presentasi ifrs - kelompok 2.ppt

Upload: dwichen

Post on 03-Mar-2016

33 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • BUILD-A-BEAR WORKSHOP, INC LEASES

    Group 02 Presented by :RONALD ( 123-131-067 )DENNYS SURYA ( 123-131-015 )MIFTAH ( 123-131-046 )RIKA LAUW ( 123-131-064 )WILLIAM ( 123-131-080 ) JENS AGUSTIEN ( 123-131-091 )

    CASE IN FINANCIAL REPORTING IFRS DR. MUCHLIS, SE, AK, MBM

  • KONSEP Mengacu Pada Laporan Keuangan Build-A-Bear Workshop, Inc

  • Mengapa Perusahaan lebih memilih Leasing dibanding kan mereka harus membeli ?

    Perusahaan menyewa aset bukan untuk membeli karena perusahaan mungkin perlu aset hanya untuk waktu singkat. Perusahaan juga mungkin tidak ingin melaporkan aset atau kewajiban ( dalam laporan keuangan )atau perusahaan hanya mungkin tidak memiliki cukup uang untuk membeli aset. Selain itu, perusahaan juga mungkin memiliki kesulitan mendapatkan pinjaman untuk membiayai pembelian.

  • Apa yang dimaksud dengan : Operating Lease, Capital Lease, Direct Financing Lease dan Sales-type Lease ?

    Operating Lease : lessor membeli barang kemudian menyewakannya pada lessee dengan jangka waktu tertentu. Jumlah pembayaran secara keseluruhan tidak akan melebihi harga barang dan biaya yang dikeluarkan. Hal ini diakibatkan oleh periode sewa yang pendek dan apabila periode sewa berakhir maka lessor akan memperpanjang perjanjian sewa dengan lessee yang sama atau membuat perjanjian baru dengan lessee yang lain. Disamping itu lessor juga mengharapkan adanya keuntungan penjualan barang yang dilakukan pada akhir masa sewa. Pada operating lease, lessor bertanggung jawab atas perawatan barang yang disewakan.

  • Lanjutan ...

    Capital Lease : lessor bertindak sebagai lembaga keuangan untuk barang modal yang ditentukan oleh lessee, baik mengenai jenis maupun spesifikasinya. Lessor akan mengadakan negosiasi dengan supplier mengenai harga, syarat-syarat perawatan dan lain-lain yang mempunyai hubungan langsung dengan pengoperasian barang-barang modal. Lesssor akan membayar barang tersebut pada supplier dan selanjutnya barang akan diserahkan pada lessee. Dalam penyerahan barang ini hak milik secara hukum masih tetap pada lesssor. Lessee mempunyai kewajiban membayar sejumlah uang kepada lessor secara berkala untuk suatu jangka waktu tertentu. Jumlah pembayaran ini secara keseluruhan akan merupakan harga barang yang dibayar oleh lessor dan ditambah dengan bunga serta keuntungan bagi pihak lessor. Pada akhir periode sewa, memiliki hak opsi untuk membeli barang tersebut sebesar nilai sisanya, mengembalikan barang tersebut kepada lessor, atau mengadakan perjanjian tahap berikutnya

  • Lanjutan ...

    Capital Lease : Nilai Sewa harus diatas 75 % dari nilai asetPengalihan Kepemilikan Aset terjadi pada akhir masa Sewa Kemungkinan terjadi adalah pembelian dengan harga murah pada akhir masa sewa jika ingin penyewa memiliki aset tersebut.Nilai Sekarang (Present Value) dari pembayaran sewa setidaknya minimum melebihi 90 % dari Nilai Pasar yang akan datang (Future Market Value) dari aset tersebut.

  • Lanjutan ...

    Direct Financing Lease : Transaksi ini terjadi jika lessee sebelumnya belum pernah memiliki barang yang dijadikan objek lease. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa lessor membeli suatu barang atas permintaan lessee dan akan dipergunakan oleh lessee.

  • Lanjutan ...

    Sales-type Lease : (sewa guna usaha penjualan)Suatu transaksi sewa guna usaha, dimana produsen atau pabrikan juga berperan sebagai perusahaan sewa guna usaha sehingga jumlah tranksaksi termasuk bagian laba sudah diperhitungkan oleh produsen atau pabrikan.

  • C.Mengapa akuntan membedakan antara berbagai jenis sewa ?

    Seperti dibahas sebelumnya, semua sewa tidak sama. Oleh karena itu, sesuai kebutuhan dalam membedakan antara berbagai jenis sewa. Dalam Capital Lease, perusahaan mencatat aset dan liabilitas. Lessor juga transfer seluruh risiko dan manfaat untuk lessor sebagai lawan sewa operasi.

  • PROSES Mengacu Pada Laporan Keuangan 2009 Build-A-Bear Workshop, Inc

  • Perhitungan Masa Sewa Dan Pembayaran

    Keterangan tambahan : Masa Sewa 5 tahunPembayaran sewa $ 100.000 dengan jatuh tempo akhir hari setiap akhir tahun.Pada akhir sewa, tidak terdapat transfer kepemilikan aset ke Perusahaan tersebut dan juga tidak ada opsi untuk membeliMasa manfaat yang diharapkan dari aset tersebut adalah 25 tahun. nilai wajar aset / lokasi diperkirakan $ 1.500.000

  • Jawab Pertanyaan

    Question ( d.i ) based on US GAAPAnswer Sewa ini harus diperlakukan sebagai operating lease ( bukan Capital lease ) di bawah US GAAP ( Generally Accepted Accounting Principles US )

  • Jawab Pertanyaan

    Question ( d.ii ) Buatlah Jurnal untuk pembayaran sewa Tahun Pertama !Answer Rent Expense ( Store )$ 100.000Cash / Bank$ 100.000

  • Jawab Pertanyaan

    Question ( d.iii ) Buatlah Jurnal sesuai pertanyaan di buku hal 243 !Answer a/. Asumsi Jika tahun pertama first year rent free maka jurnalnya :

    Rent Expense ( Store ) $ 100.000Deferred Rent / Sewa Tangguhan $ 100.000

  • Jawab Pertanyaan

    Question ( Lanjutan d.iii ) Buatlah Jurnal sesuai pertanyaan di buku hal 243 !Answer b/. Asumsi bahwa tahun pertama first year rent free, sehingga tahun 2-5 pada setiap akhir tahun akan dibayar $ 125.000 maka jurnalnya Untuk tahun ke 2 adalah :Rent Expense ( Store ) $ 100.000Deferred Rent / Sewa Tangguhan (1/4) $ 25.000Cash / Bank$ 125.000- Untuk tahun ke 3 hingga ke 5 sama jurnalnyaDeferred charge ( 2/4, , 4/4 )

  • Pembayaran Operating Lease Perusahaan dan Informasi pada Notes #10 mengenai Komitmen dan Kontijensi

    Jawaban ( e.i )Menurut Notes #10, beban sewa pada sewa operasi untuk tahun fiskal 2009 adalah $45,9 juta dan kontingen sewa adalah $0,9 juta. Dengan demikian total beban sewa sebesar $46,9 juta.Jawaban ( e.ii )Beban sewa (rent expense) ada pada account biaya penjualan, umum dan administrasi (selling, general and administrative expenses) di dalam laporan laba rugi (income statement) perusahaan.

  • ANALISIS ( Calculation )

  • F. Transaksi Sewa / Leases yang di lakukan Build-A-Bear dinyatakan sebagai capital leases ( dalam IFRS dikenal sebagai finansial Leases )

    Ringkasan Analisi ( untuk pembahasan point. F ) :Mempertimbangkan future minimum lease payment yang dibuat didalam operating leases, seperti yang diungkap dalam notes #10 ( commitments dan kontinjensi )Diasumsikan bahwa semua pembayaran leasing dilakukan pada akhir hari tahun periode fiskal, dan diasumsikan pula bahwa pembayaran sewa setelah tahun 2014 dilakukan secara merata selama tiga tahun kedepan.

  • Jawaban (f.i) Present Value minimum lease payment

  • Jawaban (f.ii)

    Jurnal Entry :

    Leased property and equipment 219.643(Under capital lease)Lease Liablility219.643

  • Jawaban (f.iii)

  • Jawaban (f.iv)

  • Jawaban (f.v)

    a/ Jurnal Entry untuk interest :Interest Expense15375Interest Payable15375

    b/ Jurnal Entry untuk Depresiasi :

    Depreciation expense (capital leases)27.455accumulated depreciation - capital leases27.455

  • F (vi) Question:

    FASB sedang mempertimbangkan pendekatan alternatif untuk memperhitungkan tertentu sewa properti. Menurut pendekatan alternatif, pola pengeluaran akan mengakibatkan expensing garis lurus dari biaya total sewa (yaitu, sama total biaya setiap tahun). khususnya para penyewa akan mencatat biaya bunga berdasarkan unwinding diskon yang dimasukkan dalam perhitungan lease liability dan tambahkan ke amortisasi asset itu sewaan dalam jumlah bahwa hasil dalam lease expense periodik total biaya yang sama selama jangka sewa.

    Jika Build a Bear Workshop mengadopsi pendekatan alternatif, entri jurnal apa akan catatan pada tahun fiskal 2010? Petunjuk: total biaya tahunan akan sama dengan pembayaran sewa total dibagi dengan jangka waktu sewa. Berikan Komentar pada logika ekonomi dari pendekatan ini relatif terhadap pendekatan dalam f.v

  • F (vi) Answer in calculation :

    Lease Liability$ 27,455 *Interest Expense $ 7,867 Cash/Bank $35,322 **

    * $ 219,643/8 years = $ 27,455**$ 282,577/8 years = $ 35,322

  • G . Question

    Berdasarkan US GAAP saat ini, apakah insentif Build-A-Bear Workshop, manajemen Inc agar memiliki struktur sewa sebagai operasi sewa? Berikan Komentar pada efek leasing pada kualitas pelaporan keuangan perusahaan

  • Build-A-Bear akan melaporkan sewa sebagai operasi sehingga manajemen dapat menyimpan atau mengurangi jumlah kewajiban entitas pada neraca . Hal ini akan membuat hutang perusahaan tidak terlihat begitu buruk bagi seseorang yang ingin berinvestasi di perusahaan dan juga akan meningkatkan rasio hutang terhadap ekuitas. Namun, seorang analis yang terlatih akan memperlakukan sewa operasi sebagai modal untuk mendapatkan arti sebenarnya dari data keuangan. Dalam melakukannya, mereka menambahkan kembali kewajiban pada neraca jika operating leases adalah capital leases.

    G . Answer

  • Jawaban (h.i) to capitalized their operating Leases, so in key financial ratios are :

  • Jawaban (h.ii) : ROA and ROE ( with before and after capital lease )

  • TERIMA KASIH

    ****************