proposal penelitian ph

Click here to load reader

Post on 12-Dec-2015

15 views

Category:

Documents

7 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

GAMBARAN PENGETAHUAN WANITA TENTANG ASI pdf

TRANSCRIPT

Tingkat Stres Pada Mahasiswa Malaysia Semester I Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara Tahun Akademik 2013/2014 Oleh : Rabiah Irfah Binti Wukar Hussain 100100277 Dosen Pembimbing : Prof. dr. M. Joesof Simbolon, SpKJ(K)

GAMBARAN PENGETAHUAN WANITA USIA PRODUKTIF TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSLUSIF

Oleh :DARSAYINI KUMARA PIRANRABIAH IRFAHTHILAGA THEVADASSITI NOOR FATIMAHMMAHALETCHUMY MANOHARAN

Dosen Pembimbing : dr. Zulkifli, MSi

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN 2013

BAB 1Latar BelakangTUJUAN PENELITIANMANFAAT PENELITIANDefinisi Wanita Usia ProduktifMenurut Suparyanto (2011), yang dimaksud dengan wanita usia produktif adalah wanita yang keadaan organ reproduksinya berfungsi dengan baik antara umur 20-45 tahun. Puncak kesuburan ada pada rentang usia 20-29 tahun. Pada usia ini wanita memiliki kesempatan 95% untuk hamil.

Definisi PengetahuanPengetahuan adalah hasil atau dan dini terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap satu obyek tertentu. Pengindraan terjadi melalui panca indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba sehingga sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Jadi pengetahuan merupakan hasil pengindraan kita. (Notoadmojo, 2003 : 127-128)

PROSESPENGETAHUANAWARENESS

2.INTEREST

3.EVALUATION

4.TRIAL

5.ADAPTATIONTINGKAT PENGETAHUANTAHUMEMAHAMIAPLIKASIANALISISSINTESISEVALUASICARA MEMPEROLEH PENGETAHUAN1.CARA TRADISIONALa) Trial and errorb)Kekuasaan atau otoritasc)Berdasarkan pengalaman pribadid)Jalan Pikiran2. CARA MODERNFAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI PENGETAHUANFAKTOR PREDISPOSISI UMUR PENDIDIKAN PENGALAMAN PEKERJAANFAKTOR PENDUKUNG PENGETAHUAN INFORMASI LINGKUNGANPengukuran PengetahuanPengukuran pengetahuan dapat dilakukan dengan wawancara atau kuesioner yang menanyakan tentang isi materi yang ingin diukur dari subyek penelitian atau responden. (Notoadmodjo, 2003 : 130)

Asupan Susu Ibu (ASI)ASI adalah satu-satunya makanan dan minuman yang dibutuhkan bayi hingga enam bulan.ASI adalah makanan bernutrisi dan berenergi tinggi, yang mudah untuk di cerna. (Bunda, 2008) ASI EksklusifASI eksklusif atau lebih tepat pemberian ASI secara eksklusif adalah Bayi hanya diberikan air susu tanpa makanan tambahan lain dianjurkan sampai enam bulan dan di susui sedini mungkin. (Siswono, 2005)

Manfaat Pemberian ASI1. BAGI BAYIa) ASI sebagai nutrisib)ASI meningkatkan daya tahan tubuh bayic)ASI eksklusif meningkatkan kecerdasand)ASI eksklusif menjalinkan kasih sayang

MANFAAT ASI BAGI BAYIMANFAAT ASI BAGI IBU Menjarangkan kehamilan Lebih ekonomis / murah Tidak merepotkan / hemat waktu Halal Mudah dicerna Mencegah perdarahan post partum Mengecilkan rahim Mengurangi terjadinya anemia Lebih cepat langsing kembali Menimbulkan ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak Mengurangi kemungkinan kanker rahim, payudara dan ovarium Mengurangi kemungkinan osteoporosis dan rematik Portabel dan praktisTANDA KECUKUPAN ASIPADA BAYIKOMPOSISI ASIFAKTOR-FAKTOR YANGMEMPENGARUHI PRODUKSI ASIFaktor yang mempengaruhiPenggunaan asi7 LANGKAH KEBERHASILANASI EKSKLUSIFFAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILANPEMBERIAN ASIIbu harus yakin bahwa mampu menyusui bayinya.Ibu cukup minum (8-12 gelas/hari).Ibu dalam keadaan pikiran tenang dan damai.Perhatian cara meletakkan bayi dan cara meletakkan puting pada mulut bayi dan benar.Makin sering payudara dihisap bayi, makin banyak produksi susu untuk bayi.Pengertian dan dukungan keluarga, terutama dari suami sangat penting.(Siregar Arifin, 2004)BAB 3KERANGKA KONSEP DAN DEFINISI OPERASIONAL

Definisi Operasional Gambaran PengetahuanBAB 4METODE PENELITIAN

4.1 Jenis PenelitianPenelitian ini merupakan penelitian epidemiologi secara observasi deskriptif dengan desain penelitian cross sectional (total sampling).4.2 Tempat dan Waktu PenelitianWaktu dan tempat penelitian dilaksanakan pada Bulan Agustus 2015. Penelitian ini menggambarkan gambaran pengetahuan wanita usia produktif terhadap pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara.

4.3 Populasi dan Sampel Penelitian4.3.1. PopulasiPopulasi penelitian ini adalah data yang diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada wanita usia produktif yang berkunjung ke Puskesmas Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara sekitar 30 orang pada bulan Agustus 2015.

4.3.2. SampelSampel yang digunakan adalah berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada wanita usia produktif yang berkunjung ke Puskesmas Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara pada bulan Agustus 2015 dengan menggunakan metode total sampling dengan sampel sebanyak 30 orang.

4.5 Pengolahan dan Analisa Data

Data diambil dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada wanita usia produktif yang berkunjung ke Puskesmas Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara yaitu 30 orang dengan menggunakan kaedah total samplings.4.4 Teknik Pengumpulan DataData diambil dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada wanita usia produktif yang berkunjung ke Puskesmas Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara yaitu 30 orang dengan menggunakan kaedah total samplings.

SEKIAN, TERIMA KASIH