkan saja sebab si dia sedang ingin menarik perhatian orang-orang yg ada di sekelilingnya.

LEO (23 Juli-22 Agustus)Karier : Kamu sedang dalam masa kebingungan saat ini. Jangan terlalupercaya omongan orang, mereka belum tentu benar. Keuangan : Pe-masukan di hari ini cukup baik dan lancar, bahkan ada pemasukan yang tidak Anda sangka sebelumnya. Asmara : Berilah dia dorongan dan motivasi untuk bisa bebas dari belenggu yang sedang dihadapinya.

VIRGO (22 Agustus-22 September)Karier : Sebaiknya minggu ini Kamu manfaatkan untuk introspeksi diri.Dengarkan selalu hati kecil Anda, jangan berbohong pada diri sendiri.Keuangan : Masalah mulai bermunculan dan cukup mengganggu kestabilan keuangan Anda. Asmara : Sikap cemburu Anda kok sulit di-hilangkan sih? Apa ada kekurangan di pihak Anda sehingga takut kalah dengan saingan Anda.

LIBRA (23 September-23 Oktober)Karier : Yang jelas Kamu sangat membutuhkan refreshing minggu ini. Ajak teman yang dapat dipercaya sebelum memutuskan sesuatu yang berharga. Keuangan : Masih relatif stabil, hanya saja dalam bertindak sebaiknya tetap berhati-hati dan penuh pertimbangan. Asmara : Tak perlu tersinggung dulu dengan kata-katanya itu, coba Anda renungkan dulu.

SCORPIO (24 Oktober-21 November)Karier : Kamu memang keras kepala. Coba untuk koreksi diri dan janganterlalu mengikuti ego sendiri. Keuangan : Rejeki di hari ini cukup baik dan lancar, bahkan ada pemasukan yang tidak Anda sangka sebelum-nya. Asmara : Hilangkan sikap egois. Cobalah Anda lebih bisa mengalahpadanya.

SAGITARIUS (22 November-21 Desember)Karier : Kamu hendaknya lebih berhati-hati dalam membuat keputusanpenting. Hari minggu adalah hari keberuntungan Kamu. Keuangan : Kebu-tuhan yg harus tercukupi makin banyak, jangan terlalu boros. Ingat masa depan kamu masih panjang. Berhematlah. Asmara : Keresahan hati kini terjawab sudah dan kenyataannya tidak seburuk apa yang Anda bayangkan.

Xpresi Zodiak

Xpresi Foto

22 November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Merupakan sebuah kebanggan dan sekaligus prestasi yang luar biasa menjadi nominator dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Award) 2012 yang diadakan oleh Depkominfo dan karyanya terpilih untuk mewakili STMIK IBBI dalam ajang bergengsi tersebut ialah Riadi mahasiswa semester 8 STMIK IBBI yang berhasil membawa nama kampusnya ke tingkat nasional. Berikut ini foto-foto yang menggambarkan aktifitasnya selama mengikuti perlombaan tersebut.

Riadi, Nominator Kompetisi INAICTA 2012

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII

Pangeran BanJl. S. Parman MedanDisc from 15-35%

Xpresi Ragam

Handphone & AccessoriesGarecca Disc 20%

Ikan Goreng CianjurTengku Daud No.4Disc 10%

IbbI CArd dIsCounT PlACe:

Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item d’Waroeng

Cambridge MallDisc 20%

Pondok PalladiumPalladium MallDisc 15%

Matador CountryPlaza Medan FairDisc 50% (Dosen)Buy 1 get 1 (Mahasiswa)

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

Milano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 MedanDisc 10% + 5%

CV. Indako Trading Co.Makmur No. 144 A/30Jasa Service 10%Sparepart 5%

Sun Plaza Level 1Cirebon No. 16Medan Mall Lt. IIDisc 10%

SEIKO

Tabloid Xpresi dapat diperoleh: Kampus DiamondJl. Sei Deli No. 18Telp. (061) 4567111Fax. (061) 4527548Medan - 20114

Kampus EmeraldJl. Gatot Subroto No. 130Telp.(061) 4519400 - 4519070Fax. (061) 4522204Medan - 20114

Kampus TopazJl. Damar No. 9 GTelp. 4562873-4562876- 4562773Medan - 20118

PrimeOne ShoolJl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo-nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672Fax. (061) 7853631 - 7853671

Pangeran BanJl. S. Parman MedanCoffee BoxSun Plaza Lt. 4Warung UbudSun Plaza Lt. 3GarecaJl. Prof. H.M Yamin No. 99AMilano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 Medande’ WarungCambridge Mall X.O. SukiSun Plaza Lt. 3Kopi Kok TongSun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1DOMESun Plaza Lt. GThaiExpressSun Plaza Lt. 4Pondok PalladiumPalladium Mall lT. UGSEIKOSun Plaza Level 1, Cirebon No. 16Medan Mall Lt. 2Ikan Goreng CianjurTengku Daud No. 4CV. Indako Trading CoMakmur No. 144 A/30Mie Pansit AwaiP. Siantar, Jl. Surabaya 21 AMedan, Jl. Dr Wahidin 4 GG - Jl. S. Parman 20 - Jl. Boulevard 84 B1 Cemara Asri

SMA Kota Medan:SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Rak-sana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA

Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan

Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Method-ist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA TeladanBireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri IKabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri IIKuala: SMA Harapan Bangsa, SMA MethodistLangsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas BaruTanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Lang-kat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri ILubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia BudiRantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA TeladanSibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca KaryaTanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisinga-mangaraja, SMA Tri TunggalTanjung Morawa: SMA MethodistTarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA NusantaraPekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa MariaPadang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Frame Xpresi

23

Nampang di Frame XpresiKirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke

[email protected] atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

November 2012 I Edisi 80 I Tahun VII