proposal retreat 2011

4
PROPOSAL RETREAT KATEKISAN TERPADU TAHUN 2011 GPIB PONDOK UNGU-GPIB HARAPAN INDAH-GPIB HARAPAN BARU-GPIB DIAN KASIH I. LATAR BELAKANG Katekisasi merupakan wadah pembinaan iman warga gereja yang strategis dalam membentuk warga gereja yang dewasa dan tangguh dalam bersaksi dan melayani. Pembelajaran iman yang selama ini dilakukan dalam jadwal rutin di tengah kesibukan studi dan pelayanan, telah memperkaya wawasan hidup beriman dan bergereja. Pendalaman tentang hakikat hidup beriman dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan metode retreAt sebagai sarana pembinaan dan pemantapan komitmen iman. Retreat katekisan terpadu tahun 2011 dilakukan dalam kerangka pembinaan iman kristiani sehingga pengakuan percaya akan jati diri Kristen oleh anggota katekisan benar-benar dapat dipertanggung jawabkan. Retreat ini dilakukan dengan harapan bahwa kebersamaan sebagai warga gereja semakin dihayati tidak hanya dalam tingkatan lokal, tetapi juga tingkatan regional. Hadirnya anggota katekisan, tenaga bina serta presbiter dari jemaat GPIB Pondok Ungu, GPIB Harapan Indah, GPIB Harapan Baru dan GPIB Dian Kasih, kiranya dapat memperkaya hidup persekutuan dan mempererat persaudaraan kristiani di antara jemaat-jemaat GPIB dalam wadah Musyawarah Pelayanan (Mupel) GPIB Bekasi. Selain itu diharapkan, anggota-anggota katekisan memperoleh teman-teman baru yang kelak pada waktunya mereka semua akan menjadi pemimpin gereja masa depan. II. NAMA DAN TEMA KEGIATAN Nama kegiatan : RETREAT RETREAT KATEKISAN TERPADU TAHUN 2011 GPIB PONDOK UNGU-GPIB HARAPAN INDAH-GPIB HARAPAN BARU-GPIB DIAN KASIH Tema kegiatan : “BERAKAR DALAM KRISTUS UNTUK BERSAKSI DAN MELAYANI” III. TUJUAN DAN SASARAN Tujuan a. Memperoleh pemahaman baru tentang disiplin rohani dalam menghadapi kemajuan zaman. b. Menyatakan pembaharuan komitmen untuk mengimani Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Upload: stephen-sihombing

Post on 19-Jun-2015

14.024 views

Category:

Spiritual


26 download

DESCRIPTION

Proposal retreat katekisan tahun 2011 yang dilaksanakan 1-3 April 2011 di Hotel Lembah Safari, dalam kebersamaan jemaat GPIB Pondok Ungu, Harapan Baru, Harapan Indah dan Dian Kasih

TRANSCRIPT

Page 1: Proposal Retreat 2011

PROPOSALRETREAT KATEKISAN TERPADU TAHUN 2011

GPIB PONDOK UNGU-GPIB HARAPAN INDAH-GPIB HARAPAN BARU-GPIB DIAN KASIH

I. LATAR BELAKANG

Katekisasi merupakan wadah pembinaan iman warga gereja yang strategis dalam membentuk warga gereja yang dewasa dan tangguh dalam bersaksi dan melayani. Pembelajaran iman yang selama ini dilakukan dalam jadwal rutin di tengah kesibukan studi dan pelayanan, telah memperkaya wawasan hidup beriman dan bergereja. Pendalaman tentang hakikat hidup beriman dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan metode retreAt sebagai sarana pembinaan dan pemantapan komitmen iman.

Retreat katekisan terpadu tahun 2011 dilakukan dalam kerangka pembinaan iman kristiani sehingga pengakuan percaya akan jati diri Kristen oleh anggota katekisan benar-benar dapat dipertanggung jawabkan. Retreat ini dilakukan dengan harapan bahwa kebersamaan sebagai warga gereja semakin dihayati tidak hanya dalam tingkatan lokal, tetapi juga tingkatan regional. Hadirnya anggota katekisan, tenaga bina serta presbiter dari jemaat GPIB Pondok Ungu, GPIB Harapan Indah, GPIB Harapan Baru dan GPIB Dian Kasih, kiranya dapat memperkaya hidup persekutuan dan mempererat persaudaraan kristiani di antara jemaat-jemaat GPIB dalam wadah Musyawarah Pelayanan (Mupel) GPIB Bekasi. Selain itu diharapkan, anggota-anggota katekisan memperoleh teman-teman baru yang kelak pada waktunya mereka semua akan menjadi pemimpin gereja masa depan.

II. NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Nama kegiatan : RETREAT RETREAT KATEKISAN TERPADU TAHUN 2011 GPIB PONDOK UNGU-GPIB HARAPAN INDAH-GPIB HARAPAN BARU-GPIB DIAN KASIH

Tema kegiatan :“BERAKAR DALAM KRISTUS UNTUK BERSAKSI DAN MELAYANI”

III. TUJUAN DAN SASARAN

Tujuana. Memperoleh pemahaman baru tentang disiplin rohani dalam menghadapi kemajuan zaman.b. Menyatakan pembaharuan komitmen untuk mengimani Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.c. Mempererat kesatuan dan persaudaraan sebagai warga gereja GPIB yang bertanggung jawab.

Sasarana. Peserta mendapatkan bekal rohani pentingnya disiplin rohani di tengah kemajuan zaman.b. Peserta menyadari komitmennya memperbaharui diri dengan kasih Tuhan Yesus.c. Peserta saling mengenal dan berinteraksi sebagai satu persekutuan warga gereja GPIB.

IV. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Retreat ini akan diadakan pada:Tanggal : 1- 3 April 2011Tempat : Villa ……………………

Page 2: Proposal Retreat 2011

V. ACARA

Seluruh peserta berangkat dari jemaat masing-masing pada hari Jumat, tanggal 1 April 2011, Pukul 15.00 WIB dan berkumpul di tempat acara sesuai jam yang ditentukan. Susunan acara Retret terlampir.

VI. PESERTA

Retreat ini akan diikuti 80 orang peserta, yang terdiri dari :1. 50 anggota katekisan dengan perincian:

10 anggota katekisan GPIB Pondok Ungu20 anggota katekisan GPIB Harapan Indah 10 anggota katekisan GPIB Harapan Baru dan 10 anggota katekisan GPIB Dian Kasih

2. 15 anggota Panitia Retreat3. 5 tenaga bina dari jemaat (4) dan sinode (1)4. 10 anggota presbiter dari masing-masing jemaat

VII. ANGGARAN KEGIATAN

A. Anggaran Penerimaan1. Kontribusi peserta ( 50 orang x @Rp. ………………….. ) Rp. ………………………………..2. Pundi Khusus Hari Minggu Rp. ………………………………..3. Amplop Donatur Rp. ………………………………..4. Aksi Pita Rp. ………………………………..5. Aksi Pujian Rp. ………………………………..6. Aksi Masak Rp. ……………………………….

Total Anggaran Penerimaan Rp. ……………………………….

B. Anggaran Pengeluaran1. Akomodasi ( 3 hari x @Rp. ………………..x 80 orang ) Rp. ………………….…………….

2. Konsumsi ( 3 hari x @Rp. ……………….. x 80 orang ) Rp. …………………….………….

3. Buku Acara ( 70 x @ Rp. 20.000 ) Rp. ........................................4. Penggandaan Materi (70 x Rp 10.000 ) Rp. ………………………………….5. Viatikum Tenaga Bina ( 5 x Rp. 750.000 ) Rp. …………………………………….6. Dokumentasi (foto bersama dan pengandaan cd) Rp. ………………………….……….7. Perlengkapan (spanduk, api unggun dan outbond) Rp. ………………………….……….8. Kesehatan (obat-obatan dan multivitamin) Rp. …………………………..……...9. Lain-lain (biaya tak terduga) Rp. …………………………….……….

Total Anggaran Pengeluaran Rp. ………………………………………..

VIII. SUSUNAN PANITIA (terlampir)

Page 3: Proposal Retreat 2011

IX. PENUTUP

Demikianlah proposal retret ini dibuat dengan harapan dapat memberikan kejelasan kepada Bapak/Ibu mengenai kegiatan yang akan kami selenggarakan.

Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Teriring Salam dan Doa,

Bekasi, 8 Februari 2011PANITIA RETREAT KATEKISAN TERPADU TAHUN 2011

GPIB PONDOK UNGU-GPIB HARAPAN INDAH-GPIB HARAPAN BARU-GPIB DIAN KASIH

Ketua Sekretaris

Mengetahui,

PHMJ GPIB Pondok Ungu, Bekasi

Ketua Sekretaris

Tembusan :

1. PHMJ GPIB Pondok Ungu2. PHMJ GPIB Harapan Indah3. PHMJ GPIB Harapan Baru4. PHMJ GPIB Dian Kasih5. Arsip