tabloid xpresi edisi 79, oktober 2012

24
Edisi 79 - Tahun VII - Oktober 2012 ISSN 2088-141X Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Upload: tabloid-xpresi

Post on 26-Mar-2016

298 views

Category:

Documents


18 download

DESCRIPTION

Tabloid Xpresi Edisi 79, Oktober 2012

TRANSCRIPT

Edisi 79 - Tahun VII - Oktober 2012ISSN 2088-141X

Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Desain Sampul Edisi 79 Tahun VII, Oktober 2012Oleh: Indah Putri Anggraeni

Xpresi Kampus 6

Xpresi Kuliner 9

Xpresi Tekno 10

Salam Redaksi 2Xpresi Utama 3Xpresi Info 11Xpresi Cerpen 15Xpresi Puisi 16Xpresi Resensi 18Xpresi Profil 19Surat Nyasar 20Xpresi Karya 22Xpresi Zodiak 22Frame Xpresi 23

Xpresi Kota 8

Daftar IsiSalam Redaksi

DIVISI uSaha I PemImPIn umum: juSwan TjOE I PemImPIn PerusAhAAn: amrIn SuSIlO halIm I PenAnggung jAwAb: Ir. b. rIcSOn SImarmaTa, mSEE I dewAn AhlI: prOf. Dr. amrIn fauzI, SukIman ST, mT, luSIah SE, mm I mAnAjer ProduksI: anDrIaSan SuDarSO, Smn, mm I mAnAjer IklAn: lIlI SurYaTY, SE, mm I mAnAjer sIrkulAsI: halIm lOlY, SE, mm I sTAFF sIrkulAsI: harTOnO, S.kom, m.kom

DIVISI rEDakSI I edITor In ChIeF: huDa pErDana I rePorTer: jacquES hOraTIO wang, anI I FoTogrAFer: rIrI kOESnaDY I desAIn grAFIs: InDah puTrI anggraEnIAlAmAT redAksI: kampuS TOpaz, jalan Damar nO. 9-g, TElp. (061) 4153375, emAIl: [email protected], FACebook: Tabloid Xpresi

redaksi menerima tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErjalanan, cErpEn, puISI, SuraT pEmbaca, SuraT nYaSar serta tulisan lain-nya. redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. untuk tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErjalanan, cErpEn, panjangnya sekitar 5000-6000 karakter. Tabloid Xpresi

2

Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indo-nesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup masyarakat Indonesia. Tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. Itulah yang memotivasi kami untuk mengangkat Hari Sumpah Pemuda sebagai Xpresi Utama pada edisi kali ini.

Rubrik kampus kali ini masih menghadirkan berita seputar Pemaru yang meliputi galeri foto seputar Pemaru serta tang-gapan mahasiswa baru IBBI terhadap Pemaru yang mereka ikuti.

Rubrik Kuliner kali ini menghadirkan be rita Bakso Belut Ala Warung Belut, Steak Bebek Khas Bebek Goreng Surakarta, Kerenyahan Kerupuk Pangsit Dalam Semangkuk Mie Ayam, Warung Nasi Bu Hazarah.

Akhir kata redaksi tanpa henti-hentinya mengharapkan partisipasi dari para pembaca untuk berkontribusi mengirim-kan karya-karya terbaiknya. Tak lupa pula kami terus mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus memberikan dan menyam-paikan unek-uneknya, kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucap an selamat kepada siapa saja dengan cara yang begitu mudah, hanya perlu mengirimkan sms ke nomor 087869801990. Selamat membaca, semoga edisi kali ini ber-manfaat bagi kita semua.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 3

Xpresi Utama

Sumpah Pemuda meru-pakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa In-donesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momen-tum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia.

Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup masyarakat Indonesia. Tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai ke-merdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Mengingat kebesaran arti sejarah Sumpah Pemuda bagi perjalanan bangsa kita, maka sepatutnyalah kiranya kita semua tidak hanya mengenang peristiwa besar itu, melainkan juga merenungkan dalam-dalam, betapa pentingnya bagi kita menjadikan peristiwa ini sebagai salah satu di antara berbagai sarana pendidikan bangsa.

merajut sebuah harapan melalui sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda tentu saja berbeda dari pada sumpah-sumpah lainnya. Janji menyatukan bangsa, bahasa dan tanah air Indonesia disertai dengan kesediaan mempertahankan keberadaan dan mem-ajukan kehidupan Indonesia dalam segala aspeknya. Karena itu, Sumpah Pemuda yang diikrarkan pertama kali 28 Oktober 1928 perlu dimaknai sebagai kesanggu-pan pribadi segenap warga negara, anak-anak bangsa dan penduduk Indonesia untuk selalu memajukan derajat kehidu-pan bangsa, mengapresiasi bahasa dan memelihara tanah air Indonesia.

Intisari Sumpah Pemuda adalah Bhineka Tunggal Ika, yang mengandung pengertian bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan aliran politik, tetapi tetap merupakan kesatuan bangsa, atau

bangsa yang satu. Dengan kalimat lain, tercermin di situ satu konsep besar yang indah : kesatuan dalam perbedaan, atau berbeda-beda tetapi satu, atau persatuan dalam keragaman.

Mengapresiasi bahasa Indonesia tidak harus diwujudkan dalam bentuk ekstrim semisal menolak pemakaian bahasa as-ing dan lokal sebagai media komunikasi verbal, bahasa pengantar dan sejenisnya. Juga melakukan parade baca puisi dan berbalas pantun setiap hari. Penting di-catat bahwa memelihara kelenturan sikap dalam ber-Bahasa Indonesia justru akan menjadi faktor pengaya dalam kebhineka tunggal ika-annya. Tentu, perlu ada aturan baku sebagai acuan utama dalam mengupayakan pengayaan itu. Selain menjadi pengatar, Bahasa Indonesia san-gat perlu dikembangkan sebagai bahasa

ilmu pengetahuan.Memelihara tanah air bukan saja

secara fisik menjaga keutuhan bumi Nusantara beserta segenap sumber daya yang ada dari gangguan asing. Lebih dari itu, menanamkan kesadaran secara dini bahwa kekayaan alam dan budaya akan terdepresiasi oleh waktu yang terbuang percuma, pertambahan jumlah penduduk yang tidak terkendali, tingkat kesadaran sosial yang rendah serta perilaku pen-guasa yang korup dan sebagainya. Ke-banggaan sebagai bangsa merdeka dan berdaulat akan terkikis oleh menguatnya perilaku feodalistik, nepotisme negatif dan demokrasi vandallistik.

Api Sumpah Pemuda, yang begitu besar kobarannya dalam mempersatu-kan bangsa dan mengantar rakyat ke kemerdekaan, perlu dikobarkan lagi bersama-sama. Ini merupakan kewajiban nasional kita, yang bisa dipikul oleh selu-ruh masyarakat, terutama oleh angkatan muda yang merupakan garda terdepan dalam gerakan reformasi.

Akhirnya, memperingati hari Sumpah Pemuda adalah momentum yang sangat tepat untuk merefleksikan jati diri dan merajut sebuah harapan bangsa Indone-sia merdeka. Mampukah kita mewujudkan kesanggupan diri sebagai bangsa yang satu, dengan bahasa verbal dan ideologi yang satu serta dengan segenap daya memelihara sumber-sumber kehidupan yang ada di bumi pertiwi yang satu ini. Semua jawaban akan kembali kepada set-iap individu yang menyatakan diri sebagai anak-anak bangsa Indonesia.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 4

Xpresi Utama

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Sumpah Pemuda dan Bentuk Apresiasinya

Sumpah Pemuda yang diikrarkan pertama kali 28 Oktober 1928 perlu dimaknai sebagai kesanggupan pribadi segenap warga negara, anak-anak bangsa dan penduduk Indonesia untuk selalu memajukan derajat kehidupan bangsa, men-gapresiasi bahasa dan memelihara tanah air Indonesia.

Memajukan derajat kehidupan bangsa dapat dilakukan sesuai dengan kapa-sitas diri kita masing-masing. Karena setiap orang punya potensi yang dapat dikembangkan untuk mencapai kapasitas optimalnya. Jika setiap anak bangsa memberikan satu langkah ke depan, bisa dibayangkan betapa lapang jalan yang dapat kita lalui bersama untuk mengatasi krisis multisdimensional saat ini. Lalu apa yang dilakukan siswa siswi SMA Yos Sudarso dan SMA Kalam Kudus Medan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia sebagai bentuk apresiasi kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia. Berikut ini petikan wawancaranya.

Nama : Jessica TantianiSekolah : SMA Kalam kudusKelas : XI IPS1

Menurut saya, sumpah pemuda meru-pakan awal dari perjuangan bangsa Indo-nesia yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu. Dengan adanya sumpah pemuda ini mendorong semangat rakyat bangsa Indonesia untuk mengangkat harkat dan martabat hidup masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia juga menjadi termotivasi untuk mencapai kemerdekaannya.

Menunjukkan kreasi dan bakat anak-anak Indonesia tidak lebih buruk ataupun tidak kalah dengan bangsa di negara-negara lain. Bukan hanya bakat-bakat besar, bakat sekecil apapun juga bisa.

Nama : FedoraSekolah : SMA Kalam KudusKelas : XII IPA

Sumpah pemuda merupakan suatu pedoman bagi generasi muda bangsa Indoneisa yang telah ditanamkan oleh para pejuang bangsa dimana pedoman ini menunjukkan arah yang benar bagi genera-si muda dalam melanjutkan perjuangan dan mendorong generasi muda untuk memiliki tekad dalam memajukan Indonesia.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah dengan menghargai bangsa, bahsa, dan tanah air kita yaitu Indonesia. Kemudian, belajar dengan sungguh-sung-guh sejak dini guna memajukan bangsa Indonesia di masa depan.

Nama : Winna WijayaSekolah : SMA Kalam Kudus Kelas : XI IPA

Menurut saya, makna dari sumpah pemuda ialah sebagai suatu peristiwa yang sangat berharga dan merupakan dasar tekad bangsa Indonesia dapat memerdeka-kan bangsa Indonesia. Dengan adanya sumpah pemuda dapat dilihat bahwa bangsa Indonesia mempunyai suatu kes-anggupan atau kesadaran akan harkat dan martabat yang dimiliki bangsa.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat mengharumkan nama bangsa, serta tentunya menjadi orang yang berguna bagi negara.

Nama : EsterSekolah : SMA Kalam KudusKelas : XII IPA

Menurut saya, sumpah pemuda itu mer-upakan sebuah bukti nyata dari pemuda-pemudi Indonesia yang dari dulu memang sudah berjuang keras untuk mengangkat harkat dan martabat hidup masyarakat, terutama pemuda-pemudi Indonesia. Dari diikrarkannya sumpah pemuda di tanggal 28 Oktober 1928, pemuda-pemudi diharap-kan dapat membulatkan tekad mereka dan terus memajukan derajat hidup bangsa kedepannya.

Yang dapat saya lakukan untuk mema-jukan derajat hidup bangsa ini ialah dengan membuktikannya melalui prestasi-prestasi yang saya capai disekolah.

Nama : Junardy UtamaSekolah : SMA Kalam KudusKelas : XI IPS1

Menurut saya, sumpah pemuda adalah sebuah bukti dimana rakyat Indonesia beru-saha untuk melepaskan diri dari penjajah, untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Sumpah pemuda juga merupakan sebuah tekad bersama dari semua rakyat Indonesia yang dipelopori oleh para pe-muda untuk dapat mengusir penjajah.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah bermimpi yang lebih tinggi agar kelak dapat menjadi orang yang dike-nal oleh dunia tetapi bukan hanya bermimpi tapi belajar dengan tekun untuk mengejar mimpi tersebut.

Nama : AngelSekolah : SMA Kalam KudusKelas : XI IPA

Sumpah pemuda merupakan sebuah pedoman hidup dan harus dihargai karena merupakan bukti perjuangan dan kerja keras bangsa Indonesia yang pada akhirnya membawa kita kepada kemerdekaan Indo-nesia. Oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus bangsa menghor-mati dan menghargai hari sumpah pemuda.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah dengan belajar dan menun-jukkan bakat kita, kreasi dan karta. Kita juga harus bangga bahwa kita adalah bangsa Indonesia yang senantiasa menunjukkan prestasi kita.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 5

Xpresi Utama

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Nama : Dewi NugrohoSekolah : SMA Kalam KudusKelas : XII IPA

Menurut saya, sumpah pemuda itu ada-lah suatu awal lahirnya rasa nasionalisme di Indonesia dimana semua suku, ras dan agama bersatu menjadi satu dan meng-gabungkan perbedaan-perbedaan yang ada menjadi suatu bentuk kekuatan untuk mempertahankan negara.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa In-donesia ialah dengan mencintai dan meng-gunakan produk-produk dalam negeri, serta melakukan berbagai macam usaha yang mampu mengangkat nama Indonesia ke kancah Internasional.

Nama : Gloria Iverose JesselynSekolah : SMA Yos SudarsoKelas : X 2

Menurut saya makna sumpah pemuda adalah kembali kita mengingat setiap perjuangan, juga sebagai suatu momen-tum proses perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun telah dijajah oleh negara lain dan kembali menumbuhkan rasa cinta pada tanah air.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa In-donesia ialah harus kreatif dan lebih banyak melakukan kegiatan sosial agar masyarakat Indonesia dapat bangga dengan negara ini. Sebagai generasi muda sudah seharusnya kita meningkatkan kedamaian menghindari kekerasan dan tawuran.

Nama : Vanny RustamSekolah : SMA Yos SudarsoKelas : XI IPA

Menurut saya sumpah pemuda adalah perjuangan para anak-anak bangsa Indo-nesia yang menyadari dan bertekad untuk memajukan bangsa Indonesia untuk awal yang baik dan masa depan yang cerah.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indo-nesia ialah dengan cara belajar dan bekerja keras karena dengan keberhasilan saya dalam belajar itu berarti saya membangga-kan orang tua, sekolah, teman, keluarga dan bisa dijadikan contoh untuk generasi muda yang akan datang.

Nama : Andri Jonatan HSekolah : SMA Yos SudarsoKelas : XII IPA

Sumpah pemuda menurut saya adalah suatu bukti yang nyata bahwa Indonesia memiliki potensi pemuda yang luar biasa yang ikut ambil peran untuk memperjuang-kan kemerdekaan negara kita Indonesia.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa In-donesia ialah belajar dan membantu orang lain guna memiliki sifat pemuda Indonesia yang baik dan masyarakat sekitar pun bangga terhadap kita.

Nama : StevenSekolah : SMA Kalam KudusKelas : XII IPA

Menurut saya sumpah adalah titik awal kebangkitan pemuda Indonesia dimana pada saat itu mereka sadar bahwa mereka adalah satu yakni Indonesia dan sejak saat itu pula para pemuda Indonesia berjuang bersama-sama melawan penjajah. Seharus-nya kita sebagai pemuda harus bisa melan-jutkan maksud dan cita-cita tersebut.

Hal paling sederhana dan pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan menghar-gai bangsa ini, dengan cara bangga meng-gunakan produk dalam negeri, bangga terhadap budaya sendiri, jangan sampai kebudayaan asing malah merusak kecintaan kita terhadap budaya asli Indonesia.

Nama : Nella Mutiara HutapeaSekolah : SMA Yos SudarsoKelas : XII IPA1

Sumpah pemuda untuk mengakui bangsa kelahiran saya adalah bangsa Indo-nesia bukan negara lain. Dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara. Tidak menggunakan bahasa asing di dalam bahasa Indonesia. Pada intinya jangan sampai ada penghinaan terhadap bahasa Indonesia. Contohnya kata serius menjadi “cius”, semangat menjadi “cemun-gut”, menurut saya itu sudah penghinaan terhadap bahasa indonesia. Jadi, untuk gen-erasi muda maknailah sumpah pemuda itu.

Dengan belajar dan memiliki attitude yang baik saya sudah dikategorikan sebagai pemuda yang menghargai bangsa dan negara.

Nama : RudiSekolah : SMA Yos SudarsoKelas : XI IPS

Sumpah pemuda menurut saya adalah persiapan kemerdekaan Republik Indonesia dan dimana pemuda-pemudi mengucapkan sumpahnya sehingga Indonesia memiliki tekad yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah dengan belajar dan bekerja keras demi mengharumkan nama bangsa sehingga harkat dan martabat bangsa dapat terangkat dan menjadi negara yang dapat dibanggakan oleh masyarakatnya.

Nama : Mirna Ria ManaluSekolah : SMA Yos SudarsoKelas : XI IPA

Makna sumpah pemuda menurut saya adalah agar kiranya kita tidak malu akan bangsa dan tanah air kita, karena untuk memperjuangkannya sungguhlah sangat sulit.

Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa In-donesia ialah belajar dengan dengan tekun agar apa yang saya cita-citakan dapat terca-pai dan jika nanti saya berada di kedudukan yang paling atas saya akan memberikan contoh yang baik kepada bawahan saya.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Kampus

6 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Usai menyambut mahasiswa baru lewat PEMARU Gelom-bang I, STIE-STMIK IBBI kembali menjamu mereka lewat PEMARU

Gelombang II dan III yang diadakan 3-5 September dan 17-19 September. Hari pertama mahasiswa baru diberikan kesempatan mengenal Kampus IBBI lebih dekat dan mengajukan berbagai pertan-yaan seputar dunia kampus. Setelah itu, PEMARU akan diadakan di alam bebas dengan konsep outbond training.

Dalam pembukaan PEMARU, Ketua Panitia Pemaru IBBI 2012, Andriasan Su-darso, S.Mn., MM mengatakan PEMARU yang bertema membangun pribadi yang berilmu, kreatif dan berinovatif dengan tujuan membentuk karakter calon maha-siswa yang mandiri, disiplin, kreatif, ino-vasi, dan tetap menjunjung tinggi norma dan nilai-nilai kekeluargaan sehingga saat mereka masuk ke dunia kampus mereka akan lebih mudah memahami dan men-genal kehidupan dunia kampus dengan segala prosedur kampus yang berlaku.

Usai itu, Ketua STIE IBBI, Prof. Dr. Amrin Fauzi mengatakan bahwa mahasiswa yang

masuk akan dilatih, tidak hanya mendapat-kan ilmu pengetahuan semata melainkan juga beragam hal-hal lain yang dibutuhkan demi menjadi manusia yang bermoral.

Wakil Ketua I STIE IBBI. Lusiah S.E., MM dan Wakil Ketua I STMIK IBBI. Sukiman S.T., M.T. juga memberikan arahan tentang kurikulum dan metode pembelajaran

yang ada di STIE-STMIK IBBI. Wakil Ketua III STIE IBBI, Budijanto, S.Si., M.Si dan Wakil Ketua III STMIK IBBI Andriasan Sudarso, S.Mn., MM memberikan arahan tentang tata tertib di lingkungan kampus, serta memperkenalkan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di STIE-STMIK IBBI.

Usai mendapatkan pembekalan yang lengkap mengenai dunia kampus dan sistem yang berlaku di STIE-STMIK IBBI, peserta PEMARU pun diberangkatkan menuju Kampoeng Stakoetoe pada hari kedua untuk mengikuti berbagai kegiatan outbound training yang telah dipersiap-kan untuk melatih kekompakan, percaya diri, kemandirian, kerja sama tim, kebera-nian, dan ketahanan mental.

Tak terasa tiga gelombang PEMARU telah usai. Kini saatnya mahasiswa baru mengawali hari mereka dengan menge-cap nikmatnya dunia perkuliahan, dunia di mana apa yang telah mereka dapatkan melalui permainan outbound akan mem-bantu mereka semakin akrab dan siap menyongsong hari esok yang gemilang.(jhw)

Habis PEMARU, Mulailah Kuliah

Kreatifitas dan kekompakan tim memungkinkan peserta PEMARU melewatkan rekannya melalui pagar tali.

Makan bersama semakin mendekatkan peserta PEMARU.

Bola berjalan ini dengan menggunakan kaki- paha jgn sampai jatuh bolanya.

Tebak warna dalam games ini ,peserta harus satu suara dan kebersamaannya harus ada

Sebelum memasuki tenda peserta harus dpt tiket khusus yaitu masuk lumpur

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Kampus

7Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Mereka!

Apa kata mahasiswa baru tentang PEMARU yang mereka ikuti? Berikut tiga pertanyaan yang ditanyakan kepada sepuluh mahasiswa baru yang siap menempuh semester awal mereka

di STIE-STMIK IBBI: Bagaimana pendapatmu mengenai PEMARU yang diadakan IBBI? Mengapa kamu memilih IBBI untuk melanjutkan studimu? Apa harapan yang ingin kamu wujudkan dengan kuliah di IBBI? (jhw)

Nama : Kinanti Karina MendrofaAsal Sekolah : SMA Dharma Patra P. BrandanJurusan : S1 ManajemenPemarunya :Sudah baik. Dari segi keaman-an, kebersihan, dan lainnya. Lalu PEMARU yang diadakan tidak membuat orang menjadi down, karena kakak Pembinanya melakukan kegiatan untuk membentuk karakter, bukan di-bully seperti

universitas lain. Gamesnya OKE!Pilih IBBI : Karena IBBI mem-punyai kualitas dan ilmu yang sudah baik, serta mempunyai prospek gemilang setelah lulus dari IBBI.Harapannya : Menjadi mahasiswi yang berprestasi dan meluaskan ekspresi di IBBI. Membuat karya yang baik di IBBI.

Nama : Deri Natanaic KetarenAsal Sekolah : SMAN 1 Pancur BatuJurusan : S1 Teknik InformatikaPemarunya : Penuh tantangan yang berkualitas!Pilih IBBI : Karena IBBI banyak mengelu-arkan sarjana yang bagus dan banyak memenang-kan perlombaan.

Harapannya : Menjadi sarjana yang baik dan berkarakter den-gan mental yang kuat.

Nama : JeffryAsal Sekolah : SMA Galatia II JakartaJurusan : S1 ManajemenPemarunya : Sangat seru dengan acara dan games yang dapat membangun karakter yang berbudi pekerti, disiplin, dan bisa bekerja sama dengan teman-teman.Pilih IBBI : Karena IBBI adalah tempat

kuliah yang cocok untuk orang yang ingin belajar disiplin, bek-erja sama, dan dapat mengenali serta menghargai perbedaan antar etnis dan agama.Harapannya : Ingin menjadi seorang sarjana yang menghar-umkan nama IBBI sendiri dan Indonesia.

Nama : M. Agung AdityaAsal Sekolah : SMA Nusantara Lubuk PakamJurusan : S1 Teknik InformatikaPemarunya : Seru, cukup menantang, asyik, bisa bersosialisasi dengan teman-teman kampus di alam terbuka.Pilih IBBI : Selain karena niat, ada juga saran dari Paman untuk bisa masuk IBBI.

Harapannya : Ingin menjadi mahasiswa yang lulus dengan hasil yang memuaskan. Selain itu saya ingin memiliki pengala-man yang lebih luas lagi.

Nama : FaradibaAsal Sekolah : SMA Sultan Iskandar Muda Jurusan : S1 AkuntansiPemarunya : Baik! Sangat mendidik dan tidak mengutamakan kekerasan dan emosi tetapi lebih disiplin dan sikap yang terpuji. PEMARU di IBBI juga bukan hanya untuk bersenang-senang, tetapi menanamkan rasa kekeluargaan, kekompakan antar

sesama mahasiwa-mahasiswi. Pilih IBBI : Karena IBBI telah lama dibentuk tetapi sampai sekarang tetap maju, berarti IBBI adalah PTS yang bagus untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Harapannya : Menimba ilmu dan menjadi orang sukses lalu mampu bersaing di zaman globalisasi ini.

Nama : MaritinAsal Sekolah : SMA WR Supratman 1 MedanJurusan : S1 ManajemenPemarunya : Benar-benar berbeda dengan yang lain. Selain kreatif, seru, dan panitianya juga sangat baik. Jujur, pertama mengikuti PEMARU saya sangat tidak suka tetapi selama tiga hari mengikuti Pemaru, saya benar-benar suka IBBI.

Pilih IBBI : Karena kuliah di IBBI sangat kreatif dan saya juga su-dah mendengar IBBI dari kakak-kakak saya dan menurut saya IBBI-lah yang paling baik dan bisa membawa saya menuju masa depan yang baik dan sukses.Harapannya : Ingin menjadi seorang sarjana yang menghar-umkan nama IBBI sendiri.

Nama : Martha Domini ZaiAsal Sekolah : SMA Lentera Harapan NiasJurusan : S1 AkuntansiPemarunya : Sangat menikmati sekali PEMARU yang diadakan IBBI karena ini pengala-man pertama bagi saya untuk ikut outbound. Walaupun pertama kali sangat takut, namun setelah menjalaninya, saya menikmatinya. Apalagi

panitianya sangat baik.Pilih IBBI : Saya percaya IBBI mampu menjadikan saya pebisnis yang sukses melalui pembelajaran yang diberikan.Harapannya : Menjadi orang yang sukses dan kembali ke Nias untuk membagi kesuk-sesan saya untuk orang di daerah saya.

Nama : Rahul RoyAsal Sekolah : SMK-TI RaksanaJurusan : S1 ManajemenPemarunya : Sangat baik karena Pemaru ini memberi saya banyak teman dan memperoleh pola pikir yang baik dengan menerima kesalahan orang lain.Pilih IBBI : Karena IBBI adalah perguruan

tinggi yang baik dan dapat membawa saya menuju masa depan yang gemilang.Harapannya : Menjadi sar-jana di IBBI karena IBBI adalah Perguruan Tinggi kebanggaan saya.

Nama : HazeleneAsal Sekolah : SMA Sisingamangaraja, T.BalaiJurusan : S1 AkuntansiPemarunya : Bagus dapat membuat saya lebih berani menghadapi masalah dengan per-mainan yang diadakan dan lebih kompak dengan teman-teman sekelompok saya. Panitia PEMARU IBBI tegas dan disiplin menghadapi saya.

Pilih IBBI : Karena IBBI adalah perguruan tinggi yang dapat membawa saya menuju masa depan yang gemilang.Harapannya : Ingin menjadi seorang sarjana yang menghar-umkan nama IBBI sendiri dan Indonesia. Harapan terbesar saya adalah membanggakan kedua orang tua saya.

Nama : Chintia PriyantiAsal Sekolah : SMK Brigjen KatamsoJurusan : S1 ManajemenPemarunya : Seru, menguji keberanian serta belajar memahani arti kebersamaan.Pilih IBBI : Karena peluang kerja lebih terbuka serta cocok untuk mahasiswa/mahasiswi yang sudah bekerja.

Harapannya : Ingin mendapat-kan pekerjaan yang lebih baik lagi dan menjadi yang terbaik di masa yang akan datang serta bisa mengikuti kegiatan-kegiatan mahasiswa (panitia PEMARU) :)

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 8 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 8

Xpresi Kota

Dara kota Medan Antusias Ikuti Ajang Miss Celebrity 2012

Ratusan wanita muda cantik dan berbakat ramai memadati Plaza Medan Fair, Sabtu (15/9). Dara-dara Medan ini mengikuti audisi

Miss Celebrity 2012 yang diadakan stasiun TV Swasta Indonesia.

Sudah 4 dekade penyelenggaraan Miss Celebrity berlangsung di Medan. Ibu kota provinsi Sumatera utara ini masih menjadi pilihan untuk audisi, karena peminat ajang pencarian bakat dan kecantikan ini selalu ramai.”Wanita Medan cantik-cantik.

Jadi, saat penyelenggaraan acara ini begitu ramai,”ucap Public Relation SCTV, Metha Tri Rezeki.

Metha mengatakan, pada Sabtu ke-marin, ratusan gadis remaja itu mengikuti seleksi untuk menjaring 20 peserta. Selan-jutnya, dari ke-20 peserta tersebut akan kembali unjuk kebolehan pada hari ini (16/9) untuk mendapatkan 10 besarnya.

Ke-10 besar “Miss Celebrity 2012″ per-wakilan dari Medan yaitu Dhita Sadrina,

Aisyah Maharani, Hanan Hilal Badres, Putri Asyari, Andini Eka Putri, Imas Fitriawati, Annisya Febri, Cipta Putri, Haviza Devi dan Winda Lorenza.

Dalam tahap awal audisi yang digelar di hari pertama, dilakukan seleksi ad-misnistrasi, pengukuran berat dan tinggi badan, performance, proposional tubuh, kesehatan gigi, kulit, kebersihan wajah, serta kemampuan berkomunikasi, cara berjalan, akting, serta presenting.

Dari 20 finalis yang berhasil dalam audisi hari pertama akan beradu akting dengan artis Dimas Beck dihadapan ketiga juri, Minggu (16/9). Selanjutnya, dewan juri akan memutuskan 10 peserta mana saja yang berhasil. Barulah berkas dari 10 finalis itu akan dibawa ke Jakarta untuk seleksi yang berikutnya sampai babak grandfinal.

Mereka yang terpilih dalam acara yang dihibur oleh penampilan penyanyi Audrey ini akan menjalani masa karantina selama 1 Minggu dari tanggal 11-17 Ok-

tober 2012 di Putri Duyung Cottage, An-col. Ketika Karantina, dara cantik itu akan mendapat beragam pembekalan sep-erti acting, presenting/ public speaking, modeling, coreography, photo session, manner, visit company, promo session di

program Inbox dan Infotainment.Metha berharap, dalam ajang

tersebut akan didapatkan selebritis baru Indonesia yang siap terjun ke dunia akting maupun presenting seperti para peme-nang Miss Celebrity sebelumnya. (Ani)

Pembinaan Gerakan Pramuka di Medan akan Ditingkatkan

Pembinaan gerakan pramuka di Kota Med-an akan lebih ditingkatkan lagi sebab, gerakan ini menjadi wadah pembentukan pendidikan karakter bangsa yang dilakukan mulai sejak tingkat SD, SMP dan SLTA.

“Untuk itu saya akan meningkatkan pem-binaan gerakan pramuka di Kota Medan,” kata Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM didampingi Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin MSi usai menerima penghargaan tert-inggi di bidang kepramukaan yakni Lencana Melati di Lapangan Ika Bina Labuhan Batu, Rantau Prapat, Sabtu (22/9).

Apalagi, lanjutnya, sesuai dengan instruksi dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof. Dr dr Azrul Azwar MPH agar pemerintah daerah dan kota lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah dalam rangka pembentukan karakter generasi muda. Sekali-gus peningkatan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.

“Yang paling utama membangun karakter generasi muda kita mulai tingkat SD, SMP dan SMA. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan peningkatan diiplin. Sebab, orang yang disiplin itu memiliki karakter. Untuk hasil yang optimal dalam pembentukan watak, kepribadian dan akhlak mulia, bisa diperoleh dengan mengikuti pendidikan gerakan pramuka,” ungkapnya.

Dengan diterimanya penghargaan Lencana Melati, Wali Kota mengaku semakin termoti-vasi untuk meningkatkan pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas penganugerahan penghargaan tertinggi di bidang kepramukaan ini. Untuk meningkatkan pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan, saya akan menata lahan Cadika Pramuka di Jalan Karyawisata Medan. Saya ingin menjadi-kan tempat itu benar-benar sebagai kawah candradimuka pramuka di Kota Medan. Den-gan demikian gerakan pramuka di Kota Medan lebih baik lagi,” katanya.

Ungkapan senada disampaikan Wakil Wali Kota Medan Drs H dzulmi Eldin mSI, guna peningkatan pembinaan pramuka, dia selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Medan berrjanji akan megaktifkan kembali gugus-gugus depan yang ada di Kota Medan. Sedangkan dalam mengembangkan generasi muda untuk lebih baik lagi, maka nantinya akan diaktifkan kembali jambore pelajar.

“Selama ini jambore pelajar saya lihat kurang aktif. Untuk itu harus kita aktifkan kembali. Caranya, kita akan menyurati eluruh kwartir-kawartir yang ada. Saya yakin den-gan cara ini gerakan pramuka di Kota Medan semakin bergeliat dan lebih aktif lagi dalam rangka pembentuikan karakter generai muda,” jelas Wakil Wali Kota.

Penganugerahan tanda penghargaan Len-cana Melati ini diterima Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan dalam apel besar peringatan Hari Pramuka ke 51 Tahun 2012 yang dilak-sanakan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara di lapangan Ika Bina Labuhan Batu. Penghargaan itu disematkan langsung Plt Gubsu H Gatot Pujonugro ST selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut yang bertindak ebagai pimpinan apel.

Ketika memberikan sambutan, Gatot berharap Hari Pramuka ke 51 Tahun 2012 ini dapat mendorong kemandirian gerakan pramuka untuk keberhasilan pembentukan karakter kaum muda.

Untuk itulah Gatot mengajak semua untuk kembali bersama-sama memantapkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yaitu nilai-nilai luhur yang menjun-jung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama manusia, tolong meno-long, gotong royong, bertanggungjawab, disiplin, hormat kepada orang tua, sederhana, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. (ant)

Selama liburan sekolah kemarin, Plaza Medan Fair menyelenggarakan bazar buku tulis murah. Warga Medan pun tak mau melewatkan kesempa-tan ini untuk memenuhi berbagai keperluan sekolah anak-anaknya karena harga yang ditawarkan oleh Plaza Medan Fair jauh di bawah harga pasar.

Rosmiaty ( 47), salah satu orang tua siswa mengatakan, bazar ini sangat membantu dirinya dalam meringankan biaya untuk membeli keperluan sekolah anaknya. “ Harga buku di sini sangat murah dibanding beli di kedai, saya sangat terbantu dengan bazar ini,”katanya.

Ditemui dilokasi yang sama, Agus Gunawan, Marketing Director Bazar menuturkan, bazar buku murah ini dibuat untuk membantu pereko-nomian warga khususnya dalam memenuhi kebutuhan anak-anaknya memasuki tahun ajaran baru.” Kami menyelenggarakan acara ini di tujuh kota di Indonesia. Antara lain Solo, Surabaya, Bali, Medan, Makasar. Cire-bon, dan Banjarmasin,”sebut Agus.

Agus menjabarkan berbagai jenis buku yang mereka jual. Diantaranya buku berisi 30 lembar seharga Rp14.000, 38 lembar seharga Rp 17.000, 50 lembar dengan harga Rp 22.000, 58 lembar se-harga Rp 25.000 dan 100 lembar seharga Rp 21.000 dengan tiap bungkusnya berisi 10 lembar buku. Dalam acara ini juga diisi acara hiburan bagi warga yang menghadiri diantaranya dance, break dance, dan luky draw. (Ani)

Plaza Medan Fair Gelar Bazar Buku Tulis Murah

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 9

Xpresi Kuliner

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Mie Ayam Polonia adalah salah satu dari sekian outlet yang menjadikan mie ayam sebagai sajian utamanya. Sang pemilik rupanya cukup piawai dalam membaca pasar dengan membidik daerah ringroad sebagai tempat pemasarannya. Hal ini juga turut memudahkan kuliners Medan untuk memanjakan lidah mereka dalam menikmati semang-kuk mie ayam.

Menurut Wito, dinamakan Mie Ayam Polonia agar tamu yang sing-

gah ke sana selalu ingat dengan tem-pat tersebut dan ingin kembali lagi.”Polonia dikenal sebagai Bandar Udara di Medan. Jadi, kalau ingat Bandara Polonia mudah-mudahan ingat sama tempat ini,” ungkap wito merupakan pimpinan cabang dari tempat makan yang berdiri sejak 2 bulan ini.

Wito mengatakan, kendati baru beberapa bulan ada tapi segmentasi pasar terus mengalami peningkatan secara signifikan. Semua itu, imbuhnya, karena penyajian yang cepat, rasa lezat, serta harga merakyat.

Wito menyebutkan, pilihan menu di tempat ini terdiri dari mie ayam kerupuk, ceker, dan bakso. Mie Ayam Polonia hanyalah nama tempatnya sedangkan menu utamanya yakni mie ayam kerupuk. Ia adalah mie yang disiram dengan semur ayam, acar cabai, serta dikombinasi dengan kerupuk pangsit pada bagian pinggir mangkuk.

Selanjutnya untuk mie ayam ceker dan bakso juga berisi mie dengan ayam semur yang ditambah dengan ceker maupun bakso namun tanpa penambahan kerupuk pangsit di dalamnya.

Wito menambahkan, bagi konsumen yang ingin mencoba menu lain selain mie ayam juga tersedia di situ. Mereka adalah nila filet, lele dan ayam penyet. Untuk tumisan juga tidak ketinggalan misalnya tumis kangkung dan genjer dengan irisan cabai merah di atasnya.

“ Nila filet ialah nila tanpa tulang yang dikombinasi dengan cabe ijo, urap, selada, timun, dan nasi sebagai pelengkap,”jelas Wito.

Wito mengatakan, di sana tersedia juga cemilan sejenis Siomay Bandung yang berisi bakso, kentang, tahu sumedang, dan kol yang disiram dengan bumbu kacang tumbuk dengan rasa gurih dan harum.

Bakso Belut Ala Warung Belut Bakso, bila mendengar namanya dan

mencium aromanya yang lezat. Siapapun tidak mampu menolak kelembutan dan aroma daging yang khas dari panganan bundar ini. Daging ayam dan sapi telah banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya yang identik dengan bahan dasar dari pembuatan bakso. Namun di

Warung Belut Jo yang berlokasi di kom-plek Multatuli D No.4 Medan statement itu pun tergantikan.

Kedua komponen utama dalam men-golah bakso tersebut kini sudah terganti-kan oleh belut.

” kami satu-satunya warung di Medan yang menghadirkan bakso dari daging belut,”tutur Muis, manager operasional dari outlet yang buka sejak pukul 10.00 pagi sampai malam ini.

Ditemui dilokasi baru Belut Jo dengan fasilitas udara pendingin serta deretan sofa dan kursi yang tersusun rapi di ruangannya. Muis mengungkapkan, ide mengolah belut menjadi bahan dasar pembuatan bakso ialah satu bentuk

Steak Bebek Khas Bebek Goreng Surakarta

Warung Nasi Bu Hazarah

Kerenyahan Kerupuk Pangsit Dalam Semangkuk Mie Ayam

Bebek Goreng Surakarta ialah resto yang menawarkan bebek sebagai menu andalannya. Selain itu tempat makan yang buka pada pukul 10.00 pagi hingga 11.00 malam di hari Senin sampai Jumat dan 12.00 malam untuk Sabtu hingga Minggu ini juga menyediakan beragam kreasi bebek yang diolah sedemikian rupa dan mengundang selera.

Edi Saswito merupakan pimpinan ca-bang dari Bebek Goreng Surakarta men-gatakan, outlet ini didirikan dalam rangka mengobati kerinduan masyarakat Medan khususnya suku Jawa yang berdomisili di ibu kota provinsi Sumatera Utara itu dalam menikmati masakan asli Surakarta. “Ibaratnya seperti bernostalgialah, karena Surakarta masih termasuk wilayah Solo dan masih menjadi bagian dari Pulau Jawa,”ungkap pria berumur 36 tahun itu.

Edi mengatakan, dipilihnya bebek sebagai menu utama dari outlet yang telah hampir setengah tahun berdiri ini karena bebek memiliki protein lebih tinggi ketimbang daging lainnya.

Selain Bebek Goreng Surakarta seba-gai menu andalan di sana. Edi menjabar-kan berbagai menu lainnya yang tidak kalah digemari seperti gurami dan lele yang dimasak asam manis dan cabai hijau.

Steack Rasa Blackpaper Sangat Diminati

Ingin menawarkan suatu menu unik dan berbeda dari biasanya. Edi mencoba menghadirkan steak berbahan dasar daging bebek. Resto yang mengguna-

keinginan untuk menampilkan beberapa menu berbeda dari yang sudah ada.

Ia menjabarkan, untuk proses pembuatannya dipergunakan 700 gram daging belut dan 300 gram tepung serta pengental.”Daging harus lebih banyak agar lebih terasa di lidah,”imbuhnya.

Kendati belut terkenal amis dan berlendir, aroma itu tidak berasa untuk bakso yang disajikan oleh Belut Jo. Hal itu terjadi, lanjut Muis, karena mulai dari pemotongan belut sampai pembuatan bakso melalui proses pencucian 3 kali dengan air garam agar amis dan lendir yang ada dibelut hilang.

Muis pun menambahkan, tampilan warna bakso juga berbeda disebabkan

oleh campuran alami yang mereka guna-kan saat pengolahan. Selain itu, meskipun tanpa tambahan bahan pengawet, tetap bertahan sampai seminggu karena daging dimasak lebih dahulu sebelum dicampur dengan tepung.

Untuk penyajian, baksonya disajikan bersama mie kuning dan putih dengan suiran ayam dan bawang goreng yang disiram dengan kuah kaldu agar cita rasa belut dan ayam lebih menyatu.

Selain bakso, Belut Jo juga menawar-kan dua menu lainnya yakni soto dan kari. Kedua menu ini menggunakan belut tanpa tulang dengan potongan segi empat yang digoreng dahulu baru disiram dengan kuah kari maupun soto.

Rumah makan yang berada di persimpangan Jalan Karantina ini begitu ramai pembeli ketika jam sudah menunjukkan pukul 7 malam. Pemiliknya adalah Asrad dan Hazarah, sepasang suami istri yang mengawali bisnisnya ini dengan sekedar coba-coba. Namun setelah 2 sampai tiga bulan usaha itu berjalan orang-orang akhirnya ramai berkunjung ke sana.

“Sudah satu tahun kami berdagang di sini. Dulunya ini hanyalah sebuah tempat pembuangan sampah,”ungkap Arsad.

Dengan mendirikan sebuah tenda serta beberapa deret kursi dan stel-ing tempat memajang menu. Arsad menawarkan lontong, nasi lemak, ayam goreng, gulai ikan, serta beragam masakan lain yang ia buat bersama sang istri.

Menu yang dihadirkan oleh warung yang mengambil nama sang istri se-bagai nama tempat ini layak dijadikan referensi karena rasanya yang lezat dan harga merakyat. Mahasiswa merupakan pengunjung tetap yang banyak singgah

ke situ. Alhasil, setiap malamnya Arsad berhasil menjual 100 piring nasi dan lontong

kan kursi rotan sebagai fasilitas tempat duduknya ini menawarkan rasa blackpa-per yang mengugah selera.

Steak tersebut, imbuh Edi, disajikan bersama brown sauce dan blackpaper sauce untuk membuat rasanya lebih nikmat dan mengena. Kemudian tempat makan berkapasitas 80 sampai 100 orang ini juga menyediakan nasi goreng bebek, kampung, ayam, seafood dan mie tiaw goreng bebek, cap cai seafood, tumis kangkung seafood, serta cah brokoli seafood.

Tersedia Jus Berbagai Kombinasi Rasa

Tidak hanya masakan yang diung-gulkan di situ. Bermacam jenis jus dengan rasa dan warna menarik juga mereka hadirkan.

Menurut Edi, jus yang mereka tawar-kan diolah dengan penyajian ala bartend-er yang unik. Alhasil dari konsep tersebut, mereka menyajikan kreasi minuman yang nikmat seperti jus buah kombinasi, straw-beri, nenas, wortel, jeruk, leci, dan melon dengan rasa lebih segar.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Tekno

iPhone 5 Akhirnya Dirilis

Tak lama setelah mengeluarkan MacBook dengan kemampuan retina eye, kali ini Apple menge-luarkan berbagai varian terbaru

dari gadget mereka, salah satunya iPhone. Apple sendiri menyebutnya the biggest thing to happen to iPhone since iPhone.

Dibalut dengan desain tubuh baru berbahan aluminium dan kaca, iPhone 5 memberikan kesan mewah dan solid. Po-tongan seperti berlian menambah indah hasil karya Apple kali ini plus ketipisan yang makin wah dibanding pendahulu-nya. Kini iPhone5 dirilis dengan ukuran 7,6 mm dan 112 gram yang berarti 18 persen lebih tipis, 20 persen lebih ringan, dan 12 persen lebih kecil.

Sebagai otak di balik semua itu, Apple menanamkan iOS 6 dan prosesor terbarunya—A6 yang digadang mampu bertahan lebih lama dalam segi energi dengan performa maksimum, dua kali dibanding prosesor A5. Layar retina em-pat inci siap memberikan warna 40 persen lebih hidup dengan resolusi 1136x640, 18 persen lebih lebar dibanding pendahulu-nya. Hasilnya menonton video ataupun bermain game semakin asyik.

Apple juga meningkatkan performa wireless iPhone dengan menyempurna-kan chip LTE menjadi satu keping namun tetap hemat energi dan cepat. Koneksi HSPA, HSPA+, DC-HSPA pun ditanamkan beserta

Tips Bikin Lega Memori BlackBerry

Keseksian Warna iPod Siap Dinikmati

Alasan Kenapa Anda Harus Main Twitter

Design terbaru iPod touch menjadikan pemutar yang satu ini makin berwarna makin tipis dan ringan. Dilengkapi lagi dengan the loop, Apple kini menambah-kan sebuah gelang pita untuk mencegah iPod Touch jatuh saat digenggam. EarPods, earphone hasil penelitian Apple menambah esensi mendengarkan lagu dengan suara yang jernih dan hidup. Kamera iSight 5MP

dengan kemampuan panorama, sistem operasi iOS6, dan layarnya yang kini mengadaptasi layar retina 4 inci—tiga hal sama yang ditanamkan ke iPhone5. Jeroan iPhone4, yaitu Chip dual-core A5 kini men-jadi otak pintar iPod Touch generasi lima ini. Hasilnya waktu memutar music meningkat hingga 40 jam.

Perubahan juga terjadi dengan

iPod Nano yang tahun ini disebut sebagai completely renanoed. Apple menjadikan layarnya semakin lebar—yakni 2,5 inchi—dibanding pendahulunya demi kepuasan menikmati video dan foto. Apple juga menanamkan fitur pedometer, FM radio, Bluetooth. Hasilnya pilihan untuk membeli produk Apple pun semakin membingung-kan dan menguras kantong. (jhw)

BlackBerry masih menjadi primadona di pasar ponsel Indonesia. Sayang, sering kali ponsel besutan Research In Motion (RIM) ini dikeluhkan beroperasi terlalu lambat.

Ada yang bilang memori di BlackBerry Anda sudah penuh, sehingga harus sering-sering dibersihkan agar lapang.

Nah, pertanyaannya adalah, pernahkah Anda mengecek penggunaan memori Black-Berry Anda? Pasti banyak yang menjawab tidak.

Biasanya untuk BlackBerry keluaran lama seperti Bold 9000 yang masih menggunakan memori aplikasi internal sebesar 128 Mb, akan sering terjadi yang namanya memory drained. Apalagi bila Anda menginstall aplikasi yang cukup banyak dan banyak email lama yang tidak dihapus.

Di sini kami ingin berbagi tips bagaimana cara merawat memori BlackBerry Anda agar tidak mudah kehabisan tempat alias memory drained. Berikut tipsnya:

-. Biasakan agar selalu menghapus email-email yang sudah tidak dibaca. Set email untuk tetap tersimpan di BlackBerry selama 15 hari, setelah itu akan terhapus sendirinya.

-. Browser cache sebaiknya dibersihkan seperti contect cache, pushed content dan cookie cache. Caranya, masuk browser lalu masuk ke Option, cari Clear Browsing Data.

-. Untuk aplikasi yang lumayan berat, seperti Facebook atau twitter client seperti UberSocial rajin-rajinlah cache memori. (masuk ke option).

-. Lakukan Memory Cleaning yang pilihan-nya juga terdapat di Option.

-. Lakukan juga clear log (alt + L + G + L + G) meskipun tidak berpengaruh banyak, tetapi lumayan membantu.

-. Selalu end conversation (kecuali kalau penting) apabila sudah selesai chat di BBM.

-. Lakukan soft reset dengan menekan ‘alt + aA + del’.

-. Selalu Simpan foto, MP3 dan data-data penting lainnya di media card.

-. Bagi yang menggunakan BBM v5.0.0.xx agar tidak mengaktifkan ‘recent updates’ karena akan memakan memori cache sehingga sangat cepat memori drained.

-. Yang paling penting, rajin-rajinlah reboot BlackBerry atau cabut baterai paling kurang 1 hari sekali. (kompas.com)

dual-band 802.11n wi-fi.Kamera iSight juga mengalami pen-

ingkatan dengan penambahan fitur pan-orama yang mampu menghasilkan

foto olahan beresolusi 28 MP, 40 persen lebih cepat dalam menangkap momen, dan performa dalam kondisi gelap.

Tidak sampai disitu, Apple juga mend-

esain ulang earplug (baca: earphone) dan menamainya EarPods. Tujuan-nya menghasilkan suara yang lebih hidup namun den-gan kenyamanan yang memuaskan. Wah, kali ini Apple memang gila-gilaan dalam menyiapkan iPhone!(jhw)

10 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Menurut pengamat media sosial Jeff Bullas, penggunaan Twitter bukan cuma sekadar sebagai media untuk bebas berkicau. Namun bisa pula dimanfaatkan untuk kepentingan mengangkat pamor personal ataupun perusahaan.

Berikut Beberapa alasan kenapa Anda harus main Twitter:Komunitas

Di Twitter, Anda dapat menemukan banyak komunitas yang bisa sharing informasi secara real time. Mulai dari yang membicarakan teknologi, olahraga, kesehatan, cinta, dan masih banyak lagi. Mengarahkan Trafik ke Blog/Situs

Twitter juga bisa dioptimalkan sebagai alat pemancing. Maksudnya, jika Anda memiliki blog atau situs pribadi/perusahaan, maka dapat me-manfaatkan Twitter sebagai medium untuk menarik pengunjung. Informasi Real Time

Informasi menyebar dengan sangat cepat di Twitter. Kicauan yang lalu-lalang begitu cepat dipantulkan balik oleh para tweeps. Fenomena inilah yang membuat Twitter dapat menjadi media untuk memberikan informasi terupdate secara real time.Membuka Jaringan

Pengguna Twitter berasal dari latar belakang berbeda. Dan bukan tidak mungkin mereka yang penting bagi karir atau terkait aktivitas perusahaan, bisa Anda temui dengan mudah di Twitter. Selanjutnya bisa ditebak, jaringan bisa mulai dirajut di sini.Membangun Personal Brand

Twitter menyediakan tempat bagi Anda untuk sharing foto, link ke website atau blog, serta ruangan untuk menelurkan ide-ide. Fasilitas ini setidaknya bisa menjadi awal mula bagi untuk menciptakan personal brand sendiri di dunia digital.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Beasiswa Sobat Bumi Dibuka Oktober

Pertamina Foundation membuka pendaftaran bagi 205 penerima beasiswa Sobat Bumi mulai 1 Ok-tober 2012. Beasiswa ini ditujukan

bagi mahasiswa berprestasi sekaligus berwawasan dan berbudaya lingkungan di 17 perguruan tinggi negeri.

Seleksi penerimaan dilakukan melalui tahapan seleksi administrasi, di antaranya transkip nilai dengan IPK minimal 3 pada skala 4 di semester keempat. Kemudian, menyertakan biodata serta keterangan berbadan sehat. Calon peserta juga akan menjalani proses wawancara dari panelis yang terdiri dari unsur perguruan tinggi, Pertamina (Persero), dan Pertamina Foun-dation.

Direktur Pendidikan Pertamina Foun-dation Ahmad Rizali menjelaskan, pen-erima Beasiswa Sobat Bumi akan menda-patkan biaya pendidikan, yang meliputi biaya operasional pendidikan (SPP), biaya hidup, serta pembinaan kepemimpinan. “Jumlah total beasiswa yang didapat rerata masing-masing mahasiswa sekitar Rp 12,3 juta setahun,” kata Ahmad, Selasa

(25/9/2012).Hal yang membedakan Beasiswa So-

bat Bumi dengan beasiswa lain, menurut Ahmad, adalah mahasiswa mendapatkan dukungan dana untuk proyek kelompok yang diajukan oleh organisasi penerima beasiswa dengan nominal ratusan juta per tahun. Mahasiswa juga akan mendapat-kan dukungan tugas akhir yang terseleksi.

Selain itu, para penerima beasiswa juga diberi kesempatan untuk menjadi relawan di Pertamina Foundation.

Untuk menjalin keakraban dan sinergi dengan para penerima beasiswa lain, Pertamina Foundation juga memfasilitasi pertemuan tahunan bagi para penerima beasiswa Pertamina Foundation di seluruh Indonesia. “Yang terpenting, mereka juga

akan mendapatkan pelatihan kepemimpi-nan,” tegas Ahmad.

Adapun 17 perguruan tinggi neg-eri yang menjadi sasaran Beasiswa Sobat Bumi adalah Universitas Syiah Kuala (Aceh), Universitas Sumatera Utara (Sumatera Utara), Universitas Sriwijaya (Sumatera Selatan), Universitas Indonesia (Jakarta), Institut Teknologi Bandung (Jawa Barat), Universitas Padjajaran (Jawa Barat), Institut Pertanian Bogor (Jawa Barat), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Diponegoro (Jawa Tengah), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Jawa Timur), Universitas Brawijaya (Jawa Timur), Universitas Airlangga (Jawa Timur), Universitas Udayana (Bali), Universitas Mulawarman (Kalimantan Timur), Univer-sitas Hasanuddin (Sulawesi Selatan), Uni-versitas Mataram (Nusa Tenggara Barat), dan Universitas Cendrawasih (Papua).

Pengumuman beasiswa yang khusus menjaring mahasiswa berprestasi sekali-gus berwawasan dan berbudaya lingkun-gan ini dapat dilihat di portal Beasiswa Sobat Bumi. (kompas.com)

11Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 11

Xpresi Info

Teka-teki Terbesar dalam Matematika Terpecahkan

Ditemukan, “Spesies” Awan Baru

Teka-teki terbesar dalam matematika, dinamakan Konjektur ABC, terpecahkan. Shinichi Mochizuki, matematikawan dari Kyoto University, memasukkan 4 makalah ilmiah yang menjelaskan konjektur itu secara online.

Pembuktian konjektur ABC diuraikan Mochizuki dalam 500 halaman. Data format PDF bisa dilihat di situs web milik Mochizuki dengan nama Teichmuller Theory. The Guard-ian, Rabu (19/9/2012), menyatakan, Mochizuki butuh waktu sekitar 4 tahun untuk memecah-kan teori tersebut.

Kalangan matematikawan kini tengah men-ganalisis uraian Mochizuki untuk bisa dikonfir-masi kebenarannya. Jika terbukti benar, maka pekerjaan Mochizuki akan menjadi pencapaian terbesar dalam matematika di abad ini. Benar tidaknya uraian Mochizuki takkan bisa diketa-hui dalam waktu cepat.

Konjektur ABC pertama kali diajukan oleh matematikawan asal Inggris, David Masser ber-sama matematikawan Perancis Josep Oesterle pada tahun 1935. Teori tersebut belum berhasil dibuktikan kebenarannya dalam perhitungan matematika.

Konjektur ABC berkaitan dengan persa-maan a+b=c. Konjektur berkaitan dengan bilangan buat a, b dan c yang tidak memiliki pembagi yang sama selain 1. Konjektur juga terkait dengan bilangan prima, bilangan

prima lebih dari 1 yang tak memiliki pembagi selain 1 dan bilangan itu sendiri.

Sederhananya, jika ada bilangan prima yang dibagi dengan a atau b beberapa kali maka jumlahnya harus sama dengan jumlah bilangan prima yang dibagi dengan c hanya beberapa kali. Contohnya adalah operasi penjumlahan 81 = 64 =

145.Bilangan 3 membagi 81 sebanyak empat

kali. Sementara 2 membagi 64 sebanyak 6 kali. Namun, 145 sama dengan 5 x 29. Jadi akan didapatkan bahwa bilangan prima terbesar, 5 dan 29, membagi 145 hanya sebanyak 1 kali untuk mendapatkan bilangan yang tak dapat dibagi lagi dengan bilangan itu sendiri

New York Times pada Selasa (17/9/2012) memberitakan bahwa hal yang menarik pada uraian Mochizuki bukan hanya uraian cemer-lang itu sendiri, tetapi juga “bahasa” matema-tika yang digunakan. bahasa yang dipakai benar-benar baru.

“Dia memakai bahasa yang benar-benar baru, Anda bisa mengatakannya, semesta baru dalam objek matematika, untuk mndeskripsi-kan sesuatu yang tak biasa yang semesta,” kata Minhyong Kim, matematikawan dari University of Oxford.

Mochizuki tidak mendeskripsikan dirinya sebagai matematikawan, tetapi inter-universal geometer. Apakah itu? banyak matematikawan pun belum memahaminya dengan baik. Namun demikian, Michizuki dipercaya sebagai orang yang mumpuni dalam matematika.

Tertarik memahami bagaimana Mochizuki menguraikan misteri terbesar dalam matema-tika itu? Kunjungi situs web berikut.

Sumber :Guardian, New York Times

Kalangan amatir pengamat langit menemukan “spesies” awan baru. Awan itu kali pertama terlihat di Cedar Rapids, Iowa, Amerika Serikat, pada 2006. Selanjutnya, awan juga terlihat di Perancis, Norwegia, dan beberapa wilayah lain.

Organisasi Cloud Appreciation Society (CAS) yang berbasis di Inggris menamai awan tersebut Undulatus asperatus. CAS tengah mengajukan agar awan itu diakui kebaruannya oleh World Meteorological Organisa-tion di Geneva dan dimasukkan dalam International Cloud Atlas.

Dalam upaya untuk mendapatkan pengakuan resmi, CAS telah men-gumpulkan banyak gambar awan tersebut serta melakukan penelitian yang kebanyakan dilakukan di Reading University.

Graeme Anderson, meteorolog dari Reading University, mengung-kapkan bahwa Undulatus asperatus mirip dengan awan Mammatus. Perbedaannya adalah, Undulatus asperatus lebih bergelombang.

Gavin Pretor-Pinney, pendiri CAS, mengungkapkan bahwa Undulatus asperatus memang jenis awan baru. Ia menyatakan beberapa hasil pene-litiannya di Royal Meteorological Society.

Pretor-Pinney seperti dikutip Daily Mail, Minggu (23/9/2012), men-gatakan, “Awan ini lebih hangat, lembab, dan lebih dingin di bagian atas, udara yang lebih kering di bagian bawah dengan batasan yang jelas di antara keduanya.”

Saat ini, pendukung CAS tengah berharap-harap cemas, menunggu apakah Undulatus asperatus memang bisa diklasifikasikan sebagai awan baru. Studi pada awan tersebut terus dilakukan.

Jika awan itu dinyatakan sebagai jenis baru, maka CAS membuat prestasi penting. Undulatus asperatus akan menjadi jenis awan baru per-tama yang ditemukan sejak Cirrus intortus pada tahun 1951. “Mengamati awan adalah hal penting untuk mendokumentasikan efek pemanasan global di langit. Awan dapat memberikan jawaban tentang suhu dan perubahan iklim di tahun-tahun mendatang,” kata Pretor-Pinney.

Saat ini, semakin banyak orang tertarik mengamati awan. Sebagai gambaran, anggota CAS sudah berjumlah 30.903 orang. Tahun depan, CAS akan meluncurkan aplikasi pengamatan awan yang memungkinkan pengguna berbagi potret dan lokasi terjadinya awan. Unggahan peng-guna dapat digunakan untuk kegiatan penelitian. Sumber :Daily Mail

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 12

Xpresi Seremoni

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Big Cheers to the Winners of North Sumatera Elementary Open Mathematics Competition from PrimeOne School

Cheers for Elementary students who won the North Sumatera Elementary Open Mathemat-ics Competition (Kompetisi

Matematika Terbuka) on Sunday, Septem-ber 9th, 2012 at Uniland Building, Medan. This competition was held by Sakamoto Japanese Mathematics Centre and had invited participants from Medan, Kaban-jahe, Binjai and Lubuk Pakam.

Junior Boji, Elementary 5, said, “We received training from our Mathematics teachers. I am excited for this competi-tion as I want to prove my capability in Mathematics.”

Ms. Meliana, the Principal of Elemen-tary and Ms. Fonicen, the Coordinator of Matematika, stated their satisfaction in the results and hope the students to be able to maintain and even attain higher achievement.

Congratulations to the winners:Elementary 2Magnus Yunus : 9th winner

Elementary 3Benny Christiano : 3rd winner Ericca Muljono : 1st runner up

Elementary 4Jonathan Kevin : 1st winnerClifford Wijaya : 3rd winnerReynaldi P. Santoso: 1st runner up

Elementary 5 Junior A. Boji : 1st winnerShane Yannel : 1st runner up Jesslyn Wijaya : 2nd runner up

Elementary 6Wilbert : 3rd winner Zico : 2nd runner up

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 13Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 14 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 14

Pagi ini adalah hal teraneh yang dialami teman – teman sekelas Sea Flow. Mereka semua dihantui seribu pertanyaan dengan

question mark dikepalanya. Hal ini juga menggugah hati dan pikiran Sammy, penggemar nomor satu Sea, meski dia sendiri pun di incar sama cewek – cewek disekolah. Sea datang ke sekolah seperti biasanya mengikuti pelajaran. Tapi kini ia terlihat murung dari tadi dan selalu ber-diam diri tanfa ngomong sepatah kata pun, duduk ditaman sekolah sendirian tanfa melakukan kegiatan apapun kecuali melamun melamun menatapi pohon ker-ing didepannya.

Tiba –tiba Sammy datang mengham-piri dan menawarkan sebotol minuman pada Sea.Sea menatap Sammy tajam dan memutar balik kepala dan pergi, “Sea, kamu kenapa Sih,”

“ Aku nggak masalah kamu meno-lak aku , bahkan kamu membenciku sekalipun, aku tak apa, tapi kamu bilang kamu kenapa, kata Sammy memegang erat tangan Sea. Namun Sea menarik tangannya dan mendorog tubuh Sammy sampai terjatuh.

Teman – teman Sea juga telah men-coba mencari tahu alasan kenapa Sea

kau kenapa?Sammy hanya berdiam diri saja.

Perasaannya seakan – akan diliputi rasa yang kacau dan amat terluka. Hatinya tak tahan menahan perih gelombang air laut yang datang menggores hatinya secara tiba – tiba, merangsang mata mengeluarkan air laut yang asin keluar dari hatinya. Sea kembali memperhatikan Sammy dan bertanya kepada Sammy lagi, “kau kenapa Sam?

“Aku tak apa kok,” jawab Sammy.“Oh ya , udah sore ni, kita pulang

ya,”sambung Sammy sambil melihat hari yang mulai berubah warna.

Ya, jawab Sea pelan.Mereka berdua pulang bersama den-

gan sepeda Sammy yang mungil. Sea tak bisa menolak lagi. Karena suasana dan cuaca sama sekali tidak mendukung , Sea terpaksa menerima tawaran Sammy untuk pulang bareng. Sammy menyu-ruh Sea untuk duduk di depan lereng sepeda. “ Udah Sea naik? Kata Sammy mundur kebelakang sambil membenar-kan posisi duduknya.

“Angh, kau yakin, Sammy”, Tanya Sea kepada Sammy.

“Yakinlah lah Sea,” Udah naik, kata Sammy meyakinkan Sea.

bersikap aneh. Tapi kinerja mereka hanya sia – sia saja.

Sepulang sekolah Sea tidak pulang bersama pak Agus,sopir kesayangan-nya, tapi ia berrjalan kaki terlihat tanpa punya arah tujuan. Sammy yang cemas melihat keadaan itu, cepat- cepat mend-ayung sepeda kesayangannya mengikuti langkah Sea. Sea ternyata menuju laut. Sammy yang terlihat sangat mence-maskan pujaan hatinya itu, meletakkan sepeda kesayangannya di atas pasir, dan membiarkannya tergeletak. Sammy memperhatikan dengan hati apa yg terjadi,

Takut kalau Sea melakukan hal yang konyol. Melihat Sea yang terus mendeka-ti ombak yang hampir menyambar tu-buhnya yang mungil, Sammy pun berlari dengan kecepatan tinggi mendekap tubuh mungil Sea. “ Apa kau sudah gila, tanya Sammy kepada Sea.

“ Kau yang gila , apa yang kau lakukan, tanya Sea kembali.

“ Apakah kau mau mati,? Tanya sammy lagi.

“Apa ? tanpa bunuh diri pun aku akan mati Sam, jawab Sea kembali murung.

Apa maksudmu? Tanya Sammy tak panjang lebar bermaksud mencari

alasan penyebab Sea murung. ‘ Kau tahu Sam, lautan ini ada-

lah tempat aku berteduh, berharap agar Winda akan kembali lagi kepada kami, yaitu aku, kakek dan nenekku, kata Sea menjelaskan.

Lalu, apa yang kau harapkan di Laut ini, tak ada yang dapat dilihat kecuali gelombang dan matahari terbenam, tanya Sammy lagi.

Winda adalah ibuku. Ia meninggal di laut ketika akan kembali kepada kami,; sambung Sea sejenak, lalu menyam-bung ceritanya. Hal yang menarik dilaut ini bukan hanya karena untuk matahari terbenam saja. Laut terasa sangat sunyi dan damai ketika kita dapat merasakan-nya. Dan satu hal yang harus kau tahu Sam, mungkin aku takkan pernah tahu kapan terakhir kali aku akan melihat matahari terbenam.

Maksudnya, aku sama sekali tak mengerti apa yang kau ucapkan, tanya Sammy menyelidiki.

Aku di diagnosa leukimia stadium akhir, “ dan kau tahu, katanya stadium akhir tak ada harapan lagi, kan? Dan saat itu juga aku telah kehilangan harapan hidupku, tiba – tiba Sea terhenti. Ma-tanya menoleh ke arah Sammy, “ Sam,

Xpresi Cerpen

Desy KacaribuXII IPA 2 SMA N. 1 Selesai

This is My Story

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Cerpen

15Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Ya udah deh, kata Sea menurut saja.Sammy mulai mendayung seped-

anya. Baginya hari ini adalah hari yang sangat bahagia. Satu sepeda dengan Sea adalah mimpi yang baginya tak kan pernah akan terwujud,akhirnya terwujud. Tanfa terasa setelah menikmati perjalan-an bersama Sea, mereka berdua akhirnya sampai di depan rumah Sea. Ternyata kakek dan nenek Sea telah menunggu. Tanfa basa – basi lahi karena hari telah sore, Sammy akhirnya pamit.

Malam pun berlarut dalam mimpi – mimpi yang indah Sammy dan Sea. Tanfa esok paginya dating. kali ini Sea tidak diantar oleh sopir kesayangannya. Hari ini Sea tidak menuju ke sekolah. Dia menuju kearah laut. Sammy yang melihat hal itu, mengikuti Sea perlahan – lahan.

Sesampai di laut, Sammy memang-gil Sea. Sea melihat ke arah Sammy, dan kembali memalingkan wajah melihat ke arah matahari yang naik secara perlahan.

Sea duduk di atas pasir dekat air laut

yang sedikit demi sedikit menyongsong tubuhnya. Sammy duduk di samping Sea. Mereka berdua saling bertatapan satu sama lain dan berbincang banyak tentang kehidupan. Sampai sore hari, mereka menghabiskan waktu bersama di pantai.

Tiba –tiba darah menetes titik demi titik dari hidung Sea sampai akhirnya menetes lebih banyak lagi. Melihat Sea seperti itu Sammy ingin bergerak mengambil tindakan. Tapi Sea malah menghentikan Sammy. Sea meletakkan wajahnya ke tubuh Sammydan berkata,

” Sam, kau tahu mungkin saat ini ke-hidupan tidak berpihak padaku. Tapi aku masih ingin melihat matahari terbenam, kata Sea perlahan.

“Aku mau kamu menjaga nenek dan kakekku Sam, sambung Sea. Aku merasa nafasku hampir terhenti,”aku tak mung-kin dapat menjaga mereka lagi. Kau melakukannya buat aku, Sam?

Sea ,……, kata Sammy tapi terpotong.

Jika aku tak ada lagi, aku tak tahu apa – apa lagi, kau masih dapat men-genang aku pada matahari terbenam itu, kau mau, kan ?

Sammy hanya dapat mengangguk. Air matanya tak kuasa menahannya. “ aku janji,” hanya itu kata yang dapat Sammy ucapkan.

“Terima kasih Sam atas semuanya,” terima kasih atas baju yang telah men-jadi tempat darahku mengalir, katanya teresah – esah dan mencoba bangkit berdiri. Tapi kaki Sea tak kuasa lagi untuk menahan lagi dan tiba - tiba terjatuh dan tertangkap oleh Sammy.

“ Maafin aku ya Sam, aku nggak bisa jadi yang terbaik lagi., kata yang terakhir diucapkan oleh Sammy.

Sea pingsan.Sammy membawanya kerumah sakit dengan sepeda kesayan-gannya dan dengan baju yang penuh dengan darah, akhirnya membawa Sea. Setelah mengurusi segala persyaratan, kemudian Sammy pergi.menuju laut lagi.

Puisi

Di laut seperti yang di katakan Sea kepadanya , ia melampiaskan seluruh kesedihannya dilaut.

Ketika dia ingin menuju kerumah sakit, ternyata ada seseorang yang telah menunggu. Orang itu adalah papa-nya Sea. Ia memberi kabar bahwa Sea telah tiada. Papanya juga menunjukkan kuburan Winda yang berada diseberang lautan sana. Melihat Sammy yang tak bicara apa- apa, papa Sea pergi. Sammy hanya dapat merenungi kesedihannya. Kini Ia hanya tinggal mimpi dan untuk melihat matahari terbenam hanya ada dalam kenangan saja. Kini Sea telah tiada. Gadis yang pertama kali memikat hatinya itu sejak SMP. Bajunya adalah satu kenganan yang tak kan pernah ia lupakan selamanya. Dan untuk menepati janji, Sammy menggantikan Sea seba-gai cucu kakek dan Nenek Sea. Dan perlahan , ia telah mengerti semuanya tujuan Sea menyuruhnya untuk menjaga mereka.

Rindu KetenanganMuhammad Rifky Panjaitan XII IPA 6, SMA N 1 Tanjung Balai

Terbesit hati ini di kala ribut selalu terdengarDi balik rindu dan tenang Abadi nan nyaman, abadi tak karuanSuara menderu bukan tanda seru

Angin juga melaju, mobil juga berangin Kereta seperti tong setan , becak seperti berunjekJalan tak sunyi, debu tak sedikit, Angin bergoncangDaun berayun, jendela berderu, pena berderik,Buku berdesis, hewan bersuara, tiba tiba Bruukkk btrakkk ................Pasar diliputi kecelakaanOhh, suara di mana mana Tanpa ada protes ,,,Untuk hilangkan suaraSemua tak pernah bisu ,Hati ini mulai meindukan sebuah ketenangakapan Kapan itu semua berhenti ,berakhir ,lalu sunyi .Tak ada suara tak ada kata ,kecuali ....Tenang ,,, tenang ,,,, tenang Sesuatu

MeilisaSMA Methodist 2 Tanjungbalai

Cinta adalah sesuatu yang rumitCinta adalah sesuatu yang sulit di mengertiCinta datang dan pergi begitu sajaTanpa di undang dan tanpa di usir

Oh cinta....Mengapa engkau sulit di mengerti?suatu kata yang biasa saja, tetapi mampu membuat manusia merasa sulit...Mampu membuat manusia kehilangan akal sehatnya...Mencoba aku untuk mengerti arti cinta yang sesungguhnyaNamun sangat sulit rasanya...Cinta membuatku gila...Cinta membuatku tak berdaya...Tetapi tetap saya berusaha mengerti arti cinta yang sesungguhnya...Karena tanpa adanya cinta, manusia tidaklah sempurna...Dengan adanya cinta membuat hidupku merasakan sesuatu...Dan bagiku cinta adalah SESUATU...

Masa TerindahPutri MayaXI IPS, Methodist Dua Bukit Sion Tanjung Balai

kau yang duLu mendekatikuhkau yang dulu mengejar dirikuhberbagai carakau lakukan untuk mendapatkan

cintakuhkau seLaLu berusaha tuk membuat kuh percaya pada-muhkau terus mendekatikuhkau tak pernah menyerahdan kau terus berusahahingga kuh yakin dan percaya padamuhnamun,disaat kuh mulai membuka hatikuhkau tak lagi bersamakuhdisaatkuh mulai yakin akan perasaankuh padamuhkau telah pergi meninggalkankuhingin kuh kembali k’masa indah tersebutmengulang kembali semua tentang kitanamun semua itu tak mungkin terjadikarena dirimuh telah ada yang punya

Ingin Melupakanmu Rina SeptiyaS-1 Sistem Informasi STMIK IBBI

Angin telah berbisik lembut di telin-gakuTak pernah ku sadariBahwa angin itu selalu membisikan namamu

Dalam disetiap hembusannya

Aku tak menyangkaKenapa ia tau tentag dirimuPadahal..Aku ingin melupakanmuMembawa pergi semua tentang dirimuYang selalu membekas d hatikuTapi..Kenapa ia mengingatkanku tentag dirimuMengapa kau selalu ada dalam pikirankuDan mengapa kau selalu ada dalam hatikuAngin..Tolog kau bawa pergiSemua tentag dirinyaKarna ku ingin melupakannya

Mangara SilalahiXI-IPA, SMA Triratna, Sibolga

Jadikan ini perpisahan yg termanis.Yg tak terlupakan dlm hidupku,spanjangwaktu.Biar kan cinta ini ku pendam.Biarkan cinta ini ku kubur dalam-

dalam.Kuberjanji tak akan ingat-ingat kamu lagi.Kita berdua berhak bahagia.Meski kita takbrsama.Ku akanrelakan dirimu kasih.Maafkanjikaakupernah menyakitimu.Biarkan cinta kita dihembus angin terbang ntah kemana.Terima kasih sudah pernah menjadi yg terindah dlm hidupku.Kini aku pun pergi dari hidup mu!

Perpisahan Termanis

Natalia Purnama Sari ChenXII IPA SMA Swasta TritunggalTanjung Balai

Tandus kini tak berkalbuBeroleh bercak-bercak nodaHitam... Gelap...

Kosong....Tersadar dalam lamunanTersentak akan ilusiKian tertimpa pahitnya kehidupanHingga menjalar ke pori-pori kulitMenjadikan penggapaian dan pengharapanBerhalusinasi akan cahaya yang menggarapMenembus dinding lembah yang kelamTerasuk kedalam jiwa yang terbentangMengikis luka berbalut senyumBerharap akan ada perubahanDi suatu hari nanti

Tandus Kini Tak Berkalbu

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Puisi

16

Kenangan Aku dan Dirimu

BobyXII-IPS SMA Methodist 2 Rantauprapat

Saat malam berganti siang....Saat menit berganti detik..Saat desember kelabu berganti janu-ari...

Saat tahun berganti pada porosnya...Saat itu aku merasa kesepian...

Kehampaan...Keheningan dalam setiap hentakan langkah kaki....Tertegun ku pandangi bayang-bayang semu...Dimana telah tertutup kabut...Kulihat dia yang duduk disana....Dia yang sangat ku sayangi....Banyak cerita antara dia dan aku...Yang sulit untuk aku lupakan..

Senyumannya,....Rayu, tawa juga tangisnya....Buatku harus relakan kisah ini.....Kebersamaan yang tak mungkin lagi ku dapatkan....Bersama dia yang kusayang....Ku tak bisa lupakannya....Ku tak bisa menatapnya...Ku tak bisa menangisinya....Dia yang ku sayang,.....Kini walau harus pergi

Fatmawati Lubis 3 ADM 1, SMK Negeri 1 Padang Sidimpuan

Tuhan,Dikeheningan malam ku bersujud pada-MuKu bersimpuh berharap ampunan Mu

Ampunilah hamba Mu yang berlumuran dosa ini

Tuhan,Ketika aku melihat rembulan dan beribu bintang di atas sanaAku melihat sinar rembulan yang sangat terangdan Aku melihat satu bintang yang sangat terang indahTersirat di benakku tentang satu halAku ingin seterang cahaya bulan itudan aku ingin seindah bintang ituTapi bagaimana?Bagaimana caranya aku bisa seterang dan seindah ituKarna aku ingin menerangi dan menghiasisetiap hati yang tertutup kabut kesedihanAku ingin membuat hati yang menangis menjadi tersenyumAgar tak ada lagi air mata kesedihan yang mengalir

Tuhan,Terkadang aku bertanya tanya didalam hatiBagaimana orang akan mengenangku setelah aku tiada nantiApakah aku akan dikenang atau dilupakan?Apakah aku hanya akan seperti goresan seorang guru di atas papan tulis,Yang akan terhapus jika materi tlah selesai di ajarkanApakah aku akan bernasib sama dengan debu kapur itu?Ntah Lah..Aku hanya bisa berusaha menjadi yang terbaikberharap suatu hari akan di kenang

Tuhan Kita adalah Pemenang Yessy Natalia SiboroSMA METHODIST 1 MEDAN

tugasku telah selesai, waktu demi waktu telah kujalani hukumanku tanpa melakukan kejahatan apapun.dan kesalahan buruk telah beberapa kali kulakukan meskipun dihadapanku

terdapat banyak permasalahan.namun aku telah melaluinya karna aku ingin maju,maju dan maju. kita adalah seorang pemenang dan harus harus berjuang hingga akhir.

tak ada waktu bagi para pecundang karna kita adalah pemenang dunia. aku telah mengambil tempatku dan yakin bahwa akan membawa sebuah keberuntungan.di setiap hal yang terjadi ku berterima kasih pada semua orang.

namun hal ini bukanlah hamparan bunga mawar ataupun perjalanan yang menyenangkan. aku hanya menganggapnya tantangan sebelumnya dan aku yakin semua orang takkan kalah jika ia ingin maju.

Nova RizkyXI-IPA 1, SMA NEGERI 3 SIBOLGA

Sejak kau pergi, tak ada lagi cinta di hati...Ku selalu berharap kau ada di sini...Tapi, kau tak mengerti akan diriku...Kau tak pernah peduli padaku.

Tiba tiba, ia datang membawa cinta dihatiMenghancurkan sepi di malam penantiankuCinta yang baru telah tiba..Biarlah ku tutup lembar kisah kita di hati iniSaat ku sudah mendapatkan lembaran baru itu....Kau muncul bagai bulan disiang hari, tak ada artinya lagiJujur, aku masih menyayangi muNamun, aku lebih menyayangi dia.Sang pahlawan sepiku...

Sejak kau pergi

Viadora Sun XII-IPS Sma Swasta Methodist 2 Tanjung Balai

JHidup..adalah sebuah perjalananhidup..adalah sebuah rentang

waktu, yang ada batas akhirnyadan batas akhir hidupadalah kematian.

Maka itu…selama rentang waktu itumasih ad, kita harusmemanfaatkan dengan sebaik baiknyaistilah rentang waktu itudengan daya dan upaya nyata..

Raih dan gapilah cita cita dan impian , selama kitamasih merasa mampujangan mudah puas denganapa yang ada dan jangan mudah menyerah apalagiputus asa dalam usaha.Karena berhasil tidaknya kehidupan kita, ditentukanoleh kita sendiri.Jadi..Jangan coba mengiba atau meratap,karena semua tak ada gunanya..

Sebuah Pesan

Santa Tania Christiani BangunXII IPS 5, SMA Laksamana Martadinata Medan

Terlalu bodoh untuk memikirkan muTerlalu bodoh Untuk mengarapkan muJuga terlalu bodoh untuk memgingat semua kenangan itu..

Karea itu hanya sia sia sajaSemua nya takkan mungkin bisa kembaliMungkin aku pernah bermimpi untuk bisa bersama muNamun mimpi itu hilAng setelah kau menghancurkan ku

Terlalu bodoh memangkalau aku Sungguh sungguh mencintai muDan kini aku sudah melupakan mu jauh jauh dari kuDan kenangan it sudah ku bakar di dalam hati kebencian ku padamukarna bagi ku,, Hal itu Terlalu bodoh untuk di kenang..

Terlalu Bodoh Untuk di Kenang

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Saorfranciskus NainggolanXI IPA, SMA Swasta TritunggalTanjung Balai

Lukanya hatikuTerbakar oleh penghianatKau membuat hatiku menderitaKau membuat aku tak bernafas

Karna penghianatmuKu kira kau perempuan pelita bagi hidupkuTernyata tidak ,kau lebih memilih dia dibandingkan aku ...Apa dosa apakah aku pernah membuat kesalah kepa-damuSampai kau menghianati akuKurang apanya aku di bandingkan diaPadahal aku sangat mencintaimu dan selalu setia untuk muSemua pengorbanan ku untuk muTelah kau sia- siakanDemi kekasih hatimu itu....

Penghianat

HidupKu dalam CintaMelkisedek Analisa Crisantus AXI IPA, SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai

Hari-hariku begitu gelap tak berca-hayaAku gak tau apakah ada warna yang bisa mewarnai hari-hariku

Cinta....Cinta itu bagaikan bintang buat’qKilauan cahayanya gk bs ku capaiWalaupun aku ingin sekali memetiknyaDan menyimpan nya di dalam hatikuTapi apalah dayakuKarena itu semua hanyalah mimpi2 yg gk mungkin aku dapatkanJalani hidup....Dengan GembiraTapi yang ku perlukan CintaCinta sejati dari lubuk hatinyaKu bersyukur bisa mengenal cintaKarena cinta yang membuat aku semangatSemangat dalam belajar, bekerja dan berkaryaTerima kasih cinta

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Puisi

17

Redaksi menerima kiriman cerpen, puisi. Naskah cerpen 5000-6000 kara-kter, original dan belum pernah dipub-likasikan di media manapaun. Tulisan dikirim ke email [email protected] atau via pesan Facebook Tabloid Xpresi, tulisan disertai biodata lengkap penulis, foto, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Renungan Dalam Kesendirian

ArdiantoXI RPL2 Smk N 4 Tanjung Balai

Tiada Kata Yang Dapat KuucapTiada Senyuman Yang Dapat KuuraiHanyalah Air Mata Yang Kini Jadi SahabatDidalam Kehidupan Tanpa Kasih

SayangDikamar Sepi Kini Ku TermenungMembayangkan Perihnya Kisah HidupDikeramaian Ku Rasa SepiBagaikan Pipit Tanpa SuaraKelamnya KehidupanMeranakan Diri Dalam KesendirianKini Ku TahuKebahagiaan Harus DicariWalau Keujung Dunia sekalipun

Yeni waty XI-IPA, SMA Swasta TritunggalTanjung Balai

Kini ada sesuatu yang kurang dalam hidupkuSesuatu yang takkan pernah terjadi lagi

Kini terasa berbedaSesuatu yang t’lah tiada

Rasa rindu melandakuHanya ada kenangan yang tersisaMeninggalkan duka yang begitu dalamHingga aku tak mampu ‘tuk bernafas

Sesuatu yang begitu berharga hilang dari hidupkuKu tak mampu menjaganya dengan baikKini rasa bersalah selalu menghantuikuAku benci semua yang hilang dari hidupkuAku bahkan membenci diriku sendiriKu merasa hidupku hancur

Ku sendiri disiniMerenungi setiap langkah yang ku laluiMemperbaiki semua jalan hidupkuMencoba ‘tuk bangkit dari kegelapan

Ku tahu......Sesuatu yang kita milikki takkan selamanya menjadi milik kitaKu mengikhlaskannya pergi

Hilang

Astri Ayuningsih PanjaitanXII-IPA1 SMA N 3 Binjai

Aku....Aku memang bukan yang terbaik bagimuTapi biarkan aku mencintaimuDengan segenap jiwa ragaku.

Biarkan aku menjadi sebahagian kecilDisudut hatimu....Biarkan...Karna aku hanya ingin bersamamu.Saat senja mulai temaram...Saat hati berhenti diam...Bicara tentang penyesalan...Hanya sebuah untaian kata...yang mampu Terucap dari bibirku...Aku butuh kamu seumur hidupku..

Aku

Salahkah Aku MemilihSyafri syahputraX IPS-1, MAS YMPI Tanjungbalai

Sekejap ku bangkit dari tanduku rasa dunia seindah surgaku sadar ku lepas singgasanaKu hadapi jalan ke neraka

Musnahkah iman dan taqwaSetelah badai tak sempat berpelangiRasa tak sabar membelengguTak sepantasnya aku seperti ini

Ku hanya bisa mengandalkanResidu yang tersisa dalam pikiranJauh telah rasa kesombonganSebab aku diantara orang tak seperti ku

kini seribu kisah mencoba melemahkansetelah seratus kisah aku melemahdan sepuluh orang menjatuhkansetelah satu orang membuat aku jatuh

salahkah aku memilihjika ku tahu ini bukan pilihansaat ku mengerti tak ada pilihankarena ku tak tahu akhir pilihan

LauraXI-Ipa SMA Triratna Sibolga

Kau yang slalu bersmakuhKau yang slalu ad untukkuhKau yang slalu disisikuhKau yang slalu menemanikuhD’saatkuh sedih

Kau slalu menghiburkuhSlalu berbagi cnda dan tawaMelakukan berbgai hal bersama-samaSaling melengkapiSaling berbagii rasaSaling berbgi certaTiada kejenuhan yang datang melintasKaulah sahabatkuKau selalu mendengar ceritakuKau selalu memberikuh keteduhanKasih sayangmu mampu menghangatkan kembli hatikuYou’re my best friend forever

Sahabat

Lisa XI IPA, SMAN1 Berastagi

Titik titik air mataku mengalir dras taj terbendung,..Ketika jari sentuhkan pensil, utk sebuah kertas putih... Tercoret tulisam puitis

“taukah kau isi hatiku?””pernahkah kau pikirkanku?”Mgkn ini hanya sekejap, kita bercanda dan trtawa ber-sama.Kau menyapaku lewat goresan tinta...kau ukir kenangan indah ttg kitaAntara aliran darah dan dtak jantung,ku harus lepas smua, membawa tangisku tk isi kali terakhirku.

Lepas

Yulia Dewi Harianto X-1 , SMA Negeri 2 Model Binjai

Keras sekeras batuMerah semarak api Ya engkau PANGERAN KELABU !Kau memiliki pisau yang amat runcing Yang mampu melukai siapapun yang

berani menyentuhnyaTapi taukah kau, aku tak pernah melangkah mendekati pisau muDengan mata berapiKau genggam kuat pisau runcingmuDan kau tancapkan ke benang merah ituKau iris – iris hingga satu sama lain berpisahMenjadi benang kusut yang tak bisa dikembalikanKau termenung, menepi, melamunMelantunkan kata – kata penyesalanTapi seberapa kuat pun kau berikhtiarBenang Merah itu takkan kembali sempurnaKau tak bisa kembali menjadi bagian benang itu kembali.

Musnah !!!

FinnaXII IPS2, SMA Diponegoro Kisaran

Aku hanya ingin menjalani hidupku, Waktuku yang berharga,Semua yang kusukai tanpa penye-salan.

Tanpa banyak pikiran lagi di otak..Hanya melakukannya..Lebih banyak tersenyum..Tak lagi tertunduk lesu..Bila kubertannya bisakah aku?Bagian lain diriku menjawab:“ITU SEMUA TERSERAH KAMU”Lalu otakku kembali memproses,“jawaban seperti ini sulit..”aku harus mengalahkan diriku sendiri?

Mimpi yang Terkurung

Narawastu SejatiNurmala Sari Putri NstXI IPA 1, SMA Negeri 2 PBKL Binjai

NARAWASTU.... Apakah benar-benar nyata, pahlawan untaian Zambrud khatulistiwa, dengan bumbu-bumbu cintaMenengakkan Indonesia Raya, Abdi yang tak pernah luntur

Setelah berdiri, ragam warna terjadi pada bumi pertiwiHei.. kalian pembuat ulah! berhenti !Berhentilah membuat kami meradangApakah kalian tak membaca tanda-tanda ?Melihat rakyat yang gelisah, bingung, tiada senyum merekah.

Indonesiaku,, Aku tak mau berdiri di pundakmu,Aku tak sudi berada disisimuDan aku tak rela bumi pertiwi terkikis

Indonesiaku... akan datang sosok-sosok generasi pelita negeriYang berdiri gagah, di kaki-kaki yang gelisah.Dialah Narawastu-narawastu sejati.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 18 Juni 2012 I Edisi 75 I Tahun VII

Xpresi Resensi

18 September 2012 I Edisi 78 I Tahun VII

Judul : IbukPenulis : Iwan SetyawanHarga : Rp. 58.000,-

“Seperti sepa-tumu ini, Nduk. Kadang kita mesti berpijak dengan se-suatu yang tak sem-purna. Tapi kamu mesti kuat. Buatlah

pijakanmu kuat.”-Ibuk- Masih belia usia Tinah saat itu. Suatu

pagi di pasar Batu telah mengubah hidup-nya. Sim, seorang kenek angkot, seorang playboy pasar yang berambut selalu klimis dan bersandal jepit, hadir dalam hidup Tinah lewat sebuah tatapan mata. Keduanya menikah, mereka pun menjadi Ibuk dan Bapak.

Ibuk

Lima anak terlahir sebagai buah cinta. Hidup yang semakin meriah juga semakin penuh perjuangan. Angkot yang sering rusak, rumah mungil yang bocor di kala hujan, biaya pendidikan anak-anak yang besar, dan pernak-pernik permasalahan kehidupan dihadapi Ibuk dengan tabah. Air matanya membuat garis-garis hidup semakin indah.

ibuk, novel karya penulis national best seller Iwan Setyawan, berkisah tentang sebuah pesta kehidupan yang dipimpin oleh seorang perempuan sederhana yang perkasa. Tentang sosok perempuan bening dan hijau seperti pepohonan yang menutupi kegersangan, yang memberi nafas bagi kehidupan.

Cara Mudah dan Cepat Mengingat Semua Informasi

Judul : Memorize EverythingPenulis : Irwan WidiatmokoHarga : Rp. 50.000,-

Daya ingat Anda sesungguhnya amat sangat luar biasa! Apa-bila seluruh informasi di dunia ini dimasukkan

ke dalam otak Anda, otak Anda tidak akan penuh. Bahkan Dr. Bill Lucas mengatakan, “Jika 10 informasi kita masukkan ke dalam otak kita per detik, otak kita belum terisi separuhnya sampai umur kita seratus tahun.” Namun kenyataannya banyak orang yang merasa daya ingatnya kurang atau lemah. Ini disebabkan mereka belum menemukan

teknik atau cara yang tepat untuk meng-ingat informasi-informasi yang dibutuh-kannya.

Dalam buku ini, Mr. SGM (Irwan Widiatmoko, ST, CHt, NLP Pract) yang memegang Rekor MURI Daya Ingat Pertama menawarkan cara-cara efektif dalam mengingat semua bentuk infor-masi, antara lain melalui jurus cerita, jurus lokasi, jurus angka, dan masih banyak lagi, untuk membantu Anda meningkatkan daya ingat dalam waktu singkat.

Temukan semua rahasianya dalam buku ini!

Judul : Kreasi Maksimal dengan Kamera Digital MinimalPenulis : Zaslina, Asdani, Smitdev Community Harga : Rp 39.800

Kreasi Maksimal dengan Kamera Digital Minimal

Kamera digital semakin terjangkau harganya. Kehadiran-nya begitu menarik perhatian semua orang. Penggunaannya

pun semakin meningkat seiring dengan banyaknya media penyimpan dan pub-likasi foto gratis yang tersedia di internet, sehingga para pemotret pun semakin bersemangat untuk senantiasa berkarya dan memublikasikan fotonya. Banyaknya

fasilitas yang ada di kamera digital dan beragamnya teknik fotografi, menuntut Anda untuk menguasainya.

Buku ini akan memandu Anda untuk belajar berkreasi dengan kamera digital secara cepat. Berbagai tip dan trik kamera digital disajikan di sini agar Anda mampu memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan kamera digital, sehingga dapat Anda gu-nakan secara maksimal dalam membuat karya foto yang cantik, meskipun hanya menggunakan kamera digital minimal.

The Big Wedding adalah remake dari film Prancis berjudul Mon frère se marie dan disajikan dalam bentuk komedi romantis. Film ini bert-abur bintang seperti, Robert de Niro, Katherina Heighl, Diane Keaton, Amanda Seyfried, Topher Grace, Ben Barness, Susan Sarandon, dan

Robin Williams.Film komedi ini mengisahkan pasangan Don (Robert de Niro) dan Ellie

Griffin (Daniel Keaton) yang telah lama bercerai terpaksa berpura-pura menjadi pasangan yang bahagia demi kepentingan pernikahan anak angkat mereka, Alejandro Griffin (Ben Barnes). Apalagi setelah ibu biologis Alejandro yang ultra konservatif tiba-tiba memutuskan untuk terbang ke tempatnya demi meng-hadiri pernikahan anaknya. Ibu kandung Alejandro adalah seorang pemeluk agama yang taat dan sangat membenci perceraian.

Don dan Ellie pun harus berkonfrontasi dengan masa lalu, sekarang, dan masa depan di tengah sorotan tamu-tamu yang hadir. Tipuan tersebut pun berkembang menjadi kisah yang pedih dan lucu tentang hubungan yang mengikat mereka ketika itu semua terungkap. Kerumitan pun terjadi karena Don, sudah memiliki kekasih yang juga adalaha sahabat Ellie, mantan istrinya. Rencananya film ini akan dirilis 18 Oktober 2012 di Australia dan 26 April 2013 di Amerika.(jhw)

The Big

Wedding

Semua buku yang dipublikasikan adalah hasil kerjasama antara STIE - STMIK IBBI (Tabloid Xpresi) dan Gramedia of Book Publishing (GoBP)

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

19Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Profil

Mahasiswa semester 8 STMIK IBBI jurusan Teknik Informati-ka ini merupakan putra ketiga dari pasangan Kawito dan

Supinah. Prestasinya menjadi nomina-tor dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Award) 2012 yang diadakan oleh Depkominfo sungguh tak terbayangkan olehnya. Karyanya terpilih untuk me-wakili STMIK IBBI dalam ajang bergengsi tersebut.

Melalui INAICTA, pemerintah mem-buka jalan agar para creator TI Indonesia dapat terus menyalurkan dan mengem-bangkan karyanya ke arah yang lebih maju. Persaingan yang luar biasa, bukan hanya kepintaran, peserta juga dituntut untuk kreatif dan berpikir ke depan.

Sebelum menjadi nominator, Riadi juga pernah berprestasi menjadi juara 1 pada Lomba Presentasi Bisnis tahun 2012. Pria berbadan kurus dan berkumis tipis ini mengaku ingin membahagiakan kedua orang tuanya telah menjadi cita-citanya

RiadiKreatifitas Mendorongnya

Terus Berkarya

Pangkalan Lunang, 2 Juni 1986 ini akan menyempatkan diri untuk memancing, salah satu aktifitas kegemarannya.

Ia mengaku dengan mengikuti INAIC-TA 2012, pengalaman dan wawasan yang didapat merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan karyanya kelak ke arah yang lebih baik. Dengan mepre-sentasikan karyanya di hadapan tim juri di Jakarta, 13 September silam, ia merasa salut pada juri yang dapat menilai dari berbagai aspek. Selain itu, investor lokal maupun luar siap memberikan modal jika karya yang dibuat bernilai ekonomis yang tinggi dan dapat bersaing dengan produk luar. Hal ini bisa menjadi motivasi buat kita semua untuk terus berkarya untuk menjadi wirausahawan yang berhasil, paparnya.

Ke depannya ia berharap bisa terus berkarya dalam bidang IT dan menjadi wirausahaan yang mampu menyerap tenaga kerja bagi orang lain. Maju dan terus berkarya ya Riadi! (jhw)

Believing Miracle: Sepak Terjang Si Calon Akuntan Bisa dibilang ia multitalented. Selain

memiliki otak yang encer, ia juga jago sulap, tarik suara, serta olahraga. Hotman Anthonius Pasaribu telah memenangi ber-bagi kompetisi seperti medali perak yang ia raih dalam Kompetisi Paduan Suara ITB 2010 dan finalis The 1st International Magic Competition 2011. September silam (6-8), ia berhasil meraih medali pe-

runggu dalam Kejuaraan Cabang Pencak Silat Tingkat Dewasa Kelas D (80-65 kg) IPSI Kota Medan.

Sejak kecil, Hotman menantang dirin-ya untuk menjadi akuntan yang jujur dan handal. Di samping itu, ia juga bertekad untuk mengembangkan segala bakat yang ia miliki mulai dari musik, olah-raga, bahkan sebagai seorang magician.

Bungsu dari empat bersaudara pasangan M. Pasaribu dan R. Tampubolon kelahiran Medan, 9 Mei 1992 ini merupakan ma-hasiswa semester 4 jurusan S1 Akuntansi STIE IBBI. Ia juga menjabat Gubernur BEM STIE IBBI.

Abang menjadi jawaban saat ditanya siapa yang paling memotivasi dirinya untuk terus berprestasi. Dia (abang Hot-man) selalu bertanya mengenai apa yang dilakukan seputar hobi yang akan ditekuni dan mendukung setiap kali ingin mencari prestasi. Tidak jarang juga dia memberi nasihat kepada Hotman.

Baru satu bergabung dengan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), sebuah organisasi yang mewadahi kegiatan pen-cak silat secara resmi di Indonesia, kurang dari setahun. Namun dalam kejuaraan pertamanya yang diikuti oleh 16 pergu-ruan silat dengan total 106 peserta, baik atlit KONI maupun Dispora, ia mengaku bangga dengan Juara III yang diraihnya.

Salah satu pengalaman yang sangat berkesan adalah ketika ia berhadapan langsung dengan atlit KONI sekaligus pelatih Perguruan Silat Tapak Suci saat memasuki semi final.

Ia berharap di masa depan, ia bisa menoreh lebih banyak prestasi bukan hanya di bidang olahraga, tetapi bidang lain yang ia tekuni. Terakhir ia ingin berpesan kepada sobat Xpresi: There is a miracle inside us. All we have to do is believe. (jhw)

sejak kecil, bukan hanya secara materi, namun juga secara batin.

Jika ditanya siapa yang paling men-dorongnya untuk selalu berkarya, Riadi menyebutkan bahwa semua anggota keluarnya selalu mendorong ia untuk terus berkarya, berpikir positif, pantang

menyerah. Selain itu keiinginan menghar-umkan nama keluarganya turut memoti-vasinya.

Selain berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir STMIK IBBI, Riadi juga menjadi tenaga outsourcing teknisi di Bank Indo-nesia Medan. Jika senggang, pria kelahiran

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Surat Nyasar

20 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Hello sbat exprsi.:) ne aqu disa pndtng baru aqu pnya sbuah kata yg mdah”an bsa mnjdi inspirasi buat klian smua “Cnta bgaikn sbuah pyung yg mlindngi smua orgn tbuh dri snar mthari dn air hjn yg membshi bmi.. cinta bgaikn lilin yg mnrangi hri”mu d’tngh glp’n mlm yg d’slubungi awn htam tnp ad rmblan dn bntng d’atsnya..Ksmpurnaa cinta tdk dpt d’bndngkan dri k’smprnaan apa pun krna tnpa cnta sbua bibit tak akn lhir dn hdp d’dnia..Ksmpurnaan hti tdk dpt d’bndngkan dgn k’smprnaan apa pun krn tnp ad’n hati,ksih syg,srta cnta tdk hdir dn mnyapa k’hdpan sesorg dgn indah..:) +6285763596307

haY SuraT nyaSar ..qU pEndatang baru neH ,:)mo kiRim” saLam ja buat aluMni MAN 3 MEDAN eakaNgen neh,ma kaKag” sekalian..tHank ea,By.wulandari (MEDAN) +6285763455039

Meqom tbloid expresi...Saya pendatang bru dari tembungAku mw titip slm bwt mantan aku,aku bgto merindukan nya....Sgt2 merindukan nya... +6287869181053

Nama saya santi : saya mau titip salam sama mamak , abag , kakak , adek , dan jg keponaan ku yg paling aku saya , sm teman2 saya semu nya yg ada d petumbukan kecamatan galang +6281376331818

Halo surat nyasar: baek - baek klen skolah ya..!Jgn maen mercon klen bulan puasa ni, ntar klen masuk neraka baru tau.Tks yo..By: penjaga surga (mr ridwan), aku menantikan kehad-iran kalian di surga.Amin! +6287867300886

hy..tabloid X_presiaQ nia aq mw titip salam buat cwo aq mga mkin dewasa n tdk suka prmainkn perasaan aqu ymksh...tabloid xpresi +6285261138196

HAIIISAHABAT EXPRESIITITIP SALAM BUAT ANAK SMK N 8 YAHH...LOVE UUUNYONYA SYIFA +6287869945029

Ass .Hallo semua .Nama ku dinda aq mw krim salam ne buad tman” ak yg d alumni SMK 1 Sindoro Medan aq kangen ma suasana kita dlu skul :( dan buad mantan aq KARMA MENUNG-GU MU . Jgan prnah prcya ap kta” laki” it semua busyet sakit rasa’a d gniin manis sepa d buang ne coban buat aq brrti allah sayang ma aq mka’a bnyak cobaan buad aq mksih y allah :D :*Trima kasih ya tabloid expres . :D +6287766222290

hai sobat expresi . aku febry siswa SMK ARRAHMAN .aku mau salam nii buat temen*ku diarrahman terutama buat klas XI-AKUTANSI 2semoga kita berubahyaa wee biar gadak guru yang benci . ok +6281973018535

PENYESALAN adalah buah dari ketidaksabaran.... jd jgan pRnh mNjdi org yg tdak sbr...krn tU akan mem-buahi pnyEsAlAn,.setUjU???#:)aq tAK INgin dicintai biLa tak sepNuh HATI:) +6285766260982

Hay sahabt xpresi...Aku sukeysi,umur ku 19 tahun..Aku pengen titip salam nie buat anak2 aeksiansimun yang ada di tarutung...Salam kenal shbat xpresi mudah2n sukses slalu... +6285765505901

Name : Natalia..Klz 2Jvrus’n: SekertarizSMK TD.PARDEDE FONDATION.

Syalom...Shbt expresi...Sya mw bgi” crita nue??Hr ne, q galau bnget...Q gk nyangka, lw shbt q sndri, hianati q dr Blkang...C’lma ne, q prcy mha dy, tp d sa’t q dha ngsh k’prcy’n mha dy, dy mlah hianati q?Hti q skt bnget...Trnyt cari shbt, yg bsa ngrti’n kta thu, trnyt Sush y?? +6285760206171Andai dia tau,batapa berartinya dia d dlm setiap langkah ku,dn hem-busan nafasku,,nmun dia tak pernah tau semua itu,andai dia tau,kini ku begitu rapuh tanpa kehadirannya,hanya sepi lah teman ku,,,dan kini ku harus merelaknnya untuk seorang yang ku benci,,,!Karna tlah merebutmu dari sisiku,sunggu ku tak bisa merelakannya,,,,,,, +628566129026

Hai sobat xpres aku toni arwani toba twp,biasa di pang-gil toni ,aku tinggal di gedung johor ,dan hoby silat ,,di bulan puasa aku tetap olah raga terutama silat ,,jd buat sobat xpres yg lg puasa jadikan motifasi diri utk hidup lebih sehat,,kita semua sahabat,,bagai karya penghuni penghuni surga,,085761129041

“Kamu Tidak Hidup Jika Kamu Tidak Mempunyai Masalah”Salam_salam Ya Buat Nak X11 Ipa2 Trutama Buat Trio Damanik Unyu_ Unyu, Ade+Lely Kmbar Tp Bda,,Nina Tp Gk Pke Bobok,,Olive Tp Gk Pnya Popaye,And Smua Ya Dah.Yg Gk TrsbuTin Nma Ya Satu Satu.. Ok :)aku Mau Kita SelamanyaEka Febrianti DamanikX11 Ipa 2 SMANSASI UYE:) +6283196408520

Hy..Shabt EXPRESII .. :)Ane pndatang bru nue..Nma awag INDAH,dri MA mifftahussalm ,mau titip salam buat tmen” putih biru awag dlu..moga shat sllalu ea guys..Thank you :D (087793950470)

Hai tabloid Xpresi ;)Nama q Yuda pngen kirim salam aja sama cwek2 yg msh single :[email protected] tu email ku :)Thanks ya Tabloid Xpresi :D (082162435350)

Klo “matahari” ada tuk slama’aapa “cinta” jg bsa ada tuk slama’a ??Klo “angka” mmg bsa dibagiapa “cinta” jg bsa dibagi??Klo “cinta” mmg mmbhagiakan,,,knp ada org yg trsakiti krn cinta??Klo mmg “cinta” mnyakiti,,,knp org mmbutuhkn “cinta”....?!Apkah kamu bisa m’jwab nya??#Fr0m : lely t0 : all of sahabat Xpresi (^_~) (087892199599)

assalamualaikum. . .nma ak soechie indah sharie.“ingtLh bhwa k’gagaLn bknlh k’hncurn”tipsam.a buad mantan uchie A.P.S am buad shbt surat nyasar aj dech :) mksih :* (085760965467)

Hay surat nyasar tabloid xpresi :)Salam buat smua anak2 skubie . Aku kangeeen kali sama kaliant :’)

Buat anak Rezpector Tanah Rencong maaf ya ak gak pernah sempat ikut gathering :(Buat anak exvi menggilak terus :Buat faisal yang sabar ya cinta :pBuat ade putroe nanggroe semangat ya ngangkat ga-lonnya :pAntar ke Rumah kami satu :DThanks before :) (081973993399)

Assalamu’alikumhai sobat expresi . . .Sya pndtang bru , nma sya DESI PARAMITHA, mau cri tmen2 bru . . .Nd krm slam buat tmn” sma akape negri 1 galang. Mga kliand smua gk lupa ma awaq, nd mkin smangt bljar’a. Buat pcr aq, aq cman mau blng aq synk bngt ma kmu nma’a sngkt ja y, s.d.a.Thankz y, mjalah expresi :) (085373099852)

Hay Xpresi.... Q pndtng baru nue, nma Q yuli.slm knl z ea muah a, mw slm” buat pcr Q z yg dkmpng, jgn slngkh dsna ea. (087744952385)

Hai sahabat xpresi. Aku cindy yoshita putri kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 medan, aku pingin kirim saalam buat pacar mayaku, iqbal. Buat iqbal, plis jangan phpin aku, aku berharap sama kamu. Tiada kata yg dapat melukis-kan perasaan ini, satu lembar koran xpresi pun tak akan cukup kutuliskan rasa ini. Semoga kamu bahagia disana ya bal. Jangan lupain cindy pliss. Demi kamu aku rela menyusul (082162452421)

Hay sahabat xpresi.My nme: resna primsa dri sma DARMA BAKTI kota me-danSurat XpresiGua mau blank doain ea supaya gk d’oprasi bulan ne resna m¤h¤n doain cepat smbuh end buat ricky anak smalingkar 1 klx xa gua jgn kasar ma cwe” eaThnk ea (085762122786)

AssHai surat nyasarAku pndatng bru neAku rehanSalm na bwt anak* smk spp ptra jaya setabtMksi shbt x-presiSmoga mkin suks n jaya trz (087713849303)

Di dalam hati ini hanya satu nama yg ada di tulus hati ku ingi ni,kesetian yg indah tak kan terdingi hanyalah dirimu satubenteng begitu tinggi sulit untuk gapai aku untuk kmu ,kmu untuk aku nmun semua apa mngkin iman kita yg berbedauntuk Raihan chirsthian anathan (082367492895)

*As wr wb* Hy shabt xpresiAq andre pendatang baru nih .sekolah sma wR.supratman 2 medanMw crhat neaQ pnya pacar qta dah lma pcaranSejak smpTpy se minggu yg lalu .Dy bru ja ningGalin aQ utk slama ya.tp ampe skrng aQ bloem bsa lu paen dyAl’a dy pacar kuYank pling baekDan yank pling cantik menurut kuKasih saran nya dong shabat xpresi (082366637557)

Hay Shbat Xpresi...!KnLin qHue Billy Dri BinJai , qHuE PndaTang Bru dii Tabloid Xpresi Nue. qHue Mw TisaM bUat c’Mua tMan qHuE yG di Binjai .. buAt yG bLouMz kNal sLam keNal ajHa yEaCh..Thank’z.. (087713915552)

bgi akuh cnta tak pndang tampang atau pun mteri ,, akuh hnya prlu kjjuran , kstian , prhtian n ksih syang

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

dri sse0rg yg bnr* syang ma akuh ,, :(krna akuh ga mw lgi mrsa khan skit hti yg prnah akuh alami dahulu !! :’(bye : ayue :) (083197493545)

SatU-satU Nya perbeDaAn antara orang sukses dan orang yang tdk sukses adalah keseDiaaN DAN kemauan untUk bekerja,sangat dan sangat keras..By:puTri melati sitorusSmansasi kLx xII-2.... (087749174128)

hy tabloid Xpresi nysar aku RisNa Mau kriM Slam buat tMn2 yg a’d d! Skul SMk N 1 Mbo jrusaN 2 Mk 2 SlaM ya buat kWaN2 Smp 1 kWaX buat Muliadi daN tMn2 la!N SlaM kgeN N!eeMau KnlaN SMa Sya N!e No hp Sy (087890993160)

Askummmhayyy surt nysar qu pndtang bru ne molia qu mau ttip slm bwat kwan2 SMK N 1 melboen aceh brat serta kwan se kmpus Uiin BnA yg knal ma qu ehh lpa kwan se koess yg gokil2 kex qu aj ya heeeeeee (081973896254)

Keep spirit..hi Sahabat Xpress..Ini Nasution d Binjai,Salam buat anak ment0ring Az Zahra, Faris2 Binjai und As Saja’ah ..Semangat muda kibarkan*“Allah l <3 U¤^-~ (087713976917)

hy shbaT exFrEsinE aQ pNdTag brU .buaT shbaT exfrEsi sLaM kNaL ja ,bUaT mNtaN aQ sLaM kgEn ja ,di mNa puN U brada .yaNie jadi yaNie ,facEbook . (087748724663)

Hey! Sobat xpresi.Qu pendatang baru nie..Sindyrella:)Buat (saman) qu tulang gendut “selamat2 menempuh hidup baru.. semoga bahagia”(; (085361422742)

Hy surat nyasar,gw ijal Sma di josua medan. Gw mw cri tmn cwek yg bsa di ajak curhat. (089613158494)

Hy nama ak desi ak pndatang baru ne dri SMA 1 Banda Aceh kelas XII IA-1Mau nitip salam buad smua temen2 di SMA 1 Banda Aceh .Buat teman2 kita harus semangat ya UN uda di depan mata :[email protected](087890425033)

kangen sama sahabat x pressi kririm salam buat semua nya aja god bless you all (081933203774)

Surat nyasar .Yg bener sms nyasar woooooo :DKali pertama sms nih .buat yg nyarik temen ae , bella (^^ (087749509106)

hy semua,..nma gw nadya theresagw skola di kalam kudus medanbtw, gw lgi galau nihad yg bisa hibur gw gk ? :(gw tunggu hiburan’a yabye,..(085763152568)

hay SahAbAt xPresiKhU pndatnK brU nEnMa khu ikHa cii cWeq CanCer’zmW ti2p slm nE bwt tmN2 khU yG dha dE SMK N 1 SIBOLGAKhu mW cri tMn nE yG bz dE jak cUrhAt N bz b’tmAn gtU laCh (087767120099)

Buat temen-temen yang mau kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucapan selamat

ke siapa saja tinggal kirimkan aja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi.

Caranya mudah, tinggal sms aja ke nomor ini

087869801990 di tunggu ya...

Surat Nyasar

21Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

aslkum shbt xpresi my Name is riani q pndtng br nie q sklh di R.A KARTINI o’a q mau tisam la buat cwok q yg jauh di sna,o’a buat ank R.A kartini seram rjin” bljr buat ank XI IPA cri la nilai yg bgus buat adx kls q kls X jgn kecntlan pa lg cwek” islamnya buat ka”k kls kmi rjin lah bljr spy bs lu”s nntiAMIIIIINby:riani mnis unyu” (085296928919)

hy we.....aqu pndtang bru nma aqu lies,aqu skolah di umsu, aqu mau kirim salam buat smua tman2 yg ada.aqu pngen cari pacar,mkasih ea (087818823471)

Meq0em . .aP Qbr tb|0id nYsar . . qHu diah ne pNdtagg bRuu . . PgeN tiSam Ne bUat sHbt “ SMP Qhu . . brayy aP kbr m0a a . . Qhu kgeNn ne mha msa2 sk0lh dlu . . Mmmg4lauUu0 . . ? (087891827165)

hyyy cMu4_a teMen2 sMs nY4s4r.... s4l4m qn4l ye4 bu4t cmu4_a.. aq0e tmn b4ruu nue....d4rii binj4i..... by : diy4na (087748957408)

Hay sahabat” xpresi...Nama saya putri wulan dari,schol di SMU N 3 langsa.Ingin beri saran ne:jgn prnah prnh ninggln org yg kmu syank demi org yg kmu cinta,krna suatu saat org yg kmu cnta akan ninggln kmu demi org yg dia cyank.Slam buat tmen” & s0bat sya SD,tiara and agustia yg baik & caem”.Buat mrid yg clas 3 smga thun ini lulus smua .amin. (082366337176)

Hy...Surat nyasar.Aq tRizna,sMasjos meDan.Aq pndtg bru nieE..Lw mw knal ma qu, sms kcne aja ya....‘n folLow me @mei.violita,slam knaL yaa..... (082369119746)

Hy...Aq gi GALAU ne.....Galau gara2 kpikiran mantan...Aq mw titip salam z deh buat mantan aq AGUNG PRASETIYO, skola di MAN1medan....Moga2 salam’a mpek ma dy iia...:) (085763651807)

Hy Sahabat Surat Nyasar d mn pn Anda berasa..Salam kenal buat Teman* semua.. Saya ; RAMISchool d ; SMK NUR AZIZIClas ; XII Ap3 Cuma mw ksh tw ; Jdi lh org yg bsa menempat kn posisi_a d mn pn Anda bradaAgar org lain tdk menge-tahui Kmu yg sbenar_a... :) (085760187357)

Bwt kalian smua sobat expresi bersukur la atas keba-hagiaan yg kmu miliki skrg bsa nemuin kehangatan ke-luarga. Krna broken home itu pahit. dita di MEDAN :) (085658062297)Tuhan ku, bantu aku menghapuskan prasaan ini untuk nya. Perasaan yg baru sdikit bertumbuh trhadap nya. Krn ku tak mw lagi mencintai org yg tdk mencintai ku. Rasa nya sakit sekali Tuhan (081990758789)

assalamualaikumhy surat nyasar nama saya INDAH KUMALA SARIaqu nak baru nich, aqu pngen memperbanyak tmen nich dari sini...,cmz jha ke no nich (087869158336)

Hey sahabat nyasar, nama aku Bela Friska dari SMK N 6 Medan ‘n aku pendatang baru. Aku mau titip salam buat ka Adhit yg udh sukses jd artis, good luck yah! ‘n mau ttp salam buat jodoh aku yg masih di pending tuhan.

mhihiwassalam (08992801832)

hy surat nyasar .q andyq mau ik0tan d0nk .“kau membuat ku mengerti hidup ne,kta lahir bagai selembar kertas putih ingin ku lukis dengan tinta pesan damai dan terwujudlah harmoni”bye salam gabunk.:) (08992707897)

Hay Tabloid Xpresi...Aku Ella di Galang...Mau titip salam buat adik aq yang berulang tahun & sa-habat-sahabat xpresi semuanya,semoga tabloid xpresi semakin sukses...amin. (087869913818)Akku sayank khamu aGung pRananda . .vElina a.p (085658584219)

hai tabloid xpresi..q pendatang bru nih..boleh donk q kirim slam sm seseorng yg bgtu q rindui..q rindu kali sm dia..tp dia acuh enggk acuh...tlng jelasin hubungan in donk.. (085763689060)HaLo sahabat expressi...Aku novy taulina dari SMA SWASTA Ir.H.Djuanda Tebing Tinggi...Cumak mauu bilang,KaLau pacaran tuh nomor 6,1-5 tuh pancasila..Hahahaha..Salam* buat guru* juanda sama temen* aku yangg adah di Tebing Tinggi :* (08566106695)

Asalamualaikum tabloid xpresi...Q Widya eny,.q pendatang bru ne,,,aku ank aek loba asahan..Mw kirim slm ma ank BAND MDN,smoga sukses ea...:)n kak ARIFIN,DARWIN,HENDRA SEMBIRING yg kul d USU,da Wisuda lum kk?..N bwt pcr q DEDI.Slm kngn...:’) (087749526244)

Hy aku saswika,q pndatang baru.Q skul di sma ir.h.djuanda t.tinggi.Aku ttp slm buat alan dimedan.Yg mau berteman jangan sms ya,krn udh Ga Zaman xmxan, bbbman ajah ni pin q : 22259614 tp harus co-cakep y,yg jelek ga trima:D. Add fb q saswika daroh sara-gih and follow twitter gueh @saswikarikaOkee,ditunggu ya sobat :* (087744773577)

hY sahabat XpresiAku ecY..dri SMA S Ir.H.Djuanda T.TinggiPngen tiSaM nih tUq tMen” q ank Ipa 1 Yg Lg giat”a bLjarMoga Kita LuLus sMwa Ya..Amiinnn....oK, sLam KnaL ajj Ya..Add ecY Ya di : [email protected] Ya.. (081533228684)

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Pria berkacamata nan rendah hati yang biasa disapa Idi Suwardi kelahiran Per-baungan ini merupakan jagoan di kelasnya. Mulai dari dunia blogging, desain, programming, hingga merambah ke komunitas-komunitas seperti MUGI telah mengasah keterampilannya. Beberapa kali ia berhasil menjawarai perlombaan

yang diadakan seperti Juara 1 Lomba Desain Poster (alias Linux Open Draw) yang dis-elenggarakan oleh komunitas Linux Indonesia di Malang.

Desain poster dan wallpaper ini ia buat dengan menggunakan perangkat lunak Inkscape. Inkscape adalah perangkat lunak Open Source untuk mengolah gambar vector layaknya CorelDraw atau Adobe Ilustrator. Desain sederhana namun menarik ini, mampu ia selesaikan dalam kurun waktu dua jam dengan bantuan tool-tool yang ada di Inkscape, tool yang paling banyak digunakan adalah trace bitmap, misalnya seperti gambar peta dan gambar logo-logo software open source. Hasil trace tersebut disusun sesederhana mungkin dan kemudian ditambahkan teks agar menarik dan lebih infor-matif, sehingga desain yang dihasilkan pun komunikatif.

Karena Inkscape tidak mendukung fitur eksport file ke format JPG, maka diguna-kan GIMP. GIMP adalah perangkat lunak open source pengolah gambar pixel layaknya

Photoshop. Dengan GIMP, file gambar yang dihasilkan oleh Inkscape di simpan dalam format JPG dan selesailah desain poster dan wallpaper sederhana ini.

Untuk mengenalnya lebih jauh, sobat Xpresi bisa menemukannya di dunia maya lewat blog idisuwardi.blogspot.com atau email langsung ke [email protected].(jhw)

Bebas Berkreasi Vektor dengan Dukungan Open Source

Oleh: Idi Suwadi

CAPRICORN (22 Desember-18 Januari)Peruntungan : Kesuksesan sudah diambang pintu karena segalanya berjalan sangat lancar dan hampir tidak ada trouble yang membikin kecewa hati. Keuangan : Banyak rencana yang akhirnya akan membe-bani keuangan Anda. Asmara : Hari ini memang membingungkan, tapi percayalah pasti ada jalan keluarnya.

AQUARIUS (18 Januari-18 Februari)Peruntungan: Di hari ini ada baiknya tidak sembrono ataupun mere-mehkan persoalan yang datang, kare na kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Keuangan: Sebuah hambatan berhasil dilewati sehingga keuan-gan akan stabil kembali. Asmara: Tetaplah mengalah agar masalah tidak semakin rumit, dan sadarlah bila si dia marah-marah, anggaplah bahwa Anda tempat curahan hatinya, jadi maklumlah.

PISCES (18 Februari-20 Maret)Peruntungan: Di hari ini tak perlu takut dengan rintangan yang ada dihadapan mata, karena itu tidak akan berpengaruh terlalu banyak. Keuangan: Pemasukan meningkat tetapi pengeluaran juga meningkat. Asmara: Enjoy saja dengan segala persoalan yang ada, buat apa dipikir secara mendalam, karena itu hanya akan mengganggu ketenangan.

ARIES (21 Maret-19 April)Peruntungan: Apa mau dikata kalau suasana masih terasa panas, walau begitu emosi harus tetap selalu terkontrol. Keuangan: Kurangi penge-luaran dan amati peningkatan rekening bank Anda. Asmara: Masalah dimasa lalu tidak ada gunanya Anda ungkit-ungkit lagi, itu hanya akan merusak s uasana yang sudah mulai membaik.

TAURUS (20 April-20 Mei)Peruntungan: Sekilas hari ini tampak tenang akan tetapi kewaspadaan harus tetap diperhatikan karena angin ribut setiap saat masih bisa mun-cul. Keuangan: Jangan beri pinjaman kepada siapa saja jika tidak ingin uang Anda tidak kembali. Asmara: Jangan mengungkit-ungkit masa lalu, semua itu tidak ada gunanya malah membuka luka lama saja.

GEMINI (21 Mei-21 Juni)Peruntungan: Biasakan dalam mengerjakan segala sesuatunya dengan sepenuh hati agar urusan tersebut tidak hilang begitu saja. Keuangan: Ada rongrongan dari pihak keluarga yang cukup menguras keuangan Anda. Asmara: Cari perhatian itu memang wajar, tapi kalau kelewatan bisa sebel yang melihatnya.

CANCER (22 Juni-22 Juli)Peruntungan: Dihari ini peruntungan Anda lumayan bagus sehingga Anda bisa lebih berani bermanuver agar pola bisnis ini tidak selalu monoton. Keuangan: Bisnis lancar dan pemasukan tentu saja juga lancar. Asmara: Segalanya terasa begitu menyenangkan walaupun bisa dibilang makan nggak makan asal ngumpul.

LEO (23 Juli-22 Agustus)Peruntungan: Bisa saja bersikap keras akan tetapi kewaspadaan harus tetap terjaga, jangan sembrono karena walaupun kelihatannya tidak ada masalah. Keuangan: Pengeluaran tampak sulit dikendalikan sehingga banyak kebutuhan penting yang terabaikan. Asmara: Harapan masa depan yang penuh dengan keindahan.

VIRGO (22 Agustus-22 September)Peruntungan: Apa yang menjadi target anda ternyata bisa meleset juga dan ini pertanda bahwa semua itu tak semudah yang Anda bayangkan sehingga perlu kewaspadaan dan ketelitian. Keuangan: Ada saja yang mengganggu keuangan anda. Asmara: Jangan murung setiap bertemu dengannya, cobalah bersikap lebih ceria dan menyenangkan hatinya.

LIBRA (23 September-23 Oktober)Peruntungan: Kondisi disekitar anda tampak kurang begitu bagus seh-ingga anda harus lebih berhati-hati, terutama dalam menyikapi setiap kabar yang beredar. Keuangan: Bisnis terus melaju tanpa gangguan, sehingga income terus mengalir bak tiada henti. Asmara: Cukup tenang dan cekcok mulut sudah tidak begitu sering terdengar.

SCORPIO (24 Oktober-21 November)Peruntungan: Tak ada salahnya jika Anda bersikap lebih kritis apalagi peluang tampak didepan mata sehingga sangatlah disayangkan jika tidak ada niat ataupun keberanian untuk menggapainya. Keuangan: Janganlah lupa diri dengan membelanjakan uang tanpa dipikir dengan matang. Asmara: Masih penuh dengan kegembiraan.

SAGITARIUS (22 November-21 Desember)Peruntungan: Berusahalah untuk tetap konsisten dengan keputusan yang telah anda ambil, jangan sekali-kali anda mengingkarinya. Keuan-gan: Jangan sampai lepas kontrol. Asmara: Tampak indah dan romantis, pertahankan suasana yang baik ini dengan berpikiran sesederhana mungkin.

Xpresi Zodiak

Xpresi Karya

22 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Pangeran BanJl. S. Parman MedanDisc from 15-35%

Xpresi Ragam

Handphone & AccessoriesGarecca Disc 20%

Ikan Goreng CianjurTengku Daud No.4Disc 10%

IbbI CArd dIsCounT PlACe:

Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item d’Waroeng

Cambridge MallDisc 20%

Pondok PalladiumPalladium MallDisc 15%

Matador CountryPlaza Medan FairDisc 50% (Dosen)Buy 1 get 1 (Mahasiswa)

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

Milano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 MedanDisc 10% + 5%

CV. Indako Trading Co.Makmur No. 144 A/30Jasa Service 10%Sparepart 5%

Sun Plaza Level 1Cirebon No. 16Medan Mall Lt. IIDisc 10%

SEIKO

Tabloid Xpresi dapat diperoleh: Kampus DiamondJl. Sei Deli No. 18Telp. (061) 4567111Fax. (061) 4527548Medan - 20114

Kampus EmeraldJl. Gatot Subroto No. 130Telp.(061) 4519400 - 4519070Fax. (061) 4522204Medan - 20114

Kampus TopazJl. Damar No. 9 GTelp. 4562873-4562876- 4562773Medan - 20118

PrimeOne ShoolJl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo-nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672Fax. (061) 7853631 - 7853671

Pangeran BanJl. S. Parman MedanCoffee BoxSun Plaza Lt. 4Warung UbudSun Plaza Lt. 3GarecaJl. Prof. H.M Yamin No. 99AMilano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 Medande’ WarungCambridge Mall X.O. SukiSun Plaza Lt. 3Kopi Kok TongSun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1DOMESun Plaza Lt. GThaiExpressSun Plaza Lt. 4Pondok PalladiumPalladium Mall lT. UGSEIKOSun Plaza Level 1, Cirebon No. 16Medan Mall Lt. 2Ikan Goreng CianjurTengku Daud No. 4CV. Indako Trading CoMakmur No. 144 A/30Mie Pansit AwaiP. Siantar, Jl. Surabaya 21 AMedan, Jl. Dr Wahidin 4 GG - Jl. S. Parman 20 - Jl. Boulevard 84 B1 Cemara Asri

SMA Kota Medan:SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Rak-sana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA

Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan

Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Method-ist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA TeladanBireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri IKabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri IIKuala: SMA Harapan Bangsa, SMA MethodistLangsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas BaruTanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Lang-kat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri ILubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia BudiRantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA TeladanSibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca KaryaTanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisinga-mangaraja, SMA Tri TunggalTanjung Morawa: SMA MethodistTarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA NusantaraPekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa MariaPadang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Frame Xpresi

23

Nampang di Frame XpresiKirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke

[email protected] atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII