tabloid usahaku juli 2015

36
1 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 usahaku Edisi No. 88 n Tahun 8 n Juli 2015 Inovasi Wirausaha Kreatif 9 772087 264309 DUEL MODEL BISNIS PARSEL Harga: Rp 10.000,- (Luar Jawa + ongkos kirim) UMKM Enggan Akses Dana Bank? H. NUZLI ARISMAL Gelorakan Jiwa Wirausaha kepada Generasi Muda Usaha Rental Mobil di Masa Mudik HADAPI MASA PENSIUN Bisnis Toples Unik Prospek Menarik

Upload: usahaku

Post on 23-Jul-2016

297 views

Category:

Documents


18 download

DESCRIPTION

Inspirasi Wirausaha Kreatif

TRANSCRIPT

Page 1: Tabloid Usahaku Juli 2015

1 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015

usahaku

Edisi No. 88 n Tahun 8 n Juli 2015

Inovasi Wirausaha Kreatif

9772087

264309

DUEL MODELBISNIS PARSEL

Har

ga: R

p 10

.000

,- (L

uar J

awa

+ on

gkos

kiri

m)

UMKM Enggan Akses Dana Bank?

H. Nuzli ArismAl

Gelorakan Jiwa Wirausaha kepada Generasi Muda

Usaha Rental Mobildi Masa Mudik

HADAPI MASA PENSIUN

BisnisToples Unik

ProspekMenarik

Page 2: Tabloid Usahaku Juli 2015

2Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015

Page 3: Tabloid Usahaku Juli 2015

3 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 EtalasE

sapa Redaksi

PEMBACA BUDIMAN, tanpa terasa kita memasuki bulan Juli 2015. Dan sejak bulan ini, akan menjadi sejarah penting bagi pembaca setia. Sebab, sejak bulan Juli tabloid Info KUKM berubah kemasan menjadi tabloid Usahaku. Dengan tampilan baru seperti yang ada di tangan pembaca, tentu kami ingin menjawab segala permintaan pembaca, yaitu menyediakan media berdaya baca tinggi, dan memuat segala informasi yang didambakan oleh pembaca.

Hingga sekarang, tabloid Usahaku memasuki edisi ke-88. Untuk ukuran media nasional, nomor edisi tersebut selalu menjadi pertimbangan untuk terus mengembangkan terus-menerus. Salah satunya, yaitu perubahan beberapa konten yang sengaja kami imbangi sesuai kebutuhan pembaca. Karena, tanpa pembaca, niscaya media ini bisa bertahan hingga sekarang.

Pembaca setia!Menyambut hari raya Idul Fitri, masyarakat

terus mencoba meraba peluang yang cocok untuk menopang kebutuhan hari besar yang diperingati setiap 1 Syawal tersebut. Sehingga, redaksi memilih untuk mengupas tuntas salah satu bisnis yang sedang marak dikerjakan oleh beberapa pengusaha. Salah satunya yaitu bisnis parsel lebaran.

Bisnis musiman ini cukup diminati, karena memiliki pasar yang sangat luas. Berbagai cara digunakan, dari melakukan inovasi model, jenis parsel, hingga pemasaran melalui internet. Melihat kondisi ini, tentu kami ingin pembaca juga melihat peluang untuk menjalankan bisnis yang sama. Kami memberikan beberapa contoh dan rekomendasi, bagaimana dan di mana pembaca bisa memesan, berbelanja dan bahkan menjadi pelaku usaha tersebut.

Untuk rubrik Warta Khusus, kami menyajikan informasi tentang pelaku UMKM bankable enggan mengakses dana bank. Tentu menjadi tema yang menarik bagi pelaku UMKM, agar bisa menjadi pertimbangan, benarkah mengakses modal dari bank itu rumit, sehingga lebih memilih rentenir? Tentu jawabannya ada dalam diri masing-masing.

Masih berkaitan, pada rubrik peluang usaha juga kami sajikan beberapa rekomendasi peluang usaha, seperti bisnis toples unik, bisnis rental mobil dan bisnis pemasangan gorden. Ketiga bisnis tersebut, juga masih terbuka lebar pangsan pasarnya, terlebih menjelang Idul Fitri.

Masih banyak info-info penting lainnya yang tak kalah menarik. Anda bisa menemukannya pada rubrik kuliner, wisata, informasi seputar daerah, sentra dan dinamika. Akhirnya, seluruh jajaran redaksi mengucapkan Selamat Idul Fitri 1436 H. Semoga spirit Idul Fitri menjadi momen untuk menjadi pribadi pengusaha sukses. Selamat membaca! n [PR]

Peluang Utama

- Jual Parsel Lewat Internet - 9- Tak Hanya Bambu, Rotan pun Laku - 10- Bagaimana Menjual Parsel Lebaran - 11

LENSA:- Monitoring Harga Pangan Pasca Perpres - 4

SUKSES:- H Nuzli Arismal: Gelorakann Jiwa

Wirausaha kepada Generasi Pemuda - 4

PELUANg USAhA:- Bisnis Toples Unik Prospek Menarik - 6- Tancap Gas Lewat Rental Mobil - 7- Gorden dan Dekorasi Tak Pernah Mati - 23

INSPIRASI:- Enggar Rudya Absoni: Hidup Berbekal Bisnis Material - 12

INTIPS:- Hadapi Masa Pensiun - 13

KABAR:- Langkah Kementerian UKM Hadapi MEA - 14- Mimpi Koperasi Setara BUMN - 14- MEA Tantang Sektor Pariwisata Indonesia - 15- KAI Siap Tambah Tiket Mudik - 15

KINERJA:- Kospin Jasa: Tingkatkan Pelayanan

Berbasis IT - 16- BPR Narwastu Mikro Perkasa: Kredit

Narwastu Berlian Cocok Jadi Pilihan - 17

PRODUK:- Produk UKM: Shaniqua Bamboo - 18- Produk Perbankan: Zafirah - 19

SEhAT:- Hipertensi Picu Stroke dan Jantung - 20

TAMU:- Betty Alisjahbana: Pensiun dari IBM

Bagun Industri Kreatif - 21

SENTRA:- Sentra Kue Kering Harga Miring - 22

FOKUS:- UMKM Tak Mau Rumit Pinjam Modal di Bank - 24- Perlunya Lembaga Pembiayaan Khusus

UMKM - 25- Alasan UMKM Enggan Akses Dana Bank - 26- Kredit Modal Usaha Murah dari LPDB - 27

PERNIK:- BI Sediakan Layanan Penukaran Uang - 28- Bunga KUR Turun Jadi 12% - 28- Program Mudik Gratis Kementerian

Perhubungan - 29- Industri Mebel Ragu Tumbuh 12% - 29

DAERAh:- Jawa Barat - 30- Jawa Tengah - 30- Jawa Timur - 31

JALAN:- Pulau Pramuka: Bermanja dengan Senja - 32

JAJAN:- Nasi Grombyang Khas Pemalang - 33

KEDIP:- Andy Arsyil Rahman - 34- Ferry Rotinsulu - 34

SPIRIT IDUL FITRI

Penerbit: PT. Nasari Indonesia Akta Pendirian: No. 114 Tanggal 27 Juni 2012 Berdasarkan UU Pokok Pers No. 40 Tahun 1999. Penasehat: Sahala Panggabean, MBA; Ir. Syahbenol Hasibuan, MBA; Dr. Firman Sukono, MM, M.Si; Chandra Vokav, MBA.

Pemimpin umum: Frans Meroga, SIP. Pemimpin redaksi: Ali Ibnu Anwar l redaktur: Hendra G; Agus Y l Editor: Jeni Arasyita l reporter: H Gunawan l sekretaris redaksi: D Wulandari l Biro Daerah: A. Rahman (Bekasi); Darojatul Ula (Tangerang); Taufiq Z (Yogyakarta); Dhina R (Malang); A Umar (Cirebon); M Agustiningsih (Jember); Iqbal Fardian (Banyuwangi) l Design: Langit Putra Cahaya l Fotografer: Tilil l sirkulasi: Iskandar Basuki l marketing: Mario M l Keuangan: Fisherda Eva. Alamat redaksi: Jl. Boulevard Raya Blok WE-2 No 8B, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Telp: 021-45840633 Fax: 45857095 E-mail: [email protected]

www.usahaku.co

DUEL MODELBISNIS PARSEL

Menjelang hari raya Idul Fitri, atau hari-hari besar lainnya, banyak orang

beralih usaha menjadi pembuat parsel. Meski memiliki prospek cerah, berbisnis

parsel memerlukan kreativitas agar dapat menyasar pembeli dari berbagai

karangan. Berikut ulasan Usahaku tentang bisnis musiman tersebut.

Page 4: Tabloid Usahaku Juli 2015

4Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015lENsa

Monitoring harga Pangan Pasca PerpresSeharusnya setelah Joko Widodo mengeluarkan peraturan presiden (perpres), harga kembali stabil. Bukan semakin meroket.

Kalangan legislatif melihat Perpres Nomor 71 Tahun 2015 yang dimaksudkan mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran perlu diimbangi

pengawasan dan pengontrolan harga di lapangan. Pasalnya, di beberapa tempat harga komoditas alih-alih turun, malah mengalami kenaikan.

Setiap kali bulan ramadan tiba, umumnya harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan antara 10 hingga 15 persen. Kenaikan tersebut disebabkan oleh peningkatan pola konsumsi masyarakat dan minimnya pasokan kebutuhan pokok. Hanya saja, setiap tahun persoalan yang sama terus berulang.

Setelah perpres tentang stabilisasi harga pangan dikeluarkan, tabloid Usahaku meninjau, harga kebutuhan pokok di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, harga telur Rp 25.000/kg dari harga sebelumnya Rp 20.000/kg. Sedangkan harga bawang merah Rp 35.000/kg dari harga sebelumnya Rp 32.000/kg.

Padahal, harga standar yang tertera di laman Kementerian Perdagangan Rp 23.000/kg untuk harga telur dan Rp 30.000/kg untuk

harga bawang merah. Jadi, harga kebutuhan pokok di pasar terbukti belum mengalami penurunan.

Menurut Khudori, Anggota Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Pusat, dan Penggiat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Penyebab kenaikan harga kebutuhan pokok, terutama pangan, diketahui dengan baik oleh pemerintah. Karena itu, mestinya penanganannya jauh lebih mudah.

“Ini terjadi karena pemerintah tidak pernah mau menyentuh akar persoalan. Solusi yang dilakukan hanya menyentuh level permukaan. Contohnya, pemerintah amat sibuk mengurusi pasokan,” tuturnya dalam sebuah keterangan tertulis.

Khudori menambahkan, Pemerintah yakin, saat pasokan memadai harga akan stabil. Tapi, pemerintah lupa pasokan yang memadai tak berarti apa-apa bila distribusi macet dan ada pelaku dominan dan pemburu rente yang berulah nakal.

Penyebab instabilitas harga kebutuhan pokok, terutama pangan, bersifat struktural. Tanpa menyentuh masalah struktural, instabilitas selalu akan terusberulang. Bila tidak cepat ditangani, akan terjadi lonjakan besar-besaran sampai menjelang hari raya Idul Fitri.

Oleh sebab itu, jika pemerintah tidak serius melakukan pengendalian, pemantauan dan intervensi harga maka bisa dipastikan Perpres itu hanya akan bagus di atas kertas, namun buruk dalam implementasi. l [ALI]

Informasi Usaha Baju MurahKepada Yth, Redaksi Usahaku

Pada rubrik peluang usaha edisi Maret 2015, saya membaca ada peluang usaha untuk menjadi reseller kain kiloan. Sekaligus, pada edisi April 2015, saya juga membaca peluang usaha tentang baju murah.

Mohon informasi lengkap tentang alamat atau nomor telepon yang bisa dihubungi. Karena saya kebetulan ingin mencoba bisnis tersebut. Terimakasih

Ibu ElviKupang - Nusa Tenggara Timur

0812 3925 xxxx

Terimakasih kepada ibu Elvi yang telah menjadi pembaca setia tabloid Usahaku. Semoga informasi yang kami sajikan menjadi informasi yang menarik bagi ibu dan rekan-rekan.

Untuk informasi tentang peluang usaha yang ibu maksud, sudah saya informasikan melalui email dan nomor telepon ibu. Semoga informasi kami memuaskan.

Rurbrik Khusus KesehatanRedaksi Usahaku, yang saya hormati. Sebagai pembaca setia tabloid Usahaku, saya ingin agar di tabloid ini mengulas info-info masalah kesehatan. Karena, kesehatan dan gaya hidup sehat sangat penting untuk pembaca seperti saya. Terimakasih.

Husnul HasanahJember - Jawa Timur

0852 5838 xxxx

Terimakasih kepada ibu Muarrofah atas usulannya. Setelah didiskusikan melalui rapat redaksi, akhirnya pada edisi kali ini, redaksi menambahkan rubrik ‘sehat’ sebagaimana yang ibu maksud.

sURat PEMBaCa

Redaksi menerima kiriman surat dari pembaca mengenai akses usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)atau informasi lain yang berkaitan dengan isi tabloid. Surat pembaca dapat dikirim melalui alamat email: [email protected], dengan menyertakan nama lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Page 5: Tabloid Usahaku Juli 2015

5 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 sUKsEs

Pengalamannya berdagang sejak usia dini, membawanya matang dalam berbisnis. Meski sudah banyak

makan garam, ia tak segan-segan memberikan ilmunya untuk para pemula yang ingin berbisnis. Ia juga kerap keluar masuk sekolah dan kampus swasta maupun negeri untuk memberikan ceramah wirausaha guna menggelorakan semangat kewirausahaan.

Apa yang menjadikan dirinya senang dengan bisnis, ternyata terinspirasi dari sebuah hadis Rasul, bahwa 9 dari 10 pintu rezeki adalah berdagang. ”Bayangkan, hanya ada satu peluang yang selama ini direbutkan oleh banyak orang, yang ingin menjadi pekerja atau pegawai,” terangnya.

Karena porsinya sedikit, maka iklim yang ada di perusahaan dan kantor-kantor swasta maupun negeri

kerap terjadi musuh-musuhan, sikut-sikutan, mencari celah untuk bisa menjegal yang lain. Akhirnya terjadi manipulasi, penyogokan, padahal gajinya tidak seberapa. “Ya motivasi kita sekolah tinggi agar dapat pekerjaan. Maka jadilah kita bangsa pekerja dan bukan bangsa pengusaha,” kata pria kelahiran Bukittinggi, 30 Mei 1953.

Bagi Haji Nuzli, ‘tangan di atas’ lebih baik dari pada ‘tangan di bawah’. Artinya lebih baik kita memberi gaji dari pada menerima gaji. Tangan di atas memiliki nilai plus, lebih mulia. Untuk bisa memberi, kita harus memiliki harta, dan salah satunya adalah dengan berbisnis. Tak heran jika, suatu ketika Haji Nuzli menginspirasi para pemuda untuk mendirikan sebuah komunitas bernama Tangan Di Atas (TDA).

Saat ini anggotanya sudah mencapai puluhan ribu yang tersebar di berbagai daerah bahkan luar negeri. Dari TDA ini para anggota termotivasi, “Rasulullah kita sebelumnya menjadi pengusaha. Kalau kita jadi pengusaha, kita bisa menentukan.Tapi kalau jadi pekerja kita ditentukan,” tegasnya.

Untuk menumbuhkan nilai-nilai kewirausahaan, dirinya tak kenal lelah mengisi kewirausahaan ke berbagai lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri. ”Saya juga memberikan motivasi kepada guru-guru atau dosen, agar mereka juga memberikan motivasi kepada anak-anak didiknya untuk memiliki jiwa wirausaha atau bisa lebih siap untuk berwirausaha ketika sudah lulus,” tegasnya.

Apa yang perlu disiapkan untuk menjadi pebisnis? Haji Nuzli memberikan tips, sebagaimana yang diteladankan Rasulullah, yakni sifat sidiq, tabligh, amanah, dan fathanah. Sidiq, dalam berbisnis harus jujur dan bisa dipercaya. Rasulullah dalam berdagang tak pernah berbohong dan menentukan harga yang dapat terjangkau oleh konsumen. Tabligh kita promosi, jujur, baik harga bisa terjangkau, sehingga orang lain melihat produk kita. Amanah, Allah mengamanahkan jasad kita untuk tidak maksiat. Fathanah, cerdas pasti pintar, tapi pintar belum tentu cerdas, ia pandai membaca tren ke depan.

Diantara kepiawaian Haji Nuzli adalah kemampuannya

Tampilannya yang sederhana, tak menunjukkan ia raja kios di pasar Tanah Abang. Ia juga kerap diberi amanah oleh pengusaha super market untuk meramaikan kios-kios yang ada. Tak heran jika ia dijuluki ’dokter mall’ oleh sebagian investor besar.

H. NUZLI ARISMAL

Gelorakan Jiwa Wirausaha kepada Generasi Muda

menghidupkan mal-mal perbelanjaan yang mati suri. Ia dikenal sebagai sosok yang pernah menggairahkan kembali sejumlah mal di daerah seperti di Surabaya, Bandung, Sukabumi, Cipadu, Cilegon, Makassar dan Ciputat.

Proyek pertamanya adalah Mayofill Mal (1998) di Cilegon dan Sukabumi yang luasnya masing-masing satu hektare lebih. “Ada orang yang datang ke saya. Mereka bertanya, ada mal mati, bagaimana cara menghidupkannya.,” ujarnya. Karena ia adalah ketua pedagang kaki lima (PKL) dan akrab dengan mereka, ia berpikir bagaimana para pedagang kecil itu diberdayakan dan dapat membangun ekonomi umat. Ternyata, usahanya berhasil. Dari sini, ia kemudian dipercaya menggarap Agropek atau semacam pusat ruko di Cipadu.

Haji Nuzli juga pernah dipercaya mengelola pusat grosir pakaian di Jalan Banceuy, Bandung. Pertokoan yang diharapkan menjadi pusat garmen terlengkap seperti pertokoan Tanah Abang di daerah Bandung ini diberi nama ATC, singkatan dari Abdurrahman bin Auf Trade Center.

Untuk menghidupkan mal yang mati suri, dirinya menggandeng para PKL. Ia mempersilakan para pedagang menempati kios-kios tanpa dipungut ongkos sewa sepeser pun. Mereka baru membayar sewa jika usaha mereka telah berjalan dan mendapatkan keuntungan.

Haji Nuzli berkeyakinan, konsep meramaikan mal semuanya sama, yakni merangkul PKL. Para PKL ini dibina untuk memilih dagangan. Selanjutnya, Haji Nuzli yang mengarahkan. Setelah hidup, dijual ke PKL. Caranya, bagi hasil saja. Misalnya, ada anak yatim, disewakan toko. Mereka berjualan di toko tersebut dengan pola bagi hasil. “Saya senang mengontrakkan toko kepada orang, lalu untungnya bagi dua,” jelasnya

Kakek 12 cucu ini tampaknya memang senang berbagi. Sejak 1977 ia sudah menyebarkan jiwa berdagang atau berbisnis kepada orang lain. Ia mengaku sudah banyak preman yang dibantunya. Caranya, mengajak istri mereka berdagang dengan memberi modal dagang dengan sistem bagi hasil. Kemudian, anak-anaknya diajari ilmu agama. “Mereka (para preman) itu kan jadi segan untuk bertindak tidak baik lagi,” ungkapnya.

“Kalau kita membantu orang lain, Allah akan membantu kita. Saya memberi jalan kepada orang dengan motivasi agama, Allah akan memberi (membalasnya) berlipat ganda,” katanya. Kini, Haji Nuzli menyediakan makin banyak waktunya untuk kegiatan seminar kewirausahaan, ceramah agama dan pendidikan. l [ALI]

Page 6: Tabloid Usahaku Juli 2015

6Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015PElUaNg

Bisnis Toples Unik Prospek Menarik

Salah satunya adalah karya seni buatan tangan. Saat ini perkembangan handycraft semakin banyak diminati. Banyak wanita

yang mempunyai keahlian kerajinan tangan menjadikan karya buatan tangan usaha yang keuntungannya tidak sedikit.

Endah Cahyaningrum, misalnya yang memiliki sebuah tempat usaha bernama Rumah Vinyl. Di rumah usahanya ini, Endah membuat segala pernak-pernik rumah tangga, seperti tray set, box jam, box payung, box perhiasan, box kosmetik, tempat tisu, tas, parsel dan toples.

Semua pernak-pernik itu berbahan dasar vinyl, yang dikemas dalam bentuk unik dan menarik. Usaha dagang milik Endah tersebut bergerak dalam kerajinan produk–produk berbahan dasar kain vinyl yang dibuat secara manual dengan tangan (handmade).

“Mendekati hari raya Idul Fitri, Rumah Vinyl banyak mendapat pesanan berupa toples dengan berbagai model. Sehingga, saya pun sibuk untuk memenuhi pesanan dari

Membuka usaha memang tak harus selalu di bidang kuliner, fashion atau pun jasa dekorasi. Di sekeliling Anda saja banyak hal yang unik dan mudah bisa dijadikan sebuah usaha yang menguntungkan, tentunya dengan mempunyai modal yang cukup, apa pun usahanya dapat berjalan dengan baik.

berbagai daerah,” kata Endah.Yang menarik dari bentuk

toples adalah pembuat seolah memahami psikologi kecintaan pembeli terhadap sesuatu. Salah satunya adalah set toples lebaran berbentuk gitar. Toples ini didesain

dengan bentuk unik. Bentuk gitar dipilih, dengan memahami psikologi seseorang yang menyukai angka 8. Dengan pegangan dari set stainless sehingga membuat produk terlihat elegan. Toples ini dibanderol dengan harga Rp 290ribu.

Dengan modal awal sekitar Rp 2 juta yang digunakan untuk membeli peralatan dan bahan baku, pemilik rumahvinyl.com pun mulai berkreasi. Dia kemudian membuat tempat sampah mobil dengan warna dan motif yang beragam. Setelah itu, Endah juga mulai menerapkan inovasi lainnya disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Lain Endah, lain pula Aliifah Mahdy yang memanfaatkan keahliannya di bidang desain grafis untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda dari lainnya. Ia mencoba menjual toples yang

didesain secara lucu hingga membuat orang tertarik untuk membelinya. “Aku lulusan grafik desain di Malaysia. Biasanya kalau desain grafis buat on paper atau on screen, tapi kalau aku pengen cari yang berbeda, pengen yang unik,” tuturnya.

Setelah selesai kuliah, Aliifah pun mencoba membuat toples di tahun 2012 dan kini usahanya membuahkan hasil. Selama dua tahun ia menjalani bisnisnya, Aliifah sudah memiliki satu studio untuk pembuatan handycraftnya itu.

“Selama dua tahun hasilnya ya bikin studio, workshop, di kebon Jeruk. Banyak yang minat, gak hanya perempuan saja, pria pun suka beli juga, semua kalangan lah,” jelasnya.

Aliifah mengimport toplesnya pun dari Italy, untuk menghias bagian tutupnya, ia kerjakan sendiri sesuai pesanan. Bahan yang digunakan untuk tutupnya dari kayu, clay dan racing.

“Toples ini bukan untuk makanan gitu dan tak hanya pajangan, tetapi bisa juga untuk souvenir dan home decoration,” ucap Aliifah. Harga toples unik ini berkisar dari Rp.69.000,- hingga Rp.259.000,- saja.

Bila Anda bisa berkreasi, maka berkreasi membuat toples handmade cukup prospek menjelang lebaran. Tapi, bila pun tidak, Anda bisa menjadi reseller produk-produk dari kedua sosok kreatif di atas. l [ALI]

Alamat Rumah VinylJl Monumen Perjuangan TNI AU No 32Rt 05 Banjar Kauman, Tamanan Bangun Tapan, Bantul JogjakartaContact. 0852 2662 4105

Page 7: Tabloid Usahaku Juli 2015

7 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 PElUaNg

Tancap Gas Lewat Rental MobilMembuka usaha memang tak harus selalu di bidang kuliner, fashion atau pun jasa dekorasi. Di sekeliling Anda saja banyak hal yang unik dan mudah bisa dijadikan sebuah usaha yang menguntungkan, tentunya dengan mempunyai modal yang cukup, apa pun usahanya dapat berjalan dengan baik.

Berbisnis rental mobil memang mempunyai prospek yang bagus dan cukup menjanjikan. Hanya saja,

beberapa pengusaha rental mobil harus banyak yang gulung tikar ketika mereka memulai bisnisnya dengan membeli mobil baru dengan sistem kredit.

Padahal jika dihitung-hitung, membeli mobi baru dengan sistem kredit memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi jika memulai usaha rental mobil yang tidak disertai dengan sistem marketing yang bagus, bisa-bisa perusahaan tidak akan sanggup untuk membayar cicilan mobil setiap bulannya.

Padahal mungkin juga anda berfikir bahwa menyewakan mobil berarti anda harus punya mobil padahal kita semau tahu bahwa harga mobil tidaklah murah. Lantas bagaimana bisa anda memulai bisnis rental mobil dengan biaya yang kecil?

Berikut ini kiat untuk memulai usaha rental mobil dengan modal yang kecil:

Menjalin Relasi Menjalin relasi dengan rekan

anda yang memiliki mobil Jika saat ini belum memiliki mobil, maka anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menjalin kerjasama dengan orang-orang yang memiliki mobil, baik itu teman atau mungkin rekan kerja anda.

telepon yang jelas maka anda bisa membagikan kartu nama kepada orang-orang disekitar anda sekaligus untuk media promosi.

Strategi MarketingPikirkan berbagai strategi

marketing yang menurut anda akan bisa menarik konsumen. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan brosur. Brosur merupakan salah satu media yang cukup efektif untuk mempromosikan bisnis anda.

D. Mengatur KeuanganMengatur keuangan dengan

baik Untuk bisa mewujudkan keberhasilannya dalam menjalankan bisnis rental mobil, maka anda harus pintar-pintar mengatur keuangan anda. Kumpulkanlah penghasilan anda sedikit demi sedikit dengan demikian, anda akan mempunyai modal jika suatu saat nanti anda ingin membuka rental dengan mobil anda sendiri.

Memulai usaha rental mobil memang bukan satu usaha yang mudah tapi juga tidak bisa dibilang sangat sulit. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengusaha rental mobil yang telah berhasil dalam menjalankan bisnisnya tersebut. l [ALI]

Analisis Usaha

Analisa usaha di bawah ini, jika seseorang memulai usaha rental dengan menggunakan tiga mobil. Dengan anggapan, harga mobil baru Avanza 2015 memiliki angsuran 5 tahun, dengan minimal order 20 kali dalam sebulan, maka ditemukan analisis sebagai berikut:

Modal Awal

- Uang Muka Cicilan Mobil @ 30.000.000,- Rp 90.000.000,-

Biaya Operasional

- Perawatan- Cicilan (5 tahun) @ Rp 3.500.000- Listrik + Telepon- Sopir

Rp 250.000,-Rp 10.500.000,-Rp 250.000,-Rp 2.500.000,-

Total Rp 13.500.000,-

Pemasukan

- Order Minimal 5 kali/pekan untuk 1 mobil. Sebulan 20 x 3= 60 kali order @ Rp 300.000,-

Rp 18.000.000,-

Keuntungan Bersih

Rp 18.000.000,00 - Rp 13.500.000.00 Rp 4.500.000,-

Dalam kerjasama ini anda bisa membuat kesepakatan untuk bisa membagi hasil dari menyewakan rental mobil tadi. Biasanya keuntungan yang anda dapatkan bisa mencapai 30% setiap kali anda berhasil mendapatkan konsumen.

Kartu NamaBuatlah kartu nama yang

dilengkapi dengan nomor

Page 8: Tabloid Usahaku Juli 2015

8Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015

UtaMaPElUaNg

Ramadan dan Idul Fitri, selain membawa berkah memiliki arti tersendiri bagi para penggiat bisnis. Mereka yang jeli

melihat peluang, bisa memperoleh penghasilan fantastis dengan berbisnis merangkai parsel lebaran.

Momen lebaran, merupakan momen yang digunakan oleh seseorang berbagi bingkisan kepada saudara, rekan bisnis ataupun orang yang sangat dekat. Bagi mereka yang malas untuk membuat kue dan merangkai parsel, tentu akan memesannya kepada orang lain, agar bisa merayakan momen Idul Fitri dengan meriah.

Momen spesial ini, tidak disia-siakan oleh Dini Rafianti, seorang pedagang roti asal Madiun. Dini sehari-harinya memiliki aktivitas usaha sebagai penjual roti untuk

ulang tahun dan pernikahan. Selain itu, ia juga pandai merangkai mahar untuk seserahan. Sehingga, kemampuannya dalam rangkai-merangkai tak ia lewatkan dalam momen emas ini.

Dini memulai bisnis parsel dengan modal awal 20 juta rupiah. Tapi dengan modal itu, Dini bisa meraup untung yang luar biasa. “Untuk masa-masa awal ramadan saja, keuntungan dari menjual parsel bisa mencapai 10 juta rupiah,” jelasnya.

Rata-rata parsel bikinan Dini adalah parsel berbentuk makanan kemasan. Selain itu, ia juga membuat parsel jenis lain berupa parsel untuk anak-anak. Harganya pun bervariasi. Mulai harga Rp 100ribu hingga Rp 1 juta rupiah. Selain perorangan, pelanggan Dini berasal dari instansi atau kantor yang memesan parsel siap antar.

Parcel yang menarik, simple, dan mudah dibawa merupakan bingkisan yang banyak dipilih oleh sebagian besar pembeli. Hal itu pula yang dilakukan oleh pemilik toko Soel One Art parsel, yang berada di bilangan Pasar Minggu. Toko yang memproduksi dan menjual parcelnya sendiri ini sudah bertahun-tahun kebanjiran pemesan menjelang Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya.

Di toko ini, menjual berbagai macam jenis parsel. Diantaranya parsel makanan, kristal, dan keramik. Menurut penuturan pemilik toko yang enggan disebut namanya, dalam menjalankan bisnis parsel ini ada beberapa hal yang perlu

DUEL MODELBISNIS PARSEL

Menjelang hari raya Idul Fitri, atau hari-hari

besar lainnya, banyak orang beralih usaha

menjadi pembuat parsel. Meski memiliki

prospek cerah, berbisnis parsel memerlukan

kreativitas agar dapat menyasar pembeli dari

berbagai karangan. Berikut ulasan Usahaku

tentang bisnis musiman tersebut.

diperhatikan. Yaitu daya kreatfitas dalam membungkus parsel. Produk isinya harus berkualitas, dan yang terakhir adalah selalu mempunyai terobosan-terobosan baru.

Toko yang tepatnya berada di Jl. H. Samali ini sudah berdiri sejak sepuluh tahun yang lalu. Menurut sang pemilik ia mulai terjun ke bisnis parsel ini diawali dengan kemampuannya dalam hal packing parsel, sampai pada akhirnya memiliki toko sendiri. l [HENDRA/ALI]

Page 9: Tabloid Usahaku Juli 2015

9 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 UtaMa

JUAL PARSELLewat Internet

Maraknya aktivitas bisnis melalui internet (online) membuat para pelaku

bisnis berupaya keras memperluas jaringan pemasaran produknya via internet. Begitu

juga dengan usaha parsel lebaran.

ketahanan bisnisnya pun high seasson, karena terjadi di setiap event besar, seperti tahun baru, natal, imlek, Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya.

Budi mengaku, industri rumahan miliknya menyasar semua kalangan. Dari kalangan menengah ke atas maupun menengah ke bawah. Karena parsel rangkaian Budi memiliki banyak pilihan sesuai harga yang diinginkan oleh konsumen. “Kami menyasar semua kalangan dari personal, perusahaan dan owner,” katanya.

Untuk memulai bisnis parsel, mudal yang diperlukan tidak perlu besar. Budi memberi saran, untuk memasarkan parsel via online, cukup membuat beberapa sample dari parsel yang ingin dipasarkan. Kemudian di foto dan di tawarkan ke calon pembeli. “Jika sudah ada pembeli dari hasil penjualan, bisa diputar untuk membeli bahan parsel untuk di buat stock lainnya,” tukasnya.

Untuk langkah awal, sebaiknya yang perlu dipersiapkan, bila seseorang ingin memulai usaha parsel, adalah kemauan berusaha

dan mau belajar terus. Kreativitas dan inovasi juga mendukung. “Tapi doa dan ikhtiar tidak boleh ditinggalkan. Karena tanpa berdoa, usaha kita tidak berkah,” ujar Budi.

Sekedar berbagi informasi, ternyata omset Budi dari membangun usaha parsel dalam sebulan tidak sedikit. Dalam event besar seperti lebaran dan hari-hari besar lainnya, kurang lebih berkisar Rp 500 juta. Kini Budi memperkerjakan hampir 50 karyawan untuk mengelola parcelindonesia.com. 15 karyawan menangani produksi, 30 orang sebagai kurir dan 4 orang sebagai ustomer service.

Suami dari Elyana ini juga mengaku, agar cepat laku, model parsel harus creatif dan inovatif, sesuai perkembangan jaman baik dari isi maupun kemasan. Kemudian, memanfaatkan sistem jaringan sosial, misalnya cara order dipermudah degan membuka semua chanel marketing melalui website, Blackberry, WhatsApp, Line, Facebook, dan beberapa media lainnya. l [ALI]

Di zaman serba mudah dan cepat seperti saat ini, sebagian besar masyarakat cenderung melakukan penelusuran via internet

untuk sekedar mengecek atau membanding-bandingkan harga barang yang ingin dibeli. Begitu pula mendekati masa-masa Idul Fitri dan hari-hari besar. Banyaknya kebutuhan menyambut lebaran, membuat masyarakat harus memilih parsel yang tepat sesuai kondisi keuangan mereka.

Peluang itulah yang ditangkap oleh owner parsel Indonesia, M Agung Budi Priyambodo, yang memasarkan parsel melalui website parcelindonesia.com. Budi sudah menjalani usahanya sejak tahun 2008, setelah sukses menjual bunga lewat bungahati.net pada tahun 2006.

Motivasi Budi dalam membangun bisnis parsel adalah untuk membantu orang yang ingin berkirim parsel dengan

mudah, tanpa terbatas ruang dan waktu. Selain itu, lanjutnya, untuk memberdayakan masyarakat sekitar dengan mengkaryakan mereka. Karena, hampir seluruh karyawan, dari perangkai parsel dan kurir berasal dari pemuda dan pemudi lingkungan setempat.

Menurut pria kelahiran 12 Februari 1979 ini, peluang bisnis parsel sangat besar untuk jangka panjang. Karena di indonesia budaya berkirim tanda mata/membawa tanda mata ketika berkunjung ke rumah orang tua, kolega dan teman apalagi di saat event besar, masih kental sekali. “Dan mengapa memilih via online, karena 90% order parcelindonesia.com dan informasi diperoleh dari sistem online,” jelasnya.

Meskipun parcelindonesia.com masih berupa industri rumahan, Budi mengatakan pesanan parselnya cukup ramai. Rata-rata, mereka mengirim untuk orang tua, kolega bisnis dan sahabat dekat. Masa

parcelindonesia.comJl. Yacob No 4 A Rt 4 Rw 8 Kel Sukabumi Utara Kec.Kebon Jeruk, Jakarta Barat, INDONESIA 11540

Berikut beberapa kiat dari Budi, bila seseorang ingin memulai usaha merangkai parsel:1. Untuk memulai usaha parsel (sebenarnya untuk semua bentuk

usaha), harus mempunyai PT. PT di sini adalah Percaya Tuhan, yakin bahwa rejeki sudah di atur oleh Allah SWT. Karena setiap manusia sudah ada rejekinya, tinggal bagaimana kita menjemputnya.

2. Harus PD, yakni memiliki rasa Percaya Diri. Kita harus punya skill dan harus terus mau belajar supaya kita lebih PD. Kalaupun belum bisa, ya pura-pura PD.

3. Berbakti dan memuliakan kedua orang tua (orang tua sendiri/mertua).

4. Sedekah5. Taat beribadah (Sholat wajib, sunat, duha, dll)

Page 10: Tabloid Usahaku Juli 2015

10Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015UtaMa

Dalam menyambut datangnya Idul Fitri, permintaan keranjang parsel terus meningkat. Bahkan, prosentasenya

bisa naik sampai 300%, dari hari biasanya. Peningkatan permintaan keranjang parsel, disebabkan banyaknya para pengusaha kreatif menjajal bisnis bingkisan parsel. Termasuk hari-hari besar seperti natal, imlek dan tahun baru.

Dalam membuat parsel, yang harus diperhatikan adalah keranjangnya harus cantik. Dari tampilan keranjang pun, dapat ditambah dengan ornamen-ornamen unik yang ditempelkan

di keranjang. Meskipun esensi parsel terletak pada isinya, tapi parsel berpenampilan indah dapat memunculkan kesan positif bagi penerimanya.

Keranjang parsel mempunyai berbagai bentuk dan pilihan. Dari yang kecil sampai besar, dari yang biasa hingga istimewa. Semakin cantik keranjang yang dibuat semakin mahal harganya. Di mana sebaiknya, Anda berbelanja keranjang agar rangkaian parsel Anda semakin cantik?

Setiabudhi Rotan, BandungBandung sudah lama terkenal

sebagai pusat tekstil di Indonesia. Tapi, masih jarang yang tahu, bahwa di Kota Kembang ini terdapat sebuah tempat kerajinan tangan, yang memproduksi keranjang parsel dari rotan.

Tak hanya keranjang parsel, perusahaan binaan Yayasan Cendikia Bumi Siliwangi ini juga membuat segala pernak-pernik berbahan rotan. Untuk kualitas, tak perlu khawatir, karena di produk-produk di pusat kerajinan ini berstrandar ekspor.

Pusat produksi keranjang ini, selain menerima pesanan parsel untuk dijual di berbagai daerah di indonesia, juga melayani penjualan skala international. Harganya pun cukup bersaing. Mulai Rp 7.500 dari

yang termurah, sampai 125 ribu untuk harga termahal.

Selain menjual dengan partai besar, Setiabudhi juga menerima pembelian eceran. Nah, jika tidak banyak waktu untuk membuat parsel, Anda juga bisa memperhatikan prospek bisnis menjadi reseller keranjang parsel. Karena Setiabudhi Rotan juga membutuhkan distibutor untuk daerah-daerah tertentu.

Selain murah Setiabudhi Rotan juga memberi garansi bagi pembeli segala model kerajinan tangan. Jika masih penasaran, bisa langsung datang ke alamatnya:

SETIABUDhI ROTANJl Setiabudhi KM 10 No 4 BandungTelp. 022-7393 0263Mobile. 0856 2456 0936

Pusat Kerajinan Bambu Ranginagung

Para pengrajin keranjang parsel dari bambu di Magetan Jawa Timur, mengakui ada peningkatan jumlah produksi mereka menjelang Lebaran 2015. Terhitung sejak dua bulan lalu sudah terjadi lonjakan permintaan hingga 100 persen.

Untuk parsel dari bambu anyaman, para pengrajin di Magetan menggunakan bambu apus yang terdapat di sekitar daerah itu. Tapi untuk kerangka, berasal dari beberapa daerah di sekitar Magetan, seperti Ngawi, Ponorogo, Pacitan dan Wonogiri Jawa Tengah, karena menggunakan jenis bambu petung.

Hasil kerajinan keranjang parsel bambu dari pusat kerajinan Ranginagung, dikirim ke berbagai kota di Jawa Timur, seperti, Madiun, Surabaya, Mojokerto, Jombang,

Bagi penjual parsel lebaran, keranjang

parsel merupakan salah satu komponen penting yang paling diburu. Tak

hanya murah, model dan kreativitas menjadi

pertimbangan dalam memilih keranjang yang

cocok untuk parsel. Berikut beberapa

tempat yang berhasil dihimpun oleh Usahaku.

Tak Hanya Bambu, Rotan pun Laku

Page 11: Tabloid Usahaku Juli 2015

11 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 UtaMa

Proses PackingBiasanya parsel lebaran dibungkus dan

dihias, untuk mempercantik penampilan parsel tersebut. parsel lebaran dapat dikemas dengan menggunakan keranjang, atau kardus yang sudah di desain dengan tema lebaran. Untuk mempercantik kemasan, ditambahkan pula hiasan seperti pita, kartu ucapaan, hiasan seperti ketupat kecil yang identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri.

PemasaranUntuk pemasaran bisnis paket lebaran, dapat

dicoba dengan cara – cara berikut :l Memasarkan langsung, kepada rekan – rekan

dekat Anda. Atau dapat juga memasarkan secara door to door untuk wilayah sekitar rumah Anda

lDapat juga dipasarkan dengan cara menitipkan produk parsel Anda, ke beberapa toko atau supermarket yang menjual paket parsel lebaran

lCara yang ketiga yaitu dengan menawarkan paket parsel Anda ke perusahaan swasta, coba tawarkan melalui manajemennya. Agar Anda dapat membantu menyediakan parsel lebaran untuk semua karyawan perusahaan tersebut

lCara yang keempat yaitu dengan memasarkannya melalui internet. Jangkauan internet yang luas, dapat membantu Anda memesarkan paket parsel lebaran hingga mencakup pesanan dari berbagai daerah.

l [HENDRA/ALI]

Berikut selengkapnya beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memulai dan menjalankan bisnis parsel lebaran:

Target KonsumenTarget utama bisnis parsel lebaran adalah

masyarakat umum yang merayakan hari raya Idul Fitri. Namun masyarakat umum juga dapat menjadi sasaran pasar bisnis tersebut, dengan adanya budaya mengirimkan parsel kepada saudara dan kerabatnya pada saat peringatan hari raya. Selain masyarakat individu, bisnis parsel lebaran juga menjadikan perusahaan – perusahaan swasta sebagai target pasar yang memiliki prospek pasar cukup besar. Karena biasanya perusahaan swasta memberikan bingkisan parsel lebaran kepada para karyawannya

Memilih ProdukUmumnya satu bingkisan parcel

lebaran berisi berbagai macam barang, berkisar antara 1 sampai 20 macam barang yang berbeda. Sebaiknya dalam memilih produk yang dijadikan sebagai isi parsel, perhatikan pula kualitasnya. Misalnya jika memilih parsel makanan atau minuman, sebaiknya perhatikan tanggal kadaluarsanya, agar tidak mengecewakan konsumen. Sedangkan untuk parsel yang berisi perabot, pilihlah perabot dengan teliti jangan sampai ada perabot yang cacat atau rusak.

Bagaimana Menjual Parsel Lebaran

Blitar dan Ponorogo. Sedangkan kota-kota di Jawa Tengah, adalah Klaten, Sragen dan Semarang. Selain itu juga mengirim keranjang parsel untuk Bekasi, Tasikmalaya, Bekasi dan Jakarta.

Akibat tingginya permintaan keranjang parsel, beberapa pengrajin menghentikan produksi kerajinan mereka yang lain, seperti, kotak tisu, kap lampu, piring pincuk bambu, piring lingkar bambu dan sebagainya.

Satu paket keranjang parsel bambu jenis cincin yang berisi tiga unit, dijual seharga Rp31.000. Sedangkan keranjang parsel jenis teratai dijual menurut ukuran, mulai dari Rp5.000 hingga Rp7.000 per buah.

UD PUTRI RAgILAlamat Rumah : Jl. Karya Dharma RT 03 / RW 04 No.37 Ringinagung MagetanHP : 085 856 876 319

Grosir Keranjang Rotan, Surabaya

Grosir keranjang rotan di Surabaya ini juga menyediakan produk keranjang parsel untuk untuk buah, lamaran dan keranjang untuk parsel Idul Fitri. Tidak hanya menyediakan anyaman rotan, tetapi juga menjual parsel rotan poles (besar).

Berbagai macam jenis keranjang tersebut, memiliki harga yang berfariasi, berdasarkan model, bentuk, dan ukuran serta aksesoris bahan. Harga tiap kurun waktu selalu berubah disesuaikan pasokan bahan baku.

Karena masih berupa home industry, produk Grosir Keranjang Rotan menawarkan harga yang sangat murah dibandingkan harga pasar. Soal produk, tidak perlu khawatir, karena Grosir Keranjang Murah sudah memproduksi keranjang sejak tahun 1980 dan sudah memiliki banyak pelanggan dari berbagai daerah.

Tapi, sangat disayangkan karena Grosir Keranjang Rotan hanya menerima pesanan dari daerah sekitar Jawa Timur. Untuk harga cukup beragam. Dimulai dari harga Rp 5.000 untuk produk paling murah sampai Rp 50.000.

Jika Anda berdomisili di Jawa Timur, bisa langsung datang langsung ke showroom Grosir Keranjang Rotan. l [ALI]

gROSIR KERANJANg ROTANJl. Karang Menur Timur 23 SurabayaTelp. 031-5021900

Page 12: Tabloid Usahaku Juli 2015

12Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015INsPIRasI

Kejujuran dan ketekunan merupakan

unsur utama yang diyakini Enggar

Rudya Absoni dalam mengembangkan bisnis material Gema Persada.

Bangkit dari gagal

Sejak usia sekolah, pria yang akrab dipanggil Soni ini sudah dikenal rajin. Karena banyak dari keluarganya

memiliki usaha material, ia pun ingin membuka usaha yang sama. Tapi saat itu, Soni belum memiliki modal untuk membuka usaha material. Yang bisa ia lakukan, yaitu belajar dari salah seorang pamannya yang sudah lama menjalankan usaha material.

Proses belajar itu pun berlangsung tidak sebentar. Banyak seluk beluk bisnis yang Soni pelajari, mulai dari bagaimana mencari suplier bahan-bahan material, sampai menggaet para pembeli dari para pemegang proyek bangunan.

Tahun 2004 berbekal modal pinjaman dari orang tuanya, Soni mulai membuka usaha material. Barang yang ada di toko material miliknya pun tidak terlalu banyak. Hanya seadanya, untuk memenuhi kebutuhan kecil orang-orang sekitar toko.

Kemudian, Soni ingat bahwa saudaranya banyak yang memiliki akses suplier bahan-bahan material. Dari saudaranya lah Soni mendapatkan kontak dari suplier itu. “Awalnya tidak semua suplier percaya, karena toko saya masih baru. Tapi lama-lama mereka malah menawarkan barang-barang baru yang belum ada di toko,” kenangnya.

Dari sinilah, suami Yeni Riska ini mulai bangkit. Puluhan suplier pun mau bekerja sama dengan toko

ENGGAR RUDYA ABSoNI

Hidup Berbekal Bisnis material

pemilik proyek properti, toko material miliknya berkembang pesat. Namun, rupanya terlalu banyak pemilik proyek yang menjalin hubungan kerja sama dengannya. Sebagian besar dari mereka bermain curang, Beberapa tagihan tidak terbayar. Tahun 2010, toko material milik Soni terpuruk dan terancam tutup. l [ALI]

Ketika toko material milik Soni mengalami kebangkrutan, ia pun bingung tidak bisa

berbuat banyak. Banyak dari suplier yang bekerja sama dengannya tidak percaya, karena Soni selalu menghindar. Saat itu ia terlilit hutang sampai Rp 1,3 milyar, kepada para suplier, dengan sisa modal hanya Rp 75 juta.

Sebelumnya, Soni memang sering pergi menemui guru spiritual yang dianggap bisa memberi keberkahan. Namun, ia sadar bahwa kesuksesan akan ia peroleh dengan usaha dan doa. Sejak mengalami kebangkrutan, ia tinggalkan semua aktivitas yang menurutnya justru tidak membawa berkah itu.

Suatu saat, ia bertemu dengan salah seorang suplier yang memang sudah lama dikenalnya. Suplier tersebut, menyarankan Soni untuk mendatangi para suplier lainnya. Soni diminta untuk tidak menghindar dari masalah. Karena, jika masalah dihindari, akan muncul masalah baru yang lebih besar.

Dengan tekad kuat, ia pun menemui para suplier dan berjanji akan membayar hutangnya. Alih-alih ditolak, malah dengan mendatangi suplier itu, Soni kembali ditawari untuk melengkapi toko materialnya. “Hutang-hutang yang sebelumnya, boleh dicicil dalam rentang waktu tertentu,” katanya.

Sejak saat itu, semangatnya kembali tumbuh. Toko materialnya kembali dipenuhi dengan bahan-bahan yang didatangkan dari suplier. Satu pelajaran yang dapat ia petik, yaitu tidak mudah percaya dengan para pemilik proyek yang belum begitu ia kenal.

Sehingga ia hanya menjual materialnya kepada para pembeli yang ada di sekitar rumahnya saja. Soni merasa harus benar-benar waspada, jika pun harus bekerja sama kembalin dengan pemilik proyek. “Saya kapok kalau harus berhubungan dengan pemegang proyek yang belum saya kenal dekat,”katanya.

Lambat laun, tidak sampai satu tahun seluruh hutang-hutangnya terbayarkan. Toko material miliknya mulai berkembang pesat. Dalam sehari, dari toko material miliknya bisa mendatangkan omset lebih dari Rp 10 juta per hari. Sebulan, bisa sampai Rp 300 ribu.

Ternyata, dalam menjalankan aktivitas bisnis tidak ada kendala yang tidak menemukan jalan keluar. Terbukti, ayah dua anak ini bisa kembali bangkit walau dalam kondisi tersulit. Bagi pelaku usaha lain, pengalaman Soni harus menjadi pelajaran yang perlu diterapkan dalam aktivitas usahanya. l [ALI]

Outdoor Equipment

MENyEDIAKAN KEBUTUhAN

OUTDOORJl. Kalibata Selatan 3G no 17 Pancoran - Jakarta Selatan

Telp. 0821 5561 7128PIN BB. 52560619

menerima pesanan grosir dan eceran

JACKET - T-sirT - CAriErslEEPiNG BAG - TENDA/DOmENEsTiNG - sEPATu - KOmPOrmATrAs - JAm TANGAN - Dll.

material miliknya. Karena Soni yakin, kejujurannya dalam berbisnis menjadi hal utama yang terus ia pertahankan. “Jika dalam berbisnis mengenyampingkan kejujuran, dimanapun seseorang berbisnis tidak akan pernah sukses,” katanya.

Agar perputaran barang cepat, Soni bekerja sama dengan para pemegang proyek properti di beberapa tempat di Bekasi. Tak hanya di daerahnya, ia juga mengirim barang ke luar daerah, seperti Suka Bumi, Jakarta dan Tangerang.

Sejak bekerja sama dengan

Jl Jati Kramat Indah 2 No 29Jati Asih - BekasiContact: 0812 8111 1012

InfoRMasI ToKo MaTERIaL

Page 13: Tabloid Usahaku Juli 2015

13 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 INtIPs

Setiap sesuatu yang pernah diawali pasti akan menemukan titik akhir. Hukum alam tersebut tidak

bisa dihindari. Begitupula dengan masa kerja kita, pasti akan sampai pada masa pensiun. Masa pensiun adalah masa yang secara alamiah akan menghampiri setiap orang. Datangnya sudah pasti berdasarkan pencapaian usia tertentu.

Banyak yang beranggapan, masa pensiun adalah memasuki masa usia tua, fisik yang makin lemah, makin banyak penyakit, cepat lupa, penampilan tidak menarik. Atau juga anggapan bahwa masa pensiun merupakan tanda seseorang sudah tidak berguna dan tidak dibutuhkan lagi dalam dunia pekerjaan.

Banyak orang yang tidak siap dalam menghadapai masa pensiun, baik secara fisik maupun menajemen keuangannya. Kali ini Usahaku akan berbagi tips bagaimana menyikapi masa pensiun:

Pertama, persiapkan kondisi fisik dan mental Anda. Cobalah untuk selalu berpikir positif atas apa yang telah Anda capai selama ini. Anda bisa mendiskusikan ini semua dengan pasangan Anda, sebab pasangan Anda yang paling mengerti bagaimana Anda semenjak masih aktif bekerja hingga Anda pensiun.

Kedua, menerapkan gaya hidup yang sehat. Semua masalah bisa diselesaikan selama kita memiliki kondisi tubuh yang sehat, maka sangat perlu bagi Anda untuk tetap menjaga kebugaran di masa pensiun Anda. Cobalah untuk rutin melakukan olah raga bersama keluarga atau sahabat dan teman Anda.

Ketiga, kembangkan hobi atau kegiatan positif yang dulu sempat tertunda oleh rutinitas kerja Anda. Ingat hobi atau kegiatan positif Anda sangat memungkinkan untuk dikembangkan atau bahkan menghasilkan sesuatu yang berguna

bagi Anda di masa pensiun.Keempat, buatlah perencanaan

anggaran keuangan sebelum masa pensiun Anda tiba, agar kelak

Anda tidak mengalami masalah keuangan nantinya. Cobalah metode pendekatan keuangan yang ditawarkan oleh pihak kantor dimana Anda dulu bekerja atau bank tempat Anda menyimpan uang saat ini. Jika memungkinkan, cobalah untuk berinvestasi. Tidak harus dalam usaha yang besar, tapi yang sedang saja sehingga kemungkinan rugi bisa diminimalisir.

Kelima, terus menjaga hubungan baik dengan relasi dan teman – teman selama Anda bekerja. Terkadang, dengan tetap menjalin komunikasi yang baik, Anda tetap bisa melakukan kegiatan yang dulu sering Anda lakukan bersama atau sekedar bertukar pikiran.

Terakhir, perdalam sisi spiritual Anda. Dekatkan diri Anda dengan Yang Maha Kuasa. Perbanyaklah kegiatan rohani yang mungkin selama ini tidak terlalu sering Anda lakukan karena kesibukan karir Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan ketenangan dalam batin dan psikis Anda. l [HENDRA]

HadapiMasa

PensiunMasa pensiun bukan berarti

berhenti beraktivitas. Banyakhal positif yang bisa dilakukan.

Beberapa sumber keuangan yang digunakan oleh pensiunan untuk membayar biaya hidup selama masa pensiun:

sumber: gaam wealth advisor

Sikap individu menghadapi masa pensiun:

Tidak tahu bagaimana

mereka akan membayar biaya

hidup selama pensiun.

Tidak memiliki tabungan pensiun.

Antisipasi menggunakan tabungan mereka untuk membayar biaya hidup selama masa pensiun.

Antisipasi menggunakan keamanan sosial untuk

membayar biaya selama masa pensiun.

25% 31% 40% 45%

sumber: gaam wealth advisor

sumber: kreditgogo

Ingat!Jangan Remehkan Masa Pensiun

Meremehkan usiaSaat usia muda, Anda punya banyak waktu

mempersiapkan masa pensiun sehingga

kemungkinan untuk mendapatkan hasil baik cenderung lebih besar.

Terlalu percaya orang dekatJangan terlalu percaya nasihat keuangan dari teman. Karena pada dasarnya hanya Anda yang mengetahui tingkat kebutuhan setiap bulan. Dalam hal ini, ada baiknya menggunakan saran jasa penasihat keuangan.

Meremehkan investasiBila Anda menganggap investasi bisa memberikan kerugian dalam jumlah besar, memang benar. Namun hal itu bisa dihindari jika Anda mengetahui jenis investasi yang memiliki nilai risiko rendah, namun memberikan keuntungan yang baik. Pelajari jenis-jenis investasi yang ada dengan sebaik mungkin.

Mengambil manfaat jaminan

sosial terlalu cepatManfaat jaminan sosial diperlukan ketika Anda

berada di posisi sulit. Namun, bila ada dalam posisi aman, sebaiknya simpan uang jaminan untuk masa pensiun.

Terlalu royalJangan belanjakan gaji

Anda sembarangan. Untuk itu, rencanakan

pengeluaran sebaik mungkin dan mulai

berhemat.

Memanfaatkan jaminan sosial 74%

Manajemen risiko masa pensiun44,3%

Tabungan selama bekerja31,6%

Rekening pensiun perorangan28,8%

Program pensiun iuran pasti18,5%

Penghasilan pasangan hidup11,9%

Lainnya5,9%

Memulai pekerjaan5,8%

Menjual pengalaman bisnisnya2,6%

Mengandalkan keluarga1,9%

Page 14: Tabloid Usahaku Juli 2015

14Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015KaBaR

Mimpi Koperasi Setara BUMN

Langkah Kementerian UKM Hadapi MEA

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (menteri KUKM), AAGN Puspayoga menargetkan, dalam

waktu minimal lima tahun ke depan, koperasi di Indonesia bisa sejajar dengan badan usaha milik negara (BUMN).

Menteri mengatakan, kementeriannya telah mengembangkan beragam program yang memungkinkan target itu

Menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pemerintah telah mempersiapkan

langkah-langkah, khususnya untuk memperkuat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Tidak diragukan lagi, selama ini UMKM menjadi penyelamat dan penyokong perekonomian Indonesia ditengah-tengah krisis global. Contoh, krisis 1997, sektor UMKM justru kokoh menopang perekomian Indonesia.

bisa terwujud. “Minimal lima tahun saya menjabat, sekarang embrionya sudah ada kan,” kata Puspayoga, setelah kunjungan kerjanya ke Bali, akhir Juni lalu.

Ia menjelaskan, sejumlah program pendukung penguatan koperasi yang dikembangkan di antaranya penyusunan database koperasi dan memangkas bunga KUR. “Pokoknya, kantong UKM kita upayakan bisa bertambah. Untuk

“Hampir di mana-mana, di kementerian, dan Pak Jokowi tidak henti berbicara mengenai antisipasi MEA. Ujung tombak adalah UMKM yang jumlahnya 58 juta. Jadi penduduk Indonesia yang menjadi pelaku UMKM adalah 58 juta. Mereka yang layak menjadi perhatian kita. Kami dari Kementerian Koperasi dan UKM telah mempersiapkan langkah-langkah,” kata Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) UMKM Kementerian Koperasi dan UKM, Kiemas Daniel,

apa kantong ini, untuk menambah modal bisa kan begitu. Untuk sewa kios bisa, untuk beli toko bisa ada sebuah realita yang dia dapatkan ketika dia berdagang,” katanya.

Sementara, terkait perlu tidaknya bank koperasi, Puspayoga menilai Indonesia tidak memerlukan lebih banyak lembaga, namun hanya perlu mengoptimalkan yang sudah ada, misalnya cukup dengan memangkas suku bunga KUR.

“Saya pikir, kalau ini dioptimalkan tidak perlu lagi bank koperasi. Kalau sudah dioptimalkan, mengapa banyak membuat lembaga lagi. Yang penting, berani tidak bank itu memberi sembilan persen tahun depan,” katanya.

sebagaimana dilansir RRI.Ada empat langkah yang

menjadi perhatian Kementerian Koperasi dan UMKM terutama LPDB. Pertama adalah memperkuat sentra One Village One Product (OVOP). Bagi Kementerian UKM, OVOP merupakan program unggulan. Melalui program OVOP, pemerintah akan fokus untuk memperkuat keunggulan di masing-masing daerah. “Ada priroritas yang unggul satu produk. Itu yang harus difokuskan,” ujarnya.

Kedua adalah meningkatkan

sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM. SDM merupakan salah satu komponen yang penting dalam menghadapi persaingan di MEA. Melihat peta persaingan, negara lain telah mempersiapkan dengan baik.

Ia mencontohkan, Thailand, sebanyak 30.000 pelaku usaha dari Thailand siap menyerbu pasar Indonesia. Yang mencengangkan, puluhan ribu UMKM Thailand itu telah dibekali, semisal belajar berbahasa Indonesia.

Ketiga, adalah meningkatkan kualitas dan standarisasi produk Indonesia. Ke-empat, sumber pendanaan dan permodalan. Kementerian Koperasi dan UKM menyadari pendanaan dan permodalan kuat akan meningkatkan daya saing UMKM Indonesia.

Oleh karena itu, pelaku usaha diberi kemudahan dalam ases permodalan. Suku bunga yang rendah diberikan oleh pemerintah adalah dana bergulir. Di Kementerian UKM, bunga pinjaman untuk pelaku usaha terus diringankan. Misal untuk koperasi dari 9 persen menjadi 8 persen, dan sektor riil dari 6 persen menjadi 5 persen.

“Dengan menurunkan suku bunga dari 9 ke 8 persen, artinya rata-rata setahun hanya 4 persen dan itu menurun, dibagi 12 hanya 0,23 persen untuk koperasi simpan pinjam. Untuk sektor riil menurun menjadi 5 persen. Dengan bunga perbulan 0,2 persen, ini kecil. Sebetulnya yang kita perlukan menghadapi MEA, bagaimana kita menurunkan suku bunga,” terangnya. l [PR]

Apalagi, lanjut Puspayoga, Indonesia punya Lembaga Pengelola Dana Bergulir KUKM. Selain itu, ada tiga proyek bernama kredit usaha produktif, yang saat ini telah berjalan di Kudus, Jawa Tengah, dan sedang diupayakan agar bisa direplikasi di kabupaten-kabupaten lain di Indonesia.

Pihaknya juga mengembangkan program Izin Usaha Mikro Kecil, akta notaris gratis, dan hak cipta yang gratis bagi KUMKM.

Puspayoga optimistis, koperasi di Indonesia bisa besar, karena sebagian besar di antaranya juga telah membuktikan diri sebagai badan usaha yang mampu bersaing dengan pelaku usaha lain.

l [PR]

Page 15: Tabloid Usahaku Juli 2015

15 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 KaBaR

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para wirausaha di tanah air, khususnya para pelaku

UKM. Dalam bebrabgai sektor ekonomi harus mampu mempersiapkan diri dan memperkaya kompetensi. Tidak terkecuali dalam sektor pariwisata.

Peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) koperasi dan UKM yang bergerak di bidang pariwisata harus terus ditingkatkan, agar mereka tetap eksis dan mampu bersaing saat diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA pada 1 Januari 2016.

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga mengatakan hal itu saat membuka acara Peningkatan Kompetensi SDM- KUKM dan pelatihan peningkatan kualitas dan kompetensi SDM pariwisata di Denpasar, Bali. Puspayoga menilai sektor pariwisata banyak digerakkan oleh koperasi dan UKM.

“Sektor ini menjadi salah satu sektor penopang perekonomian di tanah air yang paling besar. Oleh karena itu, menjelang

diberlakukannya MEA para pelaku Koperasi dan UKM yang bergerak di sektor pariwisata harus ditingkatkan kompetensi dan kualitasnya agar berdaya saing tinggi,” jelasnya.

Dengan dibekali pelatihan, para pelaku Koperasi dan UKM akan mampu bersaing saat MEA, sehingga semakin besar kontribusinya terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan rakyat.

“Pelatihan bagi SDM Koperasi dan UKM pariwisata sangat penting. Dan kementerian Koperasi dan UKM sendiri telah memiliki sejumlah program untuk mendorong para pelaku Koperasi dan UKM dalam mengembangkan usahanya,” kata Puspayoga.

Program tersebut diantaranya, mempermudah akses pembiayaan khususnya dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)-KUKM.

“Untuk pembiayaan kita punya LPDB yang bunganya sekarang 0,3 persen perbulan untuk KSP dan untuk sektor rill 0,2 persen per bulan,” pungkasnya. l [HENDRA]

MEA Tantang Sektor Pariwisata Indonesia

KAI Siap Tambah Tiket MudikBagi Anda yang ingin merasakan mudik

menggunakan kereta api, jangan dulu takut kehabisan tiket ataupun tempat duduk. Pasalnya, selain masih menyisakan puluhan ribu tiket

manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga akan menambah ketersediaan kursi penumpang untuk beberapa jadwal pemberangkatan.

Berdasarkan data rekapitulasi per tanggal 27 Juni 2015, manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat masih terdapat 96.451 tempat duduk atau tiket yang urung terjual. Meski begitu, tempat duduk yang tersisa merupakan slot penumpang untuk keberangkatan kereta api dengan rute dari Jawa bagian barat menuju timur, dengan tanggal keberangkatan hari H-11 sampai H-15.

“Kalau bicara H-7, tiketnya selesai (habis),” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro saat ditemui di Stasiun Bandung, sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Edi menjelaskan, untuk bisa menjamin kelancaran mudik lebaran para penumpang tahun ini manajemen KAI pun siap merilis tiket tambahan untuk jadwal keberangkatan di H-8 dan H-9. Penambahan tiket sendiri juga dilakukan untuk menyiasati menumpuknya calon penumpang di beberap stasiun.

“Mengapa kami mengadakan tiket tambahan karena Pak Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan ingin agar mereka yang punya kesempatan pulang terlebih dahulu, bisa pulang dulu supaya tidak menumpuk pada hari-H,” ucapnya.

Tebar Diskon 15 persenSelain penambahan jumlah tiket, tambah Edi pihaknya

juga bakal menawarkan promo tiket untuk sejumlah rute dengan waktu perjalanan tertentu. Promo tiket yang dikeluarkan ialah perjalanan kereta api mulai 1 Agustus 2015 hingga 30 November 2015.

Akan tetapi, Edi menyatakan program ini hanya berlaku untuk kereta api komersial atau non subsidi, baik untuk yang perjalanan tanggal 7-27 Juli 2015 ataupun untuk perjalanan antara 1 Agustus hingga 30 November 2015.

Guna mendapatkan promo tersebut, para calon penumpang pun harus memesan tiket melalui loket pembelian tiket di stasiun dengan membawa tiket perjalanan tanggal 7-27 Juli 2015 sebagai syarat diskonnya.

“Yang punya tiket antara tanggal itu, berhak mendapatkan diskon lagi pada saat membeli tiket KA jarak jauh sebesar 10 persen dan jarak sedang 15 persen, ” kata Edi. l [ALI/CNN]

Page 16: Tabloid Usahaku Juli 2015

16Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015KINERJa

KOSPIN JASA

Tingkatkan Pelayanan Berbasis IT

Usaha koperasi simpan pinjam selalu sejalan dengan perkembangan usaha anggota. Hal ini tidak lepas dari

sistem penerimaan anggota yang cukup selektif, dengan harapan menghasilkan anggota yang berpartisipasi aktif dalam menunjang segala usaha Kospin Jasa.

Seleksi penerimaan anggota juga dilakukan dengan pertimbangan agar kemampuan Kospin Jasa baik dalam permodalan, sarana, dan Sumber Daya Manusia dapat seimbang dengan perkembangan jumlah anggota sehingga pelayanan kepada anggota dapat maksimal.

Adanya kerjasama yang baik dan kepercayaan penuh dari masyarakat umum terhadap segala bentuk pelayanan Kospin Jasa, sehingga dapat tercapai perkembangan usaha yang dicita-citakan bersama.

Ketua Kospin Jasa wilayah

Kospin (Koperasi Simpan Pinjam) JASA merupakan koperasi yang dimiliki anggota, yang dibentuk oleh sekelompok pengusaha kecil dan menengah pada tahun 1970an. Tujuannya menyediakan solusi dalam mengatasi kesulitan pengusaha kecil dan menengah dalam mendapatkan pinjaman sebagai modal usaha.

Jakarta, Nurachman, SE menjelaskan untuk terus meningkatkan pelayanan, Kospin Jasa terus berupaya melakukan pengembangan sisi Informasi Teknologi (IT). “Karena, pelayanan berbasis IT saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama nasabah Kospin Jasa,” jelasnya.

Menurut Nurachman, Kospin Jasa ingin agar para nasabah bisa merasakan pelayanan sebagaimana pelayanan perbankan. “Misalnya, kita menerbitkan M-JASA dan ATM yang dapat mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi keuangan,” tambahnya.

Terkait diterbitkannya Nomor Induk Koperasi (NIK), menurut Nurachman tidak ada yang spesial dan terkesan biasa-biasa saja. Kementerian Koperasi dan UKM mempunyai tugas pembinaan dan pengawasan. Sehingga, dengan tugas tersebut kementerian perlu

menyajikan informasi yang lengkap terkait data-data tentang koperasi. “Ketika seseorang ingin mengetahui kondisi koperasi tertentu, sudah bisa melihat secara detil,” katanya.

Fungsi NIK, harus mencangkupi informasi lengkap terkait latar belakang koperasi, laporan neraca keuangan dan informasi penting lainnya. “Bukan sekedar nomor induk saja. Kalau hanya nomor induk bagi saya terlalu biasa,” kata Nurrachman.

Memang setiap koperasi mempunyai website sendiri. Hanya saja, bila bisa terintegrasi di data

Tabungan & Simpanan harian. Produk tabungan yang membantu para pedagang / pengusaha, agar dapat menabung dan melakukan penarikan dengan menggunakan tanda terima khusus. Tanda terima ini juga dapat digunakan dengan mudah sebagai pembayaran dalam bertransaksi dengan mitra bisnis.

Tabungan Safari. Sebuah simpanan dengan sistem arisan yang menguntungkan dengan penyaringan setiap bulan. Nasabah berpeluang mendapatkan sejumlah uang yang telah ditentukan. Tabungan ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai tabungan dengan peserta wisata terbanyak di Indonesia.

Simpanan Berjangka. Simpanan ini sangat menguntungkan terutama ketika Anda telah merencanakannya, karena tersedia dalam beragam jangka waktu, dengan jasa simpanan (bunga) yang kompetitif. Simpanan ini juga dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman.

Tabungan & Talangan haji Labbaika. Tabungan ini disediakan bagi nasabah yang berencana untuk berangkat Ibadah Haji, yang dapat dipersiapkan dengan berbagai kemudahan.

Pundi Arta Jasa. Tabungan bersistem arisan dengan jumlah kelompok yang memadai. Setiap bulan, akan ada jutaan rupiah uang tunai sebagai hadiah, dan pada bulan tertentu akan ada hadiah berupa sepeda motor.

Simpanan Keluarga Sejahtera (Sikesra). Simpanan yang ditujukan untuk anggota, calon anggota dan keluarganya, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya pedagang kecil, pedagang kaki lima, pedagang pembawa keranjang, petani, pengrajin, guru, dengan tujuan untuk menumbuhkan kegemaran mereka dalam menabung.

Simpanan Prima. Dengan setoran rutin tiap bulan, nasabah berkesempatan menikmati fasilitas wisata gratis ke luar negeri maupun tempat wisata populer lainnya serta hadiah penyaringan akhir periode yang menarik untuk peserta yang beruntung.

Tabungan Qurban. Dapatkan ketenangan rencana beribadah qurban dengan bergabung di Tabungan Qurban Kospin JASA, dengan setoran bulanan yang ringan, fasilitas debet rekening secara kelompok, dan dapatkan pula hadiah penyaringan di akhir periode. l [ALI]

base Kemenkop UKM, itu akan lebih bagus. Kementerian tidak hanya mengungkapkan kuantitas koperasi. Tapi harus lebih memperhatikan kualitas pembinaannya.

“Yang terpenting adalah koperasi itu harus bersatu, agar benar-benar bisa menjadi soko guru bagi perekonomian kita,” pungkasnya. l [ALI]

Produk Kospin Jasa

Page 17: Tabloid Usahaku Juli 2015

17 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 KINERJa

Berkomitmen untuk membantu program pemerintah dalam rangka menggerakkan ekonomi rakyat khususnya usaha

rakyat pra-sejahtera dan mikro yang tentunya berdampak positif terhadap perekonomian nasional serta membuka akses kepada masyarakat untuk menggunakan produk perbankan (bankable) karena tidak semua masyarakat, khususnya masyarakat usaha prasejahtera dan mikro dapat memanfaatkan produk dan layanan perbankan, maka PT BPR Narwastu Mikro Perkasa yang beralamat di Kodya Depok

BPR NARWASTU MIKRO PERKASA

Kredit NarwastuBERLIAN

Cocok Jadi Pilihanpasar, pelaku industri kreatif, warung kelontong di komplek perumahan dan warung / pedagang makanan/minuman yang mangkal di terminal, di pusat-pusat pertokoan, di komplek selokah dan di area Mall serta di publik area lainnya.

Kredit ini berbasis kelompok, artinya pengajuannya harus berdasarkan kelompok, minimal dalam 1 (satu) kelompok terdiri dari 5 orang. Kemudian kelompok-kelompok ini akan digabung menjadi satu kelompok besar, yang disebut Cluster dan jumlahnya maksimun 30 orang dalam satu Cluster.

Untuk memperoleh kredit ini,

yang sangat kompetitif, seperti Kredit UMUM dengan jaminan sertifikat Hak Milik atau BPKB kendaraan Mobil dan Sepeda Motor, Kredit KARYAWAN dan Kredit PENSIUNAN PNS/ABRI.

Untuk simpanan pihak ketiga, PT BPR Narwastu Mikro Perkasa menerima simpanan dari masyarakat luas dalam bentuk

Deposito, jangka waktu: 1 bulan, 3 bulan dan 12 bulan dengan bunga bersaing. Demikian pula simpanan dalam bentuk Tabungan, yakni Tabungan Pelajar, Tabungan Narwastu Terencana dan Tabungan Emas. Masing-masing Tabungan memiliki keunggulan dan tentu saja menguntungkan para deposan. l [HISARS/ADV]

TABEL ANGSURAN KREDIT NARWASTU BERLIAN

Melayani :Kredit NARWASTU BERLIANCocok menjadi pilihanUntuk Meningkatkan Kesejahteraan

Kredit Berbasis Kelompok & Pelatihan Plafond 1,5 Juta s/d 5 Juta Bunga Rendah Proses Cepat

ANDA BUTUH DANA

KAMI SOLUSINYA!

PLAFONDJUMLAh NOMINAL ANgSURAN/2 MINggUAN

ANgSURAN POKOK BUNgA ANgSURAN

1.000.000 24 X 41.667 12.500 54.167

2.000.000 24 X 83.333 25.000 108.333

3.000.000 24 X 125.000 37.500 162.500

4.000.000 24 X 166.667 50.000 216.667

5.000.000 24 X 208.333 62.500 270.833

PERSyARATAN :1. FC. KTP ( SUAMI - ISTRI )2. FC. KARTU KELUARGA ( KK )3. FC. BUKU NIKAH4. BERANGGOTAKAN IBU - IBU

tepatnya di Jalan Bojongsari Raya No 2. Sawangan Depok, telah meluncurkan produk kredit yang bernama KREDIT NARWASTU BERLIAN atau disebut Kredit Narwastu Berada Dilingkungan Anda.

Disebut Kredit BERLIAN, karena memang kredit ini ditujukan bagi masyarakat di lingkungan tertertu untuk memenuhi kebutuhan modal usaha produktif atau investasi yang menunjang usaha dengan target market: para wanita atau ibu-ibu rumah tangga yang memiliki usaha prasejahtera dan skala mikro dalam satu lingkungan, seperti pedagang

syaratnya cukup mudah, antara lain: memiliki usaha produktif skala mikro, lulus pelatihan yang diselenggarakan oleh BPRdan bersedia mengikuti aturan yang ditetapkan oleh BPR. Mau bergabung dengan BPR Narwastu Mikro Perkasa silahkan hubungi Custumer Service di No. Telepon: 021-7401562 Email: [email protected]

Disamping produk kredit Narwastru BERLIAN, PT BPR Naswastu Mikro Perkasa juga menawarkan kepada masyarakat kredit modal kerja dan kredit konsumtif lainnya dengan bunga

Page 18: Tabloid Usahaku Juli 2015

18Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015PRODUK

PRODUK UKM

SHANIqUA BAMBoo

Furnitur Bambu LokalTembus Pasar Global

Bila furnitur berbahan rotan sangat mudah ditemui, tapi furnitur berbahan bambu masih jarang dijangkau oleh

pengrajin. Alasan Khairul memilih furnitur bambu yaitu karena melihat kondisi sumber daya alam masyarakat setempat Rangkasbitung, didominasi oleh tumbuhan bambu.

Pasca krisis moneter 1998, banyak masyarakat yang menjadi pengangguran. Untuk memberdayakan masyarakat setempat, maka Khairul berinisiatif untuk membuat produk furnitur dari bambu. Maka ia pun mulai membuka bengkel kecil yang dinamakan Shaniqua Bamboo.

Sejak awal, Khairul memiliki mimpi menjadi pengusaha ekspor. Hanya saja, belum punya pengalaman di bidang ekspor barang. Untuk mengenalkan produknya, Khairul membuka showroom di bilangan Kemang Timur. “Selain elit, kemang juga dikenal sebagai tempat ekspatriat yang cukup berpeluang untuk mengenalkan produk furnitur unik seperti bambu,” katanya.

Suatu ketika, temannya yang juga produsen tas asal Bandung memesan sofa dari bambu untuk tempat duduk di Linda display, saat mengikuti Pameran Produk Ekspor (PPE) di Kemayoran. Hanya saja, para pengunjung tertarik dengan sofa bambu dan menanyakan sejumlah

Alam Indonesia sangat kaya sekali dengan beragam jenis tanaman, khususnya bambu. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Khairul Pulungan untuk mendirikan bengkel Shaniqua Bamboo, sebagai produsen produk ramah lingkungan.

informasi tentang produk furnitur tersebut.

Beberapa bulan kemudian, ada seorang trader dari India menghubungi Khairul untuk menanyakan produk Saniqua Bamboo. Karena, saat itu trader tersebut memperoleh pesanan furnitur untuk resort di Spanyol. Ia pun meminta Khairul untuk membuat furnitur

Jl Siliwangi Pasir Ona, Rangkasbitung, Lebak, 42313 Banten - IndonesiaTelp: + 6221 787 0508

sELaMa bertahun-tahun, Khairul Pulungan terus melakukan inovasi. Melalui kreativitas dari tangannnya Shaniqua Bamboo telah berhasil memproduksi furnitur berbahan dasar bambu. Mulai dari tempat tidur, lemari,

sofa, meja rias, gazebo dan beberapa produk lain.

Hingga 2015 Shaniqua Bamboo terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Kini jumlahnya mencapai 200 varian. Produk terbaru dari

Shaniqua Bamboo adalah House of Bamboo. Diharapkan, produk House of Bamboo menjadi alternatif baru sebagai tempat tinggal ramah lingkungan.

Shaniqua Bamboo terus konsisten membuat produk-produk baru dari bahan bambu. Sehingga membuat bengkel milik Khairul terus berkembang pesat. “Dari sinilah Shaniqua Bamboo semakin pintar membuat produk-produk baru dari bambu, karena tidak pernah pindah memilih bahan lain selain bambu,” jelas Khairul.

Produk House of Bamboo dibuat untuk memenuhi permintaan konsumen. Warga negara Eropa memiliki tradisi berlibur ke Indonesia. Tapi tidak semua dari mereka bisa menikmati keindahan alam Indonesia. “Nah, House of Bamboo berusaha menjawab kebutuhan mereka yang ingin menikmati kultur

budaya Indonesia, di negaranya,” tambahnya.

Untuk House of Bamboo, Khairul membandrol harga $200 USD per meter persegi, dengan masa pengerjaan antara satu hingga dua bulan. Beberapa waktu lalu, produk House of Bamboo juga sudah mendapat pesanan dari Malaysia. Sedangkan di Indonesia, produk House of Bamboo juga pernah dibangun di Ubud, Bali.

Kemunculan produk House of Bamboo, menurut Khairul merupakan salah satu langkah penting untuk menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan mulai diberlakukan awal 2016. Shaniqua Bamboo ingin menunjukkan, bahwa produk-produk dari Indonesia juga mampu bersaing dengan produk-produk dari luar negeri. l [ALI]

House of Bamboo

Shaniqua. Dari sinilah, produk-produk Shaniqua mulai dikenal dan mendapat respon baik dari para pengunjung. Bahkan, ada seorang warga negara Jerman membeli produk Shaniqua Bamboo.

Selama tahun 2000 hingga 2008, Shaniqua Bamboo terus melakukan peningkatan produk. Shaniqua Bamboo pun mendapat banyak pesanan membuat furniture bambu untuk beberapa negara di Uni Eropa seperti; Jerman, Perancis, Italia, Yunani, Armenia, Turki, dll.

Pada tahun 2009 - 2013, ketika terjadi krisis di Uni Eropa, penjualan mebel bambu di negara tersebut menurun drastis. Tapi produksi masih tetap berjalan untuk Jerman, Perancis, Italia. “Mereka masih tetap produk Shaniqua Bamboo, sehingga perlahan produk-produk kami dapat meningkat,” ujar Khairul.

Tahun 2010 Shaniqua Bamboo mendapat penghargaan sebagai produsen produk furnitur yang telah berhasil melakukan memberdayakan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia di kabupaten Banten. l [ALI]

seperti contoh gambar kirimannya.Khairul pun mengiyakan untuk

membuat contoh yang diminta. Selama kurang lebih tiga bulan, Khairul membuat contoh untuk uji coba ekspor. Karena saat itu Khairul belum tahu pasti standar kualitas produk furnitur bambu untuk diekspor. Atas dukungan dari istrinya, Sundari Pulungan, ayah empat anak ini pun berhasil membuat contoh barang tersebut.

Akhirnya produk Shaniqua Bamboo lolos uji coba. Tahun 1999 langsung kontrak sebanyak 13 kontainer dengan tenggat waktu empat sampai lima bulan. Barang-barang yang dipesan berupa bed, lemari, tempat televisi, meja rias dan sofa. Dengan banderol harga untuk produk $34 USD yang termurah hingga $700 USD.

Pada tahun yang sama pula, beberapa peserta pameran PPE 1999 menyewa bilik dan produk dari

InfoRMasI PRodUK

FoTo

: ALI

Page 19: Tabloid Usahaku Juli 2015

19 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 PRODUK

ZAFIRAH

Asuransi SyariahNasabah Muamalat

PRODUK PERBANKAN

Untuk mempermudah nasabah memperoleh asuransi syariah, Bank Mualat luncurkan produk Zafirah.

Sebagai bank berbasis syariah pertama di Indonesia, produk-produk yang diterbitkan Bank Muamalat senantiasa

menggunakan aturan-aturan syariah. Bekerja sama dengan perusahaan asuransi Manulife Indonesia, Bank Muamalat menggelar launching produk barunya, Zafirah, Minggu 21 Juni 2015, di Jakarta.

Direktur Utama Bank Muamalat, Endy Abdurrahman menjelaskan produk Zafirah, merupakan produk yang diperuntukkan nasabah Bank Muamalat agar memiliki solusi

asuransi berbasis syariah. Produk baru ini dapat diakses melalui jaringan ritel Bank Muamalat di seluruh Indonesia.

Untuk mensosialisaikan produk Zafirah, kata Endy, Bank Muamalat juga melakukan penyebaran akses informasi melalu jalur telemarketing. “Pada tahap awal, nasabah Bank Muamalat akan memperoleh akses terhadap produk asuransi syariah yang mencakup perlindungan jiwa dan elemen investasi berupa asuransi unit link,” akunya.

Menurut Endy, demi memenuhi kebutuhan asuransi nasabah yang

terus meningkat, tidak menutup kemungkinan produk lain akan diperkenalkan di kemudian hari. Karena Bank Muamalat terus berkomitmen menyediakan layanan keuangan berbasis syariah, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh nasabah di seluruh tanah air.

Dengan adanya kerja sama ini, lanjut Endy, akan mampu menjembatani produk perbankan dan asuransi. “Kemitraan ini bisa jadi membuka peluang yang jauh lebih besar bagi kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Direktur

Manulife Indonesia, Chris Bendl mengatakan pihaknya senang bisa bekerja sama dengan Bank Muamalat dalam memperluas jangkauan asuransi. “Manulife dan Bank Muamalat sama-sama memiliki rekam jejak kesuksesan yang panjang dan komitmen nyata pada negara ini,” kata Bendl.

Kemitraan itu juga menandai rampungnya perjanjian kerja sama antara Manulife dan Bank Muamalat untuk membangun kemitraan strategis, menyusul penandatanganan nota kesepahaman pada November 2014. l [ALDo/ANT]

FoTo

: BR-

oN

LIN

E

www.astra.co.id

Apa yang kita punya hari ini, tentu tak hanya milik kita sendiri.Itu yang Astra pahami tentang keberlangsungan sumber daya alam yang kita miliki.

Tak hanya untuk generasi kini, tapi juga generasi mendatang.Untuk bangsa, kami mempersembahkan

Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia).

Page 20: Tabloid Usahaku Juli 2015

20Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015sEHat

Pembayaran dapat ditransfer melalui rekening PT NAsAri iNDONEsiABank BNi no. rek 0153896997 | Kirim atau Fax bukti pembayaran ke alamat redaksi

FORMULIR BERLANGGANAN

NAMA :ALAMAT RUMAH :

KOTA : PROPINSI:TELP. RUMAH : KANTOR: HP:PEKERJAAN :PERUSAHAAN :ALAMT KIRIM :

Alamat Redaksi:Nasari Sentra KUMKM : Jl. Boulevard Raya Blok WE - 2 No 8B Kelapa Gading, Jakarta Utaraatau melalui email: [email protected]

q Paket 12 Bulan Rp. 100.000,-

HIPERTENSI Picu Stroke

dan JantungSampai saat ini, hipertensi masih merupakan tantangan besar di Indonesia. Hipertensi sebagai faktor risiko utama terjadinya stroke, penyakit jantung dan gagal ginjal.

Prevalensi hipertensi masih tinggi di Indonesia masih cukup besar. Pada tahun 2014, prevelensi hipertenis

secara nasional mencapai 31,7 persen. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2013, yaitu sebesar 26,5 persen, yang menunjukkan 1 dari 4 orang menderita hipertensi.

Bahkan pada usia lanjut (lebih dari 65 tahun) menunjukan satu dari dua orang menderita hipertensi, artinya satu dari dua lansia berisiko tinggi terkena stroke, penyakit jantung dan gagal ginjal bila tidak terdeteksi dini dan tidak terobati hipertensinya.

Pakar hipertensi, dan guru besar FKUI, Prof Dr dr Suhardjono, SpPD, KGH, KGer, FINASIM, menjelaskan hipertensi jika tidak ditangani maka akan berakibat fatal pada jantung, ginjal, otak serta menimbulkan komplikasi dan beban biaya yang besar seperti dialisis atau cuci darah. Bukan hanya beban ekonomi yang ditimbulkan namun juga menurunkan kualitas hidup penderita, keluarga dan masyarakat.

Beratnya hipertensi tidak hanya berdasar tingginya tekanan darah saja, namun harus dilihat adanya faktor penyerta lainnya. Risiko kerusakan target organ (otak, jantung, ginjal)

sangat dipengaruhi oleh tingginya tekanan darah, umur, merokok, dislipidemia, diabetes melitus, obesitas.

Jadi seseorang dengan hipertensi, penyakit diabetes, dan lingkar perut yang besar, apalagi merokok tentu akan berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung dibanding dengan

MENgKUDUMengkudu banyak digunakan

sebagai obat herbal. Khasiat mengkudu mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah hipertensi (tekanan darah tinggi). Buah yang mudah ditemukan di berbagai tempat ini, bisa dibilang cukup ampuh digunakan sebagai ramuan hipertensi. Caranya, cuci mengkudu yang sudah matang, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu diperas, diambil airnya dan campurkan dengan madu murni. Minum secara rutin dua kali sehari agar tekanan darah tinggi bisa kembali normal.

BAWANg PUTIhSelain digunakan sebagai

bumbu, ternyata bawang putih juga

yang hanya menderita hipertensi saja.“Pada intinya, pengobatan

hipertensi bertujuan menurunkan morbiditas dan mortalitas penyakit kardiovaskular, stroke dan ginjal dengan cara mengendalikan maksimal semua faktor risiko kardiovaskular. Tekanan darah diturunkan hingga kurang dari 140 per 90 mmHg.

Wakil Ketua I, Perhimpunan Hipertensi Indonesia atau Indonesian Society of Hypertension (InaSH), Dr dr Yuda Turana, SpS, yang juga seorang ahli syaraf mengemukakan hipertensi tidak hanya masalah dengan stroke, namun juga faktor risiko utama

berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya, bisa dimakan langsung satu siung bawang putih dan minum air hangat. Atau, bisa menambahkan bawang putih lebih banyak ke dalam menu makanan sehari-hari.

TIMUNSelain mengkudu dan bawang

putih, timun juga terbukti ampuh menurunkan darah tinggi secara alami. Karena timun memiliki kadar mineral potasium yang sangat baik untuk mengatasi masalah padan ginjal dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Caranya, yaitu dimakan sebagai lalapan atau parut timun dan peras airnya, kemudian diminum.

kepikunan atau demensia.Diketahui bahwa hipertensi yang

tidak terkontrol pada usia 40 tahunan akan mengakibatkan kepikunan saat usia lanjut. “Hipertensi dapat mempercepat proses penuaan otak,” ujarnya.

Selain itu kondisi stres dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, dan kondisi emosi tidak stabil dapat membuat tekanan darah menjadi tidak stabil. Kondisi tekanan darah yang rerata normal namun tidak stabil, juga akan berakibat buruk terhadap otak dan berisiko terkena gangguan memori dan kognitif lainnya. l [ALI/DBS]

DAUN ALPUKAT DAN gULA BATUSelain bisa dikonsumsi buahnya

sebagai jus, ternyata daun alpukat juga berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Yaitu dengan cara direbus dan dicampur dengan gula batu. Kemudian diminum dalam kondisi dingin, supaya ramuan benar-benar tercampur dengan sempurna. Diminum satu kali sehari, dan bisa terasa setelah dua sampai tiga hari.

BELIMBINg WULUhBahan alami lainnya adalah

belimbing wuluh. Buah ini mudah ditemui di pasar, karena biasanya digunakan sebagai campuran sayur. Caranya, yaitu dengan memeras air belimbing dan diminum. Bisa diminum dua kali sehari.

Beberapa ramuan di atas bisa digunakan sebagai cara mengobati hipertensi secara alami. l [ALI/DBS]

Ramuan Alami Atasi hipertensi

Page 21: Tabloid Usahaku Juli 2015

21 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 taMU

Betty Alisjahbana, merupakan sosok perempuan berwawasan luas tentang teknologi ini adalah

perempuan pertama yang menduduki jabatan Presiden Direktur IBM di kawasan Asia Pasifik. Setelah pensiun, ia pun mendirikan perusahaan industri kreatif di bawah bendera PT Quantum Business International (QB International) yang bergerak di industri kreatif.

Perempuan enerjik ini, selama delapan tahun menjabat Presiden Direktur PT IBM Indonesia (1999-2008). Karir sebagai CEO IBM Indonesia, ia anggap sudah cukup, kendati, sempat ditawarkan jabatan yang cukup prestisius di tingkat regional. Hanya saja, dia tidak mau berambisi besar dan menghabiskan seluruh hidupnya di IBM.

Berbekal latar pendidikan S1 Arsitektur (ITB-1994) ini mencoba melahirkan sesuatu yang ia anggap berguna bagi banyak orang. Sebab, masa pensiun menuntut seseorang lebih kreatif. Melalui QB Internasional,

ia mewadahi bidang usaha yang bertumpu pada modal intelektual dan kreatifitas.

Selama memimpin QB International, perempuan kelahiran Bandung, 2 Agustus 1960, ini memiliki keyakinan, bahwa kunci keberhasilannya adalah kejujuran, integritas dan motivasi yang tinggi. Selama berkarir di IBM, menjadi bekal dan pengalaman berharga dalam mengelola QB International.

Dalam mejalankan usaha mandiri, ibu dua anak dari Aslan dan Nadia terus membudayakan disiplin kerja dan semangat kerja keras. Sebab, tak ada bedanya semangat kerja selama ia menjadi CEO di IBM, dengan menjalankan aktivitas bisnis di QB International.

Salah satu portal yang dimiliki QB International adalah QB Headlines. Sebuah portal yang memuat artikel tentang dunia kerja, karir hingga memberikan tips dunia usaha. Tanpa diduga, usaha melalui media online terbilang sukses dengan penghasilan yang menggiurkan.

Tidak hanya sekedar bisnis semata,

Sosok Betti dalam hal kepemimpinan sudah teruji. Karakternya mudah bergaul

dan supel. Srikandi Indonesia yang pertama kali menjabat Presiden Direktur IBM Indonesia selalu membuka ruang dengan karyawannya dan bertukar pikiran. Bahkan dalam waktu tertentu, dia selalu mengadakan diskusi terbatas dan sekadar sharing.

Cara tersebut dilakukannya, agar dirinya tidak mau dinilai jauh dari karyawan. Dia mengaku tidak ingin menjadi pemimpin di atas menara gading yang tidak mengenal siapa sebenarnya orang-orang yang dipimpinnya Ia selalu berupaya mampu memposisikan dirinya dengan tepat di antara para karyawannya.

Suatu saat dia harus bersikap keras dan tegas, di waktu yang lain ia

BETTy AlisJAHBANA

Pensiun dari IBM Bagun Industri Kreatif

Kepemimpinan Betty

melalui media online, Betti mencoba memberikan pencerahan anak muda tentang berbisnis sebagai tanggung jawab sosial. Khususnya ditekankan pada pentingnya berinvestasi dan mencoba mengajak anak muda untuk mengalokasikan 30 persen dari penghasilannya untuk berinvestasi.

Betty yakin, mengajak anak muda untuk berinvestasi dan membuka usaha kreatif, merupakan cita-citanya untuk berbagi pengalaman dan ilmu. Dengan demikian, bisa menjadi angle investor, batu lompatan bagi para entrepreneur muda. Ia pun memberi dukungan kepada mereka berupa modal, coaching dari segi penajaman business plan serta marketing dan operasional.

Dengan menekankan kualitas, menjunjung tinggi integritas dan menilai bahwa alokasi untuk pengembangan diri SDM itu wajib. Betti menitik tekankan prinsip tersebut dalam membangun bisnisnya. Ia menghindari, menghalalkan segala cara untuk berhasil dan percaya pada nilai tambah, komitmen dan perbedaan individu. l [ALI/DBS]

pun bisa bersikap luwes, fleksibel dan penuh tenggang rasa. Tidak berlebihan, bila Betty pun kini ditunjuk sebagai sebagai 9 (sembilan) srikandi anggota Pansel Komisioner KPK oleh Jokowi.

Istri dari Mario Alisjahbana, seorang pengusaha di bidang media dan percetakan yang juga putra pujangga besar Sutan Takdir Alisjahbana memiliki banyak penghargaan yang telah diraih. Penghargaan tersebut antara lain, Outstanding Achievement Award di tahun 1999, Country General Manager Excellence Award 2000, yaitu penghargaan yang diberikan pada lima negara terbaik dari 170 negara di mana IBM beroperasi.

Alumnus ITB jurusan arsitektur ini, juga cukup kenyang dengan jabatan yang pernah dilakoninya. Antara

Masa pensiun, bukan berarti seseorang harus berhenti melakukan aktivitas produktif. Dalam menjalani masa pensiun, banyak hal positif yang bisa dikerjakan. Sebab, pensiun hanya masa peralihan tanggung jawab, yang tidak harus berhenti berkarya dan menghasilkan kreativitas baru dalam hidupnya.

lain, menjadi pemimpin dalam suatu wadah yang dinamakan Women Council untuk kawasan ASEAN dan Asia Selatan, Majelis Wali Amanah di almaternya dulu ITB dan Board of Trustees United States?”Indonesia Societies (Usindo). l [ALI/DBS]

Page 22: Tabloid Usahaku Juli 2015

22Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015sENtRa

Sebagai tradisi menyambut tamu saat hari raya Idul Fitri tiba, sebagian besar masyarakat yang beragama

islam di Indonesia berburu aneka kue kering untuk disuguhkan kepada para tamu. Tak heran, setiap kali berkunjung ke rumah saudara atau teman, tersaji beraneka kue khas lebaran. Seperti nastar, katangsel, putri salju, lidah kucing, sus kering dan semacamnya.

Menjelang lebaran kali ini, Usahaku mengajak pembaca untuk pintar-pintar membelanjakan uang. Karena banyaknya kebutuhan, masa-

Sentra Kue Kering Harga MiringBelum lengkap rasanya nuansa lebaran, tanpa menghadirkan kue di ruang tamu. Pada ajang silaturahim tahunan ini, masyarakat biasanya berburu kue kering di sentra-sentra kue. Di mana sebaiknya berbelanja kue kering dengan harga miring?

Berburu kue kering dengan banyak pilihan dan harga miring, cukup menggiurkan masyarakat. Di Jakarta, banyak terdapat sentra kue kering, dengan berbagai varian dan harga yang selalu ramai menjelang Idul Fitri. Berikut beberapa sentra kue kering yang tidak pernah sepi pembeli, menjelang hari raya dan hari-hari besar lainnya.

Pasar JatinegaraSentra kue kering Jatinegara,

terletak di Jl Jatinegara Barat. Sentra ini sudah sangat melegenda dikalangan para pemburu kue kering.

Kue kering yang dijual antara lain nastar, samosa, pastel, dodol, dan masih banyak yang lainnya. Harga yang dijajakanpun terbilang cukup murah mulai dari puluhan ribu, sampai ratusan ribu rupiah.

Pasar Dadakan CiracasTempat kedua yang akan kami

share adalah pasar dadakan Ciracas. Disebut pasar dadakan, karena memang semua kios yang berdiri disini hanya ada pada saat bulan Ramadhan samapai menjelang Idul Fitri. Disini ada sekitar 20 kios bertenda yang menjual berbagai macam kue kering kalengan.

Letaknya yang berada tepat didepan pabrik salah satu merek biskuit kenamaan ini, banyak menjual produk yang di pasok dari pabrik itu sendiri. Menurut Ibu Yogi salah satu pemilik kios disini, kebanyakan yang dijual adalah biskuit-biskuit dengan kemasan kaleng. “Disini mah kebanyakan jual produk dari pabrik di belakang mas,” katanya.

Posisinya yang tepat berada di bahu Jalan Raya Bogor KM 26 ini sangat mudah untuk ditemukan, anda

akan menemukan kios-kios bertenda yang ada di pinggir jalan baik dari arah Jakarta maupun dari arah Bogor.

Sentra Kue Kering SenenSegala paket kue kering lengkap

tersedia disini. Mulai dari paket yang harganya Rp 50 ribu dengan isi enam toples kue kering, hingga paket dengan harga Rp 80 ribu dengan isi enam toples kue kering. Namun jangan khawatir jika tidak ingin membeli secara paket, disini juga menjual satuan, paling murah dibanderol Rp 30 ribu.

Harga-harga yang ditawarkan disini relatif murah karena semua harga yang ditawarkan adalah harga langsung dari pabrik atau produsen. “ini udah harga pabrik, yang mahal bisa tahan lama sampai enam bulan, kalau yang murah bisa tahan tiga bulan saja,” ujar salah satu penjual kue kering disini.

Adapun kue-kue kering yang dijajakan disini adalah nastar, putri salju, choco chips, kue sagu, kue kacang almond, hingga lidah kucing. Semua kue-kue ini ditata dengan rapi oleh para penjualnya. l [HENDRA]

masa menjelang lebaran boleh jadi kondisi keuangan harus diatur sebaik mungkin. Termasuk dalam berbelanja kue lebaran. Harus jeli mencari sentra belanja kue lebaran, dengan harga murah tapi kualitas oke.

Membeli kue kering di mal, swalayan, atau bakery seringkali menguras kantong. Harganya pun terbilang lebih mahal, dibanding sentra penjualan kue kering. Kemasan dan kuenya memang terlihat cantik, namun rasanya belum tentu istimewa. Sedangkan di sentra kue kering, pembeli boleh mencoba terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

Menurut Peterus salah satu penjual kue kering yang sudah berjualan sejak 20 tahun yang lalu ini, tokonya selalu kebanjiran pembeli pada saat mendekati hari lebaran. “Menjelang H-7 pembeli yang datang bisa sampai empat kali lipat yang datang ke sini,” tandasnya

Untuk mencapai sentra kue kering ini, anda hanya menuju ke arah basement dari pasar Mester Jatinegara, letaknya berada di belakang pasar sebelum penjual sayuran. Disini ada sekitar sepuluh kios yang menjual berbagai macam kue kering.

Susana pembeli kue kering di salah satu sentra kue kering Jatinegara

ANDA PERLU TAhU

BagI Anda yang ingin membeli kue kering untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri, perlu waspada dalam memilih. Karena banyak beredar kue kering kadaluarsa di pasaran. Berikut beberapa tips memilih kue kering yang aman dikonsumsi:1. Murah tapi “sampah”

Jangan langsung tergiur dengan harga yang super murah. Karena urusan kesehatan tetap harus diutamakan. Terutama yang dijual dengan harga super murah (10 ribu/toples). Sebagian penjual kue yang ‘nakal’, mengganti dengan label baru dengan update tanggal kadaluarsa.2. Tanggal kadaluarsa

Kue kering tanpa pengawet bisa bertahan sekitar 2 bulan dengan kondisi

Awas! Kue Kadaluarsakedap udara di dalam toples. Bila menggunakan pengawet, bisa bertahan 1 hingga 1,5 tahun lamanya. Bila lebih dari itu, pertimbangkan lagi untuk membeli.3. Teliti sebelum membeli

Kue kering yang baik berwarna kuning keemasan dengan warna yang alami pudar. Jika berwarna mencolok dan terlihat menggoda, berhati-hatilah. Karena tidak sedikit produsen yang menggunakan pewarna buatan.4. Minta tester

Biasanya penjual kue kering akan menyediakan tester. Minta dan ciumlah aromanya sebelum mencoba. Sebab, aroma kue kering yang kadaluarsa berbau tidak sedap. l [ALI]

Page 23: Tabloid Usahaku Juli 2015

23 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015

Rumah merupakan istana bagi setiap penghuninya, dan orang pasti menginginkan tempat tinggalnya lebih nyaman dan terlihat cantik. Menjelang Idul Fitri, masyarakat cenderung mengubah penampilan rumahnya, dengan mengganti gorden dengan desain menarik. Seberapa besar peluang bisnis ini?

PElUaNg

JENIS IKLAN UKURAN hARgA

hALAMAN COVER

Front Cover (Special Adv) 260 x 350 mm Rp 50.000.000

Eklusive Banner Cover (atas) 260 x 45 mm Rp 30.000.000

Eklusive Banner Cover (bawah) 260 x 45 mm Rp 25.000.000

Inside Front Cover 260 x 350 mm Rp 20.000.000

Back Cover 260 x 350 mm Rp 25.000.000

Inside Back Cover 260 x 350 mm Rp 15.000.000

hALAMAN ISI

Spread Adv (2 halaman) (260 x 350) x 2 mm Rp 15.000.000

Full Page (kanan) 260 x 350 mm Rp 10.000.000

Full Page (kiri) 260 x 350 mm Rp 7.500.000

1/2 Page (kanan)260 x 175 mm130 x 350 mm

Rp 5.000.000

1/2 Page (kiri)260 x 175 mm130 x 350 mm

Rp 4.000.000

1/4 Page (kanan)130 x 175 mm260 x 82,5 mm

Rp 2.000.000

1/4 Page (kiri)130 x 175 mm260 x 82,5 mm

Rp 1.500.000

Tentukan tarif iklan Anda di tabloid USAhAKU

Salah satu upaya untuk mempercantik rumah yaitu dengan mempercantik kain penutup jendela. Gorden

bisa dibilang sebagai benda wajib yang tidak boleh dilewatkan di setiap rumah. Karena berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari. Selain itu, agar benda-benda di dalam rumah tidak terlihat dari luar.

Peluang ini yang dilihat oleh David, salah satu penyedia jasa spesialis penasangan gorden, wallpaper, karpet, dan dekorasi interior. Selain pada masa-masa menjelang lebaran, di hari-hari biasa pun R&R Gordyn, nama toko milik David, selalu dikunjungi pembeli. Terlebih, pertumbuhan properti di Indonesia semakin meningkat.

Gorden dan DekorasiTak Pernah Mati

Pria yang memiliki toko di jalan alternatif Jorr no 14 A ini sudah lama menjalani bisnis pemasangan gorden dan dekorasi interior. Karena ia menilai peluang usaha pasang gordin sangat bagus. “Terlebih menjelang Idul Fitri, pemesanan meningkat hingga 60 persen,” jelasnya.

Karena relasi dan jaringan yang sudah terbentuk sebelumnya, David mengaku tidak kesulitan untuk mengawali bisnis ini. Dia bisa langsung menerima pesanan untuk pemasangan gorden di rumah-rumah, atau di area pengembang property. “Sebelum buka usaha sendiri, saya sudah cukup lama bekerja di unit usaha yang sama. Sehingga banyak pelanggan dan kenalan yang percaya pada saya,” katanya.

Saat ini, setiap harinya dia bisa menerima pesanan dari satu atau dua klien, dengan rata-rata total pesanan tiap bulannya bisa mencapai 20 pelanggan. Untuk menggunakan jasa David, biasanya calon pelanggan langsung datang ke toko untuk memilih bahan dan desain gorden yang diinginkan.

Setelah itu, tim David akan melakukan survei ke rumah untuk melakukan pengukuran jendela dan penghitungan estimasi kebutuhan kain. Baru kemudian ia menghitung total budget yang harus dikeluarkan pelanggan. “Jika sepakat, maka proses pemotongan dan penjahitan bahan gorden segera dilakukan,” akunya.

Waktu untuk membuat gordin, sekitar sepekan setelah kesepakatan. Jika kondisinya urgent, dua atau tiga hari pun bisa selesai. Sementara itu, untuk proses pemasangan gorden biasanya hanya membutuhkan waktu maksimal 30 menit untuk setiap jendela, atau mencapai empat jam

untuk proyek sebuah rumah dua lantai.

Untuk mengerjakan proyek pemasangan gorden tersebut, biaya dipatok berdasarkan jumlah jendela dan bahan yang digunakan. Kisaran biayanya bisa mencapai Rp3 juta untuk rumah satu lantai, hingga Rp50 juta untuk rumah tiga lantai.

Strategi David untuk memenangkan pasar, yaitu dengan menyasar para pemborong perumahan untuk diajak bekerja sama. Sehingga dia bisa mendapatkan proyek pembuatan gorden bagi setiap rumah yang dibangun oleh pengembang tersebut. “Jumlah developer yang diajak kerja sama cukup banyak, dan ini lebih efektif dibandingkan dengan pelanggan yang belum tentu datang ke toko setiap hari,” paparnya.

David tetap optimis bisnis yang dijalaninya akan tetap bergerak. Pertumbuhan bisnis ini juga seiring dengan tren meningkatnya jumlah properti di Indonesia.

Perkembangan model gorden rumah modern saat ini terbilang sangat pesat. Gorden tak lagi sekedar berfungsi untuk menutup jendela, namun juga telah menjadi bagian dari dekorasi interior yang akan

menambah daya tarik dan kenyamanan suasana di dalam rumah. Bahkan pemilihan gorden pun perlu direncanakan sebagai bagian penting yang dirancang sejak awal.

Nah, di bawah ini sejumlah tips ringan nan simple dalam memilih atau membuat model gorden rumah modern untuk mempercantik suasana di dalam rumah anda.1. Sesuaikan model gorden dengan desain rumah maupun tema ruangan

yang ada. Untuk rumah klasik akan menarik dengan model gorden modifikasi dengan bahan hasil kerajinan tangan yang dimodifikasi dengan batik atau bahan kain lain.

2. Untuk rumah minimalis atau mungil, hindari menggunakan gorden model plisket yang justru akan memperberat kesan dan suasana di dalam ruangan. Hindari pula penggunaan poni pada gorden secara berlebihan yang akan memberikan kesan ramai.

3. Sebagai bagian dari dekorasi interior rumah, maka pemilihan warna gorden juga perlu disesuaikan dengan desain interior maupun jenis perabot. Untuk rumah minimalis, sebaiknya pilih warna gorden yang cerah. Namun jika dekorasi ruangan telah didominasi warna cerah, anda bisa memilih warna kontras untuk memberikan keseimbangan pada ruangan.

4. Untuk menampilkan suasana yang berbeda, anda juga bisa membuat gorden sendiri dengan membeli bahan kain yang banyak dijual di pasar. Modifikasi atau memadukan bahan kain kanvas dengan batik akan mengghasilkan model gorden rumah modern dengan penampilan yang unik, menarik, serta eksklusif karena tidak akan ditemukan di rumah lain.

Tips Memilih gorden Modern

Page 24: Tabloid Usahaku Juli 2015

24Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015

FOKUs

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Usaha Kecil dan Menengah, Choirul Djamhari

mengakui perkembangan UMKM di Indonesia belum seperti yang diharapkan. Padahal, UMKM telah terbukti berhasil bertahan dari krisis ekonomi. Melambannya perkembangan usaha tersebut, bisa jadi disebabkan oleh rendahnya sinergi UMKM dengan perbankan.

Menurut Choirul, terjadinya gap tersebut justru disebabkan dari UMKM sendiri. Pasalnya para pengusaha UMKM enggan berurusan dengan perbankan. “UMKM itu karakternya enggak mau rumit. Banyak istilah-istilah bank yang

UMKM Tak Mau Rumit Pinjam Modal di Bank

Hubungan antara pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan lembaga keuangan formal, boleh dikatakan cukup renggang. Padahal, dengan modal dari bank berpotensi membesarkan skala produktivitas dan kuantitas produk mereka. Mengapa demikian?

pelaku UMKM belum melek literasi keuangan. Sehingga perlu dibuat perlakuan khusus dalam memberikan kredit kepada UMKM. “Bagaimana mau mengisi formulir, sedangkan baca tulis saja tidak bisa,” kelakar Chairul.

Choirul menjelaskan, untuk memperoleh pembiayaan, jangan hanya mengandalkan perbankan saja. Perlu digencarkan lembaga pembiayaan non-bank yang fokus menyasar sektor ini. “Berdirinya perusahaan penjaminan kredit di daerah yang bisa menolong keadaan. Pemda-pemda perlu mendirikan lembaga ini. Memang ada yang berdiri, namun ada juga pemda yang enggan karena berpikirnya profit oriented,” katanya.

Ia memaklumi regulasi perbankan yang ketat dalam memberikan pembiayaan. Tingginya resiko kredit gagal juga jadi pertimbangan sendiri pihak perbankan. “Bank-bank sering menolak pengajuan kredit UMKM karena tidak memenuhi persyaratan perbankan,” jelas Choirul.

Untuk itu, pihaknya sendiri telah mengupayakan permudah perizinan dan menurunkan suku bunga Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) Kementerian UMKM. “Untuk izin hanya perlu setingkat camat dan bunganya sudah kami turunkan 1%. Kami ingin terus upayakan agar bunganya terus turun,” jelas Choirul.

Sementara itu berdasarkan data Bank Dunia, Kepala Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia, Yunita Resmi Sari menyebutkan, orang dewasa di Indonesia yang punya akun di lembaga keuangan formal masih sekitar 36 persen. Menariknya, orang dewasa yang meminjam dan melakukan peminjaman kembali ada 56 persen. “Jadi yang meminjam kembali adalah yang sudah punya pengalaman dengan bank,” tukasnya.

Sari mengakui, perlu upaya lebih agar UMKM mengakses pembiayaan perbankan untuk pertama kalinya. Sebab kerenggangan yang terjadi antara UMKM dan bank, perlu jalan terbaik. UMKM perlu adanya peningkatan kapasitas dan eligibilitas, sementara bank harus melakukan penyesuaian termasuk penyesuaian kebutuhan dengan UMKM.

“Memang ada ketentuan baku yang tidak bisa ditawar. Tapi ada beberapa hal lain yang bisa masuk ke UMKM. Misalnya produknya disesuaikan dengan jaminan dan jangka waktu yang bervariasi,” kata Yunita.l [ALI]

sulit dipahami. UMKM juga enggak mau terikat,” kata Choirul dalam sebuah forum diskusi umum, di IPMI International Business School, pertengahan Juni lalu.

Idealnya, kata Choirul, UMKM membagun hubungan baik dengan bank. Namun ternyata tidak sesuai yang diharapkan. Banyak

Page 25: Tabloid Usahaku Juli 2015

25 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 FOKUs

Sebenarnya, pelaku UMKM memiliki mimpi besar untuk memperkuat modalnya dan memperoleh pembiayaan dari

perbankan. Hanya saja, persyaratan UMKM untuk memperoleh status bankable (dapat mengakses dana bank) tidak sesederhana usaha mereka.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Jamhari, mengatakan pihaknya pun sedang berusaha mengembangkan pembiayaan UMKM dari lembaga keuangan non bank, seperti asuransi, pegadaian, leasing, penjaminan, yang nantinya bisa dimotori dengan skim yang unik.

Menurut Choirul, Kemenkop juga mengandalkan pengembangan lembaga pengelola dana bergulir yang

merupakan badan layanan umum untuk menyalurkan pembiayaan ke UMKM. “Ini menjadi solusi untuk mengurangi keengganan dalam rangka perluasan akses permodalan,” jelas Choirul, di Jakarta.

Selama ini, lanjut Choirul, jumlah ajuan pembiayaan mikro sangat besar. Setidaknya yang masuk daftar tunggu sebanyak 35 ribu calon pengakses modal. Oleh karena itu, ia menekankan perlunya kehadiran lembaga pembiayaan khusus UMKM serupa, untuk mempercepat daftar tunggu itu dalam memperoleh dana.

“Kita perlu merealisasikan gagasan lembaga pembiayaan khusus untuk UMKM. Karena rasanya tidak ketemu kalau aturan itu rigid dan diaplikasikan secara general ke UMKM. Namun kurang

Perlunya Lembaga Pembiayaan Khusus UMKM

suku Bunga Tinggi

Bank Indonesia (BI) telah menetapkan perbankan harus menyalurkan pembiayaan ke usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar 20 persen dari portofolionya. Namun, agar bisa lebih berkembang, maka diperlukan lembaga pembiayaan khusus UMKM.

Alasan tingginya suku bunga pinjaman perbankan, menjadi penyebab UMKM enggan mengajukan pinjaman ke perbankan. Para pelaku UMKM tak mau repor enggan berurusan bank. Benarkah?

mengindahkan keunikan maupun kekhasan UMKM. Saat ini kurang bank yang spesifik akomodir ke UMKM. Kredit modal kerja, komersial dan konsumer tidak sejalan dengan UMKM,” ujar Choirul.

Sementara, Kepala Ekonom BNI Ryan Kiryanto, mengutarakan menggeluti UMKM berbeda dengan komersial. Oleh karena itu, ia pun mempertimbangkan kemungkinan tersedianya bank yang secara mandat dikhususkan ke sektor tertentu di Indonesia. “Di Cina ada bank konstruksi, bank nelayan, kenapa tidak untuk Indonesia? Harus ada bank khusus UMKM,” tukasnya.

Kepala Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia, Yunita Resmi Sari, mengatakan ada berbagai alternatif pembiayaan bagi UMKM agar tak melulu bersandar pada perbankan, yaitu leasing, trade financing, anjak piutang, hingga pembayaran resi gudang.

Hingga Maret 2015 perbankan menyalurkan total pembiayaan ke UMKM sebesar Rp 747 triliun dengan share 20 persen dan pertumbuhan 14,7 persen, sedangkan pembiayaan non UMKM sebesar 2882,5 triliun dengan pertumbuhan 10 persen. Jumlah nasabah UMKM tercatat sebanyak 11,2 juta rekening. l [ALI]

Tingginya suku bunga perbankan digadang-gadang menjadi salah satu penyebab pelaku UMKM ogah berhubungan dengan bank. Sehingga

perkembangan UMKM di Indonesia lambat. Padahal, peran UMKM telah terbukti berhasil bertahan dari krisis ekonomi yang pernah mendera Indonesia pada 1998.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UMKM Choirul Djamhari memaklumi hal tersebut, sebab regulasi perbankan cukup ketat dalam memberikan pembiayaan. Tingginya risiko kredit gagal juga jadi pertimbangan sendiri pihak perbankan.

Bank-bank sering menolak pengajuan kredit UMKM karena tidak memenuhi

persyaratan perbankan. Untuk itu, Kemenkop UKM telah mengupayakan untuk mempermudah perizinan dan menurunkan suku bunga pada Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) Kementerian UMKM.

“Bahkan, Menteri Koperasi dan UKM terus mengupayakan agar bunga KUR (Kredit Usaha Rakyat), bisa turun hingga 11%,” jelas Choirul.

Dalam kesempatan yang sama, akademisi Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI), Jimmy Rifai Gani membandingkan dengan suku bunga komersil di Asia, suku bunga Indonesia yang berlaku sebesar 12% tertinggi. Di Negara asia kisaran suku bunga komersil di bawah 10%. Dengan kondisi ini maka produk UMKM Indonesia harganya tidak kompetitif. Pasti lebih mahal daripada produk UMKM asing.

Jimmy juga menyebutkan, jika suku bunga yang tinggi pasti dibebankan kepada konsumen, akibatnya harga produk UMKM Indonesia menjadi lebih mahal dibanding competitor dari UMKM Asia atau Asean. “Jika tidak dicarikan skema pembiayaan UMKM yang berbunga rendah, maka produk UMKM di Indonesia sulit bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dimulai awal tahun 2016,” ungkap Alumnus Harvard University ini.l [ALI]

Page 26: Tabloid Usahaku Juli 2015

26Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015FOKUs

Alasan UMKM Enggan Akses Dana Bank

Mayoritas UMKM

memulai usahanya

82,7% memulai

usaha dengan menggunakan modal sendiri.

17,3% memulai usaha

dengan menggunakan modal dari sumber

lain.

Sumber: Survey BI

ALASAN MENGAPA TIDAk PILIH BANk?

26,7%

23,4%

17,8%

10,9%

10,9%

Para pelaku UMKM mengaku bunganya masih tinggi

Sumber: Survey MARS

Dalam mengakses dana bank, harus disertai agunan

Belum butuh dana bank karena bisa mendanai sendiri

Proses dalam mengakses modal berbelit-belit

Persyaratan yang harus dilengkapi cukup rumit

Pertimbangan utama bagi UMkM dalam memilih mengakses dana bank:

Sumber: Survey MARS

71% 38,8% 32%Karena pertimbangan

suku bunga

pelaku UMKM pelaku UMKM pelaku UMKM

Karena pertimbangan proses pencairan dana

Karena pertimbangan persyaratan mudah

MENGAkSES DANA BANk

Rendahnya akses masyarakat terhadap lembaga keuangan formal, membuat bank-bank nasioanal beramai-ramai menyediakan program kredit yang mencakup akses pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Akademisi Institut Pengembangan Manajemen Indonesia Jimmy Rifai Gani, mengutip hasil lembaga

survei MARS, hanya 30 persen yang menggunakan jasa perbankan, sisanya tidak.

Survei tersebut dilakukan kepada 10.333 UMKM di enam kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan. Sementara, sebagai perbandingan berdasar data bank sentral Eropa ada 57 persen UMKM di kawasan tersebut yang memakai jasa perbankan.

Alasan tingginya bunga bank menjadi salah satu penyebab para pelaku UMKM enggan mengakses

dana dari bank. Selain itu, proses berbelit-belit juga menjadi salah satu faktor. Sebab, rata-rata pra pelaku UMKM, memilih meminjam kepada para rentenir dengan bunga tinggi, tapi prosesnya gampang.

Dalam mengakses modal di perbankan, pelaku UMKM juga masih mempertimbangkan agunan yang harus digunakan. Sebagian lagi, disebabkan karena masih bisa mendanai sendiri.

“Karena faktor itulah, para pelaku UMKM enggan mengakses dana di bank,” jelas Jimmy dalam FGD Menelisik Keengganan UMKM Bankable Mengakses Dana Perbankan, di Gedung IPMI International Business School, pertengahan Juni lalu.

Ia menambahkan ada tiga pertimbangan utama bagi UMKM dalam memilih masuk ke bank, yaitu suku bunga (71 persen), proses pencairan dana (38,8 persen) dan persyaratan mudah. “Dari besaran kredit yang digunakan oleh UMKM sekitar 68 persen UMKM hanya meminjam Rp 10 sampai Rp 50 juta.

Yang dibawah nilai itu ada 32 persen,” kata Jimmy.

Selain itu, tambah Jimmy, permasalahan utama bagi UMKM yang bankable adalah bunga yang tinggi. Bila saja bunga diatas 20 persen, maka perusahaan harus menghasilkan nett profit 20 persen. Sementara, lanjut Jimmu, jika membicarakan nett profit margin bisa dapat 2-3 persen, luar biasa bagus. “Maka harus dipikirkan agar kesenjangan antara profit margin yang begitu tipis dengan harga permodalan yang tinggi bisa diatasi,” jelasnya.

Jimmy membandingkan dengan beberapa negara tetangga memiliki suku bunga yang lebih rendah. Misalnya, sebut Jimmy, Tiongkok di bawah 10 persen, namun di Indonesia bisa sampai 18 persen. “Pada akhirnya yang terjadi pelaku usaha apapun harus mentransfer biaya yang tinggi kepada konsumen, sementara konsumen punya pilihan,” kata Jimmy. Di sisi lain, perbankan pun harus dapat mempermudah akses karena pelaku usaha UMKM tidak ingin yang rumit dan proses yang susah.

Sementara, Kepala Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia, Yunita Resmi Sari, mengatakan berdasar survei BI, Berdasar survei BI, mayoritas UMKM (82,7 persen) memulai usaha dengan menggunakan modal sendiri. UMKM mengandalkan teman dan keluarga sebagai sumber dana eksternal. “Mengapa UMKM enggan. Ada stigma kurang positif dalam berhubungan dengan bank,” ujar Yunita. l [ALI]

Jimmy Rifai Gani

Page 27: Tabloid Usahaku Juli 2015

27 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 FOKUs

Disadari atau tidak, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM)

merupakan salah satu instansi yang cukup dekat dengan pengusaha mikro, kecil dan menengah. Ketahanan Indonesia dari dampak krisis global, tidak lepas dari peran serta para pengusaha kecil yang ternyata menyokong pertumbuhan ekonomi nasional.

Demi memberdayakan dan menumbuhkan lebih banyak pengusaha sektor riil, Kemenkop UKM memberikan stimulus melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB KUKM) dengan bunga pinjaman hanya 5 persen per tahun.

Dana dari LPDB disebut bergulir, sebab merupakan dana kredit yang diberikan secara bergilir kepada Koperasi dan UKM. Terutama kepada koperasi dan pelaku UKM yang oleh bank dinilai belum layak mendapatkan kredit usaha. Padahal agar dapat berkembang, pengusaha kecil tetap membutuhkan kredit

untuk menambah modal kerjanya.Direktur Utama LPDB-KUMKM,

Kemas Danial menjelaskan, ada sekitar 30% sampai 60% pelaku UKM yang saat ini jumlahnya mencapai 58 juta, belum memenuhi syarat sebagai usaha yang mendapat kredit dari bank. LPDB, lanjutnya, hadir membantu permodalan masyarakat

Pengusaha kecil perlu diberdayakan, bukan dipersulit. Dari tangan pengusaha kecil, pertumbuhan ekonomi akan terus terjaga. Menyadari hal tersebut, pemerintah tidak boleh tinggal diam.

Sedangkan 40 persen sisanya di sektor simpan pinjam.

Selain mudah, kata Danial, syarat untuk mendapatkan kredit bergulir ini sangat sederhana. Pertama, usaha yang dikelola dan dijalankan harus berumur minimal 2 tahun. Kedua, koperasi dan UKM tersebut harus berbadan hukum atau memiliki legalitas. Ketiga, merupakan usaha produkrif dengan neraca usaha yang jelas dan menghasilkan laba.

Jangka waktu pinjamannya pun cukup panjang, yaitu lima sampai delapan tahun. Bunga yang hanya lima persen per tahun, bahkan lebih rendah dari tahun lalu yang enam persen per tahun. Artinya debitur hanya menanggung beban bunga sebesar 0,23% per bulan.

Tarif layanan tahunan simpan pinjam pun diturunkan dari sembilan persen menjadi delapan persen flat. Bila dibagi selama 12 bulan, maka tarif layanan/bunga yang ditanggung oleh para pelaku Koperasi dan UKM untuk sektor simpan pinjam hanya sebesar 0,37% per bulan.

“Ini merupakan stimulus pemerintah, agar lebih banyak lagi koperasi dan pelaku UKM yang bisa mengakses dana ini. Tidak ada yang lebih murah lagi dari LPDB,” papar Danial.

Jajaran pengelola LPDB pun tertib menjalankan akuntabilitas pengelolaan dana. Terbukti pada 2013 lalu, LPDB Kementerian Koperasi dan UKM meraih predikat AA-Baik dengan total skor 80,36 dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI.

Dengan kinerja yang mengesankan, diharapkan LPDB berkembang dan memiliki kantor cabang di daerah-daerah. Sehingga cakupan stimulus pemerintah dapat terserap secara luas dan lebih maksimal di seluruh Indonesia.

Sementara untuk meminimalkan resiko kredit yang digulirkannya macet, LPDB mengandeng Perum Jamkrindo untuk Menjamin Kredit KUMKM. Prinsip kehati-hatian wajib diterapkan sebab sumber dananya adalah uang rakyat dan itu harus terus digulirkan.

“Kerjasama ini dapat menjadi jalan terang bagi Koperasi dan UMKM dalam menyelesaikan kendala pinjaman/pembiayaan khususnya dana bergulir LPDB-KUMKM. Ini sejalan dengan visi Perum Jamkrindo yaitu menjadi perusahaan penjaminan terdepan yang mendukung perkembangan perekonomian nasional,” kata Dirut Perum Jamkrindo, Diding S Anwar.

l [ALI/DB]

untuk usaha-usaha produktif. “Tahun ini LPDB menyiapkan Rp

2,35 triliun untuk disalurkan kepada 174 ribu UMKM melalui 940 mitra. Jumlahnya meningkat dari tahun lalu yang Rp 2,1 triliun. Hingga awal Juni 2015, sekitar Rp 596 miliar yang sudah disalurkan kepada koperasi dan pelaku UMKM,” tegas Danial.

Menurut Danial, sebanyak Rp 60 persen dari Rp 2,35 triliun tersebut, diperuntukkan bagi sektor riil. Terutama bagi para pengusaha kecil bidangnya berkaitan dengan ketahanan pangan, energi terbarukan, maritim dan kelautan, serta program pariwisata dan ekonomi kreatif.

Page 28: Tabloid Usahaku Juli 2015

28Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015PERNIK

Bunga KUR Turun Jadi 12%

BI Sediakan Layanan Penukaran Uang

MenTeri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) turun dari 22% menjadi 12% per tahun mulai akhir Juni 2015. “Pemangkasan suku

bunga KUR sudah resmi. Saat ini, perbankan pelaksana sudah sanggup,” katanya dalam siaran persnya, Kamis (18/6).

Dia menuturkan penurunan

suku bunga KUR dibahas dalam rapat terbatas yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan beberapa pemangku kepentingan terkait.

Dia menambahkan pemangkasan suku bunga KUR mikro itu akan efektif berlaku mulai Juni atau paling lambat awal Juli 2015. “Pemangkasan suku bunga KUR ini bertujuan untuk memberikan rasa keadilan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil agar mereka bisa mengakses perbankan untuk memperkuat modal usaha mereka,” katanya.

Dengan begitu nantinya KUR mikro bisa diakses oleh para pelaku usaha mikro dan kecil dengan besaran kredit Rp25 juta dan tanpa agunan. Program KUR ditargetkan bisa tersalur hingga Rp30 triliun sampai tutup tahun ini. l [ABAZ]

cabang, Bank Tabungan Negara (BTN) di 10 kantor cabang, CIMB Niaga di 10 kantor cabang, Bank DKI di lima kantor cabang, Bank Mandiri di enam kantor cabang, Panin Bank di lima kantor cabang, dan Bank Permata di delapan kantor cabang.

Di wilayah DKI Jakarta, penukaran uang dilayani oleh 62 kantor bank. Titik lokasi penukaran uang terbanyak adalah di wilayah Jakarta Pusat yang mencapai 23 titik, diikuti oleh Jakarta Selatan sebanyak 13 titik dan Jakarta Timur sebanyak 11 titik. Untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek), dilayani oleh 19 kantor bank.

“Layanan kas keliling dilakukan di dalam kota dengan menggunakan lima unit mobil per hari. Ini jauh lebih banyak dibandingkan hari biasa yang hanya sebanyak satu unit mobil per hari. Di luar kota yang bersifat

MenuKarKan uang receh menjelang lebaran, sudah menjadi hal yang wajar. Tak ayal, masyarakat pun masih banyak yang menukarkan uang di tempat-tempat yang tidak resmi. Selain akan mengalami kerugian, bila tidak berhati-hati berpotensi menjadi sasaran empuk pengedar uang palsu.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan penukaran uang bisa mendatangi layanan penukaran uang yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI) di Lapangan Lenggang Jakarta, kawasan Monas. Layanan penukaran uang ini diselenggarakan mulai dari tanggal 17 Juni 2015 sampai dengan 15 Juli 2015.

Sementara itu, layanan penukaran uang oleh perbankan dimulai pada 22 Juni 2015 sampai dengan tanggal 24 Juni 2015. Layanan penukaran uang oleh perbankan ini telah diikuti oleh empat bank, yaitu Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Internasional Indonesia (BII), Bank Syariah Mandiri (BSM), dan juga CIMB Niaga.

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Yudi Harymukti mengungkapkan, realisasi penukaran uang mulai dari 17 Juni 2015 sampai dengan 24 Juni 2015 atau selama enam hari kerja telah mencapai Rp 3,1 miliar dengan total jumlah penukar sejumlah 1.199 orang.

Berdasarkan pecahan, secara nominal, pecahan tertinggi yang ditukarkan oleh masyarakat adalah Rp 20.000. Pecahan ini mencapai 36 persen dari total uang yang ditukarkan masyarakat. Berdasarkan jumlah lembar atau keping, penukaran uang

tertinggi adalah pecahan Rp 2.000 yang mencapai 31 persen dari total uang yang ditukarkan masyarakat. Pecahan uang ini diikuti Rp 5.000 yang mencapai 30 persen dari keseluruhan uang yang ditukarkan masyarakat.

Yudi menambahkan, kegiatan penukaran uang pecahan kecil (UPK) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dilakukan bekerja sama dengan 11 bank pada 81 titik lokasi kantor cabang bank.

Adapun 11 bank yang bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk kantor kas penukaran uang adalah Bank Central Asia (BCA) di empat lokasi kantor cabang, Bank Internasional Indonesia (BII) di 10 kantor cabang, Bank Jabar dan Banten (BJB) di sembilan kantor cabang, Bank Negara Indonesia (BNI) di tujuh kantor

wholesale dan ritel untuk perbankan dan masyarakat di wilayah kerja kantor perwakilan Provinsi Banten,” kata Yudi.

Layanan penukaran uang pecahan kecil yang dilakukan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan PT KAI pada lima stasiun, yaitu Stasiun Pasar Senen, Cikini, Gambir, Tanah Abang, dan Jatinegara. Plafon yang diberikan untuk penukaran uang yang diberikan sebesar Rp 455 juta untuk lima stasiun tersebut.

“Layanan penukaran kolektif dilakukan secara bergiliran, baik bagi instansi pemerintah maupun lembaga negara serta instansi-instansi yang memberikan layanan publik,” kata Yudi. l [ALDo]

Page 29: Tabloid Usahaku Juli 2015

29 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 PERNIK

Melatih Imajinasi Calon “Pengusaha Cilik”

Program Mudik GratisKementerian Perhubungan

unTuK kesekian kalinya Usahaku berhasil menggelar event lomba menggambar dan mewarnai tingkatan usia 3-11 tahun. Event yang berlangsung 13 Juni 2015, bertempat di D-Mall Depok, dengan tema “Menjadi Pengusaha Cilik” berlangsung sukses dan meriah. Hal ini terlihat dari antusias para peserta pada saat pelaksanaan lomba.

Direktur PT Naasih Utama, Frans Meroga mengatakan, tahun-tahun sebelumnya Usahaku juga telah berhasil menggelar event yang sama beberapa kali. “Tercatat Usahaku pernah melaksanakan lomba menggambar dan mewarnai sebanyak tiga kali. Tapi kali ini merupakan rangkaian road show lomba menggambar dan mewarnai pertama yang berhasil digelar,” jelasnya.

Sebelumnya road show lomba menggambar dan mewarnai berlangsung di tiga tempat yang berbeda dengan jumlah peserta yang mencapai 200 dari tiga kategori berbeda. Di tahun ini pun sama event akan berlangsung dengan konsep road show.

Pelaksanakan event di D-Mall

Depok, merupakan yang kedua kalinya setelah di Tamini Square. “Tema Menjadi Pengusaha Cilik dimaksudkan agar setiap yang terlibat dalam event mampu menanamkan jiwa pengusaha sejak dini,” papar Frans.

Lomba menggambar dan mewarnai ini didukung oleh Koperasi Simpan Pinjam Nasari, BRI, BNI, Panin Bank, Prudensial, dan Amazone. Pelaksanaan lomba yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga pukul 15.00 ini berhasil mengumumkan juara 1 sampai 3 dari tiga kategori berbeda. Untuk kategori usia 3-5 tahun, diraih oleh Pemenang Kategori A, juara I Difa Athaya Novitri, juara II Isra Muhammad Elmuntaz Khuzaini, dan juara III Franceska.

Sedangkan pemenang kategori B, usia 6-8 tahun adalah, juara I Dzakiya Putri Amalia, juara II Talitha Aziza, juara III Almas. Untuk kategori C, usia 9-11 tahun, diraih oleh, juara I Fairuz, juara II Aisa Kansha dan juara III Ivarra Mutti Jabbar. Masing-masing pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa tabungan uang tunai, trophy, dan bingkisan menarik. l [ABAZ]

JuMlah sepeda motor yang telah terdaftar dalam program Angkutan Motor Gratis Kementerian Perhubungan tahun 2015 sebanyak 9.609 untuk arus mudik dari total kuota 13.600. Sedangkan untuk arus balik tercatat 7.039 unit kendaraan roda dua dari kapasitas 11.000.

Untuk program Angkutan Motor Gratis Kementerian Perhubungan tahun 2015, sepeda motor diangkut dengan menggunakan truk sudah tercatat sebanyak 2.227 unit dari kuota 2.900. Sedangkan untuk arus baliknya 292 unit dari kapasitas 300. “Masih tersisa 662 unit sepeda

motor untuk diangkut dengan bus,” ujar Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan JA Barata kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/6).

Ia mengatakan sepeda motor yang diangkut dengan kereta api sebanyak 3.446 untuk arus mudik dari kapasitas 4.450. Sementara arus balik sekitar 3.089 kendaraan roda dari kuota 4.450.

Untuk kapal laut, sepeda motor yang diangkut tercatat sebanyak 3.936 unit untuk arus mudik dari kuota 6.250. Sedangkan arus balik sebanyak 3.658 kendaraan roda dua dari kapasitas 6.250.

Barata menambahkan pendaftaran Angkutan Motor Gratis dibuka sampai 8 Juli 2015 mendatang. Atau kuota habis sehingga pendaftaran ditutup.

Pendaftaran Angkutan Motor Gratis lewat berbagai moda yang diselenggarakan oleh Kemenhub ini sudah dibuka secara online sejak 1 Juni 2015 lalu. Sedangkan pendaftaran atau verifikasi secara offline (datang langsung), serta pembelian tiket untuk peserta Angkutan Motor Gratis dengan kereta api, dilaksanakan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jl Medan Merdeka Barat No 8, Jakarta Pusat. l [ABAZ]

Page 30: Tabloid Usahaku Juli 2015

30Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015DaERaH

Kerja Sama UKM Bandung dengan UKM Belitung Timur

Perlu Strategi Hadapi MEA

Para pelaku UMKM dari Bandung, ingin memasok sekaligus melakukan penjajakan peluang usaha serta produk-produk apa saja dari Beltim yang bisa dipasarkan di Bandung. Akan terjalin kerjasama antar UKM dari dua daerah tersebut.

Usaha kecil dan menengah (UKM)

merupakan tulang punggung

perekonomian negara di ASEAN. Keberadaan

UKM di kawasan ini menempati porsi lebih

dari 96 persen dari total sektor usaha.

JAWA BARAT

JAWA TENgAh

Minimnya fasilitasi kebutuhan-kebutuhan penunjang pariwisata di Kabupaten Belitung

Timur (Beltim), khususnya souvenir dari bahan tekstil membuat para

pelaku usaha kecil menengah (UMKM) dari Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat (Jabar) tertarik untuk melakukan kontak dagang ke Kabupaten Beltim.

Dengan dipimpin oleh Kepala

Namun demikian, pakar dari Pusat Studi Asean UGM, M Prayoga Permana menilai masih banyak

persoalan yang dihadapi UKM di Indonesia. Diantaranya keterbatasan modal, pengetahuan tentang pasar, organisasi dan manajemen, serta legalisasi.

Di samping itu, pelaku UKM juga terkendala jaringan pasar yang terbatas di lingkup lokal, minimnya sentuhan teknologi, dan inovasi desain.

“Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi MEA

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bandung, Hj Popy Khofifah dan Asisten III Bupati Bidang Ekonomi Setda Bandung, sebanyak 13 orang pelaku UMKM mengunjungi Kantor Disperindakop Kabupaten Beltim, pertengahan Juni lalu. Kunjungan tersebut disambut baik oleh Kepala Disperindagkop, Syahrial dan Sekretaris Disperindagkop Beltim, Susana Linggawati.

“Kunjung kita ke sini (Belitung Timur .red) terkait keinginan kita untuk memitrakan UMKM yang ada di Beltim dengan UMKM yang ada di Bandung. Karena maju mundurnya UMKM adalah dari motivasi UMKM sendiri. Selain itu upaya dari pemerintah daerah untuk memitrakan fasilitasi kontak dagang baik ke dalam maupun luar negeri,” ungkap Khofifah.

Menurut Khofifah kedatangan mereka ke Kabupaten Beltim atas saran dari Bupati Bandung Dadang M Naser, yang tertarik dengan potensi

pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung khususnya Kabupaten Belitung dan Beltim.

Untuk itu pihaknya ingin menawarkan kepada UMKM yang ada di Kabupaten Beltim dan Pemkab Beltim agar dapat membeli produk tektil dan lain-lain langsung dari UMKM Bandung. Hal ini akan membuat keuntungan UMKM Beltim akan lebih tinggi mengingat harga dari UMKM langsung jauh lebih murah dibanding yang sudah dilepas ke pasar. Selain itu produk UMKM akan menyesuaikan dengan permintaan dan budaya yang ada di Beltim.

“Makanya kami langsung menawarkan kesini, sehingga kami bisa menghasilkan dan memasok tshirt yang nantinya akan sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan budaya di sini. Gak perlu buat pabrik biar sesama UMKM kita yang bermitra,” ujarnya.

Kepala Disperindagkop Beltim Syahrial menyambut baik penawaran yang diajukan oleh Pemkab Bandung. Ia menyatakan Disperindagkop Beltim akan memfasilitasi UMKM yang ada di Beltim agar dapat mengambil manfaat dari program kemitraan antara UMKM Kabupaten Bandung dengan Beltim.

“Kita sudah bertukar infromasi mengenai peluang usaha apa saja yang bisa ambil. Jadi nantinya UMKM kita akan kita arahkan untuk memperoleh pasokan dari Bandung, sebaliknya kita juga akan memasok hasil UMKM kita ke Bandung, jadi ada timbal baliknya” kata Syarial.

Mantan Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini menyatakan harga yang ditawarkan oleh UMKM juga sangat menarik karena lebih murah dari harga pasar. “Memang dari pada kita memasok langsung dari pasar kenapa tidak kita berdayakan saja UMKM, selain murah dukungan ini akan memberikan motivasi bagi UMKM sehingga usaha mereka akan tersu berkembang,” tutupnya. l [PR]

(Masyarakat Ekonomi ASEAN-red). Utamanya, para pelaku usaha perlu dibekali pemahaman konsep pasar tunggal dan ditingkatkan kemitraannya,” kata Prayoga, pertengahan Juni lalu.

Hal lain yang tidak kalah penting berkaitan dengan birokrasi perizinan yang cenderung berbelit, dan perbaikan sinergi antar sektoral. Untuk menunjang pemasaran, pemerintah daerah juga perlu

membentuk trading house.Kepala Dinas Perindustrian,

Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Sleman Pustopo juga mengingatkan pelaku UKM untuk mempersiapkan diri menghadapi MEA. Konsep pasar bebas Asean ini mulai diberlakukan pada 1 Januari 2016.

Karena itu, perlu strategi agar pelaku usaha asal Sleman tidak sekedar menjadi penonton ketika MEA diberlakukan. Sebaliknya, mereka bisa memandang kesepakatan itu sebagai suatu peluang.

Beberapa strategi yang dapat diterapkan antara lain belajar menguasai bahasa asing, dan meningkatkan ketrampilan melalui pelatihan bersertifikat bertaraf ASEAN dan internasional, serta perluasan jejaring dengan memanfaatkan internet. l [PR]

Page 31: Tabloid Usahaku Juli 2015

31 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 DaERaH

Inovasi harus lahir dari generasi muda. Berawal dari kegelisahan melihat sampah organik yang menumpuk, siswa-siswi SMKN

5 Jember akhirnya menyulap sampah tersebut menjadi produk pertanian organik bernama Probakaliber (Probiotik ala SMKN 5 Jember).

Kepala Sekolah SMKN 5 Jember, Drs Rinoto, mengungkapkan sebagai salah satu sekolah pertanian terbesar di Indonesia, pihaknya terus melakukan inovasi produk pertanian berdasarkan kreativitas siswa. Inovasi tersebut merupakan salah satu dukungan yang mampu memotivasi siswa agar selalu melahirkan produk-produk baru berkualitas.

Beberapa produk dari tangan siswa SMKN 5 Jember yang terbukti

bermanfaat, kata Rinoto, antara lain Probakaliber, Payami (Pakan Ayam Alami), Ayam Organik Brokaliber, hingga budi daya cacing tanah dan sutra organik Citraka. “Produk tersebut dihasilkan dari sistem pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Jadi di samping kurikulum 2013, ada mata pelajaran produk unggulan,” ujarnya.

Proba Kaliber terbuat dari fermentasi beragam rempah-rempah seperti mengkudu, nanas, jahe, susu murni, dedak, dan gula merah. Adapun Payami terbuat dari daur ulang beragam limbah organik seperti tepung keong, tepung daun beluntas, tepung cacing, bekatul, hingga tepung kulit pisang.

Hasil penelitian para siswa menunjukkan bahwa ayam ternak yang diberi pakan payami dan proba kaliber terbukti menghasilkan protein yang lebih tinggi. Selain itu, juga memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan

ayam yang diberi pakan biasa. Cacing tanah yang diberi pakan probakaliber juga memiliki ukuran lebih besar dibanding cacing biasa.

Hal ini karena probakaliber mengandung tujuh jenis bakteri yang bermanfaat, seperti Bacillus sp, Lactobacillus sp, Acetobacter sp, Rhodopseudomonas sp, Nitrobacter sp, Saccharomyces sp, dan Actinomycetes sp. Jumlah bakteri tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan probiotik biasa yang umumnya hanya mengandung empat jenis bakteri.

Dalam mengembangkan produk ini, SMKN 5 Jember juga melibatkan komunitas petani

di sekitarnya. Pelibatan ini merupakan aplikasi dari Project Based Learning, yang mendorong siswa untuk menciptakan produk inovasi berdasarkan permasalahan yang ada di masyarakat. Siswa sekaligus mengalami program belajar terintegrasi, di mana dengan mengerjakan satu proyek unggulan ini, mereka mendapatkan nilai untuk beberapa pelajaran sekaligus.

Dalam mengembangkan empat produk inovasinya, SMKN 5 Jember mendapatkan dukungan dari School Development Outreach (SDO), sebuah penyedia layanan pengembangan masyarakat dari Putera Sampoerna Foundation (PSF) melalui program School Qualty Improvement Program. Dukungan yang diberikan mencakup pelatihan dan bantuan dana senilai Rp 30 juta. l [GUSTIN]

Probakaliber Besutan Siswa SMKN 5 Jember

Lamongan Jadi Pusat Industri Maritim

Probakaliber memiliki beragam fungsi baik bagi peternakan maupun perikanan, mulai dari pakan ayam ternak, hingga budidaya cacing tanah dan sutera.

Pemerintah terus memacu pengembangan kawasan khusus industri perkapalan. Yang terbaru, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Pemprov Jawa Timur (Jatim) menetapkan wilayah utara Lamongan sebagai kawasan khusus industri perkapalan di Pulau Jawa.

JAWA TIMUR

Menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin, Area yang disediakan

pada tahap awal (pengembangan) seluas 200 hektare. “Di Lamongan, kini telah beroperasi tiga perusahaan yang bergerak di sektor kemaritiman. Yakni, Lamongan Marine Industry (LMI), PT Dok dan Perkapalan Surabaya, serta Lamongan Integrated Shorebase (LIS),” katanya

Sebelumnya, Pemprov Jatim menetapkan wilayah utara Kabupaten Lamongan, tepatnya Kecamatan Brondong, sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) sektor industri maritim. Rencananya, pengembangan KEK tersebut menelan investasi Rp 9 triliun. Total luas lahan yang disiapkan untuk KEK industri perkapalan mencapai 4.000 hektare. Menurut pemprov, kawasan utara Lamongan memiliki pantai paling

panjang bila dibandingkan dengan pesisir lain. Apalagi, lokasinya sangat strategis karena berbatasan dengan pelabuhan rakyat Sedayu Lawas, Gresik.

Di wilayah luar Jawa, Kemenperin menetapkan kawasan industri Tanggamus, Lampung, untuk dikembangkan sebagai kawasan industri maritim (KIM). Tanggamus merupakan satu di antara 13 kawasan industri luar Jawa yang pembangunannya akan difasilitasi pemerintah pusat. ’’Luas lahan

mencapai 3.500 hektare serta akan dibangun galangan kapal, kawasan recycle kapal, industri pendukung, dan logistik,’’ terang Saleh.

Sementara itu, saat mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi industri galangan kapal di Batam kemarin, Saleh menegaskan bahwa pemerintah bakal memperkuat industri galangan kapal seiring dengan program poros maritim. Kemampuan galangan nasional membangun kapal bakal ditopang industri komponen kapal dalam negeri. l [PR]

Page 32: Tabloid Usahaku Juli 2015

32Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015JalaN 32Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015

PULAU PRAMUKA

Bermanja dengan Senja

Berwisata ke pantai, merupakan salah satu pilihan wisata keluarga yang sangat diminati.

Saat libur bekerja, merupakan waktu yang tepat untuk berwisata menikmati alam daripada sekedar bermalas-

malasan di rumah saja. Maka kali ini redaksi Usahaku akan berbagi salah satu destinasi wisata baharai terbaik yang dapat dikunjungi. Letaknya berada di gugusan kepulau seribu, tepatnya Pulau Pramuka.

Pulau Pramuka adalah salah satu gugusan Kepulauan Seribu yang merupakan pusat pemerintahan kabupaten administrasi Kepulauan Seribu. Dengan menempuh jalur laut selama 2,5 jam dari Muara Angke dengan menggunakan kapal transportasi yang biasa disebut kapal ojek, kita akan sampai di dermaga Pulau Pramuka. Kapal transportasi ini biasanya akan berangkat setiap harinya pukul 07.00 dari Muara Angke dan dari Pulau Pramuka pukul 13.00

Di Pulau Pramuka ini kita bisa menikmati senja dengan sunset

yang menawan. Banyak wisatawan yang datang ke pulau ini salah satunya untuk menikmati senja yang menguning di ujung barat Pramuka. Namun Pulau Pramuka tidak hanya menawarkan itu saja, banyak hal-hal menarik lainnya dari pualau ini.

Jernihnya dan birunya air laut serta gugusan-gugusan terumbu karang yang tersusun rapi dan indah menjadi daya tarik utama salah satu wisata bahari di kepulauan seribu ini. Dari pulau Pramuka juga pengunjung bisa berkeliling atau berwisata ke pulau-pulau tak berpenghuni yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pulau ini.

Saat tim dari tabloid USAHAKU menyambangi pulau ini, wisatawan terlihat sangat ramai. Setiap di akhir pecan memang tidak kurang 20 ribu wisatawan baik local maupun asing berwisata ke kepulauan seribu.

Pada kesempatan itu tabloid USAHAKU berkesempatan untuk melakukan snorkeling di beberapa spot yang terdapat gugusan terumbu karang yang sangat cantik. Beberapa spot yang dapat direkomendasikan adalah di sekitaran Pulau Air, perairan Pulau Panggang, dan dekat Dermaga Pulau Semak Daun.

Tak usah khawatir mengenai alat

21-100 org = 340.000 /org10-20 org = 360.000 /org9 org = 370.000 /org8 org = 400.000 /org7 org = 420.000 /org6 org = 470.000 /org5 org = 500.000 /org4 org = 540.000 /org3 org = 620.000 /org2 org = 780.000 /org

1. Transportasi PP ( Muara Angke – P. Pramuka )2. Penginapan AC+TV. 1 rumah 2 kamar ac + 1 kamar kipas angin.

(penginapan gabung setiap grup)3. 2 x makan Siang 1 x makan Malam4. Peralatan Snorkeling lengkap per peserta ( 1 hari )5. Guide ( 2 hari )6. Kapal Jelajah Pulau ( 1 hari ) untuk wisata n snorkeling ke pulau lain

(P. Air, P. Semak Daun, P. Panggang, P. Karya).7. Wisata ke Penangkaran Penyu & hiu8. Bonus Foto Underwater

Harga Promo

2015

Pulau PramukaPaket Perjalanan Wisata

Harga paket wisata naik 20% untuk libur

lebaran dari tanggal 15 - 21 Juli 2015.

Pemesanan dan informasi:Kantor Jakarta : Jl Swadaya II Gg. H Jayadi II No 44Z, Tanjung Barat, Jagakarsa, JakselKantor Pulau : Rt.001/003. kel. Pulau Panggang. Kep. Seribu Utara

DP paling lambat 2 minggu sebelum

keberangkatan minimal 30%

hARgA PAKET LENgKAP 2 hARI 1 MALAM

FASILITAS

snorkeling dan perlengkapan lainnya. Di Pulau Pramuka banyak warga yang menyediakan jasa sewa alat-alat snorkeling, jadi anda tidak perlu repot-repot membawanya dari rumah.

Di Pulaun Pramuka juga tersedia banyak penginapan-penginapan yang sudah dirasa nyaman. Pada umumnya penginapan disana sudah dilengkapi dengan AC dan televisi. Harganyapun

BONUS 5%dengan

menunjukkaniklan ini

Contact:ANggA (0857 9405 1708)AMAR (0857 7955 4927)DAVIE (0812 9075 5109)

bervariasi biasanya berkisaran Rp 400.000. Di Pulau ini juga terdapat sebuah penangkaran penyu yang dapat dikunjungi para wisatawan.

Pulau ini sangat tepat anda masukan di list jadwal wisata anda. Jika andan ingin berwisata baharai yang letaknya tidak jauh dari Ibukota maka Pulau Pramuka adalah salah satu pilihan yang tepat. l [HENDRA]

Page 33: Tabloid Usahaku Juli 2015

33 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015 JaJaN

Mudik lebaran menjadi ritual rutin tahunan bagi masyarakat Indonesia. Jalur pantura adalah

salah satu jalur yang ramai dilewati para pemudik. Di sepanjang jalur pantura banyak terdapat rest area dan rumah makan bagi para pemudik yang ingin melepas lelah.

Para pemudik rata-rata adalah mereka yang bekerja di Jakarta. Bagi mereka berasal dari Jawa Barat, kebanyakan menggunakan moda transportasi motor. Tapi, bagi yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, rata-rata menggunakan bus dan mobil pribadi. Hanya sebagian kecil saja yang menggunakan motor.

Nah, untuk para pemudik yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, tentu akan melewati Pemalang. Tidak ada salahnya, bagi pemudik dari Jakarta mampir di kota ini untuk menikmati salah satu kuliner khas Pemalang yang sangat terkenal. Yaitu, nasi Grombyang.

Nasi Grombyang adalah sejenis nasi rawon yang merupakan makanan

NASI gROMByANg

Khas PemalangMusim mudik lebaran, segera tiba. Bagi yang melewati jalur pantura (pantai utara), jangan lewatkan kuliner nasi Grombyang khas Pemalang.

khas masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Nama makanan ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang (bahasa Jawa :grombyang-grombyang, artinya “bergoyang-goyang”).

Ramuan nasi Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah. Cara penyajiannya, dimasukkan dalam mangkuk kecil yang dilengkapi sate kerbau. Ciri khas lainnya dari nasi grombyang terletak pada tempat jualannya yang berupa kuali besar, tempat nasi ditutupi dengan kain merah, diserta penerangan remang-remang lampu templok. Pembeli menikmati hidangan dengan duduk di kursi kecil pendek (dingklik).

Tidak diketahui dengan pasti kapan makanan khas ini mulai diciptakan. Namun menurut penuturan para orang tua di Pemalang, makanan khas nasi Grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an. Pada waktu itu penjual nasi Grombyang menjual dagangannya

secara tidak menetap dengan berkeliling kampung.

Para penjual nasi Grombyang, bisa kita temukan dengan mudah di Kota Pemalang. Terutama di jalanan dekat alun-alun kota. Namun nasi Grombyang H Warso, disebut-sebut sebagai warung nasi Grombyang yang paling kondang. Bisa dipastikan, hampir seluruh masyarakat Pemalang tahu lokasinya.

Untuk sampai ke warung nasi Grombyang H Warso, aksesnya cukup mudah. Jika Anda sedang

melintasi Pemalang dari jalur pantura, Anda akan menjumpai perempatan lampu merah di daerah Pagara. Dari perempatan tersebut arahkan kendaraan ke kanan hingga sampai ke perlintasan kereta api. Setelah melewati rel, Anda akan tiba di Pasar Anyar.

Penasaran! Yuk, datang langsung ke lokasi dan nikmati nuansa makan nasi Gombyang di kota aslinya, Pemalang. l [HENDRA]

Lokasi nasi Grombyang H Warso Jl RE Martadinata - Pemalang

IKLAN BARIS Produk laris harga ekonomis

SEWA MOBIL MURAhXenia, Avanza, APV paling murah di Jakarta. Paket sewa mobil harian, mingguan dan bulanan. Bisa lepas kunci atau pakai sopir. Berminat, hubungi 0821 1256 700

AgEN BERASPusat berbagai merek beras murah berkualitas Kantor Pemasaran: Jl.hasanudin no 53, Kauman, Bojonegoro, Jawa Timur.Berminat jadi agen: 0856 4590 3852

JUAL BATU AKIKJual batu akik Panca Warna, Blue Oval, dll. Juga menyediakan barang jadi & bongkahan.Hubungi Firman Musalam (0838 9071 5878)

AIRIN DENTALMenerima jasa pasang gigi palsu, behel, harga terjangkau dan berkualitas. Siap datang ke rumah area Ciputat. Kholili (0819 0841 4711)

IC MEDIA STOREJasa desain dan pembuatan bermacam-macam marchandise. Bisa pesan via online. Contact: 0858 1030 2005 (Habibi)

PUSAT gROSIR BAJU MURAhKawasan Industri Jababeka 2 Perum Cikarang Baru Bekasi Jawa BaratJl Beruang Raya D2-9 Info: 0857 2262 2403

ADA AJA USAhAInvestasi tanah kavling lokasi strategis.Jl KH Mansyur Sumenep (tengah kota)Boleh beli satu kavling atau keseluruhanUkuran kavling 8x15 m dan 10x15mHarga per kavling mulai Rp 75 juta-anHarga keseluruhan Rp 1,5 milyarYuk investasi sekarang juga. Stok terbatas.Hubungi Defianto Rahman (0819 3518 6242)

AgEN TIKET MULTILINKMenerima pemesanan tiket pesawat, kereta, isi ulang pulsa dan token listrik. Juga menerima daftar agen baru. 0856 4999 1771 (Gabriel)

JASA DESAINMenerima kasa desain majalah, stationary, kalender, company profile dan segala kebutuhan cetak. Abi Azra (0852 5830 3001)

Iklan Baris sangat membantu Anda dalam menyebarkan produk Anda. Dapatkan harga spesial @ 100.000,- / per space.Segera hubungi marketing representatif kami: Mario (0813 6503 3034)

Page 34: Tabloid Usahaku Juli 2015

34Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015KEDIP

Ferry Rotinsulu, penjaga gawang Persebaya Surabaya yang cukup populer di lapangan hijau. Namun, akhir musim lalu, Ferry memutuskan pensiun sementara dari lapangan hijau. Kini, ia beralih profesi menjadi pengusaha yang cukup sukses di kota

Palembang. Ferry Rontinsulu mengakui, keputusan tersebut merupakan momen terberat dalam hidupnya.

“Saya bukannya sudah tahu sepakbola akan dibekukan seperti saat ini. Namun memang saat itu ingin lebih dekat dengan keluarga dan memulai persiapan usaha. Saya paham bahwa tidak selamanya bisa menggantungkan diri dari sepakbola,”tuturnya

Keputusan Ferry bukan tanpa sebab. Ia menginvestasikan sisa gajinya selama memperkuat Persebaya musim lalu plus tabungannya dan memilih membuka usaha baru. Yaitu, dengan membuka bengkel mobil FR12 Auto Service yang baru ia dijalankan dua bulan terakhir, di Palembang.

“Kenapa saya memilih bengkel mobil, karena sejak kecil memang hobi utak-atik mesin dan ada partner kerja yang sangat saya percayai yang bisa membantu saya,” jelas kiper yang pernah menjadi bagian Timnas Indonesia ini.

Awalnya, Ferry menerima tawaran untuk membeli sebuah bengkel yang ditinggalkan pemiliknya. Namun, pak Soleh, mekanik kepercayaannya sejak ia tinggal di Palembang berhenti kerja dari bengkel. Sehingga Ferry memintanya bergabung untuk memulai usaha barunya.l [HENDRA]

Siapa yang tidak mengenal Andi Arsyil, pemeran Robby di sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Selain sibuk syuting, pria yang hobi jalan-jalan tersebut, rupanya juga mempunyai bisnis di

bidang travel. Ia membuka Angkasa Putra Prima Tour and Travel yang sudah berjalan selama dua tahun.

“Saya itu orangnya senang traveling. Waktu kecil, saya memang punya cita-cita ingin keliling dunia. Makanya saya memilih bisnis di bidang travel, agar suatu saat punya kesempatan untuk keliling dunia,” ungkapnya.

Semenjak membuka bisnis travel, Andi Arsyil sudah hampir mengarungi Indonesia dan Asia. Tahun depan, ia juga berencana untuk memperluas bisnisnya itu dengan membuka cabang baru di beberapa kota.

“Sekarang sudah ada tiga cabang di Jakarta dan Makassar. Semoga tahun depan bisa buka cabang ke-4 dan seterusnya, karena target saya bisa memiliki sekitar 10-20 cabang,” ucap pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 15 September 1987 itu.

Diakui bintang film Ketika Cinta Bertasbih tersebut, bisnis tour and travel yang saat ini dijalaninya memang tengah naik daun. “Setiap bulannya omset bisnis ini terus meningkat. Ini juga yang memacu saya agar terus memberikan pelayanan terbaik agar bisa semakin berkembang,” kata penulis buku Hope (2012) tersebut. l [HENDRA]

ANDY ARSYIL RAHMAN

FERRY RoTINSULU

hOBI BERWISATA BUKA TRAVEL

gANTUNg SEPATU COBA BISNIS BARU

FoTo

: KA

PAN

LAG

I

FoTo

: KA

PAN

LAG

I

Page 35: Tabloid Usahaku Juli 2015

35 Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015

Page 36: Tabloid Usahaku Juli 2015

36Edisi No. 88 | Tahun 8, Juli 2015