silabus mp i 2010

5
1 Silabus Mata Kuliah Manajemen Pemasaran I Staf Pengajar : Dr. Ratni Prima Lita, SE, MM Berri Bliliant, SE.,MM 1.DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan wawasan dan pengenalan kepada mahasiswa tentang Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini akan fokus pada peranan dan pentingnya Manajemen Pemasaran di dalam organisasi dan masyarakat. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan melakukan eksplorasi kritis terhadap prinsip-prinsip, konsep, dan model Manajemen Pemasaran dari perspektif teori maupun praktikal. 2.TUJUAN Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu: Menguasai konsep dasar Manajemen Pemasaran sebagai landasan teori untuk menganalisis berbagai permasalahan Memahami peran dan fungsi Manajemen Pemasaran dalam perencanaan dan pengendalian keseluruhan kegiatan perusahaan Mengaplikasikan teori, melakukan analisis permasalahan dan mengembangkan alternatif solusi dari berbagai masalah yang dihadapi dalam bidang pemasaran Memahami berbagai isu terkini di bidang pemasaran yang pada dasarnya mengalami perubahan yang sangat cepat 3.METODE PEMBELAJARAN 31. Perkuliahan Perkuliahan dilakukan dengan 2 jam 15 menit tatap muka di kelas dengan materi yang terdiri dari: a. Pembahasan prinsip dan konsep Manajemen Pemasaran dengan berpedoman kepada buku teks. b. Pembahasan kasus yang relevan dengan topik yang sedang diberikan, baik kasus berlatarbelakang Indonesia maupun internasional. c. Pembahasan artikel dari jurnal ilmiah untuk memberikan wawasan tentang isu- isu terkini dari hasil penelitian.

Upload: yohanda-oktafiadi

Post on 02-Jul-2015

534 views

Category:

Technology


8 download

TRANSCRIPT

Page 1: Silabus mp i 2010

1

Silabus Mata Kuliah

Manajemen Pemasaran I

Staf Pengajar : Dr. Ratni Prima Lita, SE, MM

Berri Bliliant, SE.,MM

1.DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan wawasan dan pengenalan kepada mahasiswa tentang Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini akan fokus pada peranan dan pentingnya Manajemen Pemasaran di dalam organisasi dan masyarakat. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan melakukan eksplorasi kritis terhadap prinsip-prinsip, konsep, dan model Manajemen Pemasaran dari perspektif teori maupun praktikal.

2.TUJUAN

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

Menguasai konsep dasar Manajemen Pemasaran sebagai landasan teori untuk

menganalisis berbagai permasalahan

Memahami peran dan fungsi Manajemen Pemasaran dalam perencanaan dan pengendalian keseluruhan kegiatan perusahaan

Mengaplikasikan teori, melakukan analisis permasalahan dan mengembangkan alternatif solusi dari berbagai masalah yang dihadapi dalam bidang pemasaran

Memahami berbagai isu terkini di bidang pemasaran yang pada dasarnya mengalami perubahan yang sangat cepat

3.METODE PEMBELAJARAN 31. Perkuliahan Perkuliahan dilakukan dengan 2 jam 15 menit tatap muka di kelas dengan materi yang terdiri dari:

a. Pembahasan prinsip dan konsep Manajemen Pemasaran dengan berpedoman kepada buku teks.

b. Pembahasan kasus yang relevan dengan topik yang sedang diberikan, baik kasus berlatarbelakang Indonesia maupun internasional.

c. Pembahasan artikel dari jurnal ilmiah untuk memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dari hasil penelitian.

Page 2: Silabus mp i 2010

2

Detail topik dan materi setiap minggu adalah sebagai berikut:

Minggu Topik Bacaan

1 Memahami Manajemen Pemasaran Kotler Edisi 12 Ch 1

2 Penyusunan Rencana Dan Satrategi Pemasaran

Kotler Edisi 12 Ch 2

3 Presentasi

4 Mengumpulkan informasi, mencari peluang di lingkungan pemasaran

Kotler Edisi 12 Ch 3

5 Melakukan riset pemasaran dan meramal permintaan

Kotler Edisi 12 Ch 4

6 Menciptakan Nilai, Kepuasan dan kesetiaan pelanggan

Kotler Edisi 12 Ch 5

7 Presentasi

8 Menganalisisi Pasar Konsumen Kotler Edisi 12 Ch 6

9 UTS

10 Menganalisis Pasar Bisnis Kotler Edisi 12 Ch 7

11 Presentasi

12 Mengidentifikasi Segmen dan Pasar Sasaran

Kotler Edisi 12 Ch 8

13 Presentasi

14 Positioning Kotler Edisi 12 Ch 9.10

15 Presentasi

16 Menghadapi Persaingan Kotler Edisi 12 Ch 11

3.2. Konsultasi dan Diskusi Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan diskusi dan konsultasi dengan para staf pengajar tentang topik yang berhubungan dengan perkuliahan yang sedang diikuti. Konsultasi dapat dilakukan pada jam kerja sesuai waktu yang tersedia atau dengan perjanjian dengan staf pengajar yang bersangkutan. 4. Sumber Daya Yang Dibutuhkan 4.1 Buku Teks Wajib

Kotler, P., (2005), Marketing Management 11th edition. Prentice Hall, New Jersey

Kotler, P dan Keller, K.L, (2006), Marketing Management 12th edition, Pearson Education

Kotler, P dan Keller, K.L, (2009), Marketing Management 13th edition, Pearson Education

4.2 Buku Teks Pendukung dan Referensi Tambahan Mahasiswa sangat dianjurkan untuk membaca berbagai buku teks pengantar bisnis lain baik yang berkonteks luar negeri maupun dalam negeri. Bacaan yang berasal dari Majalah bisnis dan Koran juga sangat dianjurkan untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan terkini tentang praktek pemasaran. Mahasiswa Program Studi

Page 3: Silabus mp i 2010

3

Manajemen dapat mengakses berbagai sumber bacaan pada pustaka dan reading room berikut:

1. Perpustakaan Universitas Andalas 2. Ruang Baca Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas,

Kampus Kampus II Payakumbuh 3. Akses terhadap Jurnal Online: Proquest.

5. Penilaian 5.1 Tingkat Kehadiran Mahasiswa mempunyai kewajiban untuk hadir disetiap perkuliahan sesuai dengan peraturan Fakultas Ekonomi dan Universitas Andalas. Tingkat kehadiran akan menentukan apakah seorang mahasiswa diijinkan mengikuti Ujian Akhir Semester. Sesuai dengan peraturan, maka setiap mahasiswa wajib mengikuti minimal 75% tatap muka perkuliahan, kecuali dengan alasan yang diatur di dalam peraturan akademik. 5.2. Rincian Penilaian Nilai akhir mahasiswa pada mata kuliah ini akan ditentukan dengan unsur penilaian berikut.

Item Penilaian

Individu/ Kelompok

Bentuk Penilaian Bobot Date Line

Kuiz dan Tugas Kelompok/Individu Tes dan Laporan 20% Sesuai Jadwal

Ujian Tengah Semester

Individu Soal Essay dan tutup buku

30% Sesuai Jadwal Fakultas

Analisis Kasus/diskusi

Kelompok/Individu Laporan dan Presentasi

20% Sesuai Jadwal

Ujian Akhir Semester

Individu Soal Kasus dan tutup buku

30% Sesuai Jadwal Fakultas

5.2.1 Analisis Kasus/Artikel Singkat Dalam Analisis kasus singkat ini mahasiswa diharapkan dapat memperdalam pemahaman tentang konsep-konsep pemasarn. Kasus yang akan dibahas akan dikaitkan dengan topik-topik yang disampaikan pada setiap perkuliahan. Penulisan laporan analisis kasus singkat tersebut harus mengikuti format sebagai berikut:

1. Pendahuluan (maksimum 1 halaman) 2. Permasalahan (maksimum ½ halaman) 3. Analisis (disertai dengan teori pendukung) (maksimum 6 halaman) 4. Kesimpulan (maksimum ½ halaman) 5. Daftar Pustaka

Laporan diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pt, spasi 1,5 pada kertas ukuran A4. Kasus akan disediakan oleh staf pengajar. Mahasiswa diharapkan mencari informasi yang paling up to date tentang kasus yang dibahas dari berbagai sumber seperti internet.

Page 4: Silabus mp i 2010

4

5.2.2 Ujian Tengah Semester Ujian tengah semester akan terdiri dari soal teori dan kasus essay, dan akan dilaksanakan mengikuti jadwal yang akan ditetapkan pada oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Mahasiswa yang tidak hadir pada saat ujian tengah semester akan diberikan nilai NOL, kecuali dengan alasan yang jelas sesuai dengan yang di atur di dalam peraturan akademik Universitas Andalas. Ujian susulan hanya akan diberikan kepada mahasiswa yang sakit dan harus dirawat inap (disertai bukti tertulis) dan sesuai peraturan akademik. 5.2.3. Kuiz dan Tugas Kuiz akan dilaksanakan tidak terjadwal di jam kuliah dan semua tugas harus diserahkan sesuai jadwal yang ditetapkan. Bagi yang tidak mengumpulkan sesuai jadwal diberikan nila NOL untuk tugas tersebut.

5.2.4 Ujian Akhir Semester Ujian akhir akan menguji seluruh materi yang telah di bahas selama perkuliahan. Ujian akhir akan diadakan sesuai dengan jadwal yang akan ditetapkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang. Sesuai dengan persyaratan sebelumnya, bahwa mahasiswa yang diizinkan mengikuti ujian adalah yang tingkat kehadirannya minimal 75%. 5.2.5 Ujian Khusus dan Susulan Ujian khusus dan susulan hanya akan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan akademik 5.3 Alokasi Nilai

Score Nilai Keterangan 0 – <40 E Gagal 40 – <50 D Gagal 50 – <55 C- Lulus 55 – <60 C Lulus 60 - <65 C+ Lulus 65 - <70 B- Lulus 70 - <75 B Lulus 75 - <80 B+ Lulus 80 - <85 A- Lulus 85 – 100 A Lulus

6. Plagiat and Pelanggaran Peraturan Akademik

Page 5: Silabus mp i 2010

5

Plagiat adalah tindakan menggunakan atau mengambil milik, ide, pemikiran dan tulisan seseorang tanpa pernyataan pengakuan. Laporan yang saudara kumpulkan harus merupakan hasil karya sendiri dan jika menggunakan sumber-sumber lain seperti buku, jurnal, majalah, Koran, annual report harus dikutip dengan baik. Mahasiswa juga tidak dibenarkan meminjam hasil kerja orang lain dan menggunakannya sebagai bagian dari laporan, tindakan di atas dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap peraturan akademik. Pelanggaran terhadap plagiarisme dan men-copy, menyontoh laporan dan pekerjaan orang lain akan dikenakan sanksi yang keras, yaitu nilai 0 (Nol). Catatan: Mahasiswa yang melakukan kerjasama dan menggunakan contekan didalam Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester akan diberikan sanksi nilai 0 (Nol) atau E untuk mata kuliah yang diikuti.

Demikianlah silabus dan kontrak perkuliahan, untuk disepakati bersama

Disetujui

Padang, 20 September 2010

Wakil mahasiswa Dosen Ybs

Nama : DR. Ratni Prima Lita, SE.,MM

No.BP : NIP. 19710331 1999032 001