melaju ke depan - cs. frdaus/penelusuraninformasi/file-pdf/@ford... · untuk membiayai...

Download Melaju ke Depan - cs. frdaus/PenelusuranInformasi/File-Pdf/@ford... · Untuk membiayai pengembangannya,…

Post on 03-Mar-2019

212 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Menghubungkan Asia Pasifik dan AfrikaNovember/Desember

Tanggapan Krisis Usaha Patungan di Rusia Hari Libur 2012

Melaju ke Depan

One Team One Plan One Goal

daftar isi

@Ford November/Desember 2011

14

04

07

12

oleh Joe Hinrichs

President, Asia Pasifik dan AfrikaFord Motor Company

@Ford diterbitkan untuk Ford Motor Company di wilayah Asia Pasifik dan Afrika oleh Ford Communications 19th Floor, Lake Rajada Office Complex, 193/82-86 Ratchadapisek Road, Klongtoey, Bangkok, 10110, Thailand. Direktur/Penerbit: Whitney Foard Small; Redaktur Pelaksana: Leigh Murray; Editor: Gregor McClenaghan; Penulis: PRISM Asia Pacific and Africa Content Factory; Penerjemah: Mulyadi Subali; Desain: Content Factory, Eropa. Penerbitan Ford Communications Network. December 2011. Silakan kirim pertanyaan dan komentar mengenai edisi ini ke apamedia@ford.com

Kerja Sama Tim di Waktu Sulit

Hai rekan semua,

Saya yakin bahwa kita semua tahu bahwa banjir di Thailand telah berdampak besar terhadap kehidupan dan penghidupan banyak orang.

Yang pasti, kita bersyukur karena semua karyawan dan keluarga mereka dalam keadaan selamat. Sayang sekali, banyak rumah mereka yang kebanjiran. Sulit dibayangkan betapa dampak ini dapat terus mempengaruhi kehidupan mereka.

Dari sudut pandang bisnis, walaupun fasilitas produksi kita di Thailand tidak terkena banjir, sejumlah pemasok kita terserang banjir yang berdampak terhadap produksi di Thailand dan Afrika Selatan.

Beruntung kita memiliki sistem untuk secara efektif mengatasi gangguan pada rantai pasokan, seperti saat terjadi gempa bumi dan tsunami di Jepang dan banjir di Thailand saat ini.

Sebagian besar karyawan di departemen fungsional di seluruh organisasi kita, termasuk Purchasing, Supplier Technical Assistance, Material Planning and Logistics, Manufacturing, Quality/New Model Launch, Product Development, dan lainnya, bekerja sepanjang waktu untuk meminimalkan dampak pada operasi kita. Setiap orang bekerja sama secara luar biasa dalam menangani situasi ini.

Kita memeriksa setiap pemasok dan setiap komponen, sekaligus meneliti masalahnya setiap hari. Saya rasa tim kita tidak tertandingi dalam kemampuan mengelola rantai pasokan. Anda dapat memastikan bahwa kita akan dapat melewati situasi ini.

Bencana ini terjadi pada saat yang tidak menguntungkan bagi peluncuran All-New Ranger karena kita sedang meningkatkan produksi di AAT, Rayong, Thailand dan fasilitas produksi di Pretoria, Afrika Selatan. Banyak pemasok Ranger di Thailand yang terkena dampak banjir, sehingga peluncuran produksi kita mengalami keterlambatan.

Berita baiknya adalah orang yang pernah melihat dan merasakan Ranger baru tidak sabar lagi untuk segera mencobanya. Kita sangat bersemangat dapat menyediakan truk hebat ini bagi pelanggan kita. Oleh karena itu, kita semua berupaya keras untuk dapat segera pulih. Tampaknya kita mulai mengalami perubahan keadaan dan telah memulai kembali produksi kita.

Saya sangat bangga dengan tim kita dan kerja keras yang dilakukan banyak orang untuk meminimalkan dampak terhadap karyawan kita di Thailand dan bisnis kita di seluruh wilayah.

Kita bisa mendapatkan inspirasi dari kesiapsiagaan, dedikasi, dan ketulusan mereka.

One Team. One Plan. One Goal. One Ford.

Terima kasih atas semua pekerjaan yang Anda lakukan setiap hari.

03 Berita globalUsaha patungan baru Ford di Rusia mulai beroperasi

04 Artikel utamaBalap otomotif di APA

07 Tanggapan krisisMenghadapi hal yang tak terduga

08 GWOCSukarelawan Ford ambil bagian dalam menyelamatkan Tidung Besar

09 RangerAll-New Ford Ranger menembus pegunungan Chiang Rai

10 Kalender Hari Libur 2012

12 RangerPergelaran truk tangguh Ford dimulai

14 FiestaFuel Efficiency Challenge buktikan keiritan Ford Fiesta yang superior

15 FiestaEkspresi kecintaan menambah jumlah penggemar Fiesta di Facebook menjadi lebih dari 84.000

16 Kumpulan beritaApa yang sedang terjadi di wilayah APA

18 Wajah FordSales Zone Manager

@Ford APA November/Desember 2011 3

berita global

Ford Sollers Targetkan Pertumbuhan di RusiaFord Sollers telah beroperasi. Perusahaan patungan 50-50 yang didirikan di Rusia oleh Ford Motor Company dan Sollers OJSC memulai operasinya di bulan Oktober yang menjadi landasan pertumbuhan di pasar otomotif yang diperkirakan akan menjadi yang terbesar di Eropa

Pada perayaan di Moskwa, Alan Mulally, President dan CEO Ford Motor Company, dan Vadim Shvetsov, CEO Sollers OJSC, mengumumkan secara resmi dimulainya usaha patungan ini, hanya dalam delapan bulan setelah kedua perusahaan menandatangani nota kesepahaman awal.

Usaha patungan Ford Sollers akan membantu kita mempercepat penawaran serangkaian lengkap kendaraan kelas dunia kepada konsumen Rusia, ujar Mulally. Kemitraan ini menandai langkah penting lain dalam rencana One Ford kita untuk dapat bertumbuh secara menguntungkan di seluruh dunia.

Vadim Shvetsov menjelaskan awal usaha patungan ini sebagai momen bersejarah.

Strategi kami adalah mengembangkan kemitraan dengan pemain otomotif kelas dunia yang dapat menyediakan serangkaian lengkap kendaraan yang sesuai dengan pasar Rusia. Ford adalah mitra yang selama ini kami cari untuk mendukung visi ini, ujarnya.

Dalam memulai operasinya, Ford Sollers mengumumkan akan memproduksi Ford Explorer di Republik Tatarstan, Rusia tahun depan.

Ford Explorer bergabung bersama dengan Mondeo dan Focus baru, yang saat ini diproduksi di St. Petersburg, serta kendaraan komersial menengah Transit, yang juga akan diproduksi di Tatarstan mulai 2012.

Selain produksi kendaraan, Ford Sollers akan memproduksi mesin dan mengoperasikan fasilitas pencetakan yang akan menyediakan muatan komponen lokal yang lebih besar untuk kendaraan Ford yang diproduksi di Rusia. Ford Sollers juga akan memulai kegiatan penelitian dan pengembangan sekaligus bertanggung jawab atas impor dan distribusi semua produk, komponen dan aksesori Ford di Rusia.

Untuk membiayai pengembangannya, Ford Sollers telah menda-patkan pembiayaan jangka panjang dari Vnesheconombank.

Usaha Ford Sollers yang baru ini akan berpusat di Khimki, Mos-cow Oblast, dan akan memiliki tiga lokasi produksi, satu di Leningrad Oblast, dan dua di Tatarstan.

Ted Cannis diangkat menjadi President dan CEO Ford Sollers. Ia memiliki pengalaman luas memegang banyak posisi senior di Ford, termasuk di Amerika Serikat dan Amerika Selatan. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Deputy General Manager di Ford Otosan, usaha patungan Ford di Turki.

Adil Shirinov diangkat sebagai Executive Director dan Chief Operating Officer Ford Sollers. Ia sebelumnya adalah Commercial Director Sollers dan General Director Sollers-Isuzu, yang bertang-gung jawab atas pengadaan dan lokalisasi semua brand yang diproduksi berdasarkan lisensi oleh Sollers. Sebagai tambahan, Shirinov bertanggung jawab atas produksi kendaran komersial di fasilitas produksi Sollers di Elabuga.

Operasi Ford-Sollers membuka peluang besar bagi pertumbuhan di Rusia, ujar Cannis.

Mendapatkan serangkaian lengkap kendaraan Ford merupakan hal yang sangat baik bagi konsumen di Rusia. Sollers menyediakan fasilitas dan sumber daya manusia luar biasa yang berpengalaman di pasar Rusia. Pengetahuan mereka mengenai pasokan lokal akan menjadi bantuan besar bagi kami.

Ia menyatakan bahwa One Ford akan menjadi faktor penting bagi keberhasilan perusahaan baru di Rusia.

Perusahaan ini memerlukan banyak bantuan dari semua orang di dunia Ford. Perusahaan ini memerlukan dukungan produksi dan pengadaan yang besar, serta bantuan dari rekan kita di bagian pengembangan produk, dari bagian keuangan; setiap orang benar-benar harus memberi kontribusi agar proyek ini berjalan secepatnya sesuai rencana.

Artikel ini pernah diterbitkan pada edisi @Ford Eropa.

President dan CEO Ford Allan Mulally di Moskwa

Shvetsov dan Mulally bersama Explorer, yang mulai diproduksi Ford Sollers tahun depan

4 @Ford APA November/Desember 2011

artikel utama

Bagi pembalap Andy Yan, 2011 adalah salah satu tahun terbaik dalam hidupnya.

Pria berusia 28 tahun ini mendapatkan cukup poin dalam pertandingan terahir di China Touring Car Championship (CTCC) untuk memenangkan drivers title, hanya dalam beberapa minggu setelah timnya, FRD Motorsports, yang dikontrak oleh Changan Ford Mazda untuk mengendarai Focus di CTCC, dengan meyakinkan memenangkan manufacturer's title untuk keempat kalinya dalam enam tahun.

Musim ini sungguh luar biasa bagi tim kami. Saya tidak mengalami masalah apa pun dengan mobil yang saya kendarai dan dapat menyelesaikan setiap balapan, ujarnya.

Musim ini sukses karena kerja sama tim. Balapan terakhir memang menyulitkan karena mobil saya membawa beban tambahan 140 kilogram akibat sistem kompensasi berat, sehingga saya benar-benar menghargai bantuan yang saya dapatkan dari rekan setim saya, Jiang Tengyi. Ia mengendarai mobil yang lebih cepat tapi mau tetap berada di belakang. Ini adalah strategi tim, karena kita tahu jika saya selesai di posisi kelima atau yang lebih baik, saya akan memenangkan kejuaraan.

Balap otomotif masih relatif kecil di China, tapi bersamaan dengan meningkatnya kepemilikan mobil, minat terhadap balapan

pun meningkat. Hal ini terutama berlaku bagi kompetisi seperti CTCC, tempat kendaraan yang berlomba sama dengan mobil yang dapat dibeli oleh penggemarnya.

Saat Ford ingin terlibat dalam balap otomotif di China tahun 2006, program Touring Car merupakan pilihan paling menarik karena balapan ini terkait langsung dengan model produksi, dan karena Focus diproduksi di China, Focus menjadi pilihan yang jelas,