proposal senyum community 2011

5
Senyum Community Jl Kaliurang km 9,3 no 26 Gandok, Tambakan, Sinduharjo, Ngaglik Sleman Yogyakarta Phone: (0274)9670797, email: [email protected], www.senyumkita.com, @senyumkita Senyum Community Berbagi Senyuman, Menumbuhkan Kemandirian Pemuda.

Upload: dwi-n

Post on 05-Dec-2014

1.208 views

Category:

Education


10 download

DESCRIPTION

Program Senyum Community 2011

TRANSCRIPT

Page 1: Proposal Senyum Community 2011

Senyum Community

Jl Kaliurang km 9,3 no 26 Gandok, Tambakan, Sinduharjo, Ngaglik Sleman Yogyakarta Phone: (0274)9670797, email: [email protected], www.senyumkita.com, @senyumkita

Senyum Community

“Berbagi Senyuman, Menumbuhkan Kemandirian Pemuda.”

Page 2: Proposal Senyum Community 2011

Senyum Community Jl Kaliurang km 9,3 no 26 Gandok, Tambakan, Sinduharjo, Ngaglik Sleman Yogyakarta Phone: (0274)9670797, email: [email protected], www.senyumkita.com, @senyumkita

Suryanti (Anak PA Nurul Yasmin - dampingan SC)

“Menjalani hari bersama SC (Senyum Community) memberikan

warna dalam hariku, menuntunku dan membangkitkan semangat

untuk berani bermimpi!”

Senyum Community (SC) adalah Social Enterprise yang fokus pada pendidikan dan pemberdayaan generasi muda

Visi Senyum Community adalah sebagai Social Enterprise terdepan dan terpercaya dalam mendidik dan memandirikan generasi muda Indonesia.

Berbagai progam telah dilakukan, dan sebagian besar progam berorientasi pada pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan yg diimbangi dengan kualitas SDM yang mumpuni dalam melaksanakan setiap progamnya. info lengkap bisa dibaca di www.senyumkita.com atau follow di twitter @senyumkita

Tentang Senyum Community

Yustia Sari (Putri Pariwisata DIY 2011)

“Sangat menarik! Senyum community sangat peduli

dengan teman-teman di panti asuhan”

“Tak hanya senyum, mereka pun tertawa bergembira bersama ketika diajak bermain

sambil menunggu waktu berbuka. Bukan sembarang bermain, anak-anak dari tingkat

SD sampai Perguruan Tinggi diajak mengenali potensi mereka masing-masing”

Suara Merdeka

Page 3: Proposal Senyum Community 2011

Senyum Community Jl Kaliurang km 9,3 no 26 Gandok, Tambakan, Sinduharjo, Ngaglik Sleman Yogyakarta Phone: (0274)9670797, email: [email protected], www.senyumkita.com, @senyumkita

Progam Berbagi Senyuman

1. Program Kewirausahaan

Program ini dilakukan di satu panti dengan target menyiapkan satu karya dengan nilai jual ekonomis yang nantinya bisa digunakan untuk memulai berwirausaha bagi anak-anak panti asuhan. Program terbagi dalam beberapa tahapan:

a. Entrepreneurship Event (Sharing Session/Talkshow)

Pelatihan yang memberikan wawasan kewirausahaan bagi peserta. Dimana dalam setiap acara akan dihadirkan wirausahawan sukses yang akan berbagi kisah kesuksesannya. Sehingga nantinya peserta bisa lebih termotivasi dan terinspirasi untuk belajar dan berkarya dalam mencapai kesuksesan.

b. Entrepreneurship Training (Project Learning)

Pelatihan dilaksanakan secara intensif dan dirancang secara khusus yang bermanfaat untuk mengembangkan mindset (pola pikir), sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang entrepreneur. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Entrepreneurship Project Learning. Dalam progam ini para peserta akan dilatih melalui praktek langsung, evaluasi dan pengembangan ide bisnis. peserta akan diajak untuk mampu membangun sumber-sumber keunggulan yang sustainable dalam menjalankan wirausahanya serta memberikan peluang kepada para peserta untuk mengevaluasi perjalanan hidup dan bisnisnya dalam jejaring sosial yang lebih luas.

c. Wisata Bisnis

Para peserta akan diajak untuk mengunjungi berbagai tempat usaha. Hal ini diharapakan bisa memberikan perbandingan nyata sekaligus belajar langsung dari usaha yang dikunjungi. Selain itu juga kegiatan ini akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi peserta sehingga bisa menyegarkan sekaligus memberikan semangat untuk berwirausaha

d. Creative Workshop

Workshop sebagai pembekalan bagi peserta, sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki. Workshop ini bertujuan untuk membekali dan merangsang kemampuan kreatif sehingga bisa menghasilkan karya yang bernilai ekonomis. Hal ini juga untuk memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berkarya dan mengembangkannya.

e. Empowerment/start-up

Dalam proses kegiatannya, para peserta progam difasilitasi dalam akses bahan dasar (raw material), produksi, disribusi/pemasaran maupun pengembangan produknya dan jaringan. Fasilitasi tersebut juga berupa pendampingan setiap kelompok pemuda dalam setiap proses kegiatan.

f. Mentoring

Program ini memfasilitasi peserta untuk mendapatkan mentoring oleh mentor yang berpengalaman. Hal ini bertujuan untuk memberikan masukan dan evaluasi terhadap karya yang telah dibuat peserta. Dengan mentoring ini diharapkan terjadi peningkatan kualitas dari karya yang telah dibuat kelompok pemuda tersebut.

Nilai donasi Rp. 2.000.000,- per event

" Dari Senyum lebih bisa menambah motivasi belajar, membesarkan hati bahwa ada kesempatan untuk berwirausaha"

Zahrotun Nisa Usani | Anak PA Al Quduus

Page 4: Proposal Senyum Community 2011

Senyum Community Jl Kaliurang km 9,3 no 26 Gandok, Tambakan, Sinduharjo, Ngaglik Sleman Yogyakarta Phone: (0274)9670797, email: [email protected], www.senyumkita.com, @senyumkita

“Game-game yang menarik membuat kita

senang, mendapat wawasan dan terhibur.

Terima kasih atas kehadiran kakak-kakak

Semua”

Aristia Keke C.P | PA Aisyiyah Solo

SCR#5

PA Al Aisyiyah Solo

“Entrepreneur Mindset”

14 Agustus 2011

2. Kakak Asuh

Program kakak asuh merupakan langkah progresif yang dilakukan oleh SC dalam rangka pendampingan yang lebih fokus dan berkesinambungan terhadap pengembangan dari program SC dengan target anak-anak panti asuhan. Harapannya akan lebih banyak lagi progam yang sesuai kebutuhan serta memberikan peran yang lebih besar bagi anak-anak panti dalam setiap progam SC.

Program pendampingan ini juga membantu memfasilitasi kebutuhan peserta yang selama ini kurang mendapat perhatian (terutama aspek psikologis). Keberadaaan kakak asuh ini diharapkan mampu menjembatani kebutuhan-kebutuhan peserta yang tidak terakomodasi dengan baik.

Nilai donasi Rp 600.000 setiap Panti (untuk 1 periode 3 bulan)

3. Program Bimbingan Belajar untuk Anak Panti

Merupakan program bimbingan belajar bagi peserta. Meliputi pelajaran-pelajaran formal di sekolah. Mata pelajaran yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan peserta dan momen menjelang Ujian Nasional.

Dalam satu periode diadakan selama 3 bulan dengan alokasi waktu 12 kali pertemuan. Tiap pertemuan @90 menit. Output yang diharapkan modul pembelajaran sesuai mata pelajaran, hasil belajar peserta dengan ukuran tes uji coba sesuai mata pelajaran, peningkatan hasil belajar peserta dalam pendidikan formal di sekolah.

Nilai donasi Rp. 1.000.000,- per mata pelajaran/periode

4. Senyum Youth Camp | Forum Anak Panti

tujuan dari kegiatan ini adalah : (1) Sarana melatih kepemimpinan. , (2) membangun media komunikasi dan jejaring tali silaturahim sesama Peserta Program (anak Panti Asuhan), kakak asuh, dan anggota Senyum Community. Salah satu bentuk kegiatanya adalah pembentukan Forum anak panti yang terdiri dari gabungan anak-anak panti di Yogyakarta dan sekitarnya yang mana dalam kegiatan tersebut berisikan pelatihan mengenal diri, manajemen waktu, kepemimpinan dan motivasi yang dikemas dengan pelatihan, games serta outbond. Acara ini dilaksanakan dalam dua hari satu malam. Pelatihan yang bernama “Senyum Youth Camp,” membuat pelatihan Leadership untuk para anak panti asuhan yang akan menghasilkan suatu pengalaman lebih nyata mengenai kepemimpinan.

Nilai donasi Rp. 300.000,- per peserta program

Mari Berbagi Senyuman, Menumbuhkan Kemandirian Pemuda

Kirimkan donasi melalui transfer bank ke rekening berikut ini:

BRI Syariah Solo No Rek. 716-33-41-1839-0 a.n Lulu Syah Arianti

Bank Mandiri cab. Yogyakarta Katamso No. Rek. 1370007480144 a.n Dwi Wahyu Arif

Nugroho

BNI Cab UGM Yogya 0225606051 a.n Dwi Wahyu Arif Nugroho

Konfirmasikan nilai donasi anda via sms ke 02749670797. Kami juga menerima nilai nominal lain

sesuai ketulusan Anda.

Page 5: Proposal Senyum Community 2011

Senyum Community Jl Kaliurang km 9,3 no 26 Gandok, Tambakan, Sinduharjo, Ngaglik Sleman Yogyakarta Phone: (0274)9670797, email: [email protected], www.senyumkita.com, @senyumkita

Dwi Wahyu Arif Nugroho, S.Psi, Johan Satria, S.Psi, Edi Juspar, Adhita Dwi P Dekha Mawatama, S.P, M Wirawan Bayu Adi, Ade Adnan Dewi Amsari, S.si, Siti Sugiyanti, Nurul Kartika, Riana Septiastuti, Dyah Wardani (Pejuang Senyum Community | Yogyakarta)

Apriliado R, Fuad Yanuar, Ainun N, Fitriana D, Eti Juwita dan Dian Isnawati (Pejuang Senyum Community | Magelang)

Simply Fresh Laundry, Medhog, B-Plezz, Histeria Republic, Ebjed Production, Indieshirt, Dapoer Sambal, Kokie Nekadz, Goeboex Coffee, Mie Ayam Sehati, Sadinashop, DOJO Hotspot, Jovoland Studio, Cokro Tela Cake , Aya Syifa Spa , RM Murah Meriah , BakpiaPia Djogdja , Cokelat Roso , Rajin Belajar Organizer & Fruitanol Indonesia, Komunitas TDA Jogja. Swaragama Group, Kedaulatan Rakyat, Tribun Jogja, Radar Jogja, Solo Pos, Suara Merdeka, Paguyuban Dimas-Diajeng Kota Yogyakarta, Putri Pariwisata DIY

Team

Mitra kami :