tabloid xpresi edisi 76, juli 2012

24
Luaskan Cakrawala Pikiran Lewat Studi Ekskursi Edisi 76 - Tahun VII - Juli 2012 ISSN 2088-141X Give Blood Give Live Tips memilih Tas Ada Mochacinno Dalam Nikmatnya Durian

Upload: tabloid-xpresi

Post on 23-Mar-2016

348 views

Category:

Documents


30 download

DESCRIPTION

Tabloid Xpresi Edisi 76, Juli 2012

TRANSCRIPT

Luaskan Cakrawala Pikiran Lewat Studi Ekskursi

Edisi 76 - Tahun VII - Juli 2012ISSN 2088-141X

Give Blood Give Live

Tips memilih TasAda Mochacinno Dalam Nikmatnya Durian

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Desain Sampul Edisi 76 Tahun VII, Juli 2012Oleh: Indah Putri Anggraeni

Xpresi Kampus 6

Xpresi Gaya 9

Xpresi Tekno 14

Salam Redaksi 2Xpresi Utama 3Xpresi Info 10Xpresi Cerpen 15Xpresi Puisi 16Xpresi Resensi 18Xpresi Info 19Surat Nyasar 20Xpresi Karya 22Xpresi Zodiak 22Frame Xpresi 23Xpresi Kuliner 8

Daftar IsiSalam Redaksi

DIVISI uSaha I PemImPIn umum: JuSwan TJOE I PemImPIn PerusAhAAn: amrIn SuSIlO halIm I PenAnggung jAwAb: Ir. b. rIcSOn SImarmaTa, mSEE I dewAn AhlI: prOf. Dr. amrIn fauzI, SukIman ST, mT, luSIah SE, mm I mAnAjer ProduksI: anDrIaSan SuDarSO, Smn, mm I mAnAjer IklAn: lIlI SurYaTY, SE, mm I mAnAjer sIrkulAsI: halIm lOlY, SE, mm I sTAFF sIrkulAsI: harTOnO, S.kom, m.kom

DIVISI rEDakSI I edITor In ChIeF: huDa pErDana I rePorTer: JacquES hOraTIO wang, anI I FoTogrAFer: rIrI kOESnaDY I desAIn grAFIs: InDah puTrI anggraEnIAlAmAT redAksI: kampuS TOpaz, Jalan Damar nO. 9-g, TElp. (061) 4153375, emAIl: [email protected], FACebook: Tabloid Xpresi

redaksi menerima tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErJalanan, cErpEn, puISI, SuraT pEmbaca, SuraT nYaSar serta tulisan lain-nya. redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. untuk tulisan OpInI, fEaTurE, lapOran pErJalanan, cErpEn, panjangnya sekitar 5000-6000 karakter. Tabloid Xpresi

Cinta Pancasila

Seperti diketahui lima sendi utama penyusun Pancasila adalah ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang ter-cantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Namun, pada saat sekarang ini masih sadarkah kita tentang arti dan pentingnya Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini lah yang menjadi motivasi Tabloid Xpresi untuk mengangkat pendidikan Indonesia sebagai laporan utama kami pada edisi Juni 2012 ini.

Rubrik Xpresi kampus kali ini menghadirkan beberapa be-rita penting diantaranya, Kaderisasi BEM STIE IBBI Lewat Studi Tour Perkebunan PT. Wahana Makmur Sidikalang, Revitalisasi KMB IBBI Sarana Berdhamma dalam Dunia Kampus, Luaskan Cakrawala Pikiran Lewat Studi Ekskursi, Sehari Bersama Her-man Tristianto, Give Blood Give Live.

Ada Mochacinno Dalam Nikmatnya Durian, Tempura Durian di Gardenia Resto, Serba Seafood di Candi Seafood Resto, Berba-gai Menu Spesial di Warung Kaki Lima merupakan liputan Xpresi Kuliner pada edisi kali ini. Hal ini yang membuat redaksi tertarik untuk mengabarkannya kepada para pembaca. Tips Menghadapi Tahun Ajaran Baru juga kami kami hadirkan pada edisi kali ini.

Akhir kata redaksi tanpa henti-hentinya mengharapkan partisipasi dari para pembaca untuk berkontribusi mengirim-kan karya-karya terbaiknya.

Dan tak lupa pula kami terus mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus memberikan dan menyampaikan unek-uneknya, kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucap an selamat kepada siapa saja dengan cara yang begitu mudah, hanya perlu mengirimkan sms ke nomor 087869801990. Selamat membaca, semoga edisi kali ini ber-manfaat bagi kita semua.

2

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII 3

Xpresi Utama

CINTA INDONESIACINTA PANCASILA

Pancasila merupakan perwujudan ideologi dasar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) . Nama ini berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata yakni, panca berarti lima dan sila mengandung

pengertian prinsip atau asas. Butir-butir yang terkandung dalam Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa serta bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Seperti diketahui lima sendi utama penyusun Pancasila adalah ketu-hanan yang maha esa, kema-nusiaan yang adil dan beradab,

persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indo-nesia yang tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Meskipun pernah terjadi beberapa perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam be-berapa tahap selama masa perumusannya pada tahun 1945. Namun kenyatannya tanggal 1 Juni tetap diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Hari dimana Pancasila dinobatkan sebagai dasar negara dan alat pemer-satu bangsa Indonesia yang terdiri dari beribu pulau mulai dari Sabang sampai Merauke. Dengan terbentuknya dasar ini diharapkan mampu menjadi pengikat be-berapa pulau yang ada di Indonesia agar menjadi satu dalam wadah NKRI sehingga tidak ada lagi dinding pemisah antara wilayah barat, tengah dan timur.

Sedikit terlintas dalam memori kita tentang kenangan beberapa tahun silam disetiap isntitusi pendidikan mulai dari dasar hingga menengah yang selalu menyajikan materi Pedoman Penghaya-tan dan Pengamalan Pancasila (P4) untuk dijadikan mata pelajaran kurikulum di sekolah.

Sehingga setiap siswa dapat meng-hayati dan mengamalkan makna demi makna yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri. Materi yang terkandung dalam P4 ini adalah butir-butir dalam Pancasila mulai dari sila pertama sampai kelima. Berikut penjelasan dari sila-sila tersebut antara lain, sila pertama ketuhanan yang maha esa mengandung makna bahwa negara melindungi setiap pemeluk agama (yang tentu saja agama diakui di Indone-sia) untuk menjalankan ibadahnya sesuai dengan ajaran agamanya. Tanpa ada paksaan dari siapa pun untuk memeluk agama dan bukan mendirikan suatu agama.

Sila Kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung maksud bahwa setiap warga negara mendapatkan per-lakuan yang sama di mata hukum karena Negara Indonesia berlandaskan hukum. Kemudian Sila Ketiga , persatuan indo-nesia mengandung maksud seluruh pen-duduk yang mendiami beragam pulau di Indonesia ini merupakan saudara tanpa pernah membedakan suku, agama, ras,

bahkan adat istiadat atau kebudayaan. Selain itu, penjelasan yang lebih rinci adalah penduduk Indonesia tergabung dalam satu kesatuan yakni, wilayah NKRI sehingga kendati berbeda namun tetap disebut sebagai bangsa Indonesia.

Selanjutnya, Sila Keempat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan Perwakilan memiliki pengertian setiap pengambilan keputusan hendaknya dilakukan dengan jalan musyawarah untuk mufakat, bukan hanya mementingkan segelintir golongan saja yang akhirnya hanya menimbulkan anarkisme dan mengancam kedaulatan NKRI.

Terakhir untuk Sila Kelima, keadi-lan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia mempunyai makna bahwa setiap pen-duduk Indonesia berhak mendapatkan penghidupan yang layak sesuai dengan amanat UUD 1945 dalam setiap lini ke-hidupan. Penghidupan disini tidak hanya hak untuk hidup, akan tetapi juga kes-etaraan dalam hal mengenyam pendidi-kan. Apalagi pemerintah mencanangkan program belajar 9 tahun yang kemudian dilanjutkan dengan program belajar 12 tahun.

Butir demi butir yang ada di Pancasila dihafal luar kepala oleh peserta didik kar-ena setiap harinya materi yang ada di P4 disuguhkan kepada mereka bagaikan ma-kanan sehari-hari yang meskipun isinya sama tapi memiliki kepuasan berbeda bagi si penikmatnya. Selain itu pancasila sebagai dasar Negara hendaknya tidak

dihafalkan saja. Akan tetapi perlu adanya satu wujud nyata dari setiap warga Negara Indonesia untuk mengimplemen-tasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dimana nantinya setiap warga Negara Indonesia memiliki rasa saling memiliki antara yang satu dengan yang lain dalam satu kesatuan yakni NKRI.

Sehingga diharapkan tidak ada lagi diskriminasi antara penduduk satu daerah dengan yang lainnya, wilayah yang satu dengan lainnya, serta kesemuanya men-jadi satu dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila. Selain itu, dalam implementas-inya dipergaulan sehari-hari para generasi penerus bangsa tersebut yang notabene nantinya bakal menjadi penentu kema-juan negara ini ke depannya senantiasa menjadikan makna Pancaila sebagai

pedoman pergaulan mereka tidak dalam ruang lingkup daerah melainkan sudah merambah lebih luas menjadi sebuah negara.

Tapi tidak sedikit juga sisi positif lain yang dapat diambil jika menelisik secara luas tentang mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (sekarang PKN “Pendidi-kan Kewarganegaraan”) yang diberikan disetiap sekolah cukup berperan pent-ing. Dimana penanaman jiwa nasionalis kepada setiap penerus bangsa sangat tinggi sehingga para siswa pada jaman dahulu merasa saling memiliki antara satu dengan lainnya dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lalu bagimana jika dibandingkan den-gan sekarang, masihkah makna Pancasila ada dalam diri setiap orang yang “men-gaku” sebagai warga Negara Indonesia? Selain itu apakah makna Pancasila dari sila pertama sampai dengan kelima sudah dihayati dan selanjutnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban dari kedua pertanyaan ini terlalu miris untuk ditelisik lebih lanjut jika melihat cerminan nilai-nilai luhur Pancasi-la pada murid sekolah yang kian luntur dan semakin tergusur oleh era globalisasi dan kecanggihan teknologi saat ini.

Banyak peserta didik yang tidak hafal akan setiap isi yang terkandung dalam dasar Negara Indonesia itu. Semua itu tentu saja tidak lepas dari peran lingkun-gan yang mengelilinginya. Bayangkan saja, begitu tiba di sekolah kebanyakan siswa lebih memilih membuka dan melihat alat komunikasi miliknya dari-pada harus membaca setiap kalimat yang terukir dalam Pancasila. Maka dari itu semoga ke depannya peserta didik dan masyarakat sekitarnya belajar lagi untuk memaknai setiap isi yang terkandung da-lam Pancasila agar tidak luntur dan pudar begitu saja .

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII 4

Xpresi Utama

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Pancasila di SekolahPara siswa hendaknya dapat menghayati dan mengamalkan makna demi makna yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila yang merupakan perwujudan ideologi dasar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia ini sudah seharusnya dipahami oleh setiap kita yang hidup di negara ini.Pancasila dinobatkan sebagai dasar negara dan alat pem-ersatu bangsa Indonesia yang terdiri dari beribu pulau mulai dari Sabang sampai Mer-auke. Dengan terbentuknya dasar ini diharapkan mampu menjadi pengikat beberapa pulau yang ada di Indonesia agar menjadi satu dalam wadah NKRI sehingga tidak ada lagi dinding pemisah antara wilayah barat, tengah dan timur. Oleh sebab itu nilai-nilai Pancasila harus tetap hidup dalam jiwa seluruh siswa-siswi di negara ini. Sehingga muncul pertanyaan kepada para siswa-siswi mengenai apa yang harus dilakukan para pelajar agar nilai-nilai Pancasila tidak luntur dan dapat terus dilestarikan baik disekolah maupun dikehidupan sehari-hari?

Nama : Vera ChristinaSekolah : SMA Panca Karya StabatKelas : XI IPS

Menurut pendapat saya, upaya yang bisa saya lakukan adalah bergaul, berkum-pul bersama teman-teman untuk diskusi, mengikuti organisasi atau perkumpulan. Seperti perkumpulan umat-umat Vihara atau mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sekolah, dengan demikian kita akan se-makin terlatih untuk hidup bersosial yang secara otomatis akan mempraktekkan nilai-nilai Pancasila tersebut.

Menurut saya, saya juga harus mem-praktekkannya dalam kehidupan saya. Se-lalu berperilaku sesuai dengan nilai, norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat.

Nama : JulianiSekolah : SMA Panca Karya StabatKelas : XI IPA

Menurut pendapat saya, agar nilai-nilai dalam Pancasila tidak luntur harusnya para siswa memahami makna dalam Pancasila dengan baik. Sehingga tidak terjadi pe-nyimpangan yang dapat mengakibatkan lunturnya nilai-nilai Pancasila.

Hal-hal yang dapat saya lakukan untuk tetap melestarikan nilai-nilai Pancasila ialah dengan menjalankan nilai-nilai tersebut dengan baik, serta membiasakan diri untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila sehingga dapat mengajak teman serta masyarakat sekitar secara tidak langsung untuk dapat melestarikan nilai-nilai dalam Pancasila.

Nama : Angga KesumaSekolah : SMA Panca Karya StabatKelas : XI - IPA

Menurut saya agar Pancasila tetap ada, tentu saja tiap-tiap siswa-siswi harus mengerti dan memahami butir-butir isi Pancasila dan menerapkannya. Namun yang paling penting dan utama ialah tiap siswa-siswi memberikan hatinya untuk melestarikan Pancasila.

Tentu saja dengan menerapkan butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti sila pertama, dapat diterapkan dengan rajin beribadah sesuai agamanya masing-masing. Pada sila kedua dengan memperlakukan setiap orang sama derajat-nya. Begitu juga sila ketiga dengan melaku-kan kerjasama seperti gotong royong. Begitu pula sila-sila berikutnya.

Nama : Ardina PangestuSekolah : SMA Panca Karya StabatKelas : XI IPS

Menurut pendapat saya, upaya yang harus dilakukan adalah belajar dan sering bergaul bersama teman-teman yang baik, teman yang tidak melunturkan nilai-nilai Pancasila yang ada di lingkungan para pelajar serta berpedoman dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.

Cara lain yaitu belajar dengan baik dan melakukan suatu tindakan yang baik di dalam kehidupan dan selalu berprilaku yang baik diantara warga masyarakat sekitar serta melakukan jalan musyawarah untuk pedoman kehidupan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nama : LeniSekolah : SMA Panca Karya StabatKelas : XI IPS

Menurut pendapat saya, masing-masing pelajar menyadari dan mengikuti nilai-nilai yang telah terkandung dalam Pancasila dengan demikian nilai-nilai Pancasila akan semakin meningkat dan dalam belajar mata pelajaran Kewarganegaraan lebih ditegakkan masalah nilai-nilai dan hukum-hukum yang telah berlaku agar para pelajar mengetahui lebih lanjut mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Mendukung dan memberikan seman-gat kepada generasi muda yang tidak mau menaati nilai-nilai Pancasila agar mereka mau mengajak orang lain untuk dapat mau mengikuti nilai-nilai Pancasila.

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII 5

Xpresi Utama

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Nama : Daniel SyahputraSekolah : SMA Panca Karya StabatKelas : X - B

Menurut pendapat saya, kita seba-gai sesama makhluk hidup harus saling mengerti akan kehidupan dan bergaul den-gan orang yang benar-benar mempunyai nilai Pancasila serta memiliki rasa kebersa-maan dengan baik dan butir yang terkand-ung dalam kemanusiaan, serta berpedoman dalam berbangsa dan bernegara.

Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk terus melestarikan nilai-nilai Pancasila ialah dengan melakukan tindakan yang terkandung didalam Pancasilan dan tindakan yang baik, berperilaku dengan baik dan mapu memper-tahankan rasa kesusilaan, dan mampu bergaul dengan orang-orang yang baik.

Nama : HariyoSekolah : SMA Panca Karya StabatKelas : XI IPS

Menurut saya upaya yang dapat kita lakukan ialah dengan sering dan banyak membaca buku-buku yang berhubungan dengan nilai-nilai Pancasila, dan juga kita harus menaati dan mempelajari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tersebut.

Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk terus melestarikan nilai-nilai Pancasila ialah dengan berprilaku yang baik, tidak melang-gar hukum dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila baik dari sila pertama hingga sila kelima.

Nama : Marisa RamadanisSekolah : SMA Negeri 1 Tanjung PuraKelas : XI - IA3

Menurut pendapat saya, kita harus lebih memahami makna dan isi yang terkandung didalamnya, setelah kita tau maksudnya baru kita memberi motivasi kepada pelajar bahwa nilai-nilai Pancasila sangat berarti dalam kehidupan sehari-hari.

Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk terus melestarikan nilai-nilai Pancasila antara lain seperti menurut sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Jadi, hal yang harus kita lakukan disekolah maupun dalam kehidu-pan sehari-hari yaitu sholat lima waktu. Itu contoh yang harus diterapkan dalam nilai-nilai Pancasila.

Nama :SalfiaHardiyantiSekolah : SMA Negeri 1 Tanjung PuraKelas : XI - IA1

Menurut pendapat saya, upaya yang harus dilakukan para pelajar yaitu harus lebih mendalami isi yang terkandung dalam Pancasila. Karena kita sebagai warga negara Indonesia terutama pelajar sering kali lupa bahwa Pancasila itu penting bagi negara kita, dan seharusnya kita bangga karena isi di dalam Pancasila itu bisa membuat negara kita maju.

Sebaiknya kita sebagai pelajar harus men-erapkan nilai-nilai yang terkandung dalam isi Pancasila di sekolah dan di kehidupan sehari-hari karena sebenarnya isi yang terdapat da-lam Pancasila bisa kita ambil menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Nama : Bayu SetiawanSekolah : SMA Panca Karya StabatKelas : XI IPA

Menurut saya upaya yang harus kita lakukan yaitu dengan banyak membaca buku-buku sejarah, dan sebagai pelajar harusnya merenungkan dan harus mengerti apa makna yang terkandung di dalam Pan-casila. Tanpa adanya penghayatan tersebut Pancasila tidak akan mungkin pelajar bisa menghargai Pancasila.

Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk terus melestarikan nilai-nilai Pancasila ialah dengan mengikuti dan menjalani setiap butir-butir yang terkandung dalam Pancasila, misalnya kita warga Indonesia wajib memiliki agama, apalagi itu merupakan salah satu syarat untuk tinggal di Indonesia.

Nama : Muhammad HerlanggaSekolah : SMA Negeri 1 Tanjung PuraKelas : XI - IA1

Menurut saya agar nilai-nilai terse-but tidak luntur haruslah dimulai dari diri sendiri serta harus ditanamkannya nilai-nilai Pancasila kepada pelajar. Agar pelajar tahu bahwa memperjuangkan untuk menda-patkan kata “kemerdekaan” itu tidaklah harus dengan adanya pengorbanan baik itu berkorban harta maupun jiwa.

Sebagai generasi muda yang seharus-nya kita lakukan ialah menanamkan sifat kemanusiaan dan sikap tolong menolong serta saling menghargai satu dengan yang lainnya. Dan jangan pernah kita saling membeda-bedakan antara suku, agama, ras, bahkan adat istiadat atau kebudayaan.

Nama : Rifqi SyahbanaSekolah : SMA Negeri 1 Tanjung PuraKelas : XI - IA1

Menurut saya, yang pertama yang harus dilakukan seorang pelajar yaitu harus menjalankan ajaran/kepercayaan agamanya dengan baik. Karena bila itu dilakukan, maka pastinya secara langsung kita akan bisa menjalankan nilai-nilai yang terdapat di dalam Pancasila. Setiap keper-cayaan pastinya mengajarkan hal yang baik, seperti yang terkandung pada sila pertama, kita mempunyai ajaran dan kepercayaan masing-masing.

Menurut saya juga, hal yang juga harus dilakukan yakni kita harus bisa menerapkan nilai-nilai serta butir yang terkandung di Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Nama : M. Ronny PracandraSekolah : SMA Negeri 1 Tanjung PuraKelas : XI - IA2

Menurut saya yang paling penting ialah kepatuhan kita terhadap sang pencipta atau Tuhan Yang Maha Esa, jika kita sudah patuh dan taat terhadapnya, pastilah hal-hal lain itu bisa terlaksana dengan baik.

Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk terus melestarikan nilai-nilai Pancasila ialah dengan bertakwa, patuh dan taat kepada sang pencipta, kemudian meningkatkan kedisiplinan pribadi, setelah itu bertanggung jawab, serta bisa dipimpin dan jadi pemimpin buat orang lain.

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Jumat, 15 Juni lalu, BEM STIE IBBI mengadakan pengkaderan bagi pengurus baru sebagai bekal praktek organisasi kelak. Bersama Waka III

STIE, Budijanto, S.Si, M.Si didampingi staf kemahasiswaan STIE—Devri Suherdi, S.Kom dan Feri Nando, SE, M.Ap, pengu-rus BEM baru ini diajak untuk menikmati kehidupan di Mess PT. Wahana Makmur, salah satu perusahaan kopi di Sidikalang selama tiga hari dua malam.

Setelah perjalanan panjang di hari pertama, pengurus BEM pun mengawali hari kedua dengan doa untuk memu-lai kaderisasi dan dilanjutkan olahraga. Setelah itu para pengurus BEM melakukan kunjungan ke pabrik demi melihat proses pembibitan, proses pemindahan ke lahan, pengeringan kopi serta pengolahannya. Selain itu pengurus BEM juga mendatangi kebun lobak dan ubi. Sepulangnya dari

Xpresi Kampus

6 Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Kaderisasi BEM STIE IBBI Lewat Studi Tour Perkebunan PT. Wahana Makmur Sidikalang

Revitalisasi KMB IBBI, Sarana Berdhamma dalam Dunia Kampus

kebun, pengurus BEM pun mengikuti seminar mengenai leadership lalu dilan-jutkan dengan games memindahkan bola pingpong dengan menggunakan tali yang bertujuan untuk membentuk kekompakan dan kerjasama yang baik di antara pengu-rus BEM yang tentu saja berguna dalam dunia nyata. Setelah beristirahat sejenak, seminar pun dilanjutkan. Kali ini menge-nai pengembangan diri. Dalam seminar ini para pengurus diituntut untuk lebih mengenal pribadi masing-masing.

Hari ketiga pengurus BEM pun melaksanakan senam pagi dilanjutkan

games memindahkan bola pingpong dari kaki peserta yang 1 ke peserta lain-nya tanpa menggunakan tangan. Dalam games ini dituntut penyatuan aspirasi tim agar dapat mencapai tujuan yang sama. Usai bermain game, pengurus BEM pun mengikuti seminar ketiga mengenai strategi manajemen dan tidak lupa juga mengabadikan momen penting yang terjadi. Semoga dengan pengkaderan ini, BEM STIE IBBI dapat mengemban dan menjalankan tugasnya dengan baik seba-gaimana mestinya. SELAMAT BERJUANG!! (riri/jhw)

Tahun ini Keluarga Mahasiswa Buddhis IBBI (KMB) kembali mengalami pergantian pengurus. Agenda tahunan ini diadakan Jumat, 4 Mei 2012 bertempat di Aula Kampus IBBI Jalan Sei Deli No. 18. Selain menjadi wadah bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dalam organisasi dan dunia nyata, KMB juga menjadi sarana

bagi pemeluk agama Buddha untuk me-lestarikan dhamma di STIE-STMIK IBBI.

Pelantikan pengurus baru ini pun dibuka dengan sambutan oleh Waka III STIE IBBI Budijanto S.Si., M.Si., yang dilan-jutkan oleh staff kemahasiswaan STMIK IBBI Romi Aji Setiawan, SE, Gubernur BEM STMIK IBBI Husin, Gubernur STIE IBBI

Hotman Anthonius Pasaribu (Gubernur BEM STIE IBBI) dan Ketua KMB IBBI masa jabatan 2011/2012 Andrew.

Usai sambutan, penyerahan jabatan sekaligus pelantikan pengurus KMB IBBI pun dilakukan secara simbolis berupa penyerahan jabatan oleh Ketua KMB yang lama kepada Amelinda Cheria, Ketua KMB

2012/2013. Pelantikan yang dihadiri juga oleh FoSMI, PMK, dan Kempa ini ditutup dengan sesi foto dan makan bersama yang menjadikan setiap organisasi kampus ini melebur menjadi satu tanpa memandang bidang pengurusan masing-masing.

Dalam wawancara singkat yang berhasil diadakan Xpresi, Amelinda Cheria selaku Ketua KMB IBBI menyatakan bahwa ke depannya KMB IBBI akan lebih meningkatkan minat mahasiswa IBBI untuk berjalan sesuai ajaran dhamma dan lebih aktif di bidang keagamaan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Pelantikan telah usai, kini saatnya KMB IBBI menunjukkan taring mereka. Selamat bertugas pengurus KMB 2012/2013!(jhw)

Badan Pengurus Harian Keluarga Ma-hasiswa Buddhis IBBIKetua KMB IBBI: Amelinda CheriaWakil Ketua: Nan DeniSekretaris: HappyBendahara: MentariDivisi Publikasi: Agustinus ChandraDivisi Kerohanian: AndyAnggota: Eddy Hartono, Yenni, Cindy, Erfina, Jimmy, Windra, Nova, Meilisa, Susanto, Willy.

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Xpresi Kampus

7Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Give Blood Give LiveBerawal dari tema give blood give

live Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB) IBBI menggandeng Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) dan Rumah Sakit Mutiara untuk mengadakan kegiatan amal donor darah dalam rangka meraya-kan hari suci Waisak.

Acara yang diadakan Minggu (27 Mei) di Aula Kampus Diamond IBBI Jalan Sei Deli No. 18 ini berjalan lancar hingga ter-kumpul 43 kantong darah dari 61 orang yang mendaftar.

Acara yang bertujuan meningkatkan rasa sosial peserta dengan mendonorkan darah ini diadakan mulai dari pukul 10 hingga 15 dengan animo peserta yang cukup tinggi. Setelah melakukan pendaf-taran serta cek kesehatan, peserta yang memenuhi persyaratan teknis—seperti cukup tidur, memiliki kadar hemoglobin yang cukup (minimal 12,5 gram), tekanan

darah yang stabil, tidak sedang sakit, maupun panas tubuh yang normal, serta berat badan minimal 45 kg—lalu dipersi-

lakan untuk mendonorkan darah mereka.Sebagai penutup acara, penyerahan

piagam ucapan terima kasih atas pendo-

noran darah secara sukarela pun diberikan oleh RS Sari Mutiara yang diterima oleh Ketua KMB IBBI, Amelinda Cheria. (jhw)

Luaskan Cakrawala Pikiran Lewat Studi Ekskursi

Bulan Juni lalu, STMIK IBBI rutin mengadakan studi ekskursi ke berbagai perusahaan yang mengimplementasikan kemudahan teknologi sebagai tulang punggung dalam bisnis mer-

eka. Ratusan mahasiswa pun mendapatkan pengala-man nyata dalam menikmati setiap kunjungan yang berbeda tersebut.

Berikut beberapa perusahaan yang menjadi tu-juan studi ekskursi mahasiswa STMIK IBBI:1. Percetakan Gramedia tanggal 30 Mei & 14 Juni 20122. Harian Tribun tanggal 30 Mei 20123. Harian Waspada tanggal 5 Juni 20124. Deli TV tanggal 5 Juni 20125. Harian Xun Bao tanggal 7 Juni 20126. Harian Jurnal Medan tanggal 7 Juni 20127. XL Axiata tanggal 13 Juni 2012

8. Harian MedanBisnis tanggal 14 Juni 20129. Harian Sinar Indonesia Baru tanggal 23 Juni 201210. Majalah Aplaus the Lifestyle tanggal 23 Juni 201211. TELKOM 5 Juli 2012

Secara umum, kehadiran mahasiswa disambut positif oleh perusahaan yang menerima dan secara terbuka menjelaskan bagaimana usaha tersebut dijalankan serta teknologi apa yang penting da-lam dunia bisnis masing-masing. Mahasiswa pun diberikan kesempatan untuk bertanya lebih jauh apabila timbul rasa ingin tahu. Usai sesi penjelasan, mahasiswa pun diajak oleh pihak perusahaan untuk tur singkat dengan mengunjungi setiap bagian dari perusahaan mereka sehingga makin melengkapi pen-galaman mahasiswa. Akhirnya sesi penyerahan tanda mata dan sesi foto pun menjadi penutup setiap studi ekskursi yang berlangsung.(jhw)

Minggu, 10 Juni lalu mahasiswa STIE-STMIK IBBI kedatangan MC ternama Medan Herman Tristianto yang juga founder serta Managing Director Mandiri Group Event Management yang membagikan perjalanan hidup serta usahanya hingga ia bisa sukses menekuni dunia event organizer.

Tampil dalam balutan jas hitam dan kemeja putih, Her-man dengan antusias membuka seminar dengan games yang mengajak mahasiswa berani berbuat lewat tantangan menukarkan uang. Herman pun membeberkan rahasia sukses dalam dunia event management. Kreatif, tekun, dan pantang menyerah menjadi bekal yang mesti dimiliki siapa pun jika ingin terjun dalam dunia kerja. Lain dari yang lain ikut andil jika ingin mendalami event management.

Lewat acara-acara yang pernah ia handle, Herman pun membagikan kisah di balik itu semua di Aula Kampus Diamond IBBI Jalan Sei Deli No. 18. Mulai dari persiapan hingga hari eksekusi yang sangat menentukan. Berbagai peran dan tanggung jawab yang ada pun ia ceritakan demi menginspirasi mahasiswa untuk mau unjuk diri dalam dunia yang kian berkilau itu.

Sesi tanya jawab pun menjadi rangkaian penutup ber-sama sesi foto dan penyerahan tanda mata yang diserahkan oleh Andriasan Sudarso, S.Mn., M.Mn. (jhw)

Sehari Bersama Herman Tristianto

Studi Ekskursi ke Harian Tribun Medan

Studi Ekskursi ke Percetakan Gramedia Medan

Studi Ekskursi ke Deli TV

Studi Ekskursi ke Xl Axiata

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Berawal dari hobinya sebagai penggemar seafood. Membuat Naing-golan memilih terjun sebagai pengelola resto dengan berbagai kreasi olahan seafood yang khas. Dengan konsep outdoor dan sistem order untuk penya-jian menunya. Warung yang buka dari pukul 11.00 siang sampai 22.00 Wib itu menyajikan berbagai menu spesial seafood yang berlokasi di Jalan Candi Mendut No.5 Medan.

Nainggolan menjabarkan berbagai olahan menu yang ia tawarkan. Untuk

ka tegori Ayam , rumah makan yang juga menawarkan paket makan siang plus mi-num seharga Rp 20.000 itu menyediakan, Ayam Candi Spesial, Ayam Goreng Mang-ga, Ayam Goreng Cabe Ijo, Ayam Goreng Saus Thai, serta Ayam Goreng Nestum.

Ia menambahkan, dari kategori menu ayam, ayam candi spesial dan cabe ijo ada-lah menu favorit di sana, Kemudian, untuk jenis kepiting dan udang, maka kepiting saus padang dan telur asin yang sering dipesan. Untuk Ayam Candi Spesial disajikan dengan dipotong berukuran kecil menjadi beberapa bagian dan diberi taburan cabe rawit rajang di atasnya.

Soal rasa, ayam candi ini mempunyai rasa manis dan pedas yang menyatu da-lam satu kesatuan yang nikmat. Selain itu, taburan daun jeruk yang ditambahkan ke dalam masakan ini membuat aromanya semakin memikat.

“Untuk udang goreng telur asin dan kepiting saus padang serta menu lain, di-masak dengan paduan rempah alami dan tanpa bahan pengawet,” jelas Nainggolan. Sehingga rasa gurih dan crispy untuk menu udang dan telur yang dikombinasi bersama kuah di olahan kepitingnya kian terasa di lidah. (Ani)

Ada Mochacinno Dalam Nikmatnya Durian

Berdiri selama lebih dari 3 tahun dengan mengusung konsep Western. Usaha ini telah berhasil mencuri perhatian para penikmat

kuliner mania. Di Medan sendiri, resto ini dapat ditemukan di Sun Plaza Medan. Joni, merupakan Supervisor di tempat tersebut menuturkan, Mr. Pancake sudah buka setiap hari dari pukul 09.00 pagi sampai 10.00 malam. Untuk olahan durian, Mr. Pancake menghadirkan dua menu pilihan, yakni, Durian Pancake dan Mochacinno Durian.

Ia mengungkapkan, menu durian yang disajikan tersebut sudah ada dari buka sampai sekarang. Kemudian, ditam-bahkan Joni, untuk market pasar sendiri juga bagus. Hal tersebut, menurutnya, di-lihat dari segi volume penjualannya yang cukup bagus.” Menu pancake adalah salah satu menu favorit di sini,”terangnya.

Ia menjabarkan sedikit tampilan dan proses pengolahannya. Dijelaskan oleh Joni, untuk Durian Pancake, hadir dengan

tampilan dua buah pancake yang di-atasnya disiram dengan ice cream vanilla dan saus durian. Saus durian tersebut, tambahnya, diperoleh dari daging durian yang dimasak dengan campuran susu dan gula. “ Kalau untuk pancakenya diolah dari tepung, susu, gula serta mentega,”urainya.

Namun, meskipun pancake ini meru-pakan kategori menu dessert. Tapi, kita akan merasa kenyang ketika habis me-nikmatinya. Semua itu, karena campuran susu yang ditambahkan ke dalam kue berbentuk bundar dan pipih itu.

Kemudian, untuk Mochacinno Durian merupakan kopi panas yang diberi tambahan susu serta durian dan juga ice cream rasa vanilla. Dari segi rasa, juga berbeda, yakni, ketika dicicipi aroma durian dan kopi begitu kuat menyatu.

Apalagi ditambah dengan sedikit serbuk kayu manis yang ditaburkan di atas minuman tersebut membuat aroma Mochacinnonya kian terasa. (Ani)

Tempura Durian di Gardenia Resto Serba Seafood di Candi Seafood Resto

Suasana nyaman bagaikan sebuah foot-court tampak jelas terlihat ketika berkun-jung ke sana. Terletak di jalan Sena yaitu sebuah lokasi yang sebelumnya merupakan sebuah tempat nan sepi, gelap karena tidak adanya lampu penerangan jalan disekitar lokasi itu sehingga orang yang nongkrong maupun sekadar lewat sangat jarang terli-hat ketika malam pun tiba.

“ Dulunya siapa sih yang tidak tahu jalan Sena, gelap dan sepi, ibaratnya han-ya jin dan hantu saja yang ada disekitar sini tapi sesudah dibuat seperti ini jalan Sena begitu terang dan nyaman dijadikan tempat tongkrongan, “ ungkap Suyanto merupakan ketua Koperasi Gajah Mada .

Ia mengatakan sebelum dibuat seperti saat ini, awal mulanya pihak Koperasi ingin

Dengan bertemakan konsep go green atau penghijauan. Gardenia Resto, berdiri di tengah suasana kota Medan yang kian sumpek dengan kepadatan lalu lintas serta berbagai tipe bangunan megahnya. “Sudah 4 bulan kami buka di kawasan Dr. Mansyur ini,”sebut Hadid Dhandie, meru-pakan desainer dari Gardenia Resto.

Resto yang buka setiap hari dari pukul 11.00 sampai 22.00 Wib itu me-nawarkan suasana rumah yang nyaman dan berhalaman taman tropis pada desain tempatnya agar konsep go green lebih mengena. Selain itu, pria yang akrab disapa dengan Hadid itu menambahkan, tamu akan semakin nyaman pada suasana indoor maupun outdoor melalui kesan santai, asri serta nyaman yang ia terapkan.

Dalam penyajian menu, Gardenia Resto menghadirkan lebih dari 100 menu pilihan yang tergabung mulai dari West-ern sampai Oriental. Bicara soal durian, tambah pria berkulit putih ini, Gardenia Resto menghadirkan menu yang diberi nama Tempura Durian. Tempura Durian adalah durian yang digoreng bersama dengan tepung.

Ia menambahkan, ide awal terciptanya

Berbagai Menu Spesial di Warung Kaki Lima membidik pasar mahasiswa agar mau berkunjung ke sini. Tapi seiring berjalannya waktu rumah makan yang buka selama 24 jam ini juga ramai dikunjungi oleh warga yang membawa keluarganya kesitu.

Suyanto menambahkan, ada berbagai menu pilihan diwarung yang berada tidak jauh dari kampus Nomensen tersebut, diantaranya ada pilihan menu Tapsel Ma-dina yaitu ikan belut dan sale sambal serta sale dan mas gulai yang diolah langsung dengan menggunakan bumbu khas dan Pakkat yang didatangkan langsung dari Tapanuli Selatan.

“Karena didatangkan langsung dari sana dengan olahan tradisional jadi dari segi rasa juga tergolong berbeda dari bumbu jadi yang dibeli pasar,” ujar salah

satu pemilik oulet di Kantin Sena 88 Primer Koperasi Kartika Gajah Mada.

Dari Kelezatan Nasi Goreng Kampung Hingga Pataya

Selain aneka menu khas tapsel yang menggoyang lidah maka kelezatan nasi goreng kampung, pataya, Spesial, Sea-food, mie goreng jawa, kwetiau penang serta mie tiau penang.

Mito merupakan salah satu cook di tempat itu menjelaskan, nasi goreng kampung hadir dengan nasi yang diolah bersama rasa pedas sambel cabe hijau yang dimix bersama kangkung, ikan teri dan telur yang menyatu dalam satu pors-inya. Selain itu, ada juga keunikan dari nasi goreng pataya khas Thailang dalam

Xpresi Kuliner

8 Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

menu tersebut adalah ingin membuat sesuatu menu yang berbeda dari durian.” Mungking kalau pancake, sus atau durian utuh sudah sering dinikmati, makanya kami ingin menawarkan sesuatu yang berbeda dari olahan durian ,”jelasnya.

Hadid mengatakan, menu tempura durian cukup disukai oleh penikmatnya. Semua itu, karena kita tidak cepet merasa enek seperti olahan durian kebanyakan. Hal ini karena proses pemasakan durian dengan cara digoreng. Selain itu, di sisi pinggir kulit tempuranya juga mempu-nyai sedikit rasa asin. Dari segi tampilan, tempura ini berbentuk bulat telur dengan warna kecoklatan yang diisi oleh saus durian di dalamnya. (Ani)

balutan telur dadar dengan tampilan warna nasi yang merah.

Pria kelahiran 1972 tahun yang lalu ini mengungkapkan warna merah yang dibuat untuk nasi goreng pataya merupakan kombinasi saus tomat dan sambal. dengan tambahan mix vegetables yang terdiri dari kacang arcis, buncis serta jagung. (Ani)

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Renang menjadi satu bagian olahraga yang cukup digemari oleh semua orang. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah

dengan berat dan tinggi badan. Maka olahraga air termasuk treatment yang wajib untuk dilakukan agar proses pem-bentukan tubuh ideal segera didapatkan.

Tampilan Tertutup Sedang-In Bagi Wanita

Bagi para ladies, busana renang den-gan warna yang lebih terbuka serta pe-nambahan aksen geometris yang berbeda dahulu selalu menjadi tren yang digemari oleh kaum hawa. Sehingga kesan feminin dan seksi senantiasa terlihat ketika mereka mengenakannya. Namun, berbeda hal nya dengan sekarang, perbedaan tersebut terlihat dari tampilan busana renang sekarang dengan kondisi yang lebih tertutup seperti pakaian renang para atlet profesional ketika berlaga disemifinal.

Tren tersebut banyak teditemukan dan terpajang di beberapa oulet perbelanjaan di Medan. “ Tahun ini pakaian renang seperti yang dikenakan para atlet sedang digandrungi oleh wanita,” ungkap Wina salah satu karyawan di Dance Club Sun Plaza Medan.

Wina menjabarkan beberapa jenis koleksi busana renang ditempatnya. Di-antaranya, ada Kasut, merupakan busana renang berbahan dasar Lcyra dengan pe-nambahan aksen bola-bola putih dalam nuansa kuning yang cerah.

Busana renang ini memiliki kancing yang terpasang menutupi sampai ke-bagian leher. Selain itu, sambungnya, ada juga busana renang dengan corak abstrak dalam balutan gradasi dua warna yaitu, hijau dan kuning yang lembut dengan motif garis nan manis.

Tapi jika Anda tetap setia dengan busana renang ukuran pendek dan kerah yang lebar tanpa adanya penambahan kancing juga ditawarkan di boutique ini. Dengan menampilkan warna – warna memukau seperti hijau tosca, biru, orange dan hitam.

Kemudian disediakan juga baju renang dengan model terpisah tanpa len-gan yang menutupinya yang hadir dalam bauran warna putih, kuning, dan pink. Wina menambahkan, bagi perempuan muslim ditawarkan juga yang model busana renang dengan dua style berbeda yakni, terpisah dan model sambung. Busana ini memiliki dua motif abstrak dan corak dengan sebtuhan pink, biru dong-ker, dan ungu yang lucu.

Bagi Pria Tetap SamaUntuk pria ketika dihadapkan dalam

kondisi memilih sebuah busana misalnya renang tidaklah sesulit dan serumit pada wanita. Karena pria tidak perlu pusing-pu-sing memikirkan atasan seperti apa yang akan ia kenakan. Soalnya hanya dengan menggunakan celana pendek saja, mer-eka dapat beraksi memuaskan keinginan berendam dalam air.

Busana Renang Para Atlet Semakin Digemari

Boutique Dance Club juga me-nawarkan berbagai model celana renang berbahan dasar hitam sebagai warna dasarnya dengan ukuran panjang di atas lutut. Bawahan ini hadir dalam dua warna kombinasi dengan tetap menonjolkan hitam sebagai warna utama. “Misalnya hitam kombinasi bersama biru dan kun-ing serta hitam dengan hijau tosca dan merah terang,” jelasnya. (Ani)

Tips memilih Tas

Berdasarkan Panjang TalinyaPilih Tas dengan tali pendek dan tak

terlalu kecil sebab dengan beban tas kan-tor yang berat akan membikin banyak ke-sulitan. Jangan memilih tas kantor bertali panjang supaya tak berat sebelah. Sebab dengan beban tas kerja yang cukup berat bakal membikin tidak sedikit masalah. Berat dari tas kerja di salah satu sisi tubuh anda akan menarik bagian bahu anda ke arah depan supaya letak tas kantor tetap di tempat semula.

Tes PenampilanAnda harus mencoba tas yang ingin

Anda beli dihadapan kaca. Hal ini da-pat membantu mengetahui apakah tas

tersebut cocok atau tidak dengan tubuh atau kepribadian Anda. Tas harus sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Tas kecil akan membuat si tubuh gemuk terlihat lebih gemuk, sementara tas besar akan mem-buat si kecil terlihat “tenggelam”.Bentuk

Bentuk tas wajib kebalikan dari bentuk tubuh Anda. Tas berstruktur cocok untuk orang bertubuh gemuk, sementara tas yang lebih simpel, lebih cocok untuk si kurus.

PenempatanTas bahu bertali yang jatuh di bagian

paling besar dari tubuh Anda, akan mem-buat bagian itu terlihat semakin besar. Si dada besar sebaiknya memilih tas yang jatuh di bawah pinggang.

Sementara si pinggul besar cocok sekali dengan tas yang jatuh pas di bawah ketiak. Si tubuh kecil pas sekali dengan tas dengan tali pendek sebab tas bertali panjang akan membuatnya terlihat ke-dodoran.

WarnaSetelah menemukan ukuran tas yang

tepat, Anda bisa memilih warna yang pas dengan kebutuhan. Tas berwarna cerah

akan membantu untuk mengalihkan fokus orang dari kekurangan tubuh anda.

KenyamananUtamakan kenyamanan ketika

membeli tas. Kalau Anda biasa membawa banyak barang ke kantor, tas bahu akan membuat leher Anda terasa sakit. Lebih baik pilih tas tangan untuk tugas berat ini. Lalu lihat, terbuat dari apakah tali tasnya? Kalau talinya terbuat dari bahan kaku atau memiliki tepian yang keras tentunya akan menyakiti kulit.

KekuatanCoba masukkan tas ransel dengan

beban yang biasa ada di tas lama Anda, lalu bawa tas itu. Cukupkah atau terlalu berat? Banyak tas dibuat dengan bahan yang berat sehingga membuat tas itu sendiri semakin berat bahkan sebelum diisi. Dengan memasukkan benda ke tas tersebut, Anda jadi tahu apakah total be-ban keseluruhan masih dapat Anda tang-gung atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa cek apakah tas itu bisa kembali ke wujud semula setelah dimasuki banyak barang. Tas yang dipakai sehari-hari sebaiknya memiliki daya tahan kuat seperti kanvas atau kulit.

9

Xpresi Gaya

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

KeamananTas tanpa penutup memberikan ruang

lebih luas dan lebih mempermudah Anda untuk mengambil barang. Namun negatifnya tas seperti ini kurang aman. Cek apakah ada kompartemen untuk me-nyimpan barang dengan aman di dalam tas. Kalau tidak, sebaiknya Anda menaruh tas kecil di dalam tas tersebut agar lebih aman.

KecocokanCocokkan tas dengan event yang

Anda hadiri. Jangan pakai tas kasual ke acara resmi atau sebaliknya. Berikan total look yang maksimal!

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Tips Menghadapi Tahun Ajaran Baru

Usai menikmati liburan yang berkesan, kini saatnya bagi sobat Xpresi untuk kembali menekuni kehidupan sebagai siswa yang

penuh nada dan warna. Untuk membantu kamu dalam menghadapi masa awal ini, Xpresi menghadirkan beberapa saran praktis yang bisa langsung kamu coba.

Kenali teman baru Tentunya bukan hanya teman lama

yang bakal kamu jumpai, kamu pasti akan mendapati wajah baru yang menghiasi awal hari sekolahmu. Nah, ada baiknya kamu coba mengenali lebih jauh siapa mereka ketimbang terus menahan diri dengan memaksakan diri diam atau hanya mau bergaul dengan teman yang sudah kamu kenal. Makin banyak kamu mengenal teman, semakin baik modal sosial yang kamu punya. Kamu pun akan lebih mudah menyesuaikan diri baik di

bangku perkuliahan maupun dalam dunia nyata.

Ramah lewat senyuman dan tertawaHari pertama muka langsung cem-

berut? Bagaimana satu tahun ke depan? Coba aja kamu mulai hari pertama sekolahmu dengan mencoba menjadi pribadi yang easy going. Memang tak mudah, tapi kalau belum mencoba, siapa yang bakal tahu? Siapa pun yang kamu jumpai, hargailah mereka dengan senyu-man dan tawa yang lebar. Jika masalah menghadang di hari perdanamu, cobalah tersenyum dalam hati. Aura positif akan mulai memengaruhi dirimu.

Vokal dalam sudut pandangPunya keinginan yang ingin diutara-

kan sejak awal? Ada baiknya langsung kamu ungkapkan karena biasanya teman-temanmu akan lebih mengenal kamu dari

Tembok Besar China Ternyata Dua Kali Lipat Lebih Panjang

Akhirnya, Indonesia Sukses Menangkarkan Badak

Tembok Besar China ternyata jauh lebih panjang dari yang diperkirakan sebelumnya. Hal ini terungkap dari hasil survei Badan Urusan Kepurbakalaan China (SACH) sejak tahun 2007 di 15 provinsi di China.

Panjang Tembok Besar China sebe-lumnya pada tahun 2009 diperkirakan 8.850 km. Dalam penelitian terbaru, panjang bangunan bersejarah ini ternyata 21.196,18 km. Dengan demikian, pan-jang Tembok Besar China ternyata lebih dari dua kali lipat dibanding perkiraan sebelumnya.

Tongko Mingkan, Kepala Deputi SACH, mengatakan, untuk mengukur panjang Tembok Besar, sejumlah 43.721 situs purbakala diidentifikasi. Sejumlah tembok, reruntuhan, bagian pertahanan, celah sempit, dan bagian Tembok Besar lain diteliti.

Bangunan yang ditetapkan sebagai

Sejak upaya penangkaran dilaku-kan lebih dari 120 tahun lalu, Indonesia untuk pertama kalinya sukses menang-karkan badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) dengan sistem semialami. Induk betina yang bernama Ratu, Sabtu

struksi Tembok Besar dimulai pada abad ke-7 SM.

Bangunan yang juga berfungsi untuk pertahanan tersebut kali pertama digu-nakan oleh Kaisar Qin Shi Huang pada

tahun 220 SM untuk melindungi China dari serangan kalangan perampok dari wilayah utara.

Setelah masa tersebut, beberapa dinasti terus mempertahankan dan merenovasi Tembok Besar. Mayoritas dari struktur yang masih kokoh saat ini adalah yang dibangun kembali pada masa Dinasti Ming pada tahun 1364-1644.

Saat ini, dari seluruh bangunan hasil rekonstruksi Dinasti Ming, hanya 8,2 persen yang masih utuh. Sisanya dalam kondisi memprihatinkan. Banyak bagian telah runtuh, rusak, oleh aktivitas manusia dan pariwisata.

Seperti diberitakan Discovery, Kamis (7/6/2012), SACH akan merumuskan panduan untuk perlindungan Tembok Besar serta menyusun sistem pengawasan sehingga upaya pelestarian bangunan bersejarah ini akan berjalan.Sumber :DISCOVERY

World Heritage sejak 1987 ini dikenal dengan “Tembok Panjang 10.000 Li”. Tembok Besar adalah bangunan besar pertama yang dibangun manusia, terbuat dari batu, batu bata, dan bahan lain. Kon-

10 Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Xpresi Info

opini yang kamu utarakan namun tetap dalam ranah kesopanan dan etika yang jelas ya sobat Xpresi.

Tetap pede dan jadilah kamuHari baru, gaya pun baru. Demikianlah

hal baru yang bakal kamu temui. Untuk itu kamu perlu bercermin lagi bagaimana sebenarnya diri kamu baik dalam hal gaya pakaian, berbicara, hingga belajar. Saat orang mencela kebiasaan yang terkesan jadul, be yourself and stay confidence. Dengan begitu kepribadianmu pun tetap terjaga.

Hindari sikap sombongKadang sikap ini bisa datang tanpa

disadari. Oleh karena itu tetap periksa diri kamu apakah sikap ini mulai mengalir dalam darahmu. Jika ya, segera singkirkan agar kamu bisa melebur dengan teman dan rutinitas kamu sebagai murid.

Ikuti minat berekstrakurikulerJika sekolah kamu menyediakan be-

ragam ekstrakurikuler, cobalah ikuti kata hatimu dengan mengikuti mana yang kamu minati dan suka. Selain mengasah kemampuanmu, percaya diri dan caramu berinteraksi akan semakin baik dan hal tersebut akan menumbuhkan sisi positif dari kepribadianmu. Menjalani tahun ajaran baru pun akan terasa mudah.

BersabarlahMemang menjalani tahun ajaran baru

bukan perkara yang gampang maupun susah. Namun kesabaran tetap perlu kamu miliki. Beradaptasi dengan lingkungan baru memang tidak terbilang mudah, apalagi ka-lau kamu pada dasarnya merupakan pribadi yang susah beradaptasi. Dengan bersabar, kamu bakal mengalir bak sungai membelah sampai laut. Tahun ajaran pun akan kamu lewati dengan mudah. (jhw)

(23/6/2012), pukul 00.45, melahirkan bayi jantan di Suaka Rhino Sumatera, Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

Badak sumatera ini dilahirkan di tempat penangkaran alami yang berada di hutan habitat aslinya. Petugas medis

fauna Taman Nasional Way Kambas terus mengawasi bayi badak yang kini mulai menyusu kepada induknya.

Proses kelahiran badak sumatera ini tidak mudah. Ratu dijodohkan dengan Andalas dan sempat keguguran dua kali. Andalas adalah badak sumatera jantan hasil penangkaran selama 112 tahun dan lahir di Kebun Binatang Cincinnati, Amerika Serikat, pada 13 September 2001. Tahun 2007, Andalas diboyong ke Taman Nasional Way Kambas untuk dijodohkan dengan Ratu.

Perkawinan badak pun tergolong sulit karena masa berahi empat bulan, namun mood bersamaan hanya empat hari agar sperma ovumnya bisa bersatu.

Sejak 10 Juni 2012, petugas Suaka Rhino Sumatera meningkatkan penga-wasan dan rutin melakukan ultrasonografi setiap tiga hari kepada Ratu. Hasilnya, detak dan denyut jantung induk serta janin terdengar jelas dan normal.

Kelahiran anak badak ini sesuai

perkiraaan dengan melihat usia kehamilan 15 bulan pada Juni 2012. Berdasarkan referensi dari Kebun Binatang Cincinnati di AS, masa kehamilan badak sumatera selama 475 hari (15-16 bulan).

Direktur Konservasi dan Keanekara-gaman Hayati Kementerian Kehutanan Novianto Bambang Wawandono men-gatakan, kelahiran anak Ratu ini menun-jukkan keberhasilan upaya Indonesia menyelamatkan fauna badak sumatera.

Di Indonesia, badak merupakan satu dari 14 spesies yang terancam punah. Selain badak sumatera, ada badak jawa (Rhinoceros sondaicus) yang jumlahnya terpantau 30 ekor di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Badak sumatera jumlahnya sekitar 200 ekor di belantara Sumatera. Semen-tara, empat ekor berada di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas; tiga ekor di Sabah, Malaysia; dan tiga ekor di Amerika. (ICH)

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII 11April 2012 I Edisi 73 I Tahun VII 11Juni 2012 I Edisi 75 I Tahun VII

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII 12

Xpresi Seremoni

PrimeOne School Akhirnya Berjaya di Olimpiade

“Akhirnya Kami berhasil”, itulah kata yang terucap dari mulut siswa/i POS yang ikut dalam lomba Matematika dan IPA yang diadakan oleh Harapan Mandiri. Ini juga merupakan saat yang sangat ditunggu oleh 2 orang guru POS, Dr. Ilham guru Matematika dan Franfie guru IPA yang selama ini telah bekerja keras dalam melatih siswa/i POS untuk Olimpiade. Willson Nicholas meraih juara 1 dan Steven Ciang juara 3 dalam lomba IPA, sedangkan Friscilia Sultan meraih juara 3 dalam lomba Matematika.

Olimpiade tingkat sekolah menengah pertama ini diadakan tanggal 19 Mei 2012 dan diikuti oleh SMP se kota Medan. Ini sudah pasti akan memacu siswa/i POS lainya untuk juga ber-prestasi dibidang IPA dan Matematika.

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Turnamen Basket Wahidin 2012Tim bola basket PRIMEONE SCHOOL

bersama pelatih Andi Putra dan Manajer tim Anderson King Junior perlahan namun pasti mulai menunjukan eksistensinya dan memberi peringatan pada tim-tim lainya untuk tidak memandang tim basket POS dengan sebelah mata diajang kompetisi bola basket. Ini dibuktikan dengan keber-hasilan tim POS merebut juara 3 diajang turnamen bola basket Wahidin Cup tanggal 8 – 20 Mei 2012. Kompetisi yang disponsori oleh HONDA ini menantang tim basket SMP se Sumatera Utara untuk menunjukan prestasi terbaik mereka.

Tim POS harus melewati babak penyisihan sebelum maju ke babak semi final dimana POS harus bertemu dengan salah satu tim favorit untuk sampai ke final memperebutkan tempat ketiga. POS menang dengan skor 50 – 44. Semoga keberhasilan ini bisa lebih memotivasi tim basket POS untuk berprestasi lebih baik kedepannya. Bravo POS..!

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII 13

Mengintip Kegiatan Hari Bumi di PrimeOne School

Memahami pentingnya melindungi bumi kita, siswa-siswa SD PrimeOne School melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April. Siswa-siswa kelas 4 mendesain poster dengan detil tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu menyelamat-kan bumi. Siswa-siswa kelas 5 SD turut menyatakan dukungan dengan menuliskan janji mereka di atas pohon kertas. Mereka juga membuat prakarya kotak pensil, vas bunga dan seba-gainya dari bahan-bahan daur ulang. Siswa-siswa kelas 6 SD, dengan ketrampilan Matematika, membuat proyek pizza dari bahan yang terbuang. Mereka mengumpulkan contoh bahan yang biasanya terbuang dan membagi mereka dalam kategori sesuai komposisi.

Tayangan tindakan yang dapat dilakukan untuk menyela-matkan bumi diputar terus menerus kepada siswa selama kurun waktu satu minggu. “Sekarang saya mengerti tentang konsep 3R – Reduce, Reuse, Recycle. Memadamkan lampu yang tidak terpakai bisa menghemat energy,” kata Aldy, siswa kelas 5 SD.

Sungguh, bahkan tindakan sekecil apapun akan memberi-kan pengaruh yang besar.

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Xpresi Seremoni

Olimpiade Robotik Tahun 2012

POS laksanakan Wisuda TK, SMA dan Perpisahan Siswa Tahun ajaran 2011/2012

Lomba tahunan ini diadakan di Mik-roskil pada hari Sabtu tanggal 9 Juni 2012. PRIMEONE SCHOOL seperti biasanya selalu ikut berpatisipasi dengan men-girimkan tim nya untuk berlaga di tiga kategori yang disediakan yaitu tingkat SD, SMP dan SMA.

Peserta tahun ini meningkat diband-ing tahun lalu. Ada sekitar 40 tim yang mengikuti lomba ini. Mereka berasal dari sekolah yang tersebar di kota Medan. Sangat jelas terlihat semua tim antusias dan bersemangat untuk unjuk kebole-han dalam merakit robot. Tim POS yang didampingi oleh 2 pelatihnya bapak Surya

PrimeOne School (POS) kembali mengadakan acara wisuda TK dan per-pisahan siswa tahun ajaran 2011-2012 beberapa waktu lalu di gedung MPH PrimeOne School. Turut hadir Ketua Pembina Yayasan Amrin Susilo Halim dan Ketua Yayasan PrimeOne School Nicolas Naihongga Halim beserta para orang tua siswa. Sebanyak 400 siswa PrimeOne School hadir dalam acara ini, yang terdiri dari 151 siswa Taman Kanak-kanak, 126 siswa SD, 70 siswa SMP dan 53 siswa SMA.

Ketua Pembina Yayasan POS, Amrin Susilo Halim mengucapkan selamat kepa-da seluruh siswa atas keberhasilan mereka pada Ujian Nasional dengan kualifikasi kelulusan A. Beliau juga berpesan kepada para siswa khususnya SMA 3 yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perku-liahan agar menjauhkan diri dari narkotika dan obat – obatan terlarang.

Chandra dan bapak Adrian George T. Lim juga tampak percaya diri karena mereka telah mempersiapkan diri lebih kurang dua bulan. Ternyata kerja keras mereka membuahkan hasil yang membanggakan. POS berhasil merebut juara I (Ivy Icasia, Fernando, Citra Putri) dan juara II (Ardent, Juanita, Fanny) untuk tingkat SMA dan Juara I (Trezvandrey, Asyila, Lady Joey) dan juara II ( Reynardo, Jannis, Junior Tanaya) untuk tingkat SD. Mereka semua nantinya berhak untuk mengikuti IRO (Indonesian Robotic Olympiad) yang nantinya akan diadakan di Jakarta. Selamat PRIMEONE. Berjayalah selalu

Sebagai bentuk apresiasi kepada siswa berprestasi pihak Yayasan memberikan beasiswa keringanan uang sekolah dan khusus untuk siswa kelas 4 – 6 SD, SMP dan SMA diberikan penghargaan berupa studi banding ke Australia dan Singapore yang akan diberangkatkan di Bulan No-vember 2012 mendatang. Dan tahun ini POS akan memantapkan Program Sister School dengan Rowellyn Park School Victoria, Australia. Acara perpisahan ini diakhiri dengan persembahan puisi dan lagu oleh seluruh siswa beserta para guru wali kelasnya. Merupakan suatu kebanggaan bagi PrimeOne School yang dipercaya untuk mendidik dan mengan-tarkan siswa ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Akhirnya, PrimeOne School mendoakan yang terbaik bagi para siswa ini pada tingkat pendidikan mereka yang selanjutnya.

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII 14 Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Xpresi Tekno

14

Babak Baru Tablet: Microsoft Surface

BlackBerry 10 Tips agar “Password” Tidak Mudah Ditebak dan Aman

Tak mau ketinggalan dengan lang-kah Apple dan Samsung, raksasa software dan computer Microsoft pun menelurkan karya mereka

18 Juni lalu dengan mengumumkan ke-hadiran tabletnya Microsoft Surface yang tampil mewah namun tanpa meninggal-kan efektifitas dengan tetap menyertakan keyboard karet sebagai covernya.

Melalui situs resminya, Microsoft menyebutkan bahwa tablet tersebut akan hadir tiga bulan kemudian dalam dua varian yakni versi WindowsRT yang ditujukan bagi pengguna biasa dan versi

Windows8Pro yang lebih powerful dan ditujukan bagi mereka yang memerlukan kinerja ekstra dari sebuah tablet. Balu-tan campuran magnesium yang disebut VaporMg case menjadikan desain Surface tampil elegan dan sederhana melampaui kedua rivalnya.

Soal harga, Microsoft menyatakan akan melepasnya dalam kisaran harga USD 599-999 dengan pilihan kapasitas mulai dari 32 GB hingga 128 GB. Pena-saran? Silakan kunjungi situs Microsoft untuk info menarik serta godaan yang sungguh mengguncang iman. (jhw)

Satu hal yang perlu Anda ketahui, jangan pernah percaya bahwa data yang diamankan dengan password itu benar-benar aman.

Sekuat apa pun password tidak bisa menjamin keamanan 100 persen data atau akun yang Anda miliki. Dewasa ini, banyak orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak bermoral memanfaatkan dan menggunakan segala cara untuk bisa men-gakses atau menjebol password. Para hacker atau peretas biasanya mencari lubang keamanan supaya bisa dengan mudah mengakses data yang mereka inginkan.

Password memang sesuatu yang perlu dijaga kerahasiaannya. Lantas, ba-gaimanakah membuat password yang tidak mudah ditebak dan aman?

Berikut langkah-langkahnya:Buatlah password yang tidak berhubungan dengan diri Anda, istri, anak, tanggal

kelahiran, warna kesukaan, makanan kesukaan, bahkan binatang kesayangan Anda. Semua hal yang berhubungan atau mendekati apa yang Anda sukai pasti akan dicoba oleh orang yang hendak mengakses data Anda. Cara seperti ini merupakan metode social engineering. Akan tetapi jika Anda membuat password “gado-gado”, itu dijamin akan sulit untuk ditebak. Misalnya saja gabungan huruf besar-kecil, sim-bol, serta perpaduan huruf dan angka dengan karakter yang panjang.

Untuk password, buatlah karakter panjang, misalnya saja 20 karakter (untuk program recovery password versi trial akan susah untuk melacaknya).

Gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf, misalnya saja peng-gabungan “#$@!()&^TG!@”. Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.

Gunakan software generator password. Maksudnya untuk mengacak password atau mengenkripsi password. Kelemahannya cuma satu, sulit dihafalkan.

Jangan gunakan password yang ada dalam dictionary (kamus).Jangan menyimpan password pada secarik kertas karena bisa saja setelah Anda

ingat password-nya, Anda membuang kertas itu. Teknik seperti ini juga bisa diman-faatkan, yaitu dengan mengorek sampah untuk mencari informasi yang bermanfaat.

Hati-hati kalau Anda berinternet di kantor atau di lab karena bisa saja seorang peretas sedang beraksi untuk mencuri password. Mereka biasanya menggunakan teknik network sniffing untuk memantau lalu lintas data yang keluar masuk jaringan, termasuk account dan password.

Perhatikan juga sambungan keyboard pada komputer Anda karena bisa saja ada orang yang memasang sambungan (keylogger) pada keyboard.

Gunakan sistem copy-paste untuk menginput password. Hal ini bisa menghin-dari hacking dengan keylogging. Sumber :Rumpitekno

Tak mau ketinggalan dengan inovasi Apple dan Samsung, RIM pun berjuang untuk menyetarakan posisi dan ketena-rannya dengan mengembangkan OS ter-barunya BlackBerry 10. Ketika diumumkan peluncurannya di Orlando, ada tiga fitur menarik yang menjadi taring RIM.

1. Feel the FlowKetika kamu yang ingin beralih ap-

likasi tidak harus kembali ke layar utama. Kamu bisa melihat dan memilih aplikasi yang berjalan di background dengan cara menarik menu dan window dari samping layar. Perpindahan antar aplikasi smoothly, tanpa jeda.

2. Kamera dan mesin waktuDengan software kamera di BB10,

kamu tak perlu khawatir mendapatkan foto dengan mata tertutup karena kamu bisa mengembalikan waktu untuk memi-lih gambar terbaik ketika kelopak mata belum tertutup, bahkan saat kamu belum menekan tombol rana, layaknya mesin mesin waktu yang dapat mengembalikan momen.

3. Smart virtual keyboardSaat keyboard virtual BB10 digu-

nakan untuk mengetik, keyboard akan memprediksi kata berikutnya yang akan diketik. Kata-kata prediksi yang disebut RIM sebagai word suggestions ini, akan muncul di atas tombol huruf awal kata tersebut. Jika kamu ingin menggunakan kata prediksi itu, kamu tinggal menyentuh sambil menariknya ke atas. Jumlah kata prediksi yang muncul akan berbeda setiap waktunya, bisa 3 kata, 5 kata, atau bahkan lebih.

Pihak RIM sendiri mengatakan, BB10 akan tersedia pada akhir tahun 2012. RIM telah memastikan bahwa tablet BlackBerry PlayBook akan mendapat BB10. Namun, RIM belum mengumumkan smartphone BlackBerry tipe apa saja yang mendukung dan bisa di-upgrade ke BlackBerry 10. (kom/jhw)

Doyan Nonton Video di Internet Pertanda DepresiSebuah hasil penelitian baru dari Mis-

souri University of Science and Technolo-gy mengungkapkan bahwa jenis dan jumlah aktivitas internet seseorang bisa menjadi indikator tingkat depresi yang dialaminya.

Orang-orang yang mengalami depresi, menurut penelitian tersebut, sebagaimana dikutip dari Cnet, ternyata memiliki pola penggunaan internet yang berbeda dibandingkan pengguna internet yang tidak mengalami depresi.

“Pola penggunaan berbeda” yang dimaksud antara lain adalah sering me-meriksa e-mail, banyak menonton video,

dan sering berpindah-pindah aplikasi. Para peneliti yang terlibat mem-

inta 216 mahasiswa mengisi kuisioner untuk melihat siapa saja dari mereka yang menunjukkan gejala depresi.Para peneliti menegaskan bahwa mereka tidak melanggar privasi mahasiswa yang ber-sangkutan. Mereka mengatakan bahwa hanya pola penggunaan internet berupa data trafik yang dipantau, bukan daftar korespondensi e-mail atau hal-hal lainnya yang bersifat pribadi.

Kemudian, ditemukan bahwa semakin tinggi gejala depresi yang dialami seorang mahasiswa, semakin tinggi pula jumlah

file yang dibagikan (file sharing), seperti musik atau video yang dilakukan olehnya.

Fakta lain yang ditemukan adalah par-tisipan yang menunjukkan gejala depresi cenderung memiliki angka penggunaan email yang tinggi.

Metode pengumpulan data secara anonim dan tidak disadari oleh partisipan itu disebut-sebut lebih bisa diandalkan daripada metode kuisioner.

Lalu? Untuk apa hasil penemuan itu? Para peneliti berharap data hasil peneli-tian ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi PC atau mobile yang memonitor tingkat penggunaan internet peng-

guna dan mengingatkan mereka apabila ditemukan tanda-tanda depresi.

Data tersebut juga bisa dibuat menjadi program untuk memonitor pola penggunaan internet anak oleh orang tua.Sumber :CNET

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Xpresi Cerpen

15

oleh nanah yang ketika suatu siang Vida memanggilku menyaksikan sebuah pertu-jukan yang dramatis bagiku.

“Ve, lihatlah, aku yakin kamu pasti akan percaya dengan semua ucapan teman selama ini’’, ucap Vida yang sedari tadi mengintip dari kaca ruangan ketika aku sedang membaca buku bahasa Ing-gris. Aku pun mengikuti sarannya, tapi tidak untuk mengintip dari kaca, aku justru pergi ke luar dan menyaksikan dua sejoli yang tengah berhadap-hadapan di bawah pohon yang ada di depan kelas. Suasana semakin riuh dengan kedatan-ganku. Apa mungkin mereka berpikir bahwa aku akan melabrak Fitri yang tak canggung-canggung mengambil bintangku? Ah, tapi aku tak seperti itu, beradu mulut bukanlah tipe wanita sep-ertiku, apalagi untuk main jambak-jamba-kan. Andai bukan masalah seperti itu dan memang dialah yang salah, atau andai dia berani menghinaku, itu barulah aku akan bertindak, melemparkan satu pukulan di wajah manisnya. Apalagi dengan latihan tae kwon do yang sedang kujalani waktu itu, mungkin satu jurus akan melayang. Tapi untunglah itu hanya prakiraanku saja. Bahkan yang terjadi waktu itu, aku berusaha tersenyum dan berpaling pura-pura meminjam buku pada temanku yang ada di kelas lain. Tindakan yang sempurna bukan? Ya, aku harap demikian. Karna dengan kusempatkannya meminjam dan mambaca buku, membawa kepuasan tersendiri bagiku ketika ulangan secara tiba-tiba, membuatku tidak kewalahan, bahkan jawabanku nyaris sempurna.

***Malam ini aku merasa lain, tidak

seperti malam sebelumnya yang terasa biasa-biasa semenjak beberapa waktu yang lalu aku dan Ery nirkomunikasi. Hilang komunikasi membuat jarak yang semakin renggang. Seolah tidak pernah terjadi sesuatu di antara kami. Bahkan sekalipun dalam satu sekolah, hingga pada suatu ketika sebuah kejadian tragis membekukan darahku. Oh Tuhan... bin-tangku didekap kerikil itu lagi.

Waktu berlalu sangat lama. Tiap detik terasa berat untuk dijalani, kisah yang telah lampau masih menyisakan sedere-tan luka, lantaran sebuah kesalahan tentu akan menggoreskan kekecewaan yang tiada pernah lagi dapat terhapus. Sekian lama dirundung sepi tentulah tak ada baiknya, apalagi berbalut bayang-bayang semu dari seorang pecundang. Kini aku berusaha memulai kehidupan baru, hidup dalam dunia yang sesungguhnya tanpa mimpi yang hanya bisa menyakiti. Bintang yang semu telah kuhapus dalam sukma, sekalipun cahayanya berkedip.

Tapi entah kenapa malam ini aku benar-benar ingin melihat bintang. Di bagian utara muncul serangkaian rasi bintang yang membentuk layang-layang, dan panahnya mengarah pada sisi kanan. Mataku mengikuti cahayanya, tiba-tiba saja muncul lagi bintang baru yang cah-anya kadang redup diselimuti awan hitam. Astaga.... ada apa dengan bintangku.

Mega Lestari SimamoraSudah lebih dari tiga persimpangan yang kulalui. Nampaknya lang-kah ini makin goyah, pelan, dan bahkah tak terdengar derapan

kaki yang kuharap untuk melewati jalan yang menanjak setengah tebing, den-gan iringan raja siang yang makin lama makin menyengat. Ah, benar-benar harus terhenti. Ya, bagaimana aku sanggup menyeret kaki yang sudah lelah menjajaki tiap kerikil tajam, berderet sejauh tiga ki-lometer dengan bermandikan peluh yang tiada enggan membasahi sekujur tubuh yang lesuh ini. Jelas aku tak melangkah tanpa beban. Selain menjingjing tas den-gan muatan kurang lebih dari enam buku pelajaran yang tebal dibarengi dengan buku catatan beserta peralatan sekolah lainnya, takkala pikiranku pun terbebani oleh sejumlah masalah yang akhir-akhir ini mengganggu. Awalnya memang kuanggap biasa saja karna aku tak mau ambil resiko, apalagi untuk mengurusi semacam hal yang kuanggap bodoh dan tak penting.

Bisa memang aku berfikir hal itu tak penting. Tapi itu dulu, sekarang aku merasa terganggu olehnya. Apa ia aku harus mendiami setiap pernyataan mau-pun pertanyaan orang sekitar, terutama teman-teman sekolah yang ingin tahu tentang kejelasan hubunganku dengan-nya? Pernah sekali ketika aku pulang sekolah, tepatnya dengan jalan kaki, memang masih sejauh satu kilometer dari Smansa dosa, panggilan akrab untuk sekolahku dulu, begitu tenangnya aku berjalan sambil bercerita-cerita dengan teman, tiba-tiba sebuah kereta lewat dan mengalihkan pembicaraan kami.

Hei, bukankah itu Ery? Vida yang duluan mengalihkan pembicaraan.

Ya, itu memang dia, lantas kenapa? Jawabku setengah kesal.

Oh Tuhan, apa yang terjadi? Lagi-lagi Vida membuyarkan semangatku untuk melangkah melalui kerikil tajam itu lagi. Sebenarnya memang tidak semua kerikil tajam, sebagian jalan sudah diaspal, hanya saja ada yang bolong-bolong hingga mengeluarkaan kerikil, persis sekali den-gan pikiranku yang semakin tak jelas.

Memang wajar kalau vida tersentak dan nyaris pingsan sejak pertama kali dia melihat Ery membonceng Fitry, dengan tangan yang memegang pinggul Eri dari belakang. Seolah memang mereka benar sedang pacaran dan dilanda buih-buih rasa yang mulai mekar.

Lain halnya dengan aku yang sama halnya seperti daun, makin menguning, rapuh, dan mungkin tak lama lagi akan gugur. Semua orang tentu tahu bah-wasanya Ery itu memang dulu milikku. Kekasih dambaan yang terbaik menu-rutku, lantaran dialah sang mentari pagi yang membangunkanku dari setiap tidur. Pelipur lara sekaligus motivator yang tiada henti menopangku, mengubah segala sikap yang kurang baik di matanya dan orang lain. Di samping mentari pagi dialah juga sekaligus bintang malamku, yang sedia menerangi dikala kegelapan

malam menggoyahkan langkahku. Dia memang Satu. Satu bintang yang kupuja disetiap mimpi indah dalam tidurku.

***

“Ve, bukankah Ery itu........... “Ya, lupakan saja dan hentikan semua

omonganmu! tangkisku sebelum ada kesempatan untuk Vida meneruskan keheranannya.

Lantas Vida hanya bisa geleng kepala melengkapi ketidakyakinannya melihat kekasihku jalan dengan Fitry, sahabat Ery dan juga teman satu kelasku sendiri. Dia paham dengan kekecewaanku, lantaran Vidalah sahabat terakrabku semenjak kami kecil hingga beranjak SMA. Segala keluh-kesah dan kepenatan yang senan-tiasa mendekap batinku, dikala matahari terbit dan kembali ke peraduannya, akan kucurahkan pada sahabatku yang satu ini.

Aku kembali berusaha mengalihkan pembicaraan tentang Ery, tapi tetap saja semua teman sekitarku masing-masing berkomentar dan memandangiku. Bahkan aku sampai tak sadar kalau ketidaksang-gupan menahan setiap bola api yang

bertengger mengamati ragaku yang setengah mati, membuatku nyaris terjatuh karna tersandung oleh kerikil yang ada di sela-sela jalan. Mungkin kalau tidak mengikuti kata hati aku bahkan akan menyamakan kerikil penyandung itu sama seperti sahabatku Fitry yang mulai menusuk, berkhianat, sekaligus meny-erangku tanpa syarat dengan mengen-cani kekasih, bintang malamku. Tapi hati berkata lain, dia tetaplah sahabat dalam kelas maupun dalam kelompok belajarku. Aku tak bisa mengait-ngaitkan masalah pribadi dengan masalah pelajaran yang menurutku jauh lebih penting untuk masa depanku. Kali ini aku memang benar-benar diuji ketabahan, tapi untunglah waktu dapat berlalu dengan begitu cepat. Bahkan entah mujijat dari mana aku masih bisa dengan senyum menghadapi tatapan yang menyengat dari setiap orang yang ingin tahu tentangku dan Ery. Memang ia, aku hanya tersenyum di balik sebuah tangisan pahit. Keperihan akan luka yang makin terasa dan semakin dalam. Lengkaplah luka itu tak lagi ber-simbah darah merah tapi justru terendam

Tak Seindah Puisi

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Xpresi Puisi

16

Impian Tak Seindah Kenyataan

ArdiantoXI RPL2 SMK N 4 TanjungBalai

Ku Langkahkan kaki ini tuk Mengejar mimpiDengan Doa KuLekatkan NiatHasrat Dihati Begitu BesarTuk Meraih Segala Impian

Ketika Impian TercapaiDisaat Itulah Hasrat TerlepaskanPuji Syukur Terucap Dengan Kata-kata Indah

Perasaan Yang Gembira Tanpa Sadar T’lah Menghanyut-kanSehingga Kini Kacang Lupa Pada KulitnyaMembuat Hidup Menjadi BerubahTak Tentu Arah

Sayangnya Impian Tak Seindah KenyataanMerasuk Hati Membakar JiwaGejolak Dihati Mengubah HidupMenjadi Kelam Tanpa Sinaran

Chintya Florenz SilalahiXI-IS1 SMA Methodist P. Siantar

Dikala sepi aku terbayang,semua lentera ini akan ku rasakan.tak pernah aku menduga,namun akhirnya terjadi juga.

Kadang ingin aku menjerit,menjerit di alunan syahdu bersama malam ini.

Kadang hati bimbang,kadang hati bingung,ntahapa yg harus aku perbuat .Rasanya hanya pasrah saja lalu terdiam.

Mungkin hati yg tlah memasrahkan,mungkin batin tak sanggup melawan,hanya mampu terdiam dan terdiam,tak bisa bertindak apa.Hanya mampu menepis penyesalan dan penyesalan.

Tak Mampu Berucap

Dea Wina Efendi TambunanXI IPA 3 SMA N 3 Sibolga

Saat ku rasakan...kejenuhan di hati ku...ku ingin kau juga ikut merasakan...apa yang ku rasakan saat ini...dikala kejenuhan menghampiri...dunia ini terasah begitu gelap...

walau mentari menyinari...dan bulan bintang menghiasi di malam ku..andaikan diri mu disini...saat ini bisa masih di dekat ku..menemani sepasang cicin ini...yang hanya terpasang 1 dijemari ku...hidup ku begitu hening...tiada warna-warni seperti dulu...tawa canda yang kudapat kan...tak bisa menghapus keheningan dihati ini...samapi kapan ku merasakan...merasakan kehampaan dijiwa ku...haruskah ku sendiri disini...menuggu hingga kita bersama lagi....

Hening Tanpa Mu

Rindu Untuk AyahDiana Sari2 akuntansi 2, SMK Laksamana Martadinata, Medan

Terlintas sebuah tanyaknapa ayah begitu cepat kesanakerinduan yg slalu datangMembawakan tetesan air mata

ayah..lihatlah kaki-kaki kecil ini merindukanmuMemanggilmu dalam hatiBetapa ku ingin melihatmuKu ingin merasakan kasih sayang darimu

ayah...siapa yang perduli padakukadang terlintas di benakku untuk pergi menyusul mutapi ku ingin tau masih adakah yang membutuhkan ku

ya tuhan...sampaikan rasa rinduku padanyaku kan slalu mengingatnyasbagai ayah terbaikkudalam hati sanubariku.

Kepergiaamu Yang Takku InginkanMaria Anggraini turnipXI Busana 1, SMK N 2 Sibolga

Dulu aku bagaikanMentari untukmuKau selalu memujikuKau selalu berpihak padakuSehingga membuat

Hari-hariku indahTapi...Kini kau beralihPada orang yang lebihCantik nan indah darikuKau pergi...MeninggalkankuBersama bintangYang senantiasa menemani kesedihankuAku tak kuasaMenahan gejolakRindu di hatiAku tak kuasaMenahan api cemburuSaat kau acuhkankuAku tak sanggupBerpisah darimuKarena aku...Masih menyayangimu!Tuhan...Beri aku kesabaranUntuk menghadapi semua iniSemoga hari-harikuBisaku jalani tanpa bersama dia

Meilisa

Langit semakin mendungTanpa kamu di sisikuMatahari seperti enggan tersenyumMelihat ku sedang menangis

Teringat akan saat-saat kita bersamaSaling berbagi cerita

Baik suka maupun duka

Semua itu hancur begitu sajaKau membuat ku jatuh Kedalam lubang yang sangat dalam

Semua itu hancur begitu sajaKau membuat ku tenggelamTenggelam dalam luka yang sangat dalam

Seakan-akan tidak mampu aku berdiriKarena terlalu sakit luka yang kau berikanAku tidak mampu berdiri tanpamuTanpamu aku hanya butiran debuYang tidak tahu arah harus kemana...

TanpaMu

Mateus P SimatupangXII IPA 3, SMA N 1 Tanjungbalai

Dengarlah sayang ,,,dengar dan rasakan ,,,cinta kita akan ku jaga ,,,sampai waktu kan memanggil jiwa dan raga ini ,,,

janji ku akan selalu bersama mu ,,,Bersama untuk selama nya ,,,Meskipun nanti aku jauh ,,,Tapi hati ku tetap untuk mu ,,,Kuharap ,,,Setelah kepergian ku tak ada cinta lain yang menghiasi hatimu dan hatiku ,,,Dengarlah sayang ,,,Dengar dan rasakan ,,,Engkaulah hidup dan mati ku ,,,Engkaulah jiwa dan raga ku untuk selama nya ,,,,

Dengar lah sayang

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Lidya Auria SibaraniX2, SMA Tritunggal Tanjungbalai

Goresan kata yang dari bibir muMenggores luka yang menyakitkanDulu kita sahabat yang tak terpisahkanKini lika yang engkau goreskan takkan bisa terhapuskan

Air mata ku kini telah berakhir untuk muEngkau bagaikan racun yang tak dapat ku minumEngkau bagaikan duri yang tak dapat ku sentuhEngkau telah melukai ku sahabat

Bagi ku sekali benci akan selamanya benciSemuanya tak kan bisa seperti dulu lagiWalaupun darah sekali pun nyawa yang engkau kor-bankan sahabatI hate you

Benci

Syafri SyahputraKelas X, Pondok Pesantren Bina Ulama Kisaran

Para pujangga berkata.......‘’wahai wanita, enkaulah curahan hatiku’’Para sufi berkata.......

‘’wahai tuhan, engkaulah tempat mengadu’’Keduanya bertitihkan cinta yang berbedaYang satu mengenal duania, yang lain mengenal akhiratTak lepas dari cinta, untuk mengunci alasan yang ketatSebagai satu pilihan keselamatanSaat ku bertanya seindah mana duniaSeluruh isinya seakan menggelengTak begitu mengagumi tempat tinggalnyaSeakan menunggu masa depanSaat ku bertanya perihal akhiratSeluruh makhluk tuhan terlihat senyumSeakan menyampaikan pesan bisuYang harus diterima oleh kalbuAku mulai temukan jalanSetelah lintasi jalur labirinBerliku-liku kenyataanBerbuah sesuatu yang tak pernah kulihatNamun aku masih bertanyaSeraya semua menyapaPilih Tuhan, apa dirimu?

Tuhan, Apa Dirimu?

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Xpresi Puisi

17

Redaksi menerima kiriman cerpen, puisi. Naskah cerpen 5000-6000 kara-kter, original dan belum pernah dipub-likasikan di media manapaun. Tulisan dikirim ke email [email protected] atau via pesan Facebook Tabloid Xpresi, tulisan disertai biodata lengkap penulis, foto, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Menuggu SelamanyaRahmi Yunita XI ADM I, SMK N 1 P. Sidimpuan

Ku harap kamu tau aku menunggumu disiniBersama pelangi yang tersangkut di langitAku akan slalu menunggu mu

Pelangi hanya diam sajaLangit pun memancarkan cahaya Bersama mentarinya...

Mereka menemani aku menunggumu...tetap setia tidak akan meninggalkan mu...Pudarnya langit menandakan malam...

Gelap dingin merasuk ke tulang..Tetapi aku tak akan gentar..Aku akan tetap setia disini...MENUNGGUMU...

Reza Perdana SMA 3 Sibolga

kita ingnkan satu perdamaiankita inginkan satu keadilandisaat mata hukum tertutupsemua orang terkena imbas nyadentuman granat kalian itu laknat

merah putih di tiang tinggi dan berkibarterlihat warna nya semakin pudarmahasiswa remaja jangan sampai bubarkumandangkan terus...maju tak gentarseruling bambu nyanyian petanipejabat berjingkrak di atas pentasmusisi jalanan masih berkelas

bergandengan kita semuadi atas kebenaran dan faktagenggam erat tangan inikawan...jangan lepaskankepalkan kuat jarimuuntuk satu perdamaiankita yakin pasti menangdan damai pun datang

satu kata dan satu artiberjuang kita bersamadan demi ibu pertiwiindonesia jaya.....

Tia Merilda Sitompul2 ADM 1, RSBI SMK N 1 P. Sidimpuan

Dia sungguh tidak adilSaat dia berbuat salahAku harus terimaDan memaafkan dia begitu saja

Tapi,, Waktu aku yang salahDia tidak mau mengerti sedikitpunBahkan tidak mau memaafkankuMengapa dia begitu egois???Hanya tahu kesalahan orang lain saja

Sementara dia ??!!!Dia tidak boleh dikritikTak boleh di kasih saranBahkan tak mau mendengarIni sungguh tidak adil

Jujur!!!Aku ingin pergi menjauh darimuTak ingin melihatmu lagiTak ingin mendengar ocehanmu lagiSudah terlalu banyak luka yang kau torehkan padakuLika yang sampai saat ini masih terasa perihSungguhAku ingin benar-benar menjauh darimuDari dirimu yang selalu menyakiti hatiku

Dimanakah Damai Perih Karnamu !!!

S.Marito ManaloeSMA KCK T.Tinggi

Aku beRjalan di tengah keramaian kotaMelangkah seperti tak tahu arah jalan bimbang akan kenyataan hidupketika mengetahui diri nya tlah jauh

jauh dari pandangan mataTak ada tersirat di benak ku& tak ada terpikirkan oleh kujika matahariku akan pergipergi jauh meninggalkan kuhingga sinar hidup ku pun padamTuhan.........Biarkan cinta ini ikut pergi bersamanyabiarkan cinta ini merangkul erat tubuhnyabiarkan cinta ini tinggal di hatinya selamanya hingga tangan Tuhan menyatukan ku dengan nya

Jeritan Cinta

Haris Mubarok Srg

KAU tak tau apa yang kau lakukan sebenarnya Tapi hatimu terus gelisah Demi harus menghidupi orang yang engkau cintai Kau rela lakukan apapun untuk

mereka Kau mencuri,mencopet

Itu adalah perbuatan dosa Tak tau kah ,engkau; apa yang engkau lakukan Nampak nya kau tak pedulikan itu Karna kau harus melakukan apa yang belum pantas engkau lakukan

Untuk demi menghidupi kedua adik muTiba –tiba kau dipergoki sedang melakukan aksi muHati mu gelisah kau tak tau harus berbuat apaKau berlari dan terus berlariDan kau pun tertangkapDengan rasa sesal di dada kau berpamitan kepada kedua adik mu

Kebaikan di Balik Kejahatan

Retno Amalia PratiwiXI IPA 1, SMA N 3 Sibolga

Tak cukup 1 menit mengenal muTak cukup 1 jam mengetahui muTak cukup 1 hari memahamimuTak cukup jua 1 bulan memper-cayaimu

Aku tahu ada dia sebelum akuAku tahu dia yang dulu kau cintaAku tahu dia masih ada di benakmuAku jua tahu dia masih inginkan dirimuKau berusaha yakinkan Rasa itu tak ada lagi untuknyaKau memaksaku agar aku percayaNamun, tetap saja hati ini raguKembali saja padanyaKembali jika kau masih cintaAku tak apaWalau aku terluka

Melepasmu

Nolvia WijayaYayasan Perguruan Samanhudi, T. pura

Dahulu aku dan kita bersama..Tertawa ria bersama..Dahulu aku dan kita sepermainan..Mengarung permainan ceria..

oh...tidak..tidak..tidak kuat rasa di hatiMembendung rasa rindu di hatioh....cenat cenut di hati...Terdesak ingin mengulang senang di hati..

Mengarung Petualang bersamadalam hujan tiada beca..bece..dan bece..Terdesak keinginan tak ada logika..Ingin kembali pada kenangan aku dan kita..

Waktu malam berlalu di suatu nanti...Nuansa bening dan hening tercipta nanti..Senjaku,Senja kita... berlabuh pada kenangan.. Kenangan aku dan kita tersimpan baik di lubuk pelabu-han hati..Hngga sekarang..nanti...selamanya atu forever..

Kenangan Aku dan Kita

Gabriella XI IPS, SMA Tritunggal Tanjungbalai

awalnya...aku takut untuk menatap sekitar kku..semua yang terlihat hanyalah..hitam..hitam.. dan hitam..sejenak ku berfikir..

apakah ini yang dinamakan dengan”GELAP”...dalam hati ini bertanya-tanya...tetapi,,apakah itu....sesuatu yang membuat matakkuh ..dapat melihat semua yang ada di sekitar kkuh..lalu ku termenung..dan kembali bertanya dalam hati..apakah ini yang dinamakan dengan “CAHAYA”..kkuh terdiam dan tertegun ...mengapa semua ini sama seperti diri kkuh..yang takut akan CINTA...namun selalu berharap agar ..CINTA datang menghampiri kkuh..bagaikan “CAHAYA DALAM GELAP”..itulah AKU...

Cahaya Dalam Gelap

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII 18 Juni 2012 I Edisi 75 I Tahun VII

Xpresi Resensi

18 Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Seiring dengan announcement pembatalan Spiderman 4, proses pembuatan The Amaz-ing Spiderman pun dimulai

oleh sutradara Marc Webb. The Amaz-ing Spiderman bukanlah lanjutan kisah Spiderman yang lalu. Film ini merupa-kan reboot yang menceritakan super-hero sama namun dengan alur serta musuh yang berbeda dari awal.

Kisahnya masih seputar Peter Parker (bukan lagi diperankan Tobey Maguire melainkan, Andrew Garfield) seorang siswa SMA yang setelah kehil-angan orangtua sejak kecil, diasuh dan tinggal bersama Paman Ben (Martin Sheen) dan Bibi May (Sally Field).

Peter yang masih remaja berusaha menemukan jati dirinya dan menjadi lebih dewasa. Peter pun jatuh cinta kepada siswi di sekolahnya. Kekasih pujaan Peter pun ikut dirombak den-gan menghadirkan Gwen Stacy (diper-ankan oleh Emma Stone) sebagai ganti MJ (Kirsten Durst). Bersama Gwen, Pe-ter saling berbagi arti kekuatan cinta, kepercayaan, dan juga rahasia.

Seiring waktu berlalu, Peter dih-adapkan pada kasus misterius yang menghubungkan dirinya dengan masa lalu ayahnya. Ia lalu menyelidiki misteri menghilangnya kedua orangtuanya

yang kemudian membawanya ke Os-corp dan sebuah laboratorium peneli-tian milik Dr. Curt Connors (Rhys Ifans) yang merupakan rekan kerja ayahnya.

Peter dan alter-egonya sebagai Spiderman akhirnya harus berhadapan langsung dengan Dr. Curt Connors yang memiliki alter-ego yang sangat berbahaya sebagai sosok The Lizard. Peter pun kemudian menggunakan kekuatan yang dimilikinya untuk men-erima takdirnya sebagai seorang Pahl-awan.( jhw)Data Teknis:Sutradara: Marc WebbProduser : Avi Arad Laura Ziskin Matt TolmachMusik : James HornerSinematografi : John SchwartzmanEditor : Alan Edward Bell Pietro ScaliaStudio : Columbia Pictures Marvel Entertainment Laura Ziskin Productions Avi Arad Productions Matt Tolmach ProductionsDistributor: Columbia PicturesTanggal rilis: 28 Juni 2012 (Eropa) 3 Juli 2012 (United States)Durasi : 136 minutes

Starting From Zero: Reboot of Spiderman Penulis : Jefferly Helianthusonfri , Java Creativity

No. Id. Elex : 121121051ISBN / EAN : 9786020026671 / 9786020026671Jumlah Halaman : 224 Berat Buku : 250 gram Dimensi( pxl ) : 210 mm x 140 mmPublished Date : Rabu, 23 Mei 2012Harga : Rp 41.800

Apakah Blog Anda sepi pengun-jung? Ingin mendatangkan ribuan pengunjung dalam waktu singkat?

Ingin mendapat Ranking 1 di Google? Buku inilah jawabannya. Sebuah buku yang berisi 111 trik agar blog Anda banjir kunjungan (traffic). Dalam buku ini dibahas trik yang akan menginspirasi cara untuk mempromosikan blog Anda guna mendatangkan hingga ribuan pengun-jung setiap harinya. Trik-trik yang dibahas dalam buku ini sangat inovatif, baru, dan pastinya telah terbukti berhasil.

Setelah membaca buku ini Anda tidak akan kehabisan ide untuk berpromosi blog Anda sehingga ribuan pengunjung di internet dapat Anda tarik dengan cepat dan mudah. Pembahasan dalam buku ini dikemas dalam bahasa yang mudah dimengerti dan cocok untuk semua

111 Trik Agar Blog Banjir Kunjungan

kalangan, termasuk bagi Anda yang baru pertama kali belajar blog. Kalangan pe-mula dalam dunia blog dapat menjadikan buku ini sebagai sumber belajarnya untuk meramaikan blog yang ia miliki.

Berikut beberapa trik yang dibahas dalam buku ini:

- Jurus jitu SEO untuk mengoptimal-kan artikel Anda supaya masuk peringkat satu mesin pencari.

- Trik ampuh untuk memikat pengun-jung blog Anda supaya mau mengunjungi blog Anda terus menerus.

- Bagaimana membuat ebook yang bisa digunakan untuk promosi blog.

- Berbagai trik untuk menjaring pengunjung blog melalui jejaring sosial Facebook dan Twitter.

- Beberapa plugin SEO ampuh untuk blog WordPress yang Anda miliki.

Penulis : Aleysius H. Gondosari Ukuran : 13.5 x 20 cm Tebal : 200 halaman Terbit : Mei 2012Cover : SoftcoverISBN : 978-979-22-8489-8No Produk : 20401120106Harga : Rp. 45.000,-

Rahasia 5 Elemen untuk Cerdas & Sukses

- Apakah rahasia Sri Mulyani dalam menyelamatkan ekonomi Indonesia dari krisis ekonomi 2007-2010?

- Apakah rahasia Bill Gates sehingga dikenal sebagai tokoh bisnis dunia?

- Mengapa Steve Jobs dikenal sebagai genius di bidang inovasi dan desain produk?

- Apakah rahasia karakter dan kecerdasan tokoh-tokoh dunia lainnya seperti Mahatma Gandhi, Leonardo da Vinci, Einstein, Yohanes Surya, Tiger Woods, dan Lionel Messi?

Setiap Manusia memiliki 5 elemen spiritual dan 5 elemen fisik, yang direfleksi-kan dalam karakter, kecerdasan, kecocokan karier, dan kesuksesan. 5 Elemen spiritual adalah jiwa, hati, pikiran luhur, pikiran bijak, dan pikiran fisik. Sedangkan 5 elemen fisik adalah eter, udara, api, air, dan bumi. Kelima elemen fisik ini sebenarnya merupakan

refleksi dari 5 elemen spiritual.Masing-masing elemen memiliki sifat,

karakter, kecerdasan, dan energi yang berbeda dan saling melengkapi. Semakin banyak elemen yang dominan, berarti semakin banyak kemampuan dan energi jiwa, hati, serta pikiran yang direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari.

Energi 5 Elemen spiritual dan fisik meru-pakan bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Kita harus menyadari segala po-tensi kita, lalu mengasah dan memperkuat untuk meningkatkan karakter, kecerdasan, kecocokan profesi, dan kesuksesan. Inilah yang dipaparkan dalam buku ini.

Lalu, apakah DNA sukses itu ada? Apakah ada hubungan DNA dengan kara-kter, kecerdasan, dan kesuksesan? Anda juga bisa menemukan ulasan menge-nainya dalam buku ini.

Semua buku yang dipublikasikan adalah hasil kerjasama antara STIE - STMIK IBBI (Tabloid Xpresi) dan Gramedia of Book Publishing (GoBP)

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII 19Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Xpresi Opini

Tak terasa, 16 Tahun sudah usia STIE - STMIK IBBI Medan telah menjadi catatan sejarah emas di Kota Medan atau Sumatera Utara

pada khususnya. Sebagai salah satu PTS yang ada di Kota Medan, selama 16 tahun ini terus berkiprah bagaimana memban-gun Sumatera Utara melalui pengemban-gan SDM yang unggul, inovatif, kreatif, dan berahlak melalui layanan pendidikan tinggi yang bermutu. Setelah 16 tahun IBBI, bagaimana kedepan perguruan ting-gi ini dapat berkirpah lebih maksimal bagi masyarakat Sumut tentu menjadi harapan masyarakat. STIE - STMIK IBBI sudah ikut memberikan akselerasi pembangunan Sumatera Utara dengan pengembangan mutu SDM yang berkualitas. Artinya, IBBI bertransformasi membangun masyarakat ilmiah di Sumatera Utara agara kehidupan ilmiah bisa diterapkan dalam berbagai interaksi masyarakat.

Ditengah berbagai problematika pen-didkan di negara kita sekarang ini, salah satu yang harus fokus dibenahi oleh pe-merintah adalah pendidikan tinggi. Masa depan sebuah bangsa sangat tergantung sejauh mana bangsa tersebut punya mutu pendidikan. Tentu mutu pendidikan sangat didukung oleh perguruan tinggi di negara tersebut. Kebangunan sebuah negara bangsa (nation state) dipengaruhi (influence) oleh jumlah kaum terdidik (intelektual) yang dimiliki oleh sebuah bangsa. Dalam konteks negara kita, dimana akses masyarakat masih terbil-ang rendah masuk ke pendidikan tinggi, bagaimana dengan kondisi negara kita sekarang ini?

Studi komparatif mengatakan kita sungguh ketinggalan jauh dengan negara Malaysia dan Singapura. Sebagai negara tetangga, yang kita klaim sebagai satu rumpun, saudara tua mereka terus berlari dengan segudang kemajuan yang mereka raih. Di bidang ekonomi dan teknologi kita kalah. Inilah konsekuensi dari pendidi-kan tinggi yang sangat berperan dalam mendorong kemajuan sebuah bangsa. Malaysia dan Singapura sekarang menjadi salah satu kekuatan ekonomi di Asia. Mer-eka unggul dalam segala dari negara kita. Inilah yang pantas kita tiru dari mereka,

16 Tahun Yayasan Pendidikan IBBI:

Transformasi Menuju Masyarakat Ilmiah

sebuah negara yang dibangun di atas fundasi SDM yang bagus dan unggul melalui pendidikan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai subsistem pendidikan nasional mempunyai misi menyiapkan peserta didik menjadi ang-gota masyarakat yang memiliki kemam-puan akademik dan/atau profesional serta mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks) untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Perguruan tinggi Indonesia membutuhkan transformasi, peromba-kan secara menyeluruh; bukan sekadar perbaikan, dan bukan sekadar reformasi, juga bukan sekadar meningkatkan dana pendidikan. Transformasi tidak hanya menyangkut perubahan kurikulum tetapi seluruh sistem harus berubah, mulai dari filsafat pendidikan, visi, misi dan tujuan, arah dan strategi, sampai birokrasi di perguruan tinggi. Profil manusia Indo-nesia baru keluaran perguruan tinggi harus memiliki dimensi-dimensi sebagai berikut: beriman dan bertakwa, beridenti-tas Indonesia, menguasai ipteks, bersikap demokratis, bertanggung jawab sosial, percaya diri, kreatif dan kritis, dan berdisi-plin serta patuh dan taat pada peraturan, hukum, dan undang-undang.

Masyarakat Indonesia baru yang kita cita-citakan adalah masyarakat terbuka,

artinya komunikasi antarmanusia dalam berbagai arena kehidupan akan bebas dari hambatan-hambatan dan tekanan-tekanan. Dalam bidang bisnis, misalnya, hambatan-hambatan dalam berbagai tarif semakin dipermudah dan bukan tidak mungkin seluruhnya akan dihilangkan. Dalam bidang sosial-politik, arus demokratisasi dan hak asasi manusia sedang melanda berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia seka-rang dan di masa depan.

Dalam bidang budaya, tampak adanya suatu gelombang besar berupa mun-culnya ide budaya global yang melanda seluruh pelosok dunia dengan kemajuan teknologi informasi-komunikasi (infokom). Demikian pula, dengan semakin mu-rahnya perhubungan udara, komunikasi antarmanusia bukan hanya lebih cepat melainkan lebih murah, misalnya, adanya teknologi internet, e-commerce, e-busi-ness, teleducation, telebanking, teleshop-ing, dan lain-lain. Pengenalan terhadap budaya, bangsa, dan negara lain di dunia sekarang merupakan suatu prioritas yang tidak dapat dielakkan.

Dengan adanya dunia tanpa batas, perdagangan bebas di kawasan ASEAN (dimulai dari AFTA 2003), dan dunia yang semakin terbuka, umat manusia lebih saling mengenal satu dengan yang lain, lebih saling mengenal kemampuan suatu bangsa, saling mengetahui kekayaan dan kebudayaan bangsa-bangsa lain. Dengan sendirinya, manusia semakin memperoleh pengetahuan dan informasi yang lebih banyak dan horizon yang lebih luas dan bervariasi.

Kehidupan masyarakat Indonesia baru juga menuntut keunggulan dan produk/karya yang unggul pula. Hal ini karena masyarakat baru adalah masyarakat yang terbuka, yang memberikan berbagai jenis kemungkinan pilihan (alternatif). Dengan sendirinya, hanya manusia unggul yang

Oleh: Jonson BS Rajagukguk, S. Sos, SE, M.AP

Dosen Sosiologi Ekonomi, Etika Profesi, Pendidikan Kewarganegaraan STIE IBBI dan

STMIK IBBI Medan

dapat survive dalam kehidupan yang penuh kompetisi dan ketidakpastian serta menuntut kualitas kehidupan baik dalam produk maupun service dalam kehidupan bersama.Untuk menuju masyarakat Indo-nesia baru sebagaimana dikemukakan di atas, dirasakan perlu untuk menata ulang tatanan kehidupan pendidikan di masa lalu dan tuntutan untuk mewujudkan suatu tatanan baru dalam memperoleh nuansa pendidikan yang lebih baik. Dunia pendidikan (tinggi) sangat memerlukan adanya transformasi untuk memperoleh tatanan pendidikan nasional yang lebih bermakna sesuai dengan tuntutan zaman dan generasinya.

STIE - STMIK IBBI sudah 16 tahun melakukan transformasi tersebut. Ribuan alumni STIE - STMIK IBBItersebsar di belahan Sumatera Utara dan negara ini diharapkan menjadi agent of change bagi masyarakat. Atau STIE - STMIK IBBI mampu bertransformasi menuju masyarakat ilmiah sebagai cita-cita kita bersama. Sebuah masyarakat yang punya pola pikir masa depan, punya visi masa depan, punya metodologi menyelesaikan semua masalah dalam kehidupannya merupakan bentuk dari masyarakat ilmiah yang sesungguhnya.

Setelah 16 tahun dan terus menda-pat dukungan masyarakat sebagai salah satu PTS favorite di Sumatera Utara, kita berharap STIE IBB dan STMIK IBBI terus membenahi dirinya dengan berbagai fasilitas dan kurikulum yang sesuai den-gan kebutuhan masyarakat. Juga pem-bangunan karakter mahasiswanya seh-ingga punya tiga kecerdasan. Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan intelektual (IQ), dan kecerdasan sosial (SQ).

Pembenahan dan perubahan kuriku-lum sudah dilakukan secara rutin untuk mengenatisipasi segala bentuk kemajuan jaman. Semua itu dilakukan sebagai wuju STIE dan STMIK IBBI punya panggilan da-lam membangun manusia yang unggul, berahlak, bermoral di Sumatera Utara se-bagai modal dasar pembangunan bangsa. Semoga setelah 16 tahun STIE IBBI dan STMIK IBBI terus mendorong transformasi masyarakat ilmiah agar kita bisa menjadi bangsa yang unggul, kuat, dan diperhi-tungkan oleh semua bangsa. Harapan ini sangat realistis dan bisa kita raih meng-ingat komitmen STIE IBBI dan STMIK IBBI pada dunia pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Disamping itu dukungan masyarakat dan pemerintah juga pada STIE dan STMIK IBBI sangat perlu. 16 tahun sudah perjalanan STIE - STMIK IBBI menjadi catatan emas di Sumut. STIE dan STMIK IBBI hadir untuk membantu anda meraih masa depan melalui investasi manusia (human investment).

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Surat Nyasar

20 Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Hy shbt xpresi,q pndtg bru,nm q fai dullah nst..kls XII SMK SITI BANUN SIGAMBAL RANTAUPRAPAT,slam buat tmn2 q di SMK SITI BANUN,ttp smgat & bwa nama baik sklh kt ya,kejar cita2 tmn2 ya.thankz you. (085275594268)

hay. . .shbat Xpresi,, q artha ulinaq pendatang brue nie..q klz X skull di SMA GM MEDANQ mau ucapin med ultah buat papa q yg ke 50 thn moga papa mkin sukses jh ma mkin syank ma kluargaamin.thankz ea shabat Xpresi:).(087766197196)

Hy.....SrAt nYsar,,!!qu pnDtaNk bRu nEw, nMa qu tHary, dri sMa pLuz ryA, qu lGi gE gLau ne kRna oRg yG cLama nEw qu cyAnk’i trNyta mAen gLa ma cohibz qu dbLkang qHue, n yG lBih pRah na gE, mPe cKrang dya tRuz2’an gngu qHue n gc pRnh bRfkIr kEx mNa pRsaan qu..!! N que mW uCaPeen mCacHi bWt cMwa rAnk yG dha nYkitin pRsaan qu, wLpoend kLen gc prNah cDar lw clMa new qu dHa kLen cKitin, tRtama kMue cHayank...qu cHyank ma kMue, Vhie qmu gc prnh bZa ngrtiin qu, n tlg jaUhi qu, qu rEla kMu ma coHibz qu.(087892267969)

AsSaLammu’aLaikum..Haii sobat Xpresi ..aKu Pendatang baru niih .Nama aKu Yunita aLawiyah dari MAN 3 Medan keLas XI IPA1 ..SaLam yaa bwt soHib* aku di MAN 3 .Khususnya buat geNk awag D’KeJora:)ada iCha , n maLa..& terutama buat orang yang aku saYangi R.P:*Miss U ..Makasii yah tabLoid Xpresi !!mOga makin jaYa:).(087869316134)

Hy cwbt2 expresy. . , ne q armina nak SMA N 1 SBLG, q mw mnta doa’a cwbt2 donk, yar mga z dx q msuk d cklh yg inginkn’a.Owh ea, lw mw lbh knal ge ma q, bleh call/message k num ne 085358506587, thnx ea cmua’a . . .(085358506587)

Hy tabloid xpresi aku sonya utary, aku mau Salam buat semua anak-anak TAMAN SISWA Binjai :)Buat temen2 aku kita selalu kompak ya ! Dan buat xpresi selalu sukses ya, dan tetap maju trus..#x-4 SMA TAMSIS Binjai .(087868806101)

hay cMua ny.. . . . .-nMa kug Vivie aLviTa....., akhu dari SMP Al-washLiyah 8 MedaN . ., maw ttip sLam nue buat sodara2 kug d kmpung, and bUaT abg dn KkQ klass kug yg udc Tamat, , dn buaT maNtan kug yg jauh d sna. .”aKhu hrap smua yg jauH ma q akn sLalu dkat d hati Q. .”waSsaLam yyyea-ViviE-.(087868358225)

Ass,hy surat nyasar,aq nizza pndatang bru nie,anni mo krim salam am anak akper columbia asia medan.Salam perjuangan tmen..Aza-aza fighting.(087768450389)

hy guys shbt xprsi. . .pha kbar’a ni, nma aq nita ru lulus 12 Akuntnsi dri SMK BM TELADAN medan, mw krm2 slm leh kn bwt tmen2 yg uda 2 bln gk jmpa gy, nita kgeeen bgt . .thanks yha shbt xprsi smga tmbh sukses n mkin jaya . .amin, .:).(085362825792)

Hy sAhAbAt Xpresi..... Nih lely dr SMA N 1 SIANTAR. 0y, lely pNgen ngJak tMn2 sHbat Xpresi wat GaBung sBg rElawan aNti NARKOBA.Ikutan gaBung yuk.....“MARI KITA SELAMATKAN KEHIDUPAN BANGSA” dNgan mN-jauhi NARKOBA.@_say no to drugs_@But, *_say to healthy_*... ^~^.(087892199599)

Hallo,,,Surat nyasar, ada pendatang baru nih... Namanya Dina hayati, it’s my name. Mau nitip salam bwt alumni SDN 060810, kangen sma temen” uda lma ga contact lgi.. Nope’a jga ga ada.. Con-firm donk ke fb : [email protected] : @dina_elgreensDitunggu ! Enjoy.(085761378910)

Heii.. Tabloid XpReSii aku fia dari SMA N 1 T.pura.. Akku pen-datang baruu nie,, mau TisAm untuk anggota pramuka 11.491-492 semoga mangkin KOMPAK azha yaa.. SALAM PRAMUKA :).(082364903181)

“Jka ad s’bUah cnTa yg tuLuS,ia tak meNyiksa,naMun meNg-iSi,,$ia taK meMaksa,naMun meNgerTi,,,ia tdk dTng dgN kaTa2,naMun meNgHampri dgn haTi.ia tdk dtNg krna prMintaan, nMun sNantiasa hdiR kRn kTLu-san,,..#ia tdk hdiR krNa k’kyaan,nMun hdir kRn pngorBnan N ksE-tiaaN,,,?kiTa d dunia bk4n meNcari sEoRg yG smpUrna tUk dcintAi...!Tp,beLaJar mNcintAi 0rg yG taK smpUrNa dgN caRa yg sm-pUrna..?hai gue sely di binjai buat semua cwox agar mencintai wanita dgn sepenuh hati gue anak bru pgn gbung nea email [email protected](087891828680)

Hy surat nyasar,Aq sella anggraini,nak SMK PUTRA ANDA BINJAI..Aq maw ti2p clam ne buat mantan aq yg ada d batam namanya chandra,aq cma blg aq kangen ma mamtan aq yg skrg jauh dri aq.Aq berharap kta bsa bersama lg ya chandra...(08973709593)

hy sahabat Xpresi, aq wita hutabarat d’Medan..mw ti2p salam bwat kawan2 aq d’smantig Medan & kakak q yg imut2,Buat tabloid Xpresi ‘wish you all the best’:).(085761089505)

hAy sAhabaT tabLoid...aKuh mW tiSlaM ma alUmni SMP N 1 bEsiTang yaCh...seMua nA cLm kNgen ajJah...n’ bWt paCar kUh trCinta di LANGSA...I miSs u yaNk...by: ayU.(085358420577)

Hy , z0bAt ZrT NyaZar :)Ne cHiNtya nk SmA tRitUnGgAL taNjuNg bALai .Mw zLm2 d0nK buaT KkK aQ yG da di MeDan And buaT Mami Q yG LagI mZk eNak .DaN UgHa buaT papI aQ yG ud berZama TuhaN .Dan gK Lupa uGha d0nK bUat nK sMa tRitUnGgAL Tg.bAlai .Yg kaN mEnjaDi pEneRuz bAnGzA Nan bAiK .Trz gK LuPa buaT sEsEoRAnG yG da buaT aQ cKt haTi sEkaliGuZ yG da BeRhzL mEncuRi haTi Q dAn tK mw MeNgeMbALiKAn Na .AyO baNgkiTKaN pRezTasI anK baNgzA :) =>> £uKh@ DiZin! <<=.(087748617353)

Mqc0emMZ.....Aque,pndatang bru aque mau titip claem d0ng buat my fam-ily aque yg jauh dri aqueE,m0ga baex2 clLu,,and clLu ingt ma aqueE nya ea.Claem kangend ,rindu .From: yuly.And buat yg mau knal ma aque.085763302066.Mksh’.(085763302066)

Hai :)Sobat expresi...aku Astika mariana dari methodist 2 rantau prapat mau nitip slm bt anak” methodist 2 khusus nya kls x-b mdh2an pda naik kelas mua& bt shbt”ku putri,desi,awy bintang & derli wlu nanti di kls 11 kt brda di kls yg brbeda krna jrsn kt pd beda” mdh2 kt ttp sma” krna friendz zuy menyatuhkan kta.(085763004295)

Asslkum..Hy SURAT NYASAR TAB XPRESI . . :)aku dedi di medan.. Aku pndatang bru ni..!!Buat anak muda,.bergegaslah untuk memilih hidup yg lbh baik,.bulatkan tekat mu,.prcya lah,smesta pasti mndukung,.jgn lupa sujud syukur kpda ALLAH..untk shbt SURAT NYASAR blh knal dgn aku.. Ni nmer aku 087868563577. Mksh.(087868563577)

as”mualaikm rekan2 smua........ aq harap smua baek2 z ya........ nama q ayu cmn ingin mnyampaikan.......... baik2 lah dlm bergaul ........ baik2 lah dalam blajar......... jika ingin mnjadi org sukses jangan lpa berusaha dan berdoa.... berusaha tanpa ber-doa tidak akn bsa..... bgtu jg brdoa tanpa berusaha...... karna smuanya akan sia2......... by ayu alumni smk harapan bangsa kuala.... da buat kk....adk.... atau abg....... rekan2 smua.... smga brhasil dan sukses .... amien.............:).(087713859220)

meChom,,beST FrienD Xpresi all..Nm aq kiSMa nich,,oea q mau krim” slaM NE M My best friend Yg ad s PERDAGANGANn,yaitu Tika,Sri,fi3,NUrul, anD BNYk age lah,n q mau ucapin iLOve U mam , i MIzz u maM,N MGa buat tabloit exprez mngkin sukses ea, .....( 085261091308)

Hy Xpresi...Aq pndtng bru ne,nma aq : EFRIDA ULI Slbnklz : X1 ips SMA R.A.KARTINI sei rampah.(087744743362)

Aq mw krim slam ne bwt tman2 aq yg ad di SMA klz : X dn X1 ips dn ipa di skolah W.R SUPRATMAN 2 smga naik klz 3 SMA y dn tetap smngat dn pnuh ceria dn tngkatkn nilai yg lbih bgus di bndingkn tahun yg lalu aplg berikan hdup klen mnjdi hri yg baru dn aq mw titip salam sm kenny robert di klz : X1 ipa by efrida uli.s.(085762595842)

Asslamulaikum ....hy shbt expresiaku pndatang, bru ni..nama q purnama klz XI-IA 1 Di SMAN 1 Hnaida kta2 ni buat kalian sahabat expresi“hidup pasti berarti apa bila di sertai dengan bnyak aktivitas yg membuat kta bahgia”dan 1 lgi kbhagian yg sempurna dpt membahagiakan org” sekitar” oya aku jga mau kirim slam nich wat teman”kuicha, dara dinda nita eva n wat k2an klz n ntuk smua ny dech..n smua tman” sklz q.. mkasih wat semua shbt expresi....hAii soBat xpresi :) ,sLm knaL yia,,, akuh aStri daRi SMA n 3 bin-jai. krm sLm yia kHusus ny bwt tMen2 di Smantig biNjai, bwt tMen2 xpresi, bwt sMua ny dech ;) oia,,add juGa fb astri yia ,, [email protected] .mkacii :)~Astri Ayuningsih Panjaitan.(083194429285)

hay sahabat eXpreSi :) aku susi ani saragih dri SMA PaDang Tualang kbupaten Langkat.mau kirim salam buat temen* ekspresi.n Buat Temen Ku yg ada Di SmP n 9..titp rindu buat ka-lian..kalau dha maw jadii temen aku sms ke no aku iia....okayy..bye.(085760700225)

Hy sobat Xpresi...Hidup inie bgtU siNgkat. Antara adzan dan Shalat...LahIr qta di adzan kan dan MATi qta di shalat kan. So, jgn sia” kan waktU anda walaupun seDetik.Oiya, aQ Rahmat Hidayat,XI-IS 1 SMANsa tg.balai,Mau titip salam sama Lidya Pratiwi yg ada di Binje,trus.. Buat kk Q Yg ada di Sekip,Medan.yg semangat Dan juga aNk” SMANsa. SalKom-Sel :).(087807042012)

Askum sahabat Xpresi:) aku pendatang baru .Aku Octavia kelas X SSN 1 SMAN 3 LANGSA , mau titip salam buat temen* sekolah aku terutama dika , rika , nicky dll:) Nd salam sayang buad pacar aku :)FAUZAN:* Louph you all...#KEEP SPIRIT.(087747788551)

Hy sahabat Xpresi ..Aku Erwin Kelas XI ips . Titip salam Buat tman2 yg Ad di SMA Tri Ratna Sibolga,smoga di ujian smester 2 ini,nilai2nya bgus2 dan smua naek kelas .Saddu .oy,shabat xpresi,Add aq lwat fb ku ya ,..!Erwin Kwaci D’Prinx .(085275452878)

Ass..Slm knal aq pndatang bru niie,aq pngen slam2 bwt kwnd2 q d’klas ipa n mntan q,moga mkin skses qta ya woi msuk k’klas bru,oia krim slam jga ya bwt orng2 yg q syank yg skrang niie jauh dri q moga qta bz brtmu,,By:raviqah aulia jacksonSMA YPI AMIR HAMZAH XI [email protected] yaa.(083199275701)

Seandainya keberhasilan itu karna KETURUNAN, ternyata kar-ena ‘KETEKUNAN’.Seandainya yg paling BERHARGA adalah uang dan emas per-mata, ternyata yg paling BERHARGA itu ‘KESEHATAN dan nama BAIK’.Seandainya ‘SUKSES’ itu hasil ‘kerja keras’ ternyata hasil ‘KERJA CERDAS.’ Seandainya Allah selalu mengabulkan setiap PER-MINTAAN, ternyata Allah hanya memberikan apa yg kita ‘YA-KIN dan FOCUS dalam HATI NURANI’. Semoga menjadi prib-adi pandai IKHLAS, pandai BERSYUKUR sesudahnya. Sahabat sukses dlm hidup ini selalu berawal belajar dari pengalaman masa kemarin, yakin dan percaya sepenuhnya dlm hati apa yg kita inginkan terkabul. TENTUKAN TUJUAN + YAKIN + BAYANGKAN + LAKUKAN + IKhLAS di HATI = keajaiban SUKSES. Denny Forever For You (0819 82 3642)

Hy Xpresi..Ak hERn¡Ta d Lgboti-Balige.sk0Lh d smansa Lgboti.bwt mmuagh na ea..”bwat lh hri2 mu smpRna N’ tdk mrugiKn or-agK LaÈn” ! CLam ny bwt tmen2 qh<ApSHerHaNoLa> mskpun qTa cmua dda jaUh..tp rSa in ttp inDAgh.:).bwt s0bat Xpresi,Cia yo0Uu. .(085354141762)

Hallo shbt expresi....Salam kenal yeach buat tman2 cemua....Aq CHRIS SANLY SITIO.SMA N 1 SIANTAR las XI IA-2.“ Hidup akan lebih berarti bila kita selalu berusaha,Untuk tumbuh dan bekerja meraih cita-cita”.Dan untk las XI IA-2 utama’n belajar dr pd pacaran yeach,

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

moga qta sukses d’kemudian hari.Thanks tabloit expresi.SPIRIT......(085763515442)

Hay s0bat exprEsi,,,,pendatang brU niEnama aQ issabElla dari SMA kELUARGA sibolga,mau ti2 salam aja ne’buat keluarga tercinta yg disana’,,,,,lagi galau ne,aq udah puTus m cowok aq 3 yg lalu,tp ampe s’krag aq gak bisa gantiin dia dgan cowok manapun,sementara aq gak tau dia mase suka p gak lag m aq,gimana doNK cra uNtk BIsa lupainNya,tolong kaseh saran ya’ke n’(087768377415)

HaAYyy ... TaBLoiD ExPeSi ... nIe gUa MiThA dHinDa LeStArI TaNjOeNK ... gUa dRi SmKn 1 sIBoLgA ... GuA kLz Xl AdmInIs-TrAsI pErKanTorAn ...mW cUrHaT nIe,gUa PnYa ShObAt, gUa tManAn mA dyA uD 1 tHunAn, EgK tW kNpA aKhIr- aKhIr NIe pRaSAan GuA bRbDa aJ Lw DkAt dYa, SLah Pa KgAk SiE SkAk Cm shObAt CnDiRi ...KsI cOmEnd Na YaCh ShaBaT eXpResI, hUb k nUmb GuA nIe Aj ... (087891424825)...

Haii ..Sahabat expresii :)Titip salam buat koko gw Seng liang yg kuliah di IBBI .n koko octo yg mau lanjut k IBBI .Ciiayoouu . Semangat ya tinggal d medan sendiri :)n buat abg asuh w Ronald Fernando Nainggolan yg mrangkap jdi my dear .Makasii ud jagaiin w .Nella Puspita :)XI IPA 1 SMAN 3 SIBOLGA.(087748123878)

hAii tMn”..Nama aq0e riri aNdrianii sYaHputrii jaira ...aq0e mW kiriim sLm nii, buAt bg abdi yg daH 6 thN ku knL, tpii bLm pErnh aq juMpai di tapseL, n buAt eZa di deLitua,aq0e jga mW carii tMn yg bnyaK ni, ini no aq0e 087869605408 ,di tuNggu ya tLfn oR sMs nyaa. thaNkz..(087869605408)

Hy sObat expresi ,,,*:) Q RiKa aNggriaNi .. q pndaTanG brU ne d’taBlOid ExPrEsI .. and aq cKrq tnqqal d’mReNdAl psr 3 ,, Deli tua ,, MEDAN “”N’ aq schOl d’ Sma iStiqlAl deLi tua * ,, klas 1 sma IPA “””” AQ CMA maO Ti”p slam ajj ne ma k’luarqa aq d’ aCeh ,, smOqa sehaT s’LalU,, N’ buat tmen “ aq ,, buat “ Lusi , aSma , sOpi , Nadya , N’ Putri yank skuL d’ SINGOSARI Deli tua ,, smOqa ujian_a sukses .. N’ SlALU SMANQAT “”n’ maju trUs pAntnQ munduR “””” cHIBI ... ChiBi .. cHibi ..ha .. ha .. ha ..(087868589550)

hy sobat expresi...Q Melina, q pndtank bRu d’tabloid expresi. .qhu dr sibolga dan sk0l qhu d SMA TRI RATNA..Q mw tisam ja ea mA teman2 qhu yg da d medan. Thank ea tabloit expresi m0ga makin sukses ja..(087891299441)

heyy..sobat expresi slm knl ajh iia kku Yesi pendatang baruKku cmn mau bilang buwat tmen2 yg lgi ngejalani ujian smester smoga pada naek kelas semua :)amin ttep usaha & berdoa iia khususny bwt Nak XI IPS2 Sisingamangaraja T.Balai pada naek dapat nilai the best semuanya..yes..yes..yes bwt Xpresi Mkin Beken Ajh ..Terimakasi.(087807050995)

Hy... Flend2 cemua, . Mw ti2p salam nue bwd teman2 smp Pahlawan ankatan 2003 nasional kapan kta reonian? And uat pcar aq, aq mohon jgn prnah bohongi aq lg. Krna cnta q tulus utk mu,, n buat smk BM APIPSU MEDAN salam rindu ajha, Ang-gun medan.(087768721394)

Aslmkm..... Hy tabloid xpresi nama sayaNur annisa dari sekolahSMA dwi warnaMw kirim salam buat anak ind0nesiaSem0ga anak ind0nesia sehat selalu apa yg d ingin kn tercapai amind...(085763045319)

sms GALAUhey SAHABAT EXPRISISore Ini sAya mW berGaBuNg dengan kalian Semuakirim salam dunk sama MATAN saya yang nama nya NEGO. semoga dia di sana baek” saja ;P . .dan kirim slam jga buat temen”saya d SMA NEGERI 3 BINJAI. .segoma semakin semangat sekolah nya, dan naek kelas se-mua.

SALAM SEMANTIGDARI ; FITRI ELIANA.SORMIN.KELAS ; XI-IA 1 (087763516503)

ass ... hai shbt x-presi ... aq pndatang bru neh, bleh iktan jg kn ... aq dika silvia klas Xssn 1 ckolah d SMAN 3 Langsa ... mw ttip slam, bwt tmen2 n gru2 SMA 3 ... slam ny bwt via, niky, ricka, n smua ank klas Xssn 1, n slam jg bwt bu fairuz, bu rini, bu mastura, pak am dan smua gru SMA 3 ... mksih shbt x-presi ... smoga mkin skses n jaya trus, :).(082364051585)

Kita hidup bukan untuk mencri org yg sempurna untuk di ikuti, tapi untuk blajar menru org yg tdk sempurna dgan cra yg sem-purna .Qta bru akn mraskan btpa pntgnya seseorg stlah kta khlanganny..*Dwi mutia X SN2 SMA N.3 LANGSGA*(085362916175)

Semua impian kita bisa menjadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mewujudkannya....“Lely Puspika Anggraini xlsn2 SMAN 3 LANGSA”...(0822627214918)

haii..surat nyasar :) kuh pendatang baru ne .Nama kuh PENSARI CINAGA mw blng Good Luck utk ujian smstr 2 ne utk cmua siswa/siswi SMAN3 SIBOLGA . Moga qta cmua naek kelaz :) Amin .(087891136360)

Sylo’mHy surat nyasarQ sardo ne, q nak SMA perguruan parulian 1q cma pgn titip slm Buat teman’2 q yg sekolah diperguruan parulian 1, org tua q dikmpg, adex dan bg yg da dikmpg uga...S’mga yg skolah diperguruan parulian 1 semkin sukses ja.... Klau anda lg bete xmx ja ke nmr ne: (083197032875)

Bkalan q blz kok ataw melalu facebook: [email protected] Q yank QU. (083197032875)

Hy Xpresi...my name is BOY KARJITO SIANTURIsy tmtan dari kristen 5 mdn tldn tmur .sy pingin kuliah tpi knd-lanya’ orang tua sy tak sgguB.tapi sy “egk mmksakan, etar org tua sy stres/skit memikirkan biayanya.sy sngat menyayangi keluarga sy.sedangkan orang tua sy’ masik banyak tangguggan ny.4 ornag lg adk* sy msk skool.sy anak pertama paling besar dari 5 saudarah.karna kerjaan orang tua saya cuman jualan di kaki lima.sy pun udh bersyukur, org tua saya bisa menyekolahkan smpai lulus.di dnia in .’’hnya skli kt bs hidub, jgn sia-siakan cita-ct mu yg km pingin.yg PERTAMA :kerja KEDUA :membahagiakan orang tua. KETIGA :hidup sepasang &berkeluarga.smoga TUHAN memberi cita-ct sy, yg sy pingin di dlm hidup in .in bkan untuk buat sy sja, tetapi buat sobat TabLoid Xpresi.....( 082369024835 )Aslmkm.....hy tabloid Xpresi...Q pendatang bru ne knalinn nama ku desiana kls x7 skolah di SMA2 T.balai... mw titip slam,bwat tmen2 sluruh tanjung balai,semoga naek kelas ..aminn ......ayo semangatt temen (087818823839)

“Hài sàhàbàt tàbLöid” nàmà qhu juliànty simamora qhu maw kirim salam dnk bwat sobat”qhu d sekolah. SMP MULIA PRATAMA .MEDANaqhu cuman mw blang lw aqhu tuh cyank ma mreka cmua... oyh ama slm rndu jga ma nax smp n 31 medan ea... sàlàm cup-cup muàch ea shbt expresi.....(087766191482)

Hy shabt expresi salam knal ajha buat tman” smua,,name qu bernadetha monica pendatang baru, sk0lah : sma ca-haya medan oya, aku punya kta” Mutiara nih,“KASIH SAYANG SEORANG IBU ADALAH KEHIDUPAN BAGIKU”Email aqhu:[email protected]’z iia (085761142630)

Hay sahabat xpresi..Q christina purnama sari Cuma mw tisam ma teman2 alumni SPK Kesdam 1/BB BINJAI thn 2007 Jgn sombong2 ma q ya te-man2... Gbu.(085275609413)

Hay sahabat xpresi..Q christina purnama sariCuma mw tisam ma teman2 alumni SPK Kesdam 1/BB BINJAI

thn 2007Jgn sombong2 ma q ya teman2...Gbu.(08571142702)

Assalamualaikum....hay gw irsan saya sekul d’harapan bangsa tanjung morawa..slam knal ajj ea wat tmen2 smua’a.(087869529141)

hy ..shabat* Xpresi akkt thekka siregar siswi sma swasta AL-WASHLI-YAH .aceh tamiang . salam buat kepsek bug eLZa.. inuk , padang kku slalu rindu kalian .. berjaya terus AW :).(082364546855)Hai sahabat expresi & surat nyasar. Aku Elsya Putri Agustin Na-sution dari SMA NEGERI 3 SIBOLGA kelas XI IA-1.Mau titip salam buat guru yang paling kusayangi, Bapak Ali Muda Barus. Semoga makin sukses dan segala yang diinginkan dapat terwujud. Amin. Makasih yaa. . :).(087891136554)

Syalom!!Hy tabloit expresiSaya pndtang bruQ basa vecia manalu,q mO krim slam bwt tmn2 SMA q d’sma N1 siempat nempu dan slm cynk bwt shbt2 ku:),maKasi shbt xpresi.(087869231654)

Brkta2lh dmna prlu,N brhnti brkta2 ktika da org yg curhat,mncurhkn isi hti kpd anda.Ucpkanlh kta2 baik yg mmbangun N bljrlh lbih bnyk mndngr.Brbicara sprluny.Tdk prlu mngcapkn kta2 yg tiada arti,yg sia2 pa lg yg kotor.Krna trlalu banyk brbicra psti da kta2 yg slah.Org yg mmpu mnjaga li-dahny dia sprti pngndara yg mahir mnginjak rem N trampil mmgang kmudi.Kndalikanlh lidah anda,maka anda akan luput dri bnyk masalah.By pndtng bru,hehehe NamelyDesy Sitanggang.(081263782979)

di Tan@h !ni @q berd!rid! teman! deBur ombak yg me2cah sEpi,k!ta bEr2 hanya b!s@ membiSu’dan hny hatI yg s@L!ng meng@dubet@pa riNdu kin! keluTerhadaNg 2 hati yg bErbed@,yg mEnjdikan kiTa saLing bErdiaM,

haTi tak laGi ceri@sePeRti awaL aq mengEnaL mu,h@ruS kah kep@hitaN iNi q teLan.d@n meReLakan mu jdi m!LiK nya. by; dedy.... di soBolG@//...Pr!Bum? G@L@U M3aN...//.(082369432282)

Hy.... Nama ku rio ganda arizona saragih umur aku 16 thun. dri SMA gajah mada kampung durian qu mw krm slam bwt cwe2 tabloid xpresi and teman2 ku XI IPA semoga makin sukses ja ya . Bwt cwe2 tabloid xpresi yg tinggal dimedan hbungin ku ya ke nomor ini. aku tunggu y.(085763078212)

Surat nyasar ? :D Haha . Akuh titin :) . Buat tmen satu klas kuh XI IPA 3 . SMA N 3 Sibolga :) . Yang lgi kompak2 nya . Haha . Ttep kompak aje yee :*(087794418865)

hai tabloiid eX-presi .. nue aq nisa dri siswi SMPN 2 SUNGGAL . mau krim slam ajha buat yg bca tabloiid ini... n’ buat tmend” niezha yg lghii mghdpii ujiiean mogha sUKses iiah .! ..¥..(083194148145)

Sahabt adalah seseorang yang bisa membuat kitta tertawa ba-hagia;).chichi Nandha karmeliiaXI.ipa 2Sma Dharma patra.(085766301384)

Hei surat nyasar ..Aku Tie Natutation skolah diSMA N 1 RANSEL. Raper ..Aku mau salam buat Umar Adianta Ginting ..Jujur aku gak bisa lupain kamu, aku masi sayang sama kamu ..Andaikan kamu baca pesan aku ini ..Aku sayang umar :)Makasi ..(085355683300)

Buat temen-temen yang mau kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucapan selamat

ke siapa saja tinggal kirimkan aja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi.

Caranya mudah, tinggal sms aja ke nomor ini

087869801990 di tunggu ya...

Surat Nyasar

21Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Karakter kartun yang membawa angin segar ini saya hidupkan kembali dengan menggunakan CorelDraw X5 dengan fitur mumpuninya yang mempermudah saya memberikan warna sehidup mungkin dalam kreasi ini. Berawal dari goresan Pen Tool lalu disesuaikan dengan ukuran agar terlihat cantik dengan menggunakan Shape Tool. Usai menggambar kerangka, giliran pemberian warna agar terlihat hidup. Gradient Tool dan Fountain Tool menjadi andalan saya dalam memberikan warna yang dinamis. So, this is! Spongebob Squarepants!

Tentang Tatan Afrizal Mahasiswa kreatif asal Perbaungan yang kerap pergi dan pulang dengan mobil

kesayangannya ini merupakan pribadi yang tidak banyak cakap namun sangat konsisten dalam mengerjakan apa yang ia suka. Sehari-hari ia jalani dengan mencoba berbagai aplikasi menarik yang dapat menumpahkan kreatifitasnya. Salah satunya CorelDraw. Tahun ini pemuda berkacamata ini akan menikmati penantian setelah berjuang selama empat tahun. Good luck bro! (jhw)

Simplisitas dalam Garis dan Warna

Oleh Tatan Afrizal

CAPRICORN (22 Desember-18 Januari)Sosok baru penuh percaya diri adalah citra baru yang diperoleh setelah Anda berhasil lolos dari lubang jarum. Jangan lupa mengucapkan terima kasih pada teman dan keluarga yang selalu membantu. Semua harta benda tak berguna tanpa kehadiran mereka, kan?Pekerjaan: Lega. Keuangan: Awal positif. Asmara: Terbuai.

AQUARIUS (18 Januari-18 Februari)Kenapa, sih, Anda sulit menabung? Kehabisan uang sebelum waktunya lalu menambalnya dengan meminjam ke kanan kiri bukan solusi. Segera benahi keuangan Anda. Jika merasa gaji tak cukup, carilah sumber penghasilan tambahan. Mengeluh tak akan membawa Anda ke “ujung dunia”, lho!Pekerjaan: Cari peluang. Keuangan: Tak kapok. Asmara: Membosankan.

PISCES (18 Februari-20 Maret)Untuk sementara waktu, Anda harus hidup sendiri. Wajar jika Anda panik karena tak biasa mengurus rumah tangga. Anggap saja pekerjaan rumah tangga ini pengalih rindu pada Si Dia. Jangan segan bertanya jika kesulitan. Pasangan pasti bangga melihat Anda yang makin terampil.Pekerjaan: Tantangan baru. Keuangan: Dapat bantuan. Asmara: Rindu.

ARIES (21 Maret-19 April)Banyak sekali undangan yang harus dihadiri padahal kegiatan keluarga tak kalah padat. Nikmati saja sebab sebentar lagi ritme hidup akan melambat seiring keputusan yang Anda ambil. “Obati” rasa lelah dengan melakukan kegiatan favorit di akhir pekan.Pekerjaan: Tak terkontrol. Keuangan: Berlimpah. Asmara: Adaptasi.

TAURUS (20 April-20 Mei)Pikiran dan hati bertabrakan. Yang satu meminta Anda bertahan, tapi hati menjerit tak tahan. Mana yang harus dipilih? Tanya saja pasangan Anda. Meski terlihat tak peduli, ia memperhatikan suasana hati Anda yang tak karuan. Ia hanya menunggu Anda bertanya.Pekerjaan: Tak sinkron. Keuangan: Pusing. Asmara: Merasa sendiri.

GEMINI (21 Mei-21 Juni)Simpan rapat-rapat rencana Anda dari orang-orang sebab mereka akan mencoba memengaruhi Anda agar berubah pikiran. Jangan khawatir, risiko membuat kesalahan sangat kecil karena Anda sudah memper-hitungkan segala kemungkinan. Pekerjaan: Penuh rahasia. Keuangan: Berpikir matang. Asmara: Butuh udara segar.

CANCER (22 Juni-22 Juli)Sebentar lagi mimpi akan tercapai dan kebahagiaan sudah di depan mata. Pasalnya, investasi Anda akhirnya menunjukkan hasilnya. Kalau Anda lebih tekun meluangkan waktu pasti hasilnya lebih gemilang. Ini adalah bukti bahwa hidup melajang juga penuh keuntungan.Pekerjaan: Adem. Keuangan: Untung besar. Asmara: Single dan happy .

LEO (23 Juli-22 Agustus)Setelah bertahun-tahun sendiri, dicintai dan mencintai memang mem-buat hati berbunga-bunga. Energi ini pun menyebar ke segala lini bah-kan wajah Anda terlihat lebih cerah. Sayangnya, Anda tak mendengar-kan “jeritan” dompet karena terus-menerus dikuras.Pekerjaan: Kondusif. Keuangan: Boros. Asmara: Belahan jiwa.

VIRGO (22 Agustus-22 September)Sudah berkali-kali Anda absen dari acara keluarga. Perhatian Anda tampaknya sedang teralihkan oleh orang baru. Hati-hati, jangan bermain hati sebab keluarga menunggu di rumah. Relakah Anda mengorbankan keluarga demi kesenangan sesaat?Pekerjaan: Lengah. Keuangan: Harap-harap cemas. Asmara: Tergoda.

LIBRA (23 September-23 Oktober)Atasan meminta Anda menangani kasus sensitif. Meski tak merasa nya-man tapi Anda memacu diri karena tahu ini adalah kesempatan emas untuk membuktikan kemampuan. Omong-omong, pasangan sedang gundah gulana. Mengobrol berdua mungkin bisa membantunya.Pekerjaan: Ujian berat. Keuangan: Akhirnya cair. Asmara: Setia di sisinya.

SCORPIO (24 Oktober-21 November)Ambisius adalah nama tengah Anda. Tanpa lelah, Anda melahap semua pekerjaan. Pekerjaan bisa selesai dengan sempurna asal Anda tak sem-barangan meluapkan amarah. Komunikasi yang baik dan sikap suportif malah akan membuka peluang manis. Terapkan prinsip yang sama di rumah, ya. Pekerjaan: Padat. Keuangan: Keteteran. Asmara: Bergejolak.

SAGITARIUS (22 November-21 Desember)Entah kenapa bersih-bersih rumah selalu membuat Anda lebih lega. Anda pun bersemangat menularkan kebiasaan ini pada anggota kelu-arga. Sayangnya, mereka tak antusias. Barangkali caranya yang perlu diubah. Tak semua orang segesit Anda, kan?Pekerjaan: Agak kendur. Keuangan: Beruntung. Asmara: Banyak rencana.

Xpresi Zodiak

Xpresi Karya

22 Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Meski telat beberapa bulan, iPad generasi terbaru akhirnya bakal secara resmi menyambangi Indonesia pada 29 Juni 2012. Kabar ini dipastikan sendiri oleh Apple di situsnya. Dimana disebut-kan new iPad akan datang pada akhir bulan Juni di sejumlah Apple Premium Reseller yang beroperasi di Tanah Air.

Apple Premium Reseller (APR) di sini mulai dari Infinite, iBox, EMAX, eS-tore, Zoom, hingga pcMax. Toko-toko yang dimiliki APR itu tersebar di be-berapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Tangerang, dan Bali.

New iPad merupakan tablet PC tergress andalan Apple. Sejatinya, perangkat ini sudah diperkenalkan pada Maret lalu di Amerika Serikat. Hanya saja seperti biasa, Indonesia selalu dapat jatah belakangan.

Memang, belakangan sudah ada new iPad yang dijual di sejumlah pusat penjualan gadget di Indonesia. Namun itu bisa dibilang berasal dari grey mar-ket. Dimana produk itu asli keluaran

New iPad Resmi Masuk Indonesia 29 Juni

Apple, tapi tidak secara resmi dimasukkan oleh perusahaan asal Cupertino tersebut.

New iPad atau yang juga dikenal sebagai iPad 3 ‘tanpa nama’ mengusung Layar retina resolusi tinggi 2048 x 1536 pixel atau 264 pixels per inch (ppi). Perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur kamera iSight berkekuatan 5 mega-pixel dengan autofocus, tap to focus, face detection, in still images, dan video re-cording HD (1080p) sampai 30fps dengan audio, video stabilization.

New iPad mengusung dua versi, WiFI dan yang sudah dilengkapi WiFi+4G. Untuk versi WiFi+4G tampil sedikit lebih berat. Sementara dari sisi dimensi sama memiliki tinggi 241,2 mm, lebar 185,7 mm, dan tebal 9,4 mm. Adapun warnanya hitam dan putih.

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII

Pangeran BanJl. S. Parman MedanDisc from 15-35%

Xpresi Ragam

Handphone & AccessoriesGarecca Disc 20%

Ikan Goreng CianjurTengku Daud No.4Disc 10%

IbbI CArd dIsCounT PlACe:

Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item d’Waroeng

Cambridge MallDisc 20%

Pondok PalladiumPalladium MallDisc 15%

Matador CountryPlaza Medan FairDisc 50% (Dosen)Buy 1 get 1 (Mahasiswa)

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

ObentoKomp. Multatuli IndahDisc 20%

Milano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 MedanDisc 10% + 5%

CV. Indako Trading Co.Makmur No. 144 A/30Jasa Service 10%Sparepart 5%

Sun Plaza Level 1Cirebon No. 16Medan Mall Lt. IIDisc 10%

SEIKO

Tabloid Xpresi dapat diperoleh: Kampus DiamondJl. Sei Deli No. 18Telp. (061) 4567111Fax. (061) 4527548Medan - 20114

Kampus EmeraldJl. Gatot Subroto No. 130Telp.(061) 4519400 - 4519070Fax. (061) 4522204Medan - 20114

Kampus TopazJl. Damar No. 9 GTelp. 4562873-4562876- 4562773Medan - 20118

PrimeOne ShoolJl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo-nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672Fax. (061) 7853631 - 7853671

Pangeran BanJl. S. Parman MedanCoffee BoxSun Plaza Lt. 4Warung UbudSun Plaza Lt. 3GarecaJl. Prof. H.M Yamin No. 99AMilano Art StudioJl. Sekip No. 18/32 Medande’ WarungCambridge Mall X.O. SukiSun Plaza Lt. 3Kopi Kok TongSun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1DOMESun Plaza Lt. GThaiExpressSun Plaza Lt. 4Pondok PalladiumPalladium Mall lT. UGSEIKOSun Plaza Level 1, Cirebon No. 16Medan Mall Lt. 2Ikan Goreng CianjurTengku Daud No. 4CV. Indako Trading CoMakmur No. 144 A/30Mie Pansit AwaiP. Siantar, Jl. Surabaya 21 AMedan, Jl. Dr Wahidin 4 GG - Jl. S. Parman 20 - Jl. Boulevard 84 B1 Cemara Asri

SMA Kota Medan:SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Rak-sana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA

Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan

Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Method-ist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA TeladanBireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri IKabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri IIKuala: SMA Harapan Bangsa, SMA MethodistLangsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas BaruTanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Lang-kat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri ILubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia BudiRantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA TeladanSibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca KaryaTanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisinga-mangaraja, SMA Tri TunggalTanjung Morawa: SMA MethodistTarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA NusantaraPekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa MariaPadang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Frame Xpresi

23

Nampang di Frame XpresiKirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke

[email protected] atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

Juli 2012 I Edisi 76 I Tahun VII