mekanisme penilaian (anida&titi)

Download MEKANISME PENILAIAN (ANIDA&TITI)

Post on 21-Jan-2018

602 views

Category:

Education

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. Mekanisme Penilaian Anida Nurafifah 3236159176 Titi Suryati 3236159172
  2. 2. Tujuan meningkatkan pemahaman mengenai penilaian autentik dan prinsip-prinsip penilaian; merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang berkualitas sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; mengolah hasil penilaian dan tindak lanjut; menyusun laporan hasil belajar peserta didik secara objektif, akuntabel, dan informatif.
  3. 3. LANDASAN HUKUM Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik.
  4. 4. Penilaian Penilaian adalah proses menginterpretasi data hasil pengukuranterhadap proses dan hasil pembelajaran yang berupa skor dengan mengubahnya menjadi nilaiberdasarkan prosedur tertentu yang digunakan untuk mengambil keputusan.
  5. 5. Mekanisme Penilaian Perencanaan Penilaian Pelaksanaan Penilaian Analisis Hasil Penilaian Tindak Lanjut Hasil Penilaian Pelaporan Hasil Penilaian
  6. 6. Perencanaan Penilaian W.James Popham (1974) mengemukakan maksud perencanaan evaluasi adalah to facilitate gathering data, thereby making possible valid statements about the effect or out comes of the program, practice, or policy under study Perencanaan penilaian mencakup penyusunan kisi-kisi yang memuat indikator dan strategi penilaian. Strategi penilaian meliputi pemilihan metode dan teknik penilaian, serta pemilihan bentuk instrumen penilaian.
  7. 7. Perencanaan penilaian oleh pendidik Mengkaji kompetensi dan silabus sebagai acuan dalam membuat rancangan dan kriteria penilaian; Membuat rancangan dan kriteria penilaian; Mengembangkan indikator; Memilih teknik penilaian sesuai dengan indikator; Mengembangkan instrumen dan pedoman penskoran.
  8. 8. Perencanaan penilaian oleh satuan pendidikan Perencanaan penilaian oleh satuan pendidikan meliputi kegiatan sebagai berikut: Menentukan kriteria minimal pencapaian tingkat kompetensi dengan mengacu pada indikator Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran. Mengoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ujian sekolah. Menentukan kriteria kenaikan kelas. Menentukan kriteria kelulusan ujian sekolah. Menentukan kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
  9. 9. Perencanaan Penilaian oleh Pemerintah Perencanaan penilaian oleh pemerintah meliputi kegiatan sebagai berikut: Mengembangkan SKL untuk mata pelajaran yang diujikan dalam UN; Menyusun dan menetapkan spesifikasi tes UN berdasarkan SKL; Mengembangkan dan memvalidasi perangkat tes UN; Menentukan kriteria kelulusan UN.
  10. 10. Pelaksanaan Penilaian Pelaksanaan penilaian adalah penyajian penilaian kepada peserta didik. Penilaian dilaksanakan dalam suasana kondusif, tenang dan nyaman dengan menerapkan prinsip valid, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh, menggunakan acuan kriteria, dan akuntabel.
  11. 11. Penilaian oleh pendidik Penilaian oleh pendidik dapat berupa tes dan non tes yang dilakukan melalui ulangan dan penugasan.
  12. 12. Penilaian oleh satuan pendidikan Menyusun kisi-kisi. Mengembangkan (menulis, menelaah, dan merevisi) instrumen. Melaksanakan ulangan/ujian. Mengolah (menyekor dan menilai) dan menentukan kelulusan peserta didik. Melaporkan dan memanfaatkan hasil penilaian
  13. 13. Penilaian oleh Pemerintah dan/atau lembaga mandiri Penilaian oleh pemerintah berupa ujian nasional (UN). Ujian nasional dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan langkah- langkah yang diatur dalam Prosedur Operasi Standar (POS) yang diterbitkan oleh BSNP.
  14. 14. Analisis Hasil Penilaian Mengolah dan menilai hasil evaluasi dilakukan dengan maksud untuk memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dihimpun dalam kegiatan evaluasi. Untuk keperluan itu maka data hasil evaluasi perlu disusun dan diatur demikian rupa sehingga dapat berbicara. (Sudijono, 2006:61).
  15. 15. membandingkan hasil penilaian masing-masing peserta didik dengan standar yang telah ditetapkan. Analisis ini bermanfaat untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik, serta untuk memperbaiki pembelajaran. Analisis Hasil Penilaian oleh Pendidik
  16. 16. Analisis Hasil Penilaian oleh Satuan Pendidikan menetapkan dapat tidaknya peserta didik kelas X dan kelas XI naik kelas berdasarkan kriteria kenaikan kelas yang telah ditetapkan; menetapkan peserta didik yang lulus dari satuan pendidikan sesuai dengan kriteria kelulusan yang telah ditetapkan.
  17. 17. Analisis Hasil Penilaian oleh Pemerintah menganalisis hasil UN setiap sekolah untuk pemetaan daya serap. Analysis of the results of the assessment by the Government analyze the results of a UN school for mapping each absorbance.
  18. 18. Tindak Lanjut Hasil Penilaian mengambil keputusan atau merumuskan kebijakan- kebijakan yang dipandang perlu sebagai tindak lanjut dari kegiatan evaluasi tersebut. Harus senantiasa diingat bahwa setiap kegiatan evaluasi menuntut adanya tindak lanjut yang konkret. (Sudijono, 2006:62).
  19. 19. Tindak lanjut oleh pendidik Memberi skor sesuai dengan pedoman penskoran yang telah dikembangkan. Hasil penilaian oleh pendidik dianalisis lebih lanjut untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar. Hasil penilaian dikembalikan kepada peserta didik disertai balikan (feedback) berupa komentar yang mendidik (penguatan). Hasil analisis ditindaklanjuti dengan layanan remedial dan pengayaan, serta memanfaatkannya untuk perbaikan pembelajaran. Penilaian kompetensi sikap spiritual dan sosial antarmata pelajaran dilakukan oleh semua pendidik selama satu semester, hasilnya diakumulasi dan dinyatakan dalam bentuk deskripsi kompetensi sikap oleh wali kelas.
  20. 20. Tindak lanjut oleh satuan pendidikan Kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan sebagai tindak lanjut hasil analisis meliputi: Melakukan penskoran hasil ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Menentukan kenaikan kelas peserta didik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Melakukan penskoran hasil ujian sekolah kelas XII. Menentukan kelulusan peserta didik dari ujian sekolah sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Mengadakan rapat dewan pendidik untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Menerbitkan keterangan hasil Ujian Nasional setiap peserta didik bagi satuan pendidikan penyelenggara Ujian Nasional. Menerbitkan ijazah setiap peserta didik yang lulus dari satuan pendidikan bagi satuan pendidikan yang telah terakreditasi.
  21. 21. Tindak lanjut oleh pemerintah Tindak lanjut hasil penilaian yang dilakukan oleh pemerintah adalah: Membuat peta daya serap berdasarkan hasil UN; Menyusun peringkat hasil UN secara Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.
  22. 22. Pelaporan Hasil Penilaian Laporan dimaksudkan untuk memberikan feedback kepada semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. (Arifin, 2011:114) Remmer (1967) mengatakan bahwa we discuss here the use of test results to help students understands them selves better, explain pupil growth and development to parents and assist the teacher in planning instruction.
  23. 23. Pelaporan oleh Pendidik Laporan hasil penilaian oleh pendidik dapat berbentuk laporan hasil ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester. Pelaporan oleh Satuan Pendidikan, meliputi: a. hasil pencapaian kompetensi dan/atau tingkat kompetensi kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku rapor; b. pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota dan instansi lain yang terkait; dan c. hasil ujian Tingkat Kompetensi kepada orangtua/wali peserta didik dan dinas pendidikan. PELAPORAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK
  24. 24. Daftar Pustaka Arifin, Zainal. 2011. Prosedur Pengembangan Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Pembinaan SMA. 2015. Model Pengembangan Penilaian SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI. Dirman. 2014. Penilaian dan Evaluasi seri Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru. Jakarta: Rineka Cipta. Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group, Jakarta: 2008. Siregar, Eveline., dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik.

Recommended

View more >