silabus akl genap 2011-2012

8
Program S1 FEUI Silabus AKL genap 2011/2012 hal 1 dari 8 hal 1 SILABUS AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN ACCT 11301 SEMESTER GENAP TH 2011/2012 1. Pengajar: No Nama Dosen Alamat Email 1 Taufik Hidayat [email protected] No Nama Asisten No Kontak/email 1 Annisa 2. Deskripsi Mata Ajaran Mata ajar ini bertujuan membahas aspek akuntansi keuangan untuk situasi yang bersifat khusus dalam sebuah perusahaan. Topik-topik khusus yang dipelajari adalah penggabungan usaha, akuntansi investasi, teknik dan prosedur konsolidasi, dampak transaksi antar perusahaan terhadap proses penyusunan laporan keuangan konsolidasi, perubahan persentase kepemilikan, struktur kepemilikan tidak langsung, laba per saham (EPS) konsolidasi, pajak penghasilan, dan laporan arus kas. Setelah mengikuti mata ajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, mengevaluasi, dan menganalisis informasi mengenai situasi dan permasalahan yang bersifat khusus, serta mengintegrasikan informasi tersebut dengan pengetahuan akuntansi yang mereka miliki untuk memilih dan menggunakan teknik, prosedur dan metode akuntansi yang tepat dalam proses pencatatan dan pelaporan akuntansi keuangan. Pembahasan juga mencakup akuntansi penggabungan usaha, investasi, konsolidasi, transaksi mata uang asing, segmen, interim, transaksi hubungan istimewa, KSO, akuntansi cabang, dan restrukturisasi utang. Jenis : Wajib Jumlah SKS :3 Mata Ajar Prasyarat : Akuntansi Keuangan 2 3. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat: 1. Memahami jenis, bentuk, istilah, dan konsep akuntasi penggabungan usaha. 2. Memahami metode pembelian (purchase) dalam penggabungan usaha. 3. Memahami metode akuntansi yang digunakan untuk mencatat investasi di perusahaan lain yaitu metode biaya (cost method) dan metode ekuitas (equity method). UNIVERSITAS INDONESIA FAKULTAS EKONOMI

Upload: anastasia

Post on 21-Oct-2015

85 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

Silabus AKL Genap 2011-2012

TRANSCRIPT

Page 1: Silabus AKL Genap 2011-2012

Program S1 FEUI Silabus AKL genap 2011/2012

hal 1 dari 8 hal1

SILABUS

AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTANACCT 11301

SEMESTER GENAP TH 2011/2012

1. Pengajar:

No Nama Dosen Alamat Email1 Taufik Hidayat [email protected]

No Nama Asisten No Kontak/email1 Annisa

2. Deskripsi Mata Ajaran

Mata ajar ini bertujuan membahas aspek akuntansi keuangan untuk situasi yangbersifat khusus dalam sebuah perusahaan. Topik-topik khusus yang dipelajari adalahpenggabungan usaha, akuntansi investasi, teknik dan prosedur konsolidasi, dampaktransaksi antar perusahaan terhadap proses penyusunan laporan keuangankonsolidasi, perubahan persentase kepemilikan, struktur kepemilikan tidak langsung,laba per saham (EPS) konsolidasi, pajak penghasilan, dan laporan arus kas.

Setelah mengikuti mata ajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami,mengevaluasi, dan menganalisis informasi mengenai situasi dan permasalahan yangbersifat khusus, serta mengintegrasikan informasi tersebut dengan pengetahuanakuntansi yang mereka miliki untuk memilih dan menggunakan teknik, prosedur danmetode akuntansi yang tepat dalam proses pencatatan dan pelaporan akuntansikeuangan. Pembahasan juga mencakup akuntansi penggabungan usaha, investasi,konsolidasi, transaksi mata uang asing, segmen, interim, transaksi hubunganistimewa, KSO, akuntansi cabang, dan restrukturisasi utang.

Jenis : WajibJumlah SKS : 3Mata Ajar Prasyarat : Akuntansi Keuangan 2

3. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:1. Memahami jenis, bentuk, istilah, dan konsep akuntasi penggabungan usaha.2. Memahami metode pembelian (purchase) dalam penggabungan usaha.3. Memahami metode akuntansi yang digunakan untuk mencatat investasi di

perusahaan lain yaitu metode biaya (cost method) dan metode ekuitas (equitymethod).

UNIVERSITAS INDONESIAFAKULTAS EKONOMI

Page 2: Silabus AKL Genap 2011-2012

Program S1 FEUI Silabus AKL genap 2011/2012

hal 2 dari 8 hal2

4. Memahami metode akuntansi yang digunakan untuk mengkonsolidasikanlaporan keuangan jika investasi perusahaan dicatat dengan menggunakanmetode ekuitas (equity method)

5. Melaksanakan prosedur konsolidasi jika terjadi transaksi antar anak dan indukperusahaan terkait dengan persediaan, aset tetap, dan obligasi.

6. Melaksanakan prosedur dan teknik konsolidasi jika perusahaan mencatatinvestasi dengan menggunakan metode fully equity method dan cost method.

7. Memahami dan menganalisis pengaruh terhadap laporan keuangan konsolidasibila :

a. Akuisisi dilakukan dalam periode akuntansi berjalan.b. Terdapat perubahan dalam persentase kepemilikan saham.c. Terdapat perubahan dalam jumlah saham yang beredar perusahaan anak

melalui saham dividen atau pemecahan sahamd. Terdapat kepemilikan tidak langsunge. Induk memiliki saham perusahaan anakf. Anak perusahaan memiliki saham preferen, convertible bonds dan opsi

8. Melakukan perhitungan, pencatatan, dan pelaporan akuntansi untuk laba persaham (earnings per share) konsolidasi.

9. Mencatat da menganalisis transaksi dalam mata uang asing.10. Melaksanakan prosedur dan teknik penjabaran laporan keuangan dari mata

uang fungsional ke mata uang asing.11. Menyusun dan menganalisis laporan keuangan segmen dan interim.12. Melakukan pencatatan atas akuntansi cabang.13. Melakukan pencatatan dan analisis tentang restrukturisasi utang.

4. Bahan Bacaan

4.1. Wajib1. Baker, R.E., et.al., Advanced Financial Accounting , 9th ed., McGraw Hill,

2011 (BAKER)2. Baker, R.E., T.E. Christensen, D.M. Cottrell, K.I. Rais, W. Astono & E.R.

Wulandari, Advanced Financial Accounting (An IndonesianPerspective), 2nd ed., McGraw Hill & Salemba Empat , 2012 (BAKER IND)

3. Tan, Pearl & P. Lee, Advanced Financial Accounting: An IAS and IFRSApproach, McGraw Hill, 2009. (TAN & LEE)

4. Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta:Salemba Empat, 2009 (PSAK)

5. International Financial Reporting Standards (IFRS)

4.2. Pelengkap1. Beams, F.A., Z.A. Brozovsky & C.D. Shoulders, Advanced Accounting, 9th

ed., New Jersey: Prentice Hall, 2006 (BEAMS)2. Mirza, Abbas Ali, Graham J. Holt dan Magnus Orrell, IFRS International

Financial Reporting Standards, Workbook and Guide, John Wiley, 2006.(MHO)

3. Undang-undang No. 40/2007 mengenai Perseroan Terbatas (UUPT),terutama pasal-pasal tentang modal dan saham dan tentang penggabungan,peleburan dan pengambilalihan.

5. Metode PengajaranMetode pengajaran yang wajib dipakai ada 3 yaitu :

Page 3: Silabus AKL Genap 2011-2012

Program S1 FEUI Silabus AKL genap 2011/2012

hal 3 dari 8 hal3

1. Kuliah (lecturing) dalam pertemuan dengan dosen dan asisten. Metode inidigunakan pada beberapa pertemuan, hanya untuk pertemuan yangmenggunakan metode lain, metode kuliah akan dikombinasikan denganmetode tersebut

2. Student-Centered Learning (SCL). Metode ini digunakan di sebagian besarpertemuan dengan menggunakan Collaborative Learning.

3. Pertemuan dengan asisten (asistensi)4. Tugas Individu dan Kelompok

Metode lecturing yang digunakan dalam kelas selalu dikombinasikan dengan diskusi,tanya jawab langsung dan pembahasan mini-case yang ada dalam buku. Dalamlecturing, dosen dapat mengangkat kasus-kasus dalam praktek untuk memberikangambaran yang lebih jelas kepada mahasiswa mengenai praktek akuntansi di dalamsebuah perusahaan.

Pertemuan dengan Student-Centered Learning membagi kelas menjadi kelompokyang terdiri dari 5 orang, dimana akan diberikan kasus-kasus dengan pendekatanCollaborative Learning – Simple Jigsaw (Pertemuan ke-4 dan ke-9 ).

Pertemuan dengan asisten akan diisi dengan pembahasan soal yang telah dijadikanpekerjaan rumah seminggu sebelumnya. Soal dipilih sedemikian rupa sehinggamencakup tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Mahasiswa membentuk kelompok dimana setiap individu dalam kelompok diwajibkanmembahas materi-materi yang diberikan dan mempresentasikannya di kelas sebagaitugas individu. Sedangkan materi pembahasan dalam bentuk materi presentasi yangdisusun kelompok dikumpulkan langsung usai pembahasan sebagai nilai kelompok.

Rincian metode pengajaran yang digunakan pada mata ajaran ini adalah:

Deskripsi MetodePengerjaan tugas Tidak AdaKuliah AdaDiskusi Kelas AdaProyek Kelompok AdaIn-class experiential exercise oleh Assisten atau Dosen AdaLaboratorium manual atau komputer Tidak AdaProyek penelitian independen AdaPembelajaran kerjasama (cooperative learning) AdaSharing special experiences from expert Ada

6. Evaluasi Hasil Pembelajaran

Penilaian dari mata kuliah ini didasarkan pada presentase sebagai berikut :

NO JENIS BOBOT1 PR, Kuis dan Asistensi 10%2 Tugas Kasus (CL) dan Partisipasi 20%3 Ujian Tengah Semester 35%4 Ujian Akhir Semester 35%

BOBOT 100%

Page 4: Silabus AKL Genap 2011-2012

Program S1 FEUI Silabus AKL genap 2011/2012

hal 4 dari 8 hal4

Catatan: Kelas Asistensi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses

belajar mengajar. Oleh karena itu asisten dosen HARUS berkoordinasidengan dosen; antara lain dengan meningkatkan komunikasi antara asistendan dosen, koordinasi dalam pemberian soal dan nilai, dan kewajiban sit inbagi asisten di kelas dosen, minimal 2x (1 pertemuan sebelum UTS dansesudah UTS)

Untuk memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai teori yang sudahdijelaskan oleh dosen di kelas maka pembahasan di kelas asistensiditekankan pada pembahasan soal/latihan, baik dari buku referensi maupundari UTS dan UAS tahun-tahun sebelumnya.

Asisten dosen WAJIB memberikan soal-soal untuk Pekerjaan Rumah dankuis dan menyerahkan nilai PR dan kuis tersebut kepada dosen yangbersangkutan paling lambat pada periode UTS (untuk nilai PR dan kuis yangdiberikan pada sesi-sesi sebelum UTS) dan pada periode UAS (untuk nilaiPR dan kuis yang diberikan pada sesi-sesi sebelum UAS)

Kuis paralel direncanakan diberikan di sesi asistensi sebelum UTS dan UAS(2 x ). Koordinator asisten dosen WAJIB mengkoordinir pembuatan soal kuisbersama para asisten dosen lainnya. Selain kuis paralel, asisten dosen dapatmemberikan kuis non-paralel untuk kelasnya masing-masing.

7. Kebijakan UmumKode etik mahasiswa yang mencakup kejujuran akademik adalah hal yang sangatpenting, tidak hanya bagi kredibilitas dan harga diri mahasiswa itu sendiri, namunjuga mencerminkan nilai dan standar yang dianut oleh FEUI secara keseluruhan.Mahasiswa didorong untuk bekerja sama dalam proses pembelajaran, namunpengerjaan tugas-tugas tetap harus dilakukan secara jujur, mandiri, bukan menyalinpekerjaan orang lain dan kemudian diakui sebagai karyanya.

7.1. KehadiranSesuai dengan aturan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ketidakhadiran tanpaketerangan maksimum 20%. Untuk mata ajaran ini berarti maksimum 2 kali. Bagimereka yang tingkat ketidakhadiran lebih dari 20% tidak diperbolehkanmengikuti ujian akhir.

7.2. PersiapanMahasiswa diasumsikan TELAH MEMBACA bahan ajar sebelum perkuliahan dimulai.Mahasiswa harus menunjukkan motivasi dan komitmen yang sungguh-sungguhuntuk belajar secara mandiri. Pusat pembelajaran adalah diri mahasiswa sendiri,bukan dosen. Dosen berperan sebagai fasilitator dan nara sumber proses belajar.

7.3. Fotokopi BukuSesuai dengan Kode Etik di lingkungan FEUI yang menghormati hak atas kekayaanintelektual (HAKI), mahasiswa diharuskan membawa buku teks asli ke kelas; bukanfotokopi. Buku teks tidak harus edisi terbaru sesuai silabus, selama bisa menunjangpembelajaran. Mahasiswa yang tidak memiliki buku asli, dapat meminjam darimahasiswa senior atau Perpustakaan FEUI.

7.4. Pedoman PenulisanMakalah penulisan menggunakan standar huruf Times New Roman, font 12, spasi1,5, kertas A4.

Page 5: Silabus AKL Genap 2011-2012

Program S1 FEUI Silabus AKL genap 2011/2012

hal 5 dari 8 hal5

7.5. PlagiarismePlagiarisme adalah mengutip hasil karya orang lain (meliputi namun tidak

terbatas pada kata-kata/data/ide/tabel/diagram), baik sebagian atau seluruhnya,tanpa menyebutkan sumbernya, atau menyajikan ulang hasil karya orang lainseakan-akan karya si penyaji.

Plagiarisme termasuk juga menyalin sebagian atau seluruh pekerjaanmahasiswa lain atau menyalin dari buku, jurnal, Web, majalah, koran, dan lain-lain.

Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkanuntuk penilaian lainnya tanpa menyebutkan sumbernya.

Sanksi atas Plagiarisme Satu kali, makalah diberi nilai nol atau maksimum E Dua kali, mata ajaran terkait diberi nilai E Tiga kali, dikeluarkan dari Departemen Akuntansi FEUI Nama dan pas foto diumumkan di Papan Pengumuman setiap kali melakukan

plagiarisme

Panduan untuk Mencegah PlagiarismePanduan untuk mencegah plagiarisme dapat diakses di situs FEUI. Bagi mahasiswayang belum jelas, dapat menghubungi Departemen Akuntansi FEUI.

Statement of AuthorshipBagi mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat makalah/paper, harusmenyertakan Statament of Authorship (terlampir) di halaman depan makalah/papernya.

Statement of Authorship

“Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugasterlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan oranglain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untukmakalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelasbahwa saya/kami menyatakan dengan jelas menggunakannya.Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapatdiperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanyaplagiarisme.”

Nama :NPM :Mata Ajaran :Judul Makalah/Tugas :Tanggal :Dosen :(Dibuat oleh seluruh anggota kelompok)

Page 6: Silabus AKL Genap 2011-2012

Program S1 FEUI Silabus AKL genap 2011/2012

hal 6 dari 8 hal6

8. Jadwal Pertemuan dengan DosenPertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan

1 Akuisisi dan Investasi di Entitas Laino Perkembangan Struktur Bisnis yang Komplekso Ekspansi Bisnis dan Bentuk Struktur Organisasio Membentuk Entitas Bisniso Kombinasi Bisniso Akuntansi Pembelian untuk Kombinasi Bisnis

Baker Ch.1Tan & Lee Ch.2Beams Ch.1MHO Ch 36PSAK 22,PSAK 38

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan2 Pelaporan Investasi

o Akuntansi untuk Investasi Saham Biasamenggunakan Metode Biaya

o Akuntansi untuk Investasi Saham Biasamenggunakan Metode Ekuitas

o Perbandingan Metode Biaya dan Ekuitaso Hal Lain terkait Metode Ekuitas

Entitas Pelaporan dan Laporan KeuanganKonsolidasio Kegunaan Laporan Keuangan Konsolidasio Laporan Keuangan Anak Perusahaano Konsep dan Standar Laporan Keuangan

Konsolidasio Overview Proses Konsolidasio Ilustrasi Proses Konsolidasio Kepemilikan Non Pengendalio Pendekatan Lain untuk Konsolidasi

Baker Ch.2Tan & Lee Ch.2, 5Beams Ch.2MHO Ch 21PSAK 15(revisi 2009)

Baker Ch. 3Tan & Lee Ch.3Beams Ch 3 &Beams Ch. 11MHO Ch 20PSAK 4 (rev2009).

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan3 Konsolidasi Anak Perusahaan yang Dimiliki Penuh

o Prosedur dan Kertas Kerja Konsolidasio Penyusunan Laporan Posisi Keuangan Konsolidasi

setelah Akuisisi Kepemilikan Penuho Konsolidasi setelah Akuisisio Konsolidasi setelah Akuisisi – Pembelian pada

Nilai Bukuo Konsolidasi setelah Akuisisi – Pembelian lebih dari

Nilai Bukuo Piutang dan Utang antar Perusahaan

Baker Ch.4Tan & Lee Ch.3Beams Ch.4MHO Ch 20PSAK 4 (rev2009), PSAK19 (revisi2009), PSAK48 (revisi2009)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan4 Konsolidasi Anak Perusahaan yang Tidak Dimiliki

Penuho Kepemilikan Non Pengendalio Penyusunan Laporan Posisi Keuangan Konsolidasi

setelah Akuisisi Kepemilikan Pengendalio Konsolidasi setelah Akuisisio Penghentian Konsolidasio Perlakuan Pendapatan Komprehensif Lain dan Hal

Lainnya

Baker Ch.5Baker Ch.5 -Apendix 5ATan & Lee Ch.3MHO Ch 20Beams Ch.4PSAK 4 (rev2009), PSAK

Page 7: Silabus AKL Genap 2011-2012

Program S1 FEUI Silabus AKL genap 2011/2012

hal 7 dari 8 hal7

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaano Konsolidasi dan Metode Biaya 19 (revisi

2009), PSAK48 (revisi2009)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan5 Transaksi Persediaan Antar Perusahaan

o Gambaran Umumo Penjualan Persediaan Downstreamo Penjualan Persediaan Upstreamo Transaksi Persediaan Antar Perusahaan -Fully

Adjusted Equity Method dan Metode Biaya

Baker Ch.7Tan & Lee Ch.4Beams Ch.5PSAK 4 (rev2009)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan6 Transfer Jasa dan Aset Tidak Lancar Antar

Perusahaano Gambaran Entitas Konsolidasio Transfer Jasa Antar Perusahaano Transfer Tanah Antar Perusahaano Transfer Aset Didepresiasi Antar Perusahaano Transer Aset Diamortisasi Antar Perusahaano Transaksi Aset Tidak Lancar Antar Perusahaan -

Fully Adjusted Equity Method dan Metode Biaya

Baker Ch.6Baker Ch.6 –Apendix 6ATan & Lee Ch.4Beams Ch.6PSAK 4 (rev2009)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan7 Pinjaman Antar Perusahan

o Gambaran Konsolidasio Penjualan Obligasi secara Langsung ke Afiliasio Pembelian Obligasi Afiliasi dari Non Afiliasio Pinjaman Antar Perusahaan -Fully Adjusted Equity

Method dan Metode Biaya

Baker Ch.8Tan & Lee Ch.4Beams Ch.7PSAK 4 (rev2009)

Ujian Tengah SemesterPertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan

8 Isu Kepemilikan Konsolidasio Saham Preferen Anak Perusahaano Perubahan di Kepemilikan Perusahaan Induko Struktur Kepemilikan Kompleks

Baker Ch. 9Tan & Lee Ch.6Beams Ch.8PSAK 4 (rev2009), PSAK40UUPT

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan9 Isu Pelaporan Konsolidasi Lain

o Laporan Arus Kas Konsolidasio Konsolidasi setelah Akuisisi Interimo Laba per Saham Konsolidasio Pelaporan Pajak Entitas Konsolidasi

Baker Ch.10Tan & Lee Ch.6 & 11Beams Ch.9,10PSAK 2 (revisi2009), PSAK 4

Page 8: Silabus AKL Genap 2011-2012

Program S1 FEUI Silabus AKL genap 2011/2012

hal 8 dari 8 hal8

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan(revisi 2009),psak 56

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan10 Akuntansi Multinasional: Transaksi dan Instrumen

Keuangan Mata Uang Asingo Isu Akuntansio Kurs Mata Uang Asingo Transaksi Mata Uang Asingo Mengelola Risiko Mata Uang Asing Internasional

dengan Instrumen Keuangan Forward Exchangeo Pelaporan Transaksi Forward Exchange

Baker Ch 11Tan & Lee Ch.7 & 9PSAK 10(revisi 2010),PSAK 50 &55,ED ISAK 13

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan11 Akuntansi Multinasional: Translasi Laporan

Keuangan Entitas Asingo Menentukan Mata Uang Fungsionalo Translasi versus Pengukuran Kembali Laporan

Keuangan Entitas Asingo Translasi

Baker Ch 12Tan & Lee Ch.7PSAK 4 (revisi2009), PSAK10 (revisi2010)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan12 Pelaporan Segmen dan Interim

o Pelaporan Segmeno Pelaporan Interim

Akuntansi untuk Operasi Cabango Berbagai Bentuk Cabango Sistem Akuntansi Cabango Akuntansi atas Kegiatan Operasi Cabang:o Transaksi Antar Cabango Laba Yang Belum Direalisir atas Persediaan

Cabang

Baker Ch. 13PSAK 3 (rev2010), PSAK 5(revisi 2010),ISAK 17

Baker Ch. 18

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan13 Pengendalian Bersama Aset dan Operasi

o Bentuk Joint Ventureo Pengendalian Bersama Operasio Pengendalian Bersama Aset

PSAK 12(revisi 2009)ISAK 12

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan14 Perusahaan dalam Kesulitan Keuangan

o Akuntansi untuk Impaired Loans & DebtRestructuring Arrangementso Akuntansi Kreditur untuk Impaired Loanso Restrukturisasi Utang Piutang Bermasalah

Baker Ch. 17Tan & Lee Ch.8PSAK 50,PSAK 55(revisi 2006)